04 Agustus 2023

Pengiriman 12 UAV Anka Akan Dilakukan 32 Bulan Setelah Kontrak Efektif

04 Agustus 2023

Kendaraan udara tak berawak TUSAŞ Anka dirancang sebagai platform intelijen, pengawasan, dan pengintaian dengan ketinggian sedang dan tahan lama. Namun, itu juga dapat mengintegrasikan amunisi mikro pintar seperti amunisi udara-ke-permukaan Roketsan MAM-L (image : Jane's)

Kementerian Pertahanan Indonesia (MoD) mengatakan bahwa pihaknya sedang dalam proses mengakuisisi 12 kendaraan udara tak berawak (UAV) medium-altitude long-endurance (MALE) milik Turkish Aerospace (TUSAŞ) Anka (Pheonix).

Dalam pengumuman di akun media sosialnya pada 31 Juli, Kementerian Pertahanan mengatakan proses pembelian ditandai dengan penandatanganan kontrak senilai USD300 juta dengan TUSAŞ. Kementerian Pertahanan menambahkan bahwa kontrak ditandatangani pada 3 Februari.

Pengumuman yang kemudian dihapus itu menambahkan, “kontrak sedang dalam proses aktivasi” di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Pengiriman 12 unit Anka UAV akan dilakukan 32 bulan setelah kontrak efektif.

Rencana akuisisi berpotensi memenuhi persyaratan yang telah lama diutarakan Indonesia untuk UAV MALE. Menurut data Janes, Jakarta telah berupaya memperoleh platform tersebut sejak 2017. Pada Februari, media Turki melaporkan bahwa Indonesia memesan 12 Anka UAV. Namun, Jakarta belum merinci rencana akuisisi tersebut.

Perwakilan Kementerian Pertahanan menolak mengomentari masalah tersebut kepada Janes pada saat publikasi.

Selain pengadaan UAV dan peralatan utama, Kementerian Pertahanan mengatakan dalam pernyataannya bahwa kontrak tersebut juga mencakup komponen tambahan seperti dukungan logistik terintegrasi (ILS), Dukungan Darat dan Peralatan Uji/Ground Support and Test Equipment (GSTE), simulator penerbangan, dan hanggar. infrastruktur. Pelatihan serta masa garansi 24 bulan atau 600 jam terbang (mana yang tercapai lebih awal) juga disertakan, tambah pernyataan itu.

(Jane's)

135 komentar:

  1. lha si janes kagak nonton ke turki sich kesian haha!😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Janes gak omongin KCR 60 firing rudal barusan oom..?

      Ahahahahaaaa...

      Hapus
    2. si Janes lagi ngak boleh pergi kemana mana sama lakinya 🙂

      Hapus
    3. wartawan si janes mana brani om pedang, lha mereka dulu yang pertama howaks sebut kcr 60m generasi awal di dongred tanpa rudal, gegara box rudal dicopot pada masa apgred pasang CIWS di buritan haha!😆😆😆
      nohhh maren c-705 ON Fire haha!🚀🚀🚀

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. si jono lakinya yak haha!😆😆😆

      Hapus
    6. Janes kayaknya nggak boleh dekat2 ke PT PAL. Gara2 mereka, info FPB57 yg ada di internet rada kacau.

      Hapus
    7. nyoiiihhh agen mrk yg ngaku lokal kontributor yg selama ini terlalu banyak gali info di pt pal, fetedei ampe kemhan...

      skrg keknya ada kemajuan dr sistem keamanan info di kemhan ama pt pal...lebih rapat
      buktinya mrk gak tau soal anka ama kemajuan frigat merah putih/AH-140 ampe pujaan warga burung biru eh X mati kutu slama 7 bulan tiba2 modul uda jadi haha!🤣🤣🤣

      padahal sblomnya pada sibuk howaks proyek ini gak jalan dsb.
      skrg pada nyaho tuch om irs haha!😋😋😋

      Hapus
  2. "Dari rencana 12 unit, sebanyak enam akan kami datangkan utuh Agustus tahun ini dan enam lagi akan dirakit di PT DI," katanya dalam wawancara dengan delapan media dari Indonesia dan Malaysia di sela-sela IDEF'23, Kamis 27 Juli 2023.
    —————-

    ogos yak...6 dolo gpp haha!🤫🤫🤫

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu orang media KL ga ada yang nanyain kapan jatah pesenan mereka oom..?

      Ahahahahaaaiy

      Hapus
    2. Yoii......6 unit dulu untuk TNI AU, yang untuk Angkatan AD dan AL dibuat PT DI menyusul 🙂

      Hapus
    3. guwe nunggu om marhalim nulis si jono eh joneses 12 anka kita lbh banyak dr 3 haha!🤫🤫🤫

      Hapus
  3. Kalo kita drone elang hitam jiran mahawangsa mahaberuk akan mengeluarkan drone jenis baru drone beruk hitam...

    BalasHapus
  4. Cakap genk melon 3 lebih haibat daripada 12, dasar otak dengki, SALAM KUCING OMPONG MALAYA miaw..miaw..miaw 😂😂😂

    BalasHapus
  5. 12 unit kebanyakan itu,malah lebih baik beli 3 aja heheh

    BalasHapus
  6. Mari kita mengajarkan GORILLA MALAYA berhitung lebih banyak mana ?.....3 atau 12 unit ANKA 😁😄😄😆

    BalasHapus
  7. Lihaaaat.....nanti kan ada BERUK MALAYA yang katakan 88 kt itu sama dengan 88 Km/perjam, padahal 88 kt itu sama dengan 163 km/jam.....Hadeeeh 😁😄😄😆

    BalasHapus
  8. Yang penting Proyek DRONE ELANG HITAM tetap lanjut walau bukan untuk COMBATAN, tapi berkemampuan Intelijen, Surveillance, Recon ( ISR ) tentu bisa untuk misi PENGINTAIAN Militer 👍🙂

    BalasHapus
  9. eiitttt masyuk bulan 7 eh ogos pake eko haha!😀😀🙂

    BalasHapus
  10. 32 bulan agak kurang wajar walau konsepnya joint production, PT DI terkesan kurang komit kalau sampai 32 bulan padahal cuma 6 unit yang dibikin sama mereka. Kecuali kalo PT DI kasih informasi back log pesanan sekarang yg penuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pihak turki aja ngomong AGUSTUS InI datanya om MECHA... Tunggu aja

      Hapus
    2. Itukan yang dibikin sama Turki 6 unit, dan 6 unit sama PT DI. Yang aku permasalahin 32 bulan ini pasti gara2 PT DI ngelobi agar deadlinenya lama pakai alesan konsep joint production.

      Hapus
    3. Padahal Turki kurang dari 8 bulan juga yakin 12 unit selesai, eh malah 6 unit dikasih ke PT DI jadi delay ke 32 bulan.

      Hapus
    4. Setahun lebih buat setup production line baru biasa saja. Itu juga artinya ada perkiraan buat nambah di masa depan. Kecuali mau gaya divisi rotary wing mereka. Itu baru agak mengkhawatirkan.

      Tergantung TKDN, ada kemungkinan yg paling lama malah nego dengan suplier lokal.

      Hapus

  11. AMANDA CHANEL23 Mei 2022 pukul 08.27
    Hairan aku, nape kuno always menyibukkan, padahal diorang juga sangat kuno, cuma hayal kah kah
    ><><><><><
    ⛔️No Sale of Hornets to Malaysia⛔️ "Greetings from EMIR of the State of Kuwait" 24 December 202123 Mei 2022 pukul 09.47
    Otak lue kuno dan hayal ASUwandaruw.

    —————-

    lha kocak om daruw kloningin amanda cenel.....ambyarrr haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  12. SAYANG DRONE ELANG HITAM TIBA² DIHAMBAT PADAHAL PUNYA KAPASITAS LEBIH BESAR , NKRI 🇮🇩 BISA MANDIRI UNTUK INI & TINGGAL UJI SERTIFIKASI UNTUK PRODUKSI , SELAIN TELAH PERSIAPKAN UNTUK DI INTEGRASI SISTEM ROKET YANG TELAH SIAP DI INTEGRASI.

    KEMANDIRIAN HENDAK DI KEBIRI OLEH YANG TIDAK BERKEMAMPUAN TAPI INGIN PAMER ALUTSISTA , KARAKTER ORANG INGIN GELAR AKADEMIK TAPI OTAK TIDAK SAMPAI KEMUDIAN BELI IJAZAH (DIPLOM)PINGGIR JALAN ATAU SUAP UNTUK DAPAT IJAZAH INSTANT.

    PARAH !

    KEMANDIRIAN YESS !

    BalasHapus
    Balasan
    1. apanya yg dihambat om tsotau, ente baca berita tap hari gak?
      ituw bos proyeknya sebut prototaip 1 gagal tes terbang desember 2021 haha!😂😂😂

      “Laksana menjelaskan keputusan pengalihan versi ini diambil setelah adanya evaluasi dan audit mendalam pasca-kegagalan Elang Hitam terbang dalam momen uji coba pada Desember 2021”

      Hapus
    2. sini jidat luh guwe fentung dolo supaya kembali ke jalan yg bener Tung Tung Tung🔨🔨🔨 haha!😋😋😀

      Hapus
    3. TsetoW ini kek nya Gempur versi lokal....
      Cm yg jelas SOK TEWU, pada hal GUOBLOK TENAN gak kira-kira.....

      Hapus
  13. Memalukan!! 5 Polis Paling Korup Di Asia Tenggara

    https://www.youtube.com/watch?v=5IVGwFUny9Ya

    Hehehehe .. Apa yang mahu nak dikata .. Fakta yang X terbantahkan bahwa ternyata polis Inson adalah polis No. 1 paling rasuah atau korup di Asia Tenggara dan No. 12 di dunia ...

    Jadi X salahlah jika negara Konoha sering juga disebut negara para maling ... Hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus.
      “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi.
      🤣PANTAS GROUNDED NO SHOPPING🤣

      Hapus
    2. Ibu Negara Paling Korup, Dulu di Istana Kini di Penjara

      Jakarta, CNBC Indonesia - Ibu negara biasanya terkenal dengan sosok yang karismatik dan inspiratif. Namun ternyata ada sejumlah ibu negara atau pasangan dari presiden memiliki gaya hidup konsumtif, mewah, dan glamor.
      Sebagian dari mereka juga terkenal memiliki gaya hidup glamor hingga terseret kasus korupsi. Berikut ini adalah 5 daftar ibu negara paling korup di dunia:

      . Rosmah Mansor, Malaysia
      Rosmah Mansor, wife of Malaysia
      s former Prime Minister Najib Razak, leaves a court in Kuala Lumpur, Malaysia October 4, 2018. REUTERS/Lai Seng Sin" title="rosmah mansor" />Foto: Istri mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak Rosmah Mansor, meninggalkan pengadilan di Kuala Lumpur, Malaysia (REUTERS/Lai Seng Sin)
      Rosmah Mansor merupakan istri Najib Razak, mantan perdana menteri Malaysia. Ia menyandang status sebagai Ibu Negara Malaysia mulai 3 April 2009 hingga 10 Mei 2018.

      Rosmah menyusul suaminya Najib Razak yang telah lebih dulu masuk penjara dengan vonis 12 tahun atas kasus korupsi terbesar di negara tersebut.

      Pada 1 September lalu, Rosmah dijatuhi hukuman 10 tahun penjara dan denda RM970 juta (US$216 juta) atas kejahatan yang dilakukannya. Perempuan berusia 70 tahun itu dinyatakan bersalah karena meminta dan menerima suap sebesar 194 juta ringgit atau setara Rp 643 miliar sebagai imbalan untuk membantu kontrak pemerintah 1,25 miliar ringgit (Rp 4,1 triliun) untuk memasok energi ke sekolah-sekolah pedesaan di negara bagian Sarawak.

      Rosmah Mansur diketahui memiliki gaya hidup glamor karena gemar mengoleksi tas mahal hingga berlian. Ia dilaporkan memiliki koleksi 500 tas Hermes dan 12.000 perhiasan.

      Media setempat melaporkan, saat otoritas Malaysia melakukan penggeledahan terkait kasus korupsi yang melibatkan sang mantan ibu negara, tas tangan milik Rosmah Mansor diangkut dengan lima truk polisi.

      WOOOOW MANTAP IBU NEGARA PALING KORUP D DUNIA

      🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔


      HIK...HIK...HIK

      Hapus
    3. Dewan Negara dimaklumkan bahawa Kementerian Pertahanan (MINDEF) telah mengesan dan merekod sebanyak 43 kes pencerobohan pesawat-pesawat asing terhadap ruang udara negara untuk tempoh Januari hingga Mei tahun ini......
      🤣AYAM SAYURRRRR🤣

      Hapus
    4. https://m.kbr.id/berita/internasional/06-2014/polisi-tangkap-6-tentara-malaysia-pelaku-pemerkosaan/11621.html


      Luar biasa tentara mal9n

      Hapus
    5. NEGARA AYAM SAYUR TAK PERNAH CERMIN DIRI...APA ORANG MALINGCIA KAYAK GINI SEMUA YA????


      🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔


      HIK....HIK..HIK

      Hapus
    6. Itu si najib...korup..kasus skandal scorpene..🤣🤣

      Hapus
    7. Halah ngatain Indonesia korup.
      PM Malon bininya korup semua.
      Gue ke Malon, bea cukainya di bandara korup. Minggirin gue trus bilang minta RM200. Begitu dikasih itu barang gak pakek diperiksa & dilihat aja tidak. Langsung tenteng. Seandainya Narkoba atau bom lewat aja itu barang.
      Masih mending di Soetta....
      Ngomongin orang korup, negara die jauh lebih korup...

      Hapus
  14. Sebanyak 43 pencerobohan ruang udara Malaysia direkodkan sepanjang 5 bulan pertama 2023......
    🤣BUKTI GROUNDED UDARA🤣

    BalasHapus
  15. KorSel Geram!! Pembuatan Pesawat Tempur KF-21 Boramae Indonesia Minta Dicepatkan, Ini Alasannya

    https://www.youtube.com/watch?v=64SWe5-NJRg

    Jika betol... .. betol-betol jahanam Indon ini ... X mahu bayar kewajibannya hingga kini .. tetapi masih juga sombong dan sembang .... Hehehehe

    Memalukan negara ASEAN dan tentu telah merusak maruah bangsa melayu mahawangsa di mata dunia ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hubngan ny sama melayu apa?
      Are smart but..silly

      Hapus
    2. Ha ha ha ha ha ada beruk mahawangsa yg panas. Ha ha ha ha. Tenang ruk beruk. Proyek itu tetap jalan. Karena indonesia akan beli 48 unit.

      Hapus
    3. Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus.
      “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi.
      🤣TIDAK MAMPU BAYAR HUTANG🤣

      Hapus
    4. Otak korslet Beruk Semenanjing diatas sedang kumat ...Bangsa Lu lon yang memalukan kenapa bina kapal je tak jadi jadi .. 13 Tahun otak 1ccc memang pantas dikatakan Big Stupid 👎👎👎🐷lawak lu lon

      Hapus
  16. malon monyeeeetttt 🤣🤣🤣🤣 banyak cakap...dasar muoonyeeeet 🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  17. Urusan KFX itu kerjasma antara indonesia dan korsel DAPA kAi
    Urusan sma melayu mahawangsa apa 😀😅

    BalasHapus
  18. KENAPA HANYA DI MALAYSIA AKU JUMPA HAL INI, STELAH PULUHAN NEGARA AKU KUNJUNGI..

    https://www.youtube.com/watch?v=8NcIOBkBnMU

    Hanya Malaysia saja yang memberi kesan TERBAIK bagi TURIS MAT SALEH ini ....

    Mengapa hal ini boleh berlaku .. Silakan simak video di atas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus.
      “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi.
      🤣GROUNDED NO SHOPPING🤣

      Hapus
    2. Ha ha ha ha ada beruk mahawangsa halu. Ha ha ha ha

      Hapus
    3. Malon kerajaan rasis, Bangsa pemals, tukang klaim wkwkwkwk wkwkwkwk

      Hapus
    4. Pertanyaan saya aja gak bisa jawab hahhaa

      Hapus
  19. Kasihan, beruk mahawangsa tdk bisa pamer barang baru, terpaksa ngetroll gak jelas. Ha ha ha ha kasihan beruk mahawangsa

    BalasHapus
  20. MENGEJUTKAN❗ KECEPATAN JARINGAN 5G MALAYSIA PALING NGEBUT DI DUNIA❗TERNYATA SEGINI KECEPATANNYA❗

    https://www.youtube.com/watch?v=lCJtxDEcMxo

    Jangan DENGKI dan IRI ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow mengejutkan negara beruk.mahawangsa sudah 5G. Tapi kenapa China betah di BTA tanpa diusir beruk2 ya

      Hapus
    2. Dengki dgn hal kecil..hahh..gak ngotak bgt

      Hapus
    3. Lagi asek tanam sayur..konon sudah ada fpda yg cover kerajaan gak jelas malon.
      Cucok meong

      Hapus
  21. HAHAHAHHAHA... AKAN...

