04 Juli 2018

Singapore to Replace Victory-class Missile Corvettes with Multi-Role Combat Vessels

03 Juli 2018


Silhouette image of the Multi-Role Combat Vessel, based on a similar image released (image : Jane's)

The Republic of Singapore Navy (RSN) will retire its class of six Victory-class corvettes, and replace these with a new type of platform known as the Multi-Role Combat Vessel (MRCV).

The matter was disclosed by Singapore’s Defence Minister Ng Eng Hen at a media conference held in conjunction with the country’s Singapore Armed Forces (SAF) day, which falls on 1 July.

The 62 m Victory-class vessels were first commissioned in 1990 and are currently in service with the RSN’s 188 Squadron. The corvettes can attain a top speed of 35 kt, and a standard range of 2,000 n miles at 22 kt.

Each vessel is armed with a 76 mm Oto Melara naval gun in the primary position, and six 324 mm torpedo tubes to prosecute submarines. The class is also capable of deploying the McDonnell Douglas Harpoon anti-ship missile, and the Israeli-made Barak I surface-to-air missile.


The Victory-class corvette, RSS Valiant. The class will reach the end of its operational life in 2025. (photo : Sing Mindef)

The class underwent a service-life extension programme (SLEP) from 2009 to 2014, and these enhancements include installation of the Saab Sea Giraffe Agile Multiple Beam (AMB) radar, an improved combat management system, and a launch and recovery system for the ScanEagle unmanned aerial vehicle (UAV).

The class, which is deployed regularly for maritime patrol duties in the Strait of Malacca and the South China Sea, will reach the end of its operational life in 2025.

Meanwhile, the MRCVs, which will be introduced after 2020, will be conceived as “mothership” platforms that will host a spectrum of unmanned air, surface, and sub-surface vehicles, said the defence minister.

(Jane's)

18 komentar:

  1. Agar dipersiapkan proposal hibahnya segera ASAP ttd Mat Sabu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixixixixi

      Gak mungkin dikasih hibah dari singa yang kemarin baru rebutan pulau karang dengan malon beruk

      Hapus
    2. Yg mungkin dapet hibahan, mana mas bro? Qiqiqiqi.... 😂😁😀😀

      Hapus
    3. Victory-class corvette :
      1990an, Girafe radar, SAM Barak, Harpoon, Torpedo, 35knot... Srrluuph..😱😍😙

      Hapus
    4. Filipina bakal dapat hibah lagi nih kekuatan untuk merebut kembali wilayah kesultanan Sulu.

      Asoy geboy.

      Hapus
    5. Ane setuju dgn bro Essen,gk mungkinlah singapore hibahin kapal ini kpd malon kerana mereka berkonflik dalam memperebutkan batu puteh

      Hapus
    6. Orang sabah pun tak kecoh nak masuk filipina , sibuk je labu2 ni, macamlah aset gagah terus dapat wilayah baru, pemikiran sempit tu

      Hapus
    7. Macam U orang punya negara tulah eligo....

      Negara sok jaguuh... pemikiran sempit

      Hapus
    8. Negara malaysia takdela hebat manapun, olimpik pun takde emas lagi, tapi selalu dibandingkan dengan indonesia oleh rakyatnya sendiri, kenapeye? Adakah ini mentaliti rakyat indonesia yang suka membandingkan diri dengan orang yang lemah

      Hapus
    9. Dulu aja macannya lagi tidur di ganggu....giliran macannya uda bangun....skrg ngaku lemah.....wkwkwwk....macannya baru bangun belum mengaum....

      Hapus
  2. Kalau lihat dari siluetnya, ada kapal kecil sekelas dengan combat boat kita KMC 18.

    KMC 18 ini panjangnya 18 meter.

    Trus lihat skala antara kapal kecil ini dengan siluet kapal MRCV ini.

    Skalanya sekitar 1 : 7,5 atau 1 : 8

    Artinya panjang kapal MRCV ini adalah 7,5 kali atau 8 kali panjang kapal kecil.

    7,5 x 18 = 135

    8 x 18 = 144

    Jadi perkiraan panjang MRCV adalah antara 135 - 144 meter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mah heavy frigate atau destroyer om

      Hapus
    2. Lha itu di siluetnya khan memang kapal besar, trus di tengah kapal ada bagian untuk VLS yang lumayan banyak.

      Ya Korvet diganti jadi heavy frigate / destroyer.

      Hapus
  3. Kalau melihat besar siluet otto melaranya kayaknya panjangnya sekelas PKR Sigma kok mas. kurleb 90 - 110mtr lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya lebih panjang dari itu lho.

      Dan lebih besar serta lebih banyak VLSnya dari pada PKR Sigma.

      Ukuran besarnya lebih mirip Crossovernya Damen.

      Hapus
  4. Baru liat siluet desainnya aja dah pada pusing...hwakakakakak

    Beneran dah efek deterjennya..

    Qiqiqiqi😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siluetnya bikin pusing....
      Kok malah jadi mikir yang lain2 ya?

      Xixixixixixi...kaboooer 😁🏃‍♂️

      Hapus
  5. Singapura adalah negara kecil, uang dikelilingi negara besar yang artinya bila terjadi sesuatu sangat lemah posisinya. Untuk itu mereka butuh senjata yang kuat sebagai pelindung dan penggentar sehingga diharapkan negara lain yang ingin menyerangnya akan berfikir berkali kali... kalaupun kalah dan pasti kalah, Singapura akan sangat melukai penyerangnya... dan sebagai cadangan mereka memiliki pangkalan diluar negeri untuk cover.... jadi jangan kaget mereka memiliki senjata yang sangat kuat dibangdingkan kawasan sekitarnya dibandingkan wilayahnya yang sangat kecil... itu diluar centeng2 nya seperti Inggris, Amerika termasuk Israel...

    BalasHapus