22 Juli 2018

Lanud El Tari Kupang Jadi Lokasi Sukhoi Subjec Method Expert Exchange (SMEE)

22 Juli 2018


Sukhoi SU-30MKI Indian Air Force (photo : Tribun)

Pangkalan Udara (Lanud) El Tari Kupang menjadi tuan rumah Sukhoi Subject Method Expert Exchange (SMEE) antara angkatan udara Negara India (Indian Air Force/IAF) dengan Angkatan Udara Republik Indonesia (TNI AU) selama empat hari yang dimulai pada Jumat (20/7/2018).

Armada pertama angkatan udara India (IAF) tiba di Apron Lanud El Tari Kupang menggunakan sebuah pesawat angkut Indian Air Force dengan nomor penerbangan C-130 J pada Jumad (20/7/2018) sekira pukul 13.50 Wita.

Kemudian menyusul empat pesawat tempur canggih Sukhoi 30MKI milik IAF sekira satu jam sesudahnya. Pesawat tempur pertama Sukhoi 30MKI dengan nomor penerbangan SB 307 tiba dahulu pada pukul 15.00 Wita.

Kemudian berturut turut Sukhoi SB 323, Sukhoi SB 048 dan terakhir Sukhoi SB 184 tiba pada 15.30 Wita. Sedangkan sebuah pesawat pendukung lainnya milik IAF baru tiba di Lanud El Tari pada Jumad petang.

Komandan Lanud El Tari Kolonel (Pnb) Arif Hartono SH kepada wartawan usai menyambut rombongan tim penerbang Sukhoi Indian Air Force (IAF) di Apron Lanud El Tari Kupang, Jumad 920/7/2018) siang mengungkapkan, kedatangan tim penerbang IAF ke Lanud El Tari Kupang dalam rangka kerjasama dengan TNI Angkatan Udara untuk diskusi dan sharing bersama penerbang TNI AU.

Kegitan ini merupakan bagian kerjasama pelatihan bersama diantara angkatan udara Negara India dan Indonesia dalam bentuk Sukhoi Subjec Method Expert Exchange (SMEE).

"Kita banyak bekerjasama dengan Australia dan Singapura, tetapi sekarang kita join dengan India dalam SMEE, dimana yang expert dalam bidang penerbangan Sukhoi kemudian berdiskusi di Kupang (Lanud El Tari) untuk mendiskusikan tentang manufer, keselamatan terbang, dan segala macam hal (terkait penerbangan), sehingga dapat meningkatkan profesionalisme penerbang," ungkapnya.


Sukhoi SU-30MKI Indian Air Force (photo : defensenews alert)

Arif melanjutkan, dari kegiatan SMEE ini, Mabes AU mengharapkan kemampuan dari para penerbang di Squadron 11 Hasanudin dapat bertambah karena adanya diskusi dan sharing.

"Diharapkan oleh Mabes AU, penerbang dari Squadron 11 yaitu di Hasanudin ini kemampuannya bertambah karena ada diskusi dan sharing. Kemudian diharpakan juga ke depannya apabila personelnya hebat, maka tujuan pertahanan dan keamanan yaitu menjaga keamanan dirgantara akan semakin sukses," ungkapnya.

Makanya besok kita rencana akan diskusi, tukar pendapat, sharing, berbicara tentang taktikbertempur dan lain sebagainya sehingga kita bisa saling melengkapi, tujuannya dari diskusi itu adalah meningkatkan profesionalisme baik angkatan udara Indonesia maupun angkatan udara India

Komandan Squadron Sukhoi Indonesia / Squadron 11 Hasanudiin Makasar Letnan Kolonel (Pnb) Anton Palaguna yang menjadi komandan tim Sukhoi Indonesia dalam kegiatan ini mengungkapkan, dari hasil pertemuan dan diskusi ini, akan dilihat poin-point hasil yang dapat menjadi bahan kerjasama selanjutnya yang lebih advance untuk kedua angkatan.

"Dalam rangka Sukhoi SMEE ini, yang dianggapexpert dalam hal penerbangan khususnya penerbangan Sukhoi India dan Sukhoi Indonesia, kami akan melakukan pertemuan dan melaksanakan diskusi, bertukar pikiran sehingga dari sana akan dilihat apa saja poin-poin yang bisa ditingkatkan, karena ke depan kita akan tindaklanjuti kerjasama ini dengan yang lebihadvance," ungkapnya.

Pilihan lokasi kegiatan Sukhoi SMEE Indian Air Force dan Squadron 11 Hasanudin Makasar jatuh ke Kupang, karena pertama, ini (Lanud El Tari) adalah pangkalan acu yang strategis bagi mereka dan yang kedua, armada Sukhoi IAF menginginkan tukar pikiran dengan pilot-pilot Sukhoi Indonesia sebelum bertolak ke Darwin untuk melaksanakan latihan Internasional bersama 160 negara.

Kegiatan SMEE sendiri akan dilaksanakan selama empat hari sejak Jumad (20/7/2018) hingga Senin (23/7/2018).

Setelah SMEE, armada pasukan IAF akan melanjutkan perjalanan ke Darwin untuk latihan Internasional tersebut. Dalam armada yang terdiri dari 130 personel itu, terdapat airman, marshal ground serta team support IAF. (*)

(TribunNews)

33 komentar:

  1. Balasan
    1. El Tari = El Toro haha!👍👍👍

      Hapus
  2. Kabarnya sebelum sukhoi india mendarat di Eltari,askar india di Lanud Eltari minta permisi kpd TNI-AU supaya dpt membersihkan run way dari kerikil2 kecil

    BalasHapus
  3. Ko cuma indo dan india sahaje konon yng pnya su30 tercanggihh di kawasan justru gak d ajak,,,apa tak pnya budget dan enjin kahkahkah mkanya tak di ajak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Su Emkaem Spare part tak de...Budget low...pilot tak de skill...jam terbang rendah...terlalu lama berdiam diri kat hangar

      Hapus
  4. Su30mkm tak gabung ke..
    Takde after boleh lah pake solar campur lpg.. 😆😆😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon oohh malon.. Masih ingat kah 15tahun lalu saat kau lagi jaya2nya teman sendiri kau serang

      Sekarang kau terpuruk tak ada negara yg mau menjadi tman kau. Itu sebab karma dari ulahkau d masalalu

      Hapus
    2. Mungkin dulu mereka khilaf bro, dan sekarang mereka merasakan apa yang indo alami dulu. Makanya kita jangan ikuti jejaknya tetap bersyukur, rendah hati & jngan sombong d saat kita jaya.. itu pelajaran buat kita.

      Dan utk negeri tetangga saya hanya bisa berdo'a yg terbaik buat negeri kalian. Semoga semua permasalahan yg tengah menimpa negeri kalian dapat segera terselesaikan.
      Amiiin...😇

      Hapus
  5. SU30MKM itu barang keramat tak boleh keluar.

    Hanya disimpan di dalam museum, hanya dilap lap sahaja.

    Orang awam hanya boleh lihat lihat sahaja, itupon dari jauh dari kandang beruk boleh lihat.

    Jurumudi jet pejuangnya pon hanya diperbolehkan bermain tiktok dihanggar beruk.

    BalasHapus
  6. Yg diatas guwe pinter2 semua....pasti dulu kuliahnya di Monas University

    BalasHapus
  7. Su30mki tech israel
    Su30mkm tech france
    Su30mk2 indonesia cuma sampah rusia! Paling terburuk sekali! Tiada rudal dan sensor! Tak boleh terbang malam! Dan perawatan paling teruk! Sebab tiada sperpart! Indonesia cuma berbanga dengan jet tucano! Dan f16 hibah! Amat memalukan bagi negara terbesar asean!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak apa2. Kita mengakui kalo Malaysia senjatanya lebih canggih, lebih hebat.

      Yang penting orang Malaysia senang. Ga apa2lah. Hidup ini harus banyak beramal sholeh 😊😇 .

      Hapus
    2. AJAJ@ Makanya sering baca blog militer indonesia lon supaya kau lihat fitur dan missile canggih apa yg ada pada sukhoi indonesia dan berapa kali sukhoi indonesia exercise malam,beza dgn sukhoi malon selalu bengap di hanggar tak boleh terbang kerana tiada sparepart wkwkwk

      Hapus
    3. Malon miskin dungu dan tolol masih saja menyombong Su30Mk2 real Russian tech.. pengguna di Asia Selain indonesia, Vietnam dan China.. Secara fakta Su 30 MKM lah yang sampah karena sparepart campuran dan limited dah itu Malonsial makin miskin dan tak mampu beli sparepart jadi lah su30 Mkm sampah lapuk yang jarang terbang 😆😆😆😆😆

      Nyatanya Missile sukhoi Indonesia dah lama 😆😆😆😆
      http://alutsistanegeri.blogspot.com/2014/04/sukhoi-tni-au-siap-tempur.html?m=1

      Tulah dungu nya Malon Supertucano di claim pesawat jet 😆😆😆😆 padahal pesawat attack baling2 (kipas)anti insurgency. F-16 upgrade sampai 750 juta dollar.. Malon beli sparepart dan ganti mig29 usang saja tak mampu 😆😆😆 belum lagi Indonesia dah menunggu kedatangan pesawat SU 35 Malon makin ketinggalan jauh lah 😆😆😆😆😆

      Hapus
    4. @aj aj,,,kihkihkih Beruk yng sdang mnghibur diri dan lari dri knyataan. .

      Hapus
    5. Iyalah negari kami ini tidak ada apa2nya dibanding Malaysia. Jet pejuang banyak yg ompong & rusak, kapal perang pun banyak yg sudah uzur & tidak ada missile.

      Apalah negeri kami ini bukan negara kaya macam Malaysia. Negara Malaysia itu yg terhebat & terbaiklah militernya d rantau ASEAN.😯😯

      Hapus
    6. su30mkm kalian dah busuk gk mampu tempur mnding di makam kan saja suukhoi mu itu malon

      Hapus
    7. @AJ aka AnJi**......banyak ko update baca berita jangan bodoh....sukhoi indo tak de missile,tak bisa terbang mlm,tak de spare part...lawak sangat masih terbawa berita hoax umno ya...wkkkwkkk

      Hapus
  8. Kunjungi www.sukangantuk.blogspot.com
    5 kota terbersih

    BalasHapus
  9. PO0r Indon Su-30 have no canards!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Knp rupanya tak de cannard lon...daripada su30mkm ko ada canard tp tak boleh terbang kerana tak de sparepart wkwkwk...Kesian wkwkwk

      Hapus
    2. Ooommm..Pitttt...
      Mana yg benar ommmm....
      " No canards Can Fly "
      atau
      " Have canards Can not Fly" ?

      Hapus
    3. Fajar@ maksudnya paul dungu ini canard kecil yg terletak di bawah kokpit bro...ini orang bego bro,dia kirain kl gk ada canard kecil itu sukhoi indonesia gk bs melakukan manuver ekstrem bro...belom tau dia bro skill pilot sukhoi kita

      Hapus
    4. Keliatan isi otaknya si Paul bego...wkkkkwkkkk

      Hapus
    5. poor malon. ada canard tp tak mampu terbang tak bisa pugachev cobra... hahahahha

      Hapus
    6. Canard? Su35 tanpa Canard jauh lebih unggul dari Su 30 MKM malon yang pilot nya eject sendiri di hanggar 😆😆😆😆

      Hapus
    7. f22,f35,f14,f15,f16,f18,f4,su27/30/35,mig29/31 ampe kfx/ifx smua tanpa kanards, terbang muuluusss

      konon kanard malah namba2 hambatan haha!🤣🤣🤣

      om fajar, enakan "No canards Can Fly ",terbang2 terussss

      drpd "Have canards tp Can not Fly "..tiarap ndan haha!😂😂😂

      Hapus
  10. Sudahlah gk ada habisnya saling komen..itu semua mesin pembunuh umat manusia bkn utk di banggakan.kita sbg bangsa indonesia yg bisa dan mampu memanusiakan negara lain.besar hatilah wahai bangsaku.kalian lahir dari pejuang2 yang heroik melawan penjajah yg ikut PERANG DUNIA 1 dan 2 dan pahlawan2mu BISA MENGALAHKAN BELANDA.INGGRIS.DAN SEKUTU SEKUTUNYA BERBANGGALAH....hanya 2 negara yg mampu INDONESIA DAN VIETNAM (Vs AMERIKA).

    BalasHapus
  11. Silakan kerjasama asal tidak meniru India yang banyak menjatuhkan pesawat dan helinya sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. soal kecelakaan ada byk faktor, namanya sdng apes mo gimana lagi haha!😉😉😉
      klo mao rekor, liat amrik itung yg tahun ini aja. maklumlah tingkat operasional mrk tinggi & py banyak pesawat begitu pula indihe.

      naach kalo gak mao jatuh, disimpen ampe lapuk seperti ada tuch haha!😆😆😆

      Hapus
    2. Kalau gak mau celaka pesawatnya gak usah di terbangin...di diamkan kat hangar...wkwkwkkk lebih joss lagi pesawatnya kacain letakkan di muZeum.

      Hapus
  12. kesian ompol tak shoping soping, jet tempurnya tiap hari makin tuwir & menipis haha!🤣🤣🤣

    nich sukhoi kami Xlaluw siaga, dan terbang. bukan cuman 2 bijik ato bahkan 1 bijik doank haha!🤣🤣🤣

    lengkap donk ame rudal r77
    http://images.detik.com/community/media/visual/2017/12/20/4d99d4f8-7a28-41b9-9791-26d2ebd3c131_43.jpg?w=780&q=90

    ato ini siapin kuota dolo yak haha!🤠🤠🤠
    https://www.youtube.com/watch?v=hQo0jGhjuRc

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak kan ompol, terbang lagi lengkap ama pluru2 saktinya haha!👍👍👍
      py ompol mane, cuman 1 plng byk 2 uda 2 tahon ini haha!😅😅😅

      Hapus