01 Desember 2019

Kemhan Pilih Airbus MRTT Sebagai Pesawat Tanker?

01 Desember 2019


Pesawat tanker A330-200 MRTT ketika melakukan pengisian bahan bakar pada pesawat F-16 (photo : USAF)

Oder pesawat tanker untuk TNI AU hampir pasti jatuh ke tangan Airbus A330 MRTT, demikian disampaikan Alman Helvas dalam tweet-nya pada 26 November 2019 lalu. Alman Helvas adalah seorang "Defense Market & Industry Consultant" yang sebelumnya adalah Jane's Representative untuk Indonesia'.

Pilihan atas pesawat Airbus meluluhkan penilaian aspek teknis dimana Boeing dengan pesawat KC-46 nya lebih unggul dibandingkan Airbus A330 MRTT. Aspek anggaran dan waktu penyerahan rupanya jadi faktor penentu kemenangan Airbus. Anggaran pesawat tanker hanya cukup untuk pesawat tanker second dan waktu penyerahan adalah secepatnya karena saat ini TNI AU hanya punya satu pesawat tanker Hercules KC-130B nomor A1309.


Tweet Alman Helvas tentang tanker TNI AU (photo : twitter)

Jika melihat jumlah pesawat stok maskapai nasional Garuda Indonesia, terlihat bahwa untuk pesawat berbadan sedang dan lebar hanya ada pilihan pesawat Airbus A330-200 (11 pesawat), A330-200 (8 pesawat) Boeing 777-300ER (8 pesawat). Sedangkan pesawat Boeing 767 sebagai basis pesawat Boeing KC-46 tidaj dimiliki Garuda Indonesia.

Pilihan atas tanker Airbus MRTT menjadikan Indonesia negara ketiga di kawasan ASEAN-Oceania yang menggunakan pesawat tanker ini. Australia adalah launch customer pesawat ini dengan memesan 4 pesawat dengan basis A330-200 dan 5 pesawat lagi menyusul, sementara Singapura memesan 6 pesawat dengan basis A330-200.

Armada pesawat Garuda Indonesia (graphic : Wiki)

Basis pesawat yang akan dipakai Indonesia kemungkinan besar adalah Airbus A330-200, hal ini karena stok pesawat tersebut ada 11 pesawat. Garuda saat ini juga sedang menunggu pesanan 16 pesawat A330-300 datang, dengan demikian maka seri A330-200 dapat mulai dipensiunkan dan dapat diakuisisi oleh TNI AU.

Pengalaman Australia mengenai lama waktu yang diperlukan untuk melakukan konversi pesawat penumpang Qantas menjadi pesawat tanker serbagua adalah dalam waktu 10 bulan. Pekerjaan konversi semestinya dapat dilakukan di PT DI, karena pada saat berkontrak dengan Australia pekerjaan tersebut dilakukan di Brisbane, Australia.


Garuda Indonesia Airbus A330-200 (photo : Tim de Groot)

TNI AU mensyaratkan penggunaan dua sistem air refuelling yaitu hose-and-drogue (probe-and-drogue : Hawk dan Flanker) serta air boom (F-16) karena kebutuhan riil pesawat TNI AU adalah seperti itu. Airbus A330 MRTT dirancang sebagai pesawat peran-ganda untuk pengisian bahan bakar dan transportasi udara. Untuk misi pengisian bahan bakar udara-ke-udara bagi pesawat lain, A330 MRTT dapat dilengkapi dengan kombinasi dari salah satu sistem :
-Airbus Military Aerial Refueling Boom System (ARBS) untuk pesawat penerima yang dilengkapi receptacle (sistem air boom),
-Cobham 905E, pod pengisian bahan bakar bawah sayap untuk pesawat penerima yang dilengkapi probe (sistem hose-and-drogue/probe-and-drogue),
-Cobham 805E Fuselage Refueling Unit (FRU) untuk pesawat penerima yang dilengkapi probe (sistem hose-and-drogue/probe-and-drogue).

Kabin pesawat A330 MRTT dapat dimodifikasi untuk mengangkut hingga 380 penumpang dalam konfigurasi kelas tunggal, juga dapat dilakukan konfigurasi lain misalnya untuk VIP sekaligus angkut pasukan, juga dapat dikonfigurasi untuk melakukan misi Evakuasi Medis (Medevac) hingga 130 tandu. Dek kargo dapat diisi dengan 8 palet militer, dan kontainer standar komersial. Itu artinya pesawat tanker A330 MRTT dapat melayani pengisian bahan bakar di udara sekaligus terbang non-stop antar benua.

(Defense Studies)

121 komentar:

  1. Mengagetkan! 😱
    Sekaligus menyenangkan!πŸ˜πŸ‘

    Bye lon. πŸ˜›

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah bagus itu... Satu line dengan PT DI... Offsetnya apa ya?

      Hapus
    2. Benar dugaan saya pakai secondnya punya garuda Lebih cepat A330 200 TNI AU gak harus nunggu buat baru tinggal konversi. JOSS lah.

      Hapus
  2. Ralat
    777 Garuda ada 10 bukan 8
    Pes.baru yg dipesan A330-900Neo bukan A330-300 dan jmlhnya juga ga sampai 16 unit

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyoih om unknown657, keknya data di wiki kurang apdet dech:


      "The service will be the carrier's first A330-900-operated route. Currently, it is flown with A330-200s.

      The Indonesian flag carrier has orders for fourteen A330-900s direct from the manufacturer. The deliveries are scheduled to start shortly and continue through 2022.

      Garuda has also recently signed a Letter of Intent covering four A330-800s.

      Garuda Indonesia also operates
      seven(7) A330-200s,
      seventeen(17) A330-300s,
      seventy-three(73) B737-800s,
      ten(10) B777-300(ER)s,
      eighteen(18) CRJ1000ERs,
      and thirteen(13) ATR72-600s.
      It has one grounded B737-8 with orders for a further 49 such units.

      For the ongoing Hajj season, the carrier has also wet-leased three A330-200s (two from Wamos Air and one from Hi Fly) and three B747-400s from Wamos Air."

      https://www.ch-aviation.com/portal/news/81390-garuda-indonesia-to-debut-a330-900-on-london-route

      Hapus
    2. lanjut haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      disini penjelasannya pertukaran pemesanan antara seri 300 dan 900neo:

      Garuda Indonesia took delivery of its first A330neo on the weekend.
      The airline has 14 on order and this one, PK-GHE, was handed over to the airline on Saturday,

      November 16, 2019. It marks the next step in the Indonesia flag carrier’s evolution as it seeks to expand its medium and long haul services.
      garuda-indonesia-a330-neo-delivered

      According to a report in International Flight Network, Garuda Indonesia initially placed an order with Airbus for seven A330-300s but swapped them over to the A330neos in 2016. It also added an extra seven planes to the USD$4 billion order.

      https://www.ch-aviation.com/portal/news/81390-garuda-indonesia-to-debut-a330-900-on-london-route

      Hapus
    3. eeiitt atas sala kopi link haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      https://simpleflying.com/garuda-indonesia-a330-neo-delivered/

      kalo ada beda angka, mungkin buat adiknya mpok citi ato lisingan haha!😏😏😏

      Hapus
  3. Masalahnya kemaren kan Bowing mau buat tempat MRO dimari, jadi kemungkinan KC-46 yang menang.

    Tapi kalo memang GMF mampu ya malah surpluss buat kita. Daripada tuh A330-200 mangkrak di hangar, kita oprek jadi mrtt kan mantullll 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sebelah pakai heli Caracal ex petronas gak mau saking sembangnya 🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    2. Biar miskin asal sombong πŸ˜„

      Hapus
    3. Cihuyy... bisa nyusuin si flanker ga om?

      Hapus
    4. Moto beruk malon, biar miskin asal sombong 🀣🀣🀣

      Hapus
    5. Flanker? Sangat bisa.
      KC-130 semata wayang aja bisa nyusui doi kok...πŸ˜πŸ‘

      Hapus
    6. Bowing masih ada k9ntrak untuk pesawat sayap putar, masih ada kans juga buat chinook sama pose edan

      Hapus
    7. Sukro mah sangat bisa, toh MRTT juga nyusui super hornet Osi kok

      Hapus
    8. @Helmy Udah dua-duanya aja. Yang Airbus 11 biji buat konversi lumayan buat ngisi gap kita (biar sama jumlahnya kaya singaporno, masak negara secuil gitu punya tanker lebih banyak dari kita) apalagi bentar lagi flanker sama viper baru tiba. Nah Boeing buat pengadaan baru, jadi sekali mendayung 2-3 pulau terlampaui. 😁😁😁

      Hapus
    9. Gawe acara akeh akehan tanker maneh tha..?😫

      Hapus
    10. ya gapapa 11 tanker kalau adadananya :v


      @makdhe PS, lossga rewel mas. biar tetangga sebelah ngiri kok

      Hapus
    11. Loss gak rewel 🀣

      Hapus
    12. @van muttohar Nah sekarang Tanker udah menngerucut ke dua pilihan yaitu a330 (11 biji seken garuda) atau kc-46 (terserah deh yang mana. dua duanyapun bolehlah) Sekarang tinggal masalah Aewc sama MPA yang mana yang mau diambil.😁😁😁

      @pedang setan Konversi murah bung, sepertiga- setengah harga baru. 😁😁😁

      @van muttohar Mau ada dana masuk dari Swiss. McQueen YaQueen pasti bisa. Apalagi Menhan yang sekarang terkenal sangat mengutamakan armament milik bawahannya😁😁😁

      Hapus
    13. haish wkwkwk. . .
      agaknya konversi A330-200 adalah pilihan yg tepat bung, mengingat kedekatan Dimari dgn Airbus, dan juga kemarin si KC 46 pegasus masih di temui sejumlah masalah dalam finishing

      Hapus
    14. Reporter bego, Garuda gak punya 11 a330-200. Yg ada itu 7 biji.

      Hapus
    15. Garuda juga punya 10 biji 777-300er bukan 8, dan GA menunggu 14 a330-900 neo bukan 16 a330-300. Bener2 nih reporter di Indo sering blunder. Kalau reporter di negara2 barat jarang yg berita blunder gini. Payahh

      Hapus
    16. wkwk, ,namanya nyomot dari wikimedia bang. ya mesti salah to datanya.

      Hapus
    17. di wikipedia bener kok itu data fleetnya GA. Tapi blunder2 info sering kok terjadi di media2 Indo, kurang teliti reporter2 di Indo. Beda bgt ama di barat.

      Hapus
  4. Bhuahahahahaaa akhirnya meleset dr ramalan semuanya πŸ˜¨πŸ˜±πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meski aku jengkel ame pemerintahan us tp aku berharap boeing sih 🀷‍♂️πŸ™†‍♂️

      Hapus
    2. We dont hate america, we just hate its policies 😎

      Hapus
    3. that's right ... we don't like the dirty thinking of the usa government 😎

      Hapus
    4. Apalagi sama si donald duck mau muntah setengah modar liat mukanya

      Hapus
    5. Opa trump mendingan agak jujur, ntah kalo yg menang kemarin clinton.. hiiih malah gemes aku

      Hapus
    6. oppa TERUMP orangya konservativ,tapi saking kerasnya banyak yg keblinger jugak πŸ˜πŸ˜‚πŸ˜‚


      halah,kalau si hillary paling" keg Bill Clinton, , ,sok"an

      Hapus
  5. Tapi kok setelah lihat tabel skor kok MRTT malah paling jelek di Take off landasan TNI-AU πŸ€” piye iki sesepuh πŸ˜‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang, landasan tar akan menyesuaikan..πŸ˜πŸ‘

      Hapus
    2. Iku mung asal nglebokke panjang landasan tanpo nggatekake faktor ketersedian ILS, luasan apron, lanud te due taxiway po ora 🀷

      Kamongko pesawat berbadan lebar kui ora bakal mendarat neng sembarang panggonan kanthi alasan keselamatan penerbangan ☝️🏻

