03 Desember 2020

Giliran Kapal Satuan Ranjau Laksanakan Manuver Lapangan

03 Desember 2020

Tiga kapal Satuan Ranjau  KRI Pulau Rengat-711, KRI Pulau Rupat-712 dan KRI Pulau Rimau-724 (all photos : TNI AL)

Satran Koarmada II Laksanakan Manuver Lapangan Latihan Glagaspur TK III / L-3

Latihan Glagaspur TK III/L-3 Tahun 2020 yang digelar oleh Satuan Kapal Ranjau (Satran) Koarmada II, sebagai ajang untuk meningkatkan  kemampuan dan profesionalisme prajurit telah memasuki Tahap Manuver Lapangan pada Kamis (26/11) lalu di Perairan Situbondo.


Pelaksanaan Manuver Lapangan atau Manlap Glagaspur TK III/L-3  adalah puncak dari serangkaian kegiatan sebelumnya, yakni tahap pembekalan klasikal, drill peralatan sampai dengan pelaksanaan Tactical Floor Game (TFG). Sedangkan dalam pelaksanaan Manlap dilaksanakan beberapa latihan, diantaranya Mine Field Transit (MFT), Penyebaran Ranjau, Pemburuan dan penyapuan Ranjau, Penggelaran Peralatan Portable, serta netralisasi ranjau menggunakan MDC PAP dan metode Conning Run.


Dalam Latihan Glagaspur TK III / L-3 tahun ini, Satran koarmada II melibatkan tiga unsur kapal perangnya yakni KRI Pulau Rengat-711, KRI Pulau Rupat-712 dan KRI Pulau Rimau-724 dan unsur pendukung dari Satkopaska, Dislambair, Diskes dan Arsenal.


Sementara itu menurut Palaklat Letkol Laut (P) Ferry Kurniawan, Latihan Glagaspur TK III/L-3 bernilai penting bagi Satran. Sebab  Peperangan Ranjau yang menjadi  tanggung jawab utama satuannya, merupakan salah satu doktrin peperangan yang sangat penting dalam menunjang kekuatan tempur TNI AL.


Ferry pun menambahkan jika latihan ini juga memberikan pengetahuan baru kepada prajurit untuk menjajal kemampuan  dalam hal setting ranjau, penggelaran peralatan portable bawah air guna menunjang kegiatan survey ops dan operasional ROV (Remotely Operated Vehicle).


Disisi lain Letkol Fery menegaskan, bahwa kegiatan ini selaras dengan arahan dari Pangkoarmada II Laksda I N.G. Sudihartawan terkait pembinaan kekuatan, sekaligus wujud implementasi dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono di bidang pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi.

80 komentar:

  1. Balasan
    1. silahkan lanjut malam jumat ini.
      tempat dan waktu dipersilahkan

      Hapus
    2. @mas gono...
      permisi dulu yaa, biar yang pertamax merasakan nikmatnya malam jumat untuk yg pertama kali.

      Hapus
    3. Silahkan... πŸ™πŸ™πŸ€­

      Hapus
  2. Yang gk punya kapal penyapu ranjau...minggir jauh jauh ke jamban

    BalasHapus
  3. Kamis, 03 Desember 2020
    Satuan Lintas Laut Militer III TNI AL Resmi Berdiri di Makassar

    Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Irwan Achmadi meresmikan berdirinya Satuan Lintas Laut Militer ( Satlinlamil) III Makassar di Dermaga Lantamal VI, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (2/12/2020).

    "Satlinlamil III Makassar memiliki tugas pokok menyiapkan unsur-unsur KRI di jajarannya dalam rangka mendukung tugas-tugas yang diemban Kolinlamil, khususnya wilayah timur Indonesia," ujar Panglima Kolinlamil dalam keterangan tertulis, Rabu (2/12/2020).

    Satlinlamil III Makassar ini akan memperkuat area pertahanan lintas laut untuk perairan wilayah timur Indonesia.

    Dengan berdirinya satuan komando pelaksana pembinaan Kolinlamil ini, TNI Angkatan Laut (AL) kini memiliki tiga Satlinlamil.

    Yakni Satlinlamil I berkedudukan di Jakarta dan Satlinlamil II yang bermarkas di di Kota Surabaya, Jawa Timur.

