09 Maret 2021

Meriam Oerlikon dan Rantis Turangga Paskhas Bergabung dengan Alutsista di Lanud Sultan Hasanuddin

09 Maret 2021

Meriam PSU Oerlikon dan kendaraan taktis Turangga bergabung di Lanud Sultan Hassanudin, Makassar (photos : Paskhas)

KORPASKHAS, Seiring perkembangan teknologi sekarang ini, TNI Angkatan Udara juga telah memperkuat pertahanan dengan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang mutakhir dengan didukung oleh sumber daya manusia yang militan dan profesional. Hal ini dibuktikan dengan alutsista yang berada di wilayah Lanud Sultan Hasanuddin Makassar yaitu pesawat tempur Sukhoi, C-130 Hercules, pesawat Boeing Intai, Helikopter Super Puma  dan tak ketinggalan PSU Oerlikon serta kendaraan tempur Turangga di Makasar Minggu (07/03/21).

Danwing II Paskhas Kolonel Pas Wahyu Tunggul W., S. Sos. menyampaikan bahwa alutsista Meriam Oerlikon ini diawaki oleh Denhanud 472 Paskhas dan Turangga oleh Batalyon Komando 466 Paskhas, sedangkan alutsista di jajaran Lanud Hasanuddin berupa pesawat tempur Sukhoi oleh Skadron Udara 11, pesawat Hercules C-130 oleh Skadron Udara 33, pesawat Boeing 737 Intai  Strategis Skadron Udara 5 dan Helikopter Super Puma NAS-332 oleh Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja.


Pembinaan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dalam mengawaki alutsista sarat teknologi terlaksana dengan bingkai latihan dan melibatkan seluruh peralatan tempur tersebut, seperti pada latihan Sriti Gesit yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Alutsista yang diawaki prajurit Paskhas dan pembinaan yang selalu terjaga,  menunjukkan bahwa satuan jajaran Wing II Paskhas siap mendukung dan melaksanakan tugas menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI”, tegas Danwing II Paskhas.

219 komentar:

  1. .
    Admin,
    Mohon di-tayangkan berita yang ini ya bung_Admin..?!
    Terimakasih.

    https://nasional.kompas.com/read/2021/03/08/13012651/melihat-tanpa-terlihat-radar-pasif-bantu-tingkatkan-keamanan-nasional?page=all

    (Balitbang) Kementerian Pertahanan (Kemhan) Republik IndONEsia berhasil mengembangkan prototipe radar pasif untuk memperkuat keamanan udara dan maritim Negara Kesatuan Republik IndONEsia ( NKRI).

    radar pasif yang Balitbang kembangkan ini mampu menangkap semua pergerakan target di udara tanpa terdeteksi oleh pihak lawan.

    Keberadaan radar pasif ini dapat mengisi celah yang tidak terjangkau oleh radar aktif di area perbatasan.

    Maka dari itu, nanti akan kami buat MOBiLE untuk diSEBAR ke (seluruh) NKRI,” ujarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak aneh om sekelas montir lulusan SMP di tempat saya beliau sudah bikin radar untuk kapal2 ... Top abis xiixixi

      Hapus
    2. Sudah dpt sertifikat kelaiakan kan?

      Hapus
    3. Om yandu tadinya saya kira cuma bengkel mesin kapal/mobil ternyata wahh banget dah bengkelnya ... Saluttt sama anak bangsa .

      Hapus
    4. Prduksi mass klo begitu,uji coba di Natuna sekalian.

      Hapus
    5. Kalau ky gini jangan dipamerin ke Malon, cukup kita yg tau, mereka ga akan percaya

      Hapus
    6. Radar passive nya belum punya nama?

      Hapus
    7. Masih belum tuntas pengerjaannya 🙄

      Hapus
    8. Masa barang belum kelar pengerjaannya dah dikasih nama 🤦

      Hapus
    9. Kemarin sempat diulas juga..
      Dari ITB itu

      Hapus
  2. Ate bukak pertashop malah kedisikan petromax 😣😣😣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eeeeeeeeh, ampun mas, ampun......tadi ga lihat kalo yg duluan ternyata mas @IS 🙊🙊🙊

      Hapus
  3. Akhirnya kang Gimin posting...😁

    BalasHapus
  4. Oerlikon skyhield nya tambah lagi nih

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Lanud Sultan Hasanuddin TNI AU di Makassar

    - pesawat Boeing 737 surveilance daru skuadron udara 5 sebagai intai maritim

    - pesawat C130 Hercules dari skuadron udara 33 Sebagai pesawat angkut berat

    - jet su 27/30 dari skuadron udara 11 sebagai jet tempur multiperan

    - baterai oerlikon skyshield sebagai penangkis serangan udara dan rantis Turangga sebagai kendaraan tempur paskhas,dari Denhanud ( detasemen pertahanan udara) 472 PASKHAS TNI AU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambahan Oerlikon belum datang ya

      Hapus
    2. Sudah datang tahun lalu

      Hapus
    3. 3 unit FU tambahan hasil pengadaan 2020

      Hapus
    4. Skuadron udara 5,33,11 dan Denhanud 472 PASKHAS TNI AU seluruhnya berada di kota Makassar

      Hapus
    5. Seharusnya pengadaan nya tambah lagi

      Hapus
    6. 2-3 tahun sekali ada tambahan oerlikon skyhield, tenang saja 😌

      Hapus
    7. Tunggu lanud ada yang naik statusnya menjadi lanud tipe A baru dilengkapi baterai oerlikon skyshield milik PASKHAS TNI AU

      Hapus
    8. Oerlikon hrus ada tandem nya ni,
      Merad hehe

      Hapus
    9. Saat ini 1 baterai Oerlikon skyshield milik pasukan PASKHAS TNI AU dilengkapi dengan 4 buah rudal MANPADS CHIRON atau QW 3 yang juga terintegrasi dengan baterai Oerlikon skyshield milik pasukan paskhas TNI AU

      Hapus
  7. Saya jadi kepikiran mungkin Malon sangat iri dan dengki akibat negri ini bisa membuat apa saja dan Malon tidak mau kalah .
    Kapal selam dijadikan kapal apung
    Kapal apung dijadikan tank darat
    Tank darat dijadikan kapal selam
    Biar jirannya pada bengong ....
    Xixixiii

    BalasHapus
  8. Pur gempur,oerlikon skyshield bentuknya kotak Pur😂😂😂😂

    BalasHapus
  9. Dulu ada yg bilang LMS terpaksa di buat di China karena yard sedang penuh dan sibuk.

    Reality nya ?

    In a statement, it said the original plan was to build two units of LMS in China and two more in Malaysia, but after considering the country’s current financial situation, the government had in October 2018 agreed to build all four vessels in China.

    https://www.nst.com.my/news/nation/2019/08/509021/defence-ministry-nothing-negative-about-building-littoral-mission-ships

    Financial Problem ? Hmm.. 🤔 ternyata itu yaa ? Oke deh kaka. 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awas ada tersinggung 👀

      Hapus
    2. Kalo planningnya bener ya KL/BNS ga akan ho-oh terima kerjaan di kontrak awal LMS tho mas yhoo..?

      Lagian proyek LCS kan gede, mosok ga bisa kalkulasi penuh/gak-nya dock..

      Asli amatiran tuuh..

      Whekekekekekekek

      Hapus
    3. Kamsudnya : amatiran bikin alasannya...

      Wakakakakkak...

      Hapus
  10. Ada yang tahu helikopter nas 332 super puma milik TNI AU itu berada dari skuadron mana ya dari lanud Sultan Hasanuddin kota Makassar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skadronnya eksisting disitu mas, heli CSAR...kan sepaket ama skadron tempur.

      Hapus
    2. Ente bacanya kurang teliti. Ada di berita. Saya copas dari berita.

