11 Agustus 2023

Hasil-hasil dari Kemhan Ikuti IDEF 2023 di Tukiye

11 Agustus 2023

Courtesy call dengan STM membahas tentang kapal selam ALPAGU (photo : Kemhan)

The 16th International Defence Industry Fair (IDEF) 2023 di Turkiye

IDEF tahun 2023 merupakan pameran produk dan industri pertahanan ke-16, dilaksanakan pada tanggal 25 s.d. 28 Juli 2023 dengan tema “The Grand Meeting of the Defence Industry is in Istanbul”, yang menampilkan produk industri pertahanan bidang Land Forces, Naval, Aviation and Aerospace, Transportation and Logistic Support Activities, dan Security. Pameran menjadi momentum penting sebagai ajang pertemuan antar pemangku kepentingan dan kebijakan bagi seluruh defence industry.

IDEF tahun 2023 dihadiri oleh pejabat sipil maupun militer yang memiliki otoritas serta tanggungjawab terhadap produk industri pertahanan dari semua negara peserta, yang menjadi peluang bagi industri pertahanan Indonesia untuk saling penjajagan kemampuan produk industri pertahanan sebagai ajang peningkatan potensi kerja sama yang berdaya saing, maju, modern dan kompetitif.

STM saat ini mengerjakan modernisasi kapal selam Type 209-1400 Preveze class AL Turkiye (image : STM)

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Dirjen Pothan Kemhan Mayor Jenderal TNI Mohammad Fadjar, MPICT., yang terdiri 13 (tiga belas) Perwakilan Industri Pertahanan Indonesia dan Event Organizer Indo Defence 2024 Expo & Forum PT. Napindo Media Ashatama.

Selama kegiatan pameran, Indonesia Pavilion mendapat kunjungan dari beberapa tamu VIP dari Indonesia dan negara lainnya. Indonesia Pavilion menampilkan produk unggulan pertahanan dalam kegiatan exhibition yang ditampilkan oleh 13 industri pertahanan terdiri dari PT. LEN Industri, PTDI, PT. Dahana, PT. Pindad, PT. PAL Indonesia, PT. Batanghari Sukses Makmur, PT. Ridho Agung Mitra Abadi, PT. Teknik Tadakara Semesta, PT. Surya Sentra Ekajaya, PT. Langit Biru Parasut, PT. Flyion Aero Indonesia (Group IPCD) dan PT. Indonesia Defence Security Technologies (IDST), berupa:

STM bersama Golcuk Shipyard tengah membangun kapal selam Type 214 Reis class AL Turkiye dengan lisensi Jerman (image : STM)

1) BUMN:
a) PT. PAL Indonesia, menampilkan produk berupa Mock up KRI dr. Wahidin
Sudirohusodo-991.
b) PT DI, menampilkan produk unggulan berupa N219.
c) PT. Dahana, menampilkan produk General Explosive Service.
d) PT. LEN, menampilkan Combat Management System.
e) PT. Pindad, menampilkan Mock up Senjata SS2-V5A1, Harimau Medium Tank dan kendaraan taktis maung 4 x 4.

STM juga mempunyai desain kapal selam kecil STM 500 dengan panjang 42m dan bobot penuh 540 ton (image : STM)

2) BUMS:
a) PT. Ridho Agung Mitra Abadi menampilkan produk PHH Anti Riot dan IPP Set.
b) PT. Batanghari Sukses Makmur menampilkan produk berupa Mannequin dan seragam PDL.
c) PT. Infoglobal Teknologi Semesta menampilkan produk Mock up LRU FRT dan Mock Up LRU EDD.
d) PT. Indonesia Defence and Security Technologies (IDST) menampilkan produk IPP Set.
e) PT. Surya Sentra Ekajaya menampilkan produk Mock up P6 ATAV.
f) PT. Flyion Aero Indonesia (Group IPCD) menampilkan produk Mock Up FL 18.
g) PT. Teknik Tadakara Sumberkarya menampilkan company profile produk Marine Service Panel.
h) PT. Langit Biru Parasut menampilkan produk Mannequin dan parasut.

Pada pameran ADEX 2022 di Azerbaijan lalu STM memamerkan kapal selam dilengkapi dengan 'Underwater Transportation Vehicle' (photo : defenceturk)

Dirjen Pothan Kemhan selaku ketua delegasi RI melaksanakan Courtesy Call dan berkunjung antara lain yaitu:
1) Savunma Sanayii Baskanligi (SSB) Presidency of Defence Industries, akan mendukung Indonesia dalam membangun kerjasama dibidang industri pertahanan yang selama ini telah terjalin antara Indonesia – Turkey. Pertemuan juga membahas penawaran kapal selam  ALPAGU yang dibuat oleh STM kepada TNI AL. Pada pertemuan tersebut Dirjen Pothan Kemhan menyampikan bahwa hal tersebut akan dibicarakan di internal Kemhan dan TNI secara bersama-sama.

2) Savunma Teknolojileri Muhendislik ve Ticaret A.S. (STM) merupakan Komite Eksekutif Industri Pertahanan Pemerintah Turki yang bergerak dibidang Naval Platforms, Cybersecurity, Autonomous Systems, Radar Systems, Satellite Technologies, Command and Control Systems, Certificate and Consultancy. Pertemuan membahas kapal selam ALPAGU yang diproduksi oleh STM untuk dapat di follow up kembali oleh pihak Indonesia dan sebagai counterpart dari Indonesia adalah PT. BTI Indo Teknos.

Pada sisi yang lain STM juga mengembangkan Alpagu loitering munition system (image STM)

3) Pertemuan dengan TUSAS Engine Industries (TEI) yang bergerak dibidang Engine Assembly and Testing & Maintenance, Repair and Overhaul dibidang aviation. Pertemuan tersebut dalam rangka menghadiri pemberian support letter dan penandatanganan Minutes of Meeting antara PT. Nusantara Turbin Propulsi, terkait persetujuan TEI untuk mendukung PT. NTP dalam hal:
a) Joint-work Assembly engine T700 untuk rencana pengadaan pesawat Black Hawks di Kemhan RI.
b) Kerjasama MRO engine T700.
c) Maintenance, Repair dan Overhaul LM2500 yang dipakai di KRI kelas Keris dan Badik di TNI AL. NTP akan menjadi extended shop TEI di Indonesia.
d) Kerjasama bisnis untuk engine Makila 1A1 (pesawat Super Puma).

Penandatanganan kerjasama TUSAS Engine Industries (TEI) dengan PT. Nusantara Turbin Propulsi dibidang Assembly and Testing & Maintenance, Repair and Overhaul dibidang aviation (photo : Kemhan)

4) Courtesy Call dengan Skyart, membahas tindaklanjut kerjasama antara Skyart dengan PT. Pindad Enjiniring Indonesia dan berkolaborasi dengan PT. Langit Biru Parasut, yang mana kedua belah pihak telah melaksanakan penandatanganan Mutual Non-Disclosure and Confidentiality Agreement pada tanggal 14 Juli 2022 tentang Parachute Training Center yang akan digunakan oleh Pusdiklatpassus yang terdiri dari tiga training stations yaitu:
a) Airborne Training Simulator/ATS (PTC-1).
b) Landing Training Simulator/LTS (PTS-2).
c) Twist & Rotational Training Simulator/TRT (PTC-3).

5) Kunjungan ke FNSS yang bergerak dalam merancang dan memproduksi kendaraan tempur beroda lapis baja Harimau Medium Tank yang akan digunakan untuk Marinir TNI AL. FNSS berencana untuk kerjasama pengembangan dan produksi bersama dengan PT. Pindad.

Penandatanganan MoU antara PT. PAL Indonesia dan Roketsan terkait Refurbishment 41 kapal TNI AL (photo : Kemhan)

Hasil yang diperoleh selama kegiatan IDEF terdapat beberapa kerja sama diantaranya penandatanganan MoU antara PT. PAL Indonesia dengan Roketsan terkait Refurbishment 41 kapal. Dari beberapa potensi yang telah dibangun melalui kegiatan exhibition ini tentunya Kemhan RI berharap dapat memajukan industri pertahanan Indonesia melalui peningkataan kerja sama mendorong industri pertahanan Indonesia menjadi mandiri, berdaya saing, modern dan kompetintif di kancah dunia international.

84 komentar:

  1. Lihaaaat.....ini semua investasi MAHAAL 💰💰💰 yaaaa, namun NKRI 🇮🇩 akan berupaya memenuhinya karena kami tidak ingin satu jengkal tanah bangsa ini diambil bangsa lain.....itu sudah tekad kami 🙂

    BalasHapus
  2. Wuahhh...byk bgt bumnis juga kebagian serap ilmu dri turki.

