09 Oktober 2021

Nasib Rencana Pengadaan Pesawat A400M Tergantung Offset

09 Oktober 2021

Pesawat A400M mempunyai kemampuan angkut sekaligus sebagai pesawat tanker (photo : Airbus DS)

Kementerian Pertahanan dan Airbus Defence and Space (ADS) sejak beberapa bulan silam telah terlibat dalam diskusi intensif untuk membahas rencana akuisisi dua unit pesawat angkut A400M. Rencana pembelian pesawat angkut yang memiliki payload 37 ton ini mungkin akan satu paket dengan pengadaan pesawat A330 bekas yang akan direkonfigurasi menjadi Airbus Corporate Jet. Diskusi intensif antara kedua belah pihak merupakan upaya Kemenhan untuk segera membelanjakan alokasi Penetapan Sumber Pembiayaan (PSP) senilai US$ 5,8 miliar yang diberikan oleh Menteri Keuangan pada 26 April 2021 silam. Terdapat beberapa hal menarik mengenai rencana pengadaan pesawat angkut yang dikembangkan oleh lima negara Eropa ini sejak 1989 dalam program Future Large Aircraft.

Pertama, aspek pendanaan. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyetujui alokasi senilai US$ 700 juta bagi Kemenhan untuk akusisi pesawat Multirole Transport Tanker (MRTT) dan dukungannya. Sehingga apabila kontrak pembelian dua A400M ditandatangani bulan ini, Kemenhan tidak perlu meminta pengajuan anggaran lagi kepada Kemenkeu seperti dalam kasus kontrak 36 pesawat tempur Rafale asal Prancis, enam fregat kelas FREMM dan dua fregat kelas Maestrale dari Italia.

Tantangan dari aspek finansial rencana pengadaan dua A400M adalah bagaimana Kemenhan mampu mendapatkan dana Rupiah Murni Pendamping (RMP) pada APBN 2022. Seperti telah ditulis sebelumnya, Kemenkeu hanya sanggup menyediakan Rp 3 triliun untuk RMP dari kebutuhan Rp 12 triliun pada tahun fiskal 2022. Dengan asumsi RMP bagi dua A400M adalah 15% dari alokasi PSP, dibutuhkan RMP sebesar US$ 105 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun. Sebanyak US$ 36 juta atau sekitar Rp 513 miliar dari alokasi Rp 3 triliun untuk RMP tahun anggaran 2022 akan dialokasikan bagi pembelian 6 unit pesawat Lead In Fighter Training T-50 buatan KAI yang kontraknya telah ditandatangani beberapa bulan lalu.

Kedua, aspek kemampuan. Sejak 2019 banyak pihak di Indonesia berasumsi kebutuhan Kemenhan untuk pesawat MRTT akan menghadapkan A300 MRTT buatan ADS dengan KC-46A produksi Boeing Defense, Space and Security. Kedua rival pun telah melakukan berbagai lobi agar pesawat sayap tetap produksi mereka menjadi pilihan Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pesawat angkut sekaligus mempunyai kemampuan melakukan pengisian udara ke udara. ADS telah melangkah jauh melalui kemitraan PT GMF AeroAsia untuk memenangkan pasar Indonesia, sementara Boeing mengandalkan lobi langsung dengan dukungan pemerintah Amerika Serikat (AS) dengan peran mitra lokal yang kurang besar.

Pesawat angkut VIP A330 ACS (photo : Abdurahman N)

Namun dalam perjalanan waktu, ADS mampu meyakinkan Kemenhan bahwa A400M yang ditenagai oleh empat mesin turboprop TP400-D6 buatan Europrop International mampu melakukan misi pengisian bahan bakar di udara pula. Klaim ADS tentang kemampuan pengisian bahan bakar di udara oleh A400M merupakan suatu fakta yang tidak dapat dibantah, namun pesawat yang mengadopsi high wing dengan T tail ini hanya mampu melakukan pengisian avtur menggunakan metode hose and drogue yang cocok bagi pesawat tempur seperti Rafale, F-18 Hornet, Sukhoi Su-27/Su-30. Indonesia juga mengoperasikan pesawat tempur F-16 yang memerlukan metode boom untuk pengisian avtur JP8 yang sejauh ini belum dapat dipenuhi oleh A400M.

Ketiga, paket offset. Berapa nilai valuasi offset yang akan didapatkan oleh Indonesia dari rencana akuisisi dua A400M tergantung pada kesepakatan antara ADS dan beberapa industri pertahanan Indonesia. Menurut informasi dari pihak-pihak terkait, PT Dirgantara Indonesia mengusulkan autonomous right CN235 dan pemutakhiran technical data package NC212 kepada ADS. Apabila pabrikan Eropa itu setuju dengan autonomous right CN235, maka industri yang didirikan oleh almarhum mantan Preside RI B.J. Habibie ini dapat memproduksi semua komponen CN235 di Bandung tanpa harus menunggu pasokan dari ADS.

PT GMF AeroAsia tertarik untuk mendapatkan offset rencana pembelian A400M lewat GMF Defense. Menurut informasi dari sumber yang kredibel, anak usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. ini mengajukan proposal untuk maintenance pesawat yang vertical tail plane trailing edge-nya dipasok oleh Malaysia. Adapun cakupan maintenance yakni airframe maintenance, Namun belum jelas apakah ada perusahaan Indonesia yang memiliki kapasitas untuk engine overhaul A400M.

Satu perubahan kebijakan Kemenhan terkait rencana kontrak pengadaan senjata saat ini adalah penandatanganan kesepakatan offset boleh dilakukan maksimal enam bulan setelah kontrak ditandatangani. Hal ini berbeda dengan kebijakan beberapa tahun lalu di mana industri pertahanan Indonesia didesak untuk segera menyelesaikan perundingan offset dengan pabrikan agar kontrak dapat segera ditandatangani. Terkait rencana kontrak A400M, nampaknya industri pertahanan Indonesia akan memiliki waktu hingga enam bulan setelah kontrak ditandatangani untuk menyepakati offset dengan ADS. Apabila dalam waktu enam bulan tidak tercapai kesepakatan offset, maka kontrak yang telah ditandatangani tidak bisa memasuki tahap efektif.

Apakah Kemenhan akan menandatangani kontrak akuisisi dua A400M dalam waktu dekat? Terdapat target awal bahwa kontrak dengan ADS akan ditandatangani pada pekan pertama Oktober 2021. Apabila kontrak itu telah ditandatangani, nasibnya akan ditentukan oleh dua faktor yaitu ketersediaan RMP dan kesepakatan offset.

218 komentar:

  1. "Fasilitas produksi komponen sayap A400 di spanyol........rupanya kumuh, dipenuhi rumput ilalang dan semak belukar 😳🤢🥴"

    https://youtube.com/shorts/tS-4LnFhI_A?feature=share

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lokasinya ada di kota Seville, Spain 😀

      Hapus
    2. Apa di Spanyol tu upah tukang potong rumput dan belukar mahal bangat ya 🤔

      Hapus
    3. 👈rumput yg ditumbuh di itu👈

      Hapus
    4. Saya cuman tahu, tulang sapu Santiago barnabue Dan Nou camp cantik2. Kalah artist Indonesia mAh. Gal ada yang laki2.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok dihapus mas. .....habis terkena duri apa terlilit semak belukar 😳

      Hapus
    2. Akibat gagal pertamax om..🤣🤣🤣

      Hapus
  3. Yaaah...A400 sekarang yang mau dibeli 🤔

    Ane siih lebih pilih Herky tipe J

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kedua-duanya dibeli oleh TNI AU

      Hapus
    2. Apalagi ada yang berbau bau beruk malon, seperti hal yang diberitakan diatas 👆👎.....

      Hapus
    3. anak usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. ini mengajukan proposal untuk maintenance pesawat yang vertical tail plane trailing edge-nya dipasok oleh Malaysia.

      Hapus
    4. Beruk pasti nya sangat bau......karena tidak pernah gosok gigi dan tak pernah cebok 😷😷😷

      Hapus
  4. lumayan dapat tambahan
    5 herkules 130 J
    2 Airbus A 400 m
    tmabh mantap tni bravoooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara pembelian emang siih aku akui bahwa kita horang kaya ....

      😁😁😁😁😁😁

      Hapus
    2. 2 A400M masih belum efektif,kalo batal ya dananya dipakai ke MRTT lain

      Hapus
    3. Bagusnya sih 5 herky j Dan 2 a330 mrtt.

      Hapus
  5. Offset nya sangat menguntungkan kita klo ADS dan PtDI tercapai?,gak perlu lagi tunggu komponen CN235 dri luar,produksi bisa lbh cepat.

    Untuk A330 bisa jdi angkut VIP,personel atau Keperluan Medevac

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konon katanya CN235 malon buat angkut vip babi babi KERAjaan...

      Itu yg bilang beruk malon ya
      😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    2. Yup itu kata kangkong 666 malon dulu 😂

      Hapus
  6. Yang diincar itu offset nya, demi investasi pertahanan, inilah yg KJ 130 kalah

    BalasHapus
  7. Tolong trailing edge nya jangan berbau beruk. Karna sampai kapan pun kami warga DS akan menolak kehadiran A400M di sokin bray..

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. Wooy piiir.....
      🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  9. The Political Room
    @Political_Room
    🇮🇩✈️ Según los informes, la Fuerza Aérea de Indonesia tomó la decisión final de adquirir dos aviones de transporte militar Airbus A400M y un avión cisterna Airbus A330 MRTT Phénix.‌‌

    https://mobile.twitter.com/Political_Room/status/1446460148965314578

    BalasHapus
  10. Bantingan lagi ni si Aleman

    Let me be clear: Negotiation between Indonesia and Airbus DS is about A400M as transport and tanker as well. Not about A330 MRTT. PSP budget title was "MRTT aircraft", not "A330 MRTT aircraft". One used A330 will be VIP with ACJ configuration, no capability for AAR. No A330 MRTT!

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Harap Bila tiba saatnya, si @aleman terkena azab karena gemar mempermainkan para follower nya........anjay 🐒"

      httpss://youtube.com/shorts/tS-4LnFhI_A?feature=share

      Hapus
    2. A330 untuk VIP,
      Untuk transport bisa angkut 300 personel,medevac 140 Tandu,cargo 37 tones

      Hapus
    3. Bismillah A400M batal 😂😂😂 biar PSP 700 Juta USD dipakai buat A330 MRTT

      Hapus
    4. Sapa yg setuju disini A400 batal 😀

      Hapus
    5. @Mechanize

      Gue juga lebih setuju 2unit A330 MRTT dibandingkan A400M

      Daripada beli 2unit A400M, lebih baik ditambah lagi 5unit C-130J nya.

      Hapus
    6. jelaslah 1 A330 MRTT bisa bawa 1 skuadron buat serang Beijing,kalo A400M mana bisa.

      Hapus
    7. Mending punya A330 MRTT, pesawat angkut ada hercules lah.

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Emangnya A330 dibuat model drague hose + boom sekalian gk bisa ya

    BalasHapus
  13. "Harap sedekah utk @iskandar yg telah menjadi korban penganiayaan sekelompok orang di apartemen 🙏"

    https://news.detik.com/berita/d-5759800/pemuda-yang-ngaku-disetrum-begal-bkt-berbohong-aslinya-korban-open-bo?tag_from=wpm_cb_mospopular_list&_ga=2.213223069.882939726.1631542350-733972612.1631542350#top

    BalasHapus
  14. Ada penambahan baby Falcon setengah lusin,roman roman persiapan penambahan squadron tempur

    BalasHapus
  15. Ada kabar Amerika mau jual 2 unit Kapal Induk ( Carrier ) seharga 1 sen, negara tetangga bisa langsung beli tuuuh 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nilai 1 sen per lempengan ato bijih besi nya om.. bukan utuhan.. 😁

      “Nilai kontrak tersebut menunjukkan bahwa perusahaan yang dikontrak akan mendapatkan keuntungan dari penjualan baja bekas, besi, dan bijih logam nonbesi,” kata Alan Baribeau, juru bicara NAVSEA.

      Hapus
    2. 1 sen untuk 1 kg besinya.
      Kalikan saja berapa kg tuh kapal induk.

      Hapus
  16. " Si @aleman selalu membuat move-move yg tak jelas, dg istilah *bukan A-330 MRTT*.......ora ngurus basise A-330 apa yg lainnya, sing plentik plentinge tuku MRTT 😂😂😂"

    https://youtu.be/FtC7SwEjr0g

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita lihat saja bro,PSP 700 juta USD masa cuma dapat A400M😂😂😂😂 harga A400M saja cuma 80 juta per unit. Logikanya bisa dapat itu A330 MRTT

      Hapus
    2. Yup betol ......si @aleman sengaja bakar-bakar ban utk ngramein situsnya 🤐.

      Coba disimak link diyoutube diatas ttg komposisi/konfigurasi MRTT (basis apapapun), disini terlihat kalo konfigurasi nya lengkap banget baik sbg angkut personel, medevac maupun air tanker☝️

      Hapus
    3. Apalagi cuma konversi bukan pembuatan dari awal tentunta harganya lebih bersahabat🙃🙃🙃🙃. 700 juta USD bisa dapat minimal 2 A400M dan 1 A330 MRTT.

      Hapus
    4. Pesawat A400 itu dibeli mungkin untuk Tambahan di Skuadron 33 makassar Karena 1 A400M itu daya angkutnya Setara 2x Hercules jadi dengan membeli 2 A400M sama Seperti membeli 4 Hercules Belum lagi ada tawaran Offset yang menguntungkan dari Airbus dan A330 ini Saya Rasa mungkin untuk pesawat Kepresiden RI sehingga Fungsi Tanker yang ada pada A330 itu Di hilangkan karena A330 difokuskan untuk Keamanan dan Kenyamanan presiden dan Wakilnya

      Hapus
    5. Proses Pengadaan A400 tuh kan mang sudah lama kan,

      Hapus
    6. @Garuda (Ngepak)

      PT. Pelita Air Services anak perusahaan PT. Pertamina Awalnya yg mau beli A400.

      TNI AU pilihnya C-130J.

      Hapus
    7. A400M memang payload lebih besar tapi disini bicaranya itu A400M dibeli pakai dana MRTT,logikanya 700 juta USD bisa dapat A330 MRTT, A400M juga gak bisa ngisi bahan bakar F-16.

      Perlu dicatat ya kapasitas bahan bakar A330 MRTT bisa bikin Pesawat tempur kita untuk mencapai Beijing,kalo A400M jelas gak bakal mampu.

      Hapus
    8. @Mechanize

      Setuju bro. Harusnya yg di beli 2unit A330 MRTT, padahal sudah lama saya informasikan ke Menhan supaya beli A330 MRTT.

      Sebenarnya untuk Pesawat Kepresidenan A330 bisa beli bekas punya Citilink.

      Hapus
    9. Itu ngaco si Alman bilang A330 untuk VIP,udah jelas PSPnya bernama MRTT kok beli varian VIP. Yang fiks itu 1 unit A330 MRTT. Untuk 2 unit A400M nunggu ada kesepakatan offset atau tidak.

      Disini Indonesia berani sign in karena 2 unit A400M dan 1 A330 MRTT itu karena keduanya produknya airbus. Jadi kalo A400M batal maka Airbus tidak rugi karena A330 MRTT bakal nambah jadi 2 unit.

      Hapus
    10. Mungkin Salah satu alasan Mengapa Menhan membeli 2 A400M dan 1 A330 VIP menggunakan PSP MRTT adalah karena saat ini kebutuhan Yang lebih diutamakan Adalah pesawat angkut berat yang memiliki kemampuan Tanker meskipun Teknik pengisiannya tidak selengkap MRTT tapi kapasitas angkutnya besar dan itu jatuh kepada A400M,Daripada membeli MRTT yang bisa melakukan semua teknik tanker tapi kelemahannya adalah daya angkutnya tidak terlalu besar dan tidak ada Rampdoor jadi MRTT dengan kemampuan Tanker yang lengkap tak terlalu dibutuhkan indonesia karena indonesia lebih membutuhkan Pesawat angkut berat tapi ada kemampuan tankernya meskipun terbatas kemampuannya, jadi kesannya Kemhan Membeli pesawat angkut berat Menggunakan 2 PSP yaitu PSP Pesawat Angkut berat dan PSP MRTT karena Indonesia minimal harus punya 4 Skadron Pesawat angkut berat tapi sekarang baru 2 Skadron saja jadi jika PSP MRTT itu digunakan untuk beli 2 A330 MRTT Sudah jelas Kemhan harus mengajukan PSP lagi untuk pengadaan Pesawat angkut berat entah disetujui atau tidak oleh Bappenas atau Menkeu jadi kemhan tidak mau Membuang kesempatan emas ini

      Hapus
    11. Kita lihat dulu,kontraknya pun belum keluar

      Hapus
  17. Jujur sangat amat kecewa jangan tanggung-tanggung demi pertahanan negara Indonesia dipikirkan kembali jika pembelian A330 MRTT hanya menjadi tukang angkut para pejabat yang seyogjanya digunakan untuk pesawat pengisi bahan bakar, kalau belipun jangan tanggung A400 M 4 buah dan A 330 MRTT 2 buah

    BalasHapus
    Balasan
    1. A400M buat apa dibeli ,disini gak ada yang bisa overhaul itu pesawat beda dengan hercules.

      Hapus
  18. Dan Gempurgila pun termenung lagi karna iri dan dengki guys...

    BalasHapus
  19. Dan sikondor suwandaru pun tambah fanazzz guys.. efek jadi malon kw penghianat bangsa..haaaaa

    BalasHapus
  20. Kalo beli A400 karena "DEMI", yaa agak gimanaaa...gitu.

    Toh jembatan udara antar pulau masih teratasi dengan Herky.

    Beda ama KL, semenanjing ama borneo'nya jauh tuuh, masuk akal mereka ambil A400

    😛

    BalasHapus
  21. kalau cuma 2 A400 mah indonesia gak pelu sampai 2040.

    BalasHapus
  22. A330 mungkin utk pesawat kepresidenan kalau keluar negri kali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peswat presiden kan sudah ada,
      Mungkin disini bisa untuk angkut pasukan kontingen PBB ke luar negeri

      Hapus
  23. Yang DI INGINKAN INDONESIA CUMA SATU.SETUJU BELI 2 UNIT A-400M ASAL DIBERI HAK OTONOM PRODUKSI CN-235 JADI TIDAK PERLU TUNGGU KOMPONEN DARI LUAR NEGERI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang cocok apalagi overhaul belum bisa didalam negeri.

      Hapus
  24. Mungkin pembelian A400M, untuk membawa logistik. Klo untuk membawa personel Kyknya herkules udh cukup...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dananya tertulis MRTT,jadi beda tipe dengan Hercules

      Hapus
    2. Untung dananya bukan tertulis BomBer 😀

      Hapus
  25. Kita bingung milih pesawat apa yg mau dibeli, sono (Malon) bingung gak ada uang buat beli pesawat, kalo pun beli yg ecek2, Sudah JELAS MALON MISKIN

    BalasHapus
  26. Purr gempur negaramu REAL MISKIN, MALON REAL NEGARA MISKIN

    BalasHapus
  27. Jangan beli A400,
    Bahannya jelek dari tin milo.
    Kena birth strike takutnya jebol.

    Beli aja C5 Galaxy atau C17 Globemaster atau Mriya sekalian.

    Kalau masih ada itu juga..... 😁😁😁

    BalasHapus
  28. Senjat Penembak Marksman (Marksman Rifle) Made In PT. Pindad

    pt_pindad "The true soldier fights not because he hates what is in front of him, but because he loves what is behind him." – G.K. Chesterton

    https://www.instagram.com/p/CUzaaqVv8VX/comments/

    BalasHapus
  29. Para suhu ds tolong lah para pasukan nasi bungkus klo komen gosah di layan menuh2in kolom komentar dan otak mereka jg gak bakal nyambung tau nya cuma demo dan nasi bubgkus

    BalasHapus
  30. Kalo cuma 2 ekor, mestinya mahal nilai ekonomisnya.
    Kecuali ada sesuatu yang dikejar secara ekonomi di masa depan..

    Trus dulu repot-repot bikin studi A330 MRTT vs Pegasus ngapain..? 😁😁😁

    BalasHapus
  31. Berita Juni 2021.
    ========

    TNI-AU dan GMF AeroAsia merekomendasikan agar tanker baru dilengkapi dengan metode pengisian bahan bakar udara probe-and-drogue dan flying boom, menurut laporan Janes.

    Sebelum studi bersama dengan GMF AeroAsia, TNI AU telah melakukan studi pendahuluan sendiri membandingkan Airbus A330 Multi Role Tanker Transport (MRTT), Boeing KC-46A Pegasus, dan Ilyushin Il-78.

    =========

    A400 menyodok di tikungan terakhir?
    Ambyar semua itu studi...😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita lihat dulu bro,belum ada kabar kontraknya,masih gue tandain itu

      Hapus
    2. Yup..
      Maksud ane, mengkritisi si AHel itu 'mbro..😁

      Ane lebih percaya user dibandingin itu bocah..😁

      Hapus
  32. Indonesia sudah beli 6 c130j masih mw beli A400 pula....kasihan org malay nih bisa nangis darah....

    BalasHapus
  33. Apa gak kebanyakan jenis pesawat angkut ya ?

    BalasHapus
  34. Iki ora do ngapel to. ......po pancene isih awet jomblo 😂😂😂

    Tak tinggal ngontrol pedepokan sek yo luar........😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yen si KL kae diapeli, dudu ngapel..

      Ngontrol opo Ngapel mas'e?

      😂😂😂😂

      Hapus
  35. Kesian brigjend gumilar kena copot jabatan gara gara bela rakyat kecik, parah indon

    BalasHapus
  36. Brigjend gumilar adalah TNI AD aktif, dimusuhi oleh kaum...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaum PKI = Partai Kadrun Indonesia

      Hapus
    2. Brigjend gumilar bela rakyat kecik, kesian digondolin kaum

      Hapus
    3. Digondolin kaum PKI = Partai Kadrun Indonesia

      Hapus
    4. Benar apa cakap kopassus " Hanya PKI bela PKI 🤣

      Hapus
    5. Yang kayak gini pengkhianat bangsa @berita ind, gak seneng kalo bangsa sendiri maju makmur aman, sukanya cm nyinyir, adu domba, sebar berita hoaks, apa sudah gak punya hati ya

      Hapus
    6. Om Piton betul,yg diatas gw itu emang pengkhianat,di penggal aja kepala nya

      Hapus
    7. Maju makmur? Ko dah tau reality kehidupan rakyat marhaen bawah ke?

      Hapus
    8. Beruk malaya mana kenal istilah rakyat marhaen.....tolol nya kelewatan wakakakakakakaka

      Hapus
  37. Congor babi ngepet mending sana cari duit yg banyak

    BalasHapus
  38. Project kereta cepat indon terus merugi dari kesepakatan awal, now kena teruskan guna APBN, kesian indon digondol ini cina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesian congor babi ngepet digondol jenderal stress

      Hapus
    2. Orang culas ya gt...otaknya isinya Nyir nyir... Gabut.. Nyir nyir nyusu.... 😂

      Hapus
  39. DPR indon bersiap sign undang undang kenaikan pajak sembako, pendidikan, kesehatan, PPN dan banyak lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Congor babi ngepet emang elu bayar pajak? Duit dari mana? Hasil ngepet ya hehehe hehehe hehehe

      Hapus
    2. Manusia berhati busuk ini @berita ind, pengkhianat bangsa

      Hapus
    3. Sabar nyet..penghasilan emak kau ngangkang d pinggir jalan tak kena pajak koq..

      Wkwwkkwkkwkwkwkwkwkwkwkwwkwkwkkwkwwkwkwkkwkwkwkkwwkwkkwwkkwkwkwk

      Hapus
    4. Sabar indon😂jangan terlompat tengok kebenaran, lagi baik korang balik lagi rutinitas hayalan lagi🤣

      Hapus
    5. Congor babi ngepet pura2 jadi beruk malaya

      Hapus
    6. Onyet kasih emoticon ketawa...dalam hati mewek..

      Wkwwkkwkwkwkwwwkwkwwkwwkwwkwkwkwkwkwkwkwkwkkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkw

      Hapus
  40. Congor babi ngepet elu kenal kan si jenderal stress......wakakakakakakaka

    BalasHapus
  41. Bisnis lesu banyak perusahaan bisa indon dijual 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indon itu negara mana, negaramu yaa?

      Hapus
    2. Emak kau ngangkang d pinggir jalan sepi tak nyet??


      Wkwkwlwkwkwkwkwwwkwkwkwkkwkwwkkkwkwkwkwwkwkwkwkwkwkwkwwkkwkwwkwk

      Hapus
    3. Congor babi ngepet,gembel.....kepala elu di penggal aja ya

      Hapus
  42. Congor babi ngepet berani ketemuan sama gw? Gw orang Depok..... Berani gak elu?

    BalasHapus
  43. Negara kita INDONESIA, jadi indon itu negara bagian mana? di peta ada gak @berita indon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon itu negara yg isinya kaum beruk malaya

      Hapus
    2. indon itu negara tempat dia lahir, makanya disebut terus.

      Wajar aja kita gak ngalami, lha wong kejadiaannya di negara dia..bukan di RI

      Jadi mari kita tetep rileks & nonton ..

      😂😂😂

      Hapus
  44. Woooy nyet..emak kau sudah cukuran belum??bilangin ke emak kau..jangan mangkal mulu...

    Wkwkwkwkkkwkwkwwkwkkwkkwkwkkwwkwkwkwkkwwwkkwkwkwkkwkwkwwkwkwkkwkwkwwkwwkkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai sangat mental quality indon 🤣

      Hapus
    2. Masih betah di sini si congor babi ngepet

      Hapus
    3. Y sesuailah harga emak kau murah nyet..mangkalnya d pinggir jalan seh...

      Wkwwkwkwkkwkwkwkwkkwkkwkwkkwkkwkwkwkwkwkwkkwwkkwkwkwkkwkwkwkkwk

      Hapus
  45. Kejap lagi indon akan ucap makin malon, hakikatnya tak de berita Malaysian pon, wajar indon sakit mental🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elu yg sakit mental congor babi ngepet

      Hapus
    2. Yang sakit mental tu lu nyet..emak kau senang mangkal bukannya d larang lu malah dukung..kerja nyet


      Wkwwkwkwkwkkwkwwkwkwkwkwkwkwkkwkkkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwk

      Hapus
    3. Indon itu negara mana, kok baru dengar saya, itu negaramu ya? Orangnya sakit MENTAL semua

      Hapus
  46. Pasti elu gak berani kan ketemuan sama gw......kalah elu sama banci di perempatan lampu merah wakakakakakakaka

    BalasHapus
  47. Balasan
    1. Yang kesian emak kau nyet..d kejar2 satpol pp mulu..

      Wkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwwkwkwkkwkwkwk

      Hapus
    2. Ngapain kasihan, kita bukan negara indon, negara kami INDONESIA

      Hapus
    3. Congor babi ngepet banci, nggak ada nyali ketemuan sama gw wakakakakakakaka wakakakakakakaka

      Hapus
  48. INDONESIA 🇲🇨 negara kami tercinta, kami tidak kenal negara indon

    BalasHapus
    Balasan
    1. 🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩

      Hapus
    2. Om Piton,pengkhianat di atas mengidolakan jenderal stress

      Hapus
    3. Tau kan jenderal stress yang aq maksud om Piton

      Hapus
    4. Betul bro Stryker Jenderal stress penggemar komunis

      Hapus
  49. https://www.facebook.com/181276675314017/posts/4068202406621405/

    BalasHapus
  50. berikut perjalanan panjang penawaran a400m dan a330 MRTT dari ADS(erbas) untuk RI sudah sangat LAMA gaesz.

    makloum faktor kedekatan sang FETE dgn ERBAS berasa induk semangnya gaesz haha!🤑🤑🤑

    tercatat sejak mei 2014, ditawarkan
    -a400m
    -a330 MRTT

    jauh seblom ituw,
    heli csar ec-725,
    heli panther,
    pesawat c-295 sudah duluan mendapatkan kontrak shopping soping

    👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

    "Dalam pemaparannya, PT Dirgantara Indonesia menyajikan potensinya dalam pengadaan senjata bagi TNI/Polri pada tahun 2014-2019. Perusahaan itu bisa bekerjasama menyediakan pesawat angkut CN-295, pesawat tanker multiperan A-330 untuk pengisian bahan bakar di udara, dan A-400M untuk pesawat angkut berat.

    PT Dirgantara Indonesia juga telah bekerja sama dengan Airbus untuk membuat helikopter EC-725 guna keperluan SAR dan helikopter anti kapal selam."

    http://defense-studies.blogspot.com/2014/04/pt-di-siap-bekerjasama-dengan-airbus.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. berita tahun 2015

      jaman opa rr jadi kumendan di kemhan tiba2 ada berita:
      "Pemerintah Siapkan Pesawat Angkut A400 dan C17‎ ‎Gantikan Hercules"

      pilihannya keren c17 vs a400m

      ->c-17 gaesz, begh..paling sesuai kebutuhan
      jaman tahun segituw, stoknya masi ada, cuman soal dana, tarsok haha!😋😋😋

      👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

      "rencana untuk menggantikan peran pesawat angkut jenis Hercules sudah ada dalam rencana strategis (Renstra) dua 2015-2019."

      "“Pada renstra dua 2015-2019 akan ada perkuatan dengan memperbaharui skuadron angkut dengan pesawat (Airbus) A400 atau C17,” kata Djundan, Kamis (2/7)"
      http://defense-studies.blogspot.com/2015/07/pemerintah-siapkan-pesawat-angkut-a400.html#comment-form

      Hapus
    2. guwe sempet pertamaks di DS haha!🥳🥳🥳

      eittt baruw bentaran, berita di awal taon 2017 tersebut ada brita bantingannya.

      rupanya ditolak CEO RI, kerna blom ada kepastian ttg jatuhnya a400m py sepanyol gaesz..haha!🤦‍♂️🤦‍♂️🤦‍♂️

      👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

      "Saya belum dapat laporan. Jadi untuk A400M, saya waktu itu sudah sampaikan dan Presiden tidak setuju," kata Panglima TNI seusai Rapat Pimpinan TNI 2017 di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis petang, 19 Januari 2017.

      Panglima TNI yang didampingi KSAD Jenderal TNI Mulyono, KSAL Laksamana TNI Ade Supandi, dan KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menambahkan, ketidaksetujuan pembelian pesawat transportasi berat itu lantaran belum ada kepastian penyebab kejatuhan satu unit A400M Atlas di Sevilla pada Mei 2015.

      Di tempat terpisah, Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI Jemi Triiisonjaya menambahkan, sesuai dengan rencana strategis 2015-2019 memang ada pembelian pesawat angkut berat.

      "Namun tidak menyebutkan spesifik jenis pesawat," kata Kadispenau.

      Kabar soal kesepakatan Indonesia membeli lima unit A400M Atlas diberitakan laman IHS Jane's 360 (www.janes.com) pada Kamis, 19 Januari 2017, dengan nilai kontrak pembelian US$ 2 miliar.

      https://nasional.tempo.co/read/837831/panglima-tni-belum-terima-laporan-pembelian-pesawat-a400m/full&view=ok

      Hapus
    3. 30 Maret 2017

      ini LOI pertama a400m, jd jangan kaget gaesz,
      gagal pertama, kali ini bumn yg maju..pantang menyerah haha!👏👏👏

      👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

      Jakarta (ANTARA News) - Champs d’Elysse, Kantor Kepresidenan Prancis di Paris, menyatakan, Indonesia telah menandatangani surat minat (Letter of Intent) pembelian pesawat transport berat militer buatan Airbus Military, A400M Atlas. Hal ini menyusul kunjungan resmi Presiden Prancis, Francois Hollande, ke Jakarta.

      Airbus menyatakan, LoI terhadap A400M Atlas itu ditandatangani Pelita Air, mewakili konsorsium BUMN Indonesia. Indonesia memiliki beberapa BUMN yang bergiat pada penerbangan komersial berjadwal ataupun sewa, yaitu PT Garuda Indonesia dan PT Pelita Air Service (anak perusahaan PT Pertamina).
      Indonesia Ajukan LoI Pembelian Airbus A400M Atlas

      http://defense-studies.blogspot.com/2017/03/indonesia-ajukan-loi-pembelian-airbus.html

      Hapus
    4. april 2017

      lanjut bicara..bicaraaa..

      kata wartawan gosip: komisi 1 dpr se-7
      wuii nego asembling 3 bijik a400m markas sang fete, bandung gaesz...mantap "niat"nya haha!👍👍👍
      dikasi gak yaaa haha!🤭🤭🤭

      👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

      Airbus is entering discussions with Indonesia over possible industrial collaborations for an impending A400M contract. The deal, which aims to transfer aerospace expertise to Indonesian industries, will likely include a number of state-owned aerospace companies

      Airbus Defence and Space (DS) is entering further discussions with Jakarta over possible industrial co-operation for a contract to supply the Indonesian Air Force (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara: TNI-AU) with the A400M Atlas multirole aircraft.

      In January 2017, Jane's first reported - citing multiple sources from within the Indonesian government and defence industry - that Jakarta has approved a sum of USD2 billion for the acquisition of five A400M airframes. The funding was approved by the Indonesian House of Representatives' commission on defence, intelligence, and foreign affairs (Komisi I), with the condition that the final three airframes undergo final fit-out at state-owned PT Dirgantara's facilities in Bandung.

      http://defense-studies.blogspot.com/2017/04/airbus-to-enter-co-operation.html

      Hapus
    5. berita 2018

      erbas MRTT, a400m masuk lagi berita, kali ini dpt saingan PEGASUS haha!💪💪💪


      👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

      "Boeing KC-46A Pegasus based on Boeing 767. Indonesia is studying the Boeing KC-46A, and the Airbus A330 MRTT to improve its aerial refuelling capabilities. Programme is expected to be the next major logistics aircraft acquisition undertaking after the Airbus A400M"

      Indonesia Puts KC-46A Pegasus, Airbus A330 in Frame for Aerial Tanker Requirement
      http://defense-studies.blogspot.com/2018/01/indonesia-puts-kc-46a-pegasus-airbus.html

      Hapus
    6. 1 Mei 2018

      eiittt 2 bijik proses...katanya gaesz haha!🤭🤭🤭


      👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

      Sebagaimana diketahui, PT PPI sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasional sedang dalam proses membeli dua unit pesawat angkut A400M buatan Airbus Defence and Space.

      http://defense-studies.blogspot.com/2018/05/nota-kerja-sama-pengoperasian-a400m.html

      Hapus
    7. 23 Mei 2018

      MOU pertamaksss ditanda tangan, tp blom kontrak gaesz haha!😭😭😭

      tp diartikel ini, sepertinya guwe pertama kali sounding OSPREY haha!👍👍👍
      dan spertinya didengarrrr gaeszzz...
      terbukti nongol dscanya kan...

      "palu gada23 Mei 2018 11.21

      yg kesemsem kalo ditawari osprey lebih ngiler lagi om pedang haha!🤣🤣🤣


      kabooorrrrr ke serang dolo aaahhh..."


      👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

      "MoU-nya sudah ditandatangani, namun kita masih menunggu Indonesia menandatangani kontrak (pembelian)," kata juru bicara Airbus kepada KompasTekno, Senin (21/5/2018) di Jakarta.


      "Jika kontraknya ditandatangani sekarang, kami bisa mengirimkan dalam waktu 2,5 hingga 3 tahun, namun itu dikembalikan lagi bagaimana permintaan pembeli," ujarnya.
      MoU Pembelian A400M Sudah Diteken, Airbus Tunggu Kontrak
      http://defense-studies.blogspot.com/2018/05/mou-pembelian-a400m-sudah-diteken.html

      Hapus
    8. nampaknya pengadaan a400m dan MRTT ini lebih ruwet dan lebih lama dari ESYU-35 gaesz. padahal gak ada CAATSA

      tp tetep ada amrik yg gak mo kehilangan pamor..

      yg pasti herki ditangan haha!🤑🤑🤑

      Hapus
  51. Ruw.. sodara2 sehabitatmu hidup dlm kegelapan.. jom sumbang kayu bakar.. kerna listrik itu bid’ah.. 😂

    https://m.liputan6.com/global/read/4676517/taliban-tak-bayar-listrik-afghanistan-kembali-ke-abad-kegelapan

    Daripada sibuk mendongeng PKI.. mending bantu sodara yg ksulitan..

    BalasHapus
  52. Kasihan... Mau beli hanya 2 buah A400M pun tak mampu... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lupa ke kita sudah beli 5 buah C-130J.. wkwkwkwkwkwkwkwk

      Sedangkan MALON nak beli C-130J di tahun 2030-2040.. Wkwkwkkwkwkwk

      Hapus
  53. MALAYSIA saja ada 4 buah A400M ya guys... Orang kaya...

    BalasHapus
  54. https://www.merdeka.com/peristiwa/perang-antar-suku-di-yahukimo-6-orang-tewas-seribu-warga-mengungsi.html

    BalasHapus
  55. bro C130J tu kecil dari A400M ya..malah harga A400M jauh lebih mahal ya... wkwkwkkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. kecil kecil kok harus nunggu hingga 2040 keatas cik..

      ada gerangan apakah ? wkwkwkwk

      Hapus
  56. lah ternyata guys... perlu kebenaran dari ADS CN235nya guys...


    PT Dirgantara Indonesia mengusulkan autonomous right CN235 dan pemutakhiran technical data package NC212 kepada ADS. Apabila pabrikan Eropa itu setuju dengan autonomous right CN235, maka industri yang didirikan oleh almarhum mantan Preside RI B.J. Habibie ini dapat memproduksi semua komponen CN235 di Bandung tanpa harus menunggu pasokan dari ADS.

    BalasHapus
  57. Seekor beruk malon nongol klo lagi sepi
    Bangsa pengecut dan maling
    Bisa cuma bacot
    Tak punya nyali

    Mending lu mati saja por

    BalasHapus
  58. Lepas tu MEMBUAL buatan anak bangsa...ternyata tampal stiker ya guys...wkwkwwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. N219 tuh apa pur wkwk

      Udah lah malon bisa bina apa sih

      Hapus
    2. yg ga bisa bina pesawat mending tidor & mimpi indah cik.. wkwkwk

      siapa tau PTM Gen 6 datang lewat mimpi.. wakakak

      Hapus
  59. Komponen CN 235 itu sebagian di impor Pur bukan 100 % buatan PT di Wkwkwkwkwkkwwk

    BalasHapus
  60. Kasih pisang dulu biar s gempor tambah tololnya

    BalasHapus
  61. ketahuan guys.... komponen CN235nya dari ADS....wkwkwkwkwkkw.

    BalasHapus
  62. Pembuatan protipe CN 235 ini dibuat di Bandung dan spanyol Pur hingga saat ini PT di Satu-satunya kilang pembuat pesawat di asean Wkwkwkkwwkwkk

    BalasHapus
  63. Tolol Komponen T50 korea pun impor dari US Macam Enjin,avionik,radar Wkwkwkwmwkwkwk

    BalasHapus
  64. Komponen sebagian besar dri ADS
    Kita rakit buat sndri wkwk

    Gak trima ya kasihan sungguh lon

    BalasHapus
  65. Sejauh ini, PT DI telah memproduksi dan mengirimkan pesawat CN-235 sebanyak 69 (enam puluh sembilan) unit untuk customer dalam negeri maupun luar negeri, dari total sebanyak 286 unit populasi pesawat CN-235 series di dunia, dimana saat ini PT DI merupakan satu-satunya industri manufaktur pesawat terbang di dunia yang memproduksi pesawat CN-235.

    ======

    BalasHapus
  66. Ya ampun.... ternyata punyanya ADS ya perlukan kebenaran konpenan CN235....wkwkwkwkwk

    ya kalau ADS stop kompenannya ya...YASSALAM....wkwkwkwkwk


    PT Dirgantara Indonesia mengusulkan autonomous right CN235 dan pemutakhiran technical data package NC212 kepada ADS. Apabila pabrikan Eropa itu setuju dengan autonomous right CN235, maka industri yang didirikan oleh almarhum mantan Preside RI B.J. Habibie ini dapat memproduksi semua komponen CN235 di Bandung tanpa harus menunggu pasokan dari ADS.

    BalasHapus
  67. Percuma debat sama beruk malon

    Yg namanya hewan itu pasti tolol
    Buang2 waktu

    BalasHapus
  68. Ada tuh pur kami punya produk sndri N219.

    BalasHapus
  69. Baca ni Pur Saat ini cuma PT DI saja yang buat CN 235 beserta Suku cadangnya Wkwkwkwkwkwk


    Patutlah sebelah tu Upgrade MSA ke PT DI bukan Ke Spanyol Wkwkwkwkwkwk


    =======


    Sejauh ini, PT DI telah memproduksi dan mengirimkan pesawat CN-235 sebanyak 69 (enam puluh sembilan) unit untuk customer dalam negeri maupun luar negeri, dari total sebanyak 286 unit populasi pesawat CN-235 series di dunia, dimana saat ini PT DI merupakan satu-satunya industri manufaktur pesawat terbang di dunia yang memproduksi pesawat CN-235.

    BalasHapus
  70. Ada yg panas nih..😃😃😃

    BalasHapus
  71. Si Gempur gagal paham Guys Komponen Gripen Tejas,T50,JF 17 pun Masih impor dari negara lain mana ada Pesawat tempur 100 % buatan Sendiri Wkwkkwkwkwkwk

    BalasHapus
  72. Malah Firma Belgia pun Pesan CN 235 ke PT di bukan Ke Spanyol padahal masih 1 benua kan Guys ? Sebab apa ? Sebab saat ini PT DI satu-satunya produsen CN 235 di dunia Karena Firma CASA dah melebur ke Airbus Wkwkwkwkkwkwk

    BalasHapus
  73. Sebelah tu dah Ekspor berapa pesawat ? Wkwwkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
  74. https://finance.detik.com/energi/d-5754878/uji-terbang-pesawat-cn-235-pakai-avtur-campur-nabati-sukses

    A400M TUDM bisa tak pur ? wkwkwkwk

    BalasHapus
  75. Pesawat tempur China pun enjinnya beli dari Rusia Kalau tak bisa buat pesawat tak payah bising-bising Wkwkwkwkwkww

    BalasHapus
  76. Muantab Pur Indonesia cetak sejarah Wkwkwkwkwkwkwk


    https://finance.detik.com/energi/d-5756187/ri-cetak-sejarah-terbangkan-pesawat-berbahan-bakar-campuran-minyak-sawit

    BalasHapus
  77. wkwkwkwkwk... lepas tu membual buatan anak bangsa.... nah diklaim terus ternyata komponennya dari ADS guys...wkwkwkwkw

    TAMPAL STIKER je..wkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. CN235 Family

      On October 17, 1979, IPTN and CASA (now Airbus Defense & Space) established a new joint-venture company, Aircraft Technology (Airtech) to design the CN235. This new multi-purpose aircraft has a Short Take-Off and Landing (STOL) capability at 800 meters rugged airstrips, ramp door for out/coming goods easily, and low cost maintenance characteristics.

      The first prototype “Elena” produced by CASA made the maiden flight on November 11, 1983 and the second prototype “Tetuko” produced by IPTN (now PTDI) flew for the first time on December 1983. The serial production began in 1986 for the 10 and 100 versions

      Later on PTDI developed the improved version such as 110 and 220 versions; while Airbus Defense & Space with 200 and 300 versions. Nowadays, more than 300 CN235s have been produced in many versions with the latest two General Electric CT7-9C engines (each has 1,750 SHP).

      In the collaboration for export purpose, PTDI produces outer wings, horizontal stabilizers, vertical fins and doors for Airbus Defense & Space; while Airbus Defense & Space produces disassembled noses, disassembled cockpit, and center wings for PTDI.

      Link :

      https://www.indonesian-aerospace.com/aircraft/detail/1_cn235+family

      Hapus
  78. CN 235 buatan PT DI berjaya terbang menggunakan Bahan bakar Campuran Avtur dan Sawit Mantap Guys maknanya beberapa tahun kehadapan Indonesia tak bergantung ke avtur lagi sebagai minyak pesawat guys Wkwkwkwk

    BalasHapus
  79. Kepanjangan CN 235 Makna C itu CASA dan N itu Nurtanio Pur Wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  80. Nama protipe CN 235 yang dibangun PT DI adalah Tetuko Pur Wkwkwkwkwk




    The first prototype “Elena” produced by CASA made the maiden flight on November 11, 1983 and the second prototype “Tetuko” produced by IPTN (now PTDI) flew for the first time on December 1983. The serial production began in 1986 for the 10 and 100 versions

    BalasHapus
  81. ternyata punya ADS tu guys...minta kebenaran dulu tu...wkwkwkwkw

    BalasHapus