30 Juni 2018

Singapore to Announce F-16 Fighter Jet Replacement Plans in Few Months

30 Juni 2018


RSAF F-16D fighter jet, RSAF now operates 60 F-16C/D series (photo : Airsoc)

Singapore will announce in the next few months plans to replace its ageing F-16 fighter jets, its defense minister said, listing a number of manufacturers that could be in the running for a deal potentially worth billions of dollars.

Singapore’s fleet of around 60 F-16 jets are at the tail end of their service and Ng Eng Hen told reporters it needs to make a decision to replace them soon because training pilots and building facilities for new models can take up to 10 years.

With Southeast Asia’s largest defence budget, the wealthy city-state is a key prize for global arms companies as it looks to invest in new technology and upgrade its equipment.

“Whether it’s Typhoons, whether it’s F-35s, whether it’s Sukhois, even now Chinese-made stealth fighters. I mean these are the usual suspects that you have to look at,” Ng said.

He was referring to the Eurofighter Typhoon that is built by Britain’s BAE systems and F-35s from U.S.-based Lockheed Martin. Sukhoi is a Russian manufacturer.

A modern fighter jet costs roughly about $20-$100 million depending on the manufacturer.

Singapore should make a decision in the next few months “to make sure that we can replace our F-16s in time,” Ng added.

Singapore’s F-16s first entered service in 1998. The country has typically used U.S.-made aircraft in the past, making the F35s - a variant of which appeared at the city-state’s airshow back in February - a likely successor.

The head of Lockheed’s international business said in February that Singapore was “seriously evaluating” a future purchase of F-35 jets - one of the world’s most advanced fighters which start at around $80 million (60.56 million pounds) each.

He said initial talks with Singapore were centred on the F-35B short take-off and landing variant, which he described as “a nice fit for a smaller land-constrained environment”.

Media reports show that Singapore had intended to buy four F-35s by around 2022, with the option to purchase another eight, but held off taking a decision on this in 2016.

Other F-35 customers in Asia include Australia, Japan and South Korea.

Britain’s BAE has offered Singapore’s neighbor Malaysia a U.K. government-backed financing deal to replace the country’s combat jets with their Eurofighter Typhoon.

(CNBC)

78 komentar:

  1. Jiahhhhh....akirnya bisa pertamax😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. om om messi dach pulkam. klo cr7 nyusul, wah tinggal yg doyan gigit haha!

      Hapus
    2. yeeihaaa tukang gigit lolos....

      Hapus
    3. Inggris, Portu, Argent kompakan ngglundung...hwekekek..πŸ˜‚

      Hapus
    4. lah inglis baru bisuk tanding lwn kolombia om pedang, blom pulkam haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
  2. Hehehe ikan arapaima yg dilepas di sungai brantas kena batunya....πŸ˜‚

    Di sungai amazon sana, dia adalah ikan predator yg dilindungi, tp ditangan penduduk sekitar kali brantas....sang predator berubah menjadi rantai makanan.

    #pilih balik kampung

    BalasHapus
  3. Sing udah pasti pilih F35 lah hehehe

    Salah satu negara berbudget militer terbesar di Asean... bisa beli alutsista anyar terus soale gaji tentarane jumlahnya gak sebanyak dimarih πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu, yg jd misteri negrinya om ben dpt jatah f35b gaknyach. klo dapet, siyap2 py kapal induk dach haha!

      Hapus
    2. Dapet atau gak dapet itu duit yg omong om pal....hwakakakak
      Kalo dijembrengin segepok, jek mo ga dijatah...?

      Hwekekekekek...

      Hapus
  4. Laah, Falcon baru di upgrade dah mo dipengsiunin, mo dihibahin gak tuh..?

    Whakakakakak...

    BalasHapus
  5. F35 for a smaller land constraint? Singapura?

    BalasHapus
  6. Paya Lebar Air Base udah mau ditutup..jadi kedepan Singapore AB bukanya nambah..malah berkurang.

    Nunjukin Singapore kedepan akan memperbanyak konsep AB temporary di Highway mereka..
    F35B cocok..Stealth, Supersonic, 5th Gen. ST Marine juga sudah ngeluarin design LPH, F-35B bisa ditaruh di laut..memperbesar jangkauan operasional dari F-16 dan F-15 yg ada..

    Emang Beda kalau Budget ada..plus juga dg Konsep yg jelas.

    BalasHapus
  7. Hebat singapore mau shoping senjata beda sama negara tetangga sebelah MALAYSIA NEGARA MISKIN POOR JANGANKAN SHOPING SENJATA YANG ADA PUN TAK TERAWAT JET TUA BANGKA MIG 29 TAK DE SPERPAT TERPAKSA DI GROUNDED KAT HANGGAR,, F18 TUA BANGKA SAMA TAK DE SPERPAT TERPAKSA DI GROUNDED KAT HANGGAR,, HAWK 200/100 TAK ADA SPERPAT TERPAKSA DI BESI TUAKAN KAT PENGEPUL BESI RONGSOKAN,, SUKHOI YANG KATANYA PALING CANGGIH GA BISA TERBANG DEMI UNTUK NGIRIT BIAYA SERVIS,, MALAHAN MALASIA BERHARAP ADA NEGARA HIBAH JET PEJUANG HAWK TUA BANGKA ITUPUN MASIH BERHARAP/MIMPI DI KASIH HIBAH,, MACAM MANA MAU BELI SENJATA YANG ADA PUN TAK TERAWAT HAHAHA.. KASIAN MALASIA POOR.. ALIAS BLANGSAK.. 😭😭😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...Kesian malon banyak aset lapok

      Hapus
    2. Haha.. Bukan senjata saja sudah lapok/uzur PM MALASia pun sudah Lapok alias UZUR...

      Hapus
    3. πŸ˜πŸ˜πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£

      Hapus
    4. Malon penyuka barang lapok

      Hapus
    5. Antek antek aseng yahudi sudah menebar terror kalau gak di tanggapi hati hati sudah jellas babi babi yahudi bakal suskses mengadu domba negara mayoritas penduduknya islam mirip di negara arap target nya sumber kakayaan alam migas batu bara emas dan uang jarahan dengan dalih devisa bebas di bawak kabur ke singapore ....makanya kita dari dua tahun lalu berkampanyah GANTI PRESIDENT 2019 tambah marak menggema di mana mana dan efeknya sudah mulai terasa di pilkada serentak partai pilihan aseng rontok di hampir semua propensi broo .

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  8. @Defense studies.
    Report using the Channel news Asia article. They report on the entire topic by the defense minister on SAF day.
    https://www.channelnewsasia.com/news/singapore/saf-f16-fighter-jet-replacement-new-fighting-machines-10485834

    BalasHapus
    Balasan
    1. Looks like Sing Army plannin to decreased their 30 percents in armaments uantity and personnel means the new combatan for all vehicles, ships and jets gonna be "the state of the art" equipments which become more deadly, effectives and lethal.

      F-35 no doubt gonna be in front for the options available.. Sukhois fleet is almost impossible considering how tight and close relationship between Sing and US. Tornados, just read the articles also would be obsolete in 2030 dats why european tryin to built the gen 5 with tryin to not acquiring F-35 US made. China Stealth ? No chance..πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      For Ships.. additional Formidabble class and maybe few of Destroyer Class with one mother ship like Dokdo Class are also best thing to get.

      For Tanks.. Sing probably gonna get lots of 8x8 vehicles with better armor like 120mm turret and some robotic remote vehicles.

      Still until 2030 Sing is unmatch for others Asean countries in both war technology and budget as well.

      Hapus
    2. Manpower will be reduced by 1/3 by 2030. Due to low birth rates. However land vehicles will be increased as DM mention. Do more with less is the catch phrase. How do they achieve it? Well we will see eventually.

      Hapus
  9. RSAF punya 60 unit F16 terdiri dari :
    8 unit block 15 OCU
    52 unit block 52 C/D

    Saya setuju bahkan ngebet, jika 28 - 40 unit dari block 52 ini diberikan ke AURI.

    Tinggal minta ke US : program SLEP hingga dapat perpanjangan terbang 4000 jam lagi, dan sekalian minta diupgrade radarnya pakai SABR, udah jadi Viper tuh.

    Paling mahal cuma habis usd 1,5 - 2 billion.

    4000 jam dibagi 200 jam per tahun =

    4000 / 200 = 20 tahun.

    Lumayan khan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah oke tuh kita rayu Singapura buat jual secondhand ke kita...

      Tugas pak Jokowi nih...

      Hapus
    2. Jgn lh. Ksh aj ke malaysia, bkn kah qta udh pny proyeksi 3skd f16 viper yg lbg canggih

      Hapus
    3. Iya, ada beberapa alasan kita bisa minta ke Singapore :

      1. Hubungan antara RSAF dengan AURI sudah 50 tahun.
      2. F16 RSAF cenderung dirawat dengan baik dan teliti sebab meniru cara Israel merawat F16nya.
      3. F16 blok 52 RSAF punya CFT, jadi udah punya jangkauan yg lebih jauh daripada F16 punya AURI.
      4. Antara Singapore ke RI, hanya sebelahan, jadi ngirit jam terbang.
      5. Spek F16 blok 52 RSAF adalah benar2 blok 52, bukan blok 32 rasa 52.
      6. Kalau RSAF mau menghibahkan F16 blok 52 sekaligus semua onderdil dan perangkat yg menyertainya, paling tidak bisa mengurangi jumlah hutang Singapore ke RI ( itu uang koruptor khan lari ke sana, jadi bisa dianggap itu hutang Singapore ke kita).
      7. Kita bisa lebih ngirit belanja pespur, uang yang seharusnya untuk belanja pespur bisa digunakan untuk belanja rudal AMRAAM lebih banyak dan juga rudal lainnya misal JSM (varian air to surface dari NSM).
      8. Dari blok 52, dibikin SLEP, ganti mesin dan avionik dan diupgrade jadi Viper blok 72....tambah maknyooooos !!!!
      9. Minta ke US agar program SLEP dan upgrade bisa dilakukan di sini sekaligus TOT cara memperpanjang usia terbang pesawat.
      10. Dan Malon seperti biasa....walau Malon kepingin dapat hibah F16 tetapi tidak dianggap mampu untuk merawat F16, jadi nggak mungkin untuk dapat hibah F16...alasannya Malon belum pernah punya F16, maaf ya.

      Xixixixixi

      Hapus
    4. Lho, setau ane semua Falcon A/B OCU Sing dah dihibahin ke Thailand kok..
      Yg mereka punya sekarang Block 52+ C/D yg pake radar SABR.. yg Setara Falcon Sufa-nya Isroil.. 😁

      Hapus
    5. Nah, apalagi sudah pakai SABR, siap untuk dipakai, dan tinggal minta program SLEP aja.

      Hapus
  10. boleh jual murah ke indonesia

    BalasHapus
  11. waaah menhan mesti buru2 loby menhan eng..lumayan biar seken f16 blok 52 ori bukan blok 25 rasa 52..

    BalasHapus
  12. Yang pada ngarep lungsuran reek.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nek lungsuran khan luwih murah tinimbang tuku anyar.

      Kari diupgrade sethithik, wis dadi viper.

      Hapus
    2. Aku curiga kandhane Pak Yuyu nek skuadron Hawk bakal diganti skuadron generasi 4,5.

      Nek nilik kebiasaane awake dhewe sing seneng murah, aku curiga iyo iki gantine Hawk, F16 blok 52+ saka Singapur

      Hapus
    3. Ngarep "lungsurane" sopo mas...😏

      Iki mesti ngendikakke "bakalan" sing isih mulus, kilometere yo jeh setitik, ning ojo kapusan bodi lho mas...sopo ngerti jeroane wes taiwan kabeh tur kilometere wes di nolke😹

      Hapus
    4. Iki ya koleksi F16 blok 52 RSAF

      Blok 52C 8 unit 1998
      Blok 52D 10 unit 1998
      Blok 52C 4 unit 1999 di USA
      Blok 52D 8 unit 1999 di USA
      Blok 52C 10 unit 2000-2002
      Blok 52D 2 unit 2000-2002
      Blok 52D 20 unit 2003-2004

      Jadi 18+12+12+20 = 30+32 = 62 unit

      Yang paling tua tahun 1998.

      Airframe F16 tahan 8000 jam.

      Kurangi 2000 jam untuk safety.

      8000 - 2000 = 6000 life hours

      2018 - 1998 = 20 tahun

      Selama 20 tahun Singapore bisa jadi hanya pakai 200 jam setahun.

      20 x 200 = 4000

      6000 - 4000 = 2000

      Jadi sisa jam terbang adalah 2000 jam + 2000 jam lagi untuk cadangan safety.

      Jika pakai program SLEP bisa tambah 4000 jam lagi.

      Jadi : 2000 + 4000 = 6000

      Jadi jatah jam terbang sisanya menjadi 6000 jam ditambah 2000 jam lagi untuk cadangan safety.

      6000 jam yang bisa benar2 dipakai.

      6000 / 200 = 30

      Jadi F16 blok 52 RSAF generasi pertama (tahun 1998) jika pakai program SLEP, bisa dipakai 30 tahun lagi sampai tahun 2048 !!!!


      Ayo kemhan, tunggu apa lagi ? Langsung sikaaaaat, borooong...

      Hapus
    5. Dari 62 unit blok 52 itu, ada 2 yang sudah crashed.

      Jadi tinggal 62-2 = 60 unit.

      Hapus
    6. Mas smiling, sing penting jambak'ane jek narik, lan kuat di jak mabur suwi..πŸ˜€πŸ˜Š

      Hapus
    7. Bro2 sekalian,bila indonesia beli F16 singapore maka kesusahan akan di dapat kerana F16 ini banyak menggunakan teknologi israel,jd bila ada sparepart teknologi israel mau diganti kita beli ke mana,ingat kasus A4 Skyhawk yg kita beli dari israel,TNI AU bingung dan tak de kuase untuk menggantikan sparepart2 yg guna teknologi israel yg di install ke A4 Skyhawk itu

      Hapus
    8. @pedang syaiton

      Slirane ki selerane sing jambakane kuwat to mas, tur iso mabur duwur...byuh, byuh, byuh opo yo isih kuwatπŸ€”

      Ning gandeng karo konco kentel...ra rasah sumelang, tak wenehi pandangan mas.

      Aku ngerti sing cocok karo idaman sampeyan....iki malah mlebu neng youtube barang: "Stressing sling girder LRT"

      Monggo pun pirsani piyambak, yen koyo nggono kui....jambakane isih kurang rosa pora?

      Tur yen jalur LRT ngono duwure nganti 20m....yen aku we wes singunen mas, mas 😰

      Hapus
    9. Mat Rempit,

      Itu mah bisa diatur...

      Beli melalui Singapore atau Filipina.

      Lihat helm Apache dari pabrik mana, lihat turet pandur dari pabrik mana, lihat beberapa drone kita dari mana, lihat senapan Uzzi yang pernah dipakai Kopassus dari mana.

      Xixixixi

      Hapus
    10. Byuh, jambakan girder jek kalah roso mas karo "jambakan" ihik-uhuk kae..qiqiqi..

      LRT / MRT rak kari bangun stasiune tho mas..? Wong lori-ne wes teko kok..hwihihi..

      MRT New York sangar mas, 45meter jero lemah tingkat 3 pisan..kok ra wedi jugrug yhoo..? πŸ˜‚πŸ˜Š

      Hapus
    11. uzi made in israel...negara munafik..katanya tak suka israel tapi masih membeli aset israel... :)

      Hapus
    12. Dein,lha negara ko tuh bekerjasama dgn mossad israel bunuh scientist palestina di malon ,cem mn pula wkwkwk

      Hapus
  13. ini Isroiel mata sipit bung..!! but, itulah strategi pertahanan mereka. salut bwt Singapore dgn konsep pertahanan mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. The real deterrent effect..😊
      (emang ada yang gak real) πŸ˜‡

      Hapus
    2. ada @om PS,. List A1 si Narayana, bayangin klo list hayalan anak universitas Inhan itu klo jebol semuaπŸ˜πŸ˜πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Jebule, mahasiswa unhan ki akeh sing begrone sk ilmu sosial lho mas boy...

      Mulane yen gawe artikel sing sifate teknis ngono sok kedodoran, malah dadine opiniπŸ˜‘

      Disik ono siji sing gawe artikel neng indomiliter ttg heli aw-101 vs ec-725...akhire dibully entek2an

      Hapus
  14. Mana nih heter Malaysia
    Dak seru kalau dak di tambah tambahin bumbu bumbu pertengkaran
    Aku rindu lihat berdebat anak yang
    Yel ngeyel tak ye..
    Salam cak Emil nyapres

    BalasHapus
  15. Singapura is still part of Indonesia.history

    BalasHapus
  16. ...dulu kala pada ...jaman old bukan jaman now... TD MALON nyebut ke Singopo " ANAK KOTA YANG NGGAK BISA PERANG "


    ...sekarang td malon mau nyinyir apa lagi yach ?



    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang singapore yg nyinyir malon robohkan pokok pisang dgn aset lapok wkwkwk

      Hapus
    2. sama macam indon ke..nak tembak pokok pisang pun takut....opss lupa pokok pisang dah banyak kena makan dgn monyet indon :)

      Hapus
    3. Dein,fact yg nyata ATM beruk robohkan banyak pokok pisang,Apa yg ko cakap tuh cuma bualan ko tuh lah wkwkwk

      Hapus
  17. Semua kawasan sedang membangun kecuali malon..
    Eits jgn salah
    Malon juga lagi membangun loh
    Membangun huutang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang tun M lg minta utang ke jepun,jd utang malon makin bertambah wkwkwk

      Hapus
    2. Oohh ternyata Negara yg katanya jaguh mengerunkan..
      WkwkwkwπŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      Giat2 membangun hutang ya om pit

      Hapus
    3. malaysia yg berhutang indon yang kecoh.... yg tak tahan indon juga cari makan kat negara yg banyak hutang ni..nape takk pergi thai atau singapura..opsss lupa kat sana undang2 dia kejamm :) takut la tuuuuu

      Hapus
    4. Dein@ lon beruk,jgn lupa lon negara ko tuh boleh hidup kerana cukai tenaga kerja asing,negara ko tuh miskin...harga minyak dan sawit turun dan tenaga kerja asing berkurang negara jd collapse seperti sekarang ruk wkwkwk

      Hapus
  18. Chances are the announcement will likely be announced on the RSAF 50 celebration on september.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Happy shopping bro. Best wishes from Indonesia

      Hapus
  19. Baca paragraf terakhir deh..

    BalasHapus
  20. F16 memang sudah saatnya pensiun, termasuk punya Indonesia.

    BalasHapus
  21. Uwes kesel sing do komen, opo mergo THR-e wes entek.....πŸ€”

    BalasHapus
  22. Ya lobby singapore...hibah atau nggak beli murah F 16 nya 16 bijik aja untuk 1 skadron...lumayan pas cocok buat di tempatin di biak..koopsau 3..

    BalasHapus
  23. ...kata BLOG sebelah


    ...V PUTIN sedang mengkaji kembali proyek TORPEDO berkekuatan hulu ledak 100 MegaTon yang bisa menciptakan Tsunami yang sempat dihentikan...


    ...wach gawaaaat, bisa menghancurkan semua PANGKALAN MILITER Amerika nich yang berada di garis pantai


    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  24. Jom kita dengar cakap Mat Sabu, Mindef kesayangan kitorang ~~~~~
    https://www.youtube.com/watch?v=wQBlpEPC_Us

    BalasHapus
  25. Indon bisa mengemis f16 ke singapore..tentara terkuat sedunia mengemis f16..mueheehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak de berita satu pun indonesia ngemis ke singapura,hoax sahaje kerja ki tuh lon

      Hapus
    2. scantut paspornya kena tahan majikannye di negeri sebrang, gak bisa pulang makanya bela2in ngehuks haha!πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus