16 Juli 2018

Tentera Darat Pamerkan Kuasa Tembakan

16 Juli 2018


Latihan Kuasa Tembakan 2018 (all photoa : AirTimes, Bernama, BTDM)

Demonstrasi keupayaan ketenteraan bukan pembaziran

GEMAS: Walaupun kos mengadakan latihan atau demonstrasi ketenteraan berskala besar bagi mempamerkan keupayaan sistem persenjataan boleh mencecah puluhan juta ringgit, ia tidak pernah dianggap sebagai pembaziran.

Panglima Tentera Darat, Jeneral Tan Sri Zulkiple Kassim berkata, perbelanjaan ketenteraan kebanyakan negara termasuk Malaysia biasanya besar kerana semua aset termasuk teknologi, senjata, peluru, misil dan bom membabitkan kos yang mahal.



"Kita tidak nafikan, orang awam mungkin anggap puluhan juta ringgit yang digunakan untuk menampung kos demonstrasi sebagai mahal tapi sebenarnya kita perlu melakukannya kerana itu adalah masa untuk menguji keupayaan dan keberkesanan senjata yang kita miliki.

"Jadi kalau tidak mengadakan demonstrasi pun, kita tetap akan gunakan peruntukan besar untuk latihan dan ujian persenjataan.



"Apabila buat dalam skala besar, kita ambil kesempatan untuk pamerkan keupayaan persenjataan itu kepada pegawai, anggota dan pihak yang berkepentingan sebagai pendedahan kepada mereka," katanya pada sidang media selepas menyaksikan Latihan Kuasa Tembakan (LKT) 2018 di Lapang Sasar Gemas, Kem Syed Sirajuddin di sini, hari ini.

Hadir sama Timbalan Panglima Tentera Darat, Leftenan Jeneral Datuk Seri Ahmad Hasbullah Mohd Nawawi.



Zulkiple berkata, aktiviti tahunan Tentera Darat (TD) itu yang sebelum ini dikenali sebagai Demonstrasi Kuasa Tembakan (DKT) membabitkan kos RM17 juta pada tahun ini berbanding RM23 juta, tahun lalu.

Katanya, demonstrasi berkenaan antara lain bertujuan memberi pendedahan kepada Siswa Kursus Pemerintah dan Staf Malaysia (KPSM) dari Maktab Turus Angkatan Tentera (MTAT) berkenaan keupayaan pengendalian dan kuasa tembakan senjata serta kenderaan tempur TDM.



Antara kenderaan tempur yang menarik perhatian dalam demonstrasi ini ialah ACV 300 Adnan-40mm AGL keluaran Amerika Syarikat; ACV300 Adnan-Baktar Shikan ATGW (Turki); AV8 Gempita-ZT INGWE ATGW (Turki); Tank-PT91M Pendekar (Poland) selain bantuan serangan dari udara oleh Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) menggunakan pesawat Sukhoi Su-30MKM (Rusia) dan BAE Hawk 208 (United Kingdom).

Mengulas lanjut, Zulkiple tidak menolak kemungkinan lebih banyak pihak termasuk pasukan keselamatan atau agensi penguatkuasaan lain dibenarkan menyaksikan demonstrasi LKT tahun depan, namun menolak cadangan supaya orang awam dijemput menyaksikannya kerana faktor keselamatan.



"Demonstrasi seperti ini memerlukan tahap keselamatan yang amat tinggi kerana membabitkan banyak letupan dan tembakan sebenar di dalam kawasan yang dikawal rapi.

"Jadi kita terpaksa memilih pihak tertentu saja bagi mengelak kejadian tidak diingini," katanya.



Zulkiple berkata, demonstrasi persenjataan yang diadakan oleh TD bukan bertujuan untuk menyertai perlumbaan senjata dengan mana-mana negara lain sebaliknya bagi memberi pendedahan kepada pihak yang mempunyai kepentingan di dalam negara ini berdasarkan keperluan pertahanan dan muka bumi Malaysia.

