10 Juli 2018

TNI AL Lakukan Komisioning KRI Albakora 867

09 Juli 2018

KRI Albakora 867 (photo : CMS)

KASAL Resmikan KRI Albakora-867

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji., S.E., M.M, memimpin jalannya upacara peresmian  KRI Albakora-867 memperkuat  jajaran TNI Angkatan Laut   serta sekaligus mengukuhkan Komandan  kapal perang KRI Albakora-867 di Dermaga Sunda Kelapa, Batavia, Marina Ancol, Jakarta Utara, Senin (09/07).  Alutsista baru milik TNI Angkatan Laut ini merupakan kapal perang karya anak bangsa yang diproduksi oleh PT Caputra Mitra Sejati Banten.

Keberadaan KRI Albakora – 867 akan memperkuat Satuan Kapal Patroli (Satrol) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal)  X Jayapura, jajaran Komando Armada III. Pada kesempatan ini juga, Kasal melantik serta mengukuhkan Mayor Laut (P) Sony Sartantyo. lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) ke - 51 sebagai Komandan KRI yang pertama.

Kasal dalam sambutannya mengharapkan kepada  Komandan beserta seluruh prajurit pengawak KRI Albakora – 867, agar selalu  menumbuhkan rasa bangga  sekaligus bersyukur karena telah terpilih menjadi pengawak pertama kapal tersebut.

Lebih lanjut Kasal menegaskan bahwa Negara dan bangsa telah mempercayakan kepada kalian untuk memelihara dan mengoperasikan KRI ini sesuai dengan fungsi asasinya, oleh karena itu, saya instruksikan untuk merawat dan mengoperasikan KRI ini dengan sebaik-baiknya sehingga dapat mendukung tugas-tugas TNI Angkatan Laut yang semakin profesional.

Kapal patrol cepat PC-40 yang diresmikan ini  memiliki spesifikasi Panjang 45,5 meter, lebar 7,9 meter, bobot 220 ton, dengan kecepatan maksimal 24 knot, kecepatan jelajah 18 knot dan kecepatan ekonomis 15 knot. Kapal ini dilengkapi dengan dua unit radar (JRC JMR-9225-6XN dan JRC JMA-9122-6XA) serta memiliki ketahanan kemampuan layar selama enam hari.

Pemberian nama “Albakora” diambil dari nama jenis ikan Tuna Putih yang memilki karakteristik kecepatan dan ketahanan dalam berenang, tentunya  nama Albakora ini memberi makna mendalam yang diharapkan  bahwa kapal bisa bergerak dengan cepat  sesuai dengan fungsi asasinya sebagai kapal patroli yang mampu bermanuver cepat.

Bagi TNI Angkatan Laut, keberhasilan membagun kapal PC-40 merupakan wujud peran TNI AL dalam memberdayakan kemampuan industri dalam negeri guna mengurangi ketergantungan terhadap produk luar negeri. Keberhasilan ini juga merupakan salah satu solusi konkrit bagi Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) dalam mengurangi ketergantungan dari negara lain terkait dengan pengadaan Alutsista TNI AL di masa mendatang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum Jalasenastri Ibu Manik Siwi Sukma Adji, para Pejabat Utama Mabesal, Pangkoarmada I dan Pangkoarmada III, para Kadis jajaran Mabesal serta  Direktur Utama PT Caputra Mitra Sejati.

(TNI AL)

15 komentar:

  1. Nambah lagi ni kapal patrolinya..
    Makin terlindungi negara kita dari para maling ikan Dan para beruk M

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bro,jgn kasi kendor beruk M yg suka menusuk dari belakang,hajarrrr terus

      Hapus
  2. wah tugas di Lantamal X Jayapura nich, masuk Armada III yg baru diresmiin maren.
    sasuai bingit, kapalnya kinclong & markasnya baruw pulak hore haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    selamat bertugas di kafal nan kinclong ndan haha!🀝🀝🀝

    BalasHapus
  3. seakan tak mao ketinggalan berita, skadron 11 mengadakan:

    "latihan penembakan dari udara ke darat yang dilakukan oleh pesawat tempur Sukhoi Su-27/30 Skadron Udara 11 Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin di Air Weapon Range (AWR) Takalar, Selasa (10/7/2018)"
    asyik syantik bner suki terbang terus haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—

    https://tni.mil.id/view-133580-kasau-mantapkan-sinergi-teamwork-dalam-pembangunan-kekuatan-udara.html


    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap bulan TNI AU latihan,bechh budget TNI gede ya om sehingga sering latihan

      Hapus
    2. tentu saja kita mampu, kalo ada yg kurang mampu, sini kita piara maenannya haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
  4. eiitt jgn lua hari ini, bentar lagi semifinal antara:
    rafal prancisπŸ‡«πŸ‡· vs palkon belgiπŸ‡§πŸ‡ͺ...haha!⚽⚽⚽

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...nasib nasib, BELGIUM dijagokan sama Ane malah KEOK


      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    2. tnang om, masi ada piala2 laen, tinggal tunggu waktunya aje haha!πŸ™πŸ™πŸ™

      Hapus
  5. ...semi final AFF U-19 ajang misi BALAS DENDAM...kick off pukul 19.00 tanggal 12 Juli 2018 hanya di INDOSIAR


    ...GARUDA JAYA U-19 vs HARIMAU BERUK U-19



    ...para MALONESIA juga, pasti nonton nich Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  6. Untung namanya patroli cepat. Kalau lihat spesifikasi ikan albakora, kecepatan jelajah 8 knot, tapi kecepatan maksimal antara 36-43 knot! Kecepatan jelajah (patroli) dua kali lebih cepat, tapi kecepatan serang dua kali lebih lambat. XD

    BalasHapus
  7. congratulations. the more boats we have, the more tanker & logistic ship we need.

    BalasHapus