30 Agustus 2023

Industri Pertahanan Pada Perencanaan Strategis Pasca 2024

30 Agustus 2023

Assembling jet tempur Rafale (photo : Dassault)

Dari alokasi Pinjaman Luar Negeri (PLN) sebesar US$34,4 miliar untuk Kementerian Pertahanan, hingga paruh pertama 2023 Menteri Keuangan sudah menyetujui sekitar US$25 miliar untuk dibelanjakan dalam bentuk kontrak akuisisi. Dalam setiap kontrak pembelian sistem senjata, Indonesia mewajibkan Original Equipment Manufacturer (OEM) untuk melakukan transfer teknologi kepada firma pertahanan Indonesia.

Namun apakah suatu program transfer teknologi berhasil atau tidak baru dapat dilihat dalam beberapa tahun lagi ketika industri pertahanan Indonesia mengembangkan produk sendiri. Sorotan lain terhadap program transfer teknologi adalah tidak jelasnya data berapa banyak pasar tenaga kerja domestik yang diciptakan dari hasil belanja sistem senjata melalui skema PLN.

Belanja pertahanan yang dibiayai oleh PLN pada Minimum Essential Force (MEF) tahap ketiga memang fantastik. Selain dibelanjakan untuk membeli sistem senjata maju seperti Rafale, A400M dan radar pertahanan udara GM400 Alpha, utang luar negeri dipakai pula guna mengimpor pesawat tempur bekas Mirage 2000-5.

Pembuatan fregat FREMM (photo : Marina Militare)

Walaupun Menteri Keuangan telah menerbitkan persetujuan anggaran sekitar US$25 miliar, akan tetapi masih terdapat sejumlah kontrak yang belum ditandatangani, seperti rencana akuisisi kapal selam senilai US$2,1 miliar yang menghadapkan Naval Group versus TKMS. Begitu pula dengan rencana pengadaan pesawat Airborne Early Warning (AEW) yang bernilai US$800 juta.

Mengingat besarnya alokasi PLN yang disediakan dan juga besarnya nilai persetujuan utang yang telah disetujui oleh Menteri Keuangan, merupakan tantangan bagi Kementerian Pertahanan untuk mampu menyerap utang tersebut. Nilai penyerapan utang selalu menjadi tantangan bagi Kementerian Pertahanan, di mana utang yang telah disetujui harus mampu diwujudkan dalam bentuk kontrak pengadaan.

Selain kontrak pengadaan, Kementerian Pertahanan juga harus memastikan ketersediaan dana Rupiah Murni Pendamping dalam APBN agar kontrak dapat memasuki status efektif. Pada sisi lain, suatu kontrak dapat memasuki status efektif apabila Kementerian Keuangan dapat memastikan ketersediaan lender yang akan memberikan utang melalui penandatanganan loan agreement.

Pembuatan kapal selam Scorpene (photo : Defesa Aerea Naval)

Di samping itu, Kementerian Pertahanan juga mempunyai agenda untuk menyusun perencanaan strategis pertahanan pasca MEF, termasuk postur pertahanan. Dalam jangka pendek, pada tingkat minimal kementerian tersebut sudah harus menyusun postur pertahanan periode 2025-2029.

Menyangkut nama program pembangunan kekuatan pasca 2024 akan ditentukan oleh pemerintahan baru hasil pemilu 2024, namun setidaknya rancangan postur pertahanan yang disusun oleh Kementerian Pertahanan saat ini dapat menjadi acuan awal bagi pemerintahan baru. Pemerintahan baru bisa melakukan revisi terhadap rancangan postur yang disiapkan, sebab rencana itu harus selaras dengan kebijakan pertahanan yang dianut oleh pemerintahan baru.

Terkait dengan perencanaan strategis pertahanan pasca 2024, hendaknya terdapat change and continuity dalam aspek postur pertahanan sebab postur pertahanan pasca 2024 harus berangkat dari postur yang tersedia saat ini. Salah satu komponen postur adalah struktur kekuatan yang mengulas tentang order of battle, seperti jumlah pesawat tempur, pesawat angkut, kapal kombatan permukaan dan model dari tiap jenis sistem senjata tersebut.

Pembuatan radar GM400 (photo : Thales)

Struktur kekuatan yang dihasilkan oleh MEF perlu ditinjau ulang, seperti penggantian sistem senjata yang telah berumur, akan tetapi di sisi lain pemerintahan baru wajib mempertahankan kesiapan operasional sistem senjata yang diakuisisi di era MEF. Penting untuk dicatat selama pelaksanaan MEF di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo, secara total pemerintah mengalokasikan Pinjaman Luar Negeri (PLN) sekitar US$50 miliar untuk pengadaan beragam sistem senjata.

Guna mencapai struktur kekuatan yang akan ditetapkan oleh pemerintahan baru, kegiatan pengadaan sistem senjata adalah sebuah keniscayaan. Dapat dipastikan bahwa PLN tetap menjadi andalan utama untuk akuisisi sistem senjata yang digolongkan sebagai major weapon systems seperti kapal kombatan, pesawat tempur dan lain sebagainya.

Untuk pengadaan baru tersebut, hendaknya terdapat continuity bagi program tertentu seperti kapal kombatan permukaan. Kebijakan pemerintah saat ini yang telah dan akan membeli kapal fregat berkemampuan ocean going seperti Arrowhead 140 dan FREMM hendaknya dilanjutkan oleh pemerintahan baru agar kekuatan TNI Angkatan Laut pada dekade 2030 ke atas memiliki kemampuan proyeksi kekuatan.

Begitu pula dengan pengadaan kapal selam di masa depan di mana Indonesia tetap membutuhkan kapal selam dengan kemampuan ocean going. Rencana pembelian kapal selam dengan kemampuan ocean going saat ini di mana Naval Group dan TKMS berkompetisi perlu dilanjutkan dalam postur pertahanan ke depan.

Perkembangan teknologi kapal selam di masa depan pun perlu dipertimbangkan, seperti apakah teknologi baterai lithium-ion atau kombinasi AIP dan baterai lithium-ion yang akan menjadi acuan Indonesia. Program pengadaan kapal selam saat ini menghadapkan teknologi baterai lithium-ion yang ditawarkan oleh Naval Group versus AIP yang disodorkan oleh TKMS.

Perencanaan strategis pasca 2024 sebaiknya tidak melupakan pula peran industri pertahanan domestik. Terdapat harapan agar industri pertahanan lokal dapat berkontribusi lebih besar pasca 2024, khususnya pada pembangunan kapal kombatan permukaan dan kapal selam yang tergolong complex naval vessel berdasarkan pengalaman pada MEF tahap kedua dan ketiga.


Harapan demikian dapat terwujud apabila beberapa faktor terpenuhi oleh industri perkapalan dalam negeri, seperti memperbaiki kondisi internal mereka di bidang rekayasa, sumberdaya manusia, kapasitas produksi dan keuangan. Begitu pula tentang alih teknologi pembangunan kapal fregat dan kapal selam di dalam negeri yang dijanjikan oleh Original Equipment Manufacturer asing.

Karena karakteristik kapal perang seperti fregat dan kapal selam berbeda dengan pesawat tempur, permintaan Indonesia kepada OEM agar kapal perang mereka diproduksi di Indonesia akan lebih mudah disetujui oleh pabrikan. Pertanyaannya adalah apakah galangan domestik siap menangkap peluang bisnis pada program pengadaan pasca 2024 dengan memanfaatkan pengalaman yang didapat dari MEF 2010-2024?

