19 September 2021

PAL Pilih Desain Babcock untuk Proyek Kapal Fregat Kemhan

19 September 2021

Desain kapal Arrowhead 140 dengan beberapa varian mast seperti yang dipamerkan dalam DSEI 2021 di London (photo : NavalNews)

Kapal ini akan mengusung Main Engine dengan spesifikasi 4 x 9100 kW. Pasokan tenaga tersebut mampu memacu kapal dengan maximum speed sampai dengan 28 knot dengan kondisi MCR (full boad), Endurance pada 18 knot sebesar 9.000 NM. Kapal Frigate nantinya juga akan dilengkapi dengan Diesel Generator 4×1360 kW dan emergency D/G 1X180 kW. Untuk kemudahan manuver, kapal ini dilengkapi dengan  Bow Thruster sebesar 925 kW.

Renacananya, pembangunan Kapal Frigate akan dikerjakan dalam kurun waktu 69 bulan. Kapal frigate juga akan dilengkapi dengan rudal sebagai bentuk sistem pertahanan udara, spesifikasinya yakni :
-peluncur rudal vertikal jarak sedang (vertical launcher missile Surface to Air medium range) 3×8 cells, 
-peluncur rudal vertikal ke udara dengan jarak jauh (vertical launcher missile Surface to Air long range) 4×8 cells, dan
-peluncur rudal vertikal ke permukaan ke permukaan jarak jauh (vertical launcher missile surface to surface long range) 2×8 cells,
yang mana akan dilakukan proses pemasangan dengan sistem Fit For But Not With (FFBNW)

Dengan ditandatanganinya Licence Agreement antara PT PAL Indonesia (Persero) dan Rosyth Royal Dockyard Ltd (Babcock) sebagai Penyedia Desain, menambah kesiapan PT PAL Indonesia (Persero) pada tahapan pengerjaan 2 (dua) unit Kapal Frigate sehingga kedepannya dapat menambah prestasi dalam negeri pada kemandirian produksi Alutsista untuk Indonesia.

(PAL)

227 komentar:

  1. Setelah sekian lama akhirnya pertamax

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mumpung menhan lagi di Inggris

      Sekalian borong second hand herky J & frigat type 23

      Lumayan buat stop gap sekalian belajar sambil nunggu yg baru2 datang.

      Hapus
    2. Menunggu 69 bulan masih lama...

      Belum lagi sea trial & lengkapi persenjataan nya bisa tambah 5 tahun lagi.

      Fremm stop gap nya pakai maestrale class.

      Iver huitfield babcock stop gap nya pakai type 23

      Wuihh cakep.

      Hapus
    3. 69 bulan untuk 5 kapal ngga lama ya...

      Hapus
    4. 69 bulan total lama pengerjaan.

      Bukan 1 unit selama 69 bulan.

      Bisa saja unit pertama sudah diluncurkan di bulan ke 48 atau 4 tahun.

      Justru yg lama nanti tambah sea trial sekitar kurang lebih 1 tahun.
      Karena kita menganut FFB NW itu juga ngelengkapi persenjataannya bisa sampai 5 tahun.

      Hapus
    5. 69 bulan itu termasuk penyiapan fasilitas produksi modul-modulnya dan juga persiapan bagi Lundin utk membangun fasilitas produksi bagian kapal yg terbuat dari bahan karbon komposit spt spt tiang radar utama, tiang radar belakang dan bagian-bagian lainnya didalam lambung kapal

      Hapus
    6. 69 bulan itu juga termasuk penyiapan SDM utk dikursuskan ttg filosofi desain AH-140, membangun jaringan vendor komponen.....juga penyiapan LC utk mengimpor SEWACO yg prosesnya cukup makan waktu

      Harapannya nanti pada batch selanjutnya, proses produksi nya menjadi lebih cepat karena sdh mengalami kurva pembelajaran ☝️

      Hapus
    7. Fremn stop gapnya maestrale
      Arrowhead 140 stop gapnya type 23
      Mogami stop gapnya murasame
      Masing masing 2 unit total 6 unit mantab.... Ngeri ngeri sedap...

      Hapus
  2. MANTAP Spesifikasinya guys PT PAL sendiri yang mengatakan MUANTAB Wkwkwkwkw




    ======


    Renacananya, pembangunan Kapal Frigate akan dikerjakan dalam kurun waktu 69 bulan. Kapal frigate juga akan dilengkapi dengan rudal sebagai bentuk sistem pertahanan udara, spesifikasinya yakni :
    -peluncur rudal vertikal jarak sedang (vertical launcher missile Surface to Air medium range) 3×8 cells,
    -peluncur rudal vertikal ke udara dengan jarak jauh (vertical launcher missile Surface to Air long range) 4×8 cells, dan
    -peluncur rudal vertikal ke permukaan ke permukaan jarak jauh (vertical launcher missile surface to surface long range) 2×8 cells,
    yang mana akan dilakukan proses pemasangan dengan sistem Fit For But Not With (FFBNW)

    BalasHapus
  3. VLS nya ditaruh di bagian mn itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Design aslinya pada bagian Tengah kecuali kalau PAL design baru di tambah di bagian depan.

      Hapus
    2. Sing penting ojo di taruh ngone tonggo😁, ruwet mengkoπŸ˜‚

      Hapus
  4. - fregat akan dibangun pada 69 bulan
    - 24x VLS rudal darat ke udara jarak menengah
    - 32x VLS rudal darat ke udara jarak jauh
    - 16x VLS Rudal permukaan ke permukaan jarak jauh

    Kasihan SEBELAH tu lagi-lagi ketinggalan Jauh wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ad yg mau nazar ga isian sam nya?

      1. Medium sam ? Vl mica atau sea captor.

      2. Long range sam ? Aster 30 atau sm-2/3?

      Larbug depane gempurgila...πŸ‘€πŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ

      Hapus
    2. Isian ssm nya klo pke vls naga naganya bakal brahmos atau yakhont ne... Asekkkkkkk

      Hapus
  5. Baca ni Pur 2 unit fregat Iver Huitfeldt dengan desain Arrowhead 140 akan dibangun PT PAL sepenuhnya selama 69 bulan,yang LCS MANGKRAK tu tepi sikit Wkwkwkwkw


    ========


    Dengan ditandatanganinya Licence Agreement antara PT PAL Indonesia (Persero) dan Rosyth Royal Dockyard Ltd (Babcock) sebagai Penyedia Desain, menambah kesiapan PT PAL Indonesia (Persero) pada tahapan pengerjaan 2 (dua) unit Kapal Frigate sehingga kedepannya dapat menambah prestasi dalam negeri pada kemandirian produksi Alutsista untuk Indonesia.


    =====


    Renacananya, pembangunan Kapal Frigate akan dikerjakan dalam kurun waktu 69 bulan.

    BalasHapus
  6. Good for you guys..diharapkn pembinaannya segera dimulai..dalam masa yang sama bns siapkan lcs 1 dan 2..iya beda kelas dong..babcock lebih gede lebih besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kontraknya sudah efektif awal tahun 2021 Kemarin

      Hapus
    2. Siap lah tinggal potong aja,
      Selain Babcock untuk proyek dlm negeri ada Fremm,dan mogami yg masih proses.

      Hapus
  7. Tni bagus punya babcock..tp planning kita jelas batch 1 lcs 3100 tan buat asw frigate..batch 2 lcs buat aaw frigate lbih besar..disamping lms batch 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gw iyain aja deh mat..asal kamu senang..

      Wkwkwkkwkwkkwkwkkkkwkkwkwkwkkwk

      Hapus
    2. Nih kamu tonton dulu penjelasan dari orang malaysia asli. Bahwa lms itu type kapal penjaga pantai dangkal apabila di samakan tugasnya sama aja dengan coastguard class.
      Sumber : https://youtu.be/hOqTCba5el8

      Hapus
    3. Ngantuk gua🀣🀣

      Hapus
  8. Jadi Maestral class akan hadir lbh dulu di tanah air

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rencananya seperti itu

      Maestrale class buat stop gap FREMM.

      Hapus
    2. Stop gapnya nya arrowhead 140 mestinya type 23
      Dan stop gapnya mogami moga moga murasame class destroyer
      Masing masing 2 unit total 6 unit
      Ngeri ngeri sedap... KL makin ketinggalan.... Wkwkwkwk

      Hapus
  9. 69!πŸ˜€πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜‘

    BalasHapus
  10. Awas ada yg jealous..

    Wkwkwkkwkwwkwkwkwkkwkkkwkwkwwkkwwkwkwk

    BalasHapus
  11. Nah, mengisi 69 bulan program interimnya gimana nih 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maestral class,murasame class( berharap datang duluan)πŸ˜„

      Hapus
    2. Dengan opsi 3 FREMM yang dibangun di Italia sudah bisa ngisi interim πŸ˜‚

      Hapus
    3. Kita doa aja semoga gak ada kendala pembuatan kapal Iver mutant ni.

      Hapus
    4. 69 bulan itu untuk menyelesaikan 2 fregat

      Hapus
    5. Bro @Nusantara, kalo di liat pengalaman Pal dalam membangun BRS and klaim nya Pal jg dapat membangun beberapa kapal sekaligus, harus 2 langsung bisa

      Hapus
    6. Interim programnya. ....antara hibah type 23, penuntasan upgrade MRLF dan Sigma class tapi bisa juga nambah PKR

      Hapus
    7. Interimnya fremm... Maestrale 2 unit,
      Interimnya Arrowhead 140... Type 23 2 unit,
      Interimnya mogami.... Murasame class 2 unit
      Ngeri ngeri sedap....

      Hapus
  12. Balasan
    1. Situ yang terlalu lama pahamnya.
      Emang bikin lontong, semalam kelar..

      Longor.
      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Mangkanya interimnya ada maestral dan berharap dapat dari jepang jg

      Hapus
    3. 69 bulan alias 1,9 tahun buat 2 kapal kok dibilang lama,tengok sebelah buat 1 kapal ajapun 11 tahun gk siap2 wkwkwk

      Hapus
    4. 4-5 th lah...sdh termasuk sea trial dan all weapon itu..

      Hapus
  13. Iver batal ganti arrow head, walaupun mereka blg ah ini iver, jelas beda pal buat dari nol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro anda tau OMT Denmark yang buat iver hiutveldt itu dah bangkrut Hak patennya udah diambil babcock nah PT PAL disini beli lisensi dulu untuk design nya ngab nanti dimodifikasi misal panjang 140-143 meter (yang asli 138.7 meter dari iver atau Arrow head)

      Hapus
    2. Amin ... Mudah-mudahan tak mengalami nasib yang sama seperti KD Maharajalela .. yang mencoba upgrade dari 2,500 ton aslinya ke 3,100 ton itu ... tetapi Gagal Total ..

      Hapus
    3. Heavy FRIGATE, lah..Iver rasa Babcock...
      Pabrik denmark habis, ambil sama babcock, employee pasti di rekrut lah yg sesuai YG DI PERLUKAN babcock.

      Hapus
  14. Padahal kalo ngambil iver vida dapat 4 unit tanpa modif, lahhh ujungnya iver gagal diganti arrowhead dibuat di pal dari nol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memangnya cukup dana sekitar 10 Triliun bisa bangun 4 kapal ? πŸ˜‚

      Hapus
    2. TONG ah-140 itu cuma ambil design bukan beli kapalnya.ambil design untuk IVER... Ah-140 itu versi πŸ‡¬πŸ‡§ dari IVER atau nama lainnya TYPE 31

      Hapus
    3. Mo gimana lg.. Odense denmark sudah tutup.. paten iver skarang sdh dipegang babcock..

      Hapus
  15. Kenapa banyak orang bilang "iver" bakaln jadi sekelas light frigat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAN KEMREN ada yg bocoran alias berita klw cuma PAKEK 32xVLS MICA bro dengan 8xMM 40 EXO Block 3

      Hapus
    2. Karena mengarah ke racikan menhan periode sebelumnya mungkin πŸ˜‚

      Hapus
    3. Bagi negara seperti US atau Inggris itu kapal jenis light frigate kali ya karna seperti US kaga maen yg kecil2...sekali bikin langsung destroyer...jd tergantung negara mana yg beli atau bikin😁

      Hapus
  16. https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1904809159679463&id=1222648834562169&m_entstream_source=timeline&__tn__=%2As%2As-R

    BalasHapus
  17. 69 bulan baru jadi itupun kapalnya bagaimana dgn persenjataannya...?, lebih lama lagi pengadaannya apalagi pake vls bisa tambah 3 taon lagi total jenderal 9 taon baru jadi kaprang, buat kerjaan aja kalo bisa dipersulit ngapain dipermudah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngomong atas dasar ? πŸ€”

      Hapus
    2. Berharap aja 69 bulan dimanfaatkan secara maksimal tanpa delay sana sini yg bikin bengkak anggaran om..

      Apa yg dialami sebelah malah sdh memberi kita sbuah pelajaran..

      Hapus
    3. Toh juga ni baru awal PAL ilmu belajar buat kapal perang sekelas Heavy Frigat dri nol.klo dah terbiasa bisa cepet.

      Hapus
    4. Kenapa lama
      Iya memang seperti itu buat kapal perang combatan yg besar.
      Karena sistemnya complex & perlu efforts buat integrasi sistem CMS & persenjataannya.

      Beda dengan buat kapal perang non combatan seperti LPD.

      Hapus
    5. 69 bulan alias 1,9 tahun digunakan untuk buat 2 kapal AH-130 kok dibilang lama,masalah platform VLSnya sekalian jg dibuat,jadi apanya yg lama

      Hapus
    6. 69 bulan itu sama dengan 5 tahun 9 bulan bukan 1,9 tahun.

      Buat 1 kapal kemungkinan selesai 4 tahun.

      Kemudian menyusul kapal ke 2 selesai.jaraknya antara 1 hingga 2 tahun kemudian dari kapal pertama selesai.tergantung keel layingnya.

      Hapus
    7. Cost of Learning untok MANDIRI memang sangat mahal .. Kami menghabiskan hampir RM9.0 billion untok itu . Tetapi kami ikhlas kerana dengan cara seperti Boustead kami akan lebih expert dan handal lagi dalam membuat bewrbagai macam kapal-kapal perang lainnya untok TLDM di hadapan nanti ...

      Hapus
    8. Ikhlas dgn kebodohan BNS ya gt ya.
      Handal kah?πŸ˜ƒπŸ˜„

      Hapus
    9. GUE IYAIN aja deh...
      Jika Malay ingin LCS nya SIAP..

      TENDANG BASTARD eh BOUSTEAD jauh2...!!!😏😎😎

      Hapus
    10. Unknown* BNS salah potong ko bilang expert dan handal,ko nih sehat lon wkwkwk

      Hapus
    11. Garuda ngepak gak perlu ngatainlah

      Hapus
    12. Cost of learning mandiri memang lah besar kalau tidak diikuti kepakaran dan moral firma dan pejabat kerajaan.... Dan sudah di ulang berkali kali sampai ganti PM, coba projek kedah 27 unit songlap 6 unit utk selesai ganti shipyard, gagah kelas training ship 2 unit mula 2011 finish 2017 sempat skandal bank, LCS maharaja lela 6 unit dana RM 9 billion mangkrak utk finish tambah dana dan terakhit opv destiny mula 2017 mangkrak hingga skrg 2021...baru kontrak lms 2019 batalkan tot dikerjakan wuhan baru finish... Artinya industri galangan kapal militer malon /Firma dan pejabat kerajaan bermasalah.... Harus dibongkar itu mafianya...serahkan hukum... Baru bisa malon keluar dari benang kusut... Jangan nyinyir sama jiran dan sok jaguh... Dan menghina... Situ punya penyakit yg belum bisa disembuhkan...

      Hapus
  18. Salman19 September 2021 08.32
    Padahal kalo ngambil iver vida dapat 4 unit tanpa modif, lahhh ujungnya iver gagal diganti arrowhead dibuat di pal dari nol

    Balas

    Sama saja jika Iver huitfeldt yang terpilih bakal dibangun dari nol juga di PT PAL πŸ˜‚

    BalasHapus
  19. Logika saya jika AH140, Mogami dan FREEM jadii diambil (total 16 unit), kapal jenis corvet apa dalam gugus tugasnya? OPV 90m, DPN class atau REM class?

    Sangat bagus jika gabungan ketiganya. Berarti ada penambahan corvet besar-besaran juga

    BalasHapus
  20. https://scsbrief.substack.com/p/what-is-happening-in-indonesias-natuna

    BalasHapus
  21. Setelah Indonesia mengerahkan rig pengeboran Noble Clyde Boudreaux untuk melakukan kampanye pengeboran penilaian di Blok Tuna pada akhir Juni, kapal China Coast Guard 5202 diamati di sekitar lokasi pengeboran.

    Citra satelit menunjukkan CCG 5202 berada sekitar tiga mil laut dari Clyde Boudreaux pada 3 Juli 2021.


    Data pelacakan kapal menunjukkan bahwa Badan Keamanan Laut Indonesia (Bakamla) mengerahkan tiga kapal patroli KN Pulau Dana (323), KN Pulau Marore (322), dan KN Tanjung Datu (301) ke lokasi, satu demi satu.

    Pada 18 Juli, CCG 5202 menyalakan sinyal AIS, memastikan keberadaannya di dekat rig pengeboran.


    Kali ini dibayangi kapal perang Angkatan Laut Indonesia (TNI-AL) KRI John Lie (358). Jakarta telah meningkat dengan mengerahkan Angkatan Laut.


    Pada pertengahan Agustus, China mengerahkan kapal yang lebih besar, CCG 5305 untuk menggantikan CCG 5202. Energy Voice pertama kali melaporkan keberadaan kapal Penjaga Pantai China pada 20 Agustus.

    ( Faktanya, saya yang pertama kali melaporkan di Twitter :)).


    Pada 27 Agustus, CCG 5305 terlihat sekitar dua mil laut dari Clyde Boudreaux. Dikawal ketat oleh korvet KRI Bung Tomo (357) TNI AL.


    Pada 31 Agustus, China mengirim kapal survei Haiyang Dizhi 10 ke daerah tersebut. Data pelacakan kapal menunjukkan bahwa kapal itu berlayar ke Tuna Block dan mendekati Clyde Boudreaux pada jarak kurang dari sepuluh mil laut.


    Kapal yang dikawal CCG 4303 itu kemudian melakukan survei Zona Ekonomi Eksklusif dan Landas Kontinen Indonesia.

    Data pelacakan kapal menunjukkan bahwa kapal tersebut beroperasi di wilayah “tumpang tindih” antara Landas Kontinen Indonesia dan apa yang disebut Nine-dash line, yang ditolak oleh putusan Majelis Arbitrase pada tahun 2016.

    Sumber mengatakan kepada saya bahwa fregat Tipe 054A Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat juga diamati di daerah tersebut.


    Kemudian datang Angkatan Laut AS!

    Setelah memasuki Laut Cina Selatan pada tanggal 5 September, US Carl Vinson Carrier Strike Group terlihat beroperasi di bagian barat daya laut pada 9 September. Sebuah kapal perusak Tipe 052 atau 052D terlihat membayangi kelompok serangan kapal induk.


    Kompas kemudian menjadi surat kabar besar pertama di Indonesia yang memberitakan keberadaan Haiyang Dizhi 10 dan situasi di Laut Natuna.

    Pada 10 September, China memperkuat pasukan Penjaga Pantainya di bagian selatan Laut China Selatan dengan mengerahkan lima kapal 2305, 3304, 5302, 2305, dan 6307 ke Kepulauan Spratly.

    Ketik email Anda…
    Langganan
    CCG 2305 dari Ningbo (Subbiro Laut China Timur), dan CCG 6307 dari Qingdao (Subbiro Laut Utara). Mereka dikerahkan ke Laut Cina Selatan untuk memperkuat Subbiro Laut Cina Selatan.

    Selain itu, CCG 5303, 5203, 5305, 4303, 5401, 3302, dan 5103 telah berada di area tersebut. CCG 3302 berlayar dari Scarborough Shoal kembali ke Mischief Reef.


    Kapal induk Shandong China juga meninggalkan Sanya dan berlayar ke selatan. Itu terlihat di barat laut Kepulauan Spratly pada 11 September.


    Ada kemungkinan bahwa ia bermanuver untuk menghindari badai tropis Conson, tetapi kita tidak dapat mengesampingkan bahwa China memiliki sesuatu yang lain dalam pikiran.

    Kapal Coast Guard tidak bergerak untuk menghindari Conson karena jika itu terjadi, mereka akan berlayar ke Guangdong atau Guangxi untuk berlindung, bukan dari Hainan ke Kepulauan Spratly. Berbeda dengan kapal induk yang tidak memiliki pelabuhan alternatif di kawasan tersebut

    BalasHapus
  22. Kebanyakan gaya, pkr105 beli lisensi yg dibuat cuma 2, skrg ah dilisensi gak tau jlhnya rencana 2 unit mau dibuat, abis itu mau beli mogami plus tot + licensi sekitar 6 unit smntara ah dibuat di pal makan 6 taon pembayaran pake lender, lawak apa ini wowo sebenarnya....?, udah benar program pengadaan yg telah disusun olh menhan terdahulu tapi diacak2 olh wowo,terakhir uang abis, badan capek barang gak jadi, liat nanti abis jokowi ganti presiden baru belum tentu jadi itu barang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lu gblk, kebutuhan alutsista yg akan datang itu harus yg gahar, kalo lu ngandelin pkr malah jadi bahan bullying cino gblk

      Hapus
    2. Tak usah repot2 mikir bro salman

      Hapus
    3. PKR kl dihantar ke LCS kapal CCG malah ketawa-ketiwi bro wkwkwk

      Hapus
    4. Ada pengadaan bremen dulu dan penambahan f2000

      Hapus
    5. Belum liat kapal destroyer cina...kapalnya kecil2 ya rupanya

      Medannya nanti LCS boy.

      Kemarin ja parchim class shadowing kena gelombang air dari kapal cina aja goyang... Lalu ambil sikap jaga jarak.

      Hapus
    6. Hehehehe .. Lupa ya bahwa Prabowo itu adalah politician ... pintar berkata-kata dan bermanuver untuk menaikan electability ketika pilihan raya dengan cost yang sejimat-jimatnya ...

      Sebagai Menhan .. manuver pembelian FREEMM, Iver, Rafale etc adalah masih dalam domain atau kuasa-nya .... soal apakah nanti terwujud atau tidak .. itu urusan rezim yang berkuasa nanti yang akan memutuskan ... tetapi yang pasti Prabowo berharap besar bahwa dirinya akan terpilih menjadi Presiden Indon di tahun 2024 nanti ... tetapi jikapun kalah .. Prabowo tetap akan dikenang oleh rakyat Indon sebagai Menhan TERBAIK sepanjang sejarah Indon ..

      Hapus
    7. Unknown* eleh bucu kutil sok ngurusin politik Indonesia,sana urus negaramu yg hancur lebur itu

      Hapus
  23. Salman19 September 2021 08.41
    69 bulan baru jadi itupun kapalnya bagaimana dgn persenjataannya...?, lebih lama lagi pengadaannya apalagi pake vls bisa tambah 3 taon lagi total jenderal 9 taon baru jadi kaprang, buat kerjaan aja kalo bisa dipersulit ngapain dipermudah


    Etdah MANUSIA SATU INI pengetahuan militer secupak tapi komennya macam PENGAMATAN MILITER PRO...

    69 bulan itu berarti kedua kapal jadi dalam waktu 5 tahun,satu kapal 2,5 tahun... Untuk urusan VLS pemasangannya tidak sampai 3 tahun tong itu kapal pake sistem MODULAR PLUG n PLAY termasuk pengujian sistem senjata paling lama 6 bulan selesai,tinggal pasang doang.kenapa 69 bulan sebab PAL baru pertama buat kapal perang bertonase ±7000 ton.klw sudah terbiasa liat STAR KARGO 50 yg tonasenya 50.000 tong cuma 1-1,5 tahun buatannya.


    NGASO LAGI SONO TONG

    BalasHapus
    Balasan
    1. Qt liat nanti ya, udah ada contohnya pkr 105,qt liat nanti brpa taon dia jadi apa iya 2,5 taon 1 kapal liat contoh yg ada pkr105, itu ah 1 kapal makan 6 taon makanya dibuat berbarengan

      Hapus
    2. Ehh. PAL diatensi sama Turki,dan Jerman.
      CMIIw

      Hapus
    3. Mari kita lihat kdepan aja om.. mau mendikte apapun pekerjaan tetap ada di tangan PT PAL..

      Kecuali klo situ salah satu insinyur yg akan terlibat..

      Hapus
    4. Bukanya langsung inggris bung garuda

      Hapus
    5. Nikmatin aja prosesnya,PAL bakal sibuk loh bukan buat kapal frigat aja tp ada kasel nanti.
      Toh nanti ada Maestral class,atau murasame class interimπŸ˜ƒ

      Hapus
    6. Janganlah bung @Ricochet, orangnya pesimis kyk gitu malah kgak jadi2😁😁😁

      Hapus
    7. Kasel masih blm jelas bung garuda

      Hapus
    8. Yowes om KAMERAD.. klo bro salman msh ga bisa move on dari PKR.. suruh dia bikin sendiri yg batch 3 & 4 nya..

      Itung2 ada yg mau sumbang aset & tenaga.. πŸ˜†

      Hapus
    9. Hehehehe .. Aneh betol Indon ini ... Project BARU MAHU AKAN kok sudah diribotkan dari sekarang ....

      Hapus
    10. Projek dah tinggal potong baja aja.

      Aneh ya yg slah potong masih aja bual disiniπŸ˜›πŸ˜ƒ

      Hapus
    11. Lah iya..PAL KOLABORASI dengan Jerman dan Turkey !!! Jadii ngga sendirian maen hantam kromo kek sebelah..

      ITU LAH PROFESSIONAL namanya..
      Jika sudah TERBIASA, BARU TERJADI YG NAMANYA : MANDIRI .

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. https://www.cnbcindonesia.com/news/20210918192046-4-277362/ribuan-kapal-china-serbu-natuna-begini-penjelasan-bakamla-ri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah masak ribuan, gblk nya kelihatan

      Hapus
    2. Kemarin sudah di cek patroli udara nggak ada.. Itu cuma hoax.

      Hapus
    3. Yg ada cuma 1 kapal gede Kunming yg terlihat,jdi spt ribuan kapalπŸ˜„

      Hapus
    4. Kalo ada paket internet sila lihat di YouTube panglima armada I dah patroli udara pake pesawat dan di cek dari udara gk ada ribuan kapal cina serbu natuna,jgn percaya sama berita hoax yg dibuat kadrun

      Hapus
    5. Sebelumnya, Sekretaris Utama Badan Keamanan Laut Laksda S. Irawan dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (13/9/2021) mengatakan bahwa ada ribuan kapal milik Vietnam dan China yang masuk perairan Natuna, dekat Laut China Selatan. Kapal-kapal tersebut, dianggap mengganggu aktivitas pertambangan kapal Nasional.

      "Kalau kita lihat di pantauan radar atau pantauan dari Puskodal kami, sampai saat ini di daerah overlapping itu masih ada 1, 2, 3, 4, 5, 6 kapal-kapal Vietnam, pantauan radar, termasuk kapal-kapal coast guard China," kata Irawan, Senin (13/9/2021).

      "Begitu dilihat kasat mata ataupun langsung pengamatan udara, itu bahkan sampai ratusan, mungkin ribuan kapal yang ada di sana," imbuhnya.

      Di kesempatan yang sama, Irawan juga menyebut ada ratusan atau ribuan kapal China dan Vietnam yang memasuki perairan Indonesia di Natuna Utara. Kapal-kapal tersebut tidak terdeteksi radar.

      Hapus
    6. Klarifikasi udah kok...Beruk malon mana UPDATE..😜

      ITU RIBUAN kan ga dibilang waktu nya , lewat mana saja..namanya juga daerah lalu lintas..yg puluhan ribu lah klo dari tahun2 berlalu..πŸ™‚πŸ˜Ž

      Hapus
  26. Jakarta, CNBC Indonesia - Kepala Bagian Humas dan Protokol Badan Keamanan Laut (Bakamla) Kolonel Wisnu Pramandita menjelaskan soal kondisi di Laut Natuna Utara (LNU) yang dihuni ribuan kapal asing, terutama kapal China dan Vietnam.
    Seperti diketahui, ribuan kapal asing bercokol di LNU membuat geger publik di Tanah Air beberapa hari terakhir. Kapal-kapal itu dilaporkan masuk ke Natuna bagian utara, masuk Laut China Selatan (LCS), yang merupakan teritori Indonesia.

    Wisnu menjelaskan bahwa kata 'ribuan' yang disampaikan oleh Sestama Bakamla Laksda TNI S. Irawan itu bermakna umum, tidak dalam waktu yang berdekatan dan juga mencakup Laut China Selatan.



    "Laut Natuna Utara kan berbatasan langsung dengan Laut China Selatan," ujar Wisnu, seperti dikutip dari keterangan resmi Bakamla, Sabtu (18/09/2021).

    Dia menyebut bahwa ribuan kapal asing yang hadir dipengaruhi faktor geografis LNU yang berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan.

    "Laut Natuna Utara memang banyak kapal asing karena wilayah tersebut merupakan pintu masuk dari dan keluar lalu lintas kapal yang melalui Selat Sunda dan Selat Malaka," tutur Wisnu.

    PILIHAN REDAKSI
    Heboh Kapal China di Natuna Ganggu Tambang, RI Kirim Protes?
    Tegang! Kapal China Makin Wara-wiri di Laut Natuna RI
    TNI AL Patroli Udara di Natuna: Tidak ada Kapal Perang Asing!
    Lebih lanjut Wisnu menjelaskan bahwa Bakamla sedang mengajukan rekomendasi kebijakan dan strategi guna menghadapi situasi di perbatasan laut ke Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam). Kebijakan itu termasuk menjaga perbatasan di Laut China Selatan.

    Dalam rekomendasi tersebut, menurutnya tidak hanya diperlukan kehadiran aparat, tapi juga pelaku ekonomi, termasuk nelayan dan kegiatan eksplorasi minyak dan gas bumi di bawah wewenang Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), serta kegiatan penelitian.

    Selain itu, Bakamla juga menyusun rencana aksi terkait rekomendasi itu, salah satunya mendorong konsep pembentukan Nelayan Nasional Indonesia.

    Saat ini, Bakamla tengah menyusun rencana aksi terkait rekomendasi kebijakan tersebut, salah satunya adalah mendorong konsep pembentukan Nelayan Nasional Indonesia yang bertujuan mendorong kehadiran pelaku ekonomi sekaligus mendukung kegiatan monitoring di wilayah penangkapan ikan di LNU

    Sementara itu, Kepala Bakamla Laksamana Madya (Laksdya) Aan Kurnia menegaskan, situasi di LNU tetap aman terkendali.

    "Sekarang nelayan tidak perlu khawatir serta dapat tetap beraktivitas sebagaimana biasanya," ucap Aan.

    Sebelumnya, Sekretaris Utama Badan Keamanan Laut Laksda S. Irawan dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (13/9/2021) mengatakan bahwa ada ribuan kapal milik Vietnam dan China yang masuk perairan Natuna, dekat Laut China Selatan. Kapal-kapal tersebut, dianggap mengganggu aktivitas pertambangan kapal Nasional.

    "Kalau kita lihat di pantauan radar atau pantauan dari Puskodal kami, sampai saat ini di daerah overlapping itu masih ada 1, 2, 3, 4, 5, 6 kapal-kapal Vietnam, pantauan radar, termasuk kapal-kapal coast guard China," kata Irawan, Senin (13/9/2021).

    "Begitu dilihat kasat mata ataupun langsung pengamatan udara, itu bahkan sampai ratusan, mungkin ribuan kapal yang ada di sana," imbuhnya.

    Di kesempatan yang sama, Irawan juga menyebut ada ratusan atau ribuan kapal China dan Vietnam yang memasuki perairan Indonesia di Natuna Utara. Kapal-kapal tersebut tidak terdeteksi radar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wooow ... Ratusan bahkan ribuan kapal asing masuk secara illegal di perairan Indon ... Tampaknya apa yang dialami Indon jauh lebih teruk daripada Malaysia ..

      Yang juga paling lawak... Indon AYAM SAYUR X dapat berbuat apa-apa untok mencegah semua itu ... Nak tunjuk diri TEGAS dan BERANI .. tetapi faktanya DIAM MEMBISU ... Kami malumilah kerana AYAM SAYUR X akan pernah menjadi AYAM KINANTAN .. Hehehehehe

      Hapus
    2. Apakah malon bisa usir armada cina di BPA?
      Ayam sayur teriak ayam tirenπŸ˜ƒπŸ˜„

      Hapus
    3. Apakah ATM berani usir CCG yg kekal 289 hari kat beting ali wkwkwk

      Hapus
    4. Bahas panjang lebar...tapi isinya sampah

      Hapus
  27. Min,angkat beritanya Prancis murka sama Australia karna Australia batalkan kontrak kasel baracuda dari Prancis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bantu miminπŸ˜ƒ

      https://international.sindonews.com/read/544472/42/iklan-sandwich-subway-sindir-batalnya-proyek-kapal-selam-prancis-dan-australia-1631966961/10

      Hapus
  28. https://www.sangalu.com/nasional/pr-831183079/selain-china-ilegal-fishing-kapal-vietnam-menjadi-ancaman-di-natuna-utara?page=all

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapal nelayan nya bawa rudal baru ancaman

      Hapus
    2. Direktur Lembaga Indonesia Ocean Justice Initiative (IOJI) mengungkapkan Fadilla Octaviani illegal fishing oleh kapal ikan berbendera Vietnam dan penelitian ilmiah kelautan tanpa izin oleh Kapal Survei milik Pemerintah Tiongkok di Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) menjadi ancama bagi Indonesia.

