26 Juli 2018

8 Helikopter Sudah Lengkapi Skadron 13/Serbu Penerbad

26 Juli 2018


Helikopter Fennec TNI AD (photo : Penerbad)

Mengenal Jenis-Jenis Helikopter di Skadron 13/Serbu: Fennec AS555AP

PROKAL.CO, Sejak bermarkas di Berau pada 25 Agustus 2016 lalu, Skadron 13/Serbu terus kedatangan helikopter-helikopter canggih. Salah satunya Helikopter Fennec AS555AP yang dibuat oleh kolaborasi PT Dirgantara Indonesia dengan Airbus Helicopters, Prancis.

LIMA helikopter terparkir rapi di hanggar yang memiliki luasan sekitar 50x20 meter. Lokasinya persis berada di tengah-tengah Markas Skadron 13/Serbu, yang berada di lokasi bangunan eks Bandara Kalimarau, Teluk Bayur.

Saat awak media ini tiba pada Selasa (24/7) siang di markas yang langsung di bawah komando Markas Besar TNI Angkatan Darat itu, beberapa prajurit Skadron tampak santai dengan kegiatannya masing-masing. Ada yang berjaga di pos gerbang masuk, hingga yang tengah melaksanakan pendidikan penerbangan.

Komandan Skadron 13/Serbu Letkol Cpn Sucipto, terlihat berjalan sambil mengobrol santai dengan salah satu pelatih penerbang dari PT Dirgantara Indonesia menyempatkan bertemu dengan awak media ini. Ia mengatakan, sejak diresmikan pada 25 Agustus 2016 lalu, pihaknya sudah memiliki delapan helikopter.

Delapan helikopter tersebut terdiri dari enam unit helikopter berjenis Fennec dan dua helikopter berjenis Bell 412. “Untuk sementara ini tujuh heli stay-nya di Skadron. Sedangkan satu heli lainnya yaitu Bell 412, difungsikan untuk misi pengaman perbatasan Indonesia dengan Malaysia oleh Kodam VI/Mulawarman,” katanya kepada Berau Post, Selasa (24/7).

Sambil memberi penjelasan, Sucipto mengarahkan media ini untuk menemui Sertu Tiko Pujo Ashari, salah seorang mekanik helikopter jenis Fennec AS555AP yang tengah santai siang itu. Tiko lantas mengajak media ini berkeliling sembari menjelaskan spesifikasi helikopter yang juga biasa digunakan untuk warga sipil itu.

Helikopter Fennec diterangkannya memiliki berat sekitar 1,6 ton dan panjang kurang lebih 10 meter. Salah satu jenis alutsista milik TNI AD tersebut, merupakan helikopter serang ringan yang bisa dipersenjatai. Helikopter tersebut bisa difungsikan sebagai pelindung bagi helikopter pengangkut pasukan dari serangan musuh.

Selain itu, helikopter berwarna hijau khas militer ini juga menggunakan double engine atau mesin ganda. Sehingga, apabila salah satu mesinnya mengalami gangguan, maka mesin lainnya bisa menggantikannya. “Untuk sistem avionik-nya juga sudah canggih dan digital,” ujarnya.

Ia mengatakan, helikopter Fennec ini berkapasitas enam orang. Untuk sekali terbang, helikopter ini mampu menjelajah angkasa selama tiga hingga empat jam setelah mengisi penuh tangki bahan bakar sebanyak 665 liter. Meski demikian, banyaknya barang dan muatan yang dibawa helikopter, cukup memengaruhi kecepatan terbang helikopter.

Saat ini, Fennec AS555AP yang berada di Skadron 13/Serbu ini belum dipasangi persenjataan. Pasalnya, karena masih tergolong baru, persenjataan helikopter inipun masih dalam proses pembuatan di PT Dirgantara Indonesia (DI).

Senjata-senjata yang bisa dipasang pada helikopter serang ini seperti peluncur roket FFAR (Folding Fin Aerial Rocket) dan Door Gunner jenis Gatling dan Mag58. “Cuma kalau senjata Door Gunner ini dipasang, maka tempat duduk di heli harus dilepas,” tuturnya.

(ProKal)

33 komentar:

  1. Yang pake Flir berapa ekor ya? 😊

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. ini berita jadul... dulu sudah pernah dipostingnya dari sumber yang berbeda.

    min, jangan kehabisan ide donk.. 😘😘

    BalasHapus
  4. Min,angkat berita terbaru alat komunikasi terbaru buatan anak bangsa :

    www.indomiliter.com/Battlefield Management System CY-16H : sudah terpasang di 120 panser Anoa,MBT Leopard dan IFV Marder

    BalasHapus
  5. program pengembangan ifx/kfx ditunda disebabkan amerika tidak mengijinkan indonesia mengetahui ilmu teknologi yg sensitif yg berhubungan dengan amerika,,,inilah alasanku mengapa aku pesimis dengan progaram kfx/ifx sebab ada amerika dibelakang teknologi kfx/ifx, aku lebih memilih program pengadaan gripen karena saab sudah membayar lisensi segala produk teknologi amerika yg ada di pesawat tempur gripen, yg kita kejar ilmu teknologi pesawat tempur dan bukan merek pesawat tempur,,secara politik amerika tak akan pernah ingin indonesia mandiri dalam ilmu teknologi alutsista strategis seperti pesawat tempur, radar dan rudal, apabila indonesia mampu mandiri di tiga alutsista utama ini maka indonesia akan menjadi rival amerika sama seperti china atau pun rusia,,,inilah rumitnya saat kita ingin mandiri, padahal niat kita bukan ingin menjadi negara adi daya tp mamarika bangsat selalu curiga pada negara2 yg punya potensi menjadi rival.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari meraren w liat isi komen lo berbau politik di forom militer dan isu2x yang lo sampaikan megenai ifx kayanya w berangapan terlalu mendasar jagan racunin blog ini tampa data ya bro di sini pinter2x megetahui data dan fakta yang faild

      Hapus
    2. Sebenernya intinya kl mau barang canggih ya riset sendiri. Lha Wong belinya ngetheng koq Minta semua teknologi canggih.

      Hapus
    3. Situngkir ini kagak ngerti tapi bangsat2in bangsa lain.

      Coba bayangin :

      Elu Situngkir punya penemuan baru misal suatu alat bikin roti yang begitu bahan2 dimasukin seketika rotinya langsung jadi tanpa harus nunggu waktu dulu.

      Nah elu kepingin supaya alat bikinan elu itu laku di pasaran tapi modal elu kagak cukup untuk produksi massal.

      Jadi elu undang teman2 elu untuk patungan biayanya sehingga bisa dibikinlah alat itu untuk produksi massal. Trus elu jual alat itu ke teman2 elu sesuai proporsi patungannya.

      Lalu ada teman elu yang juga beli alat elu tapi juga ingin bikin sendiri alat lain yang berpotensi untuk mengalahkan alat elu di pasaran. Nah teman elu itu ajak temannya yang kurang akrab sama elu. Sementara teman yang kurang akrab itu kagak beli barang elu dan kagak patungan karena duitnya dikit.

      Trus mereka berdua minta diajarin sama elu untuk bikin satu alat yang mirip alat elu.

      Mereka itu termasuk salah satu teman yang kurang akrab, kurang duit, tapi mau aji mumpung aja. Udah gitu teman yg kurang akrab itu juga beli barang dari musuh elu.

      Gimana sikap elu pada teman yang kurang akrab dan aji mumpung itu ?

      Hapus
    4. Terkontaminasi blog Gripen indonesia nih 😆😆😆😆

      Hapus
    5. Jadi solusinya ?

      Langsung gabung aja ama Perancis dan Jerman untuk bikin pesawat generasi ke-6.

      Hapus
    6. Jadi solusinya ?

      Langsung gabung aja ama Perancis dan Jerman untuk bikin pesawat generasi ke-6.

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari meraren w liat isi komen lo berbau politik di forom militer dan isu2x yang lo sampaikan megenai ifx kayanya w berangapan terlalu mendasar jagan racunin blog ini tampa data ya bro di sini pinter2x megetahui data dan fakta yang faild

      Hapus
  7. sumber nya dari mana ya bro boleh bagi sumber bro

    BalasHapus
  8. ini setaraf heli jiran md530 itu.

    heli jiran belum datang.. indonesia sudah ada 8
    tinggal instal gatling gun yang diborong TNI kemarin tuh.. udah keren dah.. double enjin.. ada missil.. kikikikik mantap

    BalasHapus
  9. info jejaktapak.com,,,entar lg defense-studies jg nampilin berita ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. raden situngkir. kamu bisa kopi paste link?

      tolong kasih tau link nya donk.. trims.

      Hapus
  10. gk untungnya aku memprovikasi, suka tidak suka atau mau tidak mau pengadaan dan teknologi alutsista selalu ada intervensi politik termaksud dr negara adi kuasa, amerika dr dulu terjangkit sindrom nikmatnya menjadi negara adi kuasa dan munculnya cina menjadi rival baru membuat amerika semakin berhati hati dalam memberi alutsista apalagi menyangkut ilmu teknologinya,,,aku hanya mengatakan fenomena yg sedang terjadi, gk ada untungnya memprovokasi.

    BalasHapus
  11. dalam beberapa kali Indonesia akan menjadi negara adidaya di Asia sejalan dengan Japan dan China. Go Go Go Indonesia.

    BalasHapus
  12. mayan ada fennec selusin, mo nambah lagi keknya buat ngisi skuad serbu disebelahnya, ntah tipe apa pokonya asyiikk haha!🤗🤗🤗

    BalasHapus
  13. waaahhhh simple banget ya alasannya karena aji mumpung dan kurang akrab,,,,berharap sih boleh2 aja tp terlalu berharap bisa bikin patah hati, pertanyannya ye tong kenapa baru setahun belakangan ini amerika menunjukkan sikap tidak setujunya indonesia masuk dalam program ifx/kfx???? kenapa gk dr awal mamarika tidak setuju????? meski hukum indonesia masih berantakan, angka korupsi masih tinggi dan rakyat masih gampang dibenturkan dengan isu2 agama dan suku tp pertumbuhan ekonomi indonesia dalam 4 tahun belakangan mampu mencapai 5%-6%, cek data negara mana yg mampu seperti ini??? bagaimana bila hukum indonesia membaik, angka korupsi mampu ditekan serendah mungkin dan rakyat mayoritas sudah perduli dengan kepentingan negara???? bukan isapan jempol belaka bahwa pertumbuhan ekonomi indonesia bisa mencapai puncaknya yaitu 8%-9% dan ini hanya cina yg pernah melakukannya, perkembangan ekonomi indonesia hampir mirip dengan cina dan pakar2 ekonomi barat dan amerika sudah mengendus pertumbuhan ekonomi indonesia ini sehingga muncul ide membatasin predaran CPO di eropa dan targetnya adalah menekan pertumbuhan ekonomi indonesia, amerika sadar tidak ada gunanya menekan ekonomi indonesia karena bisa berpengaruh pada ekonomi global' solusinya adalah membatasin/menghalangin perkembangan kemampuan alutsista indonesia agar amerika terus bisa menekan indonesia supaya mau menurutin apa yg menjadi keiinginan amerika dan yg utama agar indonesia tidak menambah menjadi rival baru bagi amerika,,,,jahat benar anda mengatakan negaraku aji mumpung, korea yg mengajak dan indonesia membayar 20% biaya program pengembangan' indonesia jg berencana membeli F-16 VIPER 48-50 unit dan itu pakai duit bukan pakai aji mumpung, pertanyaan terbesarnya kenapa gk dr awal amerika memprotes keikutsertakan indonesia dalam program ifx/kfx' kenapa baru setahun belakangan ini setelah pakar2 ekonomi dunia mengendus pertumbuhan ekonomi indonesia?????? silahkan berharap, setelah melihat kekhawatiran amerika terhadap pertumbuhan ekonomi indonesia aku jd pesimis terhadap program ini.

    BalasHapus
  14. aku memilih gripen bukan ikut2an grup gripen indonesia tp karena secara politik untuk mendapatkan ilmu teknologi pesawat tempur lebih realistis kita berharap pada program pengadaan gripen, gk usah dulu muluk2 yg penting dapat dulu ilmu teknologi pesawat tempur baru kita kembangkan sendiri menjadi pesawat tempur siluman dan teknologi siluman kita bisa rayu rusia, jujur saja aku lebih senang indonesia punya hubungan mesra dengan rusia ketimbang mamarika, aku jg ingin indonesia cepat berkembang tp ingatlah bahwa ada negara lain yg tak menginginkan indonesia berkembang pesat' kita harus melakukannya lebih cerdik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari KF-X/IF-X ke Gripen itu downgrade. Buat menggantikan Hawk sih okay, tapi IF-X kan bukan pengganti Hawk. Di artikel ini disebut keunggulan twin engine apa, dan jangan lupa, kita itu negara lautan. Lebih baik dapat Eurofighter, mereka juga menawarkan ToT.

      Secara politik juga sebenarnya lebih realistis dapat ToT dari Eurofighter daripada Gripen. Coba anda lihat siapa saja pembuat komponen JAS-39 Gripen. Walaupun ada beberapa nama yang sama, tetapi hubungan kita dengan pembuat komponen Eurofighter jauh lebih baik daripada dengan pembuat komponen JAS-39.

      Ada keunggulan sendiri kalau sudah sering main golf bareng. :D

      Hapus
  15. eurofighter lebih baik, tp yakin ada TOT 100%???? jujur aja aku lebih yakin tawaran jas-39, swedia berani menawarkan TOT 100% pada indonesia berarti sudah siap menangkal intervensi amerika.

    BalasHapus
  16. http://blog.11secondclub.com/2011/06/mini-challenges-how-to-participate.html?showComment=1533738510553#c32942342384775684

    Dompetpoker.org is a card game that shares betting rules and is usually (but not always) in hand ranking. The Poker Online game is different in terms of how cards are shared. In the most modern Poker Games, the first round of betting starts with several forms. Type of card arrangement in Online Poker.

    poker online
    [url=http://dompetpoker.org/]poker online[/url]

    BalasHapus
  17. Choosing an online casino agent is essential if people want to work on online gambling. http://www.dompetcasino.net/ to make the play scene should really be done so that the smoothness in playing gambling can be enjoyed gambling agency sites online casino agency page can also be done with a system of observing recommendations and recommendations from more experienced players.
    judi online

    BalasHapus
  18. Sekarang kalian bisa melakukan pembayaran melalui PULSA (khusus ANAPOKER) dan OVO
    Sangat Mudah dan Praktis dan kalian bisa memainkan permainan lainnya dengan transaksi yang mudah dimana saja dan kapan saja..
    Tersedia Akun user id secara gratis dan bisa memainkan 7 permainan poker online serta banyak game menariknya di Agens128..
    Untuk info selanjutnya bisa menghubungi Pihak ANAPOKER dan juga AGENS128 di
    Contact Kami :
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  19. Numpang ya min ^^


    Cobalah bermain di server baru 1G Poker hanya di kenaripoker . com!
    Bonus New Member bervariasi bossku, bossku tinggal pilih saja bonusnya!!!
    Proses deposit dan withdraw tidak basa basi langsung tinggal proses dan main saja bosku,
    dicoba keberuntungan kamu sekarang juga hanya di kenaripoker . com!

    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    BalasHapus
  20. Situs casino termurah dan juga terpercaya
    Menang berapapun akan diBAYAR

    Hanya dengan deposit 20 ribu raih kesempatan menang JUTAAN RUPIAH perhari nya ^^

    hanya di MANDIRICASINO 1 akun banyak permainan ^^
    -SLOT
    -SABUNG AYAM
    -SICBO
    -BACARAT
    -ROULLETE
    -AFB SPORT
    -DRAGON TIGER

    PROMO MANDIRI CASINO
    CASHBACK
    REFERALL
    TURN OVER



    dan masih banyak lainnya^^

    Untuk Info lebih lanjut bisa langsung contact kami
    Whats app : +6285280375817
    Line : mandiricasinosukses

    BalasHapus