26 Desember 2019

Vietnam Considers Integrate Kh-35 for Svetlyak after Upgrading Pohang

26 Desember 2019


Vietnam Navy has 6 Svetlyak patrol boat from Russia (photo : KienThuc)

Based on the experience gained from the integration of Kh-35 Uran anti-ship missiles for Pohang, Vietnam can mount them on Svetlyak.

Recently, photos have been shown showing both the anti-submarine protection vessels bearing the number 18 and 20 Pohang class that Korea transferred to the Vietnamese Navy underwent a power upgrade.

Specifically, the ships were added two KT-184 launch tubes of the Kh-35 Uran-E submarine destroyer cruise missile to the space behind the ship, near the light-weight torpedo tube assembly 324 mm.


Svetlyak with Kh-35 anti ship missile (graphic : BaoDatViet)

Thanks to the addition of new weapons, the Vietnam Navy's Pohang-class submarine hunting guard ship has "transformed" into an extremely powerful multipurpose rocket ship, well performing both anti-ship, anti-submarine and fire support roles forces at sea and clearing landing areas.

The reason the Vietnamese People's Navy has to study the integration of Kh-35 anti-ship cruise missiles for Pohang-class submarine-hunting corvettes is because in modern warfare, this weapon is indispensable due to gunboats and fishermen. The mines have a short effective range and the probability of killing the target is not high.

In addition, the number of missile ships of the Vietnamese Navy is currently not much, so if increasing the scale, it will help our combat capacity increase many times compared to today.


Pohang 20 with Kh-35 anti-ship missile (photo : Kien Thuc)

The problem now is that after the Pohang class, we can also integrate Kh-35 Uran-E anti-ship missiles to any other class of warships, especially when we have accumulated the following experience upgrade process on.

The answer will most likely be the Svetlyak 400-ton patrol boat - Project 1041.2 because this is the easiest option to deploy when Russia has designed for it the configuration of anti-ship missiles with the name Project 1041.1.

The deployment method is also quite simple, when just adding the fire control radar Garpun-Bal on the top of the radar tower to get the element to shoot for the rocket, the space behind the ship is completely suitable for the launcher KT-184 of Kh-35 Uran.

Besides Svetlyak, the TT-400TP patrol boat can also upgrade anti-ship missile fire in the same way because there are many similarities between the two classes of ships. If the above plan is implemented, it can be said that the strength of the Vietnamese Navy will soar compared to today.

(BaoDatViet)

82 komentar:

  1. "Monggo bung situngkir dan bang ruskey, sbg perwakilan pro ekspor benih lobster utk menyampaikan sepatah dua patah kata sambutan.....bergiliran saja, urut sesuai umur tertera di ktp, monggo ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘"

    https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-4835868/edhy-prabowo-batalkan-wacana-ekspor-benih-lobster?tag_from=wpm_nhl_7

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gitu dong om hari dgn tulang tungkir gk berantem lg,boleh beda pendapat tapi jgn sampai gontok2an yo ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      Hapus
    2. Siapa yg gontok-gontokan....ane kalo komen ga suka berpanjang-panjang dan pake kata "tong" ๐Ÿ˜

      Hapus
    3. pokonya anak bangsa yg bandel guwe fentung haha!๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

      Hapus
    4. Rupanya gak ada yg ngaku kalo sama-sama tua......๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    5. Itulah bang kalau ngambil baby lobster dari alam ya lama lama habis, mau di bikin ketat tetep saja ada kong kalikong, mulai dari tingkat rt yang paling kecil saja ada kong kalikong, lagian yang eksport baby lobster itu pedagang besar bukan nelayan kecil, nelayan kecil cuma dapat harga rendah dari pedagang besar itu, mau ya memperkaya pedagang eksportir besar?

      Hapus
    6. Gini loh membatalkan bukan beratrti wacana export benih lobster tidak baik' syarat solusi satu2 agar penyeludupan lobster berkurang ya buka keran export,,,ada hak pertimbangan untuk sang menteri, dan kalau dia siap berjibaku untuk menekan penyeludupan tanpa membuka keran export ya itu hak dia sebagai menteri tp menurutku luas lautan kita sangat2 besar perlu kerja extra keras untuk menjaganya dr penyeludupan baik yg keluar mau pun yg masuk' dan yg paling sulit memastikan anggota yg dilapangan siap secara mental menahan godaan simerah ๐Ÿ˜Š

      Hapus
    7. "Alasan tsb ga bisa dijadikan alibi mas @faktanya....sepanjang kita pake data ☝️๐Ÿป. Data dibawah menunjukkan, sejak penangkapan benih lobster dg ukuran tertentu dilarang.....jusru ekspor lobster dewasa RI meningkat ๐Ÿ‘, sementara ekspor lobster vietnam anjlok ๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž"

      https://money.kompas.com/read/2019/12/18/185200226/bantah-edhy-susi-pamer-data-ekspor-lobster-ri-meningkat-sejak-2016?page=all

      Hapus
    8. Kalo tak mau benih lobster di eksport yo mestinya pemerintah buat 1 BUMN yg tugasne menampung benih2 lobster dari nelayan dan BUMN itu bertugas membesarkan dan mengeksportnya

      Hapus
    9. Helleeehhhh...baru dpt shock terapi buka kran ekspor bibit lobster aja, langsung kejet2....hahaha

      Begitu dikejutkan dng kran ekspor, baru mau beli bibit lobster nelayan. Sebelum2nya malah jual mahal.
      Begitu pengusaha vietnam nampung benih lobster nelayan, baru ribut. Kemaren2 ribut melarang ekspor tanpa ngasi solusi. Malah suruh budi daya sendir sampe besar. Emang nunggu lobstek besar para keluarga nelayan ora mangan yo paklek.
      Skrng baru melek, para cukong2 lobster begitu dikejutkan dng wacana ekspor bibit. Kemaren2 ketutupan BH cantrikwati kemukus....hahahahaha

      Mulakno lek...nejengan kalean cukong2 njenengan mpun nate murah2 lek bade tuku bibit lobster nelayan kecik nggeh. Mboten usah kalah kalean cukong asal vietnam engkang juragan bibit....hehehehehe

      Niku ☝️ nasehat empu gandring paklek.

      Hapus
    10. Bung rempit aja tau....๐Ÿ‘

      ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      Hapus
    11. Gak perlu buat BUMN bung Rempit, cukup menjembatani harga bibit lobster ditingkat nelayan. Kalo harga ditekan murah dan ekspor dilarang, salah satu cara yg menyelundupkan. Malah dpt hrg tinggi dr cukong2 vietnam.

      Ini malah nyuruh nelayan budi daya lobster sbg solusi larangan ekspor. Mau disuruh makan apa keluarga nelayan kecil selama nunggu bibit lobster jd emak lobster. Masa mau disuruh jual BH di pasar sambil nunggu lobster besar.....hahahaha
      Makanya kemaren waktu ada larangan ekspor, tdk dibarengi dng regulasi, ada keberatan dari nelayan lobsters. Yg tambah kaya ya pemain2/cukong2 pemilik pembudidayaan. Sementara nelayan tetap makan nasi aking.
      Malah suruh jual BH obralan....hehehe

      Wessss ahhh..tak mangan sek, tp ora mangan lobster, nggarai kolobsterol....hahahaha

      Hapus
    12. Aku mau sembunyi dulu ya bung Rempit, itu aku liat kang smilikiti bawa parang mau ngamuk cari aku.......

      Hapus
    13. Hatchery lobster itu ibarat "lobster makan ikan"....ini perumpamaan bagi yg belum tau ttg lobster (yg menyamakan lobster dg udang, kerang atau jenis ikan lainnya) ☝️๐Ÿป

      Sejak dari benih saja, lobster sdh makan ikan segar (trash fish) dg skala tertentu terhadap bobotnya....trash fish ini diperoleh dr sisa tangkapan trawl (yg merusak lingkungan) yg tidak bisa dimanfaatkan. Dan asalnya pun dari praktek illegal fishing ๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž

      Jika kita punya hatchery lobster berskala industri spt di vietnam, maka butuh berapa ton trash fish perhari utk makan lobster ....dan seberapa besar lingkungan yg akan rusak dikorbankan demi memberi makan lobster ๐Ÿค”

      Maka negara2 majupun mmeilih tetap membiarkan keseimbangan alam yg membesarkan benih2 lobster ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      Hapus
    14. Lhoo...ngeletek wae. Baru mudeng rupanya diceritani ket wau paklek niki
      Makanya solusi budi daya ala mentri susi sangat memberatkan nelayan kecil pak lek. Sementara pemilik modal membeli lobster nelayan murah banget dibanding cukong vietnam. Itu intinya paklek. Solusi njenengan gmn.? Selama itu gak ada regulasinya. Biar mentri eddy melanjutkan larangan benihpun akan tetap ekspor ilegal benih berjalan paklek.

      Monggo paklek dahar rumiten nggeh.

      Hapus
    15. Sampeyan iki arep ngejak padu sopo....iku mentrine wae wes mbatalke wacanane ๐Ÿ˜ช

      Hapus
    16. Yen sampeyan durung mudeng solusine, dudu tanggungjawabku....iku best practice cilik-cilikan neng pangandaran lan lombok wae sing ditiru sembari nunggu lobstere digedekke dening alam

      Hapus
    17. Lha masalahnya penyeludupan ini kan merugikan negara, mana data penyeludupan benih lobster menurun semenjak export benih dikansel??? Justru saat export benih dikansel penyeludupan makin meningkat' masalah data produksi export lobster kita meningkat emang udah seharusnya begitu bila diurus dengan benar,,,masalah lobster bukan sekedar produksi untuk eksport lobster jd saja tp harus bisa mencari solusi menekan angka penyeludupan benih yg jelas sangat merugikan negara, buat apa eksport jd meningkat tp penyeludupan benih jg meningkat???? Jangan menutupi satu masalah dengan satu kelebihan data.

      Hapus
    18. Uwes ora usah panjang lebar....ekspore wes dibatalke, batal koyo "S....." ๐Ÿ˜ช

      Hapus
    19. Ya dibatalkan itu hak pilihan kebijakan seorang menteri untuk tugas yg akan dihadapinnya, tp ingat masalah lobster bukan sekedar export jd tp jg harus bisa menekan angka penyeludupan benih lobster karena jelas merugikan negara.

      Hapus
    20. Ya sono sendiri suruh bos edi yg ingat-ingat

      Hapus
    21. bos edi kui mbien paranormal top lho mas@hari.. dudu bos edi bakul lobster yoo๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜

      Hapus
    22. Paklek niki tasek dereng ngertos menawi. Menawi ngertos perkoro dilarang ekspor benih mawon.

      Budidaya lobster di indonesia itu kebanyak melalui penangkapan benih paklek. Bukan melalui proses pengawinan dan pemijahan. Karena harapan hidupnya kecil, resiko kerugiannya besar jika melalui proses spt itu. Umur lobster yg siap konsumsi itu antara 1 - 1.5 tahun dng berat 800 - 1200 grm utk eksport. Lha kalo nelayan kecil disuruh budidaya diwaktu yg segitu lama kesehariannya mau makan apa.?

      Harga bibit ditingkat pembudidaya sangat murah beda semwntara pembeli luar harga tinggi. Itu masalah yg dikeluhkan nelayan.

      Masalah pakan lobster budidaya pun paklek kuwi kemeruh banget. Kalo dialam liar memang makan ikan segar paklek. Karena itu rantai makanannya. Tapi kalo sdh budidaya, dia makannya tepung ikan dicampur minyak ikan. Makanya paklek banyak bertanya ke pak Agus pembudidaya lobstek di sulawesi tenggara. Dia yg punya hak paten pakan lobster dr tepung kepala ikan dan keong bakau campur bungkil kedele dan sagu utk solusi pakan murah dan bernutrusi bagi lobster budidaya.
      Pak agus ini sdh diundang ke luar negeri termasuk vietnam dan india.utk ekspos pakan lobster paklek. Dia punya jaringan di makasar, manado, ambon serta sulawesi tenggara.

      Yg terakhir, pak Edhy mentri kelautan tidak akan mencabut Permen 56 tahun 2016 namun akan merevisi agar lebih baik dan bisa menyejahterakan masyarakat. Saya nda perlu ngasi linknya lah ya paklek, krn paklek bukan junior yg harus di suapin link.

