30 Maret 2021

Bandara Kertajati Akan Jadi Tempat Perawatan Pesawat Milik TNI

30 Maret 2021

Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat (photo : Merdeka)

BANDUNG - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, bahwa Bandara Kertajati akan difungsikan untuk Maintenance, Repair and Overhaul (MRO). Dimana sasaran pertamanya adalah untuk pesawat-pesawat milik TNI.

“Kita usulkan agar Kertajati difungsikan pada fungsi-fungsi yang lain, yaitu MRO. Tercatat kami sudah berdiskusi dengan Panglima TNI, Kasau, untuk memanfaatkan kegiatan MRO atau perawatan pesawat-pesawat milik TNI. Dimana TNI dan GMF sudah melakukan koordinasi,” katanya dalam keterangan persnya di Kantor Presiden, Senin (29/3/2021).

Bahkan menurutnya, GMF sudah melakukan lisence untuk memperbaiki pesawat-pesawat yang bermerek dari Amerika Serikat. “Nah karenanya kita akan segera bangun dan kita akan kembangkan pada lahan-lahan yang sudah dimiliki. Dan ini akan kita lakukan dengan cepat,” ujarnnya.

Dia mengatakan, bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengarahkan agar tidak saja pesawat TNI tapi pesawat instansi lainnya. Misalnya saja BNBP, Basarnas, Kemenhub, dan kepolisian di.

“Selain itu kami juga inginkan, MRO ini menjadi MRO tidak saja untuk pemerintah tetapi yang akan datang akan digunakan juga MRO pesawat-pesawat private yang selama ini melakukan perawatan di luar negeri,” ujarnya.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengutarakan, bahwa selain penumpang, Bandara Kertajati memang akan dikembangkan untuk bisnis non penumpang. Dia mengatakan, sebelumnya industri kargo sudah dimulai oleh Bandara Kertajati.

“Nah yang terbesar akan dikonsolidasikan oleh Pak Menhub adalah MRO, Maintanance Repair and Overhaul. Nah itu sehingga semua pesawat-pesawat di Indonesia ini kira-kira nanti bisa difasilitasi maintanance-nya di sana. Termasuk TNI AU,” ungkapnya.

Menurutnya bahwa sudah ada penerbangan internasional di Asia yang berminat untuk membuka MRO maskapainya di Kertajati. Tidak hanya itu dia menyebutkan Presiden Jokowi ingin agar PT Pindad dan PT DI dipindahkan ke kawasan Kertajati.

“Sehingga kawasan PTDI PT Pindad di Bandung bisa diubah untuk bisnis-bisnis yang relevan terhadap wilayah geografisnya yaitu mungkin pariwisata,” pungkasnya.


222 komentar:

  1. Klo Pindad napain hrus pindah ke Kertajati

    BalasHapus
  2. JS Kumano, 30FFM class frigat, yang
    ditawarkan Jepang sebanyak 8 unit
    [SDF]
    Selain Jepang, Prabowo sempat
    blusukan ke sejumlah negara dalam
    kurun waktu satu pekan terakhir.
    Berdasarkan informasi yang
    dipublikasikan Kementerian Pertahanan
    RI dan Kementerian Luar Negeri RI,
    Prabowo dan jajarannya bertandang ke
    Inggris dan Rusia.
    Prabowo melaksanakan pertemuan
    dengan Menteri Pertahanan Inggris Ben
    Wallace pada 22-24 Maret 2021. Dalam
    siaran pers Biro Humas Setjen Kemhan
    RI pada Jumat (26/3/2021), kunjungan
    dilakukan dalam rangka meningkatkan
    kerja sama bilateral di bidang
    pertahanan RI-Inggris.
    Kedua negara sepakat melanjutkan
    kerja sama pertahanan melalui bidang
    pendidikan militer dan pengadaaan
    serta pemeliharaan alat utama sistem
    pertahanan.
    Di Rusia, Prabowo bertemu dengan
    Wakil Menteri Pertahanan Kolonel
    Jenderal Andrei Kartapolov di
    Kementerian Pertahanan Rusia,
    Moskow pada Kamis (25/3/2021).
    Dalam pertemuan itu, Kartapolov
    menyatakan kerja sama pertahanan
    antara kedua negara menunjukkan tren
    positif.
    Prabowo dan Kartapolov juga
    membahas pentingnya membangun
    dan memelihara kerja sama multilateral
    dalam format Pertemuan Para Menteri
    Pertahanan negara-negara anggota
    ASEAN dan negara-negara partner
    (ADMM-Plus). ( hoi/hoi )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jepang merupakan mitra dagang
      terbesar ke-2 Indonesia dengan total
      nilai perdagangan US$ 24,3 miliar.
      Ekspor Indonesia ke Jepang pada
      tahun 2020 senilai US$ 13,6 miliar atau
      bertengger di peringkat 14. Jepang
      juga adalah investor ke-4 terbesar di
      Indonesia.
      JS Kumano, 30FFM class frigat, yang
      ditawarkan Jepang sebanyak 8 unit
      [SDF]

      Hapus
    2. NANTI GEMPUR CAKAP AKAN BRO,,GEMPUR TAK PAHAM AKAN VERSI INDO TUH PASTI NYATA DAN REAL TAK MACAM AKAN VERSI JIRAN MALON YANG JOOONK

      Hapus
  3. Teampaknya harus dipertimbangkan dengan serius oleh kami .. Nak memindahkan seluruh facility milik AIROD yang ada di KL ke facility di airrport Kuala Jati ... kami yakin kerana didukung oleh pengalaman dan performance yang baik selama ini .. AIROD dapat dengan mudah mengalahka PTDI di sektor bisnis service dan maintance berbagai type pesawat terbang sipil dan militer yang beroperasi selama ini di asia ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat peswaat aja dulu bru ngmng PTDi,Aiicrod cuma ngelap2 kaca aja 🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    2. HALU DAN HALU LAH TU,,,AIROD KILANG ABAL ABAL TU BRO..

      Hapus
    3. Aircrod tuh apa?
      Mau saingi PTDI halu ya lon.

      Lol😅

      Hapus
    4. Sudah bisa bina pesawat belum airod .. banyak cakap saja dan bikin malu korang

      Hapus
    5. 1 Pesawat Hercules TNI AU MRO di AIROD butuh waktu 3 tahun.. Dasar AIROD MRO abal-abal... wkwkwkwk

      Hapus
  4. Jangan coba bandingkan AIROD dan GMF aeroasia 😂🤣

    BalasHapus
  5. http://garudamiliter.blogspot.com/2021/03/jepang-setuju-ekspor-alutsista.html?m=1

    Angkat min !!

    BalasHapus
  6. Jikapun nanti jadi memindahkan dan membangun facility baru di Kualajati... AIROD tampaknya harus siap bersaing dengan GMF (milik Garuda) .. tetapi dari segi keahlian dan pengalaman .. jelas AIROD maasihlah yang terbaik ...

    Mudah-mudahan exoansion bisnis AIROD ke Indonesia terwujud di tahun 2022 nanti ...

    TAHNIAH TO AIROD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halu ya..kerjaan nya ngelap2 kaca semprot2 bayfresh🤣

      Buat peswat dulu sana😅

      Hapus
    2. Pindahkan Aircrod ke Cina

      Hapus
    3. Aircrot tak bisa bina pesawat saja sudah gaya nya selangit lon

      Hapus
    4. 1 Pesawat Hercules TNI AU MRO di AIROD butuh waktu 3 tahun.. Dasar AIROD MRO abal-abal... wkwkwkwk

      Hapus
  7. PT DIRGANTARA INDONESIA TIADA LAWAN DI ASIA TENGGARA,,AIROD KILANG ZOONK JE TU HAHAHAAAA

    BalasHapus
  8. Dol Guldur Wan Wan paladin yg kos lg murah utk upgrade pun kita ckp mahal..inikan pulak nk upgrade SH....meninggal...kata pak politik

    Alexander Zulkarnain sembang super hornet, nak ganti nuri pon kita tak mampu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. GEMPUR JE LAH TU YANG SELALU CAKAP JIRAN MALON HEIBAT,,PADAHAL BANYAK RAKYAT JIRAN MALON YANG CAKAP KALAU NEGARA MALON TU TERUK SANGAT TIADA BUJET BRO

      Hapus
  9. Daripada terus bergaduh .. mungkin lebih baik Malaysia dan Indnesia bekerja sama mengembangkan bisnis MRO yang semakin berkembang besar pasarnay di wilayah nusantara ini ..

    Alangkah indahnya jika AIROD, Garuda dan Lion Group bersatu membentuk bisnis MRO bersama di airport Kalijati ini .. biarlah AIROD memegang 98% ownership di perusahaan kerja-sama ini .. sisanya masing-masing 1$ dikuasai oleh pihak Garuda dan Lion..

    Kami sedar bahwa Garuda dan Lion sedang mengalamai krisis keuangan hngga mufis di tahun 2021 .. makanya kami tawarkan kepe,ikan minoritas Garuda dan Lion di perusahaan MRO baru ini ...yang kami usulkan bernama AIROD INDONESIA

    Mudah-mudahan terwujud ...bukankah ini adalah awal yang nyata untok mempersatukan bisnis kedua negara serumpun dan bersaudara kandung ..

    Salam dari KL Malaysia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dol Guldur Wan Wan paladin yg kos lg murah utk upgrade pun kita ckp mahal..inikan pulak nk upgrade SH....meninggal...kata pak politik

      Alexander Zulkarnain sembang super hornet, nak ganti nuri pon kita tak mampu.

      Hapus
    2. Mau upggrade MPa aja ngemis2 derma,Airod tak mampu ya

      Hapus
    3. Ganyang KL musuh di kawasan

      Hapus
    4. Ganyang KL musuh di kawasan

      Hapus
    5. Ganyang KL musuh di kawasan

      Hapus
    6. Ganyang KL musuh di kawasan

      Hapus
    7. Ganyang KL musuh di kawasan

      Hapus
  10. Kami seluruh warga dan rakyat provinsi Jawa Barat mengucapkan Selamat datang di Kalijati - Jawa BARAT .. AIROD INDONESIA

    SEmoga berjaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. GEMPUR,,,,INDO NAK BELI 8 BUAH FRIGATE JEPUN PUR,,KAU TAL BOLEH IRI PUR,,

      Hapus
    2. GEMPUR JE LAH TU YANG SELALU CAKAP
      JIRAN MALON HEIBAT,,PADAHAL BANYAK
      RAKYAT JIRAN MALON YANG CAKAP
      KALAU NEGARA MALON TU TERUK
      SANGAT TIADA BUJET

      Hapus
    3. @stryker, iya mungkin 🤷

      Hapus
    4. BUKAN BRO,,AKU ADALAH NETIZEN BARU YANG CINTA NKRI,,SALAM KENAL BROTHER,,YOU AND ME SAME OF REPUBLIC OF INDONESIA

      Hapus
    5. Om budak bangang aq tidak nuduh anda.....aq curiga sama @unknown, om budak bangang

      Hapus
    6. Gmf adlh salah satu fadilitasnya terbesar di dunia,airod anak kemaren sore bgaya lagi,blm apa2nya fasilitas gmf teraduk quality..

      Hapus
  11. Waduh masa GMF aeroasia (yang memiliki fasilitas MRO terbesar di dunia dan masuk salah satu yang terbaik) dibandingkan dengan AIROD yang hanya itu-itu saja 😴

    BalasHapus
  12. GEMPUR,,AKUI JE TNI LEBIH KUAT DAN HEIBAT BERBANDING ATM NEGARA KORANG,,TNI MEMILIKI BANYAK ASET MILITER YANG BANYAK PUR,,ATM ASET MILITER PON CIPUT DI TAMBAH TIADA BUJET NAK BELI WEAPON DAN PERBAIKAN ASET TDM MALON HAHAHAAAA

    BalasHapus
  13. Kertajati ini perencanaan nya kurang matang ya dulu. 🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan perencanaan kurang matang Bray, tapi direncanakan buat jangka agak panjang. Lokasinya strategis sekali. Aq yakin 10 THN lagi bakal rame ini airport

      Hapus
  14. https://aviationweek.com/mro/top-10-asia-pacific-mro-countries

    Wkwkwkww GMF masih diata airod wkwk

    BalasHapus
  15. Polri: Empat Tersangka Bom Makassar Pernah Ikut Baiat FPI
    Puteranegara Batubara
    Selasa, 30 Maret 2021 - 15:54:00 WIB

    https://www.inews.id/news/nasional/polri-empat-tersangka-bom-makassar-pernah-ikut-baiat-fpi/2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah wah curiga nih FPI juga fans ISIS

      Hapus
    2. @Mechanize

      Begini cuplikan Video FPI dukung ISIS saat diputar di kantor Menko Polhukam

      https://youtu.be/cNpIwneAYaI

      Hapus
    3. FPI terlalu rasis ama pemerintah,jadi buat teroris biar pemerintah kena dampaknya

      Hapus
  16. Mengikuti terjadinya ekoran bomb suicide di Makassar dan pembakaran kilang milik Pertamina oleh para PENGGANAS atau TERORIS maka bersama ini pihak Kerjaan Malaysia menghimbau hal-hal berikut ini kepada seluruh warga negara Malaysia yang masih tinggal di Indonesia ..

    1. SEhubungan dengan kejadian tindak keganasan oleh pengganas atau terorris di Indonesia .. Phak kerajaan Malaysia telah memutuskan status RED CODE atau ALERT CODE kepada Republik Indonesia ...

    2. Berkaitan dengan itu .. kami menghimbau kepada seluruh warga negara Malaysia yang ada di Indonesia untok X keluar rumah beractivity seperti biasa .. hindarkan tempat rama kerana ada resiko berulang lagi aksi bomb suicide oleh pihak pengganas Indonesia..

    3. UNtok sementara kami melarang warga Malaysia berkunjung ke Indonesia hingga batas waktu yang akan dimakumatkan semula ..

    4. Silakan lapor ke Keduataan ataupun konsulat Malaysia di tempat anda jika muncul hal-hal yang mencemaskan disekitar tempat anda tinggal di Indonesia .Pihak kedutaan atau konsulat akan membantu anda jika diperlukan ..

    5. Maklumat lainnya menyusul ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan warga Malon angkat koper dari Indonesia. Kami Indonesia tidak butuh warga Malon..

      Hapus
    2. Utk warga malon,kembali sana ke negara kalian dan gak usah kembali ke Indonesia,kalian cuma bawa mudharat saja di Indonesia

      Hapus
  17. Jepang menyetujui kesepakatan ekspor alat utama sistem persenjataan (alutsista) ke Indonesia. Bahkan bukan hanya pembelian alutsista, tapi ada unsur transfer teknologi bagi Indonesia.

    Kesepakatan transfer alutsista dan teknologi disepakati saat Menteri Pertahanan (Menhan)Prabowo Subianto Djojohadikusumo, ditemani oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Priansari Marsudi, bertandang ke Tokyo pada Selasa (30/2/2021). Sebelumnya Prabowo juga sempat menjajaki kerjasama dengan Rusia hingga Inggris.

    Pertanda 30FFM pemenang tender frigate MEF 3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi.. Wangi-wangi 30FFM pemenang tender Frigate MEF 3..

      Hapus
    2. Indonesia sedang cri TOT bukan hanya beli saja,disini pertemuan menhan indo jepang makin lbh serius

      Hapus
    3. Bagi Indo sekarang .. yang paling penting dan dibutuhkan adalah PINJAMAN LUNAK YANG SIGNIFICANT dari Jepang untok membeli Alutsista buatan mereka ... Bukan MoU seperti ini .. Ingat Indon sudah terlalu banyak membuat MoU dengan negara-negara lain.. teapi hasilnya hingga kini NOTHING ..

      Hapus
    4. Jepang pertama kali ikut tender,langsung jadi pemenang wkwkwkw,gila pintar melobi wkw

      Hapus
    5. Mou itu perjanjian awal wkwkw bukan perjanjian akhir. Jadi bebas mau lanjut ata tidak

      Hapus
    6. Masih belum ada rilis resmi pemenang tender MEF 3

      Hapus
    7. Jepang smentara teratas 😁

      Hapus
    8. @Type 12

      Apa perlu ane Japri Twitter Pak Prabowo nanya pemenang Tender kapal perang MEF 3.. 😁😁

      Hapus
    9. Sekarang FREMM, ARROWHED dan MOGAMI lagi berebut posisi

      Hapus
    10. Tinggal PM Jepang telfon Pak Jokowi. Menangkan tender Kapal Perang MOGAMI untuk MEF 3 atau Investor Jepang tidak Investasi di Indonesia dan PLN gak di ACC. 😁😁

      Hapus
    11. Krim Murasame Class sama Atago class ke Natuna

      Hapus
  18. Ia memperkirakan, Indonesia akan memprioritaskan pembelian pesawat pengintai maritim dari Jepang, ketimbang alutsista seperti kapal selam, tank, atau kapal perang permukaan.

    Pertemuan Menhan indo-jepang makin serius aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di era Prabowo,gk bakal ada alutsista buatan china yang dibeli wkwkw,Prabowo ini pintar manfaatin situasi,makanya amerika dan jepang berani nawar alutsista tercanggih mereka.

      Hapus
    2. Wangi-wangi Soryu, Tank Type 10.. 🤩🤩

      Hapus
    3. Diplomasi pak wowo mang oke loby2 negara kuat spt Jepang.

      Hapus
    4. Yang wangi itu P-1 Kawasaki

      Hapus
    5. P1 Kawasaki pilot nya Miyabi nnti😄

      Hapus
    6. @Type 12

      Diberitanya kan gak disebutkan pesawat terbang.. 😁😁

      Hapus
    7. Diberitakan dibeberkan tidak maksud dari "keinginan Japan untuk mengekspor berbagai jenis Alusista ke Indonesia" ? 😂

      Hapus
  19. Sepi Penerbangan, Bandara Kertajati Cuma Jadi Lapangan Parkir


    Tekanan terhadap maskapai akibat pandemi Covid-19 berdampak pada operasional bandara. Sejak 16 April 2020, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati, hanya mencatat sekali penerbangan sampai hari ini.

    Direktur Utama PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Salahudin Rafi menyebut, satu-satunya penerbangan dari Kertajati yang berlangsung dalam periode sekitar empat bulan ini adalah penerbangan sewa khusus.

    "Ada 1 charter flight Sriwijaya, Kertajati-Samarinda," ujar Salahudin

    Selebihnya, tak ada jadwal penerbangan di bandara tersebut. Dia mengaku, tak adanya jadwal penerbangan ini karena maskapai masih belum bersedia terbang di Kertajati.

    "Selama ini masih di Soetta, beberapa bandara saja yang buka. Bukan hanya Kertajati saja yang tidak operasi, masih banyak bandara yang belum operasi. Jadi airline kelihatannya juga melihat jalur yang gemuk dulu untuk menyehatkan cash flow," ujarnya.

    Kendati begitu, dia menegaskan bahwa sejumlah airline yang memiliki rute di Kertajati, tidak akan mencabut rutenya.

    "Airline airline komitmen nggak akan meninggalkan Kertajati, tetapi melihat penumpangnya ini melakukan dulu di bandara yang penumpangnya mulai bergerak terbang kembali," bebernya.

    Di sisi lain, seiring sepinya penerbangan, Bandara Kertajati justru ramai melayani jasa parkir pesawat. Terdapat peningkatan sebesar 30% jika dibandingkan dengan periode sebelum adanya pandemi Covid-19.

    Dari kapasitas parkir yang dimiliki Kertajati, utilitasnya mencapai 60% terpakai. Kendati begitu, secara harian dia menyebut bahwa pergerakan jumlah pesawat parkir bergerak dinamis.

    "Dia nggak parkir kayak mobil berapa hari gitu. 2 masuk tapi nanti balik lagi ke GMF, nanti masuk lagi. Jadi bergantian. Kalau kapasitasnya sih 12 parkir stand ya. Kalau sama yang tidak stand jadi 22. Kita punya kapasitas 22 pesawat, wide body dan narrow body," katanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. "April 2020" (masa puncak pandemi) 🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Kau tak lulus TADIKA keh.. wkwkwkkwkwk. Mencerna berita pun kau tak mampu.. wkwkwkwk..

      Hapus
  20. Bagi Indo sekarang .. yang paling penting dan dibutuhkan adalah PINJAMAN LUNAK YANG SIGNIFICANT dari Jepang untok membeli Alutsista buatan mereka ... Bukan MoU seperti ini .. Ingat Indon sudah terlalu banyak membuat MoU dengan negara-negara lain.. teapi hasilnya hingga kini NOTHING ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus buat apa capek-capek perwakilan Mitsubishi Heavy Industries ke PT. PAL & galangan swasta di masa pandemi kalo sekedar MOU.. kihkihkih..

      Hapus
    2. Trus malon hanya diam hadapi CIna di LCS

      Lol😅🤣

      Hapus
    3. hambalang itu NOTHING !!!

      Hapus
    4. emangnya di malon sana ada istilah ngibul???

      ndaru monyet

      Hapus
    5. Ayo daruw ngopi bareng sini

      Hapus
  21. Bukan NOTHING .. tetapi NOT ANYTHING aka NGIBUL MELULU ...Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, ketahuan ini si wandaru 😂

      Hapus
    2. hambalang hasil kibul...

      Hapus
    3. @Unknown aka ASUkandar ini guys..

      🖕🖕🖕🖕🖕🖕

      Hapus
    4. Masih saya pantau kamu daruw

      Hapus
    5. Iver nunggu pal selesain kcr wkwkw,nagapasa batch 2 mulai april bulan depan wkwk

      Hapus
  22. Gempur buta wkwkw


    GEMPURWIRA30 Maret 2021 19.55
    Sepi Penerbangan, Bandara Kertajati Cuma Jadi Lapangan Parkir


    Tekanan terhadap maskapai akibat pandemi Covid-19 berdampak pada operasional bandara. Sejak 16 April 2020, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati, hanya mencatat sekali penerbangan sampai hari ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan kan di Indonesia, negara-negara di Eropa saja bandara banyak yang sepi waktu masa puncak pandemi tahun lalu 😂

      Hapus
    2. Ealah..gempur as silly kirim berita yg gak ada sekali nyambung😅

      Hapus
  23. Purr..Mas sudah bangkrut ya...kapan Air Asia menyusul...qiqiqiqi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Air Asia Jepang udah BANGKRUT..

      Pengumuman: AirAsia Jepang Bangkrut!

      https://www.cnbcindonesia.com/market/20201118130906-17-202728/pengumuman-airasia-jepang-bangkrut

      Hapus
    2. Air Asia X tak lagi beroperasi di Indonesia, ada apa?

      https://amp.kontan.co.id/news/air-asia-x-tak-lagi-beroperasi-di-indonesia-ada-apa

      Hapus
  24. PT PAL bakal sibuk 4 tahun kedepan wkwkw
    -3 Nagapasa batch 2 dimulai april 2021
    -2 Iver setelah kcr selesai
    -frigate Mef 3(belum diketahui yang bakal dibangun di indonesia)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Nagapasa Batch 2
      1. KRI 406 Dimulai April 2021
      2. KRI 407 Dimulai Oktober 2021
      3. KRI 408 Dimulai Februari 2022

      Hapus
    2. Itukan jika sudah diteken kontraknya, jika dibatalkan..... 😆

      Hapus
    3. Seriusan CBG Batch II dilanjutin?

      🥺😢

      Hapus
    4. Ah dia kutip berita dari CNBC tahun lalu 😂

      Hapus
    5. Staff konsumsi kok bisa-bisanya kutip berita dari CNBC tahun lalu. 😂🤣

      Hapus
    6. CBG lanjut bro,coba liat pernyataan prabowo saat alugoro masuk layanan

      Hapus
    7. Maksud saya tuh si @mechanize ngutip berita tentang CBG dari CNBC yang di upload di forum DS tahun lalu 😴

      Ga ada hubungannya sama si AHI

      Hapus
    8. Pernyataan Pak Probowo seperti itu buat nyenengin pihak DSME doang bro.. 😁😁

      Hapus
    9. @Type 12

      Ane pikir tulisan Ah itu si staff konsumsi. 🙏🙏✌✌

      Hapus
    10. Jangan lupa waktu serah terima CBG menhan south Korean sendiri yang hadir tanpa diwakilkan

      Hapus
    11. Pak prabowo bilang kalo pt pal bakal bikin kapal selam dalam 5 tahun lagi,lalu bikin kapal selam sendiri setelah itu. Ini berkaitan dengan CBG batch 2 yang bakal selesai oleh pt pal dalam 5 tahun,ini pernyataan pt pal. Lalu BPPT juga berencana bikin kapal selam mini tahun 2026,dan ini juga mungkin maksud kata2 prabowo

      Hapus
    12. Lagipula si Mbah ga nyebut-nyebut CBG batch 2, dia hanya mengatakan "dalam waktu 5 tahun Indonesia sudah harus bisa mampu memproduksi kapal selam secara keseluruhan di Indonesia, bahkan dengan segala persenjataannya juga" (maaf kalo agak berbeda) 😂

      Hapus
    13. Kita tunggu aja nanti april 2021,kalo lanjut berarti itu maksud kata2 prabowo

      Hapus
    14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    15. Iya betul, lihat saja nanti maksud dari perkataan dia 🏃‍♂️

      Hapus
    16. CBG lanjut aja buat belajar nambah ilmu,klo gk lanjut ya gpp cri negara lain yg mau TOT lebih.
      Realistis aja

      Hapus
    17. Harus keluarkan dana sekitar 10 triliun lagi untuk melanjutkan progres ToT CBG

      Hapus
    18. TKMS kemungkinan mau TOT dengan bikin di Indonesia,basicnya juga hampir mirip,jadi PT Pal juga bisa berkembang

      Hapus
    19. @Type 12

      Kalo beli Scorpene SBR atau U214 baru harus ngeluarkan dana berapa?

      Hapus
    20. U214 kemungkinan lebih murah kalo plus TOT,jerman kagak pelit teknologi

      Hapus
    21. Maslah kapal selam dri Jerman
      Info di FB ternyta sistem Navigasi kasel jerman buatan Rosiya

      Hapus
  25. Sengaja dikumpulin disitu biar klo beli rudal hanud ga nanggung objek yang dilindungi 🤭🤭🤭🤭🤭🤭 disamping biar rame

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekalian bikin holding industri kedirgantaraan disekitarnya 👀

      Hapus
    2. Lah pantes skadud ditaruh dimagetan,ternyata buat lindungin pabrik alutsista malang dan surabaya wkwk

      Hapus
    3. Sblm nya kan ada bsrita kmrin jawa barat bakal dilindungi rudal jelajah.

      THAAd heheh

      Hapus
    4. Bukan THAAD tapi Starstreak, Oerlikon Skyhield, dan Nasams II

      Hapus
  26. Kondisi Indon betol-beol TERUK dan KACAU BALAU saat ini ... PENGGANAS berkasi di mana-mana .. Aksi Bom terus berlangsung dengan sasaran Balai Polis dan Balai Kerajaan ... yang paling menghebohkan adalah Aksi Pengganas Meledakan Kilang milik PERTAMINA di Balongan ..

    Sebagai warga negara sekandung serumpun .. kami mengharapkan warga Indon tetap kuat dan tabah menghadapi semua cubaan berat ini ...Jika nak kedamaian dan hidup senang ... baiklah bersatu denag negar kami .. Kami pasti akan membawa kemakmuran bagi warga Indon semua dibawah daulat titah Baginda Yang Dipertuan Agong kami ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balai kerajaan,di indonesia mana ada kerajaan wkwk,lawak ni orang kwmw

      Hapus
    2. Memangnya ada konferensi pers soal teroris yang meledakkan kilang Pertamina ? 🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    3. Teroris buat apaan incer kilang minyak wkwk,bodh ni orang wkwk

      Hapus
    4. "YPDA adalah raja bangsa Melayu, barangsiapa yang mengingkarinya bakal masuk neraka" 😆

      Hapus
    5. Kayak negara malon aja gak ada yg teruk wkwkw

      Hapus
    6. Mang klo nyembah baginda agong bisa msuk surga ya?🤣🤣🤣

      Hapus
    7. YDPA sama kayak FIRAUN yg harus diSembah sekalian aja mengaku TUHAN biar 100% sama kayak FIRAUN..

      Parah bener kau lon.. Dosa Syirik itu No. 1 gak diampuni, ngakunya Negara Islam Tamadun.

      Hapus
    8. Jatuhnya seperti nyembah Firaun dong.. 🤣🤣🤣

      Hapus
    9. Ni orang aliran sekte mana ya?

      Hapus
  27. bandara kertajati lokasi majalengka /indramayu jawa barat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan sudah ada pemberitahuannya diatas 😂

      Hapus
  28. Su-35 lanjut gak nih,lumayan bisa bawa brahmos buat hajar kapal mahareja wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan yg punya info di share.. 😁😁

      Hapus
    2. Beralih ke Su34 Fullback Bomber aja😃

      Hapus
    3. Sepertinya akan tetap rahasia wkwkw,Rusia aja nekan lewat mekanisme khusus,jadi jelas gk bakal dipublish

      Hapus
    4. Ada semboyan nya tuh
      Tidak semua Pembelian Alutsista baik yg sudah teken atau proses pengadaan nya di publish

      Hapus
  29. Bandara yang sepi dari awal pembinaan... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar kan oramg gila dia
      Mau bully apa kita ttp unggul😅

      Hapus
  30. Japan reaches deal with Indonesia on defense equipment exports
    Prime Minister Yoshihide Suga gestures as he meets with Indonesia's Foreign Minister Retno Marsudi (left) and Defense Minister Prabowo Subianto at the Prime Minister's Office on Tuesday. | POOL / VIA REUTERS
    Prime Minister Yoshihide Suga gestures as he meets with Indonesia's Foreign Minister Retno Marsudi (left) and Defense Minister Prabowo Subianto at the Prime Minister's Office on Tuesday. | POOL / VIA REUTERS
    KYODO

    SHARE
    Mar 30, 2021
    Japan and Indonesia on Tuesday signed a deal enabling exports of Japanese-made defense equipment to the Southeast Asian country as they try to boost cooperation amid China's rising assertiveness in regional waters.

    The accord on the transfer of defense equipment and technology was signed after the foreign and defense ministers of Japan and Indonesia met in Tokyo for so-called two-plus-two talks, the second of their kind between the two countries since 2015.

    BalasHapus
  31. Bandara Kertajati Sepi, Berapa Uang yang "Dibakar"?


    Wakil Presiden Jusuf Kalla angkat suara ihwal nasib Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat. Bandara yang baru beroperasi kurang dari setahun ini masih sepi penumpang, maskapai penerbangan ogah terbang dari bandara ini.

    Ini terlihat dari jumlah penumpang di Bandara Kertajati sejak beroperasi Mei 2018 sampai dengan akhir 2018 hanya 35.000 orang. Padahal, tahap awal kapasitas terminal Bandara Kertajati bisa menampung 5 juta penumpang per tahun.

    “Boleh dibilang perencanaannya tidak terlalu bagus, mungkin kurang penelitian, sehingga lokasinya tidak pas. Lain kali, jangan kita (pemerintah) membuat [bandara] lagi hanya karena ingin ada airport," jelas JK dikutip dari Antara.

    Rencana membangun Bandara Kertajati awalnya memang tidak ada dalam Tatanan Kebandarudaraan Nasional (PDF) atau peta jalan pengembangan bandara dalam jangka panjang, wilayah Majalengka tidak masuk dalam rencana pemerintah.

    Di Jawa Barat, pemerintah pusat sudah menetapkan beberapa lokasi untuk dikembangkan sebagai bandara baru, di antaranya Bandung, Cirebon, Pengandaran, dan Karawang. Dari keempat lokasi itu, Karawang sempat jadi kandidat terkuat.

    Karawang dianggap strategis karena lokasinya dekat dengan Bandara Soekarno-Hatta, dan berpotensi mengurai kepadatan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta. Namun, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) punya rencana lain. Pemprov Jabar justru menginginkan lokasi bandara digeser ke Kabupaten Majalengka demi alasan pengembangan wilayah.

    “Prosesnya (Karawang) lama juga. Pembebasan lahan dulu, segala macam. Penentuan lokasi, RTRW saja belum. [Bandara] Karawang dibicarakan setelah Kertajati selesai," kata Ahmad Heryawan saat menjabat Gubernur Jabar dikutip dari Bisnis pada 26 Februari 2016.

    Pemprov Jabar meyakini lokasi bandara di Majalengka bisa membantu mengurai kepadatan di Soekarno-Hatta. Selain itu, kehadiran bandara di Majalengka juga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Cirebon Raya, Bandung Raya dan sekitarnya.

    BalasHapus
  32. Tidak.... Memang dari awal sudah sepi bandaranya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau sepi mau rame tak nggaruh kamu cakap🤣

      Hapus
    2. Itu berita 2016 saat baru selesai dibangun,maskapai pun belum ramai,gmf pemilik hanggar di sana buat mro nantinya

      Hapus
    3. Sudah bung dia gak tahu lagi mau trool apa krn sejatinya gempur bakal kejang2 nnti
      Maly dah gk bisa apa2 lagi hina kita

      Hapus
    4. Kalo sepi terus sekarang buat facility MRO, memang itu salah pur?

      Hapus
  33. Menhub Beberkan Alasan Bandara Kertajati Sepi Peminat


    Menjelang akhir masa jabatan di Kabinet Indonesia Kerja Jilid I, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan sejumlah evaluasi. Salah satunya pengoperasian Bandara Kertajati yang belakangan mengalami penurunan frekuensi penerbangan.

    Dalam wawancara khusus bersama Tempo, Budi Karya mengatakan persoalan utama pengoperasian bandara adalah belum tersedianya akses langsung yang menghubungkan antara Kota Bandung dan Kertajati. “Saat ini akses yang menghubungkan Bandung dengan Kertajati, yaitu Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan), belum selesai,” ujar Budi Karya di kantornya, Selasa, 14 Oktober 2019.

    Ia menjelaskan, pekerjaan pembangunan jalan tol tersebut sempat terhambat lantaran salah satu investor asing yang menggarap proyek ini cabut.

    Adapun saat ini, Kementerian Perhubungan telah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk memastikan proyek pembangunan akses jalan menuju Bandara Kertajati kelar dalam waktu satu tahun.

    Ia berharap, dalam satu tahun ke depan, akses Jalan Tol Cisumdawu yang menghubungkan Kertajati dan Bandung telah siap dioperasikan. Beroperasinya seluruh ruas Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 61 kilometer digadang-gadang dapat memangkas waktu tempuh dari Bandung menuju Kertajati yang semula 3 jam melewati jalur nasional menjadi lebih-kurang 1 jam via jalan bebas hambatan.

    Setelah akses kelar dibangun, Budi Karya memperkirakan pergerakan penumpang di Bandara Kertajati bakal berangsur stabil. Selanjutnya, ia berharap pemerintahan ke depan bakal mendorong adanya peningkatan frekuensi, baik penumpang maupun penerbangan, melalui berbagai cara. Misalnya menyiapkan Bandara Kertajati sebagai pusat kargo menggantikan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

    BalasHapus
  34. Sepi peminat??? Nanti juga banyak wkwkw gmf udah jadi pemilik area hanggar mro
    Kertajati yang salah satu terluas di asia.

    BalasHapus
  35. Bandara Kertajati Sepi, Angkutan Hentikan Layanan


    Menurunnya penerbangan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, berdampak pada kelangsungan usaha angkutan penumpang ke bandara tersebut. Sejumlah pengusaha angkutan yang biasanya melayani rute dari dan ke Kertajati, kini memilih menghentikan operasional ke rute tersebut.

    ‘’Sejumlah pengusaha angkutan memilih menyetop layanan ke Kertajati,’’ kata Ketua Organda Cirebon, Karsono, kepada Republika.co.id, Kamis (31/10).
    Karsono mengakui, meski menghentikan layanan penumpang dari dan ke Kertajati, tetapi pengusaha angkutan tersebut tak sampai gulung tikar. Pasalnya, mereka masih melayani operasional penumpang ke rute lainnya.

    Karsono mengatakan, jumlah penumpang yang berangkat maupun yang datang di BIJB Kertajati saat ini terus mengalami penurunan. Padahal, saat pemerintah memutuskan pengalihan penerbangan domestik dari Bandara Husein Bandung ke Kertajati pada Juli lalu, jumlah penumpang sempat ramai.

    ‘’Saat itu pengusaha angkutan menyambutnya secara antusias,’’ ujar Karsono.

    Akan tetapi, kata Karsono, jumlah penumpang di BIJB Kertajati semakin lama menurun. Kondisi itupun membuat penumpang angkutan dari maupun menuju BIJB juga semakin sepi.
    Padahal, kata Karsono, pengusaha angkutan sudah terlanjur mengeluarkan modal investasi yang tidak sedikit. Hal itu seperti modal untuk pembelian kendaraan maupun perizinan angkutan ke BIJB Kertajati.

    Karsono berharap, pemerintah tetap konsisten menjadikan BIJB Kertajati sebagai bandara penerbangan komersial di Jawa Barat. Dengan demikian, aktivitas di BIJB Kertajati selalu ramai.
    ‘’Kalau (penerbangan) sudah dialihkan (ke BIJB Kertajati), ya harus konsisten. Kami sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk investasi,’’ tukas Karsono.
    Sementara itu, Corporate Secretary PT Bandarudara Internasional Jawa Barat,
    Arief Budiman, saat dikonfirmasi, mengakui bahwa moda yang melayani penumpang dari dan ke Kertajati saat ini memang belum menguntungkan. Pasalnya, masih ada layanan Damri gratis yang masih menjadi pilihan masyarakat.

    BalasHapus
  36. Terlalu lama sepi.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sepi terus sekarang buat facility mro,memang itu salah pur?

      Hapus
  37. Kerta jati jdi Calon markas DEFEND ID
    👍👌🥳

    BalasHapus
  38. Sepi Penerbangan, Bandara Kertajati Justru Ramai Pengunjung Setiap Akhir Pekan


    Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati, sudah cukup lama sepi penerbangan, namun masyarakat yang berkunjung ke bandara dari berbagai daerah tetap ada terutama hari libur. Petugas pengamanan, TNI, Polri serta Apsek tetap siaga setiap harinya.

    Kunjungan yang paling ramai ke Terminal Bandara Kertajati terjadi setiap hari libur Sabtu dan Minggu. Kawasan bandara seolah menjadi tempat rekreasi bagi para pengunjung yang kebanyakan datang dari wilayah Majalengka dan Indramayu serta Sumedang. Daerah yang berbatasan langsung dengan Majalengka.

    Tempat parkir di depan terminal pada Minggu (31/1/2021) pun hampir sebagian terisi oleh kendaraan roda empat, baik kendaraan pribadi, odong-odong yang mampu memuat hingga 20 orang pun berderet.

    Puluhan kendaraan roda dua pun terparkir tak jauh dari areal parkir kendaraan roda empat, karena banyak pengunjung yang mengenakan kendaraan roda dua.

    Nampak, sebagian pengunjung yang datang berupaya mengelilingi kawasan depan dan samping terminal, beberapa diantaranya masuk ke dalam untuk melihat suasana sepi dan gelap bagian dalam terminal. Setelah itu mereka ke luar untuk berfoto sambil tetap melihat kemegahan sekeliling bandara.

    Ketika pergi ke bagian belakang terminal untuk melihat pesawat, petugas segera mengingatkan agar tidak mendekat dengan alasan keamanan bandara. Akhirnya pengunjung kembali dan hanya melihat pesawat dari kejauhan.

    BalasHapus
  39. https://finance.detik.com/bursa-dan-valas/d-5514258/duh-airasia-rugi-rp-85-t-sahamnya-langsung-terjun-bebas?tag_from=wpm_nhl_13

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanda-tanda Air Asia Pusat menuju BANGKRUT. 😂🤣

      Hapus
    2. Bukan airasia je... Garuda pun rugi... Wkwkkwkwkwkw

      Hapus
    3. rugi sama bangkrup beza poor..!!

      kamu sekolah tak sih..??

      Hapus
  40. Daripada Sepi Penumpang, Bandara Kertajati Menawarkan Area Foto Pre Wedding


    KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bandar Udara Internasional Kertajati di Majalengka Jawa Barat kini lebih banyak dijadikan sebagai lokasi foto pre-wedding. Sepinya penerbangan selama pandemi Virus Corona (Covid-19) menyebabkan pengelola bandara yakni PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) memanfaatkan Bandara Kertajati untuk area komersial.

    BIJB mengakui program komersial berupa foto pre wedding di spot Bandara Kertajati merupakan salah satu upaya mempertahankan bisnis agar tetap berjalan. Adapun penyewaan area komersial secara umum, sudah berjalan sejak sebelum pandemi. "Untuk spot foto berada di public area bandara sehingga tetap memperhatikan sisi safety dan security bandara serta sesuai prosedur yang berlaku," terang Vice President Corporate Secretary Public Comunication PT Bandara Internasional Jawa Barat Handika Suryo Syaiful kepada KONTAN, Selasa (3/11).

    BalasHapus
  41. Menengok Penyebab Bandara Kertajati Sepi Penumpang


    Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat yang menghabiskan dana sekitar Rp 2,6 triliun faktanya sepi menumpang. Beberapa faktor menjadi alasan kenapa kurang berminatnya penumpang melakukan penerbangan melalui Bandara Kertajati.

    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengakui, saat ini Bandara Kertajati belum maksimal karena belum banyaknya penerbangan dan penumpang yang terbang melalui bandara tersebut. Namun dia meyakini, bandara di wilayah Jawa Barat itu akan ramai dalam 5 tahun mendatang.

    "Bandara ini lima tahun mendatang apabila semua berjalan baik, Kertajati menjadi satu bandara yang ramai dan menguntungkan," kata Menteri Budi.

    Akses jalan ke Bandara Kertajati memang menjadi kendala sepi penumpang. Selagi menunggu Jalan Tol Cisumdawu rampung. Pemerintah telah menyiapkan solusi, salah satunya dengan bus Damri dari semua rute menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati selama satu tahun per 1 Agustus 2019. "Jadi, selama satu tahun itu pemerintah menyubsidi Damri jadi gratis," katanya.

    BalasHapus
  42. Gempur lgi stress akut aja gk suka dgn warga lagi diskusi gembira di DS.

    Mau pake link apa tetap aja gempur orang gila 😅😆

    BalasHapus
  43. Sejarah Panjang dan Alasan Sepinya Bandara Kertajati


    Beroperasinya gerbang baru di Majalengka pada 2018 lalu menjadi harapan baru dunia penerbangan Indonesia. Gerbang itu berada di Kecamatan Kertajati,Kabupaten Majalengka. Orang mengenal Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

    Indonesia boleh berbangga dengan Bandara Kertajati, karena hadirnya infrastruktur anyar ini murni dibuat anak bangsa. Begitu pula dengan model pembiayaan melalui kolaborasi pemerintah pusat dan daerah dalam hal ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang berjalan apik.


    Namun, Bandara Kertajati kini seolah sedang mati suri. Hanya ada 1 rute penerbangan yang beroperasi dari 11 yang tersedia. Target 2,7 juta penumpang per tahun 2019 pun jauh dari harapan.

    Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengakui, sepinya Bandara Kertajadi tidak lepas dari uji kelaikan yang tidak berjalan dengan baik. Bahkan, pembangunan bandara tersebut juga dinilai tanpa kajian yang mendalam.

    "Tapi ya mungkin kurang penelitian sehingga lokasinya tidak pas untuk Bandung dan untuk Jakarta. Jadi agak ya, boleh dibilang perencanannya tidak terlalu bagus. Pemerintah pusat juga salah," katanya saat ditemui di Kantornya, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (9/4).

    Wapres JK mengatakan, kesalahan pemerintah pusat adalah hanya menginginkan percepatan sebuah pembangunan bandara internasional yang menjadi penghubung antara Jakarta dan Bandung. Namun, tidak melakukan perhitungan secara matang.

    "Jadi kalau mau ke Bandung, lewat Kertajati musti naik mobil lagi sampai 100 kilometer. Jadi lebih baik langsung saja ke Bandung. Sekiranya hanya berada 20-30 kilometer dari Bandung masih okay, tapi ini kan hampir 100 kilometer," imbuhnya.

    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membeberkan awal mula pembangunan bandara ini. Pada awalnya, pihak kementerian perhubungan ingin membangun bandara tambahan di Karawang Jawa Barat. Mengingat industri di sana potensial.

    Namun demikian, Pemerintah Daerah (Pemda) Jawa Barat meminta pembangunan dilaksanakan di Kertajati.

    "Ini bukan alasan ya, menurut studi Kemenhub, bandara tambahan ada di Karawang, tapi memang awalnya yang minta pembangunan Kertajati itu Pemda, akhirnya kita turuti," ujarnya di Palangkaraya, Senin (9/4).

    Mulanya, Kemenhub dan Angkasa Pura (AP) II merekomendasikan untuk membuat bandara ukuran kecil untuk pesawat jenis ATR, namun Pemda ingin bandara yang lebih luas.

    "Saya bilang ke Dirut AP II, kalau mau bangun kecil dulu, kita dapat kewenangan dari Bu Rini (Menteri BUMN) anggaran Rp 600 miliar. Tapi Pemda ingin langsung runway 2.500 meter, anggarannya Rp 2,6 triliun," ungkapnya.

    BalasHapus
  44. Ha... ha.. Grad A... PONTON JERICAN

    BalasHapus
  45. Sepi! Pengelola Bandara Kertajati Bisnis Foto Prewedding


    Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati belakangan ramai dijadikan lokasi foto prewedding. Rupanya, hal itu merupakan salah satu bisnis yang dijalankan pihak pengelola bandara di tengah sepinya penerbangan.
    CNBC Indonesia mencoba menelaah lebih lanjut mengenai bisnis tersebut kepada pihak operator. Vice President Corporate Secretary Public Comunication PT BIJB, Handika Suryo Syaiful, tak membantah adanya lini usaha tersebut.

    "Kalau nanti ke Kertajati kabar-kabarin ya, barangkali mau nyoba foto-foto prewedding juga," kata Handika sambil tertawa ringan, di sela menjawab pertanyaan CNBC Indonesia, Sabtu (7/11/20).

    Dia menjelaskan bahwa layanan prewedding di Bandara Kertajati bukan barang baru. Bahkan, ternyata layanan itu sudah ditetapkan sejak Bandara Kertajati berdiri.

    "Itu cuma salah satu layanan komersil kita yang sudah ada sejak dulu. Konsepnya sih tetap ada di public area bandara dan tetap menjaga standar security dan safety di bandara sesuai dengan prosedur yang berlaku," bebernya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. malon masih darurat covid kah poor...

      sehingga rakyat malon masih belum bisa keluar

      🤣🤣

      Hapus
  46. Bandara Kertajati Sepi Peminat Sebab Konsepnya Tidak Jelas


    Bandara Internasional Jawa Barat (BIJT) Kertajati saat ini memiliki 11 rute penerbangan. Namun, akhir-akhir ini sering terjadi pembatalan oleh maskapai sehingga hanya satu rute penerbangan yang beroperasi.

    Penyebabnya karena tingkat okupansi penumpang rata-rata masih di bawah 30 persen. Satu dari 11 rute yang masih bertahan yaitu Kertajati-Surabaya walaupun dioperasikan dengan keterisiannya di bawah 30 persen.

    Pengamat penerbangan Alvin Lie menilai sepinya Bandara Kertajati di Jawa Barat disebabkan karena tak memiliki konsep yang jelas. Ia menambahkan sedari awal dibangun, bandara ini tak direncanakan dengan baik sehingga tidak heran bila peruntukan bandara ini seolah tak terarah. "Lemahnya perencanaan itu berdampak pada konsep-konsepnya tidak jelas.

    Kertajati ini akan jadi bandara seperti apa. Bandara umum, spesialis, kargo atau carte," ucap Alvin saat dihubungi reporter Tirto pada Jumat (5/4/2019). "Konsepnya saja tidak jelas gimana marketing-nya," tambah Alvin. Alvin juga menyoroti perencanaan bandara yang kurang matang. Hal itu ia ketahui dari kurangnya kajian mendalam mengenai kebutuhan transportasi udara dalam jangkauannya.

    Di samping itu, hal-hal seperti berapa frekuensi, pola, dan tujuan orang-orang melakukan penerbangan di area itu, katanya, juga kerap tidak terjawab. Alvin menambahkan dalam pembangunan suatu bandara terutama yang masih relatif baru, seharusnya pemerintah telah merencanakan apa yang ingin ditawarkan.

    Seperti adanya daya tarik industri, perdagangan, budaya, atau pertanian hingga perkebunan. "Itu harus jelas. Sekarang belum jelas apa itu yang dijual dari daerah sana. Selama ini dipromosikan tapi gak cukup hanya bandaranya. Orang datang ke Kertajati harusnya ada kepentingan di sana jelas," ucap Alvin.



    Baca selengkapnya di artikel "Bandara Kertajati Sepi Peminat Sebab Konsepnya Tidak Jelas", https://tirto.id/dlep.

    BalasHapus
  47. Monumen baru.. 2.8 Billion USD ... diresmikan sangat meriah oleh kerajaan

    Karena takut Air... nanti akan dipasang roda...wkwkwk

    BalasHapus
  48. Kamu koyak ya pur atau stress.
    MMP MDR sudah sepi kah 😅😆
    Sana pur kamu kat hutan..nnti kmu bisa lemas di DS lihat berita2 panas😆😁😀🤣

    BalasHapus
  49. Dikritik JK, Begini Nasib Bandara Kertajati Seharga Rp 2,6 T


    Jakarta, CNBC Indonesia - Bandara Kertajati yang berlokasi di Majalengka, Jawa Barat kini bernasib nahas.

    Bagaimana tidak, setelah resmi beroperasi sejak tahun 2018 silam, aktivitas penerbangan pada megastruktur tersebut terbilang minim. Bahkan sampai Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pun tidak segan mengatakan bahwa perencanaan pembangunan bandara tersebut agak kurang matang.

    "Mungkin kurang penelitian sehingga lokasinya tidak pas untuk Bandung dan untuk Jakarta. Tanggung. Jadi kalau kau ke Bandung, lewat Kertajati mesti naik mobil lagi sampai 100 kilometer," kata JK di kantor Wakil Presiden, Selasa (9/4/2019).

    Tapi nasi sudah menjadi bubur. Kalau lokasinya sudah salah, lantas apa lagi yang dapat diperbuat? Hingga saat ini teknologi manusia belum mampu untuk memindahkan bandara seluas 1.800 hektare.

    "Pemerintah pusat juga salah, karena tidak.... bukan salah, tapi lain kali jangan kita membuat lagi hanya ingin ada airport, karena letaknya nanggung," pungkas JK.

    Padahal usaha yang dikeluarkan untuk membangun bandara tersebut tidak main-main.

    Asal tahu saja, total nilai proyek pembangunan Bandara Kertajati mencapai Rp 2,6 triliun. Uang dengan jumlah sebesar itu seharusnya mampu menghasilkan bandara yang dapat melayani 18 juta penumpang setiap tahun.

    Tak melulu soal uang. Waktu dan tenaga berbagai pihak juga dicurahkan untuk merealisasikan hasrat pemerintah daerah untuk memiliki bandara mewah yang diharapkan menjadi kebanggaan rakyat.

    Pada awalnya, proyek bandara ini sempat tidak jelas. Pasca studi kelayakan dilakukan pada tahun 2003, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) baru memberi Izin Penetapan Lokasi (IPL) pada tahun 2005. Kala itu Pemprov Jabar bahkan menyatakan sanggup untuk membiayai seluruh proyek dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Sangat optimis.

    Namun kenyataan tak seindah rembulan. Tidak ada realisasi apapun dari Pemprov Jabar hingga tahun 2011. Selama enam tahun masyarakat seakan dibuat lupa akan adanya proyek tersebut.

    Singkat cerita, IPL pun kadaluarsa. Jelas saja, sudah lewat 5 tahun tak proses pembangunan sama sekali. Mau tak mau IPL harus diperpanjang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itulah tujuannya agar bandara ini menjadi basis INHAN,....



      MISION SUKSES





      TOP SECREAT

      Hapus
  50. Grad A... PONTON JERICAN

    disini itu digunakan untuk bersihkan SUNGAI...HA..HA...HA...

    BalasHapus
  51. Dikritik JK, Begini Nasib Bandara Kertajati Seharga Rp 2,6 T


    Jakarta, CNBC Indonesia - Bandara Kertajati yang berlokasi di Majalengka, Jawa Barat kini bernasib nahas.

    Bagaimana tidak, setelah resmi beroperasi sejak tahun 2018 silam, aktivitas penerbangan pada megastruktur tersebut terbilang minim. Bahkan sampai Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pun tidak segan mengatakan bahwa perencanaan pembangunan bandara tersebut agak kurang matang.

    "Mungkin kurang penelitian sehingga lokasinya tidak pas untuk Bandung dan untuk Jakarta. Tanggung. Jadi kalau kau ke Bandung, lewat Kertajati mesti naik mobil lagi sampai 100 kilometer," kata JK di kantor Wakil Presiden, Selasa (9/4/2019).

    Tapi nasi sudah menjadi bubur. Kalau lokasinya sudah salah, lantas apa lagi yang dapat diperbuat? Hingga saat ini teknologi manusia belum mampu untuk memindahkan bandara seluas 1.800 hektare.

    "Pemerintah pusat juga salah, karena tidak.... bukan salah, tapi lain kali jangan kita membuat lagi hanya ingin ada airport, karena letaknya nanggung," pungkas JK.

    Padahal usaha yang dikeluarkan untuk membangun bandara tersebut tidak main-main.

    Asal tahu saja, total nilai proyek pembangunan Bandara Kertajati mencapai Rp 2,6 triliun. Uang dengan jumlah sebesar itu seharusnya mampu menghasilkan bandara yang dapat melayani 18 juta penumpang setiap tahun.

    Tak melulu soal uang. Waktu dan tenaga berbagai pihak juga dicurahkan untuk merealisasikan hasrat pemerintah daerah untuk memiliki bandara mewah yang diharapkan menjadi kebanggaan rakyat.

    Pada awalnya, proyek bandara ini sempat tidak jelas. Pasca studi kelayakan dilakukan pada tahun 2003, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) baru memberi Izin Penetapan Lokasi (IPL) pada tahun 2005. Kala itu Pemprov Jabar bahkan menyatakan sanggup untuk membiayai seluruh proyek dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Sangat optimis.

    Namun kenyataan tak seindah rembulan. Tidak ada realisasi apapun dari Pemprov Jabar hingga tahun 2011. Selama enam tahun masyarakat seakan dibuat lupa akan adanya proyek tersebut.

    Singkat cerita, IPL pun kadaluarsa. Jelas saja, sudah lewat 5 tahun tak proses pembangunan sama sekali. Mau tak mau IPL harus diperpanjang.

    BalasHapus
  52. https://www.cnbcindonesia.com/news/20210330200128-4-234138/vaksinasi-swasta-di-malaysia-lebih-lambat-dari-ri-kenapa

    BalasHapus