      Berdasarkan data IOJI, dia mengatakan ancaman pencurian ikan oleh kapal ikan Vietnam di wilayah ZEE Indonesia Laut Natuna Utara meningkat tajam pada awal tahun 2021.

      Baca Juga: Ali Kalora Tewas Tertembak

      Pencurian ikan puncaknya terjadi pada bulan April, kemudian menurun mulai Juni 2021 hingga bulan Agustus 2021.

      Lebih lanjut, Fadila menyebut penurunan tersebut sejalan dengan gelombang pandemi Covid-19 yang melanda Vietnam sejak Mei 2021 dan intrusi kapal-kapal China di ZEEI.

      Kendati demikian, masih ditemukan beberapa pusat atau klaster illegal fishing oleh kapal ikan berbendera Vietnam di ZEE-I yang terdeteksi berdasarkan Citra Satelit.

      Baca Juga: Pimpinan Teroris Poso Tewas Tertembak, Ini Sepak Terjang Ali Kalora di Indonesia


      “Keberadaan puluhan kapal ikan Vietnam yang dikawal oleh kapal Pemerintah Vietnam teridentifikasi di wilayah tumpang tindih klaim ZEE Indonesia-Vietnam maupun di ZEE Indonesia. Hal ini sewaktu-waktu dapat menjadi ancaman illegal fishing di ZEEI yang berada di luar wilayah sengketa terutama pada malam hari,” kata Fadila.

      Menurut Fadila, rendahnya kehadiran kapal-kapal berbendera Indonesia baik kapal-kapal perikanan, niaga maupun patroli di wilayah tersebut, memudahkan wilayah tersebut untuk dijadikan pusat daerah penangkapan ikan oleh kapal berbendera Vietnam.

      Ancaman pencurian ikan oleh kapal ikan Vietnam dan kapal riset serta coast guard Tiongkok di Laut Natuna Utara membuat nelayan Kabupaten Natuna Utara harus bersaing dengan kapal ikan asing untuk menangkap sumber daya ikan di wilayah laut Indonesia.

      Hapus
    3. Ngomong apaan sih... Nyampah aja disini

      Hapus
  29. Berita dibawah ini memperkuat dan mendukung pilihan TUDM Malaysia untok program LCA mereka ..

    Ingat ... LCA ini hanyalah Stop Gap atau Bridging sebelum pesawat pejuang buat asli Malaysia PTM-6 mulai diserah-terimakan kepada TUDM diawal tahun 2030 nanti ....

    TAHNIAH To TUDM
    ------------
    Argentina Goes For Thunder

    Posted on September 18, 2021 by hafizuddinsulaiman
    The ssearch for new generation and modern fighter aircraft has led to Fuerza Aerea Argentina (FAA) to resort on buying Chengdu FC-1 Xiaolong. That said, the country’s worsening economic situation has delayed the plan and Argentina had to find other sources to really update its ageing and outdated combat aircraft fleet.

    And so it resorted to the South Korean made KAI FA-50 Fighting Eagle but was met with objection from Leonardo which was pushing for its M-346 Master. To make things worst, while it seems last year that despite the objection, Argentina will be sticking on its FA-50 decision, arms embargo by Britain has effectively hampered the procurement.

    Argentina has been locked in territorial claims of the Falkland Islands, a group of South Atlantic islands that has been under British rules for hundreds of years. The peak of the confrontation has led to an invasion by Argentina which was severely beaten back by British forces in 1982.

    Since then, the defense of the Falklands island have been more formidable with currently a flight of four Eurofighter Typhoon has been tasked to protect the territory from Argentina’s threat.

    As iif a slap to the face, four Typhoons are actually sufficient enough to face Argentine vintage A-4 Skyhawk and Super Etendard fighters, at least until the new LockheedMartin F-35B Lightning II Short Take Off Vertical Landing (STOVL) stealth fighters on board the Queen Elizabeth class aircraft carrier arrived as relief force.

    Argentina iis helpless at current state. Hence, it needs to proceed with any alternative to modernize its fleet.

    Recently tthe plan to procure the FC-1 has been put on discussion at the Argentine’s Parliament. A squadron of 12 FC-1 will be procured from China with a total cost of USD664 million.

    These FC-1 will be assembled in Pakistan and shall be delivered in similar standard as the JF-17A Block III Thunder standard. Prior to the Argentine order, China has delivered 50 FC-1 to Myanmar through Pakistan which is responsible for the 52% production of the jet’s components as well as final assembly.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry ya..tak ada butuh info dri sebelahπŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
    2. PTM-6 diserahkanterimakan thn 2030 wkwkwk..halunisasinya tingkat dewa wkwkwk

      Hapus
    3. Ada yang mau TEJAS.. ada yang mau JF Sulfur..


      So, kapan mau mulai gaduh sesamanya ?

      🀣🀣

      Hapus
    4. Bodo amet dg berita halu dari sebelah

      Hapus
  30. kenapa ya gak pake platform FREMM sj yang dibangun oleh PAL, fincantieri gak ngasih ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas beda Arrowhead 140 itu Basis pembuatannya berdasarkan basis dari Iver Huitfeldt tapi karena Galangan kapal yang membuat Iver Huitfeldt sudah bubar tepaksa kita Harus beli lisensi Arrowhead 140 ke Inggris daripada kita buat sendiri desainnya Dan juga Berisiko tinggi, lagipula Pengadaan FREMM dan Iver berbeda

      Hapus
    2. FREMM kemungkinan untuk Special Anti Submarine warfare

      Iver untuk Special Anti Air Warfare.

      Tetapi semuanya bisa untuk pertempuran 4 dimensi hanya beda specialisasinya saja.

      Hapus
    3. siip, trims atas jawabannya

      mungkin secara awam saya pahami beda nya seperti milih pesawat sukhoi atau f16, beda fungsi

      btw, yg antisubmarine gak pakai mogami?

      Hapus
    4. Iver udah kontrak duluan. FREMM program berikutnya... Mungkin ya

      Hapus
  31. Wooow ... Sungguh menghairankan dan mencengangkan ... Ratusan bahkan ribuan kapal asing masuk secara illegal di perairan Indon ...bukan kapal pencuri ikan .. tetapi juga kapal coast guard dan kapal perang asing ... Mencermati fakta ini tampaknya apa yang dialami Indon jauh lebih teruk daripada Malaysia ..

    Yang juga paling lawak... Indon AYAM SAYUR X dapat berbuat apa-apa untok mencegah semua itu dengan berbagai macam alasan yang X masuk akal ... Pemimpin Indon nak tunjuk diri TEGAS dan BERANI .. tetapi faktanya di lapangan mereka hanya DIAM MEMBISU ... Yup ... MEMBISU ..

    Tetapi Kami makumilah kerana AYAM SAYUR JANTAN X akan pernah menjadi AYAM JANTAN KINANTAN walaupun sama-sama berkokok .. BEZA NYALI ...Hehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayam sayur teriak Ayam Tiren
      Yg mana sebelah gak bisa urusin Cina di BPAπŸ˜„πŸ˜ƒπŸ˜›

      Hapus
    2. Oiya sebelah aja gak bisa urusin cina,sibuk urusin politik yg gaduh yg gak jelas gonta ganti PM,

      Hapus
    3. Ayam goreng tak seharusnya teriak ayam sayur kerna ayam goreng sudah disantap 16 pelancong mainland bersayap yg mampir isi perut kat BPA.. πŸ˜‚

      Hapus
    4. Ayam sayur tuh cem ATM tak berani halau CCG kekal 289 hari di beting ali,tak berani halau bomber cina,pesawat Singapore yg cerobohi sempadan udara malon dan ATM tak berani halau pesawat perisik israel yg berlegar di ruang udara Putrajaya wkwkwk

      Hapus
    5. Ini pasti Iskandar,bahasanya tdk seperti bahasa malon wkwkwk

      Hapus
    6. Berisik banget ya malonte yg satu ini. Blm dapet pisang ?

      Hapus
  32. Salman 19 September 2021 09.07
    Qt liat nanti ya, udah ada contohnya pkr 105,qt liat nanti brpa taon dia jadi apa iya 2,5 taon 1 kapal liat contoh yg ada pkr105, itu ah 1 kapal makan 6 taon makanya dibuat berbarengan


    MONYET KATA SIAPA PKR-10514 1 kapal 6 taon jadinya....

    Laid Down Launched A.T
    REM 331|16 april 2014|18 Jan 2016|2017
    IGR 332|18 JAN 2016|29 Sept 2016|2018

    Sumber : MARTADINATA CLASS FRIGATE WIKI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itumah orang sok tahu 🀣🀣🀣🀣🀣 LPD panjang 122 meter aja bisa diselesain 1,5 tahun sama PT PAL

      Hapus
  33. Dah tarikh 19 September heli telur KFC 40 minit tiba Ogos tuh mana pur wkwkwk

    BalasHapus
  34. Wooow ... Sungguh menghairankan dan mencengangkan ... Ratusan bahkan ribuan kapal asing masuk secara illegal di perairan Indon ...bukan kapal pencuri ikan .. tetapi juga kapal coast guard dan kapal perang asing ... Mencermati fakta ini tampaknya apa yang dialami Indon jauh lebih teruk daripada Malaysia ..

    Yang juga paling lawak... Indon AYAM SAYUR X dapat berbuat apa-apa untok mencegah semua itu dengan berbagai macam alasan yang X masuk akal ... Pemimpin Indon nak tunjuk diri TEGAS dan BERANI .. tetapi faktanya di lapangan mereka hanya DIAM MEMBISU ... Yup ... MEMBISU ..

    Tetapi Kami makumilah kerana AYAM SAYUR JANTAN X akan pernah menjadi AYAM JANTAN KINANTAN walaupun sama-sama berkokok .. BEZA NYALI ...Hehehehehe



    HEI BABI KAU TENGOK NIH....KAPAL PERANG PEMBURU KAPA SELAMAT KAMI DI NATUNA..

    https://www.instagram.com/p/CT9paWlhNVM/?utm_medium=copy_link


    AKU TANYA KAU MANA KAPAL PERANG MALON sikok pun takde BARANG HIDUNGNYA DI LCS/SCS

    BalasHapus
  35. Maju dan jaya industri perkapalan Indonesia,,LANJUTKEN! πŸ‘πŸ˜Ž

    BalasHapus
  36. Yang ini tdk salah potong dan tdk butuhkan masa 11 tahun ya untuk bina kapal cem sebelah wkwkwk

    BalasHapus
  37. Tetangga sebelah yang jadi babunya mama elly gak masuk hitungan guys


    https://nasional.okezone.com/amp/2021/09/18/337/2473400/4-fakta-indonesia-produksi-kapal-perang-inggris-intip-kecanggihannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelah tak dianggap penting sama British wkwkwk

      Hapus
    2. Namanya jg babu om pit.
      Tempatnya cuma di dapur gosok kuali gosong. Kkkkkkkk

      Hapus
  38. Yang jadi tukang jongos bersih bersih saat tanda tangan kontrak antara indonesia dan inggris adalah raja malon

    BalasHapus
  39. Tolong kapal sampah LeMeS ompong punya tetangga sebelah nyelam dulu ya, kapal kualitas premium kami mau lewat. Kkkkkk

    http://amp.kontan.co.id/news/indonesia-beli-dua-kapal-frigat-arrowhead-140-dari-inggris-tapi-dirakit-di-pt-pal

    BalasHapus
  40. Hehehehe .. Aneh betol Indon ini ... Project Iver dan FREMM .. itu sebenarnya adalah "PROJECT BARU MAHU AKAN" kok sudah anda-anda ribotkan dari sekarang ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. EGP. Kkkkkkkk

      Masa mau ributkan LCS mangkrak rongsokan...cuuiiihhhh

      Hapus
    2. Hahahaa..ribotkan sana BNS yg handal buat kapal daratπŸ˜…πŸ˜„πŸ‘

      Hapus
    3. Udah di sign kontraknya ko bilang baru mahu akan wkwkwk...dengki ya boss wkwkwk

      Hapus
    4. SIRIK DENGKI tanda TAK MAMPU..MALINGSIAL dengan PABRIK NEGARA Pembuat kapal bernama BASTARD 🀣🀣🀣

      Hapus
    5. Contoh malon itu proyek 27 kapal kedah songlap jadi 6, kapal gagah klas 2 unit molor dr 2011 ke 2017 sempat skandal bank, lcs 6 unit mankrak duit sobglap tambah dana siap 2 unit dan opv 1unit mula 2017 mangkrak sd 2021 tenang aja.... Duit habis..

      Hapus
    6. Jangan buat malu sendiri.. ini lohh yg namanya baru MAHU AKAN..

      Unknown19 September 2021 09.44

      pesawat pejuang buat asli Malaysia PTM-6 mulai diserah-terimakan kepada TUDM diawal tahun 2030 nanti ....

      🀣🀣🀣

      Hapus
    7. Malonte yg satu ini berisik bgt. Sana ambil pisang, masuk kandang

      Hapus
  41. Makin panas tetangga tuh tengok berita ini. Sebelum panas sile tepi sikit kat bucu katil yee

    http://amp.kontan.co.id/news/indonesia-beli-dua-kapal-frigat-arrowhead-140-dari-inggris-tapi-dirakit-di-pt-pal

    BalasHapus
  42. Berharap 24 SAM mediumnya Sea Captor atau MICA NG,32 SAM long rangenya Aster,16 SSMnya 10 EXOCET BLOCK 3 atau 10 NSM dan 6 Brahmos atau Yakhont

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg menarik itu SSM nya om pit. Bisa buat meluluhkan KL cukup dr teluk jakarta saja. Kkkkkkk

      Hapus
    2. Gk usah sampai kerahkan rudal bro,TKI kita di sana bs meluluhkan KL wkwkwk

      Hapus
  43. Orang kaya guys. Sebabtulah bisa shopping barang premium.

    https://m.bisnis.com/ekonomi-bisnis/read/20210915/9/1442757/neraca-dagang-ri-surplus-16-bulan-beruntun-ini-dampaknya-ke-perekonomian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dampaknya bisa beli si mbak ero 140,sama mbak mogami di tambah si mas freem ( ngarep )

      Hapus
  44. Indonesia beli 4 AH-140 bisa dapat bonus 2 kapal type 23 gratis ngak ya seperti Italia kasih bonus 2 kapal Mastraele gratis karna Indonesia beli 6 biji FREMM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya begitu bonus interim Fremm... 2 unit maestrale,
      Bonus interim Arrowhead.... 2 unit type 23,
      Bonus interim mogami... 2 unit murasame.....
      Ngeri ngeri sedap.... Wkwkwkwk... Mantul.... Tetangga makin kejang kejang

      Hapus
    2. Kalo baru beli 2 biji AH-140 kayaknya blm bisa dapat bonus kapal type 23 bro,mungkin kl beli 4 bisa dapat bonus x bro

      Hapus
  45. Kalo duit lagi banyak tuh, beli apapun boleh. Apalagi barang premium dan branded. Beda klo hutang mau meledak, cuma bisa kredit kapal sampah LeMeS yg ompong. Kkkkkkk

    https://m.bisnis.com/ekonomi-bisnis/read/20210915/9/1442757/neraca-dagang-ri-surplus-16-bulan-beruntun-ini-dampaknya-ke-perekonomia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelah cuma bisa shopping barang low class cem ATV,motosikal,mortar,meriam tarik lembu LG MK III,boat RIB,truck kalah sama bangla yg shopping barang high class dan branded cem Apache dan SPH NORA wkwkwk

      Hapus
  46. Unknown 19 September 2021 10.28
    Hehehehe .. Aneh betol Indon ini ... Project Iver dan FREMM .. itu sebenarnya adalah "PROJECT BARU MAHU AKAN" kok sudah anda-anda ribotkan dari sekarang ....


    NIH NYET BERKONTOL/PENIS KECIK MACAM LIDI...


    LANGSUNG DARI PABRIK KAPALNYA SENDIRI..

    https://www.instagram.com/p/CT85oxHPg9y/?utm_medium=copy_link


    Yang KAPAL BENGAP KATA LIMBUNGAN TEPI sikit...Kapal dengan cost setara destroyer AHHAHAAHAH KENA SONGLAP

    BalasHapus
  47. Beda banget dengan negara yang hutang menumpuk. Beli heli ogost aja kepayahan nak nyicil bayarnya. Patutlah tak kunjung datang. Kkkkkkk


    https://www.cnbcindonesia.com/news/20210914163228-4-276209/alamak-utang-malaysia-terancam-makin-bengkak-kenapa/amp

    BalasHapus
  48. Ada yang malu tuh...cuma ngintip2 doank. Gak berani komen. Soalnya kemaren komennya cuma sign license aja katanya kkkkkkkk. Cuuiiihhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diorang komen cuma sign licence kerana diorang dengki,panas dan koyak tak bisa terima realiti Indonesia shopping AH-140 wkwkwk

      Hapus
  49. Yang di anggap tak penting sama British tepi sikit kat tandas wkwkwk

    BalasHapus
  50. Udah capek-capek jaga istana Buckingham dan cuci tandas (WC) mommy Eli selama 999 tahun,eh tak taunya gk di anggap penting sama British...herky dan typhoon yg dipancenkan (dipensiunkan) British je pun British tak mau hibahkan kpd malon...nasib,nasib malon iki wkwkwk

    BalasHapus
  51. Geng malon dongok, minta ajarin buat ranpur gais, jilat ludah sendiri, dulu dihina ini ranpur sekarang minta diajarin bikin.

    https://zonajakarta.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-182619505/militer-malaysia-siap-beli-32-unit-panser-buatan-pt-pindad-sekalian-minta-dilatih-indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Percuma diajari, otak mereka belom sampe. Cukup diajari gambar dan foto2 aja

      Hapus
    2. Lah bro bukannya ADA MANUSIA SEBELAH yg cakap sembang dah bisa buat GEMPI 8x8

      Hapus
  52. Pak wowo hari ini udah di Perancis mau bayar DP rafale... Kejang kejanglah kau bangsa malon...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mumpung lgi di Eropa dah sekalian mampir ke prancis

      Hapus
  53. Kenapa UK tak kasih lesen FRIGET ke penjaga BUCKINGHAM MALASiya... Malah kasih ke indo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih tepatnya membeli, negara-negara selain Indonesia pun bisa dapat lisensi bangun kapal dari Inggris seperti Polandia dan Grace asalkan ada kesepakatan πŸ˜‚

      Hapus
  54. Habis dari DSEI,Pak menhan kira2 meluncur kemana nih?

    BalasHapus
  55. Ayo prancis merapat

    As mentioned before, German shipbuilder may become French competitor for Indonesian ocean going survey vessel. There's big possibility for Indonesia to award survey vessel contract to a German shipyard. Can French shipyard maintain its market here? Let's see once contract award.

    BalasHapus
  56. Arrowhead 140 punya Yunani sama persis ya seperti yg akan dibuat PT.pal

    BalasHapus
  57. Pilih design pun kalau belum dibayar ya..... Yassalam... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaassseeeekkkk ada yg panasss n iriiii gaessss xaxaxaxaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
  58. Baru sign design sudah MEMBUAL konon beli... Apa ni woiiiii.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  59. Key words nya... Sudah bayar wang muka atau belum....? Wkwkwkkwwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl blm bayar wang muka mana boleh kapal dibuat kat PT PAL wkwkwk

      Hapus
  60. Dengki iri laa tuu..

    Kasian guys...KL MANGKRAK mania.

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  61. Uang LCS MALAH SUDAH DI ROGOL habis2 an, guys...

    Keyword nya..: DI ROGOL..!!!

    BalasHapus
  62. LCS, MANGKRAK!
    OPV, MANGKRAK!
    HMAV yg masih prototipe pon...MANGKRAK guys

    Wakakakkakakakakakak

    BalasHapus
  63. Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa ada yg pannaaassss n nangisss gaessss xaxaxaxaxaxaaxaxaxaxaxa sdh d bela2 in jadi anak tiri n gedibal jaga istana malah d cuekin sama juragan mama ely xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa kasihan... xaxaxaxaxaaxaxaxa nih poorπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

    BalasHapus
  64. masih ada yg bilang blom bayar wang muka ?

    silakan diintip dulu pak cik..

    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=3835603139881334&id=181276675314017

    BalasHapus
  65. Xaxaxaxaxaxaxaxxa all hail kroni, jerung dan orang tengah xaxxaxaxaxxaxa JOM SONGLAP!!!!!! xaxaxaxaxaaxaxaxa yg penting FOTOnya????? Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa yyyuuuhhhuuu poor nihπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

    BalasHapus