Terdapat benang merah yang jelas antara perencanaan strategis pertahanan dengan peran industri pertahanan nasional, di mana benang merah tersebut harus dipandang sebagai peluang oleh industri pertahanan dalam negeri. (Alman Helvas)

139 komentar:

  1. SEWA 4x4 = Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula
    SEWA HELI = Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
    SEWA HELI = 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang akan ditempatkan di No.3 Skuadron, Pangkalan Udara Butterworth
    SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
    SEWA BOAT = sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
    SEWA HIDROGRAFI = tugas pemetaan data batimetri bagi kawasan perairan negara akan dilakukan oleh sebuah kapal hidrografi moden, MV Aishah AIM 4, yang diperoleh menerusi kontrak sewaan dari syarikat Breitlink Engineering Services Sdn Bhd (BESSB)
    SEWA MOTOR = The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT Superbikes for the Enforcement Motorcycle Squad on December 22nd, 2022
    SEWA PESAWAT = ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario. ITTC operates a fleet of Aero Vodochody L-39 featuring upgraded avionics for the FLIT programme
    🤣GENG SEWA MENUNGGU 2045, 2050 DAN 2053 = USANG SEWA PANTAS BEBAN🤣

    BalasHapus
  2. Rakyat tanggung beban hutang alutsista puluhan tahun hingga 2044....rakyat GEMBIRA..... HAHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa je lah,,kami bukan bangsa penakut menghadapi masa depan,,optimistis itu sdh pasti, beda dgn semenanjung punya style,,manja😁😀

      Hapus
    2. Memangnya knp kalo itu hasil pinjaman, toch legislatif oke jugak.

      Hapus
  3. Belum apa apa di awal berita PINJAMAN LUAR NEGERI... HAHAHAHAHA

    HUTANG.. HUTANG.. HUTANG.. HUTANG. HUTANG.. HUTANG.... HAHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasal yang di harapkan ,jadi berani hutang dan yang beri pinjaman berani karna Indonesia ada harta.emas .dan sawit saja jagoan nya..tau tk kao ni pork .

      Hapus
    2. Kami yg sanggup bayar gempur yg pening hahaha,,aneh kau pur😄

      Hapus
  4. MOF = Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu dibuat bagi tujuan pembiayaan defisit dan membiayai semula hutang yang matang mulai 2024 dan seterusnya, kata Kementerian Kewangan (MoF).
    PMX = Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi....
    🤣GENG SEWA MENUNGGU 2045, 2050 DAN 2053 = USANG SEWA PANTAS BEBAN🤣

    BalasHapus
  5. MENUNGGU 2045 = Diterangkan Utusan Malaysia, mereka baru bisa mendapatkan C-130 J Super Hercules paling tidak di tahun 2041 hingga 2045.
    MENUNGGU 2050 = “Mengikut Pelan Transformasi 15 ke 5 TLDM, ia dijangka akan memiliki 12 buah kapal Littoral Combat Ship (LCS), tiga buah kapal Multi Role Support Ship (MRSS), 18 buah kapal Littoral Mission Ship (LMS), 18 buah kapal Patrol Vessel (PV) dan empat buah kapal selam menjelang tahun 2050,”
    MENUNGGU 2053 = Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu
    🤣MENUNGGU 2045, 2050, 2053🤣

    BalasHapus
  6. Rudal Air to Air apa lg?

    AMRAAM

    BalasHapus
  7. wwoooowww..alokasi 34 miliar Dollaarr....mantaaap.....nyeeetttt...liat nyeeettt....negara ane shooping terusss.....kecamatan malon tanam sayur aja yaaaaa 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu untuk 5 Tahun (2020-2024) tapi terbilang masih kurang

      Hapus
  8. Penasaran sma pengadaan AEW bisa lebih dri 2 uunit itu kita beli
    Yg pertama sudah dpt PsP,kemudian ada tambahan AEW belum msuk PSP

    BalasHapus
  9. Ha ha ha ha beruk panik dan kepanasan

    BalasHapus
  10. monyet malon berita nya cuma,
    - pindah aset,
    - tanam sayur,
    - sewa aset, -
    - keliling cari hibah asset
    - 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  11. Yg dpt PSP artinya bntar lgi efektif nih.

    Rafale batch 3
    Kapal selam
    Peswat AEW
    Upgrade F16 ke viper
    Satelit pertahanan

    BalasHapus
  12. Pesawat AEW-nya apa nih? Barang yg sudah ada anggaran masih belum jelas, kenapa yg belum dapat anggaran sudah heboh?😅

    Yg FREMM agak aneh, padahal sudah masuk investor relations Fincantieri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat matra udara harus pilih jet yg punyak daya jelajah jauh serta enduran tinggi
      stoknya terbaik di pasaran ada e7 & global eye, mahal2
      yah silakan dipilih om irs haha!😉😉😉

      Hapus
    2. Anal isanya dahh keseringan luput soale..

      😜

      Hapus
    3. waktuw SHOPPING opa menhan tinggal 2 bulan, ntah beliau akan rehat sejenak ato permanen tergantung bosnya haha!😎😎😎

      kalo saldo siap pake $34 ituw bner ada, bulan depan kontrak FREMM, aewc, mrtt segra jalan dan laen2 akan efektip om irs...ngebut haha!🤫🤫🤫

      Hapus
    4. Mayan, juga buat numpang nama oom..

      Nyalon..

      😂😁😊👍

      Hapus
    5. klo soal blanjaan negeri eifel biasalah om pedang, yaa maklum jongos paris haha!🤫🤫🤫
      tp klo yg laen mulai goyah haha!☺️☺️☺️
      mirip ama dosen gipeng diseblah, ada bocoran aewc sabun gak? klo cuman promo2 doank fiks pembual haha!😆😆😆
      soal beropini ituw wajar, guwe ngarep cnbc ato zonajkt ngundang om woof woof nulis, guwe jamin banyak yg seneng ke kumon ntar haha!😄😄😄

      Hapus
    6. E7 dua buah anggarannya cukup tuh.

      AH sebenarnnya lumayan kalau masalah follow the money. Tidak selalu akurat, tetapi kalau sudah ada, biasanya memang sudah ada. Hanya saja kadang kalau belum ketemu dianggap tidak ada.

      Hapus
    7. "klo blom ktemu dianggap ada" makjleb amat om irs haha!😵‍💫😵‍💫😵‍💫

      tim mrk skrg pake bocoran BAPENAS, padahal klo kita buka smuanya masi gelep..
      mendingan SIRUP ABC,

      klo liat tingkat mleset mrk yg tinggi skrg, selain barang paris...
      spertinya pt pal, fetedei dan pindad uda mulai ketat dlm menshare info alutsista
      - soal AH-140 mrk salah buktinya skrg uda KL
      - soal NC-212 paling parah, kumendan grup ngetwit soal delay, eh seminggu kmudian mendarat ituw pesawat di skuadron matra udara haha!😋😋😋

      Hapus
  13. US$34,4 miliar buat SHOPPING SENJATA MEWAH & PAWER untuk pertahanan haha!💪💪💪
    semua berdatangan satu persatu tiap tahun, tiap bulan, tiap minggu haha!🤑🤑🤑

    sementara KL
    US$100 miliar malah buat FOREST CiTy Johor atas suntikan ELDER BRADER doank sendiri haha!🥶🥶🥶
    ECRL US$22 miliar buat ECRL kereta lamban & pipa minyak/gas pun atas suntikan ELDER BRADER haha!🥴🥴🥴

    pantesan BPA dan 90% ZEE KL disikat, ternyata demi jaminan MegaUtang KL,
    untuk 999 tahun kedepan haha!😆😆😆



    BalasHapus
  14. Ssssstttttt....malon sudah terhubung Kuwait konon 🙄🙄🙄😁😁😁😂😂😂

    BalasHapus
  15. Hutang tak masalah adal jadi aset dan bisa bayar hutang, jangan seperti Malon miskiiin , hutang hutang hutang terus menggunung tak jadi aset malah di rasuah, bayar hutang pun paksa rakyat patungan , dan tambah hutang untuk bayar hutang , tak hairan gdp cecah 82% wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  16. Wuih mantap USD 34,4 MILIAR. Masih sisa 9,4 MILIAR semoga disetujui. Kira2 buat apa ya?

