18 Desember 2020

RBLF Procures Small UAS

18 Desember 2020

RBLF personel with DJI Matrice 100 small UAS (photo : MFH)

A number of DJI Matrice 100 small Unmanned Aerial System (sUAS) have been procured by Royal Brunei Land Forces (RBLF) as part of the country’s MINDEF research and development activities. An Experimentation Cell (ExCell) consists of RBLF personnel explores the utility of the drone including to provide three dimensional (3D) mapping which could be used for defence geospatial and navigation.

Matrice 100 small UAS by DJI (photo : DJI)

Unlike its neighbours, utilisation of sUAS for military application is still at experimentation and evaluation stage. The Royal Bruneian Air Force (TUDB) has recently announced its intention to procure an Unmanned Aerial Vehicle (UAV) platform to provide Intelligence, Surveillance and Reconnaisance (ISR) capabilities to the Royal Bruneian Armed Forces (RBAF).

(MFH)

271 komentar:

  1. Balasan
    1. min serius berita dji ini ????

      saya juga punya tp gak jadi berita !!

      Hapus
  2. Brunei jauh-jauh beli di UAS DJI China. Di Glodok Jakarta juga banyak UAS DJI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iso enthuk diskon maneh๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    2. DJI keluarkan spek militer?๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”

      Hapus
    3. Iyo ono satu kluarga.. Luaraang ee.. ๐Ÿ˜ฒ๐Ÿ˜ฒ๐Ÿ˜ฒ
      https://m.tokopedia.com/amp/dji-store/dji-matrice-300-rtk-universal

      Hapus
    4. Ngakak masa drone DJI perlu repot-repot impor dari china ๐Ÿ˜‚

      Padahal di platform belanja online banyak dijual ๐Ÿ˜‚

      Hapus
  3. Tumben ijek enthuk kursi? ๐Ÿ˜ฒ

    BalasHapus
  4. Min, upload berita baru yang ada dilaman resmi "KEMENHAN" RI lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Takut ntar species beruk pada kejang masal dok๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. Ya tinggal disuntik pakai rizin biar sekalian mampus

      Hapus
    3. berita apaan tuh? kudet aing wkwkwk

      Hapus
    4. @KRI dr. Soeharso "990" Janganlah pakde Juni, kasian Malengsia. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    5. Ada R-Han 122 terus PTTA Rajawali 720 dan PTTA Wulung

      Hapus
    6. Nih https://www.instagram.com/p/CI8BmgPM3qH/?igshid=t3ku04p7ro44 ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
  5. https://defencesecurityasia.com/tudm-bakal-perolehi-36-pesawat-flit-light-combat-aircraft/?amp=1

    Sepertinya Negara Jiran sebelah kepanasan ketika Indonesia hampir sign Rafale, semoga aja kali ini datang deh๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melihat dompet tipus MALON, mungkin bisanya cuman mendatangkan JF-17 2 biji๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ

      Hapus
    2. Misalnya berita tu diposting disini pasti ada yang bilang Indon pasti IRI dan DENGKi.coba tebak siapa dia wkwkwkwk

      Hapus
    3. Pasti GEMPUR SI BERUK๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    4. BAIK….Di dalam tempoh tiga hingga lima tahun ini, Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) akan memperolehi 36 buah pesawat Fighter Lead-In Trainer/Light Combat Aircraft (FLIT/LCA) bagi menggantikan pesawat Hawk 108/200.

      Perkara itu disahkan oleh panglima TUDM Jen Tan Sri Ackbal Abdul Samad hari ini, yang turut berkata, 18 buah pesawat itu akan diperolehi di dalam tempoh tiga tahun ini manakala selebihnya pada Rancangan Malaysia Ke-13 (2025-2030).

      (2025-2030)๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ dan terlebih lagi ada kata "AKAN" dan "DI TEMPOH" ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚

      Hapus
    5. RMK-12 akan bermula tahun depan untuk lima tahun sehingga 2025

      Ternyata itu masih rencana 5 tahun lagi kerajaan Malaysia, belum lagi rencana-kajian-tengok-diperpanjang-delay wkwkwkwk ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ

      Sementara itu Ackbal juga berkata TUDM akan menamatkan perkhidmatan kesemua helikopter Nuri dalam tempoh lima tahun

      Faktor utama disebalik keputusan menamatkan perkhidmatan helikopter itu adalah kerana usia Nuri yang telah melebihi 52 tahun dan faktor keusangan kerana kebanyakan komponen serta alat ganti sudah tidak dikeluarkan kilang

      Tender terbuka tempatan untuk penyewaan helikopter bagi menggantikan Nuri telah dibuka sejak 15 Okt lepas dan ditutup semalam (17 Dis)

      Ternyata selama ini masih menyewa toh ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ, usia Heli Nuri lama banget 52 tahun lebih loh pur...jadi gimana nih pur mau diganti dulu pengganti Heli Nuri nya atau "AKAN" lebih pilih beli 18 unit pesawat light combat aircraft pur? Kau kan kemenhan nya wkwkwkwk ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ

      Hapus
  6. https://m.facebook.com/photo.php?fbid=223115912548202&id=100045493845919&set=gm.3637475889667628&source=48

    Mantab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sikandar gelonya gak sembuh sembuh ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  7. Iki lo daganganku.. mak clorot.. monggo ๐Ÿ‘
    https://www.instagram.com/p/CHgqbGOLezQ/?igshid=cqhusqoutibi
    ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ora due instagram......duene insana ๐Ÿ™„

      Hapus
    2. Hadeehh.. padahal cewe di instagram ga kalah sama di yutub ๐Ÿ˜๐Ÿ˜… monggo bikin akun ๐Ÿ‘

