22 Desember 2021

Lanud Sultan Hasanuddin Sukses Laksanakan Uji Fungsi Flare Sukhoi Su-27/30

22 Desember 2021

Uji fungsi flare pesawat Su-27/30 TNI AU (all photos : TNI AU)

TNI AU. Lanud Sultan Hasanuddin melakukan uji fungsi flare yang digunakan sebagai pengecoh rudal lawan dalam suatu pertempuran udara. Pengujian ini menggunakan pesawat tempur Sukhoi Su-27/30 yang dioperasikan Skadron Udara 11 Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Selasa (21/12/2021).


Saat persiapan sebelum pengujian, Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI David Yohan Tamboto, S.Sos menyaksikan sejumlah flare yang dipasangkan pada bagian badan pesawat sekaligus menekankan untuk tetap mengutamakan keselamatan terbang dan kerja (Lambangja) dalam pengujian.


“Kita sengaja melaksanakan pengujian untuk melihat dan memastikan jika flare yang akan digunakan dapat berfungsi dengan baik dan aman sesuai kegunaannya dalam pertempuran udara,” kata Danlanud di shelter Skadron Udara 11.

Kemudian dalam pelaksanaannya, Sukhoi Su-27/30 yang diterbangkan Danskadron Udara 11 Letkol Pnb Bambang Baskoro Adi, M.M.O.A.S bersama Mayor Pnb M. Idris Kurniawan sukses melepas sejumlah 30 flare yang disaksikan para pejabat Lanud Sultan Hasanuddin serta tim dari Mabesau.


Kesuksesan uji fungsi juga dipastikan oleh Mayor Pnb Satria Tikwana Ratih dan Mayor Pnb Andry Libarsyah Agung Nugroho saat melaksanakan observasi udara menggunakan jenis penempur yang sama di sebelah pesawat uji.

“Secara visual, seluruh flare yang dipasangkan di pesawat tempur Sukhoi Su-27/30 berhasil dilepaskan dan berfungsi sempurna,” tutup Danlanud.

195 komentar:

  1. Punya sebelah grounded semua kah... kah... kah....

    BalasHapus
  2. Tak punya kepakaran MRO cakap dah berjaya bisa MRO tempatan, hasilnya nol besak pesawat dah banyak yang pencen lawak malon ni, gelak je Sukhoi dah tinggal 3 yang boleh terbang wkwkwkwkwk.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyoiih om gemerlap, hasil mro slep lokal pertama pespurnya ts-3004 uda aktip
      sperti poto diatas

      Kerja rapih jali haha!๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ

      Hapus
  3. Balasan
    1. Punya malon dah pencen semua bro tinggal hawk yang siap sedia, lawak mereka orang kah... kah... kah....

      Hapus
  4. LOOOON....SALAM 4-1 KUCING OMPONG MALAYA....pesawat SU malon yang layak terbang hanya 4 unit saja yaaaa....WKWKWKWKWK ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

    BalasHapus
  5. Tengok pesawat kerajaan sebelah pingin ketawa takut ngakak, pesawat yang mereka cakap canggih dan moden di kawasan ternyata takut terbang dan sekarang ada di darat terus guys mereka lawak bikin gelak wkwkwkwkwk......

    BalasHapus
  6. Yg ada pesawat tp tak de enjin,,, tepi sikit..

    BalasHapus
  7. Bagaimana dengan flare rafale min? Katanya sebelum akhir tahun, kog masih anyeb

    BalasHapus
  8. Ternyata Malon minat juga pesawat bekas guys, gempuur telan ludah sendiri wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  9. Luar biasa BUAL DAN LAWAK warga malon guys...NAK SEDAPKAN HATI JE BWHAA...HAHAHA...HA

    BalasHapus
  10. Askar malon : hitung koordinat musuh... arahkan sudut elevasi meriam sekian Drajat..... tembakkkkk...!!!!!

    Pejuang sulu : artileri malon nembak komandan... oke kita geser ke kiri sedikit..

    Askar malon : komandan.. arah tembakan kita meleset... salah perhitungan jarak tembakan..karena yang menghitung gak hapal rumus...

    Pejuang sulu : akhirnya pejuang sulu pun balik lagi ke posisi awal sebelum bergeser sambil joget joget goyang pinggang dan bersorak... ye ye gak kena....ye ye gak kena๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น

    BalasHapus
  11. Ngebom pakai pesawat aja salah sasaran..
    apa lagi Mo ngebom pakai artileri tarik lembu comel nan manual gitu.
    Pasti salah sasaran terus

    Lon malon. Bikin gelak tawa sekawasan aja negara korang ni lon.

    Kucing malaya๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜ฟ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajarlah negara korang tetap jadi babu england selama 999 Thn lagi...

      Hapus
  12. https://www.airtimes.my/2021/12/22/malaysia-rancang-peroleh-33-buah-f-a-18c-d-dari-kuwait/?fbclid=IwAR3yRfRTBlv9WoyHoxeAEpvOgcG7LzTTvhQzZdeEeINSLWF4N0NRFbpXPxM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mo bayar pakai ap tu malon. Sedekah SPH dari mamarika yg murah gitu aj, negara malon gak mampu nanggung ongkir Ny.

      Pa lagi hibah pesawat dari Kuwait. Yg ad senasib dgn yg sudah sudah.
      Cuma mimpi basah jE......

      Hapus
    2. Jiran Beburu pespur bekas haha!๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

      KL Katanya kaya raya?
      KL Katanya anti pespur Bekas?

      KL KERE LAGIiiiiiiiiii...., haha!๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹


      Hapus
    3. Haha... akirnya agresif nyari barang second yang masih hangat, dengan harapan masih bisa terbang dikirim ke Malon

      Hapus
  13. ๐Ÿ’ *Selamat Hari Ibu* ๐Ÿ’
    *WANITA HEBAT*๐Ÿ‘ฉ๐Ÿผ‍๐Ÿฆฐ

    ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚖ Wanita hebat bukan karena dia cantik
    ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚖ Wanita hebat bukan karena dia kaya
    ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚖ Wanita hebat bukan karena dia pintar
    ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚖ Dan bukan pula karena disampingnya ada lelaki gagah dan kaya

    *Tapi wanita hebat adalah*:
    ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚖ _Wanita yang mampu terus berdiri menyelesaikan masalahnya._
    ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚖ _Mampu berdoa dan percaya semua akan berlalu._
    ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚖ _Wanita hebat melukis kekuatan melalui proses kehidupan._
    ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚖ _Bersabar saat tertekan._
    ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚖ _Tersenyum saat hati menangis._
    ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚖ _Diam saat terhina._
    ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍ _Mempesona karena memaafkan._
    ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚖ _Mampu membalut luka hati dengan sabar._
    ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚖ _Mampu memadam amarah dengan tersenyum._
    ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚖ _Mampu menghapus dendam dengan maaf._

    ๐ŸŒน *_Selamat Hari Ibu_*, _bagi semua wanita hebat di group ini_ ๐Ÿ‘๐Ÿผ๐Ÿฅฐ๐Ÿ’๐ŸŒน๐Ÿฆ‹

    BalasHapus
  14. It seems, I am back to doing some business in Indonesia and Malaysia.
    (My condolences to the flooding victims)

    I always want to know further about Sukhoi operated in other countries, which are not a Russian allies.

    A little peek of 2005 test result of the dismantling Ukrainian Sukhoi SU-27 procured by private US defense contractor.

    Russia embed hidden protocols for export version to alter aircraft systems. When it detects "forbidden targets", the protocol sends auto-command to the missiles.
    • Jamming the targeting system: the missile runs wild
    • Widening target area: the missile always miss
    • Looping code: the missile doesn't explode

    = Foreign Sukhoi can't fire missiles at Russian IFF during the war.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Although, I love how the Russian programmers think. -- "True Russian trusts no one."

      Naturally, China follow to apply extreme security protocols to their exported military equipments.

      Later on, the US copied some of Sukhoi safety ideas to F-35, wrapping it up as "Alliance Grade Protocol."

      It's installed for foreign users who didn't get involved in the F-35 project.
      • They can't fire missile at US allies.
      • Their combat systems are deactivated during engagement against US allies.

      Hapus
    2. Standard protocols of F-15, F16 & F-18 are considered adequate:
      • Training Wheel Protocol
      • IFF Protocol, etc

      Training Wheel Protocol is the factory default to deactivate some combat system & sensor for:
      • Cadet Wing training
      • Aircraft sales to some dubious countries.

      The example of software update is F-18 naval version:
      • Magic Carpet Protocol -- semiautomatic Carrier landing assistant

      https://news.usni.org/2016/06/30/navys-magic-carpet-simplifies-carrier-landings-interim-fielding-fall

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  15. Bwza betul Mlysia dengan Indon ..Tanpa banyak bual-bual ...Dalam sunyi dan senyap ... program peguatan kuasakan TUDM terus berlanjut ... TAHNIAH
    ----------
    F/A 18 Kuwait for Malaysia

    KUALA LUMPUR, 22 Dis – Timbalan Menteri Pertahanan, Datuk Seri Ikmal Hisham Abdul Aziz hari ini menyatakan kerajaan Malaysia telah merancang untuk memperoleh sebanyak 33 buah Pesawat F/A-18 C/D Tentera Udara Kuwait.

    Beliau menambah, jet pejuang yang dioperasikan oleh angkatan udara negara teluk itu masih dalam keadaan baik dan mempunyai waktu jam operasi yang rendah berbanding F/A-18D yang dioperasikan oleh Tentera Udara Diraja Malaysia.

    “Perolehan yang dirancang adalah berbentuk Lock, Stock and Barrel (lengkap) sebanyak 33 buah Pesawat F/A-18 C/D Tentera Udara Kuwait,

    “Kerajaan Kuwait dijangka akan melucut tauliahkan pesawat F/A-18C/D setelah menerima dan mengoperasikan pesawat terbaharu F/A-18E/F (Super Hornet) dari Amerika Syarikat,” kata Ikmal di Dewan Negara, hari ini.

    Pada masa yang sama, beliau menyatakan inisiatif perolehan ini masih menunggu perbincangan antara kerajaan Kuwait dan Malaysia.

    “Inisiatif ini masih menunggu perbincangan di antara kedua buah negara atau di peringkat Government to Goverment,

    “Sekiranya inisiatif ini berjaya direalisasikan, sudah pasti ianya akan meningkatkan tahap kesiagaan dan keupayaan TUDM dalam menjaga ruang angkasa negara,” ujarnya. – airtimes.my

    https://www.airtimes.my/2021/12/22/malaysia-rancang-peroleh-33-buah-f-a-18c-d-dari-kuwait/?fbclid=IwAR3yRfRTBlv9WoyHoxeAEpvOgcG7LzTTvhQzZdeEeINSLWF4N0NRFbpXPxM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mo bayar pakai ap tu malon. Sedekah SPH dari mamarika yg murah gitu aj, negara malon gak mampu nanggung ongkir Ny.

      Pa lagi hibah pesawat dari Kuwait. Yg ad senasib dgn yg sudah sudah.
      Cuma mimpi basah jE....

      Hapus
    2. Itukan baru maunya.Malon, blm.dari.Maunya Kuwait..kemarin aja F 18 yg punya Australia katanya punya Malon nyatanya malah dikasih yg lain

      Hapus
    3. Mumpung masih hangat, bisa diterbangkan ke Malon harapanya... kalau mesti maintenance dulu jelas bisa berdarah2 Malon

      Hapus
  16. In my years of experience, every weapon builder always has tons of safety measures to protect their national interests.
    • It could be obvious, written in the procurement contract.
    • or hidden in the operating protocol.
    • or lowering the quality.

    The best way to go is to build your own systems from scratch, or to jointly develop it.

    I think, Indonesian and Malaysian engineers need to check and double check the coding.

    Here is a little peek of AIM-120 AMRAAM neat code to pursue target in 360 degree:

    Procedure Check_Direction is
    N : Integer;
    begin
    loop
    Put ("Enter an integer value:"); -- Puts a String
    Get (N); -- Reads an Integer
    Put (N); -- Puts an Integer
    case N is
    when 0 | 360 =>
    Put_Line ("is due north");
    when 1 .. 89 =>
    Put_Line (" is in the northeast quadrant");
    when 90 =>
    Put_Line ("is due east");
    when 91 .. 179 =>
    Put_Line ("is in the southeast quadrant");
    when 180 =>
    Put_Line ("is due south");
    when 181 .. 269 =>
    Put_Line ("is in the southwest quadrant");
    when 270 =>
    Put_Line ("is due west");
    when 271 .. 359 =>
    Put_Line ("is in the northwest quadrant");
    when others =>
    Put_Line ("Au revoir mother fucker");
    exit;
    end case;
    end loop;
    end Check_Direction;

    Pretty neat, isn't it?

    BalasHapus
  17. GEMPURWIRA 22 Desember 2021 14.33
    Mantap... Shoping lagi...

    Yang beli aset NGUTANG KE LENDER tu tepi sikit... Wkwkkwkwkwkw


    Wah baru tahu aku kalau meriam tarik lembu ini adalah hasil SHOPING malon... Ahhahaahahah... Baru beli guys WW2 HOWITZER

    Saat seantero ASEAN belanjanya

    -PHILIPPINE
    ATAK T-129 : 2 UNIT.
    Atmos 2000 sph : 12 unit.
    Blathawk : 30 unit.
    ETC...


    -Thailand
    Atmos 2000 : 18 unit.
    Caesar 2 : 6 unit.
    ETC...


    -Indonesia
    CAESAR 2 : 55 UNIT.
    M109A4BE+ : 36 UNIT.
    ETC....

    -MALON
    OTOMEL 105mm MOD.56
    Heli kecik versi FOTO n VIDEO
    LCS versi Monumen/landmark


    Wahahahahahahahahahah..... Komen beruk kat sungguh luarBINASA

    Ngoahahahahahahahha

    BalasHapus
  18. Kalo di Malon flare nya dihabiskan untuk keperluan tahun baru. Dianggap seperti kembang api. Habis sukhoinya nggak terbang-terbang.

    BalasHapus
  19. Bicara soal Hornet Kuwait..

    Apakah akan berakhir cem Tender MPA & MALE UAS ?

    Calon mahluk GHOIB kah.. ๐Ÿ‘ป

    Memandangan pertemuan di antara kedua-dua panglima sepatutnya berlaku lebih daripada satu bulan yang lepas, maka persoalan juga timbul sama ada TUDM “berjaya atau tidak” mendapatkan pesawat F/A-18C/D milik Tentera Udara Kuwait itu.

    Adakah usaha TUDM mendapatkan pesawat-pesawat Hornet milik Tentera Udara Kuwait sebagai tambahan kepada lapan buah pesawat F/A-18C/D milik TUDM itu berhasil ?

    Sekurang-kurangnya adanya tambahan kepada Hornet kita sehingga TUDM membersarakan pesawat itu pada tahun 2035-2040.

    Setakat ini, tiada sebarang kenyataan daripada pihak panglima TUDM mengenai perkembangan pertemuan beliau dengan rakan sejawatannya daripada Kuwait itu pada Dubai AirShow yang berlangsung pada bulan lepas itu.

    https://defencesecurityasia.com/tudm-hornet-fa18-kuwait/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tender ala ghoib beda dengan mengemis minta hibah om wkwkekek.....

      Hapus
  20. Lon malon...
    Makan siang aja gak ad yang geratissssss........

    Apalagi mengharap Kuwait sedekah pesawat cuma cuma untuk malon tanpa ad 1 sen pun biaya...

    NGIMIMPIIIIIIII.... bangunnn woiiiiiiiii....dah siang.....


    Sedekah yang murah aja malon gak mampu nanggung ongkir Ny.

    Palagi ni........:

    Mangkanya lon sebelum tidur baca doa dulu..
    jadi mimpinya gak disusupi setan.........

    ๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ‘Ž๐Ÿป

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon biasanya gunakan voucher lazada gratis ongkir bro, paket pesawatnya bisa langsung dihantar kat halaman rumah wkwkwkwk.....

      Hapus
    2. Ya mungkin aj bro malon berharap program 12.12

      Tapi pa daya item yg diminta gak masuk program 12.12.

      ๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น

      Hapus
  21. Minta surat keterangan miskin lonn,am pak RT kuwaitt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Butuh satu surat lagi bro. Gak cukup hanya surat miskin dari Kuwait.

      Malon mesti buat surat negara tidak mampu dah negara yang mengharap derma dari semua negara.

      Terutama pada negara pembuat pespurnya... mamarika๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น

      Hapus
  22. Timbalan Menteri Pertahanan, Datuk Seri Ikmal Hisham Abdul Aziz

    Ni menteri malon Percaya diri amat yah.... pikirnya bicara dgn Kuwait aja sebagai pemilik pespur tu Sdh cukup untuk syarat mendapatkan derma hibah pespur mereka..

    Dasar menteri gak jelas...
    Mungkin dia lupa kali ya negara mana yang membuat pespur itu..

    Kira kira kasih izin pa kagak. Klo negara yang membuat kagak kasih izin. Sampe malon nangis darah dan cium pantat emir Kuwait juga.. smpe kapan pun pesawat tu cuma kau mimpi basah jE.

    ๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa hibah? Uda 2 negara yg nyoba beli aja ditolak om haha!❎❎❎

      Hapus
    2. Mangkanya bro.. percaya diri amat tuh malon... pikirnya bisa dapet pespur sedekah gratis.......

      Hapus
    3. Biasalah pada iri waktuw kita dapet 24 bijik dr amrik
      Gratis dan rekor dunia haha!๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      Hapus
  23. ESYU ska 11 bentar lagi dapetin sodara baruw uhuy haha!๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿ˜Ÿ

    BalasHapus
  24. Pespur ESYU slaluw ikut jadwal perawatan berkala pabrikan uhuy haha!๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    Semakin muda
    Esyu kita ada yg blum 10 tahun mantab

    BalasHapus
  25. Sama, falkon kita smua terawat dan apgred terusz hore haha!๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ˜Ž

    Kesiapan tempur tinggiiiiiii

    BalasHapus
  26. https://www.malaysiandefence.com/still-waiting-for-you/

    BalasHapus
  27. Gimana KL mao shopping soping pespur?

    Heli kecik aja utang destini
    LCS masi utanng RM 3 milyar
    Apalagi cicilan si gempi, uda 2 taon gak kdengaran ase baruw nongol ihhh tanda2 delay gaesz haha!๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐ŸŒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. pemerintah malon kan hobi tipu tipu
      Warga negaranya sendiri bro...

      Cukup dikasih hawa surga aj..
      Sudah pada percaya rakyat malon..

      Mngkin krna terlalu goblok rakyat malon macam tante gempur and geng. Jadi
      pemerintah mereka senang tipu tipu warganya

      Hapus
    2. Nyoiihhh, warganyet senang digondolin haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  28. Sign contract mas rafael Januari 22,36 bulan 3 biji f3r

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok rafael???
      KE Dr iisroil donk om haha!๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

      Hapus
    2. Kok rafael???
      KW isroil donk om haha!๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹
      Rafale om rafale

      Hapus
    3. Maksudnya spaan.tuh 36 bulan kok 3 biji f3R.? Biji peler kah maksudnya.? Peler malon donk...hadewww

      Hapus
    4. Mas Rafale biar enak disebut,36 jebret g kuat MBK Mul,6 biji dulu,ngeteng Kyo bien tuku Sukro,Ra Popo,36 bulan tit barang metu,jor Ra tau perang kok

      Hapus
  29. Sukhoi kita dipastikan selalu latihan tembakan flare. Klo MKM malon nyet latihan tembakan peler dng amunisi kondom unisex....Wakakakakakkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blom lagi latian nge bom,

      KL latian dada dadaaggg pake emkaem eh kena semprot amrik haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. Bwahahaaaaaaa ya bro.... ad tuh berita Ny....
      berharap dapet pujian dari mamarika...
      Malah dapet hinaan dari mamarika...๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น

      Hapus
    3. Yg mana beritanya? Kok aku telat baca ya?..Wakakakakakkk

      Hapus
  30. Rabu, 22 Desember 2021
    TNI AU Pastikan Beli Pesawat Tempur Rafale dan F-15 EX
    Rafale [Dassault] ☆

    TNI Angkatan Udara memastikan akan membeli pesawat tempur generasi 4,5, yakni Dassault Rafale buatan Perancis dan F-15 EX buatan Amerika Serikat.

    "Kami menginginkan pesawat generasi 4,5 dan menginginkan yang 'heavy' atau medium ke atas. Karena kita saat ini sudah ada F-16 sudah ada Sukhoi buatan Rusia," kata Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dikutip Antara, Rabu, 22 Desember.

    Saat ini, lanjut dia, pilihan pembelian pesawat tempur mengerucut pada dua pesawat, yakni pesawat Rafale buatan Perancis dan F-15 EX buatan Amerika Serikat.

    "Ini juga hasil pemikiran dari Kementerian Pertahanan," kata Marsekal Fadjar.

    Terkait dengan rencana pembelian Sukhoi Su-35, Fadjar menyebut hal tersebut akan ditinggalkan.

    "Sukhoi Su-35 dengan berat hati ya kita harus sudah meninggalkan perencanaan itu karena kan kembali lagi dari awal kita sebutkan bahwa pembangunan kekuatan udara sangat bergantung dari anggaran," jelas Fadjar.

    Kehadiran pesawat tempur tersebut akan menambah kekuatan TNI AU dalam menjaga kedaulatan wilayah udara Indonesia dari ancaman musuh.

    "Kalau pesawat mungkin dua sampai tiga skuadron. Insyaallah (lebih dari 30 pesawat),” ujar Kasau.

    Menurut Fadjar, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto telah memberikan penjelasan kepada Menteri PPN/Kepala Bappenas mengenai anggaran pengadaan pesawat tempur yang akan digunakan hingga 30-40 tahun ke depan.

    "Di dalam renstra memang tidak ada, ini memang buah pikiran dan Pak Menhan dengan masukan dari kami juga," ujarnya.

    Mantan Pangkogabwilhan II ini mengaku, tim dari F-15 EX sudah menemuinya untuk membahas rencana pengadaan pesawat tempur tersebut.

    "Ini sedikit informasi, F-15 EX timnya sudah datang ke saya. Saya tanya kalau hari ini kita sepakat unit awal pertama yang akan kita terima kira-kira kapan? Jawabannya ya kira-kira tahun 2027," kata Marsekal Fadjar.

    BalasHapus
  31. Indonesia may sign a first batch contract for Rafale in January 2022. It will use 2021 PSP's US$1.1 billion for Interim MRCA program. Indonesia will get 6 Rafale F3 version with first delivery around 36 months after the contract enter effective date. We shall see in next January

    6 Rafale(second) F3 buat Interim
    Sissanya F4 baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malaysia sih glak saja melihat Indon nanti mendapatkan Rafale F-3 dan F-4.. eapi apakah Inon tahu bahwa program modnisasi an naik taraf SU-30 MKM kami jika slesai di akhr ahun 2023 maka nantinya performance Su-30 MKM kami akan setara atau bahkan jauh lebih handal daripada Rafale F-4 yang akan dimiliki Indon itu ... Belum lagi ditambah pesawat pejuang hasil kerjasama dengan Turki (TFX/MFX) serta PTM-6 (hasil produk lokal Malaysia) ...

      Hapus
    2. Wooooowwww amajing...PTM-6.?
      WTF...
      Ente buat pesawat layang aj ga bisa mau lompat gen-6??? Haloooo are u sick??? ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

      Sehat pakcik...pakcik sehat

      Habis ngembat dadah berapa kg?

      ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    3. What.... SU 30 MKM Slep setara Rafale F3R/F4 ......malon lawak, bual..... Pakai radar apa SU 30 slot SU 35 Pesa aja mesti ubah banyak.... Omongan sedapkan hati saje....

      Hapus
  32. What....? Hanya latihan FLARE...? Wkwkwkkwwkwk

    BalasHapus
  33. F-16 a/b klasik eropa diborong puluhan juta dolar ama rumania

    Hornet kuwait barang simpenan GURUN aseli kilometer rendah
    Eh disebelah warganyet KL ngarep $1 juta haha!๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿค‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanda tangan hibah F/A 18 Kuwait sudah lama ditanda-tangani oleh kdua-dua pemimpin negara (Malaysia diwakili oleh PM Mahathir saat itu tahun 2015)...

      Jadi sekarang tinggal eksekusinya saja ...

