18 Juli 2020

Menristek Tergetkan 49 Produk Riset Prioritas Sampai 2024

18 Juli 2020


Pesawat N219 amfibi (all images : BPPT)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Riset dan Teknologi Bambang PS Brodjonegoro mengatakan Prioritas Riset Nasional (PRN) 2020-2024 menargetkan 49 produk riset dan inovasi yang meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia. Sebanyak 12 di antaranya masuk katagori barang 'urgent' (mendesak).

"Karena memang harus bisa menjawab apa yang menjadi kebutuhan masyarakat hari ini maupun sampai lima tahun ke depan," kata Menristek Bambang dalam acara penyerahan simbolis dana prioritas riset nasional kepada Lembaga Penerima Insentif yang ditayangkan secara virtual di Jakarta, Jumat (17/7).

Dari 49 produk target tersebut, 12 produk target yang mendesak untuk diperoleh antara lain bahan bakar nabati (green fuel), drone atau Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) jenis Medium Altitude Long Endurance (MALE) kombatan. Selanjutnya, garam industri, pangan termasuk padi dan jagung, obat modern asli Indonesia (OMAI) dan stem cell, baterai lithium untuk kendaraan listrik, satelit, kapal datar, serta pesawat N219 amfibi.

Bambang menuturkan bahan bakar nabati atau green fuel diharapkan bisa menggantikan bahan bakar minyak (BBM) impor yang harganya fluktuatif.

"Kita ingin mengurangi ketergantungan kita terhadap impor BBM yang harganya naik turun. Hari ini mungkin harganya sangat rendah tetapi kita tidak tahu nantinya pandemi sudah berakhir kondisi ekonomi global sudah kembali normal maka harga minyak bisa melonjak tinggi dan akhirnya menimbulkan tekanan pada neraca perdagangan maupun pada neraca transaksi berjalan kita," ujar  Bambang.



Menristek Bambang menuturkan PUNA MALE kombatan merupakan produk drone pertama Indonesia untuk keperluan militer. "Tentunya ini penting tidak hanya mengurangi ketergantungan impor alutsista (alat utama sistem pertahanan) kita tetapi juga penting untuk menjaga tentunya wilayah Nusantara dan ketahanan nasional," ujarnya.

Demikian juga, keberadaan garam industri nantinya diharapkan bisa mengurangi ketergantungan impor terhadap garam yang digunakan untuk keperluan industri. Saat ini, kebutuhan garam untuk industri dipenuhi dari impor.

"Dalam skema ini kita mengutamakan penggunaan garam rakyat untuk menggantikan peran garam impor tersebut," tutur Bambang.

Selain itu, Indonesia juga mengembangkan baterai lithium untuk kendaraan listrik. "Karena tentunya kita harus mulai mengarahkan Indonesia menjadi salah satu pemain penting dalam produksi mobil listrik," tuturnya.

Dalam memproduksi mobil listrik, Menristek Bambang menuturkan tentu tidak cukup hanya dengan menjadi integrator atau perakit terakhir tapi penting juga untuk menyuplai lebih banyak suku cadang dari kendaraan listrik, dan salah satu suku cadang yang paling penting adalah baterai.

Dalam bidang kesehatan, selain OMAI, stem cell juga dikembangkan dalam upaya untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada pasien yang sedang menderita sakit.

Kapal datar diharapkan bisa menjadi solusi baik untuk perikanan maupun untuk transportasi. Kapal ini diharapkan bisa diproduksi dengan biaya lebih hemat dalam waktu lebih cepat.



Riset di pangan seperti untuk komoditas padi dan jagung bertujuan untuk mengurangi kemiskinan, menyehatkan masyarakat dan mengurangi stunting atau kekerdilan.

Riset di bidang sosial humaniora diharapkan dapat membantu mempersiapkan masyarakat agar adaptif terhadap revolusi industri 4.0 dan lebih adaptif terhadap transformasi digital.

Selain menyiapkan masyarakat untuk transformasi digital, riset di bidang sosial humaniora juga harus bisa menggali nilai budaya lokal yang bisa menjadi salah satu kekuatan Indonesia untuk daya saing global.

"COVID-19 ini mengajarkan kepada kita bahwa transformasi digital dan revolusi industri keempat ternyata lebih cepat daripada yang kita perkirakan," tutur Menristek Bambang.

Pesawat N219 saat ini sedang diupayakan untuk mendapatkan sertifikasi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Dengan adanya pesawat itu, diharapkan dapat menciptakan dan memperkuat koneksi antar pulau di Indonesia.

"Solusinya N219 yang juga merupakan karya anak bangsa bisa dipakai sebagai pesawat amfibi yang bisa mendarat di perairan tersebut," ujar Menristek Bambang.

(Republika)

304 komentar:

  1. Balasan
    1. Hahahaha ... Angan-angan baru lagi yang muncul .. padahal angan-angan lama masih tetap saja menjadi mimpi basah umat Indon aka belum terwujud ...

      Satu hal lagi .. Tanpa bantuan pihak luar (berupa pinjaman + tknologi) .. Boleh dipastikan bahwa semua itu X akan terwujud .. Hal ini terbukti seperti contohnya :

      CN 235 (Dibimbing Sp;ain)
      Chang Bo Go (Korea)
      LPD (Korea)
      Anoa (France)
      SS Pindad (Belgium)
      Medium Taank (Turkey)
      PKR (Damen - Belanda)

      Dan masih banyak lagi ...

      Satu lagi .. Ingatlah .. masih banyak Indon yang miskin dan kelaparan .. lebih baik fokus mengurus mereka ...sebagai manusia .. mereka patot mendapatkan perhatian dari pihak kerajaan Indon .. bukan dari Malaysia atau negara lain yang selama ini bermurah hati memberi makan berjuta-juta Indon ..

      Hapus
    2. Malon ko tu goblok.

      Kita bebas mau belajar dan berusaha dengan siapa saja. Agar ilmu dan tehnologi kita cepat kuasai.

      Sabda RASUL "Belajarlah sampai ke negeri china"

      Terus apa salahnya kita berusaha untuk pintar dengan belajar dengan negara lain?

      Hapus
    3. Hahahaha, nih gau balas lon

      SS2 sudah 100% lokal

      LPD kelas Banjarmasin Improved itu 100% milik dan buatan Indonesia

      Anoa itu sudah lokal

      Memang MALON dah boleh bina apa? LipanBAU saja masih TAMPAL STICKER kenderaan Thailand, malu lah dikit bila kepakaran masih setinggi mata kaki tapi SEMBANG macam POKOK KELAPA

      MEMALUKAN ASEAN saja, wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    4. @putra setan.. Gali dulu sumber yg kompeten biar ndk oon bgt

      Hapus
    5. dari situ Produk Made Indonesia sdh bisa di Ekspor termasuk ke malaysia pun pakai Made in Indonesia.. Apakabar Produk tempatan sdh bisa bikin apa kah ? Untuk bisa Buat seperti Produk Pal, Pundad, DI, dst.. mungkin butuh waktu 30thn lagi itu pun kalo otak dan punya uang..

      Hapus
  2. lon malon te idiot bisa apa... merampat aja bisanya,

    BalasHapus
  3. Babi Malon, coba produk apa yang kalian eksport?

    BalasHapus
  4. Lanjutkan, ditunggu hasilnya.

    BalasHapus
  5. Gempur waria...lagi di sodomi..
    Ini hari belum muncul....
    Mau tempel mukanya di pantat saya....😂😂😂

    BalasHapus
  6. Malon oh malon kapan majunya kau

    BalasHapus
  7. aku kasian sama gempurwira, troll terus tapi negaranya makin terbelakang, makin keliatan bodoh dan miskin... bukannya mikir bikin maju negaranya malah mikir bikin hoax buat troll... ciri khas bangsa idiot

    BalasHapus
  8. https://www.cnbcindonesia.com/news/20200529135101-4-161805/proyek-r80-warisan-habibie-dicoret-dari-proyek-strategis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iskandar kepala loe emang peyang, wajar tidak bisa berpikir. Karena isi otak loe hanya 1cc dan tdk lolos sertifikasi.

      Tau tak sebab R80 dikeluarkan dari proyek strategis nasional.

      Karena R80 itu adalah proyek swasta. Yang dananya tidak memakan dana pemerintah RI.

      Dengan dikeluarkannya R80 diharapkan perusahaan dirgantara swasta di indonesia berkembang dan bisa bersaing.

      Hapus
  9. POWER SANGAT LA INDON, MACAM MILITER NO 1 DUNIA JE , PADAHAL ASEAN PUN LAWAK 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruk bertopeng manusia👆👆

      Hapus
    2. Kok orang polandia bisa bahasa beruk sihh?? Kamu diberi kursus ya sama beruk?😂

      Hapus
    3. Drpd malon gak ada power sama Cina kahkahhha

      Hapus
    4. MALON IDIOT MORON mau ngurus Garuda Indonesia, yang urus Malaysia airlines aja mat saleh bangkrut apalagi beruk malon yg ngurus hilang pesawatnya disonglap

      Hapus
    5. Wkwkwkwkwkwkw



      Woi....thai rung,.... negeri cacat....

      Hapus
    6. Blog jiran sepi malon stress di sini

      Hapus
  10. http://www.indonesiakoran.com/news/politik/read/84709/n245.dan.r80.dicoret.dari.psn..ini.kritik.mulyanto.buat.pemerintah

    BATAL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iskandar kepala loe emang peyang, wajar tidak bisa berpikir. Karena isi otak loe hanya 1cc dan tdk lolos sertifikasi.

      Tau tak sebab R80 dikeluarkan dari proyek strategis nasional.

      Karena R80 itu adalah proyek swasta. Yang dananya tidak memakan dana pemerintah RI.

      Dengan dikeluarkannya R80 diharapkan perusahaan dirgantara swasta di indonesia berkembang dan bisa bersaing.

      Hapus
  11. Gw kok gagal paham ya, kemenhan itu g bayar ifx karena kagak punya duit apa memang malas bayar, gw pikir sihh kemenhan punya alasan atau masalah internal dengan KAI,yang jelas bukn karna g punya duit. Buktinya kemaren" indo mau beli heli angkut termahal dan tetkece, dan kemaren indo meneken kontrak 19T hanya untuk MAUNG sama peluru di pindad. Pokoknya gak masuk akal lahh g bisa bayar uang sumbangan yg hanya 6T. Iya kalo itu simiskin yang ngaku kaya kayak MALON.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KFX sengaja digantung, biar kita punya daya tawar dengan Korsel

      Pilihannya cuma 2

      1. Kita tetap bayar 20%, tapi dikasih izin manufaktur lokal dan ToT teknologi vital di akhir program.

      2. Kita da dapet ToT teknologi vital dan hanya punya izin rakit lokal, tapi hanya bayar 15%

      Hapus
  12. Balasan
    1. Sertifikasi barang baru memang memakan waktubyang lama.
      Karena uji sertifikasi yang dilakukan per-item material.

      Bukan hanya bisa terbang terus lolos uji....

      Hapus
    2. Itu pesawat bro bukan motor Matic

      Hapus
    3. Kasih tau malon.. Biar tau.. Kalo bikin seperti n219 aja.. Mereka butuh 1 generasi.. Itu pun sarat dan ketentuan berlaku..

      Hapus
  13. bwahahahhahahaha.. MALONS Low IQ semakin stres berat nih tengok berita2 sperti ini.. pasal diorang cuma pandai merempat, melancap,dan hisap dadah ddlm jamban.. kahkahkahkahkahkah..

    SALAM MALON AYAM SAYUR MENDOOOOONIA.. wkwkwkwkkwkwkwkwk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya yakin beruk beruk malon yang sering merempat itu sambil hisab dadah

      Otaknya tak lulus sertifikasi dan uji kelayakan

      Hapus
    2. Jangankan otaknya om, mulutnya juga gagal uji emisi buangan

      Hapus
  14. Bagaz25 Juni 2020 12.32
    senarai gambar penampakan setan.. eeehhh.. Askar AYAM SAYUR MALON jadi anjing penjaga BUCKHINGHAM PALACE.. kahkahkahkahkahkah... MALONS nie betol2 memalukan .!!! wakakakkakakakak.. 😂😂😅😅😁😅😁👇👇

    https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS5vQ1uBoaggrLLXUBbFzqIRYM0yQGlJaPJIywCSNKfID9jGte8

    https://bigdogdotcom.files.wordpress.com/2009/06/royal-malay-ii.jpg?w=470&h=348

    http://i15.photobucket.com/albums/a386/Haminah/GBR08_090608_PALACE.jpg

    https://1.bp.blogspot.com/_EMXrJHQocp0/SFKaqBB7XgI/AAAAAAAABfg/yDFysXy5xNc/s320/buck2.jpg

    https://www.thestar.com.my/~/media/online/2013/07/09/05/52/n_p20british.ashx/?w=620&h=413&crop=1&hash=5D555BA10D199A7E3ADAAFC3A380B2270801905B

    https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSQtduYCvin0ReWPqHWNYh4Atq7y1YL7utbuyjp88toFqLGtD52

    https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQKpfqECtucuUut3prTbo33MKuQLW0nPM1cKAWTRRvc4K3XFvIp

    https://1.bp.blogspot.com/_EMXrJHQocp0/SFKVsdI_XaI/AAAAAAAABe4/NOTW5csqa88/s320/buck6.jpg

    Jika dilihat dari wajah Askar ayam sayur MALON.. betapa bangganya mereka jadi anjing penjaga istana penjajah.. bwahahhahahahhahahhahaa... 😂😂😂😅😂😂😂😅..

    Ya Tuhaaaann...setan apa yg telah merasuki atau aliran sesat apa yg telah merasuki mereka.. sehingga mereka begitu bangga jadi anjing penjaga istana penjajahnya..??? kahkahkahkahkahkah..

    MALON AYAM SAYUR... 😂😂😂😅😁😁😅

    BalasHapus
  15. Sungguh Mencurigakan Perilaku Malaysia, Saat Negera Lain Kebakaran Jenggot Soal Aksi China di Laut China Selatan, Mengapa Negara itu Justru Diam Saja?

    Link-nya,
    https://intisari.grid.id/read/032249629/sungguh-mencurigakan-perilaku-malaysia-saat-negera-lain-kebakaran-jenggot-soal-aksi-china-di-laut-china-selatan-mengapa-negara-itu-justru-diam-saja?page=all

    "......karena mengatakan kapal-kapal China tidak menyusup ke perairan Malaysia selama 100 hari terakhir.

    Padahal gambar dan penampakan SATELiT sudah JELAS MENUNJUKKAN menunjukkan hal yang sebaliknya......"

    BalasHapus
  16. Hellooooww.. MALONERS yg tak punya Malu.. korang seharusnya malu melihat askar AYAM SAYUR setiap hari jadi anjing cihuahua di BUCKHINGHAM PALACE.. bwahahhahahahahaahahahahhaha...

    FACT.. MALON AYAM SAYUR BABU 999 TAHUN... wakakakakkakakakakak... 😂😅😂😅😂😂😅

    BalasHapus
  17. Mang mantab kolaborasi BPPT Lapan PTDI .
    Malon dah bisa bina apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyamok..... Itu juga yang buat orang Indonesia, paling bisanya rogol knalpot motor doang

      Hapus
  18. FAKTA MENARIK ~> Jika askar bersarong MALON tak mau jaga istana buckhingham.. Auto Semenanjung MALON sepenuhnya milik Inggris...berdasakan perjanjian kemerdekaan 999 tahun antara MALON dengan Kerajaan Inggris.... waakakakkakakakkaka.. mantaaaaapp.. 😂😂😅😅.

    Yuhuuuuuuu... MALON AYAM SAYUR.. bwahhahahahahhaa.... 😂😅😂😅😂😅😂

    BalasHapus
  19. N219 versi amphibi mang pas untuk kepulauan indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa buat operasi clandestine ke Sabah-Sarawak

      Hapus
  20. Kita harus bangga.. HANYA mental korupsi nya mesti di berantas.. Jangan sampai nyungsep seperti negara tetangga yg ngaku serumpun tapi songong.. 🤠☕ kah.. Kah.. Kah.. AYOO Ngopi lagi...

    BalasHapus
  21. MALONS AYAM SAYUR mending melancap je laaarr dlm jamban.. pasal ko nih memalukan sangat bangsa2 ASEAN.. bwahahahhahahahahahahhahaha..

    MALON AYAM SAYUR MENDOOOOOONIAA....!! akakakakakkakakakakakakkakakakaaa... 😂😅😁😅😁😅😂😅😂

    BalasHapus
  22. MALONS AYAM SAYUR mending melancap je laaarr dlm jamban.. pasal ko nih memalukan sangat bangsa2 ASEAN.. bwahahahhahahahahahahhahaha..

    MALON AYAM SAYUR MENDOOOOOONIAA....!! akakakakakkakakakakakakkakakakaaa... 😂😅😁😅😁😅😂😅😂

    BalasHapus
  23. aset militer Indonesia banyak yg diproduksi sendiri.. Kalau aset militer MALON sudah ompong, downgrade pulak buatan China...wakakkakakkakKka..

    MALONS AYAM SAYUR.. bwhahahahahahahH..

    BalasHapus
  24. OMANDO PASUKAN BUDAK18 Juli 2020 18.41
    POWER SANGAT LA INDON, MACAM MILITER NO 1 DUNIA JE , PADAHAL ASEAN PUN LAWAK 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣


    Awal dari kesuksesan dan kemajuan indonesia..jaya nkri jaya TNI majulah indonesia amiin ya allah..


    Bukan cem malon..mana ad kemajuan yang nk di tunjuk??

    BalasHapus
  25. Kalau di negara darul kedekut bin idiot malon...

    Semakin orang punya gelar semakin idiot pemikirannya.
    Semakin tinggi jabatannya semakin goblok pemikirannya.

    Hahahahaha.... itulah malon negara darul kedekut


    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  26. Tengok berita ini jadi teringat produk MALON yg gagal dan memalukan dimata dunia.. bwahahahahhahaa...😂😂😂😅😂😂

    Pertama senapang vita birahi.. senapan Alien scope tinggi sangat macam tiang jemuran..kahkahkahkahkah.. Vita birahi MALONS bisa bidik kepala kena pantat.. wakkakakakakakkaka..

    Yuhuuuuuuuu.. MALOOONS BODOH... 😂😂😂😂😂😅😅😅

    BalasHapus
  27. CALON PM MALAYSIA ORANG CINA kehhhh..kehh malon jadi propinsi tiongkok ke 19

    BalasHapus
  28. Mana produk malon ni?? Jgn cuma bisa remehin dan iri saje di mari

    BalasHapus
  29. kedua program PTM-6 MALON...bwahhahahahahaha...

    Nih program tipu2 dari sultan MALON.. untuk membodohi 30 juta beruk MALONS.. FACT.. kahkahkahkahkah..

    MALON DAN KEBODOHAN BERPISAH TIADA broooo.. bwahhahahahahhaha... mantaaaappp MALOONS.. 😂😂😅😂😅

    BalasHapus
  30. Malon apa usahamu?

    Negara dengan rakyat paling malas dan paling tinggi hutannya di rantau asean.

    Bisanya hanya merempat ke negara negara jiran jirannya.

    Dengan singapur, malon bermasalah
    Dengan thailand, malon bermasalah
    Dengan myanmar, malon bermasalah
    Dengan philipina, malon bermasalah
    Dengan brunai, malon bermasalah
    Dengan vietnam, malon bermasalah

    Apalagi dengan negara INDONESIA, malon punya 1001 masalah.

    Kalau perang mampus laah ko dihajar semua negara negara tersebut.

    BalasHapus
  31. Ketiga program Tank medium stride MALON.. bwahahhahahahahha..

    Baru berbentuk mockuppon terlihat desainer MALON nih benar2 LOW IQ.. kahkahkahkahkah.. beda jauh sekali dengan tank medium Harimau kerjasama Indoneia dengan Turki.. wakakkakakakakaka..

    MALON AYAM SAYUR LOW IQ melancap dlm jamban je diorang pandai.. 😂😂😅😂😅😂😂

    BalasHapus
  32. keempat progam LCS MALON atau KD MAHAROGOL class.. bwahahhahahahahahahha...

    Nih program sangat memalukan dunia karena sudah 7 tahun barang tak pernah jadi.. Gilanya tuh para MALONERs Tak punya malu.. sembang mendooonia meresmikan kapal yg tak ada kipas atau propelernya.. wakkakakkakakakakkaa.. sememangnyeer MALONS nih bangsa terbelakang namun belagak pandai.. FACT.. kahkahkahkahkah..

    SALAM MALON AYAM SAYUR MENDOOOOONIA.. 😂😂😅

    BalasHapus
  33. kelima program PARS 8×8 buatan asli Turki namun tak punya malu para MALONERS dengan sepihak mengklaim kalau gempita itu buatan tempatan.. bwahhahahahahahhahaha..

    padahal kilang deftech pon tak punya steel cutting.. wakakkakakakkakaka..MALON nih bangsa terbelakang namun belagak pandai supaya dibilang jaguh.. padahal looooseer sejatii.. bwahhahahahahhahaa..

    SALAM MALON AYAM SAYUR IQ TERBELAKANG... kahkahkahkahkah... mantaaaappp..😂😂😂😂😂😂😅😅😅

    BalasHapus
  34. keenam progam LMS MALON.. nih program kontrak awal 2 dibuat di China 2 dibuat di MALON...walaupun ngemis hutang 25 tahun sih.. bwahahhahahahhaa..

    Setelah berjalannya waktu.. kesemua 4 unit kapal harus dibuat di China karena SDM MALOM rendah tak memenuhi syarat membangun kapal yg berquality.. FACT.. wakakkakakakakkaka..

    Walupun kapal made in china terkenal dengan baja yg low quality.. MALON dengan berat hati harus menerimanya karena ini kapal hutang.. bwahahhahahahahha..

    MALON AYAM SAYUR MENDOOOOONIA.. akakakkakakakakakkaa..

    BalasHapus
  35. Hahahaha ... Angan-angan baru lagi yang muncul .. padahal angan-angan lama masih tetap saja menjadi mimpi basah umat Indon aka belum terwujud ...

    Satu hal lagi .. Tanpa bantuan pihak luar (berupa pinjaman + tknologi) .. Boleh dipastikan bahwa semua itu X akan terwujud .. Hal ini terbukti seperti contohnya :

    CN 235 (Dibimbing Sp;ain)
    Chang Bo Go (Korea)
    LPD (Korea)
    Anoa (France)
    SS Pindad (Belgium)
    Medium Taank (Turkey)
    PKR (Damen - Belanda)
    KFX (Korea)

    Dan masih banyak lagi ... Listnya akan banyak sekali jika dimuat seluruhnya ... Tepai yang lebih lucu lagi .... semua itu bersumber bukan dari pcket sendiri .. tetapi dari hutang pinjaman yang X disadari .. nantinya harus dibayar kembali dengan jumlah berkali-kali lipat ...

    Satu lagi .. Ingatlah .. masih banyak Indon yang miskin dan kelaparan .. lebih baik fokus mengurus mereka ...sebagai manusia .. mereka patot mendapatkan perhatian dari pihak kerajaan Indon .. bukan dari Malaysia atau negara lain yang selama ini bermurah hati memberi makan berjuta-juta Indon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan merempat saja lon.

      Malon ko tu goblok.

      Kita bebas mau belajar dan berusaha dengan siapa saja. Agar ilmu dan tehnologi kita cepat kuasai.

      Sabda RASUL "Belajarlah sampai ke negeri china"

      Terus apa salahnya kita berusaha untuk pintar dengan belajar dengan negara lain?

      Hapus
  36. Cina turun gunung bantu malaysia singkir kan orang melayu keh..keh..keh

    BalasHapus
  37. Balasan
    1. Wkwkwkwkw

      ANEH !!!

      bomber china dan super carrier china teeobos masuk wilayah malon di sabah dan serawak.

      Malon siapkan 2 boat made in lundin indonesia dan 12 tentara beruk di LANGKAWI.

      sehat lon ???

      Wkwkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Saya punya LINK-nya kalau 2 boat malon buat jaga langkawi adalah produk PT.LUNDIN INDONESIA

      Hapus
    3. Malon kan provinsi ke 19 cina ngapain di usir..!!
      Malaysia kan wilayah cina keh...keh..

      Hapus

  38. Cina turun gunung bantu malaysia singkir kan orang melayu keh..keh..keh

    BalasHapus

  39. Cina turun gunung bantu malaysia singkir kan orang melayu keh..keh..keh

    BalasHapus

  40. Cina turun gunung bantu malaysia singkir kan orang melayu keh..keh..keh

    BalasHapus
  41. Senarai uji penembakan senapan sniper Made in Indonesia buatan PT PINDAD.. xixixiixixixixii... MALONS nak buat sniper biasa pon tak mampu.. jngan bermimpi nak buat senapan sniper yg canggih macam Indonesia punya ye..!! bwahahhahahahahahahhahah... sila tengok baik2 lon..!! 😁😁😅👇👇

    https://m.youtube.com/watch?v=TLr4_YTGy3I

    https://m.youtube.com/watch?v=dmN5-DFmcpk

    https://m.youtube.com/watch?v=M5NTFtusILE

    https://m.youtube.com/watch?v=FkLTIXV6d_A

    https://m.youtube.com/watch?v=Jj1IuNU_Upg

    http://cyberspaceandtime.com/yBO2ke8XIYU.video+related

    Wkwkkwkwkwkwkkwkwk... MALONS dilarang jealous.. !! bwahhahahahahhahaa...

    MALON bodoh bengap melancap je dlm jamban.. wakakakkakakaakakakkakaka..

    BalasHapus
  42. mula 2020 terus boleh buat MALE ye...??? wkwkwkwkwkwkwk nampak sangat TAMPAL STICKER....

    kalau nak tunjuk pun bagi la tahun tu ke belakang lagi baru nampak usaha setiap langkah... baru logik... China sebelum jadi antara peneraju MALE pun mambil masa lama untuk kuasai teknologi UAV ni tau....wkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya punya LINK-nya kalau 2 boat malon buat jaga langkawi adalah produk PT. LUNDIN INDONESIA


      Wkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Tapi heibatlah malon, korang beli salah satu boat tercepat di dunia buatan indonesia.

      💪💪💪💪

      Hapus
    3. Drone MALE mulai dicanangkan thn 2015 bodoh,jgn hoax je kerja ko,baca ini bodoh : www.airspace-review.com/ini penampakan drone MALE nasional yg ditunggu itu/30-07-2018

      Hapus
  43. MALON pon tak ade heli dengan keupayaan heli ASW tuh yg cakap jenderal MALON sendrii... bwahahahhahahahah..

    Jauh sekali dengan jiran2nya.. Indonesia memiliki 11 unit heli ASW, singapura 15 unit kalau tidak salah, Filiphina 2 unit, Thailand 6-8 unit,Vietnam punya juga.. Laaaahh MALON ..??? kahkahkahkahkah..

    lagi2 MALON BAGAI AYAM SAYUR dihadapan jiran2nya.. wkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwk.

    BalasHapus
  44. tiba tiba ye INDON boleh buat UAV versi MALE...agak aneh cuma satu je cara paling PANTAS dengan tampal sticker dan klaim... ala benda klaim bukan benda baru pada geng INDON ni....wkwkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya punya LINK-nya kalau 2 boat malon buat jaga langkawi adalah produk PT. LUNDIN INDONESIA


      Wkwkwkwkwk


      Tapi heibatlah malon, korang beli salah satu boat tercepat di dunia buatan indonesia.

      Hapus
    2. Proyek konsursium purr..malon mana ada kepakaran

      Hapus
  45. Pur jawab dulu soalan gw pur, kalau sewa heli 120 jam, di jam ke 120 masih terbang, apakah langsung di remote jammer di suruh turun pur

    Bagi pengalan lah pur jangan pelit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya yakin malin sewa heli tersebut dari perusahan pelita air atau punya susi air, perusahaan rental pesawat di indonesia

      🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  46. tahun ni terus boleh buat MALE... MANTAP..bukan alang alang STICKER yang dipakai...wkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya punya LINK-nya kalau 2 boat malon buat jaga langkawi adalah produk PT. LUNDIN INDONESIA

      Wkwkwkwkwk

      Tapi heibatlah malon, korang beli salah satu boat tercepat di dunia buatan indonesia

      Hapus
    2. Mantapkan poor produk indonesia di beli malon

      🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    3. Pake uji segala donk tak macam punya korang yg gempita tu wkwk..wkwk

      Hapus
  47. Sing komen diirit-irit wae yo, ben kabeh iso komanan 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  48. Pur kalau sewa heli minyaknya siapa yg nanggung pur,?? Sudah termasuk pilot helinya tidak pur??

    BalasHapus
  49. tahun ni terus boleh buat MALE... MANTAP..bukan alang alang STICKER yang dipakai...wkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya punya LINK-nya kalau 2 boat malon buat jaga langkawi adalah produk PT. LUNDIN INDONESIA

      Wkwkwkwkwk

      Tapi heibatlah malon, korang beli salah satu boat tercepat di dunia buatan indonesia

      Hapus
    2. MANTAP KAN POOR....

      PRODUK INDONESIA DI BELI MALON

      🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  50. INDON kalau Klaim... bikin seram...wkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya punya LINK-nya kalau 2 boat malon buat jaga langkawi adalah produk PT. LUNDIN INDONESIA

      Wkwkwkwkwk

      Tapi heibatlah malon, korang beli salah satu boat tercepat di dunia buatan indonesia

      Hapus
    2. Silahkan purr kamu dah bisa bina apa dsini

      Hapus
  51. WHY INDONS CANT PERFECT A PROJECT AND ALWAYS END UP OF VERY VERY UGLY DESIGN??

    😀😀😀
    🔴🔴🔴

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon can not do something 🤣🤣

      Hapus
    2. Saya punya LINK-nya kalau 2 boat malon buat jaga langkawi adalah produk PT. LUNDIN INDONESIA

      Wkwkwkwkwk

      Tapi heibatlah malon, korang beli salah satu boat tercepat di dunia buatan indonesia

      Hapus
  52. Balasan
    1. Saya punya LINK-nya kalau 2 boat malon buat jaga langkawi adalah produk PT. LUNDIN INDONESIA

      Wkwkwkwkwk

      Tapi heibatlah malon, korang beli salah satu boat tercepat di dunia buatan indonesia

      Hapus
  53. Pur maung supaya berat dan tahan RPG mau pasang batako seperti tank pendekar, denger citer poland buang ke tempat samapah, kami mau pesan batako pendekarnya pur

    BalasHapus
  54. VERY UGLY + STAMPAL STICKER = LOW IQ

    😀😀😀
    🔴🔴🔴

    BalasHapus
    Balasan
    1. Show me what u have in here bro

      Hapus
    2. Saya punya LINK-nya kalau 2 boat malon buat jaga langkawi adalah produk PT. LUNDIN INDONESIA

      Wkwkwkwkwk

      Tapi heibatlah malon, korang beli salah satu boat tercepat di dunia buatan indonesia

      Hapus
  55. Balasan
    1. Malon emang idiot yg buat UAVnya orang Indonesia 🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Lawak pecundang malays... Wkwkwk..👆👆👆🇲🇾👎💩

      Hapus
  56. Meanwhile Malon,jangankan nak bina UAV MALE,UAV Kecik cem Aludra dan Nyamukpun yg buat engineer Indonesia 🤣🤣

    BalasHapus
  57. Negara di dunia ini udah pada tau negara mana yg tak punya sejarau dan asal usul yg jelas ibarat anak malaysia tu anak haram asal claim sana sini....keh..keh kehhhh...hh

    BalasHapus
  58. Balasan
    1. Bodoh karena otak malon tidak lulus uji.

      Yang tinggi isi otaknya adalah emisi gas rogol

      🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  59. MANTAP MALON BELI BOAT TERCEPAT DI DUNIA ASAL PT. LUNDIN INDONESIA.

    KONON KATANYA BUAT JAGA PULAU LANGKAWI

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  60. Jangan di klaim ya purr..ni produk kami hasil riset.

    BalasHapus
  61. Malon bkn trully Asia tapi trully idiot all over the world 🤣🤣

    BalasHapus
  62. Pur kalau 2 bot APMM isi 12 beruk bisa tangkap bot kayu rohingya yg berpuluh2 tidak pur?? Atau malah APMM yg di tangkap oleh rohingya??

    BalasHapus
  63. Toyota MAUNG saja versi awam di klaim versi militer...mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat sndri purr agar kami juga bisa bully nanti..
      Salamm dri maung

      Hapus
    2. MANTAP MALON BELI BOAT TERCEPAT DI DUNIA ASAL PT. LUNDIN INDONESIA.

      KONON KATANYA BUAT JAGA PULAU LANGKAWI

      🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    3. Proton emang lawak gunakan engine Mitsubishi 🤣🤣

      Hapus
  64. Resiko negara lemah, miskin, SDM terbelakang ya seperti MALON.. harus jadi BABU penjajah 999 tahun plus dibully jiran2nya.. kahkahkahkahkahkahkah..

    MALONS AYAM SAYUR.. bwahahahhahahahahhaa..

    BalasHapus
  65. wkwkwkwkwkwkw... INDON memang LAWAK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon memang trully idiot 🤣🤣

      Hapus
    2. MANTAP
      MALON BELI BOAT TERCEPAT DI DUNIA ASAL PT. LUNDIN INDONESIA.

      KONON KATANYA BUAT JAGA PULAU LANGKAWI

      🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  66. Sebanyak 10.989 orang Indonesia jadi direktur di malon 🤣😁

    BalasHapus
  67. Malon silahkan sudah bisa bina apa aja??

    BalasHapus
  68. Dari link2 diatas.. terlihat sekali betapa jauhnya MALON tertinggal dari Indonesia.. FACT.. bwahahahahahhaaaaa..

    Kalau boleh jujur nih.. MALON butuh 30 tahun untuk mengejar ketertinggalan industrinya khususnya industri pertahanan dari Indonesia.. FAKTA lagii.. kahkahkahkahkahkahkahkahkah..

    SALAM MALON AYAM SAYUR MENDOOOOOONIA.. wakakakakkakakakakakakakakkaaaa..

    BalasHapus
  69. Pur kalau meriam tarik, bisa di tarik lembu tidak pur?? Denger citer atm curi lembu dan lembu bebas perawatan cuma di kasih rumput je

    BalasHapus
  70. Balasan
    1. Kasihan yg low ilmu malon kahakah
      Salam salah potong

      Hapus
    2. Kasian Malon trully idiot dunia 🤣🤣

      Hapus
  71. Malon bodohh...buat Kapal Salah potong.tiada ilmu
    Buat senapan salah design kahkahh

    BalasHapus
  72. Hoooreeeeeeee... akhirnya si Gemporpondan mulai stres dan putus asa manteman...kahkahkahkahkahkahkah..

    setelah sekian lama dibully forumer Indonesia.. otak dan mental dia Mulai tidak terkendali.. alhasil bicaranya sudah ngawur kek orang gila ditepi jalan.. bwahahhahahahahahhahaa..

    MALON AYAM SAYUR dan STRES berpisah tiada.. wkwkwkkwkwkwkwkkww. mantaaaapp..!! 😂😅😂.. seekor MALONRS lagi2 gila tahap kronis..

    BalasHapus
  73. Malon trully idiot buat UAV kecikpun tak reti mesti minta bantuan orang Indonesia 🤣🤣

    BalasHapus
  74. Wkwkwkwkkwkw.... Pakai je le TOYOTA MAUNG tu... nipis dan ringan sesuai sangat untuk awam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake je lah Proton engine Mitsubishi itu 🤣🤣

      Hapus
    2. Low ilmu malonn..

      Pakai donk produk sndri nnti buat mesin sendri hhuuhu

      Salam malon salam iri bosss hahhaha

      Hapus
  75. Kasian Malon SDMnya idiot semua 🤣🤣

    BalasHapus
  76. Enaknya nanti bisa buat pesawat sndri..

    BalasHapus
  77. Pur kira kira kalau sewa apache bangla sudah termasuk senjatanya belum pur, TUDM bisa pilotin nya tidak pur?? Apa cuma duduuk2 doang di bangku apache

    BalasHapus
  78. Proton gunakan engine Mitsubishi di claim malon buatan tempatan 🤣🤣

    BalasHapus
  79. wkwkwkwkwkkwkw.... Rasanya Toyota Maung boleh menakutkan pejuang OPM....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proton rasa Mitsubishi 🤣🤣

      Hapus
    2. Rasanya otak malon di isi rasa IRi hahhhaa

      Salam top 5 university...bodong

      Hapus
  80. Proton rasa Mitsubishi 🤣🤣

    BalasHapus
  81. @Putrajaya
    IRI dan PANAS HATI YA LON...MELIHAT KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN INDUSTRI PESAWAT BANGSA INDONESIA....COBA SEBUTKAN APA PRODUK PESAWAT MALON..??

    UUPS MAAF KETINGGIAN KALAU CAKAP HITECH PRODUCT.......LUPA SAYA...BUAT SENAPAN SAJA TIDAK BISA...BUAT KAPAL SALAH POTONG...HAHAHAHA MENYEDIHKAN


    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon kono top 5 university tapi kok otaknya isi maseh IRI yahh..
      Genius kah malon?

      Hapus
  82. Purr..Gempita pakai mesin apa ya??

    Hayoo

    BalasHapus
  83. Ada MKM,ada scorpene konon katanya paling modern di kawasan tapi ada bomber cina pusing2 kat Sabah MKM & Scorpene pura2 dungu 🤣🤣

    BalasHapus
  84. NYATA SEKALI BANYAK BERUK MALAYS SEMAKIN PANAS KARNA MERASA DI AYAM AYAMKAN INDONESIA DARI SEGALA LINI...


    DAN MEREKA BERUK MALAYS CUMA BISA MEREMPAT JE TANPA BINA APAPON...😂😂😂

    LAWAKNYA NASIB BERUK MALAYS SEKARANG..🇲🇾🇲🇾👎💩


    🔴🔴🔴🔴🔴

    BalasHapus
  85. POOR....

    MANTAP

    KORANG DAH PAKAI PRODUK PALING HEBAT, YAHITU DENGAN MEMBELI BOAT TERCEPAT DI DUNIA ASAL INDONESIA.

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi boat tercepat didunia asal indonesia buat dipakai apa?

      Apa buat kabur lari dari musuh. Karena boat tersebut sangat cepat

      🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  86. Proton rasa Mitsubishi dan Suzuki 🤣🤣

    BalasHapus
  87. NYATA SEKALI BANYAK BERUK MALAYS SEMAKIN PANAS KARNA MERASA DI AYAM AYAMKAN INDONESIA DARI SEGALA LINI...


    DAN MEREKA BERUK MALAYS CUMA BISA MEREMPAT JE TANPA BINA APAPON...😂😂😂

    LAWAKNYA NASIB BERUK MALAYS SEKARANG..🇲🇾🇲🇾👎💩


    🔴🔴🔴🔴🔴

    BalasHapus
  88. Tak de masalah semua baik2 shaja malay nak buat 15 opv tempatan keh...keh kehhh.hh

    BalasHapus
  89. Anggaran pertahanan Indonesia tiap tahun selalu naik.. sedangkan anggaran MALON kena cut karena miskin dan rasuah ganas yg dilakukan gerombolan MELAYU MALON bengap.. kahkahkahkahkah.. MALOOOOOOONN.. MALOOOOOONN... 😁😅😁😁😅😁😅

    SALAM AYAM SAYUR MENDOOONIA.. bwhahahahhaha

    BalasHapus
  90. NYATA SEKALI BANYAK BERUK MALAYS SEMAKIN PANAS KARNA MERASA DI AYAM AYAMKAN INDONESIA DARI SEGALA LINI...


    DAN MEREKA BERUK MALAYS CUMA BISA MEREMPAT JE TANPA BINA APAPON...😂😂😂

    LAWAKNYA NASIB BERUK MALAYS SEKARANG..🇲🇾🇲🇾👎💩


    🔴🔴🔴🔴🔴

    BalasHapus
  91. Heli Mi17 dan bell pun di tembak jatuh di Papua... apa la sangat Toyota Maung yang nipis tu...wwkkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi boat tercepat didunia asal indonesia buat dipakai apa LON?

      Apa buat kabur lari dari musuh. Karena boat tersebut sangat cepat

      🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Heli AW109 polis Malon masih barupun boleh terhempas 🤣🤣

      Hapus
    3. BRO GEMBULWIRA IS ALSO A HOAX OF YOU. SHADOWING YOU JUST LIKE STAMPAL STICKER.

      TYPICAL INDOGS NO QUALITY OF WORKS. UGLY DESIGN, HOAXES AND STAMPAL STICKER. 😀😀😀😀😀

      🔴🔴🔴

      Hapus
  92. Nak aq hantar linknya keh Proton malon gunakan Suzuki Ertiga dari Indonesia 🤣🤣

    BalasHapus
  93. Pur kalau SEWA helikopter bunyi enginnya SEWAAAAA....SEWAAAAA...SEWAAAA

    Atau suaranya biasa aja pur???

    BalasHapus
  94. DO INDOGS REALLY HAVE BRAINS??

    DO THEY KNOW WHAT REALLY THEY ARE DOING??

    🔴🔴🔴

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisanya cuma cakap itu saja ko tu...

      Knapa IDIOT ya ?

      Hapus
    2. Show me your genius brain what u got ready weapon make malon??

      Hapus
  95. Saya tanya para malon kenapa Top 5 University yg malon banggakan itu maseh aja punya pikiran dan sifat IRI Dengki..??.

    BalasHapus
  96. wkwkwkwkwkkw.... TOYOTA MAUNG versi awam yang nipis dan empuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi boat tercepat didunia asal indonesia buat dipakai apa?

      Apa buat kabur lari dari musuh. Karena boat tersebut sangat cepat

      🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Kasihann purr..
      Nnti klo malon beli siap2 kami bully ya hahah

      Hapus
    3. Proton rasa Mitsubishi 🤣🤣

      Hapus
  97. wkwkwkwkwkkw.... TOYOTA MAUNG versi awam yang nipis dan empuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi boat tercepat didunia asal indonesia buat dipakai apa?

      Apa buat kabur lari dari musuh. Karena boat tersebut sangat cepat

      🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Proton rasa Mitsubishi 🤣🤣

      Hapus
    3. TENGOKLAH PUR...N219 SDH PESAWAT AMPHIBI,MALE ELANG HITAM DAN LAIN²....MALON SUDAH BUAT APA LON...ProtonGILLY....WAKAKAKAKAK..
      TOP 5 UNIVERSITY TAPI BODOH...

      Hapus
  98. Heli AW109 polis Malon masih barupun dah terhempas 🤣🤣

    BalasHapus
  99. Indonesia mampu membuat senapan sendiri... sedangkan SDM MALONS LOW IQ cuma pandai buat senapang vita hirahi.. yg dicap senapang paling ugly didunia.. FACT bwahahhahhahaha.. senapang apa tuh..??? senapang scope tinggi sangat macam tiang jemuran.. wakakakkakakakakaka..

    Tuh bidik mata kena pantat.. akakakkakakakaka.. Cuma segitukah quality SDM MALON..?? nak gelak aku... kahkahkahkahanhkahkah..

    SALAM MALON AYAM SAYUR.. 😂😂😅😂😅😂😅

    BalasHapus
  100. SEBELUM WABAH COVID 19 PBB CABAR 1 DARU 6 BERUK MALAYS DALAM KEMISKINAN....

    SEMASA COVID MANTAN PN MAHATIR CABAR 95% BERUK MALAYS TEMPATAN JATUH MISKIN... WKWKWKWK😂😂😂

    SETELAH COVID BERUK MALAYS TAK DE LAGI DIMALAYS KARNA DI CABAR BAKAL JADI MANUSIA PERAHU...😂😂😂🙏🇲🇾👎💩



    LAWAK SANGAT MALAYS NI...😂😂


    🔴🔴🔴🔴🔴🔴
    😀😀😀😀😀😀

    BalasHapus
  101. ahhh masa... hutang KFX dan wang muka kapal selam sampai sekarang tak dibayar.....wkwkwkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi boat tercepat didunia asal indonesia buat dipakai apa?

      Apa buat kabur lari dari musuh. Karena boat tersebut sangat cepat

      🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Otak genius tp ayat di ulang2 hahhaha..huhuuuuuu

      Hapus
    3. Tadi ada artikel IFX on progress tak dibaca keh,pura2 dungu 🤣🤣

      Hapus
  102. SEBELUM WABAH COVID 19 PBB CABAR 1 DARU 6 BERUK MALAYS DALAM KEMISKINAN....

    SEMASA COVID MANTAN PN MAHATIR CABAR 95% BERUK MALAYS TEMPATAN JATUH MISKIN... WKWKWKWK😂😂😂

    SETELAH COVID BERUK MALAYS TAK DE LAGI DIMALAYS KARNA DI CABAR BAKAL JADI MANUSIA PERAHU...😂😂😂🙏🇲🇾👎💩



    LAWAK SANGAT MALAYS NI...😂😂


    🔴🔴🔴🔴🔴🔴
    😀😀😀😀😀😀

    BalasHapus
  103. Malunye jer claim top 5 university Asean tapi bina UAV kecikpun mesti minta bantuan engineer Indonesia 🤣🤣

    BalasHapus
  104. Indonesia mampu membuat bom sendiri.. MALONS SDM terbelakang masih bangga dengan nazi lemak.. bwahhahahahahahahhahaha..

    MALON AYAM SAYUR MENIKUS DIKAKI INDONESIA.. wakakkakakakakaka.. mantaaaaappp..

    BalasHapus
  105. Wkwkwk...Malon trully idiot dunia 🤣🤣

    BalasHapus
  106. SDM RENDAH MALON setiap tahun hanya mampu menghasilkan dadah yg mendooooonia.. Fact.. bwahhahahahahhahahahhaa.. mantaaaaappp...

    MALON AYAM SAYUR...wkakakakakakkakaka..

    BalasHapus
  107. Apa yg tak de di claim malon ini, nantipun udara di dunia ini diclaim buatan malon 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  108. MALON SEMAKIN TERTINGGAL DARI INDONESIA.

    SAY DADAH GOODBAY....
    MALON DENGAN KEBODOHAN DAN KEMISKINANNYA

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  109. MY ADVISE TO INDONS IS TO FOLLOW KL'S MILITARY DOCTRINE, SYSTEMS ETC. IN ORDER TO ATTRACT MORE CUSTOMER AROUND THE WORLD.

    FOR AN INSTANCE THEIR MAUNG IS JUST LIKE A POOR QUALITY WITH ITS NAME ITSELF COMPARABLE TO KENTUT NOT APPEALING TO INTERNATIONAL COMMUNITY THATS WHY INDOGS NO PROGRESS UNTIL NOW.


    WHAT THEY CAN DO IS TO.....






















































































    BLAH BLAH BLAH 😀😀😀😀😀

    🔴🔴🔴

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blah blah blah


      Malon merempat


      🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    2. SALAM ALUDRA & NYAMUK YANG BUAT ENGINEER INDONESIA 🤣🤣

      Hapus
  110. Malaysia negara jaguh sekawasan sehinga bisa di sejajarkan dengan negara ter maju vanuatu!.....kehh...kehh..

    BalasHapus