12 Juli 2018

TNI AU Akan Kirim Pilot dan Teknisi Su-35 ke Rusia

12 Juli 2018


Pesawat tempur Su-35 (photo : TASS)

Madiunpos.com, MAGETAN – TNI Angkatan Udara akan mengirim pilot dan teknisi ke Rusia untuk mempelajari hardware dan software pesawat tempur Sukhoi Su-35. Pengiriman pilot dan teknisi ini sebagai persiapan kedatangan pesawat tempur tersebut di Lanud Iswahjudi.

Hal itu disampaikan Sekdis Dinas Aeronautika Angkatan Udara (Disaeroau), Kolonel Tek Bambang Triono, saat meninjau kesiapan Lanud Iswahjudi terutama bidang personel, operasi, dan logistik sebelum kedatangan pesawat tempur Sukhoi Su-35, Selasa (10/7/2018).

Kolonel Tek Bambang Triono menuturkan pihaknya segera mengirim para pilot dan teknisi untuk alih teknologi terkait hardware dan software Sukhoi Su-35 ke Rusia. Alih teknologi ini penting dilakukan sebelum delapan unit pesawat tempur itu tiba di Lanud Iswahjudi.

Dia menuturkan secara bertahap pesawat tempur Sukhoi Su-35 akan tiba di Indonesia mulai bulan Agustus 2019. "Kami berharap pada tahun 2019. Kami sudah mempunyai delapan pesawat Sukhoi Su-35 full combat," kata dia dalam siaran pers dari Lanud Iswahjudi, Rabu (11/7/2018).

Bambang menyampaikan pembelian pesawat tempur Sukhoi Su-35 ini untuk menggantikan pesawat F-5. Selain itu, pesawat tempur ini juga untuk meningkatkan pertahanan dan keamanan nasional.

Kesepakatan imbal beli pesawat Sukhoi Su-35 ini sudah diteken oleh Indonesia dan Rusia sejak 10 Agustus 2017 lalu. Pada saat itu, kesepakatan pemerintah Rusia akan membeli lebih dari satu komoditas ekspor  milik Indonesia. Berbagai pilihan komoditas ekspor itu seperti CPO dan turunannya, mesin, kopi dan turunannya, kakao dan turunannya, tekstil, teh, alas kaki, ikan olahan, furnitur, kopra, plastik dan turunannya, kertas, rempah-rempah, produk industri pertahanan, dan produk lainnya.

Kedatangan Kolonel Tek Bambang Triono disambut Danlanud Iswahjudi, Marsma TNI Samsul Rizal. Setelah menerima paparan dari Disaeroau kemudian dilanjutkan dengan peninjauan tempat yang nantinya digunakan sebagai hanggar pesawat tempur Sukhoi Su-35.

(SoloPos)

104 komentar:

  1. Balasan
    1. 08 = prabowo = salep kulit

      prabowo gatel wkwkwk land

      Hapus
    2. Pembelian Su35 ini hasil karya pakde lho bro

      Hapus
    3. Info yg dulu 11 bro, yg 3 kemana

      Hapus
    4. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Ingat....ingat target sampai 2024 total = 180 unit pesawat tempur wajib tercapai !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. 180 unit itu total semua fighter TNI-AU. Bukan sukhoi aja om.

      Hapus
  3. Jadi beli nih ? :-D

    Kalau melihat yg dulu2 waktu pembelian SU27 dan SU30 sih memang setahun sebelumnya pilot2 dan teknisi pesawat sudah belajar di Rusia. Saya pernah baca lupa dimana infonya Sukhoi TNI itu dibawa sendiri oleh pilot2 TNI dari Rusia ferry flight ke Indonesia dan untuk ukuran new user sudah cukup mendapatkan apresiasi dari pilot2 Rusia. Cmiiw.

    OOT, sekilas tentang komparasi harga pesawat paket kosongan based on data lama.

    Rusia :

    • Su-35BM: $57+ million
    • Su-27SKM: $27-30 million
    • Su-30MK series: $37,5 million
    • MiG-35: $40 million
    • MiG-29K: ~$20 + million

    Amerika :

    • F/A-22: ~$220 million
    • F-15SE: ~$120-140 million
    • F-15E: $110-130 million
    • F-35B: $150 million
    • F-35C: $139.5 million
    • F-35A: $122 million
    • EA-18G: $68.2 million
    • F/A-18E/F: $55.2 million
    • F-16V : $126.3 million
    • F-16E/F Block 60: $90 million
    • F-16C/D Block 50/52+: $78 million

    France :

    - Rafale M: possibly $155 million or $120 million

    German :

    • Eurofighter Typhoon Tranche 3A: $150 million

    --------------------------

    Coba dicompare guys :

    - SU35 vs Mig35 selisih $ 17 Mil lebih mahal Sukhoi, canggih mana ? embuh...
    - Beli 1 buah F15 sama dapet 2 biji SU35, mending mana ? Quality or Quantity ?
    - F16 Block 52 spt punya Indonesia ternyata lumayan mahal, $ 78 million atau masih sisa duit kurleb $ 20 Mil bila ambil paket SU35.
    - Lebih mahal F16 ketimbang F18, selisih $ 25 Mil per unit... padahal F18 mesinnya dua yaa kok lebih murah ? Aneh.
    - F16 Viper $ 126 Million.. overprice lah..
    wes gak jadi pro Viper lah saya.. mendingan ambil ex Sing udah block 52 beneran. hahahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl gripen harganya berapa om

      Hapus
    2. Grippen kalau lihat datanya lumayan mahal mas..

      • Gripen NG: ~$120-150 million
      • JAS-39C/D: $70 million

      Gak tahu deh bener enggak nya harga segitu ? Kok mahal bener ya mirip F15 ?? Kayak kita disuruh milih beli mobil tesla yg mahal waktu beli awalnya tapi irit maintenancenya atau beli mobil merk lain teknologi jadul 4 cyl murah tapi boros bensin dan maintnya. Hahahaha..

      Hapus
    3. Harga tiap pesawat berbeda tergantung paket penawaran (ILS, training, dokumentasi, munisi, acc, etc).
      Jadi ga bisa dibandingkan apple to apple.

      Hapus
    4. Sepertinya F16 ex sing di beli gk akan terjadi om kerana kebijakan pakde jokowi dalam beli alutsista itu hrs yg fresh dan baru kerana jika beli yg bekas rentan dgn keselamatan pilot terutama pesawat dan heli om,kl beli SPH Paladin bolehlah yg bekas,kl beli pesawat atau heli bekas tiba2 ngadat di udara saat terbang bisa bahaya om,kita dah pengalaman di zaman SBY pembelian F16 bekas dari gurun arizona sudah 2 pesawat yg trouble,kl om gk percaya tanya deh om dharma

      Hapus
    5. Betul mas Budi.. itu tadi harga standar di web sih.. tapi gak tahu juga apakah salah satunya harga paketan. Kalau melihat list harga diatas SU35 $ 57 Million rasanya harga kosongan mas... karena kalau gak salah pernah baca dulu pengadaan TNI totalnya kalau dibagi perunit SU35 TNI nanti harganya jadi kurleb $ 90 - $ 95 Mil / unit.

      CMIIW

      Hapus
    6. Mas Rempit harusnya tidak begitu ya.. kalau beli second hand tapi user sebelumnya sudah terkenal punya uang untuk maintenenance sangat banyak dan suka dandanin pesawatnya rasanya gak akan ada bedanya dibanding beli baru.

      F16 ex Sing saya yakin kondisinya lebih baik dari yg ex gurun punya TNI apalagi sudah customise sana sini. Sing terkenal dengan standar quality alutsista yang paling terawat dan termodern di negara ASEAN, jadi kalau beli ex Sing saya masih merasa ini jadi pembelian terbaik ketimbang beli dari negara lain.

      Hapus
    7. Om superstar,emang F16 ex sing terkenal superior dan maintenancenya terjaga dgn baik,tapi amanat undang2 mengharuskan setiap pembelian alutsista harus ada imbal baliknya kpd indonesia entah itu indonesia dapat TOT,Offset atau indonesia di izinkan membuat fasilitas MRO untuk produk alutsista yg di beli,kl beli F16 ex singapore lha dapat apa imbal baliknya,mending beli F16 viper atau gripen terbaru yg penawaran TOTnya menggiurkan

      Hapus
    8. Yakin yang ex-Singapura kondisi lebih baik dari yg gurun? Itu artinya standar perawatan Singapura lebih baik dari US loh.

      Kalau flight hour sama, airframe di negara tropis kondisinya pasti lebih parah dari tempat yang lebih kering. Apalagi kalau dekat dengan laut.

      Hapus
    9. Mas @Rempit.. kalau melihat eskalasi ancaman issue LCS yg lagi hot kayaknya opsi beli langsung juga bakalan dipikirin pihak TNI, TOT F16 memang jadi opsi menarik apalagi ada keinginan US utk memplot Indonesia atau India sebagai garage terakhir produksi F16 seri Viper. Tapi biasanya TOT itu identik dengan uang yg lebih banyak ketimbang beli jadi.. biasanya malah exceeded 30 sampai 50 persen. Saya malah agak2 ngeri kalau TOT jadi dilaksanakan karena PT.DI kayane lagi fokus TOT di KFX dan IFX project.. ribet gak tuh kalau ditambahi TOT Viper ? :-D

      Mas @IRS, bener juga sampiyan bro..
      gw gak kepikiran negara tropisnya sih hehehehehe
      Bagaimana dengan umur mesin dan frame yg digurun (ex dipake desert storm) versus yg nongkrong dihanggar (ex sing)?... hehehehehe

      Hapus
    10. beda ny F16E/F sama F16V itu apa ny?? bkn ny sama yaa

      Hapus
    11. Mas @Eko... kurang paham mas..
      Tapi kalau gak salah Viper itu (kalau gak salah ya) masuknya blok 70 apa 72 gitu.. kalau F16 E/F itu kayane masih blok 60.

      Sepertinya beda di conformal tank yg dipunuk dan radar AESA mas.

      CMIIW. Maap sok tahu.

      Hapus
    12. @Superstar: ngawur kebangetan. Ga ada cerita Sukhoi di bawa ferry flight dari Russia, semua dibawa pake cargo trus dirakit ulang di Hasanuddin. Hanya F16, Hawk dan T50 yg dibawa ferry flight dari negara asalnya. F5 dan A4 datang pakai cargo

      Hapus
    13. Upss maaf mas @bustomi

      untung udah saya kasih bawahnya CMIIW

      Jadi thanks koreksinya mas.

      "Saya pernah baca lupa dimana infonya Sukhoi TNI itu dibawa sendiri oleh pilot2 TNI dari Rusia ferry flight ke Indonesia dan untuk ukuran new user sudah cukup mendapatkan apresiasi dari pilot2 Rusia. Cmiiw.

      Hapus
    14. Sutuc strong..terbang dari Brazil ke mari...😂

      Qiqiqiqiqi

      Hapus
    15. Hibah atau beli F 16 sing pasti di kasih tapi feeling ane sih sing pasti lobby juga minta ruang udara RI buat latihan...waduhh..

      Hapus
    16. Say No to Falcon ex....

      Hapus
    17. @Superstar
      Kalau hanggar queen yah banding dengan hanggar queen juga dong. Singapura setahu saya latihan lumayan banyak. Mereka punya Stratotanker loh. Intinya yah mau ex-Singapura atau ex-USAF sama saja. Bagaian procurement TNI AU harus periksa pesawatnya, termasuk sejarah penggunaan. Beda dengan pesawat baru. :P

      TNI AU sudah beberapa kali menolak pesawat gratis. Mau baru atau bekas juga nggak ngaruh, biasanya satu-dua tahun pertama ada yang w/o. Flanker kita anomali kalau lihat sejarah TNI AU. XD

      Hapus
  4. bangke bgt nh berita bikin malon kejang-kejang aj...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bkn AKAN lg nih bro,AKAN versi indonesia segera menjadi nyata,bkn AKAN versi malon akan menjadi nyata gk tau kapan terwujudnya wkwkwk

      Hapus
  5. Yg di publikasikan cuma 11 yg di beli padahal belinya...buah,lebih dari 11 wkwkwk...sama cem Su-27/Su-30 yg dipublikasikan ke publik 16 biji yg di beli padahal yg di beli lebih dari 20 biji wkwkwk...Good job TNI-AU,kamu bisa !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iye om pit, dilink guwe maren, media ostrali blng kita py 20 sukhoi 27/30.

      makanya pemerintah sono yg punya ciri khas eks inglis kan rada curig n sensitip, lgs beli growler, sh ama f35 haha!😅😅😅
      ini brita yg ngeblo ap pasti ulah klo gak seles yach pelawak tuch haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  6. Dari lapak sebelah :
    www.lancerdefense.com/Desain Offshore Patrol Vessel PT PAL (Photo)/11-07-2018

    BalasHapus
  7. DPR, MENHAN dan Menteri keuangan rapat khusus untuk membahas pengadaan dan pembelian Rudal Pertahanan Udara jarak jauh S400.

    EDISIS NGAREP dan mimpi menjelang malam jumat.

    BalasHapus
  8. aku gk yakin dengan TOT yg diberikan amerika bila membeli F16 Viper, aku lebih yakin TOT gripen yg diberikan swedia' lagian kerja sama dengan amerika terlalu banyak aturan yg sesuka mereka menentukkannya,,,,kita tdk beli merek tp yg kita kejar adalah ilmu teknologinya, gripen pesawat tempur yg baik dalam dogfiht tp masalahnya gripen belum teruji di pertempuran yg sesungguhnya, meskipun belum teruji di pertempuran yg sesungguhnya aku lebih condong ke gripen karena alasan mengejar ilmu teknologi yg pasti trus tot radar AESA dr swedia, dengan kerja sama yg semakin meningkat aku yakin swedia kelak akan mau memberi tot radar AESA yg sangat dibutuhkan pesawat tempur IFX kita, terus kita akan mendapatkan ilmu bagaimana membuat pesawat tempur yg biaya oprasionalnya rendah tp kwalitasnya tetep full power,,solusinya menurutku tetep beli F16 viper agar program ifx berjalan dengan baik tp kita harus lebih banyak membeli gripen demi TOT.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wedeww diulang ulang lagi. okeh dech kali jd tertarik mo nanya2 haha!🤠🤠🤠

      pertanyaan: om raden tolong jelasken:

      1. radar AESA mana di maksud sebut tipe dan pabrikannya dan asal negara pembuatnya apakah dr swedia?

      2. mesin apa yg terpasang di gripen & asal negara mana, apakah dr swedia?

      3. kursi pespur gripen siapa yg supplai dari negara mana, apakah dr swedia?

      4. persenjataan apa yg gripen miliki dari mana saja asal pabrikannya, apakah dr swedia?

      5. tot apa yg akan dikasi pihak gripen, tlng sebut detail barang yg diproduksi & nama produsennya, apakah dr swedia?

      sekian & trims haha!🤝🤝🤝

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Langsung diem om palu kan Gripen gado2 dia gak tau cuma taunya tot

      Hapus
    4. nyoih om aditya, tp felan2 kutanya dizawab zugak, tp dibawah enoh. sukanya kucing2an cem om smilikity haha!🍺🍺🍺

      Hapus
  9. ...Asyik Su-35 Flanker E jet tempur IDAMANKU segera datang


    ...yang nge-fans sama Dassault, Eurofighter, SAAB Gripen, F-16 Viper, KFX/IFX,...harap bersabar yach semoga terkabul, kalau nggak terkabul jangan PUTUS ASA



    ...Malon hanya bisa merajuk dan pasrah Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkkwwkwkwk nie project sy dulu kang Su 35....skrg uda gol projectnya....heehehehee...next project mw nawarin Su 57 yg masih kinyis kinyis...

      Hapus
  10. ...Su-35 Flanker E rasa kopi, S-400 Triumf rasa teh, Kapal Selam Project 636 V dan Amur rasa sarden ( ikan olahan )



    ...mang Putin, bungkus mang...tong pake sambeul nya ?! Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru kang kaseps, sambel'na nu raos... rudal satan

      Hapus
    2. ...aduh etamah bro ssen, sambeul tarasi digalokeun jeung sambeul tomat atuh...pe'ed pisaaaan



      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    3. Su 35 ame kilo 636 udah pasti, cuma s-400 nya itu loh suram padahal komisi 1 DPR minta s-400 juga wkwkwk

      Hapus
    4. Atuh eta mah tinggal di sanguan bae kang wkwk @essen @kaseph

      Hapus
    5. Aneh juga yaak, DPR minta tuh rudal, yg tau teknikal kan user..😀
      Gak sedang dipepet sales tuh rudal kan?

      ...xixixixi

      Hapus
    6. Yg minta "rudal" tu mungkin oknum senator yg kegep lg berduaan dg oknum dandim di belahan timur pulau jawa, bbrp tahun silam��

      Hapus
    7. ...S-400 Triumf sedang dipersiapkan mungkin masuk MEF 3 ( 2019 - 2024 ) di Tangerang jadi home base untuk melindungi IBU KOTA



      ...bro Elgarif, sambeul tarasi jeung tomat na disanguan trus dipurulukan we ku COBEK BELUT...euh meuni ngareuy kana letah nage Xixixixixixi :D

      Hapus
    8. Beli S 400 pasti kita di gangguin sama mamarika...wkkwkkkwkk

      Hapus
    9. ...pokoke joss gandosss, godong sawi lan antanan sing dadi lalapane...panganan penak ra mesti larang regane Xixixixixixi :D

      Hapus
    10. Gabakalan di beli s400 mah wkwk

      Hapus
    11. Beli S400 itu secara psikologis menantang blok barat. Beda dengan beli Su35 dan Kilo Class.

      S400 mungkin secara sistem sudah ditanam icon2 F16, F35 dll sbg musuh... jadi kayaknya hampir tidak mungkin beli kecuali yg teknologi lama kayak S300 atau produk2 eropa baru aman kalau beli.

      * kira kira doang tulisane 😅😅😅

      Hapus
    12. kadang amrik ituw bisa standar ganda, yg shoping soping ke rusia utk s300, s400 dan buk kan bukan cuman turki. tp kok bru kali ini parlemen amrik sewot bingit haha!😅😅😅

      mesir contohnya: untuk pertahanan udara mrk punya gado2 dari mim-hawk amrik ampe s300, buk dll dr ruski.
      kok gak marah, pdhl bajet pertahanan mesir masi dpt suntikan dollar dari mrk haha!🤠🤠🤠

      emg sich ktnya turki kerna faktor f35, tp pelanggan tajir dr timur tengah cem arab sodi bahkan qatar ngebet betul ama s400, pdhl mrk salah satu peminat f35 jugak, apakah amrik brani ngeblok dagangan mrk dgn reksiko ditinggal lebih banyak kastamer elitnya, kita tunggu aja perang dagang dimulai haha!🤠🤠🤠

      Hapus
    13. ...S-400 nggak bakalan dibeli, belinya S-500 dan BUK M3E jadi kombinasi 2 jenis SAM yang mengerikan



      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
  11. Jadinya datangnya 2019 apa Agustus 2018 ini sih frens ?... jadi bingung.. Oktober 2018 pas HUT TNI kali ya ?

    "Indonesia defence ministry spokesman Totok Sugiharto said that the first two units of Sukhoi jets will be delivered in August 2018 and another six jets would be delivered 18 months after the contract comes into effect, and the final three a further five months later."

    http://www.defenseworld.net/news/22128/US_Pressured_Indonesia_to_Abandon_Su_35_Fighter_Jet_Contract_with_Russia#.W0bvJPKMu_I

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata opa menhan taon depan kuook om super haha!😎😎😎
      sssttt 🤫🤫🤫,
      link ini berulang kali guwe tampiliken byar om smiling makin kangen ama menhan bumi datar yg dgn syantiknye ikutan mejenk disamping opa, hidoppp awewee euyy haha!😍😍😍

      https://www.youtube.com/watch?v=sFtwVTkpiXk

      Hapus
    2. oiye bahrain beli F-16 Viper Block 70 juni maren. nilai kontraknya $1.1Milyar utk 16 bijik. artinya $68jutaan per bijik haha!😚😚😚

      barak utk kroasia konon $500jt 12 bijik, lengkap senjata, simulator dll haha!😉😉😉

      yg guwe heran, mesir, dgn bajet gak gde2 banget malah dibawah kita, namun masi sanggup akusisi rafal. ini kan jet premium.

      denger2 mrk dpt semilyar dollar dari amrik utk bajet pertahanannya, cem pakistan aza..beghh, fantesan amrik berang, pada dikasi duwit tp shoping sopingnye kesono haha!🤪🤪🤪

      Hapus
    3. Iya kan uda di bilang agustus 2019 berharap sudah ada 8 bijik...tapi gak menutup kemungkinan 5 okt 2018 sudah dtg 2 bijik...tergantung lobbynya bisa pinjam dulu Su 35 buat gaya seperti apache dulu...

      Hapus
    4. finjem ruski buat parade, gak ada ituw om haha!😅😅😅
      kalo alutsista buat perang, itu oke, dipinjemin ama operatornya malah, tp ituw dolo jaman sopyet haha!😋😋😋

      ama ruski historisnya kita gak perna latihan tempur bareng utk matra udara & darat. klo laut perna.
      beda klo ama amrik 3 matra sering bingit. dan guwe perna liat vlog tentara awewe amrik tinggal di barak tentara kita berminggu2 haha!😍😍😍

      nah guwe liat, media asing ada yg salah kutip, pake bawa2 nama pejabat kita yg disebut td. pdhl jika dibanding stetmen pejabat yg sama dimedia lokal ituw beda haha!😊😊😊

      Hapus
    5. @PG setau ane jg gak ada om pke pinjam2an alutsista....kalau utangan sih di kasih..wkkwkkk....yg di kasih sih klw ibarat herder uda siap gigit...heeheee...tapi kalau bisa looby itu juga masalah pinjam2 yg iya rusky jg tipenya agak alot...

      Hapus
    6. nyoih om, tp gak enak bilang beli seken, mana kridit lg, jaman ituw kan gengsinya tinggi haha!😎😎😎

      jd enakan bilang finjem ama sopyet, kekerabatannya uda kyk sodara kanduanglah haha!💂‍♂️💂‍♂️💂‍♂️
      pdhl bayarnya nyicil puluhan taon om haha!😊😊😊

      Hapus
  12. yang 2 biji datang adalah pinjaman buat parade

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciri2 udah pasti beli... dipinjemin dulu hahahahaha 😅😅😅😅😅😅😅

      Btw lihat yutup launch 3 hari lalu.. lupa linknya.. didepan hull body Pandur 8x8 udah ada emblem emboss Pindad nya lho ? Apa emblem ini maksutnya emblem pemasangan Turret 105mm kmrn atau resmi akhirnya basic Pandur yg dipakai buat Pindad bikin 8x8 IFV ?

      Hapus
    2. kalo ampe gak dateng, kira2 om daru mao setor jidat gak buat fentungan guwe haha!🔨🔨🔨

      Hapus
    3. lah dari hut tni taon lalu itu emblem uda ada om super. nich lg guwe liatin potonya, dikiri kan
      smua dari tipe 20mm, apc, 105mm kena tempelll haha!😱😱😱

      biasalah disini, kalo perlu sukhoi 35 nanti di tempelin pindad jugak, soalnya bomnya ntar dari mrk sich haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    4. Hahahaha maap mas saya gak perhatiin detail soale asyik mandangin Harimau Hitam mas..hahahaha

      Hapus
  13. Guys ternyata mehong juga Defense system ya
    Mendingan banyakin Anoa sama KCR aja lah guys
    Hahahaahaha

    USA ->

    • THAAD Battery: $2.25 billion for radar, control systems, 3 launchers, & 48 missiles

    - PAC-3 Battery: $1.1 billion for radar, control systems, 4 launchers, 24 GEM-C/T & 32 PAC-3 missiles

    - Improved Patriot (PAC-2+) Battery: $350-400 million for radar, control systems, 4 launchers, & 32 GEM-C/T missiles

    • THAAD Missile: $12 million
    • PAC-3 Missile: $4.5 million, $4 million for reloads
    • Patriot GEM-C/T: ~$2.5 million new, $600,000 as upgrade of existing missiles
    • MIM-104D Patriot: ~$2 million


    versus RUSIA ->

    • Missile systems
    • S-400 (SA-21): $400 million per fire unit (8 launchers, 112 missiles, command and support vehicles)---
    • S-300PMU-2 - (SA-20B): $200 million per fire unit (6 launchers, 48 missiles, command and support vehicles)
    • S-300PMU-1 - (SA-20A): $160 million per fire unit (6 launchers, 48 missiles, command and support vehicles)
    • Buk-M1-2 (SA-17): ~$120 million per battalion with 6 TELARs, 6 transloaders, & 36 missiles
    • Tor-M1 (SA-15): $25 million
    • Pantsir-S1: $16+ million
    • Bastion-P Coastal Defense Battery: $150 million for radar, control center, 6 launchers, & 36 missiles –

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau namanya main rudal gak ada yang murah serba mehong om....wkkwkkk.

      Hapus
    2. kata om pedang, lbh oke oceh pake si mbah es enem pulu, tinggal pencet tombol, terserah mo kena ato gak yg penting kenceng swaranya haha!👻👻👻

      Hapus
    3. Gimana kabar rhan....apakah sudah bisa buat seaker penjejaknya sasaran atau guidance nya

      Hapus
  14. Klu mau bli s400 past d halangi, kyak beli s35.
    Maen aman ja klu gtu, spa tau ntar dpt tot.
    Kyak f16 yg mau d pindah

    BalasHapus
  15. ok saya akan jawab, ya anda mendapat informasi bahwa AESA atau segala teknologi itu dr amerika dan amerika,,pertanyaannya mengapa ada ide korea mengejar TOT AESA dr swedia/saab????? kenapa gk dr amerika langsung????? karena swedia sudah mampu mengembangkan sendiri teknologi radar AESA tanpa amerika, woowww nyolot benar yg mau jd coro amerika,,,apakah mesin pesawat atau rocket yg terbaik selalu dr amerika????? ingat amerika aja masih beli mesin rocket dr Rusia, apakah kursi lontar hanya dr amerika?????? wowww hebat benar nyolotnya coro amerika,,,yg dibutuhkan indonesia adalah teknologi bagaimana menginstal dan merakit sebuah pesawat tempur, kegunaan atau fungsi setiap fitur yg ada,,,Apakah amerika mau memberi semua ilmu dr mesin atau radar kepada indonesia yg punya potensi besar menjadi rival dimasa yg akan datang???? eh amerika sudah banyak belajar dr bangkitnya china, jd jangan harap amerika masuk ke lobang yg sama dengan memberikan ilmu teknologinya kepada negara seperti indonesia yg mempunyai potensi besar menjadi rival di masa yg akan datang, oleh alasan itulah mengapa amerika mempersulit indonesia di program ifx,,,,anda terlalu berharap amerika melakukan hal bodoh, itu tak akan terjadi ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika TOT aesa itu kan lisensi dari Amerika pertanyaan apakah Amerika menginjakkan?

      Hapus
    2. Q & A:
      1.radar AESA mana di maksud sebut tipe dan pabrikannya dan asal negara pembuatnya apakah dr swedia?

      jawaban om:
      "ya anda mendapat informasi bahwa AESA atau segala teknologi itu dr amerika dan amerika,,pertanyaannya mengapa ada ide korea mengejar TOT AESA dr swedia/saab????? kenapa gk dr amerika langsung????? karena swedia sudah mampu mengembangkan sendiri teknologi radar AESA tanpa amerika, woowww nyolot benar yg mau jd coro amerika"

      tanggapan guwe:
      begini yach om raden yg baek, knp guwe bertanya sperti diatas ituw, sebab guwe pengen tau, radar aesa yg mana yg dimaksud om raden?

      soalnya tulisan om raden ituw tidak jelas arah & juntrungannya haha!🤣🤣🤣

      sini guwe jelasken maksudnye.
      pespur gripen ituw ada tipe yg c/d & e&f(NG).
      tipe
      c/d= ituw pake radar PS-05/A mk.4
      e/f= ituw pake radar RAVEN ES/05(radar AESA)

      nah radar PS-05/A mk.4 adalah buatan kolaborasi antara: Ericsson(swedia) & GEC marconi(italia)

      sedangkan radar RAVEN ES/05(AESA)buatan SELEX-ES(LEONARDO) dari italia.
      link:http://www.leonardocompany.com/en/-/raven-1

      nach pertanyaan guwe ke om raden, jika jas gripen E(NG) menggunakan radar raven buatan leonardo(italy).

      1.apakah radar ini bisa/pantas dibilang teknologi AESA milik saab swedia?
      2.kemana sebaiknya tot radar aesa tersebut, leonardo/italia ato saab/swedia menurut anda?



      apakah erricson(saab) py radar aesa utk gripen, tentu punya.
      radar PS-05/A mk.5(AESA).
      knp gak dipake? manaketehe haha!😀😀😀

      buat inpormasi: teknologi radar aesa memang bukan mutlak milik amrik. rrc, rusia, isroil, india bahkan jepang punya dan dipasang kepespurnya ckp lama, taon 90-an haha!😎😎😎

      namun dominasi radar aesa yg jadi rujukan, rata2 dari amrik, sebab tipe radar aesanya lebih banyak dipakai dan sip.

      korsel pon sudah mengembangkan radar aesa sendiri. namun butuh pengetesan, makanya butuh rekanan dr timur tengah ituw, begitchu critanya om haha!🤗🤗🤗

      Hapus
    3. Q & A:

      2. mesin apa yg terpasang di gripen & asal negara mana, apakah dr swedia?

      jawaban om raden:

      "apakah mesin pesawat atau rocket yg terbaik selalu dr amerika????? ingat amerika aja masih beli mesin rocket dr Rusia"

      pertanyaan guwe balik, knp saab gripen pake mesin amrik, pdhl uda punya mesin sendiri?

      coba yg slanzutnya kasi link britanya, pst banyak temans disini tertarik? okeh oceh👌👌👌

      ps:ampe disini dolo, masi byk kerjaan menantikuh haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  16. palu gada terlalu mencintai amerika yg licik dan tamak,,,paraaahhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bah, om raden knafa jadi sensitip bingit sich haha! 😀😀😀

      Kan guwe bertanya baek2, hanya ada 5 pertanyaan saza kok bikin sewot.
      dan smuanya, adalah pertanyaan mendasar dan standar.

      Apa ada yg salah dengan pertanyaan guwe? coba tunjuk skrg dech bang haha! 🤠🤠🤠

      Bujet ampe dituduh terlaluw mencintai amerika segala, wah ajubile ini, percume donk slama ini guwe memberi dukungan boeat su-35 & awewe101 haha!🤠🤠🤠

      Hapus
  17. jangan pernah berharap lg TOT dr amerika, rusia dan china kedepannya karena ahli ekonomi mereka mengakuin potensi indonesia menjadi rival bukan isapan jempol belaka,,,rudal C-705 akan menjadi tot yg terakhir yg diberikan china sebab china pun sudah mengkuin potensi indonesia menjadi rival, indonesia hanya bisa berharap TOT dr negara2 yg tidak perduli ramalan pakar ekonomi tentang rivalitas 4 kekuatan ekonomi terkuat dimasa yg akan datang' kita hanya bisa berharap tot dr negara seperti swedia, kroasia, ukraina, turki, korea selatan, norwegia, jerman,,,berharap TOT dr amerika, rusia dan china untuk kedepannya ibarat mimpi disiang bolong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau mencoba kasih opini awam dari ane bung. Nenar tidaknya mohon maaf...

      Kayanya anda terlalu terjebak akan kata "ToT" bung. Opini saya, insinyur kita dimari lebih dari cukup kalo kita fokus buat. Sampe terkenal negara 1000 prototype kan?

      Permasalahannya, kita ga fokus dalam pendanaan di sektor R&D. Maka cara paling murah ya ToT dan lisensi. Itusih opini awam ane bung, selebihnya mohon maaf bila ada salah... 😉

      Hapus
    2. "swedia, kroasia, ukraina, turki, korea selatan, jerman"

      ini tot ape peserta piala dunia 2018 di rusia maren haha!🤣🤣🤣

      hidup ituw harus optimis om raden, soal persenjataan masi byk negara laen, tp kalo gak dikasi biasa saza donk achh. kerna ilmu ituw mehong kan haha!😋😋😋

      masi ada india, pakistan, blanda, belgia dan laen2, bahkan pentolan cem prancis dan itali adalah negara yg mampu membuat senjatanya sendiri secara mandiri haha!🤠🤠🤠
      jadi gak perlu berpikiran sempit dan kaku cem ituwlah,

      intinya di dunia indonesia harus pandai bergaul, kelak banyak yg bantuin, apalagi kalo punya hepeng, begh...semut akan ngantri tuw bang haha!🤑🤑🤑

      Hapus
    3. oiya jgn lufa, roket2 karya kita uda mampu mencapai jarak lumayan jauh loh, ente cekin rx rx ituw, pasti akan tercengang om raden haha!😉😉😉


      Hapus
  18. Pemerintah indonesia bodoh! Beli jet tiada kualiti! Rusia nak tukar dengan sumber asli berkualiti indonesia seperti biji kopi teh! Indonesia kena tipu dengan rusia! India pun tolak jet su35 kerana tiada kualiti indonesia pulak 11 unit su35 sampah scrap rusia! Malaysia pun sudah takut nak beli sampah rusia! Tengok nasib mig29 malaysia sudah jadi sampah! Jet su30mkm pula bakal jadi sampah! Kenapa malaysia dan indonesia suka barang tiada kualiti! Contohi lah singapura beli barang berkualiti tinggi!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Otak ko yang tak de quality...

      Hapus
    2. AJ AJ PEMAKAN TAI OTAK KO MELETUP

      Tolol ko

      india tak ada kepandaian maintenanse. tolol ko.

      singapore lagi negeri buatan british. tolol ko.

      bodoh lu AJ GILE

      Hapus
    3. AJ ini pengen keliatan smart tapi malah keliatan dumb.

      Sejak kapan SING minat sama jet Rusia mas AJ ? SING udah pasti HARUS beli barang US atau Brit EU mas bro... sekali dia beli jet Rusia udah pasti dibanned sama US yg merupakan negara pelindungnya.

      Kalau SING gak beli Sukhoi itu bukan karena Sukhoi gak bagus... tapi karena politik anti Rusia mereka mas AJ....

      Aneh juga analisisnya AJ ini, semua yang tidak dibeli SING artinya jelek... padahal SING memang tidak punya daya dan keinginan untuk beli produk Rusia karena alasan politik dekat US tadi.

      Bila produk Rusia jelek kenapa pula Turkey, Qatar, Arab Saudi berminat pada S400 ??? Itupun masih diancam US karena rencana pembelian ini.

      Sekolah lagi sana mas AJ jangan bolos aja.

      Hapus
  19. saat seseorang mampu mengembangkan suatu teknologinya sendiri meski itu produk hak cipta amerika itu tidak melanggar aturan,,,pertanyaannya kenapa swedia mengusulkan agar korea selatan membeli alutsista buatan swedia bila mengiginkan tot radar AESA???? swedia jg punya hak memberikan teknologi radar AESA karena lisensinya sudah mereka beli untuk memproduksi sendiri untuk kebutuhan mereka dan mereka mampu mengembangkannya tanpa suku cadang dr amerika, tak ada aturan yg melarang untuk tidak boleh mentransfer TOT bila lisensi untuk memproduksi sendiri sudah dibeli, sama seperti senjata serbu pindad yg lisensinya sudah dibeli' bila kita mau transfer TOT belgia tidak bisa melarang, dengan alasan inilah untuk kedepannya transfer TOT itu sulit didapatkan dr negara2 seperti rusia, amerika dan china' apalagi bila potensi negara yg meminta TOT itu akan menjadi rival pasti sulit untuk mendapatkannya,,,indonesia akan sangat2 sulit untuk mendapatkan TOT untuk kedepannya dr tiga negara yaitu amerika, rusia dan china,,,hanya ada potensi tot yg bisa kita dapatkan dr tiga negara tersebut yaitu rusia karena secara politik rusia ingin mengganggu konsentrasi amerika dan china, amerika punya 15 pangkalan militer yg mengepung indonesia dan china punya masalah atas klaim laut natuna, bila indonesia ikut bersaing menjadi kekuatan utama ekonomi dunia otomatis konsentrasi amerika dan china terpecah tertuju pada indonesia dan Rusia bisa sedikit longgar dam bernafas, oleh sebab itulah rusia siap meningkatkan kerja sama militer dengan indonesia dan mengatakan siap memberi transfer TOT alutsista, selain ingin memecah konsentrasi amerika dan china dengan munculnya indonesia sebagai kekuatan baru yg dibantu rusia akan membuat indonesia berhutang budi terhadap rusia' dengan berhutang budinya indonesia akan membuahkan kerja sama SDA yg pastinya menguntungkan rusia, rusia telah mengatur strategi ini dengan halus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tot rubbish.
      there's noway such a free lunch in this world. even jas gripen using others country radar technology, even its tire, lol . ask them why?

      Hapus
  20. yg anda tau link2 dan copy paste,,,apakah harus semua dipublikasikan????? pertanyaannya apakah amerika mau memberi mesin yg jauh lebih ekonomis dan full power kepada negara lain???? kalau bukan negara pembeli yg mengembangkannya tak akan ada negara mau menjual produk no 1 nya, kalau KW iya,,,tidak semua hal dipublikasikan ke publik, jd kalau anda termakan link ya cukup anda saja, ada hal2 yg harus kita tebak dan kita baca tanpa menggunakan penjelasan orang lain sebab alutsista selalu punya intervensi politik jd harus ada yg menjadi RAHASIA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berhubung guwe baruw balik, jd blom sempet baca2 kicauan om raden, ntar yak haha!😎😎😎

      Hapus
  21. satu hal perlu anda ketahuin bahwa amerika masih menggunakan mesin roket buatan rusia untuk mengantarkan satelit satelitnya yg besar, silahkan cari sendiri linknya karena hoby ente copy paste kan jd ente pasti dapatkan link nya ;)

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Tak guna indonesia beli 11 unit sahaja. Lagi pulak varian basic sahaja. Jet lopong tiada sensor dan senjata. Su30mk indonesia pun lopong tiada sensor dan senjata! Asyik guna f16 sahaja. Su30mk simpan dalam gudang! Indonesia mengejar kuatinti dari kuality! Buang duit rakyat indonesia sahaja!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sok tau lu tong :v mau manas2in lu disini ??? Percuma kalo mau manas2in kebanyakan kt dah tau mana comment serius mana comment dagelan :p

      Hapus
    2. Dasar Malon tolol idiot bukan SU 35 nama nya kalau tidak canggih.. tapi kapal gone wind milik Malon yang tidak selesai2 tanpa sensor dan senjata kasian Malon miskin bisa nya hanya jeles..😆😆😆😆😆

      Hapus
    3. Kalau Malon miskin tolol selalu jeles.. Su 35 dah paling canggih dan lengkap dengan senjata beda dengan Malon bikin kapal gone wind saja tidak selesai2 malah tanpa sensor dan senjata 😆😆😆😆😆😆

      Hapus
    4. guys, just let him go. jut some punk from 3rd world.
      no shopping no fun lol

      Hapus
  24. we are getting serious with this flanker. dont forget add more missiles pls, LR one would be nice

    BalasHapus
  25. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  26. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  27. Sekarang kalian bisa melakukan pembayaran melalui PULSA (khusus ANAPOKER) dan OVO
    Sangat Mudah dan Praktis dan kalian bisa memainkan permainan lainnya dengan transaksi yang mudah dimana saja dan kapan saja..
    Tersedia Akun user id secara gratis dan bisa memainkan 7 permainan poker online serta banyak game menariknya di Agens128..
    Untuk info selanjutnya bisa menghubungi Pihak ANAPOKER dan juga AGENS128 di
    Contact Kami :
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  28. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  29. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus