17 Juni 2024

Program Jet Tempur KF-21 dan Bisnis Aerostructures Indonesia

17 Juni 2024

KF-21 untuk Indonesia (IFX) (image: KAI)

Saat ini Indonesia kembali meminta pemotongan kewajiban cost share program KF-21 kepada Korea Selatan dari 20% menjadi 7%. Alasan resmi di balik permintaan itu adalah sedikitnya teknologi yang dapat dialihkan oleh Seoul kepada Jakarta.
Tentu saja akan ada konsekuensi komersial bagi Indonesia apabila kewajiban cost share program KF-21 berkurang menjadi 7% saja. Salah satunya terkait dengan peluang Indonesia menjadi bagian dari global supply chain jet tempur bermesin ganda tersebut.

KF-21 adalah pesawat tempur generasi 4.5 yang dikembangkan oleh Korea Aerospace Industries (KAI) dengan bantuan Lockheed Martin. Sebagai bagian dari keputusan Korea Selatan mengakuisisi 60 F-35A produksi Lockheed Martin pada 2014, pabrik pesawat terbang asal Amerika Serikat sepakat menjalin kemitraan dengan KAI pada program KF-21.

Sebelumnya, Lockheed Martin telah membantu KAI dalam program T-50 dan mendanai program itu sebesar 13%. Banyak pihak menilai bahwa T-50 mempunyai kemiripan dengan F-16 yang dikembangkan oleh General Dynamics sebelum firma tersebut menjual Divisi Forth Worth kepada Lockheed Corporation pada 1993.

Sejak 1970-an, teknologi manufaktur dirgantara (aerospace manufacturing) terkonsentrasi pada permesinan logam presisi, yaitu logam lunak (aluminium alloys), logam keras (titanium) dan struktur-struktur komposit maju.

Penggunaan komposit semakin meningkat pada pesawat tempur dan pesawat komersial sejak era 1990-an berkat karakteristik yang ringan namun kuat, selain hilangnya persoalan kelelahan logam (fatigue) dan korosi yang selalu menghantui pesawat terbang. Sebagai ilustrasi, berat Boeing B787 50 persen berasal dari komposit, sedangkan berat Airbus A350-900 dan A350-1000 masing-masing 53 persen dan 54 persen bersumber dari komposit.

Prototipe ke-5 KF-21 yang semula diperuntukkan bagi Indonesia (photo: Reddit)

Berat F-16 diperkirakan hanya dua persen disumbangkan oleh komposit. Sedangkan dari total berat kosong F-22 yang dikembangkan bersama oleh Lockheed Martin dan Boeing yakni 19.700 kg, diperkirakan 22% berpangkal dari komposit. Adapun berat F-35 menurut kalkulasi 42% datang dari komposit. Sedangkan KF-21 mempunyai kandungan komposit 15% bila dihitung dari total berat kosong pesawat.

Penggunaan komposit pada KF-21 mencakup sayap utama (main wing), ekor (tail) dan skin aft fuselage. Menurut kesepakatan antara KAI dan PT Dirgantara Indonesia, pihak yang terakhir akan memproduksi komponen sayap bagian kiri dan kanan (left and right wings), ekor tegak (vertical tail), ekor horizontal (horizontal tail) dan pylon.

Namun PT Dirgantara Indonesia tidak akan melakukan manufaktur semua kebutuhan komponen tersebut, melainkan dalam jumlah terbatas saja. Detail mengenai kuantitas komponen-komponen tersebut yang akan diproduksi di Bandung masih belum jelas.

Pekerjaan manufaktur komponen sayap utama dan ekor KF-21 oleh PT Dirgantara Indonesia merupakan peluang untuk kembali bangkit dalam peta industri aerostructures global sekaligus menjadi pemasok bagi KAI. Posisi Indonesia dalam industri aerostructures di Asia Tenggara berada di belakang Singapura, Malaysia dan Thailand ditinjau dari nilai pendapatan.

Selama ini, fokus industri dirgantara di Indonesia adalah pada peran selaku Original Equipment Manufacturer dan cenderung mengabaikan tier 1, 2 dan 3. Industri aerostructures digolongkan sebagai tier 2 dalam industri dirgantara global.

Perakitan KF-21 di KAI, Korea (photo: Naver)

Akan tetapi menjadi pemasok komponen-komponen berbasis komposit pada KF-21 juga merupakan tantangan bagi PT Dirgantara Indonesia maupun pemerintah Indonesia. Sebab dibutuhkan investasi baru pada fasilitas produksi perusahaan tersebut, termasuk pengadaan tambahan permesinan untuk memproses komposit.

Misalnya akuisisi mesin-mesin CNC untuk komposit, begitu pula pembelian automated fibre placement. Sebagian fasilitas permesinan yang dipunyai oleh PT Dirgantara Indonesia saat ini sudah tidak efisien sekaligus tertinggal secara teknologi sebab dibeli di era kejayaan PT IPTN.

Fasilitas permesinan tersebut sudah harus dimodernisasi agar PT Dirgantara Indonesia dapat lebih efisien dalam produksi maupun bersaing dengan kompetitor. Tanpa modernisasi fasilitas produksi, akan semakin sulit bagi anak usaha BUMN itu untuk kembali bersaing dalam industri aerostructures global sekaligus dapat mengembalikan kepercayaan pemain internasional seperti Spirit AeroSystems dan Airbus.

Pada sisi lain, fakta menunjukkan bahwa perusahaan itu tidak memiliki kemampuan finansial dari kas sendiri untuk melaksanakan program modernisasi permesinan guna mendukung produksi.

Mengacu pada rencana Indonesia dalam program KF-21, pemerintah akan berinvestasi dalam pengadaan permesinan guna mendukung produksi komponen-komponen di PT Dirgantara Indonesia. Sampai sekarang belum terlihat bagaimana rencana tersebut akan direalisasikan dalam satu atau dua tahun ke depan, di mana pada 2026 merupakan tahun terakhir EMD KF-21.

Pasca 2026, pesawat tempur yang menggunakan radar AESA buatan Hanwha Systems akan mulai diproduksi secara massal, walaupun baru pada Block 1 yang hanya mempunyai kemampuan udara ke udara saja. Terkait dengan permintaan Indonesia kepada Korea Selatan untuk pengurangan kewajiban cost share program KF-21, terdapat beberapa pertanyaan penting.

PT DI telah menyiapkan mesin CNC untuk komposit, dan automated fibre placement sebagai fasilitas produksi IFX/KF-21 versi Indonesia (photo: MyLesat)

Apakah Indonesia masih akan memiliki hak untuk memproduksi sayap bagian kiri dan kanan, ekor tegak, ekor horizontal dan pylon apabila Seoul menyetujui permintaan Jakarta? Jika jawaban pertanyaan itu adalah iya, berapa banyak shipset yang akan diizinkan oleh Korea Selatan untuk dimanufaktur di Indonesia?

Apakah produksi komponen-komponen berbasis komposit tersebut hanya untuk KF-21 pesanan Indonesia saja? Ataukah kegiatan manufaktur juga mencakup pesanan dari Korea Selatan dan konsumen-konsumen lainnya?

Bila Indonesia tetap mendapatkan hak memproduksi sejumlah komponen KF-21 yang berbasis komposit, lalu bagaimana idle capacity yang dimiliki oleh PT Dirgantara Indonesia? Idle capacity yang dimaksud adalah masih tersedianya kapasitas manufaktur komponen yang berbasis komposit walaupun firma itu menjadi bagian dari global supply chain KAI untuk KF-21.

Apakah idle capacity akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan-perusahaan global seperti Spirit AeroSystems dan Airbus? Seperti telah dijelaskan, Boeing dan Airbus kini banyak mengadopsi komponen berbasis komposit untuk pesawat jarak jauh dan ultra jarak jauh seperti B787 dan A350.

Sebaliknya, jika Indonesia tidak lagi mempunyai hak melakukan manufaktur komponen-komponen KF-21 sebagai konsekuensi dari pengurangan drastis cost share, hal demikian akan menghilangkan satu peluang besar untuk membangkitkan kembali industri aerostructures di PT Dirgantara Indonesia.

Akan lenyap pula kesempatan bagi firma dirgantara tersebut untuk mendapatkan suntikan modal dari pemerintah lewat modernisasi fasilitas permesinan, termasuk untuk manufaktur komponen yang berbasis komposit. Sebagai konsekuensinya, akan semakin sukar untuk mengharapkan kebangkitan bisnis aerostructures perusahaan itu. (Alman Helvas Ali)

128 komentar:

  1. Ayo malon orangutan diberi kesepatan MEMBUAL sebanyak-banyaknya 😂🤣😂🤣😂🤣

    BalasHapus
  2. Sudah serius baca ternyata hanya opini seorang sales ... 🥱

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru baca judul saja, ane dah bisa tebak itu opini siapa...

      😂😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    2. panjang2 isinya KOSONG haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  3. Karena malu jadi tempat transit peserta Pitch Black, akhirnya geng sebelah AKAN ikut, tapi gak jelas mo kirim berapa bijik..

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    https://www.malaysiandefence.com/hornets-taking-part-in-pitch-black-2024/

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang uda dapet sponsor yaa om pedang?
      katanya mo kirim EMKAEM 2020..
      prasaan gak perna denger, yang ada EMKAI yak, om sblah haluw keknya yak haha!🤭🤭🤭

      Hapus
  4. 2024 Military Strength Ranking – GLOBAL FIRE POWER
    13. Indonesia
    22. Vietnam
    25. Thailand
    30. Singapura
    34. Filipina
    35. Myanmar
    42. Malaysia
    ---
    2024 DEFENSE BUDGET – GLOBAL FIRE POWER
    17. Indonesia = US$ 25 Billion
    28. Singapura = US$ 13,493 Billion
    39. Vietnam = US$ 7,9 Billion
    41. Thailand = US$ 7,7 Billion
    53. Malaysia = US$ 4,370 Billion
    =======================
    RELAX KOREA = "We need to adjust the ratio of cost sharing and secure additional funds so as not to cause delays in the KF-21 development program," Noh said.
    -----
    RELAX INDONESIA BUILD 48 KF21 = Despite the offer for less money and a reduced technology transfer, Indonesia's plan to build 48 aircraft at its local factory remains effective, a senior DAPA official said.
    -----
    RELAX 415 JUTA PELURU = "Sebelum diberi PMN (Penyertaan Modal negara), produksi Pindad untuk peluru ini 275 juta peluru. Setelah kita beri PMN sebesar Rp 700 miliar, produksinya meningkat jadi 415 juta peluru. Hampir dua kali lipat karena memiliki line tambahan dari PMN yang telah kita berikan,"
    -----
    RELAX EKSPOR TIAP BULAN KE USA = Dari dalam negeri, pesanan paling banyak datang dari Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto.
    “Kita sudah mengekspor amunisi 2 kontainer setiap bulan ke US. Sekarang juga banyak permintaan senjata, pistol dan kendaraan tempur dari Pindad,”
    -----
    RELAX EKSPOR PELURU SEJAK 2006 PT Pindad (Persero) telah cukup lama menggeluti penjualan ekspor. Terhitung mulai 2006 Pindad mulai menggiatkan ekspornya ke beberapa negara seperti Kamboja dan Nigeria untuk senapan serbu, Malaysia dan Australia untuk penanganan huru-hara, Korea Selatan, Singapura, Timor Leste, Filipina untuk amunisi, Laos untuk senjata dan amunisi, dan beberapa negara lainnya di kawasan Asia dengan rata-rata penjualan per tahun di kisaran 5 juta USD. Thailand tersendiri merupakan pelanggan ekspor utama saat ini bagi Pindad sejak tahun 2006 untuk produk amunisi kaliber kecil.
    -----
    RELAX EKSPOR CN235 Di kawasan ada Brunei yang memiliki 1 unit CN235. Selain itu sebanyak 8 unit dimiliki Tentera Udara Diraja Malaysia, 8 unit dimiliki Angkatan Udara Korea Selatan dan 4 unit untuk Polisi Korea Selatan, 4 unit untuk Pakistan, 7 unit untuk Uni Emirate Arab, 1 unit untuk Burkina Faso, dan 3 unit Senegal.
    -----
    RELAX EKSPOR RHIB Kapal patroli jenis rigid inflatable boat (RIB) atau sekoci cepat buatan Banyuwangi, Jawa Timur, telah dibeli angkatan laut Malaysia dan Singapura. Brunei Darussalam pun juga berminat membeli 12 kapal itu. Angkatan laut Singapura telah membeli 18 unit dan Malaysia juga telah membeli sekitar 24 unit.
    -----
    RELAX EKSPOR PARASUT MILITER Rupanya tak hanya instansi dan lembaga pemerintah yang menggunakan parasut produksinya, sejumlah negara sahabat juga sudah melirik parasut yang terkenal dengan kualitasnya ini. Tapi tak hanya parasut, pabrik Paiman juga membuat tenda, satuan militer dari Malaysia pun memesan 7.000 tenda,,
    -----
    RELAX EKSPOR MPCD HAWK Infoglobal melakukan pelepasan ekspor perdana produk avionik Multi Purpose Cockpit Display (MPCD) ke Malaysia pada Senin, 18 Oktober 2021. Seremoni pelepasan ekspor dilakukan dengan pemotongan pita di Workshop Infoglobal Surabaya dan disaksikan secara virtual dari Jakarta
    -----
    RELAX EKSPOR MRSS UEA The United Arab Emirates (UAE) announced it had awarded the Indonesian shipyard PT PAL an AED1.5 billion (USD408.32 million) contract to supply a “multimission vessel” during the IDEX 2023 show being held in Abu Dhabi from 20 to 24 February.
    -----
    RELAX EKSPOR B2 SSV FILIPINA Dipercayakannya PT PAL Indonesia dalam pengadaan 2 (dua) unit kapal perang jenis Landing Dock oleh Angkatan Laut Filipina, karena kepuasan Pemerintah Filipina dan Angkatan Laut Filipina atas pengoperasian 2 unit Landing Dock atau Strategic Sealift Vessel (SSV) yang telah diserahterimakan oleh PAL beberapa tahun lalu.

    BalasHapus
  5. Konon MkM tercanggih, tapi tak terbukti karena tak pernah ikut Pitch Black....

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  6. 2024 CONTRACT DASSAULT 42 RAFALE F4
    (Saint-Cloud, le 8 Janvier 2024) – La dernière tranche de 18 Rafale pour l’Indonésie est entrée en vigueur ce jour. Elle fait suite à l’entrée en vigueur, en septembre 2022 et en août 2023, de la première et de la deuxième tranche de 6 et 18 Rafale, et vient ainsi compléter le nombre d’avions en commande pour l’Indonésie dans le cadre du contrat signé en février 2022 pour l’acquisition de 42 Rafale.
    -------
    24 ATP = The Government of Indonesia has requested a sale for the regeneration and upgrade of 24 F-16C/D Block 25 aircraft and 28 F100-PW-200 or F100-PW-220E engines being granted as Excess Defense Articles. The upgrade includes the following major systems and components: LAU-129A/A Launchers, ALR-69 Radar Warning Receivers, ARC-164/186 Radios, Expanded Enhanced Fire Control (EEFC) or Commercial Fire Control, or Modular Mission Computers, ALQ-213 Electronic Warfare Management Systems, ALE-47 Countermeasures Dispenser Systems, Cartridge Actuated Devices/Propellant Actuated Devices (CAD/PAD), Situational Awareness Data Link, Enhance Position Location Reporting Systems (EPLRS), LN-260 (SPS version, non-PPS), and AN/AAQ-33 SNIPER or AN/AAQ-28 LITENING Targeting Systems
    =================
    10 ATP = WASHINGTON, May 6, 2024 - The State Department has made a determination approving a possible Foreign Military Sale to the Government of Malaysia of Sniper Advanced Targeting Pods and related equipment for an estimated cost of $80 million. The Defense Security Cooperation Agency delivered the required certification notifying Congress of this possible sale today.
    ------
    10 LCA 8 FLIT : Korea Aerospace Industries won the LCA / LIFT competition (which suffered a competitive challenge attempt) to supply the Royal Malaysian Air Force (RMAF or TUDM) with 18 light combat and advanced trainer aircraft. Eight of these aircraft are to be configured primarily as Lead Advanced Trainer (LIFT), while the remaining ten would be Light Fighter Aircraft (LCA) combat aircraft.
    ------
    PALM OIL : FA-50 light combat aircraft. Malaysia announced that at least half of the payment would be made in palm oil
    ------
    2024 BUDGET CONSTRAINTS DEFICIT= The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    ---
    +60 DATA SIPRI 2023...
    NO PHANTOMSTRIKE
    EJDER YALÇIN = YANG BAYAR PBB
    LCS DELAYED
    OPV DELAYED
    NO NSM
    RADAR EL/M-2032
    NO MICA
    NO AMRAAM

    BalasHapus
  7. Ternyata alaman lepas 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  8. MONUMEN UNTUK JIMAT KOS .....
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS ....
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS ....
    Sudah tentu, pemindahan MiG-29N sebagai monumen akan menutup pelbagai spekulasi alam maya berhubung masa depan pesawat tersebut.
    penamatan khidmat jet pejuang ini akan menjimatkan kira-kira RM260 juta. Selain itu, kos penyelenggaraan dan rawatan enjin serta kerangka pesawat bagi memanjangkan hayat MiG-29N di Rusia adalah begitu tinggi
    ---
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    18 MKM 2 YEARS TO DEATH The question is how long more can we fly it? 2 years ago ATSC said it had 2 years worth of spares. We can’t buy from the Russians [assuming they can fulfil the order in the first place] and HAL can’t supply everything we need. China? It too can’t supply all we need. The days of the type in RMAF service really seems numbered
    -----
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    The Malaysian government is facing a fresh corruption crisis after officials admitted that two US-made fighter jet engines had disappeared from an air force base after apparently being illicitly sold by military officers to a South American arms dealer.
    -----
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG ........
    48 SKYHAWK BEKAS HILANG
    The Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM, or Royal Malaysian Air Force) ordered 88 A-4s (25 A-4Cs and 63 A-4Ls), Only 40 PTM Skyhawks, 34 single seat versions and six two-seat trainers, were delivered......'
    ---
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    LCS DIBAYAR 6 JADI NOL = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
    -----
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    OPV DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13

    BalasHapus
  9. Kesian.... Hingga minta pemotongan pembayaran HUTANG KFX guys... 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  10. Dari 20% jadi 7%...? Woiiiii LAWAK apa ni...?🤣🤣🤣

    Saat ini Indonesia kembali meminta pemotongan kewajiban cost share program KF-21 kepada Korea Selatan dari 20% menjadi 7%. Alasan resmi di balik permintaan itu adalah sedikitnya teknologi yang dapat dialihkan oleh Seoul kepada Jakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus.. ini janjinya gemana... panglima udara TUDM... loh ini..


      Panglima Tentera Udara Jen Tan Sri Mohd Asghar Khan Goriman Khan berkata lawatan itu adalah untuk membincangkan mengenai perancangan memperoleh pesawat F/A-18D (Hornet) milik Tentera Udara Kuwait yang masih dalam keadaan baik dan mempunyai waktu jam operasi yang rendah berbanding pesawat Hornet TUDM sedia ada.

      "TUDM masih menaruh harapan untuk memiliki pesawat pejuang F/A-18D Hornet walaupun tindakan terkini oleh negara itu yang terpaksa menyelenggara dan menaik taraf pesawat Hornet sedia ada disebabkan penghantaran pesawat pejuang F/A-18E/F (Super Hornet) dibeli oleh Kuwait berdepan kelewatan.

      "Kuwait mempunyai 39 pesawat itu terdiri daripada dua dan satu tempat duduk sahaja. Jadi pada lawatan itu nanti pihak TUDM dan kerajaan Malaysia sendiri akan menentukan jumlah pesawat yang diperlukan," katanya pada sidang media di sini hari ini.





      masak dibuat bahan lawak...

      🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪

      Hapus
    2. kalau dikit yang dishare ngapain mesti bayar, mahal... untung kita masih concern..


      bego kau

      Hapus
  11. Guys geng GORILLA klaim konon budget pertahanan mereka naik.... Anggaran pertahanan mereka tidak naik tapi terpaksa dinaikkan kerana nilai RUPIAH jatuh ke paras antara terendah DI ASIA guys... 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. flooting exchange rate itu hubungannya sama export import lah, ato comodities ..


      ini alat pertahanan negara..

      dan kita ada juga export ngspain yang pusing kamu..

      UTANG GAMPANG BENTAR LUNAS.. 🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      KITA EXPORTIR COY...

      Dikutip Zonajakarta.com dari artikel terbitan Airtimes edisi 9 Januari 2024 yang berjudul "Contohi PT Pindad Indonesia jadi Gergasi Pertahanan Tembusi Pasaran Global", kolumnis sekaligus pakar militer serta pertahanan Malaysia, Zaki Salleh menyuruh negaranya meniru kesuksesan PT Pindad.

      Zaki Salleh awalnya memuji keberhasilan PT Pindad yang bekerja sama dengan Turki untuk memproduksi tank Harimau.Pengembangan Harimau bukan sekedar program satu hari atau dua hari atau copy paste, melainkan memobilisasi tenaga teknik lokal PT Pindad selama delapan tahun terakhir.Tank berbobot 30 ton ini juga telah dikonfirmasi oleh Tentara Nasional Indonesia - Tentara Nasional Indonesia (TNI-AD) dan akan masuk inventaris republik.

      Hal ini juga merupakan bagian dari keberhasilan yang telah dirintis oleh PT Pindad sebagai perusahaan pelindung peralatan infrastruktur darat unggulan di Indonesia," tulisnya di Airtimes Malaysia.

      Anoa 6x6, Komodo 6x6 dan Maung yang merupakan karya PT Pindad juga membuat kagum pakar militer Malaysia tersebut.Kesuksesan PT Pindad memproduksi senapan SS2-V1 menambah kekaguman pengamat militer Malaysia.

      "Sejak tahun 2006, PT Pindad telah menjual senjata ke luar negeri seperti Kamboja, Laos, Nigeria, dan Uni Emirat Arab.

      Tak hanya senjata, PT Pindad juga mengekspor amunisi ke Korea Selatan, Singapura, Timor Leste, Laos, dan Filipina dengan nilai ekspor US$5 juta per tahun.




      🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣


      SEBELAH BUAT APA..

      SENJATA PSNGLINA UPINIPIN.. VITABERANAK..

      NAIK KAPAL MAHAMANGKRAK...

      DISERANG DENGAN RANPUR GEMPITARIA...

      🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣
      🤪🤪🤪🤪🤪🤪

      Hapus
  12. Anggaran pertahanan INDON naik kerana mata wang RUPIAH JATUH berbanding dolar.... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. komentar tidak bermutu,

      ini type orang miskin dan tolol yang komen.. tanya..

      😂😂😂😂😂

      Hapus
  13. Sebelumnya 1 USD Bersamaan Rp15.000 nah sekarang... 1 USD bersamaan Rp16.4000...🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum selesai lo hitung uda mokad.. ketembak kcr 60 kami..
      xixixi

      🤪🤪🤪🤪🤪

      Hapus
  14. Woiiii.... Kalau sekadar 7% buat RODA KFX saja la woiiii... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekelas roda pesawat saja Industri dirgantara malasya tidak bisa buat 🤣🤣

      Hapus
    2. Pssstttt.... Bukan lagi RODA kenderaan BUATAN MALAYSIA sudah tersebar seluruh dunia.. Esemka apa kabar.... 🤣🤣🗽

      Hapus
    3. Psssssttt... roda pesawat..brisik.
      bedak sama gincu saya mana... balikin dong...

      Hapus
  15. Kesian dari 20% jadi 7% guys... 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Guyyss... gempur pake bedak sama gincu belum dkembalikan.. gimana ini guyyss..

      Hapus
  16. Buat apa bayar lebih kalau teknologi yang tidak dikasih korsel sudah Indonesia dapatkan dari mitra lain 😁, indonesia tidak bodoh seperti Malaysia yang memesan dan membayar untuk 6 kapal tapi hanya terima 5 dan harus bayar lagi untuk menyelesaikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah beda kualitas perencana pertahanan indonesia dengan Malaysia 😌😁

      Hapus
    2. kalau perlu ngapain bayar.. langsung pulang aja.. kita dapetnya juga dikit sekali..

      mending yang battle proven lah..

      omongan soal BEP kemungkinan masuk..

      Hapus
  17. Parah.. Ngemis minta POTONG PEMBAYARAN guys.... Dari 20% jadi 7%...? Woiiiii LAWAK apa ni...?🤣🤣🤣

    Saat ini Indonesia kembali meminta pemotongan kewajiban cost share program KF-21 kepada Korea Selatan dari 20% menjadi 7%. Alasan resmi di balik permintaan itu adalah sedikitnya teknologi yang dapat dialihkan oleh Seoul kepada Jakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jd jls ya Lon, alsanya jls bkn krna tk de duit macam malon tp krna sbrpa persen trsnsfer teknologi yg diterima.....
      Otak kau sampai tk mencerna...

      Hapus
    2. Wow... KD GANAS..

      Ooo.. Gemas...

      KD GAAANAASS...

      Hmmmm ... KD Gemas

      Ge..Ge.. GAAA.. NAASS.. NASS..

      Hmmm.. kok seperti nama buah.. NANAS...

      AAAaaaaaa.......

      Hapus
  18. Guys geng GORILLA klaim konon budget pertahanan mereka naik....

    Anggaran pertahanan mereka tidak naik tapi terpaksa dinaikkan kerana nilai RUPIAH jatuh ke paras antara terendah DI ASIA berbanding dolar guys... 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada pengaruhnya karena saat penyusunan anggaran sudah dipikirkan depresi nilai rupiah terhadap dollar, beruntung Indonesia memiliki para perencana militer dan keuangan yang mumpuni, sehingga rasio hutang terhadap PDB tidak sampai 60 persen seperti malasya 🤣🤣

      Hapus
  19. Parah NGEMIS lagi minta POTONG PEMBAYARAN... 🤣🤣🤣

    Saat ini Indonesia kembali meminta pemotongan kewajiban cost share program KF-21 kepada Korea Selatan dari 20% menjadi 7%. Alasan resmi di balik permintaan itu adalah sedikitnya teknologi yang dapat dialihkan oleh Seoul kepada Jakarta.
    Tentu saja akan ada konsekuensi komersial bagi Indonesia apabila kewajiban cost share program KF-21 berkurang menjadi 7% saja. Salah satunya terkait dengan peluang Indonesia menjadi bagian dari global supply chain jet tempur bermesin ganda tersebut.

    BalasHapus
  20. HAH...
    KD JEMBUT....?
    😂🤣😂🤣😂🤣

    BalasHapus
  21. Buat MALU ASEAN je.... 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang ASEAN apa...? Kasih makan Indonesia...wkwkwk..malon2 sok2nanmseperi negara kaya....beli kapal cuma 3 ketul, beli drone 3 ketul sembangnya sundul langit menghina negara Indonesia ...malaysia bisa apa...hak ada seujung kukunya Indonesia...

      Hapus
    2. Panglima Tentera Udara Jen Tan Sri Mohd Asghar Khan Goriman Khan berkata lawatan itu adalah untuk membincangkan mengenai perancangan memperoleh pesawat F/A-18D (Hornet) milik Tentera Udara Kuwait yang masih dalam keadaan baik dan mempunyai waktu jam operasi yang rendah berbanding pesawat Hornet TUDM sedia ada.

      "TUDM masih menaruh harapan untuk memiliki pesawat pejuang F/A-18D Hornet walaupun tindakan terkini oleh negara itu yang terpaksa menyelenggara dan menaik taraf pesawat Hornet sedia ada disebabkan penghantaran pesawat pejuang F/A-18E/F (Super Hornet) dibeli oleh Kuwait berdepan kelewatan.

      "Kuwait mempunyai 39 pesawat itu terdiri daripada dua dan satu tempat duduk sahaja. Jadi pada lawatan itu nanti pihak TUDM dan kerajaan Malaysia sendiri akan menentukan jumlah pesawat yang diperlukan," katanya pada sidang media di sini hari ini.



      terus mulutnya ini..????


      🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪

      Hapus
    3. Pur .. katanya mau make up seperti BTS...
      kenapa jadinya mirip Joker..

      Hapus
  22. Kesian.. Akibat tiada wang... 🤣🤣🤣

    Saat ini Indonesia kembali meminta pemotongan kewajiban cost share program KF-21 kepada Korea Selatan dari 20% menjadi 7%. Alasan resmi di balik permintaan itu adalah sedikitnya teknologi yang dapat dialihkan oleh Seoul kepada Jakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sudah.. klo kau tak de wang..
      Jangan tiru BTS lah..
      Cukup jadi Joker lah

      Hapus
  23. 20% POTONG jadi 7%.....🤣🤣🤣🤣MISKIN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pur katanya kau fans BTS..
      kenapa nyanyi nya lagu potong bebek angsa..

      Hapus
  24. Kapal LMS malasya yang dipesan dari turki, kapan steel cuttingnya?? 😁, ternyata ke Turki kemaren cuma jalan jalan saja 🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya emang.. MoU.. LoI.. akan.. bosan dah...

      🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  25. NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    Bercakap di Parlimen semalam, Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab
    -----
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS .....
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS ....
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS ....
    Sudah tentu, pemindahan MiG-29N sebagai monumen akan menutup pelbagai spekulasi alam maya berhubung masa depan pesawat tersebut.
    penamatan khidmat jet pejuang ini akan menjimatkan kira-kira RM260 juta. Selain itu, kos penyelenggaraan dan rawatan enjin serta kerangka pesawat bagi memanjangkan hayat MiG-29N di Rusia adalah begitu tinggi
    ---
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    18 MKM 2 YEARS TO DEATH The question is how long more can we fly it? 2 years ago ATSC said it had 2 years worth of spares. We can’t buy from the Russians [assuming they can fulfil the order in the first place] and HAL can’t supply everything we need. China? It too can’t supply all we need. The days of the type in RMAF service really seems numbered
    -----
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    The Malaysian government is facing a fresh corruption crisis after officials admitted that two US-made fighter jet engines had disappeared from an air force base after apparently being illicitly sold by military officers to a South American arms dealer.
    -----
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG ........
    48 SKYHAWK BEKAS HILANG
    The Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM, or Royal Malaysian Air Force) ordered 88 A-4s (25 A-4Cs and 63 A-4Ls), Only 40 PTM Skyhawks, 34 single seat versions and six two-seat trainers, were delivered......'
    ---
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    LCS DIBAYAR 6 JADI NOL = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
    -----
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    OPV DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13

    BalasHapus
  26. Miskin?? 🤔 Kalau miskin Indonesia tidak akan beli pesawat 1 skuadron pesawat tempur baru untuk kawal ruang udara IKN 🙈🙉🙊

    BalasHapus
  27. SCANDALS = Now and then, by exception, scandals spill out into the public domain, like Bumiputera Malaysia Finance 1982, Bank Negara’s FX losses in the 1980s and 1990s, the Scorpene submarines of 2002, the National Feedlot scandal – “cowgate” – of 2012, 1MDB, and the latest LCS naval procurement. But these are just the tip of the iceberg of systematic pilferage. It has become the institutional norm.
    ---
    KLEPTOCRACY = Although it began in Malaysia, the scandal's global scope implicated institutions and individuals in politics, banking, and entertainment, and led to criminal investigations in a number of nations. The 1MDB scandal has been described as "one of the world's greatest financial scandals" and declared by the United States Department of Justice as the "largest kleptocracy case to date"
    ---
    RINGGITS FALL Malaysian ringgit's fall puts central bank, government on alert country 'ready' to intervene after currency hits lowest level since Asian crisis
    ----
    SPENDING CUTS : Malaysia’s government plans to reduce its budget deficit in 2024 through a combination of spending cuts, new taxes and reduced debt payments
    ---
    2024 DEFICIT 4.3% = The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    ----
    2023 DEFISIT 5% : The Malaysian government remains committed to fiscal consolidation with the fiscal deficit expected to improve to 4.3% of GDP by end-2024 (2023e: 5.0%)
    ----
    2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    ----
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ----
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    ----
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    ----
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    ----
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    ----
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang..

    BalasHapus
  28. SCANDALS = Now and then, by exception, scandals spill out into the public domain, like Bumiputera Malaysia Finance 1982, Bank Negara’s FX losses in the 1980s and 1990s, the Scorpene submarines of 2002, the National Feedlot scandal – “cowgate” – of 2012, 1MDB, and the latest LCS naval procurement. But these are just the tip of the iceberg of systematic pilferage. It has become the institutional norm.
    ---
    KLEPTOCRACY = Although it began in Malaysia, the scandal's global scope implicated institutions and individuals in politics, banking, and entertainment, and led to criminal investigations in a number of nations. The 1MDB scandal has been described as "one of the world's greatest financial scandals" and declared by the United States Department of Justice as the "largest kleptocracy case to date"
    ---
    RINGGITS FALL Malaysian ringgit's fall puts central bank, government on alert country 'ready' to intervene after currency hits lowest level since Asian crisis
    ----
    SPENDING CUTS : Malaysia’s government plans to reduce its budget deficit in 2024 through a combination of spending cuts, new taxes and reduced debt payments
    ---
    2024 DEFICIT 4.3% = The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    ----
    2023 DEFISIT 5% : The Malaysian government remains committed to fiscal consolidation with the fiscal deficit expected to improve to 4.3% of GDP by end-2024 (2023e: 5.0%)
    ----
    2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    ----
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ----
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    ----
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    ----
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    ----
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    ----
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang..

    BalasHapus
  29. SCANDALS = Now and then, by exception, scandals spill out into the public domain, like Bumiputera Malaysia Finance 1982, Bank Negara’s FX losses in the 1980s and 1990s, the Scorpene submarines of 2002, the National Feedlot scandal – “cowgate” – of 2012, 1MDB, and the latest LCS naval procurement. But these are just the tip of the iceberg of systematic pilferage. It has become the institutional norm.
    ---
    KLEPTOCRACY = Although it began in Malaysia, the scandal's global scope implicated institutions and individuals in politics, banking, and entertainment, and led to criminal investigations in a number of nations. The 1MDB scandal has been described as "one of the world's greatest financial scandals" and declared by the United States Department of Justice as the "largest kleptocracy case to date"
    ---
    RINGGITS FALL Malaysian ringgit's fall puts central bank, government on alert country 'ready' to intervene after currency hits lowest level since Asian crisis
    ----
    SPENDING CUTS : Malaysia’s government plans to reduce its budget deficit in 2024 through a combination of spending cuts, new taxes and reduced debt payments
    ---
    2024 DEFICIT 4.3% = The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    ----
    2023 DEFISIT 5% : The Malaysian government remains committed to fiscal consolidation with the fiscal deficit expected to improve to 4.3% of GDP by end-2024 (2023e: 5.0%)
    ----
    2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    ----
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ----
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    ----
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    ----
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    ----
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    ----
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang..
    😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝

    BalasHapus
  30. Pssstttt... 1USD bersamaan Rp 16.500.... 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Psssttt... kata PM malay... mau pakai bahasa Indonesia di sana.. krn bahasa melayu ngga mutu..

      Hapus
    2. lama lama pake boso suroboyo an lah

      🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  31. Sebaiknya aircrott aja yg kembangkan 😁😁😁😁😁

    BalasHapus
  32. PT DI dapat tugas bikin bagian dengan beban paling tinggi?🤔

    Baca artikelnya, kesan saya teknologi lockheed lumayan banyak yg diterapkan di pesawat ini. Tetapi bagian mana tidak disebut. Masak teknologinya hanya di struktur badan pesawat?

    Radar KorSel, sedangkan antena dari Inggris. Cockpit avionics saya yakin perusahaan KorSel tidak perlu bantuan Lockheed. Hal yg berhubungan dengan elektromagnetik sedikit sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. krn judulnya bisnis aerostruktur,
      doi kwatir klo dlm proyek JV dgn koryo kita kurangin setoran, kira2 fetedei tetep masyuk gak dlm global chain pespur boramae gak?
      naa klo efek pengurangan menyebabkan fetedei ditendang dr rantai bisnis maka bakal rugi krn proyek ini adalah kesempatan fetedei dapet kucuran dana buat mengapgred teknologi manufaktur yg dipake sedjak 70an
      ke manufatur komposit.
      pesawat bowing & erbas 50% komposit, maksud doi, sambil nyelam minum champagne cuan komponen pesawat sipil om irs, ituw kalo mao cuan dr bisnis aerostrutur kyk sebla haha!☺️☺️☺️

      pertanyaannye, dari contoh mesin yg dia sebut, prasaan uda dibeli sperti autoclave yg dipoto mimin
      emang yg laen belum?
      yaa kale autoclave ama robotic uda dibeli tp automated fibre placement dll belom? kan aneh haha!🤭🤭🤭

      Hapus
    2. Seingatku bisnis aerostruktur mereka yg paling untung. Jadi beli peralatan produksi buat bagian tersebut harusnya gampang. Bagian assembly fixed wing yg seharusnya agak khawatir.

      Sebenarnya PT DI juga sudah bagian dari global supply chain. Kurang tahu ikut A350 atau tidak, tetapi yg pasti bisnis buat A380 sudah berhenti.

      Hapus
  33. Ada yg kepanasan 😂😂😂,meledak 💥💥💥💥😂😂😂
    TEKNOLOGI NYA SUDAH KAMI CURI PUR, SEPERTI KATAMU, JADI KENAPA HARUS BAYAR MAHAL2 😂😂😂😂

    BalasHapus
  34. Pameran pesawat usang Malon. Ha ha ha

    https://www.zonajakarta.com/nasional/67312926173/malaysia-punya-pesawat-canggih-nan-mahal-f-18-hornet-tapi-hidup-tak-tenang-karena-tak-bisa-kendalikan

    BalasHapus
  35. Hebat ya insinyur indonesia pur, bisa mengambil data teknologi tinggi militer 😁😁😁, bukan seperti kalian yg mencuri hal2 receh, seperti budaya dan makanan 😂😂😂

    BalasHapus
  36. Maknanya INDON terpaksa Naikkan Anggaran sekali ganda kerana nilai mata wang sudah jatuh di paras rendah berbanding USD... 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangla hidup senang makan ringgit malingchia ya pur 😂😂😂,sehingga warga malon pada protes dan ngamuk 😂😂😂

      Hapus
  37. Ada yg kepanasan 😂😂😂,meledak 💥💥💥💥😂😂😂
    TEKNOLOGI NYA SUDAH KAMI CURI PUR, SEPERTI KATAMU, JADI KENAPA HARUS BAYAR MAHAL2 😂😂😂😂

    BalasHapus
  38. 2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    ============================
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    Bercakap di Parlimen semalam, Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab
    -----
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS .....
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS ....
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS ....
    Sudah tentu, pemindahan MiG-29N sebagai monumen akan menutup pelbagai spekulasi alam maya berhubung masa depan pesawat tersebut.
    penamatan khidmat jet pejuang ini akan menjimatkan kira-kira RM260 juta. Selain itu, kos penyelenggaraan dan rawatan enjin serta kerangka pesawat bagi memanjangkan hayat MiG-29N di Rusia adalah begitu tinggi
    ---
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    18 MKM 2 YEARS TO DEATH The question is how long more can we fly it? 2 years ago ATSC said it had 2 years worth of spares. We can’t buy from the Russians [assuming they can fulfil the order in the first place] and HAL can’t supply everything we need. China? It too can’t supply all we need. The days of the type in RMAF service really seems numbered
    -----
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    The Malaysian government is facing a fresh corruption crisis after officials admitted that two US-made fighter jet engines had disappeared from an air force base after apparently being illicitly sold by military officers to a South American arms dealer.
    -----
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG ........
    48 SKYHAWK BEKAS HILANG
    The Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM, or Royal Malaysian Air Force) ordered 88 A-4s (25 A-4Cs and 63 A-4Ls), Only 40 PTM Skyhawks, 34 single seat versions and six two-seat trainers, were delivered......'
    ---
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    LCS DIBAYAR 6 JADI NOL = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
    -----
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    OPV DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13

    BalasHapus
  39. 2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    ============================
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    Bercakap di Parlimen semalam, Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab
    -----
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS .....
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS ....
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS ....
    Sudah tentu, pemindahan MiG-29N sebagai monumen akan menutup pelbagai spekulasi alam maya berhubung masa depan pesawat tersebut.
    penamatan khidmat jet pejuang ini akan menjimatkan kira-kira RM260 juta. Selain itu, kos penyelenggaraan dan rawatan enjin serta kerangka pesawat bagi memanjangkan hayat MiG-29N di Rusia adalah begitu tinggi
    ---
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    18 MKM 2 YEARS TO DEATH The question is how long more can we fly it? 2 years ago ATSC said it had 2 years worth of spares. We can’t buy from the Russians [assuming they can fulfil the order in the first place] and HAL can’t supply everything we need. China? It too can’t supply all we need. The days of the type in RMAF service really seems numbered
    -----
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    The Malaysian government is facing a fresh corruption crisis after officials admitted that two US-made fighter jet engines had disappeared from an air force base after apparently being illicitly sold by military officers to a South American arms dealer.
    -----
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG ........
    48 SKYHAWK BEKAS HILANG
    The Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM, or Royal Malaysian Air Force) ordered 88 A-4s (25 A-4Cs and 63 A-4Ls), Only 40 PTM Skyhawks, 34 single seat versions and six two-seat trainers, were delivered......'
    ---
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    LCS DIBAYAR 6 JADI NOL = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
    -----
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    OPV DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13

    BalasHapus
  40. Saya GELAK je bila lihat geng GORILLA lompat lompat klaim konon anggaran pertahanan mereka naik.... 🤣🤣🤣

    Bukan naik tapi kerana nilai mata wang sebelah jatuh jadi oeebelanjaan naik sekali ganda... 🤣🤣🤪

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
      2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
      2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
      2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
      2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
      The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
      ============================
      NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
      NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
      NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
      Bercakap di Parlimen semalam, Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab
      -----
      MONUMEN UNTUK JIMAT KOS .....
      MONUMEN UNTUK JIMAT KOS ....
      MONUMEN UNTUK JIMAT KOS ....
      Sudah tentu, pemindahan MiG-29N sebagai monumen akan menutup pelbagai spekulasi alam maya berhubung masa depan pesawat tersebut.
      penamatan khidmat jet pejuang ini akan menjimatkan kira-kira RM260 juta. Selain itu, kos penyelenggaraan dan rawatan enjin serta kerangka pesawat bagi memanjangkan hayat MiG-29N di Rusia adalah begitu tinggi
      ---
      JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
      JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
      JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
      18 MKM 2 YEARS TO DEATH The question is how long more can we fly it? 2 years ago ATSC said it had 2 years worth of spares. We can’t buy from the Russians [assuming they can fulfil the order in the first place] and HAL can’t supply everything we need. China? It too can’t supply all we need. The days of the type in RMAF service really seems numbered
      -----
      JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
      JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
      JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
      The Malaysian government is facing a fresh corruption crisis after officials admitted that two US-made fighter jet engines had disappeared from an air force base after apparently being illicitly sold by military officers to a South American arms dealer.
      -----
      JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
      JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
      JAGA-JAGA PESAWAT HILANG ........
      48 SKYHAWK BEKAS HILANG
      The Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM, or Royal Malaysian Air Force) ordered 88 A-4s (25 A-4Cs and 63 A-4Ls), Only 40 PTM Skyhawks, 34 single seat versions and six two-seat trainers, were delivered......'
      ---
      JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
      JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
      JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
      LCS DIBAYAR 6 JADI NOL = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
      -----
      JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
      JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
      JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
      OPV DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13.
      😝DEFISIT = NGEMIS GROUNDED MANGKRAK JADI MONUMEN😝

      Hapus
  41. 2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    ============================
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    Bercakap di Parlimen semalam, Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab
    -----
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS .....
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS ....
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS ....
    Sudah tentu, pemindahan MiG-29N sebagai monumen akan menutup pelbagai spekulasi alam maya berhubung masa depan pesawat tersebut.
    penamatan khidmat jet pejuang ini akan menjimatkan kira-kira RM260 juta. Selain itu, kos penyelenggaraan dan rawatan enjin serta kerangka pesawat bagi memanjangkan hayat MiG-29N di Rusia adalah begitu tinggi
    ---
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    18 MKM 2 YEARS TO DEATH The question is how long more can we fly it? 2 years ago ATSC said it had 2 years worth of spares. We can’t buy from the Russians [assuming they can fulfil the order in the first place] and HAL can’t supply everything we need. China? It too can’t supply all we need. The days of the type in RMAF service really seems numbered
    -----
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    The Malaysian government is facing a fresh corruption crisis after officials admitted that two US-made fighter jet engines had disappeared from an air force base after apparently being illicitly sold by military officers to a South American arms dealer.
    -----
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG ........
    48 SKYHAWK BEKAS HILANG
    The Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM, or Royal Malaysian Air Force) ordered 88 A-4s (25 A-4Cs and 63 A-4Ls), Only 40 PTM Skyhawks, 34 single seat versions and six two-seat trainers, were delivered......'
    ---
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    LCS DIBAYAR 6 JADI NOL = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
    -----
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    OPV DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13.
    😝DEFISIT = NGEMIS GROUNDED MANGKRAK JADI MONUMEN😝

    BalasHapus
  42. 2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    ============================
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    Bercakap di Parlimen semalam, Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab
    -----
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS .....
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS ....
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS ....
    Sudah tentu, pemindahan MiG-29N sebagai monumen akan menutup pelbagai spekulasi alam maya berhubung masa depan pesawat tersebut.
    penamatan khidmat jet pejuang ini akan menjimatkan kira-kira RM260 juta. Selain itu, kos penyelenggaraan dan rawatan enjin serta kerangka pesawat bagi memanjangkan hayat MiG-29N di Rusia adalah begitu tinggi
    ---
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    18 MKM 2 YEARS TO DEATH The question is how long more can we fly it? 2 years ago ATSC said it had 2 years worth of spares. We can’t buy from the Russians [assuming they can fulfil the order in the first place] and HAL can’t supply everything we need. China? It too can’t supply all we need. The days of the type in RMAF service really seems numbered
    -----
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    The Malaysian government is facing a fresh corruption crisis after officials admitted that two US-made fighter jet engines had disappeared from an air force base after apparently being illicitly sold by military officers to a South American arms dealer.
    -----
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG ........
    48 SKYHAWK BEKAS HILANG
    The Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM, or Royal Malaysian Air Force) ordered 88 A-4s (25 A-4Cs and 63 A-4Ls), Only 40 PTM Skyhawks, 34 single seat versions and six two-seat trainers, were delivered......'
    ---
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    LCS DIBAYAR 6 JADI NOL = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
    -----
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    OPV DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13.
    😝DEFISIT = NGEMIS GROUNDED MANGKRAK JADI MONUMEN😝

    BalasHapus
  43. 2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    ============================
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    Bercakap di Parlimen semalam, Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab
    -----
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS .....
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS ....
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS ....
    Sudah tentu, pemindahan MiG-29N sebagai monumen akan menutup pelbagai spekulasi alam maya berhubung masa depan pesawat tersebut.
    penamatan khidmat jet pejuang ini akan menjimatkan kira-kira RM260 juta. Selain itu, kos penyelenggaraan dan rawatan enjin serta kerangka pesawat bagi memanjangkan hayat MiG-29N di Rusia adalah begitu tinggi
    ---
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    18 MKM 2 YEARS TO DEATH The question is how long more can we fly it? 2 years ago ATSC said it had 2 years worth of spares. We can’t buy from the Russians [assuming they can fulfil the order in the first place] and HAL can’t supply everything we need. China? It too can’t supply all we need. The days of the type in RMAF service really seems numbered
    -----
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    The Malaysian government is facing a fresh corruption crisis after officials admitted that two US-made fighter jet engines had disappeared from an air force base after apparently being illicitly sold by military officers to a South American arms dealer.
    -----
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG ........
    48 SKYHAWK BEKAS HILANG
    The Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM, or Royal Malaysian Air Force) ordered 88 A-4s (25 A-4Cs and 63 A-4Ls), Only 40 PTM Skyhawks, 34 single seat versions and six two-seat trainers, were delivered......'
    ---
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA LCS MANGKRAK .........
    LCS DIBAYAR 6 JADI NOL = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
    -----
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    JAGA-JAGA OPV MANGKRAK .........
    OPV DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13.
    😝DEFISIT = NGEMIS GROUNDED MANGKRAK HILANG JADI MONUMEN😝

    BalasHapus
  44. Jadi faham sudah kan kenapa sebelah TU GAGAL BAYAR HUTANG KFX.. 🤣🤣..

    BalasHapus
  45. 2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    ============================
    SCANDALS = Now and then, by exception, scandals spill out into the public domain, like Bumiputera Malaysia Finance 1982, Bank Negara’s FX losses in the 1980s and 1990s, the Scorpene submarines of 2002, the National Feedlot scandal – “cowgate” – of 2012, 1MDB, and the latest LCS naval procurement. But these are just the tip of the iceberg of systematic pilferage. It has become the institutional norm.
    ---
    KLEPTOCRACY = Although it began in Malaysia, the scandal's global scope implicated institutions and individuals in politics, banking, and entertainment, and led to criminal investigations in a number of nations. The 1MDB scandal has been described as "one of the world's greatest financial scandals" and declared by the United States Department of Justice as the "largest kleptocracy case to date"
    ---
    RINGGITS FALL Malaysian ringgit's fall puts central bank, government on alert country 'ready' to intervene after currency hits lowest level since Asian crisis
    ----
    SPENDING CUTS : Malaysia’s government plans to reduce its budget deficit in 2024 through a combination of spending cuts, new taxes and reduced debt payments
    ---
    2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    ----
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ----
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    ----
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    ----
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    ----
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    ----
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.

    BalasHapus
  46. HAH....
    KD JEMBUT...?
    😂🤣😂🤣😂🤣

    BalasHapus
  47. Ertinya kini sebelah terpaksa berbelanja 2 kali ganda untuk Benda yang sama ya guys.... 1USD bersamaan Rp16.500...🤣🤣🙏..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadinya yg benar harga gincu berapa pur... RM16.450 atw RM16.500 per USD

      Hapus
  48. Ertinya kini sebelah terpaksa berbelanja 2 kali ganda untuk Benda yang sama ya guys.... 1USD bersamaan Rp16.500...🤣🤣🙏

    BalasHapus
  49. Parah... POTONG HABIS dari 20% jadi 7%...... 🤣🤣🤣🤣

    AKIBAT tiada wang bayar HUTANG KFX... 🤣🤣

    BalasHapus
  50. 2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    ============================
    SCANDALS = Now and then, by exception, scandals spill out into the public domain, like Bumiputera Malaysia Finance 1982, Bank Negara’s FX losses in the 1980s and 1990s, the Scorpene submarines of 2002, the National Feedlot scandal – “cowgate” – of 2012, 1MDB, and the latest LCS naval procurement. But these are just the tip of the iceberg of systematic pilferage. It has become the institutional norm.
    ---
    KLEPTOCRACY = Although it began in Malaysia, the scandal's global scope implicated institutions and individuals in politics, banking, and entertainment, and led to criminal investigations in a number of nations. The 1MDB scandal has been described as "one of the world's greatest financial scandals" and declared by the United States Department of Justice as the "largest kleptocracy case to date"
    ---
    RINGGITS FALL Malaysian ringgit's fall puts central bank, government on alert country 'ready' to intervene after currency hits lowest level since Asian crisis
    ----
    SPENDING CUTS : Malaysia’s government plans to reduce its budget deficit in 2024 through a combination of spending cuts, new taxes and reduced debt payments
    ---
    2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    ----
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ----
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    ----
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    ----
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    ----
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    ----
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.

    BalasHapus
  51. SALAM 20% POTONG tinggal 7%...🤣🤣🤣.... KESIAN... 🤪🤪

    BalasHapus
  52. HAH....
    KD LAKSAMANA TAN PUSSY...?
    😂🤣😂🤣😂🤣

    BalasHapus
  53. 2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    ============================
    SCANDALS = Now and then, by exception, scandals spill out into the public domain, like Bumiputera Malaysia Finance 1982, Bank Negara’s FX losses in the 1980s and 1990s, the Scorpene submarines of 2002, the National Feedlot scandal – “cowgate” – of 2012, 1MDB, and the latest LCS naval procurement. But these are just the tip of the iceberg of systematic pilferage. It has become the institutional norm.
    ---
    KLEPTOCRACY = Although it began in Malaysia, the scandal's global scope implicated institutions and individuals in politics, banking, and entertainment, and led to criminal investigations in a number of nations. The 1MDB scandal has been described as "one of the world's greatest financial scandals" and declared by the United States Department of Justice as the "largest kleptocracy case to date"
    ---
    RINGGITS FALL Malaysian ringgit's fall puts central bank, government on alert country 'ready' to intervene after currency hits lowest level since Asian crisis
    ----
    SPENDING CUTS : Malaysia’s government plans to reduce its budget deficit in 2024 through a combination of spending cuts, new taxes and reduced debt payments
    ---
    2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    ----
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ----
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    ----
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    ----
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    ----
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    ----
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.
    😝BUDGET CONSTRAINTS = NO SHOPING PRANK LOI PRANK LOA PRANK MOU😝

    BalasHapus
  54. DEFISIT BUDGET CONSTRAINTS =
    NO SHOPPING
    PRANK LOI
    PRANK LOA
    PRANK MOU
    The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    ============================
    SCANDALS = Now and then, by exception, scandals spill out into the public domain, like Bumiputera Malaysia Finance 1982, Bank Negara’s FX losses in the 1980s and 1990s, the Scorpene submarines of 2002, the National Feedlot scandal – “cowgate” – of 2012, 1MDB, and the latest LCS naval procurement. But these are just the tip of the iceberg of systematic pilferage. It has become the institutional norm.
    ---
    KLEPTOCRACY = Although it began in Malaysia, the scandal's global scope implicated institutions and individuals in politics, banking, and entertainment, and led to criminal investigations in a number of nations. The 1MDB scandal has been described as "one of the world's greatest financial scandals" and declared by the United States Department of Justice as the "largest kleptocracy case to date"
    ---
    RINGGITS FALL Malaysian ringgit's fall puts central bank, government on alert country 'ready' to intervene after currency hits lowest level since Asian crisis
    ----
    SPENDING CUTS : Malaysia’s government plans to reduce its budget deficit in 2024 through a combination of spending cuts, new taxes and reduced debt payments
    ---
    2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    ----
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ----
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    ----
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    ----
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    ----
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    ----
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.

    BalasHapus
  55. anggaran kita naik dari $ 9 milyar jadi $ 9.5 milyar dolar uhuyyy haha!🤑🤑🤑

    beda ama seblah si kl akibat kurs jatuh tetap kecil haha!😂😂😂

    BalasHapus
  56. GEMPURWIRA 17 Juni 2024 pukul 11.39
    Mantap.... Mana negara yang kapalnya saiz kecil kecil saja tu... Malah ketahanan belayar hanya 5 hari je... 🤣🤣🤣

    ________________

    KAPAL KECIL

    1x57mm NEW NAVAL GUNS.
    1x30mm 6 BARRELS CIWS.
    4x C705 & EXOCET B3 SSM

    VS

    KAPAL BESAR USANG TUA

    ONLY OLD GUNS alias GUN BOAT WW2


    😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. di udara ANKA OMPONG..
      F18 OMPONG JUGA..


      NAIK KAPAL KD JEMBUT..
      ARMADA MAHAMANGKRAK JAYA..

      BERSENJATA VITALONTE..


      🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  57. GEMPURWIRA 17 Juni 2024 pukul 11.39
    Mantap.... Mana negara yang kapalnya saiz kecil kecil saja tu... Malah ketahanan belayar hanya 5 hari je... 🤣🤣🤣

    ________________


    YANG AKU PAHAM DI FOTO-FOTO ITU SEMUANYA KAPAL

    -USANG.
    -LOW KUALIFIKASI.
    -TUA.
    -KARATAN.

    -OMPONG, NO SSM, NO SAMA, NO TORPEDO.. ONLY GUNS TUA.


    ALIAS KAPAL SAMPAH TAK BERGUNA

    BalasHapus
  58. GILA MENHAN & KEMHAN RI JAHAT BANGET & TIDAK PUNYA ITIKAD BAIK PADA KEMANDIRIAN NKRI DI ALUTSISTA KEMAJUAN PTDI ,KEMAJUAN INDUSTRI DIRGANTARA INDONESIA APALAGI PADA PRESTASI REFORMASI , PRESTASI TECHNOCRATE INDONESIA PADAHAL TIDAK RUGIKAN UANG MENHAN RI SATU SEN PUN ATAUPUN UANG KASTAF & PERSONIL TNI PENSIUNAN TNI ERA ORBA SATU CENT PUN CUMA MENYAMPAIKAN APBN SAJA PADA PROYEK NEGARA INDONESIA KE PROYEK ITU SAJA , TAPI MALAH MINTA BAGIAN SEOLAH DIMINTA KELUAR TENAGA ATAU NYAWA OLEH NEGARA JUGA EFFEK ANTI MENHAN RI PURNOMO YUSGIANTORO MALAH BELA²IN PRODUCT ASING YANG MAHAL SAMPAI BERDUSTA BERJAMAAH JUGA & JEBAK NEGARA DENGAN HUTANG SERTA GADAIKAN NKRI OADA ASING KEDAULATANNYA YANG OASTINYA ADA IMBALAN YANG OASTI YIDAK DI KETAHUI BAHKAN KASTAF AU KORUPSI TIDAK ORITES MEREKA MALAH DENDAM & BUAT SEKUTU PADA PROYEK NEGARA UNTUK SABOTAGE DI GAGALKAN SETELAH NEGARA BISA GAGALKAN KONSPIRASI KASAU DENGAN AGEN PERUSAHAAN ASING SEPERTI MENHAN RI , KENENHAN RI & KASAU SEKARANG DENGAN RAFALE UNTUK BUAT DATA PALSU JUGA MARK UP HARGA PESAWAT JAUH LEBIH MAHAL JUGA BOHONG PESAWAT BEKAS DI BELI G DITULIS JUGA DI PERKENALKAN SEBAGAI PESAWAT BARU BANGGA MEREKA BISA KORUPSI BAHKAN JADI MENYABOTASE PROYEK NEGARA MEREKA 100% BEKERJASAMA DENGAN ASING TERMASUK MARK UPNYA JIKA TIDAK TERBONGKAR LEBIH FARI HARGA ARROW HEAD DI KANTONGI KASAU & KEMHAN RI DARI APBN RI UNTUK DI BAGI² JUGA KOMISI KORUPSI KE PEGAWAI PERUSAHAAN ASING YANG REBUT TENDER DARI PTDI JUGA UNTUK PENGADAAN PESAWAT YANG TENTUNYA DIATUR KASAU JUGA & KEMHAN RI KARENA SEMUA DAFTAR BELANJA HARUS DISETUJUI MENHAN RI & KEMHAN JUGA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang ga punya itikad baik siapa? Menhan apa Korea?

      Hapus
    2. JADI PATRIOT NEGARA KAN TIDAK BOLEH LICIK BERSUMPAH PALSU DENGAN NAMA TUHAN APALAGI MENIKAM NEGARA UNTUK RUGI SEKELAS PENGHIANAT , LOYALIST AGEN MUSUH ASAL DI BERI UPAH ATAU HADIAH SAMBIL BERMUNAFIK SEOLAH NASIONSLIST.

      Hapus
    3. Jadi kalau kerja sama dan tdk sesuai dgn kontrak yg d sepakati , kota harus diam saja gitu cong?????

      Hapus
    4. korea sendiri akui itu ToT nya sangat sedikit buat kita, nah.. semua nyatanya LockheadMartin andilnya tekhnologi.
      kita ga boleh akses karena itu ada tekhnologi F35.
      padahal pemerintah korea perjanjiannya dengan US , perihal F35 ada ToT nya, yangditerapkan di IFX 21.


      dan kita dilarang akses tekhnologi itu.
      tapi disuruh bayar 20%.

      ngapain..

      Hapus
    5. https://www.zonajakarta.com/nasional/67312904958/dapa-korsel-akui-transfer-teknologi-kf-21-boramae-yang-diberikan-ke-indonesia-kecil

      nih..

      mau kamu beli mobil cash dikasih cuman dongkrak nya aja, denganbayar penuh..

      Hapus
  59. ESYU KITA TIAP BULAN PATROLI OM PAL


    APALAGI KSAU saat ini sedang manaruh minat ama SU-35 & SU-57


    kalau jadi behh.. KL= Kalah Lagi

    BalasHapus
  60. Seru & Keren, Melihat Latihan Perang Jalak & Trisula Perkasa 2024
    Pada 11 Juni lalu, Komando Operasi Udara 1 dan Komando Pasukan Gerak Cepat TNI Angkatan Udara menggelar latihan perang di kawasan Tulang Bawang, Lampung. Ratusan personel dan puluhan pesawat dikerahkan dalam latihan kali ini.
    https://youtube.com/watch?v=jdrvdDeaP_E
    -------

    bulan juni lagi,
    di timur ESYU 27/30 banyakkkk tiap bulan
    di barat F16, hawk terbang lagi banyaaakkk haha!💪💪💪

    mana warganyet yg cari hawk kita maren?
    kita uda kasi bukti

    sini tunjuk mb 339, heli kecik kleian mana mangkrak yaa, apalagi si emkaem kornet tiarap haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiada jawaban fiks sebla Kosong eh LeMaH haha!🥶🥶🥶

      Hapus
  61. nyoiiiihh di udara jiran uda K.O
    ntar kita bikin romantis di laut SHOPPING Destroyer skalian om acno haha!👌👌👌

    BalasHapus
  62. 2024 CONTRACT 45 ATMACA
    This contract, which covers the procurement of 45 missile rounds and associated launcher units and user terminals, paves the way for the Indonesian Navy to be the first export customer of the Turkish-developed guided weapon.
    ---
    CONTRACT LPC TAIS TURKEY
    TAIS Shipyards secured a contract for two 65 m LPCs for TNI-AL Turkish Private TAIS Shipyards will construct two Large Patrol Crafts, LPC-65, for the Indonesian Navy (TNI-AL). Even though it is named patrol craft, the vessel will feature a 76mm gun, a dual 35mm gun turret, two 12.7mm STAMP remote weapon stations (RWS), and a Roketsan ASW rocket launcher. The vessel may have eight ATMACA anti-ship missiles (AShMs) or prefer French Exocets.
    ---
    2024 CONTRACT PPA
    Fincantieri and the Indonesian Ministry of Defence have signed a 1.18-billion-euro contract, within the framework of collaborative relations initiated by the Italian Ministry of Defence, for the supply of two PPA Units. PPA is a highly flexible ship with an outstanding technological standard.
    ---
    2024 CONTRACT DASSAULT 42 RAFALE F4
    (Saint-Cloud, le 8 Janvier 2024) – La dernière tranche de 18 Rafale pour l’Indonésie est entrée en vigueur ce jour. Elle fait suite à l’entrée en vigueur, en septembre 2022 et en août 2023, de la première et de la deuxième tranche de 6 et 18 Rafale, et vient ainsi compléter le nombre d’avions en commande pour l’Indonésie dans le cadre du contrat signé en février 2022 pour l’acquisition de 42 Rafale
    ============================
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    -----
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    Bercakap di Parlimen semalam, Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab
    -----
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS .....
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS ....
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS ....
    Sudah tentu, pemindahan MiG-29N sebagai monumen akan menutup pelbagai spekulasi alam maya berhubung masa depan pesawat tersebut.
    penamatan khidmat jet pejuang ini akan menjimatkan kira-kira RM260 juta. Selain itu, kos penyelenggaraan dan rawatan enjin serta kerangka pesawat bagi memanjangkan hayat MiG-29N di Rusia adalah begitu tinggi
    ---
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    18 MKM 2 YEARS TO DEATH The question is how long more can we fly it? 2 years ago ATSC said it had 2 years worth of spares. We can’t buy from the Russians [assuming they can fulfil the order in the first place] and HAL can’t supply everything we need. China? It too can’t supply all we need. The days of the type in RMAF service really seems numbered
    -----
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    The Malaysian government is facing a fresh corruption crisis after officials admitted that two US-made fighter jet engines had disappeared from an air force base after apparently being illicitly sold by military officers to a South American arms dealer.
    -----
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG ........
    48 SKYHAWK BEKAS HILANG
    The Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM, or Royal Malaysian Air Force) ordered 88 A-4s (25 A-4Cs and 63 A-4Ls), Only 40 PTM Skyhawks, 34 single seat versions and six two-seat trainers, were delivered....

    BalasHapus
  63. GEMPURWIRA 17 Juni 2024 pukul 11.39
    Mantap.... Mana negara yang kapalnya saiz kecil kecil saja tu... Malah ketahanan belayar hanya 5 hari je... 🤣🤣🤣


    LAH ITU LMS DAN LAKSAMANA CLASS KEDUANYA KETAHANAN BERLAYAR HANYA 5 HARI SAJA
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  64. Orientasinya ga jelas....bagemanapun ini perjalanan panjang yg sudah menjadi keputusan negara.

    Pihak yg dulu memutuskan gabung dalam proyek ini, pihak yg ikut menyetujui dan yg menggantung proyek ini juga orang-orang yg sama.

    Ini jelas attitude buruk dari karakter bangsa, karena yg jadi pertaruhan bukan hanya proyek ini semata tapi juga industri pendukung serta perputaran ekonomi yg dirancang semula akan terimbas....begitu juga waktu dan kesempatan yg tak pernah bisa kembali

    Harusnya tiap road map 👇 spt terlampir dalam link ini dipatuhi, dan main dipertajam spy deadline nya terpenuhi

    https://youtu.be/lQLOsYE-YwE?si=hMw8EuKBgCtBXh59

    Sayang-sayang, semua yg sudah tercurah akhirnya tercabar....ini tidak semata soal duit tapi perhitungan yg kompleks

    BalasHapus
  65. yang namanya flooting currency trade itu biasa naik turun karena transaksi export import dan itu ada ambang batas, tolol...

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣


    artinya negaramu ga ada exim.

    bego..

    🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  66. Kemhan Tegaskan RI Sesuaikan Pembayaran KF-21, Bukan Minta Pemotongan
    https://defense-studies.blogspot.com/2024/05/kemhan-tegaskan-ri-sesuaikan-pembayaran.html?m=1
    —————-

    jawaban kemhan dah djelas, N⛔️ Debat haha!😬😬😬

    BalasHapus
  67. Wow... kau beli bedak dan gincu pakai dolar pur?

    BalasHapus
  68. 𝐇𝐈𝐒𝐓𝐎𝐑𝐘 𝐎𝐅 𝐌𝐀𝐋𝐀𝐘 𝐋𝐀𝐍𝐆𝐔𝐀𝐆𝐄
    The modern Malay language is one of the major languages of the world.⁽¹⁾ It is an important language, not only spoken natively in the Malay areas of Southeast Asia, but also serves as a national language in four countries: Brunei, Indonesia, Malaysia, and Singapore. ⁽²⁾
    Malay originated from the 𝐏𝐫𝐨𝐭𝐨-𝐀𝐮𝐬𝐭𝐫𝐨𝐧𝐞𝐬𝐢𝐚𝐧 languages that arrived together with the Austronesian expansions into Southeast Asia from 2000 B.C.⁽³⁾ By the early Millenium CE, Malayic tribes established settlements in coastal areas of Mainland Southeast Asia and the outlying Islands. ⁽³⁾ Based on the re-construction of Proto-Chamic, structural similarities between 𝐏𝐫𝐨𝐭𝐨-𝐂𝐡𝐚𝐦𝐢𝐜 and 𝐏𝐫𝐨𝐭𝐨 𝐌𝐚𝐥𝐚𝐲𝐢𝐜 languages are particularly clear in their phonologies. ⁽⁴⁾ This is based on the discovery of Đ𝐨̂𝐧𝐠 𝐘𝐞̂𝐧 𝐂𝐡𝐚̂𝐮 inscription from the 4th century CE. Linguists speculate a 𝐌𝐚𝐥𝐚𝐲𝐢𝐜-𝐂𝐡𝐚𝐦𝐢𝐜 dialect continuum in Mainland Southeast Asia before it was disrupted by the southward expansion of Khmer and later Thai, beginning from the 6th century. ⁽⁴⁾
    Regional varieties of Malayic languages developed separately from here on, producing variants like the Old Malay, Classical Malay, and other local dialects. ⁽⁵⁾ The 𝐎𝐥𝐝 𝐌𝐚𝐥𝐚𝐲, characterized by heavy influence of Indian languages, is most associated with stone inscriptions of Srivijaya. The oldest of these inscriptions was from the 7th century. The 𝐂𝐥𝐚𝐬𝐬𝐢𝐜𝐚𝐥 𝐌𝐚𝐥𝐚𝐲 on the other hand, was largely influenced by the Middle Eastern languages after Islamization, of which the oldest inscription was from the Terengganu Inscription dated 1303. The precise relationship between Classical Malay and Old Malay is problematic and uncertain, ⁽⁶⁾ due to the existence of several morphological and syntactic peculiarities, and affixes of the Old Malay that are familiar from the related Batak language but are not found in the oldest texts of Classical Malay. ⁽⁵⁾ It may be the case that the language termed as “𝐎𝐥𝐝 𝐌𝐚𝐥𝐚𝐲” 𝐢𝐬 𝐚 𝐜𝐥𝐨𝐬𝐞 𝐜𝐨𝐮𝐬𝐢𝐧, 𝐧𝐨𝐭 𝐚𝐧 𝐚𝐧𝐜𝐞𝐬𝐭𝐨𝐫 𝐨𝐟 𝐂𝐥𝐚𝐬𝐬𝐢𝐜𝐚𝐥 𝐌𝐚𝐥𝐚𝐲. ⁽⁵⁾
    The Classical Malay that was developed from the local languages in the 𝐌𝐚𝐥𝐚𝐲 𝐩𝐞𝐧𝐢𝐧𝐬𝐮𝐥𝐚, became an important literary language beginning from the era of 𝐌𝐞𝐥𝐚𝐤𝐚 𝐒𝐮𝐥𝐭𝐚𝐧𝐚𝐭𝐞 in the 15th century. ⁽⁷⁾The flowering of Classical Malay literature in the Malay peninsula that continued under 𝐉𝐨𝐡𝐨𝐫 𝐒𝐮𝐥𝐭𝐚𝐧𝐚𝐭𝐞 until 19th century, had produced thousands of literary works that enrich the development of Malay language. The language became an aspect of the prestige of the Malay sultanates and considered as a language of the learned in Southeast Asia in 17th and 18th century comments. ⁽⁸⁾ Throughout the centuries, it spread to the whole Southeast Asia through trade, Islamic proliferation, Malay diaspora, and colonization, and progressively became the 𝐥𝐢𝐧𝐠𝐮𝐚 𝐟𝐫𝐚𝐧𝐜𝐚 of the region. ⁽⁹⁾ The Malay language evolved into a modern language through the literary works of 𝐀𝐛𝐝𝐮𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐌𝐮𝐧𝐬𝐡𝐢 (1796–1854), a Malacca-born Munshi of Singapore, highly regarded as the father of modern Malay literature. ⁽¹⁰⁾ During the first 𝐊𝐨𝐧𝐠𝐫𝐞𝐬 𝐏𝐞𝐦𝐮𝐝𝐚 of Indonesia held in 1926, in the 𝐒𝐮𝐦𝐩𝐚𝐡 𝐏𝐞𝐦𝐮𝐝𝐚, Malay was proclaimed as the 𝐮𝐧𝐢𝐟𝐲𝐢𝐧𝐠 𝐥𝐚𝐧𝐠𝐮𝐚𝐠𝐞 𝐟𝐨𝐫 𝐈𝐧𝐝𝐨𝐧𝐞𝐬𝐢𝐚.⁽¹¹⁾⁽¹²⁾ The language was later renamed "𝐈𝐧𝐝𝐨𝐧𝐞𝐬𝐢𝐚𝐧" during the second congress in 1928. ⁽¹¹⁾⁽¹²⁾
    𝐑𝐞𝐟𝐞𝐫𝐞𝐧𝐜𝐞𝐬
    ⁽¹⁾ Collins (1998), p. 80
    ⁽²⁾ Collins (1998), p. 82
    ⁽³⁾ Andaya (2001), p. 317
    ⁽⁴⁾ Adelaar (2004), p. 12
    ⁽⁵⁾ Teeuw (1959), p. 141-143
    ⁽⁶⁾ Adelaar (1985), p. 191
    ⁽⁷⁾ Sneddon (2003), p. 74-77
    ⁽⁸⁾ Milner (2010), p. 81
    ⁽⁹⁾ Sneddon (2003), p. 59
    ⁽¹⁰⁾ Brakel (1976), p. 142
    ⁽¹¹⁾ Fishman (2011), p. 137
    ⁽¹²⁾ Schieffelin, Woolard, Kroskrity (1998), p. 273

    BalasHapus
    Balasan
    1. IDENTITY CRISIS = The standard narrative for the non-Malay and non-Muslim is that suffer state discrimination and they are disadvantaged. Their story goes that as they are Christian or Catholic or Buddhists they are not part of a Malaysia, which is largely Muslim.
      ----------------------
      IDENTITY CRISIS = It is only in Malaysia that we face problems of promoting Malay as the national language as even after 60 years of independence, a substantial segment of the population cannot converse in Malay or only use it during official occasions.
      ----------------------
      PORK : The Malaysian government has gazetted bak kut teh, a hearty dish of pork ribs simmered in herbs and spices, as one of the country’s heritage dishes.
      ----------------------
      PORN : In a recent survey conducted by Pornhub, Malaysia was found to be the #1 country in Asia with the most visits to pornography websites. Globally, Malaysia was ranked as the #4 country with the most visits to pornography websites.

      Hapus
  69. Yg benar yg mana nih pur... harga gincu RM16.450 per USD.. atw RM16.500 per USD

    BalasHapus
  70. Kau punya loyo pur?
    Ngampleh gitchu...?

    BalasHapus
  71. Klo kau punya loyo...
    Operasi trans-g sahaja lah

    BalasHapus
  72. NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    Bercakap di Parlimen semalam, Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab
    -----
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS .....
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS ....
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS ....
    Sudah tentu, pemindahan MiG-29N sebagai monumen akan menutup pelbagai spekulasi alam maya berhubung masa depan pesawat tersebut.
    penamatan khidmat jet pejuang ini akan menjimatkan kira-kira RM260 juta. Selain itu, kos penyelenggaraan dan rawatan enjin serta kerangka pesawat bagi memanjangkan hayat MiG-29N di Rusia adalah begitu tinggi
    ---
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    18 MKM 2 YEARS TO DEATH The question is how long more can we fly it? 2 years ago ATSC said it had 2 years worth of spares. We can’t buy from the Russians [assuming they can fulfil the order in the first place] and HAL can’t supply everything we need. China? It too can’t supply all we need. The days of the type in RMAF service really seems numbered
    -----
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    The Malaysian government is facing a fresh corruption crisis after officials admitted that two US-made fighter jet engines had disappeared from an air force base after apparently being illicitly sold by military officers to a South American arms dealer.
    -----
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG ........
    48 SKYHAWK BEKAS HILANG
    The Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM, or Royal Malaysian Air Force) ordered 88 A-4s (25 A-4Cs and 63 A-4Ls), Only 40 PTM Skyhawks, 34 single seat versions and six two-seat trainers, were delivered....
    ==========================
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    ---
    2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    ----
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ----
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    ----
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    ----
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    ----
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    ----
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.

    BalasHapus
  73. Sebelah terpaksa mengeluarkan anggaran 2 kali ganda untuk berbelanja Benda yang sama... Mata wang jatuh guys berbanding dolar.... 🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. MANGKRAK =
      1.ECRL $ 20 bn dolar
      2. Forest city $ 100bn dolar
      3.China-Malaysia Qinzhou Industrial Park (CMQIP) $ 4,2 bn dolar
      4.Malaysia-China Kuantan Industrial Park (MCKIP) $ 3,77 bn dolar
      5.China Railway Rolling Stock Corp’s Rolling Stock Center - $ 131 juta dolar
      -----
      CARA CHINA TAGIH 1MDB =
      43x PENCEROBOHAN = Jumlah keseluruhan pesawat asing yang dikesan dan direkodkan menceroboh ruang udara negara dari bulan Januari 2023 sehingga Mei 2023 ialah berjumlah 43 kes pencerobohan.
      -----
      316 HARI BTA = Bilangan hari di mana kapal-kapal pengawal pantai China melakukan rondaan di Beting Patinggi Ali berhampiran dengan operasi minyak dan gas penting Malaysia telah meningkat daripada 279 hari pada 2020 kepada 316 hari pada tahun lepas
      -----
      SKANDAL UANG = scandals spill out into the public domain, like Bumiputera Malaysia Finance 1982, Bank Negara’s FX losses in the 1980s and 1990s, the Scorpene submarines of 2002, the National Feedlot scandal – “cowgate” – of 2012, 1MDB, and the latest LCS naval procurement. But these are just the tip of the iceberg of systematic pilferage. It has become the institutional norm.
      ==========================
      2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
      The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
      ---
      2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
      ----
      2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      ----
      2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
      ----
      2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
      ----
      2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
      ----
      2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
      ----
      2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.

      Hapus
  74. Sebelumnya 1 USD Bersamaan Rp15.000 begitu.... Hanya dalam beberapa minggu Rupiah sudah jatuh ke paras 1 USD bersamaan Rp16.500... 🤭🤭🤭....

    BalasHapus
  75. Paling lawak geng GORILLA lompat lompat konon anggaran pertahanan mereka naik.... 🤣🤣🤣

    Bukan naik tapi terpaksa Naikkan nilai anggaran kerana Rupiah sudah jatuh ke paras Rp16.500 setiap 1USD. 🤭🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. lawak.....dasar Tolol.....jumlah anggaran dalam USD naik.....wkwkwkwkkwkwkkkk......kasian Malaydesh.....gak bisa shopping.....shopping versi BUAL.....wkwkwkwkkwkwkk

      Hapus
  76. Alhamdulillah.. 🤗
    Ayee.. 💪😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maapp.. Klupaan.. 😁

      https://international.sindonews.com/read/1398081/45/5-negara-asia-dengan-angkatan-laut-terkuat-indonesia-patut-bangga-1718608011

      Hapus
  77. Bukan saja sebelah tu terpaksa Naikkan perbelanjaan...malah HUTANG sebelah tu pun turut naik kerana nilai mata wang sebelah jatuh... 🤭🤭🤭

    BalasHapus
  78. 2024 KATA KUNCI = WILL NOT BE EQUIPPED WITH ANY WEAPONRY (ANKA OMPONG)
    Malaysia to use Anka-S for Maritime Surveillance
    While the specific equipment configuration of the Ankas is not currently known, they will be operated solely as a maritime surveillance platform in Malaysian service, and will not be equipped with any weaponry. According to European Security & Defence reporting from LIMA 2023, the Malaysian Ankas will have modified wings to improve their endurance.
    -----
    2023 KATA KUNCi WILL NOT ARMED (ANKA OMPONG)
    Erol Oguz, unmanned aerial systems programme manager at Turkish Aerospace, told ESD at LIMA that the UAV type being supplied to Malaysia will be a new version of the Anka-S with modified wings. Oguz also confirmed that the Ankas will not be armed, but will carry a maritime intelligence, surveillance and reconnaissance (ISR) payload that includes a synthetic aperture radar and an electro-optical/infra-red sensor.
    -----
    2024 KATA KUNCI SURVEILLANCE CAPABILITIES (ANKA OMPONG)
    Former Defense Minister, Datuk Seri Mohamad Hasan emphasized the importance of equipping the country with comprehensive surveillance capabilities and the need to have “eyes to see and ears to hear” everything happening in the country’s waters, especially in the South China Sea.
    ==========================
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    ---
    2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    ----
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ----
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    ----
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    ----
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    ----
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    ----
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.

    BalasHapus
  79. 2024 KATA KUNCI = WILL NOT BE EQUIPPED WITH ANY WEAPONRY (ANKA OMPONG)
    Malaysia to use Anka-S for Maritime Surveillance
    While the specific equipment configuration of the Ankas is not currently known, they will be operated solely as a maritime surveillance platform in Malaysian service, and will not be equipped with any weaponry. According to European Security & Defence reporting from LIMA 2023, the Malaysian Ankas will have modified wings to improve their endurance.
    -----
    2023 KATA KUNCi WILL NOT ARMED (ANKA OMPONG)
    Erol Oguz, unmanned aerial systems programme manager at Turkish Aerospace, told ESD at LIMA that the UAV type being supplied to Malaysia will be a new version of the Anka-S with modified wings. Oguz also confirmed that the Ankas will not be armed, but will carry a maritime intelligence, surveillance and reconnaissance (ISR) payload that includes a synthetic aperture radar and an electro-optical/infra-red sensor.
    -----
    2024 KATA KUNCI SURVEILLANCE CAPABILITIES (ANKA OMPONG)
    Former Defense Minister, Datuk Seri Mohamad Hasan emphasized the importance of equipping the country with comprehensive surveillance capabilities and the need to have “eyes to see and ears to hear” everything happening in the country’s waters, especially in the South China Sea.
    ==========================
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    ---
    2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    ----
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ----
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    ----
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    ----
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    ----
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    ----
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.

    BalasHapus
  80. 2024 ANKA OMPONG = WILL NOT BE EQUIPPED WITH ANY WEAPONRY
    Malaysia to use Anka-S for Maritime Surveillance
    While the specific equipment configuration of the Ankas is not currently known, they will be operated solely as a maritime surveillance platform in Malaysian service, and will not be equipped with any weaponry. According to European Security & Defence reporting from LIMA 2023, the Malaysian Ankas will have modified wings to improve their endurance.
    -----
    2023 ANKA OMPONG = WILL NOT ARMED
    Erol Oguz, unmanned aerial systems programme manager at Turkish Aerospace, told ESD at LIMA that the UAV type being supplied to Malaysia will be a new version of the Anka-S with modified wings. Oguz also confirmed that the Ankas will not be armed, but will carry a maritime intelligence, surveillance and reconnaissance (ISR) payload that includes a synthetic aperture radar and an electro-optical/infra-red sensor.
    -----
    2024 ANKA OMPONG = SURVEILLANCE CAPABILITIES
    Former Defense Minister, Datuk Seri Mohamad Hasan emphasized the importance of equipping the country with comprehensive surveillance capabilities and the need to have “eyes to see and ears to hear” everything happening in the country’s waters, especially in the South China Sea.
    ==========================
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    NGEMIS 3X SURAT DITOLAK ......
    Bercakap di Parlimen semalam, Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab
    -----
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS .....
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS ....
    MONUMEN UNTUK JIMAT KOS ....
    Sudah tentu, pemindahan MiG-29N sebagai monumen akan menutup pelbagai spekulasi alam maya berhubung masa depan pesawat tersebut.
    penamatan khidmat jet pejuang ini akan menjimatkan kira-kira RM260 juta. Selain itu, kos penyelenggaraan dan rawatan enjin serta kerangka pesawat bagi memanjangkan hayat MiG-29N di Rusia adalah begitu tinggi
    ---
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    JAGA-JAGA MKM GROUNDED .........
    18 MKM 2 YEARS TO DEATH The question is how long more can we fly it? 2 years ago ATSC said it had 2 years worth of spares. We can’t buy from the Russians [assuming they can fulfil the order in the first place] and HAL can’t supply everything we need. China? It too can’t supply all we need. The days of the type in RMAF service really seems numbered
    -----
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    JAGA-JAGA MESIN HILANG .........
    The Malaysian government is facing a fresh corruption crisis after officials admitted that two US-made fighter jet engines had disappeared from an air force base after apparently being illicitly sold by military officers to a South American arms dealer.
    -----
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG .........
    JAGA-JAGA PESAWAT HILANG ........
    48 SKYHAWK BEKAS HILANG
    The Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM, or Royal Malaysian Air Force) ordered 88 A-4s (25 A-4Cs and 63 A-4Ls), Only 40 PTM Skyhawks, 34 single seat versions and six two-seat trainers, were delivered....
    😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝

    BalasHapus
  81. MANGKRAK =
    1.ECRL $ 20 bn dolar
    2. Forest city $ 100bn dolar
    3.China-Malaysia Qinzhou Industrial Park (CMQIP) $ 4,2 bn dolar
    4.Malaysia-China Kuantan Industrial Park (MCKIP) $ 3,77 bn dolar
    5.China Railway Rolling Stock Corp’s Rolling Stock Center - $ 131 juta dolar
    -----
    CARA CHINA TAGIH 1MDB =
    43x PENCEROBOHAN = Jumlah keseluruhan pesawat asing yang dikesan dan direkodkan menceroboh ruang udara negara dari bulan Januari 2023 sehingga Mei 2023 ialah berjumlah 43 kes pencerobohan.
    -----
    316 HARI BTA = Bilangan hari di mana kapal-kapal pengawal pantai China melakukan rondaan di Beting Patinggi Ali berhampiran dengan operasi minyak dan gas penting Malaysia telah meningkat daripada 279 hari pada 2020 kepada 316 hari pada tahun lepas
    -----
    SKANDAL UANG = scandals spill out into the public domain, like Bumiputera Malaysia Finance 1982, Bank Negara’s FX losses in the 1980s and 1990s, the Scorpene submarines of 2002, the National Feedlot scandal – “cowgate” – of 2012, 1MDB, and the latest LCS naval procurement. But these are just the tip of the iceberg of systematic pilferage. It has become the institutional norm.
    ==========================
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    ---
    2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    ----
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ----
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    ----
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    ----
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    ----
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    ----
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.

    BalasHapus
  82. Hutang malon juga bengkak karena ringgit jatuh....harga minyak diesel naik....dan kata pemangku Sultan Johor....Johor bukan milik malon...hanya berpartner..termasuk Sabah dan Serawak..merdekà...wkwkwkwkwk

    BalasHapus