      Tegese, rikolo faktor jumlah panjang landasan (sing asal diinput) ora bakal iso dimanfaafke optimal karo pesawat berbadan lebar....akhire gor lanud sing due landasan panjang lan lengkap fasilitas instrumen bantu pendaratan lan due taxiway+apron sing memadai sing mlebu perhitungan πŸ€—

      Lha yen neng luar negri aka negoro maju rak komplit kabeh 🀠

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Lha Lanud kita sendiri pripun om? Kira2 yg sudah mumpuni ada berapa πŸ€”

      Hapus
    5. @Helmy Harus percaya bung, apalagi yang ngasih statement adalah yang sudah kenyang asam garam dirgantara kita. Dan pasti kumendan skadud kita sudah nyicipin semua lanud di indonesia.πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      Hapus
    6. Owkwowkowk 🀣😍

      Hapus
    7. Mayoritas lanud/bandara neng Indonesia sing panjang landasane nganti 3000 m rak ra due taxiway to mas....opo.meneh sing dilengkapi instrumen ILS yo isih terbatas, dadi beresiko kanggone pesawat badan lebar yen arep mendarat

      Hapus
    8. Nah, mungkin untuk sementara dititipkan di bandara terdekat aja (ato mungkin dari awal memang seperti ini rencananya πŸ˜…)

      Hapus
    9. kiro" kok tetep di deleh ndek lanud Type DESTROYER disek kok mas helmy. koyo iswahyudi, roesmin nurjaedin, biak, karo hassanudin disek.

      polae sg jenenge tanker kui memper karo AEW pola kerjane,liane barang larang yo jarak terbange adoh, dadi cukup di deleh nde tempat" strategis tok, ora kok ndek mben bandara.

      Hapus
    10. @smilinghari212 Sesuai project, mulai tahun depan bakalan banyak lanud yang naik tingkat. dan tentu aja pasti dibangun/dipanjangkan landasan pacunya. Apalagi era pemerintahan sekarang terkenal dengan era "Infrastruktur"nya.πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      @Helmy Kalau yang kayak gitu biasanya digunain di bandara yang sebenarnya "milik" militer. Kayak Halim sama Husein Satranegara.πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      Hapus
    11. Bandara kita runwaynya sudah banyak yg panjang nya memenuhi pesawat besar..namun layer tingkat kekerasan landasan yg sedikit kurang..makanya sering terjadi pengelupasan.

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Awas, awas.....yen Tukang Ngitung promosi MRTT tak penthung, thung-thung πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penak sing ndi om Erbas to Bowing πŸ™πŸΌ (ditambah analisa dengan artikel diatas)

      Hapus
    2. Lha wong KC-46 wae durung memuaskan kinerjane kok mas....malah isih njaluk disempurnakan beberapa fungsine, tur meneh populasine neng kawasan Aspac yo terbatas

      Hapus
    3. Fix lah MRTT, efisiensi anggaran πŸ‘πŸΌπŸ‘ŒπŸΌ

      Hapus
    4. @Helmy Airbus buat konversi (daripada nganngur di hanggar) dan Boeing buat pengadaan baru. Win Win Solution.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. KC46 populasinya masih sedikit & ada beberapa problem.
      Pilihan yg bijak ya tinggal beli punya garuda tentunya harga second lebih murah & tinggal konversi.

      Hapus
  8. Tambahan Apache pak.. plisss..

    Ini keren nih US Apache combat team gabungan konde dan cepak.


    https://youtu.be/yojF6BzXbxQ

    BalasHapus
  9. Endi iki tukang ngitung.....Awas yen nganti koar-koar nawakke MRTT KC-30 πŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨

    BalasHapus
    Balasan
    1. A330 MRTT
      An Airbus A330-200 converted by Airbus Military for air-refuelling duties.

      KC-30A
      Australian designation for an A330 MRTT with two under-wing refuelling pods and an Aerial Refuelling Boom System.

      Sanes ta kuwi om ☝🏻

      Hapus
    2. @Helmy Yang pastinya kita pakai yang pilihan pertama, pilihan kedua alias yang pakai kode KC biasanya kita pakai kalau ambil dari US. πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      Hapus
    3. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚....wingi-wingi rak master ngitung getol nawakke KC-46 (all boeing paltform)....awasno wae yen saiki arep molak-malik πŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨

      Hapus
    4. Lah piye nde wiki gaono penjelasane. Opo mudeng sing awam ki 🀣

      Hapus
    5. Becandaan kok mase....kemarin2 kan master ngitung nyuporteri KC 46, kalo sekarang pilihannya mleset ya sportif, terima nasib aja. Jangan malah sekarang berbalik nyuporteri MRTT....πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ

      Hapus
    6. Untung sy milihnya dari dulu A330 MRTeTe buat nyusu yo mbah..heehee

      Hapus
  10. tapi indo harus mengakui kehebatan bangsa malon yg sudah bisa bikin pom bensin di udara

    BalasHapus
  11. Malon sedap kongkek dubor dubor je kerjanya, teruk sangat tengok jiran mulai shoping kihkihkih...

