15 Maret 2021

Song Thu Shipyard has Completed Fourth Damen RoRo 5612

15 Maret 2021

The fourth Damen RoRo 5612, HQ 529 (photo : VietDefense)

After a little over a year of construction another Damen RoRo 5612 ship has been completed and was launched from the Song Thu Corporation's shipyard in Da Nang yesterday. This is the 4th ship of it's class in service with the Vietnam People's Navy but the only one that was actually directly ordered by the VPN.

The 3 ships that had been previously built in Vietnam were ordered by Venezuela but were never delivered. After lingering in Vietnamese shipyards for a couple months the VPN moved to purchase the vessels themselves.

These ships improve the VPN's amphibious, transport, and logistic capabilities. They would also be beneficial for supplying the Vietnamese garrisons in the Spratly Islands.

223 komentar:

  1. sore sore kita pergi ke kemukus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo mas... Ada cantrikwaty baru roro painem, roro yukem dll.. 🤗🤗

      Hapus
  2. Balasan
    1. bahkan vietnam saja tidak perlu buat MONUMEN REPLIKA SALAH POTONG

      Hapus
    2. LCS pending : tunggu komponen kritikal dari US

      OPV MMEA pending : tunggu bersihkan sampah dijalur lauching.

      Hapus
    3. Keren vietnam shipyard,,sukses bina kapal Roro buat navy nya.
      Kalau ada yg salah baca gambar kerja mesti ke vietnam dulu tuk belajar bikin kapal jadi tdk delay bertahun tahun dan jadi monumen, 😔🥱

      Hapus
    4. "LCS pending : tunggu komponen kritikal dari US"
      ---------@@@--------
      Dah bayar/belum?
      Nungguin sampai kiamat kalo ga dibayar ya itu barang ga bakal dateng...longor.

      Wakakkakkakakak..




      "OPV MMEA pending : tunggu bersihkan sampah dijalur lauching"
      ----------------@@@----
      Bersihkan sampah macam apa yang butuh waktu berbulan-bulan?

      Wakakakakakkk...

      Alasan jee....LAMBAT like a SNAIL

      wakakakakakakakak

      Hapus
  3. Yang turun naik turun naik lagi parah guys....wkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
  4. malah dikata produk gagal malah tetap diteruskan aneh ya...wkwkwkkwkwk

    BalasHapus
  5. yang satu pula hingga kini menunggu pesanan roda kan guys...wkwkwkwkkw manakala sebuah cecah air terus GHOIB memang hebat teknologinya....wkwkwkkwkw

    BalasHapus
  6. "LCS pending : tunggu komponen kritikal dari US"
    ---------@@@--------
    Dah bayar/belum?
    Nungguin sampai kiamat kalo ga dibayar ya itu barang ga bakal dateng...longor.

    Wakakkakkakakak..




    "OPV MMEA pending : tunggu bersihkan sampah dijalur lauching"
    ----------------@@@----
    Bersihkan sampah macam apa yang butuh waktu berbulan-bulan?

    Wakakakakakkk...

    Alasan jee....LAMBAT like a SNAIL

    wakakakakakakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. komponen kritikal akibat KL SALAH FOTONG,
      ahhh haha!

      Hapus
  7. Vietnam niihh..

    Venezuela order kapal ga diambil, gerak cepat..itu kapal dibeli Viet ndiri.

    KL???

    Lambat macam siput..

    Wakakakakakakak

    AKAN....AKAN

    ...AKAN lagi....AKAN


    wakakakaakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. lahh 6 heli kecik konon milik KL
      mao dikirim sedjak OGOS 2018,

      cuman 70 juta dolar, masa negeri konon gred a tak sanggup bayar?

      diambil alih AMRIK aja buat HIBAH ke LEBANON om pedang...beres haha!

      KL lama..nunggak skrg 2021 haha!

      Hapus
  8. hingga kini batal kirim.... salah potong kapal selamnya...??? wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  9. satu cecah air terus GHOIB....mau tnya teknologi ni hanya INDON saja ada kan....??? wkwkwkwkwkkw

    BalasHapus
  10. LCS Pending nunggu Komponen dari US = RODA



    WKWKWKWKWKWKWKWKWKK

    BalasHapus
    Balasan
    1. ama nunggu mesin cetak karcis masuk monumen om haha!

      Hapus
  11. 6 buah lcs kekal di darat...berbanding terbalik sama vietnam...lu bloon apa tolol lon 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  12. Masa hingga kini batal kirim.... Wkwkkwkwkwkw patutlah prabowo kecewa dengarnya...

    BalasHapus
  13. Mantap Vietnam beli kapal dapat kapal
    Satu kerajaan itu Beli kapal dapat Candi


    Wkwkwkkwkwkwkkwkwkwk

    BalasHapus
  14. OPV KL?
    Nyemplung laut aja belum..
    Pendingnya berbulan-bulan..

    KD LCS?
    Jangan ditanya...

    Wakakakakakakak

    BalasHapus
  15. Malon tidak perlu masuk sipri...pengadaan dji mavic sama motorsikal cukup beli di toko online 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  16. produk GAGAL masa diteruskan...wkwkwkwkwkkw patutlah gagal kirim hingga kini....wkwkwkkwkwk

    BalasHapus
  17. wkwkwkkwkwkw.... teknologi cecah Air terus GHOIB kehebatan sebelah...wkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
  18. Balon kuning sudah Kembang Kempis
    LCS masih Phobia Air
    BNS Tido ke??? Nunggu Dajjal turun ke???


    Wkwkwkwkwkkwkwkk

    BalasHapus
  19. itu belum kehebatan ketahanan operasi kapal dilaut paling singkat di ASEAN...wkwkwkwkkw

    BalasHapus
  20. wkwkwkwkwkwk...kapalnya masih ada..yang sebelah kapalnya cecah air terus GHOIB ya guys....wkwkwkkwkw

    BalasHapus
  21. Uang udah habis RM6 Billion satupun Kapal belum jadi, malah minta tambahan uang



    Tahniah BNS wkwkwkwkkwkwkwk

    BalasHapus
  22. Litle bird pengadaan di lima tahun 2015 tahun inipun tiada nongol...lu ngeprank keterlaluan lon 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  23. Untung LMS di buat di Cina kalau misalkan jadi di buat di BNS maka akan tercipta sebuah Product "Kapal Plat Murah yang Salah Potong"



    Wkwkwkkwkwkwkwkkwkwk

    BalasHapus
  24. Batal...batal...batal... batal....kirimnya wkwkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
  25. masa batal kirim terus... salah potong...???

    BalasHapus
  26. Pt twardy diajak nyilem...maharogol diajak ke daratan...eee scorpene diajak mengapung...lulusan 5 universitas terbaik gini amat yak 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  27. Semenjak ada 5 potongan Kapal di BNS lumut, saya jadi mengerti BNS adalah Kilang Jasa Ukir Candi



    Wkwkwkkwkwkkwkwkwkwk

    BalasHapus
  28. Tenggelam Tak Ada Kabar, Kapal Selam Buatan RI Gagal Dikirim?


