08 Januari 2023

ITS Kembangkan Uji Roket Buatan Indonesia R-Han 450

08 Januari 2023

Uji coba roket pertahanan R-Han 450 (photo : Detik)

TEMPO.CO, Jakarta - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali mengambil peran dalam perkembangan inovasi yang dilakukan bangsa Indonesia. Kali ini, ITS turut serta dalam pengembangan serta uji statis roket buatan anak bangsa yang bernama R-Han 450 dan uji terbang RX200-TC yang dilakukan di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Garut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (BUTPAAG-LAPAN), Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Pengujian roket pertahanan dan eksperimental ini dilakukan untuk mengetahui kapasitas pada beberapa bagian roket yang sudah dikembangkan sebelumnya. Pengujian ini juga dilaksanakan bersama dengan tim gabungan Puslitbang Alpahan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertahanan, PT Dahana, Pusat Riset Teknologi Roket Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (Orpa).

Wakil Ketua Pusat Penelitian Internet of Thing dan Teknologi Pertahanan Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat  ITS Widyastuti menyampaikan, pengujian statis R-Han 450 yang dilakukan pada Oktober lalu itu berfokus pada bagian tabung dan nosel roket.

Uji coba roket pertahanan R-Han 450 (photo : Antara)

Pada pengujian ini roket dikunci statis, sedangkan propelan di dalam bagian tabung roket dibakar dan diberlakukan kondisi operasi. “Dari pengujian tersebut, secara bersamaan perilaku tabung dan nosel diamati,” terang dosen yang akrab disapa Widya tersebut dilansir dari laman resmi ITS pada Rabu, 4 Januari 2022.

Uji Terbang Sempat Terkendala Detektor

Pengujian tersebut dilakukan untuk mengetahui kesesuaian konstruksi, kemampuan kerja, waktu pembakaran, gaya dorong, nilai tekanan, dan kapasitas lainnya dari roket R-Han 450 terbaru itu. Pada hari berikutnya, kegiatan dilanjutkan dengan peluncuran RX200-TC. Namun, dikarenakan adanya kendala pada detektor yang digunakan, uji terbang dari roket eksperimental tersebut harus ditunda dan dilaksanakan tes peluncuran kembali di Pantai Karang Papak, Garut pada 21 Desember lalu.

Tak hanya mengikuti jalannya uji coba, Widya mengatakan bahwa terdapat dua tim ITS yang terlibat dalam pengembangan program ini. Tim pertama ialah Riset Inovasi untuk Indonesia Maju (RIIM) yang diketuai oleh dirinya sendiri. Tim tersebut berfokus pada pengembangan material tipnosecone R-Han 450 dengan berbahan Thermal Barrier Coating (TBC) yang tidak mengganggu telemetri. Pengembangan itu didanai oleh BRIN dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Tim peneliti ITS (dari kiri) Prof Hamzah Fansuri SSi MSi PhD, Dr Widyastuti SSi MSi, dan Alief Wikarta ST MSc Eng PhD saat menghadiri gelaran uji statis dan uji terbang roket buatan Indonesia (photo : ITS)

Berharap Inovasi Diaplikasikan untuk Produk Keamanan

Tim kedua dari ITS terdiri dari Hamzah Fansuri dan Alief Wikarta. Tim tersebut bertanggung jawab pada program Riset Produktif Invitasi LPDP mengenai penelitian Extruded Double Base (EDB) Folding Fin Aerial Rocket (FFAR) 70. Fokus utama dari tim ini ialah pengembangan propelan atau bahan pendorong dari roket FFAR-70 yang nantinya akan dilakukan pengujian pada tahun ketiga penelitian.

Oleh karena itu, tim tersebut ikut serta dalam melihat uji statis R-Han 450 dan uji terbang RX200-TC. Hal itu bertujuan untuk bisa mengobservasi proses uji statis dan uji terbang guna persiapan EDB FFAR-70. “Jadi salah satu tujuannya ini untuk memberikan gambaran kepada peneliti saat pengujian statik dan dinamik yang nantinya diterapkan pada FFAR-70,” ungkap dosen Departemen Teknik Material dan Metalurgi ITS tersebut.

Setelah dari pengujian roket ini, Widya mengharapkan ke depannya produk-produk inovasi yang telah diteliti dan dikembangkan ITS dapat diaplikasikan pada produk pertahanan keamanan (hankam) sesuangguhnya. “Semoga dari produk tipescone R-Han 450 yang telah dibuat dan FFAR-70 yang sedang dilakukan penelitian dapat berguna untuk sistem pertahanan Indonesia,” harapnya.

(Tempo)

95 komentar:

  1. Balasan
    1. https://amp.kaskus.co.id/thread/5b18cb4a5a516301728b457c/vb-berapi-lp06-senapan-berdesain-burukampkonyol-buatan-malaysia-yang-jadi-olok-olok

      Hapus
    2. Hahaha itu pisir pejera nyeting nya macam mana?? Kok seperti gantungan jemuran pakaian wkwkwk...apalagi liat pejabat nya yg pakai peci genggam vita berahi wkwkwk lawak sangat,tentaranya saya di foto tampak malu pegang nya beban mental dia wkwkwk

      Hapus
    3. Paling mercun ukuran besar aja...engak ada pengendali nye...

      Hapus
  2. Teknologi roket malon masih sangaaat jauuuuh tertinggal dr Indo🇮🇩....

    BalasHapus
  3. SEMOGA RX 450 ,BISA SEGERA DI SEMPURNAKAN UNTUK BISA MASUK PRODUCT INDUSTRY OLEH BUMN RI & BISA MASUK LAYANAN ALUTSISTA NKRI.

    BalasHapus
  4. Bakal bakal MANGKRAK seperti program UAV DONALD DUCK yang STOP kerana SALAH POTONG... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruk semennanjung yang tak pernah SADAR DIRI jika salah potong buat LCS Versi DARAT mereka 12 tahun lalu..🤪🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Peringkat 13 kok salah potong. Ya nggak mungkin. Kalau peringkat 42 yg otaknya selevel kera sudah terbukti salah potong. 12 tahun kapal tdk berani cecah air. Ha ha ha ha.

      Hapus
    3. Mangkrak mana di banding LCS malon pur....wk wk

      Hapus
    4. Yg jelas mangkrak dan grounded LCS dkk Pork.

      Hapus
  5. Otak 1 cc mana ngerti uji material baru...wkwkwkkkkk

    BalasHapus
  6. Yg salah potong itu maharajalela....wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  7. Itu KEREN BANGET....UJI MATERIAL BARU BAHAN BAKAR ROKET.....

    BRAVO ITS...BRAVO BRIN ...BRAVO RHAN !

    BalasHapus
  8. Tak sangkain upgrade, rupanya cuman maintenance 🤣🤣

    TUDM telah mengambil pendekatan dengan melaksanakan penyelenggaraan ‘depot level’ yang dikenali sebagai "Local Planned Maintenance 12 Years" (LPM-12Y). Ini merupakan kali pertama dilaksanakan di Malaysia yang melibatkan kerjasama TUDM dan industri tempatan. Penyelenggaraan ini melibatkan Cawangan Kejuruteraan Pangkalan Udara Butterworth, No 18 Skuadron, Syarikat Rosebank Engineering (dikenali sebelum ini sebagai RUAG) dan G7 Global Aerospace.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komputernya hornet masih basic ya PUR 🤣🤣

      Hapus
  9. saya rasa kalau penelitian...kayaknya agak lama....sebaiknya jiplak dulu roket dari asing....baru pengembangan sambil jalan....sesuai yg diharapkan Habibie.....

    =====Malon minggir sikit

    BalasHapus
  10. Pur dah bisa berhitung belum?
    Berhitung saja gak bisa sok ngritisi pengembangan roket dan uav
    Gak nyampe otakmu pur ..... wkwkwk

    BalasHapus
  11. Its semangat 45, dari pada malon gak punya semangat.
    Itu sudah diakui jendral british, malon semangat saja gak punya, makanya konfrontasi total fpda yg turun, sebab dengan mudah malon bisa diinvasi indo.
    Sampai sekarang.