      Helikopter Super Puma NAS-332 oleh Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. @ bandar porkas

      Bukan om, helikopter NAS 332 super puma milik TNI AU berjumlah 8 unit semuanya berada di skuadron udara 6 lanud Atang Sendjaja BOGOR,bukan di lanud Sultan Hasanuddin Makassar om

      Hapus
    5. Yup, saya keliru..trims.😁😀

      Hapus
  11. Sarapan dulu biar waras
    Sambil nunggu ustadz sikendor dan genk beruk malon nongol
    Bakar2 mesiu buat panggil jin duta rudal biar nongol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sikondor sudah stress ngikutin si asuwandaruw..

      Duta Rudal jam segini masih mandiin kambing dan elus2 rudal kambing.. wkwkwkwkwk..

      Hapus
  12. .
    PT AIU Pasok Komponen Meriam Oerlikon Skyshield untuk Rheinmetall Defence

    Link,
    http://defense-studies.blogspot.com/2014/07/pt-aiu-pasok-komponen-meriam-oerlikon.html?m=1


    PT Alam Indomesin Utama mendapatkan kepercayaan dari Rheinmetall Defence
    .....
    untuk memasok sebagian komponen/peralatan meriam pertahanan udara Oerlikon Skyshield 35mm
    .....
    untuk memenuhi order dari Kementerian Pertahanan Indonesia.

    BalasHapus
  13. Kenyataannya emang bns lagi penuh dgn lcs..kalau lms dibuat dibns pun bisa kena effect lebih baik buat dicina dapat jimat kos dan siap cepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mat d liat beritanya....kita gk ngurusin kapal ompongnya malon....bego bener ni bocah

      Hapus
    2. Nah kan mulai ngeles dan mengelak mau meyangkal. Sudah terbaca.. kihkihkih..

      Kenapa gak buat LeMeS di galangan Destini??

      Sudahlah akuin saja malon lagi kedekut wang jadi beli LeMeS dari Hutang.. kahkahkah..

      In a statement, it said the original plan was to build two units of LMS in China and two more in Malaysia, but after considering the country’s current financial situation, the government had in October 2018 agreed to build all four vessels in China.

      https://www.nst.com.my/news/nation/2019/08/509021/defence-ministry-nothing-negative-about-building-littoral-mission-ships

      Hapus
    3. Kalo LMS dibuat di KL, harus langsung keluar duit.

      Kalo di China semua, bisa kredit/nyicil/ngutang jangka panjang..

      Gitu aja kok repot ngeles.

      Wakakakakkk

      Hapus
    4. BNS penuh dengan monumen LCS ya om wkwkwk

      Hapus
  14. Riachuelo ketahanan 45 hari & mampu membawa 35 kru, kedalaman selam 300-350 meter, 6 laras tabung senjata, kecepatan di kedalaman 20 knott.

    Tipe 214 TKMS ketahanan 84 hari & mampu membawa 27 kru, kedalaman selam 400 meter, 8 laras tabung senjata, kecepatan di kedalaman 20 knott

    BalasHapus
    Balasan
    1. Riachuelo : non AIP, 75m space hull lebih besar.

      Tipe 214 TKMS : AIP, 65m.

      Pilih mana?
      Tergantung misi kedepan mo seperti apa..😁

      Hapus
    2. Type 214 TKMS sudah dilengkapi dengan AIP cocok dengan kebutuhan TNI AL

      Hapus
    3. Kenapa harus milih pilih aja dua2 senang

      Hapus
    4. Nantangin...entar klo kita beli du duanya ente nangis...malon..malon.....mamat..mmamat

      Hapus
    5. Eeeh...ada KL nyahut..

      Wakakakakkkakk..

      Kesiaan

      Hapus
    6. Mbah Gono........ketahanane gor 10 menit, iku we karo dikareti barang ben ra mbrebes 🏃💨💨💨💨💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💣💣💣💣💣

      Hapus
    7. Mantap @om neptune...biar malon klo liat pada kejang kejang...haiiya..haiya..haiya...haiya

      Hapus
    8. Laah bukannya tni mau punya sampai 12..sekarang baru ada 5..itupun 2 sudah tua maksudnya kasel tni skrg cuman 3 yang btol2 baru..perlu lagi sembilan kan

