21 Januari 2024

PT DI Bangkit Dengan Kontrak Jumbo

21 Januari 2024

N219 menggunakan camo TNI AD (photo: Defense Studies)

JAKARTA – Torehan kontrak baru senilai sekitar US$ 1 miliar pada tahun ini menjadi modal bagi PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PTDI untuk bangkit. Kepala Divisi Pemasaran PTDI Ibnu Bintarto mengatakan pesawat N219, terutama dalam model amfibi, sedang gencar ditawarkan kepada pelaku pasar aviasi. 

Sejak Juni 2023, kata dia, pemakaian N219 ikut dipromosikan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). “Sudah ada peluncuran model bisnis pemanfaatan N219 untuk pemerintah daerah. Pilot project program itu dimulai di Kepulauan Riau,” katanya kepada Tempo, kemarin, 19 Desember 2023.

Anjuran pemakaian N219 untuk pemda, menurut Ibnu, akan memicu pemesanan N219 yang lebih besar ke depannya. Hingga bulan ini, perusahaan sudah mendapat pesanan enam unit N219 untuk kebutuhan TNI Angkatan Darat. 

Dengan kapasitas saat ini, pengerjaan dan pengiriman pesawat akan dapat dilakukan secara bertahap selama 44 bulan sejak pengukuhan kontrak. Pesawat pertama rencananya diselesaikan pada bulan ke-24. Selanjutnya, PTDI akan mengirim satu unit lagi setiap empat bulan.

Sembari merampungkan sertifikasi uji tipe N219 yang tuntas pada akhir 2022, PTDI menerima banyak pernyataan minat dari konsumen domestik dan asing. Pesanan N219 juga datang dari Kementerian Perhubungan untuk program jembatan udara. Manajemen PTDI pun akan bakal menggarap empat unit N219 pesanan Pemerintah Provinsi Aceh pada tahap produksi pertama. Dari kalangan swasta, ada PT Karya Logistik Indotama yang sebelumnya juga memesan lima unit.

Dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sebesar 44,69 persen, Ibnu meneruskan, harga per unit N219 ditaksir mencapai US$ 6,8 juta atau setara dengan Rp 105,2 miliar. Selain untuk bahan baku dan mesin utama, harga ini sudah termasuk paket pelatihan pilot dan teknis serta pengembangan basis.

PT DI juga mendapatkan kontrak 6 NC-212i untuk Filipina (photo: Miguel Cennon)

Ada juga paket bantuan teknis berkala yang lokasinya akan disepakati bersama pembeli. Perseroan menawarkan garansi selama setahun—setara dengan durasi penerbangan awal selama 600 jam. Di luar kontrak pembelian, PTDI juga akan menjalin perjanjian ketersediaan material komponen N219 hingga 20 tahun sejak pembelian. Hal ini lazim dilakukan manufaktur pesawat untuk memastikan ketersediaan material produk selama periode tertentu.

Menurut Ibnu, perakitan mesin bisa dikerjakan oleh pabrikan PTDI di Bandung. Namun beberapa komponen vital, seperti mesin, baling-baling, dan perangkat avionic, harus diimpor dari pabrikan asing yang sudah diakui oleh pasar dunia. Dia sebelumnya menyatakan bahwa harga N219 masih berpotensi naik akibat kenaikan harga barang dan jasa. “Butuh dukungan juga dari perbankan nasional untuk membuat jaminan pembayaran melalui letter of credit.”

Mendapat PMN Rp 543 Miliar
Direktur Utama PTDI Gita Amperiawan menyebutkan penyertaan modal negara (PMN) 2023 untuk entitasnya akan dipakai untuk penguatan kapasitas produksi. Dana segar untuk PTDI mengalir lewat induk holding Defense ID, yaitu PT Len Industri (Persero). Induk gabungan badan usaha milik negara bidang alat pertahanan ini dikucuri PMN sebesar Rp 1,75 triliun pada tahun ini. Sebanyak Rp 543 miliar dari jumlah itu disalurkan ke PTDI.

“Dengan PMN, kami bisa membangun 12 unit N219 per tahun, dari yang awalnya hanya bisa 4 unit,” tutur dia, kemarin. Modal negara itu juga bakal dipakai PTDI untuk peningkatan kapasitas produksi pesawat CN235 serta revitalisasi fasilitas pendukung.

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa sebelumnya mendorong pengembangan versi amfibi N219 untuk dipakai di daerah. Menurut dia, produk anyar PTDI akan ikut mengangkat lini industri penyokong manufaktur pesawat. "Mudah-mudahan N219 bisa menjadi produk unggulan setelah saya datang ke Amerika dan meyakinkan otoritas terkait bahwa ini bisa diproduksi," ujar Suharso di Jakarta pada 20 November lalu. 

Peneliti BUMN dari Universitas Indonesia, Toto Pranoto, menyarankan PTDI mengejar transaksi dari pelanggan yang bisa memastikan kesiapan uang muka. Proses penagihan pun harus dirancang secara terinci agar tidak menimbulkan kendala dalam termin pembayaran. “Untuk menanggulangi proyek yang kebutuhan modalnya besar, PTDI bisa mengajak mitra investor,” kata dia. Sebelumnya, PTDI diketahui menggandeng Turkish Aerospace Industries untuk peningkatan teknologi N219, termasuk untuk pemasaran di luar negeri, setelah tahap produksi massal.

60 komentar:

  1. Menunggu komen gempur ngamuk baca berita ini .....
    🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komen gempork gak jauh dari hutang. Mau ngomong soal aset militer nggak mungkinlah. Aset Malon usang semua

      Hapus
    2. Maklum om dia bangga dengan UTANG negaranya yang jauh lebih besar dari utang RI.

      Hapus
    3. Gempur pengen semua orang tau, MALON bisa UTANG lebih besar dari RI

      Hapus
    4. Tambah ngamuk lagi timnas sepakbolanya semalem keok dari Bahrain....😁😁😁

      Hapus
  2. Dulu om ku kerja di PT merpati Nusantara . PT merpati Nusantara satu satunya kalau ngga salah yg beli CN 235. Mandala, simpati, bouraq ngga ada yg Beli. Merpati Beli 2 pesawat aja . Ampun sparepart nya susah banget. Sekarang semua airlines yg saya sebutkan diatas bangkrut semua ,🤣🤣🤣

    BalasHapus
  3. Saya Pikir Berita dari AirCroooooood yg mendonia sampai Planet Namex..yg memproduksi Piring Terbang tuk makan nasi Kapau diPasar Senen wkwkwkkkkkkkkk🤣🤣🤣🩲🇲🇾🩲

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Selesaikan Pembayaran Tahap 3 Rafale Situs Prancis Malah Sebut Indonesia Mulai Lupakan Rusia dan Merapat Ke Barat
    Albert Alausath
    Sabtu, 13 Januari 2024 | 19:28 WIB
    Indonesia tuntaskan kontrak pembelian Rafale.
    Indonesia tuntaskan kontrak pembelian Rafale.

    ZONAJAKARTA.com - Pada 8 Januari 2023 Indonesia sukses menuntaskan pembayaran kontrak ketiga jet tempur Rafale dari 42 unit yang dipesan.

    Hal ini membuat Indonesia selangkah lebih dekat menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang menjadi pemilik Rafale.

    "Tahap terakhir dari 18 Rafale untuk Indonesia telah mulai berlaku," ungkap situs Dassault Aviation.

    Baca Juga: Bagaimana Wanita Menghadapi Kehidupan Tanpa Pria di Penjara?[AD]
    Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang mengakuisisi Rafale.

    Menurut La Tribune, pada Februari 2022, Jakarta menandatangani kontrak akuisisi 42 pesawat tempur Rafale Prancis senilai 8,1 miliar dollar AS.

    Kemudian terjadi aktivasi tahap kedua melalui pembayaran pertama, yang memungkinkan validasi 18 pesawat dalam buku pesanan pabrikan pesawat Prancis.

    Menurut Dassault Aviation, pada 10 Agustus, Indonesia memvalidasi tahap ketiga dan terakhir yang melibatkan 18 perangkat.

    Indonesia nantinya akan memiliki Rafale F4 di angkatan udaranya.

    Baca Juga:
    Militer Indonesia Dicap Mewah Oleh Vietnam Gara-Gara Punya Pesawat Militer yang Cuma Dimiliki 3 Negara ASEAN Ini

    Standar F4 mencakup peningkatan kemampuan yang sudah ada, seperti radar RBE AESA milik Thales dan pod penargetan Talios yang akan menawarkan peningkatan dalam mode udara-ke-darat.

    Standar baru ini juga menawarkan fitur-fitur baru dengan hadirnya jendela bidik helm dengan sistem Thales Scorpion.