      Hapus
  34. F16 tua zaman 1984 mana..? Wkwkwkkwwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mig 29 grounded mana wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

      Hapus
    2. Ha..ha..ha.... F16 tua tni au masih unggul dari mig 29 malin yg grounded. Padahal lebih muda. Itu karena babiputra tolol...tidak mampu merawat

      Hapus
  35. F16 tertua di ASEAN... Vanuatu je gelak.. Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Grounded terbesar se ASEAN wkwkwk wkwkwk wkwkwk memalukan

      Hapus
    2. Yg muda tapi grounded...itu menunjukkan kalau usernya tolol.... Pantesnya malon memang pesawat china atau india aja.

      Hapus
  36. F18 kuwait lebih muda dari F16 usang zaman 1984... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jilat ludah sendiri akhirnya minat juga Malon pesawat bekas wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

      Hapus
    2. Kita lihat saja apa hornet kelak di upgrade atau tak sudah ngemis di cuekin lagi, wkwkwk wkwkwk wkwkwk

      Hapus
    3. Rabu, 22 Desember 2021
      TNI AU Pastikan Beli Pesawat Tempur Rafale dan F-15 EX
      Rafale [Dassault] ☆

      TNI Angkatan Udara memastikan akan membeli pesawat tempur generasi 4,5, yakni Dassault Rafale buatan Perancis dan F-15 EX buatan Amerika Serikat.

      "Kami menginginkan pesawat generasi 4,5 dan menginginkan yang 'heavy' atau medium ke atas. Karena kita saat ini sudah ada F-16 sudah ada Sukhoi buatan Rusia," kata Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dikutip Antara, Rabu, 22 Desember.

      Saat ini, lanjut dia, pilihan pembelian pesawat tempur mengerucut pada dua pesawat, yakni pesawat Rafale buatan Perancis dan F-15 EX buatan Amerika Serikat.

      "Ini juga hasil pemikiran dari Kementerian Pertahanan," kata Marsekal Fadjar.

      Terkait dengan rencana pembelian Sukhoi Su-35, Fadjar menyebut hal tersebut akan ditinggalkan.

      "Sukhoi Su-35 dengan berat hati ya kita harus sudah meninggalkan perencanaan itu karena kan kembali lagi dari awal kita sebutkan bahwa pembangunan kekuatan udara sangat bergantung dari anggaran," jelas Fadjar.

      Kehadiran pesawat tempur tersebut akan menambah kekuatan TNI AU dalam menjaga kedaulatan wilayah udara Indonesia dari ancaman musuh.

      "Kalau pesawat mungkin dua sampai tiga skuadron. Insyaallah (lebih dari 30 pesawat),” ujar Kasau.

      Menurut Fadjar, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto telah memberikan penjelasan kepada Menteri PPN/Kepala Bappenas mengenai anggaran pengadaan pesawat tempur yang akan digunakan hingga 30-40 tahun ke depan.

      "Di dalam renstra memang tidak ada, ini memang buah pikiran dan Pak Menhan dengan masukan dari kami juga," ujarnya.

      Mantan Pangkogabwilhan II ini mengaku, tim dari F-15 EX sudah menemuinya untuk membahas rencana pengadaan pesawat tempur tersebut.

      "Ini sedikit informasi, F-15 EX timnya sudah datang ke saya. Saya tanya kalau hari ini kita sepakat unit awal pertama yang akan kita terima kira-kira kapan? Jawabannya ya kira-kira tahun 2027," kata Marsekal Fadjar.

      Hapus
    4. Audah minta minta ke kuwait... Tapi tidak direspon kuwait... Karena tau malin bodoh. Tidak mampu merawat pesawat. Otak dan budget ciput

      Hapus
  37. Di LIMA 19 hanya nampak 1 esyu emkaem KL yg selesai mro ingat mro bukan apgred yaa haha!๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

    Skr coba sebut brp yg selesai dan nomernya
    Kalo tak bisa artinya tetap cuman 1, kesian haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    Lamban pasti tunggu si ReMeK ga turun2 haha!❎๐ŸŒ❎

    BalasHapus
  38. Mana bukti tau 1984? Pasti gak punyak haha!๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

    BalasHapus
  39. F18 kuwait tahun 2008 woiiii... Jauh lebih muda dari F16 tahun 1984...wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang dipensiunkan Kuwait F/A18 hornet th. 1993 bukan th. 2008 itupun kalau Kuwait Ok dan Mamarika Ok dan tal lupa ada wang... Malon lawak bual aja kerjanya...

      Hapus
  40. F18 kuwait 2008

    F16 usang US 1984


    Jauuuuhhhhhh sangat perbezaannya... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 second jilat ludah sdnri malon

      Hapus
    2. Ada wang tak tuk ongkos kirim dan UpGrade??? Lawak keh keh keh wkwkwkkkkkkk๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    3. Yg dipensiunkan kuwait F/A 18 hornet 1993....kalaupun malon nak beli apa sdh disetujui kuwait dan mamarika dan yg penting ada wang.... Gak bisa tukar sawit.... Malon lawak, bual.... Miskin

      Hapus
  41. Malon baru minat pesawat bekas kuwait serasa sudah memiliki wkwkwk wkwkwk wkwkwk kasihan deh

    BalasHapus
  42. Hornet second pur berati jilat ludah sndri ya

    Suka barang second juga wkwk๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  43. Uuups nanti ada hornet Kuwait versi foto dah siap wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  44. Anti second ternyata nak mau ambil barang second juga malon

    Pur pur jilat lidah sndri terus๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  45. Tapi guwe punya bukti
    F16 a/b rumania itu lebih lama dari f16 blok c/d kita
    dan bekas pake amrik juga uhuyy haha!๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

    Dibeli mahal haha!๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿค‘

    BalasHapus
  46. F18 Second hand pun umur ya masih muda.... Nah sedekah US tu dari stok terbiar padang pasir... Maklumlah pesawat terlalu TUA tahun 1984 woooiiii.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  47. GEMPURWIRA22 Desember 2021 17.30
    F18 kuwait 2008

    F16 usang US 1984


    Jauuuuhhhhhh sangat perbezaannya... Wkwkkwkwkwkw...Heli KFC & SPH saja tak mampu tuk hantar n UpGrade..Malon Raja Lawak dikawasan wkwkwkkkkk๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  48. Malon sudah turun taraf guys minat aset bekas wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepatnya minat gratisan. Gratis ongkos kirim. Kalau perlu gratis upgrade

      Hapus
  49. Tetep aja kuwait gak jual ke KL
    Tak ada bajet haha!๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta gratis sampai ditempat. Mana ada yg mau ngasih. Itu mah ngelunjak

      Hapus
  50. F18 Kuwait dihargai perkilo sm Malon wkwkwkkkkkk๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  51. F18 kuwait tahun 2008

    F16 sedekah US tahun 1984


    Nah guys... Cuba teka pesawat mana usang dan terlalu TUA.... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada wang kah tuk hantar n Upgrade wkwkkkkkkkk๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. 4:1 Pork wkwkkkkk๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  52. F16 Kite punya 1985-86 haha!๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

    Enak gratis mantab

    Terbanyaaakkk

    Cuman KL JUara beli pespur bekas haha!๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช
    Terbanyakkkkkk skyhawk

    KL Keinget Lagiiiiiiiiiiiiiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. KL => Kon?ol Lembek wkwkwkkkkk๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜

      Hapus
  53. Ha..ha..ha .. emang kuwait mau kasih malon ???? Ngarep ya... ?
    Minta gratis ongkos kirim juga nggak ?

    BalasHapus
  54. Mau beli 6 F16 block 52 baru tak mampu.. Nah terima je sedekah US F16 Tahun 1984.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4:1 Pork wkwkkkkk๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  55. Malon minta gratis berikut ongkos kirim. Maklum masuk negara miskin

    BalasHapus
  56. Grounded terbesar se asean kenapa ? Karena bodoh dan tidak ada uang. Miskin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud kamu 104 heli yang GROUNDED tu...? Wkwkwkkwwkwk

      Hapus
  57. F16 paling tua di ASEAN.... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mig 29 grounded terbesar se ASEAN memalukan, miskin wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

      Hapus
    2. F16 masih mampu bertempur...MIG-29N
      ..sudah mampus GROUNDED...wkwkwk

      Hapus
  58. Nah KL iri tak dapat pesawat gratisan

    Eh ngambek gaesz

    Tank sph idola warganyet KL ogah diambill menyesal seumur idop kesian yaa haha!๐Ÿค‘๐Ÿค‘๐Ÿค‘

    BalasHapus
  59. Memang hingga 104 heli GROUNDED tu ada wang..? Wkwkwkkwwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi sy link 104 Grounded sampai tgl 22.12.2021..lawak keh

      Hapus
  60. 4 ekor saje keh MKM yg layak terbang dan berkhitmad sampai 2035 wkwkkkkk

    BalasHapus
  61. Andalan malin hanya hawk, itupun banyak yg grounded.. ha..ha..ha...
    Sabar ya. Tunggu 2040 meoonggg

    BalasHapus
  62. Masa mau iri dengan pesawat F16 ZAMAN 1984...terlalu tua tu... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  63. F16 tahun 1984 tu nak diguna berapa puluh tahun lagi woiiii.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Santuy lon.. F16 sepuluh tahun lagi sudah ganti IFX semtara malon hornet tus ganti hal tejas... Atau jf sulfur....

      Hapus
  64. Memalukan guys sekawasan yang konon kerajaan kaya tapi pesawt pejuanya grounded, pencen terbesar se ASEAN guys, lawak wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  65. Pantas tidak ada yg ajak latihan, pesawat grounded, kapal hanya gun boat.... Mungkin vanuatu mau ajak latihan

    BalasHapus
  66. F16 tahun 1984 mau dibanding dengan pesawat F18 tahun 2008...jauuuuhhhhhhhh sangat umur ya.. Wkwkkwkwkwkw

    US saja sudah tak mahu pakai.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daripada pesawat muda tapi grounded, mending pesawat berumur yg uda MLU dan bisa terbang... bisa buat patroli di ambalat dan natuna...

      Hapus
  67. Hadeh malon...malon.....
    ATM tertinggal..
    Bulu tangkis tertinggal..
    Bola tertinggal....
    Ekonomi payah....
    Mending bubar aja deh

    BalasHapus
  68. KL keinget lagi

    Kisah skyhawk BEKAS
    Rindduuuiiiii haha!๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  69. Pesawat pejuang indo naik taraf ,sementara sebelah grounded guys wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  70. Lah 104 heli GROUNDED memang BUKTI kaya ya...?

    Ikut program saja NUNGGAK BAYARAN sama korea... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi sy bukti link sampai pertanggal 22.12.2021 brp jumlah heli TNI yg Grounded..kl tdk bs ksh sy harap km n keluarga bunuh diri atau sy cari2

      Hapus
  71. Ha..ha .. f18 malon masih terbang ? Ha..ha..ha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu tidakkkk haha! ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ

      Hapus
  72. KL iri kita dapet gratis falkon banyak asyiikkk

    Eh KL skrg buru bekasan

    Warganyet KL KEFANASAAN haha!๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ

    BalasHapus
  73. Wkwkwkwkw.... Muantab...

    F16 tertua di ASEAN kononnya buat jiran ketar ketir... Wkwkkwkwkwkw

    Pejuang OPM pun gelak.. Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  74. Pengemis pesawat...
    Dimana2 ditolak.... Karena tau babiputra tidak mampu merawat dan upgrade. Lagi miskin

    BalasHapus
  75. Manakala Malon jilat ludah guys minat pesawat bekas, itupun belum bisa beli nunggu derma dulu wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  76. Singapura bekas negara bagian malin jauh lebih unggul. Karena babiputra di negara beruk bodoh2...
    Dg philipina pun sudah tertinggal jauh

    BalasHapus
  77. F16 1984 tu US sudah hantar ke stok terbuang ditengah padang pasir US...

    Servis sikit cat semula... Nah di sedekah ke negara yang mahu... Tega US... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
  78. Konon negara kaya, tapi minat pesawat bekas dan sewa Hely guys wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  79. Tega US sedekah pesawat usang dan TUA... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  80. Coba minta ke tni f5 bekas tni au. Mungkin malin mau ?

    BalasHapus
  81. Mana bukti pespur kita tertua pasti bual

    Tapi kalo nuri satu dunia tunjuk KL haha!๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ

    Kesiannm

    KL iri kita dapet gratis falkon banyak asyiik

    Warganyet KL KEFANASAAN haha!๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ

    BalasHapus
  82. Lah sebelah sewa 4 heli dari negara LAOS.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  83. Konon Malon negara kaya tapi budget military cipuuut guys banyak rasuah wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  84. Masa mau ketar ketir sama pesawat tua.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  85. Atau minta sedekah hawk tni au saja. Karena kita mau ganti ifx

    BalasHapus
  86. Mana bukti pespur kita tertua pasti bual

    Tapi kalo nuri satu dunia tunjuk KL
    Tak ragu lagiiii haha!๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ

    Kesiannm

    KL iri kita dapet gratis falkon banyak asyiik

    Warganyet KL KEFANASAAN haha!๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ

    BalasHapus
  87. Vanuatu tertawa guys Malon selevel dengan Vanuatu sama sama miskin wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  88. MIG 29N..TUDM grounded paling awal di ASIA..wkwkwkwk

    BalasHapus
  89. Indonesia mau ganti je ifx, rafale, f15ex. Malon kok mau ganti ke f18 bekas

    BalasHapus
  90. Masa KL gak tau malu gaesz

    Dapet hibah gak jadi diambil

    Ada heli brunei

    Ada tank sph m 109

    Tapi soal sewa KL raja nya

    Gimana yaa hobi haha!๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  91. Ganti itu dg yg lebih baik, malon malah lagi cari2 barang bekas. Itu mah indonesia 25 thn yg lalu pork. Malon kok makin mundur ya

    BalasHapus
  92. F-16 block 25

    History
    Production of the F-16C/D began with Block 25 (also known as MSIP Stage II). The first F-16C flew on June 19, 1984 and was delivered to the USAF one month later. The new variant was introduced on the production line in December.

    BalasHapus
  93. Ingey helib sewa

    Ingat KL

    Gimana yaa raja sewa haha!๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ

    BalasHapus
  94. Nah tu F16 Tahun 1984.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  95. Tega US sedekah F16 tertua di ASEAN... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  96. Ganti itu dg yg lebih baik pork, mosok malon mau ganti dg barang bekas. Malu dg timor leste dan vanuatu dong

    BalasHapus
  97. Hornet second berati malon jilat ludah sndri kan pur

    Suka barang second wkwk

    BalasHapus
  98. Mana buktinyaaa itu pesawat siapa
    Kok ga ada indonesianya

    Bual lagiii haha!๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿค‘

    BalasHapus
  99. Malon makin mundur, yg kain makin maju... Meonggggh

    BalasHapus
  100. MIG grounded aja teronggok di Hanggar hahah

    BalasHapus
  101. Ketauan warganyet KL gak bisa baca bahasa oma eli gaesz kesian haha!๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž

    BalasHapus
  102. Mas rafael oh mas rafael F3R,36 bulan wes teko,matur suwn MBK mul walaupun ngeteng,rapopo

    BalasHapus
  103. Singapura f35, philipina f50, indonesia rafale
    Malon ?..ha..ha..ha... F18 bekas

    BalasHapus
  104. Ketauan warganyet KL 1cc haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    Datakuh lebih lengkap
    F16 amrik hibah ke ri
    itu buatan tahun 1985-86, ada datanya lengkap

    Kesian ada warganyet KL bual haha!๐Ÿ”ฅ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  105. Thailen punya f16 buatan 1982

    Guwe ada datanya
    Kesian warganyet KL iri dan bual terus haha!๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช

    BalasHapus
  106. Malon kok makin mundur..
    Indonesia beli AH 140, malon malah beli kapal nelayan china..krik..krik..krik.... Bodoh

    BalasHapus
  107. Indonesia singapura beli leopard 2, malon beli tank busuk polandia. Krik..krik..krik....

    Bodoh

    BalasHapus
  108. F18 Kuwait tahun 2008 punya negara mana woi!!!!
    Jangan nak mimpi barang udah tiba di malon,
    Punya negara lain di klaim,memang benar benar tolol!!!! Wkwkwwkkw

    BalasHapus
  109. OFFICIALLY...!

    ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ Air Force Chief : we finally choice ๐Ÿ‡ซ๐Ÿ‡ท
    @Dassault_OnAir
    Rafale and ๐Ÿ‡บ๐Ÿ‡ธ
    @BoeingDefense
    F15EX rather than Rusia Made Su 35. CAATSA is key.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti malon tak dapat percaya om, mereka orang pasti koyak yang mereka cakap negara miskin ternyata mampu dibandingkan dia, mereka saja tak mampu berarti mereka gembel dan pengemis barang hibah yang pinginnya barang paketan di hantar di depan rumah kah... kah... kah....

      Hapus
    2. F-15EX bisa dijegal lho sama konggres US

      Hapus
    3. 6 unit pake dana nya SU35 1,1US billion,
      Su 35 jdi bener batal

      Hapus
    4. Masalahnya brp unit diambil F15ex klo di setujui?

      Hapus
  110. Gowind punya Mesir yang udah cecah air tak skalian di klaim???? Wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  111. Malon lawak media Amerika cakap malon kerajaan aneh mendonia, kawal pesawat bomber dengan hawk bikin gelak je, mana ada pesawat strategis dapat kawal pesawat kecik tak de rudal nak lawak negara Asean, yang cakap media amerika bukan aku ya.. wkwkwkwkwk.....

    BalasHapus
  112. Pur nuri 1/2 abad purr gmana kabarnya purrr

    BalasHapus
  113. Tak pa purr mau kau sebut usang ke tak pe,tapi yang perlu kau catat di dalam OTAK kecik kau

    1.itu pemberian atau donasi alias hiba dalam program untuk sahabat USA.

    2.kami tak minta macam kau, yg mintak F-18 BEKAS Kuwait.

    3.kami harus keluar uang $.750 million buat upgrade 23 pesawat alias 1 pesawat harga upgrade +30 Million dollar.


