15 Desember 2019

Studi: Angkatan Udara AS Unggul Jauh dari Rusia dan China

15 Desember 2019


Pesawat tempur US (photo : USAF)

LONDON, KOMPAS.com - Sebuah studi mengungkapkan bahwa angkatan udara Amerika Serikat ( AS) unggul jauh dari Rusia dan China. 

Laporan itu dirilis oleh FlightGlobal, situs daring milik majalah dirgantara berusia 100 tahun, Flight International, Rabu (11/12/2019). 

Studi itu memaparkan perbandingan angkatan udara setiap negara di dunia, dengan AS, Rusia, dan China di jajaran tiga besar. 

Dilansir Newsweek, AS berada di peringkat pertama dengan jumlah pesawat yang mereka miliki 13.266, baik fixed maupun rotary wing.


Pesawat pembom US (photo : the drive)

Laporan itu menyatakan bahwa Pentagon berada di garda terdepan enam kategori. Antara lain pesawat tempur, pesawat misi khusus. 

Kemudian pesawat pengisi bahan bakar, pesawat transportasi, ditambah helikopter tempur, maupun pesawat serta helikopter latih.

Rusia berada di peringkat kedua dengan 4.163 pesawat militer dan helikopter. China di urutan ketiga dengan 3.210 pesawat.

 Angkatan udara negara di bawahnya adalah India (2.123), Korea Selatan (1.649), Jepang (1.561), Pakistan (1.372), Perancis (1.229), Turki (1.055), dan Mesir (1.054).


Pesawat tanker dan peringatan dini US (photo : USAF)

Meski AS berada di daftar teratas, sejatinya kawasan Amerika Utara mengalami penurunan angkatan udara sebesar satu persen dalam setahun terakhir. 

Afrika juga turun satu persen. Sementara pasukan udara Amerika Selatan menurun hingga empat persen dalam periode yang sama. 

Region Asia-Pasifik serta Eropa tidak berubah. Namun, Timur Tengah naik satu persen. Kemudian Rusia dan Persemakmuran meningkat dua persen.

Perkembangan itu juga ditentukan dari geopolitik. "Ketegangan dalam kebijakan luar negeri memunculkan kesadaran pentingnya peningkatan pertahanan," ungkap studi.


Pesawat angkut US (photo : Military Machine)

Laporan itu merujuk kepada ketegangan antara AS dan Turki, terkait keputusan Ankara membeli sistem rudal S-400 Rusia. 

Imbasnya, Washington pun mengumumkan menendang Turki dari program jet tempur F-35 yang diklaim termahal dalam sejarah Negeri "Uncle Sam". 

Sebagai respons atas pembelian tersebut, pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan mempertimbangkan membeli Sukhoi Su-35 dan Su-57. 

"Selama S-400 masih berada dalam kendali Turki, mereka tidak akan mendapatkan F-35," ujar Senator AS Jim Risch.

(Kompas)

45 komentar:

  1. Pandangan dari mana itu? πŸ€”

    BalasHapus
  2. 13k pesawat karena pangkalan udara tersebar luas di sluruh duniya 🀭

    Bagaimanapun sek tetep kalah karo pesawat tipe DESTROYER

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sutuc yo mas?
      Pokoke sutuc is setrong..

      Hapus
    2. sutuc lek disandingke karo stuka sek kalah adoh mas , wkwk

      Hapus
  3. Voltus vrotilllll,kalau yg disebutin diatas noo gread apa

    BalasHapus
  4. Di foto pertama :
    Yang ga ada pemiliknya di kawasan dimari hanya Raptor.

    Tapi di kawasan ada yang sudah mengungguli kemampuan si Raptor itu, yup! Si PTM-6...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jet halimun yg hanya diekspor kplannet namexx,yg sekali terbang langsung hilang selama"nya

      Hapus
    2. Itulah haibatnya malon punya pts gen 6 mereknya dzubor dobol

      Hapus
    3. PTM gen 6 akan dinaiki dajjal di akhir dunia

      Hapus
  5. Inilah fakta PTM gen 6

    - katanya turunan eurofighter thypon dengan peningkatan mesin dan perubahan sedikit design terutama menghilangkan sayap tegak alias tailess
    - dilumuri pelapis siluman lem aibon yang telah dikembangkan salah seorang profesor
    - dan fakta yang paling mencengangkan adalah: JIKA ADA YANG BILANG NEGARA MALAYSIA TAK MAMPU BUAT, fix orang tersebut termasuk MENTALITY ZAMAN BATU itu juga berlaku buat forumer disini

    BalasHapus
  6. Jumlah pesawat ya emang lebih unggul us, pertanyaannya apakah kemampuan angkatan udara diukur dr jumlah pesawat???? Ya kalau yg menilai antek2 us cs pasti menilainya pasti bilang lebih unggul us πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. sun Tsu said
      "bukan masalah jumlah, tetapi kesatuan yang menentukan kekuatan"

      Hapus
    2. Yess....kemukus kawentar mergo kompak lan guyub rukune πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

      Hapus
    3. German Nazi WW2 mampu menaklukan prancis dengan mudah padahal kekuatan german nazi kalah dengan prancis,kekuatan,kualitas,dan kuantitas prancis waktu itu termasuk yang terbaik dan terbanyak pasukan dan jumlah armadanya,belum termasuk legiun asing perancis

      Hapus
    4. Phisical forces is a wooden hilt but mental forces is a shining blade of sword .

      Hapus
  7. S400 dan s500 akan kesulitan untuk deteksi ptm gen 6 made in malonsial😁

    BalasHapus
  8. Raptor pun akan diayam2kan ptm gen6 karna ptm gen6 tidak berwujud πŸ˜•πŸ˜•πŸ˜•πŸ˜•

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada ujudnya kok ptm gen 6 kalau lagi halu habis hisap dadah para beruk pasti lihat ujudnya om ps

      Hapus
    2. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚gawat harus hisap dadah. Duluh

      Hapus
  9. Par beruk pada kemana ya kok sepi gak nongol apa lagi ngintip bininya di kongkek bangla ka hostel hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Week end bro waktunya ROGOL PARTY di genting highland

      Hapus
  10. BPPT Luruskan Pemberitaan Soal Drone MALE Nasional PTDI

    AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pusat Teknologi Industri Pertahanan dan Keamanan (PTIPK), Kedeputian Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa (TIRBR), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui surat kepada Airspace Review dan melalui rilis resmi yang disebarkan melalui media sosial, melakukan klarifikasi terkait pemberitaan Progres Drone MALE Nasional Garapan PTDI pada Sabtu (14/12/2019).

    Dalam klarifikasi tersebut dituliskan hal-hal sebagai berikut:

    1. Program MALE adalah program berdasarkan Permen Ristek DIKTI no 38 Tahun 2019, BPPT merupakan Koordinator Program MALE yang memimpin sebagai koordinator Program dan Anggaran kegiatan tersebut dalam program Konsorsium PRN 2020-2024, beranggotakan 7 K/L dibawah koordinasi BPPT. Disamping BPPT, sumber penganggaran kegiatan program ini juga berasal dari Kementerian/Lembaga (K/L) lainnya seperti Kementerian Pertahanan dan LAPAN.

    2. Konsorsium MALE melibatkan K/L Kementerian Pertahanan, TNI-AU, BPPT, LAPAN, ITB, PTDI, dan PT Len (Persero) sehingga pihak-pihak yang terkait/terlibat dalam pembuatan Drone MALE adalah Konsorsium MALE, bukan hanya PTDI.

    3. Untuk wahana/airframe Prototipe 1 (atau disebut PM-1), rancang bangun dan rekayasa (atau lazim disebut desain dan engineering) sebagian besar (lebih dari 80%) dilakukan BPPT (wing, tail, front and aft fuselage). PTDI merancang bangun center fuselage, landing gear dan bertanggungjawab dalam produksi/manufaktur dari wahana (airframe) drone MALE dan integrasi dengan sistem internal. Sumber anggaran untuk produksi wahana/airframe PM-1 berasal dari mata anggaran di BPPT.

    4. Desain dan engineering sistem internal serta pengadaan sistem internal PM-1 (yang diintegrasikan dengan wahana PM-1) dibiayai dari mata anggaran di BPPT.

    5. Tahapan pengembangan yang disebut dalam pemberitaan airspace-review.com adalah tahapan yang tidak mencerminkan perkembangan/kondisi terakhir.

    6. Per tanggal 14 Desember 2019, sumber resmi PTDI hanya memberitakan kunjungan Pak Menristek/Ka BRIN ke PTDI dan tidak memberitakan tentang MALE.

    Saran kami hendaknya anda mendasarkan pemberitaan bersumber informasi yang diberikan oleh pihak pihak yang berwenang untuk memberikan informasi terkait, agar informasi yang disampaikan ke masyarakat mencerminkan kondisi yang akurat dan proporsional.

    https://www.airspace-review.com/2019/12/15/bppt-luruskan-pemberitaan-soal-drone-male-nasional-ptdi/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Drone MALE tersebut hasil kerja:
      - KEMENTRIAN PERTAHANAN
      - TNI AU
      - BPPT
      - LAPAN
      - ITB
      - PT.DI
      - PT.LEN

      Hapus
    2. Mosok Rainbow CH-4 rodane fixed ngono mas..😁

      Hapus
    3. Mmm iki...landing gear kemrinthil, ora mulus koyo sing nang foto PDAM kapanane...😁

      https://mobile.twitter.com/Jatosint/status/1170691026664583168

      Hapus
    4. Iyo, yo mas....tiwas ketungkul nyawang bokong njedhit, nganti ra nggatekke hihg hells e 🀦

      Hapus
    5. Mungkin aja mas smilling bener, itu mungkin ch4 rainbow yg dirakit pt.di, kemungkinan pesanan lebih dr yg dipublikasikan sehingga proses tot dengan cara merakitnya bekerjasama dengan pt.di,,masih sebatas mungkin 🧐🧐🧐

      Hapus
    6. Setahu ane, blade CH-4 = 3 bilah. Yang di PT DI itu keliatannya hanya 2 bilah..😯

      Hapus
    7. Ane ngelihatnya secara positif, kerjasama bareng. Good work!!!

      Hapus
    8. "Komenku wes tak ralat mase @PS....nganggo sing iki wae πŸ‘‡πŸ»"

      smilinghari21213 Desember 2019 17.15

      Yen rumangsaku lho....(iso ugo kleru πŸ€—), drone iki TOT seko cino amergo drone CH-4 iki lahire luweh disik ketimbang Anka, tur meneh yen kleru wiwit tahun 2012 utowo 2014 (jaman semono Anka isih tahap pengembangan), PT. DI lan instansi terkait wes njajagi kerjasama karo produsen CH-4 🀷

      Ning kanggo sakteruse, teknologi caines itu ora dijupuk kabeh....dipilah-dipilah endi sing apik lan sing cocok utowo fitur endi sing ora iso disuplai karo negoro liyo.

      Dadi mboknowo terbatas platform/airframe, fitur GPS anti jamming lan panduan navigasi seko baedowi wae sing dianggo seko caines πŸ€”

      Hapus

      smilinghari21213 Desember 2019 17.35

      Yen ora kliru kanggo sistim pengendalian jarak jauh lan mission systeme arep njupuk gawean itali lan senjatane mboknowo nganggo "roket pintar" Cirit gawean turki 🀷

      Hapus

      smilinghari21213 Desember 2019 17.47

      "Lha iki πŸ‘‡πŸ» link nge....πŸ‘πŸ»"

      https://lancerdefense.com/2019/10/09/kemhan-tinjau-program-joint-production-mission-system-ptta-kelas-male-di-ids-italia/

      Hapus
    9. Ch4 3 baling2 πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

      https://i1.wp.com/jakartagreater.com/wp-content/uploads/2019/01/drone-ch4-irak-e1547653455200.jpg?resize=780%2C520&ssl=1

      https://pbs.twimg.com/media/DU64lmtU0AApjib?format=jpg&name=small

      Ini yg uav yg di pt.di 2 baling2 πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

      https://pbs.twimg.com/media/DU64lmtU0AApjib?format=jpg&name=small


      Berarti fix emang uav Male hasil pengembangan bersama beberapa BUMN, TNI AU, BPPT DAN KEMENHAN. πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
  11. Yuhu kemana ni beruk2 malonsial kok enggak cakap blah blah blah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi melancap dibilik termenung bro πŸ€ͺ

      Hapus
  12. Studi : TUDM Malonsial terlemah dan terlembik sekawasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. No 1 gred A terjaguh sekawasan

      HOAXnya

      CLAIMnya

      SEMBANG MEMBAHANAnya

      MALINGnya

      KONGKEKnya

      LGBTnya

      MALAYSIA BISA!!πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡ΎπŸ™ˆπŸ™‰πŸ™Š

      Hapus
    2. Biar mereka terbuai dengan mimpinya bro

      Hapus
  13. Nak beli Rafale duit tak dr, nak beli typone apalagi, nak beli jf sulfur India melotot, nak beli mig or yak Amerika kepal tangan, mau beli j10 Amerika jg berang, mau pinjam majikan lagi krisis jua, nak beli fa50 nanti dibully jiran beli handytalky aja πŸ˜ƒ

    BalasHapus
  14. Maloners sudah menyerah kalah intinya. Apalagi dedengkot komandannya Dato' Tan Sri GEMPURWARIA, sudah mengibarkan bendera putih dengan forumer Indonesia di sini sejak 4 bulan yll πŸ˜€πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dato tan sri Gempur wira Anak buah dato kaji RFI Cancel Mahatuwir

      Hapus
  15. ESIABET adalah Salah Satu Agen Judi Bola Online & Bandar Slot Online Terpercaya di Indonesia !!
    .
    ⏩ Tersedia 3 Pasaran Terlengkap Untuk SportBook
    ⏩ Ribuan Provider Slot Online Yang dapat kamu mainkan
    ⏩ Jackpot hingga jutaan rupiah selama 1 x 24jam
    ⏩ Taruhan Terkecil dari 5.000 rupiah
    ⏩ Bisa Bermain Judi Mix Parlay Bola Jalan
    ⏩ Minimal Bett Parlay Rp.10.000
    ⏩ Minimal Deposit Rp.25.000
    ⏩ Minimal WithDraw Rp.50.000
    .
    ESIABET juga menyediakan promo menarik yang bisa anda dapatkan setiap hari:
    πŸ‘‰Bonus Member Baru
    *Deposit 25.000 + Bonus 10.000
    *Deposit 50.000 + Bonus 20.000
    *Deposit 100.000 + Bonus 40.000
    *Deposit 200.000 + Bonus 80.000
    *Deposit 500.000 + Bonus 100.000
    *Deposit 1.000.000 + Bonus 200.000
    *Deposit 2.000.000 + Bonus 400.000
    *Deposit 5.000.000 + Bonus 500.000
    πŸ‘‰EXTRA BONUS 100% MAKSIMAL BONUS 1JT
    πŸ‘‰BONUS RELOAD 3JT (LIVE CASINO & SLOT)
    πŸ‘‰BONUS RELOAD 8JT (SPORTBOOK)
    πŸ‘‰CASHBACK SPORTBOOK 15%
    πŸ‘‰REBATE MINGGUAN 0.8% (LIVE CASINO & SLOT)
    .
    Contac Person Online 24 Jam
    ☎Whatapps : 0859-3259-6161
    πŸ“±LINE : ESIABET77
    πŸ“±IG = ESIABETJITUPARLAY

    Link Alternatif ESIABET
    🌐 www.esiabet8 .com
    🌐 www.esia365 .com

    Salam Hoki & JP Selalu Bosku πŸ’ͺ😁

    BalasHapus
  16. Yang Mendonia itu ptm gen 6 bisa ayam ayamkan f22 raptor

    BalasHapus
  17. ada 8 permainan poker menarik di AJOQQ :D
    ayo segera bergabung dan dapatkan bonusnya :D
    WA : +855969190856

    BalasHapus