03 Desember 2019

Kemenhan Bakal Maksimalkan Penyerapan Anggaran Industri Pertahanan

03 Desember 2019


Alusista produksi PT Pindad (photo : JawaPos)

JawaPos.com – Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sakti Wahyu Trenggono fokus dalam pengembangan industri pertahanan dalam negeri untuk 5 tahun ke depan. Hal itu sesuai dengan intruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Trenggono mengatakan, sejauh ini penyerapan anggaran pertahanan oleh industri pertahanan belum maksimal. Akibatnya, industri pertahanan juga belum maksimal dalam menghasilkan produk.

“Pada 2020-2024 dengan hadirnya saya di situ, kita berharap mereka mampu memanfaatkan anggaran yang ada. Kalau dulu mereka abai anggaran, sekarang kita akan beri porsi lebih,” kata Wahyu di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (29/11).

“Contoh misalnya Pindad punya kemampuan memproduksi 200-250 juta butir peluru dan amunisi dalam satu tahun. Tapi dalam praktiknya Pindad tak pernah mencapai full capacity. Tidak pernah mencapai angka 250 juta,” imbuhnya.

Kondisi tersebut menurut Trenggono terjadi karena beberapa alasan. Bisa karena industri pertahannya yang tidak memanfaatkan dengan baik. Atau dari user yang tidak membuat pesanan secara maksimal kepada produsen. Oleh karena itu, mulai 2020 mendatang, hal tersebut tidak boleh lagi terulang.

“Jadi bukan artinya tambah anggaran begitu yang ada itu dimanfaatkan. Kalau diibaratkan air baru sebotol itu baru sedikit saja minumnya. Kenapa enggak dihabisin. Padahal dia punya kemampuan untuk itu,” jelasnya.



Lebih lanjut, Trenggono menyebut, pengembangan industri pertahanan dalam negeri yang dimaksud Jokowi pun bukan semata-mata menyetop belanja dari pihak swasta. Dalam Undang-undang industri pertahanan telah disebutkan alutsista yang harus dikerjakan oleh negara dan yang boleh diproduksi oleh swasta.

Dengan begitu, menurut Trenggono harus ada kerja sama antara BUMN dan swasta. Keduanya harus diberi kesempatan. Apabila diabaikan, maka tidak akan pernah mampu membuat industri pertahanan dalam negeri yang kuat.

“Kalau tahun pertama dikasih kesempatan dia belum berhasil, tahun kedua mesti berhasil. Tahun kedua berhasil tapi kurang jago ya tahun ketiga mesti (ditingkatkan),” ucapnya.

Trenggono menuturkan, meski alutsista yang hanya boleh dikerjakan oleh BUMN atau negara, juga tetap bisa menggandeng swasta. “Di dalam proses produksi atau proses pembuatannya itu dia pasti membutuhkan banyak komponen atau bahan baku. Nah, di situ bisa bekerja sama dengan swasta. Ini ke depan akan seperti itu,” pungkasnya.

Kementerian Pertahanan sendiri sekarang tengah membuat road map industri pertahanan dalam negeri untuk 5 tahun ke depan. Diharapkan dengan itu, bisa menekan belanja alutsista dari luar.

(JawaPos)

79 komentar:

  1. Banyak industri pertahanan swasta nasional di Indonesia dari galangan kapal sampai kendaraan lapis baja, itu bisa memacu berbagai inovasi

    BalasHapus
  2. 3 hal yg wajib dimiliki BUMN dalam mengejar kemampuan industri teknologi militer yg bener2 mampu bersaing:
    - imajinasi BUMN yg mumpuni sehingga memunculkan ide2 baru untuk teknologi yg baru.
    - kreatifitas BUMN yg kepo yg selalu ingin tau dan selalu berani mencoba
    - kerjasama kolektifitas antar sesama BUMN dalam negeri untuk industri militer.

    NB: sifat ini jg harus berlaku dan dimiliki untuk tiap2 pribadi milineal kedepannya agar SDM indonesia mampu bersaing dengan negara mana pun.
    - imajinasi yg mumpuni
    - krearifitas yg tinggi
    - mampu melakukan kerjasama dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi yang paling penting adalah dukungan dana riset dan kalau sudah jadi wajib dibeli TNI-POLRI

      Hapus
    2. Dukungan dana pasti ada seiring menguatnya ekonomi negara, aku sih optimis kebijakan2 dan strategi pemerintah saat ini udah di trek yg bener untuk menjaga stabilitas ekonomi, mungkin sepertinya lambat tp strateginya udah tepat tinggal komitmen kerjasama yg baik dr semua elemen pemerintahan dr daerah sampai pusat, biar gimana pun usaha2 pihak luar tuk menjegal ekonomi indonesia kalau komitmen kerjasama kita kuat di semua elemen pemerintahan pasti gk ada efek' mungkin efeknya sedikit melambat tp lama2 tak akan terbendung,,,komitmen kerjasama ini untuk membantai para mafia2 disemua sektor, memang butuh proses tp pasti akan kalang kabut jg tu para mafia.

      Hapus
    3. Sudah saatnya maksimalkan pembelian senjata khususnya SS 2 maupun di pistol.
      Misal di tahun 2024 seluruh anggota tni standar senjatanya sudah SS2 & pistol G2.
      Sementara senjata SS1 & pistol FN itu bisa di rawat & dicadangkan...semisal perang bisa memakai SS1 yg di simpan.tanpa harus menunggu di buat..karena begitu terjadi perang maka pabrik2 senjata menjadi target utama.

      Hapus
    4. Misalkan terjadi perang anggap aja rakyat atau masyarakat awam mau berjuang.pabrik senjata sudah di bom...simpanan stok senjata & amunisi gak punya..apa rakyat harus kembali ke bambu runcing.
      Ini perlu di sadari.

      Hapus
    5. Setelah Kreatif hal yg lebih penting lagi adalah di beli dan digunakan agar terjadi perbaikan dan penyempurnaan berdasarkan pengalaman...

      Hapus
  3. Selama ini desain alutsista buatan negara kita terlihat katrok, entah kenapa para pembuat desain alutsista kita terlihat tidak memiliki imajinasi dalam membuat rancangan desain yang bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duitnya cukup gak buat bikin yang ga katrok? 😒😛

      Hapus
    2. Siapa bilang katrok???? Lha moso katrok bisa laku dijual ke luar, eh tong sebuah imajinasi yg mumpuni jg memiliki proses agar bisa mumpuni' untuk asean desain kita masih laku dijual kok, untuk 10 - 15 tahun kedepan desain kita pasti mampu bersaing dipasar internasional untuk teknologi militer,,,gk ada yg namanya teknologi itu seperti main sulap, yg namanya hidup ini ada PROSES.

      Hapus
    3. @Airwolf
      Cari designer muda. Dulu ada yg sempat bikin desain bagus, tapi akhirnya dilibas sama yg mapan.

      Asli masuk industri pertahanan rada tinggi risikonya. Harus punya backing kuat.

      Hapus
    4. Yg penting udah mau dan selalu berani mencoba, dan nyatanya laku kok dijual,,,seiring berjalannya waktu imajinasi itu akan semakin kuat dan mumpuni yg membuat imajinasi desain kedepannya mampu bersaing dipasar internasional, ini yg namanya proses tong' coba sebutkan negara mana yg langsung hebat desain2 produk teknologinya???? Lha china aje butuh 40 tahun untuk menjadi seperti sekarang, itu pun belum bener2 mampu mendobrak/bersaing dengan desain eropa, us dan rusia,,,emang hidup ini untuk mencapai suatu tujuan segampang dan seenak berkhayal 🤷‍♂️🙆‍♂️😂

      Hapus
    5. Effective > goodlooking.

      ya gapapa lah asal fungsi, daripada barang fancy cuma buat pajangan doang.

      ya emang sih desainnya gitu" aja khas tahun 80-90 an. tapi toh negara" lain masih gitu" juga desainnya. ya ane kagak mengungkiri kalau alutsista dimari udah lawas, ada yg sisa perang dingin bahkan sisa perang korea.

      ya bahkan relik perang dunia 2 aja masih dalam layanan.


      tapi untuk keluaran baru udah lumayan lah. Anoa Mk 3 menurut ane udah cakep, Tank Harimau juga udah cakep(mengesampingkan orang" yg bilang mukanya datar 😕)

      atleast, its will need time

      Hapus
    6. Yg terpenting fungsionalitasnya di mature-in dulu, biarkan beruk koar koar ugly desain nanti juga keselek ama ludahnya sendiri kohkohkoh

      Hapus
    7. Tapi kalau bisa desain bagus dan sama efektif kan lebih bagus. Buat marketing apalagi.

      Hapus
    8. Design itu kan dinamis...tapi yg di utamakan fungsinya terlebih utama.
      Apakah SS2 terlihat katrok..?
      Mungkin yg terlihat agak design lama di anoa karena masih 6x6..sementara negara lain sudah bermain di 8x8 jadi wajar terlihat agak sedikit tertinggal.

      Hapus
    9. Jika ingin yang eye catching ya berikan pada yang muda. Bukn berarti yang tua tidak mampu. Setidaknya ide fresh lebih berasa dari sang muda.

      Tapi mendingan sekarang cari yang lebih fungsional dan bertahan lama.

      Hapus
    10. halaaah om oom, sampean iki!
      desain kolor yang loe pake aja katrok

      Hapus
    11. spt desain kereta kuda. kemudian diupdate jadi desain mobil ferrari.. yg terpenting adalah pelatihan dulu corat coret jelek2..(blm pake ukuran CAD). diulang2i dibandingi. buatkan lomba desain secara bertahap. kl udah bagus masing2, tinggal diajak desain skala kecil dgn CAD..

      Hapus
    12. solidwork atau catia
      CAD Buat building

      Hapus
  4. Maka Kita perlu mengadopsi gaya industri pertahanan Malaysia yang sangat prospektif kehadapan jika terapkan secara total di industri pertahanan di Indonesia karena sangat sesuai dengan kemajuan dunia.....







    Dunia beruk primitif 😀😀😀

    BalasHapus
  5. Saat semua bumn bisa membuat segala jenis peralatan militer, inilah kemajuan Indonesia di kawasan meninggalkan malon yang telah bergabung dengan salah satu provinsi cina 🤔🧐😉

    BalasHapus
  6. Begitu banyak industri swasta di indonesia.
    Kalo boleh usul nih, BPPT merancang jenis alutsista dengan model modular
    Yg nantinya pengerjaan modul per modul ditenderkan ke swasta dgm spec dan standar yg presisi.
    BUMNIS yg mengintegrasikan.

    Sehingga secara supply dan kecepatan produkai bisa terjaminkan.

    Hanya usulan cah ndeso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide2 seperti ini yg harus kita munculkan dan harus berani kita sampaikan, masalah diterima atau tidaknya itu ya diserahkan ame BPPT atau pemerintah,,,ide ini bagus kok 👍

      Hapus
    2. Ada seekor genk LGBT Malon terinfeksi HIV Aids lepas dan berkoar koar frustasi dengan Angkatan tenteranya yg kedekut uwang 👇👇👇

      Hapus
    3. Harusnya begitu mas bro. Mungkin next nya x ya.

      Hapus
  7. FREE PAPUAN! FREE PAPUAN! FREE PAPUAN!

    https://www.thejakartapost.com/news/2019/12/02/papuan-students-demand-referendum-while-dozens-arrested-on-sunday.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon tak de kuasa melihat militernya merudum 😆😆

      Hapus
    2. Malon bangsa mundur, Indonesia bangsa maju....😂😂😂

      Hapus
  8. Lihat list belanja AD 2020-2024 ada pesanan Komodo, pandur, Anoa,badak & harimau tank..klo di total bisa ratusan unit.

    Apa Pindad mampu mengerjakan semua pesanan tersebut dgn kapasitas produksi yg sekarang ? Dlm setahun rata2 Pindad hanya mampu memproduksi 25-30 ranpur all variant + anoa.

    Blm terlihat penmbangunan baru divisi ranpurnya kecuali perluasan pabrik amunisi di turen malang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada malon stupid lupa makan obat 👆

      Hapus
    2. Ada seekor genk LGBT Malon terinfeksi HIV Aids lepas dan berkoar koar frustasi dengan Angkatan tenteranya yg kedekut uwang 👇👇👇

      Hapus
    3. Ada beruk malon jealous sehingga merempat kat blog ini 😆😆

      Hapus
    4. Kapasitas cuma 25-30/tahun
      Ahh yg boneng 😁
      Sejak di tahun 2017 je kapasitas full Pindad divisi kendaraan khusus je bisa 80 unit anoa/tahun

      Hapus
    5. Malon bangsa mundur, Indonesia bangsa maju....😂😂😂

      Hapus
  9. .
    .

    .
    .
    .
    .
    .






    FREE PAPUAN! FREE PAPUAN! FREE PAPUAN!

    https://www.thejakartapost.com/news/2019/12/02/papuan-students-demand-referendum-while-dozens-arrested-on-sunday.html


    BalasHapus
    Balasan
    1. Free sabah! Fre serawak! Free najib

      Hapus
    2. Ada seekor genk LGBT Malon terinfeksi HIV Aids lepas dan berkoar koar frustasi dengan ATM nya yg kedekut uwang 👇👇👇

      Hapus
    3. Tak kuasa melihat militer malon merudum sehingga kecoh pasal OPM 😆😆

      Hapus
    4. Malon bangsa mundur, Indonesia bangsa maju....😂😂😂

      Hapus
  10. ASEAN PEOPLE READ THE ARTICLE BELOW HOW IDIOT AND UNCIVILIZED NATION IS YOUR NEIGHBOR.








































































    https://coconuts.co/jakarta/news/indonesian-gymnastics-coaches-respond-to-allegation-of-expelling-female-athlete-due-to-her-virginity-status/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon dubor laki2 kagak ada yg peraewan, sama seperti orang2 australia yg halal embat dubor sesama pria 😂😂😂

      Hapus
    2. Malon sudah tak ada lagi dubor virgin, semua dubor lelaki malon tak virgin kena kongkek tiap hari, malin dan kongkek berpisah tiada 🐵🙈🐵

      Hapus
    3. Ada seekor genk LGBT Malon terinfeksi HIV Aids berkoar koar frustasi dengan ATM nya yg kedekut uwang.

      Hapus
    4. Malon jealous kerana tiada kepakaran 😆😆

      Hapus
    5. Malon bangsa mundur, Indonesia bangsa maju....😂😂😂

      Hapus
  11. bneran tuch kapasitas bangun anoa uda 80 unit/taon.

    asiik misalnye klu buat kebutuhan dlm negeri 50 unit, artinya masi ada slot buat ekspor 30 unit haha!😊😊😊

    kalo di gaspol dalem negri aje, keren tuch dlm 5 taon bisa dapet 400 unit, alias uda 2x lipat kapasitas sblomnya hore haha!👏👏👏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon bisa buat gempita 1000 unit/pertahun.
      Tapi semua salah potong, failure design idiot sangat 😂🤣😂

      Hapus
    2. Tepatnya merakit seperti tukang jahit dan ga punya hak export dari Turkiyem

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. hadeuu turkiyem ituw kembaran tukiyem jendez kembang inceran om smilikity yyak om but haha!👏👏👏

      Hapus
    5. drpd mubasir besinya masi bs bermanfaa't. tinggal dikiloin 6000/kg om jiwa haha!😊😊😊

      Hapus
    6. Bisa om pal 80 unit untuk pengerjaan full anoa...tapi kalau ada pengerjaan komodo atau yg lainnya mungkin bisa berkurang.
      Yg gak terganggu fasilitas pabrik eskavator & traktor karena beda lini produksi.

      Hapus
  12. abisin amunisi bagaimana sih? kalau sisa tidak terpakai dipaksa dihabisi demi tercapai full capacity?? pengin kalau ternyata digunakan terbatas, sebaiknya sisa anggaran dilokasikan utk produksi peralatan perang lain saja. ibarat, orang minum air banyak 5 liter padahal cukup 3 liter. kalau dipaksa habisi berarti buang2 duit namanya. sisanya 2 liter mestinya tidak dibeli, ditukar dgn uang utk beli makanan lauk pauk (senjata lain lbh strong lain)

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli produksi pindad lain saja.. kl bener tidak terpakai. jgn sampai indonesia dibodohkan supaya habisi anggaran demi tidak bisa membeli kuantitas senjata lain sebagai penambahan kekuatan..

      Hapus
    2. Harus dikomunikasokan dengan user terutama TNI. Berapa kebutuhan amunisi. Karena setahu saya untuk latihan menembak sendiri yang paling banyak mrmakai amunisi hanya passus, kostrad dan pas elit. Kalau pasukn infantri dibawah kodam masih sngat minim latihan. Kalau bisa disamakan kenapa tidak. Agar lebih piawai.

      Hapus
  13. setelah 10 taon produksi, uda waktunya anoa ngluarin inovasi varian baru.
    model disain modular yg lg IN dipasaran uda hrs bisa diterapin tuch.
    kan keren 1 kendaraan bisa diubah2 bentuk dr kendaraan angkut(apc) ampe batel panser hore haha!💪💪💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anoa udah ada facelift nya blm ya?? Setidaknya mulai sekarang nyicil design future anoa 😁😁

      Hapus
    2. maenannya ada om2 haha!😆😆😆

      Hapus
  14. Itu difoto paling depan pandur bin cobra ya.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pandur mirip2 BTR-4MV yak om choko.
      klo nanti marinir jadi lanjut pesen panser 8x8 mao,
      btr-4m hayuukk haha!👍👍👍
      https://www.youtube.com/watch?v=VeZE22Bq5po

      btr-4mv hayuukk haha!👍👍👍
      https://www.youtube.com/watch?v=K8kBFlPwPXA

      Hapus
  15. Hallo Semuanya, mau menikmati Jackpot tanpa batas ??? Mau Bonus new membernya ???
    Mau Kejutan specialnya ????
    join now sekarang di edensukses,club karena hanya di sini kamu bisa nikmati yang namanya
    kepuasan bermain Poker Online.

    Permainan Game judi online yaitu POKER , DOMINO , CEME , CEME KELILING , CAPSA , SUPER10 , OMAHAEDEN POKER HADIR MEMUDAH UNTUK BISA MENANG DAN GAMPANG MENDAPAT KAN JP..
    Promo edensukses,club diantaranya :
    ~ Minimal Deposit 15.000
    ~ Welcom Bonus New Member Rp. 10,000,-
    ~ Bonus Rollingan full 0,5% untuk semua permainan
    ~ Bonus referral 10%
    ~ Bonus Special Kejutan Yang Bisa Kamu Dapat Dari Turnover kamu

    Dan Setiap Bulannya akan UpDate Bonus Menarik lainnya
    edensukses,clubBekerja sama dengan Bank :
    ~ BCA
    ~ BNI
    ~ BRI
    ~ MANDIRI
    Jadi Mau Tunggu Apa Lagi Join Sekarang Dan Dapatkan Semua Bonusnya Hanya Di edenpoker,bet
    Email This
    Share to Twitter
    Share to Facebook
    UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI ::

    📱 WA : +855 17640528
    📱 LINE : EDENPOKER
    🌐 Website :edensukses,club
    edensukses,online
    edensukses,site

    ANDA MENANG KAMI SENANG BOSKU !!

    BalasHapus
  16. Anoa gurun gimane ni perkembangannya

    BalasHapus
  17. Malon bangsa mundur, Indonesia bangsa maju....😂😂😂

    BalasHapus
  18. Kalau saya lebih suka disegerakan PLTN thoriumnya. Bisa jadi listrik yg murah, negara nggak pusing dengan import BBM. Duitnya bisa nambah anggaran pertahanan...

    BalasHapus
  19. AYO GABUNG DI MYPOKER899 .com !
    AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA DAN TERBAIK
    BANYAK BONUSNYA :
    Bonus New member 10.000 - 20.000
    BONUS REFERRAL 10%
    BONUS MINGGUAN 0.3 - 0.5 %
    BONUS NEXT DEPOSIT 5%
    BONUS BULANAN
    TUNGGU APA LAGI ? BURUAN BERGABUNG DI POKER899.VIP , AGEN JUDI POKER TERPERCAYA DAN AGEN RESMI POKER IDN , SIAP MELAYANI ANDA PECINTA POKER !
    CAPSA , DOMINO QQ , POKER , CEME dan masih banyak lagi
    UNTUK INFO DAN PENDAFTARAAN HUBUNGI :

    MYPOKER899.COM !! RAIH KEMENANGANMU SEKARANG JUGA !!
    UNTUK INFO DAN PENDAFTARAN :
    LIVE CHAT : http://mypoker899.com
    WHATSAPP : +855884660017
    LINE : POKER899

    AGEN JUDI POKER ONLINE INDONESIA TERBAIK
    DAFTAR IDN POKER ONLINE UANG ASLI
    Agen IDN Poker Online Terpercaya Indonesia
    AGEN POKER ONLINE
    DAFTAR JUDI ONLINE
    AGEN DOMINO TERAMAN DAN TERPERCAYA
    IDN POKER

    BalasHapus