13 Maret 2021

Dilema Pindad Soal Peluang Ekspor Maung

13 Maret 2021

Pindad Maung 4x4 (photo : Kompas)

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya akan membuat versi sipil, PT Pindad (Persero) juga sedang memantau peluang ekspor Maung 4x4. Kendaraan taktis ringan (rantis) asal Bandung, Jawa Barat, tersebut rupanya sudah mulai dilirik negara tetangga. 

Abraham Mose, Direktur Utama PT Pindad mengatakan, sudah ada beberapa negara yang menanyakan Maung. Mulai dari spesifikasi sampai kemampuannya sebagai kendaraan militer. 

"Sudah lumayan banyak, beberapa negara sudah ada yang tanya, bahkan sempat berkunjung ke kami (Pindad) untuk melihat Maung ini. Sejauh ini mereka tertarik, sudah minta spesifikasinya juga," ucap Abraham kepada Kompas.com, beberapa hari lalu.

Menurut Abraham, dari beberapa rekanan negara yang tertarik, salah satunya yang langsung berkunjung dan rutin menjalin komunikasi terkait Maung adalah Bangladesh. 

Namun demikian, Abraham mengakui bila untuk melakukan ekspor memang perlu pemantapan diri. Terutama terkait masalah produksi, komponen, dan paling krusial adalah mesin. 

Seperti diketahui, Pindad sendiri belum memproduski mesin. Sementara Maung yang ada saat ini, mengaplikasi jantung pacu milik Toyota Hilux, lengkap bersama sistem transmisi dan penggerak rodanya.

Kondisi tersebut menjadi krusial, karena bila sudah dibuka untuk umum, apalagi menerima ekspor, otomatis kebutuhan mesin akan meningkat drastis seiring volume permintaan. Bila dari pihak penyuplai mesin stoknya tidak banyak, maka bisa menjadi dilema. 

"Masalah utama itu memang mesin, jadi sejauh ini kami belum berani lantaran nanti malah salah langkah. Namun demikian, kami membuka diri untuk menjalin kerja sama dengan pabrikan otomotif yang tentunya untuk jangka panjang," ucap Abraham.

"Sejauh ini kami sudah coba beberapa mesin, di luar Hilux, kita pakai punya Tata, Isuzu, lalu Ford. Jadi bila ada pihak yang bersedia kerja sama dengan kami, kita akan sambut, karena masalah utamanya itu memang mesin," kata dia.

239 komentar:

  1. Lampunya kalau ada DRL sama LED & projector jadi lebih keren kalau buat versi sipil

    BalasHapus
  2. 👇di bawah akan ada yang komen KOTAK dan komen HIZIR tempel stiker lebih keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. .
      Hahahahaaaaa.....


      Mirip (malaSyia) seperti setan-jin-dedemit yang dipanggil menggunakan KEMENYAN.
      Wkwkwkekekekwkwkwk.....

      Hapus
    2. Emang hizir bentuknya lonjong kyk punya mat bangla....goblog tu gempur

      Hapus
    3. Emang.. ga bisa bedain Kotak sama Kotak.. GOBLOK tp ngeyel disingkat GEMPURWARIA

      Hapus
  3. Ngak ada kerana kita tahu maung sama hizir bukan sama kategori..maung itu sama dgn thairung yang dijadikan gkm1 hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhirnya ngaku itu HIZIR TURKEY hanya dimodif facia grillnya.. wkwkwk

      Hapus
    2. Hahah kerana ngak guna argumennya kerana tetap cakap hizir hahaa

      Hapus
    3. Gimana ga sebut HIZIR, kepanjangan HMAV = HIZIR MALAYSIAN ARMY VEHICLE

      Hapus
  4. Sempet baca di kompas net kalau Maung sedang dalam proses RnD untuk dibuat versi listrik nya, perkiraan dua tiga tahun ke depan bisa ditest purwarupanya.

    Cocok buat recon vehicle suaranya senyap. 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. .
      Link,
      http://transportasi.co/kolaborasi_imi_pindad_dan_bppt_wacanakan_produksi_maung_versi_listrik_4028.htm

      "......Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menyambut baik tawaran
      .............
      PT Mahakarya Sukma Abadi melahirkan mobil Maung versi elektrik atau listrik.
      ...........
      IMI, Pindad, serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan ikut serta dalam menghadirkan mobil Maung listrik ini. ......."

      Hapus
  5. Yg mau di eskport yg versi militer apa sipil tuh?

    BalasHapus
  6. Hizir KW 4x4 kapan nak eksport??? Tok Bomoh sticker mesti mandi 7 sumur kemenyan dan jampe jampe untuk membina hizir kw dalam semalam

    BalasHapus
  7. Hahaha tenang2 aja om...hmav sudah dilirik beberapa negara..ingat yah baru dilirik bukan sudah konfem..tapi yah jelas harus produksi buat kegunaan dalam negeri dulu kalau dipilih

    BalasHapus
  8. Commonality issue was the reason why Indonesian MoD and navy agreed to adopt Thales made equipment for Iver Huitfeldt class frigate variant. Babcock is proposing Arrowhead 140 with Thales solution for new frigate program. Babcock and Thales were on Team 31, Leonardo wasn'

    Nah yo

    BalasHapus
  9. Sekarang lagi diuji coba tdm hizirnya..oh ya sanca sama hanoman sudah ada yang lirik wwkwkwk

    BalasHapus
  10. Kalau hizirnya tak dipilih masih ada edjer,otokar kaya..inkas sentry haha

    BalasHapus
  11. Gempita tak boleh ekport, Lipan Bara tak boleh eksport, adnan tak bolek eksport, weststar GK-m1 juga tak boleh eksport??
    Apa sebab??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerana lipan bara,adnan dan gkm1 bukan produk kita cuman rakit sama dengan gempita..tapi gempita yah utk kebutuhan tdm masih belum tuntas..siapakn semua utk kegunaan atm duluan haha

      Hapus
    2. Apa yang kualitas om..lipa bara itu setara hanoman aja..adnan tiada apa2 masalah buatan turki cuman perlu upgrade hahaa

      Hapus
    3. Kalau lipan bara kualitas ngak okey maksudnya hanoman juga ngak okey haha

      Hapus
    4. Kenapa tak beli langsung ke turki dan thailand, deftech apa guna??

      Hapus
    5. Kalau deftech cuma kilang rakit mending di ubah jadi kilang panci aja om lebih berguna, shopingnya bisa langsung ke negara asal tidak perlu jasa rakit om

      Hapus
    6. Yg bikin GK OK KARENA CUMAN TEMPEL STICKER 😂😂😂.

      Coba disain sendiri, bikin sendiri pasti "OK" ,GK kayak negara SEBELAH YG HOBINYA KLAIM punya orang 😂😂😂

      Gitu aja mewek MAT SABUN

      Hapus
    7. Ooh iya dari perspektif malaysia lebih baik punya kilang rakit dari xpunya langsung..minim dapat memberi pekerjaan kepada rakyat haha

      Hapus
  12. ATV Sewa nya sudah di uji coba ke?? Motosikal untuk ngojek nya ramai order ke???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkskwkw atv sama scrambler tak sewa kok beli kok guna bajet ops benteng sama pikap hilux haha

      Hapus
  13. Kalau hizirnya ngak lolos masih ada ejder,streit iag yang bisa dipilih dan dirakit dalam negeri..tapi yah rasanya hizir yang akan dipilih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau deftech cuma kilang rakit mending di ubah jadi kilang panci aja om lebih berguna, shopingnya bisa langsung ke negara asal tidak perlu jasa rakit om

      Hapus
  14. Katanya kemarin pakai mesin toyota biar ada commonality, gampang maintenance, gampang diperoleh, stok banyak.
    Pie sih 😁. Emang negara tetangga mau pesen berapa ribu?
    Bangga boleh, realistis itu wajib.

    BalasHapus
  15. pagi2 sdh membual kau mat....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teriak2 sndri ttg produknya yg murahan disini

      Hapus
    2. Murahan? Gempita sama hmav itu murahan?

      Hapus
    3. Emang murahan mat sabun colek

      Hapus
  16. Ini kata Admin sebelah kilang Deftech yang kata ya bukan aku, kalau Deftech kilang jasa rakit je

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau deftech cuma kilang rakit mending di ubah jadi kilang panci je lebih berguna, shopingnya bisa langsung ke negara asal tidak perlu jasa rakit

      Hapus
  17. Kata gempurwaria AKA Arizal Rusli bin Bangla beruk
    Yg BULAT/OVAL pasti lebih hebat/jagoh dari pada yg berbentuk kotak

    Contoh :
    -TANK PT91 PENDEKAR adalah TANK desain perang dunia 2 karena bentuknya agak bulat
    -RADAR DOME milik Malaysia saking hebatnya sampai-sampai pesawat MH370 hilang tak kelihatan
    -KAPAL selam scorpene TUN ABDUL RUZAK saking hebatnya bisa selam/nyelem harus nunggu maintenance dulu+ sampai-sampai wanita hamil jadi tumbal untuk diletupkan oleh GGK(garuk-garuk k***ol)
    -KD MAHAROGOLELAH karena berbentuk agak OVAL/BULAT SAKING HEBATNYA sampai -sampai memecahkan guinness off record dengan gelar kapal perang (SALAH POTONG)
    -VITA BERAPI senjata buatan insinyur malonsss LULUSAN TOP5 UNIVERSITY OF BERUK YG berbentuk senapan START WARS' TELAH DIKIRIM KE PLANET NAMEX

    ITULAH KEUNGGULAN KEUNGGULAN SENJATA YG BERBENTUK BULAT/OVAL VERSI GEMPURGILA LULUSAN TOP5 UNIVERSITY OF BERUK

    😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  18. Mat sabu hmav kok belum di pesan ATM ? Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sudah dikirim ke planet namex 1000 biji😛😛😛😛

      Hapus
    2. Eh tolol kan baru siap prototaip tampal stickernya..harus diuji dulu tolol

      Hapus
    3. cieee ada WARGANYET KL FANASSSsss lhoo haha!🔥🔥🔥

      maren satunya komplen, katanya KL santun gaesz haha!

      apa ferluw guwe kasi liat kelakuan WARGANYET KL sedjak 5 taon laluw..!@#

      jaman KL vs KL, WARGANYET KL berantem sendiri gaesz haha!

      Hapus
    4. ktnya gred a santun, nyatanya 1cc FANASSSSSsss haha!

      Hapus
  19. Rantis maung ini kalau di jadikan kendaraan standar TNI bagus juga untuk kegiatan operasional sehari-hari

    BalasHapus
  20. Gempurwaria GK nongol 😤😤😤😤

    BalasHapus
  21. Ingat MALON jangan bandingkan hmav tampal stiker dari Hizir dengan rantis maung Wkwkwkwkw....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa yang bandingkan yang jelas maung dengan hizir bera kategori haha..tetap juga gahar hizir haha

      Hapus
    2. Gahar Hizir yg buatan Turki bukan yg buatan negara korang mat sabun colek

      Hapus
  22. Apakah mesin rantis maung yang untuk di ekspor ke luar negeri sama mesinnya dengan rantis maung yang digunakan untuk dalam negeri atau yang di miliki oleh TNI?

    BalasHapus
  23. "Sejauh ini kami sudah coba beberapa mesin, di luar Hilux, kita pakai punya Tata, Isuzu, lalu Ford. Jadi bila ada pihak yang bersedia kerja sama dengan kami, kita akan sambut, karena masalah utamanya itu memang mesin," kata dia.

    -----------------------

    kok tetangga kesayangan gak nawarin mesinnya, katanya py pabrik boil protol eh proton haha!🤭🤭🤭

    BalasHapus
  24. Ada videonya proses pembuatan hmav masih juga dibilang hizir yah kita iyakan aja haha

    BalasHapus
  25. Ada video perakitan gempita masih dibilang tampal stikcer..iyakan aja lah

    BalasHapus
  26. Wkwkwkkwkwk... Design KOTAK ada hati konon ramai yang berminat... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  27. Sebelah je ni suka bentuk KOTAK dan berbentuk aneh...

    BalasHapus
  28. Desain kotak bumbung plastik wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwwkwwkw.... Lepas tu klaim ramai yang berminat konon... Wkwkkwkwkwkw

      Hapus
  29. Wkwkkwkwkwkwk..... Ada ada je sebelah ni... Dia punya sembang bikin seram guys.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  30. Kalau emang dapat dieksport yag bgus tapi ingt yah hrus kerjakan pesanan dalam negeri dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam negeri pun kesukaran mau jual.... Wkwkkwkwkwkw

      Hapus
  31. Woi... Dari semalam saya tunggu link yang ada menyebut hizir ada kerjasama dengan MILDEF.. ayuh guys tunjuk cepat linknya saya mau baca... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha tulah dah bagi video dr proses desain potong besi hmav pn cakap tampal sticker hizir haha

      Hapus
  32. KOTAK lagi...... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi masukan dari ko next time harus dibuat dengan bentuk yg lonjong ya pur ?

      🤣🤣

      Hapus
    2. Ahhhh.. Masa kamu sendiri tak boleh lihat... HMAV tu saja reka bentuknya tak terlalu kasar dan ada nilai estetika dalam reka bentuknya lihat pun smart dan garang... Bukan bentuk kasar seperti KOTAK... WKWKKWKWKWKW

      Hapus
    3. Eleehh.. gegayaan ko bawa2 nilai estetika.. itu juga reka2 estetika dari HIZIR.. 🤣🤣

      Hapus
    4. Bagi link itu hizir ya dulu... Wkwkkwkwkwkw

      Hapus
  33. Lagi lagi lagi lagi lagi lagi lagi.... KOTAK..... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tank STRIDE malon yg bentuk kotak cem penyemprot tinja gimana tu ? Kok diem diem bae ?

      😂

      Hapus
  34. Mana link HIZIR tu woi... Kata HMAV tu tampal stiker hizir.. Tapi minta bukti tak diberi... Nampak sangat DENGKI. WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak perlu link pun, bentuknya pun bak pinang dibelah dua dgn hizir!

      Katanya masih mending vita berapi, meskipun hancur, tapi tidak meniru sama sekali!

      😂😂😂

      Hapus
  35. GKM1 wester kotak ban kerdil itu apa??


    Mantap Maung 500 unit berbanding 1 unit tampal sticker Hizir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwwkwkkwkww.... KOTAK yang tak laku tu... Wkwkkwkwkwkw

      Hapus
    2. What.. ternyata GKM1 wester tu diakui sbagai si kotak yg tak laku..

      Makasih tuk petunjuk nya pur.. 🤣🤣

      Hapus
    3. Lah... MALAYSIA pakai hasil kerjasama dengan Thailand.. Itu laku la
      .. Wkwkkwkwkwkw

      Hapus
    4. GK-M1 hasil kerjasama katanya?
      ahhh ngaku2,
      TEMFEL STIKER KELES haha!🤭🤭🤭

      Hapus
  36. Bila diminta link mengatakan HMAV tampal stiker.. Geng INDON Ubah topik guys... Wkwkkwkwkwkw

    Nampak sangat tak dapat terima hakikat dan DENGKI.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha.....apa TAMPAL STIKER THAIRUNG EKEKE

      Hapus
    2. Wkwkwwkwkwkwkw..... Tak dapat tunjuk bukti la tu...

      Hapus
    3. buktikan dulu HMAV kau laku dipakai TDM baru sembang kari, nasi lemak, sotong bakar,hahaha,,yg pesan pun blm ada,,mau laku? Siapakan wang kopi buat boss2 mereka qiqiqi😆😆

      Hapus
  37. nah... masa dari tadi tiada satu pun geng INDON bagi link BUKTI itu tampal stiker Hizir... masa firma pembuat hizir langsung tidak mengeluarkan kenyataan yang mereka ada kerjasama bersama MILDEF...

    Ayuh guys mana link buktinya.....wkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak perlu link pun, bentuknya pun bak pinang dibelah dua dgn hizir!

      Katanya masih mending vita berapi, meskipun hancur, tapi tidak meniru sama sekali!

      😂😂😂

      Hapus
  38. Mana linknya guys.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak perlu link pun, bentuknya pun bak pinang dibelah dua dgn hizir!

      Katanya masih mending vita berapi, meskipun hancur, tapi tidak meniru sama sekali!

      😂😂😂

      Hapus
  39. Salut pt.pindad sdh ada negara luar yg minat dan banyak pimpinan daerah yg sdh beli buat peninjauan wilayah2 mereka guna pembangunan wilayahnya,,bikin enjin memang sulit dan high cost,,tapi dgn enjin hilux maintenance lbh mudah dan enjinnya pun tangguh di medan offroad,pokoknya pindad jaya3x

    BalasHapus
  40. Anoa 350 unit di pakai PBB, Gempita 0
    Maung 500 unit, Hizir KW 1 unit


    Asyik koyak wkwkwkkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentara mereka aja gak pakai hmav nya, syarat pakai harus ada wang kopi baru bisa nego dibeli kalau tak jgn harap dilirik qiqiqi😆

      Hapus
    2. wkwkwkwkwkw... tak dapat link bukti HIZIR ya guys....??? wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    3. ah sperti biasa, lama2 jugak ketauan haha!

      Hapus
    4. Betul om pal, bau bangkai lama2 juga tercium walopun di tutupi sama gempur

      Hapus
  41. Dari kemarin-kemarin saya ngotot supaya Pindad bikin lini produksi mesin diesel supaya tercipta industri hulu hilir. Kita sudah mampu memproduksi biodiesel B70 dan B100 secara mandiri. Artinya dalam pandangan pertahanan, Indonesia sudah memiliki sumber enerji mesin tanpa batas dalam situasi perang berlarut-larut. Suksesnya biodiesel ini seharusnya disambut dengan mencipta mesin diesel yg sesuai mengkonsumsi biodiesel.

    Ketahanan mesin diesel Tata Motors India sangat bagus, sudah teruji di medan berat baik mesin versi sipil dan versi militernya. Hanya penambahan rekayasa supaya lancar mengadopsi biodiesel. Ayuk para pengambil kebijakan, beli blueprint diesel Tata Motors

    BalasHapus
  42. Mildef HMAV 4X4 - Kenderaan berperisai mobiliti tinggi pertama Malaysia

    Kenderaan berperisai HMAV 4×4 telah dibangunkan oleh pihak Mildef International Technologies Sdn Bhd, sebuah syarikat Malaysia yang menyediakan perkhidmatan automotif untuk industri pertahanan manakala STRIDE dan ATM bertindak sebagai penasihat bagi reka bentuk termasuk pembangunan kenderaan mengikut aplikasi standard ketenteraan.

    BalasHapus
  43. Wkwkkwkwkwkkw.... Kasihan akibat dengki terpaksa kata hizir... Diminta bukti tak dapat di beri ya guys... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  44. Memang tak jumpa link bukti hizir pasal itu memang buatan Mildef MALAYSIA... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
  45. Gempita tampal sticker
    Gkm1 westster tampal sticker
    Lipan Bara Tampal Sticker
    Mildev 4x4 tampal sticker


    Wkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwk cuma ada angin ban tempatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwkw... tak dapat link bukti HIZIR ya bro....??? NO tipu tipu... wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Bakal keterlaluan kali ya bro klo angin ban aja harus import.. 😂

      mungkin sedekut-dekutnya bakal diisi pake jerebu itu ban.. 🤣🤣

      Hapus
  46. Video tampal Sticker hizir nya belum di buat nunggu Bos Najib beres masalah dulu lah


    Wkwkwkwkwkwkkwwkwkkwk

    BalasHapus
  47. Wkwkwkkwkwk..... DENGKI ya guys.... Wkwkkwkwkwkw KASIHAN

    BalasHapus
  48. Apa Lagi lagi KOTAK... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
  49. Nah video MILDEF 4x4 High Mobility Armoured Vehicle (HMAV) Malaysia Beraksi!!!


    https://www.youtube.com/watch?v=cmCZoKIPfjM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hizir 4x4, sudah uji tembak dan ledak di turki wkwkwkwkk

      Hapus
    2. Aksi lenggak lenggok di pantai cem foto model produk bikini.. motosikal ane pon juga bisa klo gitu pur.. 🤣🤣

      Hapus
  50. Beda PM beda metode, kalau najib pakai video , kalau mukidin jalur belakang diam diam



    Wkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  51. 1 unit kena tampal sticker pula, tumpang prihatin pada Hizir


    Wkwkwkwkkwkwkwk

    BalasHapus
  52. Pingin beli yang versi sipil buat off-road hehehe

    Mantap ho ada yang ngelirik xixixi

    BalasHapus
  53. cieee MAUNG KEREN ada yg iri gaesz...haha!
    HASIL KARYA ANAK BANGSA kita SANGATTTT BANYAAAKKK dan KUATTTTT haha!

    eiitt RCWS tersedia banyak sangat haha!

    biasalah WARGANYET KL,
    12 lebih banyak dari 14
    1 lebih banyak dari 9

    BalasHapus
  54. TAD TURANGGA terbaik dikelasnya gaesz,

    mesin diesel Ford ->400 hp

    cocok buat masuk c-130 hore haha!💪💪💪
    https://defence.pk/pdf/proxy.php?image=https%3A%2F%2Fpbs.twimg.com%2Fmedia%2FEQ1K9L-U4AA_5OE%3Fformat%3Djpg%26name%3Dsmall&hash=aec8dec9dc2a937e7d8a52efb46b52a9

    BalasHapus
  55. video MILDEF 4x4 High Mobility Armoured Vehicle (HMAV) Malaysia Beraksi!!!

    Yang versi KOTAK tepi sikit.... Wkwkkwkwkwkw


    https://www.youtube.com/watch?v=cmCZoKIPfjM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak perlu link pun, bentuknya pun bak pinang dibelah dua dgn hizir!

      Katanya masih mending vita berapi, meskipun hancur, tapi tidak meniru sama sekali!

      😂😂😂

      Hapus
  56. MAUNG LAKU KERASSSSsss

    ADA Lagiiii GAESZZZ...

    FAD WORKS lanjut G1-1 hore haha!👏👏👏

    BANYAKkkkkk kita, 4x4 TOP

    Test Rantis Terbaru GI-1 Buatan FADWorks, Setelah Maung 4x4 | Otoman
    https://www.youtube.com/watch?v=Q5YPG8fVzuU

    BalasHapus
  57. MAUNG LAKU KERASSSSsss

    ADA Lagiiii GAESZZZ...

    FAD WORKS lanjut G1-1 hore haha!👏👏👏

    BANYAKkkkkk kita, 4x4 TOP

    Test Rantis Terbaru GI-1 Buatan FADWorks, Setelah Maung 4x4 | Otoman
    https://www.youtube.com/watch?v=Q5YPG8fVzuU

    BalasHapus
  58. Waktu membuat mesin sendiri. Jelas Pindad punya pasar jadi tidak rugi rancang bangun mesin sendiri.

    BalasHapus
  59. Bangla di benci malaysia tapi mencintai indonesia..
    Banyak kita ekspor kesana

    BalasHapus
  60. Emang ada yang peduli???
    Kahkahkah

    BalasHapus
  61. Diminta bukti itu hizir.. geng INDON tak dapat beri bukti ya guys.... Wkwkkwkwkwkw

    NO TIPU TIPU... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak perlu link pun, bentuknya pun bak pinang dibelah dua dgn hizir!

      Katanya masih mending vita berapi, meskipun hancur, tapi tidak meniru sama sekali!

      😂😂😂

      Hapus
  62. Bangla di benci malaysia tapi mencintai indonesia..
    Banyak kita ekspor kesana

    BalasHapus
  63. Wkwwkkwkw.... Mana bukti hizir ayoh tunjuk linknya... Wkwkkwkwkwkw tak jumpa bukti ya guys... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak perlu link pun, bentuknya pun bak pinang dibelah dua dgn hizir!

      Katanya masih mending vita berapi, meskipun hancur, tapi tidak meniru sama sekali!

      😂😂😂

      Hapus
  64. Bangla di benci malaysia tapi mencintai indonesia..
    Banyak kita ekspor kesana

    BalasHapus
  65. tetangga yang cuman py tenaga 330HP itu silakan MASUK KOTAK AJAH haha!🤭🤭🤭

    TAD TURANGGA 440 HP RCWS sudah AKTIP

    https://defence.pk/pdf/attachments/kipanyonko461119856139_704934206760890_6159351223082915405_n-jpg.715688/

    https://defence.pk/pdf/attachments/kipancyonko461-119657212_1357931601265480_2614879390152159913_n-jpg.715689/

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren kan, mau yg nembak2 RCWS...tersedia gaesz haha!

      Hapus
  66. wkwkwkwkwkwk..... masa sebelah punya hanya ada perlindungan dari tembakan saja....???

    HMAV MALAYSIA bukan saja perlindungan tembakan, letupan periuk api malah serpihan letupan meriam ya....

    KALAH TOTAL... wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periuk kera kah pur?����
      Oh ya keranya kan kamu pur

      Hapus
  67. Wkwkwkwkkwkw.... Masih belum jumpa link hizir ya guys...... wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak perlu link pun, bentuknya pun bak pinang dibelah dua dgn hizir!

      Katanya masih mending vita berapi, meskipun hancur, tapi tidak meniru sama sekali!

      😂😂😂

      Hapus
  68. RCWS tembak...uhuuyyy kerennnn

    mana ada KL = KALAH LEMAH haha!

    https://id-id.facebook.com/lembagakeris/videos/246835376980508/

    BalasHapus
  69. RCWS tembak...uhuuyyy kerennnn

    mana ada KL = KALAH LEMAH haha!

    aseli RCWS bisa tembak peluru

    sebelah cuman gaya doank mungkin pinjem haha!

    https://id-id.facebook.com/lembagakeris/videos/246835376980508/

    BalasHapus
  70. Lawak, Hizir ditampal stiker pula, ganti grill doang.

    Wakakakakkak...

    Formiler Turki aja tahu..

    LoL

    BalasHapus
    Balasan
    1. om..omm..letupan periuk api apaan artinye yak? kok bikin guwe ngakak haha!

      uda cem urusan dapur ajeh
      disini adanya periuk nasi, mang KL jualan nasi lemak pake rantis haha!

      Hapus
    2. @om pal

      Mungkin periuk itu buat jualan waktu ada latihan om kan tentara melon suka foto doang

      Hapus
    3. owhh begitukah, skalian buat ngerujak FISANK yaa om haha!

      Hapus
  71. Diam-diam beli Hizir ke Turki, pakai undisclosed buyer pula...

    Demi ditampal stiker..wakakakakkkkk

    Tapi tetep aja ketahuan.

    LoL

    BalasHapus
  72. Dari tadi saya tunggu link Bukti HMAV itu HIZIR... masa tiada geng INDON dapat memberi bukti link ya... Wkwkkwkwkwkw

    Nampak sangat memang suka BERHALUNISASI ya guys... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak perlu link pun, bentuknya pun bak pinang dibelah dua dgn hizir!

      Katanya masih mending vita berapi, meskipun hancur, tapi tidak meniru sama sekali!

      😂😂😂

      Hapus
  73. Wkwkwkkwkwkw...ayoh tunjuk buktinya HMAV itu hizir... Wkwkkwkwkwkw


    Kasihan.. Tak jumpa ya guys buktinya... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak perlu link pun, bentuknya pun bak pinang dibelah dua dgn hizir!

      Katanya masih mending vita berapi, meskipun hancur, tapi tidak meniru sama sekali!

      😂😂😂

      Hapus
  74. Kata hizir diminta bukti tak dapat diberi pula pasal tak jumpa.. Bagaimana tu guys... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak perlu link pun, bentuknya pun bak pinang dibelah dua dgn hizir!

      Katanya masih mending vita berapi, meskipun hancur, tapi tidak meniru sama sekali!

      😂😂😂

      Hapus
  75. WARGANYET KL FANASSsss...RANTIS kita bertubi2 datang TIADA HENTI INOVASI MAKIN KEREN MAKIN GAYA uuuhuuuyyy


    ada ILSV

    RCWS gaesz...uhuyyy setronkk

    KL : KALAH LAGIIIiiii haha!
    https://www.indomiliter.com/wp-content/uploads/2020/12/EqVKKoeVoAEJedo.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. ILSV, diliput media asing, beken

      BODI KOTAK, eiitt lampu tetep BULET gaesz haha!


      Defense & Security Thailand 2019: J-Forces showcases ILSV-LRD and ILSV-GAG armored vehicles

      https://www.shephardmedia.com/news/landwarfareintl/indodefence-ilsv-revealed-armed-forces/

      Hapus
  76. Trex says:
    February 12, 2021 at 5:56 pm
    just rebadge from turkish made hizir 4×4

    Firdaus says:
    February 12, 2021 at 6:51 pm
    Yes that hizir guy already here

    Firdaus says:
    February 12, 2021 at 6:51 pm
    Yes that hizir guy already here

    ========

    Bahkan forumer KL sendiri yang bilang itu Hizir, tapi disini ada loyalis KERAjaan yang tak terima.

    Wakakakakakakakakakk..

    Panas gaessss...LoL

    BalasHapus
    Balasan
    1. akibat tak JUJUR cem GADIS jujur om pedang haha!

      Hapus
  77. Romeo says:
    February 13, 2021 at 12:02 pm
    @
    Hmmm…..it looks like turkey’s Hizir.
    Is it another rebadge?
    If yes, let’s buy it directly from Turkey no need middleman again and again

    ====!!!====

    Lanjut/gak neeeh...?

    Wakakakakakakakakak

    BalasHapus
  78. .
    Lipanbara 4×4 HMAV
    Link,
    http://www.army-guide.com/eng/product5395.html

    ".....Variant of Chaiseri First Win 4x4 from Thailand especially for malaysian army. ......"



    Chaiseri First Win 4x4 from Thailand
    Chaiseri First Win 4x4 from Thailand
    Chaiseri First Win 4x4 from Thailand
    .......
    from Thailand, GUYs.....!!!
    Wkwkeekekwkekwk...

    BalasHapus
  79. Panas gaesss...

    Loyalis KERAjaan panassss...

    LoL

    Wakakakakakakaak

    BalasHapus
  80. Forumer KL sendiri yang sebut, Hizir, FirstWin..dll.

    Artinya mereka yang logis pun tak percaya..tapi disini ada orang KL yang bela HABIS gaess...

    wakakakakkakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu cara menghibur diri om.. wkwkwk

      Hapus
    2. nyoiih om pedang, padahal blog sono sendiri yg CURIGA,
      ehh ada WARGANYET KL disini yg KEFANASAN haha!



      Mildef was formerly known as Kembara Suci which started in 2005 as an MRO shop but later dabbled/ moved towards vehicle manufacturing. Its record here is muddled as the Lipan Bara 4X4 was sold to the Army by Deftech with Kembara Suci initially working with Thailand’s Chaiseri to bring the vehicle locally.

      From the picture of the Lipan Bara above, we can surmised that the HMAV is similar apart from the additional doors in the cabin like the Chaiseri’s First Win 4X4 which has five doors.

      Firdaus says:
      February 11, 2021 at 1:32 pm

      So technically its a lipan bara? Hmmmm..

      ---
      Firdaus says:
      February 11, 2021 at 2:56 pm

      Its look like mildef design this hmav themselves..Can Mr M clarify it? If not based on what hmav..

      Reply
      I could be wrong but I think the chassis is actually the Chaiseri First Win 4X4 with cosmetic changes of the body by MILDEF themselves

      ----
      Trex says:
      February 12, 2021 at 5:56 pm

      just rebadge from turkish made hizir 4×4

      ------------------------

      https://www.malaysiandefence.com/unifil-contender-out-on-show/

      Hapus
  81. Oh Hizir tempel sticker itu Bulat ya Purr...wkwkwkwk

    BalasHapus
  82. Tak perlu link pun,
    himav bentuknya pun bak pinang dibelah dua dgn hizir!

    Katanya masih mending vita berapi, meskipun hancur, tapi tidak meniru sama sekali!

    😂😂😂

    BalasHapus
  83. Tak perlu link pun,
    bentuknya Himav @gempur...bak pinang dibelah dua dgn hizir!

    Katanya masih mending vita berapi, meskipun hancur, tapi tidak meniru sama sekali!

    😂😂😂

    BalasHapus
  84. ciieee ada WARGANYET KL yg KEFANASAN tuch haha!


    👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇


    Mildef was formerly known as Kembara Suci which started in 2005 as an MRO shop but later dabbled/ moved towards vehicle manufacturing. Its record here is muddled as the Lipan Bara 4X4 was sold to the Army by Deftech with Kembara Suci initially working with Thailand’s Chaiseri to bring the vehicle locally.

    From the picture of the Lipan Bara above, we can surmised that the HMAV is similar apart from the additional doors in the cabin like the Chaiseri’s First Win 4X4 which has five doors.

    Firdaus says:
    February 11, 2021 at 1:32 pm

    So technically its a lipan bara? Hmmmm..

    ---
    Firdaus says:
    February 11, 2021 at 2:56 pm

    Its look like mildef design this hmav themselves..Can Mr M clarify it? If not based on what hmav..

    Reply
    I could be wrong but I think the chassis is actually the Chaiseri First Win 4X4 with cosmetic changes of the body by MILDEF themselves

    ----
    Trex says:
    February 12, 2021 at 5:56 pm

    just rebadge from turkish made hizir 4×4

    https://www.malaysiandefence.com/unifil-contender-out-on-show/

    BalasHapus
  85. Mengapa sih PINDAD gak fokus saja ke industri alutsista saja yang sudah ada itu ... perbaiki kualitasnya menjadi lebih baik dengan harga yang bisa bersaing dengan produk serupa buatan negara lain harga bisa menembus pasart global ..

    Sedangkan untuk kendaraan militer taktis macam Maung atau Komodo .. sebaiknya kerja-sama saja dengan industri automotive atau karoseri yang sudah ada (misalkan Delima Jaya) ... Saya yakin dengan sinergi seperti ini .. prospek ke depan akan lebih baik lagi bagi ndustri lokal ..

    BalasHapus
  86. https://youtu.be/I_2J_7XFpag

    Video pembuatan hmav dari desain potong besi pasang chasis dan enjin..hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. .
      Lipanbara 4×4 HMAV
      Link,
      http://www.army-guide.com/eng/product5395.html

      ".....Variant of Chaiseri First Win 4x4 from Thailand especially for malaysian army. ......"


      FOR malaSyia,
      Chaiseri FirstWin 4x4 from Thailand
      Chaiseri FirstWin 4x4 from Thailand
      Chaiseri FirstWin 4x4 from Thailand
      .......
      from Thailand, GUYs.....!!!
      Wkwkeekekwkekwk...

      Hapus
    2. Emang pun kita xclaim lipan bara produk kita cuman rakit di deftech haha..itupun cuman 20+. Unit aja

      Hapus
    3. Desainnya, mengapa harus mirip Hizir bro?

      🤔

      Hapus
    4. Oooh lalu maunya design gimana? Kayak suv atau mobil sedan? Hahaha

      Hapus
  87. Yah chaiseri first win utk malaysia jadi lipan bara

    First win utk tni jadi hanoman atau mau claim hanoman itu prouduk pindad? Haha

    BalasHapus
  88. Kalau hmav itu xseratus persen yah wajar enjinnya dari caterpillar sama transmisi alison..70 persennya lokal..sudah lumayan bagus

    BalasHapus
  89. Mrap mau desainnya kayak suv atau mobil sedap..mrap mana2 pun desainnya segitu..atau ada yah mrap kayak mobil sedan haha

    BalasHapus
  90. Lalu kenapa sanca itu serupa bushmaster? Cobra kayak pandur haha

    BalasHapus
  91. Yang cuma Tampal Sticker tak boleh Eksport cuma bisa panas dengki??

    Bahasa apa itu periuk api?? Beruk api kali


    Wkwkwkwkwkkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  92. Oor pindad desain sendiri yah sanca sama cobra haha

    BalasHapus
  93. Biar ngak bisa eksport yang utama kegunaan dalam negeri dulu..lebih baik guna dalam negeri dari buat utk eksport lalu kebutuhan dalam negeri tidak terpenuhi haha

    BalasHapus
  94. Yang cuman bisa tampal sticker pas turun dari kapal itu gimana wkwkw

    BalasHapus
  95. Ini cerita tentang kehebatan kerajaan Melayu Melaka terhadap Kaisar China ... Inilah bukti (bahkan diakui oleh kaisar China) .. bahwa kami bangsa melayu adalah bangsa yang paling suci, muli, perkasa dan cerdik pandai dengan sejarah masa lampau yang gilang gemilang dan X tertandingi oleh sejarah bangsa-bangsa lain di dunia ..

    Ingat .. Semua kehebatan dan Kejayaan itu sekarang diwariskan kepada Malaysia .. negara bangsa milik bangsa melayu yang X dapat dibantah sebagai negara nombor ONE ...
    -----
    RAJA CHINA MINUM AIR BASUHAN KAKI ORANG MELAYU...
    Hubungan Melaka dengan China
    Rombongan pertama dari Melaka ke China diketuai oleh Tun Perpatih Putih. Rombongan ke China kali pertama ini bertujuan untuk membalas bingkisan dan surat yang dihantar oleh raja China. Raja China telah menghantar "surat" dan bingkis berupa jarum yang sarat diisi di dalam sebuah pilau atau perahu, yang memberi maksud akan kebesaran China dan rakyatnya. Melaka membalas dengan membawa perahu yang sarat diisi sagu rendang.
    Di China, Tun perpatih Putih memberitahu cara buat sagu. Setiap seorang rakyat Melaka menggentel sagu seorang sebiji. Jumlah sagu dalam perahu itu melambangkan jumlah rakyat Melaka. Tun Perpatih Putih memakai 10 bentuk cincin pada kesepuluh jari kiri dan kanan.
    Sewaktu menghadap, pembesar-pembesar China menjeling pada jari beliau. Beliau akan memberi cincin itu pada pembesar China yang menjeling jarinya. Tun Perpatih Putih memberitahu makanan kegemaran orang Melaka ialah sayur kangkung tidak dikerat-kerat. Ketika makan, rombongan Melaka terpaksa mendongak untuk menyuap kangkung yang tidak dikerat itu ke mulut. Muslihat ini bertujuan ingin lihat wajah Maharaja China dalam mangkuk kaca.
    Sebagai menghargai raja Melaka, Raja China menghantar Puteri Hang Liu untuk berkahwin dengan raja Melaka. Raja China bersetuju menghantar puterinya disebabkan niatnya supaya raja Melaka mengirim surat sembah ke China. Tun Perpatih Putih beri alasan Raja Melaka tidak dapat datang karena Melaka berada dalam permusuhan. Hubungan Melaka-China terjalin lebih erat bukan saja hubungan diplomatik antara dua negara, juga hubungan keluarga. Selepas itu beras makanan raja China dikupas sama seperti beras makanan Raja Melaka yang juga dikupas, dan orang China juga gemar makan kangkung.
    Melaka seterusnya menghantar rombongan ke China untuk kali kedua untuk menghantar surat sembah kepada raja China setelah raja Melaka menjadi menantu. Utusan kali ini diketuai oleh Menteri Jana Putera dan Tun Telanai. Ketika belayar ke China, kapal angkatan Melaka terbias ke Brunei . Raja Brunei bertanya kenapa raja Melaka mengirim sembah ke China. Rombongan Melaka membuat alasan rakyat yang mengirim sembah bukan bukannya raja Melaka. Raja Brunei mengutuskan surat kepada Raja Melaka. Surat Raja Brunei sampai di Melaka semasa rombongan itu kembali dari China.
    Raja China yang menerima sembah daripada Raja Melaka mendapat penyakit kedal diseluruh badan, yaitu jenis penyakit kulit yang memutih dan gatal. Seluruh tabib China tidak dapat mengatasi masalah itu. Seorang tabib mencadangkan supaya Raja China minum air basuh kaki raja Melaka untuk mengubati penyakit kedal itu. China menghantar utusan ke Melaka untuk mendapatkan air basuh kaki Sultan Mansur Syah. Air kaki Sultan mansur Syah itu diminum dan digunakan untuk membasuh badan raja China. Raja China kemudiannya sembuh lalu berikrar tidak akan menerima lagi sembah daripada raja Melaka.
    (Diadaptasi dari: Salatus Salatin)

    BalasHapus
  96. Untok Indon .. Jangan dengki dan iri ya setelah membaca bukti kehebatan kami .. Bangsa Melayu Malaysia dengan Tamadun Sungai Batu .. Tamadun (Peradaban Manusia) tertua bukan saja saja di Asia Tenggara .. bahkan juga di dunia ..

    Jadi X salahlah jika kami sombong terhadap Indon kerana kami tahu bahwa kami lebih superior daripada Indon dalam segala hal ..
    -----
    Srikandi
    1t0S pieMouutScnotfasrfcuonhh ccaato r2et0:d23 ·
    Misteri 2 juta Tuyere di Tapak Arkeologi Sungai Batu
    Salah satu misteri di Tapak Arkeologi Sungai Batu adalah benda ini, tuyere. Tuyere adalah alat peniup angin.
    "Pergilah mana-mana sahaja di Kompleks Arkeologi Sungai Batu, pasti akan menjumpai 'tuyere' (peniup angin), iaitu peralatan penting dalam industri kuno peleburan besi.
    "Ia berbentuk bulat panjang bersaiz lapan inci dan ada lubang di tengahnya yang digunakan oleh masyarakat purba Sungai Batu ketika itu untuk mengepam udara di relau (furnace) semasa proses peleburan.
    "Kami menjumpai lebih dua juta tuyere di sini. Jadi, dengan jutaan tuyere dan 12 tapak peleburan serta kehadiran begitu banyak bijih besi, bayangkan bagaimana sibuknya industri peleburan besi di sini ketika itu," kata Prof Datuk Dr Mokhtar Saidin.
    (https://www.mstar.com.my/.../2016/07/15/rahsia-sungai-batu)
    Imagine this... bukan 10, bukan 1000. Bukan juga 10,000 tetapi lebih 2,000,000 tuyere ditemui!
    Antara misteri yang masih belum dipecahkan ialah: di mana produk akhir peleburan besi di Tamadun Sungai Batu?
    Mungkinkah semua produk besi digunakan untuk satu peristiwa besar-besaran sekitar kerancakan aktiviti di tapak arkeologi itu pada masa silam? Seperti peperangan di Kurukshetra dalam epik Mahabharata?
    Sebab ada pengkaji seperti Asko Parpola mencadangkan peperangan dalam epik Mahabharata itu terjadi dalam lingkungan 750-350 Sebelum Masehi. Ahli arkeologi India, B. B Lal pula menganggarkan sekitar 836 Sebelum Masehi dan masih tidak jauh dalam 48 tahun beza masanya berbanding usia terkini Tamadun Sungai Batu (788 Sebelum Masehi). Malah usia tamadun ini dijangka semakin beranjak lagi ke belakang jika tapak-tapak baru dibuka.
    Siapakah yang mampu membekalkan senjata kepada 1,530,900 askar di pihak Pandava dan 2,405,700 di pihak Kaurava? Mereka memerlukan pedang, mata tombak, mata anak panah dan gada berserta baju besi dan kelengkapan lainnya. Siapakah pembekal kepada material besi kepada 153,090 kereta kuda di pihak Pandava dan 240,570 di pihak Kaurava?
    Siapa?
    Jadi, sekali lagi... pernah tak kalian baca laporan yang mengatakan berjuta-juta tuyere (alat peniup) ditemui bersepah di tapak arkeologi Sungai Batu dan terfikir, ke mana semua hasil besi dieksport?
    Berapa tuyere untuk satu relau? Berapa tempoh tarikh luput tuyere atau berapa kali tuyere boleh digunakan dalam satu-satu projek perindustrian?
    Berjuta-juta tau... untuk apa? Berjuta-juta tuyere yang bersepah itu menunjukkan adanya perindustrian besar-besaran tahap mega untuk mengilang produk-produk besi. Untuk orang-orang Melayu di kampung-kampung sekitar? Rumah-rumah mereka semua pakai besikah?
    Fikir... besi yang banyak untuk apa?
    Jika ada pengeluaran, mesti ada permintaan.
    Apa yang menariknya lagi, Tamadun Sungai Batu dari segi pentarikhan telah mengatasi Tamadun Yunani dan Tamadun Rom yakni Ancient Rome dan Classical Greece.
    Mungkinkah jawapannya ada di bawah tapak-tapak yang belum dibuka dan dikaji itu di sekitar Tapak Arkeologi Sungai Batu?
    Imagine this...
    Di kala dewa-dewi Hindu berperang di Kurukshetra, di kala Olympian berperang dengan Titan...
    ...nenek moyang Melayu sedang sibuk menempa besi-besi,
    "...forging weapons for all those gods..."
    ~Srikandi
    The History of Thy Beloved
    Covidnomics: https://bit.ly/3qN0meC

    BalasHapus
  97. Ayo .. Jika nak bantah .. berikan bukti bantahan yang dapat dipertanggung-jawabkan di forum ini bahwa Indon jauh lebih hebat dan superior dari kami ... Hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Superior dalam hal apa? Hahaha

      Hapus
    2. Ini ceritanya lagi kepanasan ato gimana.. kok seperti emosi gitu nadanya.. 🤣🤣🤣

      Hapus
  98. Menurut Abraham, dari beberapa rekanan negara yang tertarik, salah satunya yang langsung berkunjung dan rutin menjalin komunikasi terkait Maung adalah Bangladesh.


    Bangla kaya lah kemarin beli Apache , sekarang ngelirik Maung👀

    BalasHapus
  99. ciieee ada WARGANYET KL yg KEFANASAN tuch haha!

    katanya lipanbara deftek,
    tp mnurut om marhalim, tidak begituw..

    yg bner cem ini kisahnya


    👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇


    Mildef was formerly known as Kembara Suci which started in 2005 as an MRO shop but later dabbled/ moved towards vehicle manufacturing. Its record here is muddled as the Lipan Bara 4X4 was sold to the Army by Deftech with Kembara Suci initially working with Thailand’s Chaiseri to bring the vehicle locally.

    From the picture of the Lipan Bara above, we can surmised that the HMAV is similar apart from the additional doors in the cabin like the Chaiseri’s First Win 4X4 which has five doors.

    Firdaus says:
    February 11, 2021 at 1:32 pm

    So technically its a lipan bara? Hmmmm..

    ---
    Firdaus says:
    February 11, 2021 at 2:56 pm

    Its look like mildef design this hmav themselves..Can Mr M clarify it? If not based on what hmav..

    Reply
    I could be wrong but I think the chassis is actually the Chaiseri First Win 4X4 with cosmetic changes of the body by MILDEF themselves

    ----
    Trex says:
    February 12, 2021 at 5:56 pm

    just rebadge from turkish made hizir 4×4

    https://www.malaysiandefence.com/unifil-contender-out-on-show/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oooh jadi kalau chasisnya dari first win salah la yah? Tidak boleh dikembangkan dari situ menjadi mrap lain

      Hapus
  100. .
    Hmmm....
    Bung Brandal_Lokajaya yang lebih paham sejarah Asia-Tenggara.

    Menunggu response dari beliau.


    Unknown13 Maret 2021 11.04
    Ini lagi Beruk gila mabok lem

    BalasHapus