      Hapus
    9. Yah beli semua skli ssbn dgn sbn hahaha

      Hapus
    10. Yang jelas tiada tambahan chang bogo atau masih nambah cang bogo..atau target tni skrang mau punya kasel sampai 20

      Hapus
    11. Ga usah ngegas mat 🥱

      Hapus
    12. Ketahanan operasi di sini kita asumsikan dari semua operasi, saya pilih produk Jerman, soal harga juga lebih murah ketimbang produk france, dan punya ketahanan mumpuni.. jadi kasihan liat scorpene malon

      Hapus
    13. Urusin saja scorepane altatunya class 🤭

      Hapus
    14. Scorpene kita okey2 aja dua2 sudah berdinas..scorpene kita dri mula bisa muluncur exocet versi kasel kebanding nagapasa wkwkw

      Hapus
    15. Okey aja kok dua2 sudah selesai major refit dua2 sudah kembali berkhidmat..wkwkw ingat yah scorpene desain baru bukan desain tipe 209 haha

      Hapus
    16. Desain baru, teknologi lama 👀

      Hapus
    17. @Mat Sabun

      Ingat ya Scorpene Malon beli bekas ngakunya baru.. hahahahaha

      Ingat ya Riachuelo Class lebih canggih daripada Scorpene Apung TLDM.. hahahaha

      Hapus
  15. Tapi benar2 kaget dan sedikit takut dengan kedatangan type218 sg singapur sumpah..canggih banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. "sedikit takut" ? 😂😂

      Hapus
    2. Liat Apache nya saja ngumpet, apalagi ngeliat type 218 yang tiba-tiba nongol 😂

      Hapus
    3. Sangat memalukan lah tuch bekas Provinsi lebih canggih dari Induk Semangnya.. wkwkwkwk.. hahahaha

      Hapus
    4. Ooo...KL takut ama KS sing?

      Wakakakakakkkk..

      2 jee & tak bisa selam, pantas kalo takut.

      😂😂😂😂

      Hapus
    5. Ya takutlah wong aset ATM banyak yg lapok wkwkwk

      Hapus
    6. Aku lbh takut sama Thypoon Class yg bawa nuklir hihi

      Hapus
  16. .
    Link,
    http://defense-studies.blogspot.com/2016/11/pt-tugas-anda-unveils-new-armored.html?m=1

    Indonesian company PT Tugas Anda is developing a new armored vehicle that unveis at the Indo Defence Expo & Forum 2016

    and an option to fit a large remote controlled weapons station enables Turangga to provide
    an ideal fire support platform.

    =====================÷÷

    Link,
    https://3.bp.blogspot.com/-IGLmET3u9FU/WB3i6f3SphI/AAAAAAAAvRo/G86ZdI2nRMYv4KBpYcWhVRt90s9lKAavgCLcB/s1600/Turangga_Defense%2BStudies_3.jpg

    PROTECTiON,
    Crew-Protection, CEN Level B6.
    Floor-protection, Blast protection steel, V-hull construction.

    BalasHapus
  17. Lah tahun 2021 mSih ada yang percaya kasel ngak bisa selam wkwkwk bangun dong dari mimpi wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bilang sampai sekarang ga bisa nyelam siapa 😂

      Hapus
    2. Lha mmg masih kok...ki bocah piye y ora nana pendidikane blabar pisan

      Hapus
    3. Sampai sekarang? Wkwkwkw..2 2 sudah selesai refit om..2 2 sudah kembali bertugas haha

      Hapus
    4. Siapa yang percaya sama cakap orang awam cem ko tuh

      Hapus
  18. Emang ada masa ngak bisa selam time refit total selama 18 bulan kerana harus bongkar semua kulit2nya dibersihkan dicat baru direwiring hahah

    BalasHapus
  19. Tapi mana2 kasel juga kalau lagi refit didarat emang ngak bisa selam..atau maybe nagapasa kelak bisa refit dalam air yah wkwk2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mat Sabu dedahkan scorpene tak boleh selam,bila nak selam mesti diMRO dulu wkwkwk

      Hapus
  20. Bangun lon, KS KL tuh ga bisa selam..
    Masih mimpi bisa selam..?

    Refit dulu, baru boleh selam.

