29 Desember 2020

Italian shipyard Offer its Surface Combatant Ship

29 Desember 2020

Fincantieri FREMM frigate (photo : marina difesa)

Japan Wants to Sell the Frigates to Indonesia, the Italian Offer also Appears

Among the priorities of the Tokyo government is the export of military equipment with particular attention to the area of ​​Japanese influence.

Japan is allegedly pushing the sale of military ships to Indonesia in order to fuel the vision of a "free Indo-Pacific".

The units in question would be the "30FFM" classified as destroyers by Japan but frigates in all respects.

Tokyo has in fact chosen to launch this new class of ships to support the larger units and carry out the "minor" tasks.

A way to increase the operational capacity and the number of ships available to the Chief of Staff to face China more widely. The numbers are in fact very important: 8 units for the first batch and 22 for the second.

The price, including four units, should be 300 billion yen for the Indonesian tax payer .

Taking into account the exchange rate (1 yen = 0.0082 euros as of November 6, 2020), the expenditure is 2.45 billion euros, specifically 612 million euros per unit.

Mitsubishi 30FFM (photo : NavalNews)

30DX or 30FFM

The proposed Japanese units, which can give us a rough idea of ​​what Jakarta wants, have a displacement of around 5,000 tons, a length of 130 meters and a width of 16 meters.

The armament consists of a Mk-45 cannon in the bow, two quadruple Type 17 anti-ship missile launchers, a SeaRAM launcher, Type 12 light torpedoes and 16 VLS Mk-41 cells.

Propulsion is ensured by a Rolls Royce MT30 gas turbine and two MAN diesel generators , in the CODAG (Combined Diesel and Gas) configuration, capable of propelling the Japanese frigate to more than 30 knots.

The radar is the AESA OPY-2 in X-band is derived from the FCS-3 already installed on several units of the Japanese Navy. To complete the suite of sensors, the OAX-3 for EO/IR, OQQ-25 consisting of the sonar in the bow and the trailed bulb and OQQ-11 for minesweeper operations. All managed by the OYQ-1 Combat Management System (CMS).

The frigates are also capable of carrying out "minesweepers" missions thanks to the use of remotely controlled means and to lay mines.

The diamond point of the ships is the innative bridge that uses virtual reality.

A total of 90 crew members can be found on board.

Fincantieri PPA (image : Occar)

The Italian offer

As reported by “The Japan News”, in addition to the Japanese offer, an “Italian shipyard” also shows the intention to participate when some important parameters such as price and participation of local industries are set.

It can be clearly understood that the “Italian shipyard” is Fincantieri .

The Trieste group could offer both a version of the FREMM "cut" for Indonesian needs, the Multipurpose Offshore Patrol/Pattugliatori Polivalenti d’Altura (PPA) or the "corvette" for Qatar Doha class.

The above figures are very high but it is not clear whether or not they include other costs such as logistical and training support.

However, taking the figures aseptically, it is consequent to make a comparison with the sale of the two FREMMs to Egypt for 1.2 billion euros.


Here too it is not known with certainty the list of expenses but we are at 600 million euros per unit.

On an order of four ships it is possible to make greater use of the economy of scale and to meet the needs of the customer.

The same Multipurpose Offshore Patrol boats have equipment and dimensions that do not differ much from the 30DX.

The graphic will appear clearer.

249 komentar:

  1. Breaking News..

    Menyusul Hyundai dan Tesla..

    "Jreng.. jreng..!!"

    https://www.globaldata.com/toyotas-us2bn-investment-plan-boost-ev-ecosystem-indonesia-says-globaldata/#:~:text=The%20investment%2C%20which%20forms%20part,models%20during%20the%20same%20period.

    5 tahun depan pasar mobil listrik Asia pusatnya bakalan di negeri kita gaesss...๐Ÿ˜˜๐Ÿ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia Tjahaja Asia...! ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

      Hapus
    2. Geng MALON pasti IRI & DENGKI. Najib Botak aja IRI & DENGKI banyak Investor Kelas Dunia Investasi di Indonesia.

      Hapus
    3. RI Jadi Pusat Mobil Listrik: Hyundai Rp 21 T, Toyota Rp 28 T

      https://www.cnbcindonesia.com/news/20201228162846-4-212013/ri-jadi-pusat-mobil-listrik-hyundai-rp-21-t-toyota-rp-28-t

      Hapus
    4. @RK-360MC Neptune belum lagi Tesla

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. @Brandal Lokajaya

      Perwakilan Tesla mau datang ke Indonesia bulan depan. Mungkin mau bertemu Pak Jokowi, Pak Luhut, Menteri Perindustrian serta melihat dulu lokasi kawasan industri yg akan dibangun pabrik.

      @Iskandar

      Hebat ya Ndar Poros Maritim Pak Jokowi, bisa menarik investor buat pabrik Baterai dan pabrik mobil Listrik.

      Gue salut Zaman Pak SBY di UU Minerba Smelter tapi kenapa tidak kepikiran untuk menarik Investor untuk buat Smelter Nikel di dalam negeri

      Hapus
    7. @RK-360MC Neptune Mana kepikiran, kan lagi mikirin wahai rakyatku yang keseret Nazarrudin.

      Hapus
    8. @Brandal Lokajaya

      Iya bener bro. Jargon katakan tidak pada korupsi, tinggal pangeran cikeas aja yg belum kena dari itu jargon katakan tidak pada korupsi.

      Berkat UU Omnibuslaw juga jadi banyak investor yg investasi

      Hapus
    9. Ketahuan kan yang dulu koar2 tolak omnibus law itu bisa jadi pesanan negara asing yang takut investor pada masuk ke indo

      Hapus
    10. @RK-360MC Neptune bener, perijinan juga dipermudah nggak berbelit kayak dulu.

      Hapus
    11. Bose Ashahimas Chemical pagi-pagi udah absen.......๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น

      Hapus
  2. Selain pengadaan kapal selam baru, pemerintah Indonesia telah menyusun rencana akuisisi satu kapal selam bekas. Persyaratannya sangat mirip dengan kapal selam baru. Negara manakah yang akan menjadi eksportir? Untungnya, tidak ada kelas U209 / 1800 yang pernah dibuat, baik salinan berlisensi maupun tidak.

    SC Alman Helvas 29/12/20

    #IDR_Wolf

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia Tjahaja Asia...! ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

      Hapus
    2. Saya pilih 2unit Riachuelo Class atau 2unit U218 untuk Kapal Selam Baru dan 2unit U214 Bekas Turki dan Jerman.

      Hapus
    3. Jangan IRI & DENGKI ya Geng Malon.. wkwkwkkwkwkwk asyiiikkk..

      Hapus
    4. Berarti maksudnya AH kapal selam bekas yg dibeli indonesia spesifikasinya lebih canggih dr U 209?

      Hapus
    5. @RK-360MC Neptune 214 kalau diambil mungkin punya Portugal bung, karena tahun pembuatannya udah lama. Sedangkan punya Turki baru 2019-san semua (kecuali kesepakatan TOT dari Turki+Unit tambahan dari yang sudah ada). Jerman nggak punya Type 214, adanya Type 212.

      Hapus
    6. Menurutku kasel bekas dengan tonase 1800

      Hapus
    7. alman blm bisa dipercaya ah, buktinya neptune lepas dari pantauannya,, anggap aja infonya sebagai vitamin qiqiqi๐Ÿ˜ƒ

      Hapus
    8. @Helmsley Block. IV 214 Portugal ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

      Hapus
    9. U214๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

      Hapus
    10. Apakah u209 punya yunani navy yg belum nyebur ke laut karena kagak bisa bayar akibat krismon utang yunani??

      Hapus
    11. yang bekas satu spek sama yang baru, sedangkan kita udah nggak ambil 209 lagi.

      Hapus
    12. 2 unit u214 baru dan 1 unit yang bekas

      Hapus
    13. @Unknown 29 Desember 2020 07.52

      Alman Helvas kan bilangnya bukan tipe U209.

      @Karsonovsky

      Yoi, ane tidak kedeteck dan lepas dari pantauan Alman Helvas.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
  3. Balasan
    1. 30ffm dan Fremm VLS-nya masih bisa ditambah karena masih ada ruang.

      Hapus
    2. Kalau PPA ane masih belum jelas desainnya secara keseluruhan.

      Hapus
    3. Tapi Fremm lbh mahal per unit nya

      Hapus
    4. Saya pilih 30ffm. Lebih gahar di radar karena pakai AESA.

      Hapus
    5. Dri jepang menjanjikan sekali
      Sampai maen2 ke PAL

      Hapus
    6. @RK-360MC Neptune Dan loannya pasti lancar, mkarena dari saudara tua.

      Hapus
    7. @nmad
      PPA 600 euro per unit, 30dx 625 euro per unit menurut artikel diatas

      Hapus
    8. Ralat 30dx 612 euro per unit

      Hapus
    9. @Brandal Lokajaya

      Yup, Sodara Tua tidak pernah lupa sama sodara muda. Buktinya investasi sodara tua masih besar di Indonesia. Dibandingkan dengan italia yg tidak banyak investasi di Indonesia.

      @Nmad

      Iya jepang sudah kirim delegasi dari MHI untuk ngecek PT. PAL dan Galangan Kapal Swasta dan apalagi yg nawarin awalnya PM Jepang langsung ke Pak Jokowi. Hahay.

      Hapus
    10. @neptune ditawarin yah bukan Minta uhuuyy๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    11. @RK-360MC Neptune Mungkin 30FFM beda pengadaan dengan fregat mef 3, karena dana loannya ada sendiri dari Jepang. Makanya MHI kesini lihat galangan selain PT.PAl.

      Hapus
    12. Setuju kalau pilih FFM sama FREMM. Kebutuhan MEF konsisten 40 surface combatant. Di artikel Kompas dulu ada disebut butuh 4 destroyer. Sepertinya ini cocok kalau diisi sama FREMM.

      Antara PPA dan FFM kalau lihat tabel diatas sepertinya mending FFM. 90 awak vs 120 awak. Untuk mengawaki 6 PPA, kita bisa mengawaki 8 FFM.

      Hapus
    13. @IRS proyeksi nya 4 destroyer AWD dan 20 frigate, tapi 12 aja udah syukur

      Hapus
    14. Semua yg ditawarkan diatas sudah pake radar AESA mas @RK369Netune.....hanya berbeda band nya saja.

      Tapi kalo bener 30ffm pake X band.....justru disitu kelemahannya ☝️

      Hapus
    15. @Yowa38
      Setelah cek catatan, ternyata kebutuhan 36 surface combatant bukan 40. Yang pertama 20 PKR + 16 PK. Yang terakhir 4 destroyer, 26 frigate dan 6 corvette.

      Kalau 12 frigate artinya pergantian 1:1, Kelas Ahmad Yani dan Fatahilah diganti frigate baru + 3 MRLF.

      Hapus
    16. Kenapa X-band dianggap kelemahan? Kalau mau akurat pake frekuensi mana lagi?

      Hapus
    17. @IRS yang 6 corvette itu agak rancu ya. Kita punya sekarang 7 multi purpose(ASuW) corvette, 3 AAW ( bung tomo class kalau diinstal Vl Mica) corvette dan 14 asw corvette(parchim). Kemungkinan fatahillah class paling lama 10 tahun lagi decommisioned mungkin diganti kapal OPV 4 unit cmiiw

      Hapus
    18. Diantara x, c dan s band....x band resolusinya paling tinggi, tapi berada di wilayah tropis kita butuh pilihan band yg sesuai dg karakter iklim tropis yg punya curah hujan dan kelembaban yang tinggi ☝️

      2 hal diatas adalah "musuh" bagi X band.....apalagi lagi kalo berfungsi utama sbg radar surveillan.

      Memang pilihan band radar yg tepat ini kompromistis....X band sangat tidak disarankan ng kondisi tropis, lantas antara C vs S band, komprominya antara : (harga&resolusi) vs stabilitas resolusi ✌️

      Hapus
    19. Dengan kata lain....jangkauan deteksi radar yg frekuensinya lebih tinggi akan drop jika berhadapan dg cuaca buruk dan kelembaban tinggi

      Hapus
    20. @Yowa38
      Kalau lihat nomor lambung, Bung Tomo masuk blok yg sama dengan Ahmad Yani. Untuk korvet awalnya dapat nomor 371 ke atas, tetapi batasnya sekarang kayaknya turun jadi 361.

      Mungkin bagusnya lihat alokasi nomor lambung buat tahu kategori. 4 (301-330), 26 (331-360/370) dan 6 (361/371-399).

      Hapus
    21. Asiyaapp makasih infonya bro, jadi bung tomo dimasukkan sekelas dengan martadinata class ya๐Ÿค๐Ÿค๐Ÿค๐Ÿค

      Hapus
    22. @Patroli Janda
      X band memang kurang cocok buat surveilance. Itu lebih ke targeting. Selain yg kelihatan terlalu banyak, power untuk jarak jangkau yang sama juga terlalu besar. (kalau tidak salah ingat naik eksponesial dengan frekeunsi buat jarak yg sama). More power=more heat.

      Hapus
    23. Naaaah itu....walopun radar 30FFM adalah radar multifungsi, tapi seumur hidupnya proporsi paling besar adalah digunakan utk surveillan, sedangkan utk mengupdate posisi sasaran bagi rudal SAM proporsinya sangat-sangat kecil ☝️

      Hapus
  4. Kenapa tidak minta arleigh burke aja alang2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan udah ada yg nongol geng Malon yg panas hati, iri dan dengki tidak terima kenyataan.. wkwkwkkwkwkwwk

      Hapus
    2. Maharogolela boleh nak mau di kasih sayap oleh PT DI supaya boleh terbang



      ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    3. Tok Dalang, Tok Ddalang. Kalau disebut, "Berita takde sangkut paut dengan maling, kena sebut terus". Pas nggak disebut muncul sendiri. Dasar Jelangkung...!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  5. Persamaan KERAjaan Miskin


    Timur Leste : kita belum mampu beli, pakai yang seadanya saja

    Malon : kita cuma mampu SEWA je, untuk melatih Pilot



    Wkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
  6. Dengki? Emangnya udah deal? Haha..nambah pkrnya dulu kayak kita deal 6 fregat duluan..maunya selalu lompat kelas haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo bisa knepa gak
      Yg pnting gak salah ptong

      Hapus
    2. Benar benar melompat ke darat ya




      Wkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwk idiot di bawah kaki

      Hapus
    3. 6....
      MIMPI

      salam GENK SEWA SEWA
      salam GENK SALAH POTONG

      ๐ŸŒ๐Ÿ’๐Ÿ”ฅ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ’๐ŸŒ

      HAHAHAHAHAHAHA

      Hapus
    4. Salah Potong, Maharajalele. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    5. Kalo ada Dana annggaran besar kami pun bisa buat LHD.

      Hapus
    6. Kayak "kita".apa???buat museum kapal lms 6 unit.

      Hapus
    7. @Mat Sabu

      Kenapa tidak minta arleigh burke aja alang2

      Dari bahasamu sudah keliatan kalo kau dengki. Apalagi 8tahun 6unit LCS belum cecah air. Wkwkwkwkwkwkkw asyikkkk

      Hapus
    8. @Nmad

      Benar banget bro. PT. PAL sudah bisa buat LHD tinggal tunggu orderan aja dari Kemenhan untuk buat LHD di PT. PAL

      Hapus
  7. Berhala Class seperti Maharogolela yg benar benar menjadi Berhala untuk sesembahan malon ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  8. Hmmmmm masih lebih balance FREM perancis, 32 Aster vls & punya Hullsonar + VDS

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Helmsley Block. IV 30ffm masih bisa ditambah vls, dan sensornya juga masih bisa ditambah.

      Hapus
    2. Yang ditawarin bukan FREMM nya kayaknya sih tapi PPA seperti yang dipesan Qatar

      Hapus
  9. Banyak negara yg kasih attensi to indonesia guna tawarkan aset militer kapal perang mereka buat indonesia, itu juga sebagai bukti bahwa kapabilitas dockyard indonesia di akui dunia guna transfer of teknologi, kartu ada di pihak kita so pilih2 yg cocok dgn laut dan keuangan kita, and satu kata aja buat DepHan,,,,LANJUTKAN!

    BalasHapus
  10. Galangan Wuchang......mana suaranya






    WWKWKWKWKKWKWKWKKWKWKWKWKKWKWKWKWKKWKWKWKWKKWKWKWKKWKWKWKWKKWKWKWKKWKWKWKWKWKWIIWIWIWIWIIWKKKKWKKKWKWIIKKWKWKWKWKIWIWWKWKKWKWKWK

    BalasHapus
  11. Nampaknya fregate2 ini baru akan kelihatan setelah 2025.

    Persaingan ketat tuk mememangkan kontrak 2019-2024.

    Semoga yg terbaik yg jadi pemenang!

    ๐Ÿค—

    BalasHapus
  12. Bukan indo yang minta loh, italia yang nawarin ya, jangan nanti dibilang halu, mau ini mau itu๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan Mat Sabu Halu, masak PKR yang sduah berlayar dan full armament dibandingkan sama Maharajalele yang Phobia Air. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  13. Dua tiga lompat berlari
    Kalau hayal macam sapi
    Nak ini nak itu
    Hasil akhir nangis kat butcu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan indo yang mau, tapi italia yang nawarin, kan udah saya bilang diatas

      Dasar halu

      Hapus
    2. Ingat temen temen, Nick Unknown dengan id belakang 7837 adalah orang Indonesia, bukan orang Seberang. Dia dulu pakai Nick Xavier alias Tapir Hutan. Dia juga Pakai Nick Unknwon lain dengan id belakang 7200. Alias Poros Maritim Anjing NICA. Jadi nggak usah pakai bahasa santun, gasskeun aja...!. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    3. @Unknown

      Iri & Dengki Bilang Boss!!!!

      Hanya galangan Wuchang yg nawarin ke Malon untuk LMS Batch II.. wkwkwkwkkwwkwkw.

      MHI, TKMS pastinya tidak mau nawarin ke Malon karena Kedekut, Miskin dan takut buat nama mereka jelek seperti Naval group dengan Gowind aka Maharogol. Wkwkwkwkkwkwkwk

      Hapus
    4. @Unknown

      Hari ini sudah sembah BALIHO Junjungan?? Sekte BALIHO

      Hapus
  14. Nak ini nak itu
    Hakikat hidup ekonomi merudum
    Hanya satu nak buat
    Sedut pajak rakyat kecil sampai pengsan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan indo yang mau, tapi italia yang nawarin, kan udah saya bilang diatas

      Dasar halu

      Hapus
    2. Ingat temen temen, Nick Unknown dengan id belakang 7837 adalah orang Indonesia, bukan orang Seberang. Dia dulu pakai Nick Xavier alias Tapir Hutan. Dia juga Pakai Nick Unknwon lain dengan id belakang 7200. Alias Poros Maritim Anjing NICA. Jadi nggak usah pakai bahasa santun, gasskeun aja...!. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    3. @Unknown

      Hari ini sudah sembah BALIHO Junjungan?? Sekte BALIHO..

      Hapus
  15. Kodok lompat sampai berdiri
    Hasrat diri mimpi makan roti
    Apa daye reality, cume kunyah ikan teri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan indo yang mau, tapi italia yang nawarin, kan udah saya bilang diatas

      Dasar halu

      Hapus
    2. Ingat temen temen, Nick Unknown dengan id belakang 7837 adalah orang Indonesia, bukan orang Seberang. Dia dulu pakai Nick Xavier alias Tapir Hutan. Dia juga Pakai Nick Unknwon lain dengan id belakang 7200. Alias Poros Maritim Anjing NICA. Jadi nggak usah pakai bahasa santun, gasskeun aja...!. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    3. @Unknown

      Hari ini sudah sembah BALIHO Junjungan?? Sekte BALIHO

      Hapus
  16. Jadi nanti semua akan dibeli tni..iver,gowind,30ffm sama itali ini..wow..dari mana uangnya? Oooh pasti dari ngutang luar negeri..hutang ratusan triliun ngak papa asal alutsista lebih keren dari kita haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan indo yang mau, tapi italia yang nawarin, kan udah saya bilang diatas

      Dasar halu

      Hapus
    2. Mat Sabu Picek, Mat Sabu Picek. Mat Sabu Picek, Mat Sabu Picek.
      Matane Picek, Kon kok koyok Asu....!

      https://worldpopulationreview.com/countries/countries-by-national-debt

      Indonesia nomor 158 = 29.29% dari GDP.

      Sedangkan negaramu Cek Picek. Malengsia nomor 80 = 56.32% dari GDP.
      ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    3. kita?? Malon aja ama timur leste, gak selevel geng sewa mau di samain geng Shoping ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    4. Kita, lue aja kali sama temen-temen berukmu.

      Mat Sabu lupa keh, KD LeMeS hutang 25tahun ke China.. wkwkwkwkkwkwk Asyikkk

      Hapus
    5. @Mat Sabu
      kita...? Tldm sudah dalam kondisi titik terlemah...light frigate hanya 2 unit..missile exo block2 dan sudah expired...sisanya kapal gun boat.

      Bagi Indonesia pertahanan kedaulatan negara sangatlah ...tapi utk malon tidak penting karena bangsanya p3ngecut

      Hapus
    6. Iya dong daripada hutang ke negara lain dan hasilnya tak cecah air dan salah potong Haha lawak lah kapal monumen tu

      Hapus
  17. Jepang bikin rilis pers, KL panas
    Ukraina bikin rilis pers, KL panas
    Italia bikin rilis pers, KL panas

    Jadi yang IRI dengki siapa yaa..?

    Hwakakakakakakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus reka2 cerita kita yang mau ini itu wkwkwkwkwk

      Hapus
  18. Dan kita tak perlu bunuh wanita pake C4 hanya demi ingin punya kapal lon..

    BalasHapus
  19. Ingat temen temen, Nick Unknown dengan id belakang 7837 adalah orang Indonesia, bukan orang Seberang. Dia dulu pakai Nick Xavier alias Tapir Hutan. Dia juga Pakai Nick Unknwon lain dengan id belakang 7200. Alias Poros Maritim Anjing NICA. Jadi nggak usah pakai bahasa santun, gasskeun aja...!. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tu si sundalbau penyembah baliho

      Hapus
    2. @Yowa38 Hajar aja gan, pengkhianat bangsa seperti itu harus dibungkam. Kerjaannya cuma bikin rusuh aja.

      Hapus
    3. @brandal sudah tumbang 6 gan, yang lain kalau masih jadi alat intelijen asing pasti disikat

      Hapus
    4. iya itu banci kaleng/tapir/margono/margonowati

      ini postingan lamanya :

      Xavier2 November 2020 08.12
      Aku juga sebel banget bieb,dia kalau tidur punya kebiasaan susupkan,jemarinya di g string aku, mana aku punya kulit sensitif banget, ya terang sang berat terus

      Balas

      Xavier 3 November 2020 11.29

      Ayo dita goyang yang sexy, biar makin gendeng halu nya, destroyer Jepang, iver, sejuta Rafale, seribu kapal selam ternyata balik lagi minus 3 dan naikkan jalan tol wakakakaka

      Xavier5 November 2020 11.33

      Rumpi kok rumpi ngayal, kebanyakan sabun dan makan sabun kayaknya atau halusinasi di padang pasir yg tandus wakakakaka jajaja

      Hapus
    5. @MODY Ternyata dia menyimpang bung.

      Hapus
    6. @Yowa38 Si tapier ini daridulu selamat terus gan, dia ganti nick terus.

      Hapus
    7. @brandal persis junjungannya, tukang kabur dan ngeles

      Hapus
    8. Suwandaruw pengikut aliran Sekte Baliho..

      Hapus
    9. @brandal iya ga beres emang si tapir, mknya dipanggil banci kaleng

      Hapus
  20. Poros maritim dunia versi pak anu.

    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=3273721736069480&id=181276675314017

    BalasHapus
  21. Jika mahu dibeli Indon ... Jangan lupa berikan juga Pinjaman atau Hutang untuk membuatnya ...Saat ini Indon X ada wang sama sekali ...Jadi jangan kaget jika frigate buatan Ngeria ataupun Ethiopia pun akan diambik jika memberika hutang kepada Indon ..


    Saat ini ... spek atau quality kapal X penting atau boleh diabaikan ...Itulah hakekatnya Indon sekarang ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sok tau ah๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    2. Malon ngomong hutang?
      Matane Picek, Kon kok koyok Asu....!

      https://worldpopulationreview.com/countries/countries-by-national-debt

      Indonesia nomor 158 = 29.29% dari GDP.

      Sedangkan negaramu Cek Picek. Malengsia nomor 80 = 56.32% dari GDP.
      ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    3. @Unknown

      Lupa keh Malon Gali Lubang Tutup Lubang. Hutang 4500T Ke china dibayar dengan Samurai Bond Jepang.. wkwkwkwkwk..

      Ditambah PPN mau dinaikkan di Malon

      Imbas Pandemi, Implementasi Pungutan PPN di Malaysia Ditunda
      Dian Kurniati | Selasa, 08 Desember 2020 | 19:00 WIB

      https://news.ddtc.co.id/imbas-pandemi-implementasi-pungutan-ppn-di-malaysia-ditunda-26178?page_y=0

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Jangan iri lah malon, kan udah ada frigate masing-masing, kami kan cuma mau nambah, kalo ini Italia yang nawarin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Otaknya malon kan terbalik bro, ditawarin tapi dibilang kita yang minta๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  24. Geng SEWA panas dan Koyak, tak ada yg nawarin ke Malon ke?? Ops..lupa malon pelanggan setia Galangan Wuchang






    WKWKWKKWKWKWKKWKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKKWKWKWKWKKWKWKWKKWKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKWKWKKWKWKWKWK

    BalasHapus
  25. Gowind siluman RM 9 Billion tetep terjaguh serantau ASEAN, enurance 10 tahun di Darat



    WKWKWKWKKWKWWKWKWKKWKWKWKKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKWKKWWKKWKWKWKWKKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKKWKWKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKKWKWKWKWKWKWKKWKWKWKWKWKWK

    BalasHapus
  26. Ditunggu aja deh apa aja yang bakal dapat dari semua yang ditawarkan..mendingan tambah aja pkr utk mengganti van spiejk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tunggu LCS nya aja cecah airnya kapan?? Sudah 10 tahun lepas....haji sukri siap membantu

      Hapus
    2. Kok lu ngotot pjr pkr ? Kalau negara lain menawarkan barang itu sudah di aurvei kemampuan bayarnya , open banking par to par lu bisa liat poket masing masing, jadi mereka tau kita mampu bayar ! Kalau kerajaan sewa itu ....tak taulah ...wkwkwkwkwkwkwkkkkk

      Hapus
    3. Kok sibuk? Urusin Maharajalelemu sana, jangan urusin negara lain. Negaranya sendiri belum bener, kok ngurusin negara lain.

      Hapus
    4. Wkwkwk PKR lanjut lon untuk ganti VS, sisanya buat nambah jumlah frigate untuk penuhi MEF..nah baik kan saya mau jawab santun๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    5. sok bijak loe kampreeet ๐Ÿ’๐Ÿคฃ

      urusin saja RM180 juta buat wang kopi malam tahun baru.

      salam GENK SEWA SEWA

      ๐Ÿคฃ๐Ÿ’๐ŸŒ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ”ฅ๐ŸŒ๐Ÿ’๐Ÿคฃ

      Hapus
    6. @Unknown

      Iya bro. Haji Sukri siap tampung scrap besi Maharogol dengan harga RM1/Kg.. wkwkwkkwkwkwkwk..

      Hapus
  27. Sepertinya kebutuhan kita banyak, tpi kenapa ga dimasksimalin 1 jenis aja?? Beli iver 5 sekalian atau 10 30-ffm sekalian gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo musuhnya udah jelas china yang firepower kapal nya jumbo dan jumlah aircrarf yg banyak kenapa ga maksimalin kinerja iver buat pelindung udara? ๐Ÿ‘พ๐Ÿ‘พ

      Hapus
    2. jumlah ffm yang udah terkonfirmasi banyak bung, 4-8 unit. Karena loan kita lagi deres deresnya dari Saudara Tua.

      Hapus
    3. Setuju bro, PKR digenapin aja sampai 4 unit. Iver juga genapin 4 unit untuk AAW. Untuk ASW kita masih banyak corvette ASW

      Hapus
    4. Makanya saya setuju 30FFM yamato harus segera.

      Hapus
    5. @nmad mudah2an 30ffm diambil 4-8 unit

      Hapus
    6. @Yowa38 PKR 90% digenepin 4 unit, karena udah masuk list penggunaan pinjaman luar negeri.

      Hapus
    7. Kita doakan semoga lancar bro๐Ÿคฒ๐Ÿคฒ๐Ÿคฒ

      Hapus
  28. Rusliiiii.....geng malon lagi sibuk minta wang ke boustad 180 jt nak buat happy2 tahun baru yaa....๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di gondolinnya RM 9 Billion di dendanya RM 180 jt






      ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. Kelihatan sekali ya finance controllingnya lemah banget, apa ga pernah di audit kayak macam BPK gitu yah ? Pantesan dulu singapura maksa pisah dari MAS bikin Singapore Airlines , terbukti sekarang Singapore Airlines biar susah tapi exist MAS bangkrit total wkwkwkwkkkkkk

      Hapus
    3. GENK SEWA SEWA cari wang kopi buat pesta tahun baru

      wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    4. om @Placido
      mereka tak perlu itu semua, dan tdk tau cara managemant control bugjet.

      konon TOP5 university

      salam GENK SEWA SEWA

      ๐ŸŒ๐Ÿ’๐Ÿ”ฅ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ’๐ŸŒ

      Hapus
  29. Jooss Kapal Yamato.
    Saudara tua.
    Ikeh ikeh

    BalasHapus
  30. Geng malon tak usah bahas kapal, bahaa je wang 180 jt dr Boustad nak guna apa malam tahun baru nanti......๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli jagung manis buat di bakar wkwkwkwkkkkk

      Hapus
    2. MAHAROHOL aja belum tuntas tapi udah pengen ini itu

      Hapus
  31. Geng malon diayam ayamkan Boustad je. Siasat Boustad kasi wang kopi RM 180 Million nak buat happy malam tahun baru, esoknya tahun baru sdh dpt RM 9 Billion.
    Dah jadilah 6 LCS, tp kesemuanya tak bisa cecah air, sebab besinya dapat beli dr haji Sukri pasal bongkaran besi tongkang je biar murah........๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  32. ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ

    Ampun, aduh ampun
    Sudah lega dan menggoda kepadaku
    Wowo, wowo

    Kerlingan mata nakalmu
    Terus memandang dan merayu kepadaku
    Wowo, wowo

    Oh, ku hanya bisa menahan perasaan

    Tolonglah semoga ini bukanlah mimpi di siang bolong
    Wowo, wowo
    Tolonglah, tolonglah ibu
    Aku jadi seperti orang yang bloon
    Wowo, wowo

    Oh, ku hanya bisa menahan perasaan
    Oh, semua karena kelakuan nakalmu

    Panas, panas, panas
    Panas, badan ini
    Pusing, pusing, pusing
    Pusing, kepala ini

    ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ

    BalasHapus
  33. Rusliiiii...kau tak tengok kah, geng malon kau kena bully lagi.
    Tahun baru jng lupa bayar Boustad RM 9 Billion lah, supaya cepat LCS tuh jd kapal rongsok 6 unit endurance 10 tahun.........๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  34. RM 9 BILLION =$2.221.400.700,00
    HARGA BERGAMINI CLASS€€598 million (US$693 million) per unit, RM 9 BILLION BISA BELI 3 BERGAMINI CLASS, INIKAH YANG DISEBUT RUGI BERKALI KALI LIPAT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata gempur Indonesia rugi 2 kali karena changbogo bermasalah padahal malon rugi berkali kali lipat wkwkwkwk๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. Tak masuk otaknya bro๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  35. Rupanya gempur masih kerja keras melayani tusbol gang bang bangla sementara mat sabuh masih jualan nasi lemak untuk nutup denda BnS

    BalasHapus
  36. PKR BATCH 2 sudah diajukan lagi oleh pihak Kemenhan dan sekarang hanya tinggal menunggu pendanaannya dirampungkan oleh Bu Sri Mulyani

    *Jika dilanjutkan berarti jumlahnya menjadi 4 unit nantinya ๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin๐Ÿคฒ๐Ÿคฒ๐Ÿคฒ๐Ÿคฒ๐Ÿคฒ kita doakan semoga lancar

      Hapus
  37. kapalnya bisa deteksi drone bawah laut ga ya..

    (Lagi) Drone Bawah Laut Sea Wing ‘Haiyi’ Ditemukan Nelayan Indonesia

    Sebuah drone bawah laut yang wujudnya menyerupai rudal jelajah belum lama ditemukan oleh nelayan di Laut Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Meski kini telah diamankan oleh aparat keamanan setempat, namun dari foto yang diperlihatkan, bahwa drone yang dimaksud identik dengan Sea Wing (Haiyi) underwater gliders milik Cina.

    https://www.indomiliter.com/lagi-drone-bawah-laut-sea-wing-haiyi-ditemukan-nelayan-indonesia/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan pilihan tiga kapal diatas sudah dilengkapi sistem sonar bawah laut, jadi gak perlu was-was

      Hapus
  38. 10 ALASAN MALON PATUT D KASIHANI


    1. Kemerdekaan Malaysia diberi oleh Inggris
    Indonesia lahir dan jadi bangsa terbesar di dunia dengan cara yang heroik, mengusir bangsa-bangsa imperialis terbesar dunia, Belanda, Inggris, Jepang. Sukarno, Hatta, Jenderal Sudirman, Bung Tomo, sejarah Indonesia penuh dengan pahlawan-pahlawan besar. Malaysia merdeka dikasih Inggris.
    Baca kutipan dari Majalah Time di tahun 1957 tentang kemerdekaan Malaysia :
    “The Malayans .. though the curiously un-enthusiastic calm with which they received their independence was attributed by British residents to the fact that it was ‘handed to them on a platter.’”
    Warga Malaysia tidak antusias karena kemerdekaannya seperti diberi oleh kerajaan Inggris.
    Time Magazine, “Malaya, A New Nation”.
    2. Pusat budaya Melayu adalah Sumatra, Bukan Malaysia.
    Melayu awalnya berpusat di Kerajaan Melayu dan Sriwijaya yang berpusat di Jambi dan Palembang. Dasar kebudayaan Malaysia cuma Melayu itupun kalah sama Sumatra. Lagu-lagu, tarian, dan karya sastra Melayu di Sumatra jauh lebih kaya. Dan kebudayaan Melayu hanyalah salahsatu dari ribuan budaya Indonesia yang sangat unggul dan kaya. Makanya Malaysia suka meng-copy-paste kebudayaan lainnya termasuk Indonesia, China, dan India.
    3. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Vs Malaysia
    Lagu kebangsaan Indonesia adalah salahsatu lagu kebangsaan paling heroik di dunia, dan selalu dinyanyikan bangsa Indonesia dengan penuh rasa kebanggaan. Lagu kebangsaan Malaysia, ternyata cuma hasil jiplakan lagu orang.
    4. Ekonomi Indonesia akan jadi jauh lebih besar dari Malaysia
    Juni 2009 kemarin Morgan Stanley menyatakan Indonesia akan menjadi The Next BRIC, Brazil, Rusia, India, China, dan Indonesia, dan mempunyai potensi menjadi salahsatu ekonomi terkuat di dunia. Indonesia diundang secara khusus di pertemuan eksklusif negara-negara industrial G-8, dan menjadi anggota dari G-20. Malaysia tidak pernah diundang (Singapura aja tidak diundang!).
    5. Ketergantungan Malaysia Pada Indonesia.
    Ekonomi Malaysia tergantung dengan Indonesia. Walaupun TKI cuma kuli kasar, ekonomi Malaysia akan langsung kolaps kalau tidak ada mereka.
    6. Malaysia, Bosan! (Bukan ”Malaysia, Bisa!”).
    Malaysia adalah negara paling membosankan di dunia. Tidak banyak hal-hal menarik pernah terjadi di Malaysia. Berita paling seru di Malaysia adalah kasus sodomi Anwar Ibrahim.
    7. Malaysia Super Corridor
    Malaysia pernah bikin jaringan internet canggih Malaysia Multimedia Super Corridor yang sangat mereka banggakan. Indonesia punya Onno Purbo, dan Onno Purbo diundang jadi pembicara di CERN, European Organization for Nuclear Research, tempat kelahiran WWW di dunia.
    8. Dominasi Lagu Indonesia di Malaysia
    Lagu-lagu Indonesia mendominasi Malaysia, sampai-sampai para penyanyi dan produser lagu Malaysia yang keteteran, ”Persatuan karyawan industri musik Malaysia” (Karyawan), meminta Kementrian Komunikasi Malaysia segera membatasi pemutaran lagu-lagu Indonesia. Lagu-lagu Malaysia sendiri benar-benar menyedihkan dan tidak bermanfaat bagi umat manusia.
    ”Penyanyi rock terkenal Malaysia Amy Search mengatakan kepada pers, jika jam 10 malam ke atas Malaysia sudah seperti Jakarta karena semua radio menyiarkan lagu-lagu Indonesia hingga dinihari”.
    Laporan AntaraNews September 2008, Lagu Indonesia Bakal Dibatasi di Radio Malaysia.
    9. Malaysia Belum bisa Demokrasi.
    Malaysia masih negara otoriter, tokoh seperti Anwar Ibrahim saja dituduh sodomi secara resmi oleh pemerintahnya sendiri. Dan sebaliknya adalah sebuah keajaiban besar, bahwa sebuah bangsa yang sebesar dan sekompleks Indonesia, justru sudah mampu membangun sistem demokrasi yang baik dan damai.
    10. Malaysia Truly Buaya.
    Turis Malaysia datang ke Indonesia dan menikmati keindahan alam Indonesia. Turis Indonesia datang ke Malaysia karena ketipu. (Masak orang Indonesia jalan-jalan ke Malaysia mau lihat reog sama tari Pendet?!).

    BACA TU GANK MALONERS, PARA MALON KW..MASIH MAU JADI BUDAK MALON DG BAYARAN NASI BUNGKUS

    BalasHapus
  39. rencana pengadaan Helikopter Angkut Kelas Berat dan pendukungnya untuk TNI AU dengan anggaran Rp 1.280.340.000.000

    https://sirup.lkpp.go.id/sirup/home/detailPaketSwakelolaPublic2017/24712610

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah jelas CH-47, mi-26 gak mungkin dipilih ๐Ÿ˜‚

      Hapus
  40. Gimana kalo komposisi kapal Kombatan strike force TNI AL seperti ini:

    Corvette :
    Diponegoro class ( Damen) untuk menggantikan semua kapal Corvette yang sudah uzur.

    Light frigate:

    KRI USMAN HARUN class dan KRI MARTADINATA CLASS ( untuk menggantikan frigate gaek class A.yani)

    Real Frigate :
    30DX,Iver,fremm Italia,Damen

    Destroyer class 8000:

    Iver,30dx,damen

    Nah bila mana nanti martadinata class rancang bangun di sempurnakan maka akan naik class menjadi class penjelajah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu di jaman pak SBY akusisi Diponegoro class gak disertai ToT ?