      Mpun gaduh urusan lobster maning kalian tulang Tungkir nggeh paklek, niku sampun jelas arahe pun

      Hapus
    23. Wes rasah alibi werno-werno sing cetho batal, batal....yen trimo protesen mentri edi

      Hapus
    24. Lha aneh ๐Ÿคฆ‍♂️
      Ngajak ngebahas disini malah nyuruh ane ngingati si edi, lha si edi dah tau kenapa wacana eksport benih lobster muncul ya emang untuk menekan angka penyeludupan sehingga ada tambahan pemasukan devisa negara, masalah untuk meningkatkan produksi eksport lobster jd bukan dengan cara menghentikan eksport benih lobster' tp diperhatikan dan diurus bener2 para nelayan2 yg membudidayakan lobster, dikasih pinjaman2 kepada nelayan yg membudidayakan lobster denga bunga rendah agar usaha mereka lebih besar' pemerintah jg siap menampung dan memasarkan hasil kerja mereka sehingga para tengkulak2 tidak ada lg yg merusak usaha2 mereka' lha kalau harga lobster kita lebih terjangkau ketimbang negara lain terutama vietnam otomatis negara pembeli ambilnya dr indonesia' gk akan mungkin vietnam bisa jual lebih murah sebab benihnya aja mereka beli dr kita yg harga bibitnya kita nentukan, hal ini yg membuat kita menang satu langkah sehingga bisa menjual lebih murah dr vietnam untuk eksport lobster jd,,,trus dimana masalah bahwa eksport benih lobster bisa mengganggu eksport produksi lobster jd indonesia???? Justru dr penyeludupanlah yg membuat vietnam mendapatkan harga benih yg murah tanpa bisa dikontrol pemerintah indonesia, masalah kemaren2 produksi lobster jd indinesia rendah karena dulunya tidak diperhatikan pemerintah dan salah urus.

      Hapus
    25. Aku tidak meragukan niat ibu susi tp ada salah mainset dalam hal strategi agar vietnam gulung tikar, dengan menutup keran eksport otomatis penyeludupan gila2an meski peredaran benih lobster tak sebanyak saat eksport benih diperbolehkan tp vietnam masih bertahan dan bersaing harga dengan produksi lobster jd indonesia yg disebabkan mereka mendapatkan benih lobster jauh lebih murah melalui penyeludupan, kalau masalah produksi lobster jd untuk eksport ya emang sudah seharusnya indonesia lebih besar dr vietnam wong indonesia penghasil lobster terbesar kok asalkan emang bener2 diurus dan diperhatikan, tp kalau vietnam masih bisa bersaing harga lobster dengan indonesia ini yg gk wajar meski pun produksi mereka tak sebesar indonesia, hanya membuka keran eksport benih lobsterlah kita bisa membunuh perlahan lahan produksi lobster vietnam asalkan pemerintah bener2 turun tangan mengontrol langsung mekanisme eksportnya, mengatur persentase benih yg di eksport dan harga benih yg dieksport, eksport benih ini bertujuan menekan angka penyeludupan sehingga nelayan tak perlu lg ambil resiko melakukan penyeludupab dan mereka para nelayan tetep ada pemasukan sembari menunggu panen produksi2 lobster jd mereka.

      Hapus
    26. Vietnam bayar mahal utk benih lobster asal Indonesia bro.....yang kebagian recehannya itu para pencari benih lobsternya.

      Lha itu yg kebagian duit gede 0ara backing, makane ngotot ...tu PPATK udah mencium aliran dananya

      Hapus
  2. Balasan
    1. Iyo yo ndar ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    2. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ para pecinta iskandar ☝☝๐Ÿ‘†☝๐Ÿ‘†

      Hapus
  3. @smilinghari....hanya di negara kita tercinta Lobster bisa bertelur bro....stop eksport benih Lobster dan Nickel ore...๐Ÿ‘๐Ÿ’ช

    BalasHapus
  4. Harga Hull Fregate kopongan berapa sih ?

    cuman aneh aja, padahal galangan dimari banyak, tapi blm dapet orderan satupun fregat (GNR, bukan murni lokal loh ya, cuma sebagai perusahaan penerima TOT)

    mungkin beberapa tetua faham. kenapa pada insiden kapal Helge Ingsted milik norwegia hull nya lebih mudah terkoyak daripada hull tanker ?

    apakah sekarang sudah tidak relevan lagi hull yang sangat kuat seperti VS ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaannya: seberapa kuatkah hull VS dan berikutnya, waktu tumbukan fregat HI....berapa besar energi tumbukannya ๐Ÿค”

      Pertanyaan terakhir, jika hull tidak dibuat dg standar militer, seberapa besar probabilitas kapal beserta sewaco nya bisa survive ๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—

      Hapus
    2. yaa klo lawannya jangkar ⚓...mo kapal mana aja disruduk pasti bolong haha!๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

      Hapus
    3. "Pertanyaan terakhir, jika hull tidak dibuat dg standar militer, seberapa besar probabilitas kapal beserta sewaco nya bisa survive"


      bantu ngerusuh, ada beberapa kemungkinan.
      1. hull tetap dibuat dgn standar militer yg berlaku pada negara tersebut (sertifikasi Angkatan Tentara mereka), dan dengan berkembangnya teknologi komposisi material untuk lambung kapal bisa berbeda" dan bahkan lebih ringan dari pendahulunya.

