16 Juni 2018

Euro Main Battle Tanks Unveils by KMW and Nexter

16 Juni 2018


The Euro MBT/EMBT (photos : andrei-bt, janes)

EU tank breaks cover

After being kept under wraps, the French-German KNDS Group (Krauss-Maffei Wegmann + Nexter Defense Systems) has unveiled its first joint project, the EMBT, or European Main Battle Tank. Essentially a technology demonstrator, with further development, “the EMBT is a short-term response to the operational need of the market for high-intensity battle tanks”.

The EMBT consists of the KMW Leopard 2A7 MBT platform fitted with the Nexter Leclerc MBT turret. The two elements were integrated at Nexter’s facility at Roanne, where Leclerc production was originally undertaken. Since then, the EMBT has undertaken mobility and firing trials, the latter performed in Portugal, with 22 rounds fired from the 120mm smoothbore gun.

The standard Leopard 2A7 has a three-person turret armed with a manually loaded 120mm smoothbore gun, whereas the Leclerc turret is fitted with a 120mm smoothbore gun fed by a bustle-mounted automatic loader.



The Leclerc turret is lighter and more compact, which reduces the combined weight by six tonnes.

According to KNDS, the EMBT demonstrates that their combined skills make it the legitimate and essential industrial actor of the two key French- German future programmes.

The first of these is the follow-on to the Leopard 2/ Leclerc MBT, which is called the Main Ground Combat System and has a potential in-service date of around 2035. This could well be brought forward because the design of these two MBTs is now many years old and the point will be reached where they can no longer be upgraded.

The second programme is the future artillery system. Called the Common Indirect Fire System, this has a number of elements, including the replacement of the German Army 155mm PzH2000 tracked and French 155mm CAESAR wheeled self-propelled artillery systems.

(Jane's)

118 komentar:

  1. Balasan
    1. AIRMATA kamsudnye
      Xixixixi

      Hapus
    2. Lebih cocok disebut tandingan Leopard 2 deh. Kalau lhat perusahaan pembuat ini tuh pengganti Lecrec. Mungkin juga bisa disebut saingan Challenger 2 atau penggantinya.

      Yg pasti bukan saingan tank murah meriah (T-72 series), tank tanah keras (T-14 and all Soviet tanks) atau tank boros BBM (M1A2 or gas turbine T-80).
      XD

      Hapus
    3. T72 = tank murah meriah

      entar ada yg panas kepalanya lho om dibilang alutsistanya murah meriah

      Hapus
    4. hahaha tetap saja malon kata t72 setaraf lekrek.. dengan penambahan antena uhf naik taraflah itu tank ww2

      Hapus
    5. T 72 malon dengan bujet sokongan dr 1mdb najib/rosmah sudah dinaiktarafkan selevel dengan M1A2 abram. Tahniah menggerunkannya.

      Konon kabarnya T 72 versi sudah dinaiktarafkan ini dilengkapi dengan canon pokok sawit. Dengan peluru 125mm buah sawit mentah

      Hapus
    6. Tun mahathir beli tank pt 91 guna kelapa sawit dan disamping itu dapat tot kuda Faham je siapa yg dapat menafaat tot kuda polond angap terbaik didunia ini

      Hapus
    7. Hahaha...om Mahat Malon...skr ud ga jd pembela Najib ...dasar budak malon cari aman aja hidup nya...hahaha

      Hapus
    8. T-80 turbin udah gak dipake karna borosnya. Gak cocok ama keuangan Rusia.

      Hapus
  2. OOT

    India yang bugjet militernya sangat besar. Sudah enggan membeli Sukhoi 30 MKI, dikarenakan biaya perawatannya yang sangat mahal.
    Gimana nasib sukhoi keturunannya yang disebut MKM itu.

    https://www.jejaktapak.com/2018/06/16/biaya-perawatan-mahal-india-enggan-beli-lagi-su-30mki/

    Jadi sekarang tehnologi sudah ketinggalan karena tidak bisa diupgrade

    BalasHapus
  3. Ade aje yang hendak dibandingkan dengan malaysia, ya mungkin peralatan militer malaysia tidak relevan, kekurangan dana membeli peralatan baru dan korupsi pemimpin sebelum ni. Lalu janganla buang masa membandingkan dengan malaysia, baik buat perbandingan dengan negara g20 lain yang lebih maju dan berjaya dari malaysia, benda simple pun kena bagitahu ke, contoh terdekat singapore

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan membandingkan, Apalagi melebar membahas anggota negara g20!!!

      Tapi disini adalah dengan pengambilan keputusan sewaktu pembeliaan peralatan senjata / alutsista.
      Keputusan yang diambil jangan hanya kebutuhan sesaat tetapi harus diambil dengan perencaan jangka panjang yang matang dan terencana.
      Walaupun pada awalnya pahit tetapi dikemudian hari akan berbuah manis

      Hapus
    2. malonn negara miskin ter rasuah

      Hapus
  4. ...teuing atuh ssen, makana alus ulah meli seueur2 1 atau 2 skadron we nu penting mah boga...jadi modal tinggaleun Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muhun kang leurues, 2 skuad ge ceukap, mun kirang mah tiasa meser deui'nya.

      Hehehe

      Hapus
    2. ...he hee :D, nya eunya atuh

      Hapus
  5. Makanya MALON jangan sok kaya, karena tidak terdaftar dalam negara G-20 Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tak merasakan malaysia negara kaya apatah lagi maju, asalkan masih terdapat peluang pekerjaan, gaji yang berpatutan, kemudahan infrastruktur awam serta sistem pendidikan dan perubatan yang berjalan lancar sudah kira bagus, sekadar pandangan peribadi

      Hapus
    2. Betul eligo. Asalkan dpt menyediakan peluang pekerjaan utk rakyat dlm negeri sendiri dan hingga mampu menyediakan pekerjaan utk kelas ke 3 kepada negara luar sudah mencukupi... pendidikan dapat disediakan kepada semua rakyata tanpa ada yg tercicir. Malahan graduan2 universiti tidak menganggur begitu lama utk menunggu pekerjaan. Jaringan penangkutan awam yg terbaik bersama negara maju. Tambang murah. Itulah kemakmuran dlm negara malaysia yg nyaman utk semua rakyatnya. Hal rasuah juga sudah diketepikan. Skrng masa membina negara lebih maju.

      Hapus
    3. baguslar songlapsia....tank macam generasi tersendiri yang teramat lawak

      Hapus
    4. hahaha terbaik kang asep hahaha

      Hapus
  6. Barang gahar niih, mehongnya jangan ditanya.. :p

    BalasHapus
  7. ...nu PENTING BANGEEEEEET dibeli ku Indonesia mah 32 RADAR UTAMA, 16 Su-57, 32 Su-35, 48 F-16 Falcon/Viper, SAM S-400/S-500, Kapal Selam Project 636 + Amur...tach kitu :D

    BalasHapus
  8. su30mkm boleh dinaik tarafkan jadi super Sukhoi, tahu tak? itu setaraf su35

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada yang tidak mungkin, semua bisa dilakukan, KALAU ADA BIAYAnya.
      Koment diatas mengatakan bahwa india sudah tidak mau membeli su30mki dikarenakan biaya perawatannya yang sangat mahal

      Hapus
    2. Tidak berbeda apabila kita akan membeli mobil.
      Pertimbangannya, apakah kita mau beli mobil harga murah tetapi biaya bahan bakar minyaknya boros atau apakah kita mau membeli mobil mahal tetapi biaya bahan bakar minyaknya irit.

      Inilah alasan yang diambil pihak india, dengan menolak penolak 40 pesawat su30mki tambahan yang murah tapi mahal biaya harian dan perawatannya. Dan lebih memilih refale perancis yang mahal diawal tetapi murah biaya harian dan perawatannya.

      Hapus
    3. SU 30 mkm dinaik tarafkan hingga setaraf millenium falcon hans solo

      Hapus
    4. hahaha terbaik om FAKTANYA

      HAHAHA TERBAIK
      . LANJUKAN

      Hapus
  9. ...kalau tak ada MONEY, tinggal ngahuleung ngaraga meuneung nya ssen...siga negara sebelah nu boga hutang 1 trilyun ringgit lebih Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barudak2 beleguk ti semenanjung meuni bebal2 pisan, hese diwarahkeun teh.
      Geus'nya tos kere, bodo tapi songong pisan siga sato wae

      Hapus
  10. Kenapa ya Malaysia yg amat miskin dan muflis mampu menumpangkan berjuta rakyat Indonesia yg kelaparan, walhal Indonesia adalah negara kaya dan amat maju!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangsa eropa (kulit putih) banyak menyebar diseluruh dunia. Pada jaman penjajahan mereka banyak menguasai negara negara lain karena faktor kekuasaan dan ekonomi.
      Sekarang bangsa cina banyak menyebar diseluruh dunia dengan bekerja mencari nafkah.
      Dan sekarang ini bangsa kulit putih dan cina menguasai ekonomi dunia.

      Apakah ke dua bangsa itu yaitu bangsa kulit putih dan cina disebut juga negara yang kelaparan ???

      Justru kalian yang harus hati2 dan waspada, jangan kalah bersaing secara keilmuan dan skill dengan bangsa pendatang di negera kalian. Kalau tidak negara kalian akan terjajah didalam negara kalian sendiri.

      Hapus
    2. Agar lebih mudah mengartikan maksud saya :

      Bangsa eropa dan bangsa cina banyak menyebar diseluruh dunia untuk bekerja, sekarang mereka menguasai ekonomi dunia dan menjadi negara kaya dan maju.

      Lalu apakah kamu sebut negara2 tersebut dibilang negara kelaparan?

      Hapus
    3. Ayolah smart dalam berpikir.
      Jangan hanya TKI sebagai buruh kasar saja yang selalu kalian bahas.
      Tenaga kerja ahli dari indonesia juga banyak yang bekerja di negara kalian. Mulai dari dosen, dokter, engineer, ahli konstruksi, profesor dan lain2.
      Lalu kemanakah warga2 bumi putera kalian.
      Jangan berbangga hati bisa mendatangkan dan mempekerjakan bangsa lain dinegara kalian. Padahal banyak kekayaan negara kalian terserap keluar diambil oleh bangsa lain yang pada akhirnya kalian hanya jadi penonton dan tamu didalam negara sendiri.

      Hapus
    4. Gtu lah songongnya si malon..mereka gk sadar pekerja indonesia tdak cmn sekedar buruh kasar..tpi para ahli kontruksi d malon jga berasal dari indonesia
      Bagi malon indonesia hanyalah d cap sebagai pembantu,
      Tdak sadar!!
      yg d remehin dulu sdah menjadi org sukses..
      D cap sebagai pembantu namun nyatanya sdah bagaikan seorang raja d malon..ilmunya dan tenaganya sangat d nanti2 malon

      Hapus
    5. Mas Paul ini saya ambilkan berita pagi ini dari website malaysia.. baru tayang sejam lalu.

      Saya copy paste dan tidak ditambah dikurangi yaa coba kamu artikan artinya nanti akan ketemu benang merahnya mengapa Malaysia tidak akan bisa lepas dari tenaga kerja asing... justru bila semua tenaga kerja asing keluar dari Malaysia maka akan berpotensi membuat ekonomi Malaysia turun (sudah pernah dibahas di portal Bernama dan Malaysian today).

      Btw ini screen shotnya dari freemalaysiatoday... silahkan diartikan sendiri :

      But it is also a tragedy if local companies “close shop” or cannot do better (even though they have a lot orders and demand for their goods or services) simply because they are prevented or hindered from employing foreign workers for jobs that locals simply do not want to do.

      For example, many Malaysians do not want to work in the plantation and construction sectors. Many Malaysian also do not want to work “night shifts” and as a result, many factories are left idle or with very low productivity at night because there are not enough workers.

      It is a tragedy when factories have a lot of orders but not enough workers because we “over protect” locals who simply do not want to do those jobs or do not want to do the “night shift” of those jobs.

      Casenya hampir mirip di negara2 arab.. penduduk arab jarang ada yg mau kerja berat atau lembur.. makanya TKA sangat dibutuhkan di arab.. apakah karena negara arab kaya ? Bisa jadi...😊

      Hapus
    6. Tambahin lagi... impact saat penangkapan imigran yg langsung berefek pada stop nya project2 di Malaysia dan membuat pertumbuhan ekonomi sempat turun dan diprotes para pengusaha dan pemilik pabrik

      https://www.straitstimes.com/opinion/the-dilemma-of-having-foreign-workers-in-malaysia

      Menurut menteri nya ada kalimat ini

      As if that is not enough, Malaysian employers' dependence on foreign workers has reached a stage that a total weaning from foreign labour is squarely impossible.

      The reason is beyond question: Foreign workers are inexpensive, hard-working and will not resist 3D (dirty, dangerous and difficult) jobs which locals instantly shun.

      Apakah mas Paul 3D resistensi juga ??????? Mau kah mas Paul dan teman2 kerja panas2an membangun jembatan gedung2 dan jalan2... ? Silahkan bertanya pada diri sendiri dulu.

      Hapus
    7. Beda inggeris dan cina dtng ke negara2 luar membuka perniagaan berjual beli dinegara luar dan bukan dtng berkerja atau menjadi buruh.

      Hapus
    8. Kebanyakan graduan2 universitas tidak perlu ke luar negara untuk mencari kerja. Tp lebih kepada mencari pengalaman. Atau belajar diluar negara di universiti2...

      Hapus
    9. Kedua negara sama2 bergantung satu sama lainnya.

      Indonesia bergantung pada Malaysia karena Indonesia tidak bisa menyediakan lapangan kerja bagi penduduknya... sejak jaman Soeharto sampai sekarang Indonesia tetap mengirimkan TKI.

      Malaysia bergantung kepada Indonesia karena butuh long stint atas seluruh project2nya yg butuh buruh2 TKI untuk membangun ekonomi dan infrastruktur negaranya.. Indonesia lebih disukai karena kesamaan etnis kultur agama dan bahasa... memasukkan banyak TKA dari India Myanmar China Bangladesh dll adalah pilihan yg kurang disukai para pemilik project di Malaysia.

      Intinya kedua negara sama2 butuh satu dengan lainnya.

      Hapus
    10. hahaha saipul bagio TIDAK BAIK HAHAHA

      JANGAN LANJUTKAN
      HAHAHA

      Hapus
    11. Projek mrt3 dan kereta api laju hsr pun dibatalkan malaysia Kita bakal ketinggalan dari indonesia
      https://youtu.be/xkhk8s9bqGQ

      Terima je kerajaan bodoh kita sekarang

      Hapus
    12. Anjing china semua ....kenapa duwit negara ratusan miliar dolar di bawak kabur ke singapore aseng pura gak tahu sih ....bangsat bangsat aseng sesama negara nuslim di adu domba ....aseng ke turunan binatang berpusat di singapore . ada satu 3 orang gonta ganti nama ada yg gaku dari malaysia ada yg gaku gaku dari indo asli aseng busuk

      Hapus
  11. ...karena rakyat Indonesia kasihan pada Malon, kalau nggak dibantu Ekonominya akan LUMPUH TOTAL... :D

    BalasHapus
  12. ...Indonesia bisa saja menarik pulang semua TENAGA KERJA untuk bekerja domestik atau di over ke negara lain, apa MALON sudah siap menanggung resikonya ? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gomong apa kamu ....tarik tarik emang apa ...ada 6 juta lebih suku asli cari nafkah di malaysia kalau bicara punya otak di pakek broo .gadu domba gak beda jauh ama binatang ...kalau mau di bahas singapore negara babi suap sogok merusak indonesia dari dalam pusat di singapore kapan 2 kita ratakan tanah

      Hapus
  13. ...kata orang2 MALON kalau ditinggal minggat TKI...; " What i'm going to do, because I can't do anything "... Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow riak sungguh kenyataan saudara, tapi tidak apa kerana rakyat mana tidak berbangga dengan negaranya sendiri, sejujurnya saya merasakan malaysia tidak akan jatuh mundur sekiranya pekerja dari negara jiran ditarik balik, kerana ramai lagi warga asing akan masuk ke malaysia, cuba saudara lihat setiap kali musim perayaan seperti raya baru2 ini pasti bandar2 utama malaysia dipenuhi dengan warga asing dari pakistan mahupun bangladesh, ada juga dikalangan mereka yang akan berniaga peralatan harian dan perabot di malaysia dan bukan sekadar buruh kasar, itu sesuatu perkara yang mustahil bagi rakyat indonesia walaupun mereka(warga asing) berlainan bahasa, dan saya tidak pernah melihat atau mendengar rakyat indonesia bekerja dalam sektor professional di malaysia, sebagai contoh lambakan graduan malaysia yang kini terpaksa menjadi pemandu grab gara2 gagal mencari pekerjaan dalam sektor professional, kalau rakyat sendiri pun sular mendapat pekerjaan takkanla malaysia ingin mengambil warga indonesia

      Hapus
    2. @eligo tapi kenyataannya ketika pemerintah Indonesia merencanakan moratorium TKI,, pihak kerajaan Malaysia menolaknya,,kerajaan Malon tahu kalo tak de pekerja Indonesia ekonomi Malaysia langsung collapse,,makanya kerajaan Malon merengek supaya Indonesia tak menstop pengiriman TKI ke malon hahaha

      Hapus
    3. @eligo banyak pekerja asing dari Pakistan dan Bangladesh??? Xixi
      Kerajaan Malon tahu kalo Malon Pake pekerja bumi putera, ekonomi Malon ga akan tumbuh, pekerja bumi putera Malon orangnya malas2 itu fact,,95 % rakyat miskin Malon adalah bumi putera xixi

      Tujuan adanya pekerja asing adalah pendorong pertumbuhan ekonomi negara,, makanya Malaysia tidak menstop dan terus mencari pekerja asing xixixxixi

      Tanpa pekerja asing ekonomi Malon collapse xixixxixi,, untung kerajaan Malon tahu kelemahan negaranya,, kalo tak? dah macam Bangla lah Malon tuh xixixixi

      Hapus
    4. Sebenarnya pecahan kerja yg harus di lihat. Kebnykan pekerja2 asing hanya bnyk di sektor buruh kelas ke 3 atau bawah. Manakala warga bumi putera berada di kelas ke 2 dan atas. Yg tidak memerlukan bnyk pekerja seperti kelas ke 3

      Hapus
    5. Pekerja kelas ke 3 hanya berkerja makan gaji utk mencari duit... bagaimana bisa kelas ke 3 menyediakan peluang pekerjaan klu kelas 1 tidak memulakan business. Adakah anda bertani di tanah sendiri tp mengupah orng menjadi tuan besar?

      Hapus
    6. hahaha TERBAIK KANG ASEP
      TERBAIK
      TERBAIK
      HAHAHA

      Hapus
    7. Tun mahathir hapus grab tapi grab syarikat gegasi malaysia banyak wang jadi dia tak jadi hapuskan pun sebab itu pemamdu taKsi kena tipu buat2, perkerjaan banyak tapi sikap resis kaum cina sukar ubah
      Faham sikip apek ini

      https://www.jobstreet.com.my/en/job-search/chinese-only-jobs/

      Hapus
    8. Hantar je pulang indon,bangla ini semua tak perkerjaan Aku nak tengok majikan apek itu marah tam pada kerajaan atau tak

      Hapus
    9. Om Mahat Malon klo ngomong ga pernah dipikir...banyak2 baca lah biar ga ketahuan bodohnya kau... pemerintah Indonesia mau moratorium TKI pemerintah negara Malon ngemis2 biar ga moratorium TKI...banyak2 baca lon...biar ga ketahuan bodohnya...hehehe...

      Hapus
  14. ...populasi Malon -+ 32 juta jiwa, taruhlah dibagi menjadi 4 kategori ; 5 juta anak-anak, 5 juta remaja, 16 juta usia produktif, 6 juta lansia,...yang 16 juta jiwa sibuk kerja semua


    BAYANGKAN kalau nggak ada pembantu dirumah mereka masing2 ?... Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  15. ...pakaian kotor, piring gelas kotor, nggak ada yang masak, anak2 nggak ada yang ngantar sekolah, para lansia terlantar dan sebagainya bla blaa blaaa...karena Malonnya pada sibuk kerja sehingga tidak ada waktu untuk mengerjakan itu semua


    Gimana LON, sanggup kah ? Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pengetahuan saudara rasanya orang yang berpendapatan tinggi sahaja yang sanggup mengupah pembantu rumah, saya mahupun saudara atau rakan2 saya tidak pernah mengupah pembantu rumah, kebanyakan rakyat malaysia berpendapatan sederhana dan masih mampu lagi membuat kerja2 rumah tanpa perlu mengupah pembantu rumah, kenyataan saudara sangatlah mengelirukan banyak pihak dan saudara haruslah memcerminkan diri sendiri agar menghilangkan sikap takbur yang akan memakan diri kelak

      Hapus
    2. Bung @eligo
      Baru aku setuju dengan koment anda yang satu ini.
      Sama dengan di indonesia juga begitu

      Hapus
  16. ...orang yang CERDAS dan BIJAK akan sangat menghargai pembantu dirumah mereka, karena tanpa pembantu...orang itu akan mengerjakan semua sendirian...CAPE DEEEECH Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  17. ...bro Elgarif @ masih makai tenaga asing ajach negaranya BANGKRUT, apalagi tak makai...bocah ngapa yah Malon iki Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  18. Indon miskin,sewa satelit bayar guna kerupuk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hutang dah 70%dari gdp aja masih kebanyakan ngomong bayar hutang dulu biar gax bangkrut

      Hapus
    2. mig29 usang tak diganti dan tak ada uang karena negara bangkrut.. mending beli pake kerupuk tapi jadi beli dari pada beli tak ada uang akhirnya mig29 mau di jual ke india buat beli sperpat su30mkm yang dah tak ada sperpt wkwkwkkw

      Hapus
    3. lms kuga sepertinya di batalkan...mrss juga mu di ganti kapal ciput ya? ahaha

      Hapus
    4. Kumpul koin dulu lon, bayar hutang kau itu

      Hapus
    5. Banyak project atm yg sudah gagal lebih baik kau berkabung lon sebab bajet kau dah cekak

      Hapus
  19. sodara sodara memang malaysia kaya sekali...ingatkah ktka 2017 najib ke amerika, mencari legitimasi washington, di tengah isu 1 mdb yg di usut oleh kejaksaan ataupun fbi amerika..om najib bertemu trump, ingin memberikan investasi yg katanya untuk membantu "make amerika great again" ..luar biasa kan..ini namanya hebat ato menjilat ato merajuk entahlah...rakyatnya terlena dg status horang kaya..wiih wiih.....lihatlah skg dg realita yg ada...namun kadang memang susah ya menerima kenyataan...entut ah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rakyat malaysia memang tahu bahawa najib banyak korupsi semasa pemerintahan dia , tula sebabnya najib kalah dalam pilihanraya baru2 ini, lagipun cerita najib ngan trump tu cerita lama, cuba google search mahathir berucap di persidangan antarabangsa di jepun yang indonesia kagumi tersebut

      Hapus
    2. Kagum dengan cari hutang pada japang Gali lubang tutup lubang itu tun mahahir pandai, tak satu pun pelaburan japang dibawa masuk ke malaysia hanya tambah hutung dalam bentuk yen Walau pun interst 0.7, ringgit Semakin jatuh dari yen siapa nak menbayarnya Fikirkan Lah, ringgit dah jatuh rajin2 tengok situasi itu ia..

      Selamat berjuang ph anda akan sedar apa saya cakap ini dalam tempoh 2tahun nanti selepas ringgit jatuh lebih teruk dari mata wang yen naik pandailah pinjam imf itu ok, jangan harap kami akan keluar wang derma itu, lupa ia gst indonesia 10% mampu tampung krisis ekonomi mereka jika belaku kembali, ingat apa berlaku suharto dulu keluarga tak mahu keluarkan derma dan apek cina kaya raya tak mahu keluarkan derma sebalik simpan wang di singapore hingga tercetus rusuhan menbakar gedung2 milik apek cina itu ok, itu sedang belaku di indonesia itu ok

      Hapus
    3. Manipulasi hutang negara diketawakan dunia kerajaan campur Bon dan hutang jaminan kasihat mereka ini cuba minta sokong indonesia ini


      https://www.bloomberg.com/news/articles/2018-05-24/malaysia-s-1-trillion-ringgit-government-debt-explained

      Hapus
    4. ada bisa jelas kan yg diatas ngomong apa yak??

      Hapus
    5. Om maha@ sdah insyaf yaa...
      Alhamdulillah klo bgitu krna sadar diri itu penting

      Hapus
  20. ...gkgkgkgkgkgkgk :D, daripada komoditas Ekspor MALON nggak laku-laku...Indonesia mah kerupuk saja juga jadi duit duiit duiiit...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wutuulll....itu namanya cerdasss haha

      Hapus
    2. Tuuul om
      Kerupuk saja bisa jadi uang.
      Dan orang2 disana pada suka makan kerupuk udang, kuliner from asli indonesia.
      Kriuuk kriuuk gicu loooh

      Wakekee wakekeeee.....

      Hapus
    3. Kerupuk kemplang asli melayu palembang juga sangat digemari, diekspor juga ke korea and japan looh.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. hahaha TERBAIK Kang Asep..
      lanjutken..
      TERBAIK
      TERBAIK
      HAHAHA

      Hapus
    6. ...malon mah kasih aja KERUPUK SEBLAK yach bro semuanya, biar pada nangis kepedasan he hee :D

      Hapus
  21. tunghu setelah hari raya sepertinya akan banyak kejutan, dimana tan ambrin buang akan melakukan audit dan penyelidikan untuk semua kementrian, tak terkecuali mod...biar pada melek matane...rak picek meneh..

    BalasHapus
  22. https://m.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/06/17/pag1bs349-lima-anggota-tni-diserang-kksb-di-papua

    Kirim tucano ke papua

    BalasHapus
  23. ...wis nasibe kudu koyo ngene, duwe negoro ra tau ngepenake, seneng uring omongane sengak, kudu tak trimo...negoroku pancen BANGKRUT... Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  24. ...tuch Ane kasih lagu DANGDUT KOPLO untuk para MALON, jogeeeed yach Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  25. Gampang daftarnya, dan winrate 100%
    Join di Aseanpoker aja.
    Dengan 1 user id saja anda bisa memainkan berbagai macam game menarik.
    Poker, Domino, Bandar Ceme, Capsa Susun, Super10

    Minimal Deposit : Rp.10.000
    Minimal Withdraw : Rp.20.000

    Dominobet
    Dominoqq
    Bandar Poker Terpercaya
    Agen Poker Terpercaya
    Bandar Ceme

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sia goblok
      Naon maneh nanawarkeun judi!!!
      Kuaing di podaran siah.

      Hapus
  26. ...mantaaaap, Erdogan ; Turki ingin membangun/membuat S-500 dengan Rusky...kira2 jadi nggak yach ? :D

    BalasHapus
  27. ...Indonesia mah mungkin kebagian joobs Pabrik Rudal terbesar se-Asia dan pabrik SPARE PART SUKHOI,...ntar kalau malon mau beli spare part sukhoi kasih ajach yang KW 3 nya Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  28. ...ntar kalau komplen malonnya, jawab ajach sama kita ; " Wani piro lon, ada wang tak " ? Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. TERBAIK kang asep..

      hahaha


      wes benar eta kang..

      Hapus
  29. Indon miskin..tak mampu sewa satelit..kerupuk jadi imbalan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting kerupuk bisa jadi duit.
      Duitnya buat beli apa saja. Itulah pintarnya Indonesia

      Daripada negara malon komoditas exportnya gak ada yang laku.

      Buakakakakak....
      Sudah bangrut, bodoh pula orang satu ini

      Hapus
  30. ...yang miskin tuch MALON, nich yach Ane jabarin,


    Hutang malon 80 % GDP dibagi rata2 32 juta jiwa = -+ Rp. 110.000.000 / jiwa...


    Hutang Indo 30 % GDP dibagi rata2 263 juta jiwa = -+ Rp. 12.500.000 / jiwa...


    ...sangat SIGNIFIKAN kan jomplangnya Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun negara malaysia mempunyai kadar hutang yang tinggi jika dibandingkan dengan indonesia tetapi rata2 rakyat malaysia masih boleh hidup senang jika dibandingka dengan negara2 membangun yang lain, dan jika saudara ingin tahu hutang tersebut mempunyai kesan yang minimum terhadap rakyat malaysia, lagipun sejak tertubuhnya kerajaan baharu mereka kini sedang giat menyelesaikan hutang negara dan sehingga kini terdapat peningkatan kesan yang positif

      Hapus
    2. Bung @eligo
      Kata siapa ???
      Hahahaha....
      Kamu sudah pernah datang ke Indonesia belum???
      Main2lah kesini liat dengan mata kepalamu sendiri.
      Kalau kamu tak mau istirahat di hotel, silahkan kamu kerumah saya, saya undang sekalian silaturahmi.

      Coba kamu cari link tentang survey masyarakat negara mana yang paling bahagia taraf hidupnya.
      Hidup senang dan bahagia bukan dari kaya atau miskinnya bung.
      Lagi pula rakyat negara kamu itu banyak diberi subsidi oleh pemerintah.
      Sedang negara kamu utk memberikan subsidi kepada rakyatnya terpaksa banyak berhutang kepada negara lain.
      Inilah salah satu alasan kenapa sekarang pemerintah dinegaramu menerapkan pajak yang ketat, mengurangi subsidi, menaikkan suku bunga, menaikan harga bahan bakar, dll.

      Hapus
    3. buangga swekali hidup enak krn hutang...hutangnya gk terkira hahaha

      Hapus
    4. ini namanya mah rakyatnya gk bisa lagi klo cmm kumpul koin....harus potong gaji tu bertaun taun hihi

      Hapus
    5. ...hutang malon 80 % GDP sama dengan itu 1 trilyun RINGGIT lebih, kalau di rupiahkan -+ Rp 3.500 trilyun :D

      Hapus
    6. Ringgit telah jatuh dengan teruk, malaysia bikin hutang betuk yen Kerana kebodohan tun mahathir itu..
      Terima masalah ekonomi berlaku sebabkan kebodohan tun mahathir itu

      Hapus
  31. ...yach udah Ane bantu do'a ajach supaya MALON hutangnya lunas atau minimalnya berkurang lach ( kata Bang Haji RHOMA IRAMA mah " HABIS GELAP TERBITLAH TERANG "...dan bersaing lagi dengan Indonesia dibidang Militer, Ekonomi dan Olah Raga... Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  32. ...karena kalau negara MALON jatuh miskin akibatnya adalah, terutama pada 4 wanita ini...1. Masidayu ( komentator D'ACADEMY ASIA ) 2. Siti Nurhaliza 3. Bunga Citra Lestari 4. Claudia Cintya Bella... Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  33. ...ssen @ rakyat MALON di subsidi oleh negaranya, itu persis seperti Indonesia dijaman Pak Soeharto yang hutang sana-sini...makanya begitu dilengserkan US $ ( dollar ) langsung naik 600 % dari Rp 2.000 menjadi Rp 16.000 / dollar karena posisi Indonesia yang TERLILIT hutang...tapi Indonesia yang sekarang BUKAN Indonesia yang berada di tahun 1998...


    ...melainkan Indonesia sebagai RAKSASA EKONOMI yang terbangun dari tidurnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...dari Rp 2.000 jadi Rp 16.000, itu naiknya 700 %...( ralat ) :D

      Hapus
  34. Kwkwkwkkwk.. SEMUA AKIBATNYA ADALAH PENCURIAN.. SUKA MENGKLAIM YANG BUKAN HAK MILIKNYA.. BELAGAK..

    SEKARANG RAKYAT INDONESIA TINGGAL MENONTON AKHIRNYA SAJA MALINGSIAL..

    DAH PERNAH KUBILANG SEBELUMNYA...

    " JANGAN PERNAH MEMBANGUNKAN SINGA DARI TIDURNYA "

    ALLAH TELAH JABAH RASA SAKIT HATI RAKYAT INDONESIA APA YANG SELAMA INI KAU CURI DARI KAMI..

    RASAINLAH KALIAN.. WAHAI MALAYSHIT..

    BalasHapus
  35. ...kata Pak Soekarno mah PRESIDEN RI 1 kita ; " GANYANG MALON "...sekarang malon sudah terganyang oleh dirinya sendiri Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  36. ...silahkan MALON berulah sekali lagi pada Indonesia, tapi siap2 saja PETRONAS yang niru2 CANDI PRAMBANAN dan Ibu Kota KUBANGAN KUALA...akan diluluh lantahkan :D

    BalasHapus
  37. Sekilas info

    https://m.viva.co.id/amp/berita/nasional/1045897-opm-klaim-sandera-aparat-tni-dan-istrinya-sejak-awal-juni

    VIVA – Organisasi Papua Merdeka atau OPM mengklaim bertanggung jawab atas penembakan terhadap konvoi patroli anggota TNI di Kampung Tineri Distrik Yambi Kabupatrn Puncak Jaya yang terjadi Sabtu 16 Juni 2018. Bahkan kelompok bersenjata separatis itu juga mengklaim saat ini sedang menyandera satu anggota TNI dan istrinya.

    “Tanggal 16 Juni 2018 masyarakat Desa Trineri saat sedang mengadakan kegiatan acara pembangunan gereja rapat terbuka di lapangan sekaligus usaha dana pembangunan didatangi 3 truk Anggota TNI Angkatan Darat menuju ke lokasi tempat kegiatan gereja. Maka terpaksa pasukan tentara nasional pembebasan Papua Barat menghalanginya, terjadi kontak senjata. Dalam kontak senjata itu, dilaporkan satu unit truk milik TNI dihancurkan dan 5 orang Anggota TNI telah ditembak,” ujar Juru Bicara OPM, Sebby Sembion saat dikonfirmasi pada Minggu, 17 Juni 2018.

    LIHAT JUGA
    Pergi Sekolah 4.000 Kilometer Demi Papua
    DPR Akan Minta Penjelasan Polri Soal Bendera Israel di Papua
    Bupati di Papua Keluyuran Melulu, Warga Lampiaskan Amarah
    Menurut Sebby, kelompok bersenjata yang mengadang anggota TNI itu adalah pimpinan Panglima Komandan Operasi TPN-OPM Legahak Telenggen. ”Mayjen Lekagak Telenggen adalah pimpinan OPM yang bermarkas di Kumagi Yambi Puncak Jaya,” ujarnya.

    Sebby melanjutkan, patroli TNI memang rutin digelar akhir-akhir ini yang diduga untuk mencari anggota TNI dan istrinya yang ditangkap dan ditawan OPM di Yambi.

    “Pada Tanggal 3 Juni 2018 telah menangkap anggota TNI bersama istrinya atas nama Darius dan Mega. Mereka dapat tangkap dari pasukan TPNPB saat suami istri tersebut tiba di areal wilayah terlarang daerah operasi TPNPB menyeberang Kali Yambi dan masuk di wilayah Kumagi,” ungkapnya.

    Keduanya saat itu disebut digelandang ke markas TPNPB. “Setelah dapat tangkap dan dibawa ke markas komandan operasi dan tahan di markas selama 2 minggu 1 hari namun pihak aparat TNI selama 2 minggu 1 hari tidak ada reaksi sama sekali untuk upaya pembebasan mereka. Baru Sabtu kemarin mereka masuk Yambi, lalu terjadi kontak dan truk TNI berhasil kami hancurkan,” tuturnya.

    Mengenai ada tidaknya korban dari TPNPB dalam aksi baku tembak Sabtu kemarin, sambung Sebby, belum ada laporan dari timnya.

    BalasHapus
  38. Indon miskin takde duit sewa satelit..bayar guna kerupuk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting kerupuk bisa jadi duit.
      Duitnya buat beli apa saja. Itulah pintarnya Indonesia

      Daripada negara malon komoditas exportnya gak ada yang laku.

      Buakakakakak....
      Sudah bangrut, bodoh pula orang satu ini

      Hapus
  39. Awesome! Its truly amazing piece of writing, I have got much clear idea regarding from this article.
    http://www.s128indo.com/
    http://www.mainsabungayam.net/
    http://www.gwc388.live
    http://www.joker388.live

    BalasHapus