    Salam 2 bijik sampai 2050.

    LoL

    BalasHapus
  21. Kita tggu nnti saatnya nagapasa harus refit kita liat masa itu nagapasa bisa selam atau ngak haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha.. reka-reka cerita lagi kau Mat Sabun.. Nagapasa dan Alugoro sudah bisa selam tuch... hahahahaha

      Hapus
    2. Oi tolol maksudku nanti bila tiba waktu mereka harus direfit..atau emang nagapasa ngak perlu refit yah sampai kiamat haha

      Hapus
    3. Maksudku itu ada masanya kasel emang tak bisa selam tolol yang wni ribut2 kasel malaysia ngak bisa selam kenapa hahahq

      Hapus
    4. Oh salah bukan kita buat..kita cantum2 blok aja wkwkw

      Hapus
    5. Daripada BNS sudah ada BLUE PRINT pon bisa SALAH POTING.. wkwkwkwkwk...

      6 unit pula itu SALAH POTONG... wkwkwkwkwk... TOLOL...

      Hapus
    6. Ko tak paham keh Mat Sabu dedahkan scorpene boleh selam bila di MRO/refit dulu wkwkwk

      Hapus
  22. "..Laksamana Tan Sri Ahmad Kamarulzaman Ahmad Badaruddin mengulangi hal ini dengan lebih spesifik, ketika dia mengatakan bahwa RMN berencana untuk mendapatkan kapal selam lagi antara tahun 2031-2035 dan yang lainnya antara tahun 2036-2040.."

    ====

    RENCANA hingga 2040, REALITY bisa 2050...

    Wakkakakakakakk..

    BalasHapus
  23. Kasel ngak bisa selam semasa refit aja jadi isu..yah iyalah ngak bisa selam direfit didarat..kalau ngak bisa Selam dari mula barulah luar biasa wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kahkah.. Engineer galangan kapal Malon membuat Scorpene yg awalnya bisa selam tapi setelah di refit tidak bisa selam.. Wkwkwkwkwk..

      Hapus
    2. Mat Sabu dedahkan scorpene tak boleh selam,kl msu selam di refit dulu wkwkwk

      Hapus
  24. https://jakartagreater.com/289893/kemhan-kembangkan-teknologi-software-radar-pasif/

    Pamer tuh radar pasif hasil research and development sendiri

    BalasHapus
  25. Bisa nggak yah MELENIUM GUN di taruh di TRAILER tarik kayak Oerlikon GDF-006 twin 35mm anti-aircraft gun skyguard jadi gampang di pindah...

    BalasHapus
  26. Mau nanya ni..gimana khabar cakra sama nanggala apa bisa selam atau ndak yah sekarang wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisalah,inikan menhan Mat sabu yg dedahkan langsung scorpene tak boleh selam bkn kita wkwkwk

      Hapus
    2. Cakra masih overhoul, lagipula kedua Kasel tu dah tua sudas saatnya dipensiunkan

      Hapus
    3. Kapal Selam KRI Nanggala Kembali Beroperasi

      https://amp.kompas.com/nasional/read/2012/02/06/18574511/mediasiber.html

      Hapus
    4. Ooh jadi cakra sekarang ngak bisa selam la yah wkwkw

      Hapus
    5. Jelas Overhoul mana bisa selam wkwkwk

      Hapus
    6. Oh iya kasel kita juga ngak bisa selam semasa refit bukan dari awal ngak bisa selam..

      Hapus
  27. Menhan Mat sabu yg dedahkan scorpene tak boleh selam bkn kita lho

    BalasHapus

  28. Fuuuurrr...
    Ini oerlikonku..
    Mana oerlikonmu????

    Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok tapi bukan skyshield la..gdf aja wwkwkw

      Hapus
  29. Mat Sabu@ ko tak paham2 jg keh,Mat Sabu menhan ko pernah dedahkan scorpene tak boleh selam,bila nak selam mesti di MRO/refit dulu,ko tak paham keh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi itu tidak wajar? Bukannya ngak bisa selam dari awal tolol..kalau dari awal ngak bisa selam baru pelik

      Hapus
    2. Bodoh,ko pahami dulu bila nak selam mesti di refit dulu berarti dari awal scorpene ko tak boleh selam wkwkwk

      Hapus
  30. Sekarang sudah bisa selam..semasa dia bilang kasel sedang direfit jadi wajar kalau ngak bisa selam

    BalasHapus
  31. Kapal selam yg paling menakutkan itu Typhoon Class yg bawa rudal balistik nuklir hehhe

    BalasHapus
  32. Oooh jadi cakra skrang lagi ngambang lah yah ngak bisa selam wkwkwk

    BalasHapus
  33. Semasa mat sabu jadi menhan emang kasel tun rahman dalam pemulihan yah jelas dibilang ngak bisa selam wong lagi dalam proses refit

    BalasHapus
  34. Boeing 737-200 ya itu dibelakang SU 27?

    BalasHapus
  35. Kasel kita mula berdinas 2009..jadi ngak wajar selepas hampir sepuluh tahun direfit? Bukannya nagk bisa selam dari 2009

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapal selam MALON itu baru tiba di MALON lalu tak bisa nyelam wkwkwkwk

      Hapus
    2. Wkwkwkw okey aja kalau mau percaya begitu..

      Hapus
  36. Sampai masanya mana2 kasel pun akan direfit..kayak kd tun rahman dan trz dan kri cakra dan nanggala skrg

    BalasHapus
  37. Scorpene malon refit..???.cuman bersihkan karang yg menempel di badan kasel doank.....wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oooo jadi mau bilang hanya pt pal lah yang mampu refit kasel..jadi gimana kasel cakra sama nanggala sekarang wkwkwk

      Hapus
    2. Cakra dan Nanggala bisa selam om wkwkwk

      Hapus
  38. Ralat min# super puma lanud 6 Atang Sanjaya terletak di Bogor min bkn di Makassar

    BalasHapus
  39. Ya iyalah di asean ini hanya ptpal yang bisa smua..yard lain mana bisa..pt pal skrg lagi bangun perusak dan aircraft carrier utk tni wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. BSN lah yang terhebat wkwk

      Hapus
    2. Bsn emang lah om bank simpanan nasional wkwkwk

      Hapus
    3. BSN yg tabungan haji RM 6 B duitnya jadi besi burok itu ya wkwkwk

      Hapus
  40. Hanya pindad ptpal yang bisa semua di asean ni yang lain ngak bisa lawan..baik dti thailand, st kinetics hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deftech lah yang terhebat wkwk

      Hapus
    2. Setakat ini di Asean baru PT PAL yg ada kepakaran bina aircraft dan kapal selam

      Hapus
    3. Bina atau cantum kasel? Wkwkwk

      Hapus
    4. Bina atau cantum cuma Indonesia satu2nya di Asean yg punya kepakaran om wkwkwk

      Hapus
    5. Yang terhebat itu Aicrod, servis 1 Herky butuh waktu 3 tahon.

      Wakakakakakakak...

      Lamaan service-nya dibandingin bikin 1 herky baru.

      Lawak bener itu KL.

      Wakakaakakakakak

      Hapus
  41. Scorpene MALON tak bisa nyelam sebab di rasuah oleh Najib Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bong sudah bisa selam 22 yang jelas ngak bisa selam sekarang cakra sama nanggala wkwk

      Hapus
    2. Eeeh bagi linknya bro kapal selam Cakra class pembelian tak di rasuah bro Wkwkwkwkw dengan dengan MALON hasil rasuah Najib Wkwkwkwkw

      Hapus
  42. Pindad apa saja yang ngak bisa..mau mbt bisa..mau apc 8x8 gampang..mau sph senang wkwkwk..lebih hebat dari general dynamics land system hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naval bousted lagi hebat buat kapal darat pertama di dunia Wkwkwkwkw...

      Hapus
    2. Berbanding deftech cuma stampal stiker wkwkwk

      Hapus
    3. Sanca? Cobra? Hanoman? Tak tampal sticker? Wkwkwk

      Hapus
    4. Sanca JV Ama Australia, Cobra JV Ama Czech

      Hapus
    5. Anoa,komodo,badak,harimau buatan PT Pindad kl deftech hantar sikit buatan tempatan wkwkwk

      Hapus
    6. Yah2 sama la kayak gempita jv sama fnss hahaha..mildef hmav bina sendiri 70 persen lokal 30 persen import wkwk

      Hapus
    7. Anoa dari vab, badak cuman dari pengembangan anoa..oh hanoman itu tmpal sticker dari first win yah kayak lipan bara kita wkwk

      Hapus
    8. Mana linknya,ada ujian letup IED keh,ada replika keh,tunjuk apa2 je komponen buatan tempatan wkwkwk

      Hapus
  43. Kasel kita dua2 sudah kembali berkhidmat yang jelas ngak bisa selam sekarang cakra sama nanggala wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwkw TOLOL dah jelas sekarang KRI Nanggala sedang bertugas di TNI Al wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Masa sih,kl tak berkhidmat knp Mat sabu dedahkan scorpene malon tak boleh selam,kl mau selam mesti diMRO/refit dulu wkwkwk

      Hapus
  44. Jadi tni al skrg punya lebih hanya 1 kasel kebanding tldm..kasel yang bnar2 modern..cakra sama nanggala dari 70an yah tunggu scrap aja yah wkwlw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Reka2 ceritalah tuh wkwkwk...kl tak paham pasal military jgn sembang lon,Cakra class itu dibina thn 80-an lon wkwkwk

      Hapus
  45. Itupun alugoro belum.juga diserahkan kepada tni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itupun KD maharogol kekal Kat limbungan sampai Dajjal keluar wkwkwkwk

      Hapus
    2. Alugoro dah lulus ujian selam 300 meter berbanding scorpene tak boleh selam kata Mat sabu wkwkwk

      Hapus
  46. Out of Topic kalau ada Malon dimari..

    Ngopi dulu ah....

    BalasHapus
  47. Kasihan MALON mereka berhalusinasi kapal selam TNI al tidak bisa nyelam Wkwkwkwkw...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cakra bisa selam sekarang? Wkwk

      Hapus
    2. Ya pasti bisa lah overhaul nya aja sejak awal 2020 wkwkwkwkw

      Hapus
    3. Ooo masa overhaul ngak bisa selam juga yah kwkwk2

      Hapus
    4. Wkwkwkwkw bisa kok tanya aja sama TNI Al wkwkwkwkw

      Hapus
    5. Wkwkwk MAT SABUN dungu masa Overhoul harus nyelam wkwkwk

      Hapus
  48. Yang mantap kaselnya di asean itu vietnam..punya 6 improved kilo..nantinya bila type 218sg sudah siap pasti singapur naik tgkt 1..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami tak peduli bro asalkan kapal selam kami bisa nyelam bukan macam MALON scorpene tak bisa nyelam Wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Kalau begitu hati" KL kalau U218 SG terobos perairan bumi putera wkwkwk

      Hapus
    3. Sudah 2021 om kok masih percaya kasel ngak bisa selam..cakra bisa selam ngak sekarang wkwkw

      Hapus
    4. Scorpene tak mantap keh wkwkwk

      Hapus
    5. Wkwkwkwkw sudah bisa lah bro wkwkwkwkw

      Hapus
  49. Setidaknya KRI nagapasa class milik TNI AL ada senjata pengecoh torpedo yang baru di beli dari turki Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi tiada misil yah wkwkwk..itu pengecah torpedo aja utk torpedo kalau sudah dilock misil gimana om wkwkwk

      Hapus
    2. Ha baru tahu Missile bisa menyelam wkwkwk

      Hapus
  50. Bila ni pihak KERA-jaan nak memastikan satu hari guna memperingati Hari Semula Jadi MaharajaGILA?

    Ada parti2 kah?

    BalasHapus
  51. Tapi yah dalam kategori kasel diesel electric tetap aja masih unggul scorpene kebanding type 209..tp ttp jaguh type 214 german

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebab tu lah ada pengadaan U214 & SB-R wkwkwk

      Hapus