16 Juli 2020

Detail Teknis Pindad Maung 4x4, Mobil Taktis Ringan buat Tempur

16 Juli 2020


Maung kendaraan taktis 4x4 (photo : Pindad)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pindad (Persero) resmi memperkenalkan produk terbaru di segmen kendaraan taktis (Rantis). Kali ini produk yang diciptakan perusahan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut, sedikit berbeda dari biasanya. 

Abraham Mose, Direktur Utama PT Pindad (Persero), mengatakan untuk mobil Rantis yang diberi nama Maung ini memang memiliki perbedaan. Konsepnya mengarah ke Rantis ringan yang bisa digunakan di jalan raya atau pun medan offroad. 

"Kendaraan militer, tapi konsepnya agak-agak ke civilian type. Jadi mobil atau kendaraan ini kalau pada kegiatan militer digunakan untuk taktis penyergapan cepat, karena lebih ringan dan manuvernya juga lincah," ujar Abraham kepada Kompas.com, Senin (13/7/2020).

Dari segi spesifikasi, Abraham mengatakan pada dasarnya pengembangan Maung sendiri sudah cukup lama dilakukan. Lebih dari dua sampai tiga tahun lalu dengan proses panjang pada rancang bangun konstruksinya.


Maung kendaraan taktis 4x4 (photo : Daniel Zebedeus)

Mulai dari sasis, bodi, dimensi, kaki-kaki, sampai hitungan teknis lainnya asli digarap sendiri oleh Pindad. Untuk material, mengingat statusnya dipugar untuk kendaraan taktis, maka secara kualitas juga tidak sembarangan. 

"Kalau dari proses, sudah lebih dua tahun kami lakukan ragam percobaan untuk Maung, terutama pada sektor sasis ya. Boleh dibilang seluruhnya Pindad yang kerjakan, kecuali untuk mesin," ucap Abraham.

 "Mesin kita pakai diesel pasti sesuai dengan karakternya. Untuk jenis mesinnya turbo diesel milik Toyota Hilux, transmisi juga. Jadi item itu itu saja yang di luar dari Pindad," kata dia.

Berdasarkan penjabaran tersebut, Abraham menjelaskan bila mesin Toyota Hilux yang digunakan memiliki kubikasi 2.494 cc turbo diesel 16 Valve DOHC.


Maung kendaraan taktis 4x4 (photo : Daniel Zebedeus)

Dari data di atas kertas, tenaga yang dihasilkan dari mesin berkode 2GD-FTV pada Maung memang sedikit lebih besar, yakni sebesar 149 tk, sedangkan untuk torsi juga badak, yaitu 400 Nm. 

Olahan tenaga tersebut disalurkan via transmisi manual enam percepatan ke sistem penggerak 4WD dengan rear differential lock. Tak heran, bila pengetesan yang dilakukan beberapa hari lalu, Maung terlihat lincah menerjang jalan aspal dan licin.

"Jadi mesin Toyota ini standar, ada sedikit ubahan tapi pada dasarnya tetap standar. Kalau datang ke Astra kami buka kap mesin bisa langsung menyambung ke komputer settingannya mereka," kata Abraham. 

Nah, yang penasaran mengenai detail lebih lengkap soal spesifikasi Maung 4x4, berikut datanya ;



(Kompas)

Bukan Cuma 500, Menhan Prabowo Ternyata Berniat Beli 3.000 Unit Maung Dari Pindad

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Usai mencoba kendaraan taktis produksi terbaru dari PT Pindad (Persero) yang bernama Maung pada Minggu (12/7/2020) lalu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berniat untuk membeli sebanyak 500 unit kendaraan tersebut.

"Total yang diinginkan Pak Prabowo sekitar 3.000 unit tapi untuk tahap pertama beliau memesan 500 unit dulu. Jika kondisi memungkinkan karena Pandemi, Maung akan diikutkan dalam defile Hari TNI 5 Oktober nanti," kata Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose dikutip dari detik, Rabu (15/7/2020).

Abraham mengungkap, kendaraan taktis Maung didesain dan diproduksi oleh Pindad setelah berdiskusi dengan Komandan Pussenif Mayjen TNI Surawahadi pada 2018. Saat itu Surawahadi mengungkap perlunya Pindad membuat kendaraan taktis ringan untuk digunakan dalam pertempuran jarak dekat. 

Kendaraan yang mampu bermanuver dengan cepat, gesit, dan memudahkan para prajurit untuk bertindak baik menembak maupun menyergap, lalu pergi.


"Inilah desain optimal yang kami hasilkan, sudah lulus uji litbang internal, litbang Pussenif, juga laboratorium Angkatan Darat. Dengan kemampuan seperti itu pula kendaraan ini dinamai Pak Prabowo Maung," ujar Abraham. (Industry)

275 komentar:

  1. Tukune ojo akeh2 sek,..ndelok prototype 2 kudhu ono "penyempurnaan" Lagek mborong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makane order 500 sek bro

      Hapus
    2. Ibarat golek rondo ojo akeh2, yen wes cocok baru mborong πŸ₯³


      πŸƒπŸ»‍♂️πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

      Hapus
    3. Ojo kesusu intine, 🀭🀭🀫

      Hapus
    4. Om2 PPR
      Para Pencinta Rondo 😁

      Hapus
    5. Belum bisa dibilang guanteng sebelum punya pacar janda.