    Ternyata masih dalam perundingan

    BalasHapus
  22. Saya sudah kata kontrak belum efektif tapi GORILLA klaim sudah beli... HAHAAHHHA

    MEMALUKAN... HAHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah Ya Rahman Ya Rahim...
      Terimalah segala dosa-dosa mereka yg ngetroll dgn menggunakan akun GEMPURWIRA Ya Allah.
      Berikanlah Azabmu yang setimpal kepadanya.
      Percepat azab Mu baik di Dunia maupun di akhirat kepada yg menggunakan akun GEMPURWIRA.
      Perih kan Azab Mu, Kekal kan mereka di Neraka Jahanam. Jadikan mereka sebagai bahan bakar Api Neraka Ya Allah.
      Hentikan segala Rahmat Mu, Hentikan Rezeki Mereka. Hapuskan segala amalan mereka, hapuskan amal ibadah mereka, hapuskan amal jariah mereka, hapuskan amal baik mereka. Turunkan siksa Mu segera Ya Allah. Berikan mereka azab yang tak terkira baik di dunia maupun diakhirat. Tutup ampunan Mu kepada mereka ya Allah. Jadikan Mereka mahluk paling hina dina baik di dunia maupun di akhirat.
      Tempatkan mereka sama dengan iblis, Firaun, Qorun, Abu Jahal, Dajjal di Neraka Jahanam. Limpahkanlah segala dosa dosa kami kepada mereka ya Allah agar mereka memikul azab Mu Ya Allah.
      Amin...Amin...Ya Robbalalamin....

      Hapus
  23. Kata kunci... KONTRAK BELUM FINAL... HAHAHHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemudian X lama lagi akan keluar kata-kata mistik dan keramat ini ...

      DIBATALKAN
      DITANGGUHKAN
      DITUNDA


      INDON yang sudah MIMPI BASAH kemudian baru sedar bahwa itu semua hanyalah PRANK ... Hehehehe

      Hapus
    2. Betul bro.... Mungkin wang HUTANG LENDER belum cair.... HAHHAHAHAHHA

      Hapus
    3. Dari rencana 12 unit, sebanyak enam akan kami datangkan utuh Agustus tahun ini dan enam lagi akan dirakit di PT DI," katanya dalam wawancara dengan delapan media dari Indonesia dan Malaysia di sela-sela IDEF'23, Kamis 27 Juli 2023.
      🤣 SEBELAH ANKA VERSI AKAN 🤣

      Hapus
    4. Masa ngomongin negara sendri.
      Www.rafalemalaysia.com
      SHp caesar
      Kapal LCS mangkrak

      🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  24. Ternyata ANKA versi MEMBUAL... HAHAHAHAHAH

    BalasHapus
  25. Sssstttt...SUDAH TERHUBUNG KUWAIT KONON 😁😁😁😂😂😂😅😅😅 LAWAK!

    BalasHapus
  26. Ogos
    Ujung tahun
    Last last kensel

    ini kata” yg tepat untuk SPH yavuz haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  27. INDONESIA SIGNING FOR 12 ANKA UAV FROM TURKISH AEROSPACE

    Indonesia signing contract for USD 300M, for 12 ANKA UAV. Deal signing on 2 February 2023 at Indonesia Ministry of Defense Office, Jakarta, Indonesia.

    The 12 UAV, will deliver as 3 systems, for 6 UAV Indonesia Airforce, 3 UAV for Indonesia Army, and 3 UAV for Indonesia Navy.

    This project also include the offset program and ToT for Indonesia Industry and Universities as beneficiaries, continuing with the local content for the final assembly and MRO. Turkish Aerospace also committed to support local Indonesia AUV, Elang Hitam Project.
    https://tusas.co.id/?p=343
    ——————-

    link kita slaluw legit lezatttt....haha!🤑🤑🤑
    bukan akan cem seblah...last last kense lgs berbual bla blaa blaaa...
    para warganyet mari berkaca: tengok bajet kecik dololah haha!😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kita sudah punya Ch4 rainbow om,philipine ada hermes,malon..masih krik krik krik...katanya tunggu lender juga om wwkwk

      Hapus
    2. KL hermes ada tapi berupa yas henbeg om haha!😂😂😂

      Hapus
  28. Horee shopping lagi, manakala malonmasih akan akan akan tak satupun realisasi wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  29. Anka Malon kapan nak datang puuur , ooouups prank , takde Wang nak hutang lender takut tak mampu bayar wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  30. Dari rencana 12 unit, sebanyak enam akan kami datangkan utuh Agustus tahun ini dan enam lagi akan dirakit di PT DI," katanya dalam wawancara dengan delapan media dari Indonesia dan Malaysia di sela-sela IDEF'23, Kamis 27 Juli 2023.
    🤣 SEBELAH ANKA VERSI AKAN 🤣

    BalasHapus
  31. Versi akan lon..
    Kita dah punya 8 unit CH4 rainbow,kalo ditambah lgi 12 unit makn byk punya.

    BalasHapus
  32. www.rafalemalysia.com
    Terhubung kuwait
    SpH caesar

    Apa tuh lon kata2 mistik..dikaji lagi cancel.wkwkkw🤣🤣🤣

    BalasHapus
  33. Berati FA50 itu jg tunggu lender gt lon..kok belum final juga
    Asli konyol 🤣🤣

    BalasHapus
  34. Kontrak belum final sudah diklaim beli..... MEMALUKAN... HAHHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus.
      “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi.....
      🤣PATUTLAH NGEMIS KUWAIT 🤣

      Hapus
  35. Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus.
    “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi.....
    🤣NO SHOPPING🤣

    BalasHapus
  36. Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus.
    “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi.....
    🤣NO SHOPPING🤣

    BalasHapus
  37. Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus.
    “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi.....
    🤣NO SHOPPING🤣

    BalasHapus
  38. MALAYSIA BELI 3 UAV ANKA S-CASH

    INDON...KONTRAK BELUM FINAL kecuali geng PEMBUAL klaim kononnya sudah beli... HHAHAHAHAHA

    BalasHapus
  39. Imposible yg dikatakan beruk2 melon bayar cash
    FA50
    Anka
    AtR
    Pasti gunakan lender luar aka hutang
    Well see 😁🤭

    BalasHapus
  40. Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus.
    “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi.....
    🤣PATUTLAH NGEMIS KUWAIT🤣

    BalasHapus
  41. SPH yavuz,SPH Caesar,terpaksa di cancel tunda,lalu kita tunggu ngemis hornet second part 4 apakah terhubung juga nnti
    Kehkehkeh

    BalasHapus
  42. GEMPURWIRA4 Agustus 2023 pukul 20.40
    MALAYSIA BELI 3 UAV ANKA S-CASH

    INDON...KONTRAK BELUM FINAL kecuali geng PEMBUAL klaim kononnya sudah beli... HHAHAHAHAHA

    Where ITS the cash ? We don't see

    BalasHapus
  43. ANKA S versi MALAYSIA..... Pesanan KHAS.... Pakai radar maritim guys.... ORANG KAYA

    Ditanya sama ada Malaysia akan memperolehi varian Anka-S, beliau mengesahkan bahawa negara akan menggunakan varian Anka-S yang turut sama digunakan oleh Tentera Udara dan Tentera Laut Turkiye.

    Varian Anka-S diperolehi oleh Malaysia katanya, akan dilengkapi dengan sistem radar maritim yang amat berkeupayaan, malah lebih berkeupayaan daripada yang digunakan oleh Tentera Udara Turkiye.

    BalasHapus
  44. Kami tunggu statment berita shoping kerajaan beruk pakai cash ...ada yg berani tunjuk bukti.
    🤭🤭🤭🤭

    BalasHapus
  45. Kasihan sebelah ni aset ..mau shoping ternyata lagi tunggu dpt lender secara diam diam

    Hhshhh...aneh sekali

    BalasHapus
  46. Malah radar maritim yang dipasang pada UAV ANKA S pesanan MALAYSIA labih berkuasa dari yang dipakai oleh pihak Turki...

    YANG NGEMIS MENCARI PENGUTANG tu tepi sikit... HAHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus.
      “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi.....
      🤣PATUTLAH NGEMIS KUWAIT🤣

      Hapus
  47. Indo beli 12 unit
    Lalu sebelh beli 3 biji...apanya bayar cash beli sikittt sekali luar biasa pembualan pembohong an publik

    Lonn..lon...nih pisangg maem dolo,😄😄😅😅

    BalasHapus
  48. Yokkk tunjuk lh jika sudah byr cash ada lon berita nya wkwkkww...

    Ksihn cuma sedapkan hati kerajaan miskin cuma bisa beli. 3
    Huhuhu

    BalasHapus
  49. Miskin...beli cuma 3 sembang byr cash punya byk
    Tahu nya ...wkwkkkw
    Sikitttt...sikittt tepi sikitt

    BalasHapus
  50. 3 biiiji miskinnnn...cashh cash cash...adoiiii tipu2 musllihat
    Wwkkw

    BalasHapus
  51. TAK
    Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus.
    “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi.....
    🤣PATUTLAH NGEMIS KUWAIT🤣

    BalasHapus
  52. Yang miskin tu yang NGEMIS KE LENDER NGUTANG mau ANKA... HAHAHHAHAH

    Itu pun kontrak belum final... Hhahahahaha

    BalasHapus
  53. TAK BAYAR HUTANG.....
    Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus.
    “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi.....
    🤣PATUTLAH NGEMIS KUWAIT🤣

    BalasHapus
  54. Beli 3....aduhh miskin sangat sikittt wkwkkw

    Awokawokawok😂😂😂😂

    BalasHapus
  55. LAH SELURUH ANKA-S PAKAI RADAR TOLOL.


    INDONESIA PIN ANKA-S

    TOLOL... TOLOL

    BalasHapus
  56. Shoping 3 ANKA special addition CASH... Lengkap radar maritim ya GUYS UAVnya.. Versi MAHAL... HAHAHHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. ANKA-S PAKAI RADAR bukan HANYA VERSI HALU/KHAYAL MALAYSEWA 🇲🇾🇲🇾🇲🇾

      INDONESIA PON ANKA-S


      Hapus
  57. Kalo ada cash knp nak beli 3 biji lon..tanya je
    Wkwkkwkw...buall
    Smpai ngemis2 hornet bekas pun ditolak

    Wkwkkwkw ..konyol gempoorio koment 😂😅

    BalasHapus
  58. RADAR MARITIM la gorilla... Versi ada kubah radar dibawah ANKA.... Gorilla apa tahu... HHAHHAHAHHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. TAK BAYAR HUTANG = BERUK KLAIM SHOPPING....
      Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus.
      “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi.....
      🤣PATUTLAH NGEMIS KUWAIT🤣

      Hapus
  59. Kmi pun beli pun plus weapon rudal wkkww
    Lh beli 3 biji

    Miskinnnn ...

    BalasHapus
  60. Gorila teriak gorila...apaa tahu kerajaan juga hutang wkwkwkw

    BalasHapus
  61. ANKA S MALAYSIA dipasang radar maritim guys... Baca guys

    Ditanya sama ada Malaysia akan memperolehi varian Anka-S, beliau mengesahkan bahawa negara akan menggunakan varian Anka-S yang turut sama digunakan oleh Tentera Udara dan Tentera Laut Turkiye.

    Varian Anka-S diperolehi oleh Malaysia katanya, akan dilengkapi dengan sistem radar maritim yang amat berkeupayaan, malah lebih berkeupayaan daripada yang digunakan oleh Tentera Udara Turkiye.

    BalasHapus
  62. INDONESIA 12 unit UCAV ANKA USD 300 JUTA untuk 3 matra TNI :
    > TNI AU > spesifikasi teknis sendiri
    > TNI AL > spesifikasi teknis sendiri
    > TNI AD > spesifikasi teknis sendiri


    malon 3 unit ucav anka usd 100 juta.

    Paham kan BEDANYA ?

    BalasHapus
  63. BEZA KAN.... HHAHAHHAHAHA

    MALAYSIA BELI CASH
    IN-DON HUTANG LENDER

    BalasHapus
    Balasan
    1. BAYAR HUTANG TAK MAMPU = BERUK KLAIM CASH....
      Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi.....
      🤣PATUTLAH NGEMIS KUWAIT🤣

      Hapus
  64. TAK BAYAR HUTANG = BERUK KLAIM CASH....
    Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi.....
    🤣PATUTLAH NGEMIS KUWAIT🤣

    BalasHapus
  65. TAK BAYAR HUTANG = BERUK KLAIM CASH....
    Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi.....
    🤣PATUTLAH NGEMIS KUWAIT🤣

    BalasHapus
  66. CERDASNYA INDONESIA ADALAH :
    1. Cash on Hand INDONESIA TETAP TERJAGA DAN BISA DIALOKASIKAN UNTUK INVESTASI ASSET MILITER LAINNYA.

    2. DUKUNGAN LENDER YANG BERIKAN BUNGA RENDAH MENDORONG KERJASAMA INTERNASIONAL BIDANG FINANCING YANG SALING MEMGUNTUNGKAN BERSAMA.

    3. INDONESIA MENDAPATKAN HAK MRO DAN ASSEMBLY LINE DI PT. DI SEBAGAI BAGIAN ToT.

    4. UNIVERSITAS UNIVERSITAS DI INDONESIA AKAN DILIBATKAN DALAM PROSES ToT UCAV yang mendorong project UAV Elang Hitam dan lainnya.

    Paham kan bedanya ?

    Gimana lon malon....elo SEMAKIN TERTINGGAL LAGI .....HAHAHAHA

    BalasHapus
  67. Beda anka malon pakai wang kopi....hanyà bisa intai saja..wkwkwk

    BalasHapus
  68. Itu pun ngemis LENDER minta HUTANG mau buat beli ANKA.... HAhhahahaha

    BalasHapus
  69. Kalo nnti terbukti byr nya hutang ...whatcagonnado lon wkwkkw

    BalasHapus
  70. Kenapa lon malon ? KEPANASAN SAMBIL LONCAT LONCAT TERIAK TERIAK KARENA KALAH LAGI DENGAN STRATEGI INDONESIA , right ?

    BalasHapus
  71. Malon makin tertinggal dalam belanja militer. Malon hanya unggul dalam jumlah hutang yg sudah 82% dari GDP ha ha ha ha ha

    BalasHapus
  72. banyak mana
    12 VS 3 haha!😀😀😀

    $ 300 juta dolar uhuuyyy
    makloum BEDA LEVEL><BEDA KASTA

    BalasHapus
  73. CH-4b versi ELINT punyak kita aseli
    bukan gambar cem KL HALU haha!😄😄😄

    In addition to carrying a variety of sensors and dedicated ELINT or COMINT pods, Indonesia's CH-4Bs can be armed with several munition types on the UCAV's four underwing hardpoints
    https://1.bp.blogspot.com/-7ycjuFNPXH4/YS4G7aiwAaI/AAAAAAABXuA/vEd6I9up8E0Oq7hTSSHbon_SaLVJe9hiwCLcBGAsYHQ/s1080/i896523nr.jpeg

    BalasHapus
  74. Indonesia Punya Drone Tempur CH-4, Ini Spesifikasi dan Kelebihannya
    https://defense-studies.blogspot.com/2019/09/indonesia-punya-drone-tempur-ch-4-ini.html?m=1
    ———

    kita uda punyak dron tempur bukan AKAN apalagi dalam bentuk Poto haha!😂😂😂

    kesian warganyet KL, Ktinggalan Lagiiiii.....jaaaauuuhhh

    BalasHapus
  75. kesian Warganyet KL gak punyak dron male
    harap banyak last last KENSEL haha!🤣🤣🤣

    ya maklum bajet kecil bagi 5 haha!🤭🤭🤭

    BalasHapus
  76. paner lagi ahhh progress Arrowhead140 kita gaesz, kesian warganyet KL masi aja muter2 di kapal Salah Fotong ama kapal Miring haha!🥴🥴🥴

    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh58r7PD7PSJUJsrRw7jwW1S2ANbXn7qIcmyYyg9mn2Le5D8aGdpwLofUd0H0ELSySwK5FQi1geRAiTK4o1lox7SNjOxVTJW1RUE6wzetmvlCCEhvj8_mKHyd__xYRmd-ePoxlOCPy2hESWqAhLu5yH9Su5dXh5dDkHDNClFCfzdKqU-pItZQf_p4f1Ujsh/s1357/KRI%20Merah%20Putih_Babcock_AAyz8G.jpg

    BalasHapus
  77. Ada GORILLA up berita CH4 INDON yang sudah lama tak kelihatan guys... Mungkin ada masalah alat ganti....
    HAHAHAHHAHAHHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memangnya harus diperlihatkan sama gorilla sepertimu, memangnya kau siapa 😂😂😂,dasar beruk maling chia

      Hapus
  78. BEZA KAN ANKA nya.... HHAHAHHAHAHA

    MALAYSIA BELI CASH
    IN-DON HUTANG LENDER malah belum kontrak final

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana kontrak cash nya jangan membual aja pur....

      Hapus
  79. Bayar Cash pakek jemb√t rosmah ya pur wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  80. Oh cuma pesan beli foto aja, kasihan sembang dan bual saja.

    BalasHapus
  81. Typical Indon....mendoneaaa.
    Lender belum ada, kontrak belum sign, dah buat berita mcm dah bayar habis...lepas sign kontrak, belum tentu bayar lg...menunggak bayaran aje le kerje nyerr...
    Itulah INDON.
    Wkwkwkwkwk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Typical beruk.....
      Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi.....
      🤣PATUTLAH NGEMIS KUWAIT🤣

      Hapus
  82. Apalagi malon...semua jiran sudah tau kemàmpuan militer kalian sudah jauh ketinggalan di semua matra....sudah LEMAH....dan tidak punya teloŕ🐒🐒🦧

    BalasHapus