Justeru, beliau berkata, pihaknya tidak mengambil serius sebarang provokasi daripada mana-mana pihak terutama di laman sosial mengenai negara lain yang dikatakan mempunyai keupayaan persenjataan lebih hebat daripada TD.

(Berita Harian)

79 komentar:

  1. Hihihihi...tak berani sebut jumlah lagi


    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari foto sukro nya yg terlibat cuma 2 bijik..wkkwkwkk

      Hapus
    2. AV8 Gempita-ZT INGWE ATGW (Turki); Tank-PT91M Pendekar (Poland)


      Akhirnya ngaku kalo gempita bukan buatan tempatan. Cuma tempel stiker tempatan sahaja keh keh keh

      Hapus
    3. Ooch ini yahh yng d blng buatan tempatan..wkwkwk lawak nya jerrπŸ˜€πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Mn Unknown cs yg kemarin bilang gempita dan adnan buatan malon wkwkwk...dah mati kutu die wkwkwk

      Hapus
    5. Wkkwkwkkwkwkw.. hidup lah manusia macam tu ya.. asikk asikkk mengklaim sahaje..

      Tong kosong nyaring bunyi nya.. wkkwkw malingsial malingsial..

      Bile bile awak tu sadar??

      Kalian sudah terhina masih juga bermuka tembok.. kwkwkw

      Hapus
  2. tank lapuk. di giles leopard jg ancur....hahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bkn hancur lg mas bro,malahan bs jd bubur wkwkwk

      Hapus
    2. Betul bro, jangankan melawan tank leopart lawan orang2 besi tua dari madura juga bisa hilang tuh tank pendekar.

      Hahahahahaha

      Hapus
  3. kalo bole menilai, warna/motif aset alutsista tetangga kesayangan sungguh kekinian yach haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    namun sayang, lokasinya kok disituw2 aja, agak bosenin haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

    BalasHapus
    Balasan
    1. Latihan nembak nya cuma parkir tok terus nembak...dari dulu gitu2 aja gak real...kalau bandingin sama lat.indo beuuggghh jauh lah....nembak sambil jalan + diletupkan bom2 kanan kiri....hahahhahaha

      Hapus
    2. mungkin yg itu rahasia...haha

      Hapus
    3. Rahasia buatan tempatannya sudah terkuak ya om JP wkwkwk

      Hapus
    4. Udah gitu nembak sambil parkir tapi gak kena2 sasaran

      Wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
  4. Selamat berlatih pak cik! 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat berlatih dengan low budget.
      Berhematlah dalam pemakaian peluru.
      Pakailah peluru dari mercon karbit.

      Mercon karbit,
      Walaupun bukan bahan peledak militer tapi suaranya sangat menggelegar.
      Cukup buat latihan nyali....

      Hapus
    2. Essen@ wkwkwk...terbaik Essen

      Hapus
    3. Klw mau buat peluru.. apa perlu indonesia derma kembang api.. biar bisa latihan nembak tentara tidak profesional kalian tu??

      Kami derma kan smw nya.. wkkwkwkkw

      Hapus
  5. Balasan
    1. Lha iya dong bro,masak mau latihan missile ICBM,ora iso wkwkwk

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. Lebih tepatnya dinyinyir i boss

      Hapus
    2. Yg suka menikam dari belakang mesti diberi pelajaran bro

      Hapus
    3. Kwkwwkkw.. betul mat rempit.. i dukung penuh u.. kwkwkwkkw..

      Hapus
  9. Kenapa nggk buat latihan gabungan aja ?? Sayang banget cuma pamer2 nembak aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. duitnya tipis. itu juga untuk pengenalan saja kepada tentera baru supaya mereka ngerti cara memakai saja. selebihnya supaya terlihat ada... hhh one last breath..

      Hapus
    2. hahaha iya skli" ikut Pitchblack atau RIMPAC

      Hapus
    3. Jadi nyanyi..

      "..Hold me now, I'm six feet from the edge and I'm thinking
      Maybe six feet ain't so far down…"

      πŸ˜ŽπŸ˜€

      Hapus
    4. atas ane seneng nge room karaokean kayaknya πŸ™πŸ™πŸ™ πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. namanya juga pamer kuasa tembak...iya tembak aja tuch..

      Hapus
    6. Kayaknya mas PS itu ngefans sama Creed mas.

      Beda sama kita kita ngefans sama Pia Palen dan Khangen Band.

      Hapus
    7. Ane ngefans EXIST...πŸ˜‚

      "..ikhlasnya hati, sering kali disalah arti..." πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    8. " Manis di bibir memutar kata
      Malah kau tuduh akulah segala penyebabnya... "

      Yg nulis gempita buatan turki Berita Harian lho ya. Jangan salahkan netijen indonesia segala penyebabnya kalau ketahuan malon cuman tempel stiker tempatan


      "Manis di bibir eh jempol.... du du du du ..... "

      Hapus
    9. Njiir..si mas hafal bener liriknya..πŸ˜‚
      Ane aja hanya sebait awalnya..πŸ˜‚πŸ˜

      Hapus
    10. kalau anda membaca komentar bro Joni Antipolisi SAMBIL BERNYANYI.... berarti anda sudah tua πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    11. Wkwkwk...maka sudah terkuaklah semua tipu2 buatan tempatan itu saudara2 wkwkwk

      Hapus
    12. Guys.. kita apakan manusia macam tu ya?

      Dah gatal ni tangan ku ini.. kwkwkwkw..

      NEGARA TULANG KLAIM.. bahaya kali hidup negara bertangga macam tu..

      Jujur.. AKU LBH RESPECT DENGAN BRUNEI DARUSSALAM, FILIPINA.. wkkwkwkw..

      Hapus
  10. Diatas diaebut av gempita bikinan turki...gimana seh...katanya buatan lokal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang dari dulu netijen di seluruh dunia juga tahu om kalo gempita itu cuma tempel stiker tempatan. Cuman beruk aja yg malas guna otaknya hahaha

      Hapus
    2. Biasalah bro sejak malon dipimpin UMNO semuanya di tipu2 termasuk gempita dikatakan buatan malon wkwkwk

      Hapus
  11. Mantap tuh warna kamo nya, digital camo.

    Congrats Malaysia..

    Ongkos terbabit RM 17 juta alias Rp 60 Milyar or $ 4 Million.

    Wah lumayan tuh ongkos latihannya bisa dapet BMP3M IFV satu biji.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bikin mahal semua improt bung superstar dr atas kepala sampai ujung kaki jg pelor dan ammonya cb sebagian buatan tempatan mau menghambur ammo silahkan

      Hapus
    2. Yg buatan tempatan cuma cawet askar malon om hihihihi

      Hapus
    3. Jack@ betul bro

      Joni@ wkwkwk...ngakak gw bro

      Hapus
  12. Helu nuri masih sanggup terbang ternyata,
    Latihan yg dibahas cost yaa bukan doktrin tempur,
    Yah wajarlah sama2 paham.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk , aset lapuk malon takde pilihan lagi.. Cost nya je juga diungkit" loh kasihan nya negara bankrupt malondog nih.. Mereka juga bilang itu bukan karena yg terjadi di media sosial jiranya semua buy new aset, sedangkan malon takde budget kwak kwak, di kepung harimau hitam + Astros juga bakalan langsung koit itu aset malon

      Hapus
    2. Terlalu lama jadi katak dlm tempurung. Ngertinya kerajaan terjaguh dunia akherat. Gak tau kalo dunia itu berputar

      Hapus
    3. Heli nuri seumuran dgn mahathir wkwkwk

      Hapus
  13. GEMAS
    seperti merk ormas saja.

    Btw, media tersebut berkata sebenarnya bahwa GEMBITA produksi Turky bukan produk tempatan lokal malon.
    Jadi yang bilang gembita buatan tempatan malon siapa yah?

    Siluman kah ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg bilang gempita itu buatan tempatan adalah budak2 UMNO cem mahatair,Unknown,AP,Dein,Paul dll bro wkwkwk

      Hapus
    2. Bro @matpit, Pada kemana ya tu mereka semua para beruk malassit????
      Hakhakhak

      Hapus
    3. Kwkwkww.. mereka lagi jalani haji..

      Tuk doakan negara bankrupt dan terhina mereka karena sudah tersebar di dunia international..

      Masih untung negara GREECE meski bnyk utang hampir sama dengan malingsial tapi mereka punya pabrik kapal selam.. kapal perang ada yg mereka banggakan bisa buat sendiri..

      Sedangkan negara yang satu tu?? Gk ada yg bisa mereka buat.. asik mengklaim saje.. itu aje mereka tahunya.. kwkwkwk..

      Hapus
    4. Oh ya lupa satu hal.. negara Greece dapat pinjaman uang dr bank dunia.

      MALINGSIAL? dapat loan gk? Wkkwkwk

      Hapus
    5. Essen@ pada termenung kat bilik bro wkwkwk

      Hapus
  14. Jeng novi udah ada suaminya lho, kok maen panggil "sayang"....jangan2 abang suka Main 3 ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. watoh watoh militer bos.. mili neng mester πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Eleh lon kalo cuma eksesais cem tuh itu tdk akan menimbulkan provokasi lon,eksesais cem tuh cuma setaraf eksesais budak2 kecik wkwkwk...kalo nak timbulkan kegerahan di kawasan dan bisa membuat provokasi mesti eksesais missile ICBM cem korea utara dan india lon wkwkwk

    BalasHapus
  17. Latihan nembak tapi diem sambil parkir, tapi gak kena kena sasaran....

    Wkwkwkwkwk

    DONGO πŸ˜πŸ˜‚πŸ€£

    BalasHapus
    Balasan
    1. Budak kecikpun bs cem tuh kalo tembak sambil parkir wkwkwk

      Hapus
    2. Betul bro @matpit...
      Wkwkwkwk

      Hapus
  18. Teu ngarti bahasana/Lier di bacana, pake bahasa ALien..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Da etamah bahasa kuno mang....
      Aink ge lieur urdu pisan sarua jeung jero otakna

      Wkwkwkwkwk

      Hapus
  19. panglima malay udah mulai baper juga gak ya, medsos di ikut ikutin hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana ga baper bung tetangga pada shoping dengan terpaksa putar otak gimana biar TDM masih dianggap kuat jadi bikin berita ky gini "latihan terbesar" "latihan kuasa menembak" yg ane nanti berita "latihan scorpon menembah sambil nyelam". Yg perlu dijaga sebenarnya semangat mental bertempur TDM agar tetap kuat sampai 2055. Tabah sampai 2055.

      Hapus
    2. Masih beruntung TNI yg masih punya dwi fungsi walau terbatas. Jd kalo lagi ga mode tempur bisa "mbangun ndeso", cetak sawah dll kegiatan yg langsung dgn masyarakat yg akhirnya meningkatkan kepercayaan dr masyarakat sendiri tak terusik oleh politik.

      Hapus
  20. Gais, this is just a firepower demo for officers(local and foreigners) and anyone involved with armed forces. The training of course to be done on tougher terrains(and as usually, the location are not disclosed)

    BalasHapus
  21. Any info about Vita(min) Berapi VB LP06?? :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Info terakhir vita betapi sudah dieksport ke pembeli dari planet venus and pluto.
      Ke dua planet ini sedang nyerang planet jupiter

      Hapus
  22. Jgn kan bikin alat tempur yg modern nyetak bendera aje kebalik klw kaga otaknya idiot kuadrat.....ayam di piara bagus bisa di goreng ini bodoh di piara ya hasilnya cuma klaim n tempel stiker aje..... itulah malayshit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pedas banget bung commentnya
      Wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus