09 Desember 2019

Koarmada II Uji Coba Kapal Selam Alugoro di Hari Armada RI 2019

09 Desember 2019


Sea Acceptance Trial KRI Alugoro 405 (all photos: PAL)

suarasurabaya.net| Upacara Hari Peringatan Armada Republik Indonesia (RI) Tahun 2019 digelar di Dermaga Ujung Surabaya, Kamis (5/12/20119). Bersamaan dengan itu, Komando Armada II (Koarmada) juga melakukan sea acceptance trial atau uji coba laut Kapal Selam KRI Alugoro-405.

Laksamana TNI Siwi Sukma Aji Kepala Staf Angkatan Laut mengatakan, kapal selam batch kedua itu dibangun oleh PT PAL yang bekerja sama dengan Korea Selatan. Hari ini, alutsista tersebut akan diberangkatkan ke Laut Jawa untuk melaksanakan uji coba.

Sebelumnya, kapal selam tersebut sudah melakukan first trimming test di Dermaga kapal selam perseroan pada 24 Oktober 2019. Tahapan itu penting untuk menguji keseimbangan kapal selam, baik di permukaan maupun di bawah permukaan.

Hasilnya, Kapal selam Alugoro memenuhi syarat kestabilan di permukaan dan pada saat menyelam. Keberhasilan tahapan first trimming test itu dinilai pengalaman pertama di Indonesia.

Mengingat Kapal Selam Alugoro merupakan kapal selam pertama karya anak bangsa yang dibangun di PT PAL Indonesia. Pembuatan kapal selam itu melibatkan sekitar 206 putra putri terbaik bangsa yang dikirim ke Korea Selatan untuk belajar.

"Sebelumnya sudah dilaksanakan uji coba di Pangkalan. Kemudian sekarang, mereka melaksanakan uji coba ke laut. Jadi ini kesempatan baik, karena waktu yang tepat dan cuaca serta kondisi laut hari ini bagus," kata Siwi.



Namun demikian, kapal selam Alugoro masih harus menjalani beberapa tahapan tes lain. Salah satunya hari ini, seperti sea acceptance trial atau tes berlayar di perairan terbuka. Kemudian dilanjutkan tahapan final completion, sebelum akhirnya bisa beroperasi penuh (comissioning).

Pembangunan Kapal Selam Alugoro merupakan investasi jangka panjang negara untuk memiliki penguasaan teknologi tertinggi alutsista laut yaitu kapal selam. Itu merupakan investasi yang akan menjadi legasi kepada generasi penerus bangsa.

Dalam peringatan Hari Armada RI, Siwi mengingatkan Koarmada harus menegakkan kedaulatan dan keamanan negara. Selain itu juga mampu mengantisipasi perkembangan strategis global sebagai dampak perkembangan teknologi modern.

"Pesan bagi saya selaku Kepala Staf Angkatan Laut dalam rangka Hari Armada Tahun 2019 tentunya Armada harus mampu mengawal kedaulatan dan keamanan negara kesatuan. Serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, itu yang terpenting," kata dia.

"Kemudian, cita-cita Armada untuk menjadi salah satu kekuatan diplomasi, kekuatan pertahanan yang mampu memberikan satu situasi dan satu konteks pertahanan di kawasan. Itu sangat penting. Karena ke depan Koarmada RI harus membangun sumber daya manusia yang mampu mengimbangi perkembangan teknologi, yang berkembang begitu cepat," jelasnya.

Peringatan Hari Armada tahun ini mengusung tema "Armada sebagai Pengawal Samudra Siap Mewujudkan Prajurit Pejuang, Profesional, Bermoral dan Militan". Dengan melibatkan sekitar 1.913 personel gabungan seluruh Kotama TNI AL wilayah Surabaya, serta jajaran Forkopimda. 

(Suara Surabaya)

53 komentar:

  1. Beritane mondo kasep....kasep koyo mbah Gono πŸƒπŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨πŸ’₯πŸ’₯πŸ’₯πŸ’₯πŸ’₯πŸ’₯πŸ’£

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suwun mase...mengko tak aturke mbah Gono, wong aku ki gor makili bliau sbg advance team, sing ngamanke podium πŸ•΅️πŸ•΅️πŸ•΅️

      Hapus
    2. Matur SuwunπŸ™πŸ™πŸ˜πŸ˜πŸ€£πŸ€£πŸ€£

      Hapus
  2. Mugo-mugo le matri lambung kapale iso renteb, blas ra ono sing kecicir πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dandang bolongπŸ™„πŸ€”πŸ€­ kok di patri?😁🀣🀣🀣

