07 Desember 2020

The Laotian Army Unexpectedly Displayed Outstanding Modern Strength

07 Desember 2020

The Laotian army and their equipment (all photos : Jack Phouthavong, Kien Thuc)

As a little-noticed military in Southeast Asia, but in recent years, Laos has had a strong transformation with many modern arms procurement contracts.

The Lao army is an under-noticed army in Southeast Asia due to its small size and outdated equipment, plus it is relatively quiet in its military operations. However, in recent times, they have accelerated their development with the purchase of a series of modern weapons and equipment for the air force and the army, making the face of the armed forces significantly enhanced. Recently, through a live fire drill by the Lao Army, we can see that the achievements they have achieved are not bad.


In particular, the noteworthy thing about the army air defense is that Laos has imported Tian Long 6 (TL-6) low-range air defense complexes from China for the task of making air defense umbrellas to cover the head of the military army. The combination uses a missile launcher that integrates radar and photoelectric block to observe the target indicator, capable of destroying low-flying targets such as UAVs, helicopters, attackers, dive fighters, and is placed on a 6x6 cross-country armored car chassis capable of swimming, making it extremely convenient for maneuvering.


Equally beneficial is that the 82mm CS/SS4 self-propelled mortar cannon batteries are mounted on the Dong Feng 4x4 all terrain vehicle  armored chassis, also imported from China. The advantage of this cannon is that it is extremely maneuverable, able to deploy to complex terrain areas where the enemy cannot deploy heavy firepower or deploy a rapid attack and then withdraw, safely reverse at the speed of the off-road vehicle.


Self-propelled mortar cannon CS/SS 4 has a crew of 4, according to the assessment, it can achieve a tremendous rate of fire over 100 rounds/min, maximum range within 4 km. With this rate of fire, in a short time, the mortar batteries combined with combat could strike the enemy with a screen of extremely dense fire.


In the Lao Army 's operational squad, it was indispensable for Dong Feng 4x4 armored vehicles to be imported from China. It has the advantage of being able to quickly maneuver to approach and give first aid, bring wounded soldiers back to the back line in time, improve the survivability of soldiers in actual combat.


Besides the army weapons from China, it is impossible not to mention the weapons of the traditional friend of the Soviet Union and later Russia in the service of the Lao army. In particular, the appearance of the leading modern battle tank in Southeast Asia today the        T-72B1MS tank participating in real-time gun shooting exercises further clarifies their superior strength. T-72B1MS tanks imported from Russia from Russia, officially handed over in 2018 with many modern features such as upgraded electronic systems, panoramic viewfinder, APU engine, etc.


The famous BM-21 Grad series launch jet artillery complex was also mobilized from Laos to participate in this exercise. The combination of 40 rocket launchers can in a short time pour down a large area into a sea of ​​flames, with a maximum range of up to 40km and still one of the top dangerous jet artillery combinations in the world today although it was born in the 1960s, developed by the Soviet Union.


The BMP-1 is the first generation of the BMP infantry fighting vehicle line developed by the Soviet Union in the 1960s, extremely successful with a large number of production, serving in the military forces of many countries in the world.


The Z-9 helicopter is a Chinese-made version of the famous Eurocopter AS 365 Dauphin helicopter. It is able to carry light transport, fly for rescue reconnaissance and ground support with small wing mounted pod rockets on either side.


Lao Air Force Mi-8 helicopter landed on top of the roof, trained to capture high-rise buildings.


Lao artillery fired 152mm D-20 howitzers to suppress, destroy clusters of bases, pilot enemy energies, and support infantry troops attacking in the framework of the practice.


After displays of heavy firepower, it was the infantry's turn to volunteer to finish off the target, complete the defeat of the enemy, and end the maneuvers. It can be said that this exercise showed a much more comprehensive, much more modern, and much stronger face of the Lao army. This is the right and reasonable investment from superiors to get today.

200 komentar:

  1. Balasan
    1. Masak ayam rica-rica, ayam woku, ayam bakar, ikan bakar, sayur lodeh, sayur asem, sayur bayam, cah kangkung, sayur sop, tumis pare, terong balado

      ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    2. jangan lupa bayar kalau udah kenyang ...

      Hapus
  2. "Stop dulu semua bentuk kerja sama alutsista korea ๐Ÿ–️"

    https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-5285556/detik-detik-penyelamatan-diri-2-pilot-pesawat-tni-au-yang-jatuh-di-yogya?tag_from=wpm_headline&_ga=2.135726129.1020924114.1605523535-935833695.1526148982

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena ada nyamuk/banyak pikiran yang ganggu jadi pilot kehilangan kendali ๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. Ini kejadian serupa saat T-50i nahas saat landing di madiun

      Hapus
    3. setuju bung Just do it. Kwalitas korsel 11-12 sama china. Kwalitas jepang lebih bagus

      Masuh bagus Indonesia buat CN235 dari dulu sampe sekarang gak pernah kecelakaan.

      Hapus
    4. Pernah debat ame pemerhati alutsista asli asal korsel yg bangga dan membesar2kan korsel dalam pengembangan kfx dan merendahkan indonesia dengan judul komentarnya yg mengatakan indonesia hanya berkontribusi biaya pengembangan 20% dan itu pun susah membayarnya, membaca komentar itu darahku langsung mendidih dan melabrak komentar orang korsel itu dengan menceritakan semua apa yg terjadi dalam pengembangan kfx/ifx dan membuka kebusukan korsel dalam pengembangan kfx, rupanya ada forumer orang eropa ikut nimbrung dan mengikuti perkembangan pengembangan kfx jg mengamini dan percaya apa yg aku ungkapakan karena dia tau bahwa ilmu rancang bangun pesawat orang2 indonesia sebenarnya emang mumpuni dan pernah merancang dan membangun pesawat sendiri tanpa bantuan negara asing meskipun gagal untuk dipasarkan, dan dia jg tau jejak perjalanan habibie, dia jg mengatakan bahwa dia belum pernah mendengar korsel merancang dan membangun pesawat sendiri, semua itu dibantu dan dirancang negara lain, lalu panaslah orang korsel itu dan menyerang cn235 buatan indonesia yg mengatakan bahwa getarannya terasa dan sering rusak, lalu aku tertawa dan mengatakan pesawat turboprop yg mana yg getarannya tidak kuat, dan mana linknya yg bener2 menunjukkan cn235 buatan indonesia yg sering rusak, lalu dia menunjukkan link yg mengutip pernyataan anggota dewan korsel yg sebenarnya setelah aku simak dia kalah saing dan kesal pesawat yg jd rujukan dia dan teman2nya di dewan lainnya tidak dipilih pemerintah korsel dan lebih memilih cn235, lalu aku ungkapkan hal itu kepada former korsel tersebut dan mempertanyakan kenapa kepresidenan korsel menggunakan cn235 sebagai pesawat vip kepresidenan mereka dan aku jg mengatakan tolong tunjukkan cn235 yg beroperasi diseluruh dunia yg mengalami insden penerbangan, langsung dia kabur dan tak ada jawaban,,,,satu yg pasti korsel tidak akan pernah mau mengikuti renegoisasi yg diminta indonesia untuk program pengembangan kfx/ifx sebab itu adalah aib memalukan bagi korsel karena dengan secara tidak langsung mengakui bahwa tuduhan indonesia tentang upaya korsel mencuri ilmu rancang bangun pesawat dr engeiner indonesia adalah benar adanya dan bila renegoisasi yg diminta indonesia di setujui korsel itu sama saja memberi peluang indonesia untuk menyaingi mereka dalam pemasaran kfx/ifx tersebut karena point renegoisasi yg diajukan indonesia tersebut meminta bagian hak kepakaran engeiner indonesia tersebut dengan cara membolehkan indonesia menjual ifx, bisa jd ifx lebih hebat dr kfx karena mengunakan mesin, avionic dan radar yg berbeda dengan kfx karena indonesia emang tidak diperbolehkan mengakses dan mempelajari teknologi tersebut, sebagai negara pengembang ifx indonesia emang bebas dan hak indonesia menggunakan mesin, avionic dan radar yg berbeda dengan korsel' oleh sebab itulah korsel emoh mengijinkan indonesia boleh menjual ifx karena potensi kfx untuk kalah saing dipasaran cukup besar karena indonesia sebagai negara pengembang berhak menggunakan mesin, avionic dan radar buatan negara mana pun.

      Hapus
    5. Wih, pantes yaa bukan dari pesawat aja melainkan kapal selam mereka kalah dengan turki, type209 turki lebih mantul dari type209 kw changbego

      Hapus
    6. Apa sih yg membuat us berhak mengintervensi program kfx/ifx??? Karena sebelum indonesia diajak korsel tuk kerjasama pengembangan kfx us menginjinkan korsel untuk meniru desain f22 tp korsel yg membangun dan merancangnya dr nol, ya iyalah di izinkan karena us tau korsel tidak memiliki ilmu rancang bangun pesawat dr nol, lalu korsel berfikir untuk mencari partner pengembangan bersama yg memiliki ilmu rancang bangun pesawat yg mumpuni, setelah wara wiri mencari tau negara mana saja yg memiliki ilmu rancang bangun yg munpuni akhirnya korsel menemukan indonesia yg memiliki ilmu rancang bangun pesawat yg mumpuni dan sudah memiliki desain rancang bangun pesawat tempur siluman sendiri tp karena pesimis dengan kemampuannya sendiri program pengembangan pespur dalam negeri indonesia tidak pernah terwujud meski telah memiliki desain dan rancang bangunnya, sehingga datanglah korsel dengan gayanya yg blagu lebih hebat dr indonesia karena telah memproduksi T50 dan memanfaatkan rasa pesimis dan tidak percaya diri orang2 indonesia dengan kemampuannya sendiri, ya target korsel mencuri apa yg dimiliki indonesia yaitu ilmu rancang bangun yg dimiliki indonesia, lalu korsel dengan niat busuknya yg memanfaatkan rasa tidak percaya diri indonesia dengan membuat perjanjian yg menguntungkan korsel dan bisa memonopoli hasil pengembangan jg sekaligus mencuri kemampuan engeiner indonesia, dengan polosnya indonesia setuju dengan perjanjian tersebut karena emang sangat2 polos tentang pengembangan pesawat tempur dan gelap gulita otaknya karena judul biaya pengembangan 80% ditanggung korsel, tp biaya pengembangan apa 80% indonsia tidak memperjelasnya' padahal fasilitas produksi dan biaya engeiner ditanggung negara masing2, setelah pengembangan rancang bangunnya memunculkan beragam ukuran dan tipe mulailah gelisah us sebab ukuran dan berat hasil kerja pengembangan engeiner indonesia atas rancang bangunnya bener2 membuat us khawatir bisa lebih hebat dr pesawat buatan us sendiri, dan us sesungguhnya tau kemampuan engeiner indonesia untuk rancang bangun pesawat' lalu mulailah us mengintervensi pengembangan kfx/ifx mulai dr ukuran yg jelas mempengaruhi daya jelajahnya dan kemampuan pespur tidak boleh siluman alias tidak boleh menggunakan rak senjata aluas harus gen 4++ karena alasan us berhak mengintervensi pengembangan kfx/ifx karena desain itu menggunakan desain luar pespur siluman us yg dibolehkan dijiplak korsel tp rancang bangunnya dikembangakan sendiri.

      Hapus
    7. dr sini engeiner indonesia mulai tersadar sebab mereka sama sekali tidak menggunakan desain rangka f22 atau pun sejenisnya tp desain rangka yg dikembangkan pt.di dan lapan, kalau desain luarnya emang iya mirip f22 tp itu adalah yg wajar karena desain siluman pertama adalah f22 jd sah2 aja ada kemiripan tapi desain rangka jelas pasti berbeda karena desain rancang bangun rangka pesawat akan mempengaruhi berat dan kemampuan pesawat dalam ketahanan bermanufufer diudara sehingga stabilitas dan daya tahan terhadap keretakan sangat menentukan untuk rancang bangun rangka pesawat, perlahan lahan engeiner indonesia tersadar bahwa ilmu mereka telah diporoti korsel dan menceritakan kejadian tersebut ke pemerintahan jokowi, awalnya jokowi optimis dengan korsel bahwa mereka mau menyetujui renegoisasi yg diminta indonesia sehingga jokowi mau membayar sebahagian iuran yg tertunggak, tp lama kelamaan korsel semakin memuakan ngotot dengan perjanjian awal dan malah mengungkit ungkit judul biaya pengembangan 80% yg ditanggung mereka, tp pertanyaan yg diajukan pemerintah biaya apa yg ditanggung korsel atas beban hadirnya indonesia dalam pengembangan korsel tidak bisa menjelaskannya dan tetep nyolot dengan judul 80% biaya pengembangan sudah dr awal perjanjian disepakti ditanggung korsel dan indonesia harus mematuhi perjanjian awal yg tidak ada penjelasan yg sejelas jelasnya, lha biaya pengembangan apa yg ditanggung korsel???? Fasilitas produksi emang sudah resiko masing2 negara pengembang kok, lah kalau pengembangannya dilakukan di korsel itukan mengikuti keinginan korsel tp indonesia jg membangun fasilitas produksi sendiri, biaya engeiner masing2 negara ditanggung negara masing2 pengembang kok, terus biaya yg mana 80% yg ditanggung korsel atas pengembangan tersebut???? Adakah disini yg bisa jawab???? Aneh liat sikap nyolot korsel tp tak mampu menjelaskan biaya 80% apa yg ditanggung korsel atas keikutsertaan indonesia sehingga korsel merasa bebannya lebih besar dan berhak memonopoli hasil pengembangan kfx/ifx terebut.

      Hapus
    8. Opo iyo?? Program luar angkasa korsel aj lebih maju

      Hapus
    9. Roket dan pesawat berbeda, adakah roket ruang angkasa asli buatan korsel, jangan baca klaim tp telusuri jejakanya, kalau perangkat elektronik dan penguasaan ilmu bahan campuran untuk matrial membuat mesin ya korsel jauh diatas kita tp meskipun mereka telah punya produk pespur T50 apakah mereka pernah berano mengklaim rancang bangunnya hasil kerja engeiner mereka????? Gk usah T50, pesawat latih KT wongbee produk mereka apakah mereka berani klaim itu hasil rancang bangun mereka???? Mereka tak akan berani seperti kita berani klaim cn235 bener2 ikut merancang bangunnya ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ

      Hapus
    10. Changbogo cancel, kfx cancel,
      Udahlah kerjasama sm turkey aja yg udh keliatan jelas buktinya,
      Harimau hitam,
      Gk pelit sm teknologi,
      Jerman sendiri udah bilang u209 yg dikasih lisensi yaa turki doang bukan korsel,
      Yg pasti aja,
      Duit udh kebakar banyak iyaudah gpp,
      Ilmu tetep masih ada,
      Kembangin sendiri aja.

      Hapus
    11. Klo mau belajar sm jepang juga boleh,
      Udah paten kepakarannya,

      Hapus
    12. Untuk program kfx/ifx jangan pernah kita yg menyatakan mundur deluan karena dunia akan berpandangan negatif terhadap kita dan uang kita yg udah masuk tidak bisa kita tuntut untuk dikembalikan, strategi pemerintah sudah tepat dengan cuek bebek meski korsel teriak2 nuntut pembayaran iuran pengembangan, uang kita yg udah masuk bisa dapat 3 unit ifx loh' itu bukan daun tp uang semua ๐Ÿคง๐Ÿ˜Š๐Ÿค—

      Hapus
    13. Korea bodoh, dari dulu agen rahasia mereka membobol hotel rombongan kemenhan sudah tidak bagus niatnya, pantes saja lama dijajah jepang, lebih baik kerjasama dengan jepang, lebih gentleman

      Hapus
    14. Terima kasih banyak atas informasinya Raden Situngkir. Membuka wawasan saya tentang bermasalahnya proyek K-FX I-FX. Saya yakin Pemerintah kita lebih faham apa yang mesti dilakukan.

      Hapus
  3. Z-9 kw super heli Dolphins ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  4. Ternyata masih ada yang latihan pakai celana pendek ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak tentara inggris yg tugas di borneo tahun 60an

      Hapus
    2. Itu yg pakai celana pendek lagi jogging.. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    3. ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜... Itu unit khusus mas.. ๐Ÿ˜

      Hapus
  5. BREAKING NEWS

    kecelakaan pesawat latih dijogya 2 selamat 1 tewas mengenaskan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Pesawat Latih TNI AU Kecelakaan di Lanud Adi Sutjipto

      Dua pilot TNI Angkatan Udara (AU) yang sedang melaksanakan latihan rutin menggunakan pesawat latih KT-1B Wong Bee Nomor Registrasi LL-0111 mengalami kecelakaan di ujung Barat landasan pacu Landasan Udara (Lanud) Adi Sutjipto, Yogyakarta. Pesawat mengalami rusak berat, namun pilot berhasil selamat.

      "Meskipun pesawat memgalami total lost atau rusak berat, kedua pilot Wingdik Terbang Lanud Adisutjipto Yogyakarta itu dinyatakan selamat," ungkap Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara, Kolonel Pnb Indan Gilang Buldansyah, kepada Republika, Senin (7/12).

      Pilot TNI AU yang menerbangkan pesawat tersebut adalah Mayor Pnb Sekti Ambarwati selaku instruktur dan Letda Adm Krisna Nugraha selaku siswa penerbang. Mereka berdua sedang melaksanakan latihan rutin dan kecelakaan terjadi pukul 12.50 WIB, pada saat melakukan pendaratan di ujung Barat landasan pacu 09 Lanud Adi Sutjipto.

      "Pilot dan siswa berhasil keluar dari pesawat dengan selamat, demikian juga tidak terjadi kerusakan dan kerugian material dan personel di darat karena pesawat jatuh di area tanah kosong di dalam Lanud Adi Sutjipto," kata dia.

      Gilang menjelaskan, kini kedua pilot sedang menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter Rumah Sakit Pusat TNI AU Hardjolukito, Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta. Sementara itu, penyebab kecelakaan masih dalam proses penyelidikan oleh tim investigasi TNI AU.

      Hapus
    3. Korban 3

      1,pilot pelatih
      2,siswa
      3,pesawat rusak mengenaskan

      Hapus
    4. Pilot dan siswa selamat sedangkan pesawat tewas mengenaskan

      Hapus
    5. Total sekarang ada berapa KT yang masih dinas ?

      Hapus
    6. Lagi melepas jenazahe rekan dokter via zoom

      Hapus
    7. Mas smili kenal sama dokter yang dari Jogja itu ?

      Hapus
    8. Saya Ndak kuat liat yang seperti itu mas, tiap kali liat jadi keingetan

      Hapus
    9. Seniorku om.....rumah orang tuanya beda kampung doang

      Hapus
  6. Awal 2021 pemerintah akan mengenjot angaran pemerintah untuk belanja, Allhamdulilah akhirnya shoping2 barang premium,


    Prancis : rafale,scorpene,mica,r,f
    Denmark : iver class
    Japan : frigate full weapon
    Usa : black h,osprey,aphace

    Yg jelas barang2 di atas ada yg dibeli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Poseidon, Typhoon, VIPER (F-16), Flanker, Hornet/growler, AWACS, tanker, Heli serbu marinir, Fremm, Kasel batch 2

      Gak ikut disebutin ?

      Hapus
    2. digenjot genjot pake apa???

      Hapus
    3. Minuteman, iskander, zircon, f22, su57, topol m, aegis sistem, ๐Ÿ™„๐Ÿ˜

      Hapus
    4. indon suka melancap. Kikiki..indon senang digondolin.

      Hapus
  7. Saatnya TIM JUPITER pesawatnya diganti sekelas F/A 18 SUPER HORNET

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemahalan mas pakai yang itu, pakai Pilatus yang dari Swiss saja.

      Hapus
    2. Wong Bee.Pesawat 2 enjin 250 hp. Enjin tong tong. Kikiki..indon senang digondolin.

      Hapus
    3. Pake ptm gen6 aja om, halimunan....
      Tidak terlihat radar dan mata

      Hapus
  8. Borong okelah di borong tapi duitnya masih di pakai buat negakkan konsumsi masyarakat, sama buat beli obat Corona,
    Sekarang pun latihan militer enggak kayak dulu yg mengumbar proyektil, sekarang proyektil di kurangi jumlah yg harus di tembakkan karena uang pertahanan juga lagi di kurangi buat keperluan cegah covid

    BalasHapus
    Balasan
    1. PLN 280 T, bisa lah buat jor-joran borong alusista

      Hapus
    2. rapopolaaah.... seng penting oke

      Hapus
    3. daripada mengumbar aurat
      ๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ

      Hapus
    4. Udah insaf nih gak pasang boxer bolong ?

      Hapus
    5. Buat beli obat corona pake dana BPJS dan Kemenkes keleus.

      ๐Ÿ˜๐Ÿคช๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜›

      Belum ada lagi berita ada pemotongan anggaran kemenhan di 2021.

      ๐Ÿ˜๐Ÿคช๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜›

      Kata siapa latihan sekarang gak mengumbar proyektil, itu kemaren latihan Antar kecabangan Kartika Yudha 2020 TNI AD di Palembang, berapa banyak itu Apache menembakkan rudal hell Fire.

      ๐Ÿ˜๐Ÿคช๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    6. Kalau ekonomi sudah pulih Indonesia punya telunjuk sakti yang bila di gunakan untuk belanja alutsista tinggal tunjuk saja nanti bisa langsung terparkir atau masuk stok gudang, soalnya sekarang memang Belanja bahan di pertahanan terbilang cukup waawwww misal saja proyektil 5.56mm harga per butir sekitar Rp4000 setiap prajurit setahun buat latihan butuh minimal 200butir proyektil dengan jumlah prajurit aktif sekitar 700rb orang tinggal di hitung saja berapa nilainya padahal itu nilai terkecil, kalau munisi ukuran 105mm perbutir sekitar 25jt satu kali latihan Antar kecabangan 2 tank sekelas harimau atau AMX13 retrovit bisa ngumbar 12biji proyektil itu kalau buat pergi haji sudah bisa duitnya dengan harga 12munisi 105mm lengkap dengan propelan

      Hapus
    7. Kok lari ke naik haji. Gak nyambung coy.

      Naik haji urusan Kementerian Agama & BPIH.

      Dari bahasa situ ingin TNI lemah.Emangnya situ mau TNI kerjannya makan & tidur doang dan latihan pake peluru karet

      Untuk kedaulatan Negara dan Mempertahankan Negera tidak usah hitung-hitungan.

      Orang-orang kayak dirimu yg selalu perhitungan untuk kedaulatan Negara dan Mempertahankan negara biasanya paling cepat lari kabur keluar negeri apabila ada negara aggressor yg menyerang.

      Hapus
    8. @Unknow hellfire dummy yg meluncur ndak semua yg di lepas berisi bahan peledak, 50rb dolar per 1biji 700jt lebih harga yg asli coba bandingkan thn kemarin waktu di Natuna masih banyak yg kurang

      Hapus
    9. Negara punya itungan sendiri APBN 2020 turun buat belanja militer belum sampe 2% , daripada show of force dan mengumbar amunisi, mending uangnya buat beli alat atau sarana prasarana yang memiliki nilai deteren tinggi, dari Utara ada F35 dari selatan ada F35 paling tidak punya alat yg bisa untuk menangkal dan SDM yang bisa mengoperasikan dan itu butuh Anggaran besar,kalau dana Kemenhan gede sih kagak masalah tapi kalo utang yang terus di ajukan itu bisa bahaya, entah itu pake FMS lah dana pinjaman internasional atau IMF lah, mending tambah buat riset dan untuk produksi

      Hapus
  9. buset, laos aja bisa menyelenggarakan latihan gabungan sebesar ini, masak KERAjaan MALON gk bisa, malo lah MALON sama laos, masak katanya grade a kalah sama laos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ada simulatornya kok di warnet

      Hapus
    2. oya macam tentera singa, latihan maen simulator di warnet, aman tentram bisa sambil pijet pijetan

      Hapus
  10. @Kang Juni
    suster ngesot kalau dikasih obat perangsang, masih ngesot terus gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar gak ngesot-ngesotan bukan dikasih obat perangsang tapi dibelikan jajan ๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. dikirain jalannya bukan ngesot lagi, tapi jalan sambil ngankang...

      ๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”

      Hapus
    3. nguber nguber minta digenjot

      xixixixixi...

      Hapus
    4. Saya belum kawin !!
      (Tapi udah ada calonya) ✌๐Ÿป

      Hapus
    5. asal jangan sama suster ngesot aja calonnya ya

      ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

      Hapus
    6. Sesama dokter, tapi bapaknya itu lho yang ngeri bahkan lebih ngeri dari suster ngesot-ngesotan

      Hapus
  11. Dari kemaren pikiran saya setres gak karuan ๐Ÿ˜ท

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah lebih 2 Minggu gak keluar dari RS ๐Ÿ˜‘

      Hapus
    2. Jangan stres bro. Kalo stres nanti gampang kena corona.

      Hapus
    3. Astagfirullah. Semoga ente gak kena corona lagi.

      Nobo aja bro buat ilangin stress..

      ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    4. Gimana gak setres selama awal-awal Desember ini sudah ada 7 tenaga medis yang gugur

      Hapus
    5. Semoga selalu dl lindungan tuhan yme.. Amin

      Hapus
    6. @KRI dr.Soeharso.yang sabar dan tetap semangat Mas.lekas sehat seperti sediakala.Amin

      Hapus
  12. Balasan
    1. Free SABAH, SARAWAK, JOHOR BAHRU.

      SEMOGA SINGAPURA dan Brunei akan bantu menaikkan ekonomi Negara Republik SABAH, Negara Republik SARAWAK dan Negara Republik JOHOR..

      Hapus
    2. BETA ARE NOT MONKEY 20 November 2020 07.25

      rudal kapal malaysia memakai balon

      Balas

      BETA ARE NOT MONKEY 20 November 2020 07.14

      ngopi sek nak berlin

      Balas

      BETA ARE NOT MONKEY 20 November 2020 07.18

      lele ada banyak di kolam

      Balas


      Dia orang Indonesia lagi ngelawak

      Hapus
    3. Xaxaxaxaxa kasihan sdh tdk tertolong tuh makhluk xaxaaxaxaxa dr nama n foto sdh kontradiktif n menghina banget sama para saudara2 papua xaxaxaxaa mudah2an ente d beri kecerahan hati oleh ALLAH SWT xaxaxaxaxaxaxa

      Hapus

    4. BETA ARE NOT MONKEY... negara REPUBLIK PAPUA BARAT... semoga semakin maju negara anda... ASEAN mendokong negara anda untuk join ASEAN..

      Hapus
    5. la Republik papua barat sudah ada presiden sementara dan sebahagian negara PBB menyokong pembentukan negara baru tersebut...

      Hapus
    6. ASEAN mendukung Negara Republik SABAH, Negara Republik SARAWAK & Negara Republik JOHOR.

      ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      ๐Ÿค๐Ÿค๐Ÿค๐Ÿค๐Ÿค

      ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      Hapus
    7. Gua mw lihat sabah merdeka dulu pur... ๐Ÿ˜

      Hapus
    8. Pastinya negara2 FPDA menyokong kemerdekaan Papua..Kikiki..indon mudah digondolin.

      Hapus
    9. Free Sabah , Serawak, kami Orang asli Sabah nak merdeka dari malingsial ni

      Hapus
  13. berita terbaru satu lagi aset pertahanan INDON jatuh... nampaknya aset udara INDON sudah mula bermasalah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak ade yg tewas..
      Hanya jet latih

      Hapus
    2. Sdh terjadi pur... Musibah siapa yg tahu... Harwat mah rutin, kendala tehnis dlm operasional itu yg tidak bisa diprediksi..

      Hapus
  14. Pesawat Latih TNI AU Kecelakaan Saat Mendarat di Lanud Adisutjipto, Kedua Pilot Selamat


    Pesawat latih KT-1B Wong Bee bernomor registrasi LL-0111 mengalami kecelakaan di ujung barat landasan pacu Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, pada Senin (7/12/2020). Meski pesawat mengalami kerusakan berat, kedua pilot dipastikan selamat. "Kecelakaan terjadi pukul 12.50 WIB, pada saat melakukan pendaratan di ujung barat landasan pacu 09 Lanud Adi Sutjipto," ujar Kadispen TNI AU Kolonel Pnb Indan Gilang dalam keterangan tertulis, Senin (7/12/2020).

    Indan mengatakan, dua pilot TNI AU, yaitu Mayor Pnb Sekti Ambarwati (instruktur) dan Letda Adm Krisna Nugraha (Siswa Penerbang), sedang melaksanakan latihan rutin. Meski pesawat mengalami rusak berat, kedua pilot dinyatakan selamat. "Pilot dan siswa berhasil keluar dari pesawat. Dengan selamat demikian juga tidak terjadi kerusakan dan kerugian material dan personel di darat, karena pesawat jatuh di area tanah kosong di dalam Lanud Adisutjipto," ungkapnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaset rusak... Diatasmu sdh diposting... Matamu pake, jgn ditinggal.. ๐Ÿ˜

      Hapus
  15. Aset malon pun byk yg lapok sebut aja Nuri hahaha

    BalasHapus
  16. Pinoy laos aja bahkan bisa ayam2kan malon hahhaa.

    BalasHapus
  17. kejadian pesawat latihan INDON tergelincir adalah kejadian kedua selepas baru baru ini pesawat T-50i INDON tergelincir dan menyebabkan pesawat rosak berat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih menggerungkan lagi 2x WORLD RECORD Eject Kat Hanggar

      1. Eject Kat Hanggar SU30MKM
      2. Eject Kat Hanggar F-18 Hornet

      Lik Eject Kat Hanggar SU30 MKM

      ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

      http://www.klsreview.com/HTML/2010Jan_Jun/20100603_04.html

      Link Eject Kat Hanggar F18 Hornet

      ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

      https://www.nst.com.my/news/nation/2017/06/249172/chronology-rmaf-hawk-jet-crashes

      ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  18. Tak Cuma Tergelincir, Pesawat Tempur TNI AU T-50i Golden Eagle Pernah Jatuh pada 2015 Silam


    Kabar duka menghampiri keluarga besar Tentara Nasional Indonesia ( TNI), khususnya dari matra Angkatan Udara. Salah satu pilot pesawat tempur jenis T-50i Golden Eagle milik TNI AU, mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta pada Rabu (2/9/2020). Pilot tersebut bernama Letkol Pnb Anumerta Luluk Teguh Prabowo yang meninggal dunia karena pesawat yang ia kemudikan tergelincir di Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur, Senin (10/8/2020).

    Sebelumnya, Mayor Pnb Luluk Teguh Prabowo (Instruktur) dan Letda Pnb Muhammad Zacky (Siswa) mengalami "accident" dengan pesawat latih T-50i Golden Eagle saat melaksanakan latihan rutin di Lanud Iswahjudi Magetan pada Senin, 10 Agustus 2020. Jet itu mengalami gagal "take-off" dalam sesi latihan.



    link
    https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/03/191500065/tak-cuma-tergelincir-pesawat-tempur-tni-au-t-50i-golden-eagle-pernah-jatuh?page=all

    BalasHapus
  19. Heli lapokk
    MKM lapok hanya 4 biiji

    Aset malon lbh parah hahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud kamu APACHE yang 5-6 buah di GROUNDED tu ke...?? wkwkwkwkwkkw

      Hapus
    2. Maksud kamu SU30MKM yang 16 buah di GROU DED tu ke....??? Wkwkwkwkwkkwkwkw

      Maksud kamu MIG29 yang 10 buah di GROUNDED tu ke....??? Wkwkwkwwkkwwkwk

      Hapus
  20. Lebih menggerungkan lagi 2x WORLD RECORD Eject Kat Hanggar

    1. Eject Kat Hanggar SU30MKM
    2. Eject Kat Hanggar F-18 Hornet

    Lik Eject Kat Hanggar SU30 MKM

    ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

    http://www.klsreview.com/HTML/2010Jan_Jun/20100603_04.html

    Link Eject Kat Hanggar F18 Hornet

    ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

    https://www.nst.com.my/news/nation/2017/06/249172/chronology-rmaf-hawk-jet-crashes

    ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  21. dalam tahun ini 2 pesawat milik TNI tergelincir dan rosak berat.

    BalasHapus
  22. Kronologi Pesawat Hawk TUDM 1996-2006

    JET pejuang dua tempat duduk, Hawk 108 milik TUDM dikhuatiri hilang di utara Kuantan iaitu di sempadan antara Terengganu dan Pahang, 11.30 kamis pagi hari.

    Mengikut rekod, TUDM memilik enam pesawat Hawk 108 untuk tujuan latihan lanjutan manakala 16 unit Hawk 208.

    Difahamkan, Hawk mula bersama TUDM sejak 1996. Ia adalah pesawat latihan lanjutan dan pesawat pejuang ringan.

    Kronologi pesawat Hawk terhempas

    *31 Mei 2006 - Seorang juruterbang Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) dikhuatiri hilang ketika melakukan sesi latihan peperangan selepas jet pejuang Hawk 100 dipandunya terhempas di kawasan berpaya di Endau, dekat Rompin, Kuantan.

    *23 Jun 2005-Seorang juruterbang Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang baru melangsungkan majlis persandingannya, sebelum sebelum nahas, terbunuh apabila pesawat Hawk Mk208 terhempas dalam belukar berhampiran Kampung Kerupang di utara Lapangan Terbang Labuan.

    * 18 Disember 2003 - Dua juruterbang pesawat Hawk 100 terbunuh selepas pesawat mereka terhempas di perairan Pantai Sepat, Kuantan.

    * 4 September 2002 - Pesawat pejuang Hawk MK208 TUDM, terhempas ketika melakukan latihan di ruang udara Pulau Tioman, Pahang.

    Bagaimanapun juruterbangnya, Kapten S Nadzeer Sallehudin, 31, berjaya menyelamatkan diri dengan menekan butang kerusi anjal.

    * 19 Mac 2002 - Seorang anggota kejuruteraan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) Butterworth, Pulau Pinang, Laskar Udara Kanan (LUK) Shawn Cristopher Chew, 25, terbunuh apabila kerusi anjal sebuah jet pejuang Hawk 108 tiba-tiba melantun selain menyebabkan enam lagi melecur terkena api roket.

    * 10 September 1998 - Sebuah pesawat pejuang jenis Hawk 208 Skuadron Ke-6 dari pangkalan TUDM Kuantan terhempas di Kampung Kuala Betis, kira-kira 30 kilometer dari Gua Musang menyebabkan juruterbangnya, Kapten Jaidev Biaspal a/l Basdav Biaspal, terkorban.

    *18 Jun 1996 - Sebuah pesawat Hawk 100 milik Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) berkecai setelah terhempas dalam kawasan sawah berhampiran pangkalannya di Butterworth.

    Juruterbang yang terbabit dikenali sebagai Lt Kol Roshaimi Zakaria dan Kapten K Chandran, bagaimanapun selamat keluar menggunakan kerusi anjal.

    Link :

    http://defense-studies.blogspot.com/2017/06/kronologi-pesawat-hawk-tudm-1996-2006.html?m=1

    BalasHapus
  23. tahun ini... heli Mi17 jatuh, pesawat HAWK jatuh, T-50i Tergelincir dan rosak berat... dan terbaru Pesawat latih KT-1B Wong Bee tergelincir dan rosak berat...

    BalasHapus
  24. tahun ini sebuah heli Mi-17 jatuh, Pesawat HAWK jatuh, pesawat T-50i tergelincir dan rosak berat dan terbaru Pesawat latih KT-1B Wong Bee tergelincir dan rosak berat..semua berlaku dalam 1 tahun.

    BalasHapus
  25. Dua juruterbang pesawat TUDM Hawk 108 disahkan meninggal dunia

    Dua juruterbang pesawat Tentera Udara Malaysia (TUDM) Hawk 108 yang dikhuatiri hilang sebelum ini, disahkan meninggal dunia.

    Kedua juruterbang tersebut dikenal pasti sebagai Mejar Yazmi Mohamed Yusof, 39, dan Mejar Mohd Hasri Zahari, 31.

    Panglima Tentera Udara Diraja Malaysia, Jeneral Datuk Seri Affendi Buang yang mengesahkan perkara itu berkata tragedi itu berlaku ekoran pesawat tersebut terlibat dalam kemalangan.
    Kedua-dua mereka ditemui pada 2.30 petang tadi di kawasan berpaya di Chukai, Kemaman, kira-kira 53 kilometer dari Pangkalan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) Kuantan.

    Mereka ditemukan memakai payung terjun menunjukkan mereka sempat melenting keluar daripada pesawat
    "Mayat mereka ditemui dalam jarak 20 meter antara satu sama lain. Bagaimanapun, setakat ini pesawat masih belum ditemui dan kerja-kerja mencari masih dijalankan," katanya pada sidang media di Pangkalan TUDM di sini, hari ini.

    Affendi berkata kejadian berlaku ketika kedua-dua mangsa yang berkhidmat dalam No 6 Skuadron Pangkalan TUDM Labuan, Sabah sedang menjalani latihan penerbangan dan dijadualkan mendarat di Pangkalan TUDM Kuantan petang tadi selepas berlepas pada 11 pagi.

    Jenazah kedua-dua juruterbang itu kini sedang di bawa ke Hospital Tengku Ampuan Afzan di Kuantan, Pahang.
    Keluarga Yazmi dan Hasri yang masing-masing berada di Kuantan dan Labuan sudah dimaklumkan akan nahas itu.
    Allahyarham Yazmi mempunyai enam anak manakala Hasri merupakan bapa kepada seorang anak.
    Astro AWANI difahamkan Yazmi yang berasal dari Kuala Lumpur menjadi pengajar untuk lebih enam tahun dan berkhidmat dengan TUDM selama 19 tahun.
    Mejar Asri pula sudah berkhidmat sebagai juruterbang operasi selama 13 tahun.
    Sebelum itu, TUDM dalam satu kenyataan memaklumkan sebuah pesawat Tentera Udara Malaysia (TUDM) Hawk 108 dikhuatiri hilang di utara Kuantan dan di persempadanan Terengganu dari Pahang jam 11.30 pagi tadi.
    Kenyataan tersebut turut menyebut pesawat telah berlepas dari Pangkalan Udara Kuantan pada jam 11 pagi dan terputus hubungan 30 minit selepas itu.

    BalasHapus
  26. Pesawat Tempur TNI AU Tergelincir di Lanud Madiun

    Pesawat tempur milik TNI AU jenis T-50 Golden Eagle tergelincir di Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur. Dua pilot berhasil keluar dari pesawat.
    "Bukan jatuh pesawatnya ya, tergelincir keluar dari runway. Jadi pesawat jenis T-50 Golden Eagle. Nomornya TT 5006," ungkap Kadispen TNI AU Marsma Fajar Adriyanto saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (10/8/2020).

    Menurut Fadjar, yang saat ini sudah berada di Madiun, kejadian pesawat tempur keluar dari landasan ini terjadi pada pukul 13.00 WIB. Saat kejadian, pesawat sedang dalam misi latihan.

    "Latihan normal, tergelincir keluar dari runway. Nggak jatuh, tergelincir keluar landasan," sebut Fadjar.

    Kadispenau menyatakan pilot dan kopilot berhasil keluar dari pesawat. Hanya, kata Fadjar, saat ini keduanya masih dalam perawatan di rumah sakit.

    "Pilotnya berhasil keluar dari pesawat, sementara masih dalam perawatan di rumah sakit. Kan semua harus dilihat," tuturnya.


    link
    https://news.detik.com/berita/d-5127276/pesawat-tempur-tni-au-tergelincir-di-lanud-madiun

    BalasHapus
  27. Fokker-27 Tabrak Hanggar, 24 TNI Tewas

    Musibah kembali menimpa korps TNI Angkatan Udara. Setelah kehilangan pesawat Cassa di Bogor dan helikopter di Riau, dua hari menjelang peringatan HUT ke-63 pada 9 April nanti, giliran pesawat Fokker-27 jatuh di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, kemarin (6/4) pukul 13.05. Sebanyak 24 prajurit tewas seketika.

    ''Dugaan sementara penyebab kecelakaan adalah cuaca buruk. Hujan deras dan petir mengganggu proses landing,'' jelas Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Subandrio kepada wartawan kemarin. Kota Bandung kemarin memang dilanda hujan sangat deras. Petir tak henti-henti menyambar dalam jeda yang sempit. Menurut Subandrio, jarak pandang dari tower pengendali hanya sekitar 2 kilometer. ''Secara teknis bukan masalah manusianya. Karena tower menyampaikan informasi clear, pilot memutuskan mendarat,'' ungkapnya. Meski begitu, TNI-AU tidak mau terburu-buru menyimpulkan penyebab utama kecelakaan. ''Itu dugaan awal. Resminya menunggu penyidikan dari tim yang sudah dibentuk,'' katanya.



    link
    https://www.jpnn.com/news/fokker-27-tabrak-hanggar-24-tni-tewas

    BalasHapus
  28. Kronologi nahas pesawat TUDM sejak 1991

    Berikut kronologi insiden melibatkan pesawat milik Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) termasuk yang terhempas dan mendarat cemas sejak 1991.
    * 22 Okt 1991 -- Jurulatih penerbangan terbunuh apabila pesawat Pilatus PC-7 yang dikendalikannya terhempas di Kepala Batas, Kedah.

    * 27 Feb 1992 -- Dua juruterbang terselamat semasa pesawat Pilatus PC-7 yang mereka naiki mendarat cemas di Padang Sekolah Menengah Sanglang, Kedah.
    * 11 Julai 1993 -- Juruterbang terbunuh apabila pesawat Pilatus PC-7 yang dikendalikannya terhempas dalam sawah padi Kampung Cemumar, Perlis .

    *13 Okt 1993 -- Dua juruterbang terbunuh apabila pesawat ringan Cessna 402 yang mereka naiki terhempas di Kampung Seputeh dekat Taman Salak Selatan, Kuala Lumpur .
    * 15 April 1996 -- Pesawat Aermacchi MB-339 milik TUDM terhempas kira-kira 30 batu nautika dari Pantai Mersing, Johor, berhampiran dengan Pulau Yu. Juruterbang terselamat.
    * 17 April 1996 -- Juruterbang pesawat pejuang F-5E terselamat apabila pesawat itu terbakar dan merempuh halangan keselamatan di penghujung landasan Pangkalan Udara Kuantan, Pahang .
    * 18 Jun 1996 -- Pesawat Hawk 108 terhempas ketika membuat penerbangan latihan dekat Pangkalan TUDM, Butterworth, Pulau Pinang. Tiada kecederaan.
    * 23 Julai 1996 -- Pesawat pejuang Hawk terhempas dan meletup di sebuah gaung kecil di luar Lapangan Terbang Labuan, Labuan. Dua juruterbang terselamat.

    * 3 Sept 1998 -- Pesawat MiG-29N yang berpangkalan di Kuantan terhempas di selatan Kampung Jaya Gading, Kuantan, Pahang, kira-kira 6.4km dari pangkalannya, tetapi juruterbangnya terselamat.
    * 10 Sept 1998 -- Juruterbang terkorban apabila pesawat latihan Hawk 208 dikendalikannya terhempas di Kuala Betis, Gua Musang, kira-kira 200km dari Kota Bharu, Kelantan.
    * 24 Mei 1999 -- Pesawat Caribou terhempas sejurus berlepas dari Lapangan Terbang Antarabangsa Kuching, Sarawak, menyebabkan semua lima orang di dalamnya terbunuh.
    * 2 Okt 2000 -- Pesawat pejuang Hawk 108 terbabas semasa mendarat di Pangkalan TUDM Labuan selepas menjalani latihan penerbangan biasa. Juruterbang terselamat.
    * 10 April 2001 -- Juruterbang pelatih maut setelah pesawat Pilatus PC-7 yang dikendalikannya terhempas di sawah berhampiran Kampung Kepala Parit, Kedah.
    * 23 Jan 2002 -- Pesawat Aermacchi MB-339 terhempas di kawasan hutan Tasik Kenering berhampiran Empangan Air Kala di Gerik, Perak. Dua juruterbang terselamat.
    * 12 Ogos 2003 -- Juruterbang pelatih wanita terbunuh apabila pesawat Pilatus PC-& yang dikendalikannya terhempas di sebuah kebun getah dekat Kampung Lembah Keriang di Sintok, dekat Jitra, Kedah.
    * 18 Dis 2003 -- Dua juruterbang terbunuh apabila pesawat pejuang Hawk 100 terhempas di perairan Pantai Sepat, Kuantan, Pahang.

    * 27 Mei 2004 -- Juruterbang pelatih terbunuh apabila pesawat latihan
    Pilatus PC-7 terhempas berhampiran Kampung Padang Gelanggang, Sanglang, Kedah.
    * 9 Nov 2004 -- Pesawat MiG-29N terhempas di ladang kelapa sawit Ketengah Perwira, Kemaman, Terengganu. Juruterbang terselamat.
    * 16 Dis 2004 -- Juruterbang pelatih dan jurulatihnya terbunuh apabila
    pesawat Pilatus PC-7 dari Kolej Tentera Udara Diraja Malaysia, Kepala Batas, Kedah, terhempas.
    * 23 Jun 2005 -- Jet pejuang Hawk 208 terhempas di Pangkalan Udara TUDM Labuan, Labuan, mengorbankan juruterbangnya.
    * 11 Mei 2006 -- Pesawat latihan Pilatus PC-7 milik TUDM terhempas di
    kawasan sawah di Kampung Ujung Padang, Kedah. Dua juruterbang terselamat.
    * 4 Mei 2007 -- Pesawat Hawk 208 terhempas di Pangkalan Udara Kuantan,
    Pahang. Juruterbang terselamat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. * 11 Sept 2009 -- Pesawat Pilatus PC-7 Mark II terhempas di landasan
      Lapangan Terbang Antarabangsa Langkawi, Kedah. Dua juruterbang terbunuh.
      *25 Mac 2010 -- Juruterbang terbunuh apabila pesawat Pilatus PC-7 Mark II yang dikendalikannya terhempas di kawasan hutan dekat Kompleks Sukan Universiti Utara Malaysia di Sintok, Kedah.
      * 26 Feb 2016 -- Pesawat CN235 mendarat cemas di pesisir pantai Kuala
      Selangor berikutan kerosakan enjin. Kesemua lapan anak kapal terselamat dengan bantuan nelayan.
      * 17 Mei 2016 -- Jurulatih dan pelatih terselamat selepas pesawat latihan Aermacchi MB-339CM terhempas di kawasan sawah padi di Kampung Serum, Pekan, Pahang.
      * 4 Okt 2016 -- Helikopter Nuri terhempas di atas bumbung Pusat Kemahiran Hidup, Sekolah Menengah Kebangsaan Balong, Tawau, Sabah. Sebanyak 14 anggota tentera cedera.
      * 21 Dis 2016 -- Juruterbang maut manakala tiga lagi cedera apabila pesawat Beechcraft B200T yang dinaiki mereka terhempas berhampiran Terminal Peluru Pangkalan Udara Butterworth, Pulau Pinang.
      * 15 Jun 2017 -- Sebuah pesawat pejuang Hawk 108 dikhuatiri hilang di persekitaran utara Kuantan iaitu di sempadan Terengganu dan Pahang, setelah terputus hubungan pada 11.30 pagi.
      -- BERNAMA

      Link :

      https://www.astroawani.com/berita-malaysia/kronologi-nahas-pesawat-tudm-sejak-1991-146320?amp=1

      Hapus
    2. MALON Belum lg perang
      PESAWAT & Heli TUDM telah terhempas :

      23 bijik Nuri
      8 bijik A 4 skyhawk
      5 bijik F 5 Tiger
      3 bijik Mig 29
      5 bijik MB 339
      14 bijik PC 7 pilatus
      8 bijik Hawk 108/208

      Hapus
    3. setahun 4 jenis pesawat udara jatuh atau rosak berat...

      setahun bro bukan 3-4 tahun....

      Hapus
    4. Itu di baca di atas

      Ditahun 1996 ada 4 jenis terhempas
      Ditahun 1998 ada 2 jenis terhempas
      Ditahun 2003 ada 2 jenis terhempas
      Ditahun 2004 ada 3 jenis terhempas
      Ditahun 2016 ada 4 Jenis terhempas
      Ditahun 2019 ada 1 jenis terhempas

      Untuk yg di tahun 2019

      ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

      https://jakartagreater.com/pilatus-pc-7-mk-ii-tudm-mendarat-darurat-di-ktu-kedah/?amp

      Hapus
  29. Setelah Tabrak Hangar, Fokker Meledak dan Terbakar Hebat


    Begitu menabrak hangar PTDI, pesawat pesawat Fokker milik TNI jatuh, meledak dan terbakar di Bandara Hussein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat. Api membumbung tinggi di hangar pesawat.

    "Tadi meledak kuat sekali, apinya besar," kata Firman. Firman menyaksikan langsung bagaimana pesawat itu meledak.

    Firman adalah pegawai PTDI yang bertetangga dengan Bandara Hussein Sastranegara.

    Pesawat itu diperkirakan jatuh pukul 12.30 WIB. Belum diketahui tipe pesawat Fokker itu. Namun diduga jenis F27.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adoi lebih parah Jet pejuang MKM & F18 Hornet Eject Kat Hanggar.

      Link Eject Kat Hanggar SU30 MKM

      ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

      http://www.klsreview.com/HTML/2010Jan_Jun/20100603_04.html

      Link Eject Kat Hanggar F18 Hornet

      ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

      https://www.nst.com.my/news/nation/2017/06/249172/chronology-rmaf-hawk-jet-crashes

      ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  30. Pilatus PC-7 Mk.II TUDM Mendarat Darurat di KTU Kedah

    JakartaGreater.com – Sebuah pesawat pelatihan pilot Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) Pilatus PC-7 Mk.II terpaksa melakukan pendaratan darurat di landasan pacu yang terdapat di Universitas Angkatan Udara Alor Setar (KTU) di Kedah, seperti dilansir dari New Strait Times pada hari Sabtu, 12 Januari 2019.

    TUDM melalui sebuah pernyataan mengatakan bahwa selama insiden tersebut, pesawat milik kampus Universitas Angkatan Udara Alor Setar dikemudikan oleh seorang trainee di Kampus Penerbangan 1 (INSPENSE 1) dalam penerbangan solo malam hari.

    “Pesawat berangkat pada pukul 10.14 malam waktu setempat sebelum mengalami keadaan darurat ketika itu mencoba mendarat pada pukul 10.38 malam. Namun, pesawat mendarat dengan selamat dan pilot tidak mengalami cedera”, menurut pernyataan itu.

    Setelah kejadian tersebut, TUDM membentuk tim investigasi untuk segera mengidentifikasi penyebab masalah ini.

    Pilatus PC-7 Turbo Trainer adalah pesawat latih berkursi tandem dengan sayap rendah, yang diproduksi oleh Pilatus Aircraft of Switzerland, Swiss. Pesawat ini mampu melakukan semua fungsi pelatihan dasar termasuk aerobatik, instrumen, taktis dan terbang malam.

    Pilatis PC-7 telah dipilih oleh lebih dari 20 angkatan udara sebagai pelatih ab initio – dasar – mereka. Sejak diperkenalkan pada tahun 1978, hampir 500 telah terjual, dengan mayoritas masih ada dalam pelayanan.

    Link :

    https://jakartagreater.com/pilatus-pc-7-mk-ii-tudm-mendarat-darurat-di-ktu-kedah/?amp

    BalasHapus
  31. Tak Cuma Tergelincir, Pesawat Tempur TNI AU T-50i Golden Eagle Pernah Jatuh pada 2015 Silam


    Kabar duka menghampiri keluarga besar Tentara Nasional Indonesia ( TNI), khususnya dari matra Angkatan Udara. Salah satu pilot pesawat tempur jenis T-50i Golden Eagle milik TNI AU, mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta pada Rabu (2/9/2020). Pilot tersebut bernama Letkol Pnb Anumerta Luluk Teguh Prabowo yang meninggal dunia karena pesawat yang ia kemudikan tergelincir di Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur, Senin (10/8/2020).

    Sebelumnya, Mayor Pnb Luluk Teguh Prabowo (Instruktur) dan Letda Pnb Muhammad Zacky (Siswa) mengalami "accident" dengan pesawat latih T-50i Golden Eagle saat melaksanakan latihan rutin di Lanud Iswahjudi Magetan pada Senin, 10 Agustus 2020. Jet itu mengalami gagal "take-off" dalam sesi latihan.



    link
    https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/03/191500065/tak-cuma-tergelincir-pesawat-tempur-tni-au-t-50i-golden-eagle-pernah-jatuh?page=all

    BalasHapus
  32. Pesawat T-50i dinilai masih sangat baru namun sudah beberapa buah terlibat kemalangan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. TNI AU gerak cepat, hari ini kecelakaan, 3-4 bulan kemudian sudah kembali operasional, Hawk TNI AU sendiri buktinya udah bisa terbang lagi tuh.

      Hapus
  33. Pesawat Latih TNI AU Kecelakaan Saat Mendarat di Lanud Adisutjipto, Kedua Pilot Selamat


    Pesawat latih KT-1B Wong Bee bernomor registrasi LL-0111 mengalami kecelakaan di ujung barat landasan pacu Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, pada Senin (7/12/2020). Meski pesawat mengalami kerusakan berat, kedua pilot dipastikan selamat. "Kecelakaan terjadi pukul 12.50 WIB, pada saat melakukan pendaratan di ujung barat landasan pacu 09 Lanud Adi Sutjipto," ujar Kadispen TNI AU Kolonel Pnb Indan Gilang dalam keterangan tertulis, Senin (7/12/2020).

    Indan mengatakan, dua pilot TNI AU, yaitu Mayor Pnb Sekti Ambarwati (instruktur) dan Letda Adm Krisna Nugraha (Siswa Penerbang), sedang melaksanakan latihan rutin. Meski pesawat mengalami rusak berat, kedua pilot dinyatakan selamat. "Pilot dan siswa berhasil keluar dari pesawat. Dengan selamat demikian juga tidak terjadi kerusakan dan kerugian material dan personel di darat, karena pesawat jatuh di area tanah kosong di dalam Lanud Adisutjipto," ungkapnya.

    BalasHapus
  34. Bul gembul,,,namanya jg pesawat latih pasti ada resiko jatuh karena digunakan latihan, yg tidak masuk akal sama sekali pilot yg udah lulus latihan kok malah ejct kat hanggar,,,orang2 malon tololnya luar binasa ๐Ÿคง๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜›๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  35. Laos dan Kamboja adalah sekutu dan kawan sejati kami sejak lama .. kemakmuran rakyat Laos dan Kamboja juga adalah juga tanggung jawab kami (Chung Kuo)..

    Di anatar semua negar ASEAN .. maka dapat dipastikan hanya Laos dan Kamboja yang hampir seluruh asset militernya kami supply ... tanpa ada batasan dalam aspek jumlah dan qualitynya .. persenjataan buatan Chung Kuo yang mereka gunakan juga adalh persenjataan terbaik yang kami punya ..

    Laos dan Kamboja adalah contoh nyata hubungan baik yang saling menguntungkan ... Chung Kuo saat ini bertindak juga sebagai Ayah Angkat ataupun Pelindung bagi Laos dan Kamboja .. Walaupun demikian kam (Chung Kuo) tetap mengharagai dan menghormati kedaulatan ke duna negara ..

    Dengan buki tersebut .. Kami mengharapkan juga kerja-sama serupa dengan Indonesia .. kerjasa-sama antara dua negara terkemukan di Asia ... Kami yakin berkat kerja-sama dan sikap yang sama terhadap arogansi AS ... kita dapat mengalahkan dominasi merka sehngga terbenyuk Tata Dunia Baru di mana Chung Kuo dan Indonesia menjadi pelaku atau Tokoh Utamanya ..

    Salam dari Beijing

    ่€ๆŒๅ’ŒๆŸฌๅŸ”ๅฏจ้•ฟๆœŸไปฅๆฅๆ˜ฏๆˆ‘ไปฌ็œŸๆญฃ็š„็›Ÿๅ‹ๅ’Œๆœ‹ๅ‹..่€ๆŒๅ’ŒๆŸฌๅŸ”ๅฏจไบบๆฐ‘็š„็น่ฃไนŸๆ˜ฏๆˆ‘ไปฌ็š„่ดฃไปป(้’Ÿๅ›ฝ)..

    ๅœจๆ‰€ๆœ‰ไธœ็›Ÿๅ›ฝๅฎถไธญ...ๆˆ‘ไปฌๅฏไปฅ่‚ฏๅฎš็š„ๆ˜ฏ,ๅชๆœ‰่€ๆŒๅ’ŒๆŸฌๅŸ”ๅฏจๅฏไปฅๆไพ›ๅฎƒไปฌๅ‡ ไนŽๆ‰€ๆœ‰็š„ๅ†›ไบ‹่ต„ไบง...ๅœจๆ•ฐ้‡ๅ’Œ่ดจ้‡ๆ–น้ขๆฒกๆœ‰ไปปไฝ•้™ๅˆถ... Chunๅ›ฝๅˆถ้€ ็š„ๆญฆๅ™จไนŸๆ˜ฏๆˆ‘ไปฌๆ‹ฅๆœ‰็š„ๆœ€ๅฅฝๆญฆๅ™จ...

    ่€ๆŒๅ’ŒๆŸฌๅŸ”ๅฏจๆ˜ฏไบ’ๆƒ ไบ’ๅˆฉ็š„่‰ฏๅฅฝๅ…ณ็ณป็š„ๆ˜Žๆ˜พไพ‹ๅญ。้’Ÿๅ›ฝ็›ฎๅ‰่ฟ˜ๆ‹…ไปป่€ๆŒๅ’ŒๆŸฌๅŸ”ๅฏจ็š„ๅฏ„ๅ…ปไน‹็ˆถๆˆ–ไฟๆŠคๅ›ฝ。.็„ถ่€Œ,ๆˆ‘ไปฌ(้’Ÿๅ›ฝ)ไป็„ถๅฐŠ้‡ๅ’ŒๅฐŠ้‡ๅ›ฝๅฎถไธปๆƒ。

    ๆœ‰ไบ†่ฟ™ๆœฌไนฆ……ๆˆ‘ไปฌไนŸๅธŒๆœ›ไธŽๅฐๅบฆๅฐผ่ฅฟไบš่ฟ›่กŒ็ฑปไผผ็š„ๅˆไฝœ……ไบšๆดฒไธคไธชๆœ€่‘—ๅ็š„ๅ›ฝๅฎถไน‹้—ด็š„ๅˆไฝœ……ๆˆ‘ไปฌ็›ธไฟก,็”ฑไบŽ่ฟ™็งๅˆไฝœไปฅๅŠๅฏน็พŽๅ›ฝๅ‚ฒๆ…ขๆ€ๅบฆ็š„็›ธๅŒๆ€ๅบฆ,ๆˆ‘ไปฌๅฏไปฅๆˆ˜่ƒœๅฎƒไปฌ็š„็ปŸๆฒป,ๆˆ็ซ‹ไบ†ไปฅๅ›ฝๆฐ‘ๅ’Œๅฐๅฐผไธบไธป่ฆๅ‚ไธŽ่€…็š„ๆ–ฐไธ–็•Œ็งฉๅบ。

    ๆฅ่‡ชๅŒ—ไบฌ็š„้—ฎๅ€™ๆ„ฟๆˆไธบๆˆ‘ไปฌไฟƒ่ฟ›ๅ›ข็ป“็น่ฃไบšๆดฒ็š„็›Ÿๅ‹。

    ๆฅ่‡ชๅŒ—ไบฌ็š„้—ฎๅ€™

    BalasHapus
  36. Pesawat Tempur T-50 Golden Eagle di Madiun
    Saat kejadian tergelincirnya pesawat tempur T-50 Golden Eagle di Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur, pada Senin (10/8) lalu, Letkol Pnb Anumerta Luluk yang berperan sebagai instruktur dan Lettu Pnb Muhammad Zacky merupakan seorang siswa pilot TNI AU langsung keluar dari pesawat. Meskipun berhasil keluar, keduanya mengalami luka ringan dan menjalani perawatan di rumah sakit.

    Beberapa hari setelah kejadian, Letkol Pnb Anumerta Luluk meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot subroto pada Rabu (02/09).

    Sedangkan untuk kondisi pesawat mengalami kerusakan cukup berat. Sehingga, membuat pihaknya melakukan investigasi terkait penyebab terjadi kecelakaan tersebut.

    BalasHapus
  37. Pesawat Tempur Hawk 209

    Pesawat tempur Bae Hawk 209 milik TNI Angkatan Udara dengan awak pilot Lettu Pnb Aprianto Ismail jatuh di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, pada Senin (15/06) lalu.

    Bae Hawk 209 merupakan pesawat jet latih interim untuk pesawat tempur jet generasi 4, seperti F-16, F-15, dan sebagainya. Pesawat ini menggunakan radar modern APG-66 dan ruadl AIM-9 Sidewinder.

    Kecelakaan terjadi saat pesawat akan mendarat kembali dari latihan rutin terjadwal. Jelang mendarat si penerbang melaporkan adanya kerusakan mesin berupa hilangnya tenaga. Pilot selamat dengan menggunakan kursi lontar sementara pesawat jatuh menimpa dua rumah warga. Beruntung dalam insiden itu tak ada korban jiwa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skarang Hawk nya sudah bisa terbang ato masih tidur hanggar pur ?

      Update dong.. ๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. bro... HAWK MALAYSIA baru je latihan penembakan misil pintar bro...wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    3. pesawat HAWK TUDM baru saja selesai latihan penembakan misil pintar bro untuk tahun 2020...wkwkwkwkw

      Hapus
    4. Ane bicara Hawk TNI ye.. bukan Hawk ko.. fokus pur.. ๐Ÿ˜‚

      Hapus
    5. Ane lagi tanya perihal artikel ko diatas.. makanya dibaca baik2 apa yang ditanyain.. ๐Ÿ˜‚

      Hapus
  38. Bul gembul,,,namanya jg pesawat latih pasti ada resiko jatuh karena digunakan latihan, yg tidak masuk akal sama sekali pilot yg udah lulus latihan kok malah ejct kat hanggar,,,orang2 malon tololnya luar binasa ๐Ÿคง๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜›๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  39. Helikopter Mi-17 di Kendal

    Beberapa bulan lalu, Helikopter Mi 17 milik TNI Angkatan Darat terjatuh di Kendal, Jawa Tengah di Kawasan Industri Kendal (KIK), Jawa Tengah pada Sabtu (06/06). Sebelum jatuh, helikopter ini digunakan untuk latihan TNI AD.

    Peristiwa kecelakaan ini mengakibatkan 9 orang yang diangkut dalam pesawat 4 orang di antaranya meninggal dan lima orang menjalani perawatan. Setelah dilakukan investigasi selama berbulan-bulan, terungkap penyebab jatuhnya heli TNI ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal yang dah basi masih kau bahas Pur??? Wkwkwkwk emang Malon tak pernah ada kemalangan helikopter Pur wkwkwkwk

      Hapus
  40. Pesawat latih TNI Angkatan Laut (AL) Tobago T2405


    Pesawat latih TNI Angkatan Laut (AL) Tobago T2405 sempat mendarat darurat di area tambak milik warga di Kecamatan Candi, Sidoarjo, Jawa Timur pada Senin (3/2). Belum diketahui pasti penyebab insiden tersebut, namun semua kru pesawat dipastikan selamat.

    Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) Laksamana Pertama TNI Edwin menjelaskan pada saat kejadian sedang melaksanakan latihan terbang di Bangil area.

    Karena ada sesuatu di engine maka mereka memutuskan untuk kembali ke pangkalan dan ternyata tidak sampai. Pesawat tersebut akhirnya mendarat darurat di kawasan tambak.

    BalasHapus
  41. maknanya ada 5 kemalangan pesawat pelbagai jenis milik TNI untuk tahun ini sahaja... pada saya itu kadar yang tinggi untuk setahun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amerika pun juga banyak Pur kemalangan pesawat tahun nih...wkwkwkwk cem mana apa kau nak cakap Amerika tak sanggup maintain pesawatnya...wkwkwkwk Pur Pur pakar yah kau Pur

      Hapus
    2. Maknanya mamak kau adalah pelacur lon

      Hapus
    3. stress ya bro...wkwkwkwkwkwkkw

      Hapus
    4. Gemporkwaria korang abis pakai dadah kah.. wkwkwkwkwkwk..

      Combo maut ya porkwaria dadah + nasi lemak buat otak jadi bebal dan lemot. Wkwkwwkwk

      Hapus
  42. Asyikkkkkkk GEMPUR dapat bahan troll lagi nih...wkwkwkwk lanjutkan pur agar kami dapat bergerak ria kata sini...wkwkwkwk

    BalasHapus
  43. ada geng INDON tanya hal pesawat HAWK TUDM... nah ini rakaman latihan penembakan misil pintar oleh pesawat HAWK baru baru ini...

    https://www.facebook.com/814620831958898/videos/402231434465949

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga ada yang nanya.. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. dengki le tewwwwww....wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    3. lah wkwkwkwk.. memang ga ada kok pur.. scroll aja keatas komen2nya.. ga nemu tuh.. lagi halu keh pur.. ๐Ÿ˜‚

      Hapus
  44. maklumlah latihan FLARE je...wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maklumlah SU30 MKM latihan R77 sudah mau expired dan hanya 2 MKM yg bisa terbang, sisa 16unit di GROUNDED.

      Wkwkwkwkwkw Asyikkkk

      Hapus
  45. latihan penembakan ASTROS MLRS milik MALAYSIA....kalau geng INDON lihat pasti sangat dengki... wkwkwkwkwk


    https://scontent.fbki1-1.fna.fbcdn.net/v/t1.0-9/130189473_4099247610104123_7921451494281022944_o.jpg?_nc_cat=109&ccb=2&_nc_sid=0debeb&_nc_ohc=tLRaUO8BNTEAX-Rfy8h&_nc_ht=scontent.fbki1-1.fna&oh=29381debb6325088c4052f0fb70d12d4&oe=5FF5A183

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi?????????????
      Cuman itu je

      Hapus
    2. ngapain dengki wkwkwk.. btw, berita latihan puncak lat ancab 2020 kemaren2 kmana aja pur ?

      Hapus
    3. @Ricochet

      Kagak di baca sama Gemporkwaria yg berita puncak lat Ancab TNI AD 2020.

      Pura-pura bego gemporkwaria..

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  46. Gemporkwaria aka Asrizal Rusli.

    Heli Nuri kapan mau di pancenkan berkhidmat? Sudah 60 tahun loh. Beritanya bulan Jan 2020 Heli Nuri mau di pensiunkan.

    http://defense-studies.blogspot.com/2020/01/operasi-helikopter-nuri-ditamatkan.html?m=1

    Saran ane nih buat gred A,lebih bagus beli heli baru dari pada sewa,kerana cost sewa tuh lebih mahal dari beli baru walaupun hutang...gred A kan dah ada raja baru Yang Dipertuan Agung Duti Yang Teramat Mulia Raja Xi Jinping,kan bisa hutang duit ke Raja Xi Jinping guna beli helikopter baru,LMS sahajepun di beri hutang sama Xi Jinping selama 30 tahun,why not dgn new transport helicopter ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. ATV credit Leasing
      Scrambler Motorcycle Credit Leasing
      Mi8 sewa 2unit dari Perusahaan Indonesia

      Wkwkwkwwkwkw asyiiikkk

      Hapus
  47. Gempur nak borong RHIB je tahun hadapan, bajet cuma cukup beli perahu karet je๐Ÿ˜„

    BalasHapus
  48. Foto penembakan ASTROS MLRS MALAYSIA...

    https://scontent.fbki1-1.fna.fbcdn.net/v/t1.0-9/130553834_3602329229804196_5970939916346972263_n.jpg?_nc_cat=108&ccb=2&_nc_sid=8bfeb9&_nc_ohc=A-_6n5goTy8AX_3SSl6&_nc_ht=scontent.fbki1-1.fna&oh=4a18538fe9b0370bef0fb8b0ffa802e1&oe=5FF53F68

    BalasHapus
    Balasan
    1. Astros versi lama tuh tepi sikit lah...wkwkwkwk masih analog guys belum digital...wkwkwkwkw

      Astros versi lama pun nak sembang lebat wkwkwkwk GEMPURGILA

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  49. Foto penembakan ASTROS MLRS MALAYSIA...

    https://scontent.fbki1-1.fna.fbcdn.net/v/t1.0-9/130485023_3602329473137505_3352265502356793366_n.jpg?_nc_cat=103&ccb=2&_nc_sid=8bfeb9&_nc_ohc=Y03tZsbLt44AX_qrH5d&_nc_ht=scontent.fbki1-1.fna&oh=01f5dcdc466486034bb3dfda3d697b6e&oe=5FF2CB28

    BalasHapus
    Balasan
    1. Astros versi lama tuh tepi sikit lah...wkwkwkwk masih analog guys belum digital...wkwkwkwkw

      Astros versi lama pun nak sembang lebat wkwkwkwk GEMPURGILA

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. @Johari

      Link yg lue kasih gak bisa kebuka.

      Hapus
    4. FOTO penembakan MLRS Astros Indonesia tercanggih full digital...wkwkwkwk

      https://1.bp.blogspot.com/-tP0Qci3mEXE/X8Ive8MievI/AAAAAAABQtQ/02gYmTzxurU0JPgCRCKkIFfyHKM-BUIDACLcBGAsYHQ/s859/116.-Yonarmed-1-Kostrad-Laksanakan-Latihan-Tembakan-Astros-di-Martapura-1.jpeg

      Hapus
  50. geng INDON pasti sangat iri dan sangat DENGKI...wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Astros versi lama tuh tepi sikit lah...wkwkwkwk masih analog guys belum digital...wkwkwkwkw

      Astros versi lama pun nak sembang lebat wkwkwkwk GEMPURGILA

      Hapus
    2. GEMPORKWIRA Astros Malon versi lama, versi analog tidak bisa meluncurkan rudal Matador.

      Paling itu Astros Malon lagi buang-buang Missile yg sudah mau EXPIRED. Wkwkwkwkwkwk..

      Hapus
    3. FOTO penembakan MLRS Astros Indonesia tercanggih full digital...wkwkwkwk

      https://1.bp.blogspot.com/-tP0Qci3mEXE/X8Ive8MievI/AAAAAAABQtQ/02gYmTzxurU0JPgCRCKkIFfyHKM-BUIDACLcBGAsYHQ/s859/116.-Yonarmed-1-Kostrad-Laksanakan-Latihan-Tembakan-Astros-di-Martapura-1.jpeg

      Hapus
  51. Gw lihat formil malon di fesbuk udah pada sepi efek aset militer mereka yg usang, budget ciput, politik rusuh.

    Desember - januari ini bakal ada kontrak besar2an aset militer Indonesia.

    Nggk usah merasa hebat & sok tinggi lu disini beruk2 melayu idiot.

    Di mata kami militer kalian cuma setaraf laos,kamboja & timor leste

    BalasHapus
  52. PAKE CELANA PENDEEEEEK...????? KAYAK TENTARANYA ERWIN ROMMEL DESERT FOX.

    BalasHapus
  53. Laos Army nampak macam Askar Poor Indon yg tak cukup makan!! Wakakakakakakakaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maid of London aka kerajaan darul lawak dengan Budget militer ciput kedekut ga usah sembang besar, kerajaanmu sudah 1 group dgn myanmar dalam asset dan power ketentaraan, Indonesia 16, Malon 44, myanmar 46....


      wakakakakaaak.....!!!

      Hapus
    2. Askar Malon Pondan, Lemah bisa TEWAS di tembak senapang penyelundup.. wkwkwwkwkwk

      Hapus
  54. DASARNYA MISSQUEN

    COVER BAB KEDEKUT ANGGARAN PERTAHANAN CIPUT...

    Malaysia Defence Review
    14 August at 07:06 ·

    Kenapa Malaysia suka Menguji & Menilai tapi tak pernah buat pembelian?

    Alasan cliche selalu didengar adalah kekangan kewangan dari kerajaan menyebabkan pembelian atau perolehan tidak dilaksanakan.

    Namun terdapat faktor-faktor lain diluar pemikiran kita sebenarnya yang jadi penyebab berlakunya perkara ini.

    Doktrin, taktikal dan strategik adalah main peranan pada setiap penilaian perolehan baharu. Ini kerana aset-aset baharu perlu penilaian untuk melihat kesesuaian penggunaan pada pasukan.

    Walaupun hakikat ia mendatangkan kerugian kepada Angkatan Tentera Malaysia berikutan tiada perolehan baharu untuk aset. Namun pemilikan aset berkualiti, bersesuaian serta berguna perlu diutamakan untuk memastikan keupayaan dan pengunaan teknologi sentiasa dihadapan.

    -MDR-


    Dol Guldur Kajian berbelas tahun berpuluh tahun....negaraku mesia

    Dol Guldur Malaysia Defence Review kajian berpuluh tahun xbeli tu sakit hati min..ending dia walau atm nk aset tu,alasan xde peruntukan akan sentiasa jadi jawapan numba wan..��sbb tu dulu kapal walau tgl satu generator pun tetap nk belayar..last2 turun anchor push satu generator je underpowered hidraulic utk naikkan anchor pun...jadi bersidai la tgah laut 2 hari tgu spare part sampai...hasil kajian berpuluh tahun konon utk penggantian ��

    Ahmad Dave Wow akhirnye ade release gmbr Caesar kat Msia. Selalunye dpt gmbr spyshot,tu pon nmpk bontot je..
    Rasenye Msia elok pakai compact mortar mcm dlm gmbr. Mobility tinggi dlm hutan & kawsan terbina. Shoot n scoot

    Ahmad Dave Mohd Nor Azmi tu tau. Yg ni mobility tinggi + cepat & ringan. TD maybe nk caliber 155 tp kat Nato skrg diorg tgh giat praktikn 120 cmni ganti 155 utk masa dpn.. Sama mcm dulu² meriam besar gedabak,skrg dh makin mengecil tetapi pintar

    Mohd Nor Azmi Arnold yg tu je mampu haha

    Rizal Hamid Indo dan Singapura dah bleh bt pelbagai kelengkapan dan aset ketenteraan sendiri,knp kita xbleh,, Malaysia xdak organisasi kerajaan ke untuk rnd alat2 ketenteraan.

    Mohd Nor Azmi Rizal Hamid lain negara lain dasarnya.indonesia Bab military adalah keutaamaannya

    Peter Sabang Berat kepada masalah kewangan, tak kan semua yang diuji tu tak sesuai��

    Sahfeeri Said Malaysia Defence Review nnti aset yg habis lenjan jugak buat sparepart kannnnn ����

    Malaysia Defence Review Sahfeeri Said last jadi pun masa MiG je, tp yg lain2 tetap diganti cuma aset2 yg perlu kos tinggi agak lambat nk dpt disebabkan kerajaan asyik bertukar

    Noorman Shah Abdul Rahman Nexter dah pasti masuk perolehan. Ok dah tu..

    Mohd Nor Azmi Noorman Shah Abdul Rahman memang masuk tapi banyak cabaran nak belanya...

    Danish Danish Malaysia Defence Review ya la nak beli kapal2 perang pun xda budget .

    Afrizu Amin Caesar ni klu x slh dh + -20 then lepas busy ujian Kat sini to satu habuk pun Tarak lg..yg sahabat Kita x dengar ribut topan tetiba he ada... adoi...

    Own Rusli slalu sangat uji tp last skali xjd sebab xsesuai..... nak yang sesuai belajar cipta sendiri la.... awai2 memang akan dapat kritikan ..... tgk negara jiran kita dlu masa awai2 buat aset pertahanan sendiri ramai hentam... tp sekarang malaysia pon beli dari sana

    Xazziq Othman Min lama dh kita tak dengar perolehan2 besar ya asyik dgr benda yg sama je bosan la nak tgk juga dpt mbt baru ke, heli tempur baru ke SPH yg baru ke barulah syok sikit

    Muhammad Franz Firdauz Mybe tp pda akhirnya xleh nafikan tentera kita kekurangan aset dr segi kuantiti dan kualiti dan pembelian tetap kena dijalankan kalau tak atm akn terus ketinggalan

    Amir Sham Malu la..uji segala bagai mcm ye..ye..tapi x beli..boleh tahan tebal muka..haha

    BalasHapus
    Balasan

    1. Pendekar Harimau Berantai Aku masih ingat pada pertengahan tahun 90 an rancangan adalah membina 27 buah kapal ngpv hingga 2020.teruja sungguh Masa itu.entah silap macamana 6 buah je yang dibuatnya.bodooooo sungguh,!

      Zen Zeno Pendekar Harimau Berantai buatnya 6. Bujetnya 6.Yang nak buat sampai 27 tu perancangan. Sbb tu kita beli cetak biru.
      Atau blue print.

      Bongoi AD Shahrul Selagi budget utk pertahanan ciput ..mimpi je la ..

      Malaysia Military Power Bongoi AD Shahrul sebenornya bajet ciput pun boleh je nak buat sikit2.
      Tapi tulah.
      Kita layan cap senapang dulu aaaa

      Rizal Jose Bukan ciput... Tapi ramai yg ambil untung atas angin tengah jalan. Projek LCS bagi kat 8astard = 6Billioin, 1 pun tak siap.

      Ayie Azzahari Mmg smpai pencen never with pn.. yg ada pn dicabut togel

      Malaysia Military Power Ayie Azzahari sedih kat komen

      Wan Wan Bila bajet sikit "never with", bila bajet banyak "stealth" terus. Sebuah pun tak siap, RM6b terbang dibawa angin bayu.

      Shahren Rethashah Dalam konteks Malaysia, jangan sesekali guna konsep FFBNW sebab sampai kiamat pun tak kan dapat armament tu. Dan jangan memandai nak buat 1 kat sana 5 kat sini. Memang jahanam lah jawabnya.

      Matt Yann Panjang artikelnya, bukan malas nak baca. Tapi sakittttt hati bila mengenangkan..pahittt tapi SANGAT BENAR!! Apa lah nak jadi..

      Scar Flower nampak cam kapal perang..kapal perang ker NGPV tu?

      Abu Muiz Berbuih dah mulut.
      No money no talk.

      Amir Dean Pakai la sampai lebam... Byk dah bukti.. Last2 meriam je yg pasang

      Azhar Hashim Min tengok tetangga je. Lps 2 tahun dh lengkap.
      https://www.shephardmedia.com/.../premium-indonesian.../...

      Ahmad Dave LMS & NGPV batch 1 sedekah kat APMM.. Sbb sampai skrg x nmpk peluang NGPV diupgrade. Maybe sbb kesilapan design die kekal sebagai kapal ronda sehingga skrg. NGPV ni ade mslh asap msuk dlm kabin.. Net hangar pon dari putih bersih jd berjelaga


      SALAM DARI SABAH SERAWAK MERDEKA

      Hapus
  55. MEMORY DAN MASIH RELEVAN SAMPAI KINI...

    Malaysia Military Power
    8 Agustus 2018 ·


    Apa permainan yang Engkau nak main ini ha Bang Mat aaa?

    Bang mat jangan jdi Menhan yang paling MMP x respek sepanjang Malaysia ni Merdeka.

    Jadi apa langkah seterusnya bang Mat?

    a) Kurangkan bajet pertahanan supaya Angkatan Tentera Malaysia makin lemah?

    b) Tambah bajet pertahanan supaya kekuatan Angkatan Tentera Malaysia jadi sama kuat?

    c) Terus menerus salahkan Orang lain dan dombakan ATM Angkatan Tentera Paling Lemah di Asia Tenggara

    pilihan yang straight forward.

    Pastu bang Mat janji nak naikkan ATM kan dengan pembelian aset2 baru kan.MMP pegang ayat bang mat ni..

    -Bilis-

    MMP


    Malaysia Military Power Jangan laa ckp kita lemah direct.. paling lemah di asia tenggara.. dah tu laos kemboja kiranya power lg dari kita laa kan..
    laos ada kapal2 perang yang besar2 laa kan

    Rizwan Rozlan Dalam SEA mmg Indonesia paling kuat. Singapura mmg la aset canggih tp kekuatan tentera pon harus diambil kira. Indonesia ada ramai tentera. Aset juga bukan calang2.

    Aku tk setuju la nak kata msia paling lemah di SEA dan Menhan pon bangang p bgtau kelemahan kt satu dunia. Tp Indonesia mmg paling kuat di rantau ini.

    Syed Mohamad Zulzamri Timor Leste lagi kuat ke maksud Bang Mat ni?

    Wan Kamaludin Philippine dah bli destroyer ke gnti kapal perang pirate of Carribbean dorang?

    Azam Ismail Fikir kan. Takkan lah paling lemah.. Bwh Kemboja ke Malaysia ini. Buat malu jer.. Adoi.. Salah tu. Tulah nk jd Menteri sgt walhal tak layak. Bkn tahu pon Fakta.. Main Hemtam jer.. ROSAK nama ATM Malaysia .

    Bard Raiko Indon aset pn x cukup byk nk kawal negara yg berpulau pulau tu...

    Mohd Zuhasbullah Rilex la min.. xkn hilang bisa ular mnyusur akar.. nk kta lemah ke nk kta apa ke x mngapa.. ada baiknya juga kita low profile... yg pnting kerja yg perlu dia buat utk pnmbhbaikn kekuatan kententeraan dia jln..

    Atheng Masalahnya dia dah sebut malaysia ni kekuatan ketenteraan kat bawah negara lain..ko ingat negara lain tu akan amik tau ke yg dia ckp tu konon nak jadikan malaysia ni no.1 di asia..
    yg dorang tau malaysia ni mmg tak kuat bila menteri sendiri dah ckp mcm tu..adohhh

    Fakharoll Rodziee Don Timor Leste pun atas dari kita??

    Bard Raiko Indonesia paling kuat... hahahaha sembang kuat ada la...
    Indonesia kalau manpower memang kuat dkt dia la tp kalau aset Singapore lagi kedepan... tengok plak keluasan negara... dah tentu Singapore terbaik...

    Faiez Ezwan Sulaiman Ini satu cubaan false flag yg cuba digambarkan beliau. Banyakkan bersabar tuan-tuan, lepas ni kita akan dapat lihat perolehan2 baru seperti s500,armata,altay,f35,su57,nuclear class sub, jet carrier dan persenjataan moden yang lain dalam saiz yang cukup kompak dan banyak. #replika #mahacing

    Normah Mansur Rahsia jiran sebelah telah bocor. Rupanya mereka no 1 di Asean.

    Malaysia Military Power Kalau Menhan ckp kita terbelakang dari singapura.. serius MMP setuju tapi sebab nk justifikasi kan kehebatan ko tu.. selamba cap ayam ko taruk ATM paling lemah dalam asean.. wooi pastu ko banding kan indonesia no 1? kelakar apa ni sial

    ู‡ุงูŠุฑูˆู„ ุณู‡ู„ูŠ ุฌูˆู‡ุฑูŠ Memang betul apa kita lemah dari segi kekangan bajet dan kekurangan aset.. klu menhan tak ckp mcm 2 rakyat mana yg akan tahu permasalahan sebenar..

    Mohd Syarif Hidayatullah indonesia ade kopassus bang admin.. tu yg jd no 1,kite x de.. huhuu

    Aliff Hakimi aku nak seher dorang dgn harapan tudm dpt 24 SH and 4 CN295 tdm dpt 2 bateri s400 and tldm dpt 3 LPD

    NurZara Iman Malaysia Military Power klu x naik bajet, alasan byk hutang dan kita akan kaji - menhan

    Ahmad Albab Contohnya kerajaan dulu ada buat perolehan av8 dan gowind kerajaan yg baru nie harap teruskan perolehan mpa dan mrca pulak....harap2 laa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aliff Hakimi harap page official mat sabu buat poll nk mrca mana antara f15x or Superhornet block 3
      so bleh la dia tahu apa yg kita nak

      Encik Addy Saya tadi lihat di tv3.. ucapan mat sabu di parlimen

      Rasanya.. ucapan mat sabu tu betul... cuma malaysiakini miss-quote statement mat sabu

      Mat sabu nak naikan balik ATM... cuba tonton ucapan mat sabu

      Poma Jagala sikit maruah tentera kita
      Cakap jela nak bajet
      Tu pun payah

      Pangeran Wak Joni Tapi hal dlm kain x perlu la bgtau , nmpk sgt bengap tu . Lps ni nak ckp radar kita x berfungsi dgn baik ke lps insiden mh370 . Senang2 musuh tau .

      Nasrul Khuzai Sebelum ini Sabu membocorkan rahsia ketenteraan dengan mengumumkan hanya empat dari 28 pesawat pejuang buatan Rusia miliki Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang mampu terbang.

      TUDM mempunyai 18 pesawat pejuang Sukhoi Su-30MKM dan sepuluh MiG-29 buatan Russia.

      Perkara ini sangat menakutkan kerana maklumat sulit yang dibocorkan tersebut boleh digunakan oleh pihak musuh untuk bertindak ke atas negara kita. Entah apa lagi rahsia ketenteraan yang akan dibocorkan lagi nanti..

      Hapus

    2. Ab Rahman Dolmat Haitu cakap Su 30 MKM leh terbang 4 je...lpstu tutup Pusat Keamanan Raja Faisal, lpstu tu kata kita paling lemah di Asia Tenggara....ada MP Port Dickson yang bekas Pegawai Tinggi TLDM diamik tukang baling microphon

      XRay ML Ok ape buat statement mcm tu biar terbuka sikit mata netizen semua ..kalau ikut fakta pun memang ketinggalan sngat lah mesia punya aset broo...nrgara luar da pakai snjata hak elok kita masih gune m16 nak laras dia kesudah target x masuk..

      XRay ML Intan Sharina Azhar hahahahahhha ingat semua unit ke pakai m4 hahahahahah ..tu pun semua sekenhen tau x? Perumpamaaan mcm tula aset negara kita ade ,lapokk taudakk

      Mohd Hafizuddeen benda ni berlaku atas 2 sebab.. kerajaan dulu kuat rasuah, kronisme dan klepet.. mark up harga barang gila babi jubo pari smpai beli aset cukup2 makan jer.. 1 lg pembangkang dlu main sondol jer bangkang apa2 yg berkaitan dgn pembelian aset2 ATM, ditambah pengetahuan am tentang ketenteraan pn xdok.. yg jd mangsa adalah ATM..

      Encik Nasrul Kronisme sejak xmn bila tu bro? Mcm kes 40 skyhawk yg tersadai kt nevada sjk thn 1982? sape pm zmn tu ye.

      PU Matet bru ambik 2bijik kapal selam dah huru hara geng dia meroyan.membazir bagai segala..sekarang dok salahkan gov yg lepas pulak..eh mmg kami mengundi nk tgk engko2 salahkan orglain je ni..bukan fix benda tu ��

      Mrz AzmerAaina Ayman Aymeen Tu la kelakar namenye.... Siap ckp kapal selam x leh nk selam.... Harga mahal la.... Viva se ngan viva basic pun lain harga la woiiii

      Afdhal Harap menhan tambah lagi Hornet
      takpun Rafale instead beli kapal Russia yang bermasalah dari segi aftermarket servis
      Penggunaan UAV pun penting,kita boleh buat sendiri

      Cg Hasni Pemimpin politik kat Malaysia kadang elok juga kena gertak dgn statement yg membuka mata. Kalau tidak ramai MP yg tidur dan anggap pertahanan tak penting dan membazir duit sbb anggap mustahil Malaysia nak berperang. Tapi ada juga kekurangan bila Mat Sabu kata Malaysia yg terlemah sbb ia turut menjatuhkan morale anggota ATM. Macam lah ATM ni haprak sangat.

      Shukry Yeoh Watanabe Aku rase statement die kedudukan negara malaysia kat dlm se asia ni... dlm peta kita bawah skali kalo ikotkan tanah besar... vietnam jauh di depan sebab dia paling atas border ngn china... indonesia no.1 sebab dia bawah skali dlm peta se asia ni.. rasenye lah...��

      Fairuz Rusli “Kedudukan tentera laut, udara dan lain-lain paling bawah di Asia Tenggara. Jauh sekali daripada Vietnam dan Indonesia. Kita pernah berada dalam kedudukan nombor 1.

      “Kita akan pastikan Malaysia kembali menjadi hebat,” katanya di Dewan Rakyat.
      ayat dia yang selepas tu tak petik pulak ye??

      Hairul Anuar Klu dh tahu kita lemah dri prtahann ko jlnknlh tggungjawab ko...xkn thu kondem dri sndri..alang2 dh xpndai jga rahsia negara ko cerita jelh mat psal sluar dlm ko pkai stiap hri uh..

      Asrizal Rusli abg mat ni salah fakta ni...mmg ada part kita ketinggalan dlm isu pertahanan tp dalam keupayaan navy malaysia adalah antara negara yg mempunyai navy terkuat dan moden di asia tenggara


      WKWKWKWK...

      Hapus
    3. Asrizal Rusli aka Gemporkwaria masih saja sembang bual tak sadar diri..

      Asrizal Rusli aka Gemporkwira BUZZER UMNO selalu bual mendonia negaranya masih jaguh padahal Kapal Perang TLDM hanya 2unit yg punya punya Missile, itu juga sudah mau Expired Missile nya.. wkwkwkwkwk

      Hapus
    4. Asrizal Rusli abg mat ni salah fakta ni...mmg ada part kita ketinggalan dlm isu pertahanan tp dalam keupayaan navy malaysia adalah antara negara yg mempunyai navy terkuat dan moden di asia tenggara

      GEMPUR dah stres guys...wkwkwk

      Terkuat dan paling moden katanya...wkwkwk buat gelak je...wkwkwkwk

      Hapus
  56. Indonesia likely will spend its money to European country for fighter aircraft acquisition. But it also expected to do symbolic weapon procurement from US. What type of armament will buy by Indonesia? Medium lift helo? AEW aircraft? It will be beyond missiles or C-130J. No F-16V!

    @Alman helvas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Medium Lift Helo bisa Opsrey, Blackhawk, Chinook yg kemaren di request dari AD.

      C-130J dari zaman Pak RR bilang mau beli 5unit tapi gak jelas, bisa jadi juga mau di kontrak zaman Pak Prabowo.

      Missile Harpoon agak sulit untuk USA kasih ke Indonesia.

      AEW Aircraft bisa P8 yg kemaren di Request AL.

      Bisa juga AEW Aircraft itu Wedgetail karena Indonesia belum memiliku AEW Aircraft.

      Hapus
  57. http://garudamiliter.blogspot.com/2020/12/penampakan-terbaru-kapal-selam-buatan-ri.html?m=1

    Alugoro submarine update

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap bro.

      Kemaren itu Alugoro lagi pasang ASELSAN Zoka Torpedo Decoy. Berati sudah selese pemasangan nya dan siap diserahterimakan ke Kemenhan.

      Hapus
  58. Indonesia likely will spend its money to European country for fighter aircraft acquisition. But it also expected to do symbolic weapon procurement from US. What type of armament will buy by Indonesia? Medium lift helo? AEW aircraft? It will be beyond missiles or C-130J. No F-16V!

    @Alman Helvas
    8 Des 2020

    Akhirnya, kemungkinan akuisisi Dassault Rafale tidak akan diganggu gugat oleh USA. Semoga yang akan diakuisisi dari USA ada AEW, P-8, tambahan Apache, Osprey, Blackhawk dll. Tapi F-16 V sepertinya tidak.

    BalasHapus
  59. Masih pake kolor.... tapi bisa meng ayam ayamkan ATM !!!

    BalasHapus
  60. Aneh betul.. masih saja ada yang membandingkan kkuatan militer Indoneia dengan Malaysia di forum ini .. padahal sejatinya mereka tahu bahwa sesungguhnya jauh di bawah Indonesia ....

    Jika ingin maju .. cobalah bandingkan kekuatan militer Indonesia dengan Chung Kuo .. pastilah anda semua akan betul-betul merasa inferior ....

    Ini hanya motivas untuk anda agar sadar dan segera keluar dari dalam tempurung .. Ingat masih banyak hal yang harus diperbaiki Indoneia masih teap negara terkebelakang dalam segala hal (seperti Chung Kuo 40 tahun lalu)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bandingkan Malon dengan Mantan Negara Bagian Singapura. Berani tak.. Hahahahahaha

      Hapus