03 Juli 2018

PINDAD Incar Pasar Afrika Lewat Maroko-Tunisia

03 Juli 2018

Kendaraan taktis Komodo dan panser Anoa (photo : IMF)

Misi Dagang ke Maroko Catat Transaksi Potensial USD 10,96 Juta

hariansuara.com, Jakarta - Misi dagang Indonesia ke Maroko yang dipimpin Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita membukukan transaksi potensial sebesar USD 10,96 juta atau sekitar Rp153,50 miliar. 

Misi dagang ini berlangsung pada 26-29 Juni 2018 dengan membawa 35 pelaku usaha dari 18 perusahaan dari berbagai sektor. "Misi dagang ke Maroko berhasil mencatatkan transaksi potensial sebesar USD 10,96 juta diperoleh dari one on one business matching. Produk-produk yang diminati adalah minyak kelapa sawit, kopi, minyak esensial, suku cadang kendaraan, rempah-rempah, ban kendaraan, dan fesyen," jelas Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Arlinda, Minggu (1/7).

Transaksi ini masih akan terus bertambah seiring dengan dicapainya kesepakatan-kesepakatan dagang yang saat ini masih dalam proses negosiasi. "Transaksi di atas belum termasuk potensi transaksi PT. PINDAD dengan produk panser Anoa dan Komodo, serta amunisi yang masih dalam perhitungan," imbuh Arlinda.

Sebelumnya, lanjut Arlinda, misi dagang ke Tunisia sukses mencatat transaksi potensial sebesar USD 2,74 juta atau sekitar Rp37,80 miliar. "Dengan demikian, total transaksi potensial yang tercatat pada misi dagang ke Tunisia dan Maroko yaitu sebesar USD 13,70 juta atau sekitar Rp 191,30 miliar,” jelas Arlinda.

Sama halnya dengan Tunisia, Maroko dapat menjadi pintu masuk (hub) bagi perdagangan Indonesia ke kawasan Afrika dan Eropa. Demikian juga dengan Indonesia yang dapat menjadi hub bagi perdagangan Maroko ke negara-negara ASEAN.

Produk-produk ekspor utama Indonesia ke Afrika yaitu minyak kelapa sawit, kertas, mesin, kendaraan bermotor, karet, serta makanan dan minuman. Sedangkan impor Indonesia dari Afrika yaitu minyak dan gas, kapas, pulp, serta besi dan baja.

(Harian Suara)

43 komentar:

  1. Kilang tempatan Pindad sudah bisa buat dan jual. Kalo ada uang silahkan beli. Kalo takde uang dan cuma bisa bacot silahkan komen disini wkwkwkwkwkwk land

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl ada cakap yg sembang di sini berarti dia iri dan dengki melihat keupayaan yg telah di capai indonesia

      Hapus
  2. Rukun rukun moso tonggo
    Rangkul rangkul Podo manukso

    BalasHapus
  3. Terbaik PINDAD...PINDAD akan menjadi syarikat senjata yg terbesar di ASIA setaraf Thales,LM,Leonardo,Dassault,BAE System,Boeing,Airbus dll

    BalasHapus
  4. MAKLUMAT DARI PENGUAT KUASA JAWATAN PERTAHANAN

    SETAKAT INI KILANG VITA BERAPI TELAHPUN BERJAYA EXPORT SENAPANG KAT PLANET MARS..

    BAHWASANYA KILANG TAMINGSARI POON TELAH BERJAYA MEMBINA SUATU BOMB BERKUASA 100.000 TNT GUNA UJIAN MENGHANCURKAN METEOR YANG MERBAHAYA BAGI BUMI..

    ADAPUN LIPANBARA TELAH MASUK DAFTAR UNESCO

    JUGA SUKHOI 30 MKM TELAHPUN SETARAF SU35

    HORNET TUDM POON BERJAYA MENGGANTI KNALPOT BEKAS PAKAI AUSTRALIA SEHINGGA SETARAF SUPER HORNET.

    PULA KAPAL DIRAJA TELAH DIPASANG MISIL AAM (ANTI ASTEROID MISSILE) GUNA MENGHALANGI PERLEKEHAN NELAYAN ASING.

    HELIKOPTER MD530 PULA TELAH DITAMBAHKAN TENGGEKAN 3 METER SEHINGGA TELAH SETARAF APACHE


    DEMIKIAN MAKLUMAT DARI PENGUAT KUASA TERBABIT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk....hahaha...aq ngakak nih bro baca maklumat dari penguat kuasa terbabit wkwkwk

      Hapus
    2. Luar biasa...main bukan...bukan main...hhahhahhahaa...wkwkkwkwkkk

      Hapus
    3. tak ape tertawa tapi poon tak boleh memperlekehkan daripada kuasa yang menggerunkan kat serantau planet pluto πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    4. Wtf md-530 setara apache wkwkwkwkwk nice joke dude hahaha ibarat kucing lawan harimau itumah hahaha

      Hapus
    5. OH MOHON MAAF ADE SILAP SIKIT SOALAN HAWK AKAN DIBALSAM SEPERTI MUMI SUPAYA AWET HINGGA SERATUS TAHUN KE HADAPAN.

      SEKIAN MAKLUMAT TAMBAHAN DARI JAWATAN TERBABIT

      Hapus
    6. Kwkwkwkwkwkw... ngakak aku bahh.. kwkwkwkkwkwkw...

      Btw itu berita website nya apa???? Mengkhayal atau lagi tulis ilmiah cerpen dia??

      Hapus
    7. itu maklumat penguat kuasa lho.. kok dikira ngarang πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  5. Komodo uda di cat UN....siap2 deh bakalan di order...Laris manis...bravo Pindad.

    BalasHapus
    Balasan
    1. komodo memanglah favorit saya pak

      Hapus
    2. Wow,komodo memang menggerunkan

      Hapus
    3. liat komodo cet putih, jd pangling yak haha!😎😎😎

      https://lancerdefense.files.wordpress.com/2018/07/komodo-4x4-dengan-camo-pbb-1-juni-2018-defence-pk.jpeg?w=672&h=372&crop=1

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. yang bner yaa ini,. punya kilang sendiri, d pake sendiri, dipake PBB, bahkan d ekspor. tau dahh kilang lain yg katanya udh Hitech produk tapi bwt UN pon beli d luar, katanya punya kilang tempatan tapi kok ga bisa ekspor. capek dech😭😭😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. kilang malon tuh sebenar hanya kilang asing dari produsen asli. jadi sebenar ialah kilang asing buka showroom kat malon. ya kalau office boy orang bumiputera lah. tetapi engineernya masih dari produsen asli.

      kemandirian ala ala jiran. ya seperti itu. tak mau berfikir sendiri.

      Hapus
    2. Kalo kilang yg di seberang lautan sana cuma ada kepakaran ganti stiker buatan tempatan dan Jaguh welding (las mengelas) sahaje bro wkwkwk

      Hapus
  7. ...judul ARTIKEL yang mirip seperti diatas,


    MALON incar pasar Dunia lewat Hutang - Beruk


    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  8. kalau gak salah komodo varian sipil dijual 2 milliar

    BalasHapus
  9. ...mungkin adalah DOSA BESAR jika kita Ghibah ( menggujing ) atas kejelekan dan juga Aib seseorang atau suatu negara...



    ...tapi jika kita melakukan Ghibah kepada para Beruk atau juga Malon



    ...itu rasanya, gimana getooooh...nano nano ( manis, asin, asem, pahit, dll ) Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  10. Akang asep...saya yakin anda bukan muslim, klau pun muslim sodara tdk akan mempelesetkn hadist yg tdp dlm alquran spt menggunakan kata ghibah, yg sifatny hanya memperolok2an atau merendahkan kandungan alquran tsb,,,,saya harap sodara berpikir jernih...buat2 tman2 penggemar fkrum militer spt mat rempit cs,berkomentlah yg sehat...klau sodara mau dianggap warass...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap ndan...86 ndan wkwkwk...yg gk waras itu yg suka ngomong rasis,radikal,menghina indonesia dan politik kotor bro...think smart bro

      Hapus
    2. kami membantu menyembuhkan malon dari sifat angkuh. sombong. suka menghina. menyebut ke lapukan malon adalah agar mereka sadar diri sehingga tambah dewasa dan menganggap rendah indonesia. ao no problem.

      tak ada ghibah.. orang yang di omongkan ada kok.
      menyadarkan posisi mereka saja.
      supaya jangan sombong.

      kalau anda anggap maloner disini pada waras.. ya siap saja dihina di blog militer yang lain.
      saya ingatkan malon itu suka menghina lo
      πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
      πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    3. Saya bukan maloner,saya asli anak pontianak,kalbar,kadang saya malu melihat coment kalian, spt org yg baru belajar maen hp, toh mrk tdk pernah lgi mengusik indonesia lgi,saya senang website militer,saya jga bukan baru, lumayan lama, dan biasa beradu argument dg forumer malaysia, apabila coment mrk menjelekan indonesia, adab dikenal dari bahasa, kalau bahasa kita jelek, jelek juga adab kita....sekali lagi, beragument yg sehat yg menambah wawasan dan ilmu, bukan bercoment spt org liar...dit4 saya org bicara kasar bisa lepas kepala dipenggal...

      Hapus
    4. silahkan penggal kepala yang ko anggap kasar disini. ada banyak.

      aku lama di sintang. badau. tapi tak ada adat brengsek kepala dipenggal.
      kalo kamu pernah main ke papua lebih gawat dari kepala dipenggal itu.

      disini bebas ber argumen. sebut saja siapa yang seperti baru kenal hp. begh wkwkwkwk

      Hapus
    5. ...Bro Didi @ tahu kan bagaimana SEJARAH PERSETERUAN Indonesia dan Malon ?



      ...yang perlu diciduk itu adalah yang RASISME sesama bangsa sendiri...



      ...Xixixixixixi :D


      Hapus
    6. ...dit4 saya ( Didi ) orang bicara kasar bisa lepas kepala dipenggal


      ...SADIS amat ditempatmu bro, kaya hukum Rimba ajach...tiada ampuuuun bagimu


      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    7. ah hoaks itu kang asep.
      aku kenal suku dayak dan melayu damai semua tuh.

      kecuali dia ungkit masalah konflik dengan suku madura dulu.. lain lah.
      la itu malah rasis namanya.

      Hapus
  11. https://id.wikipedia.org/wiki/Konfrontasi_Indonesia%E2%80%93Malaysia

    https://news.detik.com/berita/2863008/makna-pertempuran-rpkad-vs-tentara-inggris-kala-operasi-ganyang-malaysia/1

    BERITA DIATAS MENGATAKAN MEMANG MALAYSHIT OTAK PROVOKATOR KARENA NEGARA MALAYSHIT BONEKA INGGRIS..

    BalasHapus
  12. Situa bangang...bukankah coment spt kalian yg diatas yang menunjukan sifat angkuh dan rasis,jika ingin menunjukan kelebihan bangsa kita bukan hrs merendahkan bangsa lain,toh sejak keadaan ekonomi mereka turun, mereka tidak bisa lagi bicara kasar...justru forumer indonesia yang suka memprovoke dan merendahkan malaysia...saya suka membaca ulasan forumer indonesia spt bro superstar, krn apa yg disampaikan bisa menambah wawasan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa yg rasis bro,kami tdk menyerang agama lain,kami tdk menyerang ras dan suku lain,yg kami serang itu forumer jiran yg datang bertamu ke sini gk ada kesopanannya,gk ada tata kramanya,sukanya menghina indonesia,mereka2 ini yg cakap seperti yg aq sebutkan td yg kami serang bro...

      Oh gitu ya bro,justru keadaan mereka yg lemah dan ekonomi mereka yg lg teruk,indonesia gk boleh kendor terhadap mereka bro...ingat bro mereka ini seperti musang berbulu domba,menggunting dalam lipatan,suka menikam dari belakang,saat malon lg lemah mereka pura2 bersaudara pd indonesia,pura2 menghormati indonesia sbg kakak tertua,di saat indonesia lg lemah,rasa persaudaraan kpd indonesia itu akan hilang dan sirna dan kemudian menikam indonesia dari belakang,bro tau kan gimana perlakuan malon ini kpd indonesia selagi indonesia masih lemah....sejahat2nya singapore,australia dan amerika kpd indonesia,lebih jahat lg perlakuan malon kpd indonesia,apa perlu aq sebutkan perlakuan buruk malon kpd indonesia di blog ini bro

      Gitu ya bro,mereka tdk komen kasar ya hahaha...walaupun mereka dah miskin tp tetap ada yg nyinyir dan menghina indonesia,dari dulu sampe sekarang 90% forumer malon kalo cakap kat blog ini sukanya menghina dan merendahkan indonesia,contoh : artikel bahas IFX,tiba2 ada forumer malon nyinyir indonesia miskin,aset indonesia ompong,indonesia babu dll...mereka cakap seperti ini kerana mereka iri melihat pencapaian yg telah diperoleh indonesia,hampir tdk ada forumer malon cakap kat blog ini yg bagus2,semuanya menghina dan merendahkan indonesia,forumer malon cem ini bro kata mereka sopan dan mereka dah sedar wkwkwk...think smart bro

      Hapus
    2. nah iya abang didi..
      jawaban dari Prof.DR. Rempit
      adalah TERBAIK
      silahkan abang Didi tengok masa tahun 2010 an.. maloner selalu komentar menghina indonesia. yang negeri babu lah. yang tukang ngemis lah.

      na sekarang Allah berikan peringatan pada maloner..
      mereka jatuh dalam jerat hutang yang dalam seperti palung mariana.

      tapi masih banyak yang sombong
      kalo komentar asal saja.
      nah bahkan malon pun mengutip pajak yang tinggi untuk tki. baik yang rasmi maupu yang ilegal. tapi mereka tetap merendahkan tki. mereka tak sadar para tki ikut membayar hutang mereka.. melebihi bumiputera yang hanya tidur dan tidur.

      think litle smart bro..

      Hapus
    3. @Mat rempit
      Ralat
      Malon bukan musang berbulu domba. Tapi,
      Malon itu beruk berbulu monyet

      Hapus
    4. ...bro Didi @ Indonesia itu bukan menghina / merendahkan RAS MELAYU yang ada di Malon,


      ...tapi sekedar merespons KEMALONAN dan KEBERUKAN nya saja


      ...Xixixixixixi :D

      Hapus