28 Juli 2018

Thai Navy will Receive the Strongest Frigate in ASEAN

28 Juli 2018

HTMS Tachin 471 FFG (all photos : thaidefense-news)

The pictures from South Korea showed Thailand's DW-3000F first frigates completed the tests and will hit the road to the country in August.

South Korea's Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) recently announced that its first DW-3000F guided missile frigates were built for the Royal Thai Navy (RTN) under a contract of 416 USD Tachin and number 471 have completed the examination and evaluation.

The ship will be transported to Thailand in August and will join the RTN fleet in January 2019, when it will be the largest and most powerful ship in Southeast Asia, crossing the Formidable class of Singapore.


As planned, Thailand will receive technology transfer from Korea to build the second DW-3000F in the country itself. It is known that the battleship developed from the prototype Gwanggaeto (KDX-1) destroyer.

The DW-3000F has a length of 123 m; width of 14.4 m; draft of 8 m; The 3,700 tonnes full load displacement is the largest ship ever exported from Korea.

The Tachin is equipped with state-of-the-art CODLAG dynamics, a combination of diesel-electric and gas-turbine engines, for a top speed of 30 knots, a range of 4,000 km in cruise speed 18 knots.


The main sensors of the Tachin are the Sea Giraffe 4A long-range radar with a reconnaissance range of over 350 km; It comes with the Sea Giraffe AMB mid range radar (180 km long range).

There are also three navigation radars on board; sonar system in drag and tether; 1 surveillance camera (including thermal imaging and TV); 2 decoy launchers.

Weapon equipment of the Tachin consists of a 76.2 mm Oto Melara Super Rapid gun; Two Phalanx close-in weapon systems; Two DS-30M Mark-2 30 mm automatic small calibre gun; Two 12.7 mm M2 Browning machine guns.


Most noticeable on board is the Mk 41 vertical launcher with eight launch tubes that can carry 32 RIM-162 ESSM mid-range air defense missiles, or eight RIM-66/67 SM-2MR/ERs, in addition. It also launched the RUM-139 VL ASROC anti-submarine.

Among the ships were the RGM-84 Harpoon anti-ship cruise missile launcher and the Mk 44 light anti-submarine torpedo.

By acquiring the DW-3000F, purchasing three Chinese AIP submarines and launching a domestic mini-submarine project, it is expected that in the near future the Royal Thai Navy will regain its position as the regional superpower that once held in the past.

88 komentar:

  1. Widih...pd belanja smua...Thailand, Philipina, Vietnam,sing, Myanmar,Indonesia,Brunai...ko tetangga yg kaya dan jaguh ga belanja2 ya....

    Miskin sangat....xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetangga sebelah dah miskin bro,gk bs shopping,gk punya uang lg kerana dah digondolin najib n the gank wkwkwk

      Hapus
    2. Kasian kingkong malon bangkrap ga bs shoping

      Hapus
    3. Malon bangkrup...negerinya failed...hanya bisa klaim tempel stiker.

      Hapus
    4. Tunggu..in October 2018. indon bisa digondolin.Kikiki..

      Hapus
    5. Kingkong@ eleh cakap banyak ko lon,malon shopping tunggu thn 2055 wkwkwk

      Hapus
    6. Kenyataan nya Oktober 2018 Malon makin tambah bangkraps ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      Hapus
    7. Wahahaha..bkn OCT 2018 kali,october 2118 yg bener mah...wahahaha

      Hapus
    8. oktober paleloh.. tu pesanan md530 saja gagal datang hehehe bual ko lon

      Hapus
    9. Jangan mrmaki malaysia kendali dr mahatir sekarang patut kita pikirkan tanah nusantara di kuasai boneka aseng BUMN pada bangkrut . bisa pencitraqn doang

      Hapus
    10. He beruk.. Malon itu pantas di maki negara bangkraps berlagak sok kaya padahal miskin tegar ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      Hapus
    11. Kesian indog pula yg sakit hati ye.. kwkwkkwkwk.. frigate ni terbaik di asean mengalahkan frigate singapura dan indonesial ๐Ÿ˜† yg hanya ada main gun sahaja.. indog kata kapal hebat hanya perlu ada ciws je... kwkkwkwkwk

      Hapus
    12. Babi china bangsat china bangsat mengadu domba ....anjing nya ahoker babi pekok ahok ....aroma perang dan bau amis mulai terasa ...china bangsat gak beda jauh ama binatang ...tahu china binatang

      Hapus
    13. Dien yang paling sakit hati itu Malaydogsial.. semua negara Asean shoping Malon malah tengkurap.. tenang Dien Indonesia pengadaan destroyer sudah siap ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      Hapus
    14. Mulyono@ terbaik mulyono wkwkwk

      Dein@ go to hell poor malondog wkwkwk

      Hapus
  2. Ga usah dibandingin yaak.."harga ga bisa bohong, ono rego ono rupo" ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜€๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. "..will be the largest and most powerful ship in Southeast Asia, crossing the Formidable class of Singapore.."

      Rela gak tuh dilangkahin..hwekekekek..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜๐Ÿ˜€

      Hapus
    2. Malon pasti gk rela dan iri

      Hapus
    3. Rangkuman DW-3000F :

      length of 123 m
      width of 14.4 m
      draft of 8 m
      3,700 tonnes

      CODLAG diesel-electric and gas-turbine engines
      top speed of 30 knots
      range of 4,000km

      Sea Giraffe 4A range 350 km
      sonar system in drag and tether surveillance camera

      76.2 mm Oto Melara
      Two Phalanx CIWS
      Two DS-30M Mark-2 30 mm
      Two 12.7 mm M2 Browning
      Mk 41 vertical launcher
      32 RIM-162 ESSM mid-range
      RUM-139 VL ASROC anti-submarine.
      RGM-84 Harpoon
      Mk 44 light torpedo

      Qiqiqi...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    4. Tenang nanti kita datangkan pakde IVER atau pakle DZP...wkkwkkkwkk

      Hapus
    5. We speak softly but carry a big stick.Tunggu.. indon bisa digondolin. Kikiki..

      Hapus
    6. Kingkong@ tunggu kd merajalela ompong dan tak de missile itu ya lon wkwkwk

      Hapus
    7. Where big stick huh? ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† Malon Reality is nothing

      MRCA failed
      MPA failed
      MRSS failed
      LCS no missile & gone with wind ๐Ÿ˜†
      Attack heli nothing
      Malon navy vs Chinese fisherman= Malon navy loser๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      Hapus
    8. mulyono@ wkwkwk...Terbaik mulyono

      Hapus
    9. kalo soal harga kyknya gak jau2 dr yg sekelasnya, hanya saja korea bisa kasi bonus baja yg lebih panjang om pedang haha!๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š
      bukan kali pertama mrk punya kapal terpanjang, kelas frigat naresuan jg terpanjang di kawasan.

      Hapus
    10. Om pal, bahas panjang kapal?
      Nooh...kapal induk dia tuuh...

      Hwekekekek..

      Hapus
    11. kan frigat om frigattt..haha!๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

      klo cuman kapal terbesar, sperti yg guwe tulis dibawah, kri irian om pedang 210meter, cakri mah lewattt, sisanya bisa bikin pc 28 haha!๐ŸคŸ๐ŸคŸ๐ŸคŸ

      Hapus
    12. Babi china babi china busuk bangsat china stop memaki negeri orang ada 6 juta pribumi di malaysia cari nafkah .

      Hapus
    13. Malon udah di jual ke China oleh najib berarti lu yang jadi babi piaraan China..๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      Hapus
    14. Kesian. Indog pula menyalak lebih.. kenapa ye???? ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      Hapus
    15. Babi china kafir komunis bakar hidup hidup ...babi china ahoker

      Hapus
    16. Wah Ada 2 ekor malaydogsial kurap ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      Hapus
    17. Itu kok ada babi ngata-ngatain babi sih ?

      Hapus
    18. Ada babi malondog kenarok n Dein saling menghujah kerana td dubornya di sodomi anwar wkwkwk

      Hapus
    19. Harus nya mereka sadar malonsial sudah di jual ke china.. berarti mereka lah yang jadi babi piaraan China ๐Ÿ˜ž๐Ÿ˜ž apes amat yak.. ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      Hapus
  3. Korsel emang bener2 yahud deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Korsel tu korea selatan la .. bukan yahudi... apa daaaa.๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      Hapus
    2. Babi china bangsat ...mat rampit china bangsat penggal lehernya !!!

      Hapus
    3. Ken katrok penggal burung nya pake silet (kalo ada) ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      Hapus
    4. Mulyono@ ada 2 babi malondog kenarok n Dein merempat cem teroris wkwkwk

      Hapus
    5. Dia Bedua itu Spesies babi piaraan China Mak rempit maklum dah Malon bangkraps jadi pada kena rabies ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ

      Hapus
    6. Mulyono@ hahaha...Betul bro

      Hapus
  4. PKR 10514 kalau sudah full armament juga joss gandhoss...tinggal pasang ciws milenium 35 mm...sama bawa heli panther makin yahud...indonesia terbaik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mat rampit china bangsat ....madsudnya apa memaki negeri orang ?? Kau sendiri numpang loh igat itu ....kalu dekat gus linggis pala luh !!!! bangsa !

      Hapus
    2. Malon bangkraps dah di jual ke China ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      Hapus
    3. Kenarok,lu babi malondog jgn suka ngancam ruk wkwkwk....gw tau lu malondog wkwkwk

      Hapus
  5. Min,angkat beritanya :

    www.lancerdefense.com/menhan resmikan prototipe tank boat/28-07-2018

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan om...ntar ad yg kepanasan lagi... hahaha

      Hapus
    2. Bkn kepanasan lg bro,tp jd stroke stadium 4 wkwkwk

      Hapus
  6. Thailand lama2 kek maloners jg...terlalu PeDe..formidable spore masih yg tercanggih di kawasan.
    Ntar semua dilangkauan indo klo 2 unit iver jadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon mn bs ngikutin jejak thailand bro wong uang malon dah habis digondolin najib n the gank wkwkwk

      Hapus
    2. gak lah om bayu, ituw media vietnam. gaya tulisan sono emg begituw. kalo memuji emg setinggi langiiiitt haha!๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

      tp emg bner, frigat thailand terbesar & tercepat di kawasan. maklom brg baru, apapun yg baru pasti sip haha!๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      namun jgn lufa sejarah kombatan terbesar adalah milik kitahh kri 201, super stronk haha!๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

      Hapus
  7. tuch dimane2 gagah kan ada meriam utamanya haha!๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ
    masa 3 bijik apaan tuchhh....

    salam shopping soping 3 MATRA tempur se ASEAN: Vietnam, Myanmar, Singapur, Indonesia, Filipina dan Thailand, Xlalu shoping bersama okeh oceh ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain meriam utama,CIWSnya pun ada ompal

      Hapus
    2. ow tentuw om pit, sekawasan hanya indonesia & thailand yg punya senjata extra haha!๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ

      tp emg bner, frigat thailand terbesar & tercepat uda dari dolo haha!๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      tp soal canggih, eiittt tunggu dolo...tiap kapal py spesialisasinya.

      beberapa tipe senjata, hampir smuanya sama. maksudnya banyak yg terpasang di tiap kapal.

      kelas Tachin:6 bijik: otmel, Phalanx, DS-30M 30 mm, Mk 41 vls, RGM-84 Harpoon, torpedo.

      kelas formidabble:6jenis: otmel, typhoon, hmg25mm, harpoon, vls, torpedo

      kelas martadinata: ada 6 jenis. torpedo, denel 20mm, exocet, vlsmica, otmel, millenium gun

      klo yg tetangga sebelah, diskualifikasi, cmn py 5 jenis soalnye haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      ketiganya punya kelengkapan standar kapal kombatan.dgn sensor yg hampir sama cmn beda merek & kapasitas.
      nach kita cek beda senjata2nya ajah yee...

      kapal singapo ituw py banyak rudal, 32 bijik vls, sygnya tak ada ciws haha!๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„
      tp jgn lufa, untuk anti kapal permukaan tersedia 8 pluncur dan ruangan utk 16 bijik lagi, kalo di isi, juara dunia punya om ben ini haha!๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

      klo kapal thailand punya ciws, tp syg 8 vls rasanya kurang utk frigat yg ckp lapang ituw, walopun isinya bisa macem2 dan sangar kalo dibliin smua tp haha!๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

      klo kapal kita, ada ciws milenium gun satu2 di ASEAN & ASIA, 12 vls. jumlah tabung vlsnya uda cukup lebih, dimana bisa ngatasi rata2 8 antiship, bonus 4 rudal. maunya lebih tp cukuplah buat si ganteng, ruangannya krng luas sich haha!๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

      dari sini guwe liat, walopun asean punya kapal2 baruw yg moderen, tetap saja ada kurangnya haha!๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

      eh riviu ini blom termasyuk aliran ruski milik tim elit shoping2 3 matra, vietnam & myanmar, jadinya krng afdol tanpa mereka, lenkalilah haha!๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

      Hapus
  8. Balasan
    1. It's interesting how this news came from a Vietnamese news. I remember an article way back last year 10 Feb 2017 where denfense studies had a similar posting on this matter and it came from another Vietnamese news. Interesting. Anyways look forward to this ship. Of course read the article again and when it mentions certain weapons, they use the word can carry. That is of course the best case scenario. Until the Thais completed the fitting of those ships, what is mentioned is just ideal. They better take lessons from the Phillilpines after the issue of the frigates by HHI. So much potential but got downgraded like a corvette. The Pohang class theh are getting might even be better than those frigates of theirs!

      Hapus
    2. Dont be too obvious Ben. Let say that your not agree with this report as you praise your own navy still the strongest. Moron

      Hapus
    3. I am reserving my judgement.
      Not disagreeing. There is a difference.

      Hapus
    4. Unlike someone who is obviously having an issue at Singaporeans. You remind me of lem1. Who harrass others.

      Hapus
  9. Militer thailand dan singapore sama2 maju. Tidak seperti militer indon dan malay, pesawat buruk kapal buruk dan tiada rudal! Amat memalukan!
    Aset militer indon dan malay tiada kuality! Beli sekadar buat rondaan saja!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoben to, malah kepeneran....wong ngrondani rondo ki penuk je๐Ÿ˜‹

      Hapus
    2. Patrolling is part of every navies basic mission.

      Hapus
    3. Memalukan siapa?
      Ra melu urun kok melu isin, opo urusane..hwakakakakak..๐Ÿ˜‚

      Hapus
    4. AJAJ ini sepertinya budak singaporn

      Hapus
    5. sepertinya dia budak gila
      om rempit

      Hapus
    6. Hoi AJ dungu.. Rudal anti kapal TNI AL dan TNI AU itu melimpah lah.. ada yakhont bisa hajar kapal jarak 400 km ada SU35 yang bisa deteksi pesawat dari jarak 400km negara beruk lu punya tak ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      Hapus
    7. Singapure oke lah punya 6 formidable-class tapi sisa nya hanya kapal victory Corvette kecil 600 ton.

      Thailand yang mendingan cuma 2 bijik tachin class fregate (1 belum selesai)
      2 neresuan class

      Sisa nya 4 kapal Fregat tua 1700 ton dan 7 Corvette tua

      Saya rasa Indonesia juga tak terlalu tertinggal karena banyak kapal yang terinstal missile dan tambahan 2 Fregat dan 7 Corvette baru berkualifikasi missile belum lagi KCR60 dan kcr40


      Hapus
    8. Betul bro 8 fregate (2 baru) bersenjata rudal Yakhont ,Exocet,C805.
      10 Corvette (7 baru) rudal Exocet.
      14 ASW Corvettes.
      12 KCR 60/40 rudal C705.
      10 missile boat rudal Exocet.
      ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

      Hapus
  10. Idiot Singaporean Navy Jealous.

    BalasHapus
  11. Congrats Thailand.. you have a well-equipped heavily armed frigate

    BalasHapus
  12. An insightful article.
    With due respect the RTN frigate is still a class lower than Republic of Singapore Navy (RSN) Formidable class frigates which are equipped extensively for multi-dimensional naval and electronic warfare.
    One example is that RSN Formidable FFG are equipped with Aster 30 missile system for anti-ballistic missile capability.
    Another aspect is that the RSN FFG can be equipped with up to 24 Harpoon anti-ship missile.
    Do read up relevant details available on line.
    Cheers!

    BalasHapus
  13. Jelas kapal perang kita kalah dari sisi pertahanan jarak dekat (CIWS) Dan pertahanan udara, militer Indonesia harus segera mengimbanginya

    BalasHapus
    Balasan
    1. CIWS udah banyak kapal TNI AL yang pake kok

      Hapus
    2. Senjata lain tak penting bagi kapal2 indon.. cukup dgn ada ciws je dah boleh mengalahkan kapal 2 asing

      Hapus
    3. Btw Malaysia sudah punya CIWS kah?

      Hapus
    4. Malon miskin mana punya CIWS armada malonsial 98% hanya gunboat ompong ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† sama nelayan China aja kabur terbirit-birit birit ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      Hapus
    5. Kapal malon banyak yg lapok dan ompong tak de missile wkwkwk

      Hapus
  14. aj aj singpore tolol, negara ente sekali tiup rata ame tanah tp ente belagu songong' eh gk lama lg duit indonesia yg ada di singapore tu bakal ditarik, tunggu aja tanggal main kebangkrutan negara ente,,,apa yg ente harapkan kalau sampai uang indonesia ditarik dr negara ente???? gk ada yg tidak bisa dan tidak mungkin, saatnya pasti tiba seluruh uang indonesia yg ada singapura bakal ditarik dan singapura gk bisa belanja2 lg, sepeluh tahun lg indonesia gk perlu belanja ke luar karena udah bisa buat sendiri dan tak ada negara seperti indonesia di asia tenggara yg mampu membuat mandiri, dr sini sudah jelas perbedaan SDM indonesia lebih maju selangkah dr singapore yg banyak makan uang haram.

    BalasHapus
  15. Masih indonesia ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ yg terkuat,kita bisa menginstall rudal yakhon di freget*nya..makanya Thailand membandingkanya dengan Singapore..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bro,menginstall yakhont yg guna teknologi rusia ke dalam frigate achmad yani class yg guna teknologi NATO sangat sulit banget bro

      Hapus
  16. Om panjul mana ? Tuh ada piaraanya lepas...heheheh..salam

    BalasHapus
  17. Lebih canggih dari PKR Poor Indon! Juga siap dengan CIWS!! Poor Indon PKR pun tiada CIWS!!

    BalasHapus