      Hapus
    3. Ini penampakan dronenya.. ๐Ÿง๐Ÿง

      https://www.instagram.com/p/CInzIq_n46e/?igshid=tles5s1nxin5

      Hapus
    4. ๐Ÿ’ฃ๐Ÿ’ฃ gotongannya ngerii.. itu bom klo kena kepala bisa enak ๐Ÿฅด๐Ÿฅด๐Ÿฅด๐Ÿฅด

      Hapus
    5. I yoo mas@sk .. Ngeri bgt, wajib beli ini๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      Hapus
  8. "Gila.....moga-moga putranya mas @Superstar gak mutung kuliah di kedokteran ๐Ÿ˜ค๐Ÿ˜ค๐Ÿ˜ค"

    https://news.detik.com/berita/d-5300750/jaksa-telusuri-biaya-renovasi-apartemen-nurhadi-totalnya-rp-37-m-lebih?tag_from=wpm_nhl_25

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu jangan disalah kan ke dokter dek...kan bukan urusan dokter...!!!
      kalou semua salah dokter yang lain kan engak kebagian kayak korupsi itu gantian dan bergilir biar adil dan merata...!!!
      malahan seharus nya kita turut prihatin dengan nasib dokter yang belum sejahtra tapi kebagian jeleknya semua...padahal cuma jadi sapi perahan untuk pemilik rumah sakit dan baik swasta maupun negri(pemilik modal)dan menegement ru.ah sakit saje je...!!!

      Hapus
    2. gue harap para dokter yang baca kirim pulsa apa surat cinta...karna jarang jarang gue belain dokter...!!!

      Hapus
    3. ini masih tak tunggu loh dok....wkwkwkwkwk
      kemarenanya ada orang menghujat kena proses hukum dengan dalih merusak marwah dan martabat...sekarang biar tak belain marwah dan martabatnya...!!!๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜
      kadang aneh saja orang yang berprilaku baik dan berbuat baik disuruh iklas biar tuhan yang membalas nya tapi kalou sebaliknya itu kena proses dunia termasuk hukum pidana...ironis bukan...???
      pekerja dan karyawan yang baik dan rajin sama gajihnya dengan pekerja dan karyawan yang biasa saja bahkan malas...pejabat yang baik akan sukar naik jabatan karna tidak pandai korupsi apalagi kolusi atau bahkan tidak mampu menyenagkan atasan dengan hadiah atau cara menyanjung(jilat)...!!!

      Hapus
    4. Dek Qvisinting kamu mau makan tai saya??

      Hapus
    5. xaxaxaxaxah...jawaban singkat padat dan tepat...!!!

      Hapus
    6. gratis lo Dek Qvisinting...

      Hapus
    7. xaxaxaxaxaxa....satu jenis sama ruski nih yang jelas makanan pavoritnya sama...!!!

      Hapus
    8. gua gak mau kasih kesiapa siapa hanya mau kasih ke Dek Qvisinting...

      sini ambil sendiri tainya

      Hapus
    9. xaxaxaxaxaxa ruskimin orang jorok engak pernah cebok...ngaku ningrat...๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    10. Dek Qsinting jangan kabur,
      mau gua suapin tai babi ke mulut loe...

      Hapus
    11. kamu ketauan sekarang cuma satu orang banyak nick...wkwkwkwkwk

      Hapus
    12. mau mana...???
      ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜๐Ÿ˜†

      Hapus
    13. Dek dek.... kamu itu dek Qsinting!!!
      saya essen bukan ruski, saya panggil kamu adek karena kamu pasien saya yang perlu dikasih makan tai babi.

      Hapus
    14. enak ngak tai mu dek...???๐Ÿ˜

      Hapus
    15. ya udah bang essen yang suka mencret...๐Ÿ˜

      Hapus
    16. wkwkwkwkwk banyak betul nick mu dek...kadang debat sendiri kadang ngobrol sendiri...kadang ngebully diri sendiri...sangat lah...๐Ÿ˜๐Ÿ˜†

      Hapus
    17. saya sehat.
      kamu itu Dek Qvisinting yang otaknya mencret

      Hapus
    18. siapa yang bilang kamu sakit coba...???๐Ÿ˜๐Ÿ˜†

      Hapus
    19. dasar beneran nih orang....๐Ÿ˜…๐Ÿ˜๐Ÿ˜†

      Hapus
    20. Dek Qvisinting...
      ini rupanya sama dengan mbah bowo almarhum itu,

      mungkin si Dek Qvisinting ini arwah penasaran mbah bowo beruk malon itu, yang menyamar pura2 jadi warga RI

      Hapus
    21. gimana Dek Qvisinting masih mencret otak kamu??

      Hapus
    22. wkwkwkwkwk ketauan kalou debat selalu bicara ๐Ÿ’ฉ๐Ÿ’ฉ๐Ÿ’ฉ kotoran itu siapa lagi coba...๐Ÿ˜๐Ÿ˜†...dan engak jauh jauh dari makanan pavorit nya...๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    23. pantesan muka tembok...komen cerdas mu itu engak laku di indomil tapi malah maksa dan marah sama yang punya warung...wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    24. yang koment fitnah dokter itu siapa yang mulai dek..

      makanya otak kamu jangan mencret dek!!!

      Hapus
    25. wkwkwkwkwkwk siapa bilang yang fitnah dokter...???
      wkwkwkwkwk
      otak mu cuma sebatas kotoran mau ngarti komen orang...๐Ÿ˜๐Ÿ˜†๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    26. dek Qvisinting jangan suka fitnah dek, tak baik itu..

      saya tak pernah koment di indomil dan tak pernah memarahi yg punya warung dek.

      jaga mulut kamu dek.

      Hapus
    27. dek qvisinting memang otaknya mencret, lupa dengan komentnya sendiri.

      Hapus
    28. kalou gue tau komen ruskimin gue engak mungkin replay tuh komen....gue yang kejebak...seharus nya gue yang merasa dirugikan....wkwkwkwkwkwk
      malah loe yang marah....๐Ÿ˜๐Ÿ˜†๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    29. oh ya bang esen engak pernah...wkwkwkwkwk
      maksud saya saudara kembarnya apa bapak nya bang essen...๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    30. peduli amat dek...
      loe mau dirugikan apak kagak bodo amat dek, bukan urusan saya dek.

      Hapus
    31. itu bukan urusan saya dek jadi jangan tanya saya by ruskimin....๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    32. kalau loe orang cerdas dek, loe jangan koment seperti itu dek, jangan meremehkan pekerjaan orang dek
      apa salahnya bekerja sebagai dokter dek?

      yang salah congor kamu dek yang perlu dijaga

      Hapus
    33. duta rudal pasti kamu juga ya orangnya...bener bener kamu ini....๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      Hapus
    34. koment kamu seperti itu maksudnya apa dek Qvisinting?

      bukan lelucon itu dek!!!

      Hapus
    35. xaxaxaxaxa...meremehkan dokter...???
      mulai kebolak balik nih...otaknya juga kali...๐Ÿ˜†๐Ÿ˜๐Ÿ˜„๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‰๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    36. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ waxaxaxaxaza....mulai....

      Hapus
    37. kenapa jadi kalap dek Qvinsting dengan memfitnah bang rusky dan bang duta rudal

      sedangkan duta rudal juga pernah saya pelintir dek....

      Hapus
    38. coba baca lagi komen saya diatas garis bawahi yang mana yang salah...???
      itu kalou kamu ada otak...???๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    39. makanya dek Qvisinting kalau komen atau becanda jaga dulu mulut kamu dek.

      Hapus
    40. wkwkwkwkwkwkk dah dibilangin kamu suka ngobrol sendiri...๐Ÿ˜๐Ÿ˜†๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    41. pantaslah Bang@hari bilang kamu sinting.

      Hapus
    42. udah belom kamu tau yang mana yang salah komen saya diatas...?๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    43. maksudnya hari ruskimin...๐Ÿ˜๐Ÿ˜†๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    44. kita pecahin rekor bang 500 komen oke...๐Ÿ˜๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      Hapus
    45. masih ada kuata engak...???
      kalou engak ada sila minta sama pak admint...๐Ÿ˜๐Ÿ˜†๐Ÿ˜…

      Hapus
    46. atau masih hidup wifi tetangga kah...???๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    47. masih tak tunggu loh dek...๐Ÿ˜…๐Ÿ˜๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    48. perasaan baru berapa bulan dibully dengan simbah dijakartagreater sudah kangen lagi bullyan simbah ya dek ruski...memang kata banyak orang bullyan simbah itu ngangeni dan mencerahkan ....๐Ÿ˜…๐Ÿ˜๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    49. wah habis nih paket wifi tetangga kayaknya...๐Ÿ˜…๐Ÿ˜๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    50. ah engak asik nih dek ruski...cepat loyo...!!!
      tapi lebih seru kalou debat secara teknis dan keilmuan...!!!

      Hapus
    51. jadi basing pilih tema nya aja dek ruski yang kira kira dah ngelotok kering gitu...biar enak...engak pake search dulu nanti kalou pas debat berlangsung...!!!

      Hapus
    52. eehhh jangan lupa ajak saudara apa keluarga nya kalou debat biar rame seperti biasanya...wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    53. Ekhmm ...

      maksudnya "sapi perah" itu apa ?, Baru kali ini ada yang bilang seperti itu ...

      Hapus
    54. itu pribahasa cari sendiri lah...males gue ngelajar dokter yang engak tamat SD

      Hapus
    55. Untuk adek Qsinting, kamu sendiri ngapain disini kalau males??

      Hapus
  9. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/5fdc19fd63ff0/mantan-pm-malaysia-kecewa-google-amazon-tesla-lebih-pilih-indonesia

    Hihihi
    Menggerukan malasia ni ya
    PM aja spt gak ada orang lain apa ya
    Besok2 Najib balik jadi PM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga aja Najib balik jadi PM Malon biar Malon semakin Bangkraps dan Miskin.. haahahahaha

      Hapus
  10. ๅ†ๆฌก..ๆˆ‘ไปฌๅ‘ๅฐๅฐผๆไพ›็”ฑ้’Ÿๅ›ฝๅˆถ้€ ็š„ๅ„็งๆˆ˜ๆ–—ๆœบ,่ฟ™ไบ›ๆˆ˜ๆ–—ๆœบ่‚ฏๅฎšๆฏ”็›ฎๅ‰ๆญฃๅœจ็…ง้กพ็š„่ฅฟๆ–นๆˆ˜ๆ–—ๆœบๆ›ดๅ…ทๅธๅผ•ๅŠ›ๅ’Œไพฟๅฎœ。

    ่ฟ™ๆ˜ฏๆ‘˜่ฆ

    ๆ–ฐ็š„J-20ๅฏไปฅ่ถ…ๅทก่ˆช,ๆฏ”ๅฐ้ฃŽ่ฟ˜ๅฅฝ。ไธŽๅ‰ไธ€ๆ‰นไบงๅ“็›ธๆฏ”,ๆ•ฐๆฎๅ…ฑไบซๅ’Œๆ€ๅŠฟๆ„Ÿ็ŸฅๅŠŸ่ƒฝๆœ‰ไบ†ๅพˆๅคงๆ”นๅ–„。

    J-16ๅพˆๅฅฝ,ไฝ†ไธๅฆ‚J-20ๅฅฝ。ไปทๆ ผๆ˜ฏJ-20็š„ไธ€ๅŠๆˆ–ไปฅไธ‹。

    FC-31็š„ๆ–ฐ็‰ˆๆœฌๅฐ†ไธไป…ไป…ๆ˜ฏๅ‡็บง。ไปŽไผ ๆ„Ÿๅ™จๅ’Œๆ•ฐๆฎๅ…ฑไบซๅฐ†ๆ˜ฏไธ€ไธชๅ‡็บง。

    J-10็ปๅฏนๆ˜ฏๆœ€ๅฅฝ็š„็ฌฌไธ‰(็ฌฌๅ››ไปฃ่ฅฟๆ–น)ๆˆ˜ๆ–—ๆœบไน‹ไธ€。

    J-10D็š„ๅฐ„็จ‹ๅฐ†ๆ้ซ˜,ๆญฆๅ™จๆœ‰ๆ•ˆ่ฝฝ่ทไนŸไผšๅขžๅŠ 。

    Sekali lagi ..Kami menawarkan Indonesia bermacam-macam pesawat tempur buatan Chung Kuo yang pasti jauh lebih menarik dan murah divandngkan buatan barat yang sedang di-ncar saat ini ..

    Inilah rangkumannya

    New J-20 can supercruise ,better than Typhoon. Data sharing and situation awareness improve a lot compare to previous batch.

    J-16 is good but not as good as J-20. Price is half or less than J-20.

    FC-31 new version will be more than just upgrade. From sensor and data sharing will be a level up.

    J-10 is definitely one of the best 3th(4th gen western) fighter.

    J-10D will have improve range and more weapon payload increase.

    Jangan lupa .. kami juga menawarkan agar semua jenis pesawat itu bisa nantinya dibuat di PTDI dengan skema ToT lengkap dan menyeluruh.dalam tenggat waktu yang disepakati oleh Chung Kuo dan Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kau sudah gila kah Nusa Raya aka Putrajaya...wkwkwkwk

      Hapus
    2. Tawarkan ke malon malon lebih butuh

      Hapus
    3. Ini penampakan J 10 kecepit๐Ÿง

      https://www.instagram.com/p/CIvT-xtHt2O/?igshid=1nbhyf9xlwz7t

      Hapus
  11. Inilah contoh bukti komitmen kami kepada negara sahabat Pakistan untuk meningkatkan kemampuan militer masing-masing negra

    Untuk negara sahabat .. Kami Chung Kuo bukan saja memberikan bantuan peralatan .. tetapi juga semua unsur pendukungnya .. termasuk doktrin perang yang kami kembangkan selama ini..

    Ingdonesia pasti akan tertarik bekerja-sama dengan Chung Kuo .. membangun poros Asia melawan dominasi imperialis barat demia tujuan mencapai kemakmuran bangsa asia ..
    ------
    Pakistan-China Joint Air Force Exercise "Shaheen-IX 2020" (7 Dec 2020)

    A full package of J10C, J11, Y-9G (GX-11) Electronic Warfare (AFAIK) and a AEW&C aircraft to take part in it. This is the first time that PLAAF is bringing its dedicated EW platform, outside China for an exercise.

    ่ฟ™่ฏๆ˜Žไบ†ๆˆ‘ไปฌๅฏนๅ‹ๅฅฝๅ›ฝๅฎถๅทดๅŸบๆ–ฏๅฆๆ‰ฟ่ฏบๅขžๅŠ ๆฏไธชๅ›ฝๅฎถ็š„ๅ†›ไบ‹่ƒฝๅŠ›็š„่ฏๆ˜Ž。

    ๅฏนไบŽๅ‹ๅฅฝๅ›ฝๅฎถ..ๆˆ‘ไปฌ้’Ÿๅ›ฝไธไป…ๆไพ›ไบ†่ฃ…ๅค‡ๆดๅŠฉ,่€Œไธ”่ฟ˜ๆไพ›ไบ†ๅŒ…ๆ‹ฌๆˆ‘ไปฌ่ฟ„ไปŠไธบๆญขๅˆถๅฎš็š„ๆˆ˜ไบ‰ๅญฆ่ฏดๅœจๅ†…็š„ๆ‰€ๆœ‰ๆ”ฏๆŒๅ› ็ด 。

    ๅฐๅฐผ่‚ฏๅฎšไผšไธŽ้’Ÿๅ›ฝๅˆไฝœ。ๅปบ็ซ‹ไบšๆดฒ่ฝดๅฟƒ,ๅๅฏน่ฅฟๆ–นๅธๅ›ฝไธปไน‰็š„็ปŸๆฒป,ไปฅๅฎž็Žฐไบšๆดฒๅ›ฝๅฎถ็š„็น่ฃ。
    ------
    ไธญๅทด็ฉบๅ†›่”ๅˆๆผ”ไน “ Shaheen-IX 2020”

    ๅ…จๅฅ—J10C,J11,Y-9G(GX-11)็”ตๅญๆˆ˜(AFAIK)ๅ’ŒAEW&C้ฃžๆœบๅ‚ไธŽๅ…ถไธญ。่ฟ™ๆ˜ฏPLAAF้ฆ–ๆฌกๅฐ†ไธ“็”จ็š„็”ตๅญๆˆ˜ๅนณๅฐๅธฆๅˆฐไธญๅ›ฝๅขƒๅค–่ฟ›่กŒ็ปƒไน 。

    BalasHapus
  12. Bisa jadi bahan litbang tni

    https://www.instagram.com/p/CI78duSglY6/?igshid=m95vyoevkmup

    ๐Ÿ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ojo ...R&D Sing luwih mbejaji wae๐Ÿง๐Ÿง๐Ÿ˜”๐Ÿ˜”

      Hapus
  13. waahhhhh berita terbaru MALAYSIA bakal ada Pesawat FLIT/Light Combat Aircraft baru...JANGAN DENGKI guys...wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  14. KERAJAAN LULUS PEROLEHAN PESAWAT TEMPUR RINGAN TUDM – PANGLIMA TENTERA UDARA


    Panglima Tentera Udara, Jeneral Tan Sri Ackbal hari ini menyatakan kerajaan telah meluluskan perolehan tempur ringan untuk Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM).

    Menurut beliau, perolehan tersebut adalah melibatkan pesawat dwi-fungsi iaitu Fighter Lead-In Trainer/Light Combat Aircraft (LIFT/LCA).

    “Pesawat platform tunggal dwi-fungsi ini perlu memiliki keupayaan yang seimbang dalam melaksanakan peranan untuk melatih juruterbang pesawat pejuang dan pelbagai misi operasi,” katanya semasa sidang media di Pangkalan Udara Subang.

    Perolehan LIFT/LCA merupakan salah satu daripada komponen Pelan Keupayaan 55 (CAP55).

    Menurut beliau, kerajaan sebelum ini telah meluluskan Pesawat Rondaan Maritim (MPA), Sistem Pesawat Tanpa Pemandu (UAS), Radar, dan helikopter bagi menggantikan Nuri.

    “Menyentuh perolehan LIFT/LCA, saya belum mendapat maklumat secara terperinci namun kita tahu bahawa ianya telah diluluskan,

    “Kita akan mengkaji cara-cara perolehan pesawat tersebut,” ujarnya.

    Ackbal menyatakan perolehan LCA/LIFT merupakan antara perkembangan terbaharu dalam perancangan CAP55 yang akan memasuki Fasa 1 mulai tahun hadapan.

    Panglima Tentera Udara menegaskan, Fasa 1 CAP55 merupakan bahagian penting dan kritikal.

    “Fasa 1 CAP55 akan bermula pada tahun hadapan dan merupakan bahagian paling kritikal kerana ianya akan memberi kesan kepada hala tuju keseluruhan perancangan,

    “Fasa ini juga memberi fokus untuk menggantikan kesemua aset utama yang melebihi usia 20 ke 30 tahun seperti pesawat Bae Hawk,” jelasnya.

    Dalam jawapan bertulis yang diedarkan kepada media, TUDM telah merancang untuk memperolehi sebanyak 36 buah pesawat FLIT/LCA.

    Perolehan akan dibuat secara berfasa di mana 18 buah pesawat akan diperolehi terlebih dahulu melalui pendaftaran projek baharu 2021.

    “Permohonan untuk perolehan Fasa 2 untuk 18 buah pesawat lagi akan dilaksanakan dalam Rancangan Malaysia ke-13,” jelas kenyataan itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. percuma hanya dengan SENAPAN ANGIN pun GGK sudah tewas.

      cukup dengan ketapel saja jet malon bisa dijatuhkan

      Hapus
    2. pintar sekali bang essen nih bahkan ketapel juga untuk anti kapal...๐Ÿ˜๐Ÿ˜†

      Hapus
    3. Dek Qvisinting

      mau pintar mau ngetroll kenapa loe repot dek?
      apakah Dek Qvisinting termasuk golongan beruk malon???
      apak

      Hapus
    4. wkwkwkwkwk...padahal saya apresiasi dan beri sanjungan...malah dimarah...๐Ÿ˜๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    5. zaman edan semua kebolak balik...mungkin otak nya kebalik....๐Ÿ˜…๐Ÿ˜๐Ÿ˜†๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    6. Dek Qsinting kamu emang edan dek...

      Hapus
  15. sangat bagus sekali... Gabungan pesawat kelas berat Su30MKM..kelas ringan F-18 dan kelas ringan pesawat LIFT/LCA... gabungan MEMATIKAN....

    BalasHapus
  16. JF 17 Thunder..???... Tak masuk dalam pilihan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi yang fix di pilih apa Pur??

      Hapus
    2. Btw tahniah yah Pur...wkwkwkwk

      Hapus
    3. Pur saya nak nanya pesawat apa yang dibeli atau versi prank wkwkwkwk

      Hapus
    4. Pesawat sperti inikah yang bakal dipilih pur ?

      https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQh9Kv_sdPgdRik4a-WOhQvUKDCq5ubuW2D-w&usqp=CAU

      ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  17. MKM mematikan hahha

    Takotlah bomber Cina ya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. MKM memang mematikan lah om, dalam artian mematikan mesin saat bomber China menceroboh wkwkwkwk

      Hapus
  18. MKM lapok tak ade telor scramble BOmber cina
    Qpalgi LIFt huhuuhu

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Peswat Lift si Gempur mau kawal Bomber Cina ����

    BalasHapus
  21. MKM memang mematikan lah guys, dalam artian mematikan enjin MKM saat bomber China menceroboh wkwkwkwk

    BalasHapus
  22. List jet ringan TNI AU

    -24 hawk
    -16 t50i golden eagle
    -16 super Tucano

    Total 56 unit

    BalasHapus
    Balasan
    1. bro 2 buah T50i INDON sudah kemalangan dan rosak berat bro... sekarang jumlahnya tinggal 14 buah je ye..

      itu tak termasuk HAWK yang kemalngan..beri jumlah terkini la bro

      Hapus
    2. Jadi apa ngaruhnya? memang jet hawk dan mig 29 malon tak jatuhnya? Wkwkwkwk

      Hapus
    3. HAWK punyak kita banyak SANGAT...
      tak seciput HAWK KL...kesian kismin haha!������

      apalagi pesawat baruw, 10 tahun terakhir KL gak mampu beli pespur haha!������

      Hapus
  23. bukan nak katalah... sebutlah apapun jenis pesawat bukan hal yang utama...

    Tapi yang UTAMA sekali Peruntukan prolehan sudah di LULUSkan oleh pihak kerajaan..seperti yang dinyatakan prolehan akan dilakukan 2 fasa..

    fasa 1 -18 buah

    fasa 2 -18 buah.

    menjadikan semuanya 36 buah.

    BalasHapus
  24. yang kami mahu dengar KELULUSAN PERUNTUKAN.... bukan PRANK mau itu mau ini yang akhirnya lebih kepada PRANK..macam INDON...wkwkwkwkwkwkw

    jika PERUNTUKAN sudah di luluskan maknanya Prolehan pembelian berjalan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya nak tanya Pur hasil tender MPA dan UAV dah keluar belum wkwkwkwk

      Hapus
    2. dah keluar pun bro dah nak tutup tender dah pun
      untuk pemilihan...wkwkwkwkwkwkw

      Hapus
    3. MPA dan uav apa yang dipilih wkwkwkwkw

      Hapus
    4. oy pur.. lagi ditanyain tuh apa yang dipilih.. kok malu2 centil gitu sih.. ๐Ÿ˜‚

      Hapus
  25. “TUDM telah memohon peruntukan dari pihak kerajaan untuk perolehan Fasa 1 sebanyak 18 pesawat, melalui pendaftaran projek baharu 2021 dan permohonan untuk perolehan Fasa 2 bagi 18 pesawat lagi akan dilaksanakan, dalam Rancangan Malaysia Ke-13 (RMK-13),” katanya

    Perolehan itu telah diluluskan oleh kerajaan dan adalah adalah selaras dengan Pelan Pembangunan Keupayaan TUDM 2055 (CAP55).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya tanya pesawat apa yang dipilih bukan pelulusannya bro? wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Dr mana duitnya sementara budget ciput, wong bayar bunga utang harus cari utangan baru lg' utang malon 87% dr PDB, negara produsen pesawat mana yg berani kasih kredit lunak/pinjaman lunak tuk beli produk pesawat negara tersebut??? Cuman china yg berani kasih kredit mencekik ame malon, mau gk mau jf17 sulfur ๐Ÿคง๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜

      Hapus
    3. belum di tahu siapa akan dipilih kerana akan dibuka tender lagi...maknnya firma pesawat akan ikut tander yang dibuka dan mereka kena ikut spec pesawat yang dimahu oleh TUDM...

      persaingan tender tu akan dilihat siapa yang memenuhi kehendak TUDM...

      cara pilihan sama seperti pesawat MPA dan UAV MALE...

      Hapus
    4. Siapa pemenang tender MPA dan UAV Pur? wkwkwkwk

      Hapus
  26. Ada geng INDON tanya pasal tender prolehan pesawat MPA dan UAV MALE sudah dibuat atau belum...?? JAWAPANNYA SUDAH...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya tanya pesawat dan UAV apa yang dipilih misalnya c295 MPA dan Anka?paham gak wkwkwkwk

      Hapus
  27. Proses Perolehan MPA/UAS Malaysia Bermula


    Proses perolehan Unmanned Aerial System (UAS) kategori Medium Altitude Long Endurace (MALE) Fasa 1 dan Pesawat Peronda Maritim (MPA) Fasa 1 bagi Malaysia telah bermula secara rasmi dengan taklimat tender yang berlangsung di Plaza Intermark, Kuala Lumpur beberapa hari lepas.

    Taklimat diadakan secara persidangan video bagi mematuhi SOP berikutan peningkatan jangkitan COVID-19.

    Taklimat-taklimat terbabit telah dianjurkan oleh Tim UAS TUDM, Bahagian Perolehan 3 (PERO 3), Kementerian Pertahanan dengan kerjasama TUDM dan Bahagian Industri Pertahanan bagi Tender Terbuka Antarabangsa.

    Ia telah disertai oleh syarikat-syarikat antarabangsa dan tempatan yang menyatakan minat untuk membekalkan pesawat MPA dan UAS kepada kerajaan Malaysia.

    Proses tender terbuka antarabangsa telah diiklankan melalui media (cetak dan online), portal myprocurement dan surat kepada kedutaan-kedutaan.

    TUDM telah membentangkan perancangan strategiknya untuk memperolehi pesawat MPA yang berspektrum penuh dan UAS MALE.

    Perolehan pesawat dan UAS MALE ini juga adalah sejajar dengan perancangan masa hadapan peningkatan keupayaan aset menerusi Pelan Pembangunan Keupayaan TUDM 2055 (CAP55) dan mendukung kesiagaan pengoperasian TUDM berdasarkan hala tuju ATM dan Kementerian Pertahanan seperti penyataan dasar Kertas Putih Pertahanan.

    Justeru, Kerajaan Malaysia telah meluluskan sejumlah peruntukan di bawah Kelulusan Keperluan Kritikal (Rancangan Perbelanjaan (RP)-4) bagi perolehan dua (2) buah pesawat MPA bagi Fasa 1. dan tiga buah UAS MALE Fasa 1.

    Melalui perancangan awal CAP55, jumlah keseluruhan adalah enam (6) buah MPA yang diperlukan oleh TUDM.



    link
    https://defencesecurityasia.com/proses-perolehan-uas-mpa-tudm-2395-2/

    BalasHapus
    Balasan
    1. por mau ngobrol dan diskusi dengan simbah engak...???
      tanya dulu nanti malah kabur tanpa permisi lagi๐Ÿ˜…๐Ÿ˜๐Ÿ˜†

      Hapus
    2. Pesawat MPA TNI al dan TNI au

      -cn 235 MPA
      -boeing 737 surveilance
      -nc212 MPA
      -nomad
      -cn 295 mpa




      Hapus
  28. Malaysia to buy Chinese missiles for technology transfer
    KUALA LUMPUR (AFP) Jul 20, 2004
    Malaysia has agreed in principle to purchase medium-range missiles from China, which in return will transfer technology on very short-range air defence to the country, Deputy Prime Minister Najib Razak said Tuesday.

    The procurement of the surface-to-air missiles was part of the armed forces modernisation program and would be made under the Ninth Malaysia Plan from 2006-2009, he was quoted as saying by Bernama news agency

    CNPMIEC president Wang Bingyan said China had also offered to conclude the KS-1A transaction on flexible payment terms, including counter-trade, barter and deferred payments.

    https://www.spacewar.com/2004/040720115308.mjyqr50c.html

    --------------------------

    kalo masi "AKAN"...KL juaranya,
    selaen MRCA,
    nich MERAD cing-cong yg dari taon 2004, katanya ReMeK 9 2006-2010
    ternyata ngajuin sistem BARTER jugak gaesz, apalagi kalo gak miinyaaakkk gosok haha!������

    berita sebelah yg Mleset2 dari KL banyak ajah..

    BalasHapus
  29. Lihat reslita pur, Dr mana duitnya sementara budget ciput, wong bayar bunga utang harus cari utangan baru lg' utang malon 87% dr PDB, negara produsen pesawat mana yg berani kasih kredit lunak/pinjaman lunak tuk beli produk pesawat negara tersebut??? Cuman china yg berani kasih kredit mencekik ame malon, mau gk mau jf17 sulfur dengan bunga kredit yg mencekik seperti kapal lemes yg ompong dan kropos ๐Ÿคง๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  30. Lihat realita pur, dr mana duitnya sementara budget ciput, wong bayar bunga utang harus cari utangan baru lg' utang malon 87% dr PDB, negara produsen pesawat mana yg berani kasih kredit lunak/pinjaman lunak tuk beli produk pesawat negara tersebut??? Cuman china yg berani kasih kredit mencekik ame malon, mau gk mau jf17 sulfur dengan bunga kredit yg mencekik seperti kapal lemes yg ompong dan kropos ๐Ÿคง๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  31. 1. @gempuriwa Typhoon kapan kontrak efektifnya ?, Kan sudah jelas Typhoon yang menang dalam tender pengganti pesawat tempur MIG 29 (tapi kenapa sekarang kabarnya menghilang tanpa jejak)

    2. Tender Pesawat LCA dari tahun 2018-2020 kenapa masih belum diumumkan pemenangnya ?

    *Jawab lho ya ....

    BalasHapus
  32. ini satu kunci untuk adek adek yang suka debat...pahami dulu isi komentar lawan lalu garis bawahi dimana kalimat yang akan jadi senjata debat(yang salah)...jangan sampai menyalahkan ditanya dimana salahnya binggung...!!!
    itu adalah mempertontonkan kebodohan namanya...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehh, maksud anda "sapi perah" itu apa ?

      Hapus
    2. Anda bicara seperti itu, sama saja merusak martabat kami sebagai nakes ๐Ÿ˜ท

      Hapus
    3. Kan banyak perumpamaan yang bisa dipakai, tapi kenapa yang anda pilih "sapi perah" ?

      Hapus
    4. Lain kali buat pernyataannya pikir-pikir dulu, jika sembarangan bisa saja anda menyinggung perasaan seseorang

      Hapus
    5. kamu cari tau kalou tidak tau arti dari pribahasa sapi perah...jangan tanya sama yang ngomong karna itu lebih baik dan adil...!!!

      Hapus
    6. Udah itu saja yang ingin saya sampaikan, kalau gitu saya pergi dulu ...

      Hapus
    7. jadi kamu mempermaslahkan pribahasa sapi perah tanpa tau artinya itu lenih dari sekedar kebodohan namanya...!!!

      Hapus
    8. kamu dokter dimana..
      kok bisa ada dokter sebodoh kamu..
      atau kamu cuma ngaku ngaku biar keliatan keren...???

      Hapus
    9. Ya udah terserah anda, bilang sapi perah atau apapun terserah ...

      Hapus
    10. dah tau belom...jangan terserah tapi masih engak paham...???

      Hapus
    11. Istilah "sapi perah" itu menurut saya mengarah pada orang yang terus dimanfaatkan tanpa mendapatkan imbalan yang sesuai (itu malah mengarah pada pekerjaan buruh)

      Hapus
    12. Dek Qsinting kamu sok banget ya...

      udah dibilangin jaga mulut kamu

      Hapus
    13. Saya kerja di RS Siloam hospital bogor

      Hapus
    14. Kita damai saja gak perlu terus dipermasalahkan ...

      Kalau gitu saya pamit, HP-nya soalnya mau habis' baterainya

      Hapus
  33. CAPCUSS 55?
    wah lama sangat 35 tahun ituw haha!������

    percaya dech gak ada ituw 36 bijik, selama bajet gak naik 100% haha!������
    dan LCS blom selesai.

    pilih mana LCS ato LCA?


    nah sesi ini seru gaesz,

    "Sementara itu Ackbal juga berkata TUDM akan menamatkan perkhidmatan kesemua helikopter Nuri dalam tempoh lima tahun."

    "Tender terbuka tempatan untuk penyewaan helikopter bagi menggantikan Nuri telah dibuka sejak 15 Okt lepas dan ditutup semalam (17 Dis)."


    SALAM SEWA HELI UHUUYYY....SATU2nya militer dikawasan yg nak SEWA HELI hore haha!������

    BalasHapus
  34. SALAM PHP

    SALAM SEWA HELI, brp 2 bijik CHUKUP? okelah kalo begituw, ntar nangis lagi anak olang haha!������

    BalasHapus
  35. wkwkwkwkwkw... bro panglima TUDM sudah mengesahkan prolehan tersebut bro...

    lain la macam KSAL TNI AL... terang terang membantah mereka ada ajukan pembelian IVER... malah geng INDON bantah kenyataan KSAL...wahhhh geng INDON lebih tahu dari KSAL TNI AL ya...wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca ni Pur ini berita baru 2 hari yang lalu

      https://jakartagreater.com/287746/kasal-dan-dubes-denmark-bahas-pengadaan-kapal/

      Hapus
  36. Diluluskan beli A/B/C.....X/Y/Z, tapi ga beli-beli..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    "Papa, beliin skateboard.."
    "Ya nak, papa luluskan.."
    "Horeee..Kapan belinya pa..?"
    "Mmmmm...ga tau nak.."
    "@$¥£ฮฑ...!!!


