16 Juni 2024

Operasional Pabrik Amunisi Swasta Pertama Indonesia Diresmikan

16 Juni 2024

Produksi amunisi di PT Sapta Inti Perkasa, Malang (all photos: ASatuNews)

MALANG  - Ketua MPR sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Pendiri PT Sapta Inti Perkasa Bambang Soesatyo meresmikan operasional PT Sapta Inti Perkasa, sebagai pabrik amunisi pertama di Indonesia. Keberadaannya di bawah pembinaan Kementerian Pertahanan RI, sesuai penetapan sebagai Industri Pertahanan Swasta dengan Nomor Surat: SP/14/IV/2020/DJPOT. Serta Pemberian Izin Produksi dengan Nomor Surat: SIPROD/11/ V/2020/DJPOT.

PT Sapta Inti Perkasa berkomitmen menjadi lini produksi amunisi terintegrasi. Dari mulai awal proses penyediaan bahan baku (CoilStrip) CuZn28 dan CuZn10, BrassCup, pembuatan selongsong, proses asembling amunisi, quality control, hingga packing proses.


"Kehadiran PT Sapta Inti Perkasa berkontribusi dalam membangun kemandirian dan kekuatan pertahanan Indonesia melalui industri pertahanan swasta yang mandiri, solid dan berdaya saing tinggi. Saat ini telah berhasil memproduksi brasscup dan selongsong kaliber 5.56 mm dan kaliber 9 mm dengan target produksi masing-masing 100 juta amunisi pertahun untuk kaliber 5.56 mm dan 100 juta amunisi pertahun untuk kaliber 9 mm yang kemudian akan ditingkatkan bertahap hingga mencapai 500 juta amunisi pertahun," ujar Bamsoet saat meresmikan operasional PT Sapta Inti Perkasa, di Karang Ploso, Malang, Jumat (14/6/2024).

Hadir antara lain, Direktur Utama PT Sapta Inti Perkasa Richard CH, Komandan Pusdik Arhanud Brigjen TNI Edi Setiawan, dan Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana.


Dijelaskan, sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo, bahwa tidak hanya Indonesia yang membutuhkan peluru. Dunia saat ini juga kekurangan peluru. Sementara Pindad baru mampu mensuplai sekitar 400-an juta amunisi. Padahal sebagaimana disampaikan Menteri Pertahanan RI sekaligus Presiden Terpilih RI 2024-2029 Prabowo Subianto, kebutuhan amunisi nasional per tahun mencapai 5 miliar amunisi, untuk menyuplai kebutuhan operasional dan cadangan institusi TNI.

"Karena itu melalui UU Cipta Kerja, pemerintah memberikan kesempatan kepada pelaku usaha swasta untuk memperkuat Industri Pertahanan Nasional. Dengan demikian kebutuhan amunisi bisa diperoleh dari industri dalam negeri, dan tidak terus menerus bergantung pada impor," jelas Bamsoet


Ketua Umum Perkumpulan Pemilik Izin Khusus Senjata Api Beladiri Indonesia (Perikhsa) dan Kepala Badan Polhukam Kadin Indonesia ini menerangkan, amunisi hasil produksi PT Sapta Inti Perkasa telah melalui uji tembak di lapangan tembak Pusdik Arhanud Malang, disaksikan Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Mayjen TNI Piek Budyakto. Serta telah melalui uji balistik di Puslitbang Polri.

"Kementerian Pertahanan diwakili Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Mayjen TNI Piek Budyakto, serta Laboratorium Teknologi Kepolisian Puslitbang Polri diwakili Kabaglabtekpol Puslitbang Polri Kombes Pol Pratikno, juga telah meninjau langsung proses produksi amunisi yang dilakukan oleh PT Sapta Inti Perkasa. Peninjauan itu memastikan seluruh prosesnya dari tahap awal hingga akhir telah dijalankan sesuai ketentuan, sehingga kualitas produksinya terjamin dan tidak diragukan," ujar Bamsoet. 


Wakil Ketua Umum FKPPI/Kepala Badan Bela Negara FKPPI dan Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menambahkan, berdasarkan data BPS, di pertengahan tahun 2023 saja, Indonesia mengimpor senjata dan amunisi serta bagiannya sebesar US$202,73 juta atau setara Rp3,52 triliun. Angka tersebut diperkirakan terus meningkat di tahun 2024 dan 2025. Jika nilai tersebut bisa dialihkan ke dalam negeri, akan memberikan multiplier effect economy yang besar bagi perekonomian dan kesejahteraan rakyat.


"Tidak ada salahnya Indonesia belajar dari Turki, yang dalam dua dekade terakhir telah mampu melepaskan sekitar 70% ketergantungan atas suplai impor alat pertahanan. Beberapa industri pertahanan milik swasta di Turki bahkan telah masuk 100 besar dunia. Seperti Alsesan, Turkish Aerospace Industry, dan Roketsan. Pencapaian tersebut tidak lepas dari komitmen pemerintah Turki yang membuka pintu masuknya sektor swasta di industri pertahanan mereka," pungkas Bamsoet. 

99 komentar:

  1. 2024 Military Strength Ranking – GLOBAL FIRE POWER
    13. Indonesia
    22. Vietnam
    25. Thailand
    30. Singapura
    34. Filipina
    35. Myanmar
    42. Malaysia
    ---
    2024 DEFENSE BUDGET – GLOBAL FIRE POWER
    17. Indonesia = US$ 25 Billion
    28. Singapura = US$ 13,493 Billion
    39. Vietnam = US$ 7,9 Billion
    41. Thailand = US$ 7,7 Billion
    53. Malaysia = US$ 4,370 Billion
    ============================
    LCS DIBAYAR 6 JADI NOL = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
    ---
    NGPV DIBAYAR 27 JADI NOL = Najib berkata, Limbungan TLDM dikorporatkan kerajaan pada 1991 sebelum dijual kepada syarikat swasta Penang Shipbuilding & Construction Corporation(PSC) untuk menjadi syarikat PSC-Naval Dockyard pada 1995. Pada tahun 1998, kerajaan memberi kontrak pembinaan untuk 27 kapal NGPV dengan anggaran bajet RM30 bilion kepada syarikat swasta itu. Fasa pertama membabitkan pembinaan enam kapal pertama dengan kos RM6 bilion. "Namun kontrak ini gagal dan tiada satu kapal pun diserahkan oleh PSC-Naval Dockyard
    ---
    LCS BAYAR HUTANG LAPUK NGPV = seperti didedahkan Jawatankuasa Kira-kira Wang Negara (PAC) dan CEO LTAT, syarikat BNS menggunakan RM400 juta daripada bayaran pendahuluan bagi projek LCS untuk menjelaskan hutang lapuk bagi projek NGPV,"
    syarikat PSC-Naval Dockyard pada Disember 2005 sebelum dijenamakan semula menjadi syarikat Boustead Naval Dockyard Sdn Bhd
    ---
    OPV DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT : Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13.

    BalasHapus
  2. CONTOHI PINDAD - AIR TIMES ........
    Sejak tahun 2006, PT Pindad telah menjual senjata ke negara luar seperti Kemboja, Laos, Nigeria dan Emiriah Arab Bersatu.
    Bukan sahaja senjata, malah PT Pindad turut mengeksport peluru kepada Korea Selatan, Singapura, Timor Leste, Laos dan Filipina dengan nilai eksport AS$5 juta setahun.
    Sejak dua tahun lalu, pengurusan PT Pindad meletakkan sasaran untuk syarikat tersebut tersenarai dalam Senarai 100 Firma Pertahanan Global Tahun 2024 dengan menawarkan penyelesaian produk yang berkualiti tinggi serta mempunyai inovasi.
    Hasrat itu dibuktikan apabila Indonesia membentuk satu entiti perniagaan dikenali sebagai Defence Industry Indonesia (DEFEND ID).
    Bernaung di bawah DEFEND ID ialah PT Len Industri (Persero) sebagai induk dengan anak syarikatnya termasuklah PT Pindad.
    Melihat pencapaian industri pertahanan negara jiran ini menimbulkan beribu persoalan, mengapakah perkara sama tidak berlaku di Malaysia.
    Bukan bermakna kita tiada syarikat pertahanan, tetapi untuk membandingkan pencapaian syarikat pertahanan negara kita dengan di sana begitu jauh kemampuannya.
    Mengapakah begitu?
    #AirTimes #Pertahanan #Kolumnis #TeknologiPertahanan #PINDAD
    ====================================
    PINDAD DAN CARACAL = Kerja sama Pindad dan Caracal mencakup produksi bersama berbagai senjata, diantaranya senapan serbu CAR 816 milik Caracal untuk pasar domestik Indonesia, menggunakan komponen laras dan komponen lainnya dari Pindad. Selain itu, kerja sama produksi tersebut juga mencakup senapan mesin SM3 kaliber 5,56 mm milik Pindad untuk digunakan Angkatan Bersenjata Persatuan Emirat Arab dan pengguna lainnya di Timur Tengah. Untuk kedepannya, Pindad akan memasok berbagai komponen senjata termasuk laras kepada Caracal untuk senjata Caracal di pasar internasional.
    -----
    PINDAD DAN LAHAB = Penandatanganan perjanjian kerja sama ini dilaksanakan antara VP Pemasaran, Penjualan dan Pengembangan Bisnis PT Pindad, Yayat Ruyat mewakili Wakil Direktur Utama PT Pindad, Syaifuddin dengan Direktur Pengembangan Bisnis Lahab UEA, Saleh Al Mansoori. Adapun ruang lingkup HoA meliputi investasi brassmill di Indonesia dan penandatanganan MoU terkait pasokan strategis bom seri MK.
    -----
    RELAX 415 JUTA PELURU = "Sebelum diberi PMN (Penyertaan Modal negara), produksi Pindad untuk peluru ini 275 juta peluru. Setelah kita beri PMN sebesar Rp 700 miliar, produksinya meningkat jadi 415 juta peluru. Hampir dua kali lipat karena memiliki line tambahan dari PMN yang telah kita berikan,"
    -----
    RELAX EKSPOR TIAP BULAN KE USA = “Kita sudah mengekspor amunisi 2 kontainer setiap bulan ke US. Sekarang juga banyak permintaan senjata, pistol dan kendaraan tempur dari Pindad,”
    -----
    RELAX EKSPOR PELURU SEJAK 2006 PT Pindad (Persero) telah cukup lama menggeluti penjualan ekspor. Terhitung mulai 2006 Pindad mulai menggiatkan ekspornya ke beberapa negara seperti Kamboja dan Nigeria untuk senapan serbu, Malaysia dan Australia untuk penanganan huru-hara, Korea Selatan, Singapura, Timor Leste, Filipina untuk amunisi, Laos untuk senjata dan amunisi, dan beberapa negara lainnya di kawasan Asia dengan rata-rata penjualan per tahun di kisaran 5 juta USD. Thailand tersendiri merupakan pelanggan ekspor utama saat ini bagi Pindad sejak tahun 2006 untuk produk amunisi kaliber kecil.

    BalasHapus
  3. RELAX 415 JUTA PELURU = "Sebelum diberi PMN (Penyertaan Modal negara), produksi Pindad untuk peluru ini 275 juta peluru. Setelah kita beri PMN sebesar Rp 700 miliar, produksinya meningkat jadi 415 juta peluru. Hampir dua kali lipat karena memiliki line tambahan dari PMN yang telah kita berikan,"
    -----
    RELAX EKSPOR TIAP BULAN KE USA = Dari dalam negeri, pesanan paling banyak datang dari Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto.
    “Kita sudah mengekspor amunisi 2 kontainer setiap bulan ke US. Sekarang juga banyak permintaan senjata, pistol dan kendaraan tempur dari Pindad,”
    -----
    RELAX EKSPOR PELURU SEJAK 2006 PT Pindad (Persero) telah cukup lama menggeluti penjualan ekspor. Terhitung mulai 2006 Pindad mulai menggiatkan ekspornya ke beberapa negara seperti Kamboja dan Nigeria untuk senapan serbu, Malaysia dan Australia untuk penanganan huru-hara, Korea Selatan, Singapura, Timor Leste, Filipina untuk amunisi, Laos untuk senjata dan amunisi, dan beberapa negara lainnya di kawasan Asia dengan rata-rata penjualan per tahun di kisaran 5 juta USD. Thailand tersendiri merupakan pelanggan ekspor utama saat ini bagi Pindad sejak tahun 2006 untuk produk amunisi kaliber kecil.
    -----
    RELAX EKSPOR CN235 Di kawasan ada Brunei yang memiliki 1 unit CN235. Selain itu sebanyak 8 unit dimiliki Tentera Udara Diraja Malaysia, 8 unit dimiliki Angkatan Udara Korea Selatan dan 4 unit untuk Polisi Korea Selatan, 4 unit untuk Pakistan, 7 unit untuk Uni Emirate Arab, 1 unit untuk Burkina Faso, dan 3 unit Senegal.
    -----
    RELAX EKSPOR RHIB Kapal patroli jenis rigid inflatable boat (RIB) atau sekoci cepat buatan Banyuwangi, Jawa Timur, telah dibeli angkatan laut Malaysia dan Singapura. Brunei Darussalam pun juga berminat membeli 12 kapal itu. Angkatan laut Singapura telah membeli 18 unit dan Malaysia juga telah membeli sekitar 24 unit.
    -----
    RELAX EKSPOR PARASUT MILITER Rupanya tak hanya instansi dan lembaga pemerintah yang menggunakan parasut produksinya, sejumlah negara sahabat juga sudah melirik parasut yang terkenal dengan kualitasnya ini. Tapi tak hanya parasut, pabrik Paiman juga membuat tenda, satuan militer dari Malaysia pun memesan 7.000 tenda,,
    -----
    RELAX EKSPOR MPCD HAWK Infoglobal melakukan pelepasan ekspor perdana produk avionik Multi Purpose Cockpit Display (MPCD) ke Malaysia pada Senin, 18 Oktober 2021. Seremoni pelepasan ekspor dilakukan dengan pemotongan pita di Workshop Infoglobal Surabaya dan disaksikan secara virtual dari Jakarta
    -----
    RELAX EKSPOR MRSS UEA The United Arab Emirates (UAE) announced it had awarded the Indonesian shipyard PT PAL an AED1.5 billion (USD408.32 million) contract to supply a “multimission vessel” during the IDEX 2023 show being held in Abu Dhabi from 20 to 24 February.
    -----
    RELAX EKSPOR B2 SSV FILIPINA Dipercayakannya PT PAL Indonesia dalam pengadaan 2 (dua) unit kapal perang jenis Landing Dock oleh Angkatan Laut Filipina, karena kepuasan Pemerintah Filipina dan Angkatan Laut Filipina atas pengoperasian 2 unit Landing Dock atau Strategic Sealift Vessel (SSV) yang telah diserahterimakan oleh PAL beberapa tahun lalu.

    BalasHapus
  4. BELOM TU..
    EXPORT ..

    LPD 2 PHL.
    LPD 1 UEA..

    woooow..

    😂😂😂😂😂😂😂😂😂

    🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪


    SEBELAH EXPORT MoU, LoA..

    EXPORT BUAL..

    🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    TANDA LEMAAAAAAH...


    BalasHapus
  5. SEBELAH SEMAKIN FANAS TERBAKAR..
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    EXPORT BUAL..
    MoU, LoI, BICARA NGELANTUR..
    PEJABAT NEGERI SEBELAH JADI LAWAK...

    SEMENTARA SEBELAH BERJAYA BERSAMA PANGLIMA UPIN DAN PANGLIMA IPIN..


    MEMBAWA SENAPAN VITABERANAK..

    NAIK ARMADA MAHALELAH BERKARAT JAYA..

    🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  6. Yang penting pengawasan,jangan sampai jadi bumerang

    BalasHapus
  7. Mantab... Ini bukan amunisi buat latihan OLAHRAGA TEMBAK bagi amatiran ya guys... Hahahahahaha


    MALON hanya amunis olahraga saja sudah buat bangga... ANEH..

    Salam rafale dari italia... Hahaha 😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya cari di berita lokal kok nggak ada ya. Apa gemporkwaria membual soal import 500 juta butir peluru ?

      Hapus
    2. MOU dengan pihak swasta om.....untuk olahraga aja wkwkwkkw

      Hapus
    3. Bagi Malon MoU itu = pasti om

      Hapus
  8. Awas jaga2


    GENG BABI TOLOL.... Klaim mereka jual 5 juta peluru OLAHRAGA/SUKAN ke Indonesia... Padahal hanya MoU

    BalasHapus
  9. AKAN TERJADI ...

    BENCANA EKONOMI KRISIS FINANSIAL 1998 AKAN TERULANG LAGI DALAM WAKTU DEKAT INI ...

    TERPENTING ... JAGA DIRI DAN KELUARGA ... JANGAN PUTUS ASA DENGAN BUNUH DIRI YA ... Hehehehr

    https://www.youtube.com/watch?v=idqOzzFMYqo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh satu lagi beruk nongol. Jangan lupa.minum.obat depresi

      Hapus
    2. 2024 Military Strength Ranking – GLOBAL FIRE POWER
      13. Indonesia
      22. Vietnam
      25. Thailand
      30. Singapura
      34. Filipina
      35. Myanmar
      42. Malaysia
      ---
      2024 DEFENSE BUDGET – GLOBAL FIRE POWER
      17. Indonesia = US$ 25 Billion
      28. Singapura = US$ 13,493 Billion
      39. Vietnam = US$ 7,9 Billion
      41. Thailand = US$ 7,7 Billion
      53. Malaysia = US$ 4,370 Billion
      =======================
      2024 MYR 19,7 ( +/- 4 MILIAR DOLAR AS) = SEWA LAGI ...
      The Defence Ministry has been allocated RM19.7bil, an increase of RM2bil compared from this year, while the Home Ministry will receive RM19bil, an increase of RM500mil from this year, says Prime Minister Datuk Seri Anwar Ibrahim.
      2023 MYR 17,74 = SEWA
      2022 MYR 16,14 = SEWA
      Malaysia has proposed a 2023 defence budget of MYR17.74 billion (USD3.97 billion), a nominal 10% increase over the original 2022 allocation of MYR16.14 billion.
      ---
      SUPPLEMENTARY FUND = Anyhow Deputy Defence Minister Adly Zahari told Parliament that the supplementary budget was necessary as the allocation for 2022 was lower some RM401 million. The supplementary funds will pay for utility bills – electricity, internet, and sewage – (RM115 million); Maritime Security Operations (RM139 million) and Air Defence Operations (RM49 million).
      -----
      SCANDALS = Now and then, by exception, scandals spill out into the public domain, like Bumiputera Malaysia Finance 1982, Bank Negara’s FX losses in the 1980s and 1990s, the Scorpene submarines of 2002, the National Feedlot scandal – “cowgate” – of 2012, 1MDB, and the latest LCS naval procurement. But these are just the tip of the iceberg of systematic pilferage. It has become the institutional norm.
      ---
      RINGGITS FALL Malaysian ringgit's fall puts central bank, government on alert country 'ready' to intervene after currency hits lowest level since Asian crisis
      ----
      SPENDING CUTS : Malaysia’s government plans to reduce its budget deficit in 2024 through a combination of spending cuts, new taxes and reduced debt payments
      ---
      2024 DEFICIT 4.3%
      2023 DEFISIT 5%
      The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
      ----
      2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
      ----
      2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      ----
      2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
      ----
      2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
      ----
      2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
      ----
      2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
      ----
      2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.

      Hapus
    3. Lah ini malah BUMN kerajaan beruk pada berbondong2 cari utangan. Ha ha ha ha

      Hapus
  10. YA ,JIKA PTDI NYA DIHAMBAT MANA BISA DI BANDINGKAN DENGAN TAI , PTDI SUDAH BISA BUAT IF 21 🇮🇩 INDONESIAN FIGHTER JET DIHAMBAT TURKIYE PUNYA KAAN LANCAR KARENA TDK DIHAMBAT TAK PERLU DI INISIASI SWASTA DULU ,
    INDUSTRI ROKEY JUGA DIHAMBAT SEKARANG HARUSNYA 300 KM SUDAH INDUSTRI TAPI DUKUNGAN MINIM BAHKAN HENDAK DI BATASI JUGA RUDAL NASIONAL TIDAK DI DUKUNG PENUH CUMA SERING DIRIBUTKAN & RIBUT DGN TOT SEDANG YANG SUDAH TIDAK PERLU TOT TIDAK DI FASILITASI SAMA SAJA BOHONG HARAPANNYA UCAPAN TIDAK SESUAI AKSI & RIBUT BELI PRODUCT ASING UJUNG²NYA , YA CUMA RIBUT & RIBUT DENGAN AKHIRNYA TERLACAK KORUP !
    SERTA TAMPAL STIKER PRODUCT ASING DARI TECHNOLOGYB
    YANG TELAH TERTINGGALNYA..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar, mas.. dulu PT PAL juga, gitu.. PT PINDAD juga.. lama lama.. export juga kok.. semoga.. 😊

      Hapus
  11. GEMPURWIRA16 Juni 2024 pukul 07.58

    Ohhhh... Patutlah.... 🤣🤣

    Ngeri! Prabowo Disebut Berencana Naikkan Rasio Utang RI 50 Persen

    https://infobanknews.com/ngeri-prabowo-disebut-berencana-naikkan-rasio-utang-ri-50-persen/

    ARTINYA rasio utang RI memang rendah kan.....dinaikkan menjadi 50% pun itu masih LEBIH RENDAH DARI MALON kan....dan itu juga masih RENCANA
    TAPI OH, IYA MAAF ANDA YG BODOH KAANNNN....😂🤣😂😂🤣

    BalasHapus
  12. Sementara Rasio hutang malasya ternyata diatas 60 persen 🤔😁

    https://www.cnbcindonesia.com/research/20240305082402-128-519656/negara-asean-dengan-rasio-utang-tertinggi-ri-nomor-berapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal tu utangnya sebelah bajibun, mana pekerja asing semua.. hasil olahan ga ada.. export minim..

      susah..
      😂😂😂😂

      Hapus
  13. paling aman darimana.. itu CCG di BTI...
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BUKAN AMAN TAPI LEMAAAAH...

    🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  14. Hasil laporan GLOBAL PEACE INDEX 2024...

    MALAYSIA naik dari 18 ke tangga 10....
    Manakala INDON pula MENURUN dari tangga 46 kepada 48.. 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. PEACE KARENA TOLOL..
      DIGARONG CUMAN NOTA PROTES AJA...

      🤪🤪🤪🤪🤪🤪

      Hapus
  15. INDON KALAH LAGI.. 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  16. Nah kan...beruk mulai ngelantur ngomongnya. Sono minum obat dulu biar nggak kumat

    BalasHapus
  17. Lama tak shoping peralatan militer memang membuat trio beruk jadi gila. Ha ha ha ha... Sabar ya. Nikmati aja keterpurukan malon

    BalasHapus
  18. Lucu liat para beruk omong ngelantur diluar topik. Tanda2 kena mental. Tanda2 gila sudah terlihat. Ha ha ha

    BalasHapus
  19. Semoga kalau fremm jadi dibeli, para beruk tdk bunuh diri. Tak ada para beruk yg bodoh, DS akan terasa sepi. Bagi kami trio beruk itu seperti badut lah

    BalasHapus
  20. Kasihan. Tanda2 beruk jadi gila mulai terlihat. Ha ha ha

    BalasHapus
  21. Dari Top 10 Negara TERAMAN DIDUNIA... hanya 2 negara Asia yang tersenarai... Iaitu MALAYSIA dan SINGAPURA....

    INDON...? jauhhhh di bawah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul....Indonesia memang tidak aman buat orang seperti ente....bisa DIBUNUH disini, PERCAYALAH!

      Hapus
  22. Bagaimana mau aman kalau rakyat terus DI PERAS... 🤭🤭🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditelanjangi dulu..
      🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Lihat titit gempur dong oom kalau ditelanjangi....ngeri ..mini....

      Hapus
  23. ITU BTI.. DI GARONG..
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣
    ITU SKALA INTL...

    MEMPERLIHATKAN LEMAAAH..

    BalasHapus
  24. CUMAN NOTA PROTES..
    YAH... GARONG AJA TERUS...
    SEBAB TANPA OTOT YANG KUAT..

    TERUS AMAN DARI MANA COBA..

    KORUPSINYA..???
    WIBAWA KEDAULATAN ???

    🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  25. 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣
    DI GARONG BILANG AMAN..
    MESIN SKYHAWK SONGLAP DIBILANG AMAN..
    HASIL KORUPT MAHARAJAMANGKRAK DIBILANG AMAN..

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  26. Tahniah atas prestasi yang tidak berguna, jepang, korsel, India dan seluruh alam semesta ikut bangga 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  27. Iya aman, China aman di BPA selama 365 hari. Ha ha ha ha. Indonesia aman di Ambalat. 😁😁😁😁😁

    BalasHapus
  28. Malingsia negara yang amany guys, bangla, teroris, penjenayah aman tinggal dimalingsia

    Tahniah 😙

    BalasHapus
  29. Lucu kan trio beruk. Gak ada beruk tolol DS sepi. Mereka badut2 di DS

    BalasHapus
    Balasan
    1. sak jane teko kono yo sakno cak.. tapi kemedel e iku.. sok nya.. terlalu..

      Hapus
  30. Sementara Rasio hutang malasya ternyata diatas 60 persen 🤔😁

    https://www.cnbcindonesia.com/research/20240305082402-128-519656/negara-asean-dengan-rasio-utang-tertinggi-ri-nomor-berapa

    BalasHapus
  31. Alhamdulillah..
    Relax.. 🤗☺

    https://x.com/spectatorindex/status/1801222989586833791?t=vCmx7AU9X6GERJfWGwAyDw&s=09

    BalasHapus
  32. KIBUL.. 👇
    Dikutip Zonajakarta.com dari artikel terbitan Airtimes edisi 9 Januari 2024 yang berjudul "Contohi PT Pindad Indonesia jadi Gergasi Pertahanan Tembusi Pasaran Global", kolumnis sekaligus pakar militer serta pertahanan Malaysia, Zaki Salleh menyuruh negaranya meniru kesuksesan PT Pindad.

    Zaki Salleh awalnya memuji keberhasilan PT Pindad yang bekerja sama dengan Turki untuk memproduksi tank Harimau.Pengembangan Harimau bukan sekedar program satu hari atau dua hari atau copy paste, melainkan memobilisasi tenaga teknik lokal PT Pindad selama delapan tahun terakhir.

    BalasHapus
  33. Malon negara aman, aman maling mesin pesawat, aman rasuah, aman teroris, aman narkoba. Negara aman lah malon

    BalasHapus
  34. Lucu ya. Malon akan edar 15 juta peluru tapi tak ada media indonesia yg beritakan. Artinya...... Membual lagi ha ha ha

    BalasHapus
  35. MALON YANG DIPERCAYA MANA NYA ?????


    🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  36. KESIAN.... KALAH TERUS.. 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  37. Ngaku cerdas bikin kapal miring, salah potong....situ waras ??

    BalasHapus
  38. JANGAN DIAJARI !!!!! ILMU MAHAL

    😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  39. Alhamdulillah.. 😉

    https://www.cnbcindonesia.com/news/20240614103132-4-546609/top-ri-kalahkan-as-rusia-india-hingga-australia-soal-ini

    BalasHapus
  40. Ilmu mahal..? Maksud kamu 15 juta peluru MALAYSIA ke pasaran INDON.....?

    Satu kejayaan yang besar buat MALAYSIA... 😎😎🇲🇾🇲🇾🇲🇾

    BalasHapus
  41. PELURU BUATAN MALAYSIA.. TEMBUS PASARAN INDON...

    15 JUTA PELURU guys.... GILA banyak... 😎😎🇲🇾🇲🇾🇲🇾

    BalasHapus
  42. Mantepp.. 😊

    https://x.com/RandomWorldWar/status/1627948165835145217?t=A5n2n11n8r5ElG3b0o4vJA&s=19

    BalasHapus
  43. "Dunia saat ini juga kekurangan peluru. Sementara Pindad baru mampu mensuplai sekitar 400-an juta amunisi. Padahal sebagaimana disampaikan Menteri Pertahanan RI sekaligus Presiden Terpilih RI 2024-2029 Prabowo Subianto... "



    WALAU masih kecil.. Tapi 400 JUTA AMUNISI MILITER guys, mantap PT. PINDAD

    BalasHapus
  44. GEMPURWIRA 16 Juni 2024 pukul 19.58
    PELURU BUATAN MALAYSIA.. TEMBUS PASARAN INDON...

    15 JUTA PELURU guys.... GILA banyak... 😎😎🇲🇾🇲🇾🇲🇾
    ______________________


    15 JUTA AMUNISI SUKAN/OLAHRAGA/SPORT itupun BELUM DIBELI ALIAS MoU

    mahu lawan


    400 JUTA AMUNISI MILITER PRODUKSI PINDAD.. & 200 JUTA AMUNISI DARI PT SAPTA INTI PERKASA.


    15 JUTA SUKAN AMUNISI VS 600 JUTA AMUNISI MILITER

    BalasHapus
  45. GEMPURWIRA 16 Juni 2024 pukul 19.58
    PELURU BUATAN MALAYSIA.. TEMBUS PASARAN INDON...

    15 JUTA PELURU guys.... GILA banyak... 😎😎🇲🇾🇲🇾🇲🇾
    ______________________

    YA BENAR PURR KAU GILA & STRESS

    15 JUTA AMUNISI SUKAN/OLAHRAGA/SPORT itupun BELUM DIBELI ALIAS MoU

    mahu lawan


    400 JUTA AMUNISI MILITER PRODUKSI PINDAD.. & 200 JUTA AMUNISI DARI PT SAPTA INTI PERKASA.


    15 JUTA SUKAN AMUNISI VS 600 JUTA AMUNISI MILITER

    BalasHapus
  46. Saya cari di.media.indonesia kok gak ada beritanya ya. Apakah Malon membual lagi ?

    BalasHapus
  47. KATA KUNCI MOU AKAN PELURU OLAHRAGA......
    GEMPURWIRA16 Juni 2024 pukul 19.55
    Subsidiari NADI jalin kerjasama edar 15 juta peluru ke pasaran Indonesia
    ==========
    RELAX 415 JUTA PELURU = "Sebelum diberi PMN (Penyertaan Modal negara), produksi Pindad untuk peluru ini 275 juta peluru. Setelah kita beri PMN sebesar Rp 700 miliar, produksinya meningkat jadi 415 juta peluru. Hampir dua kali lipat karena memiliki line tambahan dari PMN yang telah kita berikan,"
    -----
    RELAX EKSPOR TIAP BULAN KE USA = Dari dalam negeri, pesanan paling banyak datang dari Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto.
    “Kita sudah mengekspor amunisi 2 kontainer setiap bulan ke US. Sekarang juga banyak permintaan senjata, pistol dan kendaraan tempur dari Pindad,”
    -----
    RELAX EKSPOR PELURU SEJAK 2006 PT Pindad (Persero) telah cukup lama menggeluti penjualan ekspor. Terhitung mulai 2006 Pindad mulai menggiatkan ekspornya ke beberapa negara seperti Kamboja dan Nigeria untuk senapan serbu, Malaysia dan Australia untuk penanganan huru-hara, Korea Selatan, Singapura, Timor Leste, Filipina untuk amunisi, Laos untuk senjata dan amunisi, dan beberapa negara lainnya di kawasan Asia dengan rata-rata penjualan per tahun di kisaran 5 juta USD. Thailand tersendiri merupakan pelanggan ekspor utama saat ini bagi Pindad sejak tahun 2006 untuk produk amunisi kaliber kecil.

    BalasHapus
  48. KATA KUNCI MOU AKAN PELURU OLAHRAGA BUKAN PELURU MILITER ......
    GEMPURWIRA16 Juni 2024 pukul 19.55
    Subsidiari NADI jalin kerjasama edar 15 juta peluru ke pasaran Indonesia
    ==========
    RELAX 415 JUTA PELURU = "Sebelum diberi PMN (Penyertaan Modal negara), produksi Pindad untuk peluru ini 275 juta peluru. Setelah kita beri PMN sebesar Rp 700 miliar, produksinya meningkat jadi 415 juta peluru. Hampir dua kali lipat karena memiliki line tambahan dari PMN yang telah kita berikan,"
    -----
    RELAX EKSPOR TIAP BULAN KE USA = Dari dalam negeri, pesanan paling banyak datang dari Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto.
    “Kita sudah mengekspor amunisi 2 kontainer setiap bulan ke US. Sekarang juga banyak permintaan senjata, pistol dan kendaraan tempur dari Pindad,”
    -----
    RELAX EKSPOR PELURU SEJAK 2006 PT Pindad (Persero) telah cukup lama menggeluti penjualan ekspor. Terhitung mulai 2006 Pindad mulai menggiatkan ekspornya ke beberapa negara seperti Kamboja dan Nigeria untuk senapan serbu, Malaysia dan Australia untuk penanganan huru-hara, Korea Selatan, Singapura, Timor Leste, Filipina untuk amunisi, Laos untuk senjata dan amunisi, dan beberapa negara lainnya di kawasan Asia dengan rata-rata penjualan per tahun di kisaran 5 juta USD. Thailand tersendiri merupakan pelanggan ekspor utama saat ini bagi Pindad sejak tahun 2006 untuk produk amunisi kaliber kecil.

    BalasHapus
  49. KATA KUNCI MOU AKAN PELURU OLAHRAGA BUKAN PELURU MILITER ......
    GEMPURWIRA16 Juni 2024 pukul 19.55
    Subsidiari NADI jalin kerjasama edar 15 juta peluru ke pasaran Indonesia
    ==========
    RELAX 415 JUTA PELURU = "Sebelum diberi PMN (Penyertaan Modal negara), produksi Pindad untuk peluru ini 275 juta peluru. Setelah kita beri PMN sebesar Rp 700 miliar, produksinya meningkat jadi 415 juta peluru. Hampir dua kali lipat karena memiliki line tambahan dari PMN yang telah kita berikan,"
    -----
    RELAX EKSPOR TIAP BULAN KE USA = Dari dalam negeri, pesanan paling banyak datang dari Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto.
    “Kita sudah mengekspor amunisi 2 kontainer setiap bulan ke US. Sekarang juga banyak permintaan senjata, pistol dan kendaraan tempur dari Pindad,”
    -----
    RELAX EKSPOR PELURU SEJAK 2006 PT Pindad (Persero) telah cukup lama menggeluti penjualan ekspor. Terhitung mulai 2006 Pindad mulai menggiatkan ekspornya ke beberapa negara seperti Kamboja dan Nigeria untuk senapan serbu, Malaysia dan Australia untuk penanganan huru-hara, Korea Selatan, Singapura, Timor Leste, Filipina untuk amunisi, Laos untuk senjata dan amunisi, dan beberapa negara lainnya di kawasan Asia dengan rata-rata penjualan per tahun di kisaran 5 juta USD. Thailand tersendiri merupakan pelanggan ekspor utama saat ini bagi Pindad sejak tahun 2006 untuk produk amunisi kaliber kecil

    BalasHapus
  50. KATA KUNCI MOU AKAN PELURU OLAHRAGA BUKAN PELURU MILITER ......
    GEMPURWIRA16 Juni 2024 pukul 19.55
    Subsidiari NADI jalin kerjasama edar 15 juta peluru ke pasaran Indonesia
    ==========
    RELAX 415 JUTA PELURU = "Sebelum diberi PMN (Penyertaan Modal negara), produksi Pindad untuk peluru ini 275 juta peluru. Setelah kita beri PMN sebesar Rp 700 miliar, produksinya meningkat jadi 415 juta peluru. Hampir dua kali lipat karena memiliki line tambahan dari PMN yang telah kita berikan,"
    -----
    RELAX EKSPOR TIAP BULAN KE USA = Dari dalam negeri, pesanan paling banyak datang dari Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto.
    “Kita sudah mengekspor amunisi 2 kontainer setiap bulan ke US. Sekarang juga banyak permintaan senjata, pistol dan kendaraan tempur dari Pindad,”
    -----
    RELAX EKSPOR PELURU SEJAK 2006 PT Pindad (Persero) telah cukup lama menggeluti penjualan ekspor. Terhitung mulai 2006 Pindad mulai menggiatkan ekspornya ke beberapa negara seperti Kamboja dan Nigeria untuk senapan serbu, Malaysia dan Australia untuk penanganan huru-hara, Korea Selatan, Singapura, Timor Leste, Filipina untuk amunisi, Laos untuk senjata dan amunisi, dan beberapa negara lainnya di kawasan Asia dengan rata-rata penjualan per tahun di kisaran 5 juta USD. Thailand tersendiri merupakan pelanggan ekspor utama saat ini bagi Pindad sejak tahun 2006 untuk produk amunisi kaliber kecil

    BalasHapus
  51. 2024 Military Strength Ranking – GLOBAL FIRE POWER
    13. Indonesia
    22. Vietnam
    25. Thailand
    30. Singapura
    34. Filipina
    35. Myanmar
    42. Malaysia
    ---
    2024 DEFENSE BUDGET – GLOBAL FIRE POWER
    17. Indonesia = US$ 25 Billion
    28. Singapura = US$ 13,493 Billion
    39. Vietnam = US$ 7,9 Billion
    41. Thailand = US$ 7,7 Billion
    53. Malaysia = US$ 4,370 Billion
    =====================
    RELAX 415 JUTA PELURU = "Sebelum diberi PMN (Penyertaan Modal negara), produksi Pindad untuk peluru ini 275 juta peluru. Setelah kita beri PMN sebesar Rp 700 miliar, produksinya meningkat jadi 415 juta peluru. Hampir dua kali lipat karena memiliki line tambahan dari PMN yang telah kita berikan,"
    -----
    RELAX EKSPOR TIAP BULAN KE USA = Dari dalam negeri, pesanan paling banyak datang dari Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto.
    “Kita sudah mengekspor amunisi 2 kontainer setiap bulan ke US. Sekarang juga banyak permintaan senjata, pistol dan kendaraan tempur dari Pindad,”
    -----
    RELAX EKSPOR PELURU SEJAK 2006 PT Pindad (Persero) telah cukup lama menggeluti penjualan ekspor. Terhitung mulai 2006 Pindad mulai menggiatkan ekspornya ke beberapa negara seperti Kamboja dan Nigeria untuk senapan serbu, Malaysia dan Australia untuk penanganan huru-hara, Korea Selatan, Singapura, Timor Leste, Filipina untuk amunisi, Laos untuk senjata dan amunisi, dan beberapa negara lainnya di kawasan Asia dengan rata-rata penjualan per tahun di kisaran 5 juta USD. Thailand tersendiri merupakan pelanggan ekspor utama saat ini bagi Pindad sejak tahun 2006 untuk produk amunisi kaliber kecil.

    BalasHapus
  52. Woiii TOLOL... peluru untuk sukan ka apa ka ia tetap namanya PELURU.. TOLOL.. 🤣🤣🤣

    Malah bukan sikit sikit guys 15 JUTA PELURU KE PASARAN INDONESIA... HOREYYYY.. 😎😎🇲🇾🇲🇾

    BalasHapus
    Balasan
    1. amunisi sport product malaydesh..

      INI SENJATA API..
      ALUTSISTA..


      BODOH AMAT SIH...


      🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪

      Hapus
  53. GEMPURWIRA16 Juni 2024 pukul 19.45
    Level IQ dunia pun INDON KALAH jauh....🤣🤣

    MALAYSIA - RANKING 38 dunia
    INDON - RANKING 95 dunia

    https://international-iq-test.com/id/test/IQ_by_country
    ______________________

    HASIL IQ INDONESIA

    ••PINDAD HARIMAU MMAH.
    ••BADAK FSV 6x6.
    ••BADAK IFV 6x6.
    ••ANOA 6x6 APC.
    ••KOMODO APC 6x6.
    ••J-FORCE ILMU 4x4 LSV.
    ••ILSV GARUDA 4x4 LSV.
    ••RAD MAGNA 4x4 IMV.
    ••B3 ARMORED TRUCK 4x4.
    ••TURANGGA APC 4x4.
    ••MAUNG 4x4 IMV.
    ••MORINO 4x4 IMV.
    ••P2 TIGER APC/MRAP 4x4.
    ••P2 APC 4x4.
    ••P2 COMANDO 4x4.
    ••DELIMA JAYA MRAP (PROTOTYPE).
    ••P2KM ARMORED RECCONAISANCE.
    ••DMV 30T 4x4 FAST STRIKE VEHICLE.
    ••DMV 30A IMV 4x4.
    ••P6 ATAV 4x4 FAST STRIKE VEHICLE.
    ••P6V3 ATAV 4x4 ARMORED-ATV.
    ••BTR-58 APC AMFIBI (PROTOTYPE).
    ••KENDARAAN AMFIBI PENGANGKUT ARTILERI(KAPA)/PROTOTYPE.

    ••OPV 98 METER.
    ••KCR 60 METER.
    ••KCR 65 METER.
    ••KCR 60 METER TRIMARAN.
    ••KCR 40 METER.
    ••OPV 110 METER.
    ••OPV 85 METER.
    ••OPV 40 METER.
    ••PC 60 METER.
    ••PC 40 METER.
    ••PC 30 METER.
    ••PC 25 METER.
    ••FCM 18 METER.
    ••LPD 163 METER.
    ••LPD 125 METER.
    ••LPD 122 METER.
    ••LST 125 METER.
    ••TANKER 125 METER.
    ••FRIGATE 140 METER.
    ••BHO 105 METER.
    ••SUBMARINE 88 METER.

    ••CN-235 (JV).
    ••NC-212 (JV/LISENSI).
    ••N-219.
    ••N-250 (PROTOTYPE).
    ••WISE FLAYING BOAT (PROTOTYPE).
    ••RAJAWALI 720 MALE UAV (PROTOTYPE).
    ••IPCD MALE UAV.
    ••ELANG HITAM MALE UAV.
    ••WULUNG UAV TACTICAL.
    ••PUTA SE-1 ELANG LAUT UAV.
    ••PUTA SE-2 ELANG LAUT UAV.
    ••LSU SERIES UAV.

    ••LEN MANDHALA CMS.
    ••BMS CY-16.
    ••DRONE JAMMER.
    ••COMBAT AIRCRAFT AVIONIC.
    ••AIRCRAFT COCKPIT.
    ••RADAR.
    DLL

    ••RIFLE.
    ••SNIPER RIFLE.
    ••ANTI MATERIAL RIFLE.
    ••MACHINE GUN.
    ••PISTOL & SUBMACHINE GUN.

    ••533mm HEAVY WEIGHT TORPEDO.
    ••TORPEDO DECOYS.

    ••122mm MLRS.
    ••RHAN-122 ROKET (122mm).
    ••70mm FFAR.
    ••80/90mm ROKET.
    ••BUSUR GENI LIGHT-MLRS 80/70/90mm.

    ••USV.
    ••UGV.

    ••SATELITE.

    BELUM BARANG NON MILITER SEPERTI, TRAIN/KERETA API yg dibeli dan digunakan oleh MALAYSEWA🇲🇾


    MANAKALA NEGARA IQ TINGGI MALAYSEWA 🇲🇾 MALAYDESH 🇲🇾..

    -rifle antar galaxy VB VITA LENDIRRRR.

    -STRIDE UGLY TANK.

    ••UNISEX COMDOM


    LAWAKAN

    BalasHapus
  54. Akhirnya PELURU MADE IN MALAYSIA TEMBUS pasaran INDON..... 15 juta butir peluru ya guys.... Banyak tu... 🤭🤭🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. GEMPURWIRA16 Juni 2024 pukul 19.45
      Level IQ dunia pun INDON KALAH jauh....🤣🤣

      MALAYSIA - RANKING 38 dunia
      INDON - RANKING 95 dunia

      https://international-iq-test.com/id/test/IQ_by_country
      ______________________

      HASIL IQ INDONESIA

      ••PINDAD HARIMAU MMAH.
      ••BADAK FSV 6x6.
      ••BADAK IFV 6x6.
      ••ANOA 6x6 APC.
      ••KOMODO APC 6x6.
      ••J-FORCE ILMU 4x4 LSV.
      ••ILSV GARUDA 4x4 LSV.
      ••RAD MAGNA 4x4 IMV.
      ••B3 ARMORED TRUCK 4x4.
      ••TURANGGA APC 4x4.
      ••MAUNG 4x4 IMV.
      ••MORINO 4x4 IMV.
      ••P2 TIGER APC/MRAP 4x4.
      ••P2 APC 4x4.
      ••P2 COMANDO 4x4.
      ••DELIMA JAYA MRAP (PROTOTYPE).
      ••P2KM ARMORED RECCONAISANCE.
      ••DMV 30T 4x4 FAST STRIKE VEHICLE.
      ••DMV 30A IMV 4x4.
      ••P6 ATAV 4x4 FAST STRIKE VEHICLE.
      ••P6V3 ATAV 4x4 ARMORED-ATV.
      ••BTR-58 APC AMFIBI (PROTOTYPE).
      ••KENDARAAN AMFIBI PENGANGKUT ARTILERI(KAPA)/PROTOTYPE.

      ••OPV 98 METER.
      ••KCR 60 METER.
      ••KCR 65 METER.
      ••KCR 60 METER TRIMARAN.
      ••KCR 40 METER.
      ••OPV 110 METER.
      ••OPV 85 METER.
      ••OPV 40 METER.
      ••PC 60 METER.
      ••PC 40 METER.
      ••PC 30 METER.
      ••PC 25 METER.
      ••FCM 18 METER.
      ••LPD 163 METER.
      ••LPD 125 METER.
      ••LPD 122 METER.
      ••LST 125 METER.
      ••TANKER 125 METER.
      ••FRIGATE 140 METER.
      ••BHO 105 METER.
      ••SUBMARINE 88 METER.

      ••CN-235 (JV).
      ••NC-212 (JV/LISENSI).
      ••N-219.
      ••N-250 (PROTOTYPE).
      ••WISE FLAYING BOAT (PROTOTYPE).
      ••RAJAWALI 720 MALE UAV (PROTOTYPE).
      ••IPCD MALE UAV.
      ••ELANG HITAM MALE UAV.
      ••WULUNG UAV TACTICAL.
      ••PUTA SE-1 ELANG LAUT UAV.
      ••PUTA SE-2 ELANG LAUT UAV.
      ••LSU SERIES UAV.

      ••LEN MANDHALA CMS.
      ••BMS CY-16.
      ••DRONE JAMMER.
      ••COMBAT AIRCRAFT AVIONIC.
      ••AIRCRAFT COCKPIT.
      ••RADAR.
      DLL

      ••RIFLE.
      ••SNIPER RIFLE.
      ••ANTI MATERIAL RIFLE.
      ••MACHINE GUN.
      ••PISTOL & SUBMACHINE GUN.

      ••533mm HEAVY WEIGHT TORPEDO.
      ••TORPEDO DECOYS.

      ••122mm MLRS.
      ••RHAN-122 ROKET (122mm).
      ••70mm FFAR.
      ••80/90mm ROKET.
      ••BUSUR GENI LIGHT-MLRS 80/70/90mm.

      ••USV.
      ••UGV.

      ••SATELITE.

      BELUM BARANG NON MILITER SEPERTI, TRAIN/KERETA API yg dibeli dan digunakan oleh MALAYSEWA🇲🇾


      MANAKALA NEGARA IQ TINGGI MALAYSEWA 🇲🇾 MALAYDESH 🇲🇾..

      -rifle antar galaxy VB VITA LENDIRRRR.

      -STRIDE UGLY TANK.

      ••UNISEX COMDOM


      LAWAKAN

      Hapus
  55. GEMPURWIRA 16 Juni 2024 pukul 21.19
    Akhirnya PELURU MADE IN MALAYSIA TEMBUS pasaran INDON..... 15 juta butir peluru ya guys.... Banyak tu... 🤭🤭🤭
    __________________

    SUKAN/OLAHRAGA/SPORTS

    DAN ITUPUN AKAN ALIAS MoU


    HOAX TERUSS PURR

    BalasHapus
  56. MALAYSIA antara INVESTOR TERBESAR DI INDON.. 😎😎🇲🇾🇲🇾🇲🇾

    BalasHapus
    Balasan
    1. KATA KUNCI = MOU AKAN......
      GEMPURWIRA16 Juni 2024 pukul 21.17
      Woiii TOLOL... peluru untuk sukan ka apa ka ia tetap namanya PELURU.. TOLOL.. 🤣🤣🤣
      Malah bukan sikit sikit guys 15 JUTA PELURU KE PASARAN INDONESIA... HOREYYYY..
      ==============
      RELAX 415 JUTA PELURU = "Sebelum diberi PMN (Penyertaan Modal negara), produksi Pindad untuk peluru ini 275 juta peluru. Setelah kita beri PMN sebesar Rp 700 miliar, produksinya meningkat jadi 415 juta peluru. Hampir dua kali lipat karena memiliki line tambahan dari PMN yang telah kita berikan,"
      -----
      RELAX EKSPOR TIAP BULAN KE USA = “Kita sudah mengekspor amunisi 2 kontainer setiap bulan ke US. Sekarang juga banyak permintaan senjata, pistol dan kendaraan tempur dari Pindad,”
      -----
      RELAX EKSPOR PELURU SEJAK 2006 PT Pindad (Persero) telah cukup lama menggeluti penjualan ekspor. Terhitung mulai 2006 Pindad mulai menggiatkan ekspornya ke beberapa negara seperti Kamboja dan Nigeria untuk senapan serbu, Malaysia dan Australia untuk penanganan huru-hara, Korea Selatan, Singapura, Timor Leste, Filipina untuk amunisi, Laos untuk senjata dan amunisi, dan beberapa negara lainnya di kawasan Asia dengan rata-rata penjualan per tahun di kisaran 5 juta USD. Thailand tersendiri merupakan pelanggan ekspor utama saat ini bagi Pindad sejak tahun 2006 untuk produk amunisi kaliber kecil.
      😝VERSI REAL EKSPOR VERSUS VERSI MOU AKAN😝

      Hapus
  57. KATA KUNCI = MOU AKAN......
    GEMPURWIRA16 Juni 2024 pukul 21.17
    Woiii TOLOL... peluru untuk sukan ka apa ka ia tetap namanya PELURU.. TOLOL.. 🤣🤣🤣
    Malah bukan sikit sikit guys 15 JUTA PELURU KE PASARAN INDONESIA... HOREYYYY..
    ==============
    RELAX 415 JUTA PELURU = "Sebelum diberi PMN (Penyertaan Modal negara), produksi Pindad untuk peluru ini 275 juta peluru. Setelah kita beri PMN sebesar Rp 700 miliar, produksinya meningkat jadi 415 juta peluru. Hampir dua kali lipat karena memiliki line tambahan dari PMN yang telah kita berikan,"
    -----
    RELAX EKSPOR TIAP BULAN KE USA = “Kita sudah mengekspor amunisi 2 kontainer setiap bulan ke US. Sekarang juga banyak permintaan senjata, pistol dan kendaraan tempur dari Pindad,”
    -----
    RELAX EKSPOR PELURU SEJAK 2006 PT Pindad (Persero) telah cukup lama menggeluti penjualan ekspor. Terhitung mulai 2006 Pindad mulai menggiatkan ekspornya ke beberapa negara seperti Kamboja dan Nigeria untuk senapan serbu, Malaysia dan Australia untuk penanganan huru-hara, Korea Selatan, Singapura, Timor Leste, Filipina untuk amunisi, Laos untuk senjata dan amunisi, dan beberapa negara lainnya di kawasan Asia dengan rata-rata penjualan per tahun di kisaran 5 juta USD. Thailand tersendiri merupakan pelanggan ekspor utama saat ini bagi Pindad sejak tahun 2006 untuk produk amunisi kaliber kecil.
    😝VERSI REAL EKSPOR VERSUS VERSI MOU AKAN😝

    BalasHapus
  58. MALAYSIA jadi INVESTOR di Ibu negara BARU INDON guys... Horeyyyy... 😎😎🇲🇾🇲🇾🇲🇾

    BalasHapus
    Balasan
    1. BUKTI IQ JONGKOK....
      LCS DIBAYAR 6 JADI NOL = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
      -----
      OPV DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13.
      ============
      BUKTI IQ TINGGI
      RELAX EKSPOR TIAP BULAN KE USA = Dari dalam negeri, pesanan paling banyak datang dari Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto.
      “Kita sudah mengekspor amunisi 2 kontainer setiap bulan ke US. Sekarang juga banyak permintaan senjata, pistol dan kendaraan tempur dari Pindad,”
      -----
      RELAX EKSPOR CN235 Di kawasan ada Brunei yang memiliki 1 unit CN235. Selain itu sebanyak 8 unit dimiliki Tentera Udara Diraja Malaysia, 8 unit dimiliki Angkatan Udara Korea Selatan dan 4 unit untuk Polisi Korea Selatan, 4 unit untuk Pakistan, 7 unit untuk Uni Emirate Arab, 1 unit untuk Burkina Faso, dan 3 unit Senegal.
      -----
      RELAX EKSPOR RHIB Kapal patroli jenis rigid inflatable boat (RIB) atau sekoci cepat buatan Banyuwangi, Jawa Timur, telah dibeli angkatan laut Malaysia dan Singapura. Brunei Darussalam pun juga berminat membeli 12 kapal itu. Angkatan laut Singapura telah membeli 18 unit dan Malaysia juga telah membeli sekitar 24 unit.
      -----
      RELAX EKSPOR PARASUT MILITER Rupanya tak hanya instansi dan lembaga pemerintah yang menggunakan parasut produksinya, sejumlah negara sahabat juga sudah melirik parasut yang terkenal dengan kualitasnya ini. Tapi tak hanya parasut, pabrik Paiman juga membuat tenda, satuan militer dari Malaysia pun memesan 7.000 tenda,,
      -----
      RELAX EKSPOR MPCD HAWK Infoglobal melakukan pelepasan ekspor perdana produk avionik Multi Purpose Cockpit Display (MPCD) ke Malaysia pada Senin, 18 Oktober 2021. Seremoni pelepasan ekspor dilakukan dengan pemotongan pita di Workshop Infoglobal Surabaya dan disaksikan secara virtual dari Jakarta
      -----
      RELAX EKSPOR MRSS UEA The United Arab Emirates (UAE) announced it had awarded the Indonesian shipyard PT PAL an AED1.5 billion (USD408.32 million) contract to supply a “multimission vessel” during the IDEX 2023 show being held in Abu Dhabi from 20 to 24 February.
      -----
      RELAX EKSPOR B2 SSV FILIPINA Dipercayakannya PT PAL Indonesia dalam pengadaan 2 (dua) unit kapal perang jenis Landing Dock oleh Angkatan Laut Filipina, karena kepuasan Pemerintah Filipina dan Angkatan Laut Filipina atas pengoperasian 2 unit Landing Dock atau Strategic Sealift Vessel (SSV) yang telah diserahterimakan oleh PAL beberapa tahun lalu.

      Hapus
  59. YO ANCEN GAK ONOK , CAK.. IKU MAKSUD T PELURU SPORT.. gawe sport shooting club
    😂😂😂😂

    sampek elek brows yo kangelan peno

    😂😂😂

    BalasHapus
  60. Ya.... Jadi kapal PKR INDON pula dari 6 yang siap hanya 2 je.... 🤣🤣

    KRI Raden Eddy Martadinata (331) adalah kapal fregat pemimpin di kelas Martadinata dari total 6 kapal yang direncanakan dan merupakan kapal SIGMA 10514 pertama yang dibangun di galangan kapal PT. PAL Indonesia[3] bersama dengan galangan kapal Belanda, Damen Schelde Naval Shipbuilding.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngomong apaan sih ? Coba beruk bicara seperti manusia normal

      Hapus
  61. 2024 Military Strength Ranking – GLOBAL FIRE POWER
    13. Indonesia
    22. Vietnam
    25. Thailand
    30. Singapura
    34. Filipina
    35. Myanmar
    42. Malaysia
    ---
    2024 DEFENSE BUDGET – GLOBAL FIRE POWER
    17. Indonesia = US$ 25 Billion
    28. Singapura = US$ 13,493 Billion
    39. Vietnam = US$ 7,9 Billion
    41. Thailand = US$ 7,7 Billion
    53. Malaysia = US$ 4,370 Billion
    =======================
    ANKA OMPONG .........
    ANKA OMPONG .........
    ANKA OMPONG .........
    2023 WILL NOT ARMED
    Erol Oguz, unmanned aerial systems programme manager at Turkish Aerospace, told ESD at LIMA that the UAV type being supplied to Malaysia will be a new version of the Anka-S with modified wings. Oguz also confirmed that the Ankas will not be armed, but will carry a maritime intelligence, surveillance and reconnaissance (ISR) payload that includes a synthetic aperture radar and an electro-optical/infra-red sensor.
    -----
    ANKA OMPONG .........
    ANKA OMPONG .........
    ANKA OMPONG .........
    2024 SURVEILLANCE CAPABILITIES
    Former Defense Minister, Datuk Seri Mohamad Hasan emphasized the importance of equipping the country with comprehensive surveillance capabilities and the need to have “eyes to see and ears to hear” everything happening in the country’s waters, especially in the South China Sea
    -----
    MONUMEN MIG29 UNTUK JIMAT KOS .....
    MONUMEN MIG29 UNTUK JIMAT KOS .....
    MONUMEN MIG29 UNTUK JIMAT KOS .....
    Sudah tentu, pemindahan MiG-29N sebagai monumen akan menutup pelbagai spekulasi alam maya berhubung masa depan pesawat tersebut.
    penamatan khidmat jet pejuang ini akan menjimatkan kira-kira RM260 juta. Selain itu, kos penyelenggaraan dan rawatan enjin serta kerangka pesawat bagi memanjangkan hayat MiG-29N di Rusia adalah begitu tinggi
    ---
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    18 MKM 2 YEARS TO DEATH The question is how long more can we fly it? 2 years ago ATSC said it had 2 years worth of spares. We can’t buy from the Russians [assuming they can fulfil the order in the first place] and HAL can’t supply everything we need. China? It too can’t supply all we need. The days of the type in RMAF service really seems numbered
    -----
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    The Malaysian government is facing a fresh corruption crisis after officials admitted that two US-made fighter jet engines had disappeared from an air force base after apparently being illicitly sold by military officers to a South American arms dealer.
    -----
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG ........
    48 SKYHAWK BEKAS HILANG
    The Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM, or Royal Malaysian Air Force) ordered 88 A-4s (25 A-4Cs and 63 A-4Ls), Only 40 PTM Skyhawks, 34 single seat versions and six two-seat trainers, were delivered......'
    ---
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    LCS DIBAYAR 6 JADI NOL = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
    -----
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    OPV DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13.

    BalasHapus
  62. Pppsssttt krn proyek IKN pasti menguntungkan sedangkan proyek2 d malon pada mangkrak🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥😂😂😂😂🤣🤣🤣🤣🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  63. BUKTI IQ RENDAH....
    LCS DIBAYAR 6 JADI NOL = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
    -----
    OPV DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13.
    ============
    BUKTI IQ TINGGI
    RELAX EKSPOR TIAP BULAN KE USA = Dari dalam negeri, pesanan paling banyak datang dari Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto.
    “Kita sudah mengekspor amunisi 2 kontainer setiap bulan ke US. Sekarang juga banyak permintaan senjata, pistol dan kendaraan tempur dari Pindad,”
    -----
    RELAX EKSPOR CN235 Di kawasan ada Brunei yang memiliki 1 unit CN235. Selain itu sebanyak 8 unit dimiliki Tentera Udara Diraja Malaysia, 8 unit dimiliki Angkatan Udara Korea Selatan dan 4 unit untuk Polisi Korea Selatan, 4 unit untuk Pakistan, 7 unit untuk Uni Emirate Arab, 1 unit untuk Burkina Faso, dan 3 unit Senegal.
    -----
    RELAX EKSPOR RHIB Kapal patroli jenis rigid inflatable boat (RIB) atau sekoci cepat buatan Banyuwangi, Jawa Timur, telah dibeli angkatan laut Malaysia dan Singapura. Brunei Darussalam pun juga berminat membeli 12 kapal itu. Angkatan laut Singapura telah membeli 18 unit dan Malaysia juga telah membeli sekitar 24 unit.
    -----
    RELAX EKSPOR PARASUT MILITER Rupanya tak hanya instansi dan lembaga pemerintah yang menggunakan parasut produksinya, sejumlah negara sahabat juga sudah melirik parasut yang terkenal dengan kualitasnya ini. Tapi tak hanya parasut, pabrik Paiman juga membuat tenda, satuan militer dari Malaysia pun memesan 7.000 tenda,,
    -----
    RELAX EKSPOR MPCD HAWK Infoglobal melakukan pelepasan ekspor perdana produk avionik Multi Purpose Cockpit Display (MPCD) ke Malaysia pada Senin, 18 Oktober 2021. Seremoni pelepasan ekspor dilakukan dengan pemotongan pita di Workshop Infoglobal Surabaya dan disaksikan secara virtual dari Jakarta
    -----
    RELAX EKSPOR MRSS UEA The United Arab Emirates (UAE) announced it had awarded the Indonesian shipyard PT PAL an AED1.5 billion (USD408.32 million) contract to supply a “multimission vessel” during the IDEX 2023 show being held in Abu Dhabi from 20 to 24 February.
    -----
    RELAX EKSPOR B2 SSV FILIPINA Dipercayakannya PT PAL Indonesia dalam pengadaan 2 (dua) unit kapal perang jenis Landing Dock oleh Angkatan Laut Filipina, karena kepuasan Pemerintah Filipina dan Angkatan Laut Filipina atas pengoperasian 2 unit Landing Dock atau Strategic Sealift Vessel (SSV) yang telah diserahterimakan oleh PAL beberapa tahun lalu.

    BalasHapus
  64. Tuuhhhh forest city a.k.a ghost city yg hutang ke cina $100b🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥😂😂😂🤣🤣🤣🤣🤣🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
    Balasan
    1. biarin mbah.. namanya orang ngobat.. rasa takut ketar ketir kalo LNU kita blokade, bayangin aja transaksi dan transportasi nya antara malaysia barat dan timur . terjadi.
      otomatis biaya tinggi mereka padahal kekuatan militer kita terus berdatangan buat memperkuat otot LNU.
      😂😂😂😂😂

      jika itu terjadi menurut anda bagaimana mbah ?????


      😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    2. Yg nangis pasti semenanjing cak Mojo xaxaxaxaxaxaxa krn hasil tambang terutama minyak mentah berasal dr sabah & serawak, nah kalau sabah & serawak malah dg senang hati mau gabung dgn Phillipina atau INDONESIA🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  65. ORANG INI UDAH IRI, DENGKI, BODOH PULA..


    🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  66. BUKTI IQ RENDAH....
    LCS DIBAYAR 6 JADI NOL = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
    -----
    OPV DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13.
    ============
    BUKTI IQ TINGGI
    RELAX EKSPOR TIAP BULAN KE USA = Dari dalam negeri, pesanan paling banyak datang dari Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto.
    “Kita sudah mengekspor amunisi 2 kontainer setiap bulan ke US. Sekarang juga banyak permintaan senjata, pistol dan kendaraan tempur dari Pindad,”
    -----
    RELAX EKSPOR CN235 Di kawasan ada Brunei yang memiliki 1 unit CN235. Selain itu sebanyak 8 unit dimiliki Tentera Udara Diraja Malaysia, 8 unit dimiliki Angkatan Udara Korea Selatan dan 4 unit untuk Polisi Korea Selatan, 4 unit untuk Pakistan, 7 unit untuk Uni Emirate Arab, 1 unit untuk Burkina Faso, dan 3 unit Senegal.
    -----
    RELAX EKSPOR RHIB Kapal patroli jenis rigid inflatable boat (RIB) atau sekoci cepat buatan Banyuwangi, Jawa Timur, telah dibeli angkatan laut Malaysia dan Singapura. Brunei Darussalam pun juga berminat membeli 12 kapal itu. Angkatan laut Singapura telah membeli 18 unit dan Malaysia juga telah membeli sekitar 24 unit.
    -----
    RELAX EKSPOR PARASUT MILITER Rupanya tak hanya instansi dan lembaga pemerintah yang menggunakan parasut produksinya, sejumlah negara sahabat juga sudah melirik parasut yang terkenal dengan kualitasnya ini. Tapi tak hanya parasut, pabrik Paiman juga membuat tenda, satuan militer dari Malaysia pun memesan 7.000 tenda,,
    -----
    RELAX EKSPOR MPCD HAWK Infoglobal melakukan pelepasan ekspor perdana produk avionik Multi Purpose Cockpit Display (MPCD) ke Malaysia pada Senin, 18 Oktober 2021. Seremoni pelepasan ekspor dilakukan dengan pemotongan pita di Workshop Infoglobal Surabaya dan disaksikan secara virtual dari Jakarta
    -----
    RELAX EKSPOR MRSS UEA The United Arab Emirates (UAE) announced it had awarded the Indonesian shipyard PT PAL an AED1.5 billion (USD408.32 million) contract to supply a “multimission vessel” during the IDEX 2023 show being held in Abu Dhabi from 20 to 24 February.
    -----
    RELAX EKSPOR B2 SSV FILIPINA Dipercayakannya PT PAL Indonesia dalam pengadaan 2 (dua) unit kapal perang jenis Landing Dock oleh Angkatan Laut Filipina, karena kepuasan Pemerintah Filipina dan Angkatan Laut Filipina atas pengoperasian 2 unit Landing Dock atau Strategic Sealift Vessel (SSV) yang telah diserahterimakan oleh PAL beberapa tahun lalu.

    BalasHapus
  67. BUKTI IQ RENDAH....
    LCS DIBAYAR 6 JADI NOL = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
    -----
    OPV DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13.
    ============
    BUKTI IQ TINGGI
    RELAX EKSPOR TIAP BULAN KE USA = Dari dalam negeri, pesanan paling banyak datang dari Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto.
    “Kita sudah mengekspor amunisi 2 kontainer setiap bulan ke US. Sekarang juga banyak permintaan senjata, pistol dan kendaraan tempur dari Pindad,”
    -----
    RELAX EKSPOR CN235 Di kawasan ada Brunei yang memiliki 1 unit CN235. Selain itu sebanyak 8 unit dimiliki Tentera Udara Diraja Malaysia, 8 unit dimiliki Angkatan Udara Korea Selatan dan 4 unit untuk Polisi Korea Selatan, 4 unit untuk Pakistan, 7 unit untuk Uni Emirate Arab, 1 unit untuk Burkina Faso, dan 3 unit Senegal.
    -----
    RELAX EKSPOR RHIB Kapal patroli jenis rigid inflatable boat (RIB) atau sekoci cepat buatan Banyuwangi, Jawa Timur, telah dibeli angkatan laut Malaysia dan Singapura. Brunei Darussalam pun juga berminat membeli 12 kapal itu. Angkatan laut Singapura telah membeli 18 unit dan Malaysia juga telah membeli sekitar 24 unit.
    -----
    RELAX EKSPOR PARASUT MILITER Rupanya tak hanya instansi dan lembaga pemerintah yang menggunakan parasut produksinya, sejumlah negara sahabat juga sudah melirik parasut yang terkenal dengan kualitasnya ini. Tapi tak hanya parasut, pabrik Paiman juga membuat tenda, satuan militer dari Malaysia pun memesan 7.000 tenda,,
    -----
    RELAX EKSPOR MPCD HAWK Infoglobal melakukan pelepasan ekspor perdana produk avionik Multi Purpose Cockpit Display (MPCD) ke Malaysia pada Senin, 18 Oktober 2021. Seremoni pelepasan ekspor dilakukan dengan pemotongan pita di Workshop Infoglobal Surabaya dan disaksikan secara virtual dari Jakarta
    -----
    RELAX EKSPOR MRSS UEA The United Arab Emirates (UAE) announced it had awarded the Indonesian shipyard PT PAL an AED1.5 billion (USD408.32 million) contract to supply a “multimission vessel” during the IDEX 2023 show being held in Abu Dhabi from 20 to 24 February.
    -----
    RELAX EKSPOR B2 SSV FILIPINA Dipercayakannya PT PAL Indonesia dalam pengadaan 2 (dua) unit kapal perang jenis Landing Dock oleh Angkatan Laut Filipina, karena kepuasan Pemerintah Filipina dan Angkatan Laut Filipina atas pengoperasian 2 unit Landing Dock atau Strategic Sealift Vessel (SSV) yang telah diserahterimakan oleh PAL beberapa tahun lalu.

    BalasHapus
  68. MONUMEN UNTUK JIMAT KOS .....
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS .....
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS .....
    Sudah tentu, pemindahan MiG-29N sebagai monumen akan menutup pelbagai spekulasi alam maya berhubung masa depan pesawat tersebut.
    penamatan khidmat jet pejuang ini akan menjimatkan kira-kira RM260 juta. Selain itu, kos penyelenggaraan dan rawatan enjin serta kerangka pesawat bagi memanjangkan hayat MiG-29N di Rusia adalah begitu tinggi
    ---
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    18 MKM 2 YEARS TO DEATH The question is how long more can we fly it? 2 years ago ATSC said it had 2 years worth of spares. We can’t buy from the Russians [assuming they can fulfil the order in the first place] and HAL can’t supply everything we need. China? It too can’t supply all we need. The days of the type in RMAF service really seems numbered
    -----
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    The Malaysian government is facing a fresh corruption crisis after officials admitted that two US-made fighter jet engines had disappeared from an air force base after apparently being illicitly sold by military officers to a South American arms dealer.
    -----
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG ........
    48 SKYHAWK BEKAS HILANG
    The Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM, or Royal Malaysian Air Force) ordered 88 A-4s (25 A-4Cs and 63 A-4Ls), Only 40 PTM Skyhawks, 34 single seat versions and six two-seat trainers, were delivered......'
    ---
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    LCS DIBAYAR 6 JADI NOL = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
    -----
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    OPV DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13.

    BalasHapus
  69. Sejak kapan jet RAFALE dari ITALIA...

    TOLOL benar MALON kw yang satu nih.. Hahahahaha 🤣 🤣 🤣 🤣 🤣 🤣


    GEMPURWIRA3 Juni 2024 pukul 09.46
    Pssttt... GORILLA klaim konon kontrak Rafale sudah aktif.... Lah berita dari Itali saja tiada menyatakan kontrak belum aktif....

    Hanya ketahuan kontrak belum efektif bila wartawan tanya ke firma Itali tersebut..

    BalasHapus
  70. Hei kampang Malon kau bilang IQ Indonesia rendah..tp kenapa bisa bikin semua Matra baik darat,laut dan udara..tp Malon ngaku IQ tinggi cuma bisa bikin anak lagu ma film Malon aja kagak laku karena jelek..lagi kbangsaan Malon aja memakai irama lagu Indonesia "terang bulan" itu menunjukkan Malon tak de kreatifitas dan bodoh!!Tapi gede Omong kayak biasanya..

    BalasHapus
  71. Bukti MALON IQ GORILLA

    Topiknya A, komennya dari B sd Z. Dah gitu diulang2 seperti kaset rusak
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena tidak ada yang bisa dibanggakan dari militernya 😌, biasa bangsa inferior complex.

      Hapus
  72. NANTI BIKIN LAGI LAH... SUSAH AMAT BLUE PRINT KITA ADA, BANYAK MACAM FREGAT KITA..

    😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  73. Rencana Sigma 6 jadi 2 karena Damen Sigma tak memberikan Maksimal, bukan tak ada uang buktinya PPA, FREMM dan NAVAL TAWARIN FDI , Indonesia fokus Heavy Frigate atau Destroyer pur....bukan Ada class, Maharaja lelah...😜😜😜

    BalasHapus
  74. Iya benar ganti dari PKR Sigma Ke Arrowhead 140, FREMM, PPA mana lebih kuat....kalau goblok jangan dipelihara Pur...😜😜😜😜

    BalasHapus
  75. mantap...lanjut inhan bums atau bumn selian pindad juga bisa produksi amunisi meriam mulai 20 mm - 155 mm, juga amunisi roket, bersinergi dengan inhan bumn pindad, dahana dan ptdi yang sudah lama bekecimpung di industri amunisi peluru, meriam dan roket, yang mungkin mulai repot dengan order produk2 selain amunisi sehingga inhan indonesia bisa memenuhi kebutuhan amunisi meriam dalam negeri juga minimal asean...cmiiw

    BalasHapus