25 September 2021

Indonesia Holds Offset Talks with Abeking & Rasmussen for New Hydrographic Ship

25 September 2021

Abeking & Rasmussen special purpose ship for Latvian Navy (photo : Latvian Navy)

Indonesia's Ministry of Defense (MoD) held a virtual meeting with German shipbuilder Abeking & Rasmussen to discuss the possible procurement of an ocean-going hydrographic vessel.

According to meeting documents provided to Janes by a government source, the event was held virtually on 3 September.

The meeting was headed by Director General of Defense Potential, Brigadier General Aribowo Teguh Santoso, while Abeking & Rasmussen officials were accompanied by representatives from the company's local agent PT Agrapana Nugraha Katara.

Also present during the meeting were representatives from Indonesian shipbuilders, PT Palindo Marine, PT Batamec, and PT Bandar Abadi, state-owned electronics company PT Len, and the deans of the machining and electro-informatics faculties at the Bandung Institute of Technology.

99 komentar:

  1. Balasan
    1. Submarine rescue merangkap kapal survei samudera...
      Pengadaannya menjadi dipercepat

      Hapus
  2. SHOPPING TIADA HENTI..YANG BUDGET MENDUNG SILA HARAKIRI BERJAMAAH...


    WKWKWWKWKKWKWKWKWKWWKKWKWKWWKWKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKKWWKWKWKWKWKKWKWKWKWKWKWKWK

    BalasHapus
  3. Shopping terus... perkuat TNI AL, Jalesviva Jayamahe

    BalasHapus
  4. Ini yg kita perlukan Kapal Hidrografik Ocean Going sekaligus fungsinya bisa jadi Kapal Penyelamat,
    Termasuk 31 program pengadaan alutsista.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi 1 jenis kapal bisa untuk 2 fungsi yaitu sebagai kapal Survey dan Kapal penyelamat kapal selam

      Hapus
    2. Iya spt punya nya Autralia jg.
      Biar cepet pengadaan nya jg mungkin

      Hapus
  5. Ini kalau Perancis kalah sama jerman di Indonesia bisa ditarik dubesnya di Jakarta不不不不不

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prancis sedang sulit hati gegara australia.
      Jadi gampang jealous.

      Apalagi pengadaan fregat fremm utk indonesia dimenangkan italia.

      Hahahahahaha

      Tapi kitakan juga beli rafale dalam jumlah luarbiasa.....

      Hapus
    2. Naval Group juga kalah di Polandia,Maroko dan Mesir. Dassault kalah di Swiss dan Polandia.

      Hapus
  6. Perancis siap tarik Dubes kalau yang terpilih Jerman di Segmen Kapal Selam & Kapal Survei Indonesia不不不不不

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Lisensi baru nih

    Also present during the meeting were representatives from Indonesian shipbuilders, PT Palindo Marine, PT Batamec, and PT Bandar Abadi, state-owned electronics company PT Len, and the deans of the machining and electro-informatics faculties at the Bandung Institute of Technology.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila merujuk pada spesifikasi yang dibutuhkan TNI AL, kapal hidro-oseanografi berukuran besar memang diperlukan, tapi fungsinya akan digabungkan sebagai kapal penyelamat kapal selam. Dikutip dari Janes.com (23/9/2021), disebutkan pada 3 September lalu, pihak Kemhan RI mengadakan pertemuan virtual dengan Abeking & Rasmussen untuk membahas kemungkinan pengadaan kapal hidrografi samudera. Rapat dipimpin Dirjen Potensi Pertahanan Brigjen Aribowo Teguh Santoso, sedangkan pejabat Abeking & Rasmussen didampingi perwakilan dari agen lokal PT Agrapana Nugraha Katara.

      Sekilas pola yang diinginkan dari Kemhan RI mirip dengan perjanjian lisensi dan offset pembuatan frigat Arrowhead 140 dari Babcock Inggris kepada mitra lokal, dalam hal ini PT PAL Indonesia.

      Hapus
    2. Abeking & Rasmussen juga sedang membangun 2 kapal MCMV frankenthal Class pesanan TNI AL Yang sudah dilakukan First Steel cutting pada awal 2021 mungkin 2023-2024 sudah dikirim ke Indonesia

      Hapus
    3. Rencana pesan 2 unit atau 1 ?

      Hapus
    4. Moga aja keturutan pesan 2 unit,dpt lisensi atau offset 1 buat di galangan sndri nantinya.
      Minimal punya 4 unit kapal hidrografik ocean going dan fungsinya sbg kapal penyelamat.

      Hapus
    5. Menurut rencana, jumlah total kapal Hidro-oseanografi hanya 4 kapal. Dulu sempat 6-8 kapal.

      Hapus
  9. TNI AL Siapkan SDM untuk Kapal Perang Baru

    TNI AL pun menambah kuota taruna AAL dari 100 orang bertambah menjadi 180 orang.

    Jumat , 24 Sep 2021, 06:35 WIB

    Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) memberikan bantuan sosial berupa sembako kepada para petugas pemakaman Covid-19.

    Antara/Aprillio Akbar

    Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) memberikan bantuan sosial berupa sembako kepada para petugas pemakaman Covid-19.
    Rep: Flori Sidebang Red: Agus Yulianto
    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan, pihaknya menambah lokasi satuan pendidikan dan kuota taruna Akademi Angkatan Laut (AAL). Yudo menjelaskan, hal ini dilakukan untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) atau awak kapal perang yang andal.



    Untuk diketahui, baru-baru ini pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Pertahanan (Kemhan) meneken kerja sama dengan perusahaan asal Inggris, Babcock. Kesepakatan itu berupa lisensi desain kapal fregat.
    "Tentunya dari situ, saya menyiapkan prajurit-prajurit untuk pelaksanaanya. Sehingga, nanti dalam waktu tiga sampai empat tahun, kapal fregat itu jadi, awak kita sudah siap untuk mengawaki," kata Yudo di KRI Semarang-594, Kamis (23/9).
    Yudo menilai, Kodiklatal di Surabaya tidak mampu bila harus mendidik 5.000 prajurit TNI AL sekaligus. Oleh karena itu, dia membentuk satuan pendidikan baru yang berlokasi di Sorong, Makassar, dan Tanjung Uban.
    Pasalnya, dia tidak ingin prajurit yang mengawaki kapal perang baru disiapkan secara mendadak. "Dari sekarang ini sudah saya kembangkan untuk perekrutan maupun tempatnya satuan pendidikan kita," ujarnya.
    Baca juga : TNI-Polri Siap Evakuasi Warga yang Ingin Keluar dari Kiwirok
    Sementara itu, salah satu upaya menyiapkan personel TNI AL yang andal, dirinya menambah jumlah kuota bagi taruna AAL. Sebelumnya, Yudo mengungkapkan, kuota taruna AAL hanya 100 orang dan kini sudah bertambah menjadi 180.
    "Ini juga dalam rangka menyongsong itu (alutsista baru), karena kita tahu bahwa Kemhan sudah kontrak kapal-kapal penambahan kapal yang jumlahnya banyak," jelas dia.
    Lebih lanjut Yudo menuturkan, sejak awal menjabat sebagai KSAL, dia telah menyampaikan alutsista apa saja yang dibutuhkan kepada Kemhan. "Menhan merencanakan sesuai dengan program perencanaan ke depan, kita akan didukung atau dibangunkan, dibelikan dengan ToT (Transfer of Technology) kapal-kapal perang yang baru," ungkapnya.
    Sebelumnya diberitakan, Indonesia dan Inggris meneken kerja sama pertahanan melalui lisensi desain kapal fregat Arrowhead 140 (AH140), Kamis (16/9). Kesepakatan itu terjalin antara perusahaan dirgantara, pertahanan dan keamanan asal Inggris, Babcock, dan PT PAL Indonesia (Persero).
    Lisensi desain akan memungkinkan PT PAL untuk membangun dua fregat Arrowhead 140 di Indonesia dengan modifikasi khusus untuk Angkatan Laut Indonesia. Adapun fregat adalah jenis kapal perang ringan dengan kecepatan tinggi dan kemampuan manuver yang dilengkapi teknologi militer canggih terkini.
    Perjanjian tersebut ditandatangani pada acara Defense and Security Equipment International (DSEI) 2021 di London di dalam kapal AL Inggris HMS Argyll, oleh David Lockwood, CEO Babcock, dan Kaharuddin Djenod, CEO PT PAL. Acara ini disaksikan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto dan Menhan Inggris Ben Wallace.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbah Gono Ki Jane Yo kemecer pengen mlebu taruna AAL.......Ning umure wes Ra nyandak 唐唐

      Hapus
  10. teruk betol TLDM

    LCS mangkrak
    LMS tiada taring
    MRSS belom tender
    Kedah tdk ada misil
    Lekiu makin lemah
    Lekir makin bangkotan
    Laksamana mau discrap
    Perdana handalan jerung keris sudah lapuk tua

    Cuma butuh 10 tahun TLDM kehilangan marwah
    Dulu bulli sekarang lari
    Perdana menteri cium tangan presiden xi
    China invasi cuma diam diri
    Netijennya cuma bisa sembang sana sini

    BalasHapus
  11. Gemporkgila sedang cari cari berita OPM hii hii hii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempur otaknya kriminal bang makanya ia mencari berita opm

      Hapus
  12. Ini barang mahal pur,horang kaya
    Hahahha

    Lockheed Martin memenangkan kontrak 101 juta dollar AS untuk memasok rudal dan kontainer Hellfire ke Indonesia, Yunani, U.A.E., dan Kuwait. Perusahaan juga memenangkan tambahan 29 juta dollar AS untuk menyediakan rudal untuk Angkatan Darat AS. Militaryanilyzer.com

    BalasHapus
  13. HANYA SATU KATA .. MENGGERUNKAN ...INTEGRATED AND WELL PLAN WITH HIGH STANDARD OF QUALITY ...

    -------------
    This is the actual current TLDM 15 to 5 plan

    By 2040 if according to plan

    - 6 Gowinds by 2025
    - 4 Chinese LMS
    - 14 LMS batch 2 target price same as chinese LMS of RM250 million
    - 4 submarines, with the 2 original scorpenes now 30 years old
    - 6 Kedah class OPV
    - 12 new PV of target price RM500 million
    - 4 new LCS in 2036-2040

    The whole cost of new LMS + PV is estimated to be at RM9.5 billion

    This is the current TUDM CAP55 phase 1 2021-2030 plan
    - 36 LCA/FLIT
    - 1 sqn of used Hornets
    - 6 new MPA
    - 3 MALE UAV
    - Medium range SAM

    TUDM CAP55 phase 2 2031-2045
    - Hornet replacement MRCA
    - MRTT tanker
    - CN-235 replacement for transport duties (A400M and C-130)
    - More MALE UAV
    - more MPA (P-8 Poseidon as favorite)
    - more Medium range SAM

    Also don't forget a new fighter made locally (PTM-6) 36 units that will join RMAF in 2030 ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2040..gud luck

      Remember tender

      Hapus
    2. Semoga sebelum 2040 korang belum bau tanah ya..

      Hapus
    3. Sekalian ditambah bom nuklir lon wkwkwkwk

      Hapus
    4. Di tahun segitu,indonesia sudah bisa buat sndri kapal heavy frigat,kapal selam, yg jelas industri pertahanan indo bakal nomor 1 di Asean.
      Sementara sebelah masih beli,kajian dan tender

      Hapus
    5. di tahun 2040 itupun HANYA KHAYAL . .kalau Malon masih punya Wang ...

      Hapus
    6. Lo atur ae lah. Cma gw mw ngingetin doank nih. Prosesny ae kgk jelas gmn mw jd tu barang.

      Hapus
  14. Bukannya udah ada kri polux y?trus apa bedanya kri polux dgn kri rigel?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini yg dipesan kapal hidrografik Ocean Going tonase besar yg bisa beroperasi jauh dan multifungsi sbg sub marines.
      Rigel tuh tonase nya kecil.

      Hapus
    2. KRI Pollux dan KRI Rigel cuma bisa survey diperairan dangkal,kalo mau di perairan dalam seperti laut sulawesi ya jelas butuh yang lebih besar

      Hapus
    3. KRI Polux dan Rigel gak punya craine besar dan alat khusus untuk rescue / penyelamat.

      Dan bukan kapal ocean going.

      Tetapi kri polux dan rigel punya alat dan sensor canggih untuk mendeteksi benda dikedalaman laut

      Hapus
    4. Bedanya Rigel buatan luar dan Pollux buatan sndri,dan sama2 sbg kapal bantu Hidrografi.
      Tp rigel lbh canggih hehhe

      Hapus
    5. Jawabane Ra Ono sing pener ☝️

      Wes Ono Rigel lan Spica neng opo isih tambah Pollux 仄

      Amergo jaman Saiki Yen arep gawe survey lan pemetaan kawasan tertentu sing skalane terbatas cukup migunakake ROV/AUV........Iki mergo kemajuan teknologi ROV/AUV ☝️

      Dadi sakupomo gor arep gawe survey lan pemetaan kawsan alur pelabuhan utowo alur sungai lan survey liane sing skalane terbatas ora susah nerjunke RIGEL/SPICA sing peralatan e komplit ........dadi RIGEL/SPICA iso fokus nandangi survey/pemetaan sing luweh komplek

      Hapus
    6. Cukup Sik Pollux wae sing nandangi gawean sederhana kanti sangu ROV/AUV mini koyoto : Remus utowo Klein

      Hapus
    7. Polux Ki due crane ing sisih buritan. .....koyo duweke Rigel/Spica lho lur

      Hapus
  15. Ayo pak prabowo, beli saja setengah dari pengaadaan kapal selam australia yang di cancel.

    Prancis pasti bakal senang hati menjual kapal selam produnya ke indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harganya udah melampaui 90 Billion USD lho untuk 12 unit,mau setengah pun udah kemahalan 不不不

      Hapus
    2. 90 billion buat U214 dpt brp biji

      Hapus
    3. Betul.
      Sekalian buka aliansi baru 3 negara. Prancis, Indonesia & Turki
      Dimana prancis punya senjata nuklir dan turki memiliki tentara setengah edan

      Hapus
    4. Mengenai harga bisa speak speaklaaaah.....

      Seperti kasus pengadaan kapal corvet brunai yang cancel juga. Dan akhirnya semua di beli oleh indonesia.

      Hapus
    5. Klo pake skema pembayaran spt pengadaan Rafale mesir bisa kali dpt ya haha

      Hapus
    6. Ini kapal selam udah jelas gak bisa dibangun di Indonesia,terimanya juga tahun 2032,mau keburu didongfeng ama china dan ditomahawk ama aussie不不不不

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    8. lah osi blom ngebangun kasel barakudanya om esen,
      jadi, apa yg mo kita akusisi? kaselnya aje blum ada haha!

      baruw disain doank uda habis waktuw 5 tahun sedjak kontrak 2016.

      ini yg memacu kemarahan pemerintahan osi, kan tau ndiri mreka super parnoan haha!

      Hapus
    9. tapi biarin aje, osi emang pelanggan yg super criwis, sebagian besar pengadaannya dipastikan DELAY.
      soalnya osi pasti pesan model kastem, yg ujung2nya ribet disaat integrasi

      lihat kasel collins dgn suwedia..bner2 suwek kan, rusak mlulu haha!

      LHD navantia, begh bolak balik masuk dok haha!

      DESTRO navantia, kontrak 2007- ampe skrg masi ribet. proses integrasi jeroannya mundurin jadwal dikomisikan

      giliran kasel ktemu prancis super EGO vs super PARNO jadi dech AMBYARRR haha!五五五

      tinggal proyek HUNTER nich, ktemu ama britis, liatin osi masi nurut ama induk semangnya ape ribut lagi haha!

      urusan matra laut mungkin yg tahan cuman spanyol haha!
      nahh amrik selamat mencoba...

      Hapus
    10. kapal selam itu mahal boss

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Hanya Malon ....kerajaan di Kawasan yang triak-triak negative tentang AUKUS.....yang lain cool saja...

    http://militermeter.com/vietnam-dan-taiwan-sambut-baik-aliansi-aukus-untuk-melawan-china/

    ======TERBUKTI....BAHWA MALON ADALAH PROPINSI TERAKHIR ELDER BRADER CHINA.....xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita pun tidak peduli, siapa tau dengan terbentuknya aliansi "kakus". Indonesia terbantu.

      Dan mendorong indonesia membuat senjata nuklir.

      Hapus
    2. Ga heran om..

      https://www.bloomberg.com/news/articles/2021-09-22/malaysia-to-seek-china-s-views-on-australia-s-nuclear-subs-deal

      Laporan pon malah ketuker bos nya..

      Hapus
    3. Ni malaysia masih member fpda apa PLA seh

      Hapus
    4. FPDA itu udah gak relevan kalo lawan China ������

      Malaysia dan Singapura udah jelas jadi tempatnya migrasi investor China Daratan. Tinggal UK dan Aussie yang masih mau lawan China walaupun harus dibantu Mamarika.

      Hapus
    5. salah satuw penyebab OSI pindah kongsi dari FAIF DIFENS PAWA ke AUKUS,
      adanya KL, mata2 ELDER BRADER gaesz haha!不不不

      Hapus
    6. Jangan-jangan yg dimaksud dg AUKUS ini, diam-diam aussy juga kepengen membuat "Australian Kemukus" ......padepokan kemukus ala aussy dg para cantrikwati yg berambut blonde dan tinggi-tinggi

      Wahessss gawat Iki ......iso-iso poro nom-noman aussy njur wegah cangkruk neng Sragen neh Iki ☹️

      Hapus
    7. dasar omes ente bani puncak

      Hapus
    8. Baru sadar @unknown, kalo bokap ente ga ada semenjak elo kecil......tu lantaran Mak ente pelaku kawin kontrak dipuncak

      Hapus
  18. kapal hidroseanografi terbaruw KRI RIGEL dan kri spica buatan ocea, prancis.
    spertinya akan mendapat kawan baruw, tp kok malah ke jerman?
    wah apa lg ikutan kena demam jau2 dr prancis nich kita haha!

    mnurut guwe sich, enggak yaa..produk ocea ituw kebanyakan pake bahan alumunium yg lebih ringan.
    mungkin pengadaan selanjutnya butuh kapal hidros yg berbahan baja khusus sperti calon kapal anti ranjau kita yg BARUW hore haha!

    nich wkt potong baja 2020,
    warganyet KL mungkin fanassss kalo taon depan 2022 selesai duluan drpd si kapal salah fotong haha!
    https://indonesianembassy.de/wp-content/uploads/2020/11/98C8B88D-51A6-41C5-B368-216228A0B198-800x600.jpeg

    BalasHapus
  19. Peralatan Apa Saja yang diperlukan bagi pembentukan Kor Marin Diraja Malaysia ?

    Setelah membaca buku Malaysia Military Power terbitan Patriots Publishing dan posting Kovacs Kuznetsov beberapa bulan yang lalu. Serta demostrasi Hari Angkatan Tentera Malaysia ke-88 pagi tadi menguatkan lagi teori Kor Marin bakal diwujudkan di dalam cabang kekuatan ATM.
    Jika dilihat di rantau Asia Tenggara, hanya Malaysia selepas Singapura yang tidak mempunyai angkatan Marin. Kita sendiri tahu, negara kita dikelilingi dengan perairan yang juga membahagikan Malaysia Barat dan Malaysia Timur terpisah dengan Laut China Selatan yang memerlukan kapal-kapal yang mampu bekalan logisitik yang begitu banyak. Jika dilihat dalam siri latihan ATM bersama US sebelum ini, ATM melalui 10 Briged Para giat berlatih melakukan latihan pendaratan amfibia. Ini adalah satu kelebihan buat ATM kerana sudah memilikki latihan asas untuk membentuk pasukan Marin.
    Kembali kepada aset yang diperlukan. Apakah aset utama yang diperlukan untuk melengkap keperluan operasi Pasukan Marin ini?
    1) Multirole Support Ship MRSS atau dikenali sebagai LPD
    Dalam pelan 15 to 5 class, TLDM menyatakan ingin mendapatkan sekurang-kurangnya 3 kapal MRSS untuk memenuhi keperluan operasi TLDM. Sudah dinyatakan, Malaysia amat memerlukan kapal yang mampu membawa logistik yang banyak kerana dua daratannya yang terpisah dengan lautan. Cadangan saya ialah MRSS daripada Damen Enforcer 10000 kerana dilihat sesuai dan mampu meredah sea state yang begitu tinggi.
    2) Landing Crafts
    Sekiranya terdapat kapal MRSS. Landing Crafts juga dianggap penting untuk membawa bekalan atau anggota ke kawasan pantai.
    3) Amphibious Vehicles
    Amphibious Vehicles adalah kenderaan pengakut tentera yang mampu berenang dan meredah lautan untuk membawa tentera ke kawasan pantai. Kebiasaannya, kenderaan ini digunakan untuk serangan teknik pendaratan amfibi. Dengan menggunakan kenderaan ini, pasukan tentera yang dibawa akan sampai dalam keadaan selamat kerana mendapat perlindungan yang baik.
    4) Helicopter
    Kerana kemampuan MRSS untuk mengakut Helikopter, jadi tidak hairan kaedah operasi heliborne dapat dilaksanakan. Ditambah juga, Helikopter mampu membantu dan memberikan bantuan kepada pasukan Marin yang tiba di kawasan musuh.
    Kesimpulannya, pembentukkan Marin dilihat memerlukan aset dan anggaran yang besar untuk dilaksanakan. Tetapi tidak mustahil jika pelan ini dapat dilaksanakan kerana ATM sudah mula mengorak langkah seperti melakukan latihan serta merancang aset-aset kesusaian untuk operasi Marin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapkan mental baja klo buat marinir atau wang yg besar wkwk

      Hapus
    2. Buat dulu CORP MARINIR..



      Wet dream


      TOLOL

      Hapus
    3. Itu sih harapan malon ntah kapan wkwkwkwk

      Hapus
    4. Jadi ingat yg latih Paskal malon dri KKO marinir,bukan kopaska.

      Klo mau bangun marinir belajarlah sma indonesia lon.

      Hapus
  20. Unknown25 September 2021 10.08

    Peralatan Apa Saja yang diperlukan bagi pembentukan Kor Marin Diraja Malaysia ?

    ========

    1-1-1=>3tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun 2022 1 unit
      Tahun 2023 1 unit
      Tahun 2024 1 unit

      Hapus
  21. Gempurwaria aka Asrizal Rusli Pondan, mental tisu, Ayam Sayur gak berani komentar takut di bully... wkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  22. apaahh?? WARGANYET KL pengen punya marinir??
    HAYAL DOT KOM gaesz haha!弗弗弗

    maren aja pasukan para diterjunin ke laut dangkal...bukannya langsung renang ke darat, eh malah tunggu jemputan speed bot...manja amat..PARAH, kesian liatnya gaesz haha!

    KL gak punyak infrastruktur satuan marinir.
    dari sperti tank2 amfibi apalagi angkatan lautnya gak punyak LST baruw dan LPD haha!

    KL dengan bajet pertahanan dibawah filipin. mustahil pyk marinir sampe 35 taon mendatang.
    dalam rancangan 15-5 ajah sangat djelas, satu duniya jugak tau, armada KL bangkrut gaesz haha!不不不

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAPAL BARUW LAGI OM PAL....


      SI GEMPORK DAH SEMBANG DAPAT AW-139 1+1+1...MOYISIKAL,ATV,MOTOR
      KITA BELI FRIGATE,SUBMARINE HOR VESSEL TETAP STAY COOL

      Hapus
    2. yaa gt dech om acno,
      kesian negara kecil, dapetnya dikit kalah ama LAOS haha!五五五

      Hapus
  23. WAARGANYET KL ada yg pengen pyk pasukan amfibi marinir,
    tp negerinya pilih aset uda salah haha!不不不

    salah satuw aset2 tak bermutu milik jiran gaez,

    si GEMPI GEMBROT katanya apc 8x8 amfibi tp kok kelelep di LUMPUR cetek gaesz haha!

    menit 30:45 HELEPP...HEEELEEPP..tarik donk MAS haha!鳶鳶

    https://www.youtube.com/watch?v=jOrP2Dkz0js

    BalasHapus
  24. Calon pengganti KRI Dewa Kembar (932)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyooiihh LONG LIVE HYDRA haha!
      batelpulpen di malvinas tuw

      Hapus
    2. Sssssst. ....jangan pernah sebut-sebut malvinas disinilah bro 井

      Soale itukan cikal-bakal berdirinya padepokan kemukus setelah Mbah Gono di kudeta oleh manajemen disana

      Hapus
  25. Balasan
    1. kaburrrr om, biasalah supir trek cinta satuw malem..
      ada duwit abang sayang,
      takde duwit abang ditendang haha!

      Hapus
  26. Inhan Prancis paling sering dikadali oleh negara lain mengenai penjualan alutsista ke negara lain....

    1. Kapal ampibhi mistral class yang gagal dibeli rusia
    2. Kasel baracuda class yang di cancel sepihak oleh ausi
    3. Kapal opv maharogolele gointhewind class yang gagal karena salah potong oleh engineer idiot malon.
    4. Scorpene yang tak boleh silem.

    拎拎拎拎拎

    BalasHapus
    Balasan
    1. gowing dikensel rumania jugak om haha!

      Hapus
    2. Mistral sih salah sendiri.

      Hapus
    3. Mistral juga gagal karena tekanan dari as dan ini terulang lagi makanya sampe ngambek menarik duta besarnya

      Hapus
  27. Ado doiii,,pak menhan lanjut shopping2 nya,,kami dukunglah demi kemajuan Indhan Indonesia!

    BalasHapus
  28. Sebwlah pasti bilang janes hoax 不不

    BalasHapus
  29. Gud Aidie, kapal fungsi hidrografi+kapal penyelamat ks.
    - dua2nya sangat urjen!
    - sekali dayung 2 pulau terlampaui.
    - bisa hemat duit

    Lanjut, jangan pake lama!


    BalasHapus