    Sistem Dukungan Prognosis dan Diagnostik baru yang memperkenalkan kemampuan pemeliharaan prediktif.

    Optimalisasi pemeliharaan lainnya juga direncanakan, termasuk solusi berdasarkan Big Data dan kecerdasan buatan.

    Dengan tujuan memungkinkan Rafale bertarung pada tingkat kolaboratif dan jaringan, pesawat ini dilengkapi dengan tautan data yang ditingkatkan dan radio digital terenkripsi CONTACT, ditambah dengan sistem komunikasi satelit Syracuse IV.

    BERBANDING F50 YGVERSI "AKAN" SAMPAI BANG JAMIL MAMPOOOOOOOOS..WKWKWKKKKKKKKKKKKKKKK

    BalasHapus
  6. Kenapa AU India merasa perlu beli 36 Rafale?
    Kurang apa mereka dengan 270 up SU-30 MKI-nya..?

    😯

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar deterrence om.....untuk lawan tanding kokoh panda SU 35.....

      Hapus
    2. Tetangga nya Pakistan siap menerima Fc 31 dr ElderBrother nya Malon..AU Prindavan Ketar ketir Om @PS

      Hapus
    3. Kl FC31 ujungnya India minta F 35 nehhhhh ......

      Hapus
    4. BIASA PENGADAAN KEBUTUHAN MESKI REPOT KARENA DI INDIKASIKAN BERMASALAH
      " PRIORITAS DARI ADANYA PELICIN PRIORITAS".

      YA SEBISA MUNGKIN IMBANGI
      J 20 RRC ATAU FC 31 PAKISTAN , BENAR SIH BISA² UJUNG²NYA CARI KELAS F 35 , BERUNTUNG NKRI SUDAH PUNYA
      IF 21 🇮🇩 INDONESIAN FIGHTER JET.

      Hapus
    5. Sudah punya berapa unit? Produksi massal juga belum .....

      Hapus
    6. Kemarin India ada kasus yg dogfight dengan Pakistan dekat dengan wilayah perbatasan...dimana pangkalan udara India landasannya terlalu pendek tidak bisa buat di daratin Sukhoi...

      Makanya India mencari pesawat yg bisa take off landing di landasan yg pendek.

      Kurang lebih kaya gini kejadian misalnya di perbatasan Natuna..tp pangkalan Sukhoi nya di Makassar.. begitu ada pertempuran udara wilayah nya jauh mau landing nggak bisa di Natuna karena runway-nya pendek...kalau pesawat nya PP + dogfight terkendala di bahan bakar.. harus ada refueling di udara serta kehilangan momentum saat terjadi adanya insiden dogfight.

      Hapus
    7. @TsetoW... komentar kelas TAIK.
      Bilang IFX sdh punya...😁😁😁
      Diproduksi aja belom....
      Itulah kl yang ada di dalam kepala sama dengan yang ada di dalam pantat yaitu TOKAI alias TAIK

      Hapus
  7. Berita lama = Sembari merampungkan sertifikasi uji tipe N219 yang tuntas pada akhir 2022

    BalasHapus
  8. SUKSES TERUS PT DI DENGAN PRODUCT²NYA & KONTRAK² PESANANNYA ,
    JENIS N 219 AMPHIBIOUSNYA DI TUNGGU UNTUK SEGERA LAUNCHING , PESAWAT JENIS INI CUKUP VITAL UNTUK NEGARA ARCHIPELAGO SEPERTI INDONESIA ATAU NEGARA KONTINEN YANG BERDANAU & SUNGAI BESAR.

    BalasHapus
  9. KUAT MEMBUAL... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. ATP INDONESIA = The Defense Security Cooperation Agency notified Congress Nov. 16 of a possible Foreign Military Sale to the Government of Indonesia for the regeneration and upgrade of 24 F-16C/D Block 25 aircraft and associated equipment, parts, training and logistical support for an estimated cost of $750 million.
      ---
      ATP POLANDIA= The State Department has made a determination approving a possible Foreign Military Sale to the Government of Poland of Sniper Advanced Targeting Pods and related equipment for an estimated cost of $124.7 million.
      ---
      PALM OIL = A $919 million contract was signed between KAI and the Malaysian Ministry of Defense for the supply of the FA-50 light combat aircraft. Malaysia announced that at least half of the payment would be made in palm oil
      8 FLIT 10 LCA = Royal Malaysian Air Force (RMAF or TUDM) with 18 light combat and advanced trainer aircraft. Eight of these aircraft are to be configured primarily as Lead Advanced Trainer (LIFT), while the remaining ten would be Light Fighter Aircraft (LCA) combat aircraft.
      🤣10 LCA NON SNIPER ATP = OMPONGGG🤣

      Hapus
  10. ATP INDONESIA = The Defense Security Cooperation Agency notified Congress Nov. 16 of a possible Foreign Military Sale to the Government of Indonesia for the regeneration and upgrade of 24 F-16C/D Block 25 aircraft and associated equipment, parts, training and logistical support for an estimated cost of $750 million.
    ---
    ATP POLANDIA= The State Department has made a determination approving a possible Foreign Military Sale to the Government of Poland of Sniper Advanced Targeting Pods and related equipment for an estimated cost of $124.7 million.
    ---
    PALM OIL = A $919 million contract was signed between KAI and the Malaysian Ministry of Defense for the supply of the FA-50 light combat aircraft. Malaysia announced that at least half of the payment would be made in palm oil
    8 FLIT 10 LCA = Royal Malaysian Air Force (RMAF or TUDM) with 18 light combat and advanced trainer aircraft. Eight of these aircraft are to be configured primarily as Lead Advanced Trainer (LIFT), while the remaining ten would be Light Fighter Aircraft (LCA) combat aircraft.
    🤣10 LCA NON SNIPER ATP = OMPONGGG🤣

    BalasHapus
  11. Tuh kan gempur sudah KERASUKAN dan NGAMUK gak keruan ....
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  12. Filipina pesan 6, tetangga yg baik. Pasti akan kami dukung kalau Filipina akan ambil sabah serawak

    BalasHapus
  13. 2024 Military Strength Ranking – GLOBAL FIRE POWER
    13. Indonesia
    22. Vietnam
    25. Thailand
    30. Singapura
    34. Filipina
    35. Myanmar
    42. Malaysia
    ---
    2024 DEFENSE BUDGET – GLOBAL FIRE POWER
    17. Indonesia = US$ 25 Billion
    28. Singapura = US$ 13,493 Billion
    39. Vietnam = US$ 7,9 Billion
    41. Thailand = US$ 7,7 Billion
    53. Malaysia = US$ 4,370 Billion
    ---
    2024 MYR 19,7 (approx. US$ 4,370 Billion) : PASTI SEWA LAGI ...
    2023 MYR 17,74 : SEWA
    2022 MYR 16,14 : SEWA
    The Defence Ministry has been allocated RM19.7bil, an increase of RM2bil compared from this year, while the Home Ministry will receive RM19bil, an increase of RM500mil from this year, says Prime Minister Datuk Seri Anwar Ibrahim.
    Malaysia has proposed a 2023 defence budget of MYR17.74 billion (USD3.97 billion), a nominal 10% increase over the original 2022 allocation of MYR16.14 billion.
    ---
    DEFICIT 4,3% : The Malaysian government remains committed to fiscal consolidation with the fiscal deficit expected to improve to 4.3% of GDP by end-2024 (2023e: 5.0%) and ultimately reach the targeted 3.0%-3.5% by end
    🤣LEVEL SEWA : MILITARY RANK 42 > BUDGET RANK 53🤣

    BalasHapus
  14. Hahahahaha gempur ngamuk
    Belum apa2 sudah kerasukan
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  15. Apa tidak baru pelanggan tunjuk minta... INDON sudah klaim dibeli... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  16. Hahahaha
    Kok belum keluar pasal UTANG pur

    BalasHapus
  17. Mantap indo, manakala Malon tak mampu beli aset hanya akan akan akan prank takde reality wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  18. 2041-2045 C130J : Diterangkan Utusan Malaysia, mereka baru bisa mendapatkan C-130 J Super Hercules paling tidak di tahun 2041 hingga 2045.
    2050 KAPAL : “Mengikut Pelan Transformasi 15 ke 5 TLDM, ia dijangka akan memiliki 12 buah kapal Littoral Combat Ship (LCS), tiga buah kapal Multi Role Support Ship (MRSS), 18 buah kapal Littoral Mission Ship (LMS), 18 buah kapal Patrol Vessel (PV) dan empat buah kapal selam menjelang tahun 2050,”
    2053 HUTANG : Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu dibuat bagi tujuan pembiayaan defisit dan membiayai semula hutang yang matang mulai 2024 dan seterusnya, kata Kementerian Kewangan (MoF).
    2055 HAWK : Kerajaan merancang secara sistematik penggantian pesawat Hawk 108 dan Hawk 208 seperti yang digariskan dalam Pembangunan Keupayaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) 2055
    ---
    2024 Military Strength Ranking – GLOBAL FIRE POWER
    13. Indonesia
    22. Vietnam
    25. Thailand
    30. Singapura
    34. Filipina
    35. Myanmar
    42. Malaysia
    ---
    2024 DEFENSE BUDGET – GLOBAL FIRE POWER
    17. Indonesia = US$ 25 Billion
    28. Singapura = US$ 13,493 Billion
    39. Vietnam = US$ 7,9 Billion
    41. Thailand = US$ 7,7 Billion
    53. Malaysia = US$ 4,370 Billion
    🤣LEVEL MENUNGGU : MILITARY RANK 42 > BUDGET RANK 53🤣

    BalasHapus
  19. Kerjaan Malon sewa menangis baca berita ini wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  20. Gorilla kalau MEMBUAL bikin seram guys... 🤣🤣🤣🤣🤣

    Tau tau hingga kini 1 pesawat pun belum ada di serah ke pelanggan... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  21. HALO PURR LCS JALAN TEROS YA.. JALAN KE GOA (CAVE) 😂😂😂


    NIH DARI FB FORUM MILITARY MALON


    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02FZNmxf4xmfQ722sVobhAN2WEQxXG9CCbW4NqdmcQCCqELJQpTQC2jbo4B8zFDgfbl&id=100069466578158&mibextid=UyTHkb


    DIKATA MUSEUM GUYS, TEMPAT SELFIE 😂😂😂


    PURRR MAKAN NIH LCS JALAN KE GOA (CAVE)

    BalasHapus
  22. LOW QUALITY = Melansir Channel News Asia, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB) mengkonfirmasi jendela penutup pintu yang terlepas dari pesawat Alaska Airlines saat berada di udara adalah buatan Malaysia.
    ----
    Pesanan N219 juga datang dari Kementerian Perhubungan untuk program jembatan udara. Manajemen PTDI pun akan bakal menggarap empat unit N219 pesanan Pemerintah Provinsi Aceh pada tahap produksi pertama. Dari kalangan swasta, ada PT Karya Logistik Indotama yang sebelumnya juga memesan lima unit.
    🤣BEDA KASTA BEDA LEVEL🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. PRANK BOEING = The US National Transportation Safety Board (NTSB) is looking into Boeing’s supply chain after confirming on Wednesday (Jan 17) that the door plug blown out of an Alaska Airlines plane was made in Malaysia. The door plug on the Boeing 737 MAX 9 was produced by a Spirit facility in Malaysia.
      ---
      PRANK THALES = Named after the country’s first prime minister, it was hailed as an important acquisition despite opposition allegations of corruption in the deal. “The submarine can still dive but when we detected the defects, we were advised that it should not dive,” Zahid told reporters.
      --
      PRANK DASSAULT = Malaysia, which wants to buy up to 18 combat planes in a deal potentially worth more than $2 billion, is now talking to only one supplier, France's Dassault Aviation, about its Rafale jets, the French government spokesman said on Thursday.
      --
      PRANK NEXTER = Nexter in cooperation with Advanced Defense Systems (ADS) is proposing the CAESAR 155mm 52 .cal self propelled howitzer to the Malaysian Army, in order to fill a capability gap. An LoI is signed during day three of DSA 2016. 20 units are to be supplied, which include the supporting vehicles, and will boost the Malaysian Army's firepower inventory.
      ---
      PRANK NAVAL= Naval Group offers two variants of the design: Gowind 1000 and Gowind 2500 while Malaysia with the assistance of Naval Group locally developed the Gowind 3100.
      --
      PRANK MKE = The Malaysian Ministry of Defence has reportedly reviewing its planned acquisition of Yavuz 155mm self-propelled howitzers from Turkey’s Makina ve Kimya Endustrisi (MKE).
      ---
      PRANK KDS = Malaysia is expected to conclude a deal with Slovakia for the supply of EVA 155mm self-propelled howitzers for the Malaysian Army. According to Institute for Central Europe, the deal may involve between 16 to 18 units, and no agreement has been reached regarding production and potential licensing.
      ---
      PRANK TAI = Malaysia is ready to pay up to $ 960 million for the light fighter jets requested by the Asian kingdom.
      ---
      PRANK PT PAL = PT PAL Indonesia (Persero) developed a Landing Dock in various variants that are in demand by many countries. Malaysia For example, requires a Multi Role Support Ship (MRSS) Landing Dock with a specification length of 163 meters.
      ---
      PRANK DAMEN = The Damen 1800 variant is the first of a class of three new OPVs for the Malaysian Maritime Enforcement Agency.
      🤣MILITARY RANK 42 > BUDGET RANK 53 = LOW QUALITY PRODUCT🤣

      Hapus
  23. LOW QUALITY PRODUCT = Melansir Channel News Asia, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB) mengkonfirmasi jendela penutup pintu yang terlepas dari pesawat Alaska Airlines saat berada di udara adalah buatan Malaysia.
    ----
    Pesanan N219 juga datang dari Kementerian Perhubungan untuk program jembatan udara. Manajemen PTDI pun akan bakal menggarap empat unit N219 pesanan Pemerintah Provinsi Aceh pada tahap produksi pertama. Dari kalangan swasta, ada PT Karya Logistik Indotama yang sebelumnya juga memesan lima unit.
    🤣BEDA KASTA BEDA LEVEL🤣

    BalasHapus
  24. Mau tanya sejak 2017 lagi membual sudah banjir pesanan tu kemana saja pesanan nya.... 🤣🤣🤣🤣

    Pesanan dari ALAM GHOIB mungkin guys... 😜😜😜😜😜

    BalasHapus
  25. Mungkin kerana terlalu banjir pesanan 1 pesawat pun belum di serah kepada pembeli..... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. LOW QUALITY PRODUCT = Otoritas penerbangan Amerika FAA juga menyetop sementara operasi sejumlah pesawat Boeing 737 MAX 9. Alaska Airlines juga mengandangkan 65 pesawat Boeing 737 MAX 9 milik mereka.⁠
      Melansir Channel News Asia, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB) mengkonfirmasi jendela penutup pintu yang terlepas dari pesawat Alaska Airlines saat berada di udara adalah buatan Malaysia.
      Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB) telah menyelidiki rantai pasok komponen Boeing tersebut pada hari Rabu (17/1).
      NTSB juga mengungkap fakta bahwa penutup pintu pada Boeing 737 MAX 9 diproduksi oleh fasilitas Spirit di Malaysia. Spirit AeroSystems merupakan subkontraktor utama Boeing.
      ---
      JUARA KONDOM = A Malaysian gynaecologist has created what he says is the world's first unisex condom that can be worn by females or males and is made from a medical grade material
      ---
      JUARA PORNO = In a recent survey conducted by Pornhub, Malaysia was found to be the #1 country in Asia with the most visits to pornography websites. Globally, Malaysia was ranked as the #4 country with the most visits to pornography websites.
      🤣LOW QUALITY PRODUCT GROUNDED BOEING🤣-

      Hapus
  26. LOW QUALITY PRODUCT = Melansir Channel News Asia, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB) mengkonfirmasi jendela penutup pintu yang terlepas dari pesawat Alaska Airlines saat berada di udara adalah buatan Malaysia.
    Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB) telah menyelidiki rantai pasok komponen Boeing tersebut pada hari Rabu (17/1).
    NTSB juga mengungkap fakta bahwa penutup pintu pada Boeing 737 MAX 9 diproduksi oleh fasilitas Spirit di Malaysia. Spirit AeroSystems merupakan subkontraktor utama Boeing.
    ----
    ---
    JUARA KONDOM = A Malaysian gynaecologist has created what he says is the world's first unisex condom that can be worn by females or males and is made from a medical grade material
    ---
    JUARA PORNO = In a recent survey conducted by Pornhub, Malaysia was found to be the #1 country in Asia with the most visits to pornography websites. Globally, Malaysia was ranked as the #4 country with the most visits to pornography websites.
    🤣LOW QUALITY PRODUCT🤣

    BalasHapus
  27. LOW QUALITY PRODUCT = Melansir Channel News Asia, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB) mengkonfirmasi jendela penutup pintu yang terlepas dari pesawat Alaska Airlines saat berada di udara adalah buatan Malaysia.
    Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB) telah menyelidiki rantai pasok komponen Boeing tersebut pada hari Rabu (17/1).
    NTSB juga mengungkap fakta bahwa penutup pintu pada Boeing 737 MAX 9 diproduksi oleh fasilitas Spirit di Malaysia. Spirit AeroSystems merupakan subkontraktor utama Boeing.
    ----
    ---
    JUARA KONDOM = A Malaysian gynaecologist has created what he says is the world's first unisex condom that can be worn by females or males and is made from a medical grade material
    ---
    JUARA PORNO = In a recent survey conducted by Pornhub, Malaysia was found to be the #1 country in Asia with the most visits to pornography websites. Globally, Malaysia was ranked as the #4 country with the most visits to pornography websites.
    🤣LOW QUALITY PRODUCT🤣

    BalasHapus
  28. LOW QUALITY PRODUCT= The US National Transportation Safety Board (NTSB) is looking into Boeing’s supply chain after confirming on Wednesday (Jan 17) that the door plug blown out of an Alaska Airlines plane was made in Malaysia.
    The door plug on the Boeing 737 MAX 9 was produced by a Spirit facility in Malaysia. Spirit AeroSystems is Boeing's main subcontractor.
    NTSB chair Jennifer Homendy said the agency is investigating the entire supply chain – from the transportation from Malaysia to the US, the shipment by rail to Boeing’s facility in Renton and the installation of the door plug onto the fuselage.
    ---
    JUARA KONDOM = A Malaysian gynaecologist has created what he says is the world's first unisex condom that can be worn by females or males and is made from a medical grade material
    ---
    JUARA PORNO = In a recent survey conducted by Pornhub, Malaysia was found to be the #1 country in Asia with the most visits to pornography websites. Globally, Malaysia was ranked as the #4 country with the most visits to pornography websites.
    🤣LOW QUALITY PRODUCT🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. LOW QUALITY PRODUCT= The US National Transportation Safety Board (NTSB) is looking into Boeing’s supply chain after confirming on Wednesday (Jan 17) that the door plug blown out of an Alaska Airlines plane was made in Malaysia.
      The door plug on the Boeing 737 MAX 9 was produced by a Spirit facility in Malaysia. Spirit AeroSystems is Boeing's main subcontractor.
      NTSB chair Jennifer Homendy said the agency is investigating the entire supply chain – from the transportation from Malaysia to the US, the shipment by rail to Boeing’s facility in Renton and the installation of the door plug onto the fuselage.
      ---
      2024 Military Strength Ranking – GLOBAL FIRE POWER
      13. Indonesia
      22. Vietnam
      25. Thailand
      30. Singapura
      34. Filipina
      35. Myanmar
      42. Malaysia
      ---
      2024 DEFENSE BUDGET – GLOBAL FIRE POWER
      17. Indonesia = US$ 25 Billion
      28. Singapura = US$ 13,493 Billion
      39. Vietnam = US$ 7,9 Billion
      41. Thailand = US$ 7,7 Billion
      🤣MILITARY RANK 42 > BUDGET RANK 53 = LOW QUALITY PRODUCT🤣

      Hapus
  29. Oh iya jadi ingat sama pesawat canggih produk MALON PTM gen 6. Gimana kabarnya ya?

    BalasHapus
  30. LOW QUALITY PRODUCT= The US National Transportation Safety Board (NTSB) is looking into Boeing’s supply chain after confirming on Wednesday (Jan 17) that the door plug blown out of an Alaska Airlines plane was made in Malaysia.
    The door plug on the Boeing 737 MAX 9 was produced by a Spirit facility in Malaysia. Spirit AeroSystems is Boeing's main subcontractor.
    NTSB chair Jennifer Homendy said the agency is investigating the entire supply chain – from the transportation from Malaysia to the US, the shipment by rail to Boeing’s facility in Renton and the installation of the door plug onto the fuselage.
    ---
    2024 Military Strength Ranking – GLOBAL FIRE POWER
    13. Indonesia
    22. Vietnam
    25. Thailand
    30. Singapura
    34. Filipina
    35. Myanmar
    42. Malaysia
    ---
    2024 DEFENSE BUDGET – GLOBAL FIRE POWER
    17. Indonesia = US$ 25 Billion
    28. Singapura = US$ 13,493 Billion
    39. Vietnam = US$ 7,9 Billion
    41. Thailand = US$ 7,7 Billion
    🤣MILITARY RANK 42 > BUDGET RANK 53 = LOW QUALITY PRODUCT🤣

    BalasHapus
  31. LOW QUALITY PRODUCT= The US National Transportation Safety Board (NTSB) is looking into Boeing’s supply chain after confirming on Wednesday (Jan 17) that the door plug blown out of an Alaska Airlines plane was made in Malaysia.
    The door plug on the Boeing 737 MAX 9 was produced by a Spirit facility in Malaysia. Spirit AeroSystems is Boeing's main subcontractor.
    NTSB chair Jennifer Homendy said the agency is investigating the entire supply chain – from the transportation from Malaysia to the US, the shipment by rail to Boeing’s facility in Renton and the installation of the door plug onto the fuselage.
    ---
    JUARA KONDOM = A Malaysian gynaecologist has created what he says is the world's first unisex condom that can be worn by females or males and is made from a medical grade material
    ---
    JUARA PORNO = In a recent survey conducted by Pornhub, Malaysia was found to be the #1 country in Asia with the most visits to pornography websites. Globally, Malaysia was ranked as the #4 country with the most visits to pornography websites.
    🤣LOW QUALITY PRODUCT🤣

    BalasHapus
  32. Pulang Kampoeng terus TIDO...
    Sama dengan Askar...😁😁😁

    BalasHapus
  33. Beda kasta ya lon
    Indo bisa buat peswat printis N219
    Malon...bisa nya dengki iri

    Wkwkkwkw...tabiat malon😁🤣🤣

    BalasHapus
  34. PRANK BOEING = The US National Transportation Safety Board (NTSB) is looking into Boeing’s supply chain after confirming on Wednesday (Jan 17) that the door plug blown out of an Alaska Airlines plane was made in Malaysia. The door plug on the Boeing 737 MAX 9 was produced by a Spirit facility in Malaysia.
    ---
    PRANK THALES = Named after the country’s first prime minister, it was hailed as an important acquisition despite opposition allegations of corruption in the deal. “The submarine can still dive but when we detected the defects, we were advised that it should not dive,” Zahid told reporters.
    --
    PRANK DASSAULT = Malaysia, which wants to buy up to 18 combat planes in a deal potentially worth more than $2 billion, is now talking to only one supplier, France's Dassault Aviation, about its Rafale jets, the French government spokesman said on Thursday.
    --
    PRANK NEXTER = Nexter in cooperation with Advanced Defense Systems (ADS) is proposing the CAESAR 155mm 52 .cal self propelled howitzer to the Malaysian Army, in order to fill a capability gap. An LoI is signed during day three of DSA 2016. 20 units are to be supplied, which include the supporting vehicles, and will boost the Malaysian Army's firepower inventory.
    ---
    PRANK NAVAL= Naval Group offers two variants of the design: Gowind 1000 and Gowind 2500 while Malaysia with the assistance of Naval Group locally developed the Gowind 3100.
    --
    PRANK MKE = The Malaysian Ministry of Defence has reportedly reviewing its planned acquisition of Yavuz 155mm self-propelled howitzers from Turkey’s Makina ve Kimya Endustrisi (MKE).
    ---
    PRANK KDS = Malaysia is expected to conclude a deal with Slovakia for the supply of EVA 155mm self-propelled howitzers for the Malaysian Army. According to Institute for Central Europe, the deal may involve between 16 to 18 units, and no agreement has been reached regarding production and potential licensing.
    ---
    PRANK TAI = Malaysia is ready to pay up to $ 960 million for the light fighter jets requested by the Asian kingdom.
    ---
    PRANK PT PAL = PT PAL Indonesia (Persero) developed a Landing Dock in various variants that are in demand by many countries. Malaysia For example, requires a Multi Role Support Ship (MRSS) Landing Dock with a specification length of 163 meters.
    ---
    PRANK DAMEN = The Damen 1800 variant is the first of a class of three new OPVs for the Malaysian Maritime Enforcement Agency.
    🤣MILITARY RANK 42 > BUDGET RANK 53 = LOW QUALITY PRODUCT🤣

    BalasHapus
  35. Eh guys ...kapal monumen akhirnya akan cecah air..mari kita doakan semoga ritual kapal miring tetap di pertaha9nkan kapal2 malon...Aamiin

    BalasHapus
  36. Indo 13 - 42 Meloy
    Indo 25 billion - 4,3 Meloy..

    Bedanya:
    Langit - bumi ❌
    Surga - neraka ✔️

    BalasHapus