    Diluluskan doang, beli kagak..

    Hwakakakakakak...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  37. KL cuma dengar diluluskan rajanya dah sombong selangit..

    Jadinya Beli MPA jenis apa?

    Gak tau..

    Hwakakakakakakakak

    BalasHapus
  38. Untuk menormalkan keuangan malon satu2nya jalan ya emang jual aset, utang 87% dr GDP itu gk main2 loh' harus secepat mungkin diselesaikan sebelum semakin membengkak karena untuk bayar bunga utang harus cari utangan baru lg, apa yg dikatakan mahatir emang bener solusi satu2nya ya jual aset' dengan stuasi keuangan malon yg belum ada penyelesaiannya negara produsen pesawat mana yg berani memberi pinjaman lunak/kredit lunak untuk membeli prodak pesawat negara tersebut???? Ya cuman china satu2nya saat ini tp itu pun bunga yg mencekik seperti kapal lemes malon ๐Ÿคง๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  39. Diluluskan beli MPA, ditenderkan MPA, tender MPA sudah ditutup.

    Jadi beli MPA jenis apa?

    Gak tau...


    Hwakakakakakakaak..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi dia katakan KL beli MPA..
      Sombong pula..

      Hwkakakakakakak

      Hapus
  40. wkwkwkwkwk..... wahhhh geng INDON sekamin stress ya...sabar bro..... wkwkwkwkwkw

    yang utama budget PEMBELIAN sudah LULUS guys.... bukan hanya omongan kosong lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. thypoon sudah pasti pur
      rafale sudah di kebut sama pak wowo
      si iver prank kah pur? baca dulu noh

      https://jakartagreater.com/287746/kasal-dan-dubes-denmark-bahas-pengadaan-kapal/

      Hapus
  41. Lulas..lulus..lulas..lulus..

    Tapi ga beli.

    Hwakakakakakak...

    Lulus jee..

    LoL
    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  42. wkwkwkwkwk..... wahhhh geng INDON semakin stress ya...sabar bro..... wkwkwkwkwkw

    yang utama budget PEMBELIAN sudah LULUS guys.... bukan hanya omongan kosong lagi...

    BalasHapus
  43. Pur, lu wawasan military luas kan?
    Pengetahuan military banyak..

    Tapi mengapa rela pura-pura jadi orang bodoh..?
    Lu tau kan kuality LMS China itu sebenarnya kayak apa?

    Tapi kenapa pura-pura kau banggakan pur?

    Hanya karena dengki & sakit hati soal military negeri lu yang kami bully..?

    Hwkakakakakakak....๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  44. Rela pura-pura bodoh ya pur?

    Konyol sekali..

    Hwakakakakak..

    BalasHapus
  45. Lha budget apaan, lha jelas itu masih wacana' jelas2 budget militer malon ciput, negara produsen pesawat mana yg nekat ngasih pinjaman lunak/kredit lunak ame malon??? Ya cuman china tp dengan bunga yg mencekik = jf17 sulfur utang/kredit 50 tahun ๐Ÿคง๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si gempur hanya akting bro...

      Dia tau yang sebenarnya, tapi pura-pura banggain assetnya..padahal aslinya malu...

      hwakakakakakak

      Hapus
  46. Beruk melayu tolol,
    Selesaikan dulu pembayaran maharogol & little bird yg nggk kelar2.

    Awal tahun melayu beruk jg "udah luluskan" pengadaan ranpur baru utk malonbat lebanon. Sampai sekarang tak sudah2.

    Nggk usah sok meninggi di depan indonesia..kalian itu sekarang lemah & miskin. Militer kalian hanyak layak disandingkan dgn timor leste & kamboja

    BalasHapus
  47. bila geng INDON tanya kita mesti bagi jawapan.. bagi mereka tabah stress...wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  48. yang berkuasa SHOPPING SOPING kan menteri pertahanan...masa panglima haha!������

    sedangkan mantan menhan sebut, takde shopping soping pespur ampe 2030

    guwe mah simpel, percaya MENHAN haha!������

    Mat Sabu: No plans to acquire new fighter jets
    https://www.thestar.com.my/news/nation/2019/11/21/mat-sabu-no-plans-to-acquire-new-fighter-jets

    BalasHapus
  49. CN-235 PTDI Siap Bersaing dalam Tender Pesawat Patroli Malaysia


    Tender terbuka internasional dipersiapkan AU Malaysia untuk akuisisi pembelian Pesawat Patroli Maritim (MPA) baru. Arahan akan dilakukan secara online di Kuala Lumpur, yang diikuti oleh para perwakilan dari perusahaan lokal dan internasional yang ingin memasok pesawat MPA, anggota Divisi Industri Pertahanan (BIP) MOD, Tim Proyek Akuisisi MPA RMAF.

    Pesawat Patroli Maritim malaysia saat ini tidak memiliki jangkauan dan daya tahan yang cukup. Ruang kabin yang kecil berarti tidak mampu membawa banyak sensor untuk pengawasan. Namun, telah memberikan layanan yang sangat baik dengan catatan keselamatan yang luar biasa selama 22 tahun.

    Berdasarkan arahan tersebut, RMAF berencana mengakuisisi sekitar enam pesawat berkemampuan MPA, untuk menggantikan aset yang sudah tua. berikut beberapa kandidatnya Airbus C-295MPA Prancis, Leonardo ATR-72MPA Italia, Boeing P-8A Poseidon dari Amerika Serikat, Kawasaki P-1 Jepang, dan PTDI CN -235MPA dari Indonesia yang sedang dalam pertimbangan.

    BalasHapus