    BalasHapus
  12. Level 42 mana ngerti tentang roket. Mereka ngertinya kondom

    BalasHapus
  13. emang nya taming sari tiba2 ada langsung jadi ,gak ada tahapan uji coba2,spt atas
    LOL malon

    BalasHapus
  14. ampas, tiap tahun sama aja, tdk ada perkembangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena 100% mandiri,gak ada negara kasiih teknologi gt aja..mahalllll

      Hapus
  15. jika tahapan rangkaian ujicoba sukses,tinggal uji kelayakan lolos serrtifikasi ,produksi massal unyuk jdi senjata tinggal pasang
    warhead ada dahana
    elektronik ada LEN

    BalasHapus
  16. Itu je la balik balik di tunjuk pembakaran roket yang tak jelas... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. pantas rakyat malon bodoh semua

      Hapus
    2. Warga peringkat 42 mana mampu bikin roket. Otak peringkat 42 setara kera. Dibawah bangla yg dipandang rendah sama malon. Ha ha ha ha

      Hapus
    3. Balik balik bikin kapal kalau gak salah potong mangkrak yg dah cecah air miring. Kayak Gempork.

      Hapus
  17. buat roket tak semudah buat kondom made ny malonesia
    LOL

    BalasHapus
  18. Indon ini etol-betol lawak...

    Berita ini sma lawalnya denan berita InfoGlobal nak membuat pesawat pejuang di event Indodefence 2022 lalu...

    Mengapa dikatakan lawak atau membual ... Bahkan LAPAN yang mempunayi budget , pengalaman dan tenaga pakar yang lebih banyak pun X mampu membuat RH 450 hingga hari ini ... Sama halnya dengan PTDI yang lebih handal hingga kini hanya mampu membuat pesawat N219 yang kuno dan ketinggalan jaman itu..

    Sebagai orang luar ... aku x mampu bercakap melihat keanehan dan kebodohan Indon ini ...Indon hanya menang jumlah orang lebih ramai dibandingkan Malaysia .. tetapi masalah minda atau kepakaran... Indon betol-betol jauh ketinggalan...

    Sebagai sesama saudara serumpun bangsa melayu mahawangsa ... kami ikut menanggung malu kerana niat kami nak mencerdaskan Indon hingga hari ini masih saja bekum berhasil ... Hehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warga level 42 otaknya setara kera hanya bisa halu. Jelas warganyet tidak selevel dg warga indonesia yg peringkat 13. Warganyet hanya bisa bikin kondom. Beda dg kami warga indonesia peringkat 13. Mampu membuat apa saja.

      Hapus
    2. GAGAL FRAMING NICH YEEEEE.....

      HAHAHAHAHAHAHA...

      Hapus
    3. Dunia mengakui level malon dibawah banglades. SDM dan ekonomi malon dibawah banglades. Jangan bandingkan dg indonesia. Terlalu jauh bedanya. Mungkin kalian bisa bandingkan dg vanuatu atau timor leste.

      Hapus
    4. sdm kualitas rendah.. pantas rank 42..

      ngoahahahahhaaha

      Hapus
    5. Lebih malu lagi kami, AIROD yang di banggakan itu belum berhasil produksi pesawat, bahkan merakit pun belum mampu, maintenance tak ada kepakaran para malon itu, puluhan taun pesawat tempur grounded hanya1% saja yg layak terbang, jangankan buat pesawat, deaign senjata saja malom tak mampu hasilnya senjata aneh macam vita berapi wkwkwk, lebih memalukan nya lagi buatkapal salah potong, belasan tahun tak kunjung cecah air wkwkwk saking malu nya warga dunia sama malon jarang di ajak latihan, karena yang di pakai kapal nya lagi lagi kd lekir wkwkwk sekedar buat opv pun malon harus impor dari tiongkok, belum lagi tank strideryg tak pernah nampak wujud, tak sabar lihat tank malon dengan laras VB vita berahi wkwkw malon yang rasis itu hanya handal dalam masalah iri & dengki karena malon takda kepakaran otak nya belum sampai merakit apalagi mencipta/produksi. Walau suka mengjina tapi malon yg tak tau malu dan terimakasih ini tetap beli CN235 MPA buatan PT DI bahkan upgrade pun lagi lagi oleh PT DI bukan AIRLON eeh AIROD wkwkwk malon banyak cakap karena iri tanda tak mampu, maksud hati ingin kapal GOWIND taoi karena salah potong dan uang di rasuah songlap kanan kiri jadi nya bukan GOWIND tapi GOBLOK wkwkwk malon maloon....

      Hapus
  19. ....ada malon yang KEPANASAN KEPANIKAN MEMBACA PROGRESS PENGEMBANGAN RHAN INDONESIA YANG SEMAKIN TERUKUR TERUJI BERKESINAMBUNGAN PENGEMBANGANNYA BERBAGAI DIAMETER.

    BalasHapus
  20. Malon fokus kembangkan petasan jangwe sebagai pertahanan udara

    BalasHapus
  21. ....ada malon ranking 42 sedang MEMBANGUN FRAMING HALUSINASI DI FORUM DS......

    GAGAL FRAMING GITU LOH....

    HAHAHAHAHAHAHAHA......

    BalasHapus
  22. Netizen INDONESIA TIDAK AKAN PERNAH PERCAYA pada malon karena:
    malon itu :
    1. Munafik
    2. Licik
    3. Picik
    4. Standar Ganda
    5. Low Morale
    6. Low IQ
    7. Lahir dari rahim British dan kontrak persemakmuran selama 999 tahun.

    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHA.....

    BalasHapus
  23. Kog lambat banget ya perkembangannya, kalah dengan thailand dan vietnam

    BalasHapus
  24. For your Info ... Agar diresapidan dicermati amanat kami ini ...

    PM 10 Malaysia Anwar Ibrahim saat kini sedang melakukan kunjungan ke Indon nak bertemu Jokowi...

    Ada pesan atau amanat khas yang dibawa Anwar nanti ketika bertemu Jokowi...

    1. Memberi keyakinan kepada Jokowi bahwa Malaysia dn Indon adalah betol-betol saudara serumpun .. Bangsa Melayu Mahawangsa ...
    2. Memberi keyakinan kepada Jokowi bahwa X ada namanya Bahasa Indon ... seharusnya Indon menggunakan Bahasa Melayu kerana Bahasa Melayu dalah bahasa rasmi bangsa melayu mahawangsa...
    3. Memberi kesedaran kepada Indon untok kembali ke jalan yang benar dengan kesedian kami menjadi panutan atau guru pencerah agar Indon yang sudah tersesat jauh ini boleh kembali ke jalan yang benar...
    4. Menawarkan kepada Indon untuk membentuk negara baru negara melayu mahawangsa dimana Malaysia Paduka Yang amat Mulia Yang Dipertuan Agong akan menjadi kepala negara tertinggi negara melayu mahawangsa ini
    5. Menawarkan masa hadapan yang gilang gemilang bagi seluruh Indon setelah bergabung dengan Malaysia membentuk negara baru tersebut.. masa hadapan menjadi negara yang naju, makmur bagi seluruh rakyatnya

    Semoga pemimpin Indon sedar dan menerima inisiatif Anwar Ibrahim ini sepenuhnya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok maksa lebih hebat sih malon sampai kapan pun ogah gak ada ceritanya....kami Indonesia tidak dibawah mu malon....bagi kami kamu cuma omong kosong dan sok aja....gak lebih.

      Hapus
    2. halah... udah rank 42, bnyk bacot lagi..

      ngoahahahahahaha

      Hapus
    3. Tolol, perdana menterinya sama sekali g bicara seperti itu. Halu dan goblog.....

      Hapus
  25. Emang Thailand & Vietnam bikin roket sendiri?

    BalasHapus
  26. KOR POLIS TENTERA DIRAJA DIMANTAPKAN LAGI

    KUALA LUMPUR : Panglima Tentera Darat (PTD), Jeneral Tan Sri Dato' Seri Zamrose bin Mohd Zain telah menyempurnakan Perasmian Penyerahan Motosikal Penguatkuasa Kor Polis Tentera Diraja (KPTD) Model BMW R1250RT yang diadakan di Padang Kawad Pusat Latihan Kor Polis Tentera Diraja (PULAPOT), Setapak pada 22 Disember 2022.

    Majlis Perasmian Motosikal Penguatkuasa Kor Polis Tentera Diraja (KPTD) ini diadakan sebagai manifestasi kepada usaha berterusan yang dilaksanakan oleh Tentera Darat Malaysia bagi mempertingkatkan tahap kesiagaan dan keupayaan KPTD.

    Tentera Darat Malaysia telah meluluskan perolehan 40 buah motosikal penguatkuasa secara sewaan daripada Syarikat Ammo Defence Sdn Bhd untuk tempoh lima tahun bagi membantu KPTD melaksanakan tugas kepolisan dengan berkesan. Model BMW R1250RT adalah motosikal dari kelas sport touring yang menawarkan kuasa kelajuan dan keselesaaan serta ciri-ciri keselamatan bagi tunggangan jarak jauh.

    Pelaksanaan rancangan untuk perolehan motosikal penguatkuasa melalui perkhidmatan sewaan ini adalah bertepatan dengan Tonggak Pertama Perintah Ulung PTD Ke-28 iaitu “Kelangsungan Misi dan Kesiagaan” yang memberi penekanan kepada peningkatan keupayaan mobiliti dan logistik berpandukan kepada penjajaran aset sedia ada.

    Turut hadir ialah Timbalan Panglima Tentera Darat, Leftenan Jeneral Datuk Seri Mohammad Bin Ab Rahman, Panglima Medan Barat Tentera Darat, Leftenan Jeneral Datuk Muhammad Hafizuddeain Bin Jantan serta barisan pegawai kanan Tentera Darat Malaysia.

    #TenteraDaratMalaysia
    #GagahSetia
    #TonggakPertama

    BalasHapus
  27. Karena calon pengguna(TNI) dan calon pembeli(Kemhan) belum mikir kesana. Jadi dari 3 roda cuma 1 yang berjalan, sisanya bocor ditempat.

    BalasHapus
  28. KOR POLIS TENTERA DIRAJA DIMANTAPKAN LAGI

    KUALA LUMPUR : Panglima Tentera Darat (PTD), Jeneral Tan Sri Dato' Seri Zamrose bin Mohd Zain telah menyempurnakan Perasmian Penyerahan Motosikal Penguatkuasa Kor Polis Tentera Diraja (KPTD) Model BMW R1250RT yang diadakan di Padang Kawad Pusat Latihan Kor Polis Tentera Diraja (PULAPOT), Setapak pada 22 Disember 2022.

    Majlis Perasmian Motosikal Penguatkuasa Kor Polis Tentera Diraja (KPTD) ini diadakan sebagai manifestasi kepada usaha berterusan yang dilaksanakan oleh Tentera Darat Malaysia bagi mempertingkatkan tahap kesiagaan dan keupayaan KPTD.

    Tentera Darat Malaysia telah meluluskan perolehan 40 buah motosikal penguatkuasa secara sewaan daripada Syarikat Ammo Defence Sdn Bhd untuk tempoh lima tahun bagi membantu KPTD melaksanakan tugas kepolisan dengan berkesan. Model BMW R1250RT adalah motosikal dari kelas sport touring yang menawarkan kuasa kelajuan dan keselesaaan serta ciri-ciri keselamatan bagi tunggangan jarak jauh.

    Pelaksanaan rancangan untuk perolehan motosikal penguatkuasa melalui perkhidmatan sewaan ini adalah bertepatan dengan Tonggak Pertama Perintah Ulung PTD Ke-28 iaitu “Kelangsungan Misi dan Kesiagaan” yang memberi penekanan kepada peningkatan keupayaan mobiliti dan logistik berpandukan kepada penjajaran aset sedia ada.

    Turut hadir ialah Timbalan Panglima Tentera Darat, Leftenan Jeneral Datuk Seri Mohammad Bin Ab Rahman, Panglima Medan Barat Tentera Darat, Leftenan Jeneral Datuk Muhammad Hafizuddeain Bin Jantan serta barisan pegawai kanan Tentera Darat Malaysia.

    #TenteraDaratMalaysia
    #GagahSetia
    #TonggakPertama

    Motor doang Sewa dasar MISKIN..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin gelak aja malon ini 😁😂🤣🤣

      Hapus
    2. malon malon.. bikin malu asean aj...

      Hapus
  29. Anwar berlepas ke Jakarta lawatan rasmi 2 hari

    SEPANG: Perdana Menteri, Datuk Seri Anwar Ibrahim hari ini berlepas ke Jakarta, Indonesia bagi memulakan lawatan rasmi dua hari ke negara jiran itu.

    Pesawat khas yang membawa Anwar dan isteri, Datuk Seri Dr Wan Azizah Wan Ismail berlepas kira-kira jam 12.50 tengah hari dari Kompleks Bunga Raya, Lapangan Terbang Antarabangsa Kuala Lumpur (KLIA).

    Lawatan ke Indonesia itu adalah lawatan rasmi pertama oleh Anwar sejak dilantik menjadi Perdana Menteri ke-10 pada 24 Nov lepas.
    ----------------

    Selamat Datang Paduka Yang Mulia Anwar Ibrahim .. Pemimpin Besar, Imam Besar dan Khalifah Besar Bangsa Melayu Mahawangsa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahasa Persatuan INDONESIA adalah BAHASA INDONESIA SEJAK 1928.


      HAHAHAHAHAHAHA.....malon GAGAL FRAMING .....HAHAHAHAHAHA

      Hapus
    2. Kami ga pernah serumpun dgn manusia-manusia sombong bin goblok

      Hapus
  30. Buat Supremo yg halu
    Banyak2 lah baca sejarah kerajaan2 nusantara. Semenanjung sebelum dikuasai Portugis, Belanda dan Inggris adalah wilayah atau bawahan kerajaan2 di sumatera dan jawa.
    Berhentilah mereka cerita dan bertobatlah

    BalasHapus
  31. Bahasa Persatuan INDONESIA adalah BAHASA INDONESIA SEJAK 1928.


    HAHAHAHAHAHAHA.....malon GAGAL FRAMING .....HAHAHAHAHAHA

    BalasHapus
  32. ....kasihan dech malon....GAGAL FRAMING TERUSAN DI FORUM DS...

    HAHAHAHAHAHAHA.......

    BalasHapus
  33. Netizen INDONESIA TIDAK AKAN PERNAH PERCAYA pada malon karena:
    malon itu :
    1. Munafik
    2. Licik
    3. Picik
    4. Standar Ganda
    5. Low Morale
    6. Low IQ
    7. Lahir dari rahim British dan kontrak persemakmuran selama 999 tahun.

    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHA

    BalasHapus
  34. Kami tidak sudi serumpun dengan bamgsa malon yg seperti quartet lawak di DS ini. Malon otaknya halu, minim literasi, hatinya iri dan dengki, sombong, suka menghina orang

    BalasHapus
  35. F16 sebelah hasil SEDEKAH BLOCK 25 dan sebahagian lagi BLOCK 15....WKWKKWKWKWKW

    F16 TERLEMAH di ASEAN... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah bisa berhitung endurance kapal pur?

      Hapus
    2. Sudah.... Bot KFC hanya 5 hari ketahanan belayar di laut...

      Kapal KAM 28 ketahanan belayar hanya 3 hari je... Wkwkkwkwkwkw

      Hapus
    3. KD sri tiga endurance 3 hari kurang pur

      Hapus
  36. Oh patutlah Pendidikan MALAYSIA jauh di atas INDON... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
  37. Hitungan jarak dibagi kecepatan sama dengan waktu saja gak ngerti mau bahas pesawat ....
    Lawak pur ....wkwkwkwk

    BalasHapus
  38. Pur LMS endurance 5 hari ya. Jangan sakah itung lagi

    BalasHapus
  39. Nah ini lagi hebat kapal KAL 28M ketahanan belayar hanya 3 hari je... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau loe bandingin dengan frigat...
      Otak loe dimana tolol !!!

      Hapus
  40. Lagi hebat malon, pakarnya bikin kapal GAGAL.

    WAKAKAKAKAKAKKAK...

    Tuu buktinya ada di Boustead & Destini.

    TOLOL

    Wakakakakak

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Lah memang 3 hari. Lebih lama dari kd sri gaya pur

    BalasHapus
  43. Nyatanya OPV Damen baru 1 minggu minta balik ke darat, minta disuntik UTANG.

    Wakakakkkkkkkkkkk

    BalasHapus
  44. ....malon buat LCS gowind class 3.100 ton saja WRONG CUTTING DAN MANGKRAK DI GALANGAN....

    HAHAHAHAHAHA.....

    BalasHapus
  45. Mau yang endurance lama pur?
    TNI juga pake produk PT PAL, KCT/FPB 58 jangkauan 6000 nm, kecepatan 15 knot, ketahanan 16 hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapal kecil lebih hebat segalanya dari kapal besar nan lambat dan ompong

      Hapus
  46. Ketahanan 15 hari, ternyata kecepatan 5 knot saja ..... LAWAK

    BalasHapus
  47. Semoga R Han dalam berbagai ukuran segera bisa masuk fase produksi

    BalasHapus
  48. Unknown 8 Januari 2023 pukul 13.56
    Kog lambat banget ya perkembangannya, kalah dengan thailand dan vietnam

    _________________________________

    SINI AKU KASIH PENJELASAN BUAT LOE.





    1.) THAILAND

    Coba anda sebut roket buatan Thailand...??



    DTI MLRS itu yang dah active tugas di AD THAILAND itu adalah WEISHI ROCKET (CHINA) yang dirakit dan dilisensi oleh DTI THAILAND.



    MLRS terbaru yang dipamerkan kemaren itu BUATAN LEBIH ISRAEL... Thailand cuma melisensi dan menyesuaikan dengan kebutuhan THAI ARMY.





    2.) Vietnam

    ROKET yang digunakan mereka itu kebanyakan buatan Soviet dan Rusia belum ada yang buatan mereka.


    RUDAL buatan Vietnam itu bukan asli buatan mereka.. Rudal itu hasil lisensi dari KH-35 (SOVIET/RUSIA) semacam NEPTUNE UKRA.


    Nah rudal ini tidak tau sudah active dimiliter nguyen atau belum. Sebab sampai sekarang nguyen masih terus pakai rudal RUSIA.

    -Frigate, korvet nguyen pakai KH-35 URAN-E atau P-15 TERMIT.

    -KS mereka pakai rudal 3M54E CLUB (RUSIA).

    -dan coastal defense Vietnam pakai K300 BASTION-P dengan rudal YAKHONT dan 4K44 REDUT.


    SEKIAN

    BalasHapus
  49. The Supremo8 Januari 2023 pukul 10.35
    Apa yang nak dibanggakan dari upgrade F 16 Indon... Bandingkan dengan pencapaian kami yang x muluk-muluk dan kami war-warkan ke seluruh dunia ... PTM-6 pesawat pejuangan gen 6 buatan malaysia pertama di dunia dengan teknologi UFO .... Bahkan USA Turkiye, China, France dan Russia belajar dan berguru kepada kami ...

    Selain itu Korea juga memberikan peluang kami untok bergabung ke program KFX mereka ... mereka berharap Malaysia dapat membantu Korea membuat KFX gen 4.5 menjadi pesaat pejuang gen 6 ,,, wkwkwkwkkkkk sumpah ngakak aku baca komen malon koplak iki

    BalasHapus
  50. pantes aja bikin senapan mirip punya ufo wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu hasil ToT dengan bangsa klingon om....

      Hapus
  51. Malon kalau bualan mu keterlaluan dan menghina kami Bangsa Indonesia jangan kaget suatu saat Negara mu akan kami serang....

    BalasHapus
  52. Lumayan roket RHAN 450...bisa membedil KL..Lumut..Butterworth dari pulau Sumatera saja....wkwkwkwk

    BalasHapus
  53. thailand viet mang ada proyek spt lapan ini

    BalasHapus
  54. MALON sih bisanya bukan bikin Roket tapi MERABA dan MEREMAS TOKET......JIAHAHAHAHA 😁😁😄😄😆😆😂

    BalasHapus
  55. Dari pada malon...tak pernah uji roket...wk wk wk...logic gempur....tak pernah uji lebih baik dari pada yg berkali kali uji...

    BalasHapus
  56. mantap...semoga lanjut sampai diaplikasikan di rhan jg roket lainnya...peneliti di perguruan tinggi selalu dinamis ide2 nya yg mendukung keberhasilan proyek2 strategis bersama dgn inhan dalam negeri..... btw spek bahan tabung roket tentunya durasi daya tahannya hanya sebatas sampai mencapai target sasaran tembak dan menghancurkannya...dan tdk harus kembali lagi dan digunakan berulang seperti material pesawat yg tentunya speknya lebih tinggi...karena faktor yg penting yaitu keselamatan penumpang selain bisa terbang...sehingga produk material tabung roket dgn kandungan lokal yg tinggi dan sedang diteliti dan dikembangkan its jg konsorsium roket diharapkan dapat diadopsi oleh tni buat roket2nya ....cmiiw

    BalasHapus