      Hapus
  3. "OOT, sepurane yo cak....iki bar nemu solusi seko lapak sebelah, perkoro kepiye carane sing tepat guna supoyo CN-235 mundak digdoyo yen arep didakke pesawat ASW 😎"

    Sang Beruk πŸ’πŸ¦πŸ’ 09/12/2019 Reply

    Ini pt. DI bikin desain kesannya ga fokus, dibilang versi asw tapi tanpa sensor yg mendukung….dibilang gunship, keramenen tentengannya πŸ™†

    Pengalaman dg projek meltem 1 yg sekarang ditinggalkan oleh al turki dan beralih pada platform yg lebih lapang, krn keterbatasan ruang utk menempatkan peluncur sonobuoy….bahkan hanya tersedia ruang utk meluncurkan 1 kali drop saja, tanpa bisa reload krn tidak tersedia ruang utk menempatkan rak sonobuoy πŸ˜₯

    Bbrp negara di amerika dan eropa saat mengembangkan konsep penggunaan drone MALE utk menunjang operasi asw dg alasan kemampuan loitering time yg tinggi shg bisa mendukung operasi asw yg dilakukan oleh kelompok kapal.perang ☝️

    Leonardo berkolaborasi dg ultra electronic selangkah lebih maju dg mengembangkan sistim penyebaran mini-.sonobuoy (+ sistim prosesingnya) yg dikemas ringkas dalam pod (kurleb setara pod bbm yg ditenteng disayap) shg bisa diaplikasan pada berbagai jenis platform pembawa spt drone, heli maupun pesawat ringan (non dedicated asw).

    Langkah ini seharusnya bisa diadopsi oleh pt. DI dalam menjawab keterbatasan cn-235 sebagai aset ASW, dg menempatkan pod berisi sonobuoy dikedua sisi sayapnya dan penempatan torpedo di wing stub seperti desain diatas….shg didalam kabin pesawat, ruangannya masih cukup lega untuk menampung konsole unit tambahan utk memproses sinyal akustik sonobuoy dan masih tersedia space utk istirahat(+mini pantry) bagi para kru, mengingat durasi operasi yg panjang. Dan ketika tidak sedang
    menjalankan misi ASW, kedua pod sonobuoy tadi bisa ditukar dg rudal anti kapal atau ranjau laut πŸ€—πŸ€—πŸ€—

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iki πŸ‘‡πŸ» malah bonus videone barang......😱😱😱

      https://youtu.be/bltGGJJBOE0

      Hapus
    2. koyoe luweh masuk akal sg iki mas, 2x Sonobuoy pod dan 4x torpedo wes cukup.

      gausah dipasangi 30 mm chain gun.

      Hapus
    3. "Opo meneh bareng leonardo nggandeng Ultra Underwater System lan L3 (produsen helras dipping sonar)....lha rak genah kompatibel karo platform sing saiki diduweni karo AL, koyo heli panther ASW, kejobo sangu dipping sonar, saiki ugo iso nggowo sonobuoy sing dimuat neng luar body helikopter panther sing sempit πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»"

      https://www.leonardocompany.com/en/press-release-detail/-/detail/leonardo-collaborazione-ultrae-l3technologies

      Hapus
    4. Tumben videone genah yo mas πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. aku lak mesti was" ape mbukak link video ne sampean ki mas, mesti muncule biduan dangdut. wkwk

      Hapus
    6. Was-was yen keconangan bojone.....jare mbah Gono πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    7. ora demen biduan kok mas aku, masio serba dipamerake....

      Hapus
    8. Kuereennn.. wajib borong nek iki.. sangat prospek.

      Hapus
    9. ToT lebih menjanjikan sepertinya mas

      Hapus
  4. Bisakah Lapan dan pindad bikin VLS untuk kapal selam?kl rudal balistik dipasang cukup miring untuk penyesuaian muat di dalam KS sempit..

    BalasHapus

  5. ayo menangkan uang setiap harinya di agen365*com
    WA : +85587781483

    BalasHapus
  6. Buat sendiri di test tes sendiri, malon hanya bisa cakap sembang mendonia tapi tak punya brain, have big mouth but small brain and small dick, pandai kongkek dan rogol anak sendiri dasar melayu idiot πŸ΅πŸ™ŠπŸ΅

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHAHA HAHAHAHA BETUL BETUL BETUL BETUL HANYA PANDAI KONGKE... EMAK SENDIRI PON DI KONGKE KAT TAIPING PERAK