    BalasHapus
  12. Manuver politik di tengah diskriminasi biodisel Ri di UE

    BalasHapus
  13. ESIABET adalah Salah Satu Agen Judi Bola Online & Bandar Slot Online Terpercaya di Indonesia !!
    .
    ⏩ Tersedia 3 Pasaran Terlengkap Untuk SportBook
    ⏩ Ribuan Provider Slot Online Yang dapat kamu mainkan
    ⏩ Jackpot hingga jutaan rupiah selama 1 x 24jam
    ⏩ Taruhan Terkecil dari 5.000 rupiah
    ⏩ Bisa Bermain Judi Mix Parlay Bola Jalan
    ⏩ Minimal Bett Parlay Rp.10.000
    ⏩ Minimal Deposit Rp.25.000
    ⏩ Minimal WithDraw Rp.50.000
    .
    ESIABET juga menyediakan promo menarik yang bisa anda dapatkan setiap hari:
    πŸ‘‰Bonus Member Baru
    *Deposit 25.000 + Bonus 10.000
    *Deposit 50.000 + Bonus 20.000
    *Deposit 100.000 + Bonus 40.000
    *Deposit 200.000 + Bonus 80.000
    *Deposit 500.000 + Bonus 100.000
    *Deposit 1.000.000 + Bonus 200.000
    *Deposit 2.000.000 + Bonus 400.000
    *Deposit 5.000.000 + Bonus 500.000
    πŸ‘‰WELCOME BONUS 100% (Khusus Slot) Maksimal Bonus 1jt
    πŸ‘‰WELCOME BONUS 100% (Khusus Bola) Maksimal Bonus 300rb
    πŸ‘‰BONUS NEXT DEPOSIT 10% (Khusus Bola, Live Casino, Slot Games)
    πŸ‘‰BONUS CASHBACK MINGGUAN SPORTBOOKS HINGGA 15%
    πŸ‘‰BONUS REBATE SLOT & LIVE CASINO 0.8%
    .
    Contac Person Online 24 Jam
    ☎Whatapps : 0859-3259-6161
    πŸ“±LINE : ESIABET77
    πŸ“±IG = ESIABETJITUPARLAY

    Link Alternatif ESIABET
    🌐 www.esiabet8 .com
    🌐 www.esia365 .com

    Salam Hoki & JP Selalu Bosku πŸ’ͺ😁

    BalasHapus
  14. Bakar menyan pemanggil master ngitung.....πŸ’­πŸ’­πŸ’­

    BalasHapus
  15. Katanya ga beli pesawat Erbas lagi kata pak Menteri siapa gitu lupa 😁 kalo CPO kita masih diban di Eropa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha rak.pesawate sekenan duweke Garuda Indonesia sing di konversi dadi MRTT to mase

      Hapus
    2. Pesawatnya ready stok mas di garuda..tinggal bayar bawa pulang.lalu di konversi.lumayan Paket hemat.
      Garuda sedang order 9 bijik a330 neo..buat gantiin a330-200.

      Hapus
  16. Lha jarene nggak mau pesawat bekas lagi, tapi kok ya njupuk bekase garuda to ?

    Alasane murah lan ben isa cepet merga selak butuh.

    Tapi mungkin wae iki kanggo stop gap lha nek 11 khan lumayan nek nambahi 1 tanker herky dadi jumlahe 12.

    Nek alasane sing murah, cepet, ready stock lan kanggo stop gap ya isa wae si viking uga dijupuk.

    S3 Viking bisa mendarat di landasan pendek, serba guna (angkut cargo, personal, patroli, bomber, tanker menyuplai bbm ke helikopter, AKS dan AKPA).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Efisiensi anggaran 😊

      Hapus
    2. Anggaran nya terbatas bro...mengingat tanker cuma tinggal semata wayang perlu cepat di tambahin.
      S3 viking...heehee masih aja...di negara asal sudah gak di pakai 😁

      Hapus
  17. Gue lagi nunggu kabar korvet Ada class kira2 jadikah diakuisisi?

    Berapa porsinya dibuat oleh Turki dan berapa porsi dibuat Indonesia?

    10 10 kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok masih main di korvet. Bukannya sudah faham dengan sigma class corvette (diponegoro class).

      Hapus
    2. Bukankah ada jargon "INDONESIA DARURAT DESTROYER"

      Hapus
    3. Mudah2an ada class ga jadi krn sudah ada PKR class. Kalau mau kerja dgn Turki mending design yg baru atau join di fregat baru mereka atau mungkin kapal selam milden. Tapi lebih baik kalau Indo lanjut dgn Korea utk kapal permukaan dan selam mereka yg design baru.

      Hapus
    4. πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†
      plin plan πŸ˜‘

      Hapus
    5. ☝️🏻☝️🏻☝️🏻
      Plan plin 😣

      Hapus
  18. Balasan
    1. Stress ya lon...negara lu beli apaan lon ?? O iya rfi terus tiada akhir ya lon

      Hapus
    2. Bumiputera Malon malon makin ketinggalan. salam bendera bintang bucu 5

      Hapus
  19. Yup tentu sahaja Malon AKANNNN bangkrup

    BalasHapus
    Balasan
    1. OOT, mereka baru sibuk karena giveaway manjadikan dia si Malon goblok dungu...., di kita sudah selesai tuntas paska 1965.

      pertemuan-400-bekas-ahli-pkm

      Muhammad Azlannoor Chemat a group of former members of the Communist Party of Malaya (CPM) organised a gathering in Malaysia to commemorate the signing of the treaty.

      Nin Anitra Rakyat dh mula hidup dlm ketakutan.. ltte, komunis dh semakin menonjol. Politaik diam seribu bahasa. Ada yg kuarkn statement bodoh!! Pdrm, atm semuanya dh kena ikat kaki, tangan. Harapan hya pd agong. Tp kalu agong pun terikat kaki n tangan, terpaksa la rakyat bangkit bertindak sendiri

      Encik Mustaffa Skrip dh susun elok. Abu chin peng, bendera bucu 5, reunion pkm. Lps ni apa pula. Nk pesongkn perhatian raykay dr isu ekonomi dan kelemahan pakatan hancing.

      Abdul Halim Mohd Ghazali Sebenarnya mereka isytihar perang tetapi tak berani declare secara terus.. Mungkin backup belum bagi lampu hijau.... Komunis dan ltte takkan berani kalau tiada kuasa di belakang mereka.. Kita orang Melayu kena lupakan semangat kepartian.. Negara kita dalam bahaya.. Bersatulah bangsaku

      Z Agee Baling Kadang aq tgk pdrm dn atm pon lg lemah dari indonesia..indonesia pakai lencana komunis dh kna bntai kt tempat umum...ermmmm

      Khairul Nizam Rahmat Pengganas komunis cuba diangkat sbg pejuang kemerdekaan ...mmg lahanat betul lh 😠

      Mohd Shaheri Chin peng bkn pejuang tp pengganas dan pembunuh rkyat negara ini suatu ketika dahulu..Abu mayatnya sptutnya dicampak dlm lubang tandas dan flush smpai ke kolam kumbahan..itu selayak-layak dan sehina-hina tempat si pembunuh dan pengganas komunis yg pernah melakukan keganasan pd tanah air ini..

      Zbd Mh dah taktau apa nak jadi dgn negara pasir berdengung ni...mentri mentri pasola buat pa taktau...

      Ω…Ψ­Ω…Ψ― Ψ§ΩΩ†Ψ―ΩŠ اويب Saki baki komunis dh beranak pinak dh pun. Tak kira la bangsa apa, pengganas komunis ni memang sial. Kalau kat indonesia lama puak komunis ni kena tibai

      Firmax Aeftalz Apa pun Min, dah Naik bendera komunis Di perumahan cina Di kl.

      Biru Hitam Mataku Mereka dah tak bersembunyi.Dengan bangganya menunjukkan perjuangan haram ni jadi "halal".

      Anita Mokhtar Dorang skrg tgh cuba neutralkn fahaman komunis ni pd kita. X mustahil lepas ni komunis diangkat sebagai hero pulak manakala org2 kita yg mati dilabel sebagai tali barut inggeris.

      Zulfadly Shariff Ali Betul tu admin ramai ya g Bengap.....Merdeka Tanah melayu 1957 tapi ancaman Komunis berlarutan hingga 1989. Masa tu Inggeris pun dah belah dr Tanah MELAYU. MALAYSIA TERBENTUK PD 1963.

      Matt Alipp Dia tak suka inggeris tpi di bekap kominis. Bodo btl. Inggeris jepun kominis sma sja telah menjajah tanah ni. Cumanya bgi aku mana mudarat yg lebih ringan.

      Najib Abu Samah kebodohan aras tinggi bila kata menentang penjajah tapi tahun 1989 baru letak senjata,kepala taik

      Taufik Hanafi Baik British komunis dua dua sama je... Perangai mcm binatang tiada peri kemanusiaan.... Pembela komunis mahupun British sama je.. Mereka adalah musuh bg semua pejuang tanah Melayu... British juga musuh oi..

      Hapus
    2. πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘† Malon merdeka di kasih British kok gak bersukur😁

      Hapus
    3. 😰😰😰😰 Beruk sibuk bergaduh rupanya

      Hapus
  20. Jangan pilih Airbus..boikot..cos mereka boikot sawit kita....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trus, pilih apa?

      Ooooooh ya, pilih si kawan lama yaa?

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Sejuta topan badai!
      Itulah guna punya kawan lama..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Kalau maksa sawit berpengaruh, pilihannya hanya Ilyushin.

      Hapus
    4. Hihihi..😁

      Kalo ake Ilyu si Falcon ga bisa nenen dong...😒

      Hapus
    5. Falcone kon kalungan jrigen mas πŸ˜‚

      Hapus
  21. HAHAHAHA...sama ABU JENAZAH "CHIN PENG" SAJA TAMADUN BENDERA BINTANG BUCU 5...SUDAH KETAKUTAN...

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEKARANG BANGSA MALAYDOG SIBUK URUS ABU JENAZAH PEJUANG CHING PENG.... CHING PENG AKAN DI BERI PENHORMATAN TERTINGGI BINTANG 5 DENGAN GELARAN TAN SRI CHING PENG

      Hapus
    2. Pendiri PKM adalah patriot Malaya. Hahaha....😁

      Hapus
  22. ANOTHER . . . .

    BLAH BLAH BLAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. TAN SRI CHING PENG PEJUANG KOMUNIS MALAYA AKAN DI BERI PENHORMATAN OLEH ASKAR DI RAJA...... TAHNIA PAHLAWAN CHING PENG

      Hapus
    2. Politisi Malaysia lebih faham daripada cacing tanah macam unknown beruk malondog, ha ha...😁

      Hapus
  23. Bendera bucu 5 jalur gemilang dambaan si Paula bego, pecinta AKANNNNπŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Print Bendera saja salah. Dasar bendera sampah. Kahkahkah.....πŸ˜€

      Hapus
  24. Oder pesawat tanker untuk TNI AU hampir pasti jatuh ke tangan Airbus A330 MRTT, demikian disampaikan Alman Helvas dalam tweet-nya pada 26 November 2019 lalu. Alman Helvas adalah seorang "Defense Market & Industry Consultant" yang sebelumnya adalah Jane's Representative untuk Indonesia'.

    ------------------------

    hmmn sang "mantan" haha!πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
    bukan afa2 gaes, tingkat kefercayaan guwe utk status kontributor si janes asal negeri singa berinisial "RR" aja rendah. padahal yg bersangkutan sering pake sumber yg katanya "orang daleman" dan masi aje "meleset" haha!πŸ™ƒπŸ™ƒπŸ™ƒ

    apalagi berpredikat "mantan representatip" haha!😎😎😎
    blom djelas berita ini bersifat opini pribadi ato ada sumber "org dalem".
    hrs tunggu jadi nyata, baru guwe bs angkat jempol haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    yg artinya sang mantan layak dipercaya drpd kontributor yg masi bercokol di si janes ituw haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    tp klo kontributor laen si janes macam om jon grevat & om kristofer fos, mnurut guwe punya tingkat keakuratan tinggi, oke ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

    BalasHapus
    Balasan
    1. As long as it happend, his Tweets is beliveable.


      other than that, mostly is a contradictive one beside his personal oppinion on that matter.

      Hapus
    2. Hooh....tur argumene alman helvas rasional, gak usah ditambahi embel-embel info seko "orang dalam" barang πŸ‘ŒπŸ»

      Hapus
    3. nyoih kalo bikin berita meleset paling kena fentung haha!πŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨
      yg bikin sebal ituw kalo liat brita meleset trus gak ada repisi dr reporternye ato gimana kek, mala tetep tayang alias gak diapus2 haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  25. Pilihan atas pesawat Airbus meluluhkan penilaian aspek teknis dimana Boeing dengan pesawat KC-46 nya lebih unggul dibandingkan Airbus A330 MRTT. "Aspek anggaran" dan "waktu penyerahan" rupanya jadi faktor penentu kemenangan Airbus. Anggaran pesawat tanker hanya cukup untuk "pesawat tanker second" dan waktu penyerahan adalah secepatnya karena saat ini TNI AU hanya punya satu pesawat tanker Hercules KC-130B nomor A1309.

    --------------------
    pertama:
    min, klo masalah anggaran, sperti guwe kutip ituw, bagi donk perincian harga akusisi pesawat seken dan biaya konversi MRTT buat kita?

    kerna setau guwe biaya yg osi kluarkan ituw tidak murah dibanding bli tanker erbas baruw.
    osi pon, beharap terima tanker 2008, datengnye 2011. bru 2013 dikomisikan kerna berbagai kendala, ini artinya delay terussss haha!🀠🀠🀠

    klo diitung brp lama waktuw total konversinya. spertinya lbh aman & efisien beli baru cem singapo dsb.
    kerna pesawat konversi ituw bkn berarti lgs pasang pake. pesawat hrs di serpis dan diapgred dolo dan jalanin uji terbang.

    jd klo mao dibilang faktor penyerahan, guwe gak yaqeen min haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    kedua: Anggaran pesawat tanker hanya cukup untuk "pesawat tanker second".
    pertanyaannya, ini cukup buat tanker baru produksi mana dolo nich?.
    klo py erbas djelas lebih mehong dr buing. produk amrik terkenal lebih murmer & efisien dr yurop haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

    ketiga:"saat ini TNI AU hanya punya satu pesawat tanker Hercules KC-130B nomor A1309."

    herki cmn bs buat flanker & hawk, klo falkon prasaan dr dolo kagak ada tankernya kita. spertinya elang biru gak masalah kan selama ini, selagi bs pake jirigen haha!πŸ™„πŸ™„πŸ™„

    klo emerjensi trus gak punya duwit banyak, yach paling beli tanker herki sekenan aja, gt kok refot haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

    ato kalo bner2 kebelet "barang seken" & cepat dateng yg dpt melayanin pelbagai pespur kita. beli aja tuch tanker negerinya om ben, kan uda gak dipake haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. stratotanker sing pon uda bs buat vip dan medikal transportasi. yach klo buat stop gep lumayanlah haha!😊😊😊

      tp apa bole kita punya "barang strategis sekenan" lagi?

      ntar klo ada afa2, maen salah2an sperti klo pespur jatuh.

      pdhl secara statistik, pespur kita yg baru ato lama, yg alami kejadian naas banyakan yg baruw lho, tuch kan jd dilema haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    2. Anggaran pesawat tanker hanya cukup untuk pesawat tanker second.
      --------------------------------

      Statment ini yg lucu ☝️

      Sejak kapan Indonesia menganut anggaran yg lepas dr platform anggaran barangnya.?

      Jika Indonesia hendak melakukan pengadaan sudah pasti mempunyai BQ dr hrg baru barang tersebut. Dan sdh pasti yg dianggarkan adalah pengadaan baru. Bukan second. Jika toh pengadaan second pastinya dijelaskan pada mata anggarannya, spt anggaran pengadaan 24 unit F-16 Refurbish dan pengadaan Tank Leopard. Dijelaskan dalam nomenklatur anggarannya.
      Sementara anggaran utk pengadaan pesawat tanker inikan blom dipatok besarannya. Baru jumlahnya saja yg diumumkan. Kok sdh berkesimpulan hanya bisa barang second.?

      Kalo toh memang socond artinya anggarannya melebihi barang second jika itu yg dimaksud mengakuisisi milik garuda. Artinya hanya pengaluhan aset saja dan tidak perlu beli pesawat second. Hanya biaya upgrade saja yg dikeluarkan. Dan jika itu yg terjadi bisa sangat banyak kelebihan anggarannya.

      Dan utk pengalihan aset, hrs tau dulu kapan barang itu non aktif oleh garuda dan diserahkan ke TNI utk masuk inventaris aset TNI.? Sementara barang yg baru dipesan garuda aja blom datang dan yg lama msh dioperasionalkan oleh garuda kok sdh mengharap dialihkan ke TNI. Artinya prosesnya masih panjang. Jd parameter2 yg di jadikan asumsi masih prematur banget.

      Hapus
    3. "Nanyain yg ini ya bang ruskey.....πŸ‘‡πŸ»πŸ‘‡πŸ»πŸ‘‡πŸ»"

      https://youtu.be/aaMtJ86jGos

      Hapus
    4. riviuw a330-neo baru garuda, om mobi punya amboi haha!🧀🧀🧀

      https://www.youtube.com/watch?v=bWQAzj8d8E0

      Hapus
    5. mimin yg nulis om choko, ngeriihh guwe kalo komplen banyak haha!🀭🀭🀭

      kalo guwe sich tetep pada pertanyaan sperti diatas, duwitnya ini cukup buat tanker baru produksi mana dolo nich? erbas ato buing? haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘
      detailnya gak disebut mimin.

      om Alman Helvas cuman nge-twit:

      ------------------------
      "Indonesia most likely will choose A330 MRTT as tanker jet. It will use -200 airframe. Question is whether it's new A330 or convert from used A330. New A330 means backlog around 3 year, used A330 means Indonesia could buy at least 3 MRTT. GMF AeroAsia has big role on this program."

      ---------------

      si om alman sendiri gak tau beli baru ato sekenan haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

      jadi wacana pesawat tanker bekas garuda atas dasar anggaran terbatas utk barang sekon ini masi jau sangat rasanya yach om choko.

      tp klo mimin py sumber "orang daleman", jiah manaketehe haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    6. Rancunya dr analisa beliau itu begini bung PG.

      Pertama2 kan kita sdh sama2 tau TNI telah melakukan evaluasi teknis terhadap 3 kandidat tanker udara. Dr Boeing, dr Airbus dan dr Ilusyin Rusia. Masing2 sesuai type terbaru. Artinya apa.? Bahwa TNI akan membeli pesawat tanker baru. Dan TNI pastinya jg mendapat sumber dr pabrikannya mengenai harga dr masing2 unit, sebelum mengevaluasi aspek teknisnya.Itu artinya keuangan pemerintah mampu utk membeli harga yg ditetapkan pabrik. Jika pemerintah tidak mampu anggarannya krn diantara 3 kandidat itu ada yg sangat mahal mungkin akan dicoret dr daftar dan hanya 2 saja yg dilibatkan. Spt itu memang mekanisme dr pemerintah

      Jika pemerintah/TNI hanya mau mengambil aset garuda utk diupgrade menjadi pesawat tangker, lalu apa tujuan TNI melakukan evaluasi 3 produk tersebut, kalo yg dimiliki garuda hanya 1 produk saja yg ada dan bisa.
      Beda jika Garuda/pemerintah memiliki ketiga jenis pesawat dr 3 pabrikan tersebut mungkin benar kesimpulan beliaunya.

      Hapus
  26. sbnernya guwe lbh suka pegasus dari awal, selain murmer dr lawannya, pemakainya amrik yg notabene pengguna tanker terbanyak dijagad ini, lebay dkit gaes haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

    emang sich ini tanker blom siyap bner, sm cem osi pon py kendala saat awal2 operasikan tanker konversi.
    makanya guwe kaget jugak dlm renstra IV/MEF 3 nanti, tni au ada minat pesawat jet tanker dan pesawat premium laennya.
    prediksi guwe dulu ampe perna nulis kyk gini:

    "guwe rasa, klo mao shopping soping alutsista premium cem poseidon, tanker bahkan aew&c skaligus, sulit diwujudkan pada seluruh tahapan program MEF."

    wkt ntuw alesannya guwe sich selain bajet.
    alangkah okenya jugak nunggu pegasus lbh matang & produksi masal.

    tapi klo tni-au anggarin beli pada akhir mef III, sbnernya gak masalah, biasanya kan borong shopping soping tahun terakhir tuch.
    klo datengnya 4-5taon kedepan kyk apache.
    jd yg bayar cicilan barang2 premium, pake anggaran pemerintah selanzutnya haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

    selain ituw, beli dr amrik prosesnya lama, jalur birokrasinya kan hrs ke senat segala klo mo pake fms.

    kombinasi tanker + VIP uda biasa.
    kombinasi impian guwe dari dolo sich tanker jadi pesawat awacs, kan keren gaes..bisa nyeken lebih lama. apalgi dilengkapin senjata buat penindakan, bisa ngebom ato rudal πŸš€ haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  27. pantesan...
    kalau lewat hanggar GMF banyak pesawat Airbus A330-200 milik garuda yg antri

    BalasHapus
    Balasan
    1. antri apaan? mekdi om haha!πŸ”πŸ”πŸ”
      maren malem guwe lending lewat GMF, prasaan smua pesawat kliatan sama aje dr buntut om esen haha!⛑⛑⛑

      Hapus
  28. van muttohar2 Desember 2019 12.35

    Lanjut di Tbread Ini aja ya gan



    "palu gada2 Desember 2019 12.03
    Pilihan atas pesawat Airbus meluluhkan penilaian aspek teknis dimana Boeing dengan pesawat KC-46 nya lebih unggul dibandingkan Airbus A330 MRTT. "Aspek anggaran" dan "waktu penyerahan" rupanya jadi faktor penentu kemenangan Airbus. Anggaran pesawat tanker hanya cukup untuk "pesawat tanker second" dan waktu penyerahan adalah secepatnya karena saat ini TNI AU hanya punya satu pesawat tanker Hercules KC-130B nomor A1309.

    --------------------
    pertama:
    min, klo masalah anggaran, sperti guwe kutip ituw, bagi donk perincian harga akusisi pesawat seken dan biaya konversi MRTT buat kita?

    kerna setau guwe biaya yg osi kluarkan ituw tidak murah dibanding bli tanker erbas baruw.
    osi pon, beharap terima tanker 2008, datengnye 2011. bru 2013 dikomisikan kerna berbagai kendala, ini artinya delay terussss haha!🀠🀠🀠

    klo diitung brp lama waktuw total konversinya. spertinya lbh aman & efisien beli baru cem singapo dsb.
    kerna pesawat konversi ituw bkn berarti lgs pasang pake. pesawat hrs di serpis dan diapgred dolo dan jalanin uji terbang.

    jd klo mao dibilang faktor penyerahan, guwe gak yaqeen min haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ "


    _________

    oke, jadi gini, diatas ada yg bilang kalau kerjasama dengan Airbus bakal kurang nguntungin kalau beli tipe baru langsung dari pabrikan. sementara dibawahnye suka yg barang baru, buat antisipasi leletnya waktu.



    yep, jadi gini tetangga kanguru sebenarnya beli 4 biji MRTT yang di konversi, 2 biji dikonversi sendiri, dan 2 biji di konversi di spanyol


    "Although four of the original five aircraft were converted from ‘green’ A330 airframes to their KC-30 configuration by Qantas Defence Services (now Northrop Grumman Australia Integrated Defence Services) at Brisbane Airport, the two new aircraft – secondhand ex Qantas A330-200 airliners – will be converted to tanker configuration by Airbus Defence and Space at Getafe, Spain."

    konversi 2 pesawat harganya 403 juta dollar, hampir sama dengan harga 1 pesawat baru.


    informasi yg keluar terakhir tetang yg disebut "KETERLAMBATAN" pengiriman/kedinasan, sebenernya lebih pada masalah di boom yg dikeliarkan oleh airbus.


    bahkan ketika maiden flight pada 2007 MRTT berjalan beberapa minggu lebih cepet dari jadwal.


    "By Gregor Ferguson

    The RAAF’s KC-30B Multi-Role Tanker/Transport completed its first flight on June 15, several weeks ahead of the planned flight test schedule, marking a major milestone in the development of this new ADF capability.

    The first of five KC-30B tankers ordered by the RAAF under Project Air 5402 was part of the static display at the Paris Air Show in June.
    The aircraft flew to Le Bourget from EADS CASA’s Getafe plant near Madrid, where it has been undergoing its Multi-Role Tanker Transport (MRTT) conversion.

    Two days earlier, on June 15, the KC-30B made its 3-hour maiden flight with the EADS Air Refueling Boom System (ARBS) and Flight Refuelling Mk32 underwing refueling pods installed.
    This milestone marked the start of KC-30B flight testing in the production configuration, prior to certification and delivery to the RAAF."


    Read more at http://www.australiandefence.com.au/ED99E140-F806-11DD-8DFE0050568C22C9#DLvccPSRbwlPT4Dp.99


    ahhh, yep bisa jadi masalah sertifikasi yg makan waktu bertahun tahun.



    thats was my opinion

    BalasHapus
    Balasan
    1. om smilikity ini kucinknya uda balik kandang, jagain awas jgn ampe lefas haha!πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
  29. nich guwe unjukin yg disebut produk amrik terkenal lebih murmer & efisien dr yurop haha!😎😎😎

    "Japan intends to procure three tankers for fielding in the 2020 time frame, at a cost of more ¥20.8 billion – about $173 million per tanker"

    harga segini, tanker sekon erbas masi brani lawan pegasus "gress" baru gak haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

    ayo siapa yg bisa zawab haha!🀭🀭🀭

    Japan chooses Boeing KC-46, halting Airbus tanker winning streak
    https://www.flightglobal.com/news/articles/japan-chooses-boeing-kc-46-halting-airbus-tanker-wi-418170/

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Just months after being rejected by South Korea and weeks after first flight, Boeing’s KC-46A has been selected by Japan to supplement the nation’s KC-767 tanker fleet."
      ------------
      yaa maklum wkt koryo kontrak erbas, pegasus blom siyap, setelah liat jepun dpt harga segitu, pasti mister kimci tepok jidat haha!😱😱😱

      Hapus
    2. 30 June 2015
      News
      South Korea to purchase four Airbus A330 MRTT for $1.3bn

      https://www.airforce-technology.com/news/newssouth-korea-to-purchase-four-airbus-a330-mrtt-for-13bn-4613509/

      ------------

      jepun: 173 juta dolar x 3 = 519 juta dolar
      koryo: 325 juta dolar x 4 =1.300 juta dolar.

      dengan duit yg sama koryo bisa dapet 7 tanker baru masi balik duwit pulak haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

      Hapus
  30. ESIABET adalah Salah Satu Agen Judi Bola Online & Bandar Slot Online Terpercaya di Indonesia !!
    .
    ⏩ Tersedia 3 Pasaran Terlengkap Untuk SportBook
    ⏩ Ribuan Provider Slot Online Yang dapat kamu mainkan
    ⏩ Jackpot hingga jutaan rupiah selama 1 x 24jam
    ⏩ Taruhan Terkecil dari 5.000 rupiah
    ⏩ Bisa Bermain Judi Mix Parlay Bola Jalan
    ⏩ Minimal Bett Parlay Rp.10.000
    ⏩ Minimal Deposit Rp.25.000
    ⏩ Minimal WithDraw Rp.50.000
    .
    ESIABET juga menyediakan promo menarik yang bisa anda dapatkan setiap hari:
    πŸ‘‰WELCOME BONUS 20% SAMPAI 50%
    πŸ‘‰EXTRA BONUS 200% MAKSIMAL BONUS 2JT
    πŸ‘‰EXTRA BONUS 150% MAKSIMAL BONUS 1JT
    πŸ‘‰EXTRA BONUS 100% MAKSIMAL BONUS 1JT
    πŸ‘‰BONUS RELOAD 3JT (LIVE CASINO & SLOT)
    πŸ‘‰BONUS RELOAD 8JT (SPORTBOOK)
    πŸ‘‰CASHBACK SPORTBOOK 15%
    πŸ‘‰REBATE MINGGUAN 0.8% (LIVE CASINO & SLOT)
    .
    Contac Person Online 24 Jam
    ☎Whatapps : 0859-3259-6161
    πŸ“±LINE : ESIABET77
    πŸ“±IG = ESIABETJITUPARLAY

    Link Alternatif ESIABET
    🌐 www.esiabet8 .com
    🌐 www.esia365 .com

    Salam Hoki & JP Selalu Bosku πŸ’ͺ😁

    BalasHapus
  31. Hallo Semuanya, mau menikmati Jackpot tanpa batas ??? Mau Bonus new membernya ???
    Mau Kejutan specialnya ????
    join now sekarang di edensukses,club karena hanya di sini kamu bisa nikmati yang namanya
    kepuasan bermain Poker Online.

    Permainan Game judi online yaitu POKER , DOMINO , CEME , CEME KELILING , CAPSA , SUPER10 , OMAHAEDEN POKER HADIR MEMUDAH UNTUK BISA MENANG DAN GAMPANG MENDAPAT KAN JP..
    Promo edensukses,club diantaranya :
    ~ Minimal Deposit 15.000
    ~ Welcom Bonus New Member Rp. 10,000,-
    ~ Bonus Rollingan full 0,5% untuk semua permainan
    ~ Bonus referral 10%
    ~ Bonus Special Kejutan Yang Bisa Kamu Dapat Dari Turnover kamu

    Dan Setiap Bulannya akan UpDate Bonus Menarik lainnya
    edensukses,clubBekerja sama dengan Bank :
    ~ BCA
    ~ BNI
    ~ BRI
    ~ MANDIRI
    Jadi Mau Tunggu Apa Lagi Join Sekarang Dan Dapatkan Semua Bonusnya Hanya Di edenpoker,bet
    Email This
    Share to Twitter
    Share to Facebook
    UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI ::

    πŸ“± WA : +855 17640528
    πŸ“± LINE : EDENPOKER
    🌐 Website :edensukses,club
    edensukses,online
    edensukses,site

    ANDA MENANG KAMI SENANG BOSKU !!

    BalasHapus