    BalasHapus
  17. Lanjutkan borong alutsistanya, klo perlu tambah PLN nya USD 50 milliar lagi. Bisa borong macam2 buat GEMPUR makin kalap
    Hahahaha

    BalasHapus
  18. Kasihan kera jaan sebelah, lama gak SHOPING karena gak ada duit. Mau UTANG gak bisa lagi sudah sampai limitnya.
    Hahahahaha

    BalasHapus
  19. Akhirnya sekarang baru tau manfaat "HUTANG".....shg bisa main borong ini-itu ☝️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ing sawijine, nggee numpang nyalon...

      😅😷

      Hapus
    2. Buuuuuk, anu......eeeeeeeh....ini kami mengajukan anggaran buat beli maenan baru buk 😥

      ...........hanya keheningan sampai sekitar 15 menit kemudian.

      Bapak tunggu aja podjok situ.....saya lagi sibuk !

      Hapus
    3. Emang ga ingat dulu julukin saya.....ratu hutang 😏

      Hapus
  20. Rafale pun HUTANG.... HAHAHAHAHA

    NEGARA GAGAL

    BalasHapus
    Balasan
    1. MOF = Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu dibuat bagi tujuan pembiayaan defisit dan membiayai semula hutang yang matang mulai 2024 dan seterusnya, kata Kementerian Kewangan (MoF).
      PMX = Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi....
      🤣GENG SEWA MENUNGGU 2045, 2050 DAN 2053 = USANG SEWA PANTAS BEBAN🤣

      Hapus
    2. Negara gagal kok byk vendor2 masuk ke Ri
      Kasihan jg malon negara iri dengki termasyur di asean.
      😄😄

      Hapus
  21. 🦂Perkembangan teknologi kapal selam di masa depan pun perlu dipertimbangkan, seperti apakah teknologi baterai lithium-ion atau kombinasi AIP dan baterai lithium-ion yang akan menjadi acuan Indonesia. Program pengadaan kapal selam saat ini menghadapkan teknologi baterai lithium-ion yang ditawarkan oleh Naval Group versus AIP yang disodorkan oleh TKMS.🐊

    ☝️ Ini contoh opini yg tendensius lantaran jagoannya belum punya AIP yg paten....padahal faktanya, Baek TKMS maupun fincantierri yg punya AIP paten mengkombinasikan dg batre li-ion, tapi memang masih melalui bbrp proses utk memastikan keamanan tekno batre li-ion

    BalasHapus
  22. Admin... Ini berita INDON HUTANG alutsista Ni min... HAHAHAHAHA

    BalasHapus
  23. Rakyat tanggung HUTANG alutsista hingga 2044.. HAHAHAHAHA

    Mafia malah bebas

    BalasHapus
  24. Apa la mau di bangga dengan NGUTANG yang akhirnya tanggung BEBAN HUTANG itu rakyat....? HAHAHAHAHA

    BalasHapus

  25. bulan ogos
    bulan merdeka
    Semuanya Serba 24
    ✅Rafale 18+6=24 efektip
    ✅F-15ex=24
    ✅blekhok S-70M= 24

    3 taon laluw warganyet gak percaya,
    kita ngayal SHOPPING alutsista, eh jadi kenyataan haha!🤠🤠🤠

    lha warganyet 3 taon laluw malah sibuk komeng subsidi keraja-ing...hasilnya kapala darat ama kapal miring....anyiiing ktipu lagi haha!🥴🥴🥴

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bru disebut gagal om.
      Gempur tuh melewak aja di disini 😄

      Hapus
    2. nyoiiihhh uda gagal bangga om haha!😬😬😬

      Hapus
  26. sementara KL UTANG
    US$100 miliar malah buat FOREST CiTy Johor atas suntikan ELDER BRADER doank sendiri haha!🥶🥶🥶
    ECRL US$22 miliar buat ECRL kereta lamban & pipa minyak/gas pun atas suntikan ELDER BRADER haha!🥴🥴🥴

    pantesan BPA dan 90% ZEE KL disikat, ternyata demi jaminan MegaUtang KL,
    untuk 999 tahun kedepan haha!😆😆😆
    ternyata jiran emg kesayangan kokoh panda haha!🥴🥴🥴

    BalasHapus
  27. seblah haluwwwnya kejauhaan om haha!👻👻👻

    BalasHapus
  28. Kesian... HUTANG guys... HAHAHAHAHA

    Dari alokasi Pinjaman Luar Negeri (PLN) sebesar US$34,4 miliar untuk Kementerian Pertahanan, hingga paruh pertama 2023 Menteri Keuangan sudah menyetujui sekitar US$25 miliar untuk dibelanjakan dalam bentuk kontrak akuisisi.

    BalasHapus
  29. APALAH MO DI BANGGA :
    - pindah aset,
    - tanam sayur,
    - sewa aset, -
    - keliling cari hibah asset
    - 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    UJUNG UJUNG NYA RAKYAT MALON MALU 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  30. kesiaaann...kesiaaan...malu gaeesss
    - pindah aset,
    - tanam sayur,
    - sewa aset, -
    - keliling cari hibah asset
    - 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  31. PINJAMAN LUAR NEGERI..... HUTANG... HAHAHAHAHA

    BalasHapus
  32. MENUNGGU 2045 = Diterangkan Utusan Malaysia, mereka baru bisa mendapatkan C-130 J Super Hercules paling tidak di tahun 2041 hingga 2045.
    MENUNGGU 2050 = “Mengikut Pelan Transformasi 15 ke 5 TLDM, ia dijangka akan memiliki 12 buah kapal Littoral Combat Ship (LCS), tiga buah kapal Multi Role Support Ship (MRSS), 18 buah kapal Littoral Mission Ship (LMS), 18 buah kapal Patrol Vessel (PV) dan empat buah kapal selam menjelang tahun 2050,”
    MENUNGGU 2053 = Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu
    🤣MENUNGGU 2045, 2050, 2053🤣

    BalasHapus
  33. Malon kena karma hahaha
    Dulu suka klaim..karang rasakan 😄😅❌

    https://www.airtimes.my/2023/08/29
    /semasa-china-terbitkan-peta-baharu-berkeras-tuntut-perairan-sabah-dan-sarawak-sebagai-wilayahnya/?fbclid=IwAR0nCSxqzfzVQ6EXXL2ZMYjXDdDeQ6yKYqDiCuAhGsIpPW3_pjFtVE3NT6g

    BalasHapus
  34. Sabah seerawak makin hampir di klaim cina hahahha
    Mau kirim gempita buat apa lon 😅😄🤣🤣

    BalasHapus
  35. apalah mo di bangga :
    - rafalemalaysia.com 🤣🤣🤣🤣🤣

    apalah mo di bangga
    - kapal laut didaratan + balon kuning 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    apalah mo di bangga
    - konon terhubung dengan kuwait 🤣🤣🤣🤣🤣

    apalah mo di bangga :
    TDM tan sayuur 🤣🤣🤣🤣🤣

    apalah mo di bangga
    - pindah aset,
    - sewa aset, -
    - keliling cari hibah asset
    - 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  36. Gempur makin monyet 🤣🤣🤣
    Negara mu tuh lon tak tahu cina makin klaim wilayah sabah serawak.

    Makkin kesihan🤣🤣🤣🤣🤣😅😅❌

    BalasHapus
  37. Horee sabah serawak makin di klaim Cina
    Mana tuh FPDa
    Malon tin kosong 🤣🤣🤣😛

    BalasHapus
  38. apalah mo di bangga :
    - rafalemalaysia.com 🤣🤣🤣🤣🤣

    apalah mo di bangga
    - kapal laut didaratan + balon kuning 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    apalah mo di bangga
    - konon terhubung dengan kuwait 🤣🤣🤣🤣🤣

    apalah mo di bangga :
    TDM tanam sayuur 🤣🤣🤣🤣🤣

    apalah mo di bangga
    - pindah aset,
    - sewa aset, -
    - keliling cari hibah asset
    - 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  39. Rakyat yang bayar HUTANG.... HAHHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rakyat selama ini tdk merasa bayari hutang. Beda dg malasia, rakyat cuman nunut hidup, bayar sewa sama dipertuan bagong.

      Hapus
  40. MENUNGGU 2045 = Diterangkan Utusan Malaysia, mereka baru bisa mendapatkan C-130 J Super Hercules paling tidak di tahun 2041 hingga 2045.
    MENUNGGU 2050 = “Mengikut Pelan Transformasi 15 ke 5 TLDM, ia dijangka akan memiliki 12 buah kapal Littoral Combat Ship (LCS), tiga buah kapal Multi Role Support Ship (MRSS), 18 buah kapal Littoral Mission Ship (LMS), 18 buah kapal Patrol Vessel (PV) dan empat buah kapal selam menjelang tahun 2050,”
    MENUNGGU 2053 = Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu
    🤣MENUNGGU 2045, 2050, 2053🤣

    BalasHapus
  41. Anehnya geng GORILLA BANGGA dengan HUTANG.. HAHHAHAHA

    GORILLA memang aneh

    BalasHapus
  42. RAKYAT TANGGUNG MALUUU !!!!!

    apalah mo di bangga :
    - rafalemalaysia.com 🤣🤣🤣🤣🤣

    apalah mo di bangga
    - kapal laut didaratan + balon kuning 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    apalah mo di bangga
    - konon terhubung dengan kuwait 🤣🤣🤣🤣🤣

    apalah mo di bangga :
    TDM tan sayuur 🤣🤣🤣🤣🤣

    apalah mo di bangga
    - pindah aset,
    - sewa aset, -
    - keliling cari hibah asset
    - 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  43. MENUNGGU 2045 = Diterangkan Utusan Malaysia, mereka baru bisa mendapatkan C-130 J Super Hercules paling tidak di tahun 2041 hingga 2045.
    MENUNGGU 2050 = “Mengikut Pelan Transformasi 15 ke 5 TLDM, ia dijangka akan memiliki 12 buah kapal Littoral Combat Ship (LCS), tiga buah kapal Multi Role Support Ship (MRSS), 18 buah kapal Littoral Mission Ship (LMS), 18 buah kapal Patrol Vessel (PV) dan empat buah kapal selam menjelang tahun 2050,”
    MENUNGGU 2053 = Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu
    🤣MENUNGGU 2045, 2050, 2053🤣

    BalasHapus
  44. Eaaa..gempork makin ngamok
    Pisang pisang hahahha😀

    BalasHapus
  45. 2053 = Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu
    2050 = “Mengikut Pelan Transformasi 15 ke 5 TLDM, ia dijangka akan memiliki 12 buah kapal Littoral Combat Ship (LCS), tiga buah kapal Multi Role Support Ship (MRSS), 18 buah kapal Littoral Mission Ship (LMS), 18 buah kapal Patrol Vessel (PV) dan empat buah kapal selam menjelang tahun 2050,”
    2045 = Diterangkan Utusan Malaysia, mereka baru bisa mendapatkan C-130 J Super Hercules paling tidak di tahun 2041 hingga 2045.
    🤣MENUNGGU 2045, 2050, 2053🤣

    BalasHapus
  46. Pembiayaan belanja alat peralatan pertahanan dan keamanan (alpalhankam) dengan skema pinjaman luar negeri akan tetap membebani Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

    Bahkan utang luar negeri tersebut diyakini membebani rakyat Indonesia hingga tahun 2044 mendatang.

    BalasHapus
  47. RAKYAT MALON TANGGUNG MALU...TAK PUNYA HARGA DIRI....


    apalah mo di bangga :
    - rafalemalaysia.com 🤣🤣🤣🤣🤣

    apalah mo di bangga
    - kapal laut didaratan + balon kuning 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    apalah mo di bangga
    - konon terhubung dengan kuwait 🤣🤣🤣🤣🤣

    apalah mo di bangga :
    TDM tan sayuur 🤣🤣🤣🤣🤣

    apalah mo di bangga
    - pindah aset,
    - sewa aset, -
    - keliling cari hibah asset
    - 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  48. 2053 = Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu
    2050 = “Mengikut Pelan Transformasi 15 ke 5 TLDM, ia dijangka akan memiliki 12 buah kapal Littoral Combat Ship (LCS), tiga buah kapal Multi Role Support Ship (MRSS), 18 buah kapal Littoral Mission Ship (LMS), 18 buah kapal Patrol Vessel (PV) dan empat buah kapal selam menjelang tahun 2050,”
    2045 = Diterangkan Utusan Malaysia, mereka baru bisa mendapatkan C-130 J Super Hercules paling tidak di tahun 2041 hingga 2045.
    🤣MENUNGGU 2045, 2050, 2053🤣

    BalasHapus
  49. Hanya mampu NGUTANG je... HAHAHAHAHA

    Rakyat tanggung BEBAN HUTANG 2044...NGERI

    BalasHapus
  50. Makin ngamok gempork monyet 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  51. 2053 = Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu
    2050 = “Mengikut Pelan Transformasi 15 ke 5 TLDM, ia dijangka akan memiliki 12 buah kapal Littoral Combat Ship (LCS), tiga buah kapal Multi Role Support Ship (MRSS), 18 buah kapal Littoral Mission Ship (LMS), 18 buah kapal Patrol Vessel (PV) dan empat buah kapal selam menjelang tahun 2050,”
    2045 = Diterangkan Utusan Malaysia, mereka baru bisa mendapatkan C-130 J Super Hercules paling tidak di tahun 2041 hingga 2045.
    🤣GENG SEWA MENUNGGU 2045, 2050, 2053🤣

    BalasHapus
  52. SEWA 4x4 = Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula
    SEWA HELI = Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
    SEWA HELI = 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang akan ditempatkan di No.3 Skuadron, Pangkalan Udara Butterworth
    SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
    SEWA BOAT = sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
    SEWA HIDROGRAFI = tugas pemetaan data batimetri bagi kawasan perairan negara akan dilakukan oleh sebuah kapal hidrografi moden, MV Aishah AIM 4, yang diperoleh menerusi kontrak sewaan dari syarikat Breitlink Engineering Services Sdn Bhd (BESSB)
    SEWA MOTOR = The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT Superbikes for the Enforcement Motorcycle Squad on December 22nd, 2022
    SEWA PESAWAT = ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario. ITTC operates a fleet of Aero Vodochody L-39 featuring upgraded avionics for the FLIT programme
    🤣GENG SEWA MENUNGGU 2045, 2050 DAN 2053🤣

    BalasHapus
  53. Kasihan...kena karma
    Malon tin kosong

    Peta yang dikenali Peta Standard edisi 2023 itu diterbitkan bersempena Hari Publisiti Ukur dan Pemetaan dan Minggu Publisiti Kesedaran Pemetaan Kebangsaan China.


    BalasHapus
  54. "Rencana anggaran untuk belanja alutsista sejumlah Rp 1.700 trilliun sepertinya terlalu bombastis dan cenderung tidak memperhatikan kondisi keuangan negara dan rakyat yang sedang kesulitan di masa pandemi ini,"

    BalasHapus
  55. SEWA 4x4 = Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula
    SEWA HELI = Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
    SEWA HELI = 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang akan ditempatkan di No.3 Skuadron, Pangkalan Udara Butterworth
    SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
    SEWA BOAT = sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
    SEWA HIDROGRAFI = tugas pemetaan data batimetri bagi kawasan perairan negara akan dilakukan oleh sebuah kapal hidrografi moden, MV Aishah AIM 4, yang diperoleh menerusi kontrak sewaan dari syarikat Breitlink Engineering Services Sdn Bhd (BESSB)
    SEWA MOTOR = The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT Superbikes for the Enforcement Motorcycle Squad on December 22nd, 2022
    SEWA PESAWAT = ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario. ITTC operates a fleet of Aero Vodochody L-39 featuring upgraded avionics for the FLIT programme
    🤣GENG SEWA MENUNGGU 2045, 2050 DAN 2053🤣

    BalasHapus
  56. Kabarnya DEFENCE SECURITY ASIA ( 27 - 8 - 2023 ) mengtakan bahwa Malaysia mengakui dan menyatakan kapal FREGAT MERAH PUTIH buatan PT PAL afalah kapal Fregat paling Berat dan paling modern/canggih di Asia Tenggara ( ASEAN )......MALON sendiri sudah akui keunggulan NKRI 🇮🇩 tuh 🙂

    BalasHapus
  57. Balasan
    1. KASIAN BERUK .....
      2053 = Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu
      2050 = “Mengikut Pelan Transformasi 15 ke 5 TLDM, ia dijangka akan memiliki 12 buah kapal Littoral Combat Ship (LCS), tiga buah kapal Multi Role Support Ship (MRSS), 18 buah kapal Littoral Mission Ship (LMS), 18 buah kapal Patrol Vessel (PV) dan empat buah kapal selam menjelang tahun 2050,”
      2045 = Diterangkan Utusan Malaysia, mereka baru bisa mendapatkan C-130 J Super Hercules paling tidak di tahun 2041 hingga 2045.
      🤣GENG SEWA MENUNGGU 2045, 2050, 2053🤣

      Hapus
  58. Rakyat tanggung beban hutang alutsista puluhan tahun hingga 2044

    BalasHapus
  59. Malaysia's $100 billion luxury estate was supposed to be a 'living paradise.' Instead, 6 years into development, it's a ghost town full of empty skyscrapers and deserted roads
    Forest City, a luxury estate in southern Malaysia, is one of the most controversial developments in the country's history. Six years into development, the $100 billion estate is already a ghost town
    https://www.insider.com/ghost-town-malaysia-forest-city-china-developer-estate-photos-2022-6
    ———————

    seyem gaesz....$100 bilyun ini....kota mati haha!👻👻👻

    BalasHapus
    Balasan
    1. bayangin bajet militer KL aja $.3 bilyun gak bakalan mampu rugi bahkan bayar faeda/bunga pinjaman KL...
      Utang besar, LCS bagian KL jadi jaminan sita ELDER BRADER sedjak 2013 haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  60. KASIAN BERUK .....
    2053 = Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu
    2050 = “Mengikut Pelan Transformasi 15 ke 5 TLDM, ia dijangka akan memiliki 12 buah kapal Littoral Combat Ship (LCS), tiga buah kapal Multi Role Support Ship (MRSS), 18 buah kapal Littoral Mission Ship (LMS), 18 buah kapal Patrol Vessel (PV) dan empat buah kapal selam menjelang tahun 2050,”
    2045 = Diterangkan Utusan Malaysia, mereka baru bisa mendapatkan C-130 J Super Hercules paling tidak di tahun 2041 hingga 2045.
    🤣GENG SEWA MENUNGGU 2045, 2050, 2053🤣

    BalasHapus
  61. 2053 = Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu
    2050 = “Mengikut Pelan Transformasi 15 ke 5 TLDM, ia dijangka akan memiliki 12 buah kapal Littoral Combat Ship (LCS), tiga buah kapal Multi Role Support Ship (MRSS), 18 buah kapal Littoral Mission Ship (LMS), 18 buah kapal Patrol Vessel (PV) dan empat buah kapal selam menjelang tahun 2050,”
    2045 = Diterangkan Utusan Malaysia, mereka baru bisa mendapatkan C-130 J Super Hercules paling tidak di tahun 2041 hingga 2045.
    🤣GENG SEWA MENUNGGU 2045, 2050, 2053🤣

    BalasHapus
  62. Kan dia bilang enggak membebani 0,8 persen (dari PDB) ya, siapa bilang tidak membebani?

    Wong namanya utang ya utang. Kamu utang, terus seluruh rakyat Indonesia sampai tahun 2044 harus bayar, masa (dikatakan) enggak membebani? tegas anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon usai rapat kerja bersama Kementerian Pertahanan dan Panglima TNI di Kompleks Parlemen, Senayan

    BalasHapus
  63. Tapi anehnya geng GORILLA BANGGA DENGAN HUTANG... HAHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEWA 4x4 = Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula
      SEWA HELI = Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
      SEWA HELI = 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang akan ditempatkan di No.3 Skuadron, Pangkalan Udara Butterworth
      SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
      SEWA BOAT = sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
      SEWA HIDROGRAFI = tugas pemetaan data batimetri bagi kawasan perairan negara akan dilakukan oleh sebuah kapal hidrografi moden, MV Aishah AIM 4, yang diperoleh menerusi kontrak sewaan dari syarikat Breitlink Engineering Services Sdn Bhd (BESSB)
      SEWA MOTOR = The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT Superbikes for the Enforcement Motorcycle Squad on December 22nd, 2022
      SEWA PESAWAT = ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario. ITTC operates a fleet of Aero Vodochody L-39 featuring upgraded avionics for the FLIT programme
      🤣GENG SEWA MENUNGGU 2045, 2050 DAN 2053 = RAJA SEWA ASEAN🤣

      Hapus
  64. SEWA 4x4 = Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula
    SEWA HELI = Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
    SEWA HELI = 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang akan ditempatkan di No.3 Skuadron, Pangkalan Udara Butterworth
    SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
    SEWA BOAT = sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
    SEWA HIDROGRAFI = tugas pemetaan data batimetri bagi kawasan perairan negara akan dilakukan oleh sebuah kapal hidrografi moden, MV Aishah AIM 4, yang diperoleh menerusi kontrak sewaan dari syarikat Breitlink Engineering Services Sdn Bhd (BESSB)
    SEWA MOTOR = The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT Superbikes for the Enforcement Motorcycle Squad on December 22nd, 2022
    SEWA PESAWAT = ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario. ITTC operates a fleet of Aero Vodochody L-39 featuring upgraded avionics for the FLIT programme
    🤣GENG SEWA MENUNGGU 2045, 2050 DAN 2053 = RAJA SEWA ASEAN🤣

    BalasHapus
  65. Naaaah.......kalau NKRI mengakui dan menyatakan bahwa proyek kapal perang KD MAHATOLOL LELA adalah proyek MANGKRAK dan MONUMEN KEBODOHAN di Asia Tenggara ( ASEAN )........HAHAHAHAHAHAHA 😄😄😄😝🤣😂

    BalasHapus
  66. KASIAN BERUK SEWA .....
    SEWA 4x4 = Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula
    SEWA HELI = Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
    SEWA HELI = 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang akan ditempatkan di No.3 Skuadron, Pangkalan Udara Butterworth
    SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
    SEWA BOAT = sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
    SEWA HIDROGRAFI = tugas pemetaan data batimetri bagi kawasan perairan negara akan dilakukan oleh sebuah kapal hidrografi moden, MV Aishah AIM 4, yang diperoleh menerusi kontrak sewaan dari syarikat Breitlink Engineering Services Sdn Bhd (BESSB)
    SEWA MOTOR = The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT Superbikes for the Enforcement Motorcycle Squad on December 22nd, 2022
    SEWA PESAWAT = ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario. ITTC operates a fleet of Aero Vodochody L-39 featuring upgraded avionics for the FLIT programme
    🤣GENG SEWA MENUNGGU 2045, 2050 DAN 2053🤣

    BalasHapus
  67. KASIAN BERUK SEWA .....
    SEWA 4x4 = Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula
    SEWA HELI = Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
    SEWA HELI = 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang akan ditempatkan di No.3 Skuadron, Pangkalan Udara Butterworth
    SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
    SEWA BOAT = sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
    SEWA HIDROGRAFI = tugas pemetaan data batimetri bagi kawasan perairan negara akan dilakukan oleh sebuah kapal hidrografi moden, MV Aishah AIM 4, yang diperoleh menerusi kontrak sewaan dari syarikat Breitlink Engineering Services Sdn Bhd (BESSB)
    SEWA MOTOR = The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT Superbikes for the Enforcement Motorcycle Squad on December 22nd, 2022
    SEWA PESAWAT = ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario. ITTC operates a fleet of Aero Vodochody L-39 featuring upgraded avionics for the FLIT programme
    🤣GENG SEWA MENUNGGU 2045, 2050 DAN 2053🤣

