07 September 2018
Kapal selam KRI 405 yang dirakit di PT PAL (photo : PAL)
Tim Kedeputian V Kantor Staf Presiden yang terdiri dari Theofransus Litaay (Tenaga Ahli Utama), Akbar Fajri (Tenaga Ahli Muda), dan Catur Aryanto (Tenaga Ahli Muda) melaksanakan verifikasi lapangan bidang industri pertahanan ke PT. PAL Indonesia (Persero) di Surabaya, Jawa Timur. Verifikasi ini ditujukan untuk memantau program/kegiatan prioritas nasional yang dilaksanakan oleh PT. PAL yang menjadi pantauan Kantor Staf Presiden Republik Indonesia melalui Sistem Pemantauan (SISPAN).
Selaras dengan janji Presiden untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, kekuatan laut mutlak menjadi syarat utama. Oleh karena itu, pengembangan industri pertahanan khususnya bidang perkapalan merupakan salah satu unsur esensial yang harus dikawal. Selain memproduksi kapal niaga, PT PAL juga memproduksi kapal perang. Saat ini, PT PAL tengah dalam proses produksi jenis kapal landing platform dock (LPD) yang dipesan khusus oleh TNI AL.
Permintaan produksi kapal perang kepada PT. PAL terus meningkat setelah sebelumnya pada 2016 PT.PAL berhasil memproduksi dua kapal jenis strategic sealift vessel (SSV) pesanan Filipina dengan kisaran harga antara 45 – 50 juta dolar AS. Salah satu di antaranya adalah pesanan dari Senegal yang berupa kapal tanker dan kargo seberat 18.500 ton. Di samping itu, Senegal juga mengutarakan minatnya untuk membeli dua unit kapal patrol ukuran 60 meter.
“Verifikasi dan kunjungan ini merupakan salah satu upaya untuk memastikan kemampuan produksi alutsista sektor laut yang dilaksanakan oleh PT. PAL. Progres yang ditunjukkan oleh PT. PAL menunjukkan performa yang sangat baik dalam perakitan kapal selam, pembangunan Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 meter dan kapal LDP pesanan TNI AL. Korea Selatan sebagai negara mitra kerja sama dalam pembuatan kapal selam ini mengakui bahwa hasil pengelasan dan perakitan kapal selam di Indonesia adalah yang paling sempurna dari pengelasan dan perakitan kapal selam yang juga dilakukan oleh negeri gingseng itu. Kita harus bangga akan pencapaian kerja anak bangsa ini,” tukas Theofransus Litaay.
Direksi PT PAL mengungkapkan apresiasinya atas kunjungan KSP untuk meninjau langsung PT.PAL. “Kami sangat senang dengan adanya kunjungan dari KSP ini karena kami bisa langsung mendiskusikan kegiatan prioritas yang dilaksanakan oleh PT PAL dalam rangka mendukung Indonesia sebagai negara poros maritim dunia. Selain itu, kami juga ikut bertanggung jawab dalam memenuhi alutsista untuk menjaga keamanan laut” ujar Turitan Indaryo, Direktur Pembangunan Kapal PT PAL.
Direktur Utama PT PAL, Budiman Saleh, menutup pertemuan dengan KSP dengan menyatakan harapan Presiden Jokowi dapat hadir dalam waktu dekat ke PT. PAL dalam rangka peresmian beberapa agenda di antaranya penamaan hangar kapal selam, pengiriman KCR 60, peluncuran kapal selam dan pengiriman LPD pesanan TNI AL.
(KSP)
07 September 2018
Presiden akan Hadiri Peluncuran Kapal Selam PT PAL
Label:
ANGKATAN LAUT,
INDONESIA,
Industri Pertahanan,
Kapal Selam,
TNI-AL
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Jadi penasaran....
BalasHapusWow.. Tahniah TNI AL 😍 Indonesia sangat mengerunkan, have 5 submarines, patutlah marwah TNI rank 1 in ASEAN versi GFP, tak seperti malon clain paling jaguh se ASEAN versi mimpi basah 😂
BalasHapusKalem brooo...dia senggol langsung BACOK
HapusSaya percaya yang koment di atas menginginkan Indonesia ribut dg Malaysia. ( adu domba).
HapusLihat penulisan, sepertinya orang asing. Banya yg ga kita mengerti.
bapak itu bukan orang asing. kemana² bawa celurit
HapusSemoga beneran panjang ny beda sndri 😁😁😁
BalasHapusDengan demikian habis lah riwayat KILO di negeri Ini..semua Ka-Sel kedepan harus dikeriakan di PAL until meningkatkan TKDN Dan mengurangi penggunaan VALAS..
BalasHapusBerharap kontrak kasel ke 6-8 segera diteken. Jangan sampe lama2 nganggur tu dock kasel PAL. Sayang waktunya..buat kasel makan waktu lama
BalasHapusSiiiplah belajar terus lanjut bikin tabung vls nya
BalasHapusMasalah belajar, ada pertanyaan super o'on ttg kapal selam.
Hapus1. Tekanan air di palung Mariana, 1.5 juta kg/cm2.
Tapi, ikan disitu kulitnya tipis2 aja.
- Kenapa tdk org yg bikin pabrik kasel utk tahan 1.5 jt kg/cm2, yah?
(Ledakan nuclear, jika tanpa radiasi, hanya 350 kg/cm2)
2. Kasel expedisi utk masuk palung Mariana, malah dr bahan transparent!
(Mungkin super fiber)
- Kenapa tdk ada org yg bikin Kasel pake jendela, yah?
3. Logikanya, jika Kasel bisa tahan masuk sampai dasar palung Mariana, harusnya tahan tekanan torpedo permukaan. Benar Kan?
4. Ikan paus bisa selam sampai 3000m dan pakai hidung utk atur tekanan.
Kulitnya jg cuma daging empuk bs dimakan, hehehe :)
- kenapa tdk ada org yg buat Kasel dg mekanisme kayak ikan paus, yah?
Atau mungkin, semua org sdh ikut mainstream aja dg standard USA, Germany, Russia.
-- edisi pertanyaan o'on, jgn diambil serious, hehehe :)
Mungkin ini jawaban oon hehe....mungkin manusia belum bisa membuat mekanisme hidup dari sel sel hidup untuk ruang lingkup yg ekstrim untuk tujuan militer hehe
HapusSesuatu yg elastis misal karet apa bisa ya????
Hapusini jawaban ter oon mohon maaf oom.
Hapusmungkin mudah kalo fokus mencari bahan yang bisa menyesuaikan diri terhadap tekanan.
tapi masalah adalah muatannya itu yang tak tahan tekanan. membuat dinding sangat tebal pun mengurangi tenaga gerak kapal dan mengurangi kapasitas barang bawaan. cmiiw
Mungkin benar juga bung @SiTua
HapusTapi, Kasel ekpedisi ke dasar palung Mariana jg dimuatin orang.
Mungkin arahnya pake karet bung @Jalak.
US Navy mengembangkan lapisan hexagon utk menyerap & distribusi tekanan kejut dg gaya terpusat (kayak struktur honeycomb/sarang lebah yg diposting bung @Superstar).
Tapi skalanya sampai super kecil milimicron tiap hexagon.
- aplikasi industry yg ada, struktur honeycomb bs dibuat material bangunan tahan gempa.
Daerah California jg sering gempa kayak lombok.
Kayaknya duit tabungan mau tak pakai bikin riset2 kecil mencari jawaban pertanyaan o'on.
Daripada mengganjal di kepala, hehehe ^_^
Jadi Senegal pesen KCR 60 mtr 2 unit ?
BalasHapusRudalnya apa yaa ? C705 kah ?
LPD TNI infonya November ini mau lauch ya yang baru ? Klewang piye Klewang ?
BTW, Congrats PT.PAL udah bisa buat Kapal Perang, LPD sekaligus Kapal Selam.
Sekaligus sinergi saling menguatkan kemampuan bangsa dengan PT.PINDAD yang sudah bisa buat APC, Amunisi dan Tank. Plus dengan PT.DI yang sudah bisa membuat/merakit pesawat, Heli dan project IFX.
Jangan lupakan PT.Dahana dan ratusan industri support persenjataan dan alutsista, software systems dan perkapalan lainnya.
Proud.
Bangga menjadi Warga Negara Indonesia....
BalasHapusBangga liat yang pada kerja bener & ada hasil.😎
HapusBangga liat yang pada kerja gak bener diproses beneran ke bui.
🏃🏃🏃...bangganya disayang istri tetangga
HapusHwekekekek...remek..😂
HapusBentar lagi ada yang sirik dari sebelah 👹👹👹
BalasHapusOff topic.
BalasHapusBoustead having difficulties with the Gowind project.
"I am told that the schedule will be kept but its disconserting to hear talks around the industry that BNS was having difficulties with the project."
http://www.malaysiandefence.com/walk-like-an-egyptian-part-2/
Ada apa? 😯
Hapustau dah sebelah tuh apees terus. itu heli mungil pun tidak jelas siapa pabrikannya. konflik. dari dulu ruweeeet saja projeknya
Hapusgpp om pedang, cuman kala cepet aja bikin gowind. pdhl galangan kapal punya tetangga kesayangan duluan mulai, 4 bln haha!😀😀😀
HapusHeli mungil : kunaM liceK?
Hapusdiadu ama kolibri kita aja mana lbh mungil haha!😂😂😂
Hapuswaks gowind kedua mesir uda loncing lg, 2:0 dach haha!😅😅😅
Makanya saya bingung itu kapal lcs udah cat anti fouling tapi nggak turun ke laut juga. Sementara expire anti fouling itu cuma hitungan bulan. Pasti ada masalah yg ditutupi
Hapusini baru awal, klo liat diagram kerjasama kemaren butuh 9 kapal selam buat bner2 mandiri, artinya sisa 6 kasel.
BalasHapusjalan masi panjang, mungkin makan wkt 10-15 thn lg tp gak ampe 37 taon gaes haha!🤧🤧🤧
pertanyaannya apakah tot dengan korsel buat 6 kasel sisa ituw harus tipe CBG ato bisa tipe laennya, nach ini kudu jd bahan pembicaraan lbh lanjut haha!💂♂️💂♂️💂♂️
sperti byaza, kite kan orgnya rada gak sabar & bosenan. makanya isi showroom kite macem2 haha!🎃🎃🎃
soalnye ada tawaran kerjasama ama negeri laen, utk tipe yg berbeza yg spertinya menjanjiken.
bagus sich biar ada pembanding, jd ada nilai tawar buat proyek slanzutnye, namun guwe kwatir aza, beda guru beda ilmu. yg ada gak kelar2 urusannya nech haha!😏😏😏
berkaca pada indihe"lagi". skorpin mrk habis brp, prasaan gak molor molo, 1 yg barusan aktip haha!😂😂😂
taon 2005 $3milyar/bilyun utk 6 kasel. gak jelas juga tot apaan sich yg mrk dpt.
korsel jg perna kerja sama ama jermin dan turki, yunani jugak utk masing2 tipe 209/214. prasaan gak ribet kyk indihe dech haha!😆😆😆
nach kembali lagi bila kita minat kasel laen yg di tot, apakah pt pal mampu & negara jg mampu sedia dana. soalnya 2 proyek nich, satu aja blom kelar uda mo loncat, dasar hawa nepsong haha!🤣🤣🤣
Pokoknya mesti U series..titik.😣
HapusKilo : U..kkk
Scorpene : U..kkk
214 : U..kkk
A26 : U...kkk
(baca U nya english yaaak)
Qiqiqiqiiqi..😂
setujuuuuu.. U series harga mati.. 😀😀. Jumlahnya ikut sama dengan korsel U-209 9 unit... U-214 12 unit.. mantuulll.. mantaapp betuuull.. xixi.
HapusSekarang korsel sedang mengembangkan KSS-III panjang 70 meter, berat 2500-3000 ton yg akan diluncurkan september 2019.
yuuk maree haha!😂😂😂
Buat aja lg yg model cbg 209 2 bijik biar mandiri + sekalian ngerjain 214 4 bijik biar joss.
Hapushttps://www.kemhan.go.id/2018/09/04/menhan-ri-terima-kunjungan-delegasi-industri-pertahanan-turki.html
BalasHapusdelegasi industri pertahanan Turki dan Jerman mengunjungi kemenhan.. bahas U-214 kah..??
Ane aminin mas, secara pas Jumat juga..😊
HapusAne juga amin mas.. 😃😃 kalau memang jadi akuisisi U-214 dari Turki dan Jerman. Prosesnya harus seperti saat pengadaan 3 unit changbogo. Lewat proses ToT,. 1 unit dibuat disana, 1 unit dibuat disana tpi insinyur kita diikut sertakan , kemudian 1 unit lagi dibuat/dirakit di indonesia.
HapusBtw.. mungkin sama ya cara ngelas U-209 dengan U-214..?? kan masih satu ibu.. haha.
Beda mas amrie...
HapusU-214 kemampuan nyelamnya kan lebih dalam dibanding u-209, maka dibutuhkan teknik penjelasan yg berbeda karena makin dalam kalsel nyelam....makin gede juga tekanan air laut dikedalaman tsb
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapuslah turkiye bawak gurunya, krng pede kayaknya haha!😂😂😂
HapusTurki kan udah dapet lisensi ngelas...tapi kalo soal aip kendalinya masih dipegang sama hdw
Hapusmacacih lbh dalam 214 om smiling?cbg konon dites ampe 500m haha!😆😆😆
HapusKalo "konon" susah ngebahasnya....coba baca aja speknya
HapusGw kok masih yakin ini strategi PAL ya genks... nerima delegasi Jerman dan Turkey biar ada nilai tawar dari Korsel terkait kasel teknologi terbaru korsel.
HapusIndonesia sudah invest banyak alat2 pembuatan kasel dan beberapa part machines dedicated buat bogo class.. kayane belum balik modal kalau langsung loncat ke German series dan musti invest alat2 baru lagi.
Feeling gw tetep ama Korsel dengan skenario luluhnya Korsel untuk ngasih TOT AIP ke Indonesia dan harga menarik... setelah khatam buat 3 biji lagi baru deh ilmu Kasel terserap sempurna oleh Indonesia dan siap kerjasama dengan German.
Korsel itu sebetulnya ada "mind race" dengan Jepun dan China... mereka kerjasama dengan Indonesia itu bagaikan mencapai (rebutan) pengaruh yang tinggi untuk compete dengan 2 negara tsb, nasionalisme Korsel juga sama tingginya dengan Jepang dan China. Nanti Thn 2019 awal saja ada info kalau Korsel akan invest kurleb 100 Trilyun untuk perluasan pabrik baja nya dan pabrik kimia baru di ujung barat pulau jawa. Lumayan buat bawa balik dollar dari luar ke Indonesia.
Kalo dg korea bukan TOT aip mase...tapi TOT mendesain hull orisinal cbg-1400 yg disisipkan modul aip.
HapusKalo teknologi aip nya masih dipegang oleh masing2 pemegang merek, spt hdw atau kockum
gimana kalau sama2 jalannya mas super..?? U-209 jalan.. U-214 jalan.. 😃😃 keknya dock kapal selam PT PAL mampu untuk melayani pembangunan 2-4 unit kasel sekaligus. 😱😱
HapusKalau seandainya U-214 jadi deal prosesnya sama seperti U-209 changbogo selama 4-5 tahun dengan pembayaran multiyears.. selama itulah PT PAL bisa memproduksi U-209 untuk TNI.. mungkin 2 unit dulu cukup.. begitu kura2.. haha.
Btw berapa ya harga 1 unit changbogo.??
Perakitan kapal selam 405 butuh waktu 2 tahun (komponen pertama datang Maret 2017, target selesai akhir 2018 atau awal 2019).
HapusNah kalo kapal selam ke-4 dan ke-5 dirakit lagi di PT PAL diperkirakan butuh waktu 2 x 2 tahun = 4 tahun lagi dengan asumsi minimal berturut2 1 unit CBG yang dibangun di hangar dan bukan 2 unit sekaligus karena keterbatasan jumlah tenaga trampil yg sudah dilatih.
2019 + 4 = 2023
Jadi pada 2023 itu baru ada 5 cbg.
Sedang pada 2023 kemungkinan 2 kasel tua akan dipensiunkan atau dijadikan kasel latih saja.
Sedangkan revisi target jumlah kapal selam yg baru adalah 8 kapal selam.
8 - 5 = 3 unit lagi.
Kemungkinan yg 3 unit ini akan segera diambil jatahnya oleh U214, supaya bisa kejar target tahun 2023 selesai.
Kalau untuk midget lokal jangan diomongin dulu karena barangnya masih berbentuk model dalam kotak kaca.
CBG ke-6 yang akan full dibuat sendiri dan prediksi selesai pada 2026-2027.
HapusBagus begitu model cbg u 209 prosesnya berlanjut...model u 214 juga mulai proses jalan...karena bentar lagi cakra & nenggala sudah sepuh jadi U 214 cocok lah buat gantiin...ibarat sekali belajar ngelas 2 type KS terlampaui...wkwkwkkwkk..kalau buat U 209 sudah khatam bisa buat di eksproot..xxixixiiii
HapusPT PAL harus berani improve kasel ke lebih baik, minimal hrs bisa AIP utk menambah jarak tempuh dan mematikan, klau blum punya kemampuan harap menjalin kerjasama dg negara yg mau memberikan tekhnologi AIP,Semoga kedepannya PT PAL bisa tetap jaya
BalasHapusNnnaaaahh itu U-214.. ?? kan masih satu turunan U-209 milik kita.
Hapushttp://smallshipyard.blogspot.com/2011/07/kapal-selam-type-u-209.html?m=1
HapusPt pal oke.
BalasHapus...mau berapa pun TNI AL beli kapal selam dari PT PAL, tetap harus juga beli dari Russia ( Kilo Class terbaru dan Amur atau juga yang lainya )...supaya BALANCE dan Efek gentarnya lebih dahsyaaaaaat
BalasHapus...Xixixixixixi :D
balance apanya..?? malah pening ngrawatnya paaakk.. sudah benar kita menggunakan U series saja.
Hapus...misalkan, ( 2 Kapal Selam lama sudah pensiun )
HapusTNI AL punya 25 Kapal Selam, rinciannya ;
- 12 unit Nagapasa Class
- 8 unit Kilo Class terbaru
- 5 unit Amur Class / yang lainnya
...membingungkan lawan, mana yang akan dihadapi
...Xixixixixixi :D
laaaahh.. amur saja masih bingung pakai AIP.. Rusia saja ngk mau pakai, kok bisa2nya kamu suruh Indonesia pakai.. gilee lu ndroo.??? nyawa awak kapal lebih berharga dripada KS abal-abal.. xixi..
Hapus...BALANCE punya kapal selamnya,
Hapusngerawat berbagai macam JENIS pesawat tempur aja nggak PENING, apalagi cuma ngerawat 2 atau 3 type kapal selam saja
...Xixixixixixi :D
...kan disitu tertulis " / yang lainnya "
Hapus...berarti nggak harus Amur Class kan ???
...Xixixixixixi :D
No Russian subs will be bought.
HapusKilo hanya imajinasi si akang saja.
Xixixixi
"Si akang teh kayaknya harus didoktrin lagi tentang yg ini..."
Hapushttps://jakartagreater.com/china-sesumbar-j-10c-unggul-dari-su-35sk/
...gkgkgkgkgkgkgk
Hapuskumpulin aja terus NEWS nya dari ;
- IndoMiliter
- JakartaGreater
- JejakTapak
- MiliterMeter
- dll...
...bro TN dan Smile :D
sdh mnding akusisi U series aj, u214 atau u212 sklian. selain awak tni al udh familiar, galangan pt.pal pasti jg terbuka untuk kesempatan memproduksi suku cadang ny
HapusOm bagas rusia kapal selamnya ndak perlu aip...mereka baru menemukan kapal selam nuklir abadi....ndak perlu ganti ulang isi....klo kapal selam nuklir yg lalu 5 ampe 10 tahun harus ganti nuklir baru
HapusKapal selam nuklir dan diesel jelas beda kang jalak.
HapusLagipula biarpun betul rusia sudah berhasil dg teknologi nuklir abadi, tapi kan awak kaselnya tetap butuh makan, minum dan udara segar....mosok abk nya mo makan lumut apa sisa debu radioaktif😂
Trus emnagnya kalo pake tenaga nuklir abadi abk nya gak kangen sama keluarga dirumah....bang toyeb aja air sekrang udah insyaf kang
HapusHahahaha....om smiling kayak emak emak yg ndak dapet arisan....kabuuuuurrrrr
HapusKalau di negara maju hukum nya kuat mengutamakan real data sesuai kebutuhan bukan koar koar doang faktanya di lapangan sebaliknya belli pistol junga enggak broo .
BalasHapus...borokokok silaing teh...euy
Hapus...Xixixixixixi :D
...tak sumpel cocot kowe, karo kacet wadon sing mambuuuuu teleeek
Hapus...Xixixixixixi :D
kalo pistol malah sudah ekspor KEN
HapusBanyak2 baca lon
Hapus...untuk urusan Kapal Selam, Jerman dan Russia sangat mumpuni...maka rinciannya boleh seperti ini ;
BalasHapus- 12 unit Nagapasa Class Indonesia
- 8 unit Kilo Class New Russia
- 5 unit Kilo Class U212 Jerman
...karena kalau TNI AL cuma menggunakan kapal selam Nagapasa Class donk, terasa hampa dan merana hidup ini
...Xixixixixixi :D
Kan sudah ada kenarok yg nemani...dia ac/dc lho, setrumannya bikin keriting
HapusIni sih judulnya bukan minimum tapi maksimal essensial force ya aa..heehee
HapusINDONESIA DARURAT KAPAL PERANG TYPE DESTROYER!!!
BalasHapus...Destroyer memang dibutuhkan, tapi Kapal Selam perannya sangat PENTING...makanya diutamakan dulu
Hapus...Xixixixixixi :D
Cbg ke 4 masih pake hull dari korsel dan sudah pake AIP, baru yg ke 5 dan 6 full buatan PT. PAL. Tinggal nunggu joint dengan Turki untuk U214.
BalasHapus2 jempol untuk PT. PAL, lanjutkan
Modules yg dari DSME rencananya cuma yg depan..yg tengah Dan belakang rencananya dari PAL.
HapusModules AIP masih dibicarakan..belum jelas pasti.. Katanya AIP modules yg dibicarakan itu sebenarnya brg 214 yg harus dicoba ke modules 209..
Kapan mau beli Type 214 ???
BalasHapusJokowi mesti tinggalkan jejak pesan U214 3 unit plus tot dr Turki dan German sembari sempurnakan tot U209 dari Turki German. Jadi gak dikira tukang klaim kayak negars malon !
HapusReqlistically, I don't think Singapore will be part of the list, as they also eager to develop their own technology..
BalasHapusayo kunjungi segera website kami agen betting terpercaya dengan pelayanan terbaiknya 24 jam tidak ada stop
BalasHapusburuan dan kita juga menyediakan banyak game seperti berikut yang bisa dimainkan melalui ovo dan juga go-pay
SABUNG AYAM LIVE [PRODUK UNGGULAN! HOT]
» SBOBET JUDI BOLA / CASINO LIVE
» MAXBET JUDI BOLA / CASINO LIVE
» TOGEL
» FISHING HUNTER (Permainan tembak ikan)
» BOLATANGKAS
» TEXAS POKER
» POKER ONLINE
» CAPSA
» CEME
» BANDAR CEME
» KIU - KIU
» BACARRAT
Contact Kami :
BBM : D8B84EE1 / AGENS128
Line id : agens1288
WhatsApp : 085222555128
Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.
BalasHapusSalam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management
OUR SERVICE
Boiler Chemical Cleaning
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Degreaser & Floor Cleaner Plant
Oli industri
Rust remover
Coal & feul oil additive
Cleaning Chemical
Lubricant
Other Chemical
RO Chemical