06 Desember 2020

Dua Tahapan Tes Lagi Pesawat N219 Nurtanio Selesai Sertifikasi

06 Desember 2020

Pesawat angkut N219 Nurtanio (photo : PTDI)

Dua Tahap Lagi Pesawat N219 Nurtanio Bisa Mengudara

Jakarta: Pesawat N219 Nurtanio dapat segera mengudara. Pesawat yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Hari Pahlawan lalu itu telah melalui uji terbang N219 Nurtanio prototipe 1 (PD1) di Bandara Nusawiru, Pangandaran, Jawa Barat, pada Selasa, 1 Desember 2020 hingga Kamis, 3 Desember 2020.

 Kepala Program Pesawat Transport Nasional pada Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) LAPAN, Agus Aribowo, menjelaskan selama 3 hari pesawat N219 telah dilakukan uji terbang sebanyak enam sortie. Uji terbang diawaki pilot dan flight test engineer (FTE) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sebagai ujian akhir atau final exam dan validasi atas semua uji terbang yang dilalui tes pilot dari PT. Dirgantara Indonesia (PTDI) saat proses uji terbang pengembangan maupun sertifikasi selama ini.

 Agus mengatakan pesawat N219 ini juga telah melalui uji sampling, seperti stall speed determination, vibration and buffeting, one engine inoperative, in flight engine start, dan take off and landing distance determination. Semua urutan tes telah lulus 100 persen.

Masih ada dua tahap tes lagi sebelum pesawat N219 Nurtanio resmi mengudara. Pada 10-12 Desember 2020, pesawat ini akan dilakukan uji terbang untuk prototipe 2 (PD2) oleh pilot dan FTE Kemenhub di Bandung. Tahap ini untuk menguji sistem alat pendaratan atau instrument landing system (ILS), penerbangan malam atau night operation, dan lain sebagainya.

Setelah uji PD1 dan PD2 lulus, LAPAN akan melakukan final type certification board meeting (TCBM). Langkah ini dilakukan untuk menentukan type certificate data sheet (TCDS) sebagai lampiran sertifikat tipe untuk N219 Nurtanio yang dijadwalkan lulus di akhir 2020.

115 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. daripada beli RAFALE buang² duit untuk penambahan biaya fasilitasi, mendingan melanjutkan KFX, dapat 50 lebih banyak... sudah termasuk fasilitas fabrikasi,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo nunggu KFX kayak nya kelamaan
      LCS bisa pecah perang kapanpun jadi perlu pespur secepatnya

      Hapus
    2. Rafale udah battle proven, KFX roll out aja belum..

      Kalau situ NGEBET perlu CEPET punya mobil, situ pilih mobil yang masih konsep atau mobil baru yang udah produksi?

      😛

      Hapus
    3. terimakaih atas apresiasinya bung kompeni.

      KFX - IFX masih terus berlanjut.
      dan untuk saat ini sambil menunggu, kita sangat butuh pesawat tempur secepatnya. maka pilihannya yang paling tepat mungkin RAFALE.

      Hapus
    4. Dealkan rafale biar korea mikir seberapa besar potensi pasar indonesia.

      Hapus
    5. saya tetap pilih konsep lah, 2 thn lg konsep siap uji terbang, memangnya klo januari 2021 tanda tangan kontrak, pesawatnya langsung tersedia thn 2022, ga ada jaminan, apalagi soal minta TOT jalannya masih panjang. bisa jadi juga saat tanda tangan kontrak KFX sudah terbang.
      MAU MAJU YA HARUS KONSISTEN SESUAI RENCANA. BIKIN RENCANA SENDIRI TAPI KOK TIDAK YAKIN DENGAN RENCANANYA SENDIRI. "ITU NAMANYA NGGAK PERCAYA DIRI"
      KEMUNDURAN & EVALUASI ITU HAL YANG BIASA DALAM SUATU PROYEK.

      KEMUNDURAN BAHKAN KEGAGALAN BUKAN BERARTI SEGALANYA BERAKHIR

      Hapus
    6. ya ya yaaa....
      terimakasih atas sumbang pikirannya bung @Kumpeni

      👍👍

      Hapus
    7. Yo wes karepmu..

      Paling situ akan berubah pikiran kalo posisi situ jadi Menhan..