    Adapun berdirinya Satlinlamil III Makassar ini merupakan realisasi dari rencana validasi organisasi TNI AL sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 tahun 2019 tentang susunan organisasi TNI dan Peraturan Kepala Staf Angkatan Laut (Perkasal) Nomor 20 tahun 2020 yang mengatur pembentukan Satuan Lintas Laut Militer III.

    Pembentukan tersebut juga sesuai dengan program prioritas KSAL Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana serta pembangunan sistem pembinaan kekuatan, termasuk kesiapan operasional alutsista TNI AL.

    Irwan mengatakan, Satlinlamil III Makassar mempunyai tugas pokok untuk menyiapkan unsur-unsur KRI dalam rangka mendukung tugas Kolinlamil dalam mengemban fungsi strategis, yakni sebagai pembina tunggal sistem angkutan laut militer dan pembina potensi angkutan laut.

    Irwan mengungkapkan Makassar dipilih menjadi markas Satlinlamil III karena sesuai dengan konsep operasi gabungan yang diperankan Kolinlamil dalam menggelar tiga Satlinlamil, yaitu Jakarta, Surabaya dan Makassar.

    "Dipilih Kota Makassar untuk memudahkan dan mempercepat pergerakan satuan-satuan taktis TNI. Inilah wujud konsep pembangunan kekuatan Trimatra terpadu dalam bentuk sinergitas gelar kekuatan dan organisasi TNI," jelas Irwan.

    Dengan demikian, kehadiran Satlinlamil III Makassar diharapkan mampu memberikan kontribusi positif dalam upaya pembinaan kemampuan sistem angkutan laut militer dan potensi angkutan laut nasional di wilayah timur Indonesia.

    Selain itu, pembentukan Satlinlamil III Makassar merupakan kebutuhan organisasi untuk mendukung angkutan laut militer TNI dalam rangka pergeseran pasukan dan material logistik bagi TNI AD, dalam hal ini Kostrad Divisi III Makassar.

    Link :

    https://garudamiliter.blogspot.com/2020/12/satuan-lintas-laut-militer-iii-tni-al.html?m=1

    BalasHapus
  4. Kamis, 03 Desember 2020
    Dua Armada Baru Kapal Polisi Bharata 8004 dan Kapal Polisi Sanjaya 7017

    Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H. memimpin acara peresmian 2 armada baru untuk kepolisian perairan, Selasa (1/12/2020), pada perayaan HUT ke 70 Polairud di Mako Korpolairud Baharkam Polri, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

    Acara peresmian dibuka dengan acara pemotongan pita secara simbolis, dilanjutkan dengan pemecahan kendi di atas Kapal Polisi Sanjaya – 7014 selanjutnya di Kapal Polisi Bharata – 8004. Didampingi oleh Kakor Sabhara, Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri dan Dirpoludara Korpolairud Baharkam Polri serta para PJU Ditpolair dan Ditpoludara.

    “Negara kita Indonesia memiliki wilayah perairan yang lebih luas dibandingkan dengan daratan. Armada ini difokuskan untuk keamanan bukan untuk pertahanan,” ucap Kabaharkam Polri.

    Kabaharkam Polri mengungkapkan, armada yang baru itu seluruhnya buatan dalam negeri. Dua unit kapal utama tersebut adalah kapal patroli lepas pantai dengan nama KP Bharata – 8004 panjang 63 meter dan KP Sanjaya-7014 dengan panjang 55 meter.

    Kabaharkam Polri juga mengaku tugas kepolisian terbantu dengan kinerja Polairud yang baik. Selain memberantas kejahatan dan penegakan hukum di laut, Polairud juga melakukan langkah-langkah preventif ke pulau-pulau terluar berpenghuni yang tidak bisa dijangkau dengan kendaraan biasa, dan berinteraksi langsung dengan masyarakat disana sehingga masyarakat dapat merasakan hadirnya Negara.

    “Armada yang baru ini, diharapkan dapat meningkatkan kinerja dalam mendukung harkamtibmas, penegakan hukum serta mengamankan kegiatan agenda nasional.” tutupnya.