      2. semenjak ditemukannya rudal anti kapal, kemampuan armor untuk kaprang tidak lagi menduduki posisi wahid, bentuk, bahan ,dan kemampuan kapal lebih condong pada kemampuan semi stealth, sehingga memberikan keumtungan strategis daripada hull konvensional(battleship).

      3. ketika fregat norway bertabrakan, konstruksi kapal fregat dan tanker berbeda, tanker dengan tonase yg lebih tinggi serta dibangun drngan konsep hull dobel akan meliliki suvivalilitas tinggi apabila harus bertumbukan

      Hapus
    4. Kapal yg dibuat dg standar militer iku kompeks detaile ...ora gor sekedar kuat-kuatan lambung kapal thok

      Ning wektune ora cukup yen dibabar saiki

      Hapus
    5. @van muttohar
      Kemungkinan 1, 2 & 3 bisa berlaku secara bersamaan...

      Standar battleship itu armournya bisa tahan senjata dengan cliber terbesar pada kapal tersebut. Jadi untuk frigate Norwegia tersebut, tahan 76mm. Standar tersebut tidak berlaku bagi battlecruiser dan torpedoboat destroyer.

      Hapus
  5. Balasan
    1. Hahahaha...kok tau aja njenengan ini. Spt dukun ramal dr kemukus dng jimat BH merahnya...hahahaha

      Hapus
    2. Aku mung gojek kok mas....

      Ora, kae lho, adimu ☝️๐Ÿป urusono....wes jelas wacana ekspor benih lobster dibatalke karo mentrine kok paitan ngeyel ๐Ÿ˜ฃ๐Ÿ˜ฃ๐Ÿ˜ฃ

      Wes ngluwihi mentrinya-mentri.....

      Hapus
    3. janne aq yoo arep melok2 komen soal Lobster, tapii aq durung tau maem. seringan nguntal yuyu tok..

      Hapus
    4. Nguntal yu yu..? ๐Ÿ˜ฑ
      Yu inem, yu ipah, yu denok..?

      ๐Ÿ˜

      Hapus
    5. lhoo.. kok tauu sihh mas@ps?? ngintipp yaa๐Ÿค”๐Ÿ˜†
      yu inem itu sexy lhoo..

      Hapus
    6. Nguntal yuyu ??? Biyoh nemen nasibmu

      Hapus
    7. Aku yo doyan karo yuyu. Opomaneh yuyu kangkang. Yen dijawil titi' more mbrangkang. Mulakno jenenge yu kangkang. Kuwi akeh nang kemukus......๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      Hapus
    8. mas@choko wess nate "jajan' nang kemukus nganggo American Express.. pntes entuk paket super komplit๐Ÿ˜†๐Ÿคฃ

      Hapus
  6. In addition, the number of missile ships of the Vietnamese Navy is currently not much, so if increasing the scale, it will help our combat capacity increase many times compared to today.

    --------------

    vietnam tamba terusss kapal rudalnya mantap haha!๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    gak cem gred a, 4 kaprang doank...dibawah 70km pulak, CG panda yg nongkrong di zee aman haha!๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dah tu Xavier wet dream pengen gred A punya MRSS 13.000 ton ompal ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    2. nyoiihh om pit...
      apa gak mikir yak...mimpi pengen punyak mrss tp negerinya gak punya kemampuan serang pasukan amfibi dan aset tank amfibi cem milik marinir haha!๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      nasib ituw kapal uda ketebak om pit, selain kosong ama mager di pelabuhan..nunggu carteran hongkong haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    3. prokyurmen filipin ituw uda bner.
      beli SSV/LPD berbarengan dgn aset amfibi cem LVT7 hore haha!๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
      selaen ituw mrk uda punyak pasukan amfibi marinir sejak dolo.

      lha klo gred a kan = 0 om pit haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

      Hapus
    4. ASET TANK MARINIR YANG KUNO ITU YAH WKWKW..EMANG MALAYSIA NGAK PUNYA MARINIR KHUSUS..TAPI SIAP SEDIA AJA PASUKANNYA....3 CABANG SEMUA SUDAH DILATIH AMPHIBIOUS WARFARE..JADINYA MALAYSIA PUNYA CAPABILITY MARINIR WALAUPUN TIDAK ADA MARINIR HHAA

      Hapus
    5. Iyeke, terus mendarat pakai apa kalau mau nyerbu pantai????? Pakai rakit?????? Xaxaxaxaxaxaxaxaxa high educated konon xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih lon ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ

      Hapus
  7. ...kasihan sekali Malayon Beruk, yang konon negara grade A

    https://sosok.grid.id/read/411965576/walau-sudah-diberi-harga-murah-malaysia-tetap-tak-mampu-tebus-2-unit-jet-tempur-kelas-rendah-jf-17-thunder-kalah-dengan-myanmar?page=all
















    ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Khas Xavier@ nak shopping weapon2 branded tapi bayar 2 JF-17 yg telah sign pun malon tak de wang ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    2. ...Myanmar beli 16 unit ajach langsung tanpa bla bla blaa

      ...dapat diskon lagi dari $ 25 juta menjadi $ 16 juta / unit
















      ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

      Hapus
    3. ...bayangkan saja, satu unit pesawat CN-235 yang notabene-nya hanya pesawat intai buatan PT DI per unit dibanderol paling murah US$ 30 juta















      ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

      Hapus
    4. ๐Ÿ™†‍♂️๐Ÿคฆ‍♂️๐Ÿคฆ‍♂️๐Ÿ™†‍♂️๐Ÿคฆ‍♂️๐Ÿ™†‍♂️๐Ÿคฆ‍♂️

      Hapus
    5. penulisnye grid anak tongkrongan sini keknya yak haha!๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      Hapus
  8. Ini kapal buat melibas kapal destroyer negara China. Seri David vs Goliath.

    BalasHapus
  9. Di luar "isu LOBSTER' Yaahh.. apa benar itu infonya,. klo pk syeich yg biasa main d asean security observer itu sdh wafat??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ude gue gorok tu kakek tua bangka ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. Sakit infeksi paru2 meninggal 13 desember hanya tinggal murid2nya yang hoax disini .. Syeik al jailani

      Hapus
  10. Itu baru namanya kapal perang dek banyak rudalnya biuh2....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana rudalnya?
      Emang keliatan?

      Yakin itu bukan laucher kosongan?
      Udah liat firing test-nya?

      Hapus
  11. GO VIETNAM!! THE MOST POWERFULL ARMED FORCES IN ASEAN LOVE FROM MALAYSIA!! MALAYSIA RAYA!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vietnam akan tetap selalu Serang malon yg punya pertahanan militer paling lemah di ASEAN dgn jaring Nguyen ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    2. Tipikal malon...ayam sayur...berlindung sama negara lain

      Hapus
    3. Malondog penjilat
      ๐Ÿ•๐Ÿ•๐Ÿ•๐Ÿ•๐Ÿ•

      Hapus
    4. POOR IDIOT MALAYDOGSIAL MUST BE JEALOUS ๐Ÿ˜

      KIH KIH KIH

      Hapus
  12. tp vietnam gak sayang KL/gred a...makanya dilemparin "Jaring Nguyeen" haha!๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  13. Komen malon diatas = GO TAKE OUR SEA AND FISH VIETNAM!!

    Hahahaha

    BalasHapus
  14. This Vietnam ships can wifeout all poor malaydogsial navy ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti TLDM hancur lebur berbanding AL vietnam. TLDM punya 2 sub, viet punya 6 submarone. He he....

      Hapus
  15. Heran disini bnyk yg memuji vietnam yg suka maling ikan hiu

    BalasHapus
  16. Heran disini bnyk yg memuji vietnam yg suka maling ikan hiu

    BalasHapus
  17. Heran disini bnyk yg memuji vietnam yg suka maling ikan hiu

    BalasHapus
  18. Ingat bung kapal kita pernsh ditabrak sama kapal vietnam

    BalasHapus