    Jelang tutup tahun, kabar kapal selam Alugoro yang diproduksi di PT PAL Indonesia, Surabaya, belum juga ada kabar perkembangannya. Padahal kapal selam pesanan kementerian pertahanan (Kemenhan) ini targetnya harus sudah diserahkan PT PAL ke Kemenhan pada Desember 2020.
    Kadep Humas PT PAL Indonesia (Persero) Utario Esna Putra masih tutup mulut soal perkembangan nasib kapal selam Alugoro. Meski ia mengakui respons publik terhadap kapal selam ini begitu tinggi.

    Utario tak bisa menyampaikan kapan penyelesaian pembangunan kapal selam dan pengiriman Alugoro ke Kemenhan. Ia juga belum bisa memastikan apakah pengiriman Alugoro molor sampai tahun depan atau gagal dikirim tahun ini. Ia enggan mengungkapkan apakah proses uji coba Alugoro masih berlangsung atau tidak.



    link
    https://www.cnbcindonesia.com/news/20201202102619-4-206232/tenggelam-tak-ada-kabar-kapal-selam-buatan-ri-gagal-dikirim

    BalasHapus
  29. ingat kapal selam tu beli dengan dana HUTANG yang cukup besar salah potong bukan pilihan ya....wkwkwkwkkw

    BalasHapus
  30. https://wia.id/m/brand/dji-store-indonesia?gclid=Cj0KCQjwi7yCBhDJARIsAMWFScPlxB-7aw3OCLxgdtk4VsOtfaAJhxBePszcwDfObmNBG9MWxqAKeT0aApz...nih lon kalo mau beli dji mavic...banyak di pasar indo..gak perlu masuk sipri 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  31. Geger Kapal Selam Made in RI, Tetapi Menhan Prabowo Kecewa


    Kapal selam Alugoro tipe Chang Bogo Class menjadi topik yang hangat dibicarakan. Dalam rapat penyertaan modal negara (PMN) di ruang rapat Komisi VI DPR RI Rabu (9/9/2020), kemarin. Anggota Komisi VI DPR RI Nusron Wahid menyinggung kekecewaan Menteri Pertahanan Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto terhadap proyek tersebut.
    Nusron mengingatkan kembali urgensi UU Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan. Dalam pasal 11 disebut, lead integrator pada industri pertahanan adalah BUMN. Khusus untuk TNI AL adalah PT PAL Indonesia.

    Lebih lanjut dia melontarkan tiga pertanyaan terkait joint project kapal selam Chang Bogo Class tahap pertama. Proyek itu diketahui telah memperoleh PMN sebesar Rp 1,5 triliun di 2015 lalu. Untuk tahun ini, PT PAL Indonesia akan mendapatkan PMN Rp 1,28 triliun. "Yang ini untuk melanjutkan tahap satu atau kedua pak yang Rp 1,28 triliun ini?" tanya Nusron.

    Dirut PT PAL Indonesia Budiman Saleh dalam rapat menjawab jika PT PAL hanya mendapatkan PMN sebesar Rp 1,5 triliun. "Saya mundur sedikit pak jadi yang diajukan pada tahap pertama itu adalah Rp 2,5 triliun," jawab Budiman.

    "Tahap kedua dengan skema whole local production, sudah mulai banyak komponen yang dibangun di Indonesia. Tahap pertama sudah selesai pak, tinggal delivery aja. Kapal selamnya sudah menjalani diving depth test," lanjutnya.

    Nusron lantas menyindir proyek batch pertama PT PAL Indonesia.

    "Yang batch pertama ketika diuji coba saya dapat informasi adalah produk gagal. Karena selama ini kapal selam ini bench marking-nya kalau kita menggunakan kapal selam dari Jerman itu dalam airnya 90 hari ini kapal selam yang Chang Bogo ini itu naik 30 hari naik dulu baru turun lagi," ujarnya.

    "Ini pertanyaannya adalah kenapa produk yang gagal itu PT PAL mau jadi TOT-nya dan JV-nya untuk melakukan project itu lead indicator yang dianggap gagal dilanjutkan pada tahap kedua," lanjut Nusron.

    Nusron lantas menyinggung ke mana aliran uang dari pinjaman luar negeri untuk tahap kedua. Secara logika, apabila sudah ada uang yang masuk, maka seharusnya PT PAL tidak perlu PMN.

    "Saya nggak tahu persoalannya duitnya masuk ke Korea atau ke bank. Jangan-jangan duitnya itu karena sudah financial closure duitnya masuk ke Korea untuk uang mukanya itu," kata Nusron.

    Politikus Golkar ini juga mempertanyakan pekerjaan yang dilakukan PT PAL Indonesia. Menurut dia, tidak mungkin PT PAL Indonesia mengerjakan kategori industri utama atau teknologi tinggi.

    "Yang saya mendapatkan informasi lagi sebetulnya teknologi ini karena kapal Chang Bogo itu mirip dengan Jerman, "nyolong" dari Jerman. Karena nyolongnya nggak sempurna agak gagal (naik turun). Pertanyaannya, yang dikerjakan PT PAL itu apa penunjang atau apa? Atau jangan-jangan hanya merakit seperti perusahaan galangan kapal yang itu bukan yang komponen utama yang teknologinya atau membuat daya tahannya itu," ujarnya.

    "Alih fungsi teknologi yang diberikan dari Korea kepada sini yang join learning itu pertanyaannya levelnya level apa alih teknologi di bidang apa yang dikasihkan Korea kepada Indonesia dengan biaya yang sangat begitu besar. Yang menurut informasi Pak Menhan (Prabowo) hari ini agak kecewa dengan project itu dan sebetulnya minta untuk di-revise ditinjau ulang karena naik turun naik turun harusnya 90 hari di bawah tapi ini naik turun naik turun," lanjutnya.


    link
    https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200912140401-37-186326/geger-kapal-selam-made-in-ri-tetapi-menhan-prabowo-kecewa

    BalasHapus
  32. Kecepatan LCS adalah 0,000000 Knot masih lebih cepat Siput Sawah 0,000001 Knot




    Wkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwk

    BalasHapus
  33. https://www.google.com/amp/s/www.grid.id/amp/04918521/misil-taming-sari-rudal-bernama-aneh-buatan-malaysia-yang-tak-pernah-produksi-hingga-detik-ini...tipu2 aja kao lon...sampek detik ini tiada produksi masal tamingsari

    BalasHapus
  34. Produk GAGAL....???? wkwkwkwkwkkwk


    "Yang batch pertama ketika diuji coba saya dapat informasi adalah produk gagal. Karena selama ini kapal selam ini bench marking-nya kalau kita menggunakan kapal selam dari Jerman itu dalam airnya 90 hari ini kapal selam yang Chang Bogo ini itu naik 30 hari naik dulu baru turun lagi," ujarnya.

    "Ini pertanyaannya adalah kenapa produk yang gagal itu PT PAL mau jadi TOT-nya dan JV-nya untuk melakukan project itu lead indicator yang dianggap gagal dilanjutkan pada tahap kedua," lanjut Nusron.

    BalasHapus
  35. masa GAGAL tetap diteruskan..... aneh ya...wkwkwkkwkwk

    BalasHapus
  36. Mari kita tantang Lomba LCS dengan Kapal Kertas??

    LCS 0,00000000 Knot
    Perahu Kertas 0,00000001 Knot




    Wkwkwkwkwkkwwkwkkwwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu cari dulu kapal yang cecah air terus GHOIB tu.... wkwkkwkwkw

      Hapus
    2. LCS 0,00000000 Knot

      Perahu Kertas 0,000000001 Knot

      Kapal Otok-Otok 0,000000002 Knot

      🤣🤣🤣

      Hapus
    3. Om ricochet@ wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
  37. kemana duit selebihnya....???


    Nusron lantas menyinggung ke mana aliran uang dari pinjaman luar negeri untuk tahap kedua. Secara logika, apabila sudah ada uang yang masuk, maka seharusnya PT PAL tidak perlu PMN.

    "Saya nggak tahu persoalannya duitnya masuk ke Korea atau ke bank. Jangan-jangan duitnya itu karena sudah financial closure duitnya masuk ke Korea untuk uang mukanya itu," kata Nusron.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan dibatalkan pur, ya jelas anggarannya dikembalikan 😂

      Hapus
  38. *Tapi kok berhasil tes selam yah*


    Banyuwangi, 4 Maret 2020. Kapal selam karya anak bangsa Alugoro telah berhasil menjalani tahapan uji Tactical Diving Depth (TDD) hingga kedalaman 310,8 meter di Perairan Utara Pulau Bali. TDD adalah tes kedalaman taktis bagi sebuah Kapal Selam pada kedalaman di bawah layer laut yang sulit dideteksi kapal atas air, TDD merupakan bagian dari 53 item Sea Acceptance Test (SAT) Kapal Selam Alugoro. Menurut Kepala Divisi Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero) Satriyo Bintoro tahapan TDD ini penting untuk uji kekedapan kapal. Terbukti kapal selam dapat mempertahankan kekedapan pada kedalaman 300 meter dengan tekanan lingkungan pada kedalaman tersebut sebesar 30 bar. Uji kekuatan struktur ditinjau dan diikuti langsung Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) Budiman Saleh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selam naik turn naik turun naik turun naik turun... nah sama seperti Ikan Dolfin guys.... wkwkwkwkkw

      Hapus
    2. Menyelam ke kedalaman 300 m kamu anggap enteng ?

      Hapus
  39. Kilang Jasa Isi Angin, Import Hizir Kempis Ban lalu di isi Angin Ban Tempatan jadilah Mildef 4x4




    Wkwkwkkwkwkwkwkwkk

    BalasHapus
  40. Produk GAGAL....???? wkwkwkwkwkkwk


    "Yang batch pertama ketika diuji coba saya dapat informasi adalah produk gagal. Karena selama ini kapal selam ini bench marking-nya kalau kita menggunakan kapal selam dari Jerman itu dalam airnya 90 hari ini kapal selam yang Chang Bogo ini itu naik 30 hari naik dulu baru turun lagi," ujarnya.

    "Ini pertanyaannya adalah kenapa produk yang gagal itu PT PAL mau jadi TOT-nya dan JV-nya untuk melakukan project itu lead indicator yang dianggap gagal dilanjutkan pada tahap kedua," lanjut Nusron.

    BalasHapus
  41. Naik Turun itu macem Heli kecik yg delay datang endurance 40 minit itu ke??



    Wkwkwkkwwkwkwkkwkwkwkwkk

    BalasHapus
  42. ketahuan TAMPAL STIKER guys....wkwkwkwkkw


    Politikus Golkar ini juga mempertanyakan pekerjaan yang dilakukan PT PAL Indonesia. Menurut dia, tidak mungkin PT PAL Indonesia mengerjakan kategori industri utama atau teknologi tinggi.

    "Yang saya mendapatkan informasi lagi sebetulnya teknologi ini karena kapal Chang Bogo itu mirip dengan Jerman, "nyolong" dari Jerman. Karena nyolongnya nggak sempurna agak gagal (naik turun). Pertanyaannya, yang dikerjakan PT PAL itu apa penunjang atau apa? Atau jangan-jangan hanya merakit seperti perusahaan galangan kapal yang itu bukan yang komponen utama yang teknologinya atau membuat daya tahannya itu," ujarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daripada udah repot-repot ambil lisensi ga jadi-jadi 😂

      Hapus
  43. https://sosok.grid.id/read/412001225/fakta-memalukan-malaysia-beli-gowind-class-dari-prancis-cuma-jadi-rongsokan-berkarat-di-galangan-kapal?page=all...rongsok gaess...bloon amat yang 5 terbaik 🤣🤣

    BalasHapus
  44. naik turun pun GAGAL....??? wkwkwkwkwkwk parah ni guys


    "Yang saya mendapatkan informasi lagi sebetulnya teknologi ini karena kapal Chang Bogo itu mirip dengan Jerman, "nyolong" dari Jerman. Karena nyolongnya nggak sempurna agak gagal (naik turun). Pertanyaannya, yang dikerjakan PT PAL itu apa penunjang atau apa? Atau jangan-jangan hanya merakit seperti perusahaan galangan kapal yang itu bukan yang komponen utama yang teknologinya atau membuat daya tahannya itu," ujarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting tidak karam 😂

      Hapus
    2. pasal tak nak karam la kena naik turun naik turun naik turun.... ehhhh sampai bila mau buat begitu....???wkwkwkwkkwk

      Hapus
    3. Eh sampai bila mau simpan LCS tu 😂

      Hapus
    4. Kasel memang harus naik turun lah.. masa cuma naik naik aja.. itu namanya taik mengapung dong.. 🤣🤣🤣

      Hapus
  45. Mari kita adu Lomba lagi LCS RM 9 Billion dengan Bot Kayu Rohingya

    LCS 0,000000000 Knot
    Bot Kayu Rohingya 0,1 knot



    Wkwkwkkwkwkkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  46. kapal selam versi ikan dolfin...naik turun naik turun naik turun....wkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Scorepane memangnya terus menyelam setiap saat ? 😏

      Hapus
  47. KECEWA ya.....


    Kapal selam Alugoro tipe Chang Bogo Class menjadi topik yang hangat dibicarakan. Dalam rapat penyertaan modal negara (PMN) di ruang rapat Komisi VI DPR RI Rabu (9/9/2020), kemarin. Anggota Komisi VI DPR RI Nusron Wahid menyinggung kekecewaan Menteri Pertahanan Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto terhadap proyek tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oleh sebab itu batch 2 dibatalkan 😂

      Hapus
    2. Eh gempur si otak babi, ketemu lagi kita...
      Korang sekarang bahas kapal selam? Kapal selam scorpene punya korang sudah bisa selam sekarang? Kok gak ada kabar nya ya.....hehehe

      Hapus
  48. Satukerajaan Kena Prank
    Raja,PM,Menteri,Tentara dan rakyat kena Prank seremonial tipu tipu
    "Sinetron Balon Kuning yang sudah Kempis"




    Wkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  49. Pur pada dasarnya kapal selam kerjanya ya seperti itu naik-turun naik-turun, tidak setiap saat hanya menyelam di kedalaman laut 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempoor kan ga bisa bedain mana kasel nuklir & kasel diesel electric bro.. maklum telolet pisan otak nya.. 🤣🤣

      Hapus
    2. Aneh padahal scorepane Malaysia juga sesama kapal selam diesel 😂

      Hapus
  50. Kemhan Temukan 12 Masalah Di Kapal Selam Buatan Korea Selatan


    Kementrian Pertahanan (kemhan) yang dipimpin Prabowo Subianto saat ini tengah mengevaluasi proyek pertahanan yang bersifat strategis nasional yaitu produksi pesawat tempur IFX dan kapal selam yang merupakan kerjasama dengan Korea Selatan.

    Untu pesawat tempur kerjasama KFX/IFX saat ini masih dalam tahap Engineering Manufacture Development (EMD) pihak Indonesia saat ini terkendala belum bayar uang urunan.

    Sedangkan untuk Kapal selam,
    Indonesia sudah mendapatkan 2 kapal selam kelas Chang Bogo yang dibuat di Korsel dan 1 kapal selam yang sedang menjalani uji pelayaran yang dibuat oleh PT. PAL Surabaya.

    Indonesia memesan 3 lagi kapal selam jenis yang sama. Nah pesanan yang kedua ini menurut beberapa media luar negeri dibatalkan karena ada beberapa masalah mendasar. Namun pihak kemhan belum mengakui hal tersebut.

    Dalam evaluasi kemhan kemarin, seperti dikutip dari kompas.com

    dari 3 unit kapal selam batch pertama sudah sampai di Indonesia, dua kapal selam sudah diserahkan kepada TNI AL yaitu KRI Nagapasa 403 dan KRI Ardadedali 404 sedangkan KRI Alugoro 405 masih menjalani uji intensif oleh PT PAL-DSME selaku principal kapal selam ini

    Menurut Ketua Pelaksana Harian Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) Sumardjono “dulu waktu kapal pertama diserahterimakan di Korea memang ada 12 masalah di kapal selam tersebut. Lalu kita datangkan ahlinya langsung dari Korea, akhirnya berkurang masalahnya hingga saat ini tinggal 5 kendala. Kapal selam kedua sudah jauh lebih baik penyelesaiannya”

    Apa yang diungkapkan oleh Sumardjono itu nampaknya sesuai dengan pemberitaan media Prancis Latribune yang memberitakan Pemerintah Indonesia kecewa dengan performa kapal selam buatan Korea tersebut sehingga mencari alternative pemasok kapal selam lain seperti U214 Turki/Jerman dan Scorpene Prancis


    link
    https://militermeter.com/kemhan-temukan-12-masalah-di-kapal-selam-buatan-korea-selatan/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Scorepane Malaysia pas si awal-awal juga ada masalah kan sehingga tidak bisa menyelam ? 😂

      Hapus
    2. Aq tanya pur....kapal selam scorpene punya korang sudah bisa selam belum? Kok gak ada kabar nya ya wkwkwk

      Hapus
  51. hingga perancis ketahuan ya masalah kapal selam versi Ikan Dolfin...??? wkwkwkwkwkwk


    Apa yang diungkapkan oleh Sumardjono itu nampaknya sesuai dengan pemberitaan media Prancis Latribune yang memberitakan Pemerintah Indonesia kecewa dengan performa kapal selam buatan Korea tersebut sehingga mencari alternative pemasok kapal selam lain seperti U214 Turki/Jerman dan Scorpene Prancis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heleh yang ada Prancis malu dengan kinerja pembangunan LCS yang hingga kini belum ada satupun yang kelar 😂

      Hapus
  52. perancis pun tahu ya guys...wkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prancis pun tahu guys maharajalela produk gagal 😂

      Hapus
    2. Jawab pertanyaan ku dulu gempur si otak babi: kapal selam scorpene punya korang gimana kabar nya sekarang? Sudah bisa selam? Kok gak ada kabar nya?

      Hapus
  53. Jawab pertanyaan ku gempur si otak babi : gimana kabar nya kapal selam scorpene punya korang sudah bisa selam belum sekarang? Kok gak ada kabar nya hehehe

    BalasHapus
  54. wkwkwkwk troll kapal scorpene TLDM tak boleh selam tu dah basi la....

    kapal selam TLDM dah berapa kali refit ya kerana operasi terus... wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gila ya umur belum sampai setahun sudah direfit beberapa kali 😂

      Hapus
    2. Tunjukkan ke kami sudah berapa kali refit pur? Sekali, dua kali atau sepuluh kali pur?

      Hapus
  55. Tunjukkan terus kepintaran mu 😂

    BalasHapus
  56. malah refit/selenggara didalam MALAYSIA ya kapal selam scorpenenya...MUANTAB...wkwkwkkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Scorepane mantab umur masih belia sudah sering direfit 😂

      Hapus
    2. Ya tapi mana bukti nya pur?

      Hapus
    3. Malah refit ato malah usap usap bodi kapal nya biar tetep kinclong bro..

      🤣🤣

      Hapus
  57. hingga perancis ketahuan ya masalah kapal selam versi Ikan Dolfin...??? wkwkwkwkwkwk


    Apa yang diungkapkan oleh Sumardjono itu nampaknya sesuai dengan pemberitaan media Prancis Latribune yang memberitakan Pemerintah Indonesia kecewa dengan performa kapal selam buatan Korea tersebut sehingga mencari alternative pemasok kapal selam lain seperti U214 Turki/Jerman dan Scorpene Prancis

    BalasHapus
  58. Kemhan Temukan 12 Masalah Di Kapal Selam Buatan Korea Selatan


    Kementrian Pertahanan (kemhan) yang dipimpin Prabowo Subianto saat ini tengah mengevaluasi proyek pertahanan yang bersifat strategis nasional yaitu produksi pesawat tempur IFX dan kapal selam yang merupakan kerjasama dengan Korea Selatan.

    Untu pesawat tempur kerjasama KFX/IFX saat ini masih dalam tahap Engineering Manufacture Development (EMD) pihak Indonesia saat ini terkendala belum bayar uang urunan.

    Sedangkan untuk Kapal selam,
    Indonesia sudah mendapatkan 2 kapal selam kelas Chang Bogo yang dibuat di Korsel dan 1 kapal selam yang sedang menjalani uji pelayaran yang dibuat oleh PT. PAL Surabaya.

    Indonesia memesan 3 lagi kapal selam jenis yang sama. Nah pesanan yang kedua ini menurut beberapa media luar negeri dibatalkan karena ada beberapa masalah mendasar. Namun pihak kemhan belum mengakui hal tersebut.

    Dalam evaluasi kemhan kemarin, seperti dikutip dari kompas.com

    dari 3 unit kapal selam batch pertama sudah sampai di Indonesia, dua kapal selam sudah diserahkan kepada TNI AL yaitu KRI Nagapasa 403 dan KRI Ardadedali 404 sedangkan KRI Alugoro 405 masih menjalani uji intensif oleh PT PAL-DSME selaku principal kapal selam ini

    Menurut Ketua Pelaksana Harian Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) Sumardjono “dulu waktu kapal pertama diserahterimakan di Korea memang ada 12 masalah di kapal selam tersebut. Lalu kita datangkan ahlinya langsung dari Korea, akhirnya berkurang masalahnya hingga saat ini tinggal 5 kendala. Kapal selam kedua sudah jauh lebih baik penyelesaiannya”

    Apa yang diungkapkan oleh Sumardjono itu nampaknya sesuai dengan pemberitaan media Prancis Latribune yang memberitakan Pemerintah Indonesia kecewa dengan performa kapal selam buatan Korea tersebut sehingga mencari alternative pemasok kapal selam lain seperti U214 Turki/Jerman dan Scorpene Prancis


    link
    https://militermeter.com/kemhan-temukan-12-masalah-di-kapal-selam-buatan-korea-selatan/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bousted temukan berapa kesalahan pur dalam LCS hingga sekarang masih belum dioperasikan ?