    Pada perayaan HUT ke 70 Polairud, Kabaharkam Polri ingin agar para personel terus memperkuat diri dan solid. Dan juga berharap, dengan ditambahnya armada Korpolairud, penegakkan hukum di wilayah laut dan udara Indonesia dapat semakin baik ke depannya.

    Link :

    https://garudamiliter.blogspot.com/2020/12/dua-armada-baru-kapal-polisi-bharata.html?m=1

    BalasHapus
  5. Malon belum mmpu beli kayak gini πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    BalasHapus
  6. Waaduhh..latihan akhir tahun nih

    BalasHapus
  7. Eks Pilot F-117 Konfirmasi Ada 2 Nighthawk Tertembak di Yugoslavia

    Seorang pilot Angkatan Udara Amerika yang menerbangkan F-117 Nighthawk mengkonfirmasi bahwa tidak hanya satu F-117 yang ditembak sistem pertahanan udara Yugoslavia pada tahun 1999, tetapi dua.

    Pada bulan Maret 1999, NATO memulai kampanye pemboman di Republik Federal Yugoslavia meski Dewan Keamanan PBB menolak intervensi dalam konflik internal Yugoslavia antara orang Albania dan Serbia. Hanya tiga hari setelah pemboman dimulai, pada 27 Maret, pasukan Yugoslavia menembak jatuh F-117 Nighthawk, salah satu simbol paling menonjol dari kekuatan militer Amerika dan salah satu pesawat siluman operasional pertama.

    Namun, pilot lain yang menerbangkan F-117 selama konflik itu kini mengatakan ada Nighthawk kedua yang ditembakkan oleh Yugoslavia dengan tembakan anti-. Namun pesawat kedua yang ditembak berhasil kembali ke pangkalan.

    Pensiunan Letnan Kolonel USAF. Charlie ‘Tuna’ Hainline sebagaimana dilaporkan War Zone 2 Desember 2020 mengatakan selama satu misi di Budapest barat beberapa hari setelah pesawat pertama ditembak dan wingman-nya, yang menjalankan jalur paralel sekitar sepuluh mil jauhnya.Tidak lama kemudia mereka dihujani tembakan anti-pesawat, termasuk rudal permukaan-ke-udara.

    Meski dikenal memiliki karakter siluman pesawat siluman tidak 100% kebal terhadap radar dan biasanya setiap misi selalu didukung oleh pesawat pengacau radar seperti EA-6B Prowlers atau E-18 Growlers. Namun, pada malam ini, pesawat siluman tidak memiliki perlindungan semacam itu.

    Meski pesawat Hainline bisa lolos, F-117 lainnya tidak seberuntung itu. Hainline mengatakan dia kehilangan jejak wingmannya untuk sementara waktu, sampai secara misterius muncul kembali di tempat pertemuan tanker, jauh setelah waktu itu seharusnya tiba dengan semua lampunya mati dan tidak dapat menyamai kecepatan KC-135 Stratotanker untuk mengisi bahan bakar.



    Hainline mengatakan pesawat tersebut tidak dalam kondisi yang benar-benar bagus. Namun, pilot berhasil mengisi bahan bakar setelah kapal tankernya melambat, dan pesawat kemudian pergi dan kembali di Pangkalan Spangdahlem. Atas upayanya mengembalikan wingman ke markas, Hainline menerima Distinguished Flying Cross atas tindakan “kepahlawanan atau pencapaian luar biasa saat berpartisipasi dalam penerbangan udara”.

    Link :

    https://www.jejaktapak.com/2020/12/03/eks-pilot-f-117-konfirmasi-ada-2-nighthawk-tertembak-di-yugoslavia/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menarik artikelnya berita tentang F117

      Meski dikenal memiliki karakter siluman pesawat siluman tidak 100% kebal terhadap radar dan biasanya setiap misi selalu didukung oleh pesawat pengacau radar seperti EA-6B Prowlers atau E-18 Growlers. Namun, pada malam ini, pesawat siluman tidak memiliki perlindungan semacam itu.

      Apakah F35, F22 juga tidak 100% kebal terhadap radar. πŸ€”πŸ€”

      Pantesan Aussie juga punya E-18 Growlers.

      Hapus
    2. Namnnya jg buatan manusia bung hehe

      Hapus
    3. capek2 ilmuwan gila mikir buat cara ngebunuh orang, pasti ada antidote nya.

      dalam hal ini rusia dengan tehnologi antidotenya memang pancen oyeeeeeee.....

      Hapus
  8. AS pelajari rudal Spigot buatan Rusia yang berhasil didapatkan di Suriah

    AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Tim spesialis EOD dari Korps Marinir AS (USMC) sedang mempelajari rudal antitank 9K111 Fagot (NATO: AT-4B Spigot) buatan Rusia (Uni Soviet) yang berhasil didapatkan oleh pasukan mitra di Suriah selatan belum lama ini.

    Selama proses eksploitasi, tim USMC dapat mengumpulkan data-data biometrik dari rudal untuk dianalisis.

    Perwira senior EOD USMC di Timur Tengah seperti dikutip Defence Blog mengatakan, satu dari empat rudal yang didapatkan sudah tidak berfungsi.

    Rudal Spigot dikembangkan oleh Biro Desain Tula KBP pada 1960-an dan digunakan mulai 1970.

    Rudal ini dirancang untuk menggantikan rudal antitank AT-3 Sagger dengan sejumlah peningkatan termasuk hulu ledak yang lebih kecil tetapi lebih mematikan, panduan perintah ke garis pandang (SACLOS), dan lainnya.

    Spigot diluncurkan dengan tabung peluncur sepanjang 1,2 meter dan diameter 13,4 cm. Rudal berhulu ledak HEAT ini bekerja secara semi-otomatis.
    Jangkauan Spigot mencapai 70-2.000 meter dengan kecepatan 185 meter per detik.

    Link :

    https://www.airspace-review.com/2020/12/03/as-pelajari-rudal-spigot-buatan-rusia-yang-berhasil-didapatkan-di-suriah/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah-wah AS mau pelajari rudal AT-4B Spigot yg didapatkan di Suriah.

      Apakah AS tidak pede dengan rudal Javelin buatan mereka. Sampe harus mempelajari AT-4B Spigot.. ����

      Hapus
    2. Mungkin karena Rudal ini juga mampu menjebol lapisan RHA setebal 400 mm, atau masih dapat melumpuhkan MBT Barat dengan perkenaan samping atau belakang🧐🧐🧐😎

      Hapus
    3. jangan2 si suwandaru mau pelajari rudalnya si gempoorgila

      πŸ₯΅πŸ₯΅πŸ₯΅

      Hapus
    4. Susah di teliti om, karena kebanyakan jem*ot dan berbau busok akibat kuman rajasingaπŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ˜€

      Hapus
  9. https://www.instagram.com/p/CIVWTNtHKLB/?igshid=bcuth2qh9h88

    Wahh wah PT PaL terima kunjungan resmi duta besar Denmark serta cek galangan kapal PT PaL hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ambune koyo opo mas nomad?πŸ™„πŸ€”πŸ€”

      Hapus
    2. 😬😷😷😁😁😁🀣

      Hapus
    3. IVER laaah brooow...
      mau ngapain juga duta besar denmark jalan jalan ke PTPAL kalau gak ada urusan.

      lagian sekarang gang doly juga sudah gak ada lagi

      Hapus
  10. Kantor menhan byk tamu bulan2 akhir ni ya..setelah dubes UEA hri ini dubes The panser Jerman.

    BalasHapus
  11. Berita hari ini dari Jepang :

    "Menkomarves & Menteri BUMN maraton bertemu di antaranya dengan CEO & ED Mitsui & Co, Chairman Mitsubishi Corp, serta CEO Sojitz Corp."

    Hmmm... Jangan2 beneran nih jadi bikin shipyard dimarih, atau mengikuti jejak Tesla, hyundai dan Toyota mau bangun pabrik electric car disini ?

    Yang penting usaha dulu daripada gak ngapain ngapain ya gak ? πŸ˜πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi rame byk tamu
      Tuh Kantor pak wowo byk tamu sowan datang,kabar mlm ini ada dubes The Panser german

      Hapus
    2. Moga2 terealisasi🧐 πŸ€—πŸ€—

      Hapus
    3. Sojitz itu perusahaan kontraktor besar Jepang. Mungkin diminta buat kantor cabang Indonesia atau diminta garap proyek infrastruktur.

