20 September 2018

TNI AL Sudah Punya Pengganti KRI Rencong

20 September 2018


Kapal KCR-60M TNI AL (photo : Cyberpioneer)

JAKARTA – Sebagai pengganti KRI Rencong 622 yang terbakar dan tenggalam di Perairan Sorong, Papua Barat, pada Selasa (11/9) lalu, Kementerian Pertahanan (Kemhan) mengandalkan Kapal Cepat Rudal (KCR) buatan PT PAL Indonesia. Total ada delapan kapal sekelas KRI Rencong 622 dibangun oleh perusahaan BUMN yang berbasis di Surabaya itu. Sebagian di antaranya sudah diserahkan kepada TNI AL.

Kepala Badan Sarana Pertahanan (Kabaranahan) Kemhan Laksamana Muda TNI Agus Setiadji menyampaikan bahwa KRI Rencong 622 memang sudah berusia tua. ”Dari hitungan life cycle cost harus sudah ganti,” ungkap dia di Jakarta kemarin (18/9). Maklum, kapal perang tersebut sudah beroperasi di bawah naungan matra laut sejak 1979. Usia yang sudah tua, diakui Agus mengharuskan pemerintah mencari pengganti kapal itu.

Menurut jenderal bintang dua TNI AL tersebut, Kemhan sudah bekerja sama dengan PT PAL Indonesia untuk membangun kapal pengganti KCR yang sudah beroperasi sejak tahun 1980-an itu. Dari target delapan kapal, Agus menyampaikan bahwa empat sudah selesai. ”KCR yang satu, dua, tiga, empat sudah jadi. Yang lima, enam sekarang proses pengadaan,” jelasnya. Sedang dua kapal lainnya masih belum digarap.

Yang pasti, Agus menegaskan bahwa Kemhan sudah memasang target membangun delapan KCR. Seluruhnya dikerjakan oleh PT PAL Indonesia. Menurut dia, kapal yang sudah berusia tua tidak boleh dipaksakan terus beroperasi melampaui batas. ”Harus diremajakan,” imbuhnya.

Lantaran KRI Rencong 622 merupakan KCR, kapal serupa yang sudah dan tengah dibangun oleh PT PAL Indonesia cocok menjadi pengganti. Dari segi kemampuan dan teknologi, KCR buatan PT PAL Indonesia tidak kalah hebat dari kapal serupa yang dibikin oleh Korea Selatan (Korsel).

Kapal perang tersebut punya kecepatan tinggi serta daya hancur yang bisa diandalkan oleh angkatan laut Indonesia. Awal tahun ini, mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi sempat meresmikan peluncuran kapal tersebut.


Kapal Cepat Rudal Klewang class (photo : LOMOcean)

Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari mendukung peremajaan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Termasuk di antaranya kapal. Ketika dihubungi Jawa Pos, dia menyampaikan, kapal berusia 40 tahun memang sudah termasuk tua.

Selain itu, alasan lain jumlah kapal perlu ditambah adalah kebutuhan. ”Jumlahnya masih kurang. Untuk mengawal laut Indonesia yang sangat luas jumlah yang ada masih jauh dari cukup,” bebernya.

Menurut Kharis meremajakan dan menambah jumlah kapal juga penting guna memenuhi minimum essential force (MEF) yang sudah disusun sejak jauh hari. Tidak hanya itu, target rencana strategis (renstra) juga patut jadi pertimbangan.

Kapal cepat seperti KRI Rencong 622, sambung dia, harus diganti dengan kapal yang sepadan. ”Misalnya maling, penjahatnya lari cepat. Kita Nggak bisa cepat, kita nggak bisa kejar,” ungkap dia.

Meski belum menerima laporan kebakaran KRI Rencong 622, Kharis memastikan insiden itu akan dibahas dalam rapat bersama Kemhan dan jajaran TNI bulan depan. ”Awal Oktober kan kami rapat,” ujarnya. Dalam rapat tersebut, dia akan menanyakan langsung kebakaran yang juga menjadi penyabab kapal perang buatan Korea Selatan (Korsel) itu tenggalam tidak jauh dari markas Komando Armada (Koarmada) III.

Sementara itu, Direktur Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi menyampaikan bahwa KCR buatan PT PAL Indonesia adalah kapal kelas Sampari. Berbeda dengan KRI Rencong 622 yang masuk kelas Mandau. ”Selain senjata yang bisa ditanam di kapal, kecepatannya beda,” ungkap dia. Karena itu, Khairul menyampaikan bahwa pemerintah harus tetap mengupayakan pengganti yang sebanding.

Kalau pun kapal kelas Mandau yang sudah berusia tua kan digantikan seluruhnya oleh kapal kelas Sampari, sambung Khairul, mestinya pemerintah tetap mengupayakan pengadaan kapal lain yang kemampuanya jauh lebih hebat dari kapal kelas Mandau. Menurut dia, KRI Klewang yang terbakar pada 2012 adalah kapal yang cocok menggantikan kapal kelas Mandau. ”Itu mestinya dilanjutkan,” jelasnya.

(Radar Sukabumi)

92 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. ://garudamiliter.blogspot.com/2018/09/kemhan-akan-datangkan-8-kri-baru.html?m=1 semoga REAL FRIGATE SEKELAS IVER ATAU De Zeven ProvinciΓ«n, karena INDONESIA DARURAT KAPAL PERANG TYPE DESTROYER!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. IVER saja kalau boleh milih

      Hapus
    2. Bukan yang itu...

      Kata kuncinya "ukuran medium".

      Ukuran medium berarti sekelas korvet atau light fregat.

      Kelihatannya yang 4 biji Sigma adalah tambahan korvet Diponegoro class, jadi Diponegoro class yang udah operasional 4 unit ditambah 4 unit baru sehingga total bakal ada 8 unit Diponegoro class.

      Trus yang 4 lagi PKR, 2 unit dibikin di Belanda dan 2 unit bakal dibikin di sini.

      Trus ada kata, 2 unit sudah jadi yaitu GNR dan REM.

      Jika yang 4 PKR baru ini ditambah 2 unit PKR yg sudah operasional itu (GNR dan REM) maka bakal ada total 6 unit PKR.

      Sehingga pada tahun 2024 nanti bakal sudah ada 8 korvet Sigma plus 6 PKR, 8 + 6 = 14 unit yang bisa dibagikan ke 14 lantamal, masing2 1 unit sebagai flag ship fleet squadron pemukul memimpin 2 unit KCR (20 unit KCR 60 + 8 unit KCR 40 = 28 KCR dibagi 14 Lantamal = 28 / 14 = 2 KCR untuk masing2 Lantamal).

      Sedangkan kapal2 perang lainnya yang lama2 seperti 14 Parchim class, 3 Bung Tomo class, 3 Malahayati class, 6 Van Speijk (kalo belum pensiun) plus 2 OPV baru ( 14 + 3 + 3 + 6 + 2 = 28) bakal ditugaskan di 4 armada, masing2 ada 7 kapal pemukul.

      Jadi nanti tidak akan terlalu banyak kapal perang pemukul yang mangkal berderet2 dan berjajar di pangkalan armada.

      Hapus
    3. Ralat om TN# Armada TNI-AL cuma ada 3 om,Armada I bermarkas di jakarta,Armada II bermarkas di surabaya,Armada III bermarkas di sorong papua barat om...

      Hapus
    4. Periode 5 tahun ke depan (2019 - 2024) bakal tambah 1 armada lagi.

      Jadi 4 armada.

      Hapus
    5. Yoi om TN,mudah2an terlaksana penambahan armadanya

      Hapus
    6. Idealnya 6 armada untuk jaga di 6 titik potensial trouble spot yaitu : 4 choke point plus 2 titik potensial kekayaan sumber daya laut (1 di sebelah barat laut dan 1 di sebelah tenggara).

      Hapus
    7. Yoi om,kl ane malahan pengennya 7 armada om,Armada ke-4 cocoknya di cilacap jateng biar bisa menghadapi armada ausy di pulau christmas,Armada 5 di natuna buat menghadapi armada cina dan armada malon,Armada 6 di miangas di sulawesi utara buat menghadapi abu sayyaf dan armada malon yg suka mengganggu di ambalat dan armada di saumlaki maluku atau di NTT buat menghadapi armada ausy yg ada di darwin,untuk keamanan ujung pulau sumatera yaitu aceh dipercayakan kpd Lantamal I Belawan Sumatera Utara

      Hapus
  3. Gak sabar lihat KRI Klewang 2 turun ke laut 😍 Lihat di pabriknya tampak gagah tjoy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg muncul di def pk foto lama mas...πŸ˜–

      Hapus
    2. Sudah ada dan berbentuk mas di pt lundin. Gak sempet foto karena takut di ciduk PKD hahaha

      Hapus
    3. nich yg terbaruw pedeonya lagee haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†
      tuch opa RR aja uda liat lgs

      menit 3:50
      Minister of Defense Ryamizard Ryacudu visiting PT. LUNDIN to see the progress of TANKBOAT.
      https://www.youtube.com/watch?v=9YAMkf2UlgQ

      Hapus
  4. Kelasnya sih sama, cuma beda speed dikit. Yang Mandau class 41knot dan Sampari class 28knot.

    😁😁😁😁...

    Yang penting dikonfirm 8 ekor KCR 60 baru...sip! 😎

    BalasHapus
  5. tank boat dan klewang II insha Allah bentar lagi jadi https://youtu.be/o_M6bq7IZcY

    BalasHapus
  6. Antasena Tank Boat https://youtu.be/0ohI9rLWAcA

    BalasHapus
  7. Beda spec, yang lama Patrol Killer Ship dan ini KCR lebih Fast Missile Boat. Patrol Killer emang utk uber2an dan 'dogfight', sedang KCR utk hit and run krn mmg konsep pengembangan dari Fast Attack Craft ..
    Tapi utk gap filling bolehlah..

    BalasHapus
  8. Terkadang kapal perang buatan galangan pt PAL mirip kapal barang senjata nya se adanya peninggalan saman belanda radar nya gak bisa andalkan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ente apa bisa diandalken? πŸ˜›

      Hapus
    2. masih bisa diandalkan lah bung,
      dilihat dari siapa yang dihadapi.

      jangan remehkan TNI

      Hapus
    3. Paling cuma lidah sama tangan aja mas.....@PS

      Hapus
    4. Hahakwkw mana atuh si aseng mat rampit mau tak ajak duwel satu lawan satu pasti seru broo .

      Hapus
    5. Wkwkwk...lon,banyak bacot loe,sebelum hadapi ane,hadapi dulu bro lev andri lon wkwkwk

      Hapus
    6. "..peninggalan saman belanda.."

      Saman..? πŸ˜›

      Hapus
    7. kCR tu kapal penangkap ikan, meriam jadul 1 unit dan fake rudal c705 2 biji dengan radar ala kadarnya

      Hapus
    8. Unknown@ kcr bisa menewaskan kedah class ompong ko tuh lon,jgn macem2 ko wkwkwk

      Hapus
    9. bisa sih kalo C705nya gek delay 30 menit wkwkwkwk

      Hapus
    10. Unknown@ cem mn kedah class bisa menang missilenya pun tak de lon wkwkwk...kongkek dulu ko dgn mahathir sana wkwkwk

      Hapus
    11. itu kan menurut ente, logika ajalah kaprang corvet class atau frigat masak gak ada rudalnya apalagi di tahun 2018 ini

      Hapus
    12. Unknown indonesia@ betul bro,kapal gowind malon sebesar gergasipun ompong tak de sistem dan weapon wkwkwk....kapal gowind malon impoten digondolin najib wkwkwk

      Hapus
    13. Aseng mat rampit@ kumaha kang πŸ˜€ gak usah bantah bantah muluu lah . fakta faktanya kapal perang buatan pt pal hanya bikin makelar tambah makmur broo

      Hapus
    14. Ken ngorok@ jgn asbun lon,makmur gundulmu wkwkwk...moso yo TNI AL beli kapal ke PT PAL pake makelar wkwkwk...dasar beruk malon cuma bisa cakap asbun tanpa pake otak ngomongnya wkwkwk

      Hapus
    15. Lah memang fakta nya Kedah class emang kapal ompong sejak lahir πŸ˜†

      @ Mak rempit ketololan Ken katrok memang tiada dua nya πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    16. Mulyono@ Yoi bro,ken ngorok nih adalah produk gagal pendidikan malon yg cuma bisa asbun doang wkwkwk

      Hapus
    17. jd sapa yg kudu difentung, om antiembalgo, unknown269 ato dua2nya om pit2 haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
      uda kalah2 aza, jgn bikin tamba maluw haha!😜😜😜

      Hapus
  9. bedalah kelas RENCONG ama KCR, rencong berotot senjatanya, KCR tipis platnya, lemot jalannya sementara rencong pake mesin turbin gas

    BalasHapus
    Balasan
    1. KCR mana lebih berotot dari pada kedah class ompong ko tuh lon wkwkwk

      Hapus
    2. ya berotot kedah class lah @Rempit, KCR tu rudalnya delay 30 menit bahkan 1 jam selak dihabisi duluan ama otomelara ataupun harpoon

      Hapus
    3. Wkwkwk...kapal ompong tak de missile cem kedah dikata menang....gelak aq wkwkwk

      Hapus
    4. kapal perang segede gaban gitu gak ada misilnya dimana logikanya coba, apalagi di tahun 2018 ini

      Hapus
    5. Unknown indonesia# betul bro,segede gaban tapi gowindnya malon impoten,badannya gede tapi lontongnya gk ada wkwkwk

      Hapus
    6. Fakta nya Kedah class emang ngga punya rudal.. percobaan kedua rudal C705 sukses kok itu

      Hapus
    7. harpoon?sok tauuuu...emang ada mereka haha!🀣🀣🀣

      coba cek di SIPRI bkn SUPRI perna pesen gak, ato gini dech..
      maren liat kan parade hari kemerdekaan. cuman ada exocet, bloknya gak kliatan lagi haha!🀣🀣🀣

      lagian KCR 60 ama KCR rencong beda bahan, tebelan KCR60m kemana2 kan pake baja khusus High Tensile Steel buat lambung, sdangakan KCR Rencong pake bahan alumunium lambungnye, biar ringan & ngebut, begitchu haha!πŸ‘»πŸ‘»πŸ‘»

      Hapus
  10. Mas....mbok nickname UNKNOWN dipasangi IFF biar gak salah tembak kaya pesawat rusia kemarin

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya udah pasang IFF tapi kok gak kedetect ya ama blog ini

      Hapus
    2. Artinya ente stealth bro...



      Siluman.
      πŸ˜‘

      Hapus
  11. "Woow...penampakan fregat baru yg dibangun di belanda"

    https://m.detik.com/oto/otobabes/d-4220245/spg-cantik-di-giias-surabaya/8/#photos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha yang foto nomor 8 itu kok kayaknya mirip dengan seseorang yang pernah kukenal ... nostalgila masa lalu ...

      Hapus
    2. Iku jenenge "dijopa-japu" mase.....mosok wes "masa lalu" kok isih awet enom πŸ˜‚

      Hapus
    3. Lho pas masa lalu kuwi si seseorang kuwi lagi isih cilik, anake kancaku, nak saiki ketoke ya seumuran ing foto kuwi.

      Dadi kaya tengkulak, tuku ijon, dimbu dhisik nek wis mateng lagi diundhuh.

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Kyi nek ra kedisikan kampret....ehhh codot ding πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  12. Pastikan cukup fire extinguishers dan radar tidak cuma ditampal sticker. Langsung sesat di Selat Melaka. Kikiki..indon senang digondolin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...Betul pastikan dulu kedah class ada missile jgn ompong dan kd merajalela ada sistem combat,canon dan missile,jgn cuma 3 balon kuning sahaje yg ada wkwkwk

      Hapus
    2. Kapal ompong KD Merajalela sampai berkarat di limbungan karena selesaiπŸ˜†.. pastikan Malon miskin punya wang buat beli sensor dan rudal nya πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  13. Apa guna banyak kapal tapi tiada rudal dan kualiti? Sensor dan radar pun tiada... janji ada kapal buat rondaan sekitar! Amat memalukan! Kapal perang indo cuma mampu pake meriam saja tidak mampu beli rudal! Di latihan rimpac kapal indo cuma latih tembak canon saja! Ausrali cuma tersenyum dengan al indo! Hahahaha! Kapal perang indo layak buat tembak lanun saja!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...bercermin lon wkwkwk...kapal terbaharu malon buatan prancis KD MERAJALELA mula dilancarkan tak de sistem,canon dan missile wkwkwk...malu woii,makanya malon kirim kapal ke RIMPAC kapal lapok tak de missile wkwkwk

      Hapus
    2. Kapal perang indonesia ada rudalnya lon jangan ente liat KCR kapal belom matang tu (kapal sakit aja dilaunching) tapi lihatlah fregate indo spt ahmad yani class, diponegoro dll, cuman mahal lon kalo dipake rugi bandarlah.................

      Hapus
    3. Kalau mau di test boleh...coba kirim kapal malon masuk wilayah indo...biar di tenggelamkan...xiixiiixii

      Hapus
    4. Bercermin lah bung aj (anak jelek ) buat apa punya pesawat tempur byk tpi gkk bisa terbang,kalau bodoh tuh dari kecil nih mah udah tua bodoh ...

      Hapus
    5. Lucu Malon seekor ini .. bandingkan dengan armada Malon TLDM hanya 4 kapal yang punya rudalπŸ˜† yang lain nya kapal ompong dan hanya gun boat.. LCS Sampai karatan belum ada yang selesai ompong pula.. LMS hasil hutang pun kapal ompong πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  14. Sistem Senjata KCR-60M yang sedang dibangun ini akan menggunakan standar Eropa, sedangkan tiga unit yang dibangun sebelumnya menggunkan produk China.

    Linknya di :

    https://lancercell.wordpress.com/2017/04/29/progres-pembangunan-kcr-60-m-batch-2-foto-part-2/#comments

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi om,denger2 missile yg akan di install pada KCR-60 batch II yaitu missile RBS-15 MK3 atau RBS-15 MK4 buatan swedia dgn jangkauan antara 150-300 km om

      Hapus
  15. Di indonesia bila ada kapal TNI-AL yg terbakar pasti selalu ada penggantinya,beza dgn negara jiran bila ada kapal perangnya terbakar sampe kiamatpun tak de penggantinya wkwkwk...teruk sangat wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hati hati kalo udah jadi, sabotase intel malon mengancam. klo ketangkep bakar idup idup

      Hapus
    2. Iya bro,salah satu intel malon KEN OROK bila nanti tertangkap bro lev andri akan digantung dan dibakar di puncak monas bro

      Hapus
    3. @mat si ken sepertinya ngepen berat sama ente..hhhhhhh

      Hapus
    4. Unknown@ ihh eke najis dia ngefans sm ane bro wkwkwk

      Hapus
  16. Kalau mau yang sepadan dari segi kecepatan maka KCR harus menggunakan 2 mesin diesel ditambah 1 mesin turbin. Mesin turbin gas digunakan hanya jika dibutuhkan kecepatan tinggi seperti saat melakukan pengejaran,dan manuver perang.Sementara mesin diesel digunakan saat berlayar biasa seperti KRI Rencong yang digantikannya.Dengan mesin turbin gas bisa dicapai kecepatan 32 knot,tapi boros bahan bakar.Namanya juga KCR ,Kapal Cepat Rudal minimal harus bisa digeber diatas 30 knot perjam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eman solare paklek....tur maneh playune rudal luweh banter timbang playune kapalπŸ€—

      Hapus
    2. Banter endi kalo le ngendorke **tang...😲

      Hapus
    3. Ha..ha ,tak perlu pake bahasa jawa bro,itu Malon pada ngerti bahasa jawa .Contoh Scan, Shafig Gahani,Shed Anuar dan Malon lainnya umumnya bisa bahasa jawa karena turunan jawa.

      Hapus
  17. Balasan
    1. Pasti akan datang lagi.
      Tengok kabar tetangganya.

      πŸ˜‚

      Hapus
    2. Terbakar ada gantinya,beza dgn malon bila kapalnya terbakar sampe kiamatpun tak de gantinya kerana malon punya budget pertahanan paling kecil di ASEAN wkwkwk

      Hapus
    3. Pastikan Malon miskin punya Wang untuk ganti kapal usang.. Malon pun kalah dengan pinoy yang shoping terus πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  18. Beruk scan is lonte Lanang sesama jenis.hueeek njijiki

    BalasHapus
  19. scantut@ indonesia kan orang kaya bakar2 kapal biar ganti yg baru maklum ja kami ni orang kaya, malon beruk emangnya bisa shoping' emang enak bangkrap????
    oh kasiannya kagak bisa tapal sticker lg,,,,ckckckckckckkk

    BalasHapus
  20. mau mulut malon sobek pamer kedengkian tp intinya indonesia mampu buat sendiri' masalah kwalitas dan kwantitas waktu akan menjawab kwalitas dan kwantitas buatan indonesia akan selevel dan mungkin melebihin produk2 negara super power, gk ada orang/negara produsen yg mau jual produknya yg kwalitasnya benar2 baik sesuai versi aslinya dan yg pasti kwalitasnya dibawah aslinya, hanya sinegara produsen itulah yg menggunakan versi aslinya jd bagi negara tolol yg kagak mampu buat sendiri jangan berharap produk2 yg anda beli itu punya kwalitas sama dengan versi aslinya, indonesia mampu membuat otomatis kwalitas untuk negaranya lebih diutamakan, perlahan tp pasti produk2 indonesia akan sejajar dengan negara2 produsen besar lainnya.

    BalasHapus
  21. Budak2 indon are good at bitching on Faktor Gelak instead of Gentar. Kikiki..What a waste of money. Soon to be a bankrupt state. Double deficit club.Rupee is gonna be 30k/USD.indon mudah digondolin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruk2 malon tak sadar diri negara Jiran nya punya faktor gentar karena update dan shoping aset terus tapi negara bangkraps Malon buat gelak Jiran nya dengan hanya 4 Sukhoi yang dapat terbang hingga menhan nya dedahkan Malon tentara paling lemah di Asean ni πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    2. Mana linknya lon wkwkwk...prime minister ko sendiri yg hantar cakap malon punya utang 70% thd PDB wkwkwk

      Hapus
    3. @kangkong,biar aja rupee terjun bebas .Mata uang Indonesia adalah Rupiah . Kamu bodoh tahap gaban,mata uang saja nggak tahu..

      Hapus
  22. Singaporean are Pest!

    https://www.rappler.com/world/regions/asia-pacific/212335-anger-over-singapore-ads-offering-indonesian-maids-for-sale

    BalasHapus
  23. Singaporean are Pest!

    https://www.rappler.com/world/regions/asia-pacific/212335-anger-over-singapore-ads-offering-indonesian-maids-for-sale

    BalasHapus
  24. Tenggelam Lagi!! Poor Indon!!! Kapal Baru poor Indon ialah KRI Tenggelam!! Wakakakaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenggelam ada gantinya,kapal malon tenggelam sampe kiamat tak de gantinya wkwkwk

      Hapus
    2. Malon boleh buat KD tiada senjata dan sensor πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  25. Sekarang kalian bisa melakukan pembayaran melalui PULSA (khusus ANAPOKER) dan OVO
    Sangat Mudah dan Praktis dan kalian bisa memainkan permainan lainnya dengan transaksi yang mudah dimana saja dan kapan saja..
    Tersedia Akun user id secara gratis dan bisa memainkan 7 permainan poker online serta banyak game menariknya di Agens128..
    Untuk info selanjutnya bisa menghubungi Pihak ANAPOKER dan juga AGENS128 di
    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus