16 Juli 2018

2 Batalyon Kodam XIV/Hasanuddin Diambilalih Divisi III Kostrad

16 Juli 2018


Prajurit Kostrad TNI AD (photo : Kostrad)

MAKASSAR - Sebanyak dua batalyon bantuan dan tempur (Banpur) yang sebelumnya dipegang Kodam XIV/Hasanuddin resmi beralih ke Divisi Infantri III/Kostrad, Kamis (12/7/2018).

Dua batalyon banpur itu yakni Yon Armed 6-105/Tarik dan Yon Arhanud-16/Sula Bhuana Cakti. Keduanya merupakan batalyon handal yang selama ini berada di bawah komando dan pengengalian Kodam XIV/Hasanuddin.

Pengalihan dua batalyon Banpur ke Divisi Infanteri III/Kostrad ditandai dengan alih kodal yang dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono, di lapangan Mabrigif Para Raider 3/III Kostrad, Kecamatan Kariango, Kabupaten Maros.

Pada kesempatan itu, pengalihan kodal ternyata tidak hanya dilakukan untuk dua batalyon yang sebelumnya ada di bawah kendali Kodam XIV Hasanuddin. KSAD juga mengalihkan kodal satuan Brigif-20/Ima Jaya Keramo dari Kodam XVII/Cenderawasih ke Divisi III/Kostrad.

Pengalihan kodal itu ditandai dengan penyerahan tunggul satuan dari Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI  Agus SB dan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI D Supit kepada Panglima Divisi III/Kostrad Mayjen TNI Ahcmad Marzuki.

Dalam amanatnya, Mulyono menyatakan bahwa alih Kodal satuan jajaran Kodam XIV/Hasanuddin dan Kodam XVII/Cenderawasih ke Kostrad, merupakan bagian dari upaya penataaan organisasi TNI AD. Diharapkan kebijakan itu dapat menunjang pembangunan kekuatan minimun atau minimum essential force (MEF).

Mulyono mengatakan, pembentukan Divisi III/Kostrad berawal dari perkembangan lingkungan strategis saat ini. Menurutnya, dalam skala global, regional maupun nasional, telah memberikan indikasi masalah-masalah potensial yang dapat menjadi ancaman nyata terhadap kedaulatan negara.

Divisi III/Kostrad diproyeksikan dapat mengatasi tiga trouble spot di wilayah NKRI secara simultan. "Sebagai unsur darat pasukan pemukul reaksi cepat (Striking Force) dan sekaligus pasukan siaga (Standby Force)," sambung Mulyono.

Mulyono menegaskan, kebijakan melakukan alih kodal bukan untuk menjadi penghalang mewujudkan kohesi satuan dan satuan komando jajaran TNI AD. 

"Prajurit TNI AD, loyalitas kepada satuan dan institusi di atas segalanya, dan kalian pasti mampu melaksanakan tugas sebagai prajurit-prajurit Angkatan Darat dengan sebaik-baiknya," tegas KASAD.

(SindoNews)

13 komentar:

  1. Balasan
    1. Aman thok wess...😊
      Salam SKM! πŸ˜‚

      Hapus
    2. Woeeeee....kemana aja mas, tak kiro tersesat je dek wingiπŸ€—

      Meh wae tak undangke tim navy seal thailand....

      Hapus
    3. "tersesat" kuwi "masa lalu" mas'e..yo tersesat, yo "menyesatkan"..anehe kok sing disesatke yo gelem aee..😬

      "navy seal-e" sih keren, naah "thailand'e" kuwi sing medeni..kerep marai kecele soale..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. dikirim cewek ayu, jebule nggantongi gedhang

      Hapus
  2. Mas smiling,
    Endurance C-295 VS CN-235 kan beda tipis tok, 300an NM...
    Kok AU pilih varian 295 kanggo MPA kenopo yo..?
    Opo mung awu-awu, padahal jeroane gak 'sekedar' MPA..?

    Hwihihihi..😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. berhubung om smiling gak tau kemenong, bantu jawab yach, bim salabim jadi apa prok prok prrookk haha!🀣🀣🀣

      kan lebih gde ama made in luar negreh, begitchu kabooorr haha!😎😎😎

      Hapus
    2. Mungkin....kedepan akan diupgrade kemampuannya menjadi platform ASW dg penambahan boom MAD, sonobuoy dispenser+konsol analisis akustik.

      Plus masih tersedia extra space utk istirahat awak, pastry dan toilet...krn pesawat ini ensurancenya lumayan lama.

      Airframe c295 yg lebih panjang jg lebih ideal utk penempatan berbagai sensor pasif(esm, commint, elint dan rwr)...yg berarti spacing antar sensor cukup memadai utk menghindari interferensi gelombang

      Hapus
    3. #interferensi gelombang radio maupun elektronik

      Hapus
    4. Mantap mas bro..ane aamiinin daaah..😎

      Hapus
  3. nelponnya kok pake wassap, ntar putus2 loh ceu haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

    BalasHapus
  4. Kan duduknya sebelah-sebelahan...😣

    BalasHapus
  5. Sekarang kalian bisa melakukan pembayaran melalui PULSA (khusus ANAPOKER) dan OVO
    Sangat Mudah dan Praktis dan kalian bisa memainkan permainan lainnya dengan transaksi yang mudah dimana saja dan kapan saja..
    Tersedia Akun user id secara gratis dan bisa memainkan 7 permainan poker online serta banyak game menariknya di Agens128..
    Untuk info selanjutnya bisa menghubungi Pihak ANAPOKER dan juga AGENS128 di
    Contact Kami :
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus