20 September 2024

Apakah Indonesia Siap Mengadopsi Teknologi Jet Tempur F-35?

20 September 2024

Perbedaan pesawat tempur Generasi 4.5, 5 dan 6 (infographic: Sobat Militer)

Kini adalah masa di mana pesawat tempur generasi keempat dan generasi 4.5 telah memasuki masa senja dan digantikan oleh penempur generasi kelima. Suatu jet tempur dapat digolongkan sebagai generasi kelima bukan sekadar dari tampilan luar seperti desain dan bentuk yang low observable terhadap pancaran gelombang radar.

Terdapat pesawat tempur yang diklaim oleh pembuatnya sebagai generasi kelima, namun pada bagian depan pesawat menggunakan canard yang justru meningkatkan radar cross section. Ada pula jet tempur yang diiklankan sebagai generasi kelima oleh pabrikan, akan tetapi mengadopsi sistem pembangkit (power plant) yang tidak bisa supercruise.

Dewasa ini hanya ada dua jet tempur yang sudah terbukti sebagai generasi kelima, yakni F-22 dan F-35. Terdapat tujuh parameter pesawat tempur generasi kelima, yaitu mengadopsi radar AESA, kebisaan untuk supercruise, tempat penyimpanan senjata di dalam fuselage pesawat, fitur stealth secara penuh, fusi sensor secara penuh, kelincahan bermanuver yang ekstrem dan penggunaan material komposit.

Merancang, mengembangkan dan memproduksi pesawat tempur generasi kelima penuh dengan tantangan karena harus memadukan ilmu aeronautika, elektronika maju, komputasi, metalurgi, propulsi, manajemen termal dan lain sebagainya.

Pesawat F-16 AM termasuk generasi 4 (image: Blackphoenix)

F-35 merupakan satu-satunya jet tempur generasi kelima yang proses desain, pengembangan dan produksi melibatkan banyak negara selain Amerika Serikat. Terdapat sembilan negara yang mendanai program F-35 walaupun pada akhirnya Turki ditendang keluar karena membeli sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia.

Pesawat tempur yang mengadopsi sistem pembangkit Pratt & Whitney F135 itu juga satu-satunya penempur generasi kelima yang dapat diekspor ke negara lain dengan syarat dan ketentuan yang lebih ketat dibandingkan ekspor penempur generasi 4.5. 17 negara di luar Amerika Serikat sudah mengoperasikan atau tengah memesan pesawat tempur yang mempunyai tiga varian tersebut, termasuk Australia, Singapura, Jepang dan Korea Selatan di kawasan Asia Pasifik.

Dari aspek teknologi, F-35 mengadopsi perangkat lunak lima kali lebih banyak dari pesawat tempur generasi sebelumnya. Terdapat 2.5 juta baris kode program untuk mengendalikan sistem dan control surface pesawat, seperti aileron, elevator, rudder, flaps, flaperons dan lainnya.

Dibutuhkan hampir 1 juta baris kode program untuk engine Pratt &Whitney F135 dan 6.5 juta baris kode guna mengendalikan sensor dan mengintegrasikan data sehingga tercipta gambaran battlespace yang dihadapi oleh penerbang F-35. Secara total, terdapat hampir 10 juta baris kode program yang disebut airborne system agar pesawat tempur itu dapat terbang dan melaksanakan misi.

Pesawat Rafale dengan camo TNI AU, termasuk generasi 4.5 (photo: Indonesia Military News Observer)

Airborne system F-35 terbagi dalam dua kategori, pertama ialah vehicle control yang mengendalikan karakteristik terbang semacam flight control, engine, manajemen bahan bakar, sistem kelistrikan dan subsistem mechanical. Kedua adalah mission systems yang mengendalikan navigasi, komunikasi, identifikasi dan muatan perang seperti radar, senjata, distributed aperture system, sistem defensif dan manajemen sensor.

Semua perangkat lunak di dalam fuselage F-35 di seluruh dunia saling terhubung melalui sistem perangkat lunak yang tidak terpasang di pesawat (offboard) untuk mengetahui dan membagikan pengetahuan tentang kondisi setiap unit F-35 kepada pengguna maupun pemelihara pesawat.

Perangkat lunak F-35 melakukan transmisi data operasional ke sistem komputasi awan di Amerika Serikat lewat Operational Data Integrated Network (ODIN), selain fungsi ODIN sebagai sarana bagi para software engineers untuk melakukan pemutakhiran perangkat lunak pesawat itu secara berkala.

Perangkat lunak adalah tumpuan F-35 agar dapat unggul dalam hal kelincahan, situational awareness dan peperangan elektronika. Salah satu tantangan dalam perancangan, pengembangan dan produksi jet tempur generasi kelima adalah berlomba dengan Hukum Moore, di mana salah satu diktum adalah daya teknologi digital meningkat dua kali lipat setiap dua tahun yang membuat teknologi sebelumnya usang.

F-35A dengan kemampuan stealth telah tiba di  Australia sejak tahun 2018, termasuk pesawat tempur generasi 5 (photo: Hesja)

Hukum Moore terkait dengan jumlah transistor pada integrated circuit yang menjadi otak perangkat lunak. Tantangannya adalah proses perancangan dan pengembangan pesawat tempur memerlukan waktu setidaknya 15-20 tahun sejak program dimulai hingga pesawat mencapai status matang.

Mengulas tentang perangkat lunak yang menjadi tumpuan F-35 sesungguhnya hanya satu aspek dari sejumlah aspek terkait teknologi tinggi yang diadopsi dalam desain, pengembangan dan produksi pesawat tempur itu. Aspek lainnya adalah struktur (seperti pemakaian material komposit), sistem pembangkit dan hal-hal lain semacam penggunaan coating dan sealant yang terkait dengan stealth.

Selain aspek-aspek tersebut, terdapat pula aspek kerjasama industri di mana delapan negara selain Amerika Serikat yang terlibat program F-35 mendapatkan keuntungan ekonomi melalui peran sebagai global supply chain. Kegiatan produksi yang dilaksanakan oleh para pemasok komponen F-35 melibatkan hal-hal seperti precision engineering, manufacturing robotics, advance carbon composite manufacturing, advance metal machining capability dan sebagainya.

F-35B dengan kemampuan VSTOL akan diterima  Singapura mulai tahun 2026, termasuk pesawat tempur generasi 5 (photo: LockheedMartin)

Pelajaran apa yang dapat ditarik oleh Indonesia terkait teknologi yang digunakan oleh F-35, khususnya perangkat lunak. Pertama, tidak ada kerahasiaan menyangkut kesiapan setiap unit pesawat. Jet tempur generasi kelima adalah mesin perang yang selalu terkoneksi dengan negara produsen, di mana negara produsen dapat mengetahui kondisi setiap unit pesawat yang dioperasikan oleh negara-negara pembeli.

Kondisi yang dimaksud mencakup kondisi teknis pesawat, sehingga apabila terdapat masalah pada beragam subsistem F-35 dapat segera diketahui oleh pemerintah Amerika Serikat maupun Lockheed Martin selaku pembuat pesawat.

Kedua, tidak ada kerahasiaan operasi. Setiap penggunaan F-35 diketahui oleh Amerika Serikat lewat perangkat lunak yang selalu terhubungkan dengan sistem komputasi awan di Amerika Serikat.

Next Generation Air Dominance (NGAD), pesawat tempur generasi ke 6 (image: Mike Mareen via Shutterstock)

Di samping itu, untuk menerbangkan F-35 memerlukan dua langkah otentifikasi, yaitu kode otentifikasi unik yang dimasukkan oleh penerbang ke dalam komputer pesawat dan kode personal penerbang sebelum dapat menghidupkan engine dan subsistem lainnya. Hal itu jelas berbeda dengan jet tempur generasi pendahulu yang tidak membutuhkan kode otentifikasi guna mengoperasikan pesawat.

Apakah Indonesia siap mengoperasikan jet tempur seperti F-35 di mana tidak ada rahasia terkait kesiapan teknis pesawat maupun operasi penerbangan? Jet tempur generasi kelima sejak awal didesain untuk saling terhubung dengan negara pembuat maupun sesama negara operator, sehingga tidak ruang bagi pengguna untuk merahasiakan kesiapan teknis pesawat maupun operasi yang dilakukan.

Perubahan budaya dari setengah tertutup menjadi sepenuhnya terbuka terkait kedua hal tersebut adalah tantangan bagi semua operator F-35. Kemajuan teknologi tidak dapat dibendung, namun masih menjadi pertanyaan tentang kesiapan Indonesia dalam mengoperasikan pesawat tempur generasi kelima pada dekade mendatang di saat jet tempur generasi keempat dan generasi 4.5 sudah memasuki masa senja. (Alman Helvas Ali)

24 komentar:

  1. 84,2% DEBT TO GDP✔️
    84% NO SAVING EVERY MONTH✔️
    ------------
    2024 = 84% NO SAVING EVERY MONTH
    2024 = 84% NO SAVING EVERY MONTH
    2024 = 84% NO SAVING EVERY MONTH
    A recent survey conducted by the Financial Education Network (FEN) showed that 84 per cent of Malaysians do not have regular savings every month.
    The level of financial literacy among Malaysians is still low. The study found that 69 per cent prefer spending over saving, leading to a lack of savings for emergencies. Moreover, 47 per cent admitted to having difficulty setting aside RM1,000 for emergencies."
    ===================
    2024 RASIO HUTANG 84,2% DARI GDP
    HUTANG 2023 = RM 1.53 TRILLION
    HUTANG 2022 = RM 1.45 TRILLION
    HUTANG 2021 = RM 1.38 TRILLION
    HUTANG 2020 = RM 1.32 TRILLION
    HUTANG 2019 = RM 1.25 TRILLION
    HUTANG 2018 = RM 1.19 TRILLION
    KUALA LUMPUR: Housing loans made up the largest chunk of household debt in Malaysia at 60.5%, it was revealed.
    The Finance Ministry stated that the aggregate national household debt stood at RM1.53 trillion between 2018 and 2023.
    In aggregate, it said the household debt for 2022 was RM1.45 trillion, followed by RM1.38 trillion (2021,) RM1.32 trillion (2020), RM1.25 trillion (2019) and RM1.19 trillion (2018).
    “The ratio of household debt to gross domestic product (GDP) at the end of 2023 also slightly increased to 84.2% compared with 82% in 2018,” it said.
    ===================
    2023 = RASIO HUTANG 82% DARI GDP
    TIDAK BAYAR HUTANG TERTUNGGAK
    HANYA BAYAR FAEDAH
    "Hutang telah mencecah, liabiliti dan hutang kerajaan RM1.5 trilion. Iaitu 82% kepada KDNK. Untuk memperincinya, hutang kerajaan RM1079.6 trilion termasuk komitmen jaminan (hutang) RM205.9 bilion. 1MDB RM18.2 bilion dan liabiliti lain RM4142.2. Jumlah RM1445.9 trilion.
    "Hutang Kerajaan Persekutuan telah mencecah RM60.4%. Dia termasuk khidmat hutang. (Pada) 2022 kita bayar khidmat hutang RM41 bilion dan 2023 RM46 bilion.
    "Peratus hasil 2022 sebanyak 14%, 2023 16%. Ini hanya membayar faedah bukan membayar hutang tertunggak," katanya menjawab pertanyaan Ahli Parlimen Wong Kah Woh (PH - Taiping).
    ==============
    2024 RINGGIT LOSSES
    The ringgit extended its losses to end lower against the US dollar today despite weaker United States economic data, an economist said. At 6 pm, the ringgit depreciated to 4.7110/7145 versus the greenback from yesterday’s close of 4.7080/7110.
    -
    2023 RINGGIT FALLS
    The Malaysian ringgit has fallen to its lowest level since the 1997-1998 Asian financial crisis, with the currency weighed by the US dollar’s rise and a widening rate differential with the United States.
    -
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    -
    2022 DEFICIT 5,6% 2021 DEFICIT 5,6%
    Pada kesempatan yang sama, Menteri Ekonomi Malaysia Rafizi Ramli menyatakan pengeluaran negara cukup besar yang dipicu oleh pandemi untuk melindungi ekonomi memperlebar defisit menjadi 6,4 persen dari PDB pada 2021
    Kemudian pada 2022 berkurang menjadi 5,6 persen, ketika pemerintah juga meningkatkan pagu utang dari 60 persen menjadi 65 persen dari PDB
    ===================
    2024 OVER LIMIT DEBT 65,6%
    Malaysia Government debt accounted for 65.6 % of the country's Nominal GDP in Mar 2024, compared with the ratio of 64.3 % in the previous quarter. Malaysia government debt to GDP ratio data is updated quarterly, available from Dec 2010 to Mar 2024.

    BalasHapus
  2. Jet tempur generasi ke 20 nanti MALON yang bina.. Yang mampu menyelam ke dalam air.... Wkwkwwkwkw


    Ilmuan MALON kan di luar nulur... Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. NEK LINK E YO DISIMAK DISIK TO....LAGEK DI SKIP.....SKIPDIPIPAP 😆😆😆

      https://youtube.com/shorts/jhZJaSz-yWY?si=syaUqoC2gPE9ahkY

      Hapus
    2. Dia ini analisis tapi jarang diwawancara, makanya bikin artikel mulu

      Hapus
    3. #Anal is......bukan Anak is-is 👍

      Hapus
  4. eeaaa...ngemenk aje haha!😊😊😊

    BalasHapus
  5. Hari ini KRI 392 Lukas Rumkorem menyusul KRI 391 Haji Fisabilillah telah meluncur ke laut dari Galangan Kapal Noahtu...selamat buat Putra Putri Indonesia telah sukses melaksankan TUGAS NEGARA menjawab tantangan Dunia yg dikatakan IQ 78...Kapal senilai 2 Trilyun utk 2 kapal meluncur mulus tanpa kendala ditarik kembali, miring ataupun tenggelam sepeti cibiran negara jiran yg iri, dengki dan hasud...

    BalasHapus
  6. Halaaaah orang ini selalu membuat narasi yg ambigu.

    Sudah sarapan apa hellmas?

    BalasHapus
  7. Spesifikasi RAJA HAJI FISABILILLAH CLASS OPV


    PANJANG : 98 METER
    BERAT : 2.100 TON.
    WEAPON :
    ••1x76mm OTOMEL SRG.
    ••1x40mm LEONARDO TWIN GUNS.
    ••2x20mm AUTOCANON.
    ••8xQUAD CANISTER SSM (EXO B3 or ATMACA).


    SHIP

    KRI RAJA HAJI FISABILILLAH 391
    KRI LUKA RUMROKEM 392

    BalasHapus
  8. Spesifikasi RAJA HAJI FISABILILLAH CLASS OPV


    PANJANG : 98 METER
    BERAT : 2.100 TON.
    WEAPON :
    ••1x76mm OTOMEL SRG.
    ••1x40mm LEONARDO TWIN GUNS.
    ••2x20mm AUTOCANON.
    ••8xQUAD CANISTER SSM (EXO B3 or ATMACA).


    SHIP

    KRI RAJA HAJI FISABILILLAH 391
    KRI LUKA RUMROKEM 392

    BalasHapus
  9. 1. HUTANG 84.2% DARI GDP
    2. HUTANG NEGARA RM 1.5 TRLLIUN
    3. HUTANG 1MDB RM 18.2 BILLION
    4. TUNGGAKAN SEWA SABAH USD 15 BILLION
    5. HUTANG KERAJAAN PERSEKUTUAN 60.4%
    6. SEWA SIMULATORMKM SEWA SIMULATOR HELI
    7. PESAWAT MIG GROUNDED
    8. SEWA MOTOR POLIS DAN SEWA MOTOR MILITARY POLICE
    9. PESAWAT MB339CM GROUNDED
    10. NURI GROUNDED SEWA BLACKHAWK
    11. FIVE PROCUREMENT CANCELLED
    12. 48 PESAWAT SKYHAWK HILANG
    13. MESIN JET 2 BUAH HILANG
    14. NO MARINIR NO AMPHIBIOUS NAVAL PLATFORM
    15. NO LST
    16. NO LPD – NGEMIS LPD USA
    17. NO TANKER
    18. NO KCR
    19. MONUMEN MIG29M UNTUK JIMAT KOS
    20. NO SPH
    21. SUBMARINE DEFACT MEMBUNUH WANITA HAMIL
    22. NO HELLFIRE
    23. NO MPA ATR72 DELAYED
    24. NO HIDRO-OSEANOGRAFI SEWA KAPAL HIDRO
    25. NO HELI HEAVY ATTACK NGEMIS AH1Z
    26. NO M3 AMPHIBIUS RIG
    27. LCS MANGKRAK KARATAN
    28. OPV MANGKRAK
    29. TANK MOGOK KW T72
    30. CN 235 MSA VERSI MSI USA
    31. HAWK PAKAI AVIONIK MADE IN INDONESIA
    32. M4 MADE IN USA
    33. GEAR ROMPI DAN HELM MADE IN INDONESIA
    34. SEWA VSHORAD
    35. SEWA TRUK 3 TON
    36. 4X4 SEWA 6X6 CANCELLED
    37. C130H DIGANTI 2045
    38. TEMBAK GRANAT BOM PASUKAN SEMDIRI
    39. NO DRONE UCAV – ANKA ISR OMPONG
    40. SEWA BLACKHAWK SEWA AW159
    41. NO TRACKED SPH
    42. PARASUT MADE IN INDONESIA
    43. SPH CANCELLED
    44. SCORPION V150 CONDOR SIMBAS RETIRED
    45. NO PESAWAT COIN
    46. PILATUS MK II KARATAN
    47. PENCEROBOHAN 43X BTA 316 HARI
    48. SEWA AW139 SEWA COLIBRI
    49. MRSS LMS B2 UAV ANKA HELI MENUNGGU 2026-2030
    50. OPV DIBAYAR 3 JADI 1 SEWA BOAT
    51. LYNX GROUNDED
    52. MRCA CANCELLED SEWA PESAWAT ITTC
    53. MICA CANCELLED NSM CANCELLED
    54. NO LRAD NO MRAD JUST SHORAD
    55. PRANK UN PRANK TURKEY PRANK PERANCIS PRANK SLOVAKIA
    56. 4X NGEMIS F18 KUWAIT
    57. MENUNGGU 2050 KAPAL SELAM
    58. NO TANK AMPHIBI AV8 MOGOK BERASAP
    59. 84% NO SAVING EVERY MONTH
    60. OVER LIMIT DEBT 65,6% (LIMIT DEBT 65%)
    ======================
    2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    ----
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ----
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    ----
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    ----
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    ----
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    ----
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang....
    ----
    2024 RASIO HUTANG 84,2% DARI GDP
    KUALA LUMPUR: Housing loans made up the largest chunk of household debt in Malaysia at 60.5%, it was revealed. The Finance Ministry stated that the aggregate national household debt stood at RM1.53 trillion between 2018 and 2023. In aggregate, it said the household debt for 2022 was RM1.45 trillion, followed by RM1.38 trillion (2021,) RM1.32 trillion (2020), RM1.25 trillion (2019) and RM1.19 trillion (2018). “The ratio of household debt to gross domestic product (GDP) at the end of 2023 also slightly increased to 84.2% compared with 82% in 2018,”

    BalasHapus
  10. Malayshemale


    https://dunia.tempo.co/amp/1918310/49-petugas-imigrasi-malaysia-ditangkap-karena-terlibat-perdagangan-orang-asing-termasuk-wni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah !?
      Yang benar ?
      Pantas saja tak pernah muncul, rupanya malon satu tuh ditangkap polisi
      🤣😂😃😁😃😂🤣

      Hapus
  11. Balasan
    1. Lagi banyak trouble malon tuu..
      Trouble sewa heli GAGAL
      Trouble kapal MANGKRAK
      Trouble SPH Cancel
      Trouble kapal selam tak nyelam
      Trouble MkM 4 bijik jee
      Trouble HaLu
      Trouble shoping GHOIB...

      🤣🤣🤣😂😂😂😂

      Hapus
  12. 1. HUTANG 84.2% DARI GDP
    2. HUTANG NEGARA RM 1.5 TRLLIUN
    3. HUTANG 1MDB RM 18.2 BILLION
    4. TUNGGAKAN SEWA SABAH USD 15 BILLION
    5. HUTANG KERAJAAN PERSEKUTUAN 60.4%
    6. SEWA SIMULATORMKM SEWA SIMULATOR HELI
    7. PESAWAT MIG GROUNDED
    8. SEWA MOTOR POLIS DAN SEWA MOTOR MILITARY POLICE
    9. PESAWAT MB339CM GROUNDED
    10. NURI GROUNDED SEWA BLACKHAWK
    11. FIVE PROCUREMENT CANCELLED
    12. 48 PESAWAT SKYHAWK HILANG
    13. MESIN JET 2 BUAH HILANG
    14. NO MARINIR NO AMPHIBIOUS NAVAL PLATFORM
    15. NO LST
    16. NO LPD – NGEMIS LPD USA
    17. NO TANKER
    18. NO KCR
    19. MONUMEN MIG29M UNTUK JIMAT KOS
    20. NO SPH
    21. SUBMARINE DEFACT MEMBUNUH WANITA HAMIL
    22. NO HELLFIRE
    23. NO MPA ATR72 DELAYED
    24. NO HIDRO-OSEANOGRAFI SEWA KAPAL HIDRO
    25. NO HELI HEAVY ATTACK NGEMIS AH1Z
    26. NO M3 AMPHIBIUS RIG
    27. LCS MANGKRAK KARATAN
    28. OPV MANGKRAK
    29. TANK MOGOK KW T72
    30. CN 235 MSA VERSI MSI USA
    31. HAWK PAKAI AVIONIK MADE IN INDONESIA
    32. M4 MADE IN USA
    33. GEAR ROMPI DAN HELM MADE IN INDONESIA
    34. SEWA VSHORAD
    35. SEWA TRUK 3 TON
    36. 4X4 SEWA 6X6 CANCELLED
    37. C130H DIGANTI 2045
    38. TEMBAK GRANAT BOM PASUKAN SEMDIRI
    39. NO DRONE UCAV – ANKA ISR OMPONG
    40. SEWA BLACKHAWK SEWA AW159
    41. NO TRACKED SPH
    42. PARASUT MADE IN INDONESIA
    43. SPH CANCELLED
    44. SCORPION V150 CONDOR SIMBAS RETIRED
    45. NO PESAWAT COIN
    46. PILATUS MK II KARATAN
    47. PENCEROBOHAN 43X BTA 316 HARI
    48. SEWA AW139 SEWA COLIBRI
    49. MRSS LMS B2 UAV ANKA HELI MENUNGGU 2026-2030
    50. OPV DIBAYAR 3 JADI 1 SEWA BOAT
    51. LYNX GROUNDED
    52. MRCA CANCELLED SEWA PESAWAT ITTC
    53. MICA CANCELLED NSM CANCELLED
    54. NO LRAD NO MRAD JUST SHORAD
    55. PRANK UN PRANK TURKEY PRANK PERANCIS PRANK SLOVAKIA
    56. 4X NGEMIS F18 KUWAIT
    57. MENUNGGU 2050 KAPAL SELAM
    58. NO TANK AMPHIBI AV8 MOGOK BERASAP
    59. 84% NO SAVING EVERY MONTH
    60. OVER LIMIT DEBT 65,6% (LIMIT DEBT 65%)
    ======================
    2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    ----
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ----
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    ----
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    ----
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    ----
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    ----
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang....
    ----
    2024 RASIO HUTANG 84,2% DARI GDP
    KUALA LUMPUR: Housing loans made up the largest chunk of household debt in Malaysia at 60.5%, it was revealed. The Finance Ministry stated that the aggregate national household debt stood at RM1.53 trillion between 2018 and 2023. In aggregate, it said the household debt for 2022 was RM1.45 trillion, followed by RM1.38 trillion (2021,) RM1.32 trillion (2020), RM1.25 trillion (2019) and RM1.19 trillion (2018). “The ratio of household debt to gross domestic product (GDP) at the end of 2023 also slightly increased to 84.2% compared with 82% in 2018,”

    BalasHapus
  13. INDONESIA SAAT INI BUKAN CUMA JADI NEGARA OPERATOR PESAWAT TEMPUR TETAPI STATUSNYA SUDAH JADI PRODUSEN YANG PRODUCTNYA SUDAH DALAM STATUS INDUSTRIALISASI PESAWAT IF 21 🇮🇩🇰🇷 KF 21 MERUPAKAN PESAWAT TEMPUR GENERASI MODERN DARI DESIGN & PROYEKSI TECHNOLOGY PESAWAT YANG DI BANGUN OLEH PTDI🇮🇩🇰🇷KAI MERUPAKAN PESAWAT MUTAKHIR JAJARAN TOP 5 YANG SAAT INI ADA ARTINYA NKRI SECARA KEMAMPUAN INDUSTRI & SDM SUDAH JADI NEW COMER DI INDUSTRI ALUTSISTA MUTAKHIR MODERN TIDAK KALAH DENGAN NEGARA² UTAMA YANG ADA SAAT INI FIGHTER JET IF 21 🇮🇩 INDONESIAN FIGHTER JET MERUPAKAN PESAWAT YANG TELAH DI DESIGN SECARA SENGAJA UNTUK MEMENUHI KRITERIA PESAWAT TEMPUR MUTAKHIR MODERN GENERASI LANJUT BUKAN PESAWAT TEMPUR YANG COBA DI SESUAIKAN TECHNOLOGYNYA ATAU DIPAKSA UNTUK SEBANDING / BISA MENGIMBANGI PESAWAT TEMPUR GENERASI LANJUT SAAT INI SEPERTI
    F 22 RAPTOR , F 35 ,J 20 ATAUPUN
    SU 57 JADI NKRI SUDAH TIDAK BISA DIPERTANYAKAN KESIAPANNYA JADI OPERATOR PESAWAT GENERASI LANJUT KARENA JELAS NKRI SUDAH MENCANANGKAN PROGRAM IF 21 🇮🇩 INDONESIAN FIGHTER JET UNTUK PENUHI KEBUTUHAN ANGKATAN BERSENJATA UDARANYA DENGAN PESAWAT GENERASI LANJUT IF 21 🇮🇩 INDONESIAN FIGHTER JET & TELAH MENJADI SALAH SATU PRODUSEN JUGA DARI PROGRAM KEMANDIRIAN NKRI DALAM ALUTSISTA MODERN MUTAKHIR SEHINGGA PERTANYAAN MENGENAI KESIAPAN DENGAN SENDIRINYA TELAH TERELIMINASI OLEH PRODUCT & PROGRAM NKRI UNTUK MAMPU & BISA MANDIRI DALAM MENCUKUPI AKAN KEBUTUHAN ALUTSISTA MUTAHIR MODERN DI TECHNOLOGY DIRGANTARA MASA DEPAN ATAU LANJUT YANG TENTUNYA HARUS JADI CULTURE BARU SYSTEM PERTAHANAN NKRI YANG BARU DI ANGKATAN BERSENJATA UDARA NKRI SEBAGAI OPERATOR & PRODUSEN.

    KEMANDIRIAN YESS !
    HIDUP IF 21 🇮🇩 INDONESIAN FIGHTER JET !
    MAJU & SUKSES TERUS PTDI 🇮🇩🇰🇷 KAI DENGAN PROYEK FIGHTER JET MODERN & MUTAHIRNYA !
    TUHAN BERSAMA BANGSA INDONESIA 🇮🇩 & NKRI 🇮🇩.

    BalasHapus