      Mitsui sudah lama ada kantor cabang di Indonesia, tepatnya Jln Sudirman Jakpus. Sudah banyak yg di garap Mitsui di Indonesia, mungkin di minta investasi buat Pabrik/Galangan Kapal.

      Mitsubishi Corp ini Induk dari Mitsubishi Heavy Industries. MHI juga sudah buka kantor cabang di Indonesia, bisa jadi di lobby untuk Frigates 30ffm dan buat galangan kapal di Indonesia.

      Hapus
    4. biasanya delegasi jepang suka bawa miabi.... upss hehehe.

      maksudnya, yg saya dengar mitsui jepang itu mau membangun akses kereta api peluru shinkansen. yang dimulai dari kota bandung menuju kota surabaya, melalui jalur selatan.
      jadi kota tasikmalaya, kota jogjakarta dan Kota malang bakal dilalui kereta peluru shinkansen jepang ini sebelum sampai dikotanya para pahlawan.

      Hapus
    5. Eitssss, ane jadi punya alibi tugas luar kota pulang hari YK-TMLY......padahal cuma alesan buat nengokin teh narulita yg demplon di singaparna 😍😘😘

      Hapus
    6. Iki tonggone narulita yoo mas?

      https://hot.detik.com/celeb/d-5279874/puspa-dewi-nenek-53-tahun-dengan-tubuh-abg

      Hapus
    7. Neng pun sepo rasane Mbaaaah ....😫😫😫

      Hapus
    8. "Sing niki lho mbah larene.....πŸ˜‰"

      https://www.republika.id/posts/6869/kala-perantau-tak-bisa-pulang-ke-kampung-halaman

      Hapus
    9. Endhi wonge? Ngapusi... Mending sepo jek jelas( nambahi uyah+lombok) bereees masalahe😁😁

      Hapus
    10. Sing paragraf ngandap Mbaaaah.....nek sing pargraf nduwur niku brengosan

      Hapus
  12. Kami dari Chung Kuo turut berduka cita atas nasib KRI Alugoro ... Ambisi besar ternyata tidak selaras dengan kemampuan membuat KS yang andal .. Akhirnya bernasib sama dengan KD Maharajela di Galangan Boustean Malaysia..

    Jangan khawatir .. Kami dari Chung Kuo siap membantu PT PAL untuk membuat KS yang lebih baik daripada sekarang (CBG 209) ..
    ---------

    Tenggelam Tak Ada Kabar, Kapal Selam Buatan RI Gagal Dikirim?

    Jakarta, CNBC Indonesia - Jelang tutup tahun, kabar kapal selam Alugoro yang diproduksi di PT PAL Indonesia, Surabaya, belum juga ada kabar perkembangannya. Padahal kapal selam pesanan kementerian pertahanan (Kemenhan) ini targetnya harus sudah diserahkan PT PAL ke Kemenhan pada Desember 2020.

    Kadep Humas PT PAL Indonesia (Persero) Utario Esna Putra masih tutup mulut soal perkembangan nasib kapal selam Alugoro. Meski ia mengakui respons publik terhadap kapal selam ini begitu tinggi.

    Utario tak bisa menyampaikan kapan penyelesaian pembangunan kapal selam dan pengiriman Alugoro ke Kemenhan. Ia juga belum bisa memastikan apakah pengiriman Alugoro molor sampai tahun depan atau gagal dikirim tahun ini. Ia enggan mengungkapkan apakah proses uji coba Alugoro masih berlangsung atau tidak.

    "Alhamdulillah saya juga melihat animo masyarakat juga tinggi. Untuk sekarang saya masih belum bisa mengkonfirmasi hal tersebut (gagal kirim tahun ini)," katanya kepada CNBC Indonesia, Rabu (2/12).

    Ia bilang Dirjen Potensi Pertahanan Kemenhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha pada Senin lalu sudah melihat langsung proses soal kapal selam Alugoro di PT PAL, tapi masih dirahasiakan.

    "Sekarang kapal posisi di galangan PAL di Surabaya. Ada proses yang dilaksanakan tapi mohon maaf saya tidak bisa merinci kegiatan prosesnya," katanya.