      Hapus
  7. Lon ganteng kan kapal selam indonesia, iki buatan pertama lon meski masih dibimbing korsel, 5 tahun lg kami akan punya produk kapal selam murni hasil kerja made in pt.pal dan semoga terealisasi mengincar teknologi AIP dari u214 turki. 😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. Changbogo improved plus teknologi u 214 dari reiss class turki kerja bareng PT.PAL,STM Turki dan thyssen krupp jerman insya Allah segera mampu mewujudkan kemandirian alutsista nasional bidang matra laut

      Hapus
    2. Py@ ya semoga rencana program kemandirian matra laut berjalan sesuai rencana, aku sangat yakin kita pasti bisa kok πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ˜Š

      Hapus
    3. Benar tulang sekarang kita sedang berada di jalur yang benar semoga tepat 2045 100 tahun RI kemandirian ini nyata,kita menjadi salah satu produsen alutsista terbesar di asia dan dunia

      Hapus
  8. Malaysia pun nak coba test mengambang Scorpane, di test keseimbangan untuk berak

    BalasHapus
  9. Entah kenapa aku selalu bangga bila indonesia mampu menghasilkan sebuah produk teknologi meski negara2 lain menganggap sepele produk indonesia dan tidak sedikit orang2 indonesia yg ada malah mencemooh produk tersebut, aku tetep gk perduli dan tetep merasa bangga dengan made in indonesia karena aku selalu yakin kesempurnaan sebuah produk butuh proses waktu untuk menguji dan mengetahui kekurangannya lalu memunculkan produk yg sama dengan kwalitas yg jauh lebih baik, yg utama dalam sebuah tujuan kemandirian adalah berani mencoba, berani bereksperimen, dan mau bergerilya tuk dapatkan ilmu teknologinya.

    #indonesia_pasti_mandiri πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ‡²πŸ‡¨πŸ‡²πŸ‡¨πŸ‡²πŸ‡¨

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxaxa mantap Indonesiaku xaxaxaxaxaxaxaxaxa benar om Raden, dan ini kasel pun kalo d tes,g akan setengah2 pasti akan d siksa dg sadis, biar d record semua kelebihan n kekurangannya sbg bahan perbaikan n pengembangan produk selanjutnya xaxaxaxaxaxaxaxaxa maju PT PAL!!!!! Xaxaxaxaxaxaxaxaxa n malon????????????????..... xaxaxaxaxaxaxaxaxa yuhhuuuu malon nih 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    2. Jadi ingat kata alim markus maspion tulang...BANGGA MENGGUNAKAN PLODUK PLODUK INDONESIA
      itu bukan hanya sekedar tagline iklan saja,sesuai cita2 ajaran Bung Karno BERDIKARI Berdiri dibawah kaki sendiri,tanpa bergantung kepada negara lain

      Hapus
    3. Saya juga sama,sepemikiran sama bro raden..

      Cintai lah produk indonesia dan jgn mencomooh yg sudah dihasilkan oleh putra putri indonesia yg terpilih utk menciptakan produk yg tdk kalah dgn produk luar.

      Tapi ada sebagian warga yg tidak tahu diri dan tahu nya hny mencomooh. Tidak mendukung progam presiden.

      Dr bayi diberi makan di tanah indonesia tapi setelah besar malah tidak tahu diri.

      Ada yg mau dirikan negara diatas negara, tidak mau hormat ke bendera dan tdk menginginkan bhineka tunggal ika. Maunya mereka 1 agama,1 mata uang semuanya.

      Apa mereka tu habib dan ustadz gadungan tdk baca alquran? Disana tertulis, ALLAH CIPTAKAN MANUSIA BERBEDA BEDA MULAI DARI BAHASA,WARNA KULIT,SUKU DAN RAS. TRUS JANGAN HINA SESEMBAHAN ORANG LAIN. TRUS AGAMAMU YA AGAMAMU DAN AGAMAKU YA AGAMAKU.

      Sangat terlihat miris lihat kelakuan ustadz dan habib gadungan yg mau menantang ayat alquran tersebut.

      Dan lebih mirisnya lg, ustadz dan habib gadungan tukang provokator,mencaci maki. Apalagi itu dilakukan oleh katanya ada keturunan nabi muhammad.

      Apakah nabi muhammad pernah anjurkan ke anak-anaknya atau ke cucunya seperti itu?

      Kwkwkwkkwkwkw..

      Tapi masih ada aja rakyat +62 yg 2% memuja dan memuji habib dan ustadz gadungan kyk gt.. kwkw

      Auzubillah minzalik..

      Hapus
    4. All@ mantap πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ˜Š

      Hapus
  10. 99% - made STAMPAL STICKER
    1% - made by IDIOTS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manusia tolol yg dipenuhin iri dengki πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Malon monkey stupid country =>>> πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡Ύ

      Hapus
    2. Malon hebat dalam produksi dadah no 1 se asia...

      Hapus
    3. Nuri sh 3 seaking itu tempel stiker apa bukannya?bukannya itu copy paste mentah2 dari sikorsky?tanpa improved tambahan

      Hapus
    4. Maksudnya LCS salah potong ya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. Bukan salah potong baja hullnya tapi salah otak Malon yg cuma bervolume 50 cc di jadikan engineer kapal LCS.

      Hapus
    6. Macam bisa buat aja kau lon lon. Kongkek aja yang kau tahu dan bisa.

      Hapus
    7. pasti beruk MALONS satu ini lahirnya hasil kongkek maknya dengan mat Bangla disemak2... kahkahkah..

      jadi sperma BANGLA bercampur sperma Kadal jadilah MALONS LOW IQ satu ini. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    8. @bagaz 🀣🀣🀣🀣 sperma kadal🦎🦎🦎 sadizzz ente bro 🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    9. malasybangla tiada berpisah

      Hapus
    10. Beruk malaydogsial
      100% Salah potong
      100% Ugly design
      100% low IQ

      😁😁😁

      Hapus
  11. 99,9% spesies beruk dikongkek 0,1% keturunan Bangla dan jadilah πŸ’―%beruk malons

    BalasHapus
  12. Tamadun bintang BACU 5,...SALAM 2023...KD.DESIGN FAILURE DAN SALAH POTONG....DEFENCE BUDGET...CIPUT..


    KOH..KOH..KOH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruk Malon punya napsong naikin budget militernya 4,5%, apa daya kuatnya cuma di 1% tetap di Ciput, napsu besar tenaga kurang. Tetap di bawah budget Pertahanan Philipina.

      Hapus
    2. TRAGEDI Bro..military budget Tamadun bintang BACU 5
      cuman dikasih 1% dari GDP....HAHAHAHA...HaHAHAHAHA

      Hapus
  13. 1% desain failure
    99% murni idiot koh koh malon trully idiot nation πŸ™‰πŸ™‰πŸ™‰

    BalasHapus
    Balasan
    1. πŸ’πŸ’πŸ’πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘Ž

      Hapus
    2. malasybangla tiada berpisah

      Hapus
  14. ESIABET adalah Salah Satu Agen Judi Bola Online & Bandar Slot Online Terpercaya di Indonesia !!
    .
    ⏩ Tersedia 3 Pasaran Terlengkap Untuk SportBook
    ⏩ Ribuan Provider Slot Online Yang dapat kamu mainkan
    ⏩ Jackpot hingga jutaan rupiah selama 1 x 24jam
    ⏩ Taruhan Terkecil dari 5.000 rupiah
    ⏩ Bisa Bermain Judi Mix Parlay Bola Jalan
    ⏩ Minimal Bett Parlay Rp.10.000
    ⏩ Minimal Deposit Rp.25.000
    ⏩ Minimal WithDraw Rp.50.000
    .
    ESIABET juga menyediakan promo menarik yang bisa anda dapatkan setiap hari:
    πŸ‘‰Bonus Member Baru
    *Deposit 25.000 + Bonus 10.000
    *Deposit 50.000 + Bonus 20.000
    *Deposit 100.000 + Bonus 40.000
    *Deposit 200.000 + Bonus 80.000
    *Deposit 500.000 + Bonus 100.000
    *Deposit 1.000.000 + Bonus 200.000
    *Deposit 2.000.000 + Bonus 400.000
    *Deposit 5.000.000 + Bonus 500.000
    πŸ‘‰WELCOME BONUS 20% SAMPAI 50%
    πŸ‘‰EXTRA BONUS 100% MAKSIMAL BONUS 1JT
    πŸ‘‰BONUS RELOAD 3JT (LIVE CASINO & SLOT)
    πŸ‘‰BONUS RELOAD 8JT (SPORTBOOK)
    πŸ‘‰CASHBACK SPORTBOOK 15%
    πŸ‘‰REBATE MINGGUAN 0.8% (LIVE CASINO & SLOT)
    .
    Contac Person Online 24 Jam
    ☎Whatapps : 0859-3259-6161
    πŸ“±LINE : ESIABET77
    πŸ“±IG = ESIABETJITUPARLAY

    Link Alternatif ESIABET
    🌐 www.esiabet8 .com
    🌐 www.esia365 .com

    Salam Hoki & JP Selalu Bosku πŸ’ͺ😁

    BalasHapus