    BalasHapus
  68. KASIAN AKIBAT HUTANG = BERUK SEWA .....
    SEWA 4x4 = Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula
    SEWA HELI = Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
    SEWA HELI = 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang akan ditempatkan di No.3 Skuadron, Pangkalan Udara Butterworth
    SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
    SEWA BOAT = sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
    SEWA HIDROGRAFI = tugas pemetaan data batimetri bagi kawasan perairan negara akan dilakukan oleh sebuah kapal hidrografi moden, MV Aishah AIM 4, yang diperoleh menerusi kontrak sewaan dari syarikat Breitlink Engineering Services Sdn Bhd (BESSB)
    SEWA MOTOR = The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT Superbikes for the Enforcement Motorcycle Squad on December 22nd, 2022
    SEWA PESAWAT = ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario. ITTC operates a fleet of Aero Vodochody L-39 featuring upgraded avionics for the FLIT programme
    🤣GENG SEWA MENUNGGU 2045, 2050 DAN 2053🤣

    BalasHapus
  69. AKIBAT HUTANG 82% DARI GDP .....
    2053 = Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu
    2050 = “Mengikut Pelan Transformasi 15 ke 5 TLDM, ia dijangka akan memiliki 12 buah kapal Littoral Combat Ship (LCS), tiga buah kapal Multi Role Support Ship (MRSS), 18 buah kapal Littoral Mission Ship (LMS), 18 buah kapal Patrol Vessel (PV) dan empat buah kapal selam menjelang tahun 2050,”
    2045 = Diterangkan Utusan Malaysia, mereka baru bisa mendapatkan C-130 J Super Hercules paling tidak di tahun 2041 hingga 2045.
    🤣GENG SEWA MENUNGGU 2045, 2050, 2053🤣

    BalasHapus
  70. AKIBAT HUTANG 82% DARI GDP .....
    2053 = Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu
    2050 = “Mengikut Pelan Transformasi 15 ke 5 TLDM, ia dijangka akan memiliki 12 buah kapal Littoral Combat Ship (LCS), tiga buah kapal Multi Role Support Ship (MRSS), 18 buah kapal Littoral Mission Ship (LMS), 18 buah kapal Patrol Vessel (PV) dan empat buah kapal selam menjelang tahun 2050,”
    2045 = Diterangkan Utusan Malaysia, mereka baru bisa mendapatkan C-130 J Super Hercules paling tidak di tahun 2041 hingga 2045.
    🤣GENG SEWA MENUNGGU 2045, 2050, 2053🤣

    BalasHapus
  71. $100 bilyun forest city
    $ 22 bilyun ECRL & Pipa gas
    totalnye $122 bilyun KL MEGA UTANG ke ELDER BRaDER doank

    siap2 semenanjung jadi propinsi nyusul sarawak & sabah utk 999 tahun haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  72. The status of that potential acquisition is uncertain. The new Malaysian prime minister, Anwar Ibrahim, unveiled a new budget that substantially increased the country’s debt....
    ----
    2053 = Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu...
    🤣PMX NAMBAH HUTANG = LUNAS 2053 HANYA BUALAN MIMPI🤣

    BalasHapus
  73. he status of that potential acquisition is uncertain. The new Malaysian prime minister, Anwar Ibrahim, unveiled a new budget that substantially increased the country’s debt....
    ----
    2053 = Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu...
    🤣PMX NAMBAH HUTANG = LUNAS 2053 HANYA BUALAN MIMPI🤣

    BalasHapus

  74. Malaysia's $100 billion luxury estate was supposed to be a 'living paradise.' Instead, 6 years into development, it's a ghost town full of empty skyscrapers and deserted roads
    Forest City, a luxury estate in southern Malaysia, is one of the most controversial developments in the country's history. Six years into development, the $100 billion estate is already a ghost town
    https://www.insider.com/ghost-town-malaysia-forest-city-china-developer-estate-photos-2022-6
    ———————

    KL ber MEGA UTANG...$100 bilyun ini kota mati haha!👻👻👻

    SALAM 3 digit utang ke ELDER BRADER hah!😅😅😅

    BalasHapus
  75. GORILLA TOLOL.....elo bilang 5 unit LEOPARD 2 milik TNI AD yang latihan di Natuna rusak ?......Itulah elo kelihatan TOLOL yaa, karena 5 unit Leopard itu adalah bagian dari Skenario ( itupun kalau elo ngerti ) latihan sebagai tank yang sedang mengalami kerusakan sehingga adakan latihan EVAKUASI dan PERBAIKAN, latihan sudah tentu berbeda dengan tank PENDEKAR MOGOK yang berhenti/mogok membuat macet jalan raya 😛😛🤪🤪😝

    BalasHapus

  76. bayangin bajet militer KL aja $ 3 bilyun
    uda gak bakalan mampu rugi bahkan bayar faeda/bunga pinjaman KL...
    Utang besar, LCS bagian KL jadi jaminan sita ELDER BRADER sedjak 2013 haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  77. GORILLA MALAYA.....kalau elo ngetroll pakai info 5 unit Leopard di Natuna tentu elo kelihatan SANGAT TOLOL karena tifak bisa mengetahui isi berita.....KASIHAAAN deh eloooo 😛😛🤪🤪😝

    BalasHapus
  78. Sri Mulyani Pamer Rasio Utang Indonesia Jauh di Bawah Negara G20

    "Indonesia juga memiliki rasio utang yang relatif lebih rendah dibandingkan negara-negara peer di G20 dan ASEAN," ujar dia dalam Rapat Kerja dengan Badan Anggaran DPR RI, di Jakarta, Selasa (29/8/2023).

    Dia mencontohkan, salah satunya dibandingkan dengan rasio utang India. Menurut data yang dikantonginya, rasio utang India mencapai diatas 80 persen. Bahkan belum mengalami penurunan hingga saat ini.

    "Indonesia sekarang di 39,7 (persen) di tahun 2022, sekarang bahkan lebih turun lagi tahun 2023 yaitu di 37,5 (persen)," urainya.
    Menurut Bendahara Negara, Rasio utang ini sejalan dengan efektivitas penggunaan APBN untuk memulihkan ekonomi. Dia bilang penyerapan APBN lebih baik ketimbang Malaysia.

    "Tetangga kita Malaysia yang defisitnya masih terus bertahan diatas 5 persen dan India yang pertumbuhannya mengagumkan yaitu diatas 6 persen namun dibayar defisit APBN yang mendekati 10 persen," kata dia.
    _____
    Negara kaya itu hutang terus turun ya guys🤣🤣🤣🔥🔥🔥
    Sedangkan semenanjung kremi malon defisit diatas 5% widiiiich ngeri guys 😂😂😂

    BalasHapus
  79. GORILLA MALAYA.....kami tidak tekeitusan dengan Pemindahan 26 unit GEMPITA 8×8 yang LOW QUALITY dengan lapis baja STANAG Level 1 ( tanpa tambahan pelindung ) yang berarti hanya KALENG TIPIS saja, Gempita yang kaleng itu sebaiknya dipindah ke dalam laut untuk rumah ikan.....HaHAHAHAHAHA 😄😂🤣🤣😆

    BalasHapus
  80. Sama sekali kami tidak terkesan dengan KALENG TIPIS yang dipindah pindah 😛😛🤪🤪😝

    BalasHapus
  81. GEMPITA punya MALON ditembak SPR 2 buatan PT PINDAD bakal bolooong karena LOW QUALITY 👎👎👎👎👎😛😛🤪🤪😝

    BalasHapus
  82. Hahahaha ada yang IRI dan DENGKI Indonesia bisa dapat PLN untuk borong alutsista. Sebelah mau shoping dengan UTANG atau PLN dah over limit. Kasian ..... hahahahaha

    BalasHapus
  83. Body Level Rantis 4x4 Tipisss ....
    The hull of the original Pars consisted of a composite aluminium and steel armour that provides protection for the crew and infantry against firing of small arms 7.62 mm armour-piercing attack through a full 360°......
    🤣TIPISSSS JEBOL DENGAN SPR 2 PINDAD🤣

    BalasHapus
  84. Skor IQ rata-rata warga Indonesia
    Menurut studi Lynn dan Meisenberg , rata-rata skor IQ warga Indonesia adalah 87. Skor ini jauh lebih rendah dibanding negara tetangga Singapura yang memiliki nilai rata-rata 108.

    Berikut perbandingan IQ Indonesia dengan sejumlah negara tetangga menurut studi tersebut:

    Indonesia - skor IQ rata-rata 87

    Singapura - skor IQ rata-rata 108

    Malaysia - skor IQ rata-rata 92

    Thailand - skor IQ rata-rata 91

    BalasHapus
  85. GEMPITA 8×8 kaleng tipis Low Quality 🙂

    BalasHapus
  86. CUMA KELAS SMK PASANG² KOMPONEN PESAWAT TEMPUR ,

    JAUH DARI ASLINYA PT DIRGANTARA INDONESIA YANG PRODUSEN PESAWAT TEMPUR MUTAKHIR
    IF 21 🇮🇩 INDONESIAN FIGHTER JET, SANGAT MERENDAHKAN INDUSTRI PERTAHANAN RI YANG SUDAH MAJU , RENCANA KAMPUNGAN & BUKAN RENCANA INDUSTRI ,
    CUMA PERLU DI INGAT UNTUK ASEMBLY MERAKIT SU 27 & SU 30 DI INDONESIA HANYA BUTUH BEBERAPA TEKNISI RUSSIA SAJA TIDAK PERLU PINDAHKAN PABRIK SU KE JAWA TIMUR MEREKA HANYA PINJAM HANGAR SEDIKIT , DALAM HITUNGAN MINGGU TIAP PESAWAT SELESAI DIRAKIT.
    HAL SEPERTI ITU BUKAN TOT PENTING KARENA UNTUK MRO SAJA RAFALE HARUS KE MALAYSIA KARENA PRANCIS 5IDAK BERI KEISTIMEWAAN KE PRABOWO APAPUN MESKI CUMA UNTUK TEMPAT ATAU BENGKEL MRO.

    DPR RI . PT DIRGANTARA INDONESIA & BANGSA INDONESIA HARUS TAHU INI !

    HIDUP IF 21 🇮🇩 INDONESIAN FIGHTER JET , HIDUP KEMANDIRIAN TECHNOLOGY TEMPUR RI IF 21 🇮🇩 INDONESIAN FIGHTER JET N

    INDONESIA NEGARA BERDAULAT DALAM TECHNOLOGY !

    BalasHapus
    Balasan
    1. RAFALE MRO ke malaysia ?????

      Hapus
    2. SEJUMAWA ITU PERHINAKAN MEF III KATANYA DENGAN PESAWAT BEKAS MIRAGE 5 RAFALE YANG SUDAH
      DI LOCK SU 35 RUSSIA LANGIT MID EAST JADI SAKSI ARTINYA LAWAN SU 35 TIONGKOK SUDAH TERBACA HASILNYA & JAUH DARI LAYAK UNTUK HADAPI J 20 YANG SEKELAS F 35 , F 15 DIPASTIKAN JUGA TIDAK LEBIH KUAT DARI F 35 & APA DAYA IMBANGI F35 AUSTRALIA.

      SANGAT MEMALUKAN BANGSA INDONESIA , AWAL MEF DIBUAT SAJA NKRI PUNYA KEMANDIRIAN ALUTSISTA IF 21 🇮🇩 INDONESIAN FIGHTER JET YANG SEKELAS
      F 35,
      ANEH ORANG YANG CUMA BECUS NGOCEH BOHONG KORUPSI & BANYAK TINGKAH BISA DIPERCAYA SEHINGGA TERBACA KEKUATAN TNI AU KEDEPAN LEMAH TERHADAP TIONGKOK ,AUSTRALIA & MENYUSUL SINGAPORE.
      OMONG KOSONG JIKA NKRI HENDAK DIBUAT KUAT OLEH PENGKHIANAT FAKTANYA DIBUAT LEMAH & HENDAK DIJERAT BERHUTANG HASIL MEMBELI PESAWAT² YANG TELAH JELAS TIDAK SEPADAN IMBANGI KEKUATAN KAWASAN , PALING CUMA PAMER SEOLAH LEBIH KUAT DARI JIRAN , NKRI BENAR² DIGADAI UNTUK JADI LEMAH !

      Hapus
    3. BETUL UNTUK MRO HARUS KE JIRAN ,
      JUGA KAPAL SELAM YANG DIRENCANAKAN 100% MIRIP MILIK SCORPUNG DENGAN DIGANTI ENGINE AIP SAJA TIDAK LEBIH TIDAK KURANG.

      Hapus
    4. EC-725/H-225
      C-295
      bell 412
      tinggal pasang di fetedei kenapa lama om TSOTAU haha!🤣🤣🤣

      betewe ngapaen rafale mro harus ke jiran KL, mana buktinya?
      mereka aja gak beli dasar pembualll..haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    5. makin lucu ini orang ..... sebelah tidak jadi beli RAFALE koq MRO aneh bin ajaib, cuma punya airod lah Indonesia punya = PT DI, Merpati, GMF.......

      Hapus
    6. eiiitt ESYU-27/30 dulu aja kita kirim ke Belarus bengkel resmi esyu utk apgred dan MLU
      padahal tetangga kesayangankuh punya
      STC mro utk ESYU
      dan
      MTC mro utk MIG

      dan saat ini sekelas skatek pun mampu mro ESYU-27/30...mantap kan,
      laluw kenapa kaw sebut rafale ke jiran om tsotau, apa nama mro disono, jawab donk ahh..ente mabok wiski ato ketek haha!😜😜😜


      Hapus
    7. belum level skatek lihat eMLU ternyata ente fans sebelah wkwkwkwk membual MRO RAFALE tidak sekalian MRO NIMITZ SERTA KAPAL INDUK LAINNYA wkwkwkwk

      Hapus
  87. Min....aset belanja Malon kok 4 thn terakhir ini jrg di tampilin. Kasihan tuh.... beruk2 jadi gila

    BalasHapus
  88. Jepang Pergoki Radar Indonesia di Natuna Utara Sanggup Deteksi Kapal China dari Jarak Jauh

    https://www.zonajakarta.com/nasional/6739971788/jepang-pergoki-radar-indonesia-di-natuna-utara-sanggup-deteksi-kapal-china-dari-jarak-jauh?page=3

    BalasHapus
  89. Akibat askar beruk yg lemah....

    Parah nih Beting Patinggi Ali sudah di claim milik China....🤣😄


    #𝐒𝐞𝐦𝐚𝐬𝐚: 𝐂𝐡𝐢𝐧𝐚 𝐭𝐞𝐫𝐛𝐢𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐩𝐞𝐭𝐚 𝐛𝐚𝐡𝐚𝐫𝐮, 𝐛𝐞𝐫𝐤𝐞𝐫𝐚𝐬 𝐭𝐮𝐧𝐭𝐮𝐭 𝐩𝐞𝐫𝐚𝐢𝐫𝐚𝐧 𝐒𝐚𝐛𝐚𝐡 𝐝𝐚𝐧 𝐒𝐚𝐫𝐚𝐰𝐚𝐤 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐰𝐢𝐥𝐚𝐲𝐚𝐡𝐧𝐲𝐚

    Kerajaan China telah menerbitkan peta baharu negaranya bersempena Hari Publisiti Ukur dan Pemetaan dan Minggu Publisiti Kesedaran Pemetaan Kebangsaan China.

    Peta tersebut merangkumi Beting Serupai, Beting Patinggi Ali dan Beting Raja Jarum di Sarawak sebagai sebahagian wilayah mereka.

    Berita penuh: https://www.airtimes.my/2023/08/29/semasa-china-terbitkan-peta-baharu-berkeras-tuntut-perairan-sabah-dan-sarawak-sebagai-wilayahnya/

    BalasHapus
  90. Tuntutan 9-dash line China menjadi antara isu yang menjadi perhatian umum di rantau ini termasuk Malaysia, Indonesia serta Filipina. Kehadiran Pasukan Pengawal Pantai China (CCG) di kawasan perairan Sarawak sebelum ini pernah dilaporkan oleh media tempatan terutamanya di kawasan galian minyak dan gas di negeri itu. Malah, beberapa keratan gambar serta video turut ditularkan yang sekaligus mengesahkan kehadiran CCG. Baru-baru ini, Filipina telah berhadapan dengan isu baharu dengan China berikutan tindakan CCG memintas, menyekat dan menembak meriam air terhadap kapal Pasukan Pengawal Pantai Filipina (Philippines Coast Guard, PCG). Ketika kejadian kapal PCG sedang mengiringi beberapa buah vesel yang sedang menuju ke Second Thomas Shoal (Ayungin Shoal) bagi tujuan ulang bekal pos kawalan BRP SIERRA MADRE. Indonesia sebelum ini turut menyiarkan tindakan angkatan laut negara itu mengesan, menjejak dan mengusir kapal-kapal China yang berada di kawasan perairan Pulau Natuna....
    🤣FILIPINA DAN INDONESIA MENGUSIR = MALON TIDUR🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Percuma parade militer 31 ogos..tapi askar atm telornya...tidak ada..pondan..wkwkwkwk

      Hapus
  91. Bayar hutang ada wujud nya. Rakyat Indonesia tdk masalah pur. Malon hutang ber kali2, berkali kali pula di rasuah. Kapal mangkrak, kasel ga bs selam. Malon bangsa idiot.

    BalasHapus
  92. Indon...kena ada beberapa kategori lagi:-
    1. Yang belum mendapat PSP.
    2. Yang sudah mendapat PSP.
    3. Yang sudah mendapat PSP tapi belum dibayar.
    4. Yang sudah mendapat PSP tapi nunggak bayaran.
    5. Yang sudah mendapat PSP tapi masih mahu negosiasi lagi.
    6. Yang sudah mendapat PSP tapi mahu dikansel.

    Wkwkwkwkwkwkwkwk.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komen ora jelas. Khas level GORILA ... wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. SEWA 4x4 = Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula
      SEWA HELI = Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
      SEWA HELI = 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang akan ditempatkan di No.3 Skuadron, Pangkalan Udara Butterworth
      SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
      SEWA BOAT = sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
      SEWA HIDROGRAFI = tugas pemetaan data batimetri bagi kawasan perairan negara akan dilakukan oleh sebuah kapal hidrografi moden, MV Aishah AIM 4, yang diperoleh menerusi kontrak sewaan dari syarikat Breitlink Engineering Services Sdn Bhd (BESSB)
      SEWA MOTOR = The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT Superbikes for the Enforcement Motorcycle Squad on December 22nd, 2022
      SEWA PESAWAT = ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario. ITTC operates a fleet of Aero Vodochody L-39 featuring upgraded avionics for the FLIT programme
      🤣GENG SEWA MENUNGGU 2045, 2050 DAN 2053🤣

      Hapus
    3. AKIBAT HUTANG 82% DARI GDP .....
      2053 = Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu
      2050 = “Mengikut Pelan Transformasi 15 ke 5 TLDM, ia dijangka akan memiliki 12 buah kapal Littoral Combat Ship (LCS), tiga buah kapal Multi Role Support Ship (MRSS), 18 buah kapal Littoral Mission Ship (LMS), 18 buah kapal Patrol Vessel (PV) dan empat buah kapal selam menjelang tahun 2050,”
      2045 = Diterangkan Utusan Malaysia, mereka baru bisa mendapatkan C-130 J Super Hercules paling tidak di tahun 2041 hingga 2045.

      Hapus
    4. MOF = Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu dibuat bagi tujuan pembiayaan defisit dan membiayai semula hutang yang matang mulai 2024 dan seterusnya, kata Kementerian Kewangan...
      PMX = The status of that potential acquisition is uncertain. The new Malaysian prime minister, Anwar Ibrahim, unveiled a new budget that substantially increased the country’s debt...
      PMX = “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      🤣GAYA PRANK HUTANG PMX🤣

      Hapus
  93. min ituw skrinsut PSP warung seblah kocak dech,
    yg belum katanya geng prencis:
    rudal udara ke udara
    f-15ex
    penambahan aewc
    fremm

    taunya bulan ini yg jalan, 24 F-15ex ama 24 blekhok...ituw ada kabaranahan lho yg teken kcuali blekhok haha!🤭🤭🤭
    mnurutkuh semua yg ditandatangan kabaranahan ituw kontrak 100% aseli,
    biasanya tinggal nunggu efektip aja.
    emg sich ada bbrp yg macet, cukup lama
    sperti esyu-35, tank amfibi bmp/bt-3F, heli Mi-17...
    tp semua kerna masalah geopolitek ruski-yukrein.
    mnurut guwe tinggal nunggu waktuw..tak ada kensel resmi....badai akan berlaluw haha!🤭🤭🤭

    sedangkan yg laen ada kasel CBG II, KT-1B wongbee, c-130J, kt-1b wongbee, dan senjata T-50 yg diteken kabaranahan
    KT-1B dan C-130J datang, sisanya gelep😎

    sedangkan yg kabaranahan tak perna teken,
    tapi dibilang dipesan seperti pesawat CL-515 kanada, 6 T-50...gajelas juntrungannya haha!🙄🙄🙄

    BalasHapus
    Balasan
    1. eiiittt sebentar utuk senjata dan radar t-50 nampaknya uda datang,
      maren ada berita apgred T-50 bareng F-16 EMLU, spertinya di integrasi disituw...
      jadi tinggal CBG-2 dr koryo yg dapet tekenan kabaranahan,
      utk CL-515 dan T-50 tambahan, yg blom kliatan tekenan kabaranahan harap tunggu,

      tapi klo anka, merad hisar, khan..uda diteken kabaranahan ada potonya...resmi haha!🤑🤑🤑

      warganyet FANAAASSssss haha!🔥🔥🔥

      Hapus
  94. KASIAN AKIBAT HUTANG = BERUK SEWA .....
    SEWA 4x4 = Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula
    SEWA HELI = Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
    SEWA HELI = 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang akan ditempatkan di No.3 Skuadron, Pangkalan Udara Butterworth
    SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
    SEWA BOAT = sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
    SEWA HIDROGRAFI = tugas pemetaan data batimetri bagi kawasan perairan negara akan dilakukan oleh sebuah kapal hidrografi moden, MV Aishah AIM 4, yang diperoleh menerusi kontrak sewaan dari syarikat Breitlink Engineering Services Sdn Bhd (BESSB)
    SEWA MOTOR = The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT Superbikes for the Enforcement Motorcycle Squad on December 22nd, 2022
    SEWA PESAWAT = ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario. ITTC operates a fleet of Aero Vodochody L-39 featuring upgraded avionics for the FLIT programme

    BalasHapus
  95. MOF = Kerajaan Persekutuan dijangka dapat menyelesaikan hutangnya pada tahun 2053 dengan mengambil kira tiada sebarang pinjaman baharu dibuat bagi tujuan pembiayaan defisit dan membiayai semula hutang yang matang mulai 2024 dan seterusnya, kata Kementerian Kewangan...
    PMX = The status of that potential acquisition is uncertain. The new Malaysian prime minister, Anwar Ibrahim, unveiled a new budget that substantially increased the country’s debt...
    PMX = “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    🤣GAYA PRANK PMX🤣

    BalasHapus
  96. Gempurwira itu bukan orang malaysia melainkan orang indo yg membenci negeri ini maklum ibu bapaknya PKI jadi segitu bencinya dgn negeri ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha kemarin ada yang bilang dia itu beruk...

      Pandai sangat itu beruk
      😂😂😂

      Hapus
  97. Hutang jadi aset

    -Malon LCS hutang jadi bangke....hahaha.
    -Hutang buat bayar sewa


    Kebodohan beruk Malon...hahaha

    BalasHapus