09 November 2020

Ini Target Waktu Pembangunan 3 Kapal Selam Baru di PT PAL

09 November 2020

KRI Alugoro yang perakitan akhirnya dilakukan di PT PAL (photo : PAL)

RI Bikin 3 Kapal Selam Baru Lagi, Negara Lain Bakal Gentar!

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia dikabarkan bakal menambah beberapa kapal selam dalam beberapa tahun mendatang. Setidaknya ada 3 kapal selam yang direncanakan bakal dibuat mulai akhir tahun depan.

Ketiga kapal selam tersebut masuk ke dalam master schedule batch 2 dengan dibiayai oleh penyertaan modal negara tahun 2021 sebesar Rp 1,3 triliun. Bila terealisasi maka Indonesia total akan punya 8 unit kapal selam dari target 12 kapal selam.

Dari dokumen yang diterima CNBC Indonesia, masing-masing kapal selam belum memiliki nama spesifik seperti pendahulunya, misal KRI Nagapasa 403 maupun KRI Ardadedali 404. Nama awal saat ini hanya disebut Proyek Kapal Selam #4, Proyek Kapal Selam #5 dan Proyek Kapal Selam #6.

Kapal Selam #4 : September 2021

Proyek Kapal Selam #4 bakal dibuat lebih awal, yakni sekitar September 2021 mendatang. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengerjakan yakni PT PAL Indonesia (Persero) bakal membuat dua section atau bagian, sementara empat section lainnya bakal dikerjakan perusahaan Korea Selatan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME). Proyek ini ditargetkan selesai dalam waktu 4 tahun atau 48 bulan. Artinya, pada September 2025 Indonesia bakal menambah 1 kapal selam baru.

Menanggapi proyek ini, Kepala Departemen Humas PT PAL Indonesia (Persero) Utario Esna Putra masih belum mau berbicara banyak. Ia mengaku masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait projek tersebut. Ketika dana PMN sudah cair, baru langkah teknis bisa dilakukan oleh pembuat kapal selam.

Kapal Selam #5 : April 2022

"Kita nunggu resminya, kalau sudah diterima. Konsen kita bukan proses legislasinya. Itu kan proses di antara pemerintah dan DPR. Kita sebagai galangan, concern kita ketika itu sudah cair itu langsung dikejar pembangunan fasilitas tambahan tadi. concern kita kan di situ," kata Utario kepada CNBC Indonesia, Kamis (5/11).

Dari dana yang dialokasikan pada PMN tahun 2021 mendatang, pembangunan fasilitas bakal memakan biaya paling besar, yakni Rp 1,004 triliun atau porsi 78%. Rencananya bakal dibangun GRP shop, painting shop, shiplift serta blasting shop.

Ketika fasilitas tersebut sudah dibangun, maka PT PAL bakal mendominasi pembuatan section proyek ini dibanding DSME Korsel. Pada Proyek Kapal Selam #5, Indonesia bakal membangun 4 section sementara 2 section lain dibangun di DSME Korsel. Proyek bakal dimulai pada April 2022 mendatang dan selesai Juli 2026.

Kapal Selam #6 : November 2022

Sementara Proyek Kapal Selam #6 bakal dimulai pada medio November 2022 dan selesai April 2027. Indonesia akan berperan dalam membuat keseluruhan section. Utario menyebut keseluruhan bagian kapal selam bisa dibuat jika fasilitas di dalam negeri sudah memadai.

"Intinya fasilitas belum (semua) dibangun. Uangnya juga belum (cair). Makanya kita lihat efektifnya kapan. Semua tergantung kondisi juga. Kita harap semoga makin banyak porsi yang dikerjakan di dalam negeri. Karena ketika dikerjakan dalam negeri, bukan hanya PT PAL tapi di belakang PT PAL ada industri-industri pendukung yang nggak mungkin akan mengerjakan bagian itu kalau nggak dikerjakan di sini," sebut Utario.

258 komentar:

  1. Berarti kapal selam batch II masih dari Koryo jg ya

    BalasHapus
  2. Negri grade A konon skrg n slamanya jdi grade B (beruk) kih..kih..kih..smkin diayam2kan laos kmboja tmorleste ish.ish..ish..buruk muke bangsa beruk...

    BalasHapus
  3. Sumbernya sendiri mengatakan bahwa masih ama DSME.

    Yup!
    DSME tipe 209-1400.
    😛

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Jgn samakan AKAN versi malon dgn AKAN versi Indonesia....salam budget ciput naik 200 juta dollar cuma bisa shopping kerupuk lekor 😁😁😂

      Hapus
  5. Balasan
    1. GRP buat bahan coning tower dan muncung kasel (utk penutup sonar)

      Hapus
    2. Terima kasih infonya.

      Sebagai penutup sonar tidak kepikiran sama sekali. Baru sadar, dulu tidak pernah mencoba transmisi suara GRP dalam air, sehingga aplikasi seperti itu tidak kebayang.

      Hapus
  6. nak tanya wang muka kapal selam sudah bayar ke belum...??? wkwkwkwkwkw

    kasihan INDON hingga wang muka kapal selam pun masih belum dibayar...wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau udah mau berarti udah di bayar uang muka nya.
      Ini malon.
      Beli mpa baru dan drone mana ada gak beritanya gak jadi ya.
      Wkwkwkwk

      Hapus
  7. nak tanya wang muka kapal selam sudah bayar ke belum...??? wkwkwkwkwkw

    kasihan INDON hingga wang muka kapal selam pun masih belum dibayar...wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca artikel sampai abis baru ko paham lon,nak bezakan billion dgn milyar je pun ko tak paham lon 😂😂😂

      Hapus
  8. HARUS SETARA TYPE 218SG LA OM..KALAU SETAKAT CHANG BOGO BATCH 2 LEBIH BAIK NGAK USAH..ATAU USAH MALU2 MILIH SCORPENE SEPERTI KITA WKWKW

    BalasHapus
  9. SALAM budget dipotong tinggal setengah...wkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pura2 dungu biar menghibur diri kerana budget ciput naik sikit cuma bisa shopping kerupuk lekor 😁😁😁

      Hapus
    2. Salam beli mpa dan drone gak tau kemana hilang gitu aja.
      Wkwkwwk

      Hapus
  10. KITA EMANG SEDIKIT GENTAR KALAU RI JADI NAMBAH 3 BUAH KASEL TAPI MASIH LEBIH GENTAR SAMA TYPE 218SG INVINCIBLE CLASS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha step by step bisa bina subs buatan tempatan sementara Singapore cuma bisa beli dan beli dan tak bisa bina,mana yg lebih jaguh 😁😁😁

      Hapus
    2. SG NEMPAH 4..PASTI ADA YANG AKAN DIBUAT DI ST MARINES..OH TAPI NGAK BENAR OM PT PAL CUMA CANTUM2 BLOK BUKAN BINA DARI NOL..INSTALASI SISTEM DALAM KASEL MASIH BUKAN PT PAL

      Hapus
    3. Mana linknya ST buat di Singapore 😂😂...TOT mesti cem tuh lon cantum blok dulu baru bina sendiri bkn cem LCS ko tuh 🤣🤣🤣

      Hapus
    4. baca lagi artikel di atas. tahap demi tahap akan diuat di dalam negeri dan kapal selam ke enam seluruhnya akan di buat di PT PAL.

