21 September 2021

TUDM Bakal Ganti Pesawat C-130 Hercules

21 September 2021

Pesawat C-130 Hercules mampu beroperasi lagi sehingga tahun 2040 menerusi program naik taraf keupayaan pesawat pengangkut taktikal TUDM (photo : Patrick Weis)

PUTRAJAYA: Pesawat pengangkut C-130 Hercules yang digunakan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) sejak sekian lama bakal digantikan dengan model sama tetapi versi baharu.

Antara calon terkuat dijangka mengambil alih khidmat pengangkut taktikal itu ialah C-130J Super Hercules dikeluarkan oleh firma sedia ada, Lockheed Martin di Amerika Syarikat (AS).

Panglima TUDM, Jeneral Tan Sri Ackbal Abdul Samad berkata, ini berikutan secara kebetulan sebahagian besar alat komponen dan gantinya itu adalah serupa dengan C-130 Hercules.

“Bagaimanapun, adalah terlalu awal untuk memuktamadkan jenis pesawat pada ketika ini,” katanya kepada sebuah majalah pertahanan antarabangsa menerusi keluaran terbaharunya.

TUDM antara yang pasukan paling awal di dunia yang memiliki pesawat C-130 Hercules selepas negara mencapai kemerdekaan dan kini ada 2,500 buah beroperasi di lebih 50 negara.

Sepuluh buah pesawat tersebut digunakan TUDM, yang masing-masing ditempatkan di Skuadron 20, Pangkalan Udara Subang, Selangor serta Skuadron 14, Pangkalan Udara Labuan.

Mengulas lanjut, beliau menjangkakan penggantian platform mobiliti udara dijadualkan dapat dibuat Kementerian Pertahanan ketika Rancangan Malaysia Ke-16 pada 2041 hingga 2045.

Justeru ujar beliau, program naik taraf avionik akan terus dilaksanakan bagi meningkatkan tahap keupayaan C-130 Hercules supaya pesawat itu mampu beroperasi sehingga tahun 2040.

“Buat masa ini, pihak TUDM sedang berusaha demi memastikan semua pesawat pengangkut masih lagi sentiasa relevan dan terkini dengan keperluan serta taktik semasa,” jelas Ackbal.

Versi baharu itu sudah mula dikeluarkan pada 1996 lalu, malah pada waktu ini, sejumlah 450 buah pesawat berkenaan telah pun digunakan di 22 negara dengan 14 varian yang berbeza.

Dalam pada itu, beliau mengesahkan empat buah pesawat pengangkut dan penangki minyak di udara, Airbus A400M, akan boleh melaksanakan operasi pengisian minyak ketika terbang.

Siri latihan melibatkan 18 buah jet tempur Sukhoi Su-30MKM di Laut China Selatan sebelum ini telah membuktikan keupayaan sebenar pesawat keluaran Airbus Defense and Space itu.

Malaysia merupakan negara pertama di Asia memiliki pesawat itu pada 2015 lalu yang ketika ini hanya digunakan lapan negara dengan sejumlah 176 buah beroperasi di seluruh dunia.

 “Kita jangka apabila selesai program naik taraf di fasiliti Airbus di Seville, Sepanyol, pesawat ini akan boleh melakukan pengisian di udara secara optimum bermula tahun depan,” katanya.

Sehubungan itu ujar Ackbal, operasi pesawat pejuang TUDM dapat terbang lebih jauh dalam tempoh masa lebih lama di udara, selain A400M berkemampuan mengisi muatan saiz besar.

249 komentar:

  1. Balasan
    1. PuncakJalil HomeRepair AndRenovation X hairan, negara lain dah boleh buat mcm2, msia cuma mampu beli tupun yg dibeli kadang "halimunan"
      Indo dah mampu bina sendiri pesawat angkut, kapal perang, roket, medium tank, apc, senapan
      Thai dah mampu buat apc, senapan
      Spore dah boleh bina kapal perang
      Vtnam dah boleh buat peluru berpandu dan mcm2
      Msia?Menganjing dan perli je

      Hapus
    2. Saya kasih tontonan lon.
      https://youtu.be/ibJ0NmB5xRM

      Hapus
  2. yang takde A400M tu tepi sikit....wwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berkurung Purr di bilik tandas....covid19 di malon masih cecah 15ribu kasus perhari🀣

      Hapus
    2. Tak perlu lah beli pesawat yg tak laku dipasaran hanya negara bodoh je yg pakai!! Hercules sudah terbukti lah di medan perang sejak dulu kala...indonesia dah beli 5 C130J malay baru tahun 2045 itupun kalo punya wang...wkwkwk

      Hapus
    3. Nonton ini dulu ah lon.
      https://youtu.be/ibJ0NmB5xRM

      Hapus
  3. Hihihi... Bnyk maunya. Duite nol min seribu

    BalasHapus
  4. Hercules KL cuma 10 jee..?
    Sampai tau 2040 cuma pakai Herky itu..?


    Wakakakakakakakakak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. laennya rusaaakkkk..kanibalin tuw om pedang haha!

      Hapus
  5. 2041 guys masih lama tu Wkwkwkwkw




    Mengulas lanjut, beliau menjangkakan penggantian platform mobiliti udara dijadualkan dapat dibuat Kementerian Pertahanan ketika Rancangan Malaysia Ke-16 pada 2041 hingga 2045.

    BalasHapus
  6. Jadi ingat Herky KL KENA scramble diatas Laut Natuna...

    Wakakakakakakakkak

    Menlu KL langsung marah tuuu...

    LoL

    BalasHapus
  7. A400 Banyak masalah pada komponennya guys Patutlah Jerman tak mau Menerima A400 yang dipesannya Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  8. Panglima TUDM itu pasti tahu kalo RI dah pesan Herky J....pengen juga pak cik?

    Ingat, cek kantong ente dulu nooh..

    Wakakakkaakkak

    Kesiaan

    BalasHapus
  9. Tiba-tiba muncul berita "TUDM Bakal Ganti Pesawat C-130 Hercules"

    Karena liat RI beli Herky J, yaa..?
    Pengen..?

    Cek kantong dulu pak cik.

    Wakakakakkak

    BalasHapus
  10. BAKAL diganti NTAH BILA2 wkwkwk... NGERI wkwkwk

    BalasHapus
  11. A-400 pesawat cacat produksi gampang terhempas,German je pun tak nak gunakan A-400 wkwkwk

    BalasHapus
  12. PuncakJalil HomeRepair AndRenovation X hairan, negara lain dah boleh buat mcm2, msia cuma mampu beli tupun yg dibeli kadang "halimunan"
    Indo dah mampu bina sendiri pesawat angkut, kapal perang, roket, medium tank, apc, senapan
    Thai dah mampu buat apc, senapan
    Spore dah boleh bina kapal perang
    Vtnam dah boleh buat peluru berpandu dan mcm2
    Msia?Menganjing dan perli je

    BalasHapus
  13. https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1327065717696779&id=709687686101255&m_entstream_source=timeline&__tn__=%2As%2As-R

    BalasHapus
  14. Aneehh...
    Katanya si KL cukup andalkan A400, buat heavy lift, kenapa masih ingin Herky..?

    A400 berat di ongkos kee?
    Bikin tekor kee?

    Wakakakakakakkakakakk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. A400 Takut kena burung pigeon broo...
      Koyak dan terhempas nanti

      Wkwkwkwkwkwk

      Hapus
  15. Malon selalu ngikut ngikut πŸ‘Ž
    Selalu panas dan dengki,
    Kita beli herky model baru, malon tiba tiba ngikut ingin beli herky type yang sama juga...

    Buka tender tapi tak pernah jadi jadi...

    SALAM 2040, entah malon masih ada di peta tau gak tahun segitu....

    BalasHapus
  16. MKM dan hornet dipancenkan thn 2040 begitu pula herky malon dipensiunkan thn 2040... NGERI wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. lanjut pake made in ELDER BRADER ato TEJAS om pit? haha!

      Hapus
  17. πŸ˜‚
    Mau beli tipe J pun masih 2040 nanti.

    BalasHapus
  18. https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1649442668559717&id=117625771741422&__tn__=%2AW-R

    BalasHapus
  19. Berita apa nich woi.. Efek Budget MERUDUM & MENDUNG GELAP sampai Tahun 2040 keh.. kihkihkih.. Wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  20. C-130 INDON je MALAYSIA MRO.... ini kan sekadar mau Upgrade C130 sendiri....sangat mudah ya....wkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. MRO abal-abal di AIRCROD. Wkwkwkwkwkwk

      Apa pula MRO 1 unit C-130 TNI butuh waktu 3 tahun di AIRCROD.. wkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Mro dalam masa 3 tahun itu ke..??
      Kerja atau tido???

      Untung kita hanya kirim satu hanya untuk sekedar kasian saja.

      Beda sama PT.DI yang MRO 3 UNIT CN235 MALON kedalam MSA, sebelum setahun sudah hampir kelar semua.

      Kihkihkih

      Hapus
    3. MRO lembab dan tak profesional,MRO 1 herky je pun butuh masa 3 tahun...tengok Indonesia upgrade 3 CN-235 Malon jadi MSA tak butuh masa 3 tahun,dalam masa 1 tahun je 3 CN-235 malon siap di upgrade jadi MSA wkwkwk

      Hapus
  21. https://malaysiaflyingherald.wordpress.com/2021/09/20/indonesia-cancelled-an-tps-77-radar-plan/

    BalasHapus
  22. "BAKAL GANTI"
    baru hanya bakal doaaang.....

    Nge PRANK lagi
    Kihkihkih..

    BalasHapus
  23. Blog ini sebelumnya telah melaporkan bahwa Pemerintah AS akan menyumbangkan tiga radar pertahanan udara jarak jauh AN/TPS-77 ke Malaysia dan Indonesia sebagai bagian dari Inisiatif Keamanan Maritim (MSI). Tampaknya Malaysia telah berada di jalur yang benar untuk mewujudkan rencana tersebut setelah pelatihan baru-baru ini yang diadakan oleh Washington Air National Guard (ANG) untuk personel Royal Malaysian Air Force (RMAF) yang melibatkan beberapa jenis radar termasuk AN/TPS-77 .

    Di sisi lain, tampaknya pihak Indonesia telah membatalkan rencana tersebut meskipun belum ada penjelasan rinci mengenai alasan pembatalan tersebut. Konon, biasanya pembatalan tersebut bukan dari pemerintah AS, tetapi dari negara penerima potensial seperti yang dapat dilihat dari pembatalan baru-baru ini oleh Pemerintah Malaysia pada kapal operasi khusus SOC-V US Navy SEAL dan self-propelled M109 milik Angkatan Darat AS baru-baru ini. howitzer.

    Meskipun demikian, pembatalan AN/TPS-77 oleh Indonesia tidak akan mempengaruhi negara tersebut karena sedang berusaha untuk mendapatkan radar pertahanan udara yang lebih baru dan modern untuk meningkatkan pengawasan wilayah udaranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantaappp bro...
      Radar yang lebih baru dan modern dari AN/TPS-77...
      Malon silahkan ambil semua radar hibah... wkwkwkwkwk, πŸ˜‚, πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  24. ada Cn235 saiz kecil, ada C130 saiz sederhana....ada A400M saiz paling besar...nah cukup....

    BalasHapus
  25. Kasau Kunjungi Upgrade Hercules A-1309 di AIROD


    Dispenau (29/8). Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., meninjau kesiapan C-130 milik TNI AU yang sedang di-retrofit di Aircraft Inspection Repair & Overhaul Depot (AIROD) Facilities di Sultan Abdul Aziz Shah Airport Selangor, Malaysia, Rabu (29/8/2018).

    Saat tiba di AIROD, Kasau beserta rombongan disambut Managing Director AIROD, Dato Sri Mohamad Elkany Ahmad dan Technical Representative (Techrep) TNI AU, Mayor Tek Erick Sukma dan langsung meninjau pesawat C-130 Hercules dengan tail number A-1309. Dari penjelasan pihak AIROD dan Techrep, disampaikan perkembangan retrofit dan upgrading pesawat seperti penggantian outer wing, structure replacement dan upgrading serta modifikasi ECS, APU, avionic dan generator disconnect. Sesuai dengan jadwal, pesawat Hercules yang memiliki kemampuan air refueling ini akan selesai pada akhir September tahun ini.

    BalasHapus
  26. c-130 INDON je Upgrade ke MALAYSIA... wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tengok 3 CN-235 malon di upgrade jadi MSA siap 1 tahun wkwkwk

      Hapus
    2. Mro dia bilang upgrade?
      Duh duh duh,
      Pantesan cn 235 lama mangkrak,
      Pantesan maharaja lela jadi besi berkarat.
      Wong netizennya sebodoh ini.

      Hapus
  27. Upgrade cuma 1 unit sambil tunggu GMF beropersi.

    Itu pun lama sekali 3 tahun.
    Aircrod kerja nya tidor kah

    BalasHapus
  28. Pesawat A400M milik TUDM merupakan pesawat pengangkut terbesar berjaya mendarat di Lapangan Terbang Mutiara SIS Al-Jufri, Palu pada 8 Okt 18 lalu bagi misi kemanusian bencana gempa bumi dan tsunami.



    link
    https://www.youtube.com/watch?v=B-pmscPBI4s

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pesawat cacat produksi gampang terhempas wkwkwk

      Hapus
  29. C-130J 30S milik TNI AU sedang dalam pembuatan di US yang PRANK tu tepi sikit Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  30. geng INDON kata upgrade pesawat C130 usang mereka lama di buat AIROD...

    bro kalau di ganti semua ya memang la makan masa banyak ya mau di ganti dan di UPGRADE maklumlah pesawat C130 USANG....wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  31. Mana lebih cepat upgrade 3 CN-235 siap 1 tahun berbanding sebelah MRO 1 herky je pun butuh masa 3 tahun wkwkwk

    BalasHapus
  32. MSA pun MALON gunakan Platform CN 235 Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  33. PUTRAJAYA: Pesawat pengangkut C-130 Hercules yang digunakan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) sejak sekian lama bakal digantikan dengan model sama tetapi versi baharu.

    -------------------------

    ahh masa? CAPCUS-2055 haha!🀣🀣🀣

    BalasHapus
  34. sesuailah INDON beli C130 baru...C130 mereka terlalu tua ya guys...wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih tua nuri dibeli tahun 60-an wkwkwk

      Hapus
    2. Yaaaa iyyalah kita pengguna kedua setelah USA dan pertama di Asia...

      Hapus
  35. Baru mau Akan dan bakal.

    Pesanan Herky TNi AU sudah dalam proses

    BalasHapus
  36. Malon iri lihat kasau foto sama c130 j masuk perakitan,
    Btw ganti pesawat masih nunggu 2041 lon?
    Ntar beli dimari aja,
    Tahun 2041 indonesia insyaallah dah mampu buat pesawat angkut berat sendiri.

    BalasHapus
  37. “Bagaimanapun, adalah terlalu awal untuk memuktamadkan jenis pesawat pada ketika ini,” katanya kepada sebuah majalah pertahanan antarabangsa menerusi keluaran terbaharunya.

    ----------------------------

    tukann..ntar 2055, sesuai CAPCUS-55 gaesz haha!🀣🀣🀣

    BalasHapus
  38. Kami warga FPDA

    1. Inggris
    2. Australia
    3. Singapore
    4. New Zealand
    5. Brunei Darussalam

    Mengucapkan TAHNIAH.. TAHNIAH.. Efek Budget MERUDUM & MENDUNG GELAP C-130 Hercules TDUM terus Berkhidmat sampai tahun 2040.

    Wkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rupanya Malon sudah diganti Brunai Darussalam di FPDA karena sekarang Malon anggota FPLA.. wkwkwkwkwk πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  39. wkwkwkwkwk... CN235 MALAYSIA baru ya..malah saiz jauh lebih kecil dari C130...malah sekadar servis biasa memang la cepat dibuat...

    ini AIROD bukan sahaja servis dan Tukar body yang usang malah mengupgrade sistem eletronik pesawat C130 Usang dari negara sebelah.... TERLALU tua banyak mau di ganti dan di Upgrade....wkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Herky Indonesia di MRO tolol bkn di upgrade wkwkwk

      Hapus
  40. Mana lebih cepat upgrade 3 CN-235 siap 1 tahun berbanding sebelah MRO 1 herky je pun butuh masa 3 wkwkwk

    BalasHapus
  41. Berita Akan 2040

    πŸ˜„πŸ˜ƒ

    BalasHapus
  42. Yg MRO nya lembab cem siput tepi sikit kat tandas wkwkwk

    BalasHapus
  43. cuba baca ya guys berapa banyak mau di servis dan Upgrade c130 Usang sebelah.... banyak kerjanya guys....wkwkwkwkwkwk



    Dispenau (29/8). Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., meninjau kesiapan C-130 milik TNI AU yang sedang di-retrofit di Aircraft Inspection Repair & Overhaul Depot (AIROD) Facilities di Sultan Abdul Aziz Shah Airport Selangor, Malaysia, Rabu (29/8/2018).

    Saat tiba di AIROD, Kasau beserta rombongan disambut Managing Director AIROD, Dato Sri Mohamad Elkany Ahmad dan Technical Representative (Techrep) TNI AU, Mayor Tek Erick Sukma dan langsung meninjau pesawat C-130 Hercules dengan tail number A-1309. Dari penjelasan pihak AIROD dan Techrep, disampaikan perkembangan retrofit dan upgrading pesawat seperti penggantian outer wing, structure replacement dan upgrading serta modifikasi ECS, APU, avionic dan generator disconnect. Sesuai dengan jadwal, pesawat Hercules yang memiliki kemampuan air refueling ini akan selesai pada akhir September tahun ini.




    link
    http://defense-studies.blogspot.com/2018/08/kasau-kunjungi-upgrade-hercules-1309-di.html

    BalasHapus
  44. Aircrod
    .kerjanya hanya ganti oli,lap lap kaca dan body lepas tuh semprot2 bayfresh.
    πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  45. TUDM antara yang pasukan paling awal di dunia yang memiliki pesawat C-130 Hercules selepas negara mencapai kemerdekaan dan kini ada 2,500 buah beroperasi di lebih 50 negara.

    ---------------------------

    wuuii brani2nya KL KLAIM paling awal gaesz..dasar HALU haha!πŸ’€πŸ’€πŸ’€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu kecil sering lihat C-130 terbang airdrop logistik kali.πŸ˜›
      +10 tahun kemudian lihat pesawat yang "sama" di inventory TUDM.

      Hapus
  46. Herky malon dibeli tahun 70-an dipaksa berkhidmat sampai thn 2040...NGERI guys wkwkwk

    BalasHapus
  47. ada patut geng pembual mau samakan servis CN235 dengan C130...

    saiz saja jauh berbeza...malah umur pesawat lagi jauuuuuuuhhhhhhhhhhhhh berbeza

    wkwkwkwkwkwk..........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itupun cuma 1 aja
      Tes enngginer aircrod yg lelet πŸ˜ƒπŸ˜…

      Hapus
    2. Bayangkan guys 3 CN-235 malon di upgrade jadi MSA siap dalam 1 tahun,beza dgn sebelah MRO 1 herky je pun butuh masa 3 tahun wkwkwk... NGERI wkwkwk

      Hapus
  48. wkwkwkwkwkwkw lagi hebat C130 INDON... sudahlah usang ...hasil sedekah Australia ya guys.... Australia sudah tak mahu pesawat C130 sedekah ke INDON...wkwkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesian dengki tak di anggap penting sama Australia wkwkwk

      Hapus
    2. Kami warga FPDA

      1. Inggris
      2. Australia
      3. Singapore
      4. New Zealand
      5. Brunei Darussalam

      Mengucapkan TAHNIAH.. TAHNIAH.. Efek Budget MERUDUM & MENDUNG GELAP C-130 Hercules TDUM terus Berkhidmat sampai tahun 2040.

      Wkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  49. Mengulas lanjut, beliau menjangkakan penggantian platform mobiliti udara dijadualkan dapat dibuat Kementerian Pertahanan ketika Rancangan Malaysia Ke-16 pada 2041 hingga 2045.

    ------------------------------

    ReMeK 16 2041-2045...wedeww mampusss..

    WARGANYET KL sini uda pada pindah ALAM gaesz haha!πŸ‘»πŸ‘»πŸ‘»

    BalasHapus
  50. wkwkwkwkwkwk.... c30 usang ganti sama C130 juga saiz sama guys tiada beza ya....


    mau tanya INDON ada pesawat sebesar A400M...??? wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengki guys ada herkulesnya diganti tahun 2040 wkwkwk

      Hapus
    2. Yg bedakan adalah baru bukan sewa
      Wkwwk

      Hapus
    3. C-130-30J kan lebih besar dari C-130 lama TNI AU.

      Hapus
  51. CN235 bakal diubah jadi MPA/MSA semua? Dalam rencana CAP 55 hanya ada dua jenis pesawat angkut, sepertinya bakal A400 dan Hercules saja. Sedangkan pesawat angkut 10 ton kebawah dihapus.

    Atau niru TNI AU pakai skadron multrole dengan satu tipe pesawat tetapi peran berbeda-beda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. CAPCUS-55 ituw kan sbnernya menegaskan klo KL gak bakal SHOPPING SOPING om irs, tp MSA(minta sodakoh amrik) boleh haha!

      Hapus
  52. Lembab dan tak profesional guys wkwkwk... Aircrod syarikat MRO kaleng2 wkwkwk

    BalasHapus
  53. Aircrod syarikat MRO kaleng2 wkwkwk

    BalasHapus
  54. MALAYSIA...
    CN235 saiz Kecil
    C130 Saiz sederhana
    A400M Saiz Besar


    INDON
    Cn235 saiz kecil
    CN295 Saiz sederhana
    C130 Saiz besar




    bezanya jauhhhhhhhhhhhhhhh ya guys.....wkwkkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bezanya malon TOLOL dan idiot,Indonesia dah berjaya bina medium lifter aircraft cem CN-235 malon cuma bisa beli dan beli,sekali tak de wang malon bengap wkwkwk

      Hapus
    2. Tapi bisa diimbangi dengan jumlah pesawat yang lebih banyak.

      Hapus
  55. Kesian malon tak di anggap penting sama Australia wkwkwk

    BalasHapus
  56. Sepuluh buah pesawat tersebut digunakan TUDM, yang masing-masing ditempatkan di Skuadron 20, Pangkalan Udara Subang, Selangor serta Skuadron 14, Pangkalan Udara Labuan.

    ---------------

    jiahh tinggal 10 gaesz..kesian haha!������
    ituw pon blom MLU smua..

    BalasHapus
  57. Mengulas lanjut, beliau menjangkakan penggantian platform mobiliti udara dijadualkan dapat dibuat Kementerian Pertahanan ketika Rancangan Malaysia Ke-16 pada 2041 hingga 2045.

    Justeru ujar beliau, program naik taraf avionik akan terus dilaksanakan bagi meningkatkan tahap keupayaan C-130 Hercules supaya pesawat itu mampu beroperasi sehingga tahun 2040.




    udah dibilang.. selamat berkhidmat hingga 2040.. wakakakak

    BalasHapus
  58. malah saiz CN235 dan AN295 tidak jauh berbeza ya CN295 hanya besar sedikit je....wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bezanya malon TOLOL dan IDIOT,Indonesia dah berjaya bina pesawat medium airlifter cem CN-235,malon cuma planga-plongo tak bisa bina aircraft wkwkwk

      Hapus
  59. Justeru ujar beliau, program naik taraf avionik akan terus dilaksanakan bagi meningkatkan tahap keupayaan C-130 Hercules supaya pesawat itu mampu beroperasi sehingga tahun 2040.

    -------------------------------------

    tukan...gak beli gaesz, berita HALUW lagi..

    biasa, FANASSSSssss gegara kita beli HERKULES TERBARUWWW banyakk bingit dibanding 4 bijik disebelah ituw haha!������

    BalasHapus
    Balasan
    1. beritanya naik.. naik.. naik.. GUBRAAKK om..


      wakakakakak

      Hapus
    2. Herky tua malon dipaksa berkhidmat sampai tahun 2040 ompal wkwkwk

      Hapus
    3. nyoihh kayak maen Niagara Gara dufan, naek tinggi..trusss BYURRRR haha!

      Hapus
    4. nyooihh om pit, kesian KL..
      punya mAEROD tp herkinya gak di MLU..takde dana haha!

      Hapus
  60. Ikut indonesia mau ganti C130J juga lon.

    Tapi versi malon AKaN bujet ciput
    πŸ˜‡πŸ‘†

    BalasHapus
  61. Khidmat hingga 2040 ngeriii guys..

    BalasHapus
  62. MALAYSIA...
    CN235 saiz Kecil
    C130 Saiz sederhana
    A400M Saiz Besar


    INDON
    Cn235 saiz kecil
    CN295 Saiz sederhana
    C130 Saiz besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesian malon TOLOL dan IDIOT tak bisa bina aircraft buatan tempatan wkwkwk

      Hapus
    2. Walaupun begitu, jumlah pesawatnya TNI AU lebih banyak kan?

      Hapus
  63. http://defense-studies.blogspot.com/2021/09/tengok-pesanan-c130j-kasau-kunjungi.html?m=1

    C130J super hercules lbh besar dari type herky lainya ya pur.

    BalasHapus
  64. Malaysia merupakan negara pertama di Asia memiliki pesawat itu pada 2015 lalu yang ketika ini hanya digunakan lapan negara dengan sejumlah 176 buah beroperasi di seluruh dunia.

    ----------------------

    berita HALUW lagiii, cuman 100 bijik aslinya haha!

    https://www.airbus.com/content/dam/corporate-topics/publications/o&d/2020-11_MRS_GEN_Ord-Deliv-by-country.pdf

    BalasHapus
  65. Apapun yang dihujah gempork PEMBUAL malon tetap je negara TOLOL dan IDIOT tak bisa bina aircraft buatan tempatan wkwkwk

    BalasHapus
  66. wkwkwkwkwkw... C130J mau dibanding A400M...???

    harga saja jauh berbeza...daya angkut kargo A400M jauh di atas C130J...dibanding saiz...??? yasalammmm....wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Negara TOLOL dan IDIOT tak bisa bina aircraft buatan tempatan wkwkwk

      Hapus
  67. Ni yaa, buat gempurwira.
    MRO tu bisa cepat asal: working hours ditambah, manpower banyak (ditambah) dan suplai chain untuk spare part lancar. Kalau upgrade sebiji saja sampai 3 tahun, maknanya kapasitas airod masih rendah. Sederhana pun tu tak paham? 🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapasitas rendah apa skill rendah bang πŸ˜„

      Hapus
  68. Indonesia sudah pesan 5 unit C130J versi baru.

    Sedangkan malon masih AKAN,Bakal,kajian2,

    BalasHapus
  69. “Kita jangka apabila selesai program naik taraf di fasiliti Airbus di Seville, Sepanyol, pesawat ini akan boleh melakukan pengisian di udara secara optimum bermula tahun depan,” katanya.

    ------------------

    blom bisa isi bengsin diudara ternyata haha!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  70. wkwkwkwkwk...wah marah betul geng INDON... CN235 dan CN295 tak jauh beza guys....angkut kargo pun sikit je.... malah tak boleh membawa kargo bersaiz besar...ini berbeza dengan C130 dan A400M

    BalasHapus
    Balasan
    1. Judulnya Herky bukan A400 wkwkw

      Hapus
    2. Malon jilat ludah sendiri beli banyak CN-235 Indonesia wkwkwk

      Hapus
  71. Tengok malon beli 8 CN-235 buatan PT DI...amazing,itu berarti malon mengakui Indonesia pintar sehingga beli banyak CN-235 dari Indonesia wkwkwk

    BalasHapus
  72. Memang C-130 dan C130J lebih kecil dari A400M, tapi bisa diimbangi dengan jumlah pesawatnya yang lebih banyak (sekitaran 20-an).

    BalasHapus
  73. Malon jilat ludah sendiri beli banyak CN-235 Indonesia wkwkwk

    BalasHapus
  74. Masih Versi Akan pur wkwkwk

    Ya salam

    BalasHapus
  75. Airbus A400M Malaysia Sukses Angkut Eskavator Dan Truk Tangki BBM Ke Palu


    Nama Airbus A400M Atlas kian moncer saja di Indonesia, setelah AU Perancis yang menyertakan pesawat turbo propeller dalam misi bantuan kemanusiaan untuk korban gempa di Lombok pada 24 Agustus 2018, kini AU Malaysia pun ikut ambil bagian dalam misi bantuan logitik pada musibah gempa bumi di Palu, Sulawesi Tenggara. Bila Airbus A400M Perancis membawa dua unit ambulans ke Lombok, maka yang dibawa Airbus A400M Malaysia, lebih spektakuler.

    Dengan kapasitas payload hingga 37 ton, apa yang diangkut Airbus A400M AU Malaysia (TUDM) ke Palu adalah truk tangki bahan bakar Pertamina dan satu unit eskavator Excava 200. Dikutip dari siaran pers airbus.com (9/10), disebutkan terlaksananya misi bantuan logistik ini berkat kerjasama antara Pemerintah Indonesia, AU Malaysia dan Airbus Foundation.

    Dalam misi bantuan logistik selama empat hari di Indonesia, Airbus A400M Malaysia menyalurkan distribusi bantuan pangan, dan peralatan kesehatan yang dikumpulkan oleh Kementerian BUMN. Karena melibatkan peran Kementerian BUMN, nama PT Pindad dan PT Pertamina ikut disertakan dalam misi bantuan ke Palu.

    Kebutuhan pasokan bahan bakar di Palu dijawab dengan penerbangan truk BBM berkapasitas 5.000 liter. Tidak itu saja, ruang kargo Airbus A400M juga dimuati satu unit eskavator Excava 200 buatan PT Pindad.




    link
    https://www.indomiliter.com/airbus-a400m-malaysia-sukses-angkut-eskavator-dan-truk-tangki-bbm-ke-palu/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Topik soalan herky elak ke A-400,kalah debat guys wkwkwk

      Hapus
  76. Malah CN-235 dijadikan malon jadi pesawat VVIP guna angkut raja tuan agung,PM dan menteri malon wkwkwk

    BalasHapus
  77. Kenapa upgrade cn235 cepat, karena
    1. Man power ditambah
    2. Working hours ditambah
    3. Suplai chain spare part lancar.
    Itu baru namanya profesional. Bukan masalah besar kecil pesawat. Sudah tahu pesawat size besar, kok tidak ada improvement.

    BalasHapus
  78. nah A400M Malaysia Sukses Angkut Eskavator Dan Truk Tangki BBM di INDON.... NGERI guys daya angkut A400M... C130 INDON mana.... oh tak mmapu bawa ya terlalu berat.....??? syukur ada A400M MALAYSIA

    BalasHapus
  79. 5 unit Herky C130J terbaru bakal nanti gantikan Herky type B yg tua.

    BalasHapus
  80. Kalo CN-235 tak canggih dan tak sopiscated tak mungkin malon CN-235 dijadikan jadi CN-235 VVIP guna angkut raja wkwkwk

    BalasHapus
  81. Ayo pur, saya paling suka diskusi masalah industry maritim dan aeroangkasa.

    BalasHapus
  82. Lumayan pur dapat 5 unit C130J super hercules terbaru dri LM

    http://defense-studies.blogspot.com/2021/09/tengok-pesanan-c130j-kasau-kunjungi.html?m=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampun hanya 5 buah saja.....wkwkwkwkwk

      maknnya kesemua C130 usang sedekah Australia akan di hentikan operasi la kan... lah ini bukan bertambah tapi berkurang ya guys

      Hapus
    2. 5 buah tuh baru batch I pur berbanding malon masih AKAN beli herky wkwkwk

      Hapus
  83. Herky malon masih berbentuk foto ya guys,masih AKAN wkwkwk

    BalasHapus
  84. Herky malon dibeli tahun 70-an dipaksa berkhidmat sampai tahun 2040... NGERI wkwkwk

    BalasHapus
  85. A400 cacat guys Wkwkwkwkw


    https://fortune.com/2019/11/14/airbus-a400m-loose-screw-germany-luftwaffe/

    https://www.armadainternational.com/2019/11/luftwaffe-a400m-problems/

    BalasHapus
  86. Herky usang malon dipaksakan berkhidmat sampai tahun 2040 wkwkwk

    BalasHapus
  87. Angkatan bersenjata Jerman telah memutuskan untuk tidak menerima dua Airbus A400M yang akan dikirim,” kata Luftwaffe dalam sebuah pernyataan pada 13 November, menambahkan bahwa “keselamatan tentara kami dalam penggunaan sehari-hari pesawat A400M adalah prioritas utama bagi kami.”


    .alasan yang diberikan adalah contoh masalah teknis yang berulang bahwa inspeksi rutin perakitan baling-baling dari 31 A400M Luftwaffe yang sudah terbang menemukan bahwa tidak semua 24 mur per baling-baling memiliki beban torsi yang diinginkan. .kegagalan untuk mendeteksi dan memperbaiki hal ini dapat mengakibatkan kerusakan struktural yang parah pada baling-baling dan poros baling-baling.

    Luftwaffe menyatakan bahwa inspeksi tambahan baru-baru ini diperkenalkan untuk memeriksa beban torsi mur. .waktu yang dibutuhkan tergantung pada hasil pemeriksaan tetapi karena inspeksi memakan waktu sekitar 30 jam kerja, itu berarti bahwa penemuan tersebut menimbulkan “tantangan signifikan” bagi Skuadron Angkutan Udara ke-62, yang mengoperasikan A400M.

    .jika masalah ini tidak diidentifikasi dan diperbaiki, mereka dapat menyebabkan kerusakan struktural yang parah pada baling-baling dan poros. Luftwaffe menambahkan bahwa pemeriksaan juga diperlukan pada dudukan mesin, ruang bakar, dan penutup mesin, serta untuk memeriksa keretakan.

    oleh david oliv.

    BalasHapus
  88. muantab kalau C130 J bergabung dengan A400M....yang tiada pesawat besar tu tepi sikit....wkwkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. C-130 J versi AKAN wkwkwk... halunisasi tingkat dewa wkwkwk

      Hapus
    2. muantab kalau C130 usang dipaksa terbang hingga 2040..

      Nuri pon siap bangkit dari kubur ketika ada panggilan tugas.. wkwkwkwk

      Hapus
    3. C130 + A400 Malaysia = 14 unit
      C130 Indonesia = 23 unit, + 5 unit C130J-30 = 28 unit.

      Memang Malaysia punya A400 yang lebih besar, tapi Indonesia punya lebih banyak pesawat angkut.

      Hapus
  89. PARAH.... Jerman Lebih Memilih untuk tidak menerima A400 pesanannya malah membeli C-130J Hercules SEBELAH tu beli produk Cacat guys Wkwkwkwkw




    =====


    Angkatan bersenjata Jerman telah memutuskan untuk tidak menerima dua Airbus A400M yang akan dikirim,” kata Luftwaffe dalam sebuah pernyataan pada 13 November, menambahkan bahwa “keselamatan tentara kami dalam penggunaan sehari-hari pesawat A400M adalah prioritas utama bagi kami.”


    .alasan yang diberikan adalah contoh masalah teknis yang berulang bahwa inspeksi rutin perakitan baling-baling dari 31 A400M Luftwaffe yang sudah terbang menemukan bahwa tidak semua 24 mur per baling-baling memiliki beban torsi yang diinginkan. .kegagalan untuk mendeteksi dan memperbaiki hal ini dapat mengakibatkan kerusakan struktural yang parah pada baling-baling dan poros baling-baling.

    BalasHapus
  90. MUANTAB Yang produk cacat tu tepi sikit Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  91. Anda itu beli c130J masih tahun 2040. Hahaha

    BalasHapus
  92. Heli telur KFC 40 minit je pun tak jelas bila tiba konon lg herky malon nak tiba pula wkwkwk

    BalasHapus
  93. C-130 usang malon dipaksakan berkhidmat sampai tahun 2040... NGERI wkwkwk

    BalasHapus
  94. baru saja C130 TUDM hantar bantuan perubatan covid ke INDON.....

    BalasHapus
  95. Jerman saja Tidak menerima A400 yang dipesannya karena Pesawat A400 Bermasalah pada Komponen-komponennya untunglah INDONESIA beli C-130J 30s Hercules dari US Sudah Battle proven pula Wkwkwkwkw


    =====



    Angkatan bersenjata Jerman telah memutuskan untuk tidak menerima dua Airbus A400M yang akan dikirim,” kata Luftwaffe dalam sebuah pernyataan pada 13 November, menambahkan bahwa “keselamatan tentara kami dalam penggunaan sehari-hari pesawat A400M adalah prioritas utama bagi kami.”


    .alasan yang diberikan adalah contoh masalah teknis yang berulang bahwa inspeksi rutin perakitan baling-baling dari 31 A400M Luftwaffe yang sudah terbang menemukan bahwa tidak semua 24 mur per baling-baling memiliki beban torsi yang diinginkan. .kegagalan untuk mendeteksi dan memperbaiki hal ini dapat mengakibatkan kerusakan struktural yang parah pada baling-baling dan poros baling-baling.

    BalasHapus
  96. Dengar juragan inggris mau pensiunin c 130 tiba tiba press rilis tudm maukan c 130.
    😁😁
    Mau apa lon sedekah lagi 😁😁

    BalasHapus
  97. Malon dengan aset usang berpisah tiada wkwkwk

    BalasHapus
  98. Jerman lebih memilih untuk beli C-130J super Hercules dibandingkan A400 Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya malon bodoh yang beli A-400 cacat produksi wkwkwk

      Hapus
  99. Memangnya kenapa kalau Malaysia punya A400M? Toh Indonesia punya 23 C-130 dan jika ditambah dengan 5 C-130J menjadi 28 unit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya tuh je aset malon yang terbaharu,sisanya lapok semua wkwkwk

      Hapus
  100. Indonesia Puji Malaysia Kirim Bantuan Medis Covid-19


    Indonesia memuji solidaritas pemerintah Malaysia yang mengirimkan bantuan medis kepada untuk menangani pandemi Covid-19 di Tanah Air.

    Duta besar Indonesia untuk Malaysia Hermono mengatakan menilai bantuan ini tidak semata-mata signifikan dari segi nilai, tapi juga mencerminkan rasa kepeduliaan sebagai negara serumpun.

    “Ini memiliki makna lebih karena sebetulnya Malaysia juga sedang berjuang menghadapi Covid-19, tapi mereka masih memikirkan kesetiakawanan,” ucap Dubes Hermono saat dihubungi Anadolu Agency pada Rabu (15/9).

    Dubes Hermono mengatakan Covid-19 di Malaysia sejatinya jauh lebih tinggi dari Indonesia, tetapi itu tidak menyurutkan langkah Malaysia untuk membantu Indonesia.

    “Menlu Malaysia Datuk Saifuddin Abdullah mengatakan kalau tetangga sedang merasakan sakit, kita juga harus merasakannya,” tutur Hermono.

    Sebelumnya, Malaysia memberikan sejumlah peralatan medis terkait penanganan Covid-19 untuk Indonesia, Rabu. Menlu Malaysia Saifuddin Abdullah menyerahkan bantuan tersebut kepada Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Hermono di Pangkalan Udara Subang, Selangor, Rabu.

    Kementerian Luar Negeri Malaysia mengungkapkan bantuan yang diberikan terdiri dari tangki ISO dan oksigen cair, oksigen konsentrator, obat-obatan, face shield, sarung tangan medis, hand sanitizers, dan serta peralatan medis lainnya. Menurut Kemenlu Malaysia, pemberian bantuan tersebut merupakan bukti hubungan yang kuat dan sangat baik antara kedua negara.



    link
    https://www.republika.co.id/berita/qzh4fo1699939210/indonesia-puji-malaysia-kirim-bantuan-medis-covid19

    BalasHapus
  101. 5 unit Hercules Type J 30s baru untuk TNI AU Guys versi Terbesar pula tu yaitu C130J 30s super Hercules yang pakai produk cacat tu tepi sikit Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  102. nah C130 TUDM hantar bantuan covid ke INDON....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tandanya malon takut sama Indonesia wkwkwk

      Hapus
    2. gapapa cik, makasih tuk bantuannya.. tapi ada kalanya cik juga jangan lengah jaga diri ya..

      https://www.cnbcindonesia.com/news/20210914161538-4-276200/duh-kasus-covid-malaysia-tembus-2-juta

      Hapus
  103. Oh mylord yormajesty greatbritain please give us yor c130 as yor charity to us

    BalasHapus
  104. Nah Boeing 737 Surveilance TNI AU bantu cari MH 370 sebab malon takde MPA Wkwkwkwkw


    https://m.antaranews.com/amp/berita/423196/tni-au-kerahkan-b-737-surveillance-bantu-cari-mh370-malaysia-airlines

    BalasHapus
  105. wkwkwkwkwk.... memang C130J tu berbeza saiz dengan C130 MALAYSIA....???


    mau tanya mana besar C130J atau A400M...???wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. A-400 yg cacat produksi itu keh wkwkwk

      Hapus
    2. C-130-30J 5 unit + C-130 23 unit = 28 unit vs 10 unit C-130 + 4 unit A400M = 14 unit.

      Mana lebih banyak?

      Hapus
  106. CN235 dan CN295 kalah saiz dan daya angkut dengan C130

    manakala C130 kalah saiz dan daya angkut dengan A400M...


    KALAH lagi ya guys.....wkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat apa saiz besar kl cacat produksi dan mudah terhempas wkwkwk

      Hapus
  107. Buat apa saiz besar kalo cacat produksi wkwkwk

    BalasHapus
  108. Mau tanya mana yang produk cacat C130J atau A400M....???? Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  109. TNI AU : C-130-30J 5 unit + C-130 23 unit = 28 unit
    TUDM : 10 unit C-130 + 4 unit A400M = 14 unit.

    Mana lebih banyak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maknnya c130 usang sedekah Australia akan terus dipakai sehingga 2040...lah tua betul tu bro....wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Siapa bilang sampai 2040? Kalaupun C-130 lama akan dipensiunkan pasti akan bertahap menyusul pembelian bertahap C-130J baru.

      Hapus
  110. Saiz besar tapi produk cacat malah Jerman tak menerima A400 pesanannya dan Malah memesan C-130J Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  111. nah perbandingan C130J dengan A400M...jauhhhhh kalahnya ya guys....wkwkwkkw


    https://pbs.twimg.com/media/DMWstbMVoAEfg7Z.jpg

    BalasHapus
  112. Memang A400 lebih besar, tapi bisa diimbangi dengan jumlah pesawat C-130 yang lebih banyak.

    BalasHapus
  113. pesawat angkut kita gaesz,

    turboprop/baling2
    c-130J super herkules
    c-130 herkules
    c-295
    c-235
    nc-212

    mesin jet
    bbj-2
    fokker-28
    bowing 737
    avro-rj-185

    kesian KL gak punyak pesawat angkut JET gaesz haha!

    BalasHapus
  114. Produk cacat dibanggakan MALON Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  115. Mana lebih banyak 28 herky Indonesia berbanding 10 herky malon + 4 A-400 malon

    Kalah lg ya guys wkwkwk

    BalasHapus
  116. pesawat angkatan udara kita jet 737 ke afganistan angkut WNI dan bbrp org filipin barusan..mantap

    bisa kluar negeri jauuuuuhh

    KL mah pendek2 ajalah..gak ada BBM haha!

    BalasHapus
  117. kalau cacat masa Sukses Angkut Eskavator Dan Truk Tangki BBM Ke Palu di INDON kan guys.....wkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itukan terbangnya cuma 1x sortie lon,coba terbangnya 4x sortie bisa terhempas A-400mu wkwkwk

      Hapus
  118. bukan cacat tapi sebelah tak mampu beli....wkwkwkwkwkwkwkwk

    beli C130J pun hanya 5 buah.... jauh lebih murah dari A400M pun belinya 5 buah je MALAYSIA je terus beli 4 buah A400M....wkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
  119. 28 unit Indo vs 14 unit Malay mana lebih banyak ?

    KALAH lagi ya guys.....

    BalasHapus