      Hapus
    2. Kapal selam scorpene punya korang gak bermasalah pur? Come on pur jangan bercanda korang wkwkwk

      Hapus
  59. Kasihan gempur panass tersakiti gara2 Sipri huhahah.

    Meggerukan sekali Kapal LCS ni tengok tak pernah cecah air? Atau jgn2 takut air.

    Malu nya tuh bousted hah haha

    BalasHapus
  60. kasihan bermasalah ya.... wkwkwkwkwkkw

    BalasHapus
  61. masa mau tersakiti dengan kapal selam versi ikan dolfin.... naik turun naik turun naik turun naik turun naik turun kalau GELAK ada la....wkwkkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dikira kapal selam nuklir bisa menyelam setiap saat 😂

      Hapus
  62. LCS siap2 twrbang ni pake sayap krn terlalu lama di darat wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. LCS sudah takdir nya di darat bro.. biarkanlah dia memikul peran sebagai monumen nasional.. 😂

      Hapus
  63. naik turun pun GAGAL....??? wkwkwkwkwkwk parah ni guys


    "Yang saya mendapatkan informasi lagi sebetulnya teknologi ini karena kapal Chang Bogo itu mirip dengan Jerman, "nyolong" dari Jerman. Karena nyolongnya nggak sempurna agak gagal (naik turun). Pertanyaannya, yang dikerjakan PT PAL itu apa penunjang atau apa? Atau jangan-jangan hanya merakit seperti perusahaan galangan kapal yang itu bukan yang komponen utama yang teknologinya atau membuat daya tahannya itu," ujarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang sedang dilakukan perbaikan di PT PAL pur 😂

      Hapus
  64. wkwkwkwkwkkw...kena PRANK oleh korea ke guys...???


    "Alih fungsi teknologi yang diberikan dari Korea kepada sini yang join learning itu pertanyaannya levelnya level apa alih teknologi di bidang apa yang dikasihkan Korea kepada Indonesia dengan biaya yang sangat begitu besar. Yang menurut informasi Pak Menhan (Prabowo) hari ini agak kecewa dengan project itu dan sebetulnya minta untuk di-revise ditinjau ulang karena naik turun naik turun harusnya 90 hari di bawah tapi ini naik turun naik turun," lanjutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 90 hari tu kapal selam nuklir atau diesel ? 😂

      Hapus
    2. Kapal selam scorpene punya korang sudah bisa selam belum pur? Malu dong sama lumba2 pur wkwkwk

      Hapus
    3. Pur udahlah indo Uda punya amraam 236 unit ,kata Supri

      Hapus
  65. Satu dunia tahu kapal Phobia Air, endurance 20 tahun di darat wkwkwkwkwkkwk

    BalasHapus
  66. Ya pur kasihan kami tengok kapal LCS bermaslaah Menduniaa takut air,salah potong pula

    Hahha.hahha..bye malon

    BalasHapus
  67. Uangnya kemana Guys?? RM 6 Billion cuma dapat Replika dalam ukuran asli




    Wkwkwkkwkwkkwkwkwk

    BalasHapus
  68. LCS endurance nya bisa bertahun2 hebatt sangat Bousted nih canggih nian bina kapal darat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanpa perlu bekal dan isi minyak bisa endurance 20 tahun

      Hapus
  69. Makin pinter aja ni orang 👀

    BalasHapus
  70. Bukannya namanya kapal selam itu harus naik-turun yah? Tidak selalu di dalam air, bahkan yang kapal selam pakai AIP pun hanya bisa sekitaran 14-21 hari di dalam air (kecuali kapal selam nuklir yang bisa sampai bertahun-tahun)

    BalasHapus
  71. SALAH POTONG....???? wkwkwkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. LCS yg salah potong pur dan

      Hapus
    2. Wah.. gempoor ternyata akui LCS nya salah potong guys.. 👏👏🤣🤣

      Hapus
  72. Scorepane TLDM saja endurance nya kalah dengan type 209 TNI AL 😂

    BalasHapus
  73. minta yang boleh selam sehingga 90 hari... tahu tahu dapat versi naik turun naik turun dana bukan sedikit ya malah dari HUTANG yang besar... wkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu masuk kategori kapal selam bertenaga nuklir tuman 😂

      Hapus
    2. Versi naik turun? Kalo scorpene versi tak bisa selam ya pur hehehe

      Hapus
  74. Yang pasti kalo kapal Ro-Ro seperti punya vetnam ini tidak pake "baja siluman" ya kak @situngkir.......🤷

    Beda tipe kapal beda juga pilihan material bajanya......🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk apa kapal sekelas LST dikasih bahan komposit 😂

      Hapus
    2. Kalo kapal transport atau opv lazimnya pake pilihan material O/OH-36.....range 34~42 itu tergantung dari desainnya 🤗

      Hapus
    3. intinya kalau punya itikad baik gk usah pakai bla bla bla, plat bajalah, dok lah,,,sakit perutku dengar alasan jurus monopoli era jaman baholak 🤧🤗

      Hapus
    4. Setuju ga perlu pake alasan bla BLA bla ala Netherlands 👆😂

      Hapus
    5. Jadi kalo PAL dan galangan nasional lainnya diajak kerjasama bikin berbagai macam kapal : kapal kombatan, kapal transport, kapal suplai, kapal khusus spt kapal tunda atau kapal keruk menggunakan pilihan grade baja yg bervariasi....maka damen mendorong pemakaian baja lokal dari PT KS atau industri baja lokal lainnya. Sayang KS baru memproduksi satu tipe baja marine grade saja yaitu A/AH-36 🤷

      Lhoh, damen aja mendorong penggunaan baja produksi lokal loh.....gue malah curiga kalo yg suka nyinyir sebenarnya adalah "antek mafia baja cina" 🕵️🕵️💇 yg berlagak nasionalis, padahal hanya tak senang rejekinya di caplok oleh putra bangsa sendiri 😏

      Hapus
    6. Ada "antek mafia impor baja cina" disini rupanya 😱.......endus, endus, endus 🕵️🕵️🕵️

      Hapus
    7. "Antek mafia impor baja cina" ga usah sewot kalo kedoknya terbongkar ya 😹😹😹

      Hapus
    8. Ok, ooooo....kamu ketuaan 😹😹😹

      @antek mafia impor baja cina....haiyaaaa, asal ada fulus semua visa diaturlah, haiyaaaa lo olang bikin gue hokilah 🇨🇳

      Hapus
    9. lha kalau mendukung produk dalam negeri indonesia gk perlu pakai alasan bla bla bla, si pt.pal dan krakatau steel nya aja mengatakan siap terus kenapa damennya yg ragu????? gk usah pakai alasan antek china, wong yg digunakan pt.pal produk baja krakatau steel kok karena jelas kwalitasnya pasti beda, mana bukti pt.pal gunakan produk baja china era jokowi ini???? gk usah melintir kemana mana, realitanya cara yg dilakukan demen fix trik2 monopoli, kalau emang itikadnya baik ya udah gk usah pakai alasan bla bla bla, langsung turuti aja apa yg diminta indonesia untuk full produksi di pt.pal, sesulit itu kah untuk menuruti???? kenapa denmark bersedia full produksi di pt.pal??? oh berarti iver gk gunakan baja siluman seperti pkr, hebat damen mampu memproduksi baja siluman, indonesia/krakatau steel emang gk bakal mampu produksi baja siluman, hanya damen yg mampu melakukannya 🤧🤭🤭🤭🤪🤪🤪

      Hapus
    10. Tetap setia dengan inkoja 🇮🇩🇰🇷🇯🇵🙋

      Hapus
    11. Lha sudah dijelaskan kalo beda jenis kapal beda pula kebutuhan material bajanya.....sementara KS baru memproduksi 1 jenis baja A/AH-36 yg lazim dipakai utk kapal kombatan 🤷

      Itu saja alasannya....ga perlu dibawa kemana-mana wahai "antek mafia impor baja cina yg sok patriotik 😏

      Hapus
  75. wkwkwkwkwkkw......


    Menurut Ketua Pelaksana Harian Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) Sumardjono “dulu waktu kapal pertama diserahterimakan di Korea memang ada 12 masalah di kapal selam tersebut. Lalu kita datangkan ahlinya langsung dari Korea, akhirnya berkurang masalahnya hingga saat ini tinggal 5 kendala. Kapal selam kedua sudah jauh lebih baik penyelesaiannya”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan hingga saat ini permasalahan itu terus dicari penyelesaiannya 😂

      Hapus
    2. Kalo kapal selam scorpene punya korang yg gak bisa selam gak bermasalah ya pur? Wkwkwk

      Hapus
  76. Kalo mau kapal selam yang bisa 90 hari dalam air ya cuma kasel nuklir

    BalasHapus
  77. Scorpene pun yang pake AIP hanya sekitaran 21 hari dalam air, lalu harus muncul ke permukaan

    BalasHapus
  78. ketahuan TAMPAL STIKER guys....wkwkwkwkkw


    Politikus Golkar ini juga mempertanyakan pekerjaan yang dilakukan PT PAL Indonesia. Menurut dia, tidak mungkin PT PAL Indonesia mengerjakan kategori industri utama atau teknologi tinggi.

    "Yang saya mendapatkan informasi lagi sebetulnya teknologi ini karena kapal Chang Bogo itu mirip dengan Jerman, "nyolong" dari Jerman. Karena nyolongnya nggak sempurna agak gagal (naik turun). Pertanyaannya, yang dikerjakan PT PAL itu apa penunjang atau apa? Atau jangan-jangan hanya merakit seperti perusahaan galangan kapal yang itu bukan yang komponen utama yang teknologinya atau membuat daya tahannya itu," ujarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu karena pemerintahan sebelumnya mencari cara mendapatkan barang dengan harga yang murah dan bisa memenuhi kuantitas 😂

      Hapus
  79. minta yang 90 hari selam dibagi yang naik turun naik turun naik turun versi ikan dolfin....wkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bertenaga diesel bukan nuklir 😂

      Hapus
    2. Kapal selam scorpene punya korang versi apa pur? Yg gak bisa selam.... Jawab pertanyaan ku, gempur si otak babi

      Hapus
  80. Geger Kapal Selam Made in RI, Tetapi Menhan Prabowo Kecewa


    Kapal selam Alugoro tipe Chang Bogo Class menjadi topik yang hangat dibicarakan. Dalam rapat penyertaan modal negara (PMN) di ruang rapat Komisi VI DPR RI Rabu (9/9/2020), kemarin. Anggota Komisi VI DPR RI Nusron Wahid menyinggung kekecewaan Menteri Pertahanan Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto terhadap proyek tersebut.
    Nusron mengingatkan kembali urgensi UU Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan. Dalam pasal 11 disebut, lead integrator pada industri pertahanan adalah BUMN. Khusus untuk TNI AL adalah PT PAL Indonesia.

    Lebih lanjut dia melontarkan tiga pertanyaan terkait joint project kapal selam Chang Bogo Class tahap pertama. Proyek itu diketahui telah memperoleh PMN sebesar Rp 1,5 triliun di 2015 lalu. Untuk tahun ini, PT PAL Indonesia akan mendapatkan PMN Rp 1,28 triliun. "Yang ini untuk melanjutkan tahap satu atau kedua pak yang Rp 1,28 triliun ini?" tanya Nusron.

    "Tahap kedua dengan skema whole local production, sudah mulai banyak komponen yang dibangun di Indonesia. Tahap pertama sudah selesai pak, tinggal delivery aja. Kapal selamnya sudah menjalani diving depth test," lanjutnya.

    Nusron lantas menyindir proyek batch pertama PT PAL Indonesia.

    "Yang batch pertama ketika diuji coba saya dapat informasi adalah produk gagal. Karena selama ini kapal selam ini bench marking-nya kalau kita menggunakan kapal selam dari Jerman itu dalam airnya 90 hari ini kapal selam yang Chang Bogo ini itu naik 30 hari naik dulu baru turun lagi," ujarnya.

    "Ini pertanyaannya adalah kenapa produk yang gagal itu PT PAL mau jadi TOT-nya dan JV-nya untuk melakukan project itu lead indicator yang dianggap gagal dilanjutkan pada tahap kedua," lanjut Nusron.

    Nusron lantas menyinggung ke mana aliran uang dari pinjaman luar negeri untuk tahap kedua. Secara logika, apabila sudah ada uang yang masuk, maka seharusnya PT PAL tidak perlu PMN.

    "Saya nggak tahu persoalannya duitnya masuk ke Korea atau ke bank. Jangan-jangan duitnya itu karena sudah financial closure duitnya masuk ke Korea untuk uang mukanya itu," kata Nusron.

    Politikus Golkar ini juga mempertanyakan pekerjaan yang dilakukan PT PAL Indonesia. Menurut dia, tidak mungkin PT PAL Indonesia mengerjakan kategori industri utama atau teknologi tinggi.

    "Yang saya mendapatkan informasi lagi sebetulnya teknologi ini karena kapal Chang Bogo itu mirip dengan Jerman, "nyolong" dari Jerman. Karena nyolongnya nggak sempurna agak gagal (naik turun). Pertanyaannya, yang dikerjakan PT PAL itu apa penunjang atau apa? Atau jangan-jangan hanya merakit seperti perusahaan galangan kapal yang itu bukan yang komponen utama yang teknologinya atau membuat daya tahannya itu," ujarnya.

    "Alih fungsi teknologi yang diberikan dari Korea kepada sini yang join learning itu pertanyaannya levelnya level apa alih teknologi di bidang apa yang dikasihkan Korea kepada Indonesia dengan biaya yang sangat begitu besar. Yang menurut informasi Pak Menhan (Prabowo) hari ini agak kecewa dengan project itu dan sebetulnya minta untuk di-revise ditinjau ulang karena naik turun naik turun harusnya 90 hari di bawah tapi ini naik turun naik turun," lanjutnya.


    link
    https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200912140401-37-186326/geger-kapal-selam-made-in-ri-tetapi-menhan-prabowo-kecewa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Geger LCS Made in Malaysia jadi bahan olokan dunia 😂

      Hapus
  81. Memang mungkin kasel Changbogo masih ada kekurangan", karna itu Kemhan cari kasel yang lebih bagus lagi sperti Type 214/Scorpene

    BalasHapus
    Balasan
    1. ingat kapal selam yang bermasalah akan terus ditanggung masalahnya dan dana untuk menangung bukan sedikit ya....

      Hapus
    2. Ingat perbaikan terus dilakukan ya 😂

      Hapus
    3. Karena itu akan di upgrade, akan diperbaiki permasalahannya.
      Memang tidak akan 100%, tapi setidaknya permasalahnnya bisa berkurang

      Hapus
  82. Produk GAGAL....???? wkwkwkwkwkkwk


    "Yang batch pertama ketika diuji coba saya dapat informasi adalah produk gagal. Karena selama ini kapal selam ini bench marking-nya kalau kita menggunakan kapal selam dari Jerman itu dalam airnya 90 hari ini kapal selam yang Chang Bogo ini itu naik 30 hari naik dulu baru turun lagi," ujarnya.

    "Ini pertanyaannya adalah kenapa produk yang gagal itu PT PAL mau jadi TOT-nya dan JV-nya untuk melakukan project itu lead indicator yang dianggap gagal dilanjutkan pada tahap kedua," lanjut Nusron.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya minta kapal selam diesel endurance 90 hari (jika ada) 😂

      Hapus
    2. Kapal selam scorpene punya korang yg gak bisa selam bukan produk gagal pur? Jawab pertanyaan ku dulu, pur....jangan mengelak, tak elok lah

      Hapus
  83. Min angkat dong amraam versi Supri
    🤔🤔🤔🤔🤔🤔🤔🤔🤔🤔🤔🤔🤔🤔🤔🤔
    Gue curiga nih,....☹️☹️☹️☹️☹️☹️☹️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hebat ya tahun pertama 200 amraam hingga membuat kamu sendiri tidak percaya 😂

      Hapus
    2. wkwkwkwkwkw... sipri..KFX saja di masukkan ya...wkwkwkwkkwk

      Hapus
    3. Percayanya sama Wungmos 2000 unit

      Hapus
    4. K-FX itu masih belum dibatalkan pur dan jumlah yang ditampilkan di sipri itu masih belum ada kepastian ��

      Hapus
  84. Kalau dibaca dari berita ini program kapal selam termasuk dari dana HUTANG...



    Ini Rincian Alutsista yang Dibeli dari Utang


    Pemerintah dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2018 telah menyediakan porsi penarikan pinjaman atau utang, untuk pembelian alat utama sistem persenjataan (alutsista) bagi Kementerian Pertahanan, dan alat material khusus (alumatsus) untuk Kepolisian Republik Indonesia.

    Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Suahasil Nazara, mengatakan sumber utang tersebut berasal dari luar negeri dan dalam negeri.

    "Ya kan ada yang alatnya dari luar dan dari dalam," kata Suahasil di Ruang Badan Anggaran (Banggar) DPR, Senayan, Jakarta, Senin (25/9/2017).

    Dalam RAPBN 2018, pinjaman luar negeri negatif Rp 18,6 triliun, artinya pemerintah lebih besar membayar pokok pinjaman dibanding menarik pinjaman baru. Tahun depan, pemerintah akan melakukan penarikan pinjaman Rp 51,5 triliun dengan pembayaran cicilan Rp 70,1 triliun.

    Penarikan pinjaman ini terdiri dari pinjaman tunai Rp 13,5 triliun, dan pinjaman proyek Rp 38,0 triliun. Pinjaman proyek ini dari pemerintah pusat Rp 27,2 triliun, diterushibahkan Rp 0,2 triliun, dan diteruspinjamkan Rp 10,6 triliun.

    Dari pinjaman luar negeri tersebut, terdapat lima kementerian/lembaga terbesar pengguna utang luar negeri dengan total alokasi lebih dari 90%, antara lain seperti Kementerian Pertahanan Rp 11,7 triliun untuk alutsista, dan Kepolisian sebesar Rp 3,3 untuk alumatsus.

    "Kalau beli dari luar kan buka L/C (letter of credit), bentuknya pinjaman. Kalau yang dari dalam, kan ada juga yang dari dalam, itu financing-nya dari bank lokal," jelas dia.

    Utang luar negeri Rp 11,7 triliun untuk alutsista ini antara lain, Kapal PKR, ASW Helikopter, Korvet, Kapal Selam, Roket, pesawat Multipurpose Amphibious, rantis khusus Armed AVRMD dan AVFCU, radar GCI, dan Kapal Mine Counter Measure.

    Sedangkan Rp 3,3 triliun untuk alumatsus yakni helikopter, labfor Mabes Polri, peralatan service, siskom di Indonesia bagian Timur yakni Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara.

    Sedangkan pinjaman untuk pembelian alutsista dan alumatsus yang berasal dari dalam negeri sebesar negatif Rp 3,1 triliun, karena pemerintah melakukan penarikan pinjaman Rp 4,5 triliun dan melakukan pembayaran cicilan Rp 1,4 triliun.

    Penarikan pinjaman yang totalnya Rp 4,5 triliun ini, sekitar Rp 3,5 triliun difokuskan oleh Kementerian Pertahanan untuk membiayai alutsista dan alumatsus yang diproduksi industri pertahanan dalam negeri. Sedangkan untuk Kepolisian Rp 1 triliun, pemberi pinjaman dalam negeri adalah Bank BUMN dan BUMD



    link
    https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3657453/ini-rincian-alutsista-yang-dibeli-dari-utang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan negara memang untuk pembelian Alusista menggunakan dana pinjaman 😂

      Hapus
    2. Masih masuk akal daripada dibeli dari hasil rasuah & letupkan ibu hamil.. 🤰🏻💥😂

      Hapus
    3. Kapal LeMeS dari China gak ngutang pur? Kapal selam scorpene gak ngutang pur? Jawab pertanyaan ku dulu pur

      Hapus
    4. Bagi link LMS hutang tu saya nak baca beritanya...

      Hapus
    5. Malon ma beli aset dgn hutang tp tak bisa krn bakal bangkrut.

      Hapus
    6. https://hot.grid.id/amp/181670973/malaysia-dibawah-kontrol-china-karena-utang-pm-mahathir-peringatkan-negara-anda-akan-dikontrol-mereka?page=all

      Hapus
    7. Namun pembayaran biaya pembuatan kapal perang permukaan itu dengan cara dicicil selama puluhan tahun oleh pemerintah Malaysia alias mereka 'kasbon' dulu ke China

      Hapus
  85. https://sosok.grid.id/read/412001225/fakta-memalukan-malaysia-beli-gowind-class-dari-prancis-cuma-jadi-rongsokan-berkarat-di-galangan-kapal

    Apa ni pur wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kri klewang tak karat ya bro...??? wkwkwkkwkwkw

      Hapus
    2. Klewang hanya sebatas FAC ��

      Hapus
    3. Jom tunjukkan foto KRI Klewang 2 yg lagi berkarat pur..

      klo LCS berkarat, bukti foto sudah pada tau & tersebar ya.. 🤣🤣

      Hapus
    4. Kapal sudah jadi tp tak cecah air.

      Berkarat sudah to

      Hapus
  86. Kira kira kalau Endurance 20 tahun di darat uang minyak apakah jadi uang kopi??
    Nunggu pasang baling baling Kotak ke biar mampu berlayar di darat




    Wkwkwkwkkwkkwkwkkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tanya ke gempur si otak babi, om 😄

      Hapus
  87. https://zonajakarta.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-18983780/nasib-miris-kapal-perang-malaysia-usai-dilaunching-malah-diprotoli-sampai-mangkrak-karatan

    Akibat pengerjaan buruk teruk BNs

    BalasHapus
  88. Mestinya denda BNS 2 kali lipat RM18 Billion karena bikin malu menjadi olok olok dunia, uangnya untuk beli Motosikal



    Treng...treng....treng

    BalasHapus
  89. Candi Maharogolela dengan Motif Relief YDP, bisa untuk wahana wisata dengan tiket yg mahal



    Wkwkwkwkkwkwkwkwkwkk

    BalasHapus
  90. PT91M Twardy diajak nyilem...maharogol diajak ke daratan...eee scorpene diajak mengapung...lulusan 5 universitas terbaik gini amat yak 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  91. Mana sipri mu pur buat tandingi sang naga,, preet lah sembang trus banyak cakap

    BalasHapus
  92. “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.”

    Qur'an surat al luqman ayat 18

    Orang sombong dibenci Allah,

    Apalagi sudah lemah sembang pula, haadeeehh pur pur

    BalasHapus
  93. Tujuan final daro TOT, barangnya jadi, semua pihak hepi. Semua untung..😁

    BalasHapus
  94. hanya taik yg gk boleh nyelam dan gambang terus, alugoro mampu nyelam 350 meter meski endurence menyelamnya tak sesuai yg diinginkan, tp ini bisa diselesaikan,,,lha scorpen malon cem taik ngambang udah pasti produk gagal sebab ditemukan banyaknya cacat produksi,,,aneh kapal selam tp tak boleh nyelam, dasar malon longooorrrr 🤧🤭🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  95. The 3 ships that had been previously built in Vietnam were ordered by Venezuela but were never delivered. After lingering in Vietnamese shipyards for a couple months the VPN moved to purchase the vessels themselves.

    --------------------------

    ohh venezuela gak jadi ambil?
    jd NAM yg ambil, ini baruw tanggung jawab..penyelematan aset buatan anak bangasa vietnam hore haha!👍👍👍

    BalasHapus
  96. Ini guys daftar SIPRI MALON 2020

    KD LeMeS 4 unit
    Boat pemintas 2 unit
    150 unit Motorcycle Credit Leasing
    ATV 5 unit Credit Leasing
    Scrmble Motorcycle 10 unit credit leasing
    12 unit Rent Helikopter
    1 unit DJI Mavic

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. cariin VERA py KL di SIPRI bukan SUPRI, pasti gak ada om ....

      knp lenyap?
      keknya KL sewa haha!

      Hapus
  97. Awal bulan ini Petronas Carigali Muriah Ltd telah menyerahkan 80 persen hak partisipasi Production Sharing Contract Sharing (PSC) di lapangan Kepodang, Blok Muriah, Jawa Tengah kepada PT Saka Energi, anak usaha PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Namun anak usaha Petronas Malaysia itu harus tetap melunasi utangnya kepada PT Kalimantan Jawa Gas (KJG), anak usaha PGN. Diperkirakan total utang Petronas Carigalli mencapai senilai USD 32,2 juta atau sekitar Rp450 miliar

    PGN anak perusahaan pertamina pur...hahaha

    BalasHapus
  98. VENEZUELa uda seperti KL donk, teringat heli kecik mdg-530 KL suka NUNGGAK gaesz haha!😱😱😱

    6 heli kecik MDG 530 uda siyap sejak OGOS 2018
    skrg 2021,
    kenafa nunggak
    Deliveries of the first MD 530G attack helicopters to the Malaysian Army are set to begin in June, with all six units on order to be received by August.
    https://www.youtube.com/watch?v=gJAhjxdVLKk

    sama seperti pemerintahan vietnam, akhirnya heli kecik md-530g diambil pemerintah amrik untuk diHIBAHKAN ke LEBANON gaesz...soalnya amrik tak pakai heli kecik 530G haha!

    6 bijik kecik...buat hadiah ke LEBANON sajalah, daripada KL NUNGGAK hore haha!

    "The US Government announced its commitment to provide six MD 530G light attack helicopters, associated equipment and training to support the Lebanese Armed Forces’

    https://www.army-technology.com/projects/md-530g-scout-attack-helicopter/

    BalasHapus
  99. HELI KECIK punya siapeeee???

    percaya mana gaesz?

    6 bijik heli kecik MILIK LEBANON, hadiah dari AMRIK

    ato

    6 bijik heli kecik MILIK KL?

    JOM REBUTAN haha!
    makanya bayarrrr buruan...

    "The US Government announced its commitment to provide six MD 530G light attack helicopters, associated equipment and training to support the Lebanese Armed Forces’

    https://www.army-technology.com/projects/md-530g-scout-attack-helicopter/

    last lassttt..diambik lebanon...JOM GAGAL maning gaesz haha!

    BalasHapus
  100. https://hot.grid.id/amp/181670973/malaysia-dibawah-kontrol-china-karena-utang-pm-mahathir-peringatkan-negara-anda-akan-dikontrol-mereka?page=all
    Namun pembayaran biaya pembuatan kapal perang permukaan itu dengan cara dicicil selama puluhan tahun oleh pemerintah Malaysia alias mereka 'kasbon' dulu ke China
    Baca itu por gemporn

    BalasHapus
  101. https://hot.grid.id/amp/181670973/malaysia-dibawah-kontrol-china-karena-utang-pm-mahathir-peringatkan-negara-anda-akan-dikontrol-mereka?page=all
    Namun pembayaran biaya pembuatan kapal perang permukaan itu dengan cara dicicil selama puluhan tahun oleh pemerintah Malaysia alias mereka 'kasbon' dulu ke China
    Baca itu por gemporn

    BalasHapus
  102. Asrizal Rusli LPD dan submarine lagi kita tidak bina dalam negara.Walaupun banyak scandal tapi kita tidak boleh nafikan industri pertahanan kita agak mantap.Kepakaran tempatan dan fasiliti industri pertahanan kita boleh dikatakan maju. Tapi kadang tu la..maleh koi nak kabo kala bak sapot dari orang atah nuh 😑

    BalasHapus
  103. https://hot.grid.id/amp/181670973/malaysia-dibawah-kontrol-china-karena-utang-pm-mahathir-peringatkan-negara-anda-akan-dikontrol-mereka?page=all
    Namun pembayaran biaya pembuatan kapal perang permukaan itu dengan cara dicicil selama puluhan tahun oleh pemerintah Malaysia alias mereka 'kasbon' dulu ke China
    Baca itu por gemporn

    BalasHapus
  104. https://hot.grid.id/amp/181670973/malaysia-dibawah-kontrol-china-karena-utang-pm-mahathir-peringatkan-negara-anda-akan-dikontrol-mereka?page=all
    Namun pembayaran biaya pembuatan kapal perang permukaan itu dengan cara dicicil selama puluhan tahun oleh pemerintah Malaysia alias mereka 'kasbon' dulu ke China
    Baca itu por gemporn

    BalasHapus