26 April 2021

KAI to Develop Smart Manufacturing System for KF-21 Boramae Production

26 April 2021

Korea Aerospace Industries’ A350 smart factory in Sacheon, South Gyeongsang Province (photo : KAI)

Korea Aerospace Industries said Thursday it will invest 98.5 billion won ($88.3 million) to develop a customized smart manufacturing system and apply it first to the production of KF-21 Boramae fighters.

According to the nation’s sole aircraft manufacturer, it will develop the smart manufacturing system by 2023 and apply the system to all of its business sites. The system will be modeled after KAI’s most advanced A350 smart factory located at its headquarters in Sacheon, South Gyeongsang Province.

“The goal is to establish a standardized smart manufacturing process for Korea’s aerospace industry and pass it down to our suppliers,” a KAI official said.

KAI’s A350 smart factory manufactures wing parts called ribs for Airbus A350 passenger aircrafts. After adopting artificial intelligence, the factory, which produces 660 ribs a month, reduced the production time by 66 percent. Also, raw materials are shipped in and out of the facility in just one week, a striking improvement from four weeks. Also, the factory now only requires just 24 staff, down from 60.

44 komentar:

  1. Balasan
    1. di amankan dari beruk KL dan duli duli yg maharogol

      Hapus
    2. Strike V, loe ๐Ÿ• Peking yg senengnya bikin kacau dan adu domba. Loe Kalo bukan ๐Ÿ• Peking pasti ๐Ÿท Aseng

      Hapus
  2. Motto TENTARA NASIONAL INDONESIA (TNI) adlh

    " SUKSES MENJALANKAN TUGAS ATAU PULANG TINGGAL NAMA"

    selamat jalan pahlawan, semoga diterima disisinya (ALLAH)

    BalasHapus
  3. Terimakasih kepada genk malay gempur, dkk atas belasungkawa dan bantuan rescue team nya.
    " TLDM, Siap sedia sebilang masa"




    Apakah sudah bisa berbalas troll? ๐Ÿค”

    BalasHapus
  4. Ni pesawat jadi lanjut beli atau gak sih ? Berita nya simpng siur

    BalasHapus
  5. AWAS ADA BERUK๐Ÿ’๐Ÿฆง๐Ÿฆง TOLOL SEMBANG NUNGAK

    BalasHapus
  6. "Orang cerdas dan kompeten gini disingkirkan demi kepentingan siapa.......๐Ÿค”"

    https://m.kumparan.com/kumparanbisnis/kuntjoro-pinardi-anak-didik-habibie-yang-resign-dari-pt-pal-karena-dituding-hti-1vcwZwiqndB/full

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lulusan delf/belanda yg merupakan mitra kerja Damen

      Dan juga lulusan Chalmer university yg mitra kerja Kockums dan SPSA yg membuat desain dan simulasi kapal selam

      Hapus
    2. Ya Alloh, orang orang di PAL yang rata rata pendidikannya tinggi kok tidak bisa berfikir jernih, bukan dari sisi manusiawinya tetapi apa artinya tuduhan tanpa bukti di sematkan pada orang yang berbeda dalam ideologi ? Itupun kalau benar, ..ada something wrong di PT PAL yang di tutup tutupi, semoga Pak Erick tohir tohir bisa menuntaskan permasalahan kelembagaan di BUMN Strategis ... ๐Ÿ˜Ž

      Hapus
    3. Yang melempar tuduhan itu ferdinan hutahean.....orang demokrat yg dulu dijuluki "sempak merah"

      Hapus
    4. Dia nulis surat terbuka ke mentri BUMN dan bikin ribut via sosmed yg langsung tersebar ke media

      Hapus
    5. Mungkin "sempak merah" ini mengganjal orang-orang yg lurus dan profesional.....entah untuk kepentingan siapa

      Hapus
    6. Masuk akal kalau ada dugaan dia punya agenda dengan blow up di media, macam kasus enzo zens ellie yang di bilang jejak digitalnya terkait HTI tapi panglima ABRI dan jendral andika perkasa mengkonfirmasi masalah nasionalisme Enzo, dan sampai sekarang dia masih di akademi militer ..

      Hapus
    7. Masalahnya lagi.....pak kuncoro ini orang profesional yg independen, gak suka dengan kasak-kusuk.

      Daripada kerja di PAL tapi diributkan sama orang lain, mending diluar saja

      Hapus
    8. Banyak Pak contoh macam ini, kawan saya cukup jadi guru freelance bahasa jepang meski dia lulusan waseda , supaya hidupnya lurus malah lari ke bisnis berdua dengan istrinya, birokrasi negara kita memang jempol, butuh satu generasi lagi buat bersih bersih ....

      Hapus
    9. Sedih kalau baca berita seperti itu. Sifat yg merusak kemajuan dan inovasi ternyata masih belum hilang.

      Hapus
    10. Itulah bedanya Birokrat dan Teknokrat , kalau birokrat pola berfikirnya base on asumption sedang teknokrat base on evidence, rujukannya thesis, hypotesa hypo mengerucut pada kebenaran riset dan pertanggung jawaban secara Ilmiah ... Bahasa santunnya NATO No Action Talked Only jadi wajar jargon Executhief , Legislathief, Yudikathief sering di alamatkan pada mereka ..

      Hapus
    11. Ni masalah kyk gini juga byk eksis di asean..

      Hapus
  7. Turut berbela sungkawa atas gugur nya anak anak terbaik bangsa #On Eternal Patrol#KRI NANGGALA 402#

    ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

    BalasHapus
  8. INDON bertangguh selama bertahun-tahun untuk projek KFX kerana tidak ada wang wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum minum obat ya ruw, koplak wae

      Hapus
    2. Resmi! Singapura-Malaysia Setop Proyek Kereta Cepat Rp 352 T
      Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
      NEWS 01 January 2021 20:30


      Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Malaysia dan Singapura sepakat menghentikan proyek kereta cepat bernilai US$ 25 miliar (Rp 352,89 triliun) yang diteken pada 2016. Kesepakatan itu dicapai setelah perundingan yang berlarut-larut gagal memecahkan kebuntuan atas tuntutan Malaysia yang ingin ada perubahan blue print proyek tersebut.

      Sebagaimana dilaporkan SCMP, Jumat (1/1/2021), akibat pembatalan itu, Pemerintah Malaysia harus membayar denda lebih dari 100 juta dolar Singapura (Rp 1,06 triliun) kepada Pemerintah Singapura. Dalam pernyataan bersama antara PM Malaysia Muhyiddin Yasin dan PM Singapura Lee Hsien Loong, Singapura mengonfirmasi tidak dapat menyetujui perubahan yang diusulkan Malaysia hingga deadline 31 Desember 2020.

      "Kedua negara akan mematuhi kewajiban masing-masing dan sekarang akan melanjutkan dengan tindakan yang diperlukan sebagai hasil dari penghentian proyek tersebut," demikian isi pernyataan bersama kedua negara.

      "(Kedua negara) berkomitmen untuk menjaga hubungan bilateral yang baik dan bekerja sama secara erat di berbagai bidang, termasuk memperkuat konektivitas kedua negara."
      Sebagai gambaran, perjanjian bilateral proyek ambisius senilai US$ 25 miliar (Rp 352,89 triliun) itu diteken pada 2016. Saat itu, posisi PM Malaysia masih dijabat Najib Razak.

      Namun, situasi berubah lantaran Najib tersangkut kasus korupsi 1MDB. Hal itu diikuti gejolak politik di Malaysia di mana terjadi dua kali pergantian pemerintahan.

      Aliansi Pakatan Harapan yang di luar dugaan memenangi pemilu 2018 meminta agar proyek ini dinegosiasikan ulang. Mereka mempertanyakan biaya dan manfaat proyek tersebut. Alasan lain adalah kekhawatiran menumpuknya utang yang harus ditanggung Malaysia.


      Baca:Gratis! Hari Ini, Singapura Mulai Vaksinasi Corona


      Pemerintahan Pakatan Harapan lantas digulingkan pada Maret lalu. Pemerintahan baru di bawah kendali PM Muhyiddin mengupayakan beberapa perubahan pada rencana itu, termasuk penataan kembali jalur kereta cepat agar menghubungkannya ke Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA). Namun, pejabat Singapura menolak permintaan itu.

      Pandemi Covid-19 juga merupakan faktor signifikan di balik pembatalan kesepakatan ini. Sebab, ada ekspektasi volume perjalanan tahun-tahun mendatang akan terpengaruh signifikan mengingat perubahan pola perjalanan terkait pekerjaan. Belum lagi ada fenomena kian maraknya penggunakan konferensi video.

      Mulanya, proyek kereta cepat ini berkeinginan mengurangi waktu tempuh dari pusat kota Kuala Lumpur ke pusat bisnis Singapura menjadi 2,5 jam dari rata-rata lebih dari empat jam via udara.

      Waktu tempuh via jalur kereta adalah 90 menit, sama dengan durasi penerbangan jika menghitung tahapan mulai dari lepas landas, mendarat, hingga naik taksi. Penggunaan bus (moda perjalanan termurah antara Kuala Lumpur dan Singapura) memakan waktu rata-rata enam setengah jam.

      Sebelum pandemi Covid-19, sebuah studi oleh para peneliti di Jepang, memperkirakan proyek itu akan menghasilkan keuntungan ekonomi tahunan sebesar US$ 1,6 miliar untuk Malaysia dan US$ 641 juta untuk Singapura per 2030.

      MALON KEDEKUT DUIT BELAGA PENGEN BIKIN KERETA CEPAT,AKHIRNYA KENA DENDA SINGAPORE,MALON TERTUNDUK LEMAH SAMA SINGAPORE..


      WKWKKWKWWKWKWKWKKWKWWKKWKWKWKWKWWWKWKKWKWKKWKKKWKWKWKWKWKWKWKWWKKKWKWWWKWKWKWKWKWKWKKWKKWKWKWKWKWKWKWKWWKWKKWKWKWKWK

      Hapus
    3. Aliansi Pakatan Harapan yang di luar dugaan memenangi pemilu 2018 meminta agar proyek ini dinegosiasikan ulang. Mereka mempertanyakan biaya dan manfaat proyek tersebut. Alasan lain adalah kekhawatiran menumpuknya utang yang harus ditanggung Malaysia.

      Nego..nego..utang mencekik leher pengen bangun kereta cepat

      Wkwkkwkwwkwkwkkwkkwkwkwkkwkwkwwkwkwkwkwkkwkkwkwkwkkwkkwkkkwkwkkwkwkkwkwkkkkkkwk

      Hapus
  9. Saatnya Memecat Prabowo

    Setelah Menteri KKP Edy Prabowo ditangkap KPK, praktis kursi menteri dari Gerindra hanya tersisa satu, tersisa sang ketum Prabowo Subianto.

    Posisi Menteri KKP ini menarik karena penggantinya bukan dari Gerindra. Malah Wahyu Trenggono, non partai tapi selama ini dianggap punya kedekatan dengan PDIP. Lalu Gerindra bagaimana nasibnya? Ya sudah sisa satu.

    Beberapa hari jelang reshufle dalam rangka penggabungan kementerian, Gerindra pasti berharap agar mereka bisa kembali mendapat kursi. Terserah di kementerian apa pokoknya ada dua.

    Namun nampaknya usulan calon Menteri dari Gerindra itu tidak sesuai dengan kriteria Presiden. Sehingga Prabowo memilih ngotot menambah jumlah proxy di perusahaan BUMN. Dengan memaksakan orang-orangnya untuk menjadi Direksi sebanyak-banyaknya.

    Saya tahu, cerita tersebut cukup sensitif. Dan mungkin justru merugikan nama Presiden atau BUMN. Tapi tetap saya buka ke publik untuk menunjukkan betapa tidak negarawannya seorang Prabowo. Tamak dan rakus akan jabatan.

    Cerita tersebut diungkap dengan tujuan agar publik tahu kondisi di dalam. Sehingga misal besok Prabowo dipecat atau diganti, itu cukup beralasan karena terjadi ribut-ribut tidak produktif seperti ini.

    Pertanyaan selanjutnya, kalau Prabowo dipecat, apa resikonya?

    Dari sisi Presiden Jokowi, mestinya tidak ada masalah. Reshuffle itu biasa. Dan Prabowo nasibnya akan sama seperti Rizal Ramli atau menteri-menteri lainnya yang sudah dipecat. Tidak menarik lagi untuk dibahas.

    Bahwa Prabowo masih menyandang status sebagai ketua umum partai Gerindra, itu yang menjadi pembeda dari Rizal Ramli. Gerindra punya suara ril di masyarakat, dan punya anggota DPR.

    Tapi tetap saja, kalau misal Prabowo dipecat, itu tidak akan signifikan dalam mempengaruhi roda pemerintahan ke depan. Koalisi pemerintah akan tetap menjadi partai mayoritas di senayan.

    Lalu Prabowo tanpa Rizieq, Munarman, Bachtiar Nasir dan Ratna Sarumpaet saya pikir bukanlah ancaman serius. Geng tukang demonya sudah dikerangkeng. Jadi suara Prabowo tak akan terlalu nyaring di media.

    Prabowo memang nampak akan maju lagi di Pilpres 2024. Elektabilitasnya masih tinggi. Dukungan kadernya masih loyal. Selain Jokowi, rasanya berat bagi kandidat lain untuk mengalahkan Prabowo. Secara politik, jelas Prabowo lebih baik dihentikan sekarang. Dipecat. Dengan begitu, misalkan 2024 tetap maju lagi, Prabowo tak akan menuai simpati lagi. Terlebih geng radikal atau tim hore yang selama ini sangat militan padanya sudah kecewa.

    Bahwa ada ketakutan nantinya Prabowo malah tambah kuat, karena narasi dizolimi dan seterusnya. Mungkin saja. Apalagi jika melihat Anies Baswedan yang sukses menang di Pilkada DKI setelah dipecat jadi Menteri.

    Tapi mungkin perlu menjadi catatan, level menteri dan gubernur itu berbeda. Dalam logika awam, dipecat dari menteri masih cocok untuk maju sebagai gubernur. Seiman pula. Tapi kalau dipecat dari menteri lalu mau maju sebagai Presiden, ini jelas tidak tahu diri. Apalagi dipecatnya gara-gara rebutan kursi direksi BUMN.

    Pemecatan Prabowo juga akan mendapat dukungan publik. Karena Prabowo selama ini sama sekali tidak terlihat kerjanya. Bahkan tidak mau merespon isu-isu terkini seperti kasus bom di Makassar dan penyerangan di Mabes Polri.

    BalasHapus
  10. Saatnya Memecat Prabowo

    Satu-satunya isu yang direspon oleh Prabowo adalah tenggelamnya kapal selam Nanggala 402. Itupun cenderung lambat. Dan itu bukan sebuah prestasi, tapi catatan negatif. Karena kini publik jadi tahu bahwa peralatan kita masih kalah dari Singapura, negara kecil yang lautnya tak seberapa. Pertanyaannya, apa yang sudah dilakukan oleh Prabowo?

    Jadi pemecatan Prabowo akan menjadi catatan buruk kedua, setelah dulu dipecat dari TNI. Dan itu akan menjadi alasan bagi banyak orang untuk tidak memilihnya di Pilpres mendatang.

    Yang tertanam di benak publik adalah Prabowo sudah diberi kesempatan untuk bekerja. Diberi kekusaan. Tapi malah sibuk menempatkan orang-orangnya di kementerian dan BUMN. Dan pemecatan adalah simbol kegagalan.

    Dari sisi koalisi, Gerindra nampak tidak menarik lagi. Atau tidak sesuai komitmen awal. Sinyal itu terlihat jelas ketika menteri dari Gerindra ditangkap KPK, penggantinya bukan kader Gerindra. Bandingkan dengan Juliari Batubara yang kemudian digantikan oleh Risma, sama-sama PDIP.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau adu domba?g musim cuk..sini mangap mulutmu,barangkali ko haus,mulutmu merepek terus aku kencingi mulutmu..


      Wkkwkwkwkwkkwkwkwkwkkkkwkwkwkwkwkwwkkkkwkwkwkwkwkkwkwkwkkkwkkwkwkwkkkwkkwkkkwkwkkwkwwkwwkwkwk

      Hapus
    2. Ini bukti .. Kalau sampah dimanapun akan tetap menjadi sampah .. dengan aroma bau busuknya menyebar ke mana ...

      Hapus
  11. bila hal KFX je teringat satu..... NUNGGAK BAYARAN....wkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa diskusi baik baik bos ? atau hanya sebatas ini kemampuan berfikirmu ? KFX lanjut boss, apapun makianmu KFX tetap lanjut, malu dengan umur boss bingkah laku macam tadika, jempol ke bawah lah ๐Ÿ‘Ž

      Hapus
  12. Setelah kantoi belanja RM600 bilion dan nak korek dana KWAN sebanyak RM16.9 bilion, Menteri Kewangan PN beri alasan kerajaan terbeban dengan hutang RM32 bilion 1MDB pulak.

    Dah mula cakap macam Guan Eng ni walaupun ini bulan Ramadan.

    Ratib hutang 1MDB tapi tak jelaskan berapa dana yang sudah dibayar balik dan aset-aset yang masih dalam 1MDB.

    Ini realitinya.

    Hutang 1MDB ditinggal BN: RM32.2 bilion
    Hutang 1MDB pada tahun 2021: RM32.3 bilion
    (satu sen prinsipal hutang pun tak pernah dibayar PH dan PN sejak PRU14)

    Dana diperolehi dan diumum kerajaan setakat ini:
    - dikembalikan oleh DOJ: RM2.7 bilion
    - penjualan kapal Equanimity: RM523 juta
    - penyelesaian Riza Aziz: RM443 juta
    - penyelesaian Goldman Sachs: RM16.1 bilion
    - penyelesian Ambank: RM2.83 bilion
    - penyelesaian Deloitte's: RM324 juta
    - penjualan 60% Bandar Malaysia tahun 2019: RM7.41b
    - penjualan tanah Pulau Indah milik 1MDB: RM416 juta
    - penjualan tanah Pulau Pinang milik 1MDB: RM2.7 bilion

    Jumlah yang telah diambil balik kerajaan setakat ini: RM33.4 bilion
    (ke mana perginya duit ini dan kenapa tak guna untuk selesaikan sepenuhnya hutang RM33.2 bilion 1MDB?)

    Dana belum diumum kerajaan:
    - penyelesaian KPMG: dlm rundingan
    - penyelesaian Wong & Partners: dlm rundingan
    - penjualan Bangunan Exchange 106: belum diumum
    - penyelesian dengan IPIC, Abu Dhabi (masa BN ianya sebanyak RM21 bilion): dlm rundingan

    Aset yang masih tinggal dlm 1MDB
    - penjimatan dari penyelesaian IPP berat sebelah ketinggalan PM4 (sebab itu, rizab tunai Petronas naik ke RM176b tapi semua telah dikikis PH dan PN melalui dividen tinggi) Sekitar RM50 bilion
    - Pembinaan dan naik taraf 8 pangkalan MINDEF termasuk Sendayan: RM2.7 bilion
    - Baki 40% kepentingan dalam Bandar Malaysia: 40% dari GDV RM140 bilion
    - 100% TRX: GDV RM40 bilion

    Aset-aset ini belum kira lagi ke?

    Hutang 1MDB membebankan tapi wang RM33.4 bilion dan baki aset 1MDB yang masih bernilai ratusan bilion Ringgit tak ringankan beban ke?

    Aset yang naik RM1.2 trilion oleh kerajaan BN masa saya PM dari RM800 bilion pada akhir 2008 ke RM2 trilion pada akhir 2017 untuk PH jarah dan PN belanja RM600 bilion termasuk tabung KWAN RM16.9 bilion itu tak ringankan beban pulak?

    Wang RM600 bilion yang PM8 kata dia belanja itu, PN dapat dari mana? PN menabung dari kecil ke?

    SOALAN TAMBAHAN bagi kerajaan dan Jkom: Najib yang jadi mastermind untuk curi RM2.6b tapi orang lain yang bayar gantirugi RM33.4 bilion ke?

    BalasHapus
  13. Dalam tempoh seminggu selepas PM8 kata kerajaan PN tak ada banyak duit lagi setelah berbelanja RM600 bilion, kerajaan telah:
    - Pinjam RM6 bilion melalui bon tempatan kerajaan
    - Pinjam US$1.3 bilion (RM5.4 bilion) dari luar negara melalui Sukuk Hijau
    - Pinjam US$3 bilion (RM12.4 bilion) dari luar negara melalui Petronas.
    - keluarkan ordinan darurat untuk tukar untuk korek RM5 bilion dari tabung KWAN bernilai RM16.9 bilion dibina dan ditinggal kerajaan BN.

    Dana tambahan sebanyak RM28.8 bilion diperolehi dalam tempoh seminggu sahaja setelah pinjam RM70 bilion sebelum ini pun masih mahu kata kerajaan tak ada banyak wang lagi ke?

    (Paling lucu ialah Menteri Kewangan kata hari ini bahawa bajet asal RM3 bilion (yang kini dinaikkan ke RM5 bilion) bagi vaksin Covid sebenarnya tidak diperuntukan dalam bajet kerajaan tahun 2021 bernilai RM310 bilion)

    https://www.freemalaysiatoday.com/category/bahasa/tempatan/2021/04/26/hanya-rm5-bilion-akan-diambil-dari-kwan-kata-tengku-zafrul/

    BalasHapus
  14. Bila ingat kereta cepat,ingat negara tetangga kesayangan yg tunggak denda ke spore..

    Wkwkwkwkwkkkkwkwkwkwkwkwwkwkwkkwkwkwkkkkwkkwwkwkkwkkwkwkwkwkwwkkwkwwkkwkwkwkkwkwkwkkkwkwkwkwkkwkwkwkwwkwkwkkwwkkwkkwk

    BalasHapus
  15. Silicon Valley di Sukabumi di masa depan harapannya bisa mendorong percepatan kemajuan produk teknologi tinggi untuk memasok kebutuhan industry hightech di indonesia. Yang terpenting bisa menjadi quantum leap bidang teknology yang di kuasai dan akan di kuasai generasi milenial Indonesia .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan tidak mungkin software dan hardware untuk pertahanan negara berasal dari sini, semoga ������

      Hapus
    2. Lu pikir Sukabumi Silicon Valley akan bisa menarik perusahaan asing investasi di situ ... daripada bangun indra macam-macam seperti menambah yang sudah ada sebelumnya (Serpong Techno Park, Batam Techo Park dan Bandung Techno Park yang sudah ada sejak lama tetapi tetap saja gagal menarik investor).. lebih baik investasi dahulu di bidang SDM-nya ...

      Faktor SDM inilah yang menjadi penyebab enngannya mereka masuk Indonesia .. beda dengan SDM yang ada di Singapore, Taiwan, China, Kora dan Jepang yang betul-betul lebih mumpuni menopang industri berteknologi maju seperti semikonduktor, elektronika, bio echnology, aerospace, nuclear dan lain-lainnya ..

      Hapus
    3. Ya makanya berulang kali saya post , pendidikan rakyat harga mati bukan cuma NKRI.

      Hapus
    4. Roadmap pendidikannya tanya Nadiem yg lebih expert .

      Hapus
  16. https://weaponstechnology.blogspot.com/2011/07/kisah-kisah-kapal-selam-tni-al-50-tahun.html?m=1

    BalasHapus
  17. Hahahaha ,, Lagi gak ada kerjaan bro ... kalau mau jadi pakar tentang Malaysia .. lebih baik ente main ke UI di Depok sana .. bikin paper tentang Malaysia ... kerjaan ente pasti lebih diharagain di sana daripada ngoceh-ngoceh gak jelas dan gak ada yang ngubris cuitan ente di sini ...

    BalasHapus
  18. Gue cuma ambil postingan omongan Najib Razak di FB nya. Wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  19. Disini pada mau di vaksin gak? Klo gue menyatakan msh pikir2

    BalasHapus