    Mantap

    BalasHapus
  3. Ingat turki ingat javuz, ingat ADA Class, ingat Hurjet, ingat TFX semuanya hanya BUALAN sebelah

    BalasHapus
  4. Hasil hasil dri kerajaan semananjunh seblah apa aja min

    BalasHapus
  5. Malon melalui BNS menampilkan mockup kapal jenis LCS KD maharajaelela nya.

    BalasHapus
  6. FAKTANYA ,
    NAGAPASA TERBUKTI QUALITASNYA ,

    BAGUS LAH JIKA BLACK HAWK TETAP DI GARAP , MEMANG BLACK PUNYA KAPASITAS YANG MUMPUNI DIBANDING YANG SEKELAS MASIH LEBIH UNGGUL , TERUS TINGKATKAN
    PT DI QUALITAS & KAPASITAS BLACK HAWK DRONE RI UNTUK BISA MAXIMAL JADI TULANG PUNGGUNG NKRI DALAM HANKAM & INDUSTRI DI KELASNYA .


    KEMANDIRIAN YESS !

    BalasHapus
    Balasan

    1. Pada akhir November 2016, Czechoslovak Group telah mengumumkan mendapat kontrak pengadaan M3 Amphibious Rig dan panser Pandur II 8×8 dari Indonesia senilai US$39 juta.
      https://www.indomiliter.com/juli-2017-dua-varian-pandur-ii-8x8-akan-tiba-di-indonesia/
      ——————-

      mana ada $40 juta tuyul tua haha!😄😄😄

      baca2 nich om tsotau
      ituw 2 kontrak jadi $39?juta
      Dapet ponton gabung pandur batch 1

      Hapus


    2. By early 1999, 38 x M3 rigs had been delivered and 30 of these (including four of seven pre-production vehicles) went to 28 Engineer Regiment in Germany. The unit cost was believed to be in the region of £1.2 million.
      http://www.armedforces.co.uk/army/listings/l0063.html
      ———————

      waduuwww ente salah harga om tsotau ini link harga langsung m3 dari situs tninya britis haha!🤠🤠🤠
      18 bijk x1.2=£21 juta doank,
      konversi £ ke $ ga jauhh
      eiittt jangan lufa pandur awal ituw hanya 2 yg pake turet

      nombok paan, itung salah lebih bayar....
      wahh ente bner om pedang ente ternyata tuyul mark-up haha!👻👻👻

      Hapus
  7. Kurang paham point ke 5
    ..Kunjungan ke FNSS yang bergerak dalam merancang dan memproduksi kendaraan tempur beroda lapis baja Harimau Medium Tank yang akan digunakan untuk Marinir TNI AL. FNSS berencana untuk kerjasama pengembangan dan produksi bersama dengan PT. Pindad.,

    Mungkin mksdnya Zaha kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nope, Zaha udah masa testing bukan masa pengembangan

      Hapus
    2. Lalu kendraan yg mana di bilang fnss harimau medium beroda

      Hapus
    3. Dari kalimatnya kan ada kata pengembangan bersama, berarti belum ada wujudnya itu tank. Mungkin arahnya ke rancang ulang Harimau agar bisa amfibi state 3.

      Hapus
  8. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Dirjen Pothan Kemhan Mayor Jenderal TNI Mohammad Fadjar, MPICT., yang terdiri 13 (tiga belas) Perwakilan Industri Pertahanan Indonesia dan Event Organizer Indo Defence 2024 Expo & Forum PT. Napindo Media Ashatama.....
    🤣KAPAL DARAT DAN VITA BIRAHI IKUT PAMERAN TIDAK???🤣

    BalasHapus
  9. BNS BERUK MALON tampilkan kapal LCS MAHATOLOL LELAH dengan kemampuan HALIMUNAN .. HAHAHAHAHAHA

    BNS luar biasa ... HAHAHAHAH

    BalasHapus
  10. Indo ga ikut join jg gabung buat pesawat tempur bareng Turki

    BalasHapus
  11. Bisa dibilang pAL paling sibuk dri PTdi sama pindad hri2 mendatang byk project dlm dan luar negeri.

    BalasHapus
  12. Balasan
    1. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Dirjen Pothan Kemhan Mayor Jenderal TNI Mohammad Fadjar, MPICT., yang terdiri 13 (tiga belas) Perwakilan Industri Pertahanan Indonesia dan Event Organizer Indo Defence 2024 Expo & Forum PT. Napindo Media Ashatama.....
      🤣KAPAL DARAT DAN VITA BIRAHI IKUT PAMERAN TIDAK???🤣

      Hapus
  13. Ingat turki ingat javuz, ingat ADA Class, ingat Hurjet, ingat TFX semuanya hanya BUALAN sebelah

    KASIHAN YANG HALU DAN TERUS MEMBUAL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya surat minat saja dan kumpulkan brosur...persis kata Gempur....wkwkwkwk

      Hapus
  14. Turki pa gak tertarik kerjasama BNS atau beli kapal siluman laut KD Mahasewa mahawangsa

    BalasHapus
  15. Itu beneran ada rencana akuisisi helikopter black hawk ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah buat pendamping Apache, walau lebih bagus Mi-17 kemana2 sih kalau dipikir2.

      Hapus
    2. Commonality Blackhawk sama Apache tinggi. Nyaris setinggi commonality Mi-17 dan Mi-35. Kalau bisa simplify komponen heli di Skadron AD 1x, lumayan bagus.

      Hapus
  16. Boustead menampilkan Replika MAHATOLOLELE
    Destini menampilkan OPV Miring
    Deftech menampilkan Vita Berapi LP06
    Stride menampilkan ICBM taming Sari Roti


    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  17. Tampaknya Turkiye akan menjadi mangsa PRANK dan BUALAN INDON berikutnya ....Heheehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan pura-pura Amnesia..

      Nich gue ingetin lagi PEMBUALAN dari Goment dan Media Malon yg bilang mau beli dari Turkiye TFX, ADA Class, YAVUZ, ANKA

      HAHAHAHAHA

      Hapus
    2. Diajak diskusi..malah kayak gempor ngetrol
      Segitu aja level mu drun

      Hapus
  18. Aneh .. Betol-betol Aneh ...mengapa X ada Indon yang mahu mendiskusikan hal ini secara terbuka di forum DS ini ?

    Apakah ini berarti anda semua setuju dan sependapat dengan tesis ini ...
    --------------
    Selamat Pagi di haru jumat yang suchi dan cerah di shah alam selangor KL Malaysia..

    Setelah lama melakukan observasi di forum DS ini .. sekarang baru sekarang saya paham mengpa majority Indon itu X pintar, narrow minded dan sesat pikir dalam mengungkapkan pendapat atau argumentasinya secara tertulis atau lisan ..

    Mengapa itu boleh terjadi ? ....

    1. IQ dan EQ yang rendah (terbukti)
    2. Level Pendidikan yang X bermutu
    3. Lingkungan yang kotor dan tercemar (terbukti Jakarta sebagai kota paling kotor dan tercemar di dunia)
    4. Faktor gen keturunan yang bukan unggulan

    Mari kita diskusikan secara terbuka ini di sini .. jika berminat ..

    Salam serumpun ..Salam sebangsa ...
    Salam Melayu Mahawangsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diajak diskusi ngilang..kabur
      Serumpun apanya,

      Hapus
    2. Najis serumpun sama Malon...
      Tidak lah yau......

      Hapus
    3. Apa yg mau di diskusikan? Diskusi tentang klaim manusia tolol yg ngaku2 martabatnya tinggi? Apa kurang bukti kalo org semenanjung itu g punya akar sejarah?

      Hapus
  19. Si gempur lanGsung sakit jiwa..bilang utang utang utang...dia gk sadar negaranya jauh lebih utang dari utang..bahkan lobang jubornya bisa di utang sama gay lgbt baglaysia..hahaha

    BalasHapus
  20. c) Maintenance, Repair dan Overhaul LM2500 yang dipakai di KRI kelas Keris dan Badik di TNI AL. NTP akan menjadi extended shop TEI di Indonesia.
    ————

    mesin gas turbin di kapal kelas mandau ternyata masi aktip...
    GE LM2500 sang legendaris, FREMM pake jugak, klo bgetoh lanjutkan haha!🚀🚀

    BalasHapus
    Balasan
    1. So... Bukankah itu seharusnya menjadi ladang bisnis Nusantara Turbin (NTP) .. tetapi kok malah diambil alih Turkiye ...

      Sekarang kami tahu wujud asli NTP itu ....Seperti sama halnya dengn wujud asli PT DI dengan hasil ubah suai CN 235 MSA yang betol-betol mengecewakan dan jauh dari harapan ...

      Hapus
    2. emang sengaja...kita dongred cn-235 negrimuh habis2an haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    3. MSA hasil bantuan hibah..udah negara songong ya kasih aja dongrade 😂

      Hapus
  21. Sorry .. saya harus beulang-ulang posting hal ini kerana sangat penting bagi Indon ...

    Indon yang cerdas, X narrow minded dan sesat pikir adalah harapan kami semua di Malaysia ..

    Ingat .. Bangsa Melayu Mahawangsa adalah bangsa yang cerdas, bermaruah dan selalu dapat dipercaya dan tentu saja sangat membenci perilaku membual, bohong, suka menipu etc etc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tingkat kecerddasan mu level brp?

      Hapus
    2. Pemerintah Turkiye mengumumkan bahwa Pakistan dapat bergabung dengan program pesawat tempur generasi kelima KAAN yang dikembangkan oleh Turkish Aerospace.
      Wakil Menteri Pertahanan Nasional Turki Dr Celal Sami Tüfekçi menyatakan, diskusi dengan rekan-rekan dari Pakistan akan segera dilakukan untuk memasukkan Pakistan ke dalam Program Jet Tempur Nasional TF-X, KAAN.....
      🤣BERUK TIDAK DUAJAK JV🤣

      Hapus
  22. Waduh tercounter, maklum lah senjata makan tuan ya gak drun??

    BalasHapus
  23. turki uda kapok ama KL,
    RFI nyari pesawat latih, dikasi hurjet malah geser ke LCA konsep yg blum ada prototaipnya...kan curang ituw, kebohongan yg terstruktur.
    kesian KL ditifu lagi haha!🙃🙃🙃

    si gempi aja cuman 100-an trus setop haha!😋😋😋
    SPH Yavuz tiba2 dikensel

    gak bisa di percaya seblah gaesz haha!🥴🥴🥴

    BalasHapus
  24. Warganyet gred a katanya cerdas bikin kapal frigat dari 2011 tak ada satupun yg sentuh air laut haha!😂😂😂
    bikin Malyu Naval Grup haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 lagi buat bikin Malu Damen Schelde dengan bikin kapal OPV dari 2014 sekalinya sentuh air laut malah MIRING..

      Bwahahaha

      🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Itu mah cerdas sekali genius at work..hanya mereka yg sanggup buat kapal paling ter siluman di jagat nata konon Uss zumwalt juga gak bisa deteksi kapal LCS.
      Luar biasa cerdas nya

      Hapus
    3. parah hasil didikan top 5 universiti pantesan sepi skrg haha!😂😂😂

      Hapus
  25. Merasa pinter tapi asli ya goblok
    Sok2 an pakai haditz segala🤣

    BalasHapus
  26. Pemerintah Turkiye mengumumkan bahwa Pakistan dapat bergabung dengan program pesawat tempur generasi kelima KAAN yang dikembangkan oleh Turkish Aerospace.
    Wakil Menteri Pertahanan Nasional Turki Dr Celal Sami Tüfekçi menyatakan, diskusi dengan rekan-rekan dari Pakistan akan segera dilakukan untuk memasukkan Pakistan ke dalam Program Jet Tempur Nasional TF-X, KAAN.....
    🤣BERUK TIDAK DUAJAK JV🤣

    BalasHapus
  27. Pavilion kampungnya gempur gak ikutan ke Turkiye? Gak patent lah tak ada karya nyata rupanya,,
    Kami ada banyak yg datang ke pameran disana,,,MAJU JAYA INDONESIA KU👍😎

    BalasHapus
  28. Perolehan aset meriam mudah gerak (SPH) 155mm Yavuz dari Turkiye telah dibatalkan. Perkara terebut disahkan oleh Menteri Pertahanan, Datuk Seri Utama Mohamad Hasan dalam satu jawapan bertulis Dewan Rakyat.....
    🤣KORBAN PRANK SPH = TURKI PERANCIS SLOVAKIA🤣

    BalasHapus
  29. malon .....muoonyeeeeeetttt 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  30. "..Joint-work Assembly engine T700 untuk rencana pengadaan pesawat Black Hawks di Kemhan RI..."

    ====
    Bukqan SEWA Blackhawk BEKAS macam MALON tuu..

    Hahahahahababa

    BalasHapus
  31. Pertemuan tersebut dalam rangka menghadiri pemberian support letter dan penandatanganan Minutes of Meeting antara PT. Nusantara Turbin Propulsi, terkait persetujuan TEI untuk mendukung PT. NTP dalam hal:
    a) Joint-work Assembly engine T700 untuk rencana pengadaan pesawat Black Hawks di Kemhan RI.
    b) Kerjasama MRO engine T700.
    c) Maintenance, Repair dan Overhaul LM2500 yang dipakai di KRI kelas Keris dan Badik di TNI AL. NTP akan menjadi extended shop TEI di Indonesia.
    d) Kerjasama bisnis untuk engine Makila 1A1 (pesawat Super Puma).
    🤣BERUK SEWA BLACKHAWK AW COLIBRI🤣

    BalasHapus
  32. Semoga segera datang.. Pengganti BTR-50


    https://www.facebook.com/100063781801302/posts/757882843014436/?app=fbl

    BalasHapus
  33. Ssssstttt...sudah terhubung kuwait konon 😅😅😅😂😂😂😁😁😁

    BalasHapus
  34. Katanya LMS2 KERAjaan beruk ambil dari Turki. Apakah turki akan jadi korban prank berikutnya dari KERAjaan LGBT ?

    BalasHapus
  35. KERAjaan beruk dg pemimpinnya seorang LGBT pasti di Turki akan pamerkan kondom unisex

    BalasHapus
  36. Setelah penandatanganan kontrak penjualan dua unit LPD (Landing Platform Dock) atau SSV (Strategic Sealift Vessel) Tarlac Class (tambahan) antara PT PAL Indonesia dengan Departemen Pertahanan Filipina di Manila pada Juni 2022, kini ada kabar terbaru dari Surabaya Diwartakan bahwa pada hari ini, 10 Agustus 2023, telah dimulai tahapan pemotongan baja pertama – first steel cutting atas dua LPD tersebut.

    Semoga tdk seperti beruk yg salah potong

    BalasHapus


  37. ماهاوانغسا الملايو11 Agustus 2023 pukul 18.52
    Sorry .. saya harus beulang-ulang posting hal ini kerana sangat penting bagi Indon ...

    Indon yang cerdas, X narrow minded dan sesat pikir adalah harapan kami semua di Malaysia ..

    Ingat .. Bangsa Melayu Mahawangsa adalah bangsa yang cerdas, bermaruah dan selalu dapat dipercaya dan tentu saja sangat membenci perilaku membual, bohong, suka menipu etc etc
    Halow mahawangsa mahaberuk...kalo ente merasa cerdas kenapa negara semenanjung mau dikadalin british sewa kemerdekaan 99 tahun dan rela jadi anjing penjaga istana fuckingham???dan pula kalopun cerdas mengapa negara ente selalu mengklaim hasil karya,budaya,adat,kekayaan intelektual negara kami...cukup ga usah bawa bawa hadis dan agama jangan maling teriak maling coba bercermin dulu di bus station sudah benarkah prilaku negara anda yang hobi klaim dan mencuri dari negara lain jagan sok suci ..namanya anjing penjaga istana walopun dipake in sarung tetaplah anjing yang najis ...negara tak punya harga diri hobi mencuri mengemis malingsia mahawangsa mahaberuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi .....maling teriak maling

      Hapus
    2. Malon mahawangsa gak punya cermin

      Hapus
    3. Otaknya juga sewa tuh supremo ......

      Hapus
    4. Komentar ter tolol hari ini, Malon tukang klaim dan g bisa kasi buktinya. Kalian g punya akar budaya lon, makanya kurang adab, percuma ngaku cerdas

      Hapus
  38. Dapat kabar dari teman baru pulang dari serawak..ada invasi bangla dan rohingya di bumi sarawak dan sabah untuk memaksa warga tempatan tunduk pada semenanjung...tinggal tunggu pecah konflik horizontal...semoga punya tergerak menghindari

    BalasHapus