      Hapus
  2. Malon miskin makin ketinggalan karena masih mengandalkan kereta lembu 😁

    Wakikikik

    BalasHapus
    Balasan
    1. owwhh yg buat narik meriam ituw yach, pake si sapieeee jugak bisa om haha!πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
    2. Kata gempurwaria Konon paling canggih di asean 😁

      Hapus
  3. https://www.arquus-defense.com
    Iso di gawe conto maung prototype 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anggap ae iki mobil Humvee
      Lek pesen 3000 unit berati semua matra entok jatah twrmsuk infantri2

      Hapus
    2. Jatahee komodo kuwi, aq luwih seneng koyo fungsi arquus

      Hapus
  4. Awal yg baik dri 3000 unit yg dipesan 500 diawal sambil tunggu hasil rombak yg baru.
    HUT TNI bakal da mainan baru yg unjuk gigi hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3000 bijikkk dibanding 257 bijik, beda jauh sangat yaaa om haha!🀭🀭🀭

      Hapus
    2. Maung ada lagunya ini

      Maung Love 3000

      Hapus
  5. ...nich lagu lagi PUR, biar OTAK mu nggak panaaaaaaaaaaaaaaas

    ...Di hati ini pernahkah
    Kau coba mengerti
    Duhai kekasih
    Tiap hari selalu berbisik
    Memanggilmu
    Duhai kekasih

    Merona mengharap
    Pengertianmu
    Bergetaran rindu
    Mendamba kasih
    Sayangmu
    Di hati ini ladang kasih gita cintaku
    Hanya untukmu
    Kusirami dengan kasih setia nan suci
    Agar tiada tumbuh benih keraguan hati
    Kulindungi dengan jalinan cinta yang murni
    Agar merekah abadi cinta kita dihati
    Takkan layu di sengat sang mentari
    Bunga cinta kita selalu mekar berseri

    Hoo...ooo...

    Harum mewangi

    Kusirami dengan kasih setia nan suci
    Agar tiada tumbuh benih keraguan hati
    Kulindungi dengan jalinan cinta yang murni
    Agar merekah abadi cinta kita dihati
    Takkan layu di sengat sang mentari
    Bunga cinta kita selalu mekar berseri

    Hoo...ooo...

    Harum mewangi

    Di hati ini tlah terpatri hanya namamu,
    Duhai kekasih
    Di hati ini ladang kasih gita cintaku
    Hanya untukmu...

    πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

    https://youtu.be/veMBXrfNVns















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
  6. Beruk

    Malon

    Beruk

    Malassial

    Beruk

    TOLOL

    malon

    BEGO

    malon

    TAK DE OTAK

    Malon

    Beruk

    BalasHapus
  7. FOTO ke 2 daerah COMMANDO Situ Lembang JAYAGIRI.

    Ane pernah di tabok jaman kuliah dulu sama kopasus karena masuk tanpa izin

    🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pake ijin gak seruw om, gak kena tabok haha!🀭🀭🀭

      Hapus
    2. Untung cuma di tabok om...wkkwkk
      Namanya masuk daerah kandang macan kudu permisi 😁

      Hapus
  8. MAUUUUNNNGGG bandunggg Kasep Pisan, gagah euyy..haha!🦾🦾🦾

    MOJANG bandung GEULISSS Pisan...eeuleh2 brangkattttt haha!πŸ₯°πŸ₯°πŸ₯°

    BalasHapus
    Balasan
    1. PEUYEUM BANDUNG SIGA BANDROS

      jadi inget sama bung @SORABI HANEUT

      Kemana ya sekarang ?

      Hapus
    2. Ta ra hu.....Ta..ra..cang.
      Ta ra hu.....Ta..ra..cang.

      Hapus
  9. Kacau kacau malon 😁


    Ditinggal Mahatir Mohammad, Politik Malaysial Makin Kacau, Perdana Menteri Muhyiddin Lengserkan Ketua DPR

    https://fotokita.grid.id/amp/112243615/ditinggal-mahatir-mohammad-politik-malaysia-makin-kacau-perdana-menteri-muhyiddin-lengserkan-ketua-dpr





    BalasHapus
    Balasan
    1. Biarkan malon hancur dari dalam, setelah itu baru kita ambil bagian per bagian

      Hapus
    2. Betul bro 😁


      Kih kih kih

      Hapus
  10. ...mobil MAUNG cocok nich untuk MENJELAJAH jalan TRANS PAPUA yang sedikit lagi RAMPUNG / SELESAI

    sebagai UJI COBA















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
  11. MAUNG disain aseli buatan ANAK BANGSA...

    JOMMMM FANASSSS haha!πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

    kalo ada versi pendeknye, jadi JIP KANVAS kerenn euuyy

    BalasHapus
  12. dari pintuw rampa OSPREY, bisa angkut MAUNG hore haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    JOM SHOPPING SOPING, TIADA HENTI ASYIIKK haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘


    JOM SHOPPING SOPING, TIADA HENTI ASYIIKK haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘


    JOM SHOPPING SOPING, TIADA HENTI ASYIIKK haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘


    JOM SHOPPING SOPING, TIADA HENTI ASYIIKK haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awas ada beruk kepanasan om pal 😁

      Hapus
    2. warganyet pada tiarap om pbm haha!🍌🍌🍌

      Hapus
    3. Tuh ada 1 beruk malon nongol 😁

      Hapus
    4. hadir terus, tandanya KAGUM haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    5. Kasian nagis terus om pal 😁

      Hapus
  13. Indonesia sepertinya udah ga netral terkait semakin agresifnya pemerintahan komunis china
    Waspada dengan spammer dgn taktik disinformasi, false flagging, astroturfing, dan larping dgn mengatasnamakan akun dari negara tertentu
    Utk yg bertugas baik personel bakamla,tni al dan polair di laut tetap berpegangan dgn Sop yg berlaku jgan mudah terpancing karena mereka sedang mencari justifikasi atas tindakan mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makhsudnya gimana om rak? China akan cari cara buat bikin masalah lagi sama kita?

      Hapus
    2. Memang Naga bentar lagi siap ngamuk...butuh ekspansi wilayah.
      Sumber daya alam & pangan di sana sudah menipis.

      Hapus
  14. Kapan tni au beli pesawat tempur...yasalam lama bgt berita nya

    BalasHapus
  15. eeiitt lama2 OSPREY kite lisensi jugak nich,
    dari MV-22 jadi NMV-22 weesss HORANG KAYAAAA haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

    masa depan heli angkut BLEKHOK di amrik keknya bakal tamat setelah MV-28, VALOR nantinya resmi dipinang angkatan darat negeri paman sam.

    bayangin aja klo uda produksi massal harganya gak beda jau ama blekhok gaesz.

    mungkin hal ini jugak yg jadi pertimbangan knp tni-ad blom minat ama blekhok.

    selain spek mirip ama NBELL-412, akan nambah biaya lagi kalo bikin infrastruktur heli baruw.

    apalagi kalo satu kluarga bell kita sikat...

    duet VALOR + OSPREY, warganyet gred a pada minta suaka ke VanuatuW gaesz haha!πŸ’₯πŸ’₯πŸ’₯

    BalasHapus
    Balasan
    1. TILT-rotor adalah masa depan,

      lebih cepat
      lebih nyaman
      lebih aman
      lebih banyak angkut
      lebih jauuuhhh

      kesempatan jadi pionir di kawasan jgn ampe lefas...

      tapi neng AWEWE bakalan teteup eksis gaesz haha!πŸ₯°πŸ₯°πŸ₯°

      Hapus
    2. Awewe.. Kupikir sudah di lupakan, eeh ijek eksis😁

      Hapus
  16. Makanan empuk RPG 7 ni...wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon miskin tak ada shoping 😁

      Hapus
    2. Semua kendaraan tempur malon pun makanan empuk RPG 7 TNI 😁

      Hapus
    3. Gempita ko pun makanan empuk RPG 🀣🀣

      Hapus
    4. Bokongmu di RPG cocok kuwi 😁😁

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Mbah gono ☝️ mulai nakal ....penghayat aliran "SM"😨😨😨

      Hapus
  17. Balasan
    1. Maharogol salah potong 😁

      Hapus
    2. Ngga apa apa design aneh tapi buat sendiri, memangnya malon ngga aneh semua designnya

      Hapus
    3. Design aneh tuh cem Vita birahi 🀣🀣

      Hapus
    4. Koyo lambemu.. Aneh😁😁

      Hapus
    5. Vita birahi malon 😁

      Wakikikikikik

      Hapus
    6. Kaya otakmu gempork ANEH 😁

      Hapus
  18. MAUNG ni untuk awam sesuailah kalau tentera sangat tidak sesuai...

    BalasHapus
  19. Ini td liat videonya maung pintu samping kanan dan kirinya bisa dilepas.

    BalasHapus
  20. ringan menunjukkan kenderaan ini perlindungannya sangat nipis.... mungkin peluru 5.56mm pun tembus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndelok fungsi nek speck.. Lagek nyocot

      Hapus
    2. Malon miskin low IQ iri dengki tak mampu buat 😁

      Hapus
    3. Bodoh,ringan itu bkn berarti armornya tak tahan peluru bodoh...zaman sekarang baja tdk zaman lg lon...Indonesia dah berjaya merancang plate bkn dari baja tapi ringan tapi ia tahan RPG,munition & bomb

      Hapus
    4. Isih kalah tipis karo lambene sixxxxxxx. .....eeeeeh, si Edi maksutku πŸ˜‚

      https://seword.com/umum/temuan-penyelundupan-benih-lobster-bukti-uRjqoa7uQt

      Hapus
  21. ni cukup RPG sudah musnah ni.... perlindungannya sangat lemah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada Malon bodoh πŸ€£πŸ˜‚

      Hapus
    2. Malon duluan yang musnah karena kebodohannya 😁

      Hapus
  22. Jangan dengki pur

    Pur mat sabu suruh malon low IQ belajar dari industri pertahanan indonesia 😁


    Wakikikik

    BalasHapus
  23. Pur jgn ngetrol di sini belajarlah bermain media yg baik kamu tamu di sini bagai mana sikap selayak nya seorang tamu,kecuali kamu g beradab or terpelajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susah bro iri dengkinya kelewat tinggi 😁

      Hapus
  24. Menurut Malon bodoh si gempurgila katanya maung ringan perlindungannya tipis 🀣🀣... patutlah ko bodoh lon 🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. ringan menunjukkan tiada perlindungan armor menyeluruh... faham tak INDON....


      wkwkwkwkwkwkwkwk....TOLOL

      Hapus
    2. MRAP mana ada yg tahan rpg 7 bahkan gempita kau saja pasti hancur kena RPG 7..

      MRAP Jangan kau samakan dengan tank mbt beruk malon dungu 😁

      Wakikikik

      Hapus
  25. kelihatan pintu saja mudah tercabut.... ini dikata untuk militer...?? serius la... ni kelihatannya sesuai untuk awam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon bodoh 🀣🀣

      Hapus
    2. Seekor beruk Malon dengki tak mampu buat 😁

      Hapus
    3. Ini mobil kamu kudu tau dlu fungsi nya buat apa jangan asal ngetrol
      Kendaraan tni banyak,dan semua pasti akan di gunakan sesuai/selayak nya fungsi utama nya

      Hapus
    4. Gempurwaria tak paham spek militer bro.. kendaraan taktis MRAP dia mau samakan dengan spek tank MBT 😁

      Beruk Malon ketololannya memang tiada batas

      Wakikikikik

      Hapus
  26. Zaman sekarang body kereta kebal atau kereta perisai tak mesti dari baja lon 🀣🀣...body dari baja itu berat sehingga mobilitynya susah lon 🀣🀣

    BalasHapus
  27. Zaman sekarang Indonesia ada knowledge meracik bahan plate bkn dari baja tapi ia ringan tahan dari RPG,Munition dan bomb lon 🀣🀣

    BalasHapus
  28. Klo mau protes adu argumen gak maslah sih saling belajar tapi klo dah keluar topik sara,rasis kan gak enak di liat ini forum bukan ratusan orang yg baca tapi ribuan orang

    BalasHapus
  29. Doktrin kereta MRAP,perisai dan kereta kebal adalah ringan tapi ia tahan dari RPG, Munition dan bomb lon 🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu doktrin sekarang lon 🀣🀣

      Hapus
    2. Malon hanya tau kereta protol yg mudah meletup dan tak laku lalu di jual ke china 😁

      Hapus
  30. Diam kau malay!tak de quality..

    BalasHapus
  31. Patutlah malon bodoh tak tau doktrin kereta perisai,MRAP,IFV zaman sekarang kerana semua MRAP,kereta perisai dan kebal malon tampal stiker tanpa bisa bina sendiri 🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah kebodohan malon 😁

      Hapus
    2. Malon dah bodoh nak tunjuk pandai pula 🀣🀣

      Hapus
    3. Beruk malon memang tolol tiada batas😁

      Kendaraan taktis MRAP dia mau samakan dengan spek tank MBT 😁

      Padahal Gempita saja pasti hancur kena RPG 7


      Wakikikikik

      Hapus
  32. Ko tengok MBT ABRAMS-2 US sekarang tak gunakan baja tapi ia gunakan titanium yg ringan tapi tahan dari terjangan RPG,bomb,ranjau dan amunisi lon

    BalasHapus
  33. rasanya tak perlu RPG... peluru kaliber 5.56mm saja sudah mampu menembusi body kenderaan ni...

    tengok pun boleh tahu nipis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 5.56mm pasti tahan lah

      Beruk malon memang tolol tiada batas😁

      Kendaraan taktis MRAP dia mau samakan dengan spek tank MBT 😁

      Padahal Gempita saja pasti hancur kena RPG 7


      Wakikikikik

      Hapus
    2. Jadi semakin tebal ERA pendekar ko tuh semakin aman 🀣🀣

      Hapus
  34. Menurut malon gempurgila idiot semakin tebal baja dan semakin bertumpuk2 perlindungan ERA pada body kereta kebal/perisainya cem batu bata 10 lapis ia semakin kebal dari terjangan RPG atau ATGM 🀣🀣

    BalasHapus
  35. ...sekali lagi MALON semakin TERTINGGAL, Indonesia SIAP membuat B100

    πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

    https://youtu.be/F7HC1FXRepE













    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://amp.kompas.com/money/read/2020/07/15/203925526/pertamina-olah-minyak-nabati-jadi-green-diesel-d-100

      Hapus
  36. masa kenderaan dengan perlindungan kurang mau dibangga...Aneh ya...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang aneh karena dengki MRAP mau di samakan dengan MBT 😁

      Beruk malon memang tolol tiada batas 😁

      Wakikkikik

      Hapus
    2. Yg aneh dan bodoh tuh cem ko lon 🀣🀣

      Hapus
  37. Tni pasti nya merka lebih tau fungsi dan kegunaan kendaraan dan kapasitas rantis tersebutπŸ˜’πŸ˜’ kalo rakyat indonesia apa pun yg terbaik buat tni pasti pada setuju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan setuju sangat boss.. kena kaji juga di INDON Rasuah terlalu banyak.. lihat juga adakah aset yang dibeli itu sesuai dengan harga..kerana yang dipakai beli adalah duit rakyat..

      jangan jadi macam BANTUAN sembako dikhabar semua dapat hakikatnya hanya sedikit saja yang dapat.. soalannya mana peginya duit bantuan sembako yang perlu rakyat dapat...???

      masa itu pun mau di ajar...wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Kemiskinan rakyat Malaysia semakin melebar, pemimpin negara terus bermewah πŸ˜πŸ‘‡

      kedudukan rakyat di Malaysia pada tahap yang bahaya. Di saat ramai rakyat berada di jurang kemiskinan, kerajaan dilihat tidak serius menangani permasalahan ekonomi rakyat. Gaji atau pendapatan bulanan rakyat tidak menaik secara mendadak di saat harga barang konsisten naik. Jika dilihat pada harga barangan keperluan terutama harga barangan basah seperti ayam, santan, sayuran, daging, ikan dan telur yang terus meningkat, pastinya rakyat tersepit untuk berbelanja. Harga minyak petrol RON95 dan RON97 pula konsisten dengan kenaikan pada setiap minggu. Bil eletrik pula melambung tinggi. Rakyat semakin takut berbelanja, semakin ramai peniaga ‘gulung tikar’, operasi syarikat digantung atau dijual manakala kedai-kedai terpaksa dijual atau disewakan.

      Ironinya, kerajaan Perikatan Nasional (PN) pula berbelanja mewah sesama mereka dan sibuk berpolitik bagi mengekalkan kuasa. Perdana Menteri dengan rakus melantik 32 Menteri iaitu 38 timbalan menteri. Tujuh kementerian mempunyai dua timbalan menteri. Ini sangat berbeza dengan kerajaan Pakatan Harapan (PH) yang hanya ada 27 menteri dan 26 timbalan menteri. Malah, Tan Sri Muhyiddin Yassin membazirkan wang rakyat apabila melantik Duta Khas ke Timur Tengah bertaraf menteri kepada YB Dato’ Seri Abdul Hadi Awang, Ahli Parlimen Marang. Apalah fungsinya pelantikan itu melainkan jaminan politik untuk mengekalkan kedudukan beliau sebagai PM. Sikap boros dan tidak berhemah kerajaan PN seakan merasakan Malaysia ini hak milik mereka, dan duit daripada rakyat adalah hak mereka untuk dibelanjakan sesuka hati.

      https://www.google.com/amp/s/malaysiadateline.com/had-pgk-rakyat-malaysia-semakin-melebar-pemimpin-negara-terus-bermewah/%3famp_markup=1?espv=1

      Hapus
    3. Rakyat negara kelaparan tapi kasih bantuan ke negara lain malon sememang tiada hotak..

      Malaysial Dinilai Memalukan, Lockdown Corona Akan Buat Warga Miskin Mati Kelaparan 😁

      https://bekasi.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-12362144/malaysia-dinilai-memalukan-lockdown-corona-akan-buat-warga-miskin-mati-kelaparan


      hutang china dan petronas yang nilainya 149 juta kat pgn indonesia pun tak mampu bayar 😁

      Wakikikik

      Hapus
  38. la betul la tengok pun tau body kenderaan biasa...nipis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruk malon low IQ dungu tak mampu buat... 😁

      Pur dunia ketawa MRAP ko harus samakan dengan spek MBT 😁

      Wakikikikik

      Hapus
    2. Malon idiot 🀣🀣

      Hapus
  39. Malon bodoh,sekarang US,Rusia dan Indonesia berlomba2 menciptakan lapisan plate armor yg ringan tahan RPG or ATGM tapi ia bkn dari baja tapi ia terbuat dari bahan rare reath,ko paham tak apa itu rare reath pur 🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si pur lambene udah ada unsur rare-earth metal (REM), makannya tahan lama nyocotnya😁😁🀣

      Hapus
  40. Iri dengki jadi delusi.. cukai judi halal membuat otak beruk malon makin rusak 😁

    Wakikikikik

    BalasHapus
  41. Jadi menurut gempurgila first wind Malon makin safety bila lapisan ERAnya makin bertumpuk2 seperti batu bata 🀣🀣

    BalasHapus
  42. GEMPOOR BODOH!!

    Ini itu cuma KENDARAAN TAKTIS RINGAN, jelas tak perlu ada armor berat, basic requirements itu ya cuma survive 5,56mm.

    Coba sebutkan KENDARAAN TAKTIS RINGAN buatan mana yang tahan kena RPG-7, JAWAB DULU TUH GAUSAH LARI-LARI ANJING TAIK KEPANASAN.

    BalasHapus
  43. Serius bro... design kenderaan ni biasa saja kerana itu saya kata ia sesuai untuk kegunaan awam.. kalau tentera
    saya tak rasa ia sesuai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerana negara ko tak mampu bina cem nih jadi ko tak de knowledge soal MRAP 🀣🀣

      Hapus
    2. Iri dengki membuat malon jadi tolol tahap gaban 😁

      Wakikikik

      Hapus
  44. Gempurgila bodoh tak de knowledge 🀣🀣

    BalasHapus
  45. LIPANBARA pon BERKECAI bila kena RPG-7, SEBAB ITU MEMANG BUKAN FUNGSI DIA BODOH.

    SAMA SAJA KAMU MAU SAMAKAN FUNGSI APC DENGAN KENDARAAN TAKTIS RINGAN

    DASAR TIPIKAL MALON IRI MENDONIA, MUKA KAU PUN HANCUR JIKA DITABRAK MAUNG.

    BalasHapus
  46. ringan dan tipis.... memang lauk la...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iri mendunialah tuh 🀣🀣

      Hapus
    2. Malon dungu samakan kendaraan MRAP ringan dengan spek mbt 😁

      Ketololan malon low IQ memang tiada batas 😁

      Wakikikik

      Hapus
    3. Ringan dan tipis...
      Tapi
      Tidak seringan dan seripis otak loe POOR !!

      Hapus
  47. YANG GA SESUAI ITU MEMANG BUAT KAMU PUR

    MANA ADA UANG KAMU BELI MOBIL SEHARGA 600 JUTA, MAKAN SAJA MASIH DISUBSIDI PEMERINTAH.

    BalasHapus
  48. Coba sebutkan KENDARAAN TAKTIS RINGAN buatan mana yang tahan kena RPG-7, JAWAB DULU TUH GAUSAH LARI-LARI ANJING TAIK KEPANASAN.

    BalasHapus
  49. "Kendaraan militer, tapi konsepnya agak-agak ke civilian type. Jadi mobil atau kendaraan ini kalau pada kegiatan militer digunakan untuk taktis penyergapan cepat, karena lebih ringan dan manuvernya juga lincah," ujar Abraham kepada Kompas.com, Senin (13/7/2020).

    -----------------------------------

    yakk sip, sperti dugaan guwe maren..ini rantis kelas ringan yg setara navara, ford ranger, triton, hilux. bbrp model banyak jugak dipake kedinasan tni.

    kerna kebanyakan model, dibuat penyeragaman.
    jadinya lebih mudah harwatnya gaesz haha!😜😜😜

    tp yg kelas fortuner, pajero, rubikon, ampe humvee keatas..keknya gak bakal kena gusur gaesz...jendral bisa encok gaesz haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan humvee tp hummer gaesz haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

      Hapus
  50. VERY VERY UGLY πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes malaydogsial very ugly & low IQ 😁

      Hapus
    2. Jealous mendunia 🀣🀣

      Hapus
    3. seperti saya kata design dia aneh..

      Hapus
    4. Yg aneh tuh cem design Vita birahi 🀣🀣

      Hapus
    5. VITA BERAPI apa tak aneh designnya RUK BERUK?

      Hapus
    6. Yang aneh itu samakan kendaraan ringan MRAP dengan spek MBT 😁

      Beruk malon memang tolol tiada batas 😁

      Wakikikik

      Hapus
  51. SEBUTKAN BAWANG BABI!!!!!!

    BalasHapus
  52. peluru 5.56mm tembus... apa lagi 7.62mm lagi tembus... kalau RPG HANCUR terus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iri dengki tapi tolol.. mana ada MRAP di samakan dengan spek mbt.. gempita pun hancur kena RPG 7 😁

      Wakikikik

      Hapus
    2. Irilah tuh tak de kereta taktis buatan tempatan 🀣🀣

      Hapus
  53. Hantar sikitlah MRAP atau kereta taktis pure buatan malon kalo ada 🀣🀣

    BalasHapus
  54. WOY MANA PUR, ADA TIDAK KENDARAAN TAKTIS RINGAN YANG BOLEH TAHAN KENA RPG-7???

    ADA TIDAK???

    BUAL SAJA BABI KIMAK BAWANG NI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. la betul la bayangkan kalau body nipis kena RPG lagi la hancur... ahhh masa tak boleh terima kenyataan.. kamu lihat gambar tu sendiri dan kamu nilaikannya

      Hapus
    2. Malon low IQ tak paham spek kendaraan military gempita yg IFV ko pun hancur kelau kena rpg 7 😁

      Wakikikkk

      Hapus
  55. sesuai untuk awam saja ni..masa diguna untuk tentera...??? wkwkwkwkkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantas malon bangkraps karena warga nya tolol samakan MRAP dengan spek mbt 😁

      Hapus
    2. Irilah tuh tak de kereta taktis buatan tempatan...Malon sembang babipun terbang 🀣🀣

      Hapus
  56. IS THAT POWERED BY TOYOTA MOTORS OR TONG-TONG 400HP PISTON TYPE ENGINE??

    πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jealous mendunialah tuh 🀣🀣

      Hapus
    2. Yes gempita plastik low Quality use tong tong engine 😁

      Hapus
    3. TOYOTA bro... wkwkwkwkwkw

      Hapus
    4. YA TERUS KENAPA? PROTOL MALAH RASA GEELY CINA LOW QUALITY

      MEMALUKAN SAJA.

      Hapus
    5. Macam perodua yang tambal stiker dari toyota 😁

      Hapus
    6. Proton itu Geely volvo cina bro 🀣🀣

      Hapus
    7. BWHAHAHAHAHAHAHA

      TOYOTA???

      THEN INDONS PUT A STICKER PATCH 100% MADE IN INDONESIA.

      KOH KOH KOH πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

      Hapus
  57. Yang ANEH itu desain TANK STRIDE

    CAKAP nak dibuat, tapi hingga masa ni pon tak punya Wang

    Desain pon macam SABUN BATANG

    MEMALUKAN

    BalasHapus
  58. WOY MANA PUR, ADA TIDAK KENDARAAN TAKTIS RINGAN YANG BOLEH TAHAN KENA RPG-7???

    ADA TIDAK???

    BUAL SAJA BABI KIMAK BAWANG NI.

    BalasHapus
  59. GEMPOOR BODOH!!

    Ini itu cuma KENDARAAN TAKTIS RINGAN, jelas tak perlu ada armor berat, basic requirements itu ya cuma survive 5,56mm.

    Coba sebutkan KENDARAAN TAKTIS RINGAN buatan mana yang tahan kena RPG-7, JAWAB DULU TUH GAUSAH LARI-LARI ANJING TAIK KEPANASAN.

    BalasHapus
  60. Terlalu difokuskan keangkut personil padahal ditengok kebelakang kijang kotak lebih flexibel dengan cc 1000
    Lagian untuk tempur dimana sih

    Untuk bantuan bencana alam 2 masih berat dan bukan komposit terlalu mahal untuk dalam negri yang seharusnya sudah dikisaran 400 jt dengan pengembangan yang sudah ada saja
    Terlalu memaksakan menolong astra kita buta coba lihat mobil dinas para bintang satu semua mobil astra yang notabene banyak maling spek yang kalo dibawa kejalan offroad pintu gak bisa tutup sandiwara nolongin astra aebih baik dihentikan duitnya dialihkan kepenelitian material

    Mungkin gua ngeada ada pada kenyataanya astra gaya motor banyak phk karyawannya
    Karena kalah saing design ama teknologinya lebih baik pake mesin luar mungkin sudah pake turbo + cvt elektronik yang sudah kekinian

    Bau kolusi proyek gak jelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha engine tempatan mau di buat sama Pindad

      Hapus
    2. Ngomong apa sih loe, bahasa indonesianya kok blepotan kaya gitu?

      Loe bangsa beruk malon bukan?

      Hapus
    3. Hahahaha ,,, Ini project tipu-tipu Indon untuk menghabiskan budget negara saja ...padahal banyak project yang lebih pentin g untok Indon seperti Rhan etc ..

      Tetapi biarlah itu menjadi urusan Indon ...selama ada duit .. mentality rasuah tetap kekal badai ...

      Hapus
    4. Putrajaya@ jgn berlakon sok pintar lon,project rasuah gempita ko costnya setaraf MBT Abram cem mana pula 🀣🀣...project rasuah MD530 cem mana pula 🀣🀣

      Hapus
  61. Kalau tak bisa jawab memang kamu BODOH DAN TAK PUNYA MALU, MEMANG MALON DAH BOLEH BINA MACAM INI?

    PELURU PISTOL SAJA TAK BECUS DAH NAK CAKAP BESAR, HANCUSS SANA.

    BalasHapus
  62. KL mana punyak hummer cem tentara kita punyak gaesz haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    https://jakartagreater.com/229672/kunjungan-pangkostrad-ke-yonif-para-raider-433-kostrad/

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada kan yg brani liat, apalagi jawab...kerna apa??? gak PUNYAK BAJET SHOPPING SOPING haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

      Hapus
  63. tengok dibelakang pun ruang untuk bawa barang sangat terhad... ini kamu kata sesuai untuk militer...??? come on bro...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karean dengki tak mampu buat ketololan beruk malon itu tiada batas 😁

      Malon mampu buat tak?

      Wakikikik

      Hapus
    2. ADNAN VERSI MORTAR OPEN TOP NAK CERITA APA PULAK?? MAU DIPUKUL ORANGUTAN DARI ATAS KE??

      CAKAP GUNA OTAK SIKIT LAH.

      Hapus
    3. Lha Malon bisa buat ngak 🀣🀣

      Hapus
  64. Min,angkat artikelnya engine maung akan gunakan engine tempatan buatan PINDAD 🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. AKAN..... wkwkwkwkwkwkwkw

      Hapus
    2. Lagi R&D lon bkn AKAN lg 🀣🀣

      Hapus
  65. yang aneh tuch cem gk-m1,
    punya negeri thailen, tp gak dipake disono haha!πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

    uda gt kena temfel stiker gaesz ama KL haha!πŸ€₯πŸ€₯πŸ€₯

    http://weststar.com.my/main/wp-content/gallery/gk-m1-weapon-platform/366.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaa maklum mobil sipil kena wajib militer malah di negeri temfel stiker cem KL haha!🀣🀣🀣

      Hapus
  66. Sekali2 kudu masuk malay defense dan ngetrol di sana rame2 asik kyk nyaπŸ˜’πŸ˜’πŸ˜’

    BalasHapus
  67. perlindungan terhad, ruang belakang terhad bawa barang... ini semua sesuai untuk awam..masa dikata untuk militer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasian malon tak mampu buat jadi iri dengki samakan MRAP dangan spek mbt 😁

      Wakikikik

      Hapus
    2. Ada perlindungan dari plate thn peluru dan kaca anti peluru,apa hal lon 🀣🀣

      Hapus
    3. Mau buat awam mau buat militer terserah kami dan gak ada untung nya buat kamu toh kmu siapa nasehatin negara orang lain kalo kamu pintar pasti nya kmu jadi menham di negara mu

      Hapus
  68. 5 tahun belakangan ini ada penampakan trend negara2 Asean mengeluarkan aset militer buatan lokal hasil reserve engineering.

    Hanya melaku kimak malingsialan yg mundur ke belakang.

    Semenjak UMNGOK BONGOK runtuh company2 rasuah beruk melayu macam Deftech sudah tak dapat uang2 korup & rasuah.

    Zaman UMNGOK Deftech berjaya tipu beruk2 melayu buat aset militer. Barang negara lain di klaim hasil tempatan.

    Sekarang melayu kimak dah miskin, Deftech bongok tak boleh tipu2 lagi 🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deftech jgn ditanya lg,deftech kan rajanya stampal stiker 🀣🀣

      Hapus
  69. Kalo kau brani kau hantar link malay defense sini pur biar kami main2 tempat mu

    BalasHapus
  70. YA MAUNG KALAU KENA RPG-7 YA JELAS RUSAK LAH GOBLOK!!!!

    EMANG GEMPITA JUGA BISA TAHAN RPG? LEVEL PROTEKSI SAJA MASIH SETARA STANAG 4, NON UPGRADEABLE PULA

    STANAG 4 BILA JUMPA RPG PON HANCUSS BERKECAI LAH, KO KIRA MALON PALING JAGUH MENDONIA??

    DASAR OTAK DUNGU.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah kenapa di sebut para beruk malon itu low IQ

      Karena ketololannya tiada batas 😁


      Wakikikik

      Hapus
  71. Pur.. kalau tolol tak usah berputar belit kendaraan ringan MRAP ko mau samakan dengan spek MBT 😁

    Saya ketawa pur lagi lagi para beruk malon menunjukan ketololannya 😁

    Wakikikikik

    BalasHapus
  72. kena RPG kalau senipis ini dan ringan bukan lagi rosak bro HAMCUR lebur...serius kata... kerana itu saya tanya ini perlindungan sangat terhad masa dikata untuk militer.. ini sesuai untuk awam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempita kau yg IFV pun hancur kena RPG7 jangan kau samakan MRAP ringan dengan MBT.. beruk malon tolol 😁

      Wakikkkikik

      Hapus
  73. makanan empuk bro.... wkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruk malon low IQ itu makanan empuk china 😁

      Hapus
    2. Irilah tuh 🀣🀣

      Hapus
  74. SUDAH TAU KALAU MAUNG AKAN HANCUR BILA KENA RPG-7 NGOK!!!

    HUMVEE AMERIKA PON BILA KENA RPG-7 BERKECAI PULA

    RENAULT SHERPA PON KENA RPG-7 BERKECAI PULA

    APALAGI GEMPITA, STANAG 4 TAK DAPAT DIUPGRADE, TERKECAI COOK OFF LAH TU

    BalasHapus
  75. itu cermin biasakan bukan kalis peluru...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sok tahu ko lon,memangnya ko engineer Pindad 🀣🀣

      Hapus
    2. Pasti tahan.., malon low IQ mampu buat tak? 😁

      Hapus
  76. ADNAN VERSI MORTAR OPEN TOP NAK CERITA APA PULAK?? MAU DIPUKUL ORANGUTAN DARI ATAS KE??

    CAKAP GUNA OTAK SIKIT LAH.

    BalasHapus
  77. rantis gk-mk1 temfel stiker KL, kalo dari depan perhatikan dech..

    letak lampunya kok berdekatan, cem mata JERENX gaesz haha!😳😳😳


    http://weststar.com.my/main/wp-content/gallery/gk-m1-weapon-platform/457.jpg

    BalasHapus