      Lha itu para ex pilot F-5 dah mo pada pensiun, Flanker E stagnan, kok jek mau nunggu IFX...😂😂

      😛

      Nasionalis itu bagus, top.
      Tapi juga harus logis mikirin situasi sekarang..kalo ga mau dibilang konyol.

      😛

      Hapus
    8. Aku rasah melu komen wong wes jelas condonge neng endi 🤗

      Hapus
    9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    10. @pedang setan: memangnya orang nasionalis itu orang konyol?

      memangnya orang nasionalis itu orang gila (orang yg tidak logis) ?

      memangnya orang yg bercita² itu orang konyol... ?

      sampeyan pakai lampu di rumah itu hasil cita² dari orang konyol (thomas alfa edison) yg telah gagal berkali², kenapa sampeyan ndak pakai lilin saja di rumah

      pesawat yg terbang saat ini juga hasil orang konyol (wright bersaudara) yg telah menguji berkali² dan pernah menemui kegagalan

      Hapus
    11. Fasilitas fabrikasi bukannya sudah lama dianggarkan? Jadi atau tidak beli Rafale harusnya tidak mempengaruhi IF-X.

      Mau tidak beli fighter sama sekali sampai IF-X jadi? Sebaiknya lihat contoh Tejas. Entry into service harusnya tahun '95, tetapi aktualnya tahun 2015. First flight saja tahun 2001. Rela 14 tahun tanpa beli fighter baru?

      Hapus
    12. lalu hasil karya kamu apa kumpeni!!!

      kamu mau disamain sama albert einstein?

      Hapus
    13. essen tdk motivatif, berbeda boleh donk.. tak perlu naik darah..

      ngakune wong sabar kok misuh²...

      Hapus
    14. Betul,saat ini kita butuh sgra pespur yg mumpuni,krna situasi khususnya di lcs sdh genting!

      Hapus
    15. Untuk program pengadaan kfx/ifx berbeda tujuan dengan pengadaan rafale dan pespur yg lainnya yg menjadi incaran idonesia saat ini' pespur yg menjadi incaran indonesia saat ini justru mengisi kekosongan menunggu ifx bener2 masuk jalur produksi dan layanan, paling cepat ifx masuk layanan TNI AU tahun 2030, terus untuk 10 tahun kedepan indonesia mau ompong????? Iya kalau emang tahun 2030 ifx tepat masuk layanan TNI AU' kalau meleset sampai 2035 gimana??? Setelah kfx/ifx lulus uji terbang yg diperkirakan tahun 2026-2028 masing2 negara akan kembali mengembangkan sistem yg digunakan kfx/ifx, seperti indobesia yg akan memproduksi ifx sendiri meski pun gk boleh menjual, hahaha sakitnya tuh disini ilmu diporoti dalam pengembangan tp hasilnya dimonopoli korsel dengan cara hanya korsel yg boleh jual dan indonesia hanya memproduksi untuk kebutuhannya sendiri dan dilarang menjual, hebat jaman pemerintahan sby' selain banyak candi mangkrak ternyata jg terjadi gagal paham membaca maksud dr isi perjanjian pengembangan kfx/ifx sehingga pemerintahan ini pusing untuk mendapatkan hak indonesia atas hak intelektual engeiner nya yg hampir 60% ada dalam tubuh kfx/ifx, korsel dengan piciknya tanpa banyak kompromi dengan mudahnya menangkal keluh kesah indonesia dengan cara menyebut menanggung 80% biaya pengembanga, hahaha biaya pengembangan apa yg ditanggung korsel atas beban ikutnya indonesia dalam pengembangan??? Wong biaya engeiner indonesia ditanggung pt.di dan pemerintah' yg parahnya mereka korsel boleh mendapatkan akses ilmu teknologi2 yg dikuasai engeiner indonesia sementara indonesia tidak boleh mengetahui dan mempelajari ilmu teknologi yg dikuasai engeiner korsel seperti perangkat elektronic avionic dan radar, kalau menurutku sih karena sudah terlanjur disakiti korsel mendingan bubar aja dan indonesia jalan sendiri kembangkan ifx, masalah ilmu teknologi sistem elektronik avionic dan radar kan sudah terang2 saab swedia menyatakan siap membantu, lha terus apa yg dipertahankan lg dr pegembangan kfx/ifx bersama korsel wong kita udah ditipu telak???? Bubar dan jalan sendiri kebangkan ifx, batalkan kelanjutan changgbogo dan ganti dengan A26 SAAB atau pun scorpen 1800 ton, ini menyangkut marwah' gk perlu menjaga perasaan negara yg jelas menipu indonesia dengan telak wong mereka aja gk perduli dengan perasaan indonesia, lha pemerintah tau kok engeiner kita mampu kembangkan ifx terus buat apa lg memaksakan agar korsel mau mengikuti keinginan renegoisasi yg diajukan indonesia, mereka tidak akan mau sebab bila mereka mau berarti mereka msngakui pada dunia bahwa mereka telah memoroti ilmu teknologi engeiner indonesia, setelah bener2 menelisik kasus pengembangan kfx/ifx hilang respect ku terhadap korsel' ni negara gk pantas jd teman dekat karena maindsetnya udah sama ame negara junjungannya yaitu us yg penuh dengan sifat dengki, picik, tega dan rakus. #bubarkan_program_kfx/ifx
      #indonesia_harus_jalan_sendiri_kembangkan_ifx