      Hapus
  11. SALAM budget dipotong tinggal setengah...wkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam beli mpa dan drone gak tau kemana hilang gitu aja.
      Wkwkwwk

      Hapus
    2. Pura2 dungulah tuh buat menghibur diri kerana budget ciput naik sikit cuma bisa shopping kerupuk lekor 😁😂🤣

      Hapus
  12. Yg penting kapalnya jadi yaa,
    Jangan takabur kya beruk malon,
    Cakap besar otak nol,
    Bikin fregat salah potong,
    Baja mahal impor tapi pekerja malon takde kuality,
    Akhirnya jadi sampah.

    BalasHapus
  13. Indonesia Belum Bayar Biaya Pengembangan KF-X, COVID-19 Hambat Ekspor Industri Pertahanan Korsel

    Rabu, 27-05-2020
    TSM-Proyek jet tempur Korea Selatan KF-X senilai 18 triliun won ($ 14 miliar) menghadapi penundaan pembayaran di tengah pandemi COVID-19, sementara para pejabat yang terlibat didalamnya telah memastikan hal itu tidak berarti proyek ditunda.
    Korea Aerospace Industries - satu-satunya pabrikan pesawat di Korea Selatan - saat ini sedang mengembangkan pesawat tempur generasi berikutnya dengan Indonesia.
    Diluncurkan pada tahun 2016, proyek KF-X bertujuan untuk mengembangkan jet tempur generasi baru dan akan diproduksi massal 180 unit pada tahun 2026. Proyek ini, yang terbesar dalam sejarah Korea, masing-masing membutuhkan 8 triliun dan 10 triliun won untuk pengembangan dan produksi massal. Indonesia bertanggung jawab atas 20 persen biaya pembangunan, atau 1,8 triliun won. Namun, Indonesia telah menunda pembayarannya akhir-akhir ini, dengan sejumlah 500,2 miliar won (sekitar $ 405,35 juta) yang jatuh tempo pada bulan April lalu.
    “Biasanya, kontrak pertahanan antara perusahaan pertahanan dan militer melibatkan jaminan. Namun, proyek KF-X tidak melibatkan jaminan karena merupakan proyek pengembangan bersama berdasarkan nota kesepahaman, bukan kontrak pertahanan. Indonesia seharusnya membayar bagiannya setiap tahun,” kata seorang pejabat militer Korea Selatan.
    MOU ditandatangani pada tahun 2010 antara Administrasi Program Akuisisi Pertahanan Korea Selatan (DAPA) dan militer Indonesia.
    Karena proyek tidak memiliki jaminan, tidak ada pengaruh untuk memaksa Indonesia memenuhi tenggat waktu pembayaran. Berdasarkan kesepakatan itu, Indonesia akan menggunakan 50 jet tempur, dan sisanya dari Korea.
    "KAI tidak berada dalam posisi untuk mengomentari status anggaran, tetapi pada jet tempur next generation yang sedang dikembangkan sesuai rencana dan akan diperkenalkan pada tahun 2021," kata seorang pejabat perusahaan.
    Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering adalah perusahaan pertahanan lain yang dipengaruhi oleh ketidakpastian dari Indonesia.
    Meskipun Indonesia telah memesan pembelian senilai $ 1 miliar kepada DSME untuk memproduksi tiga kapal selam 1.400 ton pada bulan April tahun lalu, pembayaran uang muka masih belum diterima.
    “Angkatan Laut Indonesia belum membayar uang muka, tetapi begitu pembayaran selesai, hampir 100 persen Indonesia akan membayar sisa kesepakatan $ 1 miliar karena Bank Mandiri yang dikelola pemerintah negara itu memberikan jaminan,” kata seorang pejabat DSME.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg pasti Koryo tak berani reject Indonesia kerana subs batch II beli dari Koryo 🤣🤣

      Hapus
  14. Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering adalah perusahaan pertahanan lain yang dipengaruhi oleh ketidakpastian dari Indonesia.
    Meskipun Indonesia telah memesan pembelian senilai $ 1 miliar kepada DSME untuk memproduksi tiga kapal selam 1.400 ton pada bulan April tahun lalu, pembayaran uang muka masih belum diterima.
    “Angkatan Laut Indonesia belum membayar uang muka, tetapi begitu pembayaran selesai, hampir 100 persen Indonesia akan membayar sisa kesepakatan $ 1 miliar karena Bank Mandiri yang dikelola pemerintah negara itu memberikan jaminan,” kata seorang pejabat DSME.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu berita tahun berapa lon.
      Biasakan membaca ya lon

      Hapus
    2. Lha batch II belum deal knp mesti bayar uang muka 🤣🤣

      Hapus
    3. geng INDON tanya berita tahun bila....??? Tahun ini la TOLOL...wkwkwkwkwkwkw

      Hapus
    4. Thn ini 😂😂😂...thn 2020 Indonesia tak de shopping tolol,thn 2020 Indonesia cuma terima ketibaan barang shopping 🤣🤣🤣

      Hapus
  15. bila mau bayar wang mukanya....??? wkwkwkwkwkwkwkw

    masa mau MENGUTANG lagi....wkwkwkwkwkwkwkkw asyikkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam katanya mau beli mpa dan drone gak tau kemana hilang gitu aja.
      Wkwkwwk

      Hapus
  16. Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering adalah perusahaan pertahanan lain yang dipengaruhi oleh ketidakpastian dari Indonesia.

    Meskipun Indonesia telah memesan pembelian senilai $ 1 miliar kepada DSME untuk memproduksi tiga kapal selam 1.400 ton pada bulan April tahun lalu, pembayaran uang muka masih belum diterima.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam katanya mau beli mpa dan drone gak tau kemana hilang gitu aja.

      Hapus
    2. Lha sub batch II belum deal knp mesti bayar uang muka, patutlah ko bodoh nak bezakan billion dgn million pun tak paham 🤣🤣🤣

      Hapus
    3. tender pembelian sudah di buka tu bro...wkwkwkwkwkwkw jngan dengki..pembelian ON THE WAY bro..takde batal batal...wkwkwkwkwkkw

      Hapus
    4. Tender Malon thn 2020 tapi barang tiba 2050 😂😂😂

      Hapus
  17. KITA TINGGAL TUNGGU AJA KASEL APA YANG AKAN JADI BATCH SELANJUTNYA..KALAU EMANG PUNYA UANG YANG BELI AJA SETARA TYPE 218 SG ATAU SORYU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya jg baru belajar lon,tak mungkinlah buat type 2018 langsung 🤣🤣🤣

      Hapus
  18. COVID-19 delays Korea’s defense exports

    South Korea’s 18-trillion-won ($14 billion) fighter jet project is facing payment delays amidst the COVID-19 pandemic, while officials involved have assured it does not mean it is being shut down.

