02 Maret 2024

Tantangan pada Program Upgrade Kapal Selam Australia

02 Maret 2024

Empat kapal selam kelas Collins Angkatan Laut Australia (photo: Aus DoD)

Meskipun perencanaan untuk Life of Type Extension (LOTE) yang direncanakan untuk keenam kapal selam kelas Collins bertenaga konvensional Angkatan Laut Australia (RAN) sudah sangat maju, masih ada tanda tanya mengenai jadwal dan implementasi program bernilai miliaran dolar tersebut.

LOTE akan menjaga kapal kelas Collins tetap mampu beroperasi dan tersedia hingga tahun 2040an, mendukung transisi RAN ke kapal selam bertenaga nuklir, awalnya dengan tiga kapal selam serang bertenaga nuklir (SSN) kelas Virginia yang diperoleh dari Amerika Serikat segera setelah awal tahun 2030-an, sambil tetap mempertahankan opsi untuk mencari dua lagi jika diperlukan.

Selain itu, pembangunan SSN-AUKUS pertama di Australia, berdasarkan desain generasi berikutnya dari Inggris dan menggabungkan teknologi dari ketiga negara mitra AUKUS (Australia, Inggris, dan AS), akan dimulai di Osborne di Australia Selatan pada akhir dasawarsa tahun ini. Pengiriman SSN-AUKUS pertama buatan Australia ke RAN diperkirakan akan dilakukan pada awal tahun 2040-an.

Menurut makalah yang disusun oleh Badan Kapal Selam Australia (ASA), yang didirikan pada Juli 2023 dan bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengawasan program kapal selam bertenaga nuklir di negara tersebut, keberlanjutan kemampuan kelas Collins yang layak sangat penting untuk pengiriman kemampuan kapal selam bertenaga nuklir bagi Australia.

“Pemeliharaan, pembaruan, peningkatan, dan perpanjangan umur kapal selam kelas Collins, termasuk sistem tempur kapal selam dan sistem penyelamatan, dan pengelakan kapal selam adalah kunci yang memungkinkan jalur optimal bagi kapal selam bertenaga nuklir,” kata dokumen pengarahan tersebut. 

11 komentar:

  1. MACC = Komisi pemberantas korupsi Malaysia, MACC, kembali membuka kasus dugan korupsi pembelian kapal selam dari Prancis 16 tahun lalu. Kasus ini kembali melibatkan Najib Razak yang sebelumnya telah dibanjiri dakwaan korupsi 1MDB.
    ---
    PERANCIS = Kasus ini juga kembali diselidiki di Prancis setelah lembaga HAM Suaram melaporkan adanya uang balas jasa untuk pembelian kapal selam itu kepada Najib sebesar USD 130 juta atau lebih dari Rp 1,8 triliun.
    ---
    PEMBUNUHAN = Pembelian kapal selam ini juga memunculkan kasus pembunuhan Altantuya Shaariibu, seorang penerjemah asal Mongolia yang terlibat asmara dengan Razak Baginda. Dia ditembak mati dan jasadnya diledakkan hingga berkeping-keping pada 2006.
    😝😝😝😝😝

    BalasHapus
  2. Ini kapal selam paling banyak masalahnya sih. dari awal produksi ampe sekarang

    BalasHapus
  3. KS Nuklir Aussie bisa dijagain ga y sama KS konvensional kita yaitu KS 209, CBG sama Scorpane Inv...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bisalah tinggal di torpedo pak kumis lgs jedar jeder haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    2. Bisa cuma kalah di nafas aja... wkkkwkk

      Hapus
  4. Searah dengan penekanan Presiden Jokowi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto @prabowo melalui jajarannya, beberapa waktu lalu telah melakukan penandatanganan kontrak dengan Turkish Aerospace, untuk pembelian 12 unit pesawat nirawak (Unmanned Aerial Vehicle/UAV) ANKA
    https://youtube.com/watch?v=rU2-H9xqByo
    —————

    link kemhan ri,
    jadi uda resmi dibeli yaaa 12 bijik haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    warganyet KL makin tersyakiti,
    ANKA kita 12 fase 1
    fase 2 makinnnn buanyaaakkk
    walahh jiran makin FANASsssann haha!πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯



    BalasHapus
  5. kesian anka sebla 3, bantingannya 12 bijik uhuyyy haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰
    kesian lca sebla “AKAN” 18, bantingannya 42 RAFALE sudah LUNAS haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

    BalasHapus

  6. yaa arap makloum
    BEDA LEVEL BEDA KASTA Bok haha!🀣🀣🀣

    gutbai KL....

    BalasHapus