      Hapus
    16. Heleeh..itupun tak paham..😁

      Dibagian mananya dari posting ane diatas yang bilang kalau "nasionalis itu orang konyol?"

      LoL

      Paling geli ama orang yg gagal paham trus buat kesimpulan tapi mlintir gini...
      😂😂😂😂

      Hapus
    17. IRS udah kasih contoh Tejas, itu cukup JELAS, ane ga usah panjang lebar lagi...

      bhwahahahahahaa...😁😂

      JF17nya Pakistan?
      Semua udah pada tau realitasnya..

      😂😂😂😂

      Hapus
    18. Mas smiling cuma senyum aja tuh, dia dah males komen soal IFX...

      wes bosen..

      LoL

      😂😂😂😂😂

      IFX?
      Lanjut syukur. Gak yo rapopo..😛

      Hapus
  3. ...Jalan2 ke MRAPI PURBA - JOGJAKARTA, mampir dulu ke Kemukus...kemana yach Gempurwira, biasanya Nyinyir sambil MENDENGUS ?















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
  4. typhonn dibeli, rafale dibeli, f16 viper dibeli, su 35 dibeli, dana bansos corona dikorupsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa yang ada didalam pikiranmu?
      kenapa selalu negatif thingking?

      mungkin otak dan perilakumu sehari hari selalu negatif,
      jadi menganggap semua2 itu selalu negatif dimatamu!!!

      Hapus
    2. Pancen soyo katon yen pak Jokowi kelangan fokus mergo kakeyan memgakomodasi pepinginane partai pendukung 🤷

      Hapus
    3. klo oknum yg korupsi emang mesti dihukum berat sita hartanya masukin jail,, jgn macam kampungnya gempur rasuah 1mdb tak ada yg kena dakwa,, tahniah😄

      Hapus
  5. Segera digenjot pemasarannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikirain lubang pentil doang yg bisa digenjot

      Hapus
    2. Emang lubang pentil kelihatan mas.....sampe umur segini blum nebu lubangnya, pokoke taunya rembes doang 🙄

      Hapus
    3. Pentil ban sepeda mas seng digenjot kompo, dudu seng liyane

      Hapus
  6. @GEMPURWIRA
    Purr pesawat baling² kipas sudah layak utk dijual neh....
    Malingsial tidak punya industri pesawat..karena enginer tolol²....tepi sikit..

    BalasHapus
  7. Sumpah cakep banget fotonya, pesawat kebanggaan Indonesia , N219 Nurtanio Pringgoadisuryo. Doa tulus untuk beliau.

    BalasHapus
  8. Tinggal 25 hari tuk sign kontrak Rafale.

    Indo "nembak" langsung,
    Prancis salah tingkah.

    😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata Prancis:

      " Sabar mase, alon2 wae, ojo grasa grusu, tak delok sek."

      Nah lho! 😂😂😂

      Hapus
    2. korea tepok jidat!!!

      makanya kalau mau ngajak kerjasama, harus adil, jangan mau menang sendiri. bukan berarti kita tdk sanggup bayar...

      buktinya indonesia sanggup, mau beli 48 jet tempur sekaligus dari perancis.

      (biasanya korea gak pernah pelit tehnologi dengan indonesia. ini mungkin karena ada si ASU dibalik tehnologi KFX/IFX yg dikembangkan)

      Hapus
    3. Betol bang @essen

      Mslh kfx/ifx bukan krn gak ada duit atau gak sanggup byr.
      Tp kfx jg pake teknologi si Asu

      Hapus
    4. Essen@ mantap bantingannya bro bisa membuat gempurgila kejang2,panas dan koyak 👍

      Hapus
  9. Satu lagi karya anak bangsa indonesia.

    Moga jadi tonggak kemajuan Dirgantara RI dan bisa bersaing dgn negara lain.

    Bravo PT DI terbaik selalu di Asia.

    BalasHapus
  10. PTMGen 6 sudah mendapatkan sertifikasi lulus uji AssTunnel dari Chewbakka

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut berita UMNO,
      PTM Gen-6 MELON, sedang melakukan uji sertifikasi tahap 69, di planet Mars menuju pluto.
      kemudian dilanjutkan uji kestabilan menghindar tahi kuning di planet namex.

      Hapus
    2. Menurut gempurgila buzzer parti UMNO PTM gen 6 sekarang ini lg sertifikasi failured design di kilang AIRCROD,selanjutnya akan mengikuti uji sertifikasi songlap engine di kilang Destiny Berhad 🤣🤣🤣

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. ...8 anak Genius dari Indonesia ini sungguh MEMBANGGAKAN, bahkan dari mereka ada memiliki IQ 200

    👇👇👇

    https://youtu.be/beMwakaMRA0

    kalau Gempuwira IQ nya berapa yach, ada yang tau ?

















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. IQ gempur 500 lbh maknya semalam diculik UFO ke planet Namex

      Hapus
    2. justru karena si gemPOORwira memiliki pemikiran miring karena IQ nya diatas rata rata lubang jamban.

      Hapus
    3. ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    4. Gempurgila buzzer parti UMNO IQnya cecah 2000 🤣🤣

      Hapus
    5. Klau dri level indek, score gempur 185,34😳😳😲...
      Lumayan tinggi cuma itu terjadi karena kejadian tertentu ( biasane bar kejedot tembok, hbs mati suri, hbs gila, hbs depresi, hbs strees berat, hbs di perkosa, hbs mengalami tekanan economy berat).

      https://www.verywellmind.com/what-is-a-genius-iq-score-2795585%23:~:text%3D70%2520to%252084%253A%2520Borderline%2520mental,130%2520to%2520144%253A%2520Moderately%2520gifted&ved=2ahUKEwjG3IiUnLjtAhXUmuYKHb05AM8QFjABegQIARAF&usg=AOvVaw2FHQDf4dt_5JF07UvEn-tz&cshid=1607218713749

      Hapus
  13. Foto pantulan N219 keren banget ya
    👍👍

    BalasHapus
  14. Jika N219 lulus sertifikasi,
    PTDI akan sangat percaya diri mengembangkan pesawat N245.

    Jelas di sini persoalannya bukan pesawat kipas atau pesawat jet.

    Tapi, bagaimana membuat sebuah benda bisa terbang dan mendarat dgn selamat!

    😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bilang pesawat kipas tehnologinya kalah oleh pesawat jet adalah pemikiran orang orang terbelakang....

      terutama dari negara pendengki malon.

      buat peluru saja belum bisa, sok sokkan kasih analisa tentang pesawat.

      Hapus
    2. Yg terpenting bangun peswat bisa terbang biar kecil pake kipas pun,dan buat kapal bisa cecah air tanpa salah potong

      Hehehhe

      Hapus
    3. betul...
      buat kapal perang saja belum bisa, malah salah potong dan design faillur yang dibuatnya.

      malah sok sokkan alias sok pintar mengomentari hasil kerja negara lain yang sudah bisa buat pesawat sendiri.

      malon malon... tak punya malu!!

      Hapus
    4. Tak punya Malu dan sok angkuh

      Hapus
    5. Mau komen saja, nyaris semua pesawat terbang ukuran sedang ke atas sekarang pakai kipas. :P
      Pesawat terakhir yg dibeli AU yg tidak ada kipas di mesinya itu F-5E/F.

      Hapus
  15. Saya yakin pasti N219 bakal laku di pasaran Afrika dan di Asia kecuali Vanuatu
    ������

    BalasHapus
  16. Kalo di youtube, menhan Prancis mengatakan kontrak 48 Rafale Indo sangat penting krn dapat mendatangkan 7000 pekerjaan selama 18 bulan.

    Wow!
    Tidak sampai 2 tahun, rafale dah dikirim!
    Itu artinya sebelum 2022 Rafale dah ngetem di Natuna, Riau dan Iswahyudi.

    Mantabs!💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo jadi 36 unit,1 skuadron isinya 16 unit klo di taruh di Pekanbaru untuk menggantikan hawk dan hawk denger denger mau di jadikan 1 ke Pontianak juga rumornya mau buat skuadron lagi di NTT ya semoga 4 unit sisanya di taruh di Natuna

      Mantap dah klo gitu,
      Salam dari Sabah, Sabah harus merdeka dari tangan malingsial

      Hapus
  17. Harapan nya PTDi dan balitbang AD bisa lanjutkan lagi Konsep Heli serbu ringan Gandiwa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi bro, file Gandiwa buka lagi. Kebutuhan heli TNI cukup bayak! Masak beli/rakit melulu!

      🤗

      Hapus
    2. Saat ini PtDI msih produksi 17 heli pesanan Menhan.
      8 heli angkut jenis H225
      9 heli Bell 412

      Hapus
    3. Emang konsep Gandiwa sekarang nyampek mana?

      Ntar Penerbad yang udah ngerasain Apache, trus nyodorin spektek yang diinginkan di Gandiwa, bisa puyeng tuh PT DI..

      😂😂😂

      Hapus
    4. Baru konsep design..
      Dan ada 2 design heli serbu ringan dri PTDi Gendiwa dan Bumblebee

      Moga bisa dilanjutkan

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. ditjenpothan Safari Kunjungan Kerja Dirjen Pothan dilanjutan kembali untuk melihat kemampuan Industri Pertahanan dalam negeri. Kali ini rombongan mengunjungi PT Sentra Surya Ekajaya di Tangerang.
    Let's check it out...!

    https://www.instagram.com/p/CIXyH4rjBjL/

    BalasHapus
  20. CNN ini Indonesia, menteri PDI-P kementrian sosial ditangkap KPK karena korupsi dana sosial covid... 🤔🤔🤔🤔hukuman mati? Pembelaan partai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti rezim sekarang tidak tebang pilih. Dari partai berkuasa juga kena tangkap KPK. Dan KPK di rejim ini masih ada taring untuk tangkap koruptor.

      Gue masih ingat kata-kata kau bahwa rezim ini melemahkan KPK dan tidak berani tangkap dari Parti Berkuasa.

      Gak usah ngeeles ye.

      Tinggal tunggu waktu dan tgl mainnya Harun Masiku di tangkap KPK.

      Hapus
    2. Ruw. Otak ditaro kepala bukan ditaro di pantat.

      🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  21. Kemana Harun masukin??? 🧐🧐🧐🧐🧐

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti rezim sekarang tidak tebang pilih. Dari partai berkuasa juga kena tangkap KPK. Dan KPK di rejim ini masih ada taring untuk tangkap koruptor.

      Gue masih ingat kata-kata kau bahwa rezim ini melemahkan KPK dan tidak berani tangkap dari Parti Berkuasa.

      Gak usah ngeeles ye.

      Tinggal tunggu waktu dan tgl mainnya Harun Masiku di tangkap KPK.

      Hapus
    2. Ruw. Otak ditaro kepala bukan ditaro di pantat.

      🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  22. Apakah KPK berani cek kementrian pekerjaan umum?? Apakah berani cek project kereta cepat? Kalau berani usut semua Komisaris BUMN titipan partai.. Rampas hartanya buat beli alutsista

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rampas yo rampas.....ning opo urusane karo kemen PU wong proyek kereta cepat ki kewenangane kem BUMN

      Hapus
    2. Project Kereta Cepat Jakarta Bandung masih jalan sampai sekarang.

      https://bisnis.tempo.co/amp/1402072/wijaya-karya-progres-proyek-kereta-cepat-jakarta-bandung-58-persen

      Hapus
    3. Jawab Isu Komisaris BUMN Titipan, Erick Thohir: Saya Juga Titipan

      https://amp.wartaekonomi.co.id/berita311645/jawab-isu-komisaris-bumn-titipan-erick-thohir-saya-juga-titipan

      Hapus
    4. Punya HP Smartphone tapi yg pakai tidak Smart.

      Ruw pakai hp smartphone bukan cuma nonton bokep atau cari cewek buat lue SSI. Awas Nanti kena kasus chit chat porno lagi kau junjunganmu.

      Ruw. Otak ditaro kepala bukan ditaro di pantat.

      🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  23. PTM Gen 6 sudah prototipe, uji terbang di undur 2030 karena tersusupi enginer Boustead yang goblok dan salah potong



    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  24. 👈👈👈👈 calon pesawat saingan Tempest Gen 6 inggris, PTM GEN 6 BERUK GOBLIN

    BalasHapus
  25. ditjenpothan Safari Kunjungan Dirjen Pothan ke PT. Dirgantara Indonesia di Bandung pada tanggal 1 Desember 2020. PT. Dirgantara Indonesia telah memproduksi pesawat CN-235, CN-295, H-215, NC-212, H-225M, Bell-412EPI, AS--565MBe

    https://www.instagram.com/p/CIR8Nq4j48q/

    BalasHapus
  26. ditjenpothan PT. Pindad telah berhasil memproduksi berbagai macam Alpalhankam diantaranya adalah sebagai berikut:
    Senapan serbu SS2, pistol G2 Premium, SPR-2, Panser Anoa, Medium Tank,Rantis Komodo dan Maung.

    https://www.instagram.com/p/CIUFGieDqPe/

    BalasHapus
  27. Kali pistol Malinov dan senapang Vita naga berapi buatan mana om ?

    BalasHapus
  28. Ambassador Indonesia sedang mengunjungi Naval Group di Cherbourg, Perancis (24-25/11). Kedua belah pihak membicarakan terkait kemungkinan kerjasama antar Indonesia dan Perancis pada Industri Pertahanan, termasuk Capacity Building.
    .
    Naval Group dikatakan berencana untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat atau bagian dari Global Supply Chain bagi Naval Group.
    .
    .
    Dokumentasi : KBRI Paris.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan tertipu lagi dengan janji-janji manis pihak barat .. mereka selalu mencri celah bagaimana mencari benefit sebesar-besarnay bagi diri mereka sendiri..

      Berbeda dengan Chung Kuo .. Kami menawarkan kerja-sama yang saling menguntungkan ke dua belah pihak .. Bagi kami saudara Asia kami Indonesia adalah sahabat sejati kami yang selalu dengan ikhlas kami siap bantu semuanya ..

      Biarkan Asia untuk Asia saja ... Poros Beijing - Jakarta adaah contoh nyata Poros Maritim yang dicita-citakan oleh Presiden Jokowi anda..

      Bersama kita maju menguasai dunia ..

      不要再次被西方的甜言蜜语所愚弄..他们总是在寻找漏洞寻求自己的最大利益。

      不像钟国..我们为双方提供互利的合作..对我们来说,我们亚洲兄弟印度尼西亚是我们的真正朋友,他始终真诚并愿意帮助每个人..

      让亚洲一个人呆在亚洲……枢轴北京-雅加达是您的总统佐科维向往的海事轴心的明显例子...

      我们一起前进,以统治世界..

      Hapus
    2. Urusin Taiwan dan Malon terlebih dulu, kan propinsi yg terpisah dan satunya secara administratif bakal jadi propinsi baru PRC...

      Hapus
  29. sak karepmu lah... sing penting aku isih iso mangan....😂😂🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. yowes sakapmu dewek.
      emang omongan kamu didengar....

      Hapus
    2. dasar anjing kumpeni kowe...

      Hapus
    3. loe disabarin, malah ngelunjak loe...

      Hapus
    4. debat kok nesu...😂😂😂

      Hapus
  30. Tahniah PT.DI,,,,sukses dan jaya selalu dunia aviasi indonesia,,👍😎

    BalasHapus
  31. CNN Indonesia, megawati perintahkan mendikbud nadiem makarim kaji lagi sejarah 65 dan PKI

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasian edandaru, tak pernah dapat perhatian keluarganya. mungkin bapaknya nyesal kawin sama ibunya yang lonte murahan

      Hapus
  32. Selamat hasil uji N219 .. mudah-mudahan ini awal kebnagkitan industri dirgantara Indonsia ke level yang lebih tinggi lagi ..

    Kam,i Chung Kuo selalu bersedia membantu sahabat kami Indonesia dengan ikjlas dan senang hati ...

    Salam dari Beijing

    祝贺N219测试结果……希望这是印度尼西亚航空航天工业向更高水平发展的起点。

    星期四,钟国始终乐意真诚地帮助我们的印尼朋友...

    来自北京的问候

    BalasHapus
    Balasan
    1. Putrajaya dah gila guys...wkwkwkwk sebab tuh nyamar jadi Chung Kuo tuk menghibur diri...wkwkwkwk kasian yah guys

      Hapus
    2. Urusin Taiwan dan Malon terlebih dulu, kan propinsi yg terpisah dan satunya secara administratif bakal jadi propinsi baru PRC...

      Hapus
    3. Ya bejing akan menjadi kekasih sejati indonesia yg membuat wasington cemburu, malon hanya akan jadi tempay berak china dan us disebabkan kebodohan rakyat malon yg sampai ke ubun2 efek mental yg terjajah dikarenakan terus dijajah british sampai 999 tahun kedepan, so what kalau emang china yg mampu memberikan keuntungan sesuai keinginan indonesia kenapa harus memilih kerjasama ame us atau british penjajah yg taunya meggerogoti dan bikin rugi patner kerjasamanya???? Kasian malon digondolin british sampai 999 tahun kedepan,,,malon negara longorrrr 🤧😂🤣😂🤣😜😛

      Hapus
  33. Salam untuk Putrajaya.

    01. Salam bina kapal salah potong 7 tahun tak cecah air
    02. Salam bina kereta kebal 8x8 tempel sticker tak boleh eksport
    03. Salam bina senapan tembak tupai vita berapi
    04. Salam bina tank ugly STRIDE mirip kendaraan sedot tinja
    05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly taming Sari
    06. Salam bina jet PTM Gen 6 hasil mimpi basah onani insinyur top university
    07. Salam bina drone ugly nyamuk
    08. Salam bina kereta terbang untuk grab antar galaxy
    09. Salam bina kereta proton tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
    10. Salam Komando letupkan wanita hamil
    11. Salam komando tewas saat demo tembak teman sendiri
    12. Salam komando pingsan saat latihan berbaris
    13. Salam kapal selam tak bisa selam sebelum mro
    14. Salam kapal kaleng hutangan dari cina untuk lawan cina
    15. Salam kapal rusak oleh jaring nelayan
    16. Salam kapal kargo untuk kapal militer Bunga pasir 5
    17. Salam jet hornet meletup guna parade aja
    18. Salam MKM 18 hanya 4 yg boleh terbang
    19. Salam mig29 grounded semua
    20. Salam kilang MRO pesawat lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
    21. Salam nuri lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
    22. Salam heli kecik tak datang2 DP 30% hangus di gondol najib
    23. Salam engine jet hilang di songlap
    24. Salam askar penjaga istana bagai anjing british selama 999 tahun
    25. Salam eject kat hanggar world record 2 kali
    26. Salam kapal militer kena sita
    27. Salam Mantan PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
    28. Salam Judi halal daulat tuanku
    29. Salam calon PM tikam menikam Homo berhomo ria
    30. Salam RFI dan kajian banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya tak
    31. Salam tak punya marine, kapal LPD, hali attack, dan SPH
    32. Salam Budget Pendidikan 2021 RM50 BILLION tapi OTAK 1CC
    33. Salam JF-17 Versi PRANK
    34. Salam UCAV Versi PRANK
    35. Salam MPA BAHARU Versi PRANK
    36. Salam APC GUARDIAN Versi PRANK PBB
    37. Salam Budget Pertahanan 2021 RM16 BILLION di Bagi 5 hanya cukup beli Boat Kecik Pemintas.
    38. Salam ATM perang lawan Ayam dan Anjing Di LAHAD DATU
    39. Salam TUDM ngebom Pohon Sawit dan Pokok Pisang di LAHAD DATU
    40. Salam UPGRADE 3unit CN 235 dari hasil DERMA ke USA
    41. Salam di Ceroboh 89x Bomber China
    42. Salam BASECAMP CHINA COAST GUARD & PLA NAVY di BETING PATINGGI ALI
    43. Salam Hutang PANDA BOND China dibayar dengan SAMURAI BOND Jepang
    44. Salam PROPINSI BARU CHINA "CHINAYSIA"
    45. Salam PINOY Prepare To Take Over SABAH
    46.Salam JOHOR BAHRU & SARAWAK MERDEKA
    47. Salam NAJIB & ROSMAH Tak Masuk Jail
    48. Salam FEE Komisi 70% Kroni, Jerung Orang Tengah
    49. Salam di ceroboh 100x APACHE Singapur
    50. Salam Pesawat CESSNA gotong AMRAAM buat Gantiin MIG29 GROUNDED
    51. Salam tak Punya Pesawat Kepresidenan Boeing Business Jet
    52. Salam Budget Pertahanan di Bawah Mantan Propinsi Singapur
    53. Salam Budget Pertahanan di bawah Philippines
    54. Salam Sewa 2biji Heli Mi8
    55. Salam Tak punya Heli Attack dibawah Bangladesh
    56. Salam 30% penduduk China, 20% penduduk Bangla
    57. Salam jual air Bersih Murah Ke Singapur
    58. Salam Armed Forces Of Sulu & Armed Forces Of The Philippines
    59. Salam 4unit LeMaS FFBNW Ompong (Fitted For But No Weapons)
    60. Salam NSM Versi PRANK
    61. Salam Missile Otomat, Sea Skua, Aspide, Exocet MM BLok II, JERNAS Zaman Batu, Lapuk & Expired.
    62. Salam laporan bank dunia jg mendedahkan hutang Malon cecah 241% PDB dan ekonomi menguncup -17,1% pada masa pandemi covid-19
    63. Salam LCS MAHARAJALELA Museum & Casino Darat cabang GENTING Highland
    64. Salam tidak punya MERAD (Medium Range Air Defense)
    65. Salam MRSS Versi PRANK
    66. Salam MRCA Versi PRANK
    67. Salam LCA/FLIT Versi PRANK
    68. Salam Tak Punya Medium Tank
    69. Salam Tak Punya LST
    70. Salam Negara MEMBER FPDA PALING LEMBIK & PONDAN

    Salam terlemah ASEAN
    Salam Kedekut ASEAN
    Salam lawak ASEAN
    Salam Rank 44 Badut ASEAN
    Salam selevel Timor Leste

    🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥Panas...Panas...Panas...Panas nih pisang
    🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

    BalasHapus
    Balasan
    1. SALAM Untuk Putrajaya

      71. Salam Credit Leasing ATV 18 bijik.
      72. Salam Credit Leasing Scrambler Motorcycle 10 bijik.
      73. Salam 110.000 PATI CHINA & 30.000 PATI BANGLA Disambut Karpet Merah.
      74. Salam AW 139 Helos Versi PRANK
      75. Salam TDM TEWAS ditembak Senapan Angin Penyelundup

      Salam terlemah ASEAN
      Salam Kedekut ASEAN
      Salam lawak ASEAN
      Salam Rank 44 Badut ASEAN
      Salam selevel Timor Leste

      🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥Panas...Panas...Panas...Panas...Panas nih pisang 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      🐵🐵🐵🐵🐵🐵🐵🐵🐵🐵🐵🐵🐵🐵🐵🐵🐵🐵🐵

      🐒🐒🐒🐒🐒🐒🐒🐒🐒🐒🐒🐒🐒🐒🐒🐒🐒🐒🐒

      🦧🦧🦧🦧🦧🦧🦧🦧🦧🦧🦧🦧🦧🦧🦧🦧🦧🦧🦧

      🐖🐖🐖🐖🐖🐖🐖🐖🐖🐖🐖🐖🐖🐖🐖🐖🐖🐖🐖

      🐷🐷🐷🐷🐷🐷🐷🐷🐷🐷🐷🐷🐷🐷🐷🐷🐷🐷🐷

      🐗🐗🐗🐗🐗🐗🐗🐗🐗🐗🐗🐗🐗🐗🐗🐗🐗🐗🐗

      🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus