02 Januari 2024

Pengadaan Jet Tempur Mirage 2000-5 Eks Qatar Tertunda

02 Januari 2024

Pesawat tempur Mirage 2000 Angkatan Udara Qatar (photo: FlightGlobal)

PAGARALAMPOS.COM - Pengadaan 12 unit jet tempur Mirage 2000-5 yang dibeli bekas pakai dari Qatar akhirnya mencapai anti klimaks, yakni dengan pernyataan Juru bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak.

Yang menyebut rencana pembelian satu skadron Mirage 2000-5 dari Qatar telah ditunda. Pernyataan tersebut disampaikan Dahnil dalam acara Kabar Petang di TV One (1/1/2023).

Lewat beberapa ‘drama’, termasuk penolakan dari Komisi I DPR RI, Menhan Prabowo Subianto pada jumpa pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (6/7/2023), menjelaskan bahwa 12 unit jet tempur Mirage 2000-5 yang dibeli dari Qatar, baru mempunyai jam terbang (flying hours) 30 persen.

Yang dikatakan 70 persen sisa jam terbang masih dapat digunakan oleh Indonesia. “Tapi sebetulnya, jam terbangnya masih lama, jadi Mirage 2000-5 ini masih punya usia pakai kira-kira 15 tahun lagi,” kata Prabowo, dikutip dari Suara.com.

Pengadaan jet tempur bekas pakai Negeri Gurun itu dimaksudnya untuk mengisi kekosongan (gap) sementara TNI AU menunggu kedatangan jet tempur Dassault Rafale, yang batch pertama baru akan tiba di Indonesia pada tahun 2026.

Salah satu penyebab ditundanya pengadaan Mirage 2000-5 adalah prioritas anggaran pertahanan, termasuk belum adanya persetujuan dari pihak Kementerian Keuangan RI.

Dengan tidak datangnya Mirage 2000-5, Dahnil menyebuat Kementerian Pertahanan akan mengoptimalkan program retrofit pada armada jet tempur TNI AU, seperti F-16 dan Sukhoi Su-27/Su-30.

Terlepas dari masalah anggaran yang mendera, rencana pembelian Mirage 2000-5 sempat menjadi bola panas.

Setelah anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldy meminta pemerintah mengkaji ulang rencana pembelian 12 unit jet tempur Mirage 2000-5 bekas Angkatan Udara Kerajaan Qatar.

Menurut Bobby, langkah tersebut diperlukan agar pemerintah tidak menyalahi Undang-Undang (UU) Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan.

Pesawat tempur Mirage 2000 Angkatan Udara Qatar (photo: Karim Jaafar)

Ia menegaskan bahwa pembelian pesawat tempur seharusnya juga merujuk pada UU Industri Pertahanan.

Bobby menjelaskan bahwa UU Pertahanan telah mewajibkan dalam pembelian alutsista menyertakan imbal dagang, kandungan lokal, serta beberapa persyaratan lainnya.

“Pembelian pesawat tempur harusnya mengikuti UU Nomor 16 Tahun 2012, Pasal 43 Ayat 5 tentang Indhan (industri pertahanan) yang mewajibkan pembelian alutsista menyertakan imbal dagang, kandungan lokal dan ofset yang sangat sulit bila barang bekas,” katanya.

Ia juga menyarankan agar pemerintah sebaiknya membeli alutsista baru. “Sudah benar yang beli yang baru.

Juga dalam tayangan Kabar Petang di TV one, Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa yang kini menjadi Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud, mengatakan bahwa rencana pembelian Mirage 2000-5 memang tidak tepat.

“Saya pernah berbicara dengan pihak pabriknya (Dassault Aviation), bahwa Mirage 2000-5 sudah tidak diproduksi, yang artinya akan ada tantangan pada aspek pemeliharaan dengan sulitnya mendapatkan suku cadang,” ujar Andika.

 Ia menambahkan, “suku cadang Mirage 2000-5 nantinya hanya bisa didapatkan dari negara yang masih mengoperasikan, atau dari black market, ujung-ujungnya malah menambah beban pada anggaran."

(PagarAlamPos)

119 komentar:

  1. Jom GELAK... 🤣🤣🤣🤣

    Salah satu penyebab ditundanya pengadaan Mirage 2000-5 adalah prioritas anggaran pertahanan, termasuk belum adanya persetujuan dari pihak Kementerian Keuangan RI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan kan ditunda
      Di batalkan kita juga ikhlas.

      Hapus
    2. Ooooo masalah kalo dibatalkan ada orang lain yg ga ikhlas bro 😆😆😆

      Hapus
    3. Rasio yg ikhlas dan tidak ikhlas kayaknya bagaikan bumi dan langit.

      Hapus
    4. Bukan masalah ikhlas tdk ikhlas, tapi di tahun ini semua Sukhoi itu sdh masuk jadwal MRO sesuai dgn jam terbang yg telah diselesaikan nya. Begitupun dgn F-16. Proses MRO itu tidak dapat diselesaikan dalam 1 hari. Saat ini saja ada Sukhoi yg seharusnya telah selesai proses MRO nya tetapi karena CAATSA hingga tertunda 1 tahun hingga sekarang baru dilakukan MRO di Belarusia dan artinya baru selesai paling cepat tahun depan.
      Posisi armada udara yg idle ini mau ditutupi pakek apa ? Pakek layang-layang....😁😁😁😁
      Pesawat yg sdh masuk waktu MRO jika dipaksakan terbang akan berbahaya. Nanti jika terjadi crash yg disalahkan Kemenhan & TNI AU pula.....😲😲😡😡

      Hapus
    5. Wilayah udara Indonesia luas, hampir seluas benua Eropa. Dgn armada yg ada aja gak cukup. Apalagi berkurang banyak karena gak layak operasional.
      Masak TNI AU harus membentuk skuadron layang-layang...😅😅😅🤣🤣🤣🤣
      Indonesia ini bung bukan MALON...😁😁😁😁

      Hapus
    6. Naaaah disini missleadingnya terjadi ☝️

      Abaikan saja dg su-27/30 dan hawk yg memang kesiapannya rendah....fokus saja dg f-16 👈

      Setelah MLU 10 F-16 A/B.....upgrade perpesawat (Bukan MLU lho ☝️) kpd blok -52 id akan lebih cepat dibanding MLU karena yg paling lama dalam proses upgrade/MLU itu uji terbang dan pekerjaan wiring serta struktural.

      Sementara keluarga 52 id sudah mengalami penggantian wiring dan struktural saat di Amrik jadi praktis pekerjaan nya tinggal "plug-in", upgrade software sama mungkin ganti cat.

      AURI sudah terbiasa melakukan upgrade/MLU secara bertahap akan nyicil jadi tidak mengurangi jumlah pespur yg tersedia secara drastis

      Artinya dg pespur yg tersedia saat ini dan paling siap(keluarga besar f-16 dan TA-50 i) ketika terjadi upgrade PD varian 52 secara nyicil tidak akan merubah secara drastis jumlah pespur yg tersedia

      Hapus
    7. Trus kalo masukin Mirage 2000 memang kesipan tempur kita langsung MEROKET......oooo tidak semudah itu Fergusso ☝️

      Aussy butuh sekitar 2 tahun utk mencapai kesiapan tempur tipe pespur baru..... sementara utk kita dg Mirage -2000 istilahnya NOL PUTHUL dalam berbagai aspek mulai dari pilot, instruktur, teknisi dan personel logistik

      Sementara Mirage -2000 terkenal dg biaya ops yg MEROKET....jauh diatas f-16 (data Taiwan)

      Hapus
    8. Udah teknologi jadul, sucad susah, biaya ops mahal....harga nya mahal, dan negonya pake makelar pula

      Apasih bagusnya pesawat muras ini......mungkin yg dapat cuab dari makelarnya yg membela dg be

      Hapus
    9. Pembelian Mirage 2000 itu bkn utk skuadron tetap. Tetapi utk penyesuaian terhadap pespur bikinan Perancis. Selain itu utk menutupi armada yg idle krn harus MRO yaitu armada seluruh Sukhoi dan 50% armada F-16. Kebayang utk mengcover wilayah Indonesia hanya dgn 16 F-16...😁😁😁
      Sayang gak bisa foto disini. Ini lg dibahas di Kemenhan dgn TNI AU utk mensiasati ditundanya pembelian Mirage 2000-5. Temen2 TNI AU betul2 berfikir keras mensiasati kondisi yg ada.
      @Nenen Jahad..tidak segampang itu solusinya. Kek nya anda lebih pintar dari Pangkoopsudnas Marsya Toni Harjono....🤣🤣🤣🤣
      Kok gak dines di TNI AU atau kemenhan.
      Buzzer ya ferguso ya....😁😁😁😁

      Hapus
    10. Aduh ini lagi 😥

      Ngapain utk beradaptasi teknologi Rafale pake acara beli pespur rongsokan yg beda teknologi nya bumi langit

      Istighfar mas 😞

      Hapus
    11. Sori ya mas....saya pake pendapat pribadi secara rasional....nggak perlu bawa pendapat orang lain

      Kita masih hidup dijaman kebebasan berpendapat to 🤔

      Hapus
    12. Dan kalo anda bawa-bawa pejabat di tingkat Matra....pasti pusing beliau karena posisinya sbg pelaksana, bukan pengambil keputusan

      Kalo posisi beliau sbg pengambil keputusan pasti nggak akan ambil opsi beli mirage

      Hapus
    13. Mirage 2000 itu dibeli utk dipakai sementara. Bukan utk permanen. Sembari menunggu pespur yg baru dan pespur yg ada lebih dari 50% masuk jadwal perawatan bahkan 25% dan itu segera dan ada ditingkat berat.
      Jk mau cara yg anda gunakan, tidak sesimpel itu.
      Proses penggaran hingga sah di APBN itu butuh waktu 1 tahun. Itu kl paduan suaranya lancar semua setuju (tidak tersendat). Kl diproses sekarang, artinya tahun depan baru realisasi. Setelah itu kontrak pengadaan. Butuh 3 bulan baru selesai dgn berbagai aturan administrasi yg ada. Itu juga kl lancar. Kemudian proses pembayaran. Di perangkat militer khususnya pesawat tempur, 99% sparepart itu baru dibikin setelah barang dibayar dan paling cepat 6 bulan kemudian baru barang tiba. 1% nasib baik begitu pesan ada ready stock. Jgnkan sparepart yg rumit spt mesin, radar, avionik. Yg sederhana spt Karet sil di landing gear aja prosesnya begitu. Baru proses maintenance. Mknya MRO tingkat ringan aja bisa 1 tahun. Apalagi MRO tingkat berat. Proses di pespur itu tidak spt kita kebengkel motor, beli sparepart barangnya langsung ada.
      Apalagi ada konflik spt saat ini Rusia - Ukraina & Israel - Palestina. Semua industri pertahanan mengutamakan mereka yg terkait dgn konflik dulu. Kita bayarpun bisa2 waiting list. Mknya kebijakan menhan utk menutupi armada yg idle itu yg sdh siap operasional bkn yg mau menunggu selesai proses MRO atau MLU.
      MIRAGE itu jika sdh habis flight hours nya langsung pensiun (paling tidak rencana skrg) dan kemudian diganti pesawat baru.

      Hapus
    14. @Nenad Jahad...
      Sukur anda bkn buzzer. Tp kalimat anda mencerminkan buzzer yg seolah-olah paling ahli.
      Saya tdk bawa nama pejabat krn saya lg bahas topik ini dgn TNI AU di kemenhan.
      Mumpung lg rehat, saya bisa bales.

      Hapus
    15. Oke.....pertanyaaanya simple ☝️

      Kalo sudah firm gitu kenapa ditunda....toh kebutuhannya mendesak kata anda dan duitnya sudah ada

      Hapus
    16. Woalaaaah mas, sampeyan Ki kekancan ro aku wes suwe kok ngelokke buzzer

      Hapus
    17. Yg minta tunda itu DPR. Terlepas salah atau betul kebijakan yg putuskan, DPR menjalankan fungsi nya dibidang budget berupa pengawasan. Kl pemerintah maunya terus order.

      Hapus
    18. @Nenad Jahad....
      Ditunda atau kemudian menjadi batal diputuskan nanti setelah RDP dengan DPR baik Komisi 1 atau banggar. Mau bahas ini, gak bisa segera. DPR nya pada lg konsen nyaleg dan sdh demisioner. Bari bisa dibahas dipemerintahan akan datang. Artinya dibahaspun baru tahun depan (2025). Secara bertahap mulai kwartal ke 2 2024 akan ada penurunan kesiapan alutsista udara di TNI AU krn sdh masuk jadwal MRO baik tingkat berat, sedang maupun ringan.
      Ya sudahlah....
      Paksakan saja armada yg ada utk berpatroli, kl nanti crash baru tahu kl tingkat kesiapan nya rendah dan solusi yg diajukan dijegal.
      Beli Mirage itu baru tiba setelah 2 tahun dibayar. Mahal karena dlm kontraknya mencakup Jaminan Maintenance selama 3 tahun, semua stock sparepart yg Watar miliki, Pelatihan Pilot baik Trainer to Trainer maupun Trainer to Pilot, Amunisi atau persenjataan Mirage (Mica Missiles, saya kurang hafal). Bukan cuma pesawat nya aja.
      Selain itu Penyesuaian terhadap produk Perancis, karena doctrine pertempuran udara Perancis berbeda dgn US maupun Rusia. Betul secara teknologi tertinggal dari Rafale (gak bisa juga dibilang jadul, karena 2000-5 itu sdh banyak upgrade mengikuti perkembangan meski tidak terkini). Kl gak ngerti memang semua alutsista dianggap sama, padahal doctrine nya beda krn sesuai dgn kondisi negara yg bikin. Mknya perlu penyesuaian.
      Pemerintah dan TNI AU itu tidak sebodoh itu bikin keputusan. Lebih up to date dgn kondisi terakhir dgn penyesuaian segala sisi yg ada, bukan asal putuskan. Jd perwira tinggi itu ada proses nya bukan tahu2 jadi perwira tinggi yg bikin keputusan terhadap pertahanan negara. Musti jadi pelaku, sekolah dulu. Dan itu puluhan tahun. Bukan modal sekadar baca, diluar system tapi tiba2 seolah-olah dia yang paling paham, paling tahu keputusan apa yg harus diambil.
      Mknya saya bilang kek sampeyan lebih paham dan pintar dari Pak Marsdya Toni Harjono

      Hapus
    19. Alhamdulilah...memang sebaiknya nggak jadi. Kita fokus ke Rafale aja...uangnya bisa buat beli senjatanya Rafale. Semoga mas Wirogempor gembira negara 🇮🇩 kita semakin kuat.

      Hapus
  2. Kesian aset RONGSOK saja terpaksa NGUTANG ..... MISKIN... 🤭🤭🤭🤭

    BalasHapus
  3. Halaaaah.....ngak masalah ditunda, Negara punya pertimbangan sendiri dong, Shoping yang lain terus berlangsung, ini bukan masalah besar 🙂

    BalasHapus
  4. Yang di up cuma flying hour-nya, printilannya gak di up?

    Syukur kalo malah CANCEL sekalian..

    😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksute "printilan harga" sing di "up" po Mase......wong umure wes punjul seko 20 tahun kok, Yen gegaman nggono seeker, telemtri Karo warhead te wes buthuk.....gari balung Karo kulit 😆😆😆

      Hapus
    2. Mamulo..

      Yo teteup dadi sasaran tembak tho yhoo..wong mung tunda.

      Yen ra gelem dadi sasaran tembak yho CANCEL'en

      😂😂😂😂😂

      Hapus
    3. Gampang le moco dalan nalare sing kui.....🧐

      Hapus
    4. Nggene mas bro.....debat sing Saiki gatheli.....wektune singkat banget tur mung 2 menit saben pertanyaan....dd Isyu sing diungkap ora bakal tuntas, keburu kentekan wektu.

      Dadi cukup "menunda" wae go ngredam isyu....sakluwihe wes secara otomatis bakal digembosi mergo aturan waktu saat debat mengko

      Hapus
    5. Jenenge debat kii kudune niru pak kusir kae, debat tak mblenger'e, soyo katon sak piro tenanan capres'e..

      😂😂😂😂

      Hapus
  5. Kesian..... 😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  6. Aset RONGSOK terpaksa NGUTANG..... Lepas tu MEMBUAL konon shoping... Kesian.... HUTANG.. HUTANG.. HUTANG... BATAL... 🤭🤭🤭🤭

    BalasHapus
  7. INDON sekarang....

    HUTANG.. HUTANG.. HUTANG.. HUTANG... BATAL... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  8. LENDER tak berani bagi HUTANG takut tak mampu dibayar seperti KFX... 🤭🤭🤭🤭

    BalasHapus
  9. Horey Cancel, alihkan ke IFX Boramae

    BalasHapus
  10. Ditunda dan semoga plot anggarannya untuk nambah Rafale

    BalasHapus
  11. Eh ada yg bilang aset rongsok. Gak bisa ngaca apa ya ? Oooiii punya malu nggak ?
    https://www.zonajakarta.com/nasional/6739933622/australia-mengeluh-alutsista-malaysia-usang-malah-jadi-beban-fpda-untuk-menghadapi-indonesia

    BalasHapus
  12. Bagus kalau pesawat ini batal, anggaran bisa dialihkan ke shoping yang lebih mendesak, kami sih santai sajaa 🙂

    BalasHapus
  13. Semoga f16 bisa upgrade ke setara viper

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue jujur demen kalo ke viper atau kf21 ajalah

      Hapus
    2. Lantas kalo nggak jujur...sbenare ente demen ame siapa Broer 😆😆😆

      Pasti demennya ame Dessy tata kan.....🤭🤭🤭

      Hapus
    3. wkwkwkwk desy ratnasari aja dehhh om similikty

      Hapus
    4. Ampuuuuuuun.....selerane kok yg klasik 😭😭😭

      Hapus
    5. wkwkwkwk bersantan daripada wantit ngeri om @similikity

      Hapus
    6. Aje gile, mase @pemburu, selerane ala bos-bos 👏👏👏

      🏃💨💨💨.....😆😆😆😆

      Ingat Ketum Pertama HIPMI, Bos Pasaraya, Eks Menaker Abdul Latief? Genap 81 Tahun, Simak Unggahan Istrinya
      Abdul Latief (81), mencium mesra kening sang istri, Ainahag Dona ALatief, Selasa (27/4/2021). | Facebook

      Hapus
  14. Utk apa dibeli...

    "Saya pernah berbicara dengan pihak pabriknya (Dassault Aviation), bahwa Mirage 2000-5 sudah tidak diproduksi, yang artinya akan ada tantangan pada aspek pemeliharaan dengan sulitnya mendapatkan suku cadang,” ujar Andika.

    Ia menambahkan, “suku cadang Mirage 2000-5 nantinya hanya bisa didapatkan dari negara yang masih mengoperasikan, atau dari black market, ujung-ujungnya malah menambah beban pada anggaran"

    BalasHapus
  15. Baguslah kalau nggak jadi, anggarannya bisa untuk nambah rafale atau upgrade f16 setara viper, mantap kalau begini 😂😂👍👍👍, biarlah malon meraung raung 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan nggak jadi bro.....cuma ditunda utk menghindari jadi sasaran tembak saat debat capres nanti

      Semisal menang ya lanjut lagi pembeliannya

      Hapus
    2. Iya juga tuh.....sepertinya begitu 🙂

      Hapus
    3. Kalau kayak gitu, biarkan tetap Menhan saja.😋 Mirage bisa dibatalin Presiden kayak AW101 dulu.

      Hapus
    4. Yg heran presiden ga pernah menegur ttg hal ini.....sama spt food estate yg mangkrak, padahal kalo Mentri lain sudah didamprat di rapat kabinet 🤔

      Hapus
  16. Umur jam terbang masih lama.....cari spare part nya dmn di rongsokan...
    piara jet tempur tua lebih baik piara janda muda...sama2 banyak biaya...cuma beda di tua & muda...wkkwkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaaah ini .....ane setuju banget 👏👏👏

      Hapus
    2. Kalo gue mah daripada dibeliin rongsokan mahal gitu mending dibelikan yg ginian 👇 nih.....2 aja, atu buat Mbah Gono, atu lagi buat ane yakan 😁😁😁

      https://www.facebook.com/reel/723311389736030?s=yWDuG2&fs=e&mibextid=Nif5oz

      Hapus
  17. Wuih gempur muncul lagi. Asyik ......
    Hahahaha

    BalasHapus
  18. Yen ra pengen dadi sasaran debat, yho ket awal ojo njikuk Miras tho yhoo..

    😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha piye.....wong pak lurah gor meneng wae, koyo le nandur puhung gagal Yo mung meneng wae tanpo ditegur blas.... kamongko wes ragad trilyunan tur bathi kayu 🐒

      Hapus
    2. Rikolo anyare wae (thn 2005), India nganyang 12 Miras sakubo rampene Kanti aji 600 juta dollar Ning durung cocok regane.....lha kok mbasan 18 tahun sakpungkure, regane panggah duwur kanggo ukuran barang rosok ngene Iki 🐒🤔🐒

      👉👉👉The Indian Air Force (IAF) has revived its option of acquiring 12 second-hand French Mirage 2000-5 fighters from Qatar, having abandoned the purchase in 2005 due to price difference. India indicated a willingness to pay around USD600 million for the fighters and a host of additional armaments, including 500 air-to-air and air-to-surface missiles. The deal for the Mirage 200-5 was to be a tripartite agreement involving Mirage manufacture Dassault Aviation, which would be responsible for upgrading the fighters with new avionics and missile systems before delivering them to the IAF. IAF is planning to dispatch six Mirage 2000Hs to France for the upgrade with the remaining 40-odd fighters being retrofitted locally in conjunction with Hidustan Aeronautics Limited in Bangalore.👈👈👈

      Hapus
    3. Dan India ☝️ ngga pake makelar lho.....cukup negosiasi Tripartite: India, Qatar dan dassault

      Hapus
  19. malon itu kalo TIDAK KOPLAK YA IDIOT BAHKAN LOW IQ.
    STATEMENT SEMENTARA KAN DITUNDA PROCUREMENT MIRAGE 2000-5 TAPI UANG DARI LENDER TETAP TERSEDIA .

    SEHINGGA MUNCUL OPSI PILIHAN PROCUREMENT:
    1. DIPAKAI UANG MUKA BATCH#3 DASSAULT RAFALE
    2. DIPAKAI KONTRIBUSI PROJECT KF21 BORAMAE
    3. DIPAKAI UANG MUKA PROCUREMENT F16 VIPER BRAND NEW
    4. DIPAKAI UANG MUKA PROCUREMENT BRAND NEW SUKHOI SERIES SU-35 ATAU SU-57
    5. DIPAKAI UANG MUKA PROCUREMENT BRAND NEW F15ID EAGLE II
    6. DIPAKAI UANG MUKA PROCUREMENT BRAND NEW EUROFIGHTER TRANCHE 3
    7. DIPAKAI UANG MUKA PROCUREMENT BRAND NEW AERMACCHI M 346 / YAK 130
    8. DIPAKAI UANG MUKA PROCUREMENT BRAND NEW MIG-35

    NACH TINGGAL KEMHAN INDONESIA UNTUK MENGAMBIL PUTUSAN FINAL ALOKASI UANG PINJAMAN LUAR NEGERI TERSEBUT.

    BalasHapus
  20. Mantap. Semoga saja dibatalkan tidak hanya ditunda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wong niate beli kok....makane cuma ditunda, bukan batal

      Hapus
    2. UU yg mana bro.....wong jaman sekarang apapun yg menghalangi bisa ditabrak kok.....tinggal bilang paman, selesai tuh barang 😆🐒😆

      Hapus
    3. Klo memang niat ya gak ditunda om

      Hapus
    4. Laaah..
      Niat kawinin janda aja bisa ditunda kok bro..

      😂😂😂😂😂

      Hapus
    5. Klo itu niatnya cuma setengah. 🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  21. Di alihkan aja pembelian senjata nya Rafale klo gt.
    Bair kejang2 malon

    BalasHapus
  22. Cerewet amat si Malaysia TOLOL raja porno...ahli hutang dan sewa

    BalasHapus

  23. 🔀palu gada6 Desember 2023 pukul 16.42

    ✅rafale smua ke sumatera & pontianak
    ✅F-15ex prioritas di madiun, untuk 2028-29

    ✅f-16 secara bertahap digeser dari riau smua ke madiun

    kemaren terbesit f-15 ex ke makassar kalo ada masalah ama esyu
    klo ada yaa lgs ke madiun
    yg anehnya bapak ksau gak singgung si MIRA, apa mungkin kensel yak, klo iyak kabar bagus om irs haha!🤣🤣🤣
    🔀
    https://defense-studies.blogspot.com/2023/12/ini-rencana-penempatan-rafale-tni-au.html?m=1
    —————
    nampaknya kecurigaan guwe maren perlahan2 jd kenyataan gaesz haha!🤭🤭🤭
    kalo dikensel...guwe mach okeoceh bingit👌👌👌

    BalasHapus
    Balasan
    1. F-15 EX ke Makassar?
      Trus ex penghuni Makasar dikemanain oom..?

      Jangan sadis kali oom..

      😂😂😂😂😂

      Hapus
    2. Jangan bilang dibuatin hanggar sebelahan yaah oom..

      Itu lebih sadis lagee...

      😂😂😂😂😂

      Hapus
    3. palu gada6 Desember 2023 pukul 17.17
      yaa penempatan ini kan masih proyeksi masa depan, semua tergantung keadaan geopolitek dunia 5-10 tahun kedepan
      apapun bisa brubah, yaa kaliaja negeri opa puting beliung berdamai ama sohibnya dibarat...
      klo berdasar perasaan,
      ksau dan menhan yg baruw kelak bakal puyenk dgn penggunaan jet tempur dobel enjin terlalu banyak dan beda merk
      persoalan logistik maintenans dgn bajet militer sgituw, awalnya mungkin blom berasa
      ntr pas uda 10 tahun operasional mulai dah megap2 haha!😆😆😆
      kalo mao mo maen kuantitas yaa banyakin pespur mesin 1 donk
      rumusnya jgn dibalik, amerika aja bgt...kcuali negeri petrodolar eh yuan yak sedjak brics haha!🤭🤭🤭
      —————
      nach soal beda merk & logistik maintenans disebut jgk dlm diskusi di tipi wan
      ada jugak input dr BABEHNYA om smilikity...selain logistik, yaa masalah training pilot & teknisi utk pespur baruw butuh waktuw cukup lama
      akan menyulitkan kalo pespur interim kok, jenisnya baru lagi...
      diprediksi si MIRA 2025 dtg
      sedangkan pespur Rafale paling cepat 2026, artinya sangat mepet...UNFAEDAH gt gaesz haha!😉😉😉

      Hapus
    4. Rafale + Eagle EX + Boramae..
      Beeeghhh, berasa raja minyak, oom..

      😂😂😂😂

      Hapus
    5. ntuw uda guwe jawab jgk dr maren om pedang haha!😬😬😬
      yaa soal geopolitik masa depan mana kita tau, bsk deket ama blok ruski lagi, amrik ngambek bs jd F-15 gutbai haha!😋😋😋

      soalnya dr inpo menhan bumi datar kesayangan om smilikity, ada paslon yg nawarin 2025 keatas bajet militer dobel haha!🤑🤑🤑
      katanya postur militer kite bakal lebih ke arah Nonblok,
      jd pasokan alutsista rrc & ruski makin banyak.
      klo uda bgini yg punya catsaa manyun om haha!😜😜😜
      klo nato kan ga smua nurut amrik, ya artinya prancis makin sneng jgk apalagi turkiyem haha!😊😊😊

      Hapus
    6. apakah ESYU-35 akan kambek lagi? marikita tunggu kelanjutannya...krupuk banyak nich gaesz haha!🤓🤓🤓

      Hapus
    7. Timur n barat kita sikatlah om PAL, non blok gitu lho, kecuali kalau kita sdh bisa buat alutsista sendiri dr 3 matra baru lah ngomong masalah bargaining power

      Hapus
    8. Betul, Mirage batalin saja.😋

      Kalau lirik pesawat blok lain, selain Su-35 juga ada J-10 dan Su-57 stage 1. Mesin compatible dengan Flanker kita sekarang. Minimal logistik tidak seberat penambahan Mirage.

      Hapus
    9. disini byk amat pendukung batal, kasian geng pesbuker haha!🥴🥴🥴

      Hapus
  24. Daripada Malon nak beli hornet bekas Kuwait malah ditolak wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  25. Saya dukung dicancel, gue selaku kadrun mendukung cancel 😀👊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga mendukung cancel, gue selaku OTEN PESEK mendukung cancel😁👊

      Hapus
  26. Hai oten pesek, torang samua basudara, mari kita tetap kompak hajar sigempurgila dan geng melon 😀👊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Makanya klo mau KOMEN lu jgn polarisasi golongan pake kadrun segala, netral aja bos

      Hapus
  27. mirage 2000-5 qatar kite perna ditawari gratis malah haha!😆😆😆
    kok KL gak perna yak haha!🤣🤣🤣

    eehh ada yg masi percaya yg gretong ituw mirage lama haha!🥴🥴🥴
    inget gaesz mirage f1 lama qatar uda dijual ke sepanyol 13 bijik, link banyak haha!😋😋😋

    kalo mao interim yaaa SEWA RAFALE ato nampung falkon seken ajah beres haha!😊😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. D kita kalau d tawari mah ok2 ajah g pake jual mahal, asal masih layak pakai n g ada embel2 syarat ini itu, apalagi kalau dlm rangka mempererat persahabatan waahhh kita mah welcome xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa g spt negara pasir berdengung sebelah sok kaya, sok kalis hutang n sok tak terima derma ....eeeeehhhhhh.....malah ngemis2 n S E W A om PAL xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa

      Hapus
    2. nyoiihh klo gak kensel ya SEWA haha!😆😆🤓

      Hapus
  28. List tahun barunya dong om PAL, meskipun kita2 banyak yg d inginkan belanja barangnya xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa

    BalasHapus
  29. br tanggal 2 om, santer PPA uda diujung haha!🤑🤑😉

    BalasHapus
  30. Yg pasti g ada budget d bagi 5 om PAL xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa

    BalasHapus
  31. HUTANG.. HUTANG.. HUTANG.. HUTANG..... BATAL... 😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  32. Pasti MALU kan... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  33. Kesian.... Pesawat RONGSOK HUTANG BATAL guys.. 🤭🤭🤭🤭

    BalasHapus
  34. Mou kiri kanan ujungnya pencitraan... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. mirage mah mau datang atau kagak, ga jd soal. ntar rafale datang,, melon nangeessssss bahahahhahahaaay

      Hapus
  35. Kata kunci.. BATAL dan MEMBUAL... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata kuncinya SEWA sampai kiamat
      mirage mah mau datang atau kagak, ga jd soal. ntar rafale datang,, melon nangeessssss bahahahhahahaaay

      Hapus
    2. Ditunda dg batal itu beda tolol

      Hapus
  36. 2023 MYR 17,74 = SEWA
    2022 MYR 16,14 = SEWA
    Malaysia has proposed a 2023 defence budget of MYR17.74 billion (USD3.97 billion), a nominal 10% increase over the original 2022 allocation of MYR16.14 billion.
    ---
    100% TIDAK BAYAR HUTANG 2023 = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ---
    52,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2022 = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    ---
    50,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2021 = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    ---
    60% HUTANG BAYAR HUTANG 2020 = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang sedia ada pada tahun lalu, berbanding bagi perbelanjaan pembangunan.
    ---
    59% HUTANG BAYAR HUTANG 2019 = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    ---
    OPEN DONASI 2018 = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang untuk membantu negara membayar utang yang mencapai 1 triliun ringgit (US$ 250,8 miliar) atau 80 persen dari PDB.
    ---
    JUARA PORNO = In a recent survey conducted by Pornhub, Malaysia was found to be the #1 country in Asia with the most visits to pornography websites. Globally, Malaysia was ranked as the #4 country with the most visits to pornography websites.
    🤣JUARA PORNO = JUARA HUTANG🤣

    BalasHapus
  37. Ini tahun berapa guys..?
    Ingat Lele Boustead...?

    😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  38. 5 PROYEK DIBATALKAN = Kementerian Pertahanan (Mindef) telah membatalkan lima perolehan membabitkan bekalan, perkhidmatan dan projek infrastruktur sebagai langkah bagi mengelak berlaku ketirisan dalam perbelanjaan terhadap proses itu. Mindef dalam kenyataan hari ini memaklumkan ia berikutan kementerian itu melaksanakan perolehan aset secara tender terbuka bagi keperluan ketiga-tiga cabang perkhidmatannya.
    ---
    2023 MYR 17,74 = SEWA
    2022 MYR 16,14 = SEWA
    Malaysia has proposed a 2023 defence budget of MYR17.74 billion (USD3.97 billion), a nominal 10% increase over the original 2022 allocation of MYR16.14 billion.
    ---
    2023 SEWA 4x4 = Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula
    2023 SEWA HELI = Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
    2022 SEWA HELI = 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang akan ditempatkan di No.3 Skuadron, Pangkalan Udara Butterworth
    2022 SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
    2022 SEWA BOAT = sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
    2022 SEWA MOTOR = The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT Superbikes for the Enforcement Motorcycle Squad on December 22nd, 2022
    2020 SEWA PESAWAT = ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario.
    ---
    JUARA PORNO = In a recent survey conducted by Pornhub, Malaysia was found to be the #1 country in Asia with the most visits to pornography websites. Globally, Malaysia was ranked as the #4 country with the most visits to pornography websites.
    🤣JUARA PORNO = JUARA SEWA = JUARA BATAL🤣

    BalasHapus
  39. YA MELANGGAR UNDANG²
    KOK ,DI BIARKAN ?
    JANGAN² YANG LAINNYAPUN SAMA ! ,
    MEMANG UANG MEMENUHI SYARAT UNDANG² ITU IF 21 🇮🇩 INDONESIAN FIGHTER JET PRODUCT PT DIRGANTARA INDONESIA ,MAU TIDAK MAU DANANYA HARUS DI ALIHKAN KE PROJECT KEMANDIRIAN ALUTSISTA
    IF 21 🇮🇩 INDONESIAN FIGHTER JET DI BUMN RI ,SEPERTI JUGA UNTUK PROJECT PENGADAAN KAPAL SELAM MEMANG PROJECT NAGAPASA YANG SESUAI UNDANG² YANG SEHARUSNYA 2024 INI TERPENUHI NKRI MILIKI 12 UNIT KAPAL SELAM TIDAK DI PERMAINKAN OLEH MENHAN & KEMHAN RI , TOLONG DONG YANG JUJUR & SERIUS GARAP KEPENTINGAN NEGARA TIDAK MEMAKSAKAN KEPENTINGAN PRIBADI ,
    DI TAMBAH PENGADAAN MIRAGE 2000- 5 BEKAS QATAR MENCURIGAKAN KARENA TAHUN 2008 STATUSNYA HIBAH MURNI DARI QATAR (FREE TRANSFER) TAPI MENGHERANKAN 2023 MAKSA DI BELI MENHAN LEWAT BANTUAN EXCALIBUR TIDAK LIBATKAN PT DI (BUMN RI).

    MENGHERAN KAN JUGA SEPERTI ANGGARAN KEMHAN RI TNI AD DAPAT JATAH 42% DARI TOTAL ANGGARAN TNI AU 9% & TNI AL 13%

    BalasHapus
    Balasan
    1. TsetoW2 Januari 2024 pukul 13.52

      Very sus indeed typical corruption

      Hapus
  40. 🤣🤣🤣🤣🤣🤣
    Jom gelak! Penetapan sumber pembiayaan TIADA!
    Tandatangan kontrak KOSONG!
    Beza sungguh dengan kontrak Malaysia...🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. 5 PROYEK DIBATALKAN = Kementerian Pertahanan (Mindef) telah membatalkan lima perolehan membabitkan bekalan, perkhidmatan dan projek infrastruktur sebagai langkah bagi mengelak berlaku ketirisan dalam perbelanjaan terhadap proses itu. Mindef dalam kenyataan hari ini memaklumkan ia berikutan kementerian itu melaksanakan perolehan aset secara tender terbuka bagi keperluan ketiga-tiga cabang perkhidmatannya.
      ---
      2023 MYR 17,74 = SEWA
      2022 MYR 16,14 = SEWA
      Malaysia has proposed a 2023 defence budget of MYR17.74 billion (USD3.97 billion), a nominal 10% increase over the original 2022 allocation of MYR16.14 billion.
      ---
      2023 SEWA 4x4 = Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula
      2023 SEWA HELI = Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
      2022 SEWA HELI = 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang akan ditempatkan di No.3 Skuadron, Pangkalan Udara Butterworth
      2022 SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
      2022 SEWA BOAT = sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
      2022 SEWA MOTOR = The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT Superbikes for the Enforcement Motorcycle Squad on December 22nd, 2022
      2020 SEWA PESAWAT = ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario.
      ---
      JUARA PORNO = In a recent survey conducted by Pornhub, Malaysia was found to be the #1 country in Asia with the most visits to pornography websites. Globally, Malaysia was ranked as the #4 country with the most visits to pornography websites.
      🤣JUARA PORNO = JUARA SEWA = JUARA BATAL🤣

      Hapus
  41. C A N C E L

    ======Cancel ..No More.... Indonesia Forever...

    BalasHapus
  42. Tunda dan di cancel
    Alihla dananya spt armament Rafale gimana tuh.

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Nothing to be a shame off!!! Buying defence equipment is not always easy, if Indonesia think cancel the deal is the best option we need to respect their decision. As a singaporan national servicemen... We Singaporean always think a strong Indonesia armed force is so important in our region. Salam buat saudara TNI... agar lanjut terus exercise kita. - MC

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masterchief2 Januari 2024 pukul 18.37
      Nothing to be a shame off!!! Buying defence equipment is not always easy, if Indonesia think cancel the deal is the best option we need to respect their decision. As a singaporan national servicemen... We Singaporean always think a strong Indonesia armed force is so important in our region. Salam buat saudara TNI... agar lanjut terus exercise kita. - MC

      💯💯💯💯💯

      Hapus
  45. Malaysian... you need to remember this, a strong Indonesia armed force is so important and we Singaporean always wanted Indonesia to be strong. We need each other in time of crisis... jadi jangan sombong

    BalasHapus
  46. 54 MOU = March 30 — The Ministry of Defence (Mindef) has recorded a total of 54 signings worth RM4.6 billion during the Defence Services Asia (DSA) 2022 and National Security (Natsec) Asia 2022 exhibitions to strengthen the national defence.
    ---
    PROYEK DIBATALKAN = Kementerian Pertahanan (Mindef) telah membatalkan lima perolehan membabitkan bekalan, perkhidmatan dan projek infrastruktur sebagai langkah bagi mengelak berlaku ketirisan dalam perbelanjaan terhadap proses itu. Mindef dalam kenyataan hari ini memaklumkan ia berikutan kementerian itu melaksanakan perolehan aset secara tender terbuka bagi keperluan ketiga-tiga cabang perkhidmatannya.
    ---
    2023 MYR 17,74 = SEWA
    2022 MYR 16,14 = SEWA
    Malaysia has proposed a 2023 defence budget of MYR17.74 billion (USD3.97 billion), a nominal 10% increase over the original 2022 allocation of MYR16.14 billion.
    ---
    100% TIDAK BAYAR HUTANG 2023 = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ---
    JUARA PORNO = In a recent survey conducted by Pornhub, Malaysia was found to be the #1 country in Asia with the most visits to pornography websites. Globally, Malaysia was ranked as the #4 country with the most visits to pornography websites.
    🤣JUARA PORNO = JUARA PRANK MOU🤣

    BalasHapus
  47. Masterchief2 Januari 2024 pukul 18.40
    Malaysian... you need to remember this, a strong Indonesia armed force is so important and we Singaporean always wanted Indonesia to be strong. We need each other in time of crisis... jadi jangan sombong

    👍👍👍👍👍👍 So true

    BalasHapus