    Korea Aerospace Industries -- the country’s only aircraft manufacturer -- is currently co-developing next-generation fighters with Indonesia.

    Launched in 2016, the KF-X project aims to develop a next-generation fighter jet and mass-produce 180 units by 2026. The project, the biggest in Korean history, needs 8 trillion and 10 trillion won for development and mass production, respectively. Indonesia is responsible for 20 percent of the development costs, or 1.8 trillion won. However, it has been delaying its payments lately, with 500.2 billion won overdue as of April.

    “Typically, defense contracts between military and defense companies involve collaterals. However, the KF-X project doesn’t include a collateral as it is a co-development project based on a memorandum of understanding, not a defense contract. Indonesia is supposed to pay its share on a yearly basis,” a military official said.

    The MOU was signed in 2010 between Korea’s Defense Acquisition Program Administration and the Indonesian military.

    As the project lacks a collateral, there is no leverage to force Indonesia to meet the payment deadline. Under the deal, Indonesia will use 50 fighter jets, and Korea the rest.

    “KAI is not in a position to comment on the budget status, but the next-generation fighter jet is being developed as planned and will be introduced by 2021,” a company official said.

    Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering is another defense company affected by uncertainties from Indonesia.

    Though Indonesia placed a purchase order worth $1 billion to DSME for manufacturing three 1,400-ton submarines in April last year, advance payments haven’t arrived yet.

    “The Indonesian navy hasn’t paid advance payments yet,



    link
    http://www.koreaherald.com/view.php?ud=20200526000847

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam katanya mau beli mpa dan drone gak tau kemana hilang gitu aja.

      Hapus
    2. Yg penting Indonesia tak direject 😂😂😂

      Hapus
  19. Kapal Destroyer tercanggih di dunia yaitu project






    "3 Yellow Balloon"
    wakakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapal beroda pertama dunia..KRI KLEWANG II... hingga sekarang masih masih menunggu kedatangan roda yang diorder...wkwkwkwkkwkw

      Hapus
    2. Klewang ada gantinya berbanding LCS failed tak de ganti 😂😂😂

      Hapus
    3. KRI KLEWANG II sekelas KCR60. MAHAROGOLELA patutnya dibandingkan dengan KRI GNR dan KRI RE Martadinata. Sama-sama kelas Fregat..

      MAHAROGOLELA tunggu roda dari USA ya pur atau mau dijadikan Casino Darat Cabang GENTING Highland..

      Wkwkwkwkwkwk Asyiiiikkk...

      Hapus
  20. Kita sungguh iri dengan dibelinya PTM GEn6 oleh







    Chewbakka Division

    BalasHapus
  21. Best sniper in the world



    Mr. Johari dgn senjata Vita Berapi




    Can kill 10000 army of




    Bekicot


    Wakakakakak

    BalasHapus
  22. The best new technology of malon is

    B30....copyright of PERTAMINA


    Wakakakak

    BalasHapus
  23. Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering is another defense company affected by uncertainties from Indonesia.

    Though Indonesia placed a purchase order worth $1 billion to DSME for manufacturing three 1,400-ton submarines in April last year, advance payments haven’t arrived yet.

    “The Indonesian navy hasn’t paid advance payments yet,



    link
    http://www.koreaherald.com/view.php?ud=20200526000847

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha belum deal blm sign knp harus bayar uang muka 🤣🤣🤣

      Hapus
  24. The most advanced helicopter in South East Asia is



    NURI


    Never give up

    BalasHapus
  25. hingga wang muka pun tak mampu dibayar... ya NGUTANG SAJA...wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  26. Indonesia Cuts Defence Budget by USD588 million

    Indonesia has cut its 2020 defence budget by nearly IDR9 trillion (USD588 million) in response to Covid-19.

    The reduction was included in a recently formalised presidential regulation that requires several ministries to help fund a government economic stimulus package valued at IDR436 trillion.

    According to Presidential Regulation No. 54/2020, the Ministry of Defence’s (MoD’s) budget for 2020 will fall from IDR131.2 trillion to IDR122.4 trillion. The IDR8.8 trillion cut is equal to a fall of nearly 7%.

    However, the new 2020 defence allocation still represents a strong increase of around 13% compared with the 2019 defence budget of IDR108 trillion.


    link
    http://defense-studies.blogspot.com/2020/04/indonesia-cuts-defence-budget-by-usd588.html

    BalasHapus
  27. SALAM ANGGARAN PERTAHANAN DIPOTONG HINGGA SETENGAH....wkwkwkwkkwkwkw

    beli bot kecil pun tak lepas bro...wkwkwkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Reka2 ceritalah tuh ,linkpun tak de kata potong setengah 🤣🤣

      Hapus
  28. ada negara pangkas anggaran pertahanan hingga separuh guys....wkwkwkwkwkwkkwkw

    geng INDON sembng macam bagus rupanya anggaran pertahanan negara mereka terpaksa di pangkas.... KASIHAN INDON

    BalasHapus
    Balasan
    1. Reka2 ceritalah tuh,link pun tak ada 😂😂😂

      Hapus
  29. Dengar citer 2 heli malon bertumbuk di udara dan terhempas ke darat,apa Halim bisa terjadi,ini kerana budget pemeliharaan heli malon dipotong 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. EH TOLOL ITU BUKAN HELI TENTARA ITU HELI AKADEMI PENERBANGAN SWASTA TOLOL

      Hapus
    2. Fact budget pemeliharaan malon dipotong kerana digunakan untuk budget covid-19 😂😂😂

      Hapus
  30. reka cerita apa pasal pemotongan anggaran pertahanan INDON..itu semua saya ambil dari berita INDON la...

    tiada masa saya nak menaip dalam tulisan INDON...wkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tapi ko tak tau bezakan million dgn Billion tolol 🤣🤣🤣

      Hapus
  31. Jokowi Pangkas Dana Belanja Kemenhan, TNI Bisa Gagal Dapat Jet Baru


    Virus Corona atau COVID-19 benar-benar membuat sibuk pemerintah Indonesia. Seluruh Kementerian/Lembaga mau tidak mau dipaksa untuk gotong royong menanggulangi ancaman serius yang ditimbulkan oleh pandemi yang berasal dari Tiongkok itu. Salah satu yang terkena dampaknya adalah Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

    Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2020 tentang Perubahan Postur dan Rincian Anggaran Belanja Negara, membuat rencana Kemenhan mendatangkan sejumlah Alat Utama Sistem Persenjataan (Alusista), terancam gagal.

    Perpres itu dibuat sebagai tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undag (Perpu) Nomor 1 Tahun 2020, tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi COVID-19, dan/atau dalam Rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Sistem Stabilitas Keuangan.

    Perpres yang ditandatangani Presiden awal April lalu itu, menjadi alasan bagi Pemerintah Pusat untuk memangkas anggaran belanja tahun 2020 di Kementerian/Lembaga, guna mendukung kebutuhan penanganan Covid-19.

    Pemangkasan anggaran Kemenhan itu dibenarkan oleh Juru Bicara Kemenhan, Dahnil Anzar Simanjuntak. Dahnil menyatakan, bukan saja anggaran Kemenhan yang dikurangi untuk menangani pandemi COVID-19, tapi anggaran TNI pun ikut dipangkas tahun 2020 ini.

    Selain itu, Dahnil Juga mengklarifikasi kabar yang sempat beredar di sejumlah media yang menyatakan anggaran pertahanan dipangkas sebesar US$ 588 juta atau sekitar Rp 8 triliun. Menurut Dahnil, total anggaran yang dipangkas lebih besar dai pada itu, yaitu mencapai Rp13,2 triliun.

    "Semua Kementerian/Lembaga dilakukan pemotongan anggaran, termasuk Kemenhan dan TNI, direvisi sebesar Rp13,2 Triliun, beberapa alokasi fokus untuk penanganan Covid-19," kata Dahnil kepada VIVA Militer, Minggu 3 Mei 2020.

    Namun sayangnya, Dahnil tidak merinci lebih jauh anggaran yang dialihkan untuk penanganan Covid-19 itu diambil dari pos-pos mana saja.

    Dengan dialihkannya anggaran Kemenhan itu, tentunya akan mempengaruhi rencana pemerintah dalam memperkuat pertahanan kita dengan cara memodernisasi dan menambah alat utama sistem persenjataan (Alutsista) di tahun 2020 ini.

    BalasHapus
  32. Budget pertahanan thn 2020 US& 3,84 Billion 70% habis untuk bayar hutang LMS US$ 2,3 Billion 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  33. Imbas Covid-19 Pemerintah Harus Pangkas Anggaran Militer, Posisi Indonesia di Laut China Selatan Terus Diancam Kapal Tiongkok


    Salah satu imbas dari pandemi Covid-19 juga membuat Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto harus memangkas anggarannya.

    Indonesia bahkan memangkas anggaran pertahanan tahun 2020 lebih kurang sebanyak U$ 588 juta.

    Kementerian Pertahanan yang berada di bawah Komando Prabowo Subianto semula memiliki anggaran Rp131,182 triliun, namun karena adanya wabah corona, anggaran tersebut disunat menjadi Rp 122,447 triliun (berkurang Rp 8,734 triliun).

    Thailand juga telah mengurangi alokasi pertahanannya sebesar US$ 555 juta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi budget US$ 9 Billion setelah dipotong US$ 588 million jadi budget Indonesia tinggal setengah ya lon,lawak memang Malon,top 5 university ASEAN konon 😂😂😂

      Hapus
  34. ini bener orang malaysia atau bukan yang komen, kok bodohnya kebangetan. kapal kalian tu bagaimana sudah selesai belum. terlambat dan menghabiskan banyak dana itu suatu berita yang memalukan. ada tidak di asean negara yang bina kapal selam buatan tempatan/dalam negeri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nak tanya KRI KLEWANG II dah cecah air ke bro dah bertahun tak siap siap tu...wkwkwkwkwkwk lagi lama dari LCS MALAYSIA.... ke tunggu roda untuk jadikan kapal versi jalan didarat...wkwkwkwkwkkw

      Hapus
    2. Klewang ada gantinya beza dgn LCS failed tak de gantinya 😁😁😁

      Hapus
  35. Tak menghairankan jika Prabowo usul cadangan mau MENGUTANG LUAR NEGERI untuk beli aset pertahanan...wkwkwkwkwkwkk

    JOM NGUTANG....MEROKET...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Budget 2021 US$ 3,84 Billion 70% habis bayar hutang LMS cina US$ 2,3 Billion 😁😁😁

      Hapus
    2. Lah sini yg ngutang, lw yg rame... 😁

      Hapus
  36. Mau tanya suhu suhu, tentang baterai radio isotop ciptaan doktor Yudi utomo imarjoko dan doktor Kusnanto yang powerplantnya dari isotop limbah nuklir, masih skala uji atau sudah prototype , saya tertarik dengan rancangan baterai ini karena kedua ilmuwan Indonesia itu juga bekerja di Batantek yang berhasil menemukan radiasi rendah isotop untuk keperluan medis, membuat isotop tanpa menggunakan sentrifugal, 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barangkali bisa di gunakan untuk powerplant kapal s3lam , barangkali hanya harapan , tapi siapa tau , entahlah 👐

      Hapus
  37. Salam 2 heli malon bertumbuk di udara dan terhempas,ini terjadi kerana budget pemeliharaan dipotong 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  38. salam kena pangkas hingga separuh...wkwkwkwkwkkwkw

    apa lagi JOM NGUTANG.....

    BalasHapus
  39. indonesia bangun kapal selam dan frigate sudah sesuai rencana. barangnya sudah ada yang jadi dan alhamdulillah lancar. tinggal proses pengembangan saja.

    nah negara anda sudah sampai mana? sudah jadi belum kapal buatan tempatan nya?

    indo sudah mulai tahap untuk membuat kapal sekelas destroyer/frigate dengan bobot 5000-6000 ton.

    BalasHapus
  40. Lihat betapa panasnya beruk satu ini... 😁.... Kasihan sekali..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak patut di kasihani bro.. orang gila kayak gempur kebanyakan hisap dadah dan makan uang haram cukai judi..

      😁😁😁

      Hapus
  41. TNI AL mau beli Maharogol buat dijadikan sasaran tembak KCR, Torpedo Blackshark, Exocet Blok III supaya di tenggelamkan jadi rumpon laut

    Patut lah tuch Maharogolela dengan harga Rp 1000/kg, berat Maharogol kan 3100Ton jadi cukup Rp 3.100.000 Buat beli Maharogolela...

    kapan lagi punya sasaran tembak KCR, Blackshark, dkk bisa dapat Rp. 3.100.000/kapal.. murah, meriah..

    Wkwkwkwkwkwkwk Asyiiikkkk

    BalasHapus
  42. Balasan
    1. Jom ngopi,,, biar adem otakmu,,,
      Baygon minum jg sila.. 😁

      Hapus
  43. RI Masuk Daftar 10 Negara Punya Utang Terbesar di Dunia

    Indonesia masuk daftar 10 negara yang memiliki utang luar negeri (ULN) tertinggi berdasarkan data dari Bank Dunia alias World Bank (WB). Peringkat tersebut dibandingkan dengan negara yang berpenghasilan rendah-menengah di Asia Tenggara bahkan di dunia
    Berdasarkan laporan International Debt Statistics (IDS) 2021 atau Statistik Utang Internasional yang dirilis Bank Dunia, Indonesia Indonesia masuk ke dalam daftar 10 negara berpendapatan kecil-menengah dengan utang luar negeri terbesar di dunia.

    Dikutip dari laporan Bank Dunia, Selasa (13/10/2020), Indonesia menempati posisi ke-7 dari daftar 10 negara berpendapatan kecil-menengah dengan utang luar negeri terbesar di dunia. Posisi pertama di tempati China, lalu ke-2 Brasil, dan ke-3 India, ke-4 Rusia, posisi ke-5 adalah Meksiko, ke-6 Turki, ke-8 Argentina, ke-9 Afrika Selatan, dan terakhir Thailand. Posisi utang luar negeri yang dicatat Bank Dunia dalam IDS 2021 itu ialah sampai tahun 2019.

    Dalam catatan Bank Dunia, posisi utang luar negeri Indonesia pada tahun 2019 mencapai US$ 402,08 miliar atau sekitar Rp 5.940 triliun (kurs Rp 14.775). Angka tersebut naik tipis (5,9%) dari posisi utang luar negeri di tahun 2018 yakni US$ 379,58 miliar atau sekitar Rp 5.608 triliun dengan nominal nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hutang Indonesia RM 2 B dgn population 270 juta,hutang malon RM 1,5 B dgn population 30 juta 🤣🤣🤣

      Hapus
  44. akibat NGUTANG luar negeri terus... ranking ke-6 PENGUTANG TERBESAR DUNIA guys...wkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hutang Indonesia RM 2 B dgn population 270 juta berbanding hutang Malon RM 1,5 B dgn population 30 juta 😁😁😁

      Hapus
    2. 4unit LeMaS di beli dengan dana hutang dari CHINA kan pur.. beli kapal ompong LeMaS sampai hutang 25tahun ke CHINA..

      Wwkwkwkwkwkwkw Asyiiikkkk

      Hapus
  45. Waduuh ASKAR BERUK BERSARONG Malassia Makin Ketinggalan jangankan shoping senjata yang adapun tak terawat sukhoi Lapok aset senjata Lapok di tambah Covid-19 makin MENGGILA plus krisis ekonomi & politik yang semakin amburaddul sempurna sudah penderitaan Beruk BERSARONG... 😁😁😁🙈🙈🙈

    BalasHapus
  46. Cilaka-cilaka Indonesia kalah dgn Malon yg punya 6 kapal super halimunan LCS. Sangat ajaib di pakai untuk tempur di darat 😀




    Kehkehkeh.....😁😁😁😁😁🎈🎈🎈

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohhh..masih kalah sama kri klewang 1...cecah air je terus halimunan... jangankan MALAYSIA...INDON pun hingga kini tak dapat kesan kri klewang 1 akibat terlalu halimunan...wkwkwkwkkwkw

      Hapus
    2. Klewang ada gantinya berbanding LCS failed tak de gantinya 😂😂😂

      Hapus
    3. Ntar klewang II jadi lw bugil gpp... 😁 😁

      Hapus
  47. Prabowo Ajukan Utang Luar Negeri Rp 296 Triliun untuk Beli Jet Tempur dan Kapal


    Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dikabarkan mengajukan proposal untuk mendapat utang luar negeri sebesar USD 20 miliar atau sekitar Rp 296 triliun. Dikutip dari janes.com, utang luar negeri sebesar itu dijadwalkan untuk periode lima tahun yakni 2020-2024.
    "Proposal tersebut telah dikirim ke Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, pada 13 Juli 2020," tulis janes.com yang mengaku menerima salinan surat tersebut pada awal September 2020. Mengutip dokumen yang diterima, janes.com menyebutkan utang luar negeri itu akan digunakan untuk mendanai pengadaan alutsista tiga matra TNI, yakni TNI AD, TNI AU, dan TNI AL. Yang paling membutuhkan anggaran besar adalah pembelian 24 unit jet tempur F16V buatan Lockheed Martin, Amerika Serikat (AS).

    Sebelumnya Pemerintah memangkas anggaran belanja Kemenhan pada 2020 dari Rp 131 triliun menjadi Rp 122 triliun. Pemangkasan anggaran Rp 9 triliun itu dialihkan untuk penanganan pandemi COVID-19. Tapi dibandingkan pemangkasan anggaran di kementerian lain, pemangkasan anggaran Kemenhan terbilang kecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Budget pertahanan Malon US$ 3,84 B tapi 70% digunakan untuk bayar hutang LMS US$ 2,3 B ....SADISSSS 🤣🤣🤣

      Hapus
  48. Nak bahas pasal utang.... 😁 😁

    BalasHapus
  49. Yg jealous tepi sikit... 😁

    BalasHapus
  50. Budget malon habis buat alokasi PTM Gen 6



    Dan development BH Rosmah...automatic peras....



    wakakakak

    BalasHapus
  51. yang potong anggaran pertahanan hingga separuh tu tepi sikit....wkwkwkkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Budget US$ 9 Billion dipotong cuma US$ 588 Million,kata gempurgila budget pertahanan Indonesia tinggal setengah 😁😁😁... gempurgila memang lawak katanya top 5 university ASEAN tapi quality cem ini 🤣🤣🤣

      Hapus
  52. Jangan lupa sendal kipas membuat budget malon tertekan

    BalasHapus
  53. MIG29 & MKM di grounded karena sudah ada PTM Gen6





    wakakakak

    BalasHapus
  54. kasihan akibat dipotong anggaran pertahanan hingga setengah..terpaksa usul buat hutang luar negeri beli aset pertahanan..kasihan INDON

    BalasHapus
  55. KRI KLEWANG II sekelas KCR60. MAHAROGOLELA patutnya dibandingkan dengan KRI GNR dan KRI RE Martadinata. Sama-sama kelas Fregat..

    MAHAROGOLELA tunggu roda dari USA ya pur atau mau dijadikan Casino Darat Cabang GENTING Highland..

    Wkwkwkwkwkwk Asyiiiikkk...

    BalasHapus
  56. Vita berahi membuat malon tidak perlu senjata




    wakakakak

    BalasHapus
  57. Garis bawahi membangun fasilitas tambahan! Kalau kita lihat di google map, PT PAL meratakan bangunan di samping workshop kasel dan luasnya lebih besar dr fasilitas yg sudah berdiri. Karena dalam jangka 4 tahun, akan ada 3 kasel yg sedang dibina secara berurutan start nya, berarti fasilitas akan mampu menampung 3 kasel sekaligus utk dikerjakan.

    BalasHapus
  58. Taming sari sanggup mencapai planet namec




    wikikikikik

    BalasHapus
  59. Waduuh ASKAR BERUK BERSARONG Malassia Makin Ketinggalan jangankan shoping senjata yang adapun tak terawat sukhoi Lapok aset senjata Lapok di tambah Covid-19 makin MENGGILA plus krisis ekonomi & politik yang semakin amburaddul sempurna sudah penderitaan Beruk BERSARONG... 🙈🙈🙈🙈🤣🤣🤣

    BalasHapus
  60. Jokowi Pangkas Dana Belanja Kemenhan, TNI Bisa Gagal Dapat Jet Baru


    Virus Corona atau COVID-19 benar-benar membuat sibuk pemerintah Indonesia. Seluruh Kementerian/Lembaga mau tidak mau dipaksa untuk gotong royong menanggulangi ancaman serius yang ditimbulkan oleh pandemi yang berasal dari Tiongkok itu. Salah satu yang terkena dampaknya adalah Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

    Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2020 tentang Perubahan Postur dan Rincian Anggaran Belanja Negara, membuat rencana Kemenhan mendatangkan sejumlah Alat Utama Sistem Persenjataan (Alusista), terancam gagal.

    Perpres itu dibuat sebagai tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undag (Perpu) Nomor 1 Tahun 2020, tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi COVID-19, dan/atau dalam Rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Sistem Stabilitas Keuangan.

    Perpres yang ditandatangani Presiden awal April lalu itu, menjadi alasan bagi Pemerintah Pusat untuk memangkas anggaran belanja tahun 2020 di Kementerian/Lembaga, guna mendukung kebutuhan penanganan Covid-19.

    Pemangkasan anggaran Kemenhan itu dibenarkan oleh Juru Bicara Kemenhan, Dahnil Anzar Simanjuntak. Dahnil menyatakan, bukan saja anggaran Kemenhan yang dikurangi untuk menangani pandemi COVID-19, tapi anggaran TNI pun ikut dipangkas tahun 2020 ini.

    Selain itu, Dahnil Juga mengklarifikasi kabar yang sempat beredar di sejumlah media yang menyatakan anggaran pertahanan dipangkas sebesar US$ 588 juta atau sekitar Rp 8 triliun. Menurut Dahnil, total anggaran yang dipangkas lebih besar dai pada itu, yaitu mencapai Rp13,2 triliun.

    "Semua Kementerian/Lembaga dilakukan pemotongan anggaran, termasuk Kemenhan dan TNI, direvisi sebesar Rp13,2 Triliun, beberapa alokasi fokus untuk penanganan Covid-19," kata Dahnil kepada VIVA Militer, Minggu 3 Mei 2020.

    Namun sayangnya, Dahnil tidak merinci lebih jauh anggaran yang dialihkan untuk penanganan Covid-19 itu diambil dari pos-pos mana saja.

    Dengan dialihkannya anggaran Kemenhan itu, tentunya akan mempengaruhi rencana pemerintah dalam memperkuat pertahanan kita dengan cara memodernisasi dan menambah alat utama sistem persenjataan (Alutsista) di tahun 2020 ini.

    BalasHapus
  61. ada negara di pangkas angaran pertahanan hingga tinggal separuh guys...wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Budget pertahanan Indonesia US$ 9 Billion dipotong cuma US$ 588 million terus dikatakan gempurgila budget pertahanan Indonesia tinggal setengah, lawaknye... top 5 university ASEAN konon tapi bodoh 😂😂😂

      Hapus
  62. 7% separuh anggaran ???
    Ini minta di cuci otaknya!

    BalasHapus
  63. Taming sari tidak bisa dipakai di bumi oleh karena bisa mengelilingi bumi dan jatuh sendiri di malon...

    oleh karena itu hanya bisa dipakai diplanet namec yang menjadi sumber keributan para Saiya


    wakakakak

    BalasHapus
  64. Jgn kash kendor pur... 😁
    Jom, tumpahkan segala keluh kesahmu disini.. 😁 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panas api neraka tak seberapa dg panas hati gempoor.. 😁

      Hapus
  65. Berikut adalah daftar negara yg kena jebakan utang China (China debt trap) :

    https://en.wikipedia.org/wiki/Debt-trap_diplomacy#:~:text=China%20financed%20%2422%20billion%20worth,by%20China's%20Premier%20Li%20Keqiang.

    BalasHapus
  66. Berbeda dgn TNI-AL yg terus melengkapi persenjataan (rudal dll) utk kapal2 combatannya...

    Ada komen forumer Jiran yg dah kesal aset2 angkatan laut yg dulunya beli dgn sistem FFBNW (Fit For But Not With), tapi bertahun2 hingga sekarang masih berstatus GUNBOAT saja!

    FFBNW MALONSIAL=
    Fit For But NEVER EQUIPED. Alias ompong selamanya!!!

    Fit For But NEVER WEAPONS, Alias Ompong selamanya!!!!

    🤣🤣🤣

    BalasHapus
  67. Akibat Virus Corona, Indonesia Pangkas Anggaran Pertahanan


    Indonesia telah memangkas anggaran pertahanan tahun 2020 sebesar hampir Rp 9 triliun (US$588 juta) sebagai antisipasi untuk menghadapi virus Covid-19, lansir Jane’s.

    Pengurangan anggaran Pertahanan itu dimasukkan dalam Peraturan Presiden yang baru-baru ini diformalkan yang mensyaratkan beberapa Kementerian untuk membantu mendanai paket stimulus ekonomi pemerintah senilai Rp 436 triliun.

    Menurut Peraturan Presiden No. 54/2020, anggaran Kementerian Pertahanan (2020) untuk tahun 2020 akan turun dari Rp131,2 triliun menjadi Rp122,4 triliun. Pemotongan sebesar Rp 8 triliun sama dengan penurunan hampir 7%.

    Namun, alokasi pertahanan baru tahun 2020 masih merupakan peningkatan yang kuat sekitar 13% dibandingkan dengan anggaran pertahanan tahun 2019 sebesar Rp108 triliun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Efek halusinasi dan fly dari hisap dadah belum hilang juga pur..

      🐵🐵🐒🐒

      Hapus
    2. Budget pertahanan Indonesia US$ 9 B dipotong cuma US$ 588 million terus dikatakan gempurgila budget pertahanan Indonesia tinggal separuh 🤣🤣🤣... Top 5 university ASEAN konon tapi bodoh 😁😁😁

      Hapus
  68. Penduduk Asgard akan menginvasi bumi karena Taming sari sanggup mencapai Asgard



    Wakakakak

    BalasHapus
  69. Berikut adalah daftar negara yg kena jebakan utang China (China debt trap) :

    https://en.wikipedia.org/wiki/Debt-trap_diplomacy#:~:text=China%20financed%20%2422%20billion%20worth,by%20China's%20Premier%20Li%20Keqiang.

    BalasHapus
  70. Waduuh ASKAR BERUK BERSARONG Malassia Makin Ketinggalan jangankan shoping senjata yang adapun tak terawat sukhoi Lapok aset senjata Lapok di tambah Covid-19 makin MENGGILA plus krisis ekonomi & politik yang semakin amburaddul sempurna sudah penderitaan Beruk BERSARONG... 🙈🙈🙈🙈🤣🤣🤣

    BalasHapus
  71. https://nasional.kompas.com/read/2020/11/09/12340631/tni-al-tangkap-tiga-kapal-malaysia-pencuri-ikan-di-selat-malaka

    BalasHapus
  72. Iya jika dipangkas 50% baru itu separuh anggaran, lha ini baru 7% sudah dibilang separuh anggarang yang bener aja ....

    BalasHapus
  73. Corona,klewang, ngutang... 😁 😁
    Jom,,, babar semua koran bekasnya kat sini.. 😁

    BalasHapus
  74. wkwkwkwkwkwkwkwk... kasihan INDON..pa la boleh dibeli dengan separuh anggaran....??? boleh la beli TOYOTA REVO tampal stiker tu...wkwkwkwkwkwk asyikkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Budget pertahanan Indonesia US$ 9 BILLION dipotong cuma US$ 588 million terus dikatakan gempurgila budget pertahanan Indonesia tinggal separuh,fact gempurgila halunisasi raja reka2 cerita 😂😂😂

      Hapus
  75. @gempuriwa, lulusan apa kamu masa kayak ini gak ngerti ???

    BalasHapus
  76. Waduuh... ASKAR BERUK BERSARONG Malassia Makin Ketinggalan jangankan shoping senjata yang adapun tak terawat sukhoi Lapok aset senjata pada Lapok di tambah Covid-19 makin MENGGILA plus krisis ekonomi & politik yang semakin AMBURADDUL sempurna sudah penderitaan Beruk BERSARONG... 🙈🙈🙈🙈😁😁😁

    BalasHapus
  77. Iya jika dipangkas 50% baru itu separuh anggaran, lha ini baru 7% sudah dibilang separuh anggarang yang benar saja ....

    BalasHapus
  78. Thor sungguh resah karena PTM GEN6 dan Taming Sari sanggup menghancurkan Asgard...khawatir akan dipakai Thanos dan Naruto, Thor akan menginvasi Bumi untuk menyelamatkan blue print senjata tersebut.

    Apalagi pasukan Johari dengan Darth Vadder sudah bersatu dan memakai Vita berahi....

    Pasukannya menggunakan mobil (atau sendal tepatnya) dengan 4 kipas.



    wakakakak

    BalasHapus
  79. Iya jika dipangkas 50% baru itu separuh anggaran, lha ini baru 7% sudah dibilang separuh anggarang yang benar saja ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gitulah hasil didikan TOP 5 University Dunia Grade A dengan budget Pendidikan RM50 Billion...

      Hapus
  80. Iya jika dipangkas 50% baru itu separuh anggaran, lha ini baru 7% sudah dibilang separuh anggarang yang benar saja ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gitulah hasil didikan TOP 5 University Dunia Grade A dengan budget Pendidikan RM50 Billion...

      Hapus
  81. kalau anggaran cukup...mustahil Prabowo usul buat hutang luar negeri untuk beli aset pertahanan....benda simple pun tak boleh nak fikir... wkwkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha LMS ko tuh bkn hutang ke cina selama 30 thn 🤣🤣🤣

      Hapus
  82. Budget pertahanan Indonesia US$ 9 BILLION terus dipotong cuma US$ 588 million terus dikatakan gempurgila budget pertahanan Indonesia tinggal separuh,fact gempurgila halunisasi raja reka2 cerita 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  83. Kalau pendidikan KL berhasil, gak mungkin LCS salah potong, ga mungkin ga bisa bikin LMS...

    Itupun tak bisa pikir...

    Hwakakakkaak....

    BalasHapus
  84. India yang anggarannya sudah besar kenapa masih perlu minta pinjaman tambahan, bisa jawab ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo pur di jawab.. Patutnya hasil pendidikan TOP 5 University Grade A bisa jawab..

      Hapus
  85. Pengamat militer abal2... 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dlm negri sendiri lg berantakan, ngurusi bajet pertahanan tetangga... 😁 😁 😁

      Hapus
  86. Taming sari dan PTM Gen6 menjadi senjata pamungkas malon melawan orochimau



    wakakakak

    BalasHapus
  87. Monumen Maho Rogol Lelah adalah bukti gagalnya pendidikan di KL.

    Fakta sederhana.

    BalasHapus
  88. SALAM anggaran di potong hingga setengah....wkwkwkkwkwkwk asyikkkkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Raja halunisasi lg reka2 cerita 😁😁

      Hapus
    2. 👆👆👆👆👆

      Contoh dari hasil pendidikan TOP 5 University Dunia Grade A dengan budget Pendidikan RM50 Billion...

      🐵🐵🐒🐒🐒

      🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    3. Kementerian Pertahanan yang berada di bawah Komando Prabowo Subianto semula memiliki anggaran Rp131,182 triliun, namun karena adanya wabah corona, anggaran tersebut disunat menjadi Rp 122,447 triliun (berkurang Rp 8,734 triliun).

      131-122 = 9
      9÷131×100% = 6,8%

      SO, BERKURANGNYA HANYA 6,8%!

      BAGAIMANA JADI SETENGAH (50%)..???

      #GEMPURGAGALBERHITUNG#

      😂😂😂😂😂

      Hapus
  89. Waduuh ASKAR BERUK BERSARONG Malassia Makin Ketinggalan jangankan shoping senjata yang adapun tak terawat sukhoi Lapok aset senjata pada Lapok di tambah Covid-19 makin MENGGILA plus krisis ekonomi & politik yang semakin AMBURADDUL sempurna sudah PENDERITAAN Beruk BERSARONG...🙈🙈🙈🙈🤣🤣🤣

    BalasHapus
  90. Budget pertahanan Indonesia US$ 9 Billion dipotong cuma US$ 588 million terus dikatakan gempurgila budget pertahanan Indonesia tinggal separuh,ko nih sehat Pur 😁😁....dalam hutang LMS cacat system dgn masa 30 tahun 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  91. @gempuriwa, anda itu disini mau apa sebenarnya, daritadi memutar balikkan fakta sudah jelas berita diatas memberitahukan "Sebelumnya Pemerintah memangkas anggaran belanja Kemenhan pada 2020 dari Rp 131 triliun menjadi Rp 122 triliun. Pemangkasan anggaran Rp 9 triliun itu dialihkan untuk penanganan pandemi COVID-19. Tapi dibandingkan pemangkasan anggaran di kementerian lain, pemangkasan anggaran Kemenhan terbilang kecil." Masih ngeyel ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dia pengen bangga, tapi gagal.

      Jadinya halu gitu.

      Dinikmati aja dia lagi melawak.

      😂😂😂😂

      Hapus
    2. Dia sebenarnyapun tau bro tapi dia pura2 bego aja karna dia tdk bisa menerima kenyataan budget pertahanan Indonesia lebih besar dari pada budget pertahanan Malon 🤣🤣🤣

      Hapus
  92. Balasan
    1. Gagal tamat kerana gempurgila kebanyakan kongkek 😂😂😂

      Hapus
  93. Project "3YB (three Yellow Balloon)" the most prestige frigate project in d world...this project is the most advanced frigate project by making frigate can stay in the land for 100 years


    wakakakakak

    BalasHapus
  94. Mw ngutang, mw corona, mw dipotong... Kasel 3 bijik ttp datang... 😁 😁 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mw koran bekas dibacain semua disini itu kasel ttp dipesan... 😁

      Hapus
    2. 3 unit.. Bikinnya disini lhoh.. 😁

      Hapus
  95. kesian kesian LMS kebanggan gempur ternyata utang 30 tahun sama china ... 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  96. "Sebelumnya Pemerintah memangkas anggaran belanja Kemenhan pada 2020 dari Rp 131 triliun menjadi Rp 122 triliun. Pemangkasan anggaran Rp 9 triliun itu dialihkan untuk penanganan pandemi COVID-19. Tapi dibandingkan pemangkasan anggaran di kementerian lain, pemangkasan anggaran Kemenhan terbilang kecil."

    Kemenhan paling kecil lho, anggarannya yang dipotong!

    BalasHapus
  97. 5 most famous universities in malon is the designer of PTM Gen6 and Taming Sari that can shoot worm armies with their hot coffee maker




    wakakakak

    BalasHapus
  98. DEFENSE STUDIES
    FOCUS ON DEFENSE CAPABILITY DEVELOPMENT IN SOUTHEAST ASIA AND OCEANIA

    15 Agustus 2020
    Anggaran Kemenhan pada 2021 Ditambah Menjadi Rp 136,99 triliun
    15 Agustus 2020

    Anggaran Kemenhan adalah kedua terbesar tahun depan setelah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Anggaran Kementerian PUPR pada RAPBN 2021 sebesar Rp 149,8 triliun (photo : TSM)

    JAKARTA- Pemerintah mengalokasikan anggaran belanja Kementerian Pertahanan sebesar 136,99 triliun rupiah dalam RAPBN tahun anggaran 2021, naik dibandingkan tahun ini yang sebesar 117,9 triliun rupiah.

    “Kebutuhan Kementerian Pertahanan dalam rangka alutsista dan terutama juga untuk maintenance, itu adalah catching up dari kebutuhan yang selama ini. Jadi kami dalam hal ini tidak melihat sebagai sesuatu deviasi yang sangat besar,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Jumat (14/8).

    Ia mengatakan anggaran yang dialokasikan untuk Kementerian yang dipimpin oleh Prabowo Subianto itu diharapkan juga mampu mendukung industri strategis nasional.

    “Dalam Kemenhan ini penekanan kita adalah kemampuan mereka untuk mengeksekusi belanjanya. Seperti Bapak Presiden meminta agar belanja Kemenhan dapat meningkatkan industri-industri strategis yang dimiliki Indonesia,” kata Menkeu.

    Dalam Buku II Nota Keuangan beserta RAPBN Tahun 2021, disebutkan belanja Kemenhan terbagi dalam tujuh program, yakni :

    -program penggunaan kekuatan sebesar 4,4 triliun rupiah,

    -program profesionalisme dan kesejahteraan prajurit 11,42 triliun rupiah,

    -program kebijakan dan regulasi pertahanan sebesar 35,4 miliar rupiah,

    -program modernisasi alutsista, non alutsista dan sarpras pertahanan 42,65 triliun rupiah,

    -program pembinaan sumber daya pertahanan 1,6 triliun rupiah,

    -program riset, industri, dan pendidikan tinggi pertahanan sebesar 543,8 miliar rupiah dan

    -program dukungan manajemen sebesar 76,28 triliun rupiah.

    Dalam RAPBN tahun 2021 juga disebutkan pendapatan BLU Kementerian Pertahanan ditargetkan sebesar 3,09 triliun rupiah, turun 2,6 persen dari proyeksi tahun 2020 sebesar 3,17 triliun rupiah.

    Target tahun 2021 itu disusun berdasarkan pertimbangan masa transisi dari penerapan program lama ke program baru serta akibat adanya pandemi Covid-19 yang berpengaruh besar pada penurunan jumlah pasien sehingga berdampak terjadinya penurunan pendapatan rumah sakit.

    (Koran Jakarta)

    http://defense-studies.blogspot.com/2020/08/anggaran-kemenhan-pada-2021-ditambah.html?m=1

    BalasHapus
  99. Coba @gempuriwa bahas militernya sendiri, jangan sok-sokan bahas militer orang

    BalasHapus
  100. Udah kabur si gempur...


    https://en.wikipedia.org/wiki/Debt-trap_diplomacy#:~:text=China%20financed%20%2422%20billion%20worth,by%20China's%20Premier%20Li%20Keqiang.

    BalasHapus
  101. 5 universities in malon now is studying to avoid and repellent the best weapon in the world called "Jaring Nguyen"

    wakakakak

    BalasHapus
  102. GEMPURWIRA adalah Contoh dari hasil pendidikan TOP 5 University Dunia Grade A dengan budget Pendidikan RM50 Billion...

    🐵🐵🐒🐒🐒

    🍌🍌🍌🍌🍌

    BalasHapus
  103. 3 unit pur.... Nambah lg ini.. Tempatan pula.. 😁 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cb tengok kat bousted,,, sepi pur... Sepiii... Tiada order pon.. 😁

      Hapus
    2. Udah sepi, tekor pula, rugi,..TAMAT.

      hwakakakakak...😂😂😂

      Hapus
  104. Balasan
    1. Panggilan dinas SATKASEL Hiu Kencana kah?

      😁😁😁😁

      Hapus
  105. Johari the best sniper in the world with vita berapi...his reputation makes Thor really anxious


    so captain America will visit UN to discuss about substandard lipan bara


    wakakakakak

    BalasHapus
  106. @gempur:
    SALAM anggaran di potong hingga setengah....wkwkwkkwkwkwk asyikkkkkk

    -------- check this:

    Kementerian Pertahanan yang berada di bawah Komando Prabowo Subianto semula memiliki anggaran Rp131,182 triliun, namun karena adanya wabah corona, anggaran tersebut disunat menjadi Rp 122,447 triliun (berkurang Rp 8,734 triliun).

    131-122 = 9
    9÷131×100% = 6,8%

    SO, BERKURANGNYA HANYA 6,8%!

    BAGAIMANA JADI SETENGAH (50%)..???

    #GEMPURGAGALBERHITUNG#

    BalasHapus
  107. 15.02
    Kementerian Pertahanan yang berada di bawah Komando Prabowo Subianto semula memiliki anggaran Rp131,182 triliun, namun karena adanya wabah corona, anggaran tersebut disunat menjadi Rp 122,447 triliun (berkurang Rp 8,734 triliun).

    131-122 = 9
    9÷131×100% = 6,8%

    SO, BERKURANGNYA HANYA 6,8%!

    BAGAIMANA JADI SETENGAH (50%)..???

    #GEMPURGAGALBERHITUNG#

    BalasHapus
  108. Gempur lg nangis dipojokan.. 😁 😁

    BalasHapus
  109. Malon sampah tukang cokil otak


    wakakakak

    BalasHapus
  110. Contribution IFX pun dikatakan hutang
    Changbogo batch II pun belum deal dah dikatakan Indonesia tak mau bayar uang muka,sekarang budget pertahanan Indonesia US$ 9 Billion (Rp 131 triliun) dipotong Rp 9 triliun (US$ 588 million) sehingga budget pertahanan Indonesia menjadi Rp 121 triliun dikatakan gempurgila budget pertahanan Indonesia tinggal separuh 😂😂😂...top 5 university ASEAN konon tapi bodohnya minta ampun cem si gempurgila ini 😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. GEMPURWIRA adalah Contoh dari hasil pendidikan TOP 5 University Dunia Grade A dengan budget Pendidikan RM50 Billion...

      🐵🐵🐒🐒🐒

      🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus