26 Juni 2018

THAI Seals Deal with Airbus for Hi-Tech Maintenance Centre at U-Tapao Airport

26 Juni 2018


A perspective of MRO (maintenance, repair and overhaul) facility to be co-developed by Airbus and Thai Airways International at U-Tapao International Airport. (image : Airbus)

AIRBUS and Thai Airways International (THAI) have signed an agreement to establish a new joint venture maintenance and overhaul (MRO) facility at U-Tapao International Airport in Rayong province.

The accord was signed on Friday at Airbus headquarters in Toulouse by Usanee Sangsingkeo, acting president of THAI, and Eric Schulz, chief commercial officer of Airbus, in the presence of Prime Minister Prayut Chan-o-cha. Also on hand was Guillaume Faury, president of Airbus Commercial Aircraft.  

The new MRO will be one of the most modern and extensive in the Asia-Pacific region, offering heavy maintenance and line services for all widebody aircraft types. The facility will feature the latest digital technologies to analyse aircraft maintenance data, as well as advanced inspection techniques, including the use of drones to monitor aircraft airframes.  

The MRO complex will also have specialised repair shops, including for composite structures, as well as a maintenance training centre offering extensive courses for technical personnel from Thailand and overseas.

 “THAI and Airbus have undertaken extensive studies to validate the business plan for this exciting project,” said Usanee. “Together we will develop one of the most advanced and efficient aircraft maintenance centres anywhere in the world. We are confident that this venture will bring significant economic benefit for THAI and will be a major driver in the development of the wider aerospace sector in Thailand.”  

Faury said: “We are pleased to enter into this major agreement with THAI. This will further strengthen the long-term partnership between our two companies and also contribute to the success of Thailand’s new eastern economic zone. With the fleet of widebody aircraft in the Asia-Pacific region set to triple to around 4,800 aircraft over the next 20 years, the project represents a sound business opportunity for both our companies.”  

Schulz said: “This latest agreement further consolidates our long and special partnership with THAI. This dates back to 1977, when THAI became one of our earliest customers. Since that time Thai has operated every single Airbus type and today flies the complete current widebody family – the A330, the A350 and the A380.”  

The joint venture between Airbus and THAI will be located at U-Tapao airport in the heart of the Eastern Economic Corridor (EEC). The EEC is a core part of the government’s Thailand 4.0 policy, designed to develop world class innovative technology-based manufacturing and services in the country.

(Nation)

15 komentar:

  1. Singapura fokus pd bisnis MRO....dan hasilnya menjadi salah satu raja bisnis MRO di asia pasifik

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...soalnya bro, Singopo nggak punya pilihan lain...


      ...pertanian, perikanan, pertambangan, hasil hutan...nggak ada...


      ...jadi mau nggak mau harus memaksimalkan peluang yang ada Xixixixixixi :D

      Hapus
    2. Itu memang benar bro...tapi yg menarik menurut gue adalah ttg kejelian mereka membidik peluang bisnis yg tak lekang dimakan waktu.

      Seharusnya kita bisa....bahkan lebih besar lg, tapi terkadang kita lebih menyenangi bidang2 yg "monumental" seperti proyek IFX yg tak jelas kelanjutannya.


      Coba dihitung lg berapa opportunity cost yg terbuang dg berkutat pd proyek ini....dan bandingkan dg singapura, berapa nilai ekonomis dan perputaran uang yg diperoleh dr bisnis jasa MROπŸ€”

      Hapus
    3. ...benar juga bro,


      ...Singopo yang memang mengadopsi ILMU ISRAEL, pantas dan wajar kalau mereka bisa seperti sekarang :D

      Hapus
    4. Singapura memng fokus kepada perniagaan servis. Maka sbb itu servis perbankan, mro, atau pelvagai servis lain bnyk branch buka disana.

      Hapus
    5. nyoih om harta, letak yg strategis, bikin mereka jadi hub penting antara samudra pasifik dan samudra hindia.
      maka kapal2 & pesawat banyak lalu lalang disana. otomatis byk kegiatan MRO dan servis laennya.

      makanya bila jalur kra dibuka, yg paling dirugikan pasti negeri tetangga kita ituw bkn haha!😊😊😊

      smoga sj gak kejadian, kesian ntar om ben gak bs shoping soping mewah lg haha!😊😊😊

      Hapus
  2. Balasan
    1. Betul bro...

      Tapi dari seluruh armada penerbangan nasional, hanya 30% nya yg terserap oleh jasa MRO dalam negri....sisanya jadi rejeki orang😌

      Hapus
  3. lah mro non militer ini haha!😊😊😊

    kita mah mayan byk mro, dr GMF, LION-batam, Merpati Maintenance Facilities(MMF) ampe indopelita.

    http://en.industry.co.id/read/3896/achieve-big-profits-this-is-the-four-consistent-mro-business-companies-in-indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, tapi semua itu baru bisa menyerap 30% dr seluruh jasa mro armada pesawat&helikopter yg beroperasi didalam negri

      Hapus
    2. MRO itu butuh investasi gede..banyak operator di negeri ini cuma leased pesawat dan ngk punya cukup based untuk bikin MRO sendiri.

      Lion dan Garuda udah punya cukup based makanya mau bikin MRO sendiri. Itu juga Lion baru belakangan. Air Asia MRO'nya disatuin secara group di KL.

      Hapus
    3. Nah.....ironinya dinegri kita mas antek

      Kita kekurangan sdm yg berminat bekerja dibidang ini.....padahal bbrp pemain mro kelas dunia, spt perusahaan asal swiss berminat invest disini (majalah angkasa...sebelum tutup)

      Hapus
    4. nyoih mnurut brita diatas: ada +/-1500 pesawat disini.

      garuda sendiri py:142
      lion:116
      batik:56
      wings:54
      sriwijaya:40
      nam air:15
      citilink:50
      indonesian air asia:15

      dan masi banyak lagi penerbangan perintis maupun kargo, cem susi air, deraya, trigana dll.

      kalo liat list perusahaan penerbangan kita dekade lalu, wah bisa namba lagi jumlah maskapai.

      ke empat bengkel mro tersebut mempunyai kredibilitas baik, kerna memiliki berbagai sertifikat cem, FAA & EASA.

      tp mungkin gak om smiling, kita ada bengkel laen, cuman montir maupun fasilitasnya gak ada sertifikat. soalnya masi sisa ribuan pesawat ntuw, masa smua hrs mro ke negeri seberang haha!πŸ€“πŸ€“πŸ€“

      Hapus
    5. Lho, Angkasa magz tutup tha mas..?
      Yaaah..bacaan sejak ane jek ingusan tuuh...hik-hik.. :(
      Ane nyimpen segambreng nih yg edisi jadul...

      Qiqiqi

      Hapus
    6. kalo om pedang masi ingusan, brarti guwe masi diawang2 haha!πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘

      tnang om, skrg ada angkasa rev, kyknya ajib jugak kok haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus