05 Januari 2024

Dirumorkan Diminati TNI, Berikut Spesifikasi Rudal Pertahanan Pantai YJ-12E

05 Januari 2024

Sistem pertahanan pantai YJ-12E dengan rudal CM-302 berbasis truk Wanshan WS-2600 berpenggerak 10 roda (photo: Wanghuan)

Jelang tutup tahun 2023 ini, geliat pertahanan nasional kembali menggelora. Melansir dari laman indomiliter.com, TNI dikabarkan menaruh minat terhadap rudal pertahan pantai (Coastal Naval Defense Missile System) YJ-12E Buatan Tiongkok. Rudal yang juga memiliki kode nama CM-302 ini secara mengejutkan dirumorkan akan segera diakusisi oleh TNI guna menjadi rudal pertahan pantai di tubuh TNI-AL.

Tentunya kabar ini cukup mengejutkan mengingat dalam 3 tahun terakhir Kementerian Pertahan Republik Indonesia dan TNI-AL menyetujui pembelian Rudal pertahan pantai Neptune buatan Ukraina beserta kemungkinan adanya transfer of technology (TOT) dalam paket pembelian tersebut. Kemungkinan wacana mengakusisi rudal Neptune buatan Ukriana terancam batal karena kondisi saat ini negara tersebut tengah berperang dengan Rusia.

Bahkan, rumor ini dikuatkan oleh postingan dalan akun instagram Lembaga Keris (@lembagakeris) yang menyebut rudal YJ-12E telah mendapatkan sertifikasi dari Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AL (Distlibangal) untuk proses akusisi dan kemungkinan produksi secara lokal.

Uji coba penembakan rudal CM-302 (photo: CJDBY)

Rudal yang dikembangkan dari versi anti-kapal YJ-12
Rudal pertahanan pantai YJ-12E sejatinya merupakan rudal yang dikembangkan dari rudal anti-kapal YJ-12 yang mulai memasuki dinas layanan angkatan laut Tiongkok pada tahun 2011 silam. Melansir dari laman militarytoday.com, rudal ini dikembangkan agar mampu diluncurkan dari platform darat semisal truk pengangkut atau silo peluncur di dalam tanah.

Rudal pertahan pantai yang dikembangkan oleh Tiongkok atau China ini kemudian diberi nama YJ-12B dan untuk varian ekspor diberi nama YJ-12E. Rudal ini disebutkan mampu membawa hulu ledak seberat 200-500 kg tergantung kebutuhan yang diinginkan. Sistem pelacakan rudal ini mampu mencapai target sejauh 250-400 km menggunakan sistem pelacakan radar dan inertial guidance. Namun, kemungkinan untuk varian ekspor rudal ini akan memiliki jarak dibawah yang dioperasikan oleh militer China sendiri.

Sertifikasi Dislitbangal untuk CM-302 Coastal Defense Missile Weapon System (photo: Lembaga Keris)

Dibawa menggunakan truk pengangkut
Apabila dikemudian hari TNI mengakusisi rudal ini, kemungkinan besar rudal tersebut akan diletakkan ke dalam truk Wanshan WS-2600 yang juga buata China, Truk berpenggerak 5x5 ini memang dirancang sebagai truk angkut kelas berat yang mampu membawa berbagai muatan seperti tank, kendaraan tempur ringan, rudal anti pesawat dan juga rudal balistik.

Namun, apabila pembelian ini jadi terlaksana, tentunya hal ini akan cukup unik bagi pihak TNI yang kini tengah mewaspadai gerak-gerik Tiongkok yang kian menunjukkan kedigdayaan militernya di kawasan Laut China Selatan yang notabene dekat dengan wilayah teritorial Indonesia saat ini. (Suara)

Rudal jelajah anti kapal CASIC CM-302 (photo: Asian Military Review)

Rudal CM-302 China, berkecepatan supersonik dengan jangkauan 290 km
BEIJING - Rudal jelajah anti-kapal CM-302 buatan China Aerospace Science & Industry Corporation (CASIC) mulai dikenalkan pada 2017 pada ajang Air Show China di Zhuhai. CM-302 merupakan rudal jelajah anti-kapal (anti-ship cruise missile/ASCM) berkecepatan supersonik yang dapat diluncurkan dari platform udara, darat, dan laut.

Dari desain, rudal CM-302 ASCM terlihat jelas memiliki intake untuk pernapasan mesin yang identik dengan YJ-12 bertenaga ramjet. YJ-12 adalah rudal jelajah anti-kapal yang diluncurkan dari udara menggunakan pesawat pengebom strategis jarak menengah H-6K milik China . 

Rudal YJ-12 memiliki jangkauan 400 km, dapat mencapai kecepatan hingga Mach 3, dan mampu melakukan manuver mengelak di udara sebelum mencapai sasarannya. Laman Navy Recognition menyebutkan rudal YJ-12 dapat dilengkapi dengan hulu ledak nuklir atau konvensional seberat 500 kg.

Mesin ramjet pada rudal CM-302 (photo: Weibo)

“Rudal ini dilengkapi dengan sistem panduan inersia dan GPS serta memiliki akurasi 5-7 meter dari target,” tulis Navy Recognition dikutip SINDOnews, Jumat (29/12/2023). Angkatan Laut AS menyebutkan YJ-12 merupakan rudal buatan China yang paling berbahaya karena memiliki akurasi 90%. 

Laman Asian Military Review menyebutkan rudal CM-302 merupakan varian rudal jelajah anti-kapal YJ-12E yang berarti khusus varian ekspor. Rudal YJ-12 varian ekspor ini harganya terjangkau namun presisi dengan hulu ledak penusuk semi-armor seberat 250 kg dan jangkauan dibatasi maksimal 290 km.

CASIC mengatakan rudal tersebut dapat diluncurkan dari platform udara, darat, dan laut, dan dimodifikasi untuk misi serangan darat dilengkapi kemampuan penerbangan supersonik. “Rudal CM-302 punya kemampuan manuver tinggi untuk pertahanan dengan kombinasi lintasan tinggi-rendah,” tulis Asian Military Review.

Rudal CM-302 versi shipborne dalam uji coba peluncuran (photo: Key Aero)

Laman Key Aero secara detail menyebutkan spesifikasi rudal CM-302 yang dibekali mesin ramjet mampu melaju dengan kecepatan supersonik Mach 2 di ketinggian rendah. Sedangkan pada ketinggian yang lebih tinggi mampu mencapai Mach 3.

Rudal CM-302 diharapkan dapat menarik basis pelanggan yang kuat, karena merupakan salah satu dari segelintir rudal jelajah anti-kapal supersonik yang ada di pasaran. Hanya ada dua rudal jelajah anti-kapal supersonik lainnya di pasaran, P-800 Onyx (Yakhont) Rusia dan rudal supersonik BrahMos kolaborasi Rusia-India. (SindoNews)

99 komentar:

  1. Calon rudal pesisir Indo..kalau ditempatkan di Natuna menghadap LCS sama aja Jeruk makan Jeruk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada info kelanjutan belajar ilmu rudal khususnya ToT pemandu (guide) dari Rudal C 705

      Hapus
    2. Kita aja yang ga kebagian info itu..😜

      Hapus
    3. Lah yg tot 705 aja ga jelas...apa g kontradiktif dg musuh nyata di LNS? Kumaha teh

      Hapus
  2. "..YJ-12E dengan rudal CM-302 berbasis truk Wanshan WS-2600 bepenggerak roda 5x5.."

    ====
    Yang benar berpenggerak roda 10x10

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wanshan WS-2600 keren yaa, marinir juga uda punyak ya om pedang...mirip tel, tambah rudal kalo parade uda mirip korut kite ntar haha!😋😋😋

      Hapus
  3. Bukti bahwa meski melenggang sendirian, selama didepan masih tersisa 1 tikungan, jangan merasa sudah MENANG...

    😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku mudeng karepe.....sopo sing isih betah dewekan 🤭🤫🤭

      Hapus
  4. Kasih boster kit mungkin bisa 300km lebih ya ?

    BalasHapus
  5. Apakah ada hubungan dg ini ?
    https://www.zonajakarta.com/nasional/67311401846/china-siap-berikan-100-persen-transfer-teknologi-alutsista-agar-indonesia-jadi-eksportir-senjata-di-asia-tenggara

    BalasHapus
  6. "...Angkatan Laut AS menyebutkan YJ-12 merupakan rudal buatan China yang paling berbahaya karena memiliki akurasi 90%..."

    ====
    Aaaah...
    Sisa 10% itu deviasi yang besar kan?
    Masih ada peluang luput..😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. sm kyk iron dome lah.. ga ada yg sempurna. angka 90% itu artinya mematikan dan menakutkan. kapal perang musuh cm tggl berdoa aja bukan termasuk di 90 %nya.

      Hapus
    2. Realita paling masih dekat 50%. Lawan kapal gede mungkin saja bisa sampai 90%.

      Hapus
    3. ituw artinya klo mao sukses dgn probabilitasnya tinggi yaa belinya yg banyak haha!😉😉😉

      Hapus
  7. Apakah benar TNI minat dengan rudal ini?
    Ataukah produsen china ingin memasarkan rudalnya ke tni sehingga melakukan sertifikasi?
    Apapun yang akan dibeli semoga disegerakan.

    BalasHapus
  8. BENAR ADA BANCI AKHIRNYA YANG DIHARAPKAN KEMENHAN SETELAH MUTER² KESANA KEMARI SEOLAH CARI SOLUSI ,
    BENAR² BANCI YANG DI HARAPKAN UNTUK ADA DI KEMENHAN .

    BalasHapus
    Balasan
    1. NGAPAIN MUTER² YA BILANG SAJA LANGSUNG INGIN ADA BANCI DI KEMENHAN , JELAS & MUDAH KAN MENSIKAPINYA.
      "BARANG CINA"

      Hapus
    2. Weh, Weh......ditekak koncone marsekal kapok koen 😬😬😬

      Hapus
    3. mmgnya ada apa dgn barang cina? amerika aja mulai panik dgn militer cina yg semakin maju. situ cuma bs nyinyir dah mrs lbh hebat dr cina? lol

      Hapus
    4. Masalah barang China, ada harga ada barang.😋

      Hapus
    5. siapin materai 10000 jangan menangis bila ada yang datang .......

      Hapus
  9. To be honest, I preferred TNI purchase the Brahmos Missile.
    Buying Chinese products is not always a great choice. If TNI willing to spent little extra money I would go for Blue Spear by ST engineering. We gladly provide those missile to TNI, like what i always say and what we have been though in SAF Indonesia strong defence is vital in our regions - MC

    BalasHapus
    Balasan
    1. Technology transfer. That is the key word. If you can supply it in an easy way, they'd look into it instantly.

      To be honest, I'm surprised we haven't gotten any AFVs from Singapore yet. There was some sort of letter a while ago. It's something quite simple and easy to implement. Theoretically at least.

      Hapus
    2. Could be political decision Indonesia is trying to be neutral. Just look at Thailand the true meaning of neutral country buy from both US and China.

      Hapus
  10. PENETAPAN SUMBER PEMBIAYAAN dah lulus ke?

    Kalau tak lulus, angan-angan je leee.... berita hoax aje leee.....wet dream aje leee......

    Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. SUMBER PEMBIAYAANNYA

      DARI HASIL EMAK KAU JADI PELACUR DI GENTING CASINO

      Hapus
    2. 54 MOU 2022 = March 30 — The Ministry of Defence (Mindef) has recorded a total of 54 signings worth RM4.6 billion during the Defence Services Asia (DSA) 2022 and National Security (Natsec) Asia 2022 exhibitions to strengthen the national defence.
      ---
      PROYEK DIBATALKAN 2023 = The Defence Ministry (Mindef) has cancelled five procurements for supplies, services and infrastructure projects to avoid leakages in expenditure. Mindef said this was following its implementation of procuring assets through open tender for the needs of all three branches of its services.
      ---
      2023 MYR 17,74 = SEWA
      2022 MYR 16,14 = SEWA
      Malaysia has proposed a 2023 defence budget of MYR17.74 billion (USD3.97 billion), a nominal 10% increase over the original 2022 allocation of MYR16.14 billion.
      ---
      100% TIDAK BAYAR HUTANG 2023 = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      ---
      52,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2022 = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
      ---
      50,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2021 = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
      ---
      60% HUTANG BAYAR HUTANG 2020 = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang sedia ada pada tahun lalu, berbanding bagi perbelanjaan pembangunan.
      ---
      59% HUTANG BAYAR HUTANG 2019 = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
      ---
      OPEN DONASI 2018 = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang untuk membantu negara membayar utang yang mencapai 1 triliun ringgit (US$ 250,8 miliar) atau 80 persen dari PDB.
      ---
      JUARA PORNO = In a recent survey conducted by Pornhub, Malaysia was found to be the #1 country in Asia with the most visits to pornography websites. Globally, Malaysia was ranked as the #4 country with the most visits to pornography websites.
      🤣JUARA PORNO > JUARA HUTANG BAYAR HUTANG > JUARA PRANK 54 MOU🤣

      Hapus
  11. 54 MOU 2022 = March 30 — The Ministry of Defence (Mindef) has recorded a total of 54 signings worth RM4.6 billion during the Defence Services Asia (DSA) 2022 and National Security (Natsec) Asia 2022 exhibitions to strengthen the national defence.
    ---
    PROYEK DIBATALKAN 2023 = The Defence Ministry (Mindef) has cancelled five procurements for supplies, services and infrastructure projects to avoid leakages in expenditure. Mindef said this was following its implementation of procuring assets through open tender for the needs of all three branches of its services.
    ---
    2023 MYR 17,74 = SEWA
    2022 MYR 16,14 = SEWA
    Malaysia has proposed a 2023 defence budget of MYR17.74 billion (USD3.97 billion), a nominal 10% increase over the original 2022 allocation of MYR16.14 billion.
    ---
    100% TIDAK BAYAR HUTANG 2023 = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ---
    52,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2022 = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    ---
    50,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2021 = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    ---
    60% HUTANG BAYAR HUTANG 2020 = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang sedia ada pada tahun lalu, berbanding bagi perbelanjaan pembangunan.
    ---
    59% HUTANG BAYAR HUTANG 2019 = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    ---
    OPEN DONASI 2018 = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang untuk membantu negara membayar utang yang mencapai 1 triliun ringgit (US$ 250,8 miliar) atau 80 persen dari PDB.
    ---
    JUARA PORNO = In a recent survey conducted by Pornhub, Malaysia was found to be the #1 country in Asia with the most visits to pornography websites. Globally, Malaysia was ranked as the #4 country with the most visits to pornography websites.
    🤣JUARA PORNO > JUARA HUTANG > JUARA PRANK 54 MOU🤣

    BalasHapus
  12. PENETAPAN SUMBER PEMBIAYAAN (PSP) dah lulus ke?

    Kalau tak lulus, angan-angan je leee.... berita hoax aje leee.....wet dream aje leee......

    Gorilla kerasukan guys....PSP tiada.
    Wkwkwkwkwkwkwkwkwk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. SPH malay apa kabar?

      Biaya LCA dari mana?

      MRAD apa kabar??


      DREAM... ETERNAL DREAM MALAY

      Hapus
    2. loh mmgnya diberitanya ada yang bilang sdh deal kah? melon kw brisik

      Hapus
    3. Yg pnting gak nyewaa pakai hutang spt sewa heli 🤣🤣🤣🙈

      Hapus
  13. SEBENARNYA KALAU MAU BELI DARI CHINA.


    memang sekitar natuna spot paling panas, tapi kita tidak bisa anggap tidak ada ancaman dari barat, selatan.

    -DIEGO GARCIA (US).
    -AUSTRALIA (AUKUS).

    Tidak ada salahnya juga beli dari China, mau beli dari yang lain mungkin terkendala tot, seperti Brahmos.

    tapi kalau ada yang tidak setuju, kalah bisa tiru Uganda, Kazakhstan, Al Jazeera yang beli senjata Russia.

    OPSI PEMBELIAN :

    -BASTION K300P (YAKHONT).
    -KALIBR COASTAL DEFENCE.
    -RBS 15 COASTAL DEFENCE.

    AMBIL DARI 2 SISI AKAN LEBIH BAIK.

    JADI TINGGAL LIHAT SAJA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Al Jazeera bukannya TV berita ya?

      Hapus
    2. Kayaknya ketukar sama Aljazair.😅

      Hapus
    3. Baik idenya. Krn Rusia minim kepentingan di area ini dibandingkan US and the gang apalagi China, mengingat posisi geografis yg jauh.
      Hanya mampukah Pemerintah mengatasi tekanan politik dan system keuangan yg didominasi oleh system barat.
      Jelasnya meniru India, order ke Rusia, tp CATSA gak ngefek.

      Hapus
    4. Buruh Harian Lepaa5 Januari 2024 pukul 10.53
      Baik idenya. Krn Rusia minim kepentingan di area ini dibandingkan US and the gang apalagi China, mengingat posisi geografis yg jauh.
      Hanya mampukah Pemerintah mengatasi tekanan politik dan system keuangan yg didominasi oleh system barat.
      Jelasnya meniru India, order ke Rusia, tp CATSA gak ngefek.

      Kalo negara kecil yg economy nya lemah emang efeknya kerasa tapi Indo udah termasuk negara yg ekonominya gede kalo USA macem2 yah tinggal lean toward ke Global South Europa udah lemah gara2 nurutin Amrik ikut2an contribute Ukraine proxy war dan sanction Russia for cheap energy and China for big market

      Hapus
  14. Hurraiyy..
    Kita shoping lagi..mantap rudal SUPERSONIC bisa buat hancurkan kapal malon

    Malon langsung gila
    😂😂😂

    BalasHapus
  15. Kemampuan CM302 sudah supersonik,yg varian eksportnya 290Km,misal ini TNI jdi diambil tempatkan aja di wilayah selatan kdng yg di selatan diam2 menghanyutkan sbg tetangga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. True, OZ diem2 buat gara2 dulu Tim tim sekarang Papua. Amrik dan gang ngak suka kalo negara2 Asia jadi lebih kuay dan ngak bisa di control. So one way yah buat conflict

      Hapus
  16. pssstttttt.........si PEMBUAL mula lagi guys.....BATAL...BATAL...BATAL.....HAHAHAHAHAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaka sembung bawa golok.
      Kagak nyambung goblok. HA ha ha ha ha ha ha

      Hapus
    2. Yah si Tong Kosong keluar lagi

      Hapus
  17. Si PEMBUAL MALON muncul guys .....
    Gak paham beritanya apa, komennya apa .....

    BalasHapus
  18. Yang Batal itu karena Ukraina sama lagi Rusia sedang perang lon..
    Koyak lah tuh bacanya
    CM302 dan Brahmos calon gantinya


    "pembelian Rudal pertahan pantai Neptune buatan Ukraina beserta kemungkinan adanya transfer of technology (TOT) dalam paket pembelian tersebut. Kemungkinan wacana mengakusisi rudal Neptune buatan Ukriana terancam batal karena kondisi saat ini negara tersebut tengah berperang dengan Rusia"

    BalasHapus
  19. KS1A = Under the pact between China National Precision Machinery Import and Export Corp. and two local companies, CNPMIEC would transfer technology on production of the FN-6 shoulder-launched missiles to Malaysia if it purchases its medium-range KS-1A missiles, Bernama said.
    ---
    54 MOU 2022 = March 30 — The Ministry of Defence (Mindef) has recorded a total of 54 signings worth RM4.6 billion during the Defence Services Asia (DSA) 2022 and National Security (Natsec) Asia 2022 exhibitions to strengthen the national defence.
    ---
    PROYEK DIBATALKAN 2023 = The Defence Ministry (Mindef) has cancelled five procurements for supplies, services and infrastructure projects to avoid leakages in expenditure. Mindef said this was following its implementation of procuring assets through open tender for the needs of all three branches of its services.
    ---
    2023 MYR 17,74 = SEWA
    2022 MYR 16,14 = SEWA
    Malaysia has proposed a 2023 defence budget of MYR17.74 billion (USD3.97 billion), a nominal 10% increase over the original 2022 allocation of MYR16.14 billion.
    ---
    100% TIDAK BAYAR HUTANG 2023 = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ---
    52,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2022 = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    ---
    50,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2021 = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    ---
    60% HUTANG BAYAR HUTANG 2020 = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang sedia ada pada tahun lalu, berbanding bagi perbelanjaan pembangunan.
    ---
    59% HUTANG BAYAR HUTANG 2019 = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    ---
    OPEN DONASI 2018 = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang untuk membantu negara membayar utang yang mencapai 1 triliun ringgit (US$ 250,8 miliar) atau 80 persen dari PDB.
    ---
    JUARA PORNO = In a recent survey conducted by Pornhub, Malaysia was found to be the #1 country in Asia with the most visits to pornography websites. Globally, Malaysia was ranked as the #4 country with the most visits to pornography websites.
    🤣JUARA PORNO > JUARA HUTANG > JUARA PRANK 54 MOU🤣

    BalasHapus
  20. Pssst....PENETAPAN SUMBER PEMBIAYAAN (PSP) dah lulus ke?

    Kalau tak lulus, angan-angan je leee.... berita hoax aje leee.....wet dream aje leee......

    Gorilla kerasukan guys....PSP tiada.
    Wkwkwkwkwkwkwkwkwk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. 54 MOU 2022 = March 30 — The Ministry of Defence (Mindef) has recorded a total of 54 signings worth RM4.6 billion during the Defence Services Asia (DSA) 2022 and National Security (Natsec) Asia 2022 exhibitions to strengthen the national defence.
      ---
      PROYEK DIBATALKAN 2023 = The Defence Ministry (Mindef) has cancelled five procurements for supplies, services and infrastructure projects to avoid leakages in expenditure. Mindef said this was following its implementation of procuring assets through open tender for the needs of all three branches of its services.
      ---
      2023 MYR 17,74 = SEWA
      2022 MYR 16,14 = SEWA
      Malaysia has proposed a 2023 defence budget of MYR17.74 billion (USD3.97 billion), a nominal 10% increase over the original 2022 allocation of MYR16.14 billion.
      ---
      100% TIDAK BAYAR HUTANG 2023 = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      ---
      52,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2022 = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
      ---
      50,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2021 = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
      ---
      60% HUTANG BAYAR HUTANG 2020 = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang sedia ada pada tahun lalu, berbanding bagi perbelanjaan pembangunan.
      ---
      59% HUTANG BAYAR HUTANG 2019 = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
      ---
      OPEN DONASI 2018 = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang untuk membantu negara membayar utang yang mencapai 1 triliun ringgit (US$ 250,8 miliar) atau 80 persen dari PDB.
      ---
      JUARA PORNO = In a recent survey conducted by Pornhub, Malaysia was found to be the #1 country in Asia with the most visits to pornography websites. Globally, Malaysia was ranked as the #4 country with the most visits to pornography websites.
      🤣JUARA PORNO > JUARA HUTANG > JUARA PRANK 54 MOU🤣

      Hapus
    2. Jaka sembung bawa golok....
      Kagak nyambung goblok. Beritanya apa komentarnya apa Malon KW

      Hapus
    3. Ini lagi si tong kosong satunya lagi

      Hapus
  21. SEBENARNYA KALAU MAU BELI DARI CHINA.


    memang sekitar natuna spot paling panas, tapi kita tidak bisa anggap tidak ada ancaman dari barat, selatan.

    -DIEGO GARCIA (US).
    -AUSTRALIA (AUKUS).

    Tidak ada salahnya juga beli dari China, mau beli dari yang lain mungkin terkendala tot, seperti Brahmos.

    tapi kalau ada yang tidak setuju, kita bisa tiru Uganda, Kazakhstan, Al Jazair yang beli senjata Russia.

    OPSI PEMBELIAN :

    -BASTION K300P (YAKHONT).
    -KALIBR COASTAL DEFENCE.
    -RBS 15 COASTAL DEFENCE.

    AMBIL DARI 2 SISI AKAN LEBIH BAIK.

    JADI TINGGAL LIHAT SAJA

    BalasHapus
  22. 54 MOU 2022 = Mindef has recorded a total of 54 signings worth RM4.6 billion during the Defence Services Asia (DSA) 2022 and National Security (Natsec) Asia 2022 exhibitions to strengthen the national defence.
    ---
    PROYEK DIBATALKAN 2023 = Mindef has cancelled five procurements for supplies, services and infrastructure projects to avoid leakages in expenditure.
    ---
    2023 SEWA 2022 SEWA = Malaysia has proposed a 2023 defence budget of MYR17.74 billion (USD3.97 billion), a nominal 10% increase over the original 2022 allocation of MYR16.14 billion.
    ---
    2023 SEWA 4x4 = Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula
    2023 SEWA HELI = Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
    2022 SEWA HELI : 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang akan ditempatkan di No.3 Skuadron, Pangkalan Udara Butterworth
    2022 SEWA HELI : Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
    2022 SEWA BOAT : sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
    2022 SEWA MOTOR : The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT Superbikes
    2020 SEWA PESAWAT : ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario.
    ---
    JUARA PORNO = In a recent survey conducted by Pornhub, Malaysia was found to be the #1 country in Asia with the most visits to pornography websites. Globally, Malaysia was ranked as the #4 country with the most visits to pornography websites.
    🤣JUARA PORNO > JUARA HUTANG > JUARA SEWA🤣

    BalasHapus
  23. Rudal Neptune buatan ukraina batal karena kondisi perang,di alihkan produsen negara lain
    CM302 sudah disertifikasi
    Opsi lain ada Brahmos

    Kebakaran jenggot malon🤣🤣🤣😁

    BalasHapus
  24. Drpd bual2 si malon teriak kalis hutang
    Tpi apa daya sewa heli dpt hutang juga

    Munafikun je lon🙈🤡🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. juara sewa di SEA .....mantap agen-agen kite memporandakan ekonomi sebelah selamat Najib.....

      Hapus
    2. Lah bukan kalis hutang yang benar tuh KALIS SHOPING🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  25. Kata kuncinya PENETAPAN SUMBER PEMBIAYAAN (PSP).

    Kalau tak lulus PSP, angan-angan je leee.... berita hoax aje leee.....wet dream aje leee......

    Gorilla kerasukan guys....PSP tiada.
    Wkwkwkwkwkwkwkwkwk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Geng 🦍🦍🦍🦍 kecewa bro... HUTANG JUMBO DI PANGKAS TINGGAL SETENGAH... 🤭🤭🤭🤭

      Hapus
    2. 54 MOU 2022 = March 30 — The Ministry of Defence (Mindef) has recorded a total of 54 signings worth RM4.6 billion during the Defence Services Asia (DSA) 2022 and National Security (Natsec) Asia 2022 exhibitions to strengthen the national defence.
      ---
      PROYEK DIBATALKAN 2023 = The Defence Ministry (Mindef) has cancelled five procurements for supplies, services and infrastructure projects to avoid leakages in expenditure. Mindef said this was following its implementation of procuring assets through open tender for the needs of all three branches of its services.
      ---
      2023 MYR 17,74 = SEWA
      2022 MYR 16,14 = SEWA
      Malaysia has proposed a 2023 defence budget of MYR17.74 billion (USD3.97 billion), a nominal 10% increase over the original 2022 allocation of MYR16.14 billion.
      ---
      100% TIDAK BAYAR HUTANG 2023 = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      ---
      52,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2022 = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
      ---
      50,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2021 = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
      ---
      60% HUTANG BAYAR HUTANG 2020 = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang sedia ada pada tahun lalu, berbanding bagi perbelanjaan pembangunan.
      ---
      59% HUTANG BAYAR HUTANG 2019 = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
      ---
      OPEN DONASI 2018 = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang untuk membantu negara membayar utang yang mencapai 1 triliun ringgit (US$ 250,8 miliar) atau 80 persen dari PDB.
      ---
      JUARA PORNO = In a recent survey conducted by Pornhub, Malaysia was found to be the #1 country in Asia with the most visits to pornography websites. Globally, Malaysia was ranked as the #4 country with the most visits to pornography websites.
      🤣JUARA PORNO > JUARA HUTANG > JUARA PRANK 54 MOU🤣

      Hapus
  26. Jaga jaga geng GORILLA akan klaim konon misil tu mereka sudah beli dengan NGUTANG... 🤭🤭🤭🤭🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. 54 MOU 2022 = March 30 — The Ministry of Defence (Mindef) has recorded a total of 54 signings worth RM4.6 billion during the Defence Services Asia (DSA) 2022 and National Security (Natsec) Asia 2022 exhibitions to strengthen the national defence.
      ---
      PROYEK DIBATALKAN 2023 = The Defence Ministry (Mindef) has cancelled five procurements for supplies, services and infrastructure projects to avoid leakages in expenditure. Mindef said this was following its implementation of procuring assets through open tender for the needs of all three branches of its services.
      ---
      2023 MYR 17,74 = SEWA
      2022 MYR 16,14 = SEWA
      Malaysia has proposed a 2023 defence budget of MYR17.74 billion (USD3.97 billion), a nominal 10% increase over the original 2022 allocation of MYR16.14 billion.
      ---
      100% TIDAK BAYAR HUTANG 2023 = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      ---
      52,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2022 = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
      ---
      50,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2021 = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
      ---
      60% HUTANG BAYAR HUTANG 2020 = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang sedia ada pada tahun lalu, berbanding bagi perbelanjaan pembangunan.
      ---
      59% HUTANG BAYAR HUTANG 2019 = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
      ---
      OPEN DONASI 2018 = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang untuk membantu negara membayar utang yang mencapai 1 triliun ringgit (US$ 250,8 miliar) atau 80 persen dari PDB.
      ---
      JUARA PORNO = In a recent survey conducted by Pornhub, Malaysia was found to be the #1 country in Asia with the most visits to pornography websites. Globally, Malaysia was ranked as the #4 country with the most visits to pornography websites.
      🤣JAGA-JAGA ..... JUARA PORNO > JUARA HUTANG > JUARA PRANK 54 MOU🤣

      Hapus
    2. Yah si tong kosong komen yang gak jelas dia bingung mikirin negaranya sendiri nggak belanja-belanja udah kebanyakan hutang mikirin Hutang orang lain wakakakakakakak

      Hapus
  27. Jangan dari Tiongkok laah....
    Bisa dr turki, india atau prancis

    BalasHapus
  28. 54 MOU 2022 = Mindef has recorded a total of 54 signings worth RM4.6 billion during the Defence Services Asia (DSA) 2022 and National Security (Natsec) Asia 2022 exhibitions to strengthen the national defence.
    ---
    PROYEK DIBATALKAN 2023 = Mindef has cancelled five procurements for supplies, services and infrastructure projects to avoid leakages in expenditure.
    ---
    2023 SEWA 2022 SEWA = Malaysia has proposed a 2023 defence budget of MYR17.74 billion (USD3.97 billion), a nominal 10% increase over the original 2022 allocation of MYR16.14 billion.
    ---
    2023 SEWA 4x4 = Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula
    2023 SEWA HELI = Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
    2022 SEWA HELI : 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang akan ditempatkan di No.3 Skuadron, Pangkalan Udara Butterworth
    2022 SEWA HELI : Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
    2022 SEWA BOAT : sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
    2022 SEWA MOTOR : The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT Superbikes
    2020 SEWA PESAWAT : ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario.
    ---
    JUARA PORNO = In a recent survey conducted by Pornhub, Malaysia was found to be the #1 country in Asia with the most visits to pornography websites. Globally, Malaysia was ranked as the #4 country with the most visits to pornography websites.
    🤣JAGA-JAGA TUKANG SEWA = TUKANG PRANK 54 MOU🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. 54 MOU 2022 = March 30 — The Ministry of Defence (Mindef) has recorded a total of 54 signings worth RM4.6 billion during the Defence Services Asia (DSA) 2022 and National Security (Natsec) Asia 2022 exhibitions to strengthen the national defence.
      ---
      PROYEK DIBATALKAN 2023 = The Defence Ministry (Mindef) has cancelled five procurements for supplies, services and infrastructure projects to avoid leakages in expenditure. Mindef said this was following its implementation of procuring assets through open tender for the needs of all three branches of its services.
      ---
      2023 MYR 17,74 = SEWA
      2022 MYR 16,14 = SEWA
      Malaysia has proposed a 2023 defence budget of MYR17.74 billion (USD3.97 billion), a nominal 10% increase over the original 2022 allocation of MYR16.14 billion.
      ---
      100% TIDAK BAYAR HUTANG 2023 = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      ---
      52,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2022 = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
      ---
      50,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2021 = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
      ---
      60% HUTANG BAYAR HUTANG 2020 = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang sedia ada pada tahun lalu, berbanding bagi perbelanjaan pembangunan.
      ---
      59% HUTANG BAYAR HUTANG 2019 = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
      ---
      OPEN DONASI 2018 = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang untuk membantu negara membayar utang yang mencapai 1 triliun ringgit (US$ 250,8 miliar) atau 80 persen dari PDB.
      ---
      JUARA PORNO = In a recent survey conducted by Pornhub, Malaysia was found to be the #1 country in Asia with the most visits to pornography websites. Globally, Malaysia was ranked as the #4 country with the most visits to pornography websites.
      🤣JAGA-JAGA ..... JUARA PORNO > JUARA HUTANG > JUARA PRANK 54 MOU🤣

      Hapus
  29. Kata kunci sewa heli ternyata malon dgn hutang
    Lahh Munafik
    Badut 🤡🙈

    Wkwkkwkw...

    BalasHapus
  30. Makanya baca lon dgn mata
    Batal di alihkan rudal lain.
    =====÷
    pembelian Rudal pertahan pantai Neptune buatan Ukraina beserta kemungkinan adanya transfer of technology (TOT) dalam paket pembelian tersebut. Kemungkinan wacana mengakusisi rudal Neptune buatan Ukriana terancam batal karena kondisi saat ini negara tersebut tengah berperang dengan Rusia

    BalasHapus
  31. MMW2 Januari 2024 pukul 14.20

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣
    Jom gelak! Penetapan sumber pembiayaan TIADA!
    Tandatangan kontrak KOSONG!
    Beza sungguh dengan kontrak Malaysia...🤣🤣🤣🤣

    Kntrak malon yg real cuma Sewa itupun pake lender hutang juga
    Prettt MUNAFIK🙈🤡🤡

    BalasHapus
  32. Kata kunci..... BATAL... 🤭🤭🤭🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak bise baca ya
      Buta kasihan dengki🙈🤡

      Hapus
    2. Kasihan si tong kosong ini Komennya nggak jelas suruh Malon belanja mangkanya supaya nggak dengki

      Hapus
  33. Kalis hutang kalis shoping
    Sewa heli dgn Hutang.

    Wkwkwkkw...pretttt Munafik lon
    Angan2 cash prettt
    Badut 🤡🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. MALON tuh UTANG kalis SHOPING om .....

      Hapus
    2. khan muka kondom porn wkwkwkwkwk

      Hapus
    3. Melon udah nggak bisa belanja udah kebanyakan hutang

      Hapus
  34. Sewa dgn hutang
    Tipikal malon real pembual
    Cash angan2🙈🙈🙈🙈🙈🙈
    Pisang pisang

    BalasHapus
  35. Lahh sila baca lon😄

    "Rudal YJ-12E telah mendapatkan sertifikasi dari Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AL (Distlibangal) untuk proses akusisi dan kemungkinan produksi secara lokal."


    BalasHapus
  36. Mahluk mahluk keturunan perompak Malaka sibuk ngetroll guys....

    BalasHapus
  37. turki teote rudal balistik B-611 dr rrc hasilnya
    ✅Bora/khan
    ✅Yildrim

    yaa mungkin dgn akusisi CM-302 & Khan buat dapetin teknologi rudal pertahanan pantai ama balistik sekaligus
    tinggal tunggu akusisi Bastion dan Iskander tempat smua teote berasal...opa puting beliung pasti senang krupuk khan haha!🚀🚀🚀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bastion sama iskondor wah tar bisa2 kena Caatzaaa om

      Hapus
  38. teringat inpo dr menhan bumi datar kesayangan om smilikity yg sebut ada tawaran 2025 bajet dobel dan akan ada SHOPPING masive ke rrc & ruski krn kita negara GNB bebass cuy haha!🤭🤭🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi bebas dong

      Al Jazair & Uganda aja santai.. Kazakhstan juga


      Masa kita tidak bisa

      Hapus
    2. klo ga bole pake $ ya pake mata uang lain ato bersama bisa jgk komoditi kan beres haha!👏👏👏

      Hapus
  39. YJ-12E. Rudal ini disebutkan mampu membawa hulu ledak seberat 200-500 kg
    —————

    tes rudal yakun setronk kita hulu ledak 250kg langsung bikin kapal lst tenggelem,
    apalagi yg 500kg...
    kira2 butuh brp yak buat rontokin kapal induk? 8 bijik cukup gak haha!🚀🚀🚀

    secara rimpac22 maren lpd dibombardir laut darat udara berjam2
    yaa rudal ekspired KL yg ikutan numpang target gak berasa cuy...cmn hulu ledak 100-150kg haha!😂😂😂

    BalasHapus
  40. Kata kunci Malaysia.. AKAN! , DIJANGKA! Lender uda paham PHP nya...
    Gempur nangis bareng.
    Merdeka Serawak 2025

    BalasHapus
  41. kenapa gak brahmos aja sih, kok malah prod china...apa akan efektif jika digunakan di laut china selatan utk melawan china?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih gampang di sertifikasi? Sama aja pertanyaannya napa mau berantem ama negara yg banyak melakukan business di Indo? Negara mana yg paling banyak invest duit di Indo? India? Apa India berani bagi2 teknology ama Indonesia?

      Hapus