    Keberadaan kapal selam Alugoro yang dibangun PT PAL Indonesia sempat tak terlacak informasi keberadaannya selama beberapa bulan lalu semenjak sukses lolos tes menyelam di kedalaman 300 meter pada awal Maret 2020.

    Perkembangan terakhir proses uji coba kapal selam buatan Indonesia hanya terlacak pada akhir Juli 2020, setelah itu perkembangannya senyap tanpa jejak.

    Pada laporan resmi PT PAL, 30 Juli 2020, pukul 09.00 WIB Kapal Selam (Kasel) Alugoro menyelesaikan pengerjaan drydocking di Graving Dock Irian PT PAL Indonesia (Persero).

    Selanjutnya setelah proses suplai logistik di Dermaga Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero), Kapal Selam Alugoro akan bertolak menyusuri Selat Madura, Laut Jawa, dan kemudian menuju perairan Banyuwangi untuk menjalani fase lanjutan Sea Acceptance Test(SAT)

    https://www.cnbcindonesia.com/news/20201202102619-4-206232/tenggelam-tak-ada-kabar-kapal-selam-buatan-ri-gagal-dikirim?utm_source=notifikasi&utm_campaign=browser&utm_medium=mobile&fbclid=IwAR0oUMc25BTqUK8CuYNy87iPXvzkPNiQoc3UllNamkpg4xyBoz3eKaW1lj0

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Bhuahaha ini masih bulan desember kan dan rencana serah terimanya kan bulan desember ini, sebelum serah terima pastinya semua sistem harus dipastikan selesai diinstal dan yg utama bagian2 manufuktur yg tidak dibangun langsung oleh pt.pal yg ingin di copy pt.pal harus bener2 tercopy sebab bila sudah serah terima gk mungkin lg mengganggu tugas2 operasi kapal selam karena alasan ada bagian2 yg belum tercopy oleh pt.pal, jd banyak hal yg menjadi alasan kenapa pengembangan kapal selam atau pun produk2 teknologi militer tidak mesti wajib dipublikasikan, namanya jg produk pertama ya wajar bila sedikit molor dan lamban' terkadang banyak penulis di media opininya asal jeplak yg cuman berfokus sensasi doang sehingga tulisannya bisa jd rating tanpa melihat realitanya seperti tidak ada kewajiban mempublikasikan perkembangan produk teknologi militer yg diproduksi dan digunakan langsung oleh negara produsennya karena sesungguhnya teknologi militer itu adalah rahasia vital penggunanya, inilah efek penulis yg hoby nulis gosip artis dan politik sensasi lalu menulis perkembangan suatu produk teknologi militer ujungnya dia nulisnya seperti nulis gosip artis atau sensasi politik yg berfokus pada mengejar rating tulisannya, padahal produk teknologi militer bukan sesuatu hal yg wajib publikasi,,,gagalnya dimana, wong uji selam aja lebih dr kedalaman 300 meter kok' mungkin masih ada sistem teknologi yg perlu diinstal yg menjadi rahasia sehingga tidak ada kewajiban tuk dipublikasikan, seandainya nanti terlambat 2 bulan untuk sebuah jenis produk teknologi militer pertama yg diproduksi sendiri aku rasa masih wajar2 aja kok, trus masalahnya dimana kalau pt.pal emoh publikasi???? Capek dehhhh πŸ€§πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
    3. itu penyerahan lambat karena torpedo decoy dari turki lagi dipasang.

      Hapus
  13. Tamu menhan lg ramai2nya, semoga banyak juga yg dihasilkan buat kemajuan Inhan Indonesia, agar tidak hanya jd importir tapi juga bisa membuat aset2 militer buatan tempatan, bravo TNI

    BalasHapus
  14. Semoga rafale 48 unit TTD kontrak akhir tahun ini... Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo terjadi pun jumlah nya tak sampai segitu, tetap 1 skuadron 16 MRCA rafale.

      Hapus
    2. emang rafale bakalan di beli ya? secara rafale lebih mahal dari F18 super hornet atau F35 A, kenapa ga F18 aja diambil kan lebih cocok buat negara maritim

      Hapus
    3. @skyline mungkin ngejar itar free bung, toh france lumayan royal soal TOT. Brazil aja dibantuin buat bikin nuclear submarine

      Hapus
  15. .
    Surabaya (03/12), Direktur Rekum & Harkan Bapak Sutrisno serta Direktur Keuangan Bapak Irianto menerima courtesy visit perdana ke #PTPALIndonesia sejak menjabat Agustus 2020 sebagai Duta Besar Denmark untuk Indonesia H.E Lars Bo Larsen di #PTPALIndonesia. Kunjungan tersebut ditemani Commercial Counsellor Jacob Kahl & Commercial Advisor Andre Pandean.
    ..
    Pada courtesy visit tersebut, Direktur Rekum & Harkan Bapak Sutrisno menjelaskan kemampuan dan kapabilitas #PTPALIndonesia dalam mendukung kemandirian Industri Pertahanan Nasional serta penguatan pada sektor Energi. Duta besar Denmark untuk Indonesia H.E Lars Bo Larsen terkejut dengan fakta bahwa #PTPALIndonesia pernah mengeskpor kapal ke Eropa seperti diantaranya Star50 & DCV 18500 DWT ke Jerman, Turki, Italy, & UK. Courtesy visit tersebut diharapkan mampu memperkuat relasi Indonesia-Denmark termasuk penguatan kerjasama pada bidang pertahanan.
    ..

    BalasHapus
  16. Alman Helvas
    @AHelvas
    ·
    14j
    Trump administration is pushing hard to have a deal done with Indonesia on armament sales before January 20, 2021. A top Pentagon official maybe visit Jakarta early next week. It's US transition time, meaning any Trump policy can be reverse by Biden. Indonesia should be careful.
    ------

    Heran.. Mengapa Indonesia hingga kini masih saja berharap dan mengemis dari AS .. Apa yang anda dapatkan .. Tak sebanding dengan yang anda keluarkan untuk itu ..

    Bekerjasamalah denga kami .. Sebagai rekan dan shabar terbaik Indonesia dan sesama warga Asia ... Chung Kuo siap bekerja-sama dan m,embantu Indonesdia di semua bidang ..

    Apalagi jika Chung KLuo dan Indonesia bisa memanfatkan sumber daya alam yang melimpah di perairan Natunan Utara dan Cina SElatan .. Marilah kita bersama-sama mengelola semua itu sebagai milik kita bersama ...

    Salam dari Beijing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa yg mengemis? Sebelum baca, kacamata pantat toplesnya di pakai.

      Hapus
    2. Indonesia bersahabat dgn China untuk mesin low tech, alat komunikasi handphone dan obat China tradisional πŸ˜€

      Hapus
    3. Salam dari negeri Taiwan 🀣🀣🀣

      Hapus
    4. cha ching bhang kuong ho kao kan chao chi bai !!!

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Ya gpp dikelola bersama untuk sebuah teknologi yg belum kita kuasai dan kita butuh sumber modal untuk mengelola sumber daya alam kita asal kita dapat untungnya sesuai keinginan indonesia dan bukan sesuai keinginan us seperti yg terjadi di preefort, kalau indonesia dapat untung sesuai keinginan indonesia dan dibarengi dapat teknologinya kenapa tidak boleh kerjasama dengan china???? Masa ente maksa2 harus kerjasama ame oknum2 terorist πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£
      Intinya mau sama siapa pun kerjasamanya no problem asal ikut aturan main indonesia 🀧😎

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    8. Eh ngomong2 capres ente si lem aibon gebernuuurrr anies edan kena corona,,,kacian πŸ€§πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
    9. Taiwan aja belum diinvasi sampai sekarang, apalagi se-gede Indonesia

      Hapus
    10. republik independen taiwan dan rrt tuh sama keblingernya terkait klaim garis putus-putus nya di laut natuna utara

      Hapus
  17. RIMAU masi jalan ??? Kirain semua penyapu ranjau EX JERMAN TIMUR uda pada ganti fungsi.
    Begitu SI FRANKESTAL CLASS mine sweeper aktif di TNI AL lalu RUPAT dan RENGAT di UPGRADE TOTAL. Biar RUPAT dan RENGAT jadi CADANGAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya 2 unit yang pindah ke Satrol. Sisanya di Satran dan Dishidros.

      Hapus
    2. Ooo okay. Kemungkinan KANIBALISASI dr kapal2 yg alih tugas buat mempertahankan ELEKTRONIK dan SONAR2 jalan buat RIMAU.
      Semoga RUPAT dan RENGAT di UPGRADE TOTAL. LAUT NUSANTARA ini butuh ekstra minesweeper.

      Hapus
  18. Balasan
    1. Salam dari negeri Taiwan independent 🀣🀣🀣

      Hapus
    2. salam dari taiwan yang lepas dari china daratan

      Hapus
    3. Salam terjangkit corona,,,si anies edan lem aibon cs positif corona, kacian πŸ€§πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
    4. Tetep aja penulisnya wartawan cnbc, emang cnbc media yg bener2 paham tentang teknologi militer dan pentingnya kerahasian teknologi militer???? Gk nyambung jg ente tong, udah disentil masih aje ngeyel 🀦‍♂️🀦‍♂️πŸ€§πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
    5. Untuk produk pertama sebuah prodak teknologi militer yg dibangun sendiri oleh sebuah negara penggunanya aku rasa wajar2 aja' produk2 us yg baru jg sering molor dr waktu yg direncanakan bahkan sampai 2 - 3 tahun molornya baru diserah terimakan, pastilah ada keinginan target2 kemampuan lebih yg diinginkan si produsen dan penggunanya saat ada kemampuan memproduksi sendiri sebab itu barang digunakan sendiri apalagi ini produk pertama ya pastinya akan ada target2 kemampuan lebih yg melebihi produk sejenis yg diproduksi negara lain yg kita beli, jd molor 1 tahun pun gpp kok. πŸ€§πŸ˜ŠπŸ€—πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
  19. Lagi rame berita nih, pembelian 48 unit rafale juga muncul lagi ke permukaan

    BalasHapus
  20. Yakin Boss? Infonya dari mana? Semoga aja beneran ya ,,, Aamiin Yaa AllAh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. L'Indonésie souhaite rapidement finaliser un accord sur l'achat de 48 Rafale. Paris et Djakarta ont également l'intention de signer un accord de coopération en matière de défense.

      Hapus
  21. Indonesia in talks with Naval Group for variant of Riachuelo-class submarine
    by Ridzwan Rahmat

    Officials from Indonesia’s defence ministry are in discussions with a consortium led by French shipbuilder Naval Group for a possible order of the Riachuelo (Modified Scorpene)-class submarine, separate industry sources close to the talks have confirmed with Janes .

    Brazil’s first Riachuelo-class submarine, seen here prior to its launch in 2018. Indonesia is studying a variant of the class for its naval requirements. (Naval Group)
    Brazil’s first Riachuelo-class submarine, seen here prior to its launch in 2018. Indonesia is studying a variant of the class for its naval requirements. (Naval Group)

    The discussion is the latest development in what has been a series of sporadic talks between Indonesian defence planners and Naval Group since 2016, when Jakarta first indicated its interest in the Scorpene 1000 vessel type for its naval requirements.

    Due diligence specifically for the Riachuelo class began after a variant of the submarine type was suggested by Naval Group as being suitable for Indonesia’s requirements, said one of the industry sources.

    Besides technical discussions, the talks with Naval Group and its consortium also touched upon financing options and opportunities for technology transfer agreements between French and Indonesian defence companies, the source added.

    The Riachuelo class is a 1,800-tonne submarine type, four of which were ordered for the Brazilian Navy in 2009. The first-of-class was launched by Naval Group in December 2018, while the final boat is scheduled to enter the water in 2022.

    The submarine has an overall length of 75 m, an overall beam of 6.2 m, and can accommodate a crew of 31, including six officers. It is capable of deploying F21 heavyweight torpedoes and MBDA Exocet SM39 Block 2 Mod 2 missiles via 533 mm tubes, and is capable of diving up to

    BalasHapus
  22. Naah..cocok nih berita penyapu ranjau dari german

    https://www.instagram.com/p/CIPhWB7pbQu/?igshid=zrq3ukda26c0

    BalasHapus