    Hahahaahhaahahjaahahjajaja

    Paket upgrade US$ 750 MILLION untuk 23 UNIT F-16 indo.
    1.Penguatan rangka atau body baru.
    2.Jam terbang dibuat menjadi ZERO/0.
    3.MESIN TIPE BARU.
    4.COCKPIT sudah FULL GLASS COCKPIT n digital display no analog.
    5.otak dan syaraf” pesawat yaitu Mission Computer MMC- 7000A versi M-5 standar Block 52+ yang jauh lebih besar, kuat dan cepat kemampuannya.
    6.Improved Modem Data Link 16.
    7.Embedded GPS/ INS (EGI) block-52 yang menggabungkan fungsi GPS dan INS untuk penembakan JDAM (Bomb GPS).
    8.Electronic Warfare Management System AN/ALQ-213.
    9.Radar Warning Receiver ALR-69 Class IV.
    10.Countermeasures Dispenser Set ALE-47 untuk melepaskan Chaffs/ Flares anti radar/ anti rudal dan peralatan perang elektronika.
    11.pemasangan system DEEC (Digital Electronic Engine Computer) Grup 6 baru dan Augmentor Engine baru yang usia pakainya dua kali lebih lama serta lebih mudah dirawat.
    12.Honeywell H-423 RLG-INS (Ring Laser Gyro-Inertial Navigation System) untuk akurasi navigasi bahkan jika F-16 sedang dalam pernerbangan kecepatan tinggi.
    13.Sistem peringatan bahaya dan pertahanan diri yang lebih maju, meliputi AN/APX-113 Advanced IFF (identification friend or foe) interrogator.
    14./ALR-56M Advanced RWR (radar warning receiver) yang terintegrasi dengan AN/ALE-47 threat adaptive countermeasure system termasuk chaff dan flares dispenser-nya.
    15.MIL-STD -1760 data bus untuk interkoneksi dan pemprograman munisi presisi (PGM/precision guided munition) generasi terbaru, termasuk input data dari pod pemindai target (targeting pod) terbaru macam Sniper atau Litening, juga perangkat tambahan untuk helm pembidik HMCS (helmet mounted cueing system).
    16.Penambahan on board oxygen generation system (OBOGS).
    17.Perangkat avionik dari generasi terbaru, meliputi modular mission computer baru, sepasang MFD (multi function display) berwarna, Improved Data Modem untuk transmisi data lebih cepat, Data Transfer Cartridge, interkoneksi untuk perangkat night vision, UPDG (Upgraded Programmable Dislay Generator), serta HSD (Horizontal Situation Display)terbaru.


    Pesawat boleh tua tapi BODY n SISTEM adalah yg terbaru.

    1.YANG TERLEBIH PENTING INI BUKAN HASIL MINTA/NGEMIS BARANG BEKAS MELAINKAN PEMBERIAN.

    Wahahahahahahahaahahahahahah

    BalasHapus
  114. GEMPURWIRA22 Desember 2021 17.29

    F18 kuwait tahun 2008 woiiii... Jauh lebih muda dari F16 tahun 1984...wkwkkwkwkwkw

    ------------------

    gaesz, ada WARGANYET yg bener2 KEFANASAAN haha!๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ

    masa dia tulis f-18 kuwait yg mao dijual tahun 2008???

    coba cek mata ama jiwa..

    setau guwe, f-18 kuwait lebih tua dari punyak KL,
    makanya blogger KL RENTAKA saranin jangan ambil
    soalnya blum pernah di apgred
    dan masi pake radar tipe lama
    beda ama radar KORNET KL
    tapi sama2 USANG, jarak pendek haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    beda donk ama F-16 kita smuanya APG-68..
    296 kilometer lho....


    RADAR KORNET KL AN APG 73 cuman 60 NM
    alias 111 KM

    https://www.radartutorial.eu/19.kartei/08.airborne/karte013.en.html

    bandingin gaesz
    111(KORNET KL) VS 296 KM(FALKON KITA)

    djelas butung besi mana yg HAIBAT haha!๐Ÿฆพ๐Ÿฆพ๐Ÿฆพ

    BalasHapus
  115. Baca guys... Tahun 1984.... Wkwkkwkwkwkw



    F-16 block 25

    History
    Production of the F-16C/D began with Block 25 (also known as MSIP Stage II). The first F-16C flew on June 19, 1984 and was delivered to the USAF one month later. The new variant was introduced on the production line in December.

    BalasHapus
  116. gak ada linknya, kesian gak brani...

    guwe ada haha!

    BalasHapus
  117. f 18 KUWAIT 2008 = HALUSINASI haha!๐Ÿคฅ๐Ÿคฅ๐Ÿคฅ

    F-16 C/D kita blok 25 paling muda di ASEAN haha!๐Ÿค ๐Ÿค ๐Ÿค 

    dan kita pun dapet f-16 c/d gratis terbanyak yg pernah amrik "HIBAH" dalam sedjarah dunia haha!✅✅✅

    dan smua pespur gurun buatan tahun 1985-86,
    bukan 84 cem WARGANYET KL sebut ituw, kesian haha!⛔⛔⛔

    ini bukti datanya

    f-16 C buatan tahun 1985
    https://www.f-16.net/aircraft-database/F-16/airframe-profile/1460/

    f-16 C buatan tahun 1986
    https://www.f-16.net/aircraft-database/F-16/airframe-profile/1773/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn kasih data, otak gempork cuma 1 cc gak akan ngerti dia

      Hapus
    2. Gpp Makin fanasss doi om haha!๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ

      Hapus
  118. Luar biass BUAL DAN LAWAK warga malon guys...NAK SEDAPKAN HATI JE BWHAA...HAHAHA...HA

    BalasHapus
  119. Biar tua f16 kita masih bisa terbang, punya malon masih muda tapi grounded. Karena babiputra malon bodoh2.

    BalasHapus
  120. F 18 hornet kuwait aja baru mahu akan sudah sembang kaya milik malon aja persetujuan amerika belum, kontrak belum, apalagi money apa sudah ditransfer ...apa ada duit nya.... Cakap BUAL aja ini malon... Gempork...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuwait mana mau kasih. Malon minta gratis ongkos kirim.

      Hapus
  121. JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo mengatakan, rencana pembelian pesawat tempur telah mengerucut ke dua jet tempur, yakni Dassault Rafale asal Perancis dan F-15 EX dari Amerika Serikat.

    Dengan rencana tersebut, Fadjar mengatakan, pemerintah meninggalkan rencana pembelian jet tempur Sukhoi Su-35 asal Rusia

    BalasHapus