30 Juli 2018

TNI AU: Su-35 dan C-130J Dikirim ke Indonesia Tahun 2019

30 Juli 2018


Su-35 Flanker-E (photo : KNAAPO)

ANGKASAREVIEW.COM – Pesawat tempur Su-35 yang dibeli Pemerintah Indonesia dari Rusia dijadwalkan akan mulai dikirim ke Indonesia tahun depan (2019). Pembelian 11 Su-35 oleh Kementerian Pertahanan ini sebagai realisasi kelanjutan pembangunan kekuatan pokok minimum (MEF) TNI. Su-35 akan menggantikan peran F-5E/F Tiger II yang sudah purnatugas di Skadron Udara 14, Lanud Iswahjudi, Magetan.

“Su-35 akan datang akhir tahun 2019. Akan mulai berdatangan juga C-130J. Unitnya bertahap, tidak sekaligus,” ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara Marsekal Pertama (Marsma) TNI Novyan Samyoga kepada media termasuk Angkasa Review di Yogyakarta, Minggu (29/7/2018).

Dikatakan lebih lanjut oleh Samyoga, tidak ada kendala dalam hal pembelian Su-35. Proses pembelian agak tertunda karena menyangkut kesepakatan jumlah pesawat. “Yang tadinya delapan pesawat, menjadi 11 pesawat. Dan untuk pesawat kita itu full combat semua, dengan persenjataannya” lanjutnya.

Sebelumnya, pada kesempatan yang sama di Yogyakarta, KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna menjabarkan, pembangunan kekuatan Koopsau III mulai dilaksanakan. Saat ini pembangunan gedung untuk Markas Koopsau III dan perumahan prajurit di Biak mulai dilaksanakan.

Dalam rangka perkuatan Koopsau III, dua Pangkalan TNI AU (Lanud) di Papua juga sudah ditingkatkan dari Tipe B (dipimpin kolonel) menjadi Tipe A (dipimpin bintang satu). Yaitu Lanud Manuhua Biak dan Lanud Silas Papare Jayapura.

Tidak hanya itu, beberapa skadron baru akan dibangun TNI AU di Papua ini. “Ke depan secara bertahap kita rencanakan penempatan skadron tempur, skadron angkut, dan skadron helikopter di Papua,” ujar Yuyu.

(AngkasaReview)

217 komentar:

  1. ...Panas panas panaaaaaaas,


    Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...mata, telinga dan otak Malon Beruk yang panas...bro rempit


      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    2. Malon gkk punya otak gan gkk bakalan panas

      Hapus
    3. eleh malon lagi stres nungguin heli md530 yang tak kunjung datang

      Hapus
    4. Heli kecik nan comel malon tuh bang. menggerunkan sangat

      Hapus
    5. lumayan bang guna panen sawit πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    6. Paul n the gank bakal kehilangan kata"AKAN" wkwkwk

      Hapus
    7. nanti ada kata kata terakhir si paul kangkong ..

      ENJIN TUA ATM POON MASIH SEDAP..

      jurus terakhir pemimpin tua dan bangang maloner hahaha

      Hapus
    8. SiTua@ wkwkwk...Terbaik Mat Sabu...salam GOOSE STEP wkwkwk

      Hapus
    9. ...betuuuul bro rempit, kata AKAN akan hilang dalam sel2 otak beruk malon


      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    10. Ganyang beruk malaya di asian games...stupid.. buat masalah bendera terbalik pas digelar di indonesia..balas balas balas

      Hapus
    11. SU-30MKM = SU-35

      Kata Malon....wakakaka

      Hapus
    12. SU30 MKM/Growlerski for quantity,ok. More SU class? Against whon?China?NK? LCA and 5th/6th Gen. aircrafts much preferable. indon? Senang digondolin. Kikiki..

      Hapus
    13. Glowerki πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† dengan Su 35 indonesia aja speck kalah telak.. Malon cuma pandai eject Kat hanggar πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    14. Jadi su30mkm lapok di guna sampai thn 2100 ya lon wkwkwk

      Hapus
  2. gk sabar kira kira yg di papua bakal di isi pesawat mana yaa ?? us, france, russian, british atau sweden yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg mn aja boleh mas asal jgn tejas n sulfur wkwkwk

      Hapus
  3. Viper,Viper,Viper..Viper Stronk..

    Kan udah ane bilang dari dulu..ngk bakalan dimarahin Murika kalau beki Flanker yg cuma 'sejumput' itu..
    Lah kan nanti beli dari Ruskie satu..beli dari Murika tiga..

    Kan GST ngk dicabut kalau ngebeli barang Murika lagi..untuk supaya Defisit dagang Murika sama Indo berkurang..
    Lah beli apa..beli mobil Murika ? Kagak laku disini..Beli brg elektronik Murika ? Yeee di Murika sendiri ngk ada yg mau beli barang Elektronik Murika kecuali i-phone..

    Jadi yah beli senjata Murika lah untuk ngurangi surplus dagang Indo sama Murika..sekaligus kalau Surplus dagang kurang..Fund Manager disono disuruh balik ke sini..untuk naikin harga Rupiah..

    He,he..seperti kata orang Bijak..Murika can not choose who is going to be President in Indonesia..but Murika can make Indo President lost his Presidentcies..
    He,he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehmmn, super je dolo ama dilepasin dolo sekawanan buing ituw tuch om barat, c17,pose ama pegases haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      boil amrik kagak laku bijimane? laku donk namun segmentit ajah penggemarnye. boil amrik disini masi ada yg atpm cem chevy, chrysler(D) dan lain2.
      walopun ford atpm ttp 2 taon lalu, importirnye masi ada, didaerah kaya minyak sono, diler2 masi jualan f*rd khususnye pawa renjer.
      entar juga balik kalo ekonomi membaik hal ituw jg berlaku ama bbrp merek2 jepun cem maz*a, silakan cekidot britanye haha!πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      barang elektrok amrik masa cuman hape doank ukurannya om barat haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      lah industri musik ituw alat2 terbaiknya dari amriklah, disini malah buka pabrik cem gitar ibanez.
      blom lagi industri elektronik dari kompi/leptop dell, hp, dll.
      dari industri komunikasi, motorola jg masii bercokol disini, dari maen bts ama hp android pula haha!🀣🀣🀣

      blom lagi industri apparel & alat2 olah raga.

      dimata guwe, knp gak imbang cuman satu..gegara masalah mata uang.
      lah gimana mo beli ploduk2 aseli sana kalo jomplang mata uangnya haha!😜😜😜

      laluw barang amrik yg masuk sini pon, banyakan gak aseli dr sono. esembling ituw tuch di negerinya om antiembalgo haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      blom lagi apparel & alat2 olah raga, merek amrik, made in vietnam, bangladesh, honduras bahkan dari sini.
      nah salah mereka sendiri produk mereka pabrikasinya di indonesia. dari sepatu, garmen dsb.
      trus dikirim ke amrik dlm volume banyak bner, jelas ituw neraca miring sebelah. padahal merek punya mereka sendiri termasuk bisnis opa trumpet sendiri dianggap impor haha!🀠🀠🀠

      coba tanya om antiembalgo sepatu, topi, kaos merk naik(nike) sono buatan manah haha!😜😜😜

      Hapus
    2. gak dipungkiri, guna ngurangin defisit neraca perdagangan, yg nilainya lgs gde kyknya alutsista dan pesawat pnumpang cem buing haha!✈✈✈

      ama jgn lufa botol2 khayangan mrk, ada baeknya buka produksi disini om barat, pasti rame lancar urusan haha!🀠🀠🀠

      oiya ama satu lagi amrik gak brani macem2 ama kita slama di tiap perempatan, mol, ama jalan2 ada mekdiπŸ”, kaepceπŸ—, phdπŸ•, ama popkorn🍿 haha!πŸ“ΉπŸ“ΉπŸ“Ή

      Hapus
    3. Lah justru itu..barang2 asli Murika yg laku kejual disini cuma kedelai (krn walaupun dollar naik..kedelai Murika relative paling Murah)..yah produk pertanian dah..

      Betul..produk industri mereka kemahalan..ane masih bilang mobil murika ngk laku disini..biar ade niche marketnya..tapi kecil..kondisi lagi bagus aja..penjualan masih kecil..he,he..

      Makane GM bawa tuh subsidiaries JV'nya dari China..tuh Wuling..lah pake mereka diri ngk sanggup nyayingin Jepun..makanya pada hengkang semua..he,he..

      Semua barang2 Murikayg ente bilang itu..cuma kebeli sama 'niche market'..aliaa jumlahnya kecil..walaupun dlm ekonomi bagus..jadi betulah..harus minta Indonesia beli pesawat dan alutsista yg lebih banyak lagi..He,he..

      Hapus
  4. Vietnam yang armada sukhoi nya lebih banyak dari malon aja lebih yakin kalau su 35 kita superior sehingga dikaitkan dengan su 35 china, lagian 18 su 30mkm lawan 27 su 27/30/35 series milik tni au mah bakal rontok itu mkm wkwk πŸ˜€ Ausie je lihat sukhoi Indonesia kelabakan kok sampai beli F35 apalagi denger berita Indonesia beli su 35 wkwk bakalan tak berkutik F 35 ausie untuk bergaya-gaya πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betol bro,Sukhoi indonesia yg membuat ausy buru2 beli F35

      Hapus
    2. SU35 indon?Kikiki..Senang digondolin.

      Hapus
    3. Su 35 terbaik Malon miskin pun tak mampu beli πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    4. Su30mkm malon lapok ketinggalan zaman wkwkwk

      Hapus
  5. Wow haibat πŸ™†πŸ™†πŸ™†πŸ™†
    Coba tengok bagaimana speck SU 35

    Maximum internal fuel - 11,500kgs
    Max Range(without mid-air refueling, without external fuel tanks) - 3600kms
    Max ceiling - 18km
    Max Speed - Mach 2.25
    Canards - No (since radar isn't heavy)
    Crew - 1
    Max Afterburner Thrust - 14500kgf(gives a massive boost to TWR compared to Su-30MKI)
    External Fuel Tanks - Yes (can carry 2 drop tanks of 1400kgs fuel in each of them)
    Composites - Yes. Extensive use of Titanium Alloys.
    Empty Weight - Unknown. Estimated to be around 18800kgs.
    Airframe life - 6,000hrs or 30 years(at 200 hours flight time each year)
    Internal Jammer - Yes
    RCS - unofficial estimate between 1-3m2
    Airbrake - No. Powerful modified rudders act as Airbrakes.
    Supercruise - Yes

    Su-35S has N-035 IRBIS-E. The most powerful Fighter Plane mounted X Band radar in the world. Specs are as follows.
    Transmitter peak power - 20kw
    Transmitter average power - 5kw
    Can Track - 30 Targets
    Can Simultaneously Engage - 8 Targets
    Max Detection for 5 sqm RCS - 426 km
    Max Detection for 3 sqm RCS - 375 km
    Max Detection for 1 sqm RCS - 285 km
    Max Detection for 0.01 sqm RCS - 90 km

    πŸ™†πŸ™†πŸ™†πŸ™†πŸ™†πŸ™†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata Dein Su-30MKM itu setaraf Su-35 wkwkwk

      Hapus
    2. Perbandingan nya Dengan speck SU 30 MKI/MKM India/Malon

      Maximum internal fuel - 9,640kgs
      Max Range(without mid-air refueling) - 3000kms
      Max ceiling - 17.3km
      Max Speed - Mach 1.9
      Canards - Yes
      Crew - 2
      Max Afterburner Thrust - 12500kgf, Emergency Thrust - 12800kgf
      External Fuel Tanks - No
      Composites - Not in significant quantity.
      Empty Weight - unknown. Estimated to be around 18400kgs.
      Airframe life - 3,000hrs or 15 years(at 200 hours flight time each year)
      Internal Jammer - No
      RCS - unofficial estimate 11.5m2
      Airbrake - Yes
      Supercruise- No

      Radar-
      This deserves a separate mention. Because this is where the difference is at its max.
      Su-30MKI has a N-011M BARS Radar
      Transmitter peak power - 5kw
      Transmitter average power - 1.2kw
      Can Track- 15 Targets
      Can Simultaneously Engage - 4 Targets
      Max Detection for 5 sqm RCS - 140 km(Upgraded Radar with upgraded transmitter power, if any in service, its range is unknown.)

      Dari radar dan RCS SU30 MKM mencapai 11.5m2 (gila gede bangetπŸ˜†)
      Jelaskan perbedaan Su30 MKM Malon kalah telak di banding Su 35.. πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    3. Maklum lah mat, beruk pun takde otak jadi apa nak dikata jika mereka bebal.. Banggalah IFX masih terlihat wujudnya, beda dengan PTM gen 6 malon yang hanya imajinasi para beruk yang nak terbang wkwk πŸ˜€

      Hapus
    4. RCS F35 0.005m2(depan)-0.3m2(belakang).

      F35 lebih dulu nembak SU 35,karena RCS SU 35 paling bagus 1m2πŸ™πŸ˜§

      Hapus
    5. Lah kenapa F35 ngga ada dalam rencana pengadaan malah TNI AU lebih milih Viper..

      Hapus
    6. @mul yono Kemungkinan karena ga diijinin Amerika.

      F-35 khusus buat negara yang udah ikut programnya dari awal (partner countries level 1-3) dan Security Cooperation Participants (Singapore + Israel). Alias negara-negara yang paling dipercaya Amerika.

      Indonesia bukan partner program atau SCP. Plus, Indonesia masih demen main sama Rusia dan beli barang Rusia. Jadi kemungkinan ga dianggap 100% trusted.

      Lah Turki aja walaupun partner level 3 diblokir buat beli F-35 karena ga bisa dipercaya jaga secrecy setelah mereka mulai main sama Rusia.

      Hapus
    7. Ada yang bilang su 30mkm setara su 35..aku soh percaya saja πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    8. Om Gerhard@ turki di embargo beli F35 kerana mereka mau beli S400 rusia

      Hapus
    9. bro Gerhard.. ane mah ngga permasalahkan alutsista datang nya dari mana aja.. tapi buat apa kita berkutat Ama barang yang ngga kita punya dan tak di rencanakan.. πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    10. Karena wani Piro? Uang berbicara
      Wkwkw MKM makanan empuk su35 jarak 400km dah diendus tinggal hajar missile

      Hapus
    11. @Rempit Iya, itu yang saya maksud dengan "main sama Rusia". Tapi intinya selama masih beli banyak/signifikan dari Rusia ga bakal dikasih.

      @Mul Maksudnya? Saya kurang paham.

      Hapus
    12. Yang menarik Su 35 adalah airframe 2x lipat masa pakai ketimbang su 27/30...mesin juga lebih irit...jangkauan radar lebih jauh...rudal bisa pasang yg terbaru...dan masih banyak kelebihannya...So..?Terbaik

      Hapus
    13. Tupez@ setuju bro,airframe Su35 mampu menggotong rudal terbaharu cem brahmos atau khinzal,beza dgn airframe Su30MKM malon tak akan mampu menggotong brahmos ataupun khinzal

      Hapus
    14. Tadi Lagi ngomongin Su 35 VS SU 30MKM tiba2 ada yang Compare F35.. (lawan gue disini Malon bukan yang lain) padahal gue santai2 aja Ama barang negara manapun selama Indonesia mau beli itu oke2 aja..
      BTW Indonesia pernah di tawarin kok F35.
      https://jakartagreater.com/as-tawarkan-pesawat-f-35-stealth-untuk-ri/

      Hapus
    15. jgn lufa masi ada r37m khusus su35, mig 31 & su57..haha!😎😎😎

      Hapus
    16. Bos mul, kalo bisa jangan pake JKGR buat sumber. Kebanyakan hiperbola di sana. Itu wakil LM ngomong gitu cuma PR biasa. Nyatanya kalaupun kita mau ga bakal diijinin senat AS krn kita masih mayan erat dan sering beli dari Ruski. Turki aja mau beli S-400 lgsg diblokir padahal mereka Partner program level 3. Apalagi kita?

      Hapus
    17. Ini ada sumber kompas bro
      https://internasional.kompas.com/read/2012/03/06/12530192/Indonesia.Pasar.Potensial.F-35

      Hapus
    18. Walau pun ngga di izinin juga ngga kenapa.. pesawat barat masih ada Viper dan kandidat yang lain.. Su 35 cukup lah buat bikin Malon kejang2 πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    19. tp gaes, guwe rada heran ama sikap amrik yg secara otoriter, gak mo lepas f35 ke turki dgn beribu alesan. masa gegara s400 aja tatut haha!πŸ™ƒπŸ™ƒπŸ™ƒ

      harusnya momen ituw hrs dipake amrik dkk buat buktikan kesaktian f35 bila ingin "dianggap pespur siluman" sejati. toh turki juga nato dan pendukung proyek ini dari pertama.

      kerna sikap amrik ini, bikin guwe & publik jadi "agak" sangsi dgn kesaktian f35.
      untuk saat sekarang, memang hanya f35 sajalah pespur gen 5 yg dijual diluar amrik.

      slama ini pespur siluman hanyalah klaim sepihak dari negara pembuat & produsen. dengan alasan senjata strategis yg tidak diperjual belikan. kerna alesan gak dijual ini sbnernya yg membuat misterius.

      sejauh ini pespur siluman amrik aktif yg belom kena cium rudal milik tinggal b2 & f22 yg tetap misterius.
      kalo f117 gak lama usai kena cium sam, trus pengsiun muda haha!😎😎😎

      laennya ada bbrp negara yg mengklaim jg memiliki teknologi ini, sama2 gak dijokul jugak haha!πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

      adalah kacau bila kesaktiannya pespur2 siluman bisa ditembus senjata pertahanan milik negara pesaingnya. artinya klaim2 siluman bisa musnah.

      dalam hal turki, sbenernya ituw tes adu nyali antara 2 negara produsen senjata di jagad ini.

      hanya ada kmungkinan:
      kalo menang akan dapat nama & duwit.
      kalo kalah akan hilang nama & dicaci maki

      disini guwe liat amrik blom brani aduw nyali, sebab reksikonya besar bila kalah. bukan hanya hilang muka, duwit investasi ribuan bilyun, bakalan rame2 ditagih donaturnya tuch haha!😎😎😎

      nach klo ruski menang & kalah uda persiapan dia. kalo kala kan masi ada s500. ditambah alesan harap nmakloum biaya pengembangannya kan rendah dibanding pespur siluman f35 haha!πŸ˜™πŸ˜™πŸ˜™
      nach kalo menang, ituw bisa berarti shoping soping kitah haha!πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
    20. @PG F 35 israel tuh uda kena sengat sama rudal suriah cuma gak telak....sama seperti F 16...cuma lucky nya F 35 bisa pulang selamat tapi langsung masuk hangar di tutupi...nah kalau F 16 keburu nyungsep walaupun tinggal selangkah lagi mau mendarat.

      Hapus
    21. ktnye bgt sich, trs ktnya bird strike halah gosip haha!🀣🀣🀣

      om tupez, f35 isroil ntuw kan uda kena oprek. kt amrik, wah salah sendiri, garansinya angus gan haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    22. indon is having wet dreams on paper.SU30 MKM already pared with F22 in combat. SU 27/30 indon cuma tembak pokok pisang. Buah2nya bagi baboon indon makan. Senang digondolin. Kikiki..

      Hapus
    23. Nyatanya Su30 beruk malon kalah telak.. πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† skill pilot beruk malon tak ada malah eject di hanggar.. tengok tentara udara beruk malon waktu di Sabah hanya hanguskan pokok sawit dan pohon pisang πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    24. Banyak cakap ko lon,pilot sukhoi ko tuh cuma ada skill eject kat hanggar wkwkwk

      Hapus
  6. F-16 viper tak akan diakusisi bila teknologi kunci ifx/kfx tidak di izinkan amerika dipelajarin indonesia, jd yg berharap viper banyak2 berdoa agar amerika kagak pelit ama ilmu teknologinya.

    BalasHapus
  7. ya jelaslah gak mungkin bikin pesawat 2-3 bulan selesai, yg buat parade 5 Oktober 2018 itu nanti SU-35 pinjaman dari Russia.

    BalasHapus
  8. Dan ndak kena sanksi dari US...😎

    Cool..hwekekekek πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  9. yang positif dibeli dr lockhed martin masih hercules C-130j, sementara F16 viper tergantung perkembangan program ifx/kfx,,,bila amerika izinkan indonesia mempelajari teknologi kunci ifx/kfx maka indonesia positif mengakusisi 48-50 unit F16 viper dr lockhed martin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaelah maksa amat buat ngomong kaya gitu aja 😁😁😁

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Memang sudah deal ya negosiasi macam dan harga komoditas yg akan dibarter dg sukhoi....serta TOT yang akan kita terima?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ra sah mbanting tho mas..πŸ˜πŸ˜€πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. S212...wes meneng ae sam...ngopi sek ben ra edan...kalem wae atuh kang...wkkwkkk

      Hapus
    3. Emut....ungggggg, kamongko gur disleding thok lho, kok ngakune dibanting, xixixixxi

      Hapus
    4. Mbanting mung alus mas...πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    5. Kamongko leh ku komen ki wes ning nggisor lho....kok yo ono sing weruh😣

      Hapus
  12. 48-50 unit f16 viper adalah jumlah yg wajar bila indonesia menuntut sebuah TOT, jadi sah2 aja indonesia masih tarik ulur untuk kesepakatan f16 viper sebab belum ada lampu hijau dr amerika untuk memberi izin kepada indonesia mempelajari teknologi kunci ifx/kfx,,,fillingku bila pun amerika memberi lampu hijau indonesia untuk mempelajari teknologi kunci ifx/kfx dengan kesepakatan menambah jumlah unit f16 viper yg akan dibeli indonesia, aku yakin disinilah alotnya negoisasi itu terjadi' masalahnya indonesia jg ingin menambah/membeli pesawat tempur duble engine untuk menetupin lobang kekurangan pesawat tempur duble engine sampai ifx/kfx siap produksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanya harga 3 skad viper tuh...cuma kasih angin segar ja biar nggak di embargo...jadi seakan2 indo akan membeli banyak peralatan militer AS...dan sepertinya mamarika senang..indo belanja ke US nggak ke Rusky...intinya semuanya masalah fulus you know.

      Hapus
    2. Intinya mamarika smart kalau di kasih teknologi inti..pesawat Kfx/Ifx jadi..dan ternyata lebih bagus dari F 35...banyak negara pasti akan beli...orderan F 35 kurang lama2 pabriknya tutup...intinya lagi2 ujung2 nya fulus.

      Hapus
  13. Super jeeeee...hore shoping soping diyem2 haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  14. Semoge aje ifx rampung tepat waktu geh

    BalasHapus
  15. Su30mki custom made for india
    Su30mkm custom made for malaysia
    Su30mk2 indonesia just basic varians....

    Su35 basic varians for indonesia specs

    Masih guna engin lama model su30mk
    Radar masih pakai pesa bukan asea
    Cuma boleh guna sensor dan rudal russia origin sahaja.
    Sistem avionik masih guna analog bukan digital walaupun pesawat su35 gen 4.5...
    Tapi masih pakai sistem lapuk dan usang!

    Indonesia cuma mampu beli 11 unit sahaja..
    bukan full sqn 25 unit!

    Yang paling penting su35 indonesia basic varian sahaja! Bukan custom made!

    Indonesia ditipu lagi oleh rusia! Pesawat su35 pakai sistem lapuk! Asalkan murah indonesia sanggup beli! Amat memalukan sekali!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...lon,lon...berpikir tuh pake otak,kl Su35 tak canggih tak mungkinlah cina beli banyak su35 lon wkwkwk...Su30mkm memang custom tapi tak boleh terbang kerana tiada sparepart,su30mkm like flying coffin,bila nak terbang takut jatuh kerana tiada sparepart wkwkwk...makan ko tuh su30mkm flying coffin lon wkwkwk

      Hapus
    2. Ya gak apalah walau cuma sekelas basic juga lumayanlah buat nambah2 inventory.

      Toh itu semua adalah pembelian baru, dari pada gk belanja sama sekali, cuma jadi penonton.. kan gk seru 😊😊

      Hapus
    3. aj nih tipikal orang mudah di bodohi sales jet. hehehe di tipu sukoi mkm kustom model jet alien juga plonga plongo saja.. kenyataannya hanya jadi besi burok saja. kerana spare parts tidak standar pabrik.


      hhh nasib mu loon malon bodoh tegar πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    4. Mulai dah beruk malonsial miskin onani otak.. SU 30 Malon tetap kalah telak lawan SU 35 dalam hal speck πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    5. mungkin maksud AJ nih macam Jet pejuang F18 lapok yang merepek spare part ke Australia

      Hapus
    6. Mw basic yg penting punya...pesawatnya tiap saat terbang..tak berdiam diri kat hangar...F 18 malon hanya mampu beli 8 bijik...wkkkwkkk lawak sangat..masih lebih bagus 11 bijik...malon mana ada yg full sq 25 unit..tipu2 je paling bnyak cm 18 unit itu pun cm si Emkaem yg lain tak de 18 unit.

      Hapus
    7. indon masih dalam wet dreams. SU35?Basic specs! Kikiki..Senang digondolin.

      Hapus
    8. Basic Su35 pun jauh lebih unggul daripada Su30 beruk malon yang dah ketinggalan zaman πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜—

      Hapus
    9. Terbaik mulyono wkwkwk

      Hapus
  16. aj oon nongol,,,ingat kata rusia 11SU-35 ini masih awal berarti ada cerita lanjutannya, indonesia masih mengejar teknologi kunci ifx/kfx jd semua kebijakan harus diputuskan dengan hati2,,,aj tolol jangan dipelihara, indonesia masih terus akan menambah pesawat tempur duble engine karena kuotanya masih sangat2 kurang, jd cukup simak aja dan jangan pamerkan ketololan anda ;)

    BalasHapus
  17. bhuahahahaaa dr dulu rusia tidak pernah memberi barang rongsokan kepada indonesia, yg diberi uni siovet/rusia dr jaman sukarno adalah kwalitas no 1, oleh sebab itu mamarika mengejar dan mengambil mig-21 indonesia,,,tunggu aja uang indonesia yg ada di singapore pasti balik ke indonesia dan singapore pasti sesak nafas jalani kehidupan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wrong. Begitu di namanya ada huruf K artinya itu pesawat versi komersil alias KW alias "monkey model". MKM, MKI, MK2 semuanya monkey model yang habis itu dimodif sesuai keperluan masing-masing negara.

      Ga ada negara produsen yang ngejual versi domestik alias kwalitas no. 1 ke negara lain. AS, Rusia, semuanya sama aja jual versi komersil.

      Hapus
    2. Jadi mendingan gimana bro? πŸ˜‚

      Hapus
    3. Bikin sendiri gaes....betoool ga...

      Hapus
    4. @PS mending ngopi mas...heehee

      Hapus
    5. @PS Ga mending gmn2. K model gpp asal ga belaga solah-olah hanya Ruski yang rela jual domestic model karena nobody sells their domestic model.

      Mau domestic model ya bikin sendiri.

      Hapus
    6. indon bodoh. U need modifications, special specs for ur own secrets. indon senang digondolin. Kikiki..

      Hapus
    7. Kingkong@ banyak modifikasi dan tak boleh terbang cem sukhoi malon wkwkwk

      Hapus
  18. Betol bro,belom lg bomber Tu-16 dan Destroyer KRI IRIAN wkwkwk

    BalasHapus
  19. ada gk SU-30mk2 indonesia bermasalah????? itu fakta tak terbantahkan, liat Su-30 india dan Su-30 malaysia selalu ada masalah' seri dan uang tak menjamin kwalitas tp persahabatan akan menjamin kwalitas ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Raden Bermasalah atau ngga itu ga ada hubungannya sama kwalitas, tapi sama duit buat perawatan. Mau dikasih kwalitas domestik juga kalau ga ada duit buat ngerawat ya ga bisa terbang.

      Hapus
    2. apa??? bermasalah atau gk nya sebuah pesawat tempur tidak ada hubungannya ama kwalitas??? bagus banget cara berfikir anda,,,emangnya india kurang duit????? coba cek negara yg punya hubungan baik sama amerika tp ketika mereka beli alutsista ke rusia pasti bermasalah biar gimana pun banyaknya uang mereka ;)

      Hapus
    3. apa??? bermasalah atau gk nya sebuah pesawat tempur tidak ada hubungannya ama kwalitas??? bagus banget cara berfikir anda,,,emangnya india kurang duit????? coba cek negara yg punya hubungan baik sama amerika tp ketika mereka beli alutsista ke rusia pasti bermasalah biar gimana pun banyaknya uang mereka ;)

      Hapus
    4. Bermasalah atau nggak ya adalah hub dengan kualitas....Kalau pesawat tempur yg harganya murah ya pasti kualitas juga gak jamin..ujung2nya akan bermasalah....kalau masalah perawatan mau pesawat yang kualitas bagus & mahal atau yg kualitas rendah & murah kalau perawatannya kurang dan gak jelas ya pasti nanti bermasalah

      Hapus
    5. Buat pesawat impor, ga ada hubungannya, karena sama-sama dapet K model. Ga ada yg dpt model domestik juga. Yg pengaruh cuma perawatan.

      Kalau mau bilang kualitas pengaruh, fine. List uptime F-16 sama Sukhoi kita sebelum musti maintenance? Lamaan mana? Jawabannya F-16 karena pesawat barat didesign dengan kwalitas lebih tinggi supaya dpt jam terbang lebih banyak antara perawatan.

      Kwalitas ga ada hubungannya sama kecanggihan. Kl mau dibanding Sukhoi tetep lebih canggih walaupun kualitasnya dibawah F-16 jadi musti dirawat lebih sering.

      Indo, Malay, China, India semua dapet versi K. Ga ad yg dpt versi domestik/yang dipake Rusia. Bedianya 3 negara bisa ngerawat, 1 negara ga bisa jadi grounded.

      Kalo Rusia ga bisa ngerawat, walaupun mereka punya versi domestik pun tetep bakal grounded. Paham?

      Hapus
    6. Haduhh ada lagi kualitas gak ada hubnya dengan kecanggihan....wkkwkwkk...up ja lah biar cepat

      Hapus
    7. Tupez
      Kualitas: 1. tingkat baik buruknya sesuatu; kadar: bagaimana -- ternak rakyat?; 2. derajat atau taraf (kepandaian, kecakapan, dan sebagainya); mutu.

      Kecanggihan: kepelikan; kerumitan; kemodernan.

      Masih bilang sama?

      Hapus
    8. Loh ini deskripsi dari kualitas & kecanggihan...yg bilang sama sopo le...tole...sampeyan bilang kan kualitas gak ada hubnya dengan kecanggihan...piye iki...ra nyambung blast

      Hapus
    9. Russia is known as lousy on follow up and after sales servis. U need ur own technical know how on spares and maintenance. indon senang digondolin. Kikiki..

      Hapus
    10. Bullshit lon Nyatanya Su30mkm Malon banyak yang tak terbang akibat tak mampu beli sparepart TUDM malonsial
      habis di gondolin πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    11. Sukhoi malon banyak bengap di hanggar tak boleh terbang kerana tiada sparepart wkwkwk

      Hapus
  20. iya tidak ada negara mau menjual produk no 1 nya tp ada negara mau memberikan produk no 1 untuk negara yg benar2 dianggap sahabat, indonesia dan rusia punya cerita persahabatan dan kesalahan indonesia terhadap rusia di masa lalu diketahuin rusia karena intervensi politik negara lain yg punya sifat iri dengki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya hanya malon itu makan omongan bual jet su mkm setaraf su35.

      hhh ternyata hanya rongsokan berharga rp5000 per kilogram.. hhh

      Hapus
  21. ...tepat sekali kedatangan Su-35 Flanker E dengan berakhirnya MEF season II ( 2014 - 2019 )


    ...good bye Malon Beruk, i want to break free...


    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. indon bodoh. Welcome trouble for u. Senang digondolin. Kikiki..

      Hapus
    2. Kingkong beruk malon idiot wkwkwk

      Hapus
  22. kenapa gk bawa su-30mk2 indonesia untuk ajang pitch black, kenapa harus bawa f-16 falcon???? ajang pitch black mempunyai misi udang dibalik batu dan rusia sudah mewanti wanti indonesia tentang hal ini, selain mengadu kemampuan pilot ajang ini jg mengintip, mempelajari dan mencuri kemampuan pesawat tempur lawan,,,kalau bawa f16 kan lebih aman dan kemampuan pesawat tempur SU-30 indonesia masih tertutup rapat ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukhoi indonesia pernah berlatih di pitch black tahun2 yg lalu bro

      Hapus
    2. Intinya indonesia smart uda dapat herky hibah jadi ya sudah...gak usah kirim sukhoi lagi biar tetap angker...Sukhoi permintaan ausy agar dilibatkan di pitch black 2012 imbalannya dapat hibah herky dapat simulator di tambah mengupgrade depohar 30 pemeliharaan herky....sama seperti allen pope agen CIA di tukar 10 bijik herky...wkwkwkk

      Hapus
    3. setau aku bukankah indonesia baru kali ini ikut ajang pitch black setelah menunggu 28 tahun????

      Hapus
    4. Pertama kali indonesia ikut pitch black 2 thn yg lalu tuh bawa Flanker.

      Hapus
    5. @RS waduh bro kurang update sampeyan...pertama ikut ya tahun 2012 nurunin sukhoi...2014 absen...2016 nurunin F 16....2018 nurunin F 16 lagi...sebelum 2012 indonesia juga uda ikut tapi hanya sebagai observer tidak melibatkan pesawat...ya mohon di koreksi kalau salah ya gak lur...

      Hapus
    6. Bawa SU cuma untuk parkir. Still stupid,indon SU could only fly against old F16. Pilots are pathetic. Senang digondolin. Kikiki..

      Hapus
    7. Ah beruk malon.. SU 30 Indonesia unggul lho lawan pilot Aussie.. yang old itu F-18 Ko sezaman dengan mig 29 yang dah pancen.. stupid pilot sukhoi malon pun hanya bisa eject Kat hanggar..πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    8. Kingkong@ pilot sukhoi mon cuma ada kepakaran eject kat hanggar wkwkwk

      Hapus
  23. ...nyanyi ach


    ...selamat tinggal Malon Beruk, aku kan melangkah... Maafkanlah segalanya, yang pernah kulakukan...padamu...


    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha km gk bersalah lho kang wkwkwk

      Hapus
    2. Go away. U're not our match. indon senang digondolin.Kikiki..

      Hapus
    3. Malon terlalu miskin untuk kejar Indonesia πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    4. Malon digondolin najib sampai bangkrup wkwkwk

      Hapus
  24. indonesia beli SU-35 dengan cara barter, negara lain pasti positif berfikir kalau SU-35 indonesia kwalitasnya rongsokkan' biarlah negara lain berfikir seperti itu sebab itu lebih baik agar kawasan tidak resah dan gelisah,,,drama yg bagus antara dua sahabat indonesia dan rusia. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...dengan sistem BARTER 50 % nya


      ...Indonesia meningkatkan neraca perdagangan Ekspor dan Russia mendapat untung tambahan dari komoditas Impor dari Indonesia yang akan dipasarkan dinegaranya sendiri...jadi intinya ke 2 negara sama2 dapat untung tambahan


      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
  25. Yuk Buruan ikutan bermain di website http://zonaemas.com
    Sekarang CROWNQQ Memiliki Game terbaru Dan Ternama loh...
    => Bonus Refferal 20%
    => Bonus Turn Over 0,5%
    => Minimal Depo 20.000
    => Minimal WD 20.000
    => 100% Member Asli
    => Pelayanan DP & WD 24 jam
    => Livechat Kami 24 Jam Online
    => Bisa Dimainkan Di Hp Android
    => Di Layani Dengan 5 Bank Terbaik
    => 1 User ID 8 Permainan Menarik
    "NEW AGEN BANDAR 66"
    Ayo gabung sekarang juga hanya dengan
    mengklick AGEN BANDARQ
    WHATSAPP : +855967646513
    PIN BB : 2B382398

    BalasHapus
    Balasan
    1. obral cyinta aja melisa shantiq, gak usa pake duwit, disini aa-nya pada bokek haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Aku mau pesan hening seng ngasilne bitcoin
      Lek enek tapi

      Hapus
  26. TNI sangat jelas sebagai pemimpin di udara dan kekuatan laut di antara negara-negara tetangga. Jempol saya kepada Pemerintah kami untuk upaya modernisasi militer kami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sure..indon senang digondolin. Kikiki..

      Hapus
    2. Malon miskin sebalik nya senang di gondolin Najib sampai bangkraps πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    3. Malon digondolin najib sampe bangkrup wkwkwk

      Hapus
  27. kenapa aku menyukai produk rusia????? alasannya adalah karena rusia selalu memberikan produk2 yg jg mereka pakai yg artiannya kwalitasnya gk berbeda dengan yg mereka pakai, kalau ke negara lain aku gk tau kenapa rusia memberi produk2 yg ujungnya ada masalah tp yg aku tau rusia itu gk bodoh menilai mana negara yg pantas dijadikan sahabat, dijadikan konsumen dan dijadikan musuh,,,aku berharap indonesia membeli kapal selam rusia, mudah2an terkabul biar ilmu teknologi kapal selam indonesia bisa bertambah,,,amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Raden Kok ngeyel ya? Dibilangin kalau di namanya udah ada K itu artinya bukan produk yang mereka pakai tapi versi komersil kok ngotot? Itu semua orang udah tau mas bro. China juga dikasih beli barang sama mereka rata2 versi K.

      Bermasalah atau ngga pas operasi itu urusan duit. Barang Rusia itu perlu dirawat sering-sering. Ga ada duit buat perawatan/spare part ya ga bisa terbang.

      Indonesia dan Malaysia sama2 dapat versi K tapi Indonesia bisa ngerawat dan Malaysia ngga. Makanya yang satu bisa terbang yang satu ngga. Ga ada urusannya sama "kwalitas no. 1" atau "produk yang mereka pakai". End of story.

      Hapus
    2. Gerhard jangan heran sama Sijungkirbalik ini.

      Sijungkirbalik ini tipikal fansboy yang kagak ngerti apa2.

      Udah jelas si Kikilo itu suara mesinnya bising sehingga dindingnya perlu dilapis karet luar dan dalam supaya bisa meredam suara mesinnya.

      Udah gitu pakai bahan baja yang murah sehingga mudah karatan, fungsi karet juga untuk menutup karatannya itu biar nggak segera ketahuan.

      Trus jika Kikilo dijual ke negara lain senilai usd 300 juta atau usd 450 juta, berarti aslinya harganya adalah sepertiganya (usd 100 - 150 juta), itu karena salesnya pernah bilang kalau alutsista Rusakiye yg dijual ke negara lain dinaikkan harganya hingga 3 kali lipat (supaya Rosoboroborongepot dapat untung gede dari situ).

      Artinya Kikilo sebenarnya adalah barang murah yang dijual sangat mahal.

      Hapus
    3. Enak buatan rusky bisa di pergunakan untuk perang....kalau buatan Mamarika di pake perang apalagi lawan sekutunya jelas langsung di embargo...tapi kalau lagi saat damai saat ini ya balance lah produk mamarika punya rusky ada europe tersedia....tapi yg terpenting made in indonesia no.1

      Hapus
    4. Mas Tupez,

      Sama mas, si Rusakiye juga bisa mengembargo jika barang bikinannya dipakai untuk melawan sekutunya.

      Hapus
    5. @TN..ya tapi kalau dilihat segi konfik lebih banyak peluang terjadi ke sekutunya mamarika...bahkan konflik internal dalam negeri saja bisa kena embargo mamarika...owhya KS kilo gak jelek2 amat koq...apalagi yg improved kilo....KS nya uda sering masuk tuh ke area Nato tapi sulit di deteksi...wwkkwkwkk

      Hapus
    6. Semua produk ada kelebihan & kekurangan lah mw dari US,Rusia,Cina,Eropa bahkan made in dewe...Tapi ya saya lebih senang & bangga produk made in dewe..cintailah produk2 indonesia...hehehhhee

      Hapus
    7. Lho konflik internal dalam negeri juga bisa diembargo sama si rusakiye.

      Kita dulu mengalaminya.

      Hapus
  28. Yang di butuhkan sekarang rudal
    Apa kabar rudal basopati
    Mirip paranormal Mr Tukul ae
    Wkwkw

    BalasHapus
  29. Sorry out of topic :

    http://www.angkasareview.com/2018/07/30/puspenerbal-lakukan-sosialisasi-rekrutmen-bintara-penerbang-di-stpi-curug/

    Wah ALRI butuh penerbang yg sudah dapat Private Pilot Lisence (semacam SIMnya pilot gitu), artinya butuh banyak pilot yg tidak terlalu lama ngedidiknya.

    Apakah ini pertanda mendekatnya akuisisi Viking ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daripada viking ya mbok beli poseidon sekalian...biar tni au pake aew&c & 235,295 mpa....poseidonnya biar tni al yg beli..sekalian beli F 18 Super hornet cukup 8 bijik je heeheee..biar kapalnya ada yg jagain..biar jet tni au fokus ke scramble.

      Hapus
    2. Mas Tupez,

      Masalahnya :
      1. Perkiraan biaya akuisisi
      3 poseidon = 24 viking
      2. Sisa jam terbang yang masih dapat digunakan oleh Viking masih banyak, sehingga Viking bisa digunakan selama lebih dari 30 tahun lagi.
      3. Viking ready stock, hanya butuh pemeriksaan, upgrade dan penguatan kembali sebelum dikirim.
      4. Viking yang 24 itu bisa disebar di 6-8 penjuru negeri.
      5. Viking bisa bertindak juga sebagai pesawat tanker dan pesawat cargo.
      6. Akuisisi Viking sebagai cadangan atau pengisi jeda sementara C235 versi mpa/asw dibikin.
      7. Soal super hornet atau merek yang lain untuk alri mungkin di kemudian hari akan dipikirkan.

      Hapus
    3. Wes sak karepmu bro...mau pilih viking boleh..ak tetap bobotoh...loh koq jadi suporter bola...wkkwkkwkk

      Hapus
  30. Ada yg bilang barang bermasalah tidak ada hubungannya dengan kwalitas...

    Numpang nyengir aja lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barang bisa bermasalah kalau :

      1. Pemakaiannya tidak benar
      2. Pemeliharaannya tidak benar.
      3. Pelatihan dan supervisi bagi teknisi tidak benar.
      4. Barangnya expired.
      5. Barangnya cacat produksi.

      Hapus
    2. Barang paling bermasalah adalah ketika barang dapat hibah tapi tak de ongkos buat kirim...jadi kapan nak tiba barang tuh...wkkkwkkwkkk

      Hapus
  31. bhuahaha ane di bilang ngeyel dan ada yg balas dendam, coba tolong sebut kan alutsista rusia yg bermasalah yg di beli indonesia?????? waahhh berarti ada orang yg bilang india itu negara bokek ya, eh coba cek negara yg punya hubungan ame amerika tp ketika beli alutsista dr rusia pasti ada masalah,,,ane bikin produk yg tangguh tp ketika saya membuat versi komersil dan menjualnya suka ane bikin seri nya, ketika saya mau memberi yg bagus ame sahabat ane ya terserah ane bikin seri komersil tp yg penting dalam bagus kwalitasnya, kalau ane bikin seri spesial pasti negara yg mengincar teknologinya pasti nguber tu barang dan yg pasti ada kecemburuan antar konsumen,,jangan pastikan sebuah kwalitas pada merek sebuah seri karena sesungguhnya itulah yg paling sering menipu, SU-30MK2 hanya indonesia dan cina yg punya ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukhoi kita beberapa kali lama di Belarus musti perawatan ga bisa terbang. Dan jam terbang antara perwatan lebih pendek dari barang barat karena kwalitasnya dibawah buatan barat. F-16 kita ada yg ga bisa terbang selama itu krn musti perawatan lama? Mau ngomong apa lagi?

      Jangan campur kecanggihan dan kwalitas. Malay, China, India, Indonesia semua dapet versi K alias kw2 modifan. 3 negara bisa ngerawat, 1 negara ga bisa ngerawat. Maka yang satu digrounded padahal kwalitasnya sama.

      Batu.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. To long ya mas. Sesama anak bangsa di larang ribut. Kecuali sm Malone sy dukung. Lanjut buahahah

      Hapus
  32. ya ya ya ane cuman fans boy, tp sayang seorang fans boy bisa melabrak manusia2 songong yg belagu sok tau segalanya,,,aku nimbrung komentar di sini bukan ingin sok pintar tp karena i love indonesia ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar mas..
      indonesia tuh netral

      beli produk US, Euro dan Rusia juga

      silaken kalo ente fanatik dengan produk Rusia
      tapi TNI AU dan pemerintah tau mana yg dipilih.

      santai saja.. ga usah ngotot bro..
      pake labrak2 segala
      hahaha..

      Hapus
    2. Slow bro...bawa happy aja...indonesia suka sama gado2...gak zaman pro 1 blok aja...saya suka sukhoi bukan berarti gak suka sama F 16....yg penting negara ini ada yg jagain mau produknya buatan mana terserah...yang penting kalau ada maling masuk kita gebuk....heeehee

      Hapus
    3. Beli barang itu bukan cuma masalah canggih2an goblok. Tapi yang lebih penting masalah perawatan.

      Barang Rusia exportan faktanya sama dengan barang AS exportan. Semua versi komersil. Semua versi K.

      Mau dibilang barang Rusia kita kwalitasnya lebih bagus nyatanya F-16 kita uptime between maintenancenya lebih lama dari Sukhoi kita. Belum lagi Sukhoi musti dirawat di Belarus jadi downtimenya lama. Mau ngomong apa lagi?

      Indo, India, China, Malay semua dapet versi K. Tapi 1 dari 4 negara itu ga bisa ngerawat, makanya grounded padahal "kwalitas"nya sama.

      Goblok dikasih tau jangan ngeyel. Lu itu ketuker kwalitas sama kecanggihan. Batu belagu.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  33. Beli => rame.
    Ga beli => tuaambah rame...πŸ˜€πŸ˜πŸ˜‚

    Beli => nemu ada klirunya.
    Ga beli => tuaambah kliru...πŸ˜€πŸ˜πŸ˜‚

    Wajar sih, kita bayar pajak, berhak tau & mengkritisi yg diblanjain. Yang penting, jangan ribut ama bangsa sendiri yaaak..ntar ada yang mendulang kesempatan & ngetawain..😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuja mas bro...Ehh Setuju...musuh kita bukan sesama anak bangsa...musuh kita adalah yang mau merusak bangsa ini.

      Hapus
    2. saya suka coment anda(bikin adem)teruskan dan lancrotkan masbroh....MERDEKA

      Hapus
  34. saat anda disenggol manusia blagu songong sok tau segalanya hanya gara2 rasa fanatik dan cinta anda pada indonesia terus apa anda diam aja???? sory ane diserang pasti ane serang balik sebab ane bukan nabi ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiah masih esmosi aja nih masbro..
      seloow.. santai..

      semua sdh pada paham kok ente fanatik sama ploduk lusia..
      jangan ampe diketawain mereka yg ga suka militer kita makin kuat.

      sabar ya bro.. disini bebas komen..
      semua jadi kelihatan kok level kedewasaan dari cara komennya

      Hapus
    2. Bantu UP aja lah biar cepat

      Hapus
  35. Produk alutsista rusia rusia murah tetapi lebih ribet di urusan perawatan karena bagi mereka hanya untuk perawatan saja di jadikan ajang bisnis, beda dengan barang militer dari blok barat service ringan dan berat adalah hal kewajiban bagi konsumen sebagai bagian dari pelayanan utama, umur mesin dari rusia biasanya lebih pendek di bandingkan mesin buatan blok barat, rusia pelit tot sedangkan dari blok barat lebih familiar dalam urusan tot, yang saya tahu hanya tank amphibi bmp3f yg di beli untuk marinir kualitas y hampir sama yg di pakai oleh marinir rusia, sedangkan dari blok barat adalah 8 apache yg baru dibeli penerbad kemampuan y hampir sama dengan yg di miliki oleh tentara amerika , apache kita lebih canggih dari yg di miliki singapura, rencana akuisi apache maksimal 40 unit sampai 2024 mef III

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada yg mikir kalau beli barang itu cuma masalah kemampuan..tapi ngk mikir soal pemeliharaan.

      Maintenance barang Rusia lrbih mahal. Ongkos terbang 1 jam Flanker hampir 3 kali lipat ongkos terbang 1 jam F-16.
      Ini bukan hanya masalah bahan bakar aja, tapi juga masalah maintenance setelah dipakai.

      Cuma fans boy barang Rusia ngk mau akuin kalau maintenance barang Rusia lebih mahal..padahal TNI-AU aja udah akuin.

      Tapi biar aja..fans boy barang Rusia boleh nulis macem2 di forum2 tapi lihat kenyataan barang Murika dan barat tetap akan jauh lebih banyak dibeli dari barang Rusia sekaranh dan kedepan..he,he

      Hapus
    2. Ya kalau lebih mahal maintanance ya wajarlah kalau bandinginnya sukhoi yg double enjin dengan F 16 yg single enjin....yg sukhoi jarak jangkau lebih jauh ya tentunya bahan bakar lebih banyak....tapi jangan sebelah mata liatnya memang operasional & perawatan sukhoi mahal...tapi liat juga lah sisi kemampuannya....intinya user yaitu tni au sudah mengkaji...jadi gak perlu kita yg repot.

      Hapus
    3. Liat juga lah prestasi sukhoi kita mampu men down force hattrick dalam setahun blackflight...zero accident alhamdulillah...mahal memang mahal sukhoi itu tapi kalau untuk namanya sebuah kedaulatan bangsa...why not...?

      Hapus
    4. Benar, Russia is very poor follow ups and after sales servis.THe SU class birds require extensive maintenance and spare parts change. That's why Su30 MKM less flying and SU30 Mki always crashed. The decision to purchase SU35 must be for reasons otherwise indon senang digondolin.Kikiki..

      Hapus
    5. Less flaying dalam hanggar.. Malon bahkan tak mampu beli sparepart nya mig 29 usang malon mau di jual untuk beli sparepart sukhoi πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    6. Kingkong@ sejak bila sukhoi pernah crashed wkwkwk,ada link tak lon...kl aq ada link sukhoi malon bengap di hanggar tak boleh terbang kerana tiada sparepart wkwkwk

      Hapus
  36. aku dulunya suka sama ala amerika tp setelah banyak mempelajari dan menilai menurutku amerika banyak melakukan hal2 diluar batasannya, mereka hanya memikirkan kaum mereka saja dan yg lainnya sesungguhnya mereka anggap bukan manusia, ya mungkin rusia bukan jg negara yg baik tp rusia tau menjaga perasaan negara sahabatnya dan tau caranya menjaga hubungan,,,aku tetep mendukung penuh posisi indonesia sebagai negara non block, indonesiaku semoga semakin jaya.. mat malam semuanya' maaf kalau ada komentarku yg menyinggung.GBU all

    BalasHapus
  37. Min....pesen artikel baru dong, gue pegel nyecrollnya kalo mo komen πŸ˜₯

    BalasHapus
  38. ada yg nyamain biaya terbang flanker ame F16,,,kalau mau irit pakai pesawat capung, F22 dan F35 pesawat paling boros' padahal tu F-35 single engine dan jg perawatan sangat2 mahal oleh sebab itu italia dan beberapa negara lain mulai berfikir untuk mengurangin atau membatalkan pesanan F35 dr lockhed martin,,,kalau mau samai biaya terbang dan perawatan flanker ya cocoknya ame F15 atau F18 itu baru adil karena sama2 duble engine, jelas berbeda biaya terbang ama perawatan single engine dan duble engine,,,ya ane emang seorang fans boy tp sayang ane masih bisa berfikir sedikit logis ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. F-35 8382 kg avtur combat radius 1239 km. Su-35 11500 kg avtur combat radius 1500 km. 8382/1239 = 6.765 kg/km. 11500/1500 = 7.666... kg/km. Borosan mana cuk? F-35 paling boros? Yakin lu? Data tarik darimana? Dari pantat?

      Perawatan F-35 jelas lebih mahal lah tolol. F-35 itu pesawat stealth. Pake coating Radar Absorbent Material. Itu musti direcoat mayan sering dan itu mayan mahal. Belum lagi tetek bengek avioniknya. Jelas lebih mahal.

      Logis? Yakin? Logis apa ngomong asal jeblak data tarik dari pantat?

      Tapi ada uang ada barang. Di Red Flag kemarin F-35 udah berhasil menang dengan kill ratio 15-1. 15 pesawat musuh hancur untuk setiap F-35 hancur. Semua karena F-35 bisa ngeluncurin misil sebelum musuh bahkan tau mereka ada di sana.

      Awal2 kemarin F-35 kalah sama F-15 atau F-16 hanya karena pilotnya masih baru dan belum tau kelebihan-kekurangan F-35. Jadi dia terbang not as intended. Semua pesawat ya kalah lah kalo ga diterbangin sesuai kelebihan/kekurangannya.

      Hapus
  39. Aku oleh momen ora to iki....#nonsukhoifansboyYAMANnauw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padune meh ngetes sopo sing durung turu.

      Hapus
    2. Xixixi....sing kroso nek lg dirasaniπŸ˜‚

      Hapus
    3. wakss mojok disini, demen amat maen dibawah. tmenin guwe donk diatas haha!πŸ€“πŸ€“πŸ€“

      Hapus
  40. ...Entah kenapa Ane juga sangat menyukai Su-35 Flanker E,

    ...bagiku F-22 sama F-35...hanya sebatas PESAWAT TEMPUR KHAYALAN


    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  41. ...dan yang membuat hatiku bertanya2 adalah


    ...Russia tidak pernah khawatir dengan adanya F-22 sama F-35, sementara Amerika begitu khawatir dengan adanya Su-35 Flanker E

    ...apa Amerika cuma pura2 kali ech ?


    ...Xixixixixixi :D



    BalasHapus
  42. Ngomongin boros malon lebih siap boss.
    Hornet and sukhoinya udah pke mesin honda and perawatan udh pake sanpoli.
    Jelas indonesia tertinggal boss

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...dalam hal itu Malon Beruk, selangkah lebih mundur


      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    2. Itu sebabnya SU30 MKM masih terbang dan sentiasa diupgrade.Latihan terbang lepas sama F22. Itu tarafnya. indon su? Senang digondolin. Kikiki..

      Hapus
    3. F-18 Malon pakai mesin Honda lalu Sukhoi malonsial pakai mesin Proton yang mudah meletup πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    4. Kingkong@ loe tau gk,Sukhoi ko tuh dikatain pake engine honda wkwkwk

      Hapus
  43. Balasan
    1. πŸ˜πŸ˜‚
      Yang penting beli bro..santailaah..😎

      Hapus
    2. Pesawat keropok lebih canggih dari Su30mkm flying coffin wkwkwk

      Hapus
    3. Yah cuma jadi penonton, yg sabar ya πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  44. Ada yang tahu CPFHnya Strike Eagle / gak? Qiqiqi...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Dari pada mbandingin Mio ama Xmax...πŸ˜πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallah...
      Mas smilling wes mapan tha...?
      Hwekekekek...πŸ˜‚πŸ˜

      Hapus
  45. BHUAHAHAHAHAAA GERHARDA TOLOL TERIAK TOLOL,,,YAKIN PEJELASAN ENTE RASIONAL????? APAKAH KOMENTAR ANE DIATAS ADA MEMINTA UNTUK MEMPERBANDINGKAN BIAYA PERAWATAN F35 DAN SU35?????? MAKANYA BACA ITU DISIMAK BAIK2, ADA KALIMAT YANG ANE TULIS BIAR ADIL PERBANDINGAN BIAYA PERAWATAN SU35 PANTASNYA DISANDINGKAN F15 ATAU F18 KARENA SAMA2 DUBLE ENGINE, KALAU SAYA MENYEBUT F22 ATAU F35 UNTUK MENEGASKAN KESELURUHAN PESAWAT TEMPUR MODERN YANG PALING MAHAL PERAWTAN DAN PALING BOROS SESUAI DATA YANG ADA,,,DARI PENJELASAN ENTE DIATAS ANE PASTIKAN ENTE ADALAH SALAH SATU KORBAN SALES PESAWAT TEMPUR F35, TIDAK PERNAH SEJARAHNYA ADA PERUSAHAAN YANG BERANI MENGAKUIN KEKURANGAN YANG ADA PADA PRODUK NYA, OTAK ANDA KEBANYAKAN MAKAN TAIK TIDAK BISA MELIHAT FAKTA BAHWA PESAWAT TEMPUR F35 ITU TAMBUN' SAMA SEPERTI MANUSIA BILA DIA GENDUT PASTI TIDAK LINCAH, BILA SAYA SEORANG SALES SAYA AKAN MELAKUKAN APA SAJA UNTUK MEMBUAT PRODUK YANG SAYA TAWARKAN LAKU DIPASARAN TERMAKSUD TERMKSUD MENGARANG CERITA KEMAMPUAN PRODUK SAYA, GAK ADA SEJARAHNYA SEORANG YANG GENDUT LOMBA LARI AME YANG KURUS BISA MENANG, TERMAKSUD PESAWAT TEMPUR YANG TAMBUN BISA MENANG DOG FIGHT DENGAN PESAWAT YANG LEBIH RAMPING, DARI ANALISIS INILAH JERMAN TIDAK IKUT DENGAN PROGRAM INI DAN ITALIA MEMBATALKAN SISA PESANAN F35 MEREKA, TAUKAH ANDA ALASAN KENAPA AMERIKA MENEKAN JERMAN UNTUK MENINGKATKAN ANGGARAN MILITER MEREKA????? KARENA JERMAN TIDAK IKUT DALAM PROGRAM F35, TIDAK IKUTNYA JERMAN DALAM PROGRAK F35 AKAN MEMBUAT NEGARA LAIN CURIGA DENGAN KEMAMPUAN F35, RUSIA JUGA TIDAK CEMAS DENGAN KEHADIRAN F35 ATAU PUN F22 SETELAH MUNCULNYA SU35 DAN S400 YANG MAMPU MENCIUM KEBERADAAN PESAWAT TEMPUR SILUMAN MEMBUAT NEGARA2 MULAI PUNYA NIAT MEMBATALKAN PESANAN F35, YANG DIHARAPKAN PADA PESAWAT TEMPUR F35 CUMAN PERTEMPURAN JARAK JAUH TAPI BILA TABUNG SENJATA TERBUKA PESAWAT TEMPUR GENERASI 4 PUN MAMPU MENCIUM KEBERADAANNYA, KEUNGGULAN SU35 YANG MAMPU MENCIUM KEBERADAAN F35 MEMBUAT RUSIA TIDAK KHAWATIR DAN MENYIMPULKAN BAHWA PERANG MODERN JUGA TIDAK BISA LEPAS DARI PERTEMPURAN JARAK DEKAT YANG ARTINYA PESAWAT TEMPUR YANG UNGGUL DALAM DOG FIGHT AKAN MEMENANGKAN PERTEMPURAN, ALASAN INILAH MENGAPA RUSIA TERUS MEMGEMBANGKAN KEMAMPUAN SU-30SM, SU-30 MEMPUNYAI STRUKTUR DASAR YANG KUAT UNTUK MELAKUKAN PERTEMPURAN JARAK DEKAT DAN RASIONYA SANGAT MEMATIKAN,,,,TOLOL ENTE PELIHARA, MATA DAN OTAK KAGAK NYAMBUNG AKAN MEMBUAT ANDA TERUS MENJADI KORBAN SALESMAN.GBU

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. SATU LAGI YANG KURANG, ALASAN RUSIA INGIN MENGEMBANGKAN RUDAL SILUMAN DISEBABKAN KONSEP PESAWAT TEMPUR SILUMAN AMERIKA MENGORBANKAN KEUNGGULAN/KEMAMPUAN SUPERIORITAS UDARA' SEMENTARA PERANG MODEREN MAU TIDAK MAU PASTI TIDAK BISA LEPAS DARI PERTEMPURAN JARAK DEKAT DISEBAB KEMAMPUAN SISTEM RADAR PENCIUM KEBERADAAN AKAN TERUS DAN TERUS MENINGKAT YANG ARTINYA PESAWAT HANTU SEKALI PUN AKAN TERDETEKSI,,,AKU BUKAN SOK PINTAR TAPI AKU MENCOBA MENGIKUTIN APA YANG RUSIA PIKIRKAN.GBU

    BalasHapus
  48. Kalo mau murah pake minyak tanah pengganti aftur, gitu di jual mahal padahal kan sama-sama fraksi kerosin. Hahaha.

    BalasHapus
  49. Biaya CPFH (cost per flying hour) menghitung biaya amortisasi investasi, biaya operasional, biaya maintenance, biaya pemeliharaan system.
    Repotnya ini bisa berbeda-beda dari tiap pemakai. Contoh biaya CPFH Flanker di India lebih murah, krn India sudah banyak melakukan pemeliharaan sendiri termasuk pengadaan suku cadang. TNI-AU bisa lebih mahal, krn belum punya infrastruktur pemeliharaan Flanker (alias semua masih dikirim keluar).

    Tapi secara rata2 ngk akan beda jauh..dari berapa sumber (bisa google sendiri dah)..rata2 CPFH yg diyakinin bener oleh forumers dan media di luar:

    F-22 $ 61.000
    F-35 $ 43.000
    Su-35 $ 36.000
    Su-27/30 $ 32.000
    Su-30MKI $ 28.000 (lebih murah krn India hampir semua melihara sendiri)
    Typhoon $ 32.500
    Rafale $ 28.000
    F-15E $ 20.000
    F-18 $ 13.500
    F-16 $ 9.000 - 12.000
    Gripen $ 8.000

    Jadi pesawat2 yg populasinya banyak..yah biaya CPFH'nya lebih murah lah..wakaupun sama2 pake 2 mesin.
    Kenapa ? He,he..yah biaya spare partsnya lebih murah toh..
    Selain itu mesin2 Amrik itu lebih modular dari mesin2 Eropa apalagi Rusia..jadi pemeliharaanya lebih gampang.

    Kenapa F-35 kok mahal banget CPFH'nya ? Krn pesawat haru dgn tehnologi baru..ingkos produksinya belum nutup economics of scale..yah 10 tahun lagi juga bakalan turun.

    Kenapa CPFH Su-30 dan Su-35 ngk banyak beda ? Krn Su-35 hanyalah pengembangan Su-27/30..bukan pesawat yg bener2 baru

    Kenapa F-16 kok murah ?..Yah sama aja nanya kenapa melihara Toyota lebih murah dari merek lain..mobilnya banyak..spare partsnya jadi murah..

    Kenapa Gripen bisa murah..padahal populasinya ngak hanyak..Gripen banyak pake system yg juga dipakai pesawat2 Amrik..jadi bisa nebeng harga spare parts (system ini termasuk mesin dan komponen elektronik)..

    Udah ahh..

    BalasHapus