27 Agustus 2023

Fincantieri Targetkan Indonesia Memesan Kapal Selam Type 212NFS

27 Agustus 2023

Nevio Parodi memberikan comment dalam unggahan Fincantieri (image : linked in)

Comment Nevio Parodi atas unggahan Fincantieri di media-sosial linked in akhir Juli lalu menyentak defence netizen Indonesia, betapa tidak, Regional Sales Director Fincantieri untuk kawasan  Asia Pacific ini menargetkan Indonesia sebagai pasar kapal selam Type 212NFS (U212NFS) berikutnya setelah Italia memutuskan untuk meneruskan batch kedua kapal selam yang juga dikenal sebagai Todaro class ini.

Kita lihat bagaimana exposure kapal selam yang saat ini seharga 500 juta euro (540 juta usd) yang telah menggunakan baterai lithium ion sebagai propulsinya ini.

Type 212, Kapal Selam Mungil Paling Tenang di Dunia

Generasi kapal selam Bundesmarine Jerman saat ini adalah Tipe 212A (alias U-212A), kapal selam yang mendapatkan reputasi sebagai kapal selam yang andal dan canggih. Meski kapal selam Jerman tertinggal di belakang negara lain setelah Perang Dunia II tetapi Tipe 212A adalah desain yang mumpuni dengan reputasi yang kuat.

Kapal selam Type 212A (alias U-212A) yang mendapatkan reputasi sebagai kapal selam yang andal dan canggih dikembangkan oleh Howaldtswerke-Deutsche Werft AG (HDW) untuk Angkatan Laut Jerman dan Italia. Kapal selam Type 212A adalah yang pertama menggunakan Fuel Cell AIP (Air Independent Power).


Kapal selam Type 212A dapat beroperasi pada kecepatan tinggi dengan tenaga diesel namun beralih ke sistem AIP untuk jelajah senyap pada kecepatan lambat. Kapal selam ini dapat juga tetap terendam hingga tiga minggu dengan sedikit panas knalpot yang membuatnya hampir tidak terdetekasi.

Kapal selam Type 212A memungkinkan Jerman untuk beroperasi di daerah pesisir serta laut terbuka. Kapal selam juga dilengkapi dengan sistem komando dan kontrol yang sangat terintegrasi yang berinteraksi dengan sensor, senjata, dan sistem navigasi. Kapal selam ini menawarkan jangkauan yang lebih besar, kedalaman menyelam dan perpindahan dari kapal selam pendahulunya yang dilengkapi dengan sistem komunikasi yang lebih baik dan kemampuan pengintaian.

Kapal selam Type 212A hanya diawaki oleh lima perwira dan dua puluh dua pelaut, dan kapal selam ini memiliki dua dek. Kapal selam ini mmiliki enam tabung torpedo 533 milimeter, dimana tabung diposisikan dalam dua baris, empat sedikit mengarah ke kiri dan dua tabung ke kanan. (Tempo)


U212 NFS
Program U212 NFS (Near Future Submarine) adalah proyek Kapal Selam paling ambisius dan inovatif yang dilakukan oleh Italia.

Italia sangat ingin agar OCCAR mengelola Program ini atas nama Italia. OCCAR (dengan pengalaman 20 tahun dalam pengelolaan program sejak didirikan) memiliki rekam jejak yang terbukti dalam memenuhi dan melampaui tuntutan Negara-negara Peserta dalam membentuk Program baru dan memberikan kemampuan pertahanan baru.

OCCAR akan memastikan bahwa pengembangan Program ini sejalan dengan kriteria paling maju dari Rekayasa Sistem, Manajemen Kehidupan, Manajemen Risiko, dan Kualitas. Hal ini akan membantu membawa Program ini ke garis depan perhatian internasional, meningkatkan potensi kerjasama di masa depan dan meningkatkan visibilitas peserta industri.

Program ini berasal dari kebutuhan untuk mengamankan kapasitas pengawasan dan pengendalian spasial bawah air yang memadai dan mempertimbangkan skenario operasi bawah air yang kompleks di masa depan. Program U212 NFS akan melaksanakan banyak tugas berbeda untuk kepentingan Italia setiap hari, menanggapi permintaan dari Pemerintah Italia atau mitra Aliansi kami, yaitu NATO dan UE. Tugasnya berkisar dari misi militer murni hingga operasi yang berkaitan dengan kebebasan navigasi, anti-pembajakan, memastikan bahwa rute pasokan energi tetap aman (karena keberadaan sumber daya dasar laut atau infrastruktur bawah air), kepatuhan terhadap hukum internasional, memerangi terorisme, mempertahankan perbatasan luar negeri, dan menjaga infrastruktur maritim, termasuk infrastruktur penting di lepas pantai dan bawah air.


Program ini merupakan hasil kerja industri, universitas, dan penelitian dan pengembangan serta dapat dianggap sebagai terobosan baru di sektor UW. Perusahaan ini memanfaatkan pengalaman U212A saat ini dan memanfaatkan teknologi mutakhir di sektor mekanik, energi dan sensor, struktur, dan proyek. U212 NFS juga akan mencakup sistem tempur generasi baru dengan sistem manajemen komando dan kontrol senjata yang dikembangkan Leonardo, keduanya mencakup konten industri dan teknologi signifikan yang disediakan oleh industri, penelitian dan pengembangan Italia, serta akademisi. Platform baru ini akan memiliki lambung bertekanan yang diperluas, CIC yang dirancang ulang untuk konsol tambahan, tropisisasi (pengoperasian di air laut dengan suhu tropis), tiang yang dapat diangkat dengan listrik, bukan tiang hidrolik, sistem pemantauan kontrol teknik baru, dan BATERAI LITHIUM ION untuk sistem propulsi. Selain itu, U212 NFS akan dilengkapi untuk penyebaran rudal jelajah jarak jauh dan torpedo kelas berat nasional Leonardo Black Shark Advanced. Sistem inovatif ini juga akan disesuaikan dengan tujuan untuk memperbaiki unit sebelumnya.

Program ini juga bertujuan untuk menjunjung tinggi dan mengembangkan lebih lanjut pengetahuan industri yang strategis dan inovatif, serta mengkonsolidasikan teknologi dan meningkatkan kehadiran komponen-komponen yang berteknologi maju.

Tahap pertama dari program U212 NFS mencakup dua kapal, pengembangan teknologi baru, dukungan dalam layanan selama 10 tahun, dan perangkat pelatihan baru. Kontrak tersebut juga akan mencakup opsi untuk dua pasang kapal lagi dan dukungan layanan jangka panjang serta teknologi masa depan yang mungkin termasuk sistem Sel Bahan Bakar baru. (OCCAR)

76 komentar:

  1. nyeeeeeeettttt 🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  2. malon monyeeeeettt....pisang ni nyeeeeetttt....ayo dong ...... lompat2 lg nyeeet 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  3. HAHAHAHHA... Percaya dengan PRANK negara MISKIN....?

    Mana mampu dibeli tu Selain NGUTANG.... HAHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. MOF = Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu ....
      PMX = Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi....
      🤣NO SHOPPING SEBELUM 2053🤣

      Hapus
    2. Seorang Idiot Melon Munafik lagi Maling Teriak Maling Padahal lu punya negara miskin sangat .. tukang ngibul alias Jago ngePRANK .. Dan sebagai Negara King of Claim sejagat🏳️‍🌈🇲🇾🐒🥜🐷

      Hapus
    3. Negara kaya kq beli ny FA/50 🤣🤣🤣

      Hapus
    4. Sementara itu....sebuah negara berisi kaum buangan berbentuk semenanjung bernama malaysia bahkan untuk berhutangpun sudah tak mampu dan tak ada negara lain yang percaya.

      Hapus
  4. Malah HUTANG alutsista yang baru tu rakyat terpaksa tanggung hingga 2044....sudah la rakyat hidup susah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau sejahtera rakyat harus aman dan nyaman pur.. lu ga ada utang tapi di bawah ancaman dan intimidasi negara asing.. malah sengsara hidup lu

      Hapus
    2. Saya percaya hutang malon segede gaban...saya percaya hutang malon 82% malon tak mampu bayar

      Hapus
    3. Negara Gempur itu negara korupt. Saking korupt nya sdh diambang bankrupt.
      US, China, Japan bahkan Singapura itu punya hutang lebih dari 100% dari PDB. Enjoy-enjoy aja. Bahkan Militernya GAHAR SANGAT.
      Lah Malon baru juga 60%-80% hutang dari PDB, militernya sudah mati segan hidup tak mahu. Nafas kek ikan mas koki, megap megap megap...
      Kl bukan akibat korupt tingkat DEWA apalagi coba......

      Hapus
    4. Semoga 5 negara bagian segera pisah dri kaum beruk idiot

      Hapus
  5. Negara kaya selalu aja ada yg nawari. Beda dg KERAjaan beruk yg miskin. Tak ada satupun negara yg nawari. Karena tau pasti tdk akan mampu bayar. Hanya mampu bayar dg sawit busuk

    BalasHapus
  6. MOF = Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu ....
    PMX = Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi....
    🤣NO SHOPPING SEBELUM 2053🤣

    BalasHapus
  7. Malon sudah terhubung Kuwait konon 😁😁😁😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. 🤣🤣🤣🤣 ha masih terhubung konon dgn kuwait ?! Kalau yg terhubung nyata2 jelas dgn boeing Negara Kuat mana tuh ?!

      Hapus
  8. Negara MISKIN macam MALON tentu sepi penawaran, itu memang teori dasar strategi pemasaran, kalau SALES akan mendatangi konsumen yang punya prospek, beda dengan negara Miskin yang kalapun mereka berminat sang Sales akan memandang sebelah mata, bahkan tidak diperdulikan 🙂🙂

    BalasHapus
  9. https://www.zonajakarta.com/nasional/6739933622/australia-mengeluh-alutsista-malaysia-usang-malah-jadi-beban-fpda-untuk-menghadapi-indonesia?page=3

    Betul...betul...betul ☝️☝️☝️😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasihan....malang betul nasib malon dihina majikannya mat puteh....

      Hapus
  10. Aseek negara kaya pasti ditawarin aset baharu, tak seperti Malon sudah miskiiin hutang menggunung bahkan penjajah britishpun tak mau tawarin Malon wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  11. Malon sudah tak dianggap semua aset usaaang, banyak hutang , nak beli herkypun tunggu tarikh 2050 wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  12. Kapal selam ini cocok untuk kondisi geografis laut NKRI 🇲🇨 yang terdiri dari kepulauan rapat, selain kapal selam yang medium ( 1500 - 2000 ) mesti punya yang kelas ringan 🙂

    BalasHapus
  13. Coba pork kasih saya link yg benar kalau KERAjaan Malon ditawari aset yg mahal. Ha ha ha ha

    BalasHapus
  14. Manakala scorpane Malon , satu satunya di dunia kapal selam tak boleh selam , lemaaah

    BalasHapus
  15. KAPAL Tempur Persisir (LCS) tercanggih pertama milik Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) yang dinamakan Kapal Diraja (KD) Maharaja Lela dilancarkan hari ini di dermaga Boustead Naval (BN) Shipyard di Pangkalan TLDM Lumut.

    Kapal pertama daripada enam LCS bernilai RM9 bilion yang dibina BN Shipyard itu akan dilepaskan buat pertama kali ke perairan hari ini.

    Majlis penamaan dan pelancaran kapal bernilai RM1.5 bilion itu disempurnakan oleh Raja Permaisuri Perak, Tuanku Zara Salim sambil disaksikan oleh Sultan Perak, Sultan Nazrin Muizzuddin Shah.

    https://www.google.com/amp/s/www.hmetro.com.my/amp/mutakhir/2017/08/257141/kd-maharaja-lela-dilancarkan


    Raja dan Ratu beruk kena PRANK. 🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. DI FORUM SEBELAH ADA WARGA MALON YG INGIN MEMBAKAR BOUSTED JIKA FREGAT MERAH PUTIH LEBIH DULU MELAUT KATANYA 🤣🤣🤣

      Hapus
    2. HAHAHAHAHA.....sebegitunya ya warga MALON, hanya Buzzer Malon yang merasa paling hebat dan unggul 😁😁😄😆

      Hapus
    3. Betul2 gak nyadar kebanyakan orang malon emang kualitas bastard tau bostead itu sm dgn Pt Pal yg sudah mendunia..

      Hapus
  16. YAAAAA AMPUUUN......Malon telah TERHINA oleh Australia, pantas Malon tidak diajak latihan oleh FPDA, rupanya membebani mereka.....HAHAHAHAHAHA 😁😄😂😂🤣🤣😆

    BalasHapus
  17. Malon tak di sebut ke?? ops....LMS2 pun halu cuma PRANK. 🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  18. Aset terbaru Malon hanya kapal LMS wuhaan ompong ,versi hutang guys , wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  19. Malon tak ditawari kerana Fincantieri tak mau di prank Malon , wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  20. Pembelian 12 kapal selam kelas Whiskey (W) dari Uni Soviet pada periode 1959 hingga 1960-an menjadi titik awal pembangunan Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) atau kini yang bernama TNI Angkatan Laut.
    Pembelian kapal selam ini mempunyai tujuan strategis, salah satunya untuk mendukung operasi pembebasan Irian Barat yang kala itu masih dalam kekuasaan Belanda.
    🤣 SEMASA BERUK JADI BABU UK = SEKARANG JADI JONGOS UK🤣

    BalasHapus
  21. NFS ini bisa luncurkan misil IDAs kan,kalo gitu ambil 22nya Ficantieri iyes krn bisa beroperasi di wilayah pesisir
    Scorpene iyes nah loh hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya setuju.....bagus tuh bisa bawa rudal IDAS yang multi misi 🙂

      Hapus
    2. Gak kuat PT PAL kalo disuruh buat dua jenis kasel berbeda asal muasal. Cuma bakal satu yang menang kontrak dan itu tergantung penawaran mereka.

      Hapus
    3. Kalau gak salah italia mo kerja sama dgn pt palindo marine dlm pembuatan kasel trsbt

      Hapus
  22. Indonesia kata ny negara miskin, tp vendor pertahanan pd nawarin kesini semua

    Malaysia kata ny negara kaya, tp gk ada satupun vendor yg nawarin senjata ke mereka. Bahkan dassault pun kapok kesana

    🤣🤣🤣

    BalasHapus
  23. Berati tawaran dri ficantieri pengadaan lain ya
    ======
    "..Sebelumnya, Naval Group dan PT Pal menandatangani kerja sama strategis dalam bidang riset dan pengembangan teknologi untuk kapal selam dalam Indo Defence 2022, pada Rabu (2/11) lalu. 

    https://indonesiadefense.com/pertama-di-asean-indonesia-bakal-mampu-produksi-kapal-selam-sendiri/

    BalasHapus
  24. nyeeettt...malon monyeeeettt....ayo doong komen goblok lagi nyeet 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  25. Kenapa Thyssen Krupp jerman tidak menawari Indonesia untuk membeli type 218 juga???hiu kencana sudah familier dengan produk jerman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru u-212 lebih baik dibanding u-218.....u-212 all series sudah pakai material hull amagnetik steel (serupa yg dipakai di kapal penyapu ranjau terbaru AL). Sementara U-218 masih pake baja HY biasa

      Hapus
    2. Dan baik U-212 yg diproduksi tkms atau fincantierri berasal dari desain yg sama......juga tingkat keselamatan dalam pengoperasian kasel di Itali sangat bagus, malah u-212 jerman pernah "mangkrak" akibat pemotongan anggaran militer

      Hapus
    3. Terima kasih pak kyai biat infonya

      Hapus
  26. Kabar baik bagi AL dg munculnya kompetitor berat Scorpene ☝️

    Ndak ada salahnya kalo kita spill kelebihan dan kekurangan antara U-212 NFS vs Scorpenceng (entah versi apa):

    1. Baik U-212 dan Scorpenceng menganut aliran "sirip horizontal" yg melekat di "sailnya", tidak spt U-214 dan U-209 series (include CBG)...sirip horizontal yg tidak melekat pada hull, memberikan tingkat kebisingan hidrodinamis yg lebih rendah dibanding sirip yg melekat pada hull.

    2. Keduanya mengadopsi batre li-ion dan aip (opsional pada scorpenceng)

    Bedanya (jika scorpenceng) yg dibeli, sistem AIP nya kalah "mature" dibanding sistim fuel Cell pada U-212 dkk.... sementara fuel Cell milik Naval grup belum pernah diadopsi pada kapal selam manapun ☝️

    Disamping itu mengenai keamanan penyimpanan hidrogen cair dan nitrogen-oxide didalam badan kapal selam pada U-212 dan U-214 jauh lebih aman dibanding pada scorpenceng.

    Hidrogen cair dan nitrogen-oxide pada U series disimpan diluar pressure hull, sementara pada scorpenceng justru disimpan didalam pressure hull yg meningkatkan resiko bagi awaknya jika terjadi kebocoran tabung....karena didalam pressure hull, sistim tata udaranya tertutup shg kebocoran apapun akan tersirkulasi didalam pressure hull walopun ada sistem filtrasi ya (seberapa kuat poputannya dibanding kemampuan sistim filtras) ☝️.

    3. Default dg rudal anti kapal.

    Scorpenceng di CMS nya sudah kompatibel dg rudal Exocet.

    Sementara U-212 NFS telah menetapkan kemampuan utk meluncurkan rudal anti kapal juga, walopun belum diputuskan rudal apa yg akan dijadikan sistim default nya....baik rudal otomat dan NSM punya potensi dg kemungkinan yg lebih besar PD rudal sub-NSM.

    U-212 juga sejak awal dirancang dilengkapi dg rudal anti sasaran udara IDAS yg bisa diluncurkan dari tabung torpedonya.

    4. U-212 series menggunakan hull dari bahan amagnetik (setara dg bahan hull pada kapal penyapu ranjau terbaru AL) yg memberikan sifat "siluman" pada kasel ini. Dan masih ditambah lagi dg selubung penyerap radar dan sonar pada bagian sisi atas hullnya (punggung dan sail) dengan bahan FIBERSIM. Satu lagi keunggulan bahan FIBERSIM adalah memiliki pilihan warna selain hitam 👉 u-212 Jerman cenderung kecoklatan dan u-212 Itali kehijauan.

    Sementara hull scorpenceng menggunakan bahan baja HY konvensional dan tambahan lapisan anechoic tipe (hanya bisa warna hitam).

    5. Endurance.....dg bobot yg lebih ringan, U-212 dan U-214 menawarkan endurance yg lebih tinggi dibanding scorpenceng.....disini scorpenceng kalah telak 👎👎👎

    6. CMS nya....yg unik u-212 A aka kelas todaro pake CMS Kongsberg MSI-90 MK 2 seperti yg dipakai di kasel U-209 Nanggala dan Nagapasa class.

    Sementara utk U-212 NFS itali mulai menggunakan CMS rancangan Leonardo dg pasangan sonar suites buatan ELAC.....tipe sonar suites serupa yg dipakai di Nagapasa class

    Disini kita bisa melihat kesinambungan dg CMS dan sonar suites yg sudah dipakai oleh AL 👌

    7. Tawaran mjd bagian dr global supaya chain......baik Naval grup dan fincantierri memiliki pangsa pasar yg yg setara dan portofolio produk yg lengkap

    8. Desain sirip ekor U-212 series mengadopsi model X yg sangat memudahkan pengendalian diperairan sangat dangkal.... sementara model sirip ekor Scorpenceng (+), serupa dg tipe ekor Nagapasa class


    15. Iki sikik....link menyusul 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih tertarik sama torpedonya sih, kan bisa SeaHake atau Blackshark. Kebetulan SeaHake itu turunanya Torpedo SUT(yang pernah dilisensi bahkan diekspor ke Taiwan sama PT DI) dan Blackshark juga udah dipakai di Cakra/Nagapasa.

      Hapus
    2. Boleh tahu maksud bobot apa? Berat jenis atau water displacement?

      Biasanya bobot kapal selam berbanding lurus dengan endurance. Hal ini karena bisa muat lebih banyak bahan bakar, makanan dan air bersih.

      Hapus
    3. Kapal selam saat berlayar didalam air, dia melayang disana jadi yg berkonstribusi thd panjangnya enduran adalah : "hotel load", desain hidrodinamikanya (desain albacore yg paling optimal) dan efisiensi propulsi elektrik nya.

      Dari google kita bisa bandingkan enduran antara : U series vs Sxropenceng.... dari sini keliatan gmn kombinasi ketiga faktor diatas bekerja

      Hapus
    4. U-212 gak iso ngerudal.....tapi CMS se sing kerjo 🤣🤣🤣

      Hapus
    5. nach ntuw die, mnurut pemahaman guwe gak ada yg salah ama cbg,
      problemnya..awak muda maunya rudal 🚀 on board kasel
      jawaban plng logis yaa hrsnya klo gak skorpeng, si kilo setronk haha!💪💪💪

      Hapus
    6. eiittt lupa klo kasel koryo yg VLS siap eksport...prediksi guwe yurop bakal tumbang haha!😉😉😉

      Hapus
    7. Lho kok malah scorpenceng.....tuh si Drakor (di artikel sebelah yg varian U-209) bisa maen rudal, apalagi varian U-212 pasti gape maennya😁

      Hapus
    8. om smilikity kenapa yak type 209 kita gak dilengkapin rudal?
      padahal cbg koryo bisa
      hmmn apakah yg punya rudal ogah jual ke kita,
      ato matra laut kita uda alergi ama rudal2 amrik haha!🤭🤭🤭

      Hapus
    9. Dari Nanggala aja CMS nya udah bisa nembakin rudal kok, tapi entah alasannya belum dilengkapi rudal 🤔

      Hapus
    10. sesama pemilik type 209 mesir, turkiyem, yunani, indihe sampe argentina spertinya blom perna nyoba rudal yak, masa cmn koryo yak aneh haha!😋😋😋

      Hapus
    11. Memang ga wajib toh punya ashm yg bisa diluncurkan dari kasel

      Hapus
    12. kawasan uda pada pake rudal om smilikity, ada operator kapal konon pengen kasel rudal spy efek deteren naik.
      makanya bgt dpt dsme, mungkin dirasa sama aja dgn jerman pyk
      klo pinjam istilah BABEH ente klo beli aset baruw hrs naik 1 tingkat gt haha!🤭🤭🤭

      Hapus
    13. Kalo kita tengok ke belakang, user patokannya U-214 yg built in dg AIP, lengkap bersama sonar suites dan defense suites serta punya potensi utk meluncurkan rudal ashm.

      Lantas kalo dibandingkan dg Nagapasa class, hanya built-in dg AIP yg belum support pada saat itu walopun bisa dilengkapi kemudian hari saat MLU....hal lainnya kan tinggal gimana negara mau melengkapinya, termasuk rudal ahsm.

      Toh CMS kongsberg msi-90 MK 2 bisa mengkonek dg senjata yg diminta operator.....jika diminta

      Hapus
    14. nyoiihh..mungkin matra laut nunggu konek NSM haha!🚀🚀🚀

      Hapus
  27. Sepertinya si GORILLA MALAYA mau diskusi membandingkan kapal LEMES yang OMPONG buatan Wuhan yang LOW QUALITY dengan KCR buatan PT PAL bernama KRI KAPAK dan KRI PANAH 🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi bandingin yang tidak sebanding .....
      Si LEMES ya levelnya PC 60 lah ....
      Tapi ya tetap lebih unggul PC 60 ....

      HAHAJAHA

      Hapus
  28. Indonesia merupakan export customer yang pertama bagi friget AH 140, yang juga merupakan rekabentuk pilihan bagi Tentera Laut British bagi program friget Type 31 negara itu,
    Kapal friget dengan rekabentuk AH 140 ini mempunyai panjang 138.7 meter dan berat 5,700 tan serta berkemampuan membawa 160 krew maksimum tetapi boleh beroperasi dengan hanya 100 orang krew (minimum).
    Ia juga dilengkapkan dengan helikopter bersaiz sederhana.
    Dengan berat 5,700 tan, “Merah Putih” sememangnya adalah kapal friget terbesar dan paling berat di rantau Asia Tenggara.
    🤣MEDIA MENGAKUINYA🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah jadi fregat-fregat itu diberi nama apa ya?

      Hapus
  29. Kenapa gak dari dulu Italy, Naval Grup udah jor” an lobby Kemhan 🥲 ane pikir U-212 ngga dijual ke non NATO (kecuali Israel) kalo yang ditawarin U-212 ya mending ini kemana” daripada Scorpung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Israel gak pake U-212.....dolphin class adalah evolusi dari U-209 dg kustomisasi spesial dr israel

      Hapus
    2. Perkembangan KS Jerman:
      https://4.bp.blogspot.com/-UO6zAWkbHaw/U6gf83ADnWI/AAAAAAAAFF0/mlLkuROQOIg/s1600/HDW+submarine+evolution.jpg

      Hapus
    3. dr bagan ituw smua kasel moderen jerman adalah turunan type 209, kasel ekspor terlaris jerman haha!👌👌👌

      Hapus
  30. Gempur Wira KW udh cair nih duit buat jadi BuzzerRp salah satu paslon pilpres . Harusnya dia rajin nyinyirin nih wkwkwk

    BalasHapus