      Hapus
    2. Jaman itu PAL nya yg belum siap menerima TOT krn nyaris semua bumn mengalami kondisi keterpurukan akibat "krismon" ☝️

      Hapus
    3. Corvette yang udah uzur kan fatahillah class om, untuk bung tomo class tetap dimasukkan kelas corvette. Untuk parchim boleh ganti OPV dan asw corvette sekelas migelm nya turki, bisa pakai platform sigma atau OPV galangan dalam negeri

      Hapus
    4. Fatahillah class sebenarnya belum.terlalu tua lho bro....kalo AL mau mendanai dan mendandani dg tepat sebenare masih bisa tampil garang ๐Ÿ˜Ž

      Hapus
    5. Lebih tua fatahillah class daripada parchim kayaknya bro๐Ÿ˜

      Hapus
    6. Fatahillah itu lansiran taun 80an.....dan desainnya beroperasi di perairan litoral sedang parchim desainnya beroperasi "diperairan dalam/tertutup" yg ombaknya tidak terlalu besar ๐Ÿ‘‰ perairan jerman timur kan seperti kantong yg ujung nya di perairan baltic mas bro

      Hapus
    7. Itu hanya baru konsep rancang bangunnya saja karena kita masih melihat hasil tot dari negara yang sudah menawarkan tot dan sign contract seperti swedia.untuk menghindari seperti kejadian kerjasama dengan korsel.yang mana meleset dari nota kerjasama.tunggu aja berita kejutan TNI AL.MEF 3 menitik beratkan ke Matra TNI AU dan TNI AL tidak lupa TNI AD yang porsi nya agak sedikit dikurangi

      Hapus
    8. @ngurah Rai, visby class nantinya bakal ikut meriahkan ga ya ? ๐Ÿ˜Œ

      Hapus
    9. Visby class ๐Ÿ˜ฑ.....๐Ÿ‘‰ pasti gak akan dilirik ๐Ÿ˜ฃ

      Hapus
    10. Visby gak masuk...kita akan meracik sendiri kapal yang kita butuhkan dengan bumbu campuran TOT dan akan menghasilkan kapal kombatan selera ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰ Nusantara๐Ÿ‘ˆ๐Ÿ‘ˆ ini tujuan yang kita cari makanya kenapa banyak macam supaya kita bisa membuat yg terbaik untuk TNI

      Hapus
    11. Bukan masalah harga tapi masalah isi dalemannya yang tidak diminati itu aja koq.dan tetangga kita dah ada pakai no detern jadnya

      Hapus
    12. IMO,

      Korvet (<105m)
      -Diponegoro class
      -Bung Tomo class

      Fregate (105-130m):
      -Martadinata class 105m
      -Iver class 130m
      -30ffm

      Destroyer (>130m)
      -Iver class
      -30ffm class
      -fremm class

      Hapus
  41. The radar is the AESA OPY-2 in X-band is derived from the FCS-3 already installed on several units of the Japanese Navy. To complete the suite of sensors, the OAX-3 for EO/IR, OQQ-25 consisting of the sonar in the bow and the trailed bulb and OQQ-11 for minesweeper operations. All managed by the OYQ-1 Combat Management System (CMS).

    ----------------------------------

    OYQ-1 Combat Management System...ini cms buatan mana yak baru denger?


    radarnya cuyyy AESA YAYANK hore mare haha!๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

    BalasHapus
    Balasan
    1. A total of 90 crew members can be found on board.
      --------------------------

      kok dikit amat krunye, otomatis byk ato pake robot miyabu? haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

      Hapus
    2. CMS-nya buatan dalam negeri sakura dan salah satu CMS yang tercanggih di dunia ๐Ÿ˜š

      Hapus
  42. The Trieste group could offer both a version of the FREMM "cut" for Indonesian needs, the Multipurpose Offshore Patrol/Pattugliatori Polivalenti d’Altura (PPA) or the "corvette" for Qatar Doha class.

    ---------------------------------------

    FREMM uda perna mampir jakarta kan?

    cocok nih buat dampingin IVER-INDO gaesz hore haha!๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  43. JEPUN datang ke kita bawa proposal kapal perang kombatan, wuiih sales gt haha!๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

    beda yach ama yg maren ke JEPUN bawa proposal pinjaman, buat bayar HUTANG haha!๐Ÿค‘๐Ÿค‘๐Ÿค‘
    pdhl blom KOVID, bahkan satu duniya gak ada yg mikirin...

    coba negara mana ituwww??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu lho negeri pembangun monumen frigat ๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. KERAjaan Gali Lobang Tutup Lobang Malaysewa






      Wkwkwkwkkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwk

      Hapus
    3. nyooihh, WARGANYET KL emang 1 cc, dikibulin 1000x jugak tetep senang digondolin haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      KL brasa bayar tunai biar kliatan proformanya sip, padahal HUTANG MEREKA SATU PINTU, mangkanya jebol...yang pertamaks BAYAR HUTANG PAKE HUTANG yaa mereka dikawasan haha!๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

      Hapus
    4. Plat China, teknologi France, engginer Bangla ๐Ÿ˜‚

      Hapus
  44. "Ane pernah lihat presentasinya CMS jepang.....terlihat sangat keren dan glowing-glowing ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ.

    Tetapi sbg produk/teknologi perdana yg baru muncul tentu menyimpan konsekuensi......๐Ÿ‘‰ emang sanggup ngongkosin yg model begini ๐Ÿ˜ณ๐Ÿ˜ฉ๐Ÿ˜–"

    https://youtu.be/B2YhuVGqBAg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Denger-denger CMS Japan ini salah satu yang terbaik saat ini

      Hapus
    2. tung tung tungg ๐Ÿ”จ๐Ÿ”จ๐Ÿ”จ haha!๐Ÿคฌ๐Ÿคฌ๐Ÿคฌ

      Hapus
    3. Kenapa gak?tinggal serahkan ke PT LEN.punya China aja bisa koq.

      Hapus
    4. Pastinya bro.....namanya aja kualitet nippon, sudah teruji sejak jaman PD II ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      Hapus
    5. @ngurah Rai, punya Japan-nya aja

      Hapus
    6. Heran aja yg disini anteng-anteng bae....tapi setelah dicek viewer nya sejak 10.21 udah bertambah 15 ๐Ÿค”

      Hapus
    7. Janda di patroli in kalo perawan di apain ๐Ÿ˜”

      Hapus
  45. Yah beza la.om..kita deal 6 sekaligus bukan buat ganti..tapi nambah kekuatan..lekiu kita masih bagus buat 10 ke 15 tahun ke depan..beda sama tni yang butuhkan kapal baru buat ganti kapal lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